Topik: Listrik

  • Hitung-hitungan Diskon Listrik 50% dan Siapa Saja yang Berhak Dapat

    Hitung-hitungan Diskon Listrik 50% dan Siapa Saja yang Berhak Dapat

    Jakarta: Masyarakat Indonesia memulai 2025 dengan kabar baik. PT PLN (Persero) memberikan potongan harga tarif listrik sebesar 50 persen untuk pelanggan rumah tangga.
     
    Kebijakan ini bertujuan untuk meringankan beban pengeluaran masyarakat dan mendukung program pemerintah dalam menjaga stabilitas ekonomi dan daya beli masyarakat.
     
    Dilansir Antara, diskon ini berlaku untuk pelanggan rumah tangga dengan daya 450 VA hingga 2.200 VA, mencakup 97 persen pelanggan atau setara dengan 81,4 juta rumah tangga di seluruh Indonesia.
     

    Siapa saja yang berhak mendapatkan diskon?
    Pelanggan yang berhak mendapatkan diskon meliputi:
    • Pelanggan dengan daya 450 VA.
    • Pelanggan dengan daya 900 VA.
    • Pelanggan dengan daya 1.300 VA.
    • Pelanggan dengan daya 2.200 VA.
    Hitung-hitungan diskon tarif listrik
    Diskon tarif listrik sebesar 50 persen akan langsung diterapkan secara otomatis pada tagihan listrik Januari dan Februari 2025.
     
    Pelanggan tidak perlu melakukan langkah tambahan karena potongan ini akan langsung masuk ke dalam sistem tagihan.
     
    Bagi pelanggan pascabayar, diskon akan langsung terlihat pada tagihan listrik Januari dan Februari 2025.
     
    Sebagai contoh, jika tagihan listrik Anda pada Januari sebesar Rp100 ribu, maka pada Februari Anda hanya perlu membayar setengahnya, yaitu Rp50 ribu.
     
    Potongan diskon juga berlaku untuk pelanggan yang menggunakan sistem prabayar. Diskon akan langsung diterima saat membeli token listrik pada Januari dan Februari 2025.
     
    Misalnya, jika Anda membeli token listrik senilai Rp100 ribu, maka Anda hanya perlu membayar Rp50 ribu, tetapi tetap mendapatkan jumlah kWh yang setara dengan nilai token Rp100 ribu.
     

    Cara membeli token listrik melalui aplikasi PLN Mobile

    Buka aplikasi PLN Mobile.
    Pilih menu “Kelistrikan” di halaman utama.
    Klik opsi “Token dan Pembayaran”.
    Masukkan Nomor ID Pelanggan atau Nomor Meter Anda.
    Pilih menu “Beli Token”.
    Tentukan nominal token yang diinginkan, lalu tekan “Beli”.
    Tekan tombol “Lanjutkan Pembayaran” untuk melanjutkan.
    Pilih metode pembayaran yang sesuai, kemudian tekan “Bayar”.
    Perhatikan batas waktu pembayaran yang tertera, pastikan transaksi selesai tepat waktu.
    Setelah pembayaran berhasil, pilih “Lihat Transaksi Saya” untuk memeriksa riwayat transaksi.

    Diskon tarif listrik ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, terutama dalam meringankan beban biaya hidup, khususnya bagi keluarga dan pelaku usaha kecil yang terdampak pandemi. (Laura Oktaviani Sibarani)
     
     
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Stasiun Karet Tak Langsung Ditutup, Butuh Kajian Lebih Lanjut
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        3 Januari 2025

    Stasiun Karet Tak Langsung Ditutup, Butuh Kajian Lebih Lanjut Megapolitan 3 Januari 2025

    Stasiun Karet Tak Langsung Ditutup, Butuh Kajian Lebih Lanjut
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com

    KAI Commuter
    menegaskan bahwa operasional
    Stasiun Karet
    tidak langsung ditutup dalam waktu dekat ini karena masih membutuhkan kajian lebih lanjut.
    “Rencana pengintegrasian Stasiun Karet dengan Stasiun BNI City sebagai bagian dari rencana peningkatan layanan kepada penumpang, masih dalam proses kajian,” ujar VP Corporate Secretary KAI Commuter Joni Martinus dalam keterangan resminya, Jumat (3/1/2025).
    Joni mengatakan, wacana
    penutupan Stasiun
    Karet masih perlu pembahasan mendalam dengan regulator dan berbagai pihak terkait.
    “Rencana penutupan operasional Stasiun Karet belum akan dilakukan dalam waktu dekat ini,” ucapnya.
    Oleh sebab itu, pengguna kereta rel listrik (KRL) masih dapat berhenti dan turun di Stasiun Karet.
    “Selain masih membutuhkan pendalaman dengan sejumlah pihak, KAI Commuter juga tengah meningkatkan kualitas fasilitas sarana dan prasarana untuk penumpang di Stasiun BNI City,” katanya. 
    KAI Commuter sedang memperbaiki dan meningkatkan kenyamanan selasar bagi pejalan kaki agar terlindung dari sengatan sinar matahari maupun hujan saat menuju ke stasiun.
    Selain itu, KAI Commuter tengah membangun area bagi pelaku usaha. 
    Menteri BUMN
    Erick Tohir
    berencana menutup Stasiun Karet di tahun ini guna memperbaiki ekosistem perkeretapian agar lebih optimal.
    Sebelumnya, Erick menyinggung soal kinerja kereta bandara yang kurang optimal dalam menyerap penumpang.
    “Ini yang tadi dibilang, kan bagaimana membangun ekosistem seperti tadi. Mungkin di (Stasiun) Karet ditutup,” ujarnya saat meninjau kereta bandara di Stasiun BNI, Jakarta, Rabu (1/1/2025).
    Di sisi lain, Direktur Pengembangan Usaha dan Kelembagaan PT KAI Rudi As Aturridha membenarkan tentang rencana penutupan Stasiun Karet di tahun ini.
    Hal ini disebabkan Stasiun Karet dinilai begitu berdekatan dengan Stasiun BNI City.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Cukai Karbon Bisa Bikin Harga Mobil Listrik Turun Signifikan, hingga Ratusan Juta Rupiah

    Cukai Karbon Bisa Bikin Harga Mobil Listrik Turun Signifikan, hingga Ratusan Juta Rupiah

    Jakarta

    Pemerintah Indonesia disarankan memberlakukan cukai karbon untuk kendaraan bermotor. Selain bisa meningkatkan penerimaan negara, kebijakan tersebut dinilai mampu menurunkan harga jual mobil listrik, hingga ratusan juta rupiah.

    “Terkait potensi cukai karbon, jika kita ingin memperoleh ruang fiskal baru, dalam konteks ini adanya ruang baru bagi pendapatan negara atau pendapatan pemerintah. Kan sekarang isunya pemerintah akan mencari income baru, sumber pendapatan baru,” buka Direktur Eksekutif KPBB (Komite Penghapusan Bensin Bertimbel) Ahmad Safrudin dalam diskusi Opsi Laen PPN12%: Cukai Carbon Kendaraan Catatan Mitigasi Emisi Kendaraan Tahun 2024, di Jakarta (30/12/2024).

    Lanjut Safrudin menjelaskan, cukai karbon bisa jadi solusi atau jalan tengah yang lebih adil. Kebijakan tersebut langsung memiliki dua dampak, pertama penerimaan negara bakal meningkat, kedua harga jual mobil listrik bisa lebih murah sehingga bisa meningkatkan daya tarik buat konsumen. Kebijakan cukai karbon bisa dituangkan lewat skema tax feebate dan tax rebate.

    “Tax feebate adalah pajak tambahan yang harus dipungut terhadap benda yang akan digunakan atau dibeli masyarakat. Sebaliknya, rebate, adalah insentif yang diberikan ke masyarakat, jika memenuhi persyaratan tertentu dalam mengonsumsi barang tertentu. Nah, persyaratan yang digunakan adalah standar (emisi) karbon,” sambung Safrudin.

    Dikatakan Safrudin, pemerintah bisa menentukan standar ukuran untuk emisi gas buang kendaraan bermotor. Contohnya, pemerintah menerapkan standar karbon 118 g/km untuk kendaraan roda empat penumpang atau light duty vehicle seperti sedan, MPV, dan sebagainya. Jadi kendaraan yang karbonnya melebihi standar ketentuan bisa dikenakan cukai per gramnya.

    “Hitungan kami sekitar Rp 2.250.000 ribu pergramnya. Jika dikalikan, misalnya kendaraan MPV yang di Indonesia saat ini rata-rata karbonnya adalah 200 g/km, berarti ada kelebihan karbon sekitar 82 g. 82 g dikalikan Rp 2.250.000, maka kurang lebih sekitar Rp 180 juta cukai karbon yang harus dibayar. Angka ini yang akan menambah harga penjualan dari kendaraan tadi,” ungkap Safrudin.

    Safrudin mencontohkan, sebuah kendaraan MPV yang dijual dengan harga Rp 460 juta. Lalu setelah dikenakan cukai karbon, maka harganya akan ditambah sebesar Rp 180 juta, sehingga harganya di pasaran totalnya menjadi sekitar Rp 640 juta.

    Sebaliknya, kendaraan rendah karbon yang gas buangnya di bawah standar yang ditetapkan, maka berhak mendapatkan insentif. “Misalnya, Battery Electric Vehicle harganya Rp 700 jutaan dengan rata-rata emisi karbonnya hanya kisaran 50-60 g/km, sehingga di sana ada angka sekitar 58 g emisi karbon di bawah standar. Jadi jika 58 g dikalikan dengan Rp 2.250.000, maka ada sekitar Rp 135 juta yang bisa mengurangi harga mobil listrik itu. Jadi awalnya harga Rp 700 juta, dikurangi Rp 135 juta, jadi harganya hanya tinggal Rp 565 juta. Dengan demikian di pasar menjadi kelihatan, harga mobil dengan karbon rendah punya harga lebih murah,” jelas Safrudin.

    (lua/dry)

  • Pengguna KRL tolak rencana penutupan Stasiun Karet

    Pengguna KRL tolak rencana penutupan Stasiun Karet

    Jakarta (ANTARA) – Sejumlah warga menolak rencana penutupan Stasiun Karet, Jakarta, khususnya para pengguna kereta rel listrik (KRL) Commuter Line yang rutin menggunakan stasiun tersebut untuk mobilitas sehari-hari.

    “Iya, saya sempat dengar desas-desus soal penutupan. Kalau benar terjadi, saya akan kesulitan. Walaupun ke Sudirman atau BNI City tidak terlalu jauh, tetap saja stasiun ini vital,” ujar salah satu pengguna setia kereta rel listrik yang turun di Stasiun Karet, Eka (26), mengungkapkan keresahannya terhadap rencana ini di Jakarta, Jumat.

    Menurut Eka, fungsi stasiun tidak semata-mata soal jarak, tetapi ada peran penting lainnya yang mungkin terabaikan jika penutupan dilakukan tanpa kajian mendalam.

    “Saya berharap penutupan ini ditinjau ulang. Harus dihitung lebih banyak, manfaat atau kerugiannya,” tambahnya.

    “Dari rumah saya ke sini tidak terlalu jauh. Kalau pakai angkot juga sangat terjangkau. Kalau ditutup, saya pasti kesulitan,” kata Salma.

    Ia juga menyoroti dampak rencana penutupan terhadap anak sekolah, turis hingga para pekerja yang menggunakan stasiun tersebut.

    Menurutnya, mereka akan kebingungan mencari alternatif, terutama bagi yang tidak familiar dengan daerah sekitar atau sulit mengandalkan aplikasi peta digital.

    “Stasiun ini mungkin angkanya tidak besar, tapi bagi kami yang bergantung, keputusannya sangat berat,” tegasnya.

    Seorang pengguna KRL Commuter Line tengah menunggu kedatangan kereta di Stasiun Karet, Jakarta, Jumat (3/1/2025). ANTARA/Yamsyina Hawnan

    Rencana penutupan Stasiun Karet disampaikan Menteri BUMN Erick Thohir sebagai upaya untuk mengoptimalkan kinerja kereta bandara.

    Adapun menurut VP Corporate Secretary KAI Commuter Joni Martinus, penutupan Stasiun Karet dilandasi oleh pertimbangan keselamatan penumpang dan kerentanan akses menuju Stasiun Karet yang memicu kemacetan.

    Ia menjelaskan rangkaian KRL yang sebanyak 12 gerbong akan menutup batas perlintasan. Di sisi lain, kapasitas ruang tunggu Stasiun Karet yang hanya 150 orang tidak mencukupi pengguna yang bisa mencapai sekitar hampir 2.000 orang sehingga berisiko terhadap keselamatan pengguna.

    Dalam upaya mengurangi waktu tempuh perjalanan kereta, saat ini KAI Commuter bersama PT KAI (Persero) tengah melakukan pembahasan dan koordinasi bersama DJKA Kemehub, untuk mengintegrasikan operasional Stasiun Karet dengan Stasiun BNI City.

    Penggabungan Stasiun Karet dengan Stasiun BNI City diyakini bisa memberikan fasilitas dan layanan yang optimal kepada para penumpang.

    Pewarta: Ade irma Junida/Yamsyina Hawnan
    Editor: Edy Sujatmiko
    Copyright © ANTARA 2025

  • Penjualan Tesla di 2024 Anjlok Gegara Mobil China – Halaman all

    Penjualan Tesla di 2024 Anjlok Gegara Mobil China – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON – Penjualan mobil listrik Tesla, perusahaan otomotif milik Elon Musk, mengalami penurunan tajam selama tahun 2024.  

    Mengutip data Carscoops, sepanjang 2024, Tesla hanya mengirimkan 1.789.226 unit mobil ke konsumen. Jumlah itu turun sekitar 1 persen dari total penjualan tahun 2023 yang mencapai 1,8 juta unit. Jadi penurunan penjualan global pertama bagi Tesla sejak 2011.

    Bila dirinci, dari total 1,78 juta unit mobil listrik yang terjual pada 2024, yakni berasal dari dari dua model, yaitu Tesla Model Y dan Model 3, dimana unit itu terjual sebanyak 1.704.093. Sementara penjualan lainnya berasal dari Model S, Model X, dan Cybertruck yang baru diluncurkan.

    Adapun penurunan tersebut terjadi lantaran Tesla kalah saing dengan mobil-mobil murah dari China seperti misalnya BYD. Kendati penurunan telah menawarkan berbagai insentif menarik untuk memacu penjualan, termasuk pembiayaan tanpa bunga dan pengisian cepat gratis. Namun, insentif tersebut nyatanya gagal menarik pelanggan, terutama di tengah kekhawatiran mengenai tingginya biaya pinjaman.

    Masalah tersebut semakin diperparah lantaran produksi mobil Tesla kerap terjerat pemeriksaan dari regulator terkait teknologi self-drivingnya, hingga membuat perusahaan terpaksa me-recall jutaan kendaraan listriknya dan memicu kehilangan kepercayaan para pembeli.

    Hal itu yang membuat penjualan Tesla di sepanjang tahun 2024 menurun. Bahkan saham Tesla juga ikut merosot sekitar 6,8 persen dari 465 dolar AS per saham menjadi hanya 375 dolar AS pada penutupan perdagangan akhir tahun.

    Meski demikian, CEO Tesla Elon Musk tetap optimistis menyambut tahun baru. Musk bahkan memprediksi pertumbuhan penjualan lebih dari 20 persen pada 2025. 

    Ada beberapa alasan Musk merasa percaya diri, salah satunya adalah rencana Tesla untuk memproduksi mobil dengan harga lebih terjangkau guna bersaing dengan merek mobil China.

    Hal senada juga dilontarkan oleh para analis, mereka menilai Tesla membutuhkan model baru dengan harga lebih terjangkau untuk menarik pembeli dari segmen pasar yang lebih luas. Model baru seperti versi hemat Model Y dengan harga sekitar 35.000 dolar AS  diperkirakan bisa membantu memenuhi target pertumbuhan tahunan perusahaan.

    “Jika perusahaan (Tesla) ingin terus berkembang, mereka perlu mengembangkan model dan ukuran mobil baru dengan harga yang lebih terjangkau,” ujar Jeff Schuster, wakil presiden penelitian otomotif dari Global Data.

    Berbanding terbalik dengan Tesla, BYD justru melaporkan peningkatan penjualan sebanyak 4,27 juta unit kendaraan sepanjang tahun lalu. Ini merupakan kali pertama penjualan mobil BYD di pasar global tembus di atas empat juta.

    Dari total penjualan 2024, sebanyak 1.764.992 merupakan BEV (kendaraan listrik bertenaga baterai), atau meningkat 12 persen. Sedangkan kendaraan listrik murni menyumbang 41,5 persen dari total penjualan BYD pada 2024.

    BYD juga turut menjual 2.485.378 kendaraan PHEV pada tahun lalu,atau naik 72,8 persen dari 1,4 juta pada 2023. Serta kendaraan hibrida plug-in yang mewakili 58,5 persen dari total penjualan BYD selama 2024.

  • Malaysia Diserbu Asing, Pengusaha RI Buka Suara

    Malaysia Diserbu Asing, Pengusaha RI Buka Suara

    Jakarta, CNBC Indonesia – Nama-nama besar di industri teknologi diketahui lebih memilih berinvestasi di negara tetangga Indonesia seperti Vietnam dan Malaysia. Asosiasi Cloud dan Hosting Indonesia buka suara soal hal ini.

    Chairman Asosiasi Cloud dan Hosting Indonesia, Rendy Maulana Akbar mencatat kestabilan regulasi menjadi hal penting. Dia mencontohkan kebijakan kenaikan PPN untuk barang mewah baru diumumkan beberapa jam sebelum pergantian tahun 2025.

    “Kalau saya lihat lebih ke arah kestabilan regulasi di sini ya,” kata Rendy dalam Profit CNBC Indonesia, Jumat (3/1/2025).

    Selain itu, dia mencontohkan perbedaan beban pajak untuk transaksi di dalam dan luar negeri. Misalnya saat masyarakat akan bertransaksi akan dikenakan PPN, sementara di luar negeri tidak.

    Termasuk untuk produk digital yang juga akan dikenakan pajak. Pada akhirnya akan dibebankan kepada konsumen.

    “Produk digital ini dikenakan pajak yang memang secara operasionalnya akan menambah beban kepada konsumen. Dimana kalau dia belanja di luar dia enggak akan kena pajak, karena borderless,” jelasnya.

    Selain itu Indonesia juga perlu mengambil peluang. Dia mengatakan para raksasa teknologi mau berbisnis di Indonesia karena tidak bisa melakukannya di negara tetangga.

    Misalnya terkait regulasi yang tidak memungkinkan membangun data center baru. Begitu juga dengan harga listrik dan lahan tidak begitu mahal.

    “Dari sisi power mungkin, lahan gitu tidak semahal di Singapura. Jadi kita masih memiliki nilai lebih gitu. Terutama untuk bisnis data center ya,” ucap Rendy.

    Bukan hanya soal investasi, banyak raksasa teknologi juga berbisnis di Indonesia. Namun menurutnya para pemain lokal masih bisa bersaing dari segi services.

    Bagi pemain luar, terkadang tidak begitu memahami pasar Indonesia, perlu cukup waktu untuk memahami Indonesia seperti apa. Dari pelanggan juga ada kendala bahasa.

    Sebaliknya para pemain lokal dituntut untuk memberikan layanan terbaiknya. Jadi dari segi pelayanan, Rendy mengatakan mereka jauh lebih baik.

    “Contoh misalnya orang Indonesia berlangganan di perusahaan giant di luar negeri, emailnya baru dibalas tiga hari. Kalau ditelepon (dijawab) robot gitu. Nah kalau kita di sini, 5 menit enggak balas email customer udah jerit,” dia menuturkan.

    (fab/fab)

  • Samsung Siapkan Sensor Kamera Baru untuk iPhone 18, Gantikan Sony

    Samsung Siapkan Sensor Kamera Baru untuk iPhone 18, Gantikan Sony

    Jakarta, CNN Indonesia

    Samsung dikabarkan tengah mengembangkan sensor kamera terbaru untuk iPhone. Sensor baru ini nantinya akan menggantikan sensor Sony yang telah lama menempel di iPhone berbagai generasi.

    Sensor kamera Samsung buat iPhone ini dikabarkan akan hadir pada 2026, atau dengan kata lain disematkan pada iPhone 18 Series. Hal ini sebetulnya telah diramalkan oleh analis Apple, Ming-Chi Kuo.

    Dikutip dari Phone Arena, Samsung dilaporkan sedang mengerjakan sensor bertumpuk 3 lapis untuk Apple. Sensor gambar bertumpuk memisahkan lapisan fotodioda (yang mengubah cahaya menjadi sinyal listrik) dari lapisan pemrosesan tempat sinyal diproses.

    Konfigurasi ini disebut memiliki beberapa keunggulan untuk sensor gambar, di antaranya sensor ini dapat menangkap gambar lebih cepat daripada sensor yang menggunakan teknologi tradisional, sekaligus menghasilkan foto berkualitas lebih tinggi yang dijepret dalam kondisi rendah cahaya.

    Kemudian, sensor bertumpuk juga menghasilkan foto berkualitas lebih tinggi dengan kisaran dinamis dan akurasi warna yang lebih baik.

    Tiga lapisan mengindikasikan bahwa chip yang digunakan akan diapit. Kuo mengatakan bahwa sensor bertumpuk 3 lapis milik Samsung lebih canggih daripada sensor gambar Sony Exmor RS yang saat ini digunakan pada iPhone.

    Sensor bertumpuk 3 lapis Samsung tengah dikembangkan ini kabarnya akan digunakan pada kamera Wide 48MP yang diperuntukkan bagi seri iPhone 18.

    iPhone pertama yang menggunakan sensor kamera Sony adalah iPhone 4s yang dirilis pada 2011. Model tersebut memiliki kamera belakang 8MP.

    Sementara itu, varian iPhone 4 mendapatkan sensor gambar dari Omnivision Technologies. Omnivision juga bertanggung jawab atas sensor gambar yang mendukung kamera belakang pada iPhone 3G dan iPhone 3Gs.

    Mundur ke belakang, kamera 2MP pada iPhone generasi pertama dipasok oleh Micron dan tidak menyertakan fitur dasar seperti autofokus atau dukungan perekaman video.

    Selain mendapatkan sensor kamera Samsung, seri iPhone 18 yang bakal meluncur pada 2026 juga diharapkan menjadi yang pertama dari smartphone Apple yang menggunakan prosesor aplikasi (AP) yang diproduksi oleh TSMC dengan menggunakan proses 2nm. Chip tersebut adalah A20 dan A20 Plus.

    (lom/dmi)

    [Gambas:Video CNN]

  • Ekonom Berharap Insentif Rp38,6 Triliun Mampu Kerek Daya Beli

    Ekonom Berharap Insentif Rp38,6 Triliun Mampu Kerek Daya Beli

    Bisnis.com, JAKARTA — Ekonom berharap beragam insentif senilai Rp38,6 triliun yang akan pemerintah gelontorkan sepanjang tahun ini akan mampu mendorong daya beli masyarakat di tengah pelemahan dan kebingungan akan PPN 12%.

    Dosen Ilmu Hukum Pajak Fakultas Hukum UGM Adrianto Dwi Nugroho menilai insentif tersebut selain untuk membuat masyarakat tetap melakukan belanja, juga akan mendorong kenaikan penerimaan pajak.

    Pasalnya, penerimaan pajak dikhawatirkan hilang lebih dari Rp70 triliun sebagai imbas dari batalnya kenaikan PPN 12% bagi barang/jasa umum. Tarif tersebut diputuskan hanya berlaku untuk barang/jasa mewah.

    “Cara lain menaikkan penerimaan adalah meningkatkan daya beli masyarakat [salah satunya dengan insentif Rp38,5 triliun tersebut], sehingga konsumsi meningkat dan target penerimaan PPN dapat dicapai,” ujarnya, Jumat (3/12/2024).

    Di sisi lain, penurunan daya beli masyarakat sangat nyata yang tercermin dari realisasi inflasi 2024 sebesar 1,57%—terendah sepanjang sejarah bahkan lebih rendah dari masa pandemi Covid-19.

    Adapun belasan insentif yang terangkum dalam paket stimulus ekonomi 2025 tersebut direncanakan senilai Rp38,6 triliun.

    Termasuk bantuan beras 10 kg per bulan untuk Januari hingga Februari 2025 untuk 16 juta penerima bantuan pangan. Kemudian yang mulai dirasakan sejak awal tahun ini, yakni diskon tagihan listrik sebesar 50% untuk pelanggan dengan kapasitas daya 2.200 VA atau kurang untuk dua bulan pertama tahun ini.

    Insentif lainnya berupa pembebasan pajak penghasilan final 0,5% untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan omzet tahunan di bawah Rp500 juta. Pajak penghasilan yang ditanggung pemerintah (PPh Pasal 21) untuk karyawan dengan penghasilan hingga Rp10 juta/bulan.

    Pemerintah juga memberikan pinjaman bersubsidi untuk industri padat karya untuk merevitalisasi mesin, dengan subsidi bunga sebesar 5%.

    Pagi pekerja, cakupan asuransi kecelakaan kerja sebesar 50% untuk sektor padat karya selama enam bulan. Peningkatan akses terhadap Jaminan Kecelakaan Kerja (JKP) bagi pekerja yang memenuhi syarat.

    Sebelumnya, Presiden Prabowo Subiato menyampaikan upaya stimulus tersebut merupakan wujud komitmen pemerintah untuk menciptakan sistem perpajakan yang adil dan pro rakyat.

    “Saya kira sudah sangat jelas bahwa pemerintah akan terus berupaya untuk menciptakan sistem perpajakan yang adil dan pro rakyat. Saya kira hal-hal yang lebih teknis akan ditindaklanjuti oleh Kementerian terkait dan semua lembaga yang terkait,” pungkas Prabowo.

  • Topang Swasembada Pangan di Jawa Tengah, Bendungan Jlantah Siap Diresmikan Awal 2025

    Topang Swasembada Pangan di Jawa Tengah, Bendungan Jlantah Siap Diresmikan Awal 2025

    JAKARTA – Sebagai salah satu infrastruktur pendukung program swasembada pangan di Provinsi Jawa Tengah, progres pembangunan fisik Bendungan Jlantah telah mencapai 99 persen. Diketahui, bendungan ini memiliki potensi suplai air irigasi untuk Kabupaten Karanganyar seluas 1.494 hektare.

    Menteri Pekerjaan Umum (PU) Dody Hanggodo berharap, pada saat Bendungan Jlantah difungsionalkan sudah dapat tersambung dengan daerah irigasi di sekitarnya.

    “Salah satu fokus kami adalah untuk memastikan bahwa bendungan yang dibangun ini dapat dioptimalkan untuk mengairi sawah-sawah masyarakat. Sehingga, indeks penanaman bisa meningkatkan karena target kami memang tiga kali lipat tanam,” ujar Dody dalam keterangan tertulisnya, dikutip Jumat, 3 Januari.

    Bendungan ini didesain dengan tinggi 70 meter, panjang puncak 404 meter, lebar puncak 12 meter dan elevasi puncak 690 meter.

    Dengan luas genangan 50,45 hektare, bendungan ini dapat menampung air hingga 10,97 juta meter kubik yang dapat dimanfaatkan sebagai suplai air irigasi untuk Kabupaten Karanganyar seluas 1.494 hektare. Terdiri dari 806 hektare daerah irigasi yang sudah ada (peningkatan IP 172 persen menjadi 272 persen) dan 688 hektare irigasi baru (IP 272 persen).

    Sementara itu, Direktur Bendungan dan Danau Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PU Adenan Rasyid mengatakan, Kementerian PU melalui BBWS Bengawan Solo sudah melakukan impounding Bendungan Jlantah pada 20 Desember 2024. Diharapkan, pada 28 Februari 2025 air bendungan sudah mencapai elevasi 685 meter.

    “Ketika air di genangan sudah masuk ke intake (elevasi 662), air yang keluar dari outlet sudah langsung bisa didistribusikan ke jaringan irigasi untuk meningkatkan indeks penanaman melalui bendung yang sudah ada di hilir bendungan,” ucapnya.

    Selain untuk mendukung program swasembada pangan melalui suplesi air irigasi, Bendungan Jlantah juga berfungsi untuk menyediakan air baku sebesar 150 liter per detik untuk Kecamatan Jumapolo, Jumantono dan Jatipuro di Kabupaten Karanganyar.

    Kemudian, untuk mereduksi banjir sebesar 70,33 meter kubik per detik atau 51,26 persen dari debit banjir periode ulang 50 tahun dan potensi Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) sebesar 0,625 MW dan potensi pariwisata.

    Adapun bendungan ini dibangun oleh kontraktor PT Waskita Karya (Persero) dan PT Adhi Karya KSO dengan nilai kontrak sebesar Rp1,02 triliun. Bendungan ini ditargetkan dapat diresmikan pada awal bulan 2025.

  • Xanh SM Dorong Mobilitas Ramah Lingkungan dengan Lima Komitmen Hijau

    Xanh SM Dorong Mobilitas Ramah Lingkungan dengan Lima Komitmen Hijau

    Jakarta, CNN Indonesia

    Xanh SM hadir di Indonesia membawa pendekatan inovatif dalam dunia transportasi di Indonesia. Dengan menanamkan konsep ‘Lima Komitmen Hijau’, layanan taksi listrik ini menciptakan standar baru dalam kenyamanan, keandalan, dan keberlanjutan di sektor mobilitas, sekaligus mendukung target nasional menuju masa depan bebas emisi.

    Pada acara peluncuran Xahn SM, CEO Global Xanh SM, Nguyen Van Thanh, menegaskan komitmen Indonesia untuk mencapai Net Zero Emissions (NZE) pada 2060 selaras dengan misi perusahaan untuk memimpin elektrifikasi transportasi secara global.

    “Kami percaya Xanh SM akan memicu gerakan besar menuju mobilitas hijau di seluruh dunia,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (3/1).

    Saat pemerintah Indonesia semakin menekankan pentingnya mengurangi polusi serta kemacetan, Xanh SM menawarkan perjalanan ramah lingkungan yang tidak hanya membawa penumpang dari satu tempat ke tempat lain, tetapi juga membuka jalan menuju masa depan yang lebih hijau dan sehat.

    Melalui ‘Lima Komitmen Hijau’, Xanh SM tidak hanya menjanjikan kenyamanan, tetapi juga visi berani dalam menghadirkan mobilitas ramah lingkungan yang menguntungkan.

    1. Pengalaman Luar Biasa

    Setiap perjalanan bersama Xanh SM dirancang untuk memberikan kenyamanan maksimal. Armada kendaraan listrik yang senyap menghadirkan pengalaman perjalanan bebas guncangan dan kebisingan, menjadikannya pilihan ideal untuk transportasi di kota-kota besar.

    Salah satu penumpang berusia 30 tahun, Alvin, mengaku perjalanan pertamanya bersama Xanh SM mulus.

    “Yang paling berkesan adalah taksi listrik ini bisa melewati aturan ganjil-genap Jakarta, menghemat waktu saya di jam sibuk,” ucap dia.

    Ditambah dengan aplikasi pemesanan yang intuitif, layanan ini mempermudah pengguna untuk menikmati perjalanan tanpa hambatan kapan saja dan di mana saja.

    2. Pengemudi Profesional

    Pengemudi Xanh SM dipilih melalui proses seleksi ketat dan dilatih untuk memberikan layanan berstandar tinggi. Dengan sikap ramah dan keahlian mereka, penumpang tidak hanya diantar ke tujuan tetapi juga mendapatkan pengalaman perjalanan yang menyenangkan.

    Salah satu penumpang yang bekerja di Sudirman Central Business District Jakarta, Mustofa, menyebutkan pengemudi Xanh SM sangat membantunya saat membawa barang banyak dengan mengatur barang bawaan di bagasi.

    “Mereka juga memastikan suhu di dalam mobil nyaman bagi penumpang,” imbuhnya.

    Pengemudi juga memiliki pengetahuan lokal yang baik, memungkinkan mereka memilih rute terbaik untuk perjalanan yang lebih efisien.

    3. Kendaraan Berkualitas Tinggi

    Armada Xanh SM melakukan penjemputan penumpang. (Foto: Arsip Xanh SM)

    Armada kendaraan listrik Xanh SM, VinFast Limogreen, dilengkapi teknologi canggih seperti kamera 360 derajat dan sistem pemantauan keselamatan modern. Teknologi ini memberikan ketenangan bagi penumpang sekaligus meningkatkan efisiensi operasional.

    Kendaraan listrik ini bebas asap dan bau bahan bakar, sehingga menciptakan pengalaman perjalanan yang lebih bersih dan sehat, baik bagi penumpang maupun lingkungan sekitar.

    4. Transparansi Harga

    Xanh SM menawarkan tarif yang kompetitif dengan sistem argometer transparan, memastikan tidak ada biaya tersembunyi. Strategi ini membuat layanan taksi listrik menjadi pilihan yang terjangkau, tanpa mengorbankan kualitas dan kenyamanan.

    Dengan kombinasi layanan premium dan harga yang masuk akal, Xanh SM menjadi alternatif menarik dibandingkan layanan ride-hailing konvensional di pasar Indonesia.

    5. Komitmen Ramah Lingkungan

    Armada listrik Xanh SM sepenuhnya bebas emisi, memberikan kontribusi nyata terhadap upaya pengurangan polusi udara di perkotaan. Langkah ini selaras dengan target Indonesia untuk mencapai NZE pada 2060.

    Dengan ‘Lima Komitmen Hijau’, Xanh SM tidak hanya menawarkan layanan transportasi, tetapi juga memberikan kontribusi besar terhadap masa depan yang lebih hijau dan sehat. Langkah ini menegaskan pentingnya peran sektor swasta dalam mendukung transisi energi bersih dan keberlanjutan di Indonesia.

    (rir/rir)