Topik: Listrik

  • RI berpotensi tingkatkan ekspor 1,7 miliar dolar karena perang tarif

    RI berpotensi tingkatkan ekspor 1,7 miliar dolar karena perang tarif

    Secara garis besar kita bisa melihat ada beberapa sektor, beberapa area produk yang punya potensi sangat besar. Salah satunya adalah alas kaki berbasis tekstil kemudian alas kaki berbasis karet itu kita melihat potensi yang sangat besar

    Jakarta (ANTARA) – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengatakan bahwa Indonesia berpotensi untuk meningkatkan nilai ekspor hingga 1,7 miliar dolar AS (Rp28,6 triliun) jika bisa memanfaatkan dampak dari perang tarif akibat kebijakan AS.

    “Secara garis besar kita bisa melihat ada beberapa sektor, beberapa area produk yang punya potensi sangat besar. Salah satunya adalah alas kaki berbasis tekstil kemudian alas kaki berbasis karet itu kita melihat potensi yang sangat besar,” kata Wakil Ketua Keanggotaan Kadin Indonesia, Widiyanto Saputro di Jakarta, Kamis.

    Berdasarkan paparannya dalam acara The 3rd China International Supply Chain Expo Roadshow, diketahui bahwa Kadin mendata pertumbuhan ekspor alas kaki berbasis tekstil akan mencapai 245 juta dolar AS (Rp4,1 triliun), alas kaki karet 193 dolar AS (Rp3,25 triliun), dan sweater rajut 126 juta dolar AS (Rp2,12 triliun).

    Widiyanto menyampaikan bahwa secara spesifik, perang dagang antara AS dan China ini akan mengubah rantai pasok. Sementara itu, begitu banyak rantai pasok di berbagai negara itu mengandalkan suplai dari China tidak terkecuali juga Indonesia.

    Kajian Kadin juga memperkirakan bahwa Indonesia akan menjadi negara nomor dua di Asia Tenggara, setelah Vietnam, yang akan mendapatkan keuntungan dari perang tarif, jika Indonesia mampu menanganinya dengan baik.

    “Sehingga, justru adanya perang dagang ini akan memungkinkan peningkatan industri di Indonesia bila ditangani dengan baik,” ucapnya.

    Kadin juga telah menyusun tiga rekomendasi kepada pemerintah Indonesia dalam menghadapi perang tarif. Pertama, Indonesia perlu mendeferensiasikan ulang tentang kehadirannya dalam rantai masuk global.

    “Di sini kami yakin bahwa Indonesia akan perlu dukungan dari rekan-rekan kita, para pengusaha, para produsen di China untuk mendukung, mengubah dan mendorong landscape industri di Indonesia sesuai dengan perubahan landscape ini,” tutur dia.

    Rekomendasi kedua, pemerintah Indonesia perlu mendefinisikan ulang perubahan rantai pasok dan mengidentifikasi potensi-potensi ekspor yang lebih baik dari Indonesia ke negara-negara yang lain, dengan memanfaatkan rantai pasok global dengan skenario dan paradigma yang baru.

    Rekomendasi terakhir adalah mendorong investasi di dalam negeri untuk meningkatkan kapasitas produksi, kapasitas peningkatan nilai tambah dari berbagai material dan berbagai produk yang akan menguatkan label made in Indonesia.

    “Ini kita harapkan pada akhirnya akan membuat Indonesia dapat memanfaatkan perubahan global supply chain ini,” kata dia.

    Awal bulan ini, Trump menaikkan tarif resiprokal terhadap China dari 84 persen menjadi 125 persen karena Washington dan Beijing terus meningkatkan perang dagang timbal balik.

    Tarif resiprokal ini ditambahkan di atas tarif 20 persen yang sebelumnya ia berlakukan terkait peredaran fentanil ilegal. Namun, beberapa impor dikenai tarif lebih tinggi lagi, yang berarti beberapa barang China, termasuk kendaraan listrik dan alat suntik, kini dikenai tarif hingga 245 persen oleh AS.

    Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
    Editor: Ahmad Buchori
    Copyright © ANTARA 2025

  • Hidrogen Hijau Jadi Andalan Transisi Energi

    Hidrogen Hijau Jadi Andalan Transisi Energi

    Jakarta: Indonesia kini bersiap menyambut masa depan energi dengan lebih hijau dan berkelanjutan. Salah satu terobosan terdepan datang dari PLN Indonesia Power (PLN IP) yang telah membangun ekosistem hidrogen hijau dari hulu ke hilir. Komitmen ini bukan hanya sekadar rencana, tapi sudah masuk tahap realisasi.
     
    Direktur Utama PLN IP, Edwin Nugraha Putra, menjelaskan bahwa hidrogen hijau menjadi solusi konkret dalam menghadapi tantangan transisi energi global menuju target Net Zero Emissions (NZE) pada 2060.
     
    “Hidrogen hijau ini karya enjiner PLN Grup yang sumbernya dari dalam negeri, jadi jika dikembangkan dan dimanfaatkan secara masif dampaknya besar sekali,” ujar Edwin dalam keterangan tertulis, Kamis, 24 April 2025.
    13 green hydrogen plant beroperasi
    PLN Indonesia Power kini telah mengoperasikan 13 Green Hydrogen Plant (GHP) yang tersebar di berbagai pembangkit di Indonesia, termasuk:

    PLTU Pangkalan Susu
    PLTU Suralaya 1-7
    PLTU Suralaya 8
    PLTGU Cilegon
    PLTU Labuan
    PLTU Lontar
    PLTGU Tanjung Priok
    PLTU Pelabuhan Ratu
    PLTGU Tambak Lorok
    PLTG Pemaron
    PLTU Grati
    PLTU Adipala
    PLTP Kamojang

    PLTP Kamojang bahkan menjadi pembangkit panas bumi pertama yang sukses memproduksi hidrogen hijau di Indonesia. Dari seluruh GHP ini, PLN IP mampu memproduksi hingga 80 ton hidrogen hijau per tahun. 

    Sekitar 32 ton digunakan untuk kebutuhan operasional pembangkit, dan sisanya 48 ton siap dimanfaatkan untuk kebutuhan lain seperti transportasi dan industri.
     

    Hadirkan SPBU hidrogen pertama di Indonesia
    Tak hanya berhenti di produksi, PLN IP juga menyasar pemanfaatan energi berbasis hidrogen secara luas. Salah satu langkah pentingnya adalah menghadirkan Hydrogen Refueling Station (HRS) atau stasiun pengisian bahan bakar hidrogen pertama di Indonesia.
     
    Langkah ini membuka peluang besar untuk pengembangan kendaraan berbahan bakar hidrogen dan mendukung ekosistem transportasi ramah lingkungan di masa depan.
    Hidrogen jadi bahan bakar PLTU ramah lingkungan
    Selain kendaraan, hidrogen hijau juga mulai dikembangkan untuk kebutuhan pembangkit. Salah satu inovasinya adalah mengubah hidrogen menjadi green ammonia yang kemudian digunakan sebagai bahan bakar primer di PLTU.
     
    PLTU Labuan menjadi pelopor dengan keberhasilan uji coba ammonia cofiring sebesar 3 persen selama 8 jam menggunakan 50 ton ammonia. Ini menjadi tonggak penting pengurangan emisi di sektor pembangkitan listrik.
     
    “Hidrogen hijau merupakan sumber energi bersih yang tidak meninggalkan residu di udara, sehingga tidak menghasilkan emisi karbon karena hanya mengeluarkan uap air,” kata Edwin 
    Pemerintah beri dukungan 
    Dukungan terhadap pengembangan hidrogen hijau juga datang dari pemerintah. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia menyebut bahwa pengembangan energi bersih seperti hidrogen adalah bagian dari visi besar Presiden Prabowo.
     
    “Buktinya bahwa Bapak Presiden Prabowo telah mencanangkan Asta Cita, berbicara tentang kedaulatan swasembada energi, di dalamnya terdapat energi hijau, energi baru terbarukan dan hidrogen merupakan bagian daripada visi besar Bapak Presiden,” ujar Bahlil saat membuka Green Hydrogen & Energy Summit (GHES) 2025.

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Tesla Hancur Lebur, Elon Musk Buka-bukaan Masa Depan Perusahaan

    Tesla Hancur Lebur, Elon Musk Buka-bukaan Masa Depan Perusahaan

    Jakarta, CNBC Indonesia – Tesla dihantam cobaan bertubi-tubi, mulai dari gerakan boikot yang meluas, hingga perang dagang yang dipicu kebijakan tarif resiprokal Amerika Serikat (AS) ke China sebesar 145%.

    Hal ini berdampak pada bisnis Tesla yang banyak mengandalkan komponen dari China. Selain itu, China balas dendam dengan memberlakukan tarif 125% untuk barang-barang impor dari AS. China juga membatasi ekspor mineral dan magnet tanah jarang yang dibutuhkan Tesla dalam memproduksi robot humanoid Optimus.

    CEO Tesla Elon Musk mengakui pembatasan magnet tanah jarang dari China membuat produksi Optimus terhambat. Dalam laporan kinerja di depan investor, Musk mengatakan Tesla sedang dalam upaya berdiskusi untuk mendapat lisensi impor magnet tanah jarang dari China.

    Hantaman bertubi-tubi ke Tesla terbukti membuat bisnis raksasa mobil listrik tersebut anjlok. Sepanjang 2025, saham Tesla tercatat sudah turun 33,89%.

    Tesla juga melaporkan penurunan pemasukan bersih sebesar 71% pada Q1 2025 dibandingkan tahun sebelumnya. Dengan kondisi yang kian terpuruk, bagaimana masa depan Tesla?

    Musk mengatakan masa depan Tesla secara fundamental berbasis pada mobil otomatis dan robot humanoid Optimus berskala besar.

    “Jadi, nilai perusahaan disokong dari mobil dan robot otomatis skala besar dengan biaya rendah. Ini yang akan dilakukan Tesla. Saya percaya Tesla dengan eksekusi yang sangat baik akan menjadi perusahaan paling berharga di dunia sejauh ini,” kata Musk.

    Musk juga menyinggung soal kebijakan tarif yang menggemparkan dunia. Ia mengatakan tarif adalah tantangan baru ketika margin perusahaan masih rendah.

    Namun, Musk mengatakan Tesla memiliki rantai pasokan lokal yang tersebar di AS, Eropa, dan China. Ia mengklaim hal tersebut membuat Tesla berada dalam posisi lebih kuat ketimbang para pesaing.

    “Saya mendapat banyak pertanyaan soal tarif. Saya ingin menekankan bahwa kebijakan tarif adalah keputusan Presiden AS. Saya akan memberikan masukan kepada Presiden AS. Namun, apakah ia mau mendengar atau tidak, tentu menjadi keputusan Presiden AS,” Musk menjelaskan.

    “Saya sudah beberapa kali bilang bahwa tarif lebih rendah secara umum merupakan ide yang baik untuk kesejahteraan bersama. Namun, keputusan ini secara fundamental merupakan hak Presiden AS. Jadi, saya akan berupaya untuk terus mengadvokasi kebijakan tarif rendah. Hanya itu yang bisa saya lakukan,” ia menambahkan.

    (fab/fab)

  • Dukung Formula E 2025, Pramono: Harus "Full Speed"!
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        24 April 2025

    Dukung Formula E 2025, Pramono: Harus "Full Speed"! Megapolitan 24 April 2025

    Dukung Formula E 2025, Pramono: Harus “Full Speed”!
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com 
    – Gubernur Jakarta
    Pramono Anung
    menyatakan dukungan penuh atas rencana penyelenggaraan 
    Formula E
    atau Jakarta E-Prix 2025.
    Ia meminta ajang balapan mobil listrik bertaraf dunia itu diselenggarakan sebaik mungkin. 
    “Kalau menyelenggarakan jangan tanggung-tanggung. Harus
    full speed
    , harus sukses, dan betul-betul diadakan, diselenggarakan dengan baik,” kata Pramono di Balai Kota Jakarta, Kamis (24/4/2025).
    Menurut Pramono, Formula E merupakan ajang balapan mobil yang ditunggu banyak penggemar di seluruh dunia sehingga harus dipersiapkan dengan matang.
    “Yang paling penting adalah semua orang yang datang di Jakarta harus dipermudah dan gembira, terutama tamu-tamu kita dari mana pun,” ujarnya. 
    Pramono menambahkan, Formula E bukan hanya tentang ajang balapan mobil listrik, tetapi juga harus memberikan manfaat nyata bagi warga Jakarta.
    “Semua kegiatan harus ada dampaknya kepada Jakarta. Untuk itu, kegiatan ini harus bermanfaat bagi warga Jakarta. Dan saya yakin baru kali ini Formula E mendapatkan dukungan sepenuhnya dari Balai Kota,” tuturnya.
    Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Iwan Takwin, turut menegaskan kesiapan penyelenggaraan Formula E yang rencananya digelar pada 21 Juni 2025 di Jakarta International E-Prix Circuit (JIWC), Ancol.
    “Kami akan memastikan mulai dari persiapan, pelaksanaan, hingga pasca-
    event
    berjalan dengan baik. Ini menjadi momen untuk memperlihatkan evolusi teknologi kendaraan listrik di Jakarta, sekaligus memperkuat posisi Jakarta menuju kota global,” kata Iwan.
    Iwan mengeklaim, Jakarta menjadi satu-satunya kota di Asia Tenggara yang dipercaya oleh Formula E Operations (FEO) untuk menggelar kejuaraan dunia ini.
    “Bangkok dan Singapura tidak menyelenggarakan. Hanya Jakarta yang ditunjuk oleh FEO,” ujarnya.
    Senada dengan itu, Wakil Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) sekaligus Steering Committee Jakarta E-Prix, Ananda Mikola, menyebut, acara ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Indonesia.
    “Ini adalah
    event
    balap mobil kedua terbesar di dunia saat ini dan di masa depan diperkirakan akan melampaui Formula 1,” katanya.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Dedi Mulyadi sebut persoalan pabrik BYD di Subang akibat calo tanah

    Dedi Mulyadi sebut persoalan pabrik BYD di Subang akibat calo tanah

    Bandung (ANTARA) – Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi menyebutkan bahwa persoalan pembangunan pabrik mobil listrik asal China BYD di Subang Jabar bukan masalah premanisme namun calo tanah.

    “Sebenarnya problem di Subang itu bukan premanisme tapi percaloan tanah. Ada beberapa pihak yang menguasai tanah, ya mungkin sudah di-DP dulu sama orang, kemudian dia menawarkan harga yang sangat tinggi. Ada katanya yang nawarin Rp20 juta per meter, ada Rp10 juta per meter, ada Rp5 juta,” ujar Dedi yang dikutip di Bandung, Kamis.

    Seperti diketahui, dunia usaha memerlukan kepastian mengenai nilai yang diperlukan untuk berinvestasi namun yang terjadi harga tanahnya dipatok menjadi sangat tinggi, di mana ada pihak yang memanfaatkan situasi untuk mencari keuntungan dari investasi yang datang dari luar negeri.

    Soal isu premanisme, Dedi mengatakan hal itu adalah berita lama, dan kini kondisinya telah berbeda dan telah sangat berbeda.

    Ia pun menilai bahwa aksi premanisme ormas (organisasi kemasyarakatan) dalam pembangunan pabrik BYD itu sudah tidak lagi relevan dengan kondisi yang ada saat ini.

    Pasalnya, sudah ada tindakan kepada ormas tersebut.

    “Nggak itu berita lama. Cek saja sekarang sudah sangat aman. Dicek deh, enggak ada lagi itu premanisme sekarang di sana. Yang jualin Aqua aja udah hampir enggak ada sekarang. Itu cerita lama aja. Makanya yang diperlukan oleh kita itu tindakan. Jadi kalau ada problem ambil tindakan, ada problem ambil tindakan,” ucapnya.

    Progres pabrik BYD, kata Dedi, berjalan dengan baik, termasuk izin akses tol yang telah dikeluarkan oleh kementerian.

    “Ya tinggal BYD-nya aja untuk terus mewujudkan tinggal ada beberapa wilayah yang pembebasan tanahnya masih terkendala,” katanya.

    Ke depan, Dedi mengatakan bahwa akan melakukan fasilitasi dengan mempertemukan berbagai pihak untuk kepastian investasi.

    “Hal ini akan segera saya fasilitasi, saya akan pertemukan antara pihak yang melakukan pembebasan tanah atas nama perusahaan dan kemudian warganya, mungkin minggu depan sudah kelar,” tuturnya.

    Sebelumnya Wakil Ketua MPR RI Eddy Soeparno meminta pemerintah agar cepat turun tangan dalam menangani kasus ormas itu. Sebab proses pembangunan pabrik ini ternyata diganggu oleh sekelompok ormas.

    “Sempat ada permasalahan terkait premanisme, ormas yang mengganggu pembangunan sarana produksi BYD. Saya kira itu harus tegas. Pemerintah perlu tegas untuk kemudian menangani permasalahan ini,” kata Eddy dalam akun instagram dia.

    Pewarta: Ricky Prayoga
    Editor: Iskandar Zulkarnaen
    Copyright © ANTARA 2025

  • Politisi PDIP Desak Kemendagri Bubarkan Ormas Tukang Palak

    Politisi PDIP Desak Kemendagri Bubarkan Ormas Tukang Palak

    Bisnis.com, JAKARTA — Wakil Ketua Komisi III DPR RI sekaligus legislator PDIP Aria Bima meminta Kementerian Dalam Negeri atau Kemendagri untuk bisa mengevaluasi organisasi masyarakat (ormas) yang meresahkan iklim investasi mengganggu masyarakat.

    Bahkan, dia tak segan menyebut untuk bisa diberikan hukuman hingga pembubaran terhadap ormas yang perilakunya mengganggu persatuan hingga membuat ketidakadilan.

    Aria menyinggung bahwa pemerintah pernah membubarkan HTI (Hizbut Tahrir Indonesia) dan FPI (Front Pembela Islam) karena dinilai tidak memperkuat aspek persatuan Indonesia.

    “Mereka melakukan berbagai hal yang menyangkut kegiatan intoleransi, yang mengganggu kebhinekaan kita,” jelasnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (24/4/2025).

    Dia mendorong supaya Kemendagri bisa menggunakan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Ormas untuk mengevaluasi organisasi berkumpul yang ada di Tanah Air.

    Soal pertahanan, soal keamanan, kita sudah punya aparat. Jangan ada organisasi-organisasi yang merasa memiliki kewenangan untuk mempenetrasi ataupun membuat keonaran yang mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa,” tegasnya.

    Meski demikian, dia juga menekankan bahwa setiap individu dalam masyarakat memiliki hak berserikat dan berkumpul.

    Namun, dia juga mengingatkan hak tersebut jangan sampai hanya dijadikan saluran bertindak yang dapat memberikan penguatan pada anggota-anggota dan nantinya malah bisa mengganggu individu lain.

    “Saya kira itu perlu dievaluasi oleh Mendagri. Ini negara yang sudah diatur dengan sistem demokrasi. Semua harus dilihat dari cara pandang kita itu sebagai warga negara adalah taat hukum,” pungkasnya.

    Teranyar, dikabarkan ada aksi premanisme berkedok organisasi kemasyarakatan (ormas) yang mengganggu investasi asing di Indonesia, khususnya di pabrik kendaraan listrik. 

    Ketua Umum Periklindo Moeldoko mengatakan selain di pabrik mobil listrik asal China BYD, aksi premanisme ormas itu juga mengusik pembangunan pabrik mobil asal Vietnam, yakni VinFast. 

    “Saya pernah mendapat laporan, seperti VinFast juga pernah melaporkan ada gangguan-gangguan, namun saya sudah bantu untuk komunikasikan ke wilayah setempat,” ujar Moeldoko di Jakarta, dikutip Rabu (23/4/2025).

  • Siapa Rajanya Mobil Listrik Premium di Indonesia Kuartal 1 2025?

    Siapa Rajanya Mobil Listrik Premium di Indonesia Kuartal 1 2025?

    Jakarta

    BMW Indonesia mengumumkan perolehan penjualan positif pada kuartal pertama 2025. Dikatakan BMW mampu menjual hingga 835 unit dan mengalami pertumbuhan sebesar 7,7 persen, menguasai pasar mobil premium hingga 57,2 persen, dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu mencapai 775 unit, serta menjadi kuartal pertama terbaik sepanjang BMW berdiri di Indonesia.

    Tidak sampai di situ, BMW juga mengatakan masih menjadi rajanya mobil listrik premium di Indonesia dengan menguasai pasar hingga 64 persen. Seperti tertulis dalam siaran resmi yang diterima detikOto.

    “Pada kesempatan ini saya ingin kembali mengucapkan terima kasih banyak untuk seluruh karyawan BMW Indonesia dan para diler untuk kerja kerasnya. Saya harap prestasi ini akan menjadi semangat kami di tahun 2025 dan dapat terus memperkuat posisi BMW sebagai brand otomotif premium terdepan di Indonesia dan nomor satu di segmen kendaraan listrik premium,” ujar Presiden Direktur BMW Group Indonesia, Sunny Medalla.

    Melihat dari penjualan BMW Indonesia pada kuartal 1 2025, sepanjang kuartal pertama tahun 2025, berbagai model favorit dari BMW terus menjadi pendorong pertumbuhan penjualan di Indonesia. Salah satu model yang paling diminati adalah BMW X1, baik dalam versi mesin pembakaran konvensional maupun versi full-listriknya. Dengan total penjualan mencapai 230 unit, model ini menyumbang 27,5% dari total penjualan BMW, menjadikannya kontributor terbesar pada Q1 tahun ini.

    Model berikutnya yang juga menyumbang angka signifikan adalah BMW X3, Sport Activity Vehicle (SAV) premium yang cocok di segala medan, dengan total 125 unit terjual.

    Di posisi ketiga ada BMW Seri 3, sedan ikonik legendaris dengan total 105 unit terjual pada periode yang sama.

    BMW 320i M Sport meluncur di IIMS 2025 Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

    Rangkaian kendaraan performa tinggi BMW M, yang mencakup BMW M2, M3, M4, dan BMW XM, dikatakan juga memberikan performa penjualan yang sangat baik. Dengan total penjualan mencapai 63 unit di Q1 2025, lini BMW M mencatat pertumbuhan sebesar 34% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

    Di segmen kendaraan mewah (Luxury Class), model-model seperti BMW Seri 7 (baik dalam versi mesin pembakaran konvensional maupun versi full-listriknya), BMW X7, hingga BMW XM menunjukkan tren permintaan yang positif. Total penjualan dari lini Luxury ini tercatat sebanyak 55 unit pada Q1 2025, tegaskan posisi BMW sebagai pilihan utama pelanggan Indonesia di segmen kendaraan mewah.

    Untuk segmen Business Sedan, BMW Seri 5 tetap menjadi salah satu model favorit baik di kalangan pelanggan korporat maupun individu. Dengan kombinasi desain elegan, kenyamanan, dan performa khas BMW, model ini berhasil mencatat penjualan sebanyak66 unit di Q1 2025.

    Sementara itu, BMW Seri 2, model BMW paling terjangkau saat ini, juga menunjukkan performa penjualan yang solid dengan 62 unit terjual.

    Dari sisi elektrifikasi, penjualan kendaraan listrik BMW menunjukkan tren yang tetap positif. Di Q1 2025, BMW mencatat penjualan kendaraan listrik sebanyak 135 unit, menyumbang 16% dari total penjualan BMW. Dengan angka tersebut, BMW kembali menegaskan posisinya sebagai pemimpin pasar EV Premium dengan pangsa pasar mencapai 64%.

    (lth/rgr)

  • Alasan LG Electronics Mundur dari Proyek Baterai EV di Indonesia

    Alasan LG Electronics Mundur dari Proyek Baterai EV di Indonesia

    FAJAR.CO.ID, SEOUL — Proyek baterai untuk kendaraan listrik (EV) di Indonesia yang sebelumnya diminati LG Electronics Ins, tampaknya perlu investor lain. Itu setelah LG memutuskan untuk mundur dari proyek tersebut.

    Usai memutuskan mundur dari proyek tersebut, LG Electronics Inc lantas mengumumkan alasan mereka menghentikan bisnis untuk proyek baterai kendaraan listrik (EV) di Indonesia.

    Menurut LG, pengunduran mereka dari proyek baterai kendaraan listrik disebabkan stagnasi permintaan global di pasar EV. Anak perusahaan LG yang memproduksi charger EV, HiEV Charger, akan dilikuidasi.

    Lantas semua karyawan yang terlibat dalam bisnis tersebut akan dialihkan ke divisi lain di dalam LG Electronics. Perusahaan menegaskan bahwa mereka akan terus memberikan layanan pemeliharaan kepada pelanggan yang sudah ada tanpa gangguan.

    LG memasuki pasar pengisi daya EV pada 2022 dengan mengakuisisi HiEV Charger, yang sebelumnya bernama AppleMango, setelah memulai penelitian dan pengembangan di sektor ini sejak 2018.

    Sejak itu, perusahaan menawarkan solusi pengisian daya di Korea Selatan, termasuk pengisi daya di toko ritel Emart. Kemudian, LG memperluas pasar ke AS tahun lalu dengan membuka pabrik produksi di Texas pada Januari 2024.

    Keputusan untuk mundur diambil karena LG Electronics memfokuskan kembali upayanya untuk mengutamakan pertumbuhan bisnis pemanas, ventilasi, dan pendingin udara (HVAC).

    CEO LG Electronics, Cho Joo-wan sebelumnya menetapkan bisnis pengisi daya kendaraan listrik sebagai salah satu pendorong pertumbuhan utama dalam visi perusahaan, untuk mencapai penjualan 100 triliun won (sekitar Rp1,8 kuadriliun) pada 2030. (fajar)

  • Aneka Home Appliances Terbaru Samsung, Pintar dan Hemat Listrik

    Aneka Home Appliances Terbaru Samsung, Pintar dan Hemat Listrik

    FotoINET

    Virgina Maulita Putri – detikInet

    Kamis, 24 Apr 2025 18:32 WIB

    Jakarta – Samsung memboyong tiga perangkat home appliances terbarunya di lini Bespoke AI ke Indonesia. Semua perangkat ini dilengkapi fitur pintar dan hemat energi.

  • Mulai April 2026 Tak Ada Ampun Lagi, Pesepeda di Jepang Bisa Masuk Penjara Jika Langgar Aturan – Halaman all

    Mulai April 2026 Tak Ada Ampun Lagi, Pesepeda di Jepang Bisa Masuk Penjara Jika Langgar Aturan – Halaman all

    Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

    TRIBUNNEWS.COM, TOKYO – Mulai 1 April 2026, semua pelanggaran aturan bersepeda di Jepang akan ditindak tegas.

    Tak hanya denda, pelanggar bahkan bisa dijatuhi hukuman penjara, khususnya jika tertangkap mengendarai sepeda dalam keadaan mabuk akibat minuman beralkohol.

    “Sosialisasi larangan bersepeda, termasuk kewajiban penggunaan helm dan sebagainya, sudah kami lakukan sejak dua tahun lalu. Kini, mulai 1 April 2026, aturan akan ditegakkan tanpa toleransi—denda hingga pidana penjara menanti pelanggar,” ungkap sumber Tribunnews.com dari kepolisian Jepang, Kamis (24/4/2025).

    Contohnya, pengendara sepeda dalam keadaan mabuk bisa langsung dikenai hukuman penjara.

    Sementara itu, pengendara sepeda yang ketahuan bertelepon atau menggunakan ponsel saat berkendara akan dikenai denda sebesar 12.000 yen atau sekitar Rp1,4 juta.

    Masih banyak pelanggaran lain yang juga diancam sanksi denda, seperti mengabaikan rambu lalu lintas, berkendara di jalur yang salah, atau di trotoar denda 6.000 yen atau Rp700 ribu.

    “Trotoar itu untuk pejalan kaki, bukan untuk pengendara sepeda yang sedang aktif berkendara,” tegas sumber tersebut.

    Tidak memberi jalan saat mobil hendak menyalip didenda 5.000 yen atau Rp600 ribu.

    Bersepeda berdampingan atau membonceng dua orang dewasa denda 3.000 yen Rp400 ribu.

    “Anak-anak boleh dibonceng di tempat duduk khusus. Tapi dua orang dewasa berboncengan dilarang keras. Menggunakan payung saat bersepeda atau memakai headphone denda 5.000 yen (Rp600 ribu).

    Mengendarai sepeda trondol (tidak memiliki rem): denda 5.000 yen, karena dianggap membahayakan.

    Menurut Badan Kepolisian Nasional Jepang, pada tahun lalu terjadi 327 kasus kematian akibat kecelakaan yang melibatkan sepeda, di mana 80 persen di antaranya disebabkan pelanggaran oleh pengendara sepeda.

    Oleh karena itu, pemerintah Jepang akan memperkenalkan sistem “tiket biru” bagi pengendara sepeda usia di atas 16 tahun yang melanggar aturan. Pelanggaran tersebut akan dianggap sebagai tindak pidana.

    Tercatat pula, sepanjang 2024 terjadi 28 kecelakaan karena penggunaan ponsel saat bersepeda—naik lebih dari tiga kali lipat dibanding 10 tahun lalu.

    Salah satu kasus tragis terjadi pada 2017, ketika seorang mahasiswi usia 20-an mengendarai sepeda listrik sambil memegang smartphone di tangan kiri dan minuman di tangan kanan.

    Ia menabrak seorang wanita lansia berusia 77 tahun yang kemudian meninggal dunia.

    “Pada 2024, terdapat satu kecelakaan fatal yang menyebabkan kematian pejalan kaki akibat sepeda. Karena itu, tindakan pencegahan sangat diperlukan agar jumlah kecelakaan fatal bisa ditekan,” ujar sumber kepolisian.

    Anak-anak di bawah usia 16 tahun yang melakukan pelanggaran akan mendapat peringatan keras dan dilaporkan ke orang tua serta pihak sekolah.