Topik: Listrik

  • 7 Alasan Motor Listrik Jadi Pilihan Cerdas bagi Pekerja Kantoran

    7 Alasan Motor Listrik Jadi Pilihan Cerdas bagi Pekerja Kantoran

    Jakarta

    Motor listrik makin menjadi pilihan menarik, terutama bagi pekerja kantoran yang setiap hari harus menempuh perjalanan jauh. Menggunakan motor listrik sebagai kendaraan sehari-hari menawarkan banyak keuntungan yang tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga praktis dan efisien.

    Dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan dan efisiensi biaya, motor listrik hadir sebagai alternatif yang tepat untuk perjalanan komuter. Berikut delapan keunggulan motor listrik yang membuatnya jadi pilihan cerdas bagi pekerja kantoran.

    1. Ramah Lingkungan dan Bebas Emisi

    Salah satu alasan utama orang beralih ke motor listrik adalah karena motor ini bebas emisi. Berbeda dengan sepeda motor berbahan bakar bensin yang menghasilkan polusi udara, motor listrik tidak memancarkan gas buang.

    2. Biaya Harian Lebih Hemat

    Motor listrik jauh lebih hemat dibandingkan dengan kendaraan berbahan bakar fosil. Biaya pengisian daya motor listrik jauh lebih murah dibandingkan biaya membeli bahan bakar seperti bensin.

    3. Perawatan Lebih Sederhana

    Motor listrik membutuhkan perawatan yang lebih mudah dibandingkan motor konvensional. Motor ini tidak memerlukan penggantian oli, sistem pembuangan gas, atau komponen-komponen mesin lainnya.

    4. Tenaga Stabil dan Responsif

    Motor listrik dikenal memiliki performa yang halus dan responsif. Akselerasi motor listrik lebih cepat karena tenaga langsung disalurkan ke roda, tanpa ada sistem penggerak tambahan yang mengurangi efisiensi.

    5. Pengisian Daya Praktis

    Motor listrik memungkinkan pengendara untuk mengisi daya baterai di rumah atau di tempat-tempat pengisian daya yang tersedia di berbagai lokasi umum. Proses pengisian daya ini terbilang lebih cepat dan praktis, memberi pengendara fleksibilitas untuk selalu siap bepergian tanpa khawatir kehabisan bahan bakar.

    6. Fitur Canggih untuk Kenyamanan Berkendara

    Motor listrik kini dilengkapi dengan berbagai fitur canggih untuk meningkatkan kenyamanan pengendara. Fitur seperti smart start, keyless entry, dan regenerative braking menjadikan perjalanan lebih praktis dan nyaman.

    7. Efisiensi Energi Lebih Baik

    Motor listrik tidak hanya efisien dalam penggunaan bahan bakar, tetapi juga dalam penghematan energi. Dengan fitur seperti regenerative braking, motor listrik dapat mengubah energi yang dihasilkan saat pengereman menjadi daya tambahan untuk mengisi baterai.

    Bagi Anda yang membutuhkan kendaraan praktis, efisien, dan ramah lingkungan, Polytron Fox 350 hadir sebagai solusi. Dengan berbagai fitur canggih dan desain modern, motor listrik ini dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan perjalanan sehari-hari Anda.

    Polytron Fox 350, Motor Listrik yang Tepat untuk Pekerja Kantoran

    Polytron Fox 350 merupakan pilihan motor listrik terbaru yang dirancang dengan berbagai fitur canggih dan desain modern, sangat cocok untuk kebutuhan commuting para pekerja kantoran. Dengan performa yang handal dan teknologi yang praktis, Fox 350 hadir sebagai solusi transportasi yang efisien dan ramah lingkungan. Berikut adalah keunggulan-keunggulan dari Polytron Fox 350 yang membuatnya layak untuk dipertimbangkan.

    1. Tenaga Motor Kuat dan Efisien

    Polytron Fox 350 dilengkapi dengan motor yang dapat menghasilkan daya puncak hingga 6409 watt. Daya yang kuat ini memberikan akselerasi yang cepat dan stabil, membuatnya mampu melibas berbagai medan jalan dengan mudah, termasuk jalanan menanjak atau saat harus berhenti di kemacetan.

    2. Fitur Smart Start: Menyalakan Motor Tanpa Kunci

    Salah satu fitur unggulan dari Fox 350 adalah Smart Start, yang memungkinkan motor untuk menyala tanpa harus memasukkan kunci ke dalam kontak. Dengan hanya mendekatkan kunci dalam jarak satu meter, motor dapat mendeteksi dan menyala otomatis. Fitur ini sangat berguna saat Anda terburu-buru dan tidak ingin repot mencari kunci.

    3. Keyless Technology: Praktis dan Aman

    Fox 350 juga dilengkapi dengan teknologi keyless, yang memungkinkan pengendara untuk menyalakan motor hanya dengan menekan tombol pada kunci motor. Ini memudahkan pengendara untuk memulai perjalanan lebih cepat tanpa harus memutar kunci. Fitur ini menambah kenyamanan dan keamanan saat berkendara.

    4. Hill Start Assist: Stabil di Tanjakan

    Bagi Anda yang sering melintasi jalanan menanjak, fitur Hill Start Assist pada Fox 350 akan sangat berguna. Fitur ini menjaga motor tetap stabil di tanjakan, mencegah motor mundur saat memulai perjalanan setelah berhenti di area yang menanjak.

    5. Comfy Hybrid Deck: Nyaman untuk Kaki

    Fox 350 didesain dengan Comfy Hybrid Deck, yaitu dudukan kaki yang lebih ergonomis. Dengan desain ini, pengendara dapat merasakan kenyamanan ekstra, bahkan saat berkendara dalam waktu yang lama. Fitur ini memberikan kenyamanan yang lebih bagi Anda yang sering menempuh perjalanan jauh.

    6. Regenerative Braking

    Fitur regenerative braking pada Fox 350 memungkinkan motor untuk mengubah energi yang dihasilkan saat pengereman menjadi daya tambahan untuk mengisi baterai. Dengan dua level regenerasi (level 1 dan level 2), pengendara bisa memilih tingkat efisiensi energi sesuai dengan kebutuhan.

    7. Desain Cocok untuk Sehari Hari

    Polytron Fox 350 hadir dengan desain yang kompak, modern, dan praktis, sangat cocok untuk digunakan di perkotaan yang padat. Desainnya yang ringan membuatnya lebih mudah bermanuver di jalan-jalan sempit dan penuh kemacetan. Fox 350 cocok untuk pekerja kantoran yang memerlukan kendaraan efisien untuk perjalanan sehari-hari.

    8. Aplikasi Polytron EV

    Fox 350 dilengkapi dengan aplikasi khusus yang bisa diunduh di ponsel pintar. Aplikasi ini tidak hanya memberikan informasi terkait status baterai, kecepatan, dan jarak tempuh, tetapi juga memungkinkan Anda untuk menyalakan dan mematikan motor secara langsung dari ponsel.

    Harga Polytron Fox 350

    Polytron Fox 350 tersedia dengan dua pilihan harga berdasarkan skema baterai. Untuk skema battery as a service, harga motor adalah Rp 15,5 juta setelah subsidi (harga merupakan OTR Jadetabek), dengan biaya langganan baterai sebesar Rp 200.000 per bulan. Sedangkan untuk skema buy to own, harga motor Rp 27,5 juta setelah subsidi (harga merupakan OTR Jadetabek).

    Polytron Fox 350 adalah motor listrik yang dirancang dengan fitur canggih dan desain yang cocok untuk kebutuhan perjalanan sehari-hari. Dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya, Fox 350 menawarkan kenyamanan, efisiensi energi, dan kemudahan penggunaan. Jika Anda mencari kendaraan yang ramah lingkungan dan hemat biaya, Polytron Fox 350 bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menemani perjalanan Anda setiap hari.

    (prf/ega)

  • PLN Kebut Pemulihan Pasokan Listrik di Sibolga dan Aceh

    PLN Kebut Pemulihan Pasokan Listrik di Sibolga dan Aceh

    Bisnis.com, JAKARTA – PT PLN (Persero) terus mengebut pemulihan pasokan listrik di wilayah terdampak bencana banjir dan longsor, Sibolga, Sumatra Utara dan Aceh.

    Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan bahwa akses jalan darat yang mulai terbuka di Sibolga mempermudah pemulihan infrastruktur kelistrikan yang rusak akibat terjangan banjir dan longsor.

    Jangkauan distribusi kelistrikan untuk warga Sibolga berhasil diperluas. Perbaikan infrastruktur-infrastruktur kelistrikan bisa dipercepat. Secara bertahap, aliran listrik dipulihkan kembali.

    “Alhamdulillah, perjuangan tim PLN di lapangan untuk warga Sibolga mendapat kemudahan, yaitu mulai terbukanya akses jalan di Sibolga yang tadinya terputus. Tim PLN berhasil memperluas jangkauan distribusi kelistrikan untuk warga Sibolga,” kata Darmawan Prasodjo melalui siaran pers, Rabu (3/12/2025).

    Berkat terbukanya akses jalan darat di Sibolga hingga km 38, PLN berhasil memperbaiki kembali menara jaringan tegangan rendah yang sempat diterjang longsor lagi.

    “Tim PLN langsung bergerak tanpa henti memperluas jangkauan distribusi listrik untuk warga,” ucap Darmawan.

    Untuk membantu aktivitas sehari-hari warga yang terdampak banjir, PLN juga mengumpulkan genset dan lampu darurat dari berbagai daerah untuk dikirim ke Sibolga.

    “Tim PLN berhasil mengerahkan pasokan genset dan lampu emergency dari berbagai daerah untuk dikirim ke Sibolga, agar ketika terpaksa ada pemadaman bergilir maka aktivitas utama seperti penerangan dan komunikasi tetap bisa dilakukan warga,” ujar Darmawan.

    PLN akan terus berupaya sekuat tenaga untuk memulihkan pasokan listrik ke Sibolga supaya aktivitas masyarakat dapat segera berjalan kembali normal. Dengan para petugas PLN yang bergerak tanpa henti selama 24 jam penuh di lapangan, Darmawan berharap aliran listrik ke Sibolga dan Tapanuli Tengah bisa pulih pada Jumat (5/12/2025).

    “Kami terus berjuang tanpa henti di lapangan untuk mendirikan kembali tower tegangan tinggi Tarutung-Sibolga. Sekarang satu per satu tower berhasil didirikan. Kami all out memastikan pada Jumat, 5 Desember tower tegangan tinggi Tarutung-Sibolga dapat beroperasi kembali sehingga Sibolga dan Tapanuli Tengah bisa pulih dan menyala,” katanya.

    Sementara itu, dalam memulihkan kelistrikan di Aceh, PLN turut melibatkan TNI. Truk-truk dan helikopter TNI dikerahkan untuk mengangkut material-material infrastruktur kelistrikan lantaran akses ke sejumlah titik masih sulit ditembus.

    “Didukung truk TNI di jalur darat yang sudah tersambung, sejak Minggu (30/11) sampai Senin (1/12) kami bergerak mengirim material tower tegangan tinggi dari Banda Aceh ke Bireuen. Begitu material tower tiba di Bireuen, heli TNI langsung menerbangkannya ke titik-titik pembangunan tower,” kata Darmawan.

    Berkat kolaborasi dengan TNI, kini 80% material sudah tiba di titik-titik pendirian menara listrik tegangan tinggi. “Sejak material kloter pertama tiba di titik pendirian tower, tim PLN yang sudah bersiap langsung bekerja keras membangun fondasi dan merakit tower tegangan tinggi tersebut,” ujar Darmawan.

    Hasilnya, pemulihan listrik bisa dikebut. Menara listrik tegangan tinggi jalur Arun-Bireuen yang ambrol diterjang banjir dapat dibangun kembali dalam 2-3 hari saja. Diharapkan, Aceh yang sekarang gelap gulita bisa kembali terang pada Jumat (5/12).

    “Perbaikan kami percepat dari 5-6 hari menjadi 2-3 hari. Tim PLN sudah memulai pembangunannya. Kami berjuang memastikan transmisi tegangan tinggi Arun-Bireuen bisa beroperasi pada Jumat (5/12), agar Aceh yang sekarang masih padam bisa pulih dan menyala kembali,” tegas Darmawan.

  • Harga Mobil di Indonesia Turun Usai Serbuan Mobil Listrik Murah

    Harga Mobil di Indonesia Turun Usai Serbuan Mobil Listrik Murah

    Jakarta

    Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menegaskan, kemunculan mobil listrik murah membuat harga mobil bensin di Indonesia makin terjangkau. Sebab, produsen melakukan penyesuaian agar tetap bisa kompetitif.

    Airlangga Hartaro menjelaskan, dalam suatu pameran yang digelar di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, banyak mobil bensin yang dibanderol di bawah Rp 200 juta. Namun, dia tak mengurai secara detail model-modelnya.

    Pernyataan Airlangga kemungkinan mengacu pada harga mobil terjangkau dan ramah lingkungan (Low Cost Green Car/LCGC). Saat ini, hanya ada tiga produsen yang memasarkan kendaraan tersebut, mulai dari Honda, Toyota, dan Daihatsu.

    “Artinya dengan kehadiran electric vehicle harga mobil tertekan ke bawah. Dan ini belum pernah terjadi sebelumnya,” ujar Airlangga dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia di Park Hyatt, Jakarta, dikutip dari CNN Indonesia, Rabu (3/12).

    Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto Foto: Ignacio Geordi Oswaldo

    Jika kita melihat pasar, sebenarnya yang paling terlihat mengalami penurunan nilai jual adalah mobil hybrid. Misalnya, Toyota yang hanya membanderol Veloz hybrid mulai dari Rp 299 juta dan Honda yang berani menjual HR-V Hybrid Rp 60 juta lebih murah dari varian termahal di model sebelumnya.

    Di kesempatan yang sama, Airlangga Hartarto mengatakan penjualan mobil listrik mengalami kenaikan 18,27 persen (yoy) per Oktober 2025. Hal tersebut membuktikan, konsumen Indonesia mulai beralih dari kendaraan konvensional ke kendaraan yang lebih ramah lingkungan.

    “Terjadi shifting dari mobil bensin ke mobil listrik,” ungkapnya.

    Di lain sisi, Airlangga mengklaim, investasi kendaraan listrik di Indonesia terus bertambah. Misalnya BYD yang berinvestasi Rp 11,2 triliun dengan produksi 150 ribu unit. Kemudian Chery Automobile berkomitmen memberikan investasi tambahan sebesar Rp 5,2 triliun.

    Selain BYD dan Chery, ada Wuling yang investasi Rp 9,3 triliun untuk produksi kendaraan dan Rp 7,5 triliun untuk pabrik baterai.

    “Vinfast dari Vietnam sudah investasi Rp 3,7 triliun, kapasitasnya 50 (ribu) unit per tahun. Hyundai investasi tambahan Rp 20 triliun,” kata Airlangga.

    (sfn/rgr)

  • Harga Naik Rp 4 Juta, Nyicil BYD Atto 1 per Bulan Bayar Berapa?

    Harga Naik Rp 4 Juta, Nyicil BYD Atto 1 per Bulan Bayar Berapa?

    Jakarta

    Harga BYD Atto 1 varian termurah naik Rp 4 juta. Kalau kamu belinya kredit, nyicil per bulannya jadi segini.

    BYD Atto 1 Dynamic naik harga. Kalau saat peluncuran Atto 1 varian murah ini dibanderol Rp 195 juta, terbaru harganya Rp 199 juta. Sedangkan Atto 1 Premium alias varian termahalnya masih dibanderol harga yang sama, yakni Rp 235 juta.

    Head of Public and Government Relations PT BYD Motor Indonesia Luther T Panjaitan menjelaskan bahwa kenaikan tersebut salah satunya karena ada fluktuasi nilai tukar rupiah.

    “Kedua, memang saat ini demand-nya cukup tinggi. Kita juga perlu memenuhi ekspektasi customer. Memenuhi ekspektasi customer ini juga ada investasi untuk peningkatan pelayanan. Salah satunya bisa jaringan, orang, kemudian distribusi, logistik. Nah kita butuh satu ruang untuk bisa mengoptimalkan itu. Jadi kita meningkatkan harga sedikit dari yang tipe terendah,” jelas Luther.

    Nah buat kamu yang mau beli BYD Atto 1 termurah dengan cara kredit, tentu ada perubahan pada besar uang muka maupun cicilan tiap bulan. Sebelumnya, uang muka 30 persen, maka biayanya Rp 58,5 juta. Kini dengan persentase serupa, maka uang mukanya menjadi Rp 59,7 juta. Selanjutnya cicilan paling rendah mulai Rp 3,5 jutaan maka sekarang menjadi Rp 3,6 jutaan. Berikut ini skema nyicil BYD Atto 1 dengan simulasi uang muka 30 persen.

    Skema Cicilan BYD Atto 1

    Harga: Rp 199 juta
    DP 30 persen: Rp 59,7 juta

    Tenor: 12 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 78.590.143
    Cicilan: Rp 12,931 juta per bulanTenor: 24 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 72.680.586
    Cicilan: Rp 7,014 jutaTenor: 36 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 70.766.153
    Cicilan: Rp 5,093 jutaTenor: 48 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 69.810.282
    Cicilan: Rp 4,131 jutaTenor: 60 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 69.287.973
    Cicilan: Rp 3,603 juta

    Spesifikasi BYD Atto 1

    Itu tadi skema cicilan BYD Atto 1. Perlu diingat, skema di atas tidak mengikat. Untuk mengetahui lebih jelasnya, bisa mengunjungi dealer BYD terdekat. Sebagai informasi tambahan BYD Atto 1 varian Dynamic menggunakan baterai Blade 30,08 kWh dengan jarak tempuh maksimum 300 km.

    BYD Atto 1 menggunakan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga 75 kW, torsi 135 Nm dan kecepatan maksimum 120 km/jam. Sedangkan untuk berakselerasi dari nol ke 50 km/jam hanya memerlukan waktu 4,9 detik.

    (dry/rgr)

  • Menteri KP Sempat Heran Udang RI Kena Radioaktif Cesium-137

    Menteri KP Sempat Heran Udang RI Kena Radioaktif Cesium-137

    Jakarta

    Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Sakti Wahyu Trenggono mengaku sempat terheran produk udang asal Indonesia terkena paparan radioaktif cesium-137 (Cs-137). Padahal Indonesia tidak mempunyai pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) maupun senjata nuklir.

    “Kita tidak punya pembangkit nuklir. Kita tidak punya senjata nuklir. Tapi kok bisa ada cesium-137?” ujar pria yang akrab disapa Trenggono dalam acara pelepasan ekspor udang bebas cs-137 ke AS, di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (3/12/2025).

    Namun, Trenggono menilai hal ini menjadi salah satu persaingan dalam perdagangan. Untuk itu, ia menyebut pemerintah tetap harus waspada dan menganggap pasar merupakan raja.

    “Selalu kita harus menganggap bahwa pasar itu adalah raja. Kita harus melayani pasar dengan baik supaya di belakangnya turunannya itu bisa berjalan dengan lancar,” tambah Trenggono.

    Senada, Asosiasi Produsen Pengolahan dan Pemasaran Produk Perikanan Indonesia (AP5I) Saut Hutagalung berharap syarat sertifikasi bebas cs-137 ini tidak berlaku selamanya karena menjadi beban biaya bagi petambak maupun pembudidaya. Menurutnya, Indonesia tidak mempunyai reaktor serta bahan nuklir.

    “Nah tentu nanti kita akan evaluasi ya kan sertifikasi ini, karena beberapa pertimbangan, pertama kita tidak ada reaktor nuklir, kita tidak ada bahan-bahan nuklir gitu kan. Nah lalu kenapa kita harus dikenakan kewajiban, ini kan beban biaya, waktu, tenaga kan gitu kan,” ujar Saut kepada awak media.

    “Kita akan lihat kemudian lagi, apakah memang beralasan kita ini selanjutnya dikenakan dengan sertifikasi ini, karena tidak ada sumber-sumbernya, kan. Tentu kita nanti akan mengarah pada waktunya yang pas, kita harus keluar dari daftar kuning atau yellow list, itu wajib sertifikasi,” tambahnya.

    Lihat juga Video: KLH: 40 Saksi Diperiksa Terkait Temuan Cesium-137 di Cikande

    (kil/kil)

  • Dilema Penduduk Donbass Antara Hidup di Bawah Rusia atau Mengungsi

    Dilema Penduduk Donbass Antara Hidup di Bawah Rusia atau Mengungsi

    Jakarta

    Menurut rencana 28 butir Amerika Serikat untuk mengakhiri perang Ukraina, Kyiv diminta menyerahkan wilayah Donetsk dan Luhansk, termasuk wilayah yang tidak diduduki Rusia, demi membentuk “zona demiliterisasi”, yang pada akhirnya kemungkinan besar akan dikendalikan Rusiasecara de facto. Setelah kritik keras dari Kyiv dan sejumlah negara Eropa, rencana itu kini dikabarkan bakal direvisi.

    Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan beberapa “isu sensitif” harus dibicarakan secara langsung dengan Presiden AS Donald Trump. Zona demiliterisasi termasuk ke dalam agenda, menurut berbagai sumber.

    Di wilayah Donetsk, Ukraina masih menguasai sekitar seperempat bagian, tempat sekitar 200 ribu warga bertahan meski serangan artileri Rusia rutin terjadi.

    Lonjakan evakuasi

    Di antara warga Donbass sendiri, “rencana perdamaian” dengan Rusia belum banyak didiskusikan, kata Anastasia Machnyk, dari hotline proyek bantuan Jalan Kehidupan. Namun pekan lalu, permintaan evakuasi dari kota Kramatorsk dan Sloviansk meningkat.

    Yang menghubungi biasanya keluarga dengan anak dan warga rentan yang bertahan sampai detik terakhir, berharap situasi membaik. Selama ini, kehidupan di wilayah itu relatif lebih tenang – setidaknya dibandingkan daerah yang lebih dekat garis depan, ujar Machnyk kepada DW.

    “Tapi mereka melihat harapan itu tak terpenuhi. Mungkin mereka juga terpengaruh kabar terakhir.”

    Mengapa warga Donbass sekarang mengungsi?

    Dari percakapan sehari-hari, Machnyk menangkap betapa warga sulit membayangkan pemerintah Ukraina begitu saja menyerahkan daerah yang masih dihuni banyak orang. “Mereka berpikir, selama masih banyak warga di sana, mereka tidak akan ditinggalkan. Meski begitu tetap ada rasa tidak percaya terhadap pemerintah.”

    Oleksij K. (nama disamarkan), salah satu pendiri organisasi evakuasi, menyampaikan pengamatan serupa. Warga di bagian Donetsk yang relatif lebih aman pergi karena takut menghadapi pendudukan Rusia. “Ada yang bersiap pergi karena khawatir suatu hari pemerintah bilang, ‘Kalian punya dua hari sebelum wilayah ini jatuh ke Rusia.’”

    Bagi warga yang tinggal betul-betul dekat garis depan – seperti di Kostyantynivka atau Pokrovsk – berita politik belakangan ini justru kurang berpengaruh. Mereka pergi karena rumah hancur dan rantai pasokan terputus akibat serangan: tak ada listrik, tak ada bahan pangan, tak ada komunikasi. “Mereka yang takut pendudukan Rusia sudah lebih dulu kabur,” ujar Oleksij. “Yang tersisa kebanyakan orang putus asa yang tak tahu harus ke mana, dan para pensiunan yang takut penjarahan. Mereka bertahan selama rumah mereka masih utuh.” Ada juga mereka yang tidak berprinsip dan mengaku “tidak mau terlibat urusan politik”. Lebih lanjut, ada segmen penentang perang yang menganggap gencatan senjata akan menguntungkan karena mereka tidak akan direkrut menjadi tentara, demikian menurut Oleksiy K.

    Pengusaha: “Pindah, bukan ekspansi”

    Di antara yang masih bertahan adalah Maksym Lysenko, pendiri sebuah merek pakaian. Dia bahkan membuka showroom dan kafe di Kramatorsk pada Juni lalu. Namun situasi di Donetsk dan dinamika internasional membuatnya kini mempertimbangkan pindah ke Kyiv. “Saat membuka usaha, kami sedikit takut, tapi berharap semuanya baik-baik saja.”

    Front kemudian bergerak mendekat. “Sekarang kami lebih berpikir soal pindah ketimbang ekspansi,” katanya. Meski begitu keputusan final belum diambil. Setelah penurunan tajam akibat terputusnya jalur kereta ke Kramatorsk, penjualan mulai naik lagi dalam dua pekan terakhir—meski belum kembali ke level sebelumnya.

    “Segala kemungkinan terbuka”

    Menurut survei Kyiv International Institute for Sociology (KIIS) pada akhir September dan awal Oktober, 71 persen warga Ukraina menolak melepaskan wilayah yang masih dikuasai Kyiv kepada Rusia. Di wilayah timur, penolakannya hanya 47 persen. Sebanyak 24 persen bersedia menerima kehilangan wilayah demi perdamaian, sementara 29 persen masih ragu.

    Lysenko menilai gagasan menyerahkan Donbass kepada Rusia sebagai hal yang “absurd dan tak terbayangkan”. Namun ia tak menutup kemungkinan itu bisa terjadi. “Melihat realitas dunia dan siapa yang berkuasa di AS, saya menganggap semuanya mungkin. Saat Rusia mulai menghujani Ukraina dengan serangan pada 2014, saya pikir dunia akan menekan Rusia. Yang terjadi justru sebaliknya.”

    Menurutnya, menyerahkan seluruh Donbass tak akan membawa kedamaian, melainkan memberi ruang bagi Moskow untuk menyusun ulang kekuatan, melewati pertahanan Ukraina di Donetsk, dan terus maju. Itu, kata Lysenko, akan menjadi “kekalahan bagi seluruh dunia”.

    “Kita menyelamatkan Kyiv, kedaulatan, dan kebebasan kita. Tapi kita kehilangan banyak wilayah karena kelambanan komunitas internasional,” keluhnya. “Alih-alih menekan agresor, justru yang lemah ditekan. Dunia menyaksikan absurditas ini tanpa berbuat apa-apa. Pelaku kekerasan dihadiahi hanya karena ia lebih kuat.”

    Pengungsi internal: “Taruhannya nyawa”

    Kateryna Kowal dari Druzhkivka – dekat garis depan – kini tinggal di sebuah penampungan dekat Kyiv bersama keluarganya. Dia menyebut rencana menyerahkan seluruh Donetsk sebagai gagasan “benar-benar absurd”. “Ini bukan tanah kosong, tapi nyawa manusia. Bagaimana mungkin menyerahkan seluruh kota beserta warganya?” Mereka bukan simpatisan Rusia, katanya. “Mereka bertahan di rumah karena tak punya uang pindah dan takut terlantar. Warga yang lebih tua terutama, tak punya peluang membangun hidup baru.”

    Bagi Kowal, skenario itu sama saja dengan kapitulasi Ukraina. Dia juga tak percaya Rusia akan berhenti di Donbass. Ancaman terhadap Kharkiv dan Dnipropetrovsk akan meningkat. Namun dia tak menampik kemungkinan Amerika Serikat dapat menekan Ukraina yang bergantung pada bantuannya. Meski begitu, langkah seperti itu sangat sulit diterima publik, katanya. “Semua pengungsi internal ingin pulang, bahkan jika rumah mereka hancur. Yang mereka cari bukan hanya empat dinding, tapi rasa ‘pulang’, makam keluarga… Bila di sana masih ada pemerintah Ukraina dan kedamaian, kami akan kembali. Di sanalah rumah kami.”

    Diadaptasi dari bahasa Ukraina oleh Markian Ostaptschuk
    Disadur oleh Rizki Nugraha
    Editor: Yuniman Farid


    (ita/ita)

  • Beckham Putra Kepincut VinFast VF6

    Beckham Putra Kepincut VinFast VF6

    Jakarta

    VinFast VF 6 jadi mobil pilihan pemain Persib Bandung Beckham Putra untuk menunjang mobilitas sehari-sehari. Pesepakbola berumur 24 tahun itu butuh kendaraan praktis, juga modern untuk menunjang profesinya sebagai atlet.

    “VF 6 ini merupakan EV pilihan saya, karena sekarang mobil listrik bukan hanya tren, tapi bagian dari mobilitas baru untuk masa depan Indonesia. Sebagai atlet dan kepala keluarga muda, saya butuh kendaraan yang praktis untuk aktivitas harian. VF 6 punya ruang yang cukup, fitur cerdas, dan tetap ramah lingkungan, pas dengan gaya hidup saya,” ujar Beckham dalam keterangannya.

    VinFast VF 6 jadi mobil pilihan pemain Persib Bandung Beckham Putra Foto: Dok. VinFast

    Dalam kesehariannya, Beckham membutuhkan kendaraan yang dapat mengikuti mobilitasnya, mulai dari latihan hingga aktivitas bersama keluarga. VF 6 menawarkan kabin senyap yang membantu menjaga fokus, desain compact yang lincah untuk mobilitas perkotaan, serta interior yang lapang untuk perlengkapan latihan. Teknologi pintar di
    dalamnya menjadikan perjalanan lebih efisien dan responsif.

    “VF 6 ini cocok banget untuk kendaraan harian. Mobilnya nyaman, compact, tapi modern dan stylish. Fiturnya juga cukup canggih dengan kabin yang luas-pas buat aktivitas saya. Untuk charging juga praktis dan mudah,” tambahnya.

    Pengalaman Beckham bersama VF 6 mencerminkan cara generasi muda Indonesia memandang mobilitas hari ini-lebih modern, peduli lingkungan, dan sejalan dengan nilai
    keberlanjutan. Bagi sebagian besar anak muda, kendaraan bukan lagi sekadar alat transportasi, tetapi bagian dari identitas dan gaya hidup yang cerdas.

    VinFast memahami bahwa transisi menuju kendaraan listrik bukan sekadar soal teknologi, tetapi tentang masa depan mobilitas Indonesia-yang lebih inklusif bagi generasi
    mendatang. Karena itu, VinFast terus memperkuat fondasi ekosistem EV nasional, mulai dari pembangunan fasilitas perakitan lokal, perluasan jaringan charging, program Battery Subscription yang meringankan biaya kepemilikan, hingga layanan purna jual yang terintegrasi.

    Sebagai bagian ekosistem tersebut, jaringan pengisian daya V-Green terus diperluas di berbagai kota, memungkinkan pengguna, termasuk mereka dengan mobilitas tinggi
    seperti Beckham, untuk melakukan pengisian daya dengan lebih mudah dan tanpa hambatan.

    (lua/dry)

  • FKBI: Pertamina harus tertibkan oknum ganggu distribusi BBM Sumatera

    FKBI: Pertamina harus tertibkan oknum ganggu distribusi BBM Sumatera

    Jakarta (ANTARA) – Ketua Forum Konsumen Berdaya Indonesia (FKBI) Tulus Abadi menilai Pertamina bersama pemerintah daerah harus menertibkan oknum yang mengganggu kelancaran distribusi BBM pascabanjir yang melanda sejumlah wilayah di Pulau Sumatera.

    “Bahkan PT Pertamina, Pemda, dan lain-lain harus mengupayakan penertiban oknum tertentu yang mendistorsi distribusi BBM, sehingga menyebabkan harga BBM lebih mahal,” kata Tulus dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

    Ia menegaskan keberadaan BBM dan gas elpiji sangat mendesak, baik untuk sarana transportasi maupun kebutuhan domestik rumah tangga.

    Oleh karena itu, menurut dia, distribusi energi harus dijaga agar tidak dimanfaatkan pihak-pihak yang merugikan masyarakat.

    Selain itu, Tulus yang pernah menjabat Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) 2020-2025 itu mengimbau masyarakat agar membeli BBM dalam jumlah wajar dan tidak melakukan penimbunan.

    “Masyarakat juga sebaiknya membeli BBM dalam jumlah yang wajar, jangan menimbun agar konsumen yang lain bisa membeli BBM juga,” ujar dia.

    Di sisi lain, ia juga mengapresiasi percepatan rekonstruksi infrastruktur listrik oleh PT PLN (Persero) yang telah mencapai 99 persen.

    Pemulihan jaringan listrik dinilai krusial untuk menunjang kebutuhan dasar masyarakat serta sarana umum seperti rumah sakit, SPBU, telekomunikasi dan sarana ibadah.

    Tulus memberikan apresiasi atas langkah PLN dan Pertamina yang telah melakukan rekonstruksi infrastruktur listrik serta mempercepat distribusi BBM dan LPG di daerah-daerah terdampak banjir di Sumatera.

    Ia mengatakan pekerjaan rekonstruksi jaringan listrik di tengah kondisi bencana tidak mudah, sebab berkaitan langsung dengan aspek keamanan, keselamatan, dan memiliki tingkat risiko yang tinggi.

    Tulus menegaskan percepatan pemulihan infrastruktur listrik dan energi merupakan langkah strategis yang harus terus dijaga agar masyarakat segera kembali beraktivitas normal pascabencana.

    Pewarta: Shofi Ayudiana
    Editor: Virna P Setyorini
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • 7 Aplikasi Bawaan Samsung One UI yang Jarang Digunakan, Padahal Sangat Berguna!

    7 Aplikasi Bawaan Samsung One UI yang Jarang Digunakan, Padahal Sangat Berguna!

    Liputan6.com, Jakarta – Saat pertama kali menyalakan Samsung Galaxy S25, banyak pengguna biasanya membuka folder aplikasi bawaan Samsung dan langsung merasa kewalahan karena merasa isinya terlalu banyak, lalu memindahkannya ke bagian paling belakang laci aplikasi karena dianggap sekadar bloatware (tidak penting).

    Padahal, lewat pembaruan One UI, Samsung justru memperkuat sejumlah aplikasi bawaan dengan fitur canggih dan fungsional.

    Berikut tujuh aplikasi bawaan One UI yang sering diabaikan, namun seharusnya berada di halaman utama ponsel kamu.

    1. Good Lock: Bikin Galaxy Lebih Personal dan Canggih

    Good Lock sering disangka sebagai aplikasi yang rumit, dan hanya cocok untuk pengguna berpengalaman. Namun faktanya, aplikasi ini merupakan “laboratorium resmi” Samsung.

    Lewat beragam modul, Good Lock menyediakan fitur-fitur eksperimental yang belum muncul di menu pengaturan utama.

    Salah satu modul terbaiknya adalah RegiStar, memungkinkan pengguna menetapkan perintah khusus melalui ketukan ganda atau tiga kali di bagian belakang ponsel, misalnya untuk mengambil screenshot hingga membuka aplikasi favorit.

    Ada juga SoundAssistant yang memberikan kontrol penuh atas pengaturan suara, termasuk fitur Multi-Sound Routing untuk mengalirkan audio ke dua perangkat Bluetooth sekaligus, serta dilengkapi pengaturan volume berbeda tiap aplikasi.

    2. Gaming Hub: Jaga Performa Stabil saat Bermain Game

    Gaming Hub sering dianggap sebagai folder pengelompokan game yang tidak penting. Padahal, aplikasi ini memiliki fitur penting untuk menjaga performa saat bermain game.

    Melalui fitur Pause USB Power Delivery, aliran listrik dari charger langsung menuju ke prosesor tanpa mengisi baterai. Hasilnya, baterai tidak ikut panas, performa lebih stabil, dan umur baterai lebih terjaga selama bermain game sambil mengisi daya.

    3. Samsung Studio: Edit Video Kelas Profesional Tanpa Aplikasi Tambahan

    Banyak pengguna mengira fitur edit di Gallery hanya sekadar pemangkasan dasar. Padahal, Samsung menyematkan editor video bertahap lewat Samsung Studio.

    Studio menawarkan pengeditan berbasis proyek dengan timeline lengkap, mulai dari multilayer video, teks, stiker, hingga penyesuaian detail.

    Keunggulannya, karena terintegrasi langsung dengan sistem, pengguna tidak ada watermark ataupun fitur yang dikunci paywall seperti di aplikasi pihak ketiga.

  • Ketua MPR Ahmad Muzani Bahas Pemulihan Bencana Sumatra dengan Prabowo

    Ketua MPR Ahmad Muzani Bahas Pemulihan Bencana Sumatra dengan Prabowo

    Bisnis.com, JAKARTA — Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Ahmad Muzani membeberkan sejumlah hal yang dibahas dalam pertemuannya dengan Presiden Prabowo Subianto di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (2/12/2025).

    Pertemuan yang berlangsung selama 1 jam itu berlangsung setelah Presiden melakukan rangkaian kunjungan ke beberapa daerah terdampak bencana di Sumatera pada Senin (1/12/2025)

    Muzani mengatakan diskusi dengan Presiden mencakup berbagai isu, mulai dari hal ringan hingga persoalan yang bersifat mendesak. Dia menjelaskan bahwa Presiden memaparkan hasil kunjungannya ke Sumatera yakni Aceh, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat, di mana Presiden menyaksikan langsung musibah yang terjadi di wilayah-wilayah tersebut.

    Menurutnya, Presiden melihat sendiri kerusakan akibat bencana, kerugian yang ditimbulkan, serta kondisi para pengungsi dan masyarakat terdampak.

    “Beliau merasakan bagaimana beban berat yang dirasakan oleh masyarakat, termasuk beliau merasakan bagaimana warga yang terkasih, yang tersayang hilang, yang sampai sekarang belum ditemukan jasad dan jenazahnya,” kata Muzani kepada wartawan

    Lebih lanjut, dia menuturkan bahwa seluruh temuan itu menjadi perhatian serius Kepala negara, sehingga fokus pemerintah saat ini, kata Muzani, adalah memastikan pemulihan berjalan cepat dan tepat, terutama karena banyak infrastruktur rusak yang menghambat aktivitas warga dan distribusi bantuan.

    “Sehingga arus barang, arus jasa, arus komunikasi juga terputus. Beliau hari-hari ini sedang mengerahkan kekuatan segalanya untuk memulihkan kondisi di tiga provinsi tersebut,” ucapnya.

    Terkait tindak lanjut pasca kunjungan Presiden ke wilayah terdampak, Muzani menyampaikan bahwa Prabowo terus meningkatkan koordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait.

    Dengan langkah tersebut, Muzani melanjutkan bahwa  pemerintah menargetkan percepatan pemulihan listrik, perbaikan jaringan jalan, dan kelancaran distribusi logistik untuk masyarakat yang masih mengungsi maupun tinggal di wilayah terisolasi.

    “Ya, ini beliau terus berkoordinasi tadi dengan banyak menteri terkait, baik yang berkaitan dengan bantuan ataupun perbaikan infrastruktur. Bahkan Dirut PLN, Dirut Pertamina, sudah dikerahkan untuk memulihkan kondisi listrik, suplai bahan bakar di sana agar normal. Kira-kira seperti itu,” tandas Muzani.