Topik: Listrik

  • Produsen Mobil China Ketiban ‘Durian Runtuh’ Imbas Kebijakan Trump

    Produsen Mobil China Ketiban ‘Durian Runtuh’ Imbas Kebijakan Trump

    Jakarta

    Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump telah mengumumkan kebijakan tarif sebesar 25 persen untuk kendaraan dan suku cadang impor. Menariknya, langkah tersebut justru bisa menguntungkan produsen otomotif dari negara kompetitor seperti China.

    Disitat dari Aljazeera, Gedung Putih menilai kebijakan tarif impor bisa melindungi industri otomotif, memperkuat basis industri dan rantai pasok Amerika Serikat. Pada tahun lalu, impor kendaraan dan suku cadang mereka ke Meksiko, Jepang, Jerman, Korea dan Kanada mencapai US$ 475 miliar atau nyaris Rp 8 ribu triliun!

    ‘Ruang gerak’ produsen otomotif China di Amerika Serikat mulai terbatas sejak Trump mengumumkan perang dagang pertama pada tujuh tahun silam. Ketika itu, dia mengenakan tarif untuk barang-barang China senilai US$ 380 miliar atau Rp 6.200 triliun.

    Pabrik mobil listrik Xiaomi di China. Foto: Doc. Xiaomi.

    Mulai 2027, AS juga akan melarang penjualan perangkat keras atau perangkat lunak yang terhubung ke kendaraan buatan China dengan alasan keamanan nasional. Sistem itu, yang umum ditemukan di kendaraan listrik, memungkinkan kendaraan untuk bertukar data melalui Bluetooth, Wi-Fi atau satelit.

    Wakil Presiden AutoForest Solutions, Sam Fiorani mengatakan, produsen mobil China tak akan dirugikan dengan kebijakan impor Trump. Mereka, kata Fiorani, justru akan mendapat keuntungan jangka panjang.

    “Dengan merek Eropa, Jepang, dan Korea Selatan yang terbebani secara finansial oleh AS, merek China kini telah melemahkan pesaing. Biaya berbisnis di AS akan merugikan setiap produsen mobil di pasar itu, tetapi produsen China tidak bergantung pada AS untuk pendapatan signifikan,” ujar Fiorani, dikutip Senin (7/4).

    BYD Seal Hybrid. Foto: Doc. BYD.

    Keuntungan yang paling terlihat jelas, kata Fiorani, merupakan pasar kendaraan listrik. China merupakan rumah bagi enam dari 10 produsen mobil listrik dengan penjualan tertinggi di dunia.

    Tu Le selaku pendiri dan direktur pelaksana Sino Auto Insights menjelaskan, kebijakan tarif Trump dan dorongan terhadap manufaktur dalam negeri di AS dapat membuat merek AS kurang kompetitif dalam jangka panjang, yang akhirnya akan menguntungkan China.

    “Kenyataannya, jika keadaan terus berlanjut seperti ini di industri otomotif AS, industri itu bisa jadi tidak kompetitif dalam empat tahun. Alih-alih berinvestasi dalam energi bersih atau infrastruktur pengisian daya, mereka justru berfokus untuk membawa pabrik-pabrik kembali ke Amerika Serikat,” kata Lu.

    Meski produsen mobil asal China akan ketiban ‘durian runtuh’, namun produsen suku cadang justru akan menemukan tantangan cukup berat. Sebab, industri terkait masih cukup tergantung dan bersinggungan dengan produsen asal Amerika Serikat.

    “Produsen mobil China tidak banyak menjual di AS, terutama karena tarif tinggi untuk kendaraan listrik, yang cenderung didominasi merek China. Namun, produsen suku cadang mobil China secara historisn masih menganggap AS sebagai pasar utama,” kata Nick Marro selaku ekonom utama untuk Asia di Economist Intelligence Unit.

    (sfn/din)

  • Smartphone Diramal Bakal Punah, Tanda-Tandanya Sudah Muncul

    Smartphone Diramal Bakal Punah, Tanda-Tandanya Sudah Muncul

    Jakarta, CNBC Indonesia – CEO Nokia, Pekka Lundmark meramal bahwa smartphone akan tergantikan teknologi baru pada 2030. Hal itu Meskipun saat ini, Smartphone telah menjadi bagian dari kebutuhan hidup masyarakat dunia.

    Lundmark menganggap tanda-tanda tergantikannya ponsel pintar mulai bermunculan, di antaranya kehadiran teknologi chip yang tertanam di tubuh manusia. Selain itu, perangkat seperti AR/VR pada masa depan juga akan lebih signifikan.

    Ia juga memperkirakan perangkat pengganti smartphone akan ditunjang oleh konektivitas super cepat 5G hingga 6G. Walau jaringan 5G baru dirilis di beberapa negara, 6G berpotensi hadir pada 2030.

    Adapula sejumlah tanda-tanda lainnya yang menjadi pertanda akan punahnya ponsel pintar, berikut ini rinciannya:

    1. Tato Elektronik

    Teknologi ini dirancang sebuah perusahaan bioteknologi bernama Chaotic Moon. Menurut Marca, Tato Elektronik akan menganalisa dan mengumpulkan informasi dari tubuh manusia. Tujuannya adalah mengolah dan menampilkan informasi media serta olahraga.

    Selain itu data akan berguna untuk mencegah dan mengendalikan penyakit dalam tubuh. Tato Elektronik juga diharapkan dapat meningkatkan kinerja fisik serta olahraga lewat tanda-tanda awal.

    Tato diletakkan pada kulit dan memiliki sensor kecil serta pelacak. Informasi akan dikirimkan dan diterima melalui tinta khusus yang bisa mengantarkan listrik.

    2. Augmented Reality (AR)

    AR diketahui memang telah tersedia dalam beberapa produk smartphone untuk mendukung kinerja perangkat. Namun akhirnya teknologi itu punya perangkat sendiri dengan membuat pengalaman yang dipercaya dan efisien.

    Sejumlah raksasa teknologi seperti Samsung, Facebook, dan Amazon berinvestasi pada teknologi ini lebih lanjut. Diprediksi akan ada 50% tampilan yang dipasang di kepala pada 2024 mendatang.

    Bukan lagi melalui ponsel, namun AR akan merambah pada perangkat lain seperti googles, glasses, dan mungkin melalui implan.

    3. Virtual Reality (VR)

    VR juga sudah ada didukung pada sejumlah smartphone dengan menghubungkan pada headset dan mengunduh sebuah aplikasi. Sejumlah perusahaan termasuk Samsung, Microsoft, Nokia, dan Intel juga tertarik dengan teknologi itu dan melakukan investasi besar.

    Di masa depan smartphone tak diperlukan lagi untuk masuk ke dunia VR. Sudah ada perangkat seperti HTC Vive Pre dan Playstation VR yang jadi pintu masuk ke sana.

    4. Artificial Intelligence Voice Assistants

    Voice Assistants sudah bisa digunakan dengan perangkat terpisah dari smartphone. Alexa, Siri, hingga Cortana sudah bisa membantu kehidupan sehari-hari dari memesan makanan, memberitahu informasi cuaca serta membantu navigasi.

    Di masa depan diperkirakan kontrol suara AI jadi cara menjawab pertanyaan di Google. Sebuah penelitian 2019, Gartner menyatakan 20% seluruh interaksi dengan smartphone melalui asisten virtual, jumlah itu akan terus tumbuh seiring kemajuannya di masa depan.

    5. Pin AI

    Baru-baru ini, The Verge mengungkapkan adanya perangkat bernama AI Pin Wearable. Perangkat ini baru saja dirilis sebuah startup bernama Humane. Ukurannya jauh lebih kecil dibandingkan HP dan harus ditancapkan pada baju penggunanya.

    Setelah itu, informasi dalam perangkat akan bisa diakses langsung di telapak tangan. Bagian tangan maupun tubuh lain akan menjadi semacam layar proyektor.

    Adapun, cara penggunaannya pun sama dengan smartphone. Kontrol AI Pin bisa diakses melalui kombinasi seperti gestur maupun suara pengguna, seperti dikutip The Verge.

    Perangkat ini memang jauh lebih kecil dibandingkan dengan ponsel saat ini. Bentuknya persegi empat kecil mirip dengan bobot AI Pin hanya 34 gram dan total dengan baterai menjadi 54 gram. Menurut The Verge, Humane melengkapi perangkatnya dengan kamera 13 MP. Lensa ini bertugas untuk memotret maupun merekam video.

    Untuk merekam video, pengguna hanya tinggal mengetuk atau ‘tapping’ pada touchpad perangkat. Berikutnya perangkat akan mengeluarkan cahaya kecil yang menjadi pertanda mode perekaman telah diaktifkan.

    Lebih lanjut, kinerja perangkat canggih ini ditopang oleh chip Snapdragon, meski tidak diungkapkan jenis. Sementara itu, teknologi AI nya menggunakan GPT-4 yang dikembangkan perusahaan pembuat ChatGPT, OpenAI.

    (pgr/pgr)

  • Beda Dulu dan Sekarang, Begini Nyamannya Jadi Penumpang Commuter Line Jabodetabek

    Beda Dulu dan Sekarang, Begini Nyamannya Jadi Penumpang Commuter Line Jabodetabek

    Beda Dulu dan Sekarang, Begini Nyamannya Jadi Penumpang Commuter Line Jabodetabek
    Tim Redaksi
    KOMPAS.com
    – Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line, yang dulu dikenal dengan momok ketidaktepatan waktu dan fasilitas seadanya, kini telah bertransformasi menjadi
    moda transportasi
    publik yang andal dan nyaman. Namun, di balik reputasi tersebut, KRL memiliki perjalanan panjang yang tidak banyak diketahui publik. 
    Transformasi KRL bukan terjadi dalam semalam. Moda ini telah menjadi bagian dari denyut kehidupan kota sejak lebih dari satu abad silam. Tepatnya pada 6 April 1925, kereta listrik pertama kali melintasi jalur Tanjung Priok–Meester Cornelis (sekarang Jatinegara), menandai dimulainya era elektrifikasi perkeretaapian di Indonesia.
    Kala itu, kehadiran KRL merupakan terobosan besar dalam dunia transportasi urban. Meski masih terbatas jangkauannya, moda ini menjadi solusi mobilitas masyarakat di Batavia dan sekitarnya. Seiring berjalannya waktu, jaringan KRL terus berkembang, mengikuti pertumbuhan kota-kota satelit dan kebutuhan masyarakat yang makin dinamis.
    Kini, setelah lebih dari 100 tahun melaju, wajah KRL telah berubah drastis. Dari yang dulu kerap dipandang sebelah mata karena jadwal yang tak menentu dan fasilitas seadanya,
    KRL Commuter Line
    kini menjelma menjadi moda transportasi massal modern yang semakin digemari, terutama di wilayah Jabodetabek.
    Putri (33) adalah salah satu dari banyak penumpang yang merasakan transformasi KRL. Tinggal di Depok, Jawa Barat, ia menjadikan KRL Commuterline sebagai moda transportasi andalan untuk berangkat dan pulang kerja setiap hari.
    Padahal, perempuan yang bekerja di kawasan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, tersebut punya kendaraan pribadi yang sebenarnya bisa dimanfaatkan.
    “Pilih KRL Commuter Line karena tarifnya terjangkau dan pastinya bebas macet, apalagi di jam-jam sibuk. Jadwalnya juga kan tepat waktu, jarang telat,” ujar Putri.
    Namun, bukan hanya itu yang membuat Putri betah menggunakan layanan transportasi massal tersebut.
    “Sekarang banyak fasilitas pendukung ya, seperti stan makanan dan minuman. Ini sangat membantu (pekerja seperti saya) kalau pagi belum sempat sarapan atau sekadar mengganjal perut saat pulang,” tambahnya.
    Pengalaman Putri hanyalah satu dari sekian banyak cerita pengguna KRL Commuter Line yang merasakan perubahan signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Penumpang lain yang telah menggunakan KRL selama satu dekade, Utie Adnu, menegaskan hal serupa.
    “Commuter Line sudah seperti kendaraan andalan bagi saya. Jadwal keberangkatannya tepat, fasilitas lengkap, dari toilet bersih hingga
    charging port
    . Bahkan sekarang ada
    water station
    gratis di beberapa stasiun,” tuturnya dalam unggahan di Instagram pribadinya, Kamis (11/7/2024).
    Uti juga mengaku senang karena tiket KRL Commuter Line kini bisa diakses lewat berbagai metode
    cashless
    selain Kartu Multi Trip (KMT) dan uang elektronik (
    e-money
    ), yaitu pindai QR Code dari platform
    ride-hailing
    .
    Perjalanan dengan KRL Commuter Line pun semakin menyenangkan karena ada petugas yang selalu siap membantu.
    Transformasi layanan KRL Commuter Line tak lepas dari peran
    PT KAI Commuter
    sebagai operator. Upaya ini pun berbuah manis dalam bentuk peningkatan jumlah penumpang.
    Berdasarkan data KAI Commuter, total volume pengguna Commuter Line Jabodetabek sepanjang 2024 mencapai 328.153.923 orang. Jumlah ini meningkat sebesar 13 persen dari tahun sebelumnya yang mencatatkan 290.890.677 pengguna. Rata-rata jumlah pengguna harian selama pada 2024 tercatat sebanyak 1.014.934 orang.
    Sementara itu, hingga Maret 2025, rata-rata pengguna Commuter Line Jabodetabek tercatat sebanyak 991.290 orang pada hari kerja (weekday), dan 645.798 orang pada akhir pekan (
    weekend
    ). Total volume pengguna dari Januari hingga minggu keempat Maret 2025 mencapai 76.680.215 orang.
    Vice President (VP) Corporate Secretary KAI Commuter Joni Martinus mengungkapkan bahwa pihaknya berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna.
    Untuk mengakomodasi lonjakan penumpang, KAI Commuter melakukan berbagai upaya. Salah satunya adalah skema rekomposisi sarana untuk menjaga headway antar kereta. Hal terpenting, beragam fasilitas dan sarana terus disempurnakan pihaknya. Inovasi pun terus digalakkan.
    “KAI Commuter juga terus menambah fasilitas baru, seperti
    water station
    atau dispenser air minum gratis yang tersedia di Stasiun Juanda, Jakarta Kota, Manggarai, Tanah Abang, dan Bekasi,” paparnya kepada Kompas.com, Kamis (26/7/2024).
    Inovasi lain yang dihadirkan KAI Commuter adalah Commuter Shelter Bike, area parkir sepeda gratis di beberapa stasiun, seperti Stasiun Bogor, Depok, Lenteng Agung, Tebet, dan Duri. Fasilitas ini sejalan dengan program Green Commuter yang digalakkan oleh perusahaan.
    “Nantinya, fasilitas tersebut juga bakal tersedia di Stasiun Bekasi, Kranji, Matraman, Cikarang, Kemayoran, Pondok Ranji, Tanjung Priok, Buaran, Cisauk, Daru, Kebayoran, dan Stasiun Palmerah,” kata Joni.
    Sebagai bagian dari upaya menyediakan layanan yang lebih inklusif, KAI Commuter terus meningkatkan fasilitas bagi perempuan, ibu hamil, dan pengguna berkebutuhan khusus.
    Untuk penumpang perempuan, tersedia
    Kereta Khusus Wanita
    (KKW) yang dioperasikan pada rangkaian tertentu. Sementara itu, ibu menyusui dapat menggunakan ruang laktasi yang telah tersedia di 27 stasiun.
    Bagi ibu hamil, KAI Commuter menyediakan PIN khusus guna memudahkan mereka mendapatkan prioritas tempat duduk di dalam kereta.
    Sementara bagi pengguna penyandang disabilitas, selain toilet khusus dan nomor bantuan 081296605747, KAI Commuter juga menghadirkan Kartu Disabilitas. Kartu ini bisa diambil di Stasiun Juanda, Bogor, Sudirman, Tanah Abang, Duri, dan Bekasi.
    Aspek keamanan turut menjadi prioritas. KAI Commuter memasang Sistem CCTV Analytic di setiap stasiun. Sistem ini dapat memproses dan menganalisa setiap data foto atau video untuk mengidentifikasi potensi tindak kriminal.
    Sementara itu, untuk memudahkan pengguna, KAI Commuter meluncurkan aplikasi
    C-Access
    , hasil
    rebranding
    dari KRL Access dengan fitur-fitur terbaru. Lewat sistem ini, pengguna dapat mengecek jadwal dan posisi kereta dengan mudah.
    Melihat tren peningkatan pengguna yang diprediksi berlanjut, bahkan mencapai 2 juta penumpang per hari pada 2025-2026 mendatang, KAI Commuter pun sudah menjalankan sekaligus mempersiapkan sejumlah strategi.
    Salah satu strategi yang sedang berjalan adalah melakukan rekomposisi sarana dengan mengubah beberapa rangkaian kereta menjadi 8 kereta (SF8) dari sebelumnya 12 kereta (SF12) dan 10 kereta (SF10).
    Meski demikian, KAI Commuter tetap mengoperasikan rangkaian KRL SF12 dan SF10 untuk melayani pengguna setiap harinya. Langkah ini diambil untuk memastikan keseimbangan antara efisiensi operasional dan kenyamanan penumpang.
    “Rekomposisi (dilakukan dengan) mempertimbangkan okupansi,
    headway
    , dan
    peak hour
    pada perjalanan Commuter Line di setiap lintas layanannya,” terang Joni.
    Mengoptimalkan sarana yang ada saat ini dengan melakukan maintenance secara berkala dan intensif agar sarana tetap optimal dalam operasionalnya.
    Langkah tersebut tidak lain dilakukan untuk menjaga performa sarana dan
    headway
    perjalanan Commuter line sampai nanti sarana baru dari INKA dan CRRC dapat dioperasikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dari seluruh wilayah penyangga di Jabodetabek.
    Tidak hanya soal transportasi, Commuter Line kini juga menjadi penghubung ke berbagai destinasi menarik di sekitar stasiun, memperkuat posisinya sebagai bagian integral dari gaya hidup urban.
    “Karena KRL Commuter Line sudah jadi andalan, sebisa mungkin kalau ada agenda
    nongkrong
    di Jakarta, saya pilih tempat yang tidak jauh dari stasiun. Untungnya, beberapa stasiun dikelilingi
    spot-spot nongkrong
    keren. Misalnya, dari Stasiun Sudirman, bisa jalan kaki ke Grand Indonesia,” kata Putri kembali membagikan pengalamannya.
    Penumpang KRL Commuter Line lainnya, Vieri Muhammad, juga menyampaikan hal serupa.
    Ia bahkan merekomendasikan beberapa tempat menarik di sekitar stasiun, seperti Sunyi Coffee dekat Stasiun Kebayoran, kuliner di belakang Masjid Cut Mutia dekat Stasiun Gondangdia, dan Kongsi 8 dekat Stasiun Jatinegara.
    Cerita Putri, Utie, dan Vieri mewakili jutaan pengguna KRL Commuterline Jabodetabek lainnya. Dari yang dulu dianggap sebagai “momok”, kini moda transportasi ini telah bertransformasi menjadi sahabat setia kaum urban.
    Dengan berbagai inovasi dan peningkatan layanan, KAI Commuter telah membuktikan bahwa
    transportasi publik
    bisa nyaman, efisien, dan ramah lingkungan.
     
     
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Dorong Mobil Ramah Lingkungan, Inggris Naikkan Pajak Mobil ‘Penyumbang Polusi’

    Dorong Mobil Ramah Lingkungan, Inggris Naikkan Pajak Mobil ‘Penyumbang Polusi’

    Jakarta

    Mulai 1 April 2025, pemilik mobil di Inggris akan merasakan dampak perubahan besar dalam kebijakan pajak kendaraan.

    Demi mengurangi polusi udara dan mempercepat transisi ke kendaraan ramah lingkungan, pemerintah Inggris menaikkan tarif Vehicle Excise Duty (VED) bagi mobil dengan emisi tinggi.

    Dilansir dari Metro.co.uk, mobil yang tadinya menyumbang emisi CO2 1-50g/km seperti mobil Plug-in Hybrid yang tadinya dikenakan pajak 10 poundsterling, kini harus membayar 110 poundsterling. Artinya yang tadinya Rp 215 ribuan menjadi Rp 2,3 jutaan.

    Untuk mobil bensin yang menyumbang polusi 51-75g/km harus membayar pajak tambahan di tahun pertama mulai dari 30 poundsterling hingga 130 poundsterling atau setara dengan Rp 647 ribu hingga Rp 2,8 juta.

    Bahkan untuk mobil yang tidak ramah terhadap lingkungan, pajak kendaraan tahun pertamanya kini akan dua kali lipat. Contohnya untuk mobil dengan emisi CO2 yang melebihi 255g/km, dilansir dari Carwow, seperti Audi RS7 atau Land Rover Defender 110 V8 bisa melonjak drastis tarif pajaknya.

    Media asal Inggris tersebut menggambarkan, saat ini pajak yang harus dibayarkan pemilik RS7 atau Defender 110 V8 adalah 2.745 poundsterling atau Rp 59 jutaan. Lantas setelah aturan ini berlaku, mereka harus membayar hingga 5.490 poundsterling atau tembus Rp 118 jutaan pada tahun pertama.

    Mobil Ramah Lingkungan Juga Dikenakan Pajak

    Namun, ini bukan hanya tentang mobil dengan emisi tinggi. Mulai 1 April pula, pembeli kendaraan listrik baru juga akan dikenakan pajak pertama yang lebih rendah, sebesar 10 poundsterling atau setara dengan Rp 215 ribuan.

    Lantas setelah tahun pertama, tarif pajak tahunan untuk mobil listrik akan naik menjadi 195 poundsterling atau sama dengan Rp 4,2 jutaan.

    “Anda harus membayar tarif pajak kendaraan bermotor tahun pertama terendah yang ditetapkan sebesar £10 mulai 1 April 2025. Mulai pembayaran pajak kedua dan seterusnya, Anda akan membayar tarif standar. Tarifnya adalah £195,” ujar siaran pers yang diunggah pemerintah Inggris di laman resminya gov.uk.

    Tak hanya itu, untuk kendaraan listrik dengan harga lebih dari 40.000 poundsterling, pemiliknya juga akan dikenakan tambahan surcharge antara 15 hingga 410 poundsterling, tergantung pada tahun kepemilikan. Kebijakan ini mirip dengan pajak barang mewah di Indonesia.

    David Hall, Wakil Presiden Power System UK&I di Schneider Electric, mengkritik kebijakan ini. Dalam wawancara dengan media Transport and Energy, ia menyatakan bahwa pengurangan insentif pajak untuk kendaraan listrik dapat menghambat upaya melawan perubahan iklim.

    Menurutnya, pemerintah seharusnya mendukung transisi ke kendaraan ramah lingkungan sebelum larangan penjualan mobil berbahan bakar bensin dan diesel diberlakukan pada tahun 2030.

    “Memotong insentif pajak untuk kendaraan listrik sama saja dengan mengerem kemajuan dalam upaya melawan perubahan iklim,” ujarnya.

    Meskipun kebijakan ini dapat meningkatkan biaya untuk beberapa pemilik mobil, pemerintah berharap bisa menciptakan insentif yang lebih kuat untuk membeli kendaraan yang lebih ramah lingkungan, sekaligus mengurangi ketergantungan pada kendaraan bermesin pembakaran internal yang menyumbang polusi udara.

    (mhg/din)

  • Razia di Jogoroto Jombang, Polisi Amankan Enam Balon Berukuran Besar

    Razia di Jogoroto Jombang, Polisi Amankan Enam Balon Berukuran Besar

    Jombang (beritajatim.com) – Tradisi menerbangkan balon udara di Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang, kembali menjadi sorotan. Senin, 7 April 2025 pagi, jajaran Polsek Jogoroto menggelar razia yang berujung pada diamankannya enam balon udara dari berbagai titik di wilayah tersebut.

    Razia yang dimulai sejak pukul 04.00 WIB itu melibatkan 23 personel kepolisian dan menyasar lokasi-lokasi yang kerap digunakan warga untuk menerbangkan balon udara sebagai bagian dari perayaan lebaran ketupat atau H+7 Idulfitri.

    Kapolsek Jogoroto, AKP M Djulan, memimpin langsung jalannya operasi. Dalam keterangannya kepada media, ia menyebutkan bahwa enam balon yang diamankan terdiri dari dua balon berukuran 10 meter dan empat balon berukuran 5 meter.

    “Kami hanya mengamankan balon, tidak memberikan sanksi kepada warga karena kami memahami ini adalah bagian dari tradisi,” ujar AKP Djulan.

    Namun demikian, pihak kepolisian tetap menekankan pentingnya keselamatan dalam menjalankan tradisi. AKP Djulan menyoroti potensi bahaya dari balon udara yang kerap dilengkapi dengan api atau bahkan petasan.

    “Balon udara bisa mengganggu jaringan listrik tegangan tinggi, dan jika jatuh bisa menyebabkan kebakaran,” tegasnya.

    Razia ini bukan tanpa alasan. Menurut penjelasan pihak kepolisian, kegiatan ini merupakan langkah preventif setelah sebelumnya sosialisasi tentang larangan dan bahaya balon udara telah dilakukan sejak awal Idulfitri.

    Operasi serupa juga direncanakan akan terus dilakukan selama tradisi lebaran ketupat masih berlangsung di wilayah Jogoroto dan sekitarnya. [suf]

  • Logam yang Dapat Mencegah Korosi Pada Bumper Mobil: Berikut Penjelasan Lengkapnya

    Logam yang Dapat Mencegah Korosi Pada Bumper Mobil: Berikut Penjelasan Lengkapnya

    YOGYKARTA – Merawat mobil, terutama bumpernya, membutuhkan perhatian khusus. Salah satu masalah yang sering muncul adalah korosi atau karat pada bumper mobil. Hal ini wajar terjadi karena sebagian besar bumper mobil terbuat dari material besi baja, yang rentan mengalami oksidasi. Untuk mencegah masalah ini, bumper perlu dilapisi dengan logam yang dapat mencegah korosi pada bumper mobil, yaitu kromium.

    Kromium dikenal sebagai logam pelindung yang efektif. Tidak hanya mampu mencegah korosi, tetapi juga meningkatkan estetika dengan memberikan efek berkilau. Untuk memahami lebih lanjut, berikut ulasan lengkap mengenai peran kromium dalam melindungi bumper mobil dan bagaimana proses pelapisannya dilakukan.

    Logam yang Dapat Mencegah Korosi Pada Bumper Mobil

    Bumper mobil umumnya dibuat dari material besi baja. Penggunaan bahan ini dipilih karena sifatnya yang kokoh dan mampu memberikan perlindungan optimal, baik untuk kendaraan itu sendiri maupun untuk pejalan kaki saat terjadi kecelakaan.

    Meski kuat, besi baja memiliki kelemahan, yakni rentan terhadap korosi. Faktor-faktor seperti paparan air hujan, terendam banjir, atau kurangnya perawatan dapat mempercepat proses korosi. Saat korosi terjadi, material besi baja mengalami oksidasi, sedangkan oksigen di udara menjalani proses reduksi, menghasilkan karat yang merusak tampilan dan kekuatan bumper.

    Untuk mengatasi hal ini, diperlukan lapisan pelindung dari logam yang dapat mencegah korosi pada bumper mobil. Salah satu logam yang paling efektif adalah kromium.

    Mengapa Kromium Dipilih untuk Mencegah Korosi?

    Kromium, yang secara kimia dilambangkan dengan simbol Cr, adalah logam yang sering digunakan untuk melapisi berbagai permukaan logam lainnya. Pelapisan kromium tidak hanya melindungi material dari korosi tetapi juga memberikan tampilan yang mengkilap dan seperti baru. Keunggulan kromium meliputi:

    Ketahanan terhadap Korosi: Kromium membentuk lapisan pelindung yang tahan terhadap oksidasi, sehingga mencegah pembentukan karat.Peningkatan Estetika: Bumper mobil yang dilapisi kromium akan tampak lebih berkilau dan menarik, meningkatkan nilai estetika kendaraan.Daya Tahan: Lapisan kromium membuat permukaan bumper lebih kokoh dan tahan terhadap goresan.

    Karena alasan-alasan tersebut, proses pelapisan kromium, yang dikenal dengan istilah cromo-nikel, sering digunakan pada bumper mobil.

    Proses Cromo-Nikel pada Bumper Mobil

    Agar bumper mobil terhindar dari korosi, proses pelapisan kromium dilakukan melalui beberapa tahapan. Berikut langkah-langkahnya:

    Tahap Persiapan dan Pembersihan

    Langkah pertama adalah membersihkan bumper secara menyeluruh. Bumper direndam dalam larutan pembersih untuk menghilangkan kotoran, debu, minyak, atau residu lainnya. Setelah itu, permukaan bumper dipoles dan dibilas hingga bersih. Proses ini memastikan bahwa lapisan kromium dapat menempel dengan sempurna.

    Tahap Aktivasi

    Setelah pembersihan, bumper direndam dalam larutan asam pada tahap aktivasi. Tujuan dari tahap ini adalah untuk membuka pori-pori logam agar kromium dapat meresap dengan baik ke dalam permukaan bumper.

    Tahap Pelapisan Kromium

    Tahap inti dalam proses ini adalah pelapisan kromium. Bumper dicelupkan ke dalam bak elektroplating yang berisi larutan kromium. Selanjutnya, arus listrik dialirkan melalui bak tersebut untuk mengikat ion kromium ke permukaan bumper. Proses ini membentuk lapisan pelindung yang mencegah oksidasi dan memberikan kilauan khas kromium.

    Tahap Pengeringan dan Pemolesan

    Setelah lapisan kromium diterapkan, bumper dikeluarkan dari bak elektroplating dan dikeringkan. Pada tahap ini, pemolesan juga dilakukan untuk meningkatkan kilauan dan memberikan efek anti karat yang lebih kuat. Hasil akhirnya adalah bumper yang tampak seperti baru, berkilau, dan terlindungi dari risiko korosi.

    Manfaat Pelapisan Kromium

    Melapisi bumper dengan kromium memberikan banyak keuntungan, antara lain:

    Perlindungan Jangka Panjang: Kromium melindungi bumper dari karat akibat paparan air, udara, atau faktor lingkungan lainnya.Tampilan Elegan: Bumper yang dilapisi kromium tampak lebih estetis, menambah daya tarik visual kendaraan.Efisiensi Biaya: Dengan melapisi bumper, pemilik mobil dapat mengurangi frekuensi penggantian atau perbaikan akibat karat.

    Jadi kesimpulannya, perawatan bumper mobil tidak hanya penting untuk menjaga tampilannya tetapi juga untuk melindungi daya tahannya. Salah satu solusi efektif adalah melapisi bumper dengan logam yang dapat mencegah korosi pada bumper mobil, seperti kromium. Melalui proses cromo-nikel, bumper mobil tidak hanya terlindungi dari korosi tetapi juga tampil lebih menarik dan tahan lama.

    Dengan memahami pentingnya pelapisan kromium dan cara melakukannya, pemilik mobil dapat memastikan bumper tetap dalam kondisi prima, memperpanjang usia pakai, serta meningkatkan nilai estetika kendaraan mereka.

    Selain itu, sudahkah Anda Mengenal Komponen Rem Tromol Mobil dan Cara Kerjanya?

    Jadi setelah mengetahui  logam yang dapat mencegah korosi pada bumper mobil, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!

  • IKN Dikunjungi 64 Ribu Orang Selama Lebaran 2025

    IKN Dikunjungi 64 Ribu Orang Selama Lebaran 2025

    JAKARTA – Selama libur Lebaran, masyarakat yang berkunjung ke Ibu Kota Nusantara (IKN) mencapai 64.000 orang. Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan Otorita IKN, Thomas Umbu Pati Tena Bolodadi mengatakan, kunjungan terus meningkat selepas pelaksanaan Hari Raya Idulfitri 1446 Hijriah.

    “Secara statistik bahwa tanggal 1 April pengunjung 8.219, bahkan 2 April 12.958, puncak kemarin tanggal 3 April itu 14.105 dan kemarin (4 April 2025) 10.215 orang. Hari ini (5 April 2025) sudah 12.307 pengunjung,” paparnya dalam keterangan yang dikutip VOI, Minggu, 6 April.

    Para pengunjung ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia serta dari mancanegara seperti Brunai, Malaysia, Tiongkok, Eropa, dan Korea Selatan. Mereka datang untuk melihat langsung proses pembangunan IKN yang tengah berjalan sebagai bagian dari transformasi Indonesia menuju ibu kota politik.

    Kata Thomas, tingginya animo masyarakat untuk mengunjungi IKN menjadi pertanda positif sekaligus menunjukkan bahwa pembangunan ibu kota baru Indonesia ini mendapatkan perhatian dan dukungan yang besar dari masyarakat Indonesia, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

    Sementara itu, Staf Khusus Kepala Otorita IKN, Troy Pantouw menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak yang telah bekerja keras memberikan pelayanan kepada pengunjung.

    “Terima kasih kepada petugas dari Otorita IKN, relawan, aparat TNI dan Kepolisian, serta semua pihak yang telah mendedikasikan waktu dan tenaga mereka di hari libur Lebaran untuk melayani masyarakat yang sangat antusias berkunjung ke IKN,” ujar Troy.

    Troy bilang, akses menuju IKN telah dipermudah dengan adanya Jembatan Pulau Balang yang berfungsi sebagai jalur fungsional ekosistem, dan Jalan Tol IKN Seksi 3A, 3B, 5A dibuka satu arah khusus untuk kendaraan Golongan I (sedan, jip, dan minibus) sebagai jalur alternatif mudik Idulfitri.

    Di IKN, juga disediakan fasilitas kesehatan dengan adanya Rumah Sakit Hermina dan Mayapada Hospital Nusantara. Selain itu, pilihan penginapan seperti Swisshotel Nusantara dan Hotel Qubika juga telah berfungsi dan dapat menjadi opsi bagi masyarakat yang datang dari kota kota jauh untuk menginap.

    Kemudian, bus listrik disediakan untuk mengangkut serta membawa pengunjung berkeliling di area Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP). Di sana pula, masyarakat dapat menikmati ruang terbuka bersama di IKN mulai dari Plaza Ceremony, Amphitheater, Bukit Bendera, dan Taman Kusuma Bangsa.

    “(Berkunjung ke IKN) memenuhi rasa penasaran dengan pembangunan yang ada di IKN, menikmati pohon pohon rindang, meskipun banyak yang masih dibangun, semoga lima tahun mendatang sudah jadi sepenuhnya. Semoga IKN bisa berkembang jadi ibu kota negara yang diharapkan, jauh lebih maju lagi dan berdampak positif untuk seluruh masyarakat Indonesia,” pungkas Troy.

  • Klaim Mampu Tembus Pertahanan Udara Israel, Komandan IRGC: Iran Siap untuk Perang Apa Pun – Halaman all

    Klaim Mampu Tembus Pertahanan Udara Israel, Komandan IRGC: Iran Siap untuk Perang Apa Pun – Halaman all

    Klaim Sukses Tembus Pertahanan Udara Israel, Komandan IRGC: Iran Siap untuk Perang Apa Pun

    TRIBUNNEWS.COM – Militer Iran menyatakan tidak akan tunduk pada tekanan negara asing dan siap menanggapi segala bentuk agresi.

    Hal itu diungkapkan Mayor Jenderal Hossein Salami, kepala panglima Korps Garda Revolusi Iran (IRGC).

    Berbicara dalam sebuah pertemuan dengan komandan senior IRGC pada Sabtu (5/4/2025), Salami mengatakan kalau Iran “sama sekali tidak khawatir tentang perang. Kami tidak akan memulai perang tetapi siap untuk perang apa pun.”

    Ia menambahkan bahwa Iran telah mengembangkan strategi untuk mengatasi musuh mana pun dan untuk menangkal operasi psikologis dan serangan militer langsung.

    “Namun, kami tidak akan mengambil satu langkah pun untuk menghadapi musuh,” tegas Salami.

    Komandan IRGC Hossein Salami. (Masrawy)

    Klaim Mampu Tembus Pertahanan Udara Israel

    Salami mengklaim kalau serangan Israel terhadap konsulat Teheran di Suriah pada bulan April 2024, yang menewaskan beberapa perwira militer senior Iran, menandai dimulainya “konfrontasi global” di Timur Tengah.

    Menurut Salami, saat itu serangan balasan Iran yang melibatkan ratusan rudal dan pesawat nirawak berhasil mengatasi apa yang disebutnya sebagai “wilayah udara paling dijaga ketat dalam sejarah.”  

    “Rudal kami menembus ilusi keamanan mereka,” kata jenderal itu, merujuk pada gaung Israel yang mengatakan kalau sistem pertahanan udara Tel Aviv tak bisa ditembus..

    Namun, Yerusalem mengatakan pada saat itu bahwa serangan itu hanya mengakibatkan kerusakan kecil pada beberapa instalasi militernya.

    Salami mencatat bahwa Israel masih rentan terhadap kemampuan militer Iran.

    “Kami telah memperoleh pengetahuan dan formula untuk mengatasi musuh ini dan telah memasukkannya ke dalam semua elemen persenjataan dan peralatan kami,” katanya.

    Komentar sang jenderal muncul saat konflik di Gaza terus berkecamuk dan di tengah berlanjutnya pertikaian antara AS dan Iran.

    Pada akhir Maret, Menteri Luar Negeri Marco Rubio memperingatkan bahwa Washington dapat “mengambil tindakan” untuk mencegah Iran memperoleh senjata nuklir.

    “Kami memiliki kemampuan untuk melakukan itu dan melangkah lebih jauh, bahkan mungkin mengancam rezim tersebut,” katanya.

    Gambar yang diambil pada 10 November 2019 menunjukkan bendera Iran di PLTN Bushehr Iran, selama upacara resmi untuk memulai pekerjaan pada reaktor kedua di fasilitas tersebut. (Atta Kenare/AFP)

    Trump Ancam Bom Iran

    Ketegangan antara Iran dan Amerika Serikat serta Israel telah meningkat, dengan Presiden AS Donald Trump minggu lalu mengancam Iran dengan “pemboman yang belum pernah terlihat sebelumnya” dan sanksi tambahan jika Teheran gagal mencapai kesepakatan dengan Washington mengenai program nuklirnya.

    AS mendesak Iran untuk memperbarui perundingan mengenai pemulihan kesepakatan nuklir 2015 yang secara sepihak ditarik Washington tiga tahun kemudian. 

    Trump mengklaim dalam pemerintahan pertamanya bahwa hal itu tidak banyak menghalangi Teheran untuk mendapatkan senjata nuklir.

    Trump, yang telah membuktikan dirinya sebagai pendukung setia Israel sejak menjabat, memperingatkan bahwa jika “Iran tidak menyetujui perundingan yang ditawarkan, negaranya akan melancarkan serangan udara yang belum pernah terlihat sebelumnya.”

    Ancaman terbaru Trump – yang lebih eksplisit dan keras daripada pernyataan sebelumnya – muncul setelah ia mengirim surat ke Iran, yang isinya belum diungkapkan, yang menawarkan negosiasi mengenai program nuklir negara itu.

    Adapun Iran, mereka mengklaim bahwa program nuklirnya tidak mengancam pihak mana pun karena program tersebut ditujukan untuk menghasilkan listrik dan bukan untuk mengembangkan senjata nuklir.

     

    (oln/rt/*)

  • Bahlil Perintahkan PLN Bangun Pembangkit Panas Bumi 40 MW di Maluku

    Bahlil Perintahkan PLN Bangun Pembangkit Panas Bumi 40 MW di Maluku

    Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia memerintahkan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) segera membangun Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) berkapasitas 40 megawatt (MW) di Provinsi Maluku. 

    Instruksi tersebut disampaikan saat kunjungan kerja di Kota Ambon, Sabtu (5/4/2025). Menurut Bahlil, pembangunan PLTP sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam menghadirkan akses energi bersih yang cukup, merata, dan terjangkau bagi seluruh masyarakat, khususnya di wilayah timur Indonesia.

    “Dalam implementasinya, PT PLN sebagai Badan Usaha Milik Negara [BUMN] yang ditunjuk oleh negara dalam melakukan penugasan-penugasan agar semua masyarakat bisa mendapatkan listrik,” ujar Bahlil seperti dikutip dari keterangan resmi.

    Menurut Bahlil, Provinsi Maluku memiliki potensi panas bumi sebesar 40 MW yang perlu segera dibangun. Dia menegaskan, proyek PLTP tersebut telah dimasukkan ke dalam draf Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) PT PLN 2025 – 2034 sebagai langkah strategis menuju transisi energi bersih melalui pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT). 

    “Saya sudah masukkan dalam RUPTL, supaya apa? Tidak lagi tergantung pada solar. Tidak lagi tergantung pada batu bara. Jadi begitu ada mesin-mesin pembangkit yang sudah tua, yang diesel, langsung diganti pada EBT, sebagai bentuk dari concern pemerintah untuk menyediakan EBT sebagai konsensus internasional,” jelasnya.

    Adapun proyek PLTP di Provinsi Maluku yang dimaksud mencakup PLTP Wapsalit 20 MW di Pulau Buru dan PLTP Tulehu 2×10 MW di Pulau Ambon. Bahlil menyebut, PLTP Wapsalit 20 MW saat ini masih dalam tahap eksplorasi oleh pengembang swasta dan ditargetkan mulai operasi secara komersial (Commercial Operation Date/COD) pada 2028. 

    Sementara itu, PLTP Tulehu 2×10 MW kini tengah dalam tahap pengadaan oleh PLN dan ditargetkan COD pada 2031. Selain itu, terdapat potensi panas bumi di Banda Baru di Pulau Seram yang dapat dikembangkan menjadi PLTP 25 MW sesuai dengan hasil survei oleh Badan Geologi dan akan ditawarkan dalam market sounding oleh Ditjen EBTKE pada April 2025.

    Saat ini, sistem kelistrikan di Provinsi Maluku masih sangat bergantung pada pembangkit berbasis energi fosil. Berdasarkan data Kementerian ESDM 2024, total kapasitas pembangkit listrik di wilayah ini mencapai 409 MW. 

    Dari jumlah tersebut, sekitar 99% atau 406 MW masih berasal dari sumber fosil, yakni Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) serta kombinasi pembangkit berbahan bakar gas dan uap (PLTG, PLTGU, dan PLTMG).

    PLTD menjadi penyumbang kapasitas terbesar dengan 249 MW atau sekitar 61% dari total kapasitas, disusul pembangkit berbasis gas dan uap yang menghasilkan 157 MW atau 38%. Sementara itu, kontribusi energi baru terbarukan masih sangat terbatas, hanya sekitar 3 MW atau kurang dari 1%, terdiri atas Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) sebesar 3 MW dan Pembangkit Listrik Tenaga Air atau Mikrohidro sebesar 0,1 MW.

    Bahlil menambahkan bahwa, dengan masuknya proyek PLTP ke dalam RUPTL PT PLN, pemerintah ingin menggenjot pemanfaatan EBT di wilayah Maluku secara signifikan serta mengurangi dominasi energi fosil yang selama ini mendominasi sistem kelistrikan di wilayah tersebut.

    Sesuai amanat dalam UU 21/2014 tentang Panas Bumi, pengembangan PLTP juga akan memberikan manfaat langsung kepada daerah dalam bentuk PNBP dan Bonus Produksi bagi masyarakat sekitar proyek panas bumi. Pembangunan PLTP mengedepankan prinsip kelestarian lingkungan, keamanan dan kesejahteraan masyarakat.

  • Check List Persiapan Mudik Balik Lebaran 2025, Siapkan sebelum Berangkat!

    Check List Persiapan Mudik Balik Lebaran 2025, Siapkan sebelum Berangkat!

    PIKIRAN RAKYAT – Berikut check list persiapan mudik balik Lebaran 2025 yang perlu diketahui. Pastikan Sobat PR bisa kembali ke perantauan dalam kondisi selamat sampai kota tujuan.

    Apa saja check list yang harus disiapkan? Simak selengkapnya:

    Check List Persiapan Mudik Balik Lebaran 2025 Persiapan Mobil Pribadi Pemeriksaan Kondisi Kendaraan
    (a) Oli mesin, air radiator, minyak rem, dan cairan wiper.
    (b) Kondisi ban (termasuk ban cadangan), tekanan angin, dan dongkrak.
    (c) Sistem pengereman, lampu-lampu, dan klakson.
    (d) Aki dan sistem kelistrikan.
    (e) AC (jika diperlukan).
    (f) Surat-surat kendaraan seperti STNK. Perlengkapan darurat
    (a) Kotak P3K.
    (b) Segitiga pengaman.
    (c) Dongkrak dan kunci roda.
    (d) Ban cadangan dan pompa ban.
    (e) Tool kit sederhana. Navigasi
    (a) Peta atau aplikasi navigasi (Google Maps, Waze).
    (b) Charger mobil.

    Tips Mudik Balik Aman dan Nyaman bagi Anak, Siap-Siap Arus Balik Lebaran 2025

    Tips Mudik Balik Pakai Motor dan Mobil Listrik, Cek Dulu Kondisi Kendaraan

    Barang Bawaan Pakaian
    (a) Pakaian sesuai dengan tujuan dan cuaca.
    (b) Pakaian dalam dan kaos kaki secukupnya.
    (c) Jaket atau sweater.
    (d) Pakaian tidur. Perlengkapan Mandi
    (a) Sabun, sampo, sikat gigi, dan pasta gigi.
    (b) Handuk kecil.
    (c) Tisu basah dan tisu kering. Obat-obatan dan Perlengkapan Kesehatan
    (a) Obat-obatan pribadi (misalnya, obat sakit kepala, obat antimabuk perjalanan).
    (b) Plester dan antiseptik.
    (c) Masker dan hand sanitizer. Dokumen Penting
    (a) Kartu identitas (KTP, SIM, paspor jika diperlukan).
    (b) Tiket perjalanan (pesawat, kereta, bus).
    (c) Reservasi hotel atau penginapan.
    (d) Uang tunai dan kartu debit/kredit. Perlengkapan Elektronik
    (a) Ponsel dan charger.
    (b) Power bank.
    (c) Kamera (jika diperlukan).
    (d) Adaptor listrik universal (jika mudik balik ke luar negeri). Perlengkapan Tambahan
    (a) Bantal leher dan penutup mata.
    (b) Selimut kecil.
    (c) Snack dan air minum.
    (d) Tas atau koper yang sesuai.
    (e) Payung atau jas hujan.

    Jam Berapa Puncak Arus Balik Lebaran 2025? Hindari Agar Tak Terjebak Macet

    Tiket Kereta Api Diskon 25 Persen Selama Arus Balik Lebaran, Catat Jadwal, Syarat, hingga Rute Lengkapnya!

    Persiapan Tambahan Rencanakan Rute dan Jadwal
    (a) Tentukan rute perjalanan dan perkiraan waktu tempuh.
    (b) Buat jadwal perjalanan yang fleksibel.
    (c) Cari informasi tentang tempat-tempat yang akan dikunjungi. Keamanan
    (a) Informasikan rencana perjalanan kepada keluarga atau teman.
    (b) Jaga barang bawaan dengan baik. Kenyamanan
    (a) Siapkan hiburan selama perjalanan (buku, musik, film).
    (b) Istirahat yang cukup sebelum dan selama perjalanan.

    Demikian check list persiapan mudik balik Lebaran 2025. Siapkan dengan baik agar lancar selama di perjalanan.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News