Topik: Listrik

  • Pembangunan Pabrik BYD di Subang Diganggu Ormas

    Pembangunan Pabrik BYD di Subang Diganggu Ormas

    Jakarta

    Wakil Ketua MPR RI Eddy Soeparno mengungkapkan pembangunan pabrik BYD di Subang, Jawa Barat sempat diganggu organisasi masyarakat (ormas) dan aksi premanisme. Duh!

    Kabar ini didapatkan Eddy Soeparno saat memenuhi undangan Pemerintah China dalam rangkaian kunjungan di Shenzhen, China.

    Diketahui, saat ini BYD tengah membangun plant atau pabrik produksi di Indonesia yang berlokasi di Subang, Jawa Barat. Eddy tidak mengungkapkan nama ormas yang mengganggu pembangunan pabrik BYD tersebut.

    “Sempat ada permasalahan terkait premanisme, ormas yang mengganggu pembangunan sarana produksi BYD. Saya kira itu harus tegas. Pemerintah perlu tegas untuk kemudian menangani permasalahan ini,” kata Eddy dalam akun instagramnya dikutip Minggu (20/4/2025).

    BYD bangun pabrik di Subang, Jawa Barat Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Dia mengatakan penindakan tegas terhadap premanisme dilakukan semata-mata untuk membuat iklim investasi yang nyaman dan aman.

    “Jangan sampai kemudian investor datang ke Indonesia dan merasa kemudian tidak mendapatkan jaminan kemanan, jaminan keamanan itu adalah hal yang paling mendasar bagi investasi untuk masuk ke Indonesia,” tambah dia.

    DetikOto sudah menghubungi Head of PR & Government Relations PT BYD Motor Indonesia, Luther Panjaitan terkait kabar tersebut. Namun yang bersangkutan belum memberikan respons.

    BYD akan memulai produksi mobil listrik di fasilitas pabrik di Subang, Jawa Barat, pada awal tahun 2026. Dari sekarang, BYD juga mulai mencari pemasok lokal untuk memenuhi tingkat kandungan dalam negeri (TKDN).

    BYD telah merencanakan investasi sebesar Rp 11,7 triliun dengan kapasitas produksi kendaraan listrik mencapai 150 ribu unit per tahun.

    Sebagai informasi, fasilitas produksi mobil listrik BYD dibangun di area Fase 2 Subang Smartpolitan, Jawa Barat. BYD akan menggunakan lahan terbesar seluas lebih dari 108 hektare.

    Mobil listrik BYD juga mendapat respon positif dari masyarakat Indonesia. Terbukti dalam hal penjualan, BYD kini sudah masuk dalam jajaran 10 merek mobil terlaris dengan total penjualan wholesales (distribusi ke dealer) per Maret 2025 sebanyak 3.205 unit.

    Sejauh ini BYD telah menjual beberapa produk mobil listriknya di Indonesia, seperti Dolphin, M6, Atto 3, Seal, dan yang paling baru Sealion 7. Tidak hanya itu, BYD juga sudah membawa brand mobil premiumnya, Denza, ke Indonesia, yang memasarkan MPV mewah D9.

    Saksikan juga Sosok: Damaz, Wujudkan Mimpi Lewat Tanaman Herbal

    (riar/din)

  • Fix No Debat, Ini Bukti Innova Diesel Matic Masih Jadi Primadona

    Fix No Debat, Ini Bukti Innova Diesel Matic Masih Jadi Primadona

    Jakarta

    Toyota Kijang Innova menjadi mobil paling laris sepanjang Januari-Maret 2025. Model yang paling diminati masyarakat Indonesia adalah Innova Reborn diesel matic.

    Pamor Kijang Innova Reborn Diesel Matic yang masih oke tercermin dari data wholesales (distribusi pabrik ke dealer) Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) Januari-Maret 2025. Sebanyak 46,67 persen Kijang Innova Reborn diesel matic mengambil porsi penjualan, lebih laris daripada Kijang Innova Zenix.

    Kijang Innova Reborn dan Zenix terdistribusi sebanyak 16.532 unit pada kuartal pertama 2025, Innova Reborn diesel matic menyumbang 7.712 unit, Zenix Hybrid sebanyak 2.738 unit, dan Zenix non hybrid sebanyak 6.082 unit.

    Sebagai informasi, mesin diesel memang hanya tersemat pada Innova Reborn. Di Innova Zenix keseluruhan mengusung mesin bensin. Pada beberapa varian, mesin bensin itu dipadukan dengan teknologi hybrid sehingga membuatnya lebih irit dalam konsumsi BBM.

    Selain desain Innova Reborn yang masih kelihatan MPV, mobil ini juga bertahan pada penggerak roda belakang (rear wheel drive).

    Sementara itu, Toyota Kijang Innova Zenix kini menggunakan platform Toyota New Generation Architecture (TNGA). Toyota Kijang generasi ketujuh di Indonesia ini mengadopsi platform TNGA: GA-C dengan struktur monokok. Platform ini menggantikan struktur ladder on frame pada Kijang sebelumnya. Toyota Kijang Innova Zenix juga beralih menggunakan penggerak roda depan (FWD).

    Kijang Innova Zenix versi bensin mengusung mesin 2.000 cc berkode M20A-FKS Dynamic Force Engine. Mesin berkapasitas 1.987 cc empat silinder dual VVT-i ini menghasilkan tenaga hingga 174 PS pada 6.600 rpm dengan torsi maksimal 204,9 Nm. Sementara varian hybrid menggabungkan mesin TNGA 2.000 cc M20A-FXS (152 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 187,3 Nm pada 4.400-5.200 rpm) dengan motor listrik berdaya 113 PS dan torsi 205,9 Nm. Hasilnya, tenaga gabungan mencapai 186 PS.

    Sebagai perbandingan, Toyota Kijang Innova Reborn diesel dilengkapi dengan mesin berkode 2GD FTV dengan empat silinder segaris 16 katup DOHC dengan VNT Intercooler. Mesin diesel Innova berkapasitas 2.393 cc. Tenaga maksimalnya mencapai 149 PS pada 3.400 rpm dengan torsi maksimal 342,2 Nm yang tersedia pada rentang 1.200-2.800 rpm.

    (riar/din)

  • Tepat 4 Tahun Lalu, KRI Nanggala 402 Tenggelam di Laut Bali

    Tepat 4 Tahun Lalu, KRI Nanggala 402 Tenggelam di Laut Bali

    Bisnis.com, JAKARTA — Peristiwa tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala 402 terjadi telat 4 tahun lalu di Laut Bali. Insiden ini menyebabkan seluruh prajurit yang ada di dalamnya gugur. Duka menyelimuti dunia militer dan publik Indonesia pada waktu itu.

    Rabu (21/4/2021) jelang subuh, tepatnya pukul 03.46 WITA, sea rider monitor periskop dan lampu tanda pengenal KRI Nanggala-402 meredup. Sejam berlalu, tak ada jawaban ketika ada panggilan dari pusat komando. Komunikasi pun terputus.

    Sesaat kemudian, helikopter TNI Angkatan Laut (AL) dari KRI I Gusti Ngurah Rai ditugaskan melakukan pendeteksian. Heli pun berputar-putar di perairan laut Bali. Setelah sekian jam, hasilnya nihil.

    Sesuai standar, tahapan demi tahapan pun dilakukan oleh TNI Angkatan Laut (AL) untuk pencarian KRI Nanggala-402 yang hilang kontak. Mulai dari fase sublook (pencarian), submiss (hilang), hingga fase subsunk (tenggelam).

    Upaya pencarian dilakukan dengan melibatkan 21 KRI dan beberapa pesawat terbang milik TNI. Sejumlah negara pun ikut terlibat menyisir laut Bali. Mulai dari angkatan laut Singapura, China, Malaysia, Australia, India hingga Amerika Serikat.

    Selang 3 hari kemudian, Kepala Staf AL Laksamana TNI Yudo Margono mengumumkan kapal selam dinyatakan tenggelam di kedalaman 850 meter pada Sabtu (24/4/2021). Fase subsunk ditetapkan karena batas akhir live support atas ketersediaan oksigen untuk personel kapal habis setelah 72 jam.

    Indikator selanjutnya, selama proses pencarian, ditemukan barang-barang yang diduga dari KRI Nanggala-402. Berupa pelurus tabung torpedo, pembungkus pipa pendingin, dan botol orange pelumas periskop kapal selam, serta alat salat dan spons untuk menahan panas pada freshroom.

    Minggu (25/4/2021), empat hari sejak hilang kontak, kapal selam naas itu ditemukan lokasinya. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto pun mengumumkan 53 personel kapal selam tersebut gugur.

    Mereka gugur bersama kandasnya Nanggala-402. Lokasi kapal berada di kedalaman 838 meter. Dalamnya setara dengan menara tertinggi di dunia, Burj Khalifa, Dubai. Tragisnya, bangkai kapal terbelah menjadi tiga bagian.

    Tragisnya, bangkai kapal terbelah menjadi tiga bagian.

    Sebelum penemuan itu, spekulasi sempat bermunculan mengenai penyebab tenggelamnya kapal selam yang mulai dibuat pada 1977 itu. Soal kelaikan kapal hingga unsur kesalahan manusia menjadi bahan dugaan Nanggala-402 karam.

    Kapal selam yang sempat membawa misi intelijen ke Samudera India pada 1992 itu, disinyalir sempat mengalami black out sebelum dinyatakan hilang. Black out adalah peristiwa listrik padam sehingga mengganggu seluruh operasional kapal, termasuk alat komunikasi dan radar.

    Menurut pengakuan mantan awak kapal selam tersebut, peristiwa black out pernah terjadi karena sekring listrik lepas akibat guncangan arus di dalam laut. Namun waktu itu, peristiwa black out bisa diatasi.

    Pihak Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menyebutkan bahwa KRI Nanggala-402 masih layak beroperasi meskipun sudah berusia 40 tahun. Kapal itu sudah diperbarui (refurbish) pada 2012 di Korea Selatan.

    Prosesnya dengan memperbaiki bagian lambung kapal selam yang bertekanan (ballast) dilepas, dan dipasang kembali. Data lain menyebutkan perbaikan termasuk sistem persenjataan, sonar, radar, kendali tempur, dan propulsi dimutakhirkan.

    Setelah perbaikan, KRI Nanggala mampu menembakkan empat torpedo secara bersamaan menuju empat target yang berbeda. Kapal itu juga mampu meluncurkan misil antikapal seperti Exocet atau Harpoon.

    Selain itu, kedalaman menyelam bertambah menjadi 257 meter (843 ft) dan kecepatan maksimum dinaikkan dari 21,5 knot (39,8 km/h) menjadi 25 knot (46 km/h).

    Sebelum diserahkan kembali ke TNI AL, kapal itu diuji coba penyesuaian komponen untuk beradaptasi saat dioperasikan. Uji coba dengan cara direndam di laut pada kondisi normal di kedalaman 200-300 meter.

    Daya selam pada mode tempur, KRI Nanggala bisa mencapai 2,5 kali kedalaman batas normal. Artinya, KRI Nanggala-402 bisa menyelam hingga kedalaman 500-600 meter.

    Kegagalan Perbaikan Nanggala

    Yang menarik adalah pernyataan Anggota Komisi I DPR Tubagus Hasanuddin. Dia menduga tenggelamnya KRI Nanggala 402 terkait dengan kegagalan sejumlah perbaikan (retrofit), termasuk yang terakhir dikerjakan oleh tim dari Korsel.

    Dia pun meminta agar kapal selam sejenis, yakni KRI Cakra 401 dihentikan beroperasi (grounded). Menurutnya, saat retrofit pada 2012 di Korsel menghabiskan anggaran sekitar US$75 juta atau sekitar Rp1,05 Triliun.

    “Retrofit itu bukan sekadar mengganti suku cadang, tapi diperkirakan juga ada perubahan konstruksi dari kapal selam tersebut terutama pada sistem senjata torpedonya,” ujarnya dalam siaran pers.

    Hasanuddin pun menyoroti jumlah kru KRI Nanggala 402 yang melebihi kapasitas dari seharusnya 38 orang. Korban 53 menjadi peristiwa kecelakaan kapal selam terburuk ketiga dalam 20 tahun terakhir.

    “Ada apa kok dipaksakan? Saya juga mendapat informasi bahwa saat menyelam KRI Nanggala 402 diduga tak membawa oksigen gel, tapi tetap diperintah untuk berlayar,” kata politisi berpangkat terakhir Mayjen Purnawirawan itu.

    Saya juga mendapat informasi bahwa saat menyelam KRI Nanggala 402 diduga tak membawa oksigen gel, tapi tetap diperintah untuk berlayar.

    Namun, Panglima TNI bersama Kepala Staf AL membantah ada unsur kesalahan manusia terkait dengan tenggelamnya kapal selam tersebut. Menurut mereka, KRI Nanggala-402 karam karena faktor alam.

    Yang jelas, peristiwa ini semakin menambah rentetan peristiwa kecelakaan alat utama sistem pertahanan (alutsista) milik TNI. Dalam setahun terakhir, ada tiga peristiwa naas yang menyebabkan puluhan korban meninggal dari personel militer.

    Narasi Institute mencatat terdapat 16 kecelakaan alutsista TNI di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), termasuk tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala-402. Ke-16 kecelakaan itu terjadi dalam rentang tahun 2015 sampai 2021.

    Berkaca dari hal ini, Pakar Kebijakan Publik Narasi Institute Achmad Nur Hidayat MPP menyampaikan banyak hal yang perlu dievaluasi dari sistem pertahanan Indonesia, mulai dari political will, umur alutsista dan perencanaan sumber anggaran pertahanan keamanan Indonesia.

    “Pemerintah bisa memprioritaskan anggaran kementerian tertentu di saat pandemi 2020 – 2021, juga seharusnya bisa memprioritaskan anggaran alutsista 2021 – 2022 sebagai bagian yang tidak dapat dipisahkan dari pemulihan ekonomi dan ketahanan nasional” katanya dalam siaran pers, Senin (26/2/2021).

    Dia meminta, pemerintahan menyikapi tragedi tenggelamnya KRI Nanggala-402 secara serius. Dia berharap musibah sejenis tidak perlu terulang lagi kedepannya.

  • Bank Raya Hadir di HUT ke-50 TMII, Siapkan Beragam Program Cashback 50 Persen – Halaman all

    Bank Raya Hadir di HUT ke-50 TMII, Siapkan Beragam Program Cashback 50 Persen – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Bank Raya hadir menjadi sponsor utama di gelaran ulang tahun ke-50 Taman Mini Indonesia Indah (TMII) 2025 bertajuk “Pesta Rakyat Nusantara”.

    Pesta Rakyat Nusantara digelar selama 10 hari sejak tanggal 18 hingga 27 April 2025 dan menargetkan kehadiran lebih dari 200 ribu pengunjung.

    Bank Raya, sebagai bank digital bagian dari BRI Group, menghadirkan opsi pembayaran cashless untuk berbagai tenant dan UMKM untuk memudahkan pengunjung dalam bertransaksi selama acara berlangsung.

    Kemudahan transaksi dihadirkan melalui penggunaan Raya App bagi para pengunjung, serta memperkenalkan QRIS Bank Raya pada beberapa tenant di booth bazaar UMKM.

    Menurut Direktur Bisnis Bank Raya, Kicky Andrie Davetra, pembayaran cashless mampu memudahkan pengunjung ketika bertransaksi karena tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar untuk berbelanja.

    “Para UMKM juga dapat melayani konsumen lebih baik dengan fitur QRIS Bank Raya,” katanya di Jakarta, Minggu (20/4/2025).

    Selain menghadirkan kemudahan bertransaksi, Bank Raya juga menyuguhkan berbagai konten menarik yang dapat dinikmati pengunjung di sepanjang pelaksanaan Pesta Rakyat Nusantara.

    Bank Raya menyiapkan hadiah menarik untuk setiap pembukaan rekening Bank Raya di booth Bank Raya.

    Lalu, ada juga berbagai program cashback untuk transaksi di berbagai tenant.

    Program cashback itu di antaranya cashback 50 persen up to Rp 15 ribu di 30 tenant F&B dan Food Truck.

    Kemudian, ada cashback 50 persen up to Rp Rp 20 ribu untuk bertransaksi di wahana Kidzania Go dan cashback 50 persen up to Rp 20 ribu untuk transaksi di Perdana Ria.

    Lalu, ada juga cashback 20 persen untuk bertransaksi di HMS Perfume.

    “Di samping itu, bagi pengunjung yang menabung Rp 100 ribu juga berkesempatan untuk mendapatkan best view/spot khusus di puncak acara Pesta Rakyat Nusantara,” ujar Kicky.

    Disambut Baik

    Kehadiran Bank Raya disambut baik oleh pihak TMII. Direktur Komersial Taman Mini Indonesia Indah, Ratri Paramita, menyatakan pembayaran cashless yang dihadirkan mampu memudahkan ratusan ribu pengunjung.

    Ratusan ribu pengunjung disebut akan semakin mudah untuk menikmati berbagai wahana dan bertransaksi di berbagai tenant yang TMII hadirkan.

    “Mereka dapat memanfaatkan Raya App tanpa harus membawa uang tunai dalam jumlah banyak, sehingga lebih aman dan praktis,” kata Ratri.

    “Dukungan digitalisasi transaksi juga bagian dari semangat yang kami hadirkan dalam transformasi TMII menuju destinasi budaya yang inklusif, dinamis, dan inovatif,” ujarnya.

    Kemudahan Raya App

    Menurut Kicky, Raya App memiliki berbagai kemudahan untuk menunjang kebutuhan transaksi perbankan sehari-hari.

    Kemudahan itu dapat dijumpai mulai dari fitur Saku Raya yang meliputi Saku Bujet untuk membantu memisahkan tabungan kebutuhan sehari-hari dan Saku Pintar untuk menabung pintar secara otomatis setiap bulannya.

    Lalu, ada fitur Saku Jaga untuk mempersiapkan dana darurat, Saku Bareng untuk menabung kolektif, serta Saku Bisnis untuk membantu pengelolaan keuangan dan operasional pelaku usaha.

    Dengan dukungan teknologi saat ini, Kicky menyebut membuka rekening Raya App saat ini juga sangat cepat, yaitu kurang dari 4 menit.

    Kemudahan lainnya yang dihadirkan di Raya App yaitu nasabah dapat bertransaksi praktis dengan QRIS Bank Raya, membeli pulsa dan paket data, pembelian token listrik dan pembayaran tagihan listrik, pembayaran kartu kredit, pembayaran internet dan TV kabel serta Virtual Account.

    Di samping itu, nasabah juga dapat melakukan setor dan tarik tunai di ATM BRI serta Agen BRILink di seluruh Indonesia, dan juga tarik tunai di jaringan Indomaret.

    Melalui serangkaian inovasi yang dilakukan dalam setahun terakhir, hingga Desember 2024, pengguna Raya App tercatat sekitar 1 juta nasabah, naik 21 persen secara tahunan (year-on-year/YoY).

    Penggunaan transaksi Raya App juga meningkat menjadi lebih dari 4 juta transaksi dengan kenaikan sebesar 127 persen Yoy).

    “Sebagai bank digital bagian dari BRI Group, semangat kami adalah memberikan akses perbankan yang luas dan relevan bagi masyarakat, sehingga dengan adanya ragam fitur yang ada di Raya App maka pengalaman bertransaksi perbankan digital jadi lebih menyenangkan,” kata Kicky.

     

  • PLN EPI Bangun Fondasi Hidrogen Hijau sebagai Pilar Transisi Energi Indonesia

    PLN EPI Bangun Fondasi Hidrogen Hijau sebagai Pilar Transisi Energi Indonesia

    JAKARTA – PT PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI), subholding dari PT PLN (Persero), menegaskan komitmennya menjadi pelopor pengembangan ekosistem hidrogen hijau di Indonesia. 

    Direktur Gas dan BBM PLN EPI, Rakhmad Dewanto menyampaikan upaya ini merupakan bagian dari strategi besar PLN untuk mendukung target Net Zero Emissions (NZE) Indonesia pada tahun 2060.

    Menurutnya, sektor ketenagalistrikan saat ini menyumbang sekitar 310 juta ton CO₂ per tahun dan tanpa intervensi, angka tersebut diproyeksikan melonjak hingga 1.057 juta ton CO₂ pada tahun 2060.

    “PLN tidak bisa terus menjalankan skenario business-as-usual. Oleh karena itu, melalui skenario _Accelerated Renewable Energy Development_ (ARED), PLN memproyeksikan kapasitas cofiring hidrogen dapat mencapai 41 GW pada 2060 untuk mencapai NZE,” ujar Rakhmad dalam keterangannya, Minggu, 20 April.

    Rakhmad menyampaikan pengembangan green hydrogen dan ammonia menjadi salah satu inisiatif penting PLN untuk melengkapi pengembangan renewables energy, smart grid, dan CCS untuk mendukung keberhasilan dekarbonisasi.

    Adapun, PLN telah merealisasikan beberapa proyek penting termasuk pendirian Green Hydrogen Plant (GHP) di 21 lokasi di pada Oktober-November 2023, pendirian Green Hydrogen dari Geothermal dan fasilitas pengisian bahan bakar hidrogen (HRS) di Senayan pada Februari 2024, Hydrogen Cofiring untuk PLTG Pesanggaran di Desember 2024, Hydrogen Fuel Cell di Gili Ketapang dan Ammonia cofiring untuk PLTU Labuan di Februari 2025.

    “Selanjutnya, PLN akan melanjutkan uji coba hydrogen cofiring untuk PLTGU Tambak Lorok dan Priok. Sementara pengembangan hydrogen fuel cell sebagai pelengkap renewable untuk micro grid akan dikembangkan di Medang Island, Rengat, Suge dan Waingapu,” jelasnya. 

    Rakhmad menyampaikan Hydrogen Fuel Cell ini diharapkan dapat menjadi alternatif untuk mengurangi penggunaan diesel di daerah yang terpisah dari jaringan.

    Menurutnya langkah berikutnya adalah studi untuk pengembangan pabrik hydrogen di Jambi dan Green Ammonia di Dawuan.

    Ia menyampaikan penggunaan hidrogen dan amonia rendah karbon di PLN akan diarahkan utamanya untuk sektor ketenagalistrikan. Namun dengan adanya excess produksi akan dijajaki untuk transportasi, industri dan komoditas. 

    Selain itu, Rakhmad menyampaikan di sektor ketenagalistrikan, PLN akan menyuplai hidrogen dan amonia untuk cofiring di pembangkit fosil serta mendukung sistem listrik off-grid melalui solusi penyimpanan energi berbasis hidrogen.

    “Green hydrogen bukan hanya soal transisi energi, tapi juga kemandirian energi, daya saing dan peluang ekspor Indonesia di pasar energi global,” jelasnya.

    Menurutnya pengembangan Green Hydrogen memiliki tantangan tersendiri, masalah utamanya adalah harga renewable energy yang masih relatif mahal dibanding sumber daya energi lainnya. 

    Ia menyampaikan untuk mendorong pengembangan green hydrogen dan ammonia dibutuhkan dukungan pemerintah, seperti foscal incentive dan carbon tax, pengembangan teknologi, kapasitas infrastruktur dan pendanaan murah. 

    Oleh sebab itu, Rakhmad menyampaikan PLN EPI terbuka untuk berkolaborasi dengan seluruh pihak, mulai dari investor, penyedia teknologi, lembaga keuangan hingga regulator, untuk menjawab tantangan ini.

    Rakhmad menegaskan sinergi multipihak menjadi kunci agar Indonesia bisa menjadi episentrum produksi dan ekspor hidrogen hijau di Asia.

    “Kami percaya bahwa dengan sinergi, inovasi dan keberlanjutan, Indonesia tak hanya mampu memenuhi kebutuhan energinya, tetapi juga memainkan peran penting dalam dekarbonisasi sistem energi global,” pungkasnya.

  • Wali Kota Minta KRL Commuter Line Masuk Kota Serang, Ajak KAI-PLN

    Wali Kota Minta KRL Commuter Line Masuk Kota Serang, Ajak KAI-PLN

    Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintah Kota Serang, Banten tengah mengatur rencana untuk perpanjangan jalur KRL Commuter Line. Nantinya jalur KRL Commuter Line akan diperpanjang dari Rangkasbitung menuju Kota Serang.

    Wali Kota Serang Budi Rustandi mengungkapkan dia akan melakukan MoU dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) untuk merealisasikan program ini.

    “Dulu itu kan kalau naik KRL mau ke Jakarta, naik dari Serang transit ke Rangkas baru ke Jakarta begitu juga sebaliknya,” ungkap dia dalam keterangan tertulisnya, Minggu (20/4/2025).

    Budi Rustandi berharap MoU ini dapat disegerakan agar pembangunan elektrifikasi jalur KRL Commuter Line segera dilakukan paling tidak bisa dilakukan di tahun 2026. Dengan begitu, Kota Serang diharapkan menjadi kota maju.

    “Kedepan KRL nanti langsung kesana (Jakarta), gantian nanti transitnya,” bebernya.

    Bukan hanya dengan KAI, Budi Rustandi juga menggandeng PT Perusahaan Listrik Negara (Persero). PLN dibutuhkan untuk mensuplai listrik KRL Commuter Line.

    “Pertama Kota Serang akan melakukan MoU dengan PT. KAI untuk jalur KRL, tentunya kita butuh support listriknya,” ucapnya.

    Audiensi pun sudah dilakukan dengan PT PLN UP3 Banten Utara.

    “MoU secepatnya, nanti kita akan kirim draft nya kepada bagian legal PLN agar diselaraskan. Target Minggu depanlah Pak Manajer (Hanfi Ardhean A Manajer PLN UP3 Banten Utara) yah,” harap Budi.

    (wur/wur)

  • Hotel di Thailand untuk Backpacker yang Direkomendasikan

    Hotel di Thailand untuk Backpacker yang Direkomendasikan

    YOGYAKARTA – Salah satu negara yang menjadi tujuan para backpacker adalah Thailand atau yang lebih populer dengan sebutan negeri Gajah Putih. Ada banyak lokasi wisata yang dapat dijumpai di Thailand yang sering dikunjungi oleh para Backpacker yang gemar dengan tempat istimewa dan tidak mengeluarkan biaya besar. Hal inilah yang dilihat sebagai peluang oleh para pengusaha atau pelaku bisnis di Thailand untuk membuka tempat-tempat yang ramah bagi para backpacker, baik dari lokasi makan, lokasi belanja sampai ke lokasi hotel atau penginapan yang nyaman tapi murah. Simak rekomendasi hotel di Thailand untuk backpacker di bawah ini.

    Hotel di Thailand untuk Backpacker

    Di bawah ini adalah rekomendasi hotel murah di Thailand bagi Anda yang sering menjadi backpacker:

    The Backpack Hostel

    The Backpack Hostel  dapat dikunjungi di 184 59 Maha Set Rd, Si Phraya, Bang Rak, Bangkok -Thailand. 10500.

    Tempat ini berupa hostel atau tempat penginapan yang sering dipesan dan disukai oleh para backpacker. Hal ini dikarenakan penawaran harga yang diberikan sangat murah untuk per harinya 193,49 Baht atau Rp79.000  per orang per malam dengan jenis kamar shared dormitory, mixed dorm dan shared bathroom.

    Adapun fasilitas yang diberikan berupa ruangan ber-AC, tersedianya perlengkapan masak, perlengkapan mandi, dan internet gratis.

    Yes Kaosan

    Yes Kaosan adalah hostel yang selalu diincar para backpacker dan berlokasi di 86 Khaosan Rd, Talat Yot, Phra Nakhon, Bangkok – Thailand, 10200. Hostel ini juga memberikan harga yang menarik kepada para backpacker yang akan menginap, yaitu sebesar 214,84 Baht atau Rp88.000 per orang  per malam dengan jenis kamar mixed dormitory kapasitas satu orang.

    Fasilitas yang diberikan antara lain ruangan AC, perlengkapan mandi hingga akses internet gratis.

    JJ Guesthouse

    JJ Guesthouse adalah hotel terfavorit bagi setiap wisatawan di Chiang Mai, Old City. Hotel murah ini menyediakan kamar bersih yang dilengkapi dengan fasilitas standar, seperti meja, AC/kipas angin, dan kamar mandi dalam. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar 354 Bath atau sekitar Rp163.545 per orang per malam.

    Hotel ini dapat Anda kunjungi di Phra Pok Klao Road Soi 5, Phra Sing, Chiang Mai, Thailand, lokasi strategis yang memudahkan Anda untuk menjangkau kawasan terkenal di Thailand seperti Three Kings Monument, Chendi Luang Temple, Tha Pae Gate, dan Wat Pan Tao dan akomodasi ini sangat tepat bagi Anda yang tertarik menjelajahi kawasan Old City.

    Kamin Bird Hostel

    Hostel Kamin Bird ada di 490/4 Ratchadapisek 7, Bangkok. Bagi Anda yang ingin menginap di sini akan dikenakan harga 239,26 Baht atau Rp98.000 per orang per malam untuk jenis kamar shared dormitory.

    Fasilitas yang diberikan dari hostel ini antara lain tempat tidur yang nyaman, ruangan ber AC, petugas kebersihan, hair dryer, perlengkapan masak, perlengkapan mandi  hingga akses internet gratis.

    Oneday Hostel Sukhumvit 26

    Oneday Hostel Sukhumvit 26 dapat Anda kunjungi di 51 Sukhumvit Soi 26, Khlong Tan, Bangkok. Bagi Anda yang ingin menginap, dikenakan harga senilai 256,35 Baht atau Rp105.000 per orang dalam satu malam untuk jenis kamar delapan kasur mixed dormitory. Adapun untuk fasilitas yang tersedia sama dengan hostel yang lain, antara lain kasur yang nyaman, AC, hair dryer, dapur umum, hingga akses internet gratis.

    60 Bluehouse

    60 Bluehouse diketahui sebagai penginapan murah yang mempunyai fasilitas paling lengkap dari taman, teras, dan bar. Selain itu juga menyediakan fasilitas resepsionis 24 jam, layanan wisata dan tiket, area parkir, dan WiFi gratis.

    Anda juga akan mendapatkan fasilitas lainnya, misalnya tempat tidur yang empuk, ruangan ber AC, lemari pakaian, teko air listrik, serta kamar mandi di dalam.

    Bagi Anda yang ingin merasakan semua fasilitas lengkap yang diberikan, 60 Bluehouse memberikan harga penginapan per malam senilai 399 Bahtatau sekitar Rp179.270 per orang.

    Kunjungi tempat ini  di 32-34 Ratchaphakinai Rd, T. Pragin,  A. Muang,  Phra Sing, Chiang Mai, Thailand.

    Untuk mendapatkan informasi detail hostel atau penginapan lainnya di Thailand atau tempat wisata yang dapat disinggahi, Anda dapat mengunjungi laman resminya di  https://www.tourismthailand.org/home

    Demikianlah penjelasan mengenai hotel di Thailand untuk backpacker yang direkomendasikan. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.

  • Lewat Kolaborasi Inklusif, PLN Pacu Inovasi Hidrogen untuk Lautan Bebas Emisi

    Lewat Kolaborasi Inklusif, PLN Pacu Inovasi Hidrogen untuk Lautan Bebas Emisi

    Jakarta, Beritasatu.com – PT PLN (Persero) menandatangani kerja sama strategis dengan Kementerian Perhubungan, PT HDF Energy Indonesia, dan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) dalam rangka studi bersama pemanfaatan hidrogen hijau untuk sektor transportasi laut. Penandatanganan kerja sama berlangsung di sela gelaran forum internasional Global Hydrogen Ecosystem Summit di Jakarta, Selasa (15/4/2025).

    Direktur Perkapalan dan Kepelautan Kementerian Perhubungan, Hendri Ginting menyambut baik kolaborasi antar perusahaan ini. Upaya ini berkontribusi dalam mencapai target Nationally Determined Contributions (NDC).

    “Kementerian Perhubungan, sebagai penggagas studi tentang konversi kapal menjadi kapal dengan sistem hibrida hidrogen dan baterai berkomitmen untuk mendukung dan mendorong kolaborasi untuk mengurangi emisi gas rumah kaca di sektor maritim. Upaya-upaya ini memiliki peran penting dalam mendorong pencapaian Nationally Determined Contributions kita,” ujar Hendri.

    Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menegaskan bahwa pengembangan hidrogen merupakan wujud komitmen PLN dalam mendukung visi besar Presiden Prabowo untuk mencapai swasembada energi nasional. – (PLN/Istimewa)

    Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo menyampaikan bahwa inisiatif ini merupakan langkah konkret PLN dalam mendukung dekarbonisasi sektor transportasi nasional, khususnya maritim, yang sejalan dengan visi Asta Cita Presiden Prabowo untuk mewujudkan swasembada energi dan mencapai target Net Zero Emissions (NZE) pada 2060 atau lebih cepat.

    “Kerja sama ini merupakan langkah strategis yang sejalan dengan visi besar Presiden Republik Indonesia dalam mewujudkan ketahanan energi berbasis sumber daya domestik dan berkelanjutan. Kolaborasi ini juga menjadi bagian untuk mengurangi emisi karbon di sektor transportasi laut melalui pemanfaatan energi bersih dalam negeri,” ujar Darmawan.

    Sementara itu Direktur Perencanaan Korporat dan Pengembangan Bisnis PLN, Hartanto Wibowo menambahkan, studi bersama ini akan difokuskan di wilayah Indonesia Timur yang memiliki potensi energi terbarukan melimpah, sekaligus menjadi jalur pelayaran strategis yang dikelola oleh ASDP.

    “PLN menyambut baik kolaborasi global ini untuk meningkatkan pemanfaatan energi bersih dari hulu ke hilir, khususnya di sektor energi dan transportasi. Setelah sukses membangun ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, PLN juga mendorong ekosistem kendaraan berbasis hidrogen sebagai solusi alternatif dekarbonisasi sektor transportasi, selain kendaraan listrik berbasis baterai,” ujar Hartanto.

    Sebagai pionir pengembangan ekosistem hidrogen di Indonesia. Hingga saat ini, PLN telah memproduksi 203 ton hidrogen hijau melalui 22 Green Hydrogen Plant (GHP) yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

    Hydrogen Refueling Station (HRS) atau stasiun pengisian kendaraan hidrogen pertama di Indonesia berlokasi di Senayan, Jakarta, hasil inovasi dan terobosan dari PLN Indonesia Power yang merupakan upaya dan inovasi lanjutan PLN dalam pembangunan ekosistem hidrogen secara end-to-end di Indonesia. – (PLN/Istimewa)

    Sementara itu, Direktur HDF Energy untuk Asia Pasifik sekaligus Direktur Utama PT HDF Energy Indonesia, Mathieu Geze, menyampaikan komitmen perusahaan dalam mendukung dekarbonisasi sektor transportasi laut di Indonesia melalui teknologi fuel cell berbasis hidrogen hijau.

    “Kami bangga menegaskan kembali komitmen terhadap masa depan Net Zero Emission melalui kolaborasi strategis ini. Kami ingin menempatkan Indonesia sebagai pelopor inovasi hidrogen hijau di kawasan Asia Pasifik. Teknologi fuel cell kami merupakan langkah maju penting dalam dekarbonisasi transportasi laut di Indonesia, sekaligus menjadi etalase inovasi Prancis di panggung global,” pungkas Geze.

  • Terpesona dengan Tampang Sedan Listrik Baru KIA EV4!

    Terpesona dengan Tampang Sedan Listrik Baru KIA EV4!

    Terpesona dengan Tampang Sedan Listrik Baru KIA EV4!

  • Daftar 72 Perusahaan yang Melakukan PHK Sepanjang 2025

    Daftar 72 Perusahaan yang Melakukan PHK Sepanjang 2025

    Bisnis.com, JAKARTA — Gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) di sektor teknologi masih terjadi hingga kuartal pertama 2025 ini. Berikut daftar 72 perusahaan teknologi dan startup yang melakukan PHK pada 3 bulan pertama 2025. 

    Melansir TechCrunch, Minggu (20/4/2025), setidaknya lebih dari 22.000 pekerja industri teknologi menjadi korban PHK sepanjang 2025.

    Sementara, jumlah pemecatan terbanyak terjadi pada Februari lalu, yakni mencapai 16.084 PHK. Adapun PHK itu tak lepas dari adopsi artificial intelligence (AI) dan otomatisasi yang dilakukan sejumlah perusahaan.

    Berikut daftar PHK di sejumlah perusahaan teknologi sepanjang 2025:

    April

    1. GM

    General Motors Company atau GM melakukan PHK terhadap 200 orang karyawannya di Pabrik Zero di Detroit dan fasilitas Hamtramck di Michigan. perusahaan yang memproduksi mobil listrik itu melakukan PHK di tengah penurunan permintaan.

    2. Zopper

    Zopper telah memberhentikan sekitar 100 karyawan sejak awal 2025. Bahkan, perusahaan rintisan insurtech yang berbasisi di India itu melakukan PHK terhadap 50 karyawannya pada pekan ini.

    3.Turo

    Turo akan mengurangi tenaga kerjanya sebanyak 150 posisi menyusul keputusannya untuk tidak melanjutkan IPO. Perusahaan rintisan persewaan mobil yang berbasis di San Francisco itu memiliki sekitar 1.000 staf pada 2024.

    Perusahaan mengatakan PHK tersebut akan mendukung rencana pertumbuhan jangka panjangnya selama ketidakpastian ekonomi.

    4. GupShup

    GupShup memberhentikan sekitar 200 karyawan untuk meningkatkan efisiensi dan profitabilitas. Ini merupakan gelombang kedua PHK yang dialami perusahaan rintisan tersebut dalam lima bulan terakhir.

    Perusahaan sebelumnya memangkas sekitar 300 karyawan pada Desember 2024. Perusahaan rintisan ini berkantor pusat di San Francisco dan beroperasi di India.

    GupShup merupakan perusahaan AI percakapan yang didukung oleh Tiger Global dan Fidelity.

    5. Forto

    Dilaporkan telah memberhentikan 200 pekerjaan, yang memengaruhi sekitar sepertiga karyawannya. Perusahaan rintisan logistik asal Jerman tersebut juga sebelumnya telah mengurangi sejumlah besar staf penjualan.

    6. Wicresoft

    Wicresoft akan menghentikan operasinya di China. Hal ini akan berimbas pada PHK terhadap 2.000 karyawan.

    Adapun langkah tersebut dilakukan setelah Microsoft memutuskan untuk mengakhiri alih daya dukungan purna jual kepada Wicresoft di tengah meningkatnya ketegangan perdagangan.

    Wicresoft, perusahaan patungan pertama Microsoft di China itu didirikan pada 2022 dan beroperasi di AS, Eropa, dan Jepang. Perusahaan tersebut memiliki lebih dari 10.000 karyawan.

    7. Five9

    Five9 berencana untuk memangkas 123 pekerjaan, yang akan memengaruhi sekitar 4% dari tenaga kerjanya. Perusahaan perangkat lunak tersebut memprioritaskan area strategis utama seperti kecerdasan buatan untuk pertumbuhan yang menguntungkan.

    8. Google

    Google telah memberhentikan ratusan karyawan di divisi platform dan perangkatnya. Ini mencakup Android, ponsel Pixel, peramban Chrome, dan lainnya.

    Orang berjalan di depan tulisan Google

    9. Microsoft

    Microsoft sedang mempertimbangkan PHK tambahan yang dapat terjadi pada Mei. Perusahaan tersebut dikatakan sedang membahas pengurangan jumlah manajer menengah dan non-coder dalam upaya untuk meningkatkan rasio programmer terhadap manajer produk.

    10. Automattic

    Pengembang WordPress.com tersebut memberhentikan 16% tenaga kerjanya di seluruh departemen. Sebelum PHK, situs web perusahaan menunjukkan bahwa Automattic memiliki 1.744 karyawan. Jadi, lebih dari 270 staf telah diberhentikan.

    11. Canva

    Canva telah memberhentikan 10 hingga 12 penulis teknis sekitar sembilan bulan setelah memberi tahu karyawannya untuk menggunakan alat AI generative. Perusahaan, yang memiliki sekitar 5.500 staf pada 2024, dinilai sebesar US$26 miliar setelah penjualan saham sekunder pada 2024.

    Maret

    12. Northvolt

    Northvolt telah memberhentikan 2.800 karyawan. Hal ini berdampak pada 62% dari total stafnya. PHK tersebut terjadi beberapa Minggu setelah produsen baterai Swedia yang tengah berjuang itu mengajukan kebangkrutan.

    13. Block

    Block memberhentikan 931 karyawan. Jumlah ini mencapai sekitar 8% dari toal tenaga kerjanya. PHK dilakukan sebagai bagian dari reorganisasi perusahaan.

    Jack Dorsey, salah satu pendiri dan CEO perusahaan fintech tersebut, menulis dalam email bahwa PHK itu bukan karena alasan keuangan atau untuk mengganti pekerja dengan AI.

    14. Brightcove

    Brightcove telah memberhentikan 198 karyawan, yang merupakan sekitar dua pertiga dari tenaga kerjanya di AS. PHK tersebut terjadi sebulan setelah perusahaan diakuisisi oleh Bending Spoons, pengembang aplikasi Italia, seharga US$233 juta.

    Brightcove memiliki 600 karyawan di seluruh dunia, dengan 300 di AS per Desember 2023.

    15. Acxiom

    Acxiom dilaporkan telah memberhentikan 130 karyawan, atau 3,5% dari total tenaga kerjanya yang berjumlah 3.700 orang. Acxiom dimiliki oleh IPG.

    PHK terjadi hanya sehari setelah pemegang saham IPG dan Omnicom Group menyetujui potensi penggabungan perusahaan tersebut.

    15. Sequoia Capital

    Sequoia Capital berencana untuk menutup kantornya di Washington, D.C. Perusahaan pun memberhentikan tim kebijakannya di sana pada akhir Maret.

    Sequoia membuka kantornya di Washington lima tahun lalu untuk memperdalam hubungannya dengan para pembuat kebijakan. Tiga karyawan penuh waktu diperkirakan akan terpengaruh.

    16. Siemens

    Siemens mengumumkan rencana untuk memberhentikan sekitar 5.600 pekerjaan secara global dalam bisnis otomasi dan pengisian daya kendaraan listrik. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan daya saing.

    17. HelloFresh

    HelloFresh dikabarkan akan memberhentikan 273 karyawan. Perusahaan juga akan menutup pusat distribusinya di Grand Prairie, Texas dan melakukan konsolidasi ke lokasi lain di Irving untuk mengelola volume di wilayah tersebut.

    18. Otorio

    Otorio telah memangkas 45 karyawan. Jumlah ini lebih dari separuh tenaga kerja yang dimiliki. PHK dilakukan setelah perusahaan diakuisisi oleh perusahaan keamanan siber Armis senilai US$120 juta pada Maret 2025 lalu.

    19. ActiveFence

    ActiveFence disebut akan memangkas 22 karyawan. Jumlah ini mencapai 7% dari total tenaga kerjanya.

    Sebagian besar karyawan yang terdampak berdomisili di Israel karena perusahaan tersebut tengah menjalani proses perampingan.

    Perusahaan keamanan siber yang berkantor pusat di New York dan Tel Aviv ini telah mengumpulkan US$100 juta dengan valuasi sekitar US$500 juta pada 2021.

    20. D-ID

    D-ID akan memangkas 22 pekerjaan, yang memengaruhi hampir seperempat dari total tenaga kerjanya. Hal ini menyusul pengumuman kemitraan strategis perusahaan rintisan AI tersebut dengan Microsoft.

    Nasa ….