Topik: Listrik

  • Drone Israel Tembak Kapal Bantuan Kemanusiaan, Freedom Flotilla Menuju Gaza Terbakar di Dekat Malta – Halaman all

    Drone Israel Tembak Kapal Bantuan Kemanusiaan, Freedom Flotilla Menuju Gaza Terbakar di Dekat Malta – Halaman all

    Drone Israel Serang Kapal Bantuan Kemanusiaan, Freedom Flotilla yang Menuju Gaza di Dekat Malta

    TRIBUNNEWS.COM- Sebuah kapal sipil yang membawa bantuan kemanusiaan untuk Gaza menjadi sasaran serangan pesawat tak berawak Jumat dini hari saat berlayar di perairan internasional dekat pulau Malta, kata Koalisi Armada Kebebasan dalam sebuah pernyataan.

    “Pukul 00.23 waktu Malta, sebuah kapal FreedomFlotilla menjadi sasaran serangan pesawat nirawak. Bagian depan kapal menjadi sasaran dua kali, mengakibatkan kebakaran dan kebocoran pada lambung kapal,” kata koalisi.

    Ditambahkannya bahwa “kapal tersebut saat ini berada di perairan internasional dekat Malta” dan telah mengirimkan sinyal marabahaya SOS.

    Koalisi mengatakan “pemerintah Malta belum menanggapi sinyal SOS dari kapal kemanusiaan sipil ini.”

    Koalisi meminta Malta untuk memenuhi “kewajibannya untuk bertindak dan memastikan keselamatan kapal sipil yang dalam kesulitan di wilayahnya” sebagaimana diharuskan oleh hukum maritim internasional.

    Armada tersebut dilaporkan sedang dalam perjalanan menuju Gaza untuk membawa bantuan kemanusiaan dalam upaya menentang blokade Israel. Sumber serangan pesawat nirawak tersebut belum dikonfirmasi.

    Kapal Freedom Flotilla Diserang

    Serangan pesawat nirawak Israel terhadap kapal bantuan yang menuju Gaza di perairan internasional.

    Serangan tersebut mengenai generator kapal, memicu kebakaran dan menyebabkan kebocoran lambung kapal sehingga berisiko tenggelam.

    Sebuah pesawat tak berawak Israel menyerang sebuah kapal yang membawa bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza yang dilanda perang dan terkepung saat berada di perairan internasional dekat Malta pada hari Jumat.

    Menurut Freedom Flotilla Coalition (FFC), yang mengorganisasi misi tersebut, serangan tersebut tampaknya sengaja menargetkan generator kapal, memicu kebakaran dan menyebabkan “kerusakan besar pada lambung kapal” yang membuat kapal terancam tenggelam.

    FFC, sebuah koalisi aktivis non-kekerasan yang berjuang untuk mengakhiri pengepungan Israel terhadap Gaza, mengatakan mereka mengorganisasi orang-orang hilang tersebut di bawah pemblokiran media “untuk menghindari potensi sabotase”.

    Kapal tersebut, yang berlayar sesaat sebelum serangan, membawa sedikitnya 30 orang dari 21 negara, termasuk “tokoh terkemuka”.

    Setelah serangan itu, kapal mengeluarkan sinyal marabahaya SOS. 

    Siprus Selatan mengirimkan sebuah kapal namun FFC mengatakan kapal tersebut “tidak menyediakan dukungan listrik penting yang dibutuhkan”.

    Awak kapal kehilangan aliran listrik dan komunikasi dengan kapal terputus, FFC menambahkan. 

    “Duta besar Israel harus dipanggil dan bertanggung jawab atas pelanggaran hukum internasional, termasuk blokade yang sedang berlangsung dan pemboman kapal sipil kami di perairan internasional,” kata FFC dalam sebuah pernyataan. 

    “Kami menuntut Malta untuk segera menanggapi kewajibannya dan memastikan keselamatan semua orang yang berada di atas kapal tersebut.”

    Serangan Israel terjadi tepat dua bulan setelah pihak berwenang menghentikan semua bantuan kemanusiaan dan barang komersial memasuki Gaza.

    Menurut Munir al-Bursh, Direktur Jenderal Kementerian Kesehatan Palestina di Gaza, blokade tersebut—yang sekarang menjadi yang paling parah sejak perang dimulai 18 bulan lalu—telah menjerumuskan hampir 91 persen populasi, sekitar dua juta orang, ke dalam krisis pangan.

    Ia menambahkan bahwa hampir 92 persen anak-anak dan ibu menyusui menderita kekurangan gizi parah, yang “menimbulkan ancaman langsung terhadap kehidupan dan perkembangan mereka.”

     

     

    Kirim Sinyal SOS

    Pada pukul 00:23 waktu Malta, kapal Freedom Flotilla menjadi sasaran serangan pesawat nirawak.

    Bagian depan kapal menjadi sasaran dua kali, mengakibatkan kebakaran dan kebocoran pada lambung kapal.

    Kapal tersebut saat ini berada di perairan internasional dekat Malta.

    Sinyal bahaya SOS telah dikirim, dan hanya Siprus selatan yang menanggapinya dengan mengirimkan kapal.

    Tidak ada negara lain yang menanggapi. Serangan pesawat nirawak tersebut tampaknya secara khusus menargetkan generator kapal, dan kapal tersebut kini berisiko tenggelam dengan 30 aktivis hak asasi manusia internasional di dalamnya.

    SUMBER: ANADOLU AJANSI, MIDDLE EAST EYE 

  • Isuzu Luncurkan Pikap Listrik D-Max EV, Bisa Tempuh Jarak 263 Km

    Isuzu Luncurkan Pikap Listrik D-Max EV, Bisa Tempuh Jarak 263 Km

    Jakarta

    Elektrifikasi di segmen kendaraan niaga semakin ramai dengan berbagai peluncuran produk baru. Salah satunya adalah Isuzu yang baru saja meluncurkan pikap double cabin listrik bernama D-Max EV. Isuzu D-Max EV memiliki jarak tempuh hingga 263 km.

    Isuzu D-Max EV diluncurkan di ajang pameran Commercial Vehicle Show 2025 (CV Show) yang berlangsung di NEC Birmingham, Inggris, belum lama ini. Model ini ditawarkan dalam dua pilihan model, Extended Cab dan Double Cab.

    Isuzu D-Max EV Foto: Dok. Isuzu

    Adapun warna D-Max EV yang ditampilkan dalam pameran tersebut adalah warna Norwegian Blue yang menjadi warna edisi khusus buat pikap komersial ini. Warna biru yang elegan tersebut diberi sentuhan akses hitam di beberapa area. Warna hitam juga disematkan di bagian interiornya.

    Dari segi dimensi, D-Max EV memiliki panjang 5.280 mm, lebar 1.870 mm, dan tinggi 1.810 mm, dengan jarak sumbu roda 3.125 mm. Sementara untuk bobot mobil ini yakni 2.350 kg. D-Max EV bisa mengangkut beban hingga 1.010 kg dan menarik beban seberat 3.500 kg.

    Isuzu D-Max EV Foto: Dok. Isuzu

    Urusan baterai, pikap komersial yang punya radius putar 6,1 motor ini dibekali paket baterai lithium-ion 66,9 kWh yang menawarkan jarak tempuh hingga 263 km berdasarkan pengujian WLTP.

    Bicara performa, D-Max EV dibekali motor kembar 43 kW di roda depan dan 97 kW di roda belakang yang bisa menghasilkan tenaga gabungan 140 kW dan torsi 325 Nm. Tidak heran jika mobil ini bisa berakselerasi 0-100 km/jam hanya dalam 10,1 detik dan sanggup mencapai kecepatan maksimum 130 km/jam.

    Tak hanya itu, D-Max EV juga punya kapabilitas buat kegiatan offroad ringan. Mobil ini masih bisa melewati genangan air setinggi 60 cm. Mobil ini juga memiliki jarak terendah ke tanah atau ground clearance 210 mm.

    Isuzu D-Max EV Foto: Dok. Isuzu

    (lua/dry)

  • Chery Siapkan SUV Jumbo buat Lawan Hyundai Santa Fe-Land Cruiser Prado

    Chery Siapkan SUV Jumbo buat Lawan Hyundai Santa Fe-Land Cruiser Prado

    Shanghai

    Chery menampilkan mobil SUV konsep Tiggo 9L pada pameran Shanghai Auto Show 2025. SUV jumbo berbentuk boxy tersebut digadang-gadang bakal melawan SUV Hyundai Santa Fe hingga Toyota Land Cruiser Prado.

    Dari segi eksterior, Chery Tiggo 9L menggabungkan nuansa klasik juga modern. Nuansa klasik didapat dari desain yang mengotak dan cenderung konservatif. Sementara aura modern ini tampak dari penyematan logo ‘CHERY’ besar di bagian grille yang bisa menyala, serta permainan animasi di lampu belakangnya.

    Mobil SUV konsep Chery Tiggo 9L Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Geser ke bagian samping, desain mobil ini sangat kokoh dengan overfender yang besar sewarna bodi, penggunaan ring velg dan profil ban yang besar, ditambah dengan paket roof rail di bagian atap yang artinya mobil ini siap mendukung kegiatan outdoor.

    Belum ada informasi lebih lanjut kapan mobil ini akan diproduksi massal. Belum juga diketahui pasti mengenai detail spek mesin dan fitur mobil SUV berbodi bongsor tersebut.

    Tapi kabarnya, Chery Tiggo 9L nantinya akan ditenagai oleh sistem hybrid CDM-S atau CSH (Chery Super Hybrid) yang disebut punya daya maksimum 200 kW dan torsi puncak 400 Nm.

    Mobil SUV konsep Chery Tiggo 9L Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Mesin konvensional didukung konfigurasi tiga motor listrik, yaitu satu di depan dan dua di belakang. Tenaga dikirim ke semua roda (AWD) buat meningkatkan kemampuan off-road dan handling yang baik.

    Jarak tempuh dalam mode full electric disebut-sebut bisa mencapai sampai 200 km, dan jarak total gabungan mesin bensin dan listrik diklaim bisa membuat mobil ini melaju hingga jarak lebih dari 1.500 km. Artinya, mobil ini sangat cocok digunakan untuk harian, maupun buat touring jarak jauh ke luar kota.

    Mobil SUV konsep Chery Tiggo 9L Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    (lua/dry)

  • Moeldoko Geram Pabrik BYD Diusik Ormas: Habisin Aja!

    Moeldoko Geram Pabrik BYD Diusik Ormas: Habisin Aja!

    Jakarta

    Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo), Moeldoko terlihat geram saat mengomentari kasus pembangunan pabrik BYD di Subang, Jawa Barat yang diganggu organisasi masyarakat (ormas). Dia meminta agar pemerintah memberangus kelompok tersebut!

    Moeldoko menjelaskan, aksi premanisme yang ditunjukkan ormas bisa merugikan dua pihak, yakni negara dan masyarakat. Sebab, kata dia, negara bisa kehilangan investasi dan masyarakat kehilangan peluang kerja.

    “Intinya adalah karena investasi berkaitan dengan ketenagakerjaan, atau angkatan kerja yang setahunnya bisa 2,5 juta orang, siapapun nggak boleh ganggu. Makanya saya bilang, kalau ada preman yang mengganggu (pembangunan pabrik), habisin aja! Berangus!” ujar Moeldoko di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

    “Karena preman sekelompok orang kecil akan mengganggu segitu banyak orang yang mau bekerja. Pekerja tak bisa didapat karena orang nggak mau investasi, masa gara-gara itu investasi kita terganggu,” tambahnya.

    BYD di PEVS 2025. Foto: Septian Farhan Nurhuda/detik.com

    Diberitakan sebelumnya, ada dua produsen mobil yang disebut-sebut diganggu ormas saat membangun pabrik perakitan kendaraan di Subang, Jawa Barat, yakni BYD dan Vinfast.

    Pabrik BYD berlokasi di kawasan Subang Smartpolitan, Subang, Jawa Barat dengan nilai investasi Rp 11,7 triliun. Perusahaan menargetkan fasilitas perakitan itu siap beroperasi mulai 2026.

    Sementara Vinfast juga telah memulai pembangunan pabrik di Subang dengan dana awal sebesar US$ 200 juta atau Rp 3,2 triliun sejak 2024. Fasilitas tersebut punya kapasitas produksi 50 ribu unit setahun dan mampu menyerap hingga 3 ribu tenaga kerja.

    Menurut rencana, pabrik Vinfast di Subang mulai beroperasi pada kuartal keempat tahun ini. Nantinya, fasilitas tersebut akan membuat mobil listrik dengan setir kanan.

    Di kesempatan yang sama, kami sempat bertanya kepada Moeldoko mengenai fenomena premanisme yang terus-terusan terjadi di Indonesia. Dia menegaskan, ada tokoh berkepentingan di balik ‘kebiasaan’ tersebut. Hanya saja, dia tak mengurainya lebih detail.

    “Ya, banyak kepentingan, intinya banyak kepentingan,” kata dia.

    (sfn/dry)

  • Sebut Banyak Anak Cenderung Miskin, Dedi Mulyadi Usulkan Vasektomi Jadi Syarat Penerima Bansos

    Sebut Banyak Anak Cenderung Miskin, Dedi Mulyadi Usulkan Vasektomi Jadi Syarat Penerima Bansos

    FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, melemparkan wacana kontroversial terkait program kesejahteraan masyarakat. Dalam rapat koordinasi yang digelar di Gedung Balai Kota Depok pada Selasa, (29/4/2025) lalu, Dedi mengusulkan agar kontrasepsi permanen untuk pria, yakni vasektomi, dijadikan sebagai salah satu syarat bagi masyarakat prasejahtera untuk menerima bantuan sosial.

    Menurut Dedi, langkah ini bertujuan untuk menekan angka kemiskinan yang selama ini kerap berkaitan dengan tingginya jumlah anak dalam keluarga.

    “Karena hari ini kan yang cenderung anaknya banyak tuh cenderung miskin,” ujarnya.

    Tak hanya itu, Dedi juga menyatakan bahwa pemerintah akan memberikan insentif sebesar Rp 500 ribu kepada pria yang bersedia menjalani vasektomi.

    “Kemarin di Bandung sudah, nanti tiap Rabu ada kegiatan vasektomi dan yang divasektomi dikasih insentif Rp 500 ribu oleh gubernur,” ucapnya.

    Ia menuturkan, selama ini dirinya sering dimintai bantuan untuk membiayai proses persalinan yang tidak sedikit.

    “Lahiran itu enggak tanggung-tanggung loh, 25 juta, 15 juta karena rata-rata caesar, dan itu rata-rata anak keempat, anak kelima,” ungkapnya.

    Bagi Dedi, menjadi orang tua tidak hanya soal menikah dan punya anak, tetapi juga menyangkut kesiapan finansial dan tanggung jawab dalam membesarkan anak.

    “Nah, kalau orang tidak punya kemampuan untuk membiayai kelahiran, membiayai kehamilan, membiayai pendidikan, ya jangan dulu ingin menjadi orang tua dong,” tegasnya.

    Karena itu, ia mendorong agar para penerima berbagai bentuk bantuan sosial mulai dari biaya kelahiran, rumah sakit, bantuan pangan non-tunai, subsidi listrik, hingga beasiswa anak ikut serta dalam program keluarga berencana (KB), khususnya vasektomi bagi pria.

  • Terungkap! Segini Nilai Jual Mobil Listrik Polytron yang Bakal Rilis 6 Mei di RI

    Terungkap! Segini Nilai Jual Mobil Listrik Polytron yang Bakal Rilis 6 Mei di RI

    Jakarta

    Polytron bakal meluncurkan mobil listrik pertamanya di Indonesia pada 6 Mei 2025. Sebelum peluncuran, terungkap nilai jual mobil listrik Polytron tersebut.

    Polytron kian serius merambah pasar kendaraan listrik di Tanah Air. Setelah merilis motor listrik, Polytron bersiap meluncurkan mobil listrik di Indonesia pada 6 Mei 2025. Berbekal pengalaman menjual motor listrik, Polytron cukup percaya diri mengenalkan mobil listriknya di dalam negeri.

    Peluncuran mobil listrik ini juga menjadi wujud nyata dari upaya Polytron untuk terus adaptif terhadap perubahan zaman, dengan terus memenuhi harapan dan kepercayaan yang telah dibangun selama hampir lima dekade.

    Peluncuran mobil listrik Polytron. Foto: Polytron

    “Dapat diakses secara lebih luas merupakan kata kunci. Polytron ingin memastikan bahwa teknologi mobilitas masa depan bisa hadir lebih dekat, lebih ramah, dan lebih sesuai dengan kebutuhan nyata masyarakat Indonesia,” ungkap Commercial Director Polytron, Tekno Wibowodikutip dari laman resmi Polytron.

    Nilai Jual Mobil Listrik Polytron

    Sebelum meluncur, nilai jual mobil listrik Polytron terungkap. Dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 7 tahun 2025 tentang Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, dan Pajak Alat Berat tahun 2025, ada dua mobil listrik Polytron yang terdaftar dengan kode PEV4 5S1 L52. Nilai jualnya masing-masing Rp 287,7 juta dan Rp 321,3 juta.

    Sebagai catatan, NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) bukanlah harga final kendaraan bermotor. NJKB merupakan harga dasar yang digunakan buat menghitung besaran pajak yang harus dibayar oleh pemilik kendaraan bermotor, baik itu roda dua, roda empat, maupun jenis kendaraan lainnya. Jadi, kalau dijual massal nantinya, dapat dipastikan harga on the road mobil tersebut akan lebih tinggi dari NJKB. Tak menutup kemungkinan, harga mobil listrik Polytron itu bakal dijual dengan harga Rp 300-400 jutaan.

    Terlepas dari NJKB tersebut, mobil listrik Polytron tampaknya merupakan buah kerjasama dengan Skyworth Auto. Kerjasama ini mencakup pembangunan pabrik KD (Knocked Down), pengembangan produk bersama, dan pelokalan perangkat keras dan perangkat lunak.

    Berdasarkan perjanjian tersebut, Skyworth dan Polytron akan mendirikan pabrik perakitan di Indonesia. Pabrik ini bertujuan untuk merampingkan rantai pasokan, mengurangi biaya, dan meningkatkan daya saing produk dengan melokalisasi produksi. Kedua perusahaan berencana untuk memproduksi hampir 10.000 kendaraan Skyworth selama tiga tahun ke depan.

    Skyworth Auto merupakan produsen kendaraan listrik asal Tiongkok yang didirikan pada tahun 2017 dan berpusat di Nanjing. Perusahaan ini merupakan anak perusahaan dari Skywell New Energy Automobile Group, yang juga memiliki Nanjing Golden Dragon Bus. Skyworth Auto dikenal melalui beberapa model kendaraan listrik, seperti Skyworth K dan CE11.

    (dry/din)

  • BYD Klaim Kuasai Separuh Pasar Mobil Listrik di Indonesia

    BYD Klaim Kuasai Separuh Pasar Mobil Listrik di Indonesia

    Jakarta

    Build Your Dreams (BYD) mengumumkan penjualan mobil listriknya selama kuartal pertama tahun ini. Hasilnya, angka kumulatif BYD dan Denza sebagai sub-brand tembus 8.200 unit atau 50 persen dari pasar mobil listrik nasional!

    Pencapaian tersebut diumumkan Nathan Sun selaku Operation Director BYD Indonesia di pameran Periklindo Electric Vehicle Show atau PEVS 2025. Dia menegaskan, angka itu membuktikan betapa perkasanya BYD di pasar kendaraan listrik nasional.

    “Kami saat ini menguasai separuh pasar BEV (battery electric vehicle) di Indonesia. Ini jadi bukti kami merek mobil listrik nomor satu di sini,” ujar Nathan saat menyampaikan materi di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

    BYD dan Denza di PEVS 2025. Foto: Septian Farhan Nurhuda/detik.com

    Meski berstatus sebagai pendatang baru di Indonesia, namun BYD dan Denza telah memasarkan sejumlah mobil listrik dari berbagai model, yakni BYD Dolphin, Atto 3, Seal, Sealion, M6 dan MPV mewah Denza D9.

    Nathan memastikan, BYD tak hanya besar di pasar Indonesia, melainkan juga global. Perusahaan asal China tersebut menjual 1 juta unit mobil listrik di dunia selama Januari-Maret 2025. Nominal tersebut naik 59,8 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

    Kinerja ekspor BYD juga menunjukkan tren positif, dengan pengiriman lebih dari 72 ribu unit ke pasar internasional hanya di bulan Maret 2025. Angka tersebut mencatatkan pertumbuhan 89% dibandingkan Maret tahun lalu, sekaligus menjadi rekor baru dalam sejarah ekspor perusahaan.

    Kini, mobil BYD telah bisa ditemukan di lebih dari 107 negara di dunia. Nathan memastikan, pihaknya akan terus melakukan penetrasi pasar dengan tujuan menuju era netralitas karbon.

    BYD di PEVS 2025. Foto: Septian Farhan Nurhuda/detik.com

    BYD bersama Denza juga turut hadir di pameran PEVS 2025 yang masih berlangsung hingga hari ini. Mereka memajang banyak produk andalan, termasuk BYD Seal dan Denza D9 yang penjualannya sedang ‘gila-gilaan’.

    “Untuk memperluas jangkauan dan penetrasi kendaraan listrik, kami turut berpartisipasi aktif ikut dalam berbagai pameran dunia, salah satunya PEVS 2025,” kata dia.

    (sfn/dry)

  • Daftar Komoditas Penyebab Inflasi April 2025, dari Tarif Listrik, Kopi, hingga Emas

    Daftar Komoditas Penyebab Inflasi April 2025, dari Tarif Listrik, Kopi, hingga Emas

    Bisnis.com, JAKARTA — Badan Pusat Statistik atau BPS mencatat sejumlah komoditas seperti tarif listrik dan emas menjadi penyumbang inflasi April 2025, baik secara tahunan maupun bulanan. 

    Deputi Bidang Distribusi dan Jasa BPS Pudji Ismartini menyampaikan secara umum, tingkat inflasi Indonesia pada April 2025 mencapai 1,95% secara tahunan (year on year/YoY), lebih tinggi dari bulan sebelumnya sebesar 1,01%. 

    Sementara secara bulanan, Indonesia mencatatkan inflasi 1,17% MtM pada April 2025, lebih rendah dari posisi Maret 2025 di level 1,65% (month to month/MtM). Sementara secara tahun kalender, inflasi tercatat sebesar 1,56%. 

    “Pada April 2025 terjadi inflasi 1,17% secara bulanan atau MtM atau terjadi kenaikan IHK dari 107,22 pada Maret 2025 menjadi 108,47 pada April 2025 ,” ujar Pudji dalam konferensi pers, Jumat (2/5/2025). 

    Adapun, emas menjadi satu dari sekian banyak komoditas yang rutin mencatatkan inflasi sejak September 2023. 

    Bahkan pada April 2025, emas perhiasan mencatatkan inflasi tertinggi dalam 20 bulan terakhir.

    Komoditas penyumbang Inflasi April 2025 secara bulanan (MtM): 

    Tarif Listrik 

    Komoditas tarif listrik kembali menyumbangkan inflasi usai pada dua bulan pertama tahun ini memberikan andil deflasi, setelah pemerintah memberikan diskon tarif 50% pada Januari dan Februari 2025. 

    Tarif listrik mengalami inflasi pada April 2025 sebesar 26,99% dan memberikan andil kepada inflasi secara umum sebesar 0,97% (MtM). Inflasi terjadi karena diskon listrik berakhir pada Maret 2025 dan tagihan penggunaan bulan itu dibayarkan pada April 2025.

    Emas Perhiasan 

    Komoditas kedua penyumbang inflasi April 2025 adalah komoditas emas perhiasan—termasuk dalam kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya dan termasuk dalam komponen inti/core inflation—mengalami inflasi sebesar 10,52% dan andil 0,16%. 

    Inflasi yang terjadi pada emas ini bahkan tercatat merupakan tingkat inflasi tertinggi selama 20 bulan inflasi berturut-turut. 

    Bawang Merah 

    Komoditas berikutnya yang menyumbang inflasi bulanan yakni bawang merah, yang berasal dari kelompok makanan, minuman, dan tembakau. 

    Bawang merah, cabai merah, tomat, bawang putih, dan jeruk merupakan lima komoditas utama dari kelompok yang menyumbangi inflasi, masing-masing sebesar 0,06%, 0,04%, 0,03%, 0,02%, dan 0,02%. 

    Komoditas dengan Andil Inflasi (YoY) tertinggi pada April 2025: 

    Emas perhiasan memberikan andil 0,52%
    Ikan segar memberikan andil 0,14%
    Tarif air minum PAM memberikan andil 0,14%
    Kopi bubuk memberikan andil 0,11%
    Minyak Goreng memberikan andil 0,11%

  • Kata DFSK soal Wuling EV Van yang Bisa Ganggu Pasar Gelora E

    Kata DFSK soal Wuling EV Van yang Bisa Ganggu Pasar Gelora E

    Jakarta

    PT Sokonindo Automobile selaku produsen mobil-mobil DFSK di Indonesia mengomentari kemunculan Wuling EV Van di pameran Periklindo Electric Vehicle Show atau PEVS 2025. Kendaraan komersial listrik tersebut digadang-gadang akan menjadi penantang berat DFSK Gelora E.

    Sebelum kemunculan Wuling EV Van, DFSK Gelora E merupakan satu-satunya kendaraan listrik di segmen komersial ringan. Bahkan, mobil yang telah meluncur empat tahun lalu tersebut banyak dipakai sebagai armada angkutan umum, shuttle bandara, ambulans dan lainnya.

    Kini, DFSK Gelora E harus siap-siap menghadapi persaingan ketat menghadapi Wuling EV Van yang akan dijual massal mulai kuartal ketiga tahun ini. Meski demikian, perusahaan yang bermarkas di Cikande, Jawa Barat itu tak gentar dengan kompetisi.

    “Memang kalau di komersial BEV kan hanya 1 persen ya dan itu dihuni Gelora E. Ya kita sesama brand saling mendukung lah, kalau mereka me-launching yang sama-sama komersial EV, kita mendukung,” ujar Doni Putra Oktan selaku Head of Marketing & Sales PT Sokonindo Automobile saat ditemui di Kemayoran, Jakarta Pusat.

    DFSK Gelora E Foto: Dok. DFSK

    Menurutnya, DFSK Gelora E dengan bodinya yang lebih kompak bisa menjangkau daerah-daerah pelosok atau jalanan sempit. Sebab, dalam banyak kasus, barang atau paket pengiriman justru lebih sering diantar ke kawasan-kawasan tersebut.

    “Kenapa? Karena kita punya USP (unique selling point) yang lebih kompak. Jadi bisa masuk-masuk ke daerah Depok, Ciganjur, Cinere atau Teluk Gong. Biasanya kalau ngirim-ngirim paket kan masuk gang. Jadi dengan Gelora E lebih gampang manuver karena bodinya kompak,” tuturnya

    “Jadi kalau yang sebelah launching mobil yang lebih besar atau panjang, mereka memiliki advantages masing-masing, tapi kami yakin Gelora E bisa menjangkau kebutuhan,” kata dia menambahkan.

    Sebagai catatan, meski harganya belum diumumkan, namun Wuling EV Van sudah bisa dipesan melalui skema prebooking di 150 dealer resmi di Indonesia. Sementara konsumen yang berminat bisa membayar booking fee atau tanda jadi Rp 5 juta/unit.

    Wuling Motors resmi mengenalkan Wuling EV Van di pameran Periklindo Electric Vehicle Show atau PEVS 2025. Kendaraan komersial listrik tersebut menjadi produk EV keempat pabrikan yang dikenalkan di Indonesia, Selasa (29/4/2025). Foto: Rifkianto Nugroho

    Wuling EV Van punya tubuh yang tergolong jangkung, dimensi panjangnya 5.010 mm, tinggi 1.960 mm, lebar 1.800 mm dan kapasitas kargonya 6,5 m3. Selain itu, pintu sampingnya bisa dibuka selebar 777 mm dan pintu belakangnya 366 mm.

    Wuling EV Van dibekali motor listrik dengan semburan tenaga 75 kW. Sementara baterainya 56,2 kWh dengan jangkauan maksimum 400 km. Kemudian untuk mengecas baterai dari 30 ke 80 persen hanya memerlukan waktu 30 menit dengan teknologi fast charging.

    Sayangnya, pabrikan belum mengungkap fitur detail kendaraan tersebut. Bahkan, unit yang dipajang di PEVS 2025 juga masih menggunakan setir kiri. Namun, yang jelas, EV Van akan tersedia dalam varian Blind Van dan Mini Bus.

    (sfn/dry)

  • Inggris Meminta ICJ Agar Israel Patuhi Hukum Internasional, Cabut Pembatasan Bantuan Kemanusiaan – Halaman all

    Inggris Meminta ICJ Agar Israel Patuhi Hukum Internasional, Cabut Pembatasan Bantuan Kemanusiaan – Halaman all

    Inggris Meminta ICJ Agar Israel Patuhi Hukum Internasional, Cabut Pembatasan Bantuan Kemanusiaan
     
    TRIBUNNEWS.COM- Inggris menyampaikan kepada Mahkamah Internasional (ICJ) pada hari Kamis bahwa Israel harus mencabut pembatasan bantuan kemanusiaan ke Gaza, memastikan perlindungan warga sipil, dan sepenuhnya mematuhi hukum humaniter internasional.

    Inggris menganggap UNRWA sebagai ‘organisasi kemanusiaan yang tidak memihak’ dan mendukung mandatnya.

    “Tidak dapat diterima bahwa Israel telah memblokir dukungan kemanusiaan untuk memasuki Gaza selama hampir dua bulan, yang berarti bahwa warga sipil Palestina, termasuk satu juta anak-anak, menghadapi kelaparan, penyakit, dan kematian,” kata perwakilan Inggris Sally Langrish, mengingat pernyataan Menteri Luar Negeri Inggris David Lammy baru-baru ini kepada Dewan Keamanan PBB di mana ia mendesak kembalinya gencatan senjata “untuk mengakhiri kematian dan kehancuran tanpa henti yang dihadapi warga Palestina setiap hari.”

    Langrish menekankan seruan konsisten Inggris kepada Israel untuk mengizinkan akses kemanusiaan dan mencatat penangguhan lisensi ekspor senjata tertentu oleh Inggris ke Israel pada September 2024, dengan alasan “risiko yang jelas bahwa ekspor militer tertentu ke Israel dapat digunakan untuk melanggar hukum humaniter internasional.”

    Michael Wood, yang juga berbicara mewakili Inggris, menggarisbawahi kewajiban Israel berdasarkan Piagam PBB, Konvensi 1946 tentang Hak Istimewa dan Kekebalan PBB, dan hukum humaniter internasional. 

    Ia mengatakan Israel harus menghormati kapasitas hukum, hak istimewa, dan kekebalan PBB dan badan-badannya, termasuk UNRWA.

    Langrish menjelaskan bahwa berdasarkan Pasal 59 Konvensi Jenewa Keempat, Israel harus menyetujui dan memfasilitasi upaya bantuan ketika penduduk kekurangan pasokan. 

    Menolak akan menjadi pelanggaran hukum internasional, katanya.

    Ia menegaskan bahwa Inggris memandang UNRWA sebagai “organisasi kemanusiaan yang tidak memihak” dan mendukung mandatnya, seraya menekankan perlunya badan tersebut untuk menegakkan netralitas yang ketat dan menyelidiki setiap tuduhan pelanggaran, dengan mencatat bahwa penyelidikan semacam itu sudah berlangsung.

    Sejak 2 Maret, Israel telah menutup penyeberangan Gaza, menghalangi pasokan penting memasuki wilayah kantong itu meskipun ada banyak laporan tentang kelaparan di wilayah yang dilanda perang itu.

    Tentara Israel memperbarui serangannya di Gaza pada tanggal 18 Maret, menghancurkan perjanjian gencatan senjata dan pertukaran tahanan pada tanggal 19 Januari dengan kelompok perlawanan Palestina Hamas.

    Lebih dari 52.400 warga Palestina telah tewas di Gaza dalam serangan brutal Israel sejak Oktober 2023, kebanyakan dari mereka adalah wanita dan anak-anak.

     

    Meminta ICJ agar Israel Memberikan Akses kepada Palang Merah untuk Mengunjungi Warga Palestina yang Dipenjara

    Pengacara pemerintah Inggris mengatakan Israel terikat oleh konvensi Jenewa untuk memberikan akses kepada Komite Palang Merah Internasional terhadap tahanan Palestina dan tidak dapat membenarkan penolakannya untuk melakukannya dengan menunjuk pada perlakuan Hamas terhadap sandera Israel.

    Pada hari keempat persidangan di pengadilan internasional di Den Haag, Sally Langrish mengatakan telah ada “laporan kredibel berulang tentang perlakuan buruk terhadap tahanan Palestina yang ditahan Israel” sejak serangan 7 Oktober 2023 oleh Hamas terhadap Israel.

    Ia mengatakan penolakan Hamas untuk memberikan akses kepada ICRC terhadap sandera Israel yang ditawan selama serangan tersebut tidak dapat dijadikan pembenaran atas tindakan Israel. Ia menambahkan bahwa ICRC memainkan peran penting dalam melindungi dan memajukan kehidupan dan martabat para korban konflik bersenjata.

    Pengacara Inggris tersebut juga berselisih dengan Israel dengan bersikeras bahwa Unrwa, badan bantuan Palestina PBB, harus dianggap sebagai badan yang netral dan tidak memihak yang dengannya pemerintah Israel memiliki kewajiban untuk bekerja sama dalam memberikan bantuan kepada rakyat Palestina.

    Langrish berkata: “Israel harus memfasilitasi penyediaan bantuan kemanusiaan yang lengkap, cepat, aman, dan tanpa hambatan bagi penduduk Gaza, termasuk makanan, air, dan listrik, dan harus memastikan akses terhadap perawatan medis sesuai dengan hukum humaniter internasional.”

    Pengajuannya mencerminkan tekad pemerintah Inggris untuk menaati hukum internasional meskipun hal itu menyebabkan kesulitan politik yang serius dengan sekutu dekatnya, Israel. Pengajuan tersebut juga mengungkap perbedaan hukum yang jelas dengan argumen yang diajukan ke pengadilan oleh AS sehari sebelumnya .

    Israel telah memberlakukan blokade total terhadap bantuan ke Gaza sejak 2 Maret, yang menyebabkan meningkatnya laporan tentang keputusasaan di antara 2 juta penduduknya. Majelis Umum PBB telah meminta ICJ untuk memberikan pendapat penasihat tentang kewajiban Israel untuk mengizinkan bantuan masuk ke Gaza, dan tentang tugasnya untuk bekerja sama dengan badan-badan PBB, terutama UNRWA.

    Israel, bersama dengan pendukung hukum utamanya, AS, mengklaim bahwa mengakhiri semua kerja sama dengan Unrwa dapat dibenarkan karena berdasarkan konvensi Jenewa, negara itu diharuskan untuk memfasilitasi hanya penyediaan bantuan dengan badan-badan netral, sebuah deskripsi yang dikatakan telah ditinggalkan Unrwa karena dugaan infiltrasi oleh Hamas.

    Lebih dari 40 negara dan badan, termasuk PBB sendiri, memberikan tanggapan lisan kepada mahkamah agung PBB.

    Menolak klaim Israel bahwa Unrwa merupakan kedok Hamas, Langrish mengatakan: “Inggris menganggap bahwa Unrwa merupakan organisasi kemanusiaan yang tidak memihak untuk tujuan pasal 59 konvensi Jenewa keempat. Sejauh ketidakberpihakan dipahami sebagai makna netralitas, Unrwa juga memenuhi persyaratan itu.”

    Ia mengatakan Israel terikat berdasarkan pasal 59 sebagai kekuatan pendudukan “untuk memfasilitasi penyediaan makanan, barang, perlengkapan medis dan pakaian ke wilayah Palestina yang diduduki”.

    “Kewajiban itu terus berlaku selama sebagian penduduk tidak mendapatkan pasokan yang memadai. Penolakan untuk berunding atau menyetujui skema bantuan akan dianggap sebagai pelanggaran pasal 59,” katanya. “Kewajiban ini tidak bersyarat. Fasilitasi memerlukan kerja sama sepenuh hati dalam pelaksanaan skema ini secara cepat dan cermat. Ini termasuk penyediaan fasilitas transportasi, penyimpanan, dan distribusi.”

    Ia juga menunjukkan bahwa berdasarkan pasal 55, agar Israel dapat memenuhi kewajibannya untuk memberikan bantuan melalui pihak ketiga seperti UNRWA, “kekuatan pendudukan harus memastikan keselamatan dan keamanan pihak ketiga tersebut sejauh mungkin”.

    Israel, katanya, hanya memiliki hak terbatas untuk memilih badan yang akan mendistribusikan bantuan.

     

    SUMBER: ANADOLU AJANSI, THE GUARDIAN