Topik: Listrik

  • Pelonggaran TKDN Bisa Untungkan Merek Mobil China di RI, Chery Bilang Begini

    Pelonggaran TKDN Bisa Untungkan Merek Mobil China di RI, Chery Bilang Begini

    Jakarta

    Presiden Prabowo Subianto meminta aturan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) diubah supaya lebih fleksibel. Jika jadi diterapkan, maka aturan tersebut bisa membuat merek-merek otomotif pendatang baru untung, contohnya seperti merek-merek mobil asal China. Seperti apa tanggapan Chery?

    Diberitakan sebelumnya, instruksi Prabowo untuk mengkaji ulang aturan TKDN di Indonesia dikatakan dalam Sarasehan Ekonomi di Menara Mandiri Sudirman, Jakarta Pusat.

    “Kita harus realistis. TKDN dipaksakan ini akhirnya kita kalah kompetitif (dari negara lain),” ujar Prabowo, belum lama ini. Prabowo mengaku setuju seandainya aturan TKDN dibuat fleksibel agar Indonesia lebih punya daya saing. Namun, dia tidak merinci permintaan yang dimaksud.

    “Tolong ya para pembantu saya, menteri saya, sudahlah, realistis. Tolong diubah, TKDN dibikin yang realistis saja,” sambung dia.

    Sekadar informasi, TKDN diatur dalam Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) Nomor 29 Tahun 2017. Ada setidaknya 3 opsi investasi sebagai syarat pemenuhan TKDN, yakni skema manufaktur, skema aplikasi, dan skema inovasi. TKDN cakupannya sangat luas dan diterapkan di berbagai industri, termasuk otomotif.

    Aturan TKDN untuk kendaraan roda empat diberlakukan secara bertahap, yakni 2019-2021 dengan TKDN minimum 35%, 2022-2026 dengan TKDN minimum 40%, 2027-2029 dengan TKDN komponen lokal 60% dan 2030 dengan TKDN maksimum 80%.

    Pengamat otomotif senior Institut Teknologi Bandung (ITB), Yannes Pasaribu bilang, produsen China yang belum memiliki pabrik mandiri di Indonesia bakal diuntungkan aturan tersebut andai nanti jadi diterapkan. Sebab, mereka bisa ‘semena-mena’ memasukkan produk impor ke dalam negeri.

    “Untuk short term jelas, BYD dan Chery paling diuntungkan karena strategi mereka dengan paduan harga yang agresif serta EV murah berteknologi tinggi dengan garansi part yang solid, didukung impor komponen hemat biaya, berpotensi langsung menggilas pasar HEV, PHEV & EV domestik,” ujar Yannes kepada detikOto, Rabu (9/4/2025).

    Tanggapan Chery Indonesia

    Sales Director PT Chery Sales Indonesia (CSI) Budi Darmawan mengaku, pihaknya belum bisa bicara banyak terkait rencana Presiden Prabowo yang ingin aturan TKDN supaya dilonggarkan, sebab itu baru pernyataan dan belum ada putusan apapun.

    “Karena aturannya belum ada. Biasanya kan dari situ nanti akan ada juklak (Petunjuk Pelaksanaan). Nah, kalau udah keluar juklaknya baru kita bisa bicara,” kata Budi kepada wartawan di Jakarta, Selasa (15/4/2025).

    “Kita juga belum bisa berkomentar. Karena yaitu tadi juklaknya belum ada. Kalau kita komentar, tahu-tahu nanti juklaknya begini atau begitu kan jadi tidak relevan,” sambung Budi.

    Sebagai informasi, saat ini Chery sudah merakit mobil secara lokal di Indonesia melalui kemitraan dengan PT Handal Indonesia Motor di Bekasi. Di pabrik tersebut, Chery sudah merakit secara CKD (Completely Knocked Down) model-model seperti Tiggo Series, Omoda Series, termasuk dua model mobil listrik Omoda E5 dan J6.

    (lua/din)

  • Tarif Trump Bisa Tingkatkan Risiko Pembiayaan-Tekan Ekspor Industri

    Tarif Trump Bisa Tingkatkan Risiko Pembiayaan-Tekan Ekspor Industri

    Jakarta

    Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyampaikan kebijakan tarif resiprokal yang diterapkan oleh Presiden Amerika Serikat (AS) ke sejumlah negara berpotensi menekan kinerja ekspor industri, terutama yang berorientasi ekspor ke AS. Adapun industri yang mengalami tekanan ekspor, yakni tekstil karet, peralatan listrik, makanan, dan perikanan.

    “Kebijakan tarif Trump berpotensi menekan kinerja industri berorientasi ekspor ke AS, terutama sektor tekstil, karet, peralatan listrik, makanan, dan perikanan,” ujar Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya (PVML) OJK Agusman dalam keterangannya, Kamis (17/4/2025).

    Agusman juga menyebut dampak tersebut bisa dirasakan kepada lembaga pembiayaan PVML dalam negeri yang mendanai sektor-sektor tersebut. Hal ini disebabkan karena kemungkinan adanya risiko pembiayaan yang dapat meningkat.

    Untuk itu, Agusman menyebut pelaku industri perlu mitigasi sedari dini. Adapun beberapa upaya yang dapat dilakukan oleh pengusaha, seperti portofolio pembiayaan hingga penguatan likuiditas.

    “Mitigasi yang perlu disiapkan oleh pelaku industri antara lain penilaian risiko yang efektif, diversifikasi portofolio pembiayaan, dan penguatan likuiditas,” terang Agusman.

    Seperti diketahui, Trump telah mengumumkan tarif impor tinggi ke puluhan negara, termasuk Indonesia. Indonesia sendiri telah dikenakan sebesar 32%.

    Mulanya, tarif tersebut berlaku pada Rabu (9/4) lalu. Namun, Trump memutuskan untuk menundanya selama 90 hari karena memicu berbagai reaksi dari negara-negara sasaran.

    Namun, Trump tetap menerapkan tarif 10% untuk impor barang dari semua negara sebagai kebijakan proteksinya. Sementara Indonesia memilih jalur negosiasi dengan AS.

    Salah satu bentuk negosiasinya adalah Indonesia ingin menyeimbangkan neraca dagang dengan negeri Paman Sam. Caranya dengan menambah impor barang asal AS, mulai dari komoditas minyak dan gas hingga komoditas pertanian macam kapas hingga kedelai.

    (rea/rrd)

  • MIND ID Ajak BUMN Arab Saudi Bangun Smelter Alumina & Aluminium

    MIND ID Ajak BUMN Arab Saudi Bangun Smelter Alumina & Aluminium

    Bisnis.com, JAKARTA – Holding BUMN tambang MIND ID menjajaki peluang kerja sama hilirisasi bauksit menjadi aluminium dengan badan usaha milik negara Arab Saudi di sektor tambang, Ma’aden.

    Potensi kerja sama tersebut dibahas saat kunjungan Menteri Perindustrian dan Sumber Daya Mineral Kerajaan Arab Saudi Bandar Al-Khorayef ke MIND ID, Selasa (15/4/2025),

    Direktur Portofolio dan Pengembangan Usaha MIND ID Dilo Seno Widagdo mengungkapkan bahwa perusahaan pelat merah Saudi itu tertarik menjalin kerja sama lantaran melihat potensi sumber daya bahan baku aluminium, yakni bauksit, yang dimiliki Indonesia. Kebutuhan bauksit diperlukan untuk mewujudkan visi mereka menjadi hub aluminium, seperti halnya raksasa aluminium di Uni Emirat Arab, Emirates Global Aluminium (EGA).

    “Dia punya bauksit tapi low grade, campur sama pasir. Jadi susah [diolah sebagai bahan baku aluminium]. Nah, dia butuh sebenarnya bauksit dari kita. Tapi kita kan enggak ekspor,” ujar Dilo saat ditemui di Jakarta, Kamis (17/4/2025).

    Untuk diketahui, pemerintah Indonesia telah melarang ekspor bijih bauksit sejak Juni 2023 guna menciptakan nilai tambah dalam negeri melalui hilirisasi.

    Alih-alih kerja sama pasokan bauksit, MIND ID pun menawarkan peluang kerja sama investasi pembangunan fasilitas pengolahan dan pemurnian atau smelter bauksit yang akan memproduksi produk antara bahan baku aluminium, alumina.

    “Kalau mau beli aluminanya dari tempat kita. Tapi kalau [produksi] alumina yang tersedia sekarang, mereka mau beli sudah habis. Kalau mau ayo kita buat lagi smelter grade alumina. Alumina kalian ambil dari sini,” kata Dilo.

    Selain itu, MIND ID dan Ma’aden juga dapat mengeksplorasi kerja sama investasi pembangunan smelter aluminium di Arab Saudi. Menurut Dilo, produksi aluminium di Arab Saudi cukup kompetitif lantaran biaya listriknya murah.

    “Listrik di sana US$3-4 sen per kWh, cukup kompetitif dong. Ya udah kita investasi sama-sama di sana. Kalian investasi di sana, mungkin MIND ID akan ikut investasi di sana. Tapi aluminiumnya kita minta karena kebutuhan aluminium di dalam negeri harus bisa dipenuhi,” jelas Dilo.

    Penawaran kerja sama tersebut, kata Dilo, akan MIND ID tindaklanjuti dan didiskusikan lebih lanjut dengan Ma’aden.

  • Dominasi Mobil Listrik di World Car Awards 2025: Eropa dan Asia Berpesta, AS Gigit Jari

    Dominasi Mobil Listrik di World Car Awards 2025: Eropa dan Asia Berpesta, AS Gigit Jari

    Dominasi Mobil Listrik di World Car Awards 2025: Eropa dan Asia Berpesta, AS Gigit Jari

  • Setelah Tiggo 8, Ini Model Chery Lain yang Bakal Disuntik Super Hybrid

    Setelah Tiggo 8, Ini Model Chery Lain yang Bakal Disuntik Super Hybrid

    Jakarta

    Chery Tiggo 8 menjadi produk pertama Chery Indonesia yang bakal disuntik teknologi CSH alias Chery Super Hybrid. Chery Indonesia pun menegaskan bahwa Tiggo 8 bukan satu-satunya produk yang mendapatkan teknologi canggih tersebut. Ada beberapa model lain yang bakal mendapatkan inovasi serupa.

    “Tahun ini, kita akan rilis tiga model (CSH). Jadi yang pertama adalah model Tiggo 8. Dan masih ada dua model (SUV baru) lainnya (yang akan menggunakan CSH),” ungkap Country Director PT Chery Sales Indonesia (CSI) Zeng Shuo kepada wartawan di Jakarta, Selasa (16/4/2025).

    Zeng Shuo tidak memberi penjelasan model Chery lain manakah yang nantinya juga bakal dibekali teknologi plug-in hybrid itu. Untuk sementara, yang bisa dipastikan adalah peluncuran model Chery Tiggo 8 CSH yang rencananya dilakukan pada bulan depan, Mei 2025.

    Sebagai informasi, Chery Tiggo CSH memiliki perpaduan keunggulan teknologi Super Hybrid Electric Vehicle (Super HEV) dan Electric Vehicle (EV). Mobil ini tak hanya sebagai alternatif kendaraan hemat energi, tetapi dapat mengungguli kendaraan listrik murni (EV) dari sisi keterbatasan mobil listrik saat ini.

    Jantung dari performa impresif Tiggo 8 CSH adalah mesin Acteco H4J15 berkapasitas 1.500 cc turbo, yang dikembangkan eksklusif buat platform Chery Super Hybrid generasi terbaru. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 243 PS dan torsi 215 Nm dengan konsumsi bahan bakar sangat efisien, mencapai 76 km/liter berdasarkan pengujian WLTC. Efisiensi termal mesin yang mencapai 44,5% turut menempatkannya jauh di atas rata-rata standar industri saat ini.

    Untuk mendukung performa berkendara jarak jauh maupun aktivitas harian, Chery Tiggo 8 CSH dibekali baterai Lithium Iron Phosphate (Li-Po), yang mengantongi sertifikasi IP68 Waterproof. Baterai tersebut dirancang untuk tahan dalam kondisi suhu ekstrem mulai dari -35°C hingga 60°C.

    Performa tinggi yang dihasilkan juga memungkinkan Tiggo 8 CSH menempuh jarak sejauh 90 km dalam mode full EV, sehingga memberikan pilihan berkendara yang ramah lingkungan untuk mobilitas perkotaan. Pengisian daya baterai pun sangat praktis, dengan kemampuan pengisian cepat dari 30% hingga 80% hanya dalam waktu 20 menit melalui port CCS2. Ketika daya baterai menipis saat berkendara, mesin yang beroperasi secara otomatis akan memasok daya.

    (lua/din)

  • Penjualan Mobil Anjlok, Daya Beli Masyarakat Masih Lemah?

    Penjualan Mobil Anjlok, Daya Beli Masyarakat Masih Lemah?

    PIKIRAN RAKYAT – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengungkapkan, penjualan mobil pada kuartal I tahun 2025 mengalami pengurangan lebih dari 10.000 unit secara tahunan. Secara rinci, penjualan mobil dari produsen ke distributor susut 4,7% menjadi 205.160 unit. Sementara penjualan mobil ke masyarakat turun 20.544 unit atau 8,9% menjadi 210.483 unit.

    Ketua I Gaikindo Jongkie D Sugiarto menjelaskan, pada tiga bulan pertama 2025, pertumbuhan hanya terjadi penjualan wholesale sebesar 2,2% pada Februari 2025 menjadi 72.295 unit. Sedangkan penjualan wholesale pada awal tahun anjlok 11,22% menjadi 61.932 unit dan susut 5,1% menjadi 70.892 unit pada Maret 2025.

    “Penurunan penjualan wholesale pada Januari-Maret turun karena memang daya beli masih belum pulih 100%,” kata Jongkie dalam keterangan di Jakarta, Rabu (16/4/2025).

    Berdasarkan merek mobil dengan penjualan terbanyak pada kuartal I 2025 adalah Toyota mencapai 68.955 unit. Capaian tersebut diikuti Daihatsu sebanyak 34.99 unit dan Honda sekitar 22.336 unit. Secara umum, hanya ada lima merek mobil dengan penjualan mobil lebih dari 10.000 unit pada Januari-Maret 2025.

    Realisasi penjualan mobil Honda diikuti Mitsubishi sejumlah 17.481 unit dan Suzuki sebanyak 14.174 unit. Adapun merek mobil dengan pertumbuhan penjualan paling tinggi adalah BYD. Merek mobil listrik atau EV yang masih diimpor utuh dari Cina tersebut mencapai 5.363 unit atau 34,75% dari total penjualan sepanjang 2024 yang mencapai 15.429 unit.

    Sebelumnya, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, dengan kondisi market yang sedang lesu ini, semua stakeholder, termasuk pemerintah, perlu mencari terobosan-terobosan agar konsumen kembali bisa atau memiliki minat untuk belanja otomotif.

    “Pemerintah tak akan tinggal diam dengan kondisi ini. Pemerintah telah menerbitkan paket stimulus ekonomi pertama yang bertujuan menjaga daya beli masyarakat, termasuk mendukung sektor otomotif dan mendukung langkah menuju transisi hijau. Alhamdulillah, akhirnya pemerintah memutuskan untuk memberikan insentif mobil hybrid,” ujarnya.

    Industri otomotif, ungkap Agus, selama ini memberikan kontribusi yang signfikan bagi pertumbuhan ekonomi nasional. Sebab, di sektor ini ada backward linkage dan juga forward linkage, yang bisa memperkuat atau bisa memperlemah ekonomi nasional.

    Produk Domestik Bruto

    Direktur Jenderal Industri, Logam, mesin, Transportasi dan Elektronika Kemenperin Setia Diarta mengakui, faktor utama yang menyebabkan penjualan di industri otomotif turun, ungkap Setia, adalah melemahnya daya beli masyarakat dan kenaikan suku bunga pada kredit kendaraan bermotor. Hasilnya, penurunan berdampak negatif pada Produk Domestik Bruto (PDB).

    Setia mengestimasi PDB otomotif menurun sebesar Rp4,21 triliun pada 2024. Kemenperin mengusulkan insentif pajak penjualan barang mewah dan relaksasi pemberlakuan opsen pajak di 25 provinsi di Indonesia untuk menyiasati tantangan industri otomotif 2025

    Sementara, Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara menilai pelonggaran kebijakan impor dari pemerintah tidak serta-merta berdampak signifikan pada industri otomotif nasional. Pasalnya, penjualan mobil di dalam negeri sangat bergantung pada ekosistem industri yang terbangun, layanan purna jual, serta potensi pasar yang ada.

    Pemerintah berencana melonggarkan sejumlah syarat impor, termasuk aturan Pertimbangan Teknis dan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Dua syarat ini selama ini menjadi pengatur masuknya beberapa komoditas impor, termasuk kendaraan bermotor.

    “Dampak relaksasi kebijakan perdagangan terhadap industri otomotif tidak sesederhana yang dibayangkan. Selain itu, prinsipal industri otomotif luar negeri akan mempertimbangkan banyak hal sebelum masuk ke pasar domestik,” ujar Kukuh

    Dia menekankan, keberhasilan penjualan mobil di Indonesia tidak hanya ditentukan oleh pelonggaran kebijakan. Prinsipal otomotif asing harus memiliki komitmen jangka panjang, seperti memastikan pasokan komponen, layanan purna jual, dan kesiapan ekosistem pendukung.

    Dia juga menilai relaksasi kebijakan perdagangan, khususnya Pertimbangan Teknis, tidak akan mendorong lonjakan impor mobil listrik secara signifikan. Ia mengingatkan bahwa importir mobil listrik tetap diwajibkan membangun pabrik di Indonesia. “Mereka sudah punya komitmen untuk investasi di Indonesia, jadi tidak bisa hanya mengandalkan impor CBU,” kata Kukuh.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Harga Mulai Rp 400 Jutaan, Jarak Tempuh 650 Km

    Harga Mulai Rp 400 Jutaan, Jarak Tempuh 650 Km

    Jakarta

    Honda meluncurkan SUV listrik terbaru dengan harga Rp 400 jutaan. SUV listrik anyar Honda ini punya jarak tempuh hingga 650 km.

    Honda baru saja merilis SUV listrik terbaru. Namun SUV listrik ini hanya diperuntukkan bagi pasar otomotif China. Adalah P7 yang merupakan buah kerjasama Honda dengan perusahaan China GAC. Honda P7 merupakan bagian dari rangkaian mobil di bawah merek Ye yang diumumkan tahun lalu untuk pasar otomotif di Negeri Tirai Bambu.

    Sebagai awalan, ada dua crossover yang disiapkan yaitu S7 buatan Dongfeng dan P7 dibuat oleh GAC. Diberitakan Car News China, Honda disebut menyerah pada merek Ye tersebut. Sebab, S7 dan P7 yang dijual di China justru tetap menggunakan merek Honda. Hingga akhirnya Dongfeng merilis S7 pada awal Maret 2025. Sebulan berselang, kembaran S7, yakni Honda P7 dirilis oleh GAC.

    Secara garis besar, sebagaimana mobil kembar pada umumnya, spesifikasinya cukup identik. GAC Honda P7 dibekali powertrain yang sama persis dengan Dongfeng Honda S7. Untuk model termurahnya, terdapat satu motor listrik di rear axle dengan tenaga 268 daya kuda dan torsi 420 Nm. Mobil menggendong baterai NMC terner berkapasitas 89,8 kWh dengan jarak tempuh hingga 650 km.

    Sementara untuk versi AWD, mobil bisa menyemburkan tenaga 469 daya kuda dan torsi 770 Nm. Kapasitas baterainya tetap sama yaitu 89,8 kWh. Tapi berkat adanya modifikasi yang dilakukan, maka akselerasi 0-100 km/jam dapat ditempuh dalam waktu 4,6 detik. Sementara jarak tempuhnya sedikit lebih pendek yakni 630 km.

    Dimensinya juga sama dengan panjang 4.750 mm, lebar 1.930 mm, tinggi 1.625 mm, dan jarak sumbu roda 2.930 mm. Interiornya juga mirip-mirip dengan kehadiran instrumen panel berukuran 9,9 inch. Selanjutnya ada juga dua monitor berukuran 12,8 inch dan 10,25 inch. Sistem hiburannya sudah didukung Apple CarPlay, Baidu CarLife, dan Huawei HiCar. Sistem ADAS Honda Sensing juga sudah tersemat di mobil anyar ini.

    Menariknya meski kembar dengan Honda S7, harga Honda P7 justru lebih murah. Mobil ini termurah dijual seharga 199.900 yuan hingga yang termahal 249.900 yuan. Kalau dirupiahkan dengan kurs saat ini yaitu 1 yuan = Rp 2.291, maka harga termurahnya Rp 458 jutaan dan termahal Rp 572 jutaan.

    Sebagai perbandingan, Honda S7 saat ini ditawarkan mulai 259.900 yuan hingga 309.900 yuan yang setara dengan Rp 595 jutaan sampai Rp 710 jutaan. Jadi pada varian termahal adalah mobil yang sama dengan gaya berbeda namun harga P7 lebih murah.

    (dry/din)

  • KampusTerbakar! Mahasiswa Berhamburan Saat Gedung Psikologi UIN Palembang Dilalap Api

    KampusTerbakar! Mahasiswa Berhamburan Saat Gedung Psikologi UIN Palembang Dilalap Api

    PALEMBANG – Gedung Fakultas Psikologi, Kampus B Jakabaring, UIN Raden Fatah Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), mengalami kebakaran diduga akibat korsleting listrik.

    Berdasarkan data dari Relawan Kebakaran Palembang, kebakaran terjadi pada Kamis 17 April sekitar pukul 08:00 WIB dan petugas kebakaran Kota Palembang langsung meluncur mengerahkan mobil pemadam untuk menangani api, yang menimbulkan asap hitam cukup tebal.

    Adapun petugas pemadam dari Posko Merdeka, Pos Seberang 1 Ulu, dan Pos kemuning, menangani kebakaran tersebut.

    Kepala Bidang Pemadam Dinas Pemadam Kebakaran Palembang Rika mengatakan bahwa kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 08:00 WIB. Sebanyak delapan mobil pemadam dikerahkan untuk memadamkan api.

    Ia menambahkan pihaknya langsung mengerahkan personel bersama sejumlah mobil pump truck untuk memadamkan api yang menyambar.

    “Petugas langsung menangani kebakaran dan mengarahkan para mahasiswa agar tidak mendekati lokasi kebakaran,” kata Rika dikutip ANTARA, Kamis 17 April.

    Sementara itu sejumlah mahasiswa berhamburan melihat kebakaran tersebut dan menyaksikan aksi petugas pemadam menangani api.

    “Pagi tadi pas mau ke kelas, ada ramai dan asap terlihat, ternyata ada kebakaran,” ujar Fira, seorang mahasiswi.

  • Dompet Kering Setelah Lebaran? Ini 5 Cara Cerdas Biar Keuanganmu Balik Stabil!

    Dompet Kering Setelah Lebaran? Ini 5 Cara Cerdas Biar Keuanganmu Balik Stabil!

    Jakarta: Setelah sebulan penuh berpuasa dan merayakan Hari Raya Idulfitri, banyak orang merasa keuangan mendadak “kering.” THR sudah habis, pengeluaran membengkak, dan kebutuhan bulanan tetap berjalan.
     
    Tak jarang, sebagian dari kita mulai mengambil dari tabungan atau bahkan dana darurat. Supaya dompet kamu nggak terus-terusan ngos-ngosan, yuk mulai atur ulang strategi keuangan pasca Lebaran.
     
    Berikut beberapa tips jitu dari Bank Neo Commerce untuk membantu kamu kembali ke jalur finansial yang sehat:

    1. Cek ulang semua pengeluaran Ramadan dan lebaran
    Langkah pertama yang penting banget adalah meninjau kembali seluruh pengeluaran selama Ramadan hingga Lebaran. Coba catat apa saja yang bikin dompetmu menipis, dari hampers, baju baru, hingga biaya mudik. Dengan tahu ke mana saja uangmu pergi, kamu bisa belajar membuat keputusan finansial yang lebih bijak ke depannya.
     

    2. Susun ulang anggaran bulanan dengan realistis
    Setelah tahu kondisi keuangan terkini, saatnya bikin anggaran yang sesuai. Jangan lupakan pos-pos penting seperti listrik, air, internet, cicilan rumah, dan kebutuhan harian. Buat alokasi yang jelas dan pastikan tidak ada pengeluaran tak terduga yang luput dari perhitungan.

    3. Bedakan antara kebutuhan dan keinginan
    Godaan diskon pasca Lebaran memang menggoda. Tapi tahan dulu, ya. Prioritaskan kebutuhan yang benar-benar penting dan tunda dulu beli barang-barang konsumtif yang nggak terlalu mendesak. Ini saatnya hidup hemat biar bisa napas lega sampai gajian berikutnya.

    4. Jangan sentuh tabungan dan dana darurat
    Kalau masih bisa bertahan dengan pemasukan bulanan, usahakan jangan pakai tabungan atau dana darurat. Lebih baik cari alternatif untuk menekan pengeluaran, seperti belanja barang kebutuhan dengan merek yang lebih murah, atau masak sendiri daripada sering jajan.
     

    5. Butuh tambahan dana? pinjam di tempat yang aman
    Kalau keadaan benar-benar mepet dan harus pinjam uang, pastikan kamu meminjam dari lembaga yang terpercaya seperti bank. Hindari pinjaman online ilegal atau rentenir yang justru bikin keuangan makin runyam.

    Memang menyenangkan bisa berbagi dan merayakan Lebaran bersama keluarga. Tapi setelahnya, penting juga untuk kembali mengatur keuangan dengan lebih bijak. Dengan menerapkan tips di atas, kamu bisa kembali menata keuangan dan menyiapkan diri menghadapi bulan-bulan selanjutnya tanpa panik.

    Yuk, mulai kelola keuangan dengan cerdas dari sekarang!

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Bendungan Jragung Semarang Ditargetkan Rampung Tahun ini, Berfungsi Sumber Air Baku hingga PLTMH – Halaman all

    Bendungan Jragung Semarang Ditargetkan Rampung Tahun ini, Berfungsi Sumber Air Baku hingga PLTMH – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Ketahanan air dan pangan terus dilakukan penguatan di berbagai daerah, satu diantaranya membangun Bendungan Jragung di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

    Dengan target penyelesaian pada tahun ini, Bendungan Jragung diharapkan dapat berfungsi sebagai sumber air baku, irigasi, pengendalian banjir, Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) dan pariwisata yang akan memberi manfaat luas bagi masyarakat setempat.

    Bendungan Jragung memiliki kapasitas tampung hingga 90 juta meter kubik(m3) dan akan menjadi sumber air baku bagi Kota Semarang, Kabupaten Demak, dan Kabupaten Grobogan.

    “Bendungan ini direncanakan menyediakan pasokan air baku sebesar 500 liter per detik untuk Semarang, serta 250 liter per detik untuk masing-masing wilayah Grobogan dan Demak,” ujar Sekretaris Perusahaan Brantas Abipraya, Dian Sovana dalam keterangannya, Kamis (17/4/2025).

    Selain itu, kata Dian, Bendungan Jragung juga akan mengairi lahan pertanian seluas 4.528 hektar di wilayah irigasi Jragung, Kabupaten Demak.
     
    Fasilitas ini diharapkan dapat meningkatkan frekuensi penanaman dari satu kali setahun menjadi dua hingga tiga kali setahun, yang akan berkontribusi signifikan pada ketahanan pangan di Jawa Tengah.

    Dalam aspek pengendalian bencana, Dian menyampaikan, bendungan ini dirancang untuk mengurangi risiko banjir di daerah hilir. Dengan pengaturan aliran yang optimal, bendungan ini mampu menurunkan risiko debit banjir dari 378.000 meter kubik per detik menjadi 170.000 meter kubik per detik, atau sekitar 45 persen pengurangan banjir di Semarang.

    Selain fungsi utamanya sebagai sumber air baku dan pengendali banjir, Bendungan Jragung juga akan dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) dengan kapasitas 1.400 KW, menyediakan energi terbarukan bagi masyarakat sekitar.

    Kawasan bendungan juga direncanakan menjadi destinasi wisata air dan agrowisata yang didukung oleh taman botani di area hijau, yang diharapkan dapat memperkuat ekonomi lokal.