Topik: Listrik

  • Energi Bersih Tembus Pulau Terluar! PLTS Hybrid Terangi Kepulauan Selayar

    Energi Bersih Tembus Pulau Terluar! PLTS Hybrid Terangi Kepulauan Selayar

    Jakarta: PLN Indonesia Power (PLN IP) menunjukkan komitmennya dalam menghadirkan listrik berkelanjutan, termasuk di wilayah-wilayah terluar Indonesia. 
     
    Salah satu buktinya adalah keberadaan PLTS Hybrid Selayar di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Daerah itu kini mengandalkan energi baru terbarukan (EBT).
     
    Langkah ini menjadi bagian penting dari upaya transisi energi nasional, sekaligus mendukung visi pemerintahan Prabowo-Gibran melalui Asta Cita untuk menciptakan kemandirian energi berbasis sumber daya bersih.
    PLTS Hybrid Selayar hasilkan listrik ramah lingkungan
    PLTS Hybrid yang dioperasikan sejak 2022 ini berdiri kokoh di Desa Parak, Kecamatan Bontomanai, dan menjadi andalan kelistrikan sistem Selayar. 

    Dibangun di atas lahan seluas 1,46 hektare, pembangkit ini memiliki kapasitas 1,3 Mega Wattpeak (MWp) dengan baterai cadangan hingga 870 KWh.
     
    Direktur Utama PLN Indonesia Power, Edwin Nugraha Putra, menyatakan pentingnya peran perusahaan dalam menyediakan solusi energi hijau bagi seluruh wilayah Indonesia.
     
    “PLN IP merupakan salah satu subholding PLN yang memegang peran strategis. Peran utama PLN IP saat ini yaitu sebagai penyedia solusi energi,” kata Edwin dalam keterangan tertulis, Selasa, 6 Mei 2025.
     

    Menjaga andalan sistem wilayah terluar
    PLTS Hybrid Selayar dikelola oleh Unit Bisnis Pembangkitan (UBP) Tello PLN IP. Unit ini memiliki daya terpasang sebesar 132 Megawatt dan Daya Mampu hingga 96,72 Megawatt. 
     
    Tak hanya melistriki Sulawesi Bagian Selatan, UBP Tello juga bertugas menyuplai listrik ke wilayah kepulauan yang selama ini mengandalkan sistem isolated.
     
    “Sebagai perusahaan yang berfokus pada bisnis produksi energi listrik melalui pembangkit listrik yang dikelolanya, PLN IP UBP Tello terus mendukung transisi energi secara keseluruhan. Salah satunya dengan pengelolaan PLTS Hybrid Selayar secara maksimal,” papar Edwin.
    Dampak positif bagi ekonomi dan lingkungan sekitar
    Kehadiran PLTS Hybrid Selayar tak hanya menghadirkan listrik yang andal, tapi juga mendorong potensi sektor lain seperti pariwisata dan ekonomi lokal. 
     
    Sistem kelistrikan yang stabil menjadi kunci dalam pengembangan infrastruktur dan aktivitas usaha masyarakat.
     
    “Selain itu, kehadiran PLTS ini juga dapat mengurangi penggunaan energi fosil dan menekan emisi karbon,” ujar Edwin.

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Ketahui 3 Penyakit Jantung Paling Berbahaya, Bisa Picu Kematian Mendadak – Halaman all

    Ketahui 3 Penyakit Jantung Paling Berbahaya, Bisa Picu Kematian Mendadak – Halaman all

    Laporan Wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dr. Makhyan Jibril Al-Farabi, Sp.JP, mengungkap ada tiga penyakit jantung yang paling berbahaya dan harus segera ditangani jika mengalami kekambuhan. 

    Apabila, tidak ditangani secara cepat dan tepat, maka bisa berakhir dengan kematian mendadak. 

    “Prinsipnya, penyakit jantung yang paling berbahaya nomor satu ini, adalah ketika terjadi serangan nyeri dada mendadak. Menjalar ke kiri, terus diikuti dengan kesadaran yang menurun,” ungkapnya pada talkshow kesehatan yang diselenggarakan Kementerian Kesehatan, Senin (5/5/2025).

    Kondisi ini jika segera ditangani dengan tepat dan benar, pasien akan berangsur-angsur membaik. 

    Namun, kalau misalnya tidak segera ditangani dengan baik, kondisinya akan mengalami perberatan. 

    Kedua, kondisi gangguan jantung yang paling berbahaya adalah ketika selesai serangan jantung, langsung alami henti jantung. 

    Dr Jibril pun menjelaskan apa yang dimaksud dengan henti jantung. 

    “Nah henti jantung itu artinya apa? Kayak mungkin yang kita lihat kemarin ya, di podium ngomong, terus tiba-tiba (serangan) jantung. Dicek kok, sepertinya langsung nggak sadar. Kemungkinan besar serangan jantungnya yang terjadi aritmia,” imbuhnya. 

    Aritmia sendiri adalah detak jantung yang tidak normal, apakah tidak beraturan, terlalu cepat, atau terlalu lambat.

    Kondisi ini terjadi saat impuls listrik di jantung tidak bekerja dengan baik.

    “Jadi kalau serangan jantung yang berat itu, biasanya dia pingsan, kita raba nadinya. Itu kadang-kadang nadinya sudah nggak ada. Seharusnya yang baik itu, seperti di Negera maju, punya namanya basic life support. Itu harus dilakukan pijat jantung,” lanjutnya. 

    Pijat jantung atau bisa juga dengan Resusitasi Jantung Paru (RJP) adalah upaya mempertahankan aliran darah ke otak dan organ vital lainnya.

    Tindakan ini dilakukan ketika seseorang mengalami henti jantung atau berhenti bernapas. 

    RJP bertujuan untuk mengembalikan sirkulasi spontan dan mempertahankan fungsi organ vital hingga bantuan medis lebih lanjut tiba. 

    “Makanya kita harus take over, kita lakukan pinjat jantung, sembari kita pasang Automated External Defibrillator (AED). 

    Karena biasanya yang bikin mendadak, meninggal tadi itu adalah serangan jantung. Jantungnya tidak memompa darah,”paparnya. 

    Lalu yang terakhir, penyakit jantung yang perlu diwaspadai adalah jantung koroner.

    Biasanya sebelum terjadi serangan, pada jantung koroner akan muncul beberapa tanda. 

    Tanda yang lebih ringan biasanya keluar keringat dingin, tubuh terasa lemas dan ada rasa nyeri yang menjalar di bagian kiri. 

    “Itu (serangan jantung) yang sebenarnya bisa dicegah lebih jauh gitu. Apabila sudah ada tanda-tanda seperti tadi, atau bahkan seharusnya sebelum itu sudah melakukan skrining,” tutupnya.

     

  • Resmi Meluncur, Segini Harga Mobil Listrik Polytron

    Resmi Meluncur, Segini Harga Mobil Listrik Polytron

    Jakarta

    Polytron resmi meluncurkan mobil listrik pertamanya, Polytron G3 dan G3+ di Hotel Kempinski, Jakarta Pusat, Selasa (6/5/2025). Ada dua varian mobil listrik pertama Polytron yang ditawarkan dengan skema sistem berlangganan atau termasuk pembelian baterai.

    CEO Polytron Hariono mengatakan peluncuran mobil listrik pertama ini menandai kehadiran Polytron yang menginjak usia ke-50 pada bulan September mendatang.

    “Tahun 2025 usia kami melayani konsumen Indonesia genap 50 tahun sebuah perjalanan panjang kita lalui sejak 1975,” kata Hariono di peluncuran Polytron G3 dan G3+ di Hotel Kempinski, Jakarta Pusat, Selasa (6/5/2025)

    “Kami terus belajar dan inovasi untuk satu tujuan mempermudah hidup masyarakat Indonesia.”

    “Hari ini kami mengambil langkah lanjutan dari perjalanan kami yaitu memperkenalkan mobil listrik pertama Polytron,” jelasnya lagi.

    Mobil listrik Polytron itu punya nama G3 dan G3+ . Mobil itu mengusung bentuk Sport Utility Vehicles (SUV), mirip dengan Skyworth EV K yang sudah melantai di China.

    Soal kemampuannya, dua varian itu memiliki jarak tempuh 402 kilometer (CLTC). Kecepatan tertingginya 150 km/jam. Di atas kertas dari titik nol ke 100 km per jam bisa berlari selama 9,6 detik.

    Mobil Listrik Polytron G3 Foto: Ridwan Arifin/detikcom

    Mobil itu menggendong baterai Lithium Ferro Phospate (LFP) berkapasitas 51,916 kWh dan power 150 kW. Sementara torsinya 320 Nm, khas mobil listrik yang punya akselerasi instan.

    Mobil listrik pertama Polytron ini punya dimensi yang cukup bongsor: panjang 4.720 milimeter (mm), lebar 1.908 mm, tinggi 1.696 mm, dan jarak poros roda depan ke belakang 2.800 mm.

    Mobil listrik ini juga memiliki ground clearance 158 mm. Dilirik dari ukurannya, mobil listrik ini punya dimensi yang bisa mengakomodir jalanan di Indonesia.

    Soal fitur keselamatan, tampaknya Polytron masih belum bisa kompetitif seperti mobil China di Indonesia. Berikut ini daftar fitur keselamatan Polytron G3 dan G3+:

    Brake Force DistributionAuxillary BrakingTraction ControlBody Stability Control6 AirbagTire Pressure MonitoringRear Sear ISOFIXSistem ADAS Level 2

    Salah satu yang beda dari varian G3 dan G3+ adalah ukuran velg-nya. Polytron G3+ menggunakan ukuran 20 inch sedangkan Polytron G dipasang velg 19 inch. Kemudian trim terendah tidak punya panoramic sunroof.

    Perbedaan lainnya adalah waktu pengisian ulang. Polytron G3 dan G3+ disebut sama-sama bisa memakan waktu

    “Kami garansi buyback 70 persen selama tiga tahun,” kata Direktur Komersial Polytron Tekno Wibowo.

    Menyoal harga, Polytron ini tersedia dalam opsi sewa baterai atau termasuk baterai. Berikut ini daftar harganya:

    Opsi berlangganan baterai

    Polytron G3 Rp 299 jutaPolytron G3+ Rp 339 juta

    Biaya langganan baterai: Rp 1,2 juta.

    Opsi termasuk beli baterai:

    Polytron G3 Rp 419 jutaPolytron G3+ Rp 459 juta

    Harga OTR (On The Road) Jakarta.

    (riar/rgr)

  • Bisnis Frozen Food Makin Cuan! Ini Peluang, Modal, dan Tips Sukses Memulainya

    Bisnis Frozen Food Makin Cuan! Ini Peluang, Modal, dan Tips Sukses Memulainya

    Jakarta: Di tengah gaya hidup yang makin cepat dan serba praktis, frozen food alias makanan beku hadir sebagai penyelamat banyak orang. Mulai dari sarapan kilat, bekal sekolah anak, sampai makan malam darurat, semua bisa beres hanya dengan memanaskan makanan beku.
     
    Karena itulah, bisnis frozen food kini makin menggoda. Tak cuma praktis untuk konsumen, tapi juga menjanjikan cuan bagi pelakunya. 
     
    Lalu, bagaimana cara memulainya? Yuk kita bahas tuntas! 
    Apa itu frozen food?
    Merangkum CIMB Niaga, Frozen food adalah makanan yang diawetkan dengan cara dibekukan agar masa simpannya lebih lama tanpa mengurangi kualitasnya. Proses pembekuan ini menjaga tekstur, rasa, hingga nutrisinya tetap aman dikonsumsi.

    Namun, penting untuk memperhatikan regulasi dari BPOM. Jika masa simpan frozen food kurang dari 7 hari dan dibuat berdasarkan pesanan, maka tidak perlu izin edar. Tapi kalau diproduksi massal dan tahan lebih dari 7 hari, wajib punya izin edar, ya!
     

    Mengapa bisnis frozen food menjanjikan?

    1. Kebutuhan harian yang tinggi

    banyak orang mengandalkan frozen food sebagai stok makanan di rumah. Karena itulah permintaannya stabil bahkan cenderung naik!

    2. Gaya hidup makin praktis

    Konsumen masa kini mencari yang cepat dan gampang. Makanan beku jadi jawaban untuk mereka yang sibuk tapi tetap ingin makan enak.

    3. Peluang reseller dan produksi sendiri sama-sama cerah

    Kamu bisa jadi produsen makanan beku sendiri, atau cukup jadi reseller dari brand yang sudah eksis. Keduanya punya potensi yang besar.

    Ide produk frozen food yang banyak dicari
    Berikut beberapa produk frozen food yang bisa kamu pertimbangkan:
     
    – Dimsum: Siomay, hakau, bakpao, dan lumpia beku selalu punya penggemar.
    – Sosis: Praktis dan disukai semua kalangan, bisa varian ayam, sapi, atau ikan.
    – Cireng Isi: Snack khas Bandung ini makin populer dengan isian ayam suwir atau keju pedas.
    – Bakso dan Pempek: Dua makanan klasik yang bisa kamu jual dalam bentuk beku, lengkap dengan kuah atau cukonya.
    – Vegetable Mix dan Kentang: Solusi cepat untuk masakan sehat di rumah.
     
    Nugget, Kebab, Otak-Otak, Seafood Frozen: Produk pelengkap yang laku keras, apalagi untuk keluarga dengan anak-anak.
     

    Kelebihan bisnis frozen food
    – Modal Awal Bisa Kecil: Cukup modal ratusan ribu, kamu sudah bisa jadi agen frozen food dengan mengandalkan freezer kulkas rumah.
    – Produk Tahan Lama: Makanan beku bisa bertahan berminggu-minggu jika disimpan dengan suhu tepat.
    – Varian Produk Banyak: Dari makanan utama sampai camilan, semuanya bisa dikemas jadi frozen food.
    Kekurangan yang perlu diperhatikan
    – Ketergantungan Listrik: Kalau listrik padam dan freezer mati terlalu lama, produk bisa rusak.
    – Risiko Makanan Rusak saat Pengiriman: Salah kemasan atau pengiriman lambat bisa bikin kualitas menurun.
    – Perubahan Selera Konsumen: Harus terus berinovasi biar produkmu nggak cepat ditinggal pelanggan.
    Estimasi modal bisnis frozen food
    Berikut gambaran modal awal untuk usaha skala kecil, seperti dikutip dari laman Kita Lulus:
     
    Biaya peralatan awal:
     
    Freezer 200 liter: Rp2.000.000
    Meja dan kursi: Rp700.000
    Banner dan alat promosi: Rp50.000
    Alat press & plastik kemasan: Rp200.000
    Total: Sekitar Rp2.950.000
     
    Biaya operasional bulanan:
     
    Sosis ayam & sapi (60 pcs): Rp1.500.000
    Nugget & kebab: Rp1.000.000
    Listrik & transport: Rp300.000
    Total: Sekitar Rp2.800.000–Rp3.500.000 per bulan
     

    Tips memulai bisnis frozen food dari nol
    1. Pilih produk unggulan
    Cari tahu produk apa yang paling laku di pasaran dan tentukan unique selling point (USP) produk kamu. Apakah rasanya, kemasannya, atau harga?
     
    2. Tentukan target pasar
    Kamu ingin menyasar ibu rumah tangga, anak kos, atau pekerja kantoran? Ini penting untuk menentukan strategi promosi.
     
    3. Cari supplier terpercaya
    Jika tak memproduksi sendiri, pastikan kamu ambil barang dari supplier yang terpercaya, harganya masuk akal, dan stoknya stabil.
     
    4. Siapkan alat penunjang
    Minimal kamu butuh freezer, plastik kemasan food grade, dan alat press. Untuk pemula, gunakan peralatan yang ada dulu.
     
    5. Maksimalkan promosi digital
    Manfaatkan Instagram, TikTok, atau WhatsApp Story. Bisa juga jualan lewat marketplace yang punya fitur pengiriman instan.
     
    6. Gunakan pengiriman instan
    Makanan beku harus dikirim cepat dan tetap beku. Pastikan kamu kerja sama dengan kurir instan agar kualitas produk tetap terjaga.
     
    Dengan perencanaan matang, produk yang diminati pasar, dan promosi digital yang tepat, bisnis frozen food bisa jadi ladang cuan jangka panjang. Mulai saja dari kecil, lalu kembangkan perlahan. Yang penting, konsisten dan peka terhadap selera pasar!

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • 79 Pabrik Kendaraan Listrik Dibangun di RI, Total Investasinya Rp 5,6 T

    79 Pabrik Kendaraan Listrik Dibangun di RI, Total Investasinya Rp 5,6 T

    Jakarta

    Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkap, sudah ada puluhan pabrik kendaraan listrik yang dibangun di Indonesia. Menurutnya, hal tersebut membuktikan ekosistem kendaraan ramah lingkungan mulai terbangun di Tanah Air.

    Hingga tahun ini, kata dia, sudah ada 79 pabrik kendaraan listrik yang dibangun di Indonesia. Sementara rincinannya adalah 63 pabrik motor listrik, sembilan pabrik mobil listrik dan tujuh pabrik bus listrik.

    “Untuk itu kita sama-sama harus memastikan, produk-produk otomotif kita punya daya saing lebih tinggi, sehingga akan memperkuat pasar kita di internasional melalui kualitas produk dan strategi yang tepat,” ujar Agus Gumiwang di SCBD, Jakarta Selatan, Selasa (6/5).

    Lebih jauh, Agus juga mengurai kapasitas produksi dari masing-masing pabrik kendaraan listrik tersebut. Dia mengungkap, tujuh pabrik bus listrik mampu memproduksi 3.100 unit kendaraan per tahun dan sembilan pabrik mobil listrik mampu membuat 70.060 unit kendaraan per tahun.

    “Lalu untuk 63 pabrik motor listrik punya kapasitas hingga 2,28 juta unit kendaraan per tahun,” ungkapnya.

    Di kesempatan yang sama, Agus juga mengungkap, populasi kendaraan listrik di Indonesia hingga akhir 2024 sudah mencapai 207 ribu unit. Angka tersebut meningkat 78 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

    Dampak Pasar Otomotif RI Turun

    Agus menegaskan, penurunan penjualan kendaraan bermotor tahun lalu berdampak langsung ke hilangnya nilai ekonomi negara. Tak tanggung-tanggung, angkanya sampai triliunan rupiah!

    Tahun lalu, kata Agus, penjualan kendaraan bermotor baru di Indonesia selama 2024 turun 3,1 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Kondisi tersebut membuat nilai ekonomi negara hilang Rp 10 triliun.

    “Data mengungkap, tahun lalu ada penurunan penjualan kendaraan bermotor di Indonesia. Hal ini berdampak langsung terhadap backward maupun forward linkage dalam industri otomotif. Ini berdampak terhadap nilai ekonomi sebesar Rp 10 triliun,” kata dia.

    Dari angka tersebut, Rp 5,4 triliun berasal dari sektor hulu seperti karet, logam dan perangkat elektronik. Sementara sisanya, atau sekira Rp 4,6 triliun bersumber dari sektor hilir seperti logistik, perdagangan dan servis.

    Sayangnya, Agus tak mengurai lebih detail mengenai penurunan pasar kendaraan sebesar 3,1 persen tersebut. Hanya saja, kemungkinan besar, angka itu berasal dari seluruh sektor otomotif, termasuk mobil, motor dan industri pendukung.

    (sfn/rgr)

  • Bank Asing Ikut Biayai Proyek PLTS Terapung Saguling

    Bank Asing Ikut Biayai Proyek PLTS Terapung Saguling

    Jakarta

    Proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung Saguling berkapasitas 92 Megawatt peak (MWp) di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, mendapat investasi dari sejumlah bank dan lembaga pembiayaan asing. Di antaranya berasal dari Jerman, Prancis, hingga Inggris.

    Kepastian investasi ini ditandai dengan penandatanganan Financing Agreement antara PT Indo ACWA Tenaga Saguling (perusahaan patungan PLN Indonesia Power dan ACWA Power), PLN Indonesia Power, dengan lembaga pembiayaan asal Jerman yakni Deutsche Investitions-und Entwicklungsgesellschaft (DEG), Société de Promotion et de Participation pour la Coopération Economique (Proparco) dari Prancis, hingga Standard Chartered Bank dari Inggris.

    Untuk diketahui proyek pembangunan PLTS terapung Saguling merupakan bagian dari kemitraan Just Energy Transition Partnership (JETP) yang merupakan upaya bersama antara Pemerintah Indonesia dan International Partners Group (IPG), termasuk Glasgow Financial Alliance for Net Zero (GFANZ).

    Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pendanaan dari implementasi kemitraan JETP adalah simbol kolaboratif antara Indonesia dengan bank asing dan komunitas internasional. Oleh karenanya ia menyebut seluruh dana investasi ini akan sepenuhnya dialokasikan untuk pengembangan, kontruksi, hingga pengoperasian PLTS Terapung Saguling.

    “Investasi di PLTS Terapung Saguling bukan sekadar proyek pembangkit listrik tenaga surya. Ini merupakan simbol semangat kolaboratif antara Pemerintah Indonesia, masyarakat internasional dan sektor swasta untuk mempercepat transisi menuju energi bersih, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan,” kata Airlangga dalam keterangan resmi, Selasa (6/5/2025).

    Di sisi lain, Direktur Utama PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putra mengatakan pembangunan dan pengoperasian PLTS Saguling akan dilakukan PLN Indonesia Power dan ACWA Power. Pembangkit listrik ini diperkirakan akan meningkatkan produksi energi nasional dari tenaga surya hingga 13%.

    “Indonesia memiliki potensi tenaga surya yang sangat besar, yaitu mencapai 3.295 Gigawatt (GW), dengan pengoperasian PLTS Saguling nantinya dapat meningkatkan pemanfaatan energi surya sebagai sumber kelistrikan,” terang Edwin.

    Kemudian, menurutnya keberadaan PLTS Saguling nantinya dapat mengurangi emisi karbon dalam sistem ketenagalistrikan di Indonesia setidaknya hingga 63.100 ton per tahun. Hal ini menjadi mendorong pelaksanaan transisi energi dan pencapaian target Net Zero Emission pada 2060.

    ‘Lihat juga video: Momen Presiden Jokowi Resmikan PLTS Terapung Cirata 192 MWp’

    (igo/fdl)

  • Iran Tuding Netanyahu Seret AS ke ‘Bencana’ di Timur Tengah

    Iran Tuding Netanyahu Seret AS ke ‘Bencana’ di Timur Tengah

    Teheran

    Menteri Luar Negeri (Menlu) Iran Abbas Araghchi menuding Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu berupaya menyeret sekutunya, Amerika Serikat (AS), ke dalam “bencana” di kawasan Timur Tengah. Araghchi juga memperingatkan agar tidak ada upaya apa pun untuk menyerang Teheran.

    “Netanyahu secara langsung MENCAMPURI pemerintah AS untuk MENYERETNYA ke dalam BENCANA lainnya di kawasan kita,” kata Araghchi dalam pernyataan via media sosial X, seperti dilansir AFP dan Al Arabiya, Selasa (6/5/2025).

    Araghchi memperingatkan Tel Aviv untuk tidak melakukan “kesalahan APA PUN terhadap Iran”.

    Dia juga menuduh Netanyahu “berusaha untuk secara terang-terangan MENDIKTE apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan Presiden (Donald) Trump dalam diplomasinya dengan Iran”.

    Sang Menlu Iran itu merujuk pada dukungan AS untuk Israel dalam perang melawan Hamas di Jalur Gaza sejak Oktober 2023 lalu. Dia juga merujuk pada serangan balasan AS terhadap kelompok Houthi yang gencar melancarkan serangan menargetkan Israel dan kapal-kapal komersial di Laut Merah.

    “Dukungan yang MEMATIKAN untuk Genosida Netanyahu di Gaza dan mengobarkan PERANG atas nama Netanyahu di Yaman tidak menghasilkan APA PUN bagi rakyat Amerika,” sebut Araghchi dalam pernyataannya.

    Pernyataan Menlu Iran ini muncul setelah putaran terakhir perundingan nuklir dengan AS, yang seharusnya digelar pada 3 Mei lalu, ditunda karena “alasan logistik”.

    Lihat Video ‘Iran Pamer Rudal Balistik Baru, Ancam Pangkalan Militer AS di Timur Tengah’:

    Netanyahu telah menyerukan pembongkaran program nuklir Iran, dan mengatakan bahwa kesepakatan yang kredibel harus “menghilangkan kapasitas Iran untuk memperkaya uranium untuk senjata nuklir” dan mencegah pengembangan rudal balistik.

    Sementara Trump, pada Minggu (4/5), mengatakan dirinya hanya akan menerima “pembongkaran total” program nuklir Iran, tetapi juga mengisyaratkan keterbukaan untuk membahas penggunaan program nuklir itu untuk tujuan sipil.

    “Sekarang, ada teori baru yang beredar bahwa Iran akan diizinkan untuk memiliki (program nuklir) sipil — yang berarti untuk menghasilkan listrik,” kata Trump dalam wawancara dengan NBC News, sembari menambahkan bahwa dirinya “akan terbuka untuk mendengar” argumen tersebut.

    Teheran secara konsisten membantah tuduhan soal pihaknya berupaya mendapatkan senjata nuklir, dan bersikeras menyatakan program nuklirnya semata-mata untuk tujuan sipil.

    Araghchi menegaskan kembali bahwa jika tujuannya adalah agar Iran tidak memiliki senjata nuklir, maka “kesepakatan dapat dicapai dan hanya ada SATU JALAN untuk mencapainya: DIPLOMASI yang didasarkan pada SALING MENGHORMATI dan KEPENTINGAN BERSAMA”.

    Lihat Video ‘Iran Pamer Rudal Balistik Baru, Ancam Pangkalan Militer AS di Timur Tengah’:

    Hoegeng Awards 2025

    Baca kisah inspiratif kandidat polisi teladan di sini

  • Pemkot Tangsel Akan Bikin TPA Cipeucang Jadi Pengolahan Sampah Ramah Lingkungan – Halaman all

    Pemkot Tangsel Akan Bikin TPA Cipeucang Jadi Pengolahan Sampah Ramah Lingkungan – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG – Pemerintah Kota Tangerang Selatan akan membuat Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang menjadi pengolahan sampah ramah lingkungan.

    Proyek ini menggandeng konsorsium Indoplas Energi Hijau, unit usaha Maharaksa Biru Energi.Tbk (OASA) bersama partner penyedia teknologi yaitu China Tianying Inc (CNTY).

    Hal itu setelah diterbitkan SK Penetapan Pemenang Lelang Tender Pengolahan Sampah Menjadi energi Listrik (PSEL) di Kota Tangsel. 

    Walikota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan investasi pembangunan pengolahan sampah menjadi energ listrik di Kota Tangsel menelan biaya Rp2,650 triliun. 

    “Kota Tangerang Selatan akan menjadi tonggak lahirnya pengelolaan sampah perkotaan dengan teknologi modern yang ramah lingkungan di Indonesia,” ucapnya dalam keterangan, Selasa (6/5/2025).

    Masa pelaksanaan pembangunan fasilitas PSEL direncanakan akan selesai dalam waktu 2 tahun dengan masa persiapan 1 tahun.

    Sehingga diharapkan pengolahan sampah ramah lingkungan sudah mulai beroperasi pada 2028 dan mulai beroperasi penuh pada 2029. 

    “Pembangunan prasarana pengolahan sampah ini merupakan salah satu bukti komitmen pemerintah daerah dalam membenahi tata-kelola persampahan di kota Tangsel,” ujar Benyamin. 

     

    Pengelolaan sampah ini juga merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

    Untuk masa operasional sendiri adalah selama 27 tahun, setelah itu fasilitas PSEL akan diserahkan oleh BUP kepada Pemerintah Kota Tangerang Selatan di akhir masa periode kerjasama dengan skema Built Operate Transfer (BOT).

    Wajah baru TPA Cipeucang ini nantinya dapat mengolah sedikitnya 1.100 ton sampah, menggunakan teknologi MGI atau Moving Grate Incenerator yang dapat mereduksi secara maksimal hampir seluruh sampah yang dihasilkan Kota Tangerang Selatan.

    Hingga saat ini, sampah-sampah rumah tangga dan sampah lainnya terus menggunung di TPA Cipeucang. 

    Kendaraan pengangkut sampah dari berbagai wilayah Kota Tangerang Selatan harus antre untuk menurunkan muatan sampah di tempat ini, dengan terus bertambahnya volume sampah, TPA Cipeucang mendapat keluhan dari warga.

    TPA Cipeucang yang berlokasi di Serpong, Tangerang Selatan, Banten, selama ini menjadi satu-satunya tumpuan tempat penampungan dan pengolahan akhir sampah yang berasal dari seluruh wilayah Tangerang Selatan. 

    “TPA Cipeucang ini sudah penuh dan tidak lagi memadai, karena volume sampah masyarakat terus bertambah. Fasilitas pengolahan sampah yang efektif, teruji dan maksimal dalam pengolahan sampah (Zero Waste) sangat dibutuhkan,” kata Bobby Gafur Umar selaku pimpinan konsorsium IEH-CNTY.

  • Transjakarta Pesan 80 Bus Listrik Buatan Lokal

    Transjakarta Pesan 80 Bus Listrik Buatan Lokal

    Jakarta

    PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk (“VKTR”) mengumumkan pemesanan 80 unit bus listrik Completely Knocked Down (CKD) dari PT Transportasi Jakarta bekerja sama dengan Perum Damri. Nantinya 80 unit bus ini akan dioperasikan oleh Damri.

    Direktur Utarma VKTR Gilarsi Wahju Setijono mengatakan pemesanan ini merupakan kelanjutan dari pemesanan yang lebih dulu sebanyak 20 unit bus listrik CKD yang telah beroperasi di Jakarta oleh operator SinarJaya.

    Wahju mengatakan, dengan pemesanan baru ini, VKTR akan terus mempertahankan posisi kepemimpinan nomor satu dalam pengoperasian armada Transjakarta dengan total 152 unit.

    “Kami sangat menghargai kepercayaan Transjakarta dalam memperpanjang kemitraan ini. Bus listrik kami berkontribusi dalam pengurangan jejak karbon dan mendukung keberlanjutan. Kami bangga memimpin perubahan ini dan membantu masyarakat Indonesia untuk beralih ke transportasi umum yang ramah lingkungan,” ujar Gilarsi dalam keterangan tertulis, Selasa (6/5/2025).

    Wahju mengatakan, keputusan Transjakara dan Damri untuk kembali mempercayakan pengadaan bus listrik kepada VKTR mencerminkan komitmen mereka dalam mendukung produk-produk dengan kandungan lokal. Hal ini sekaligus berkontribusi pada penciptaan lapangan kerja dan pertumbuhan industri nasional.

    Ia mengklaim bus CKD ini memenuhi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) lebih dari 40%, menjadikan VKTR sebagai perusahaan pertama dan satu-satunya di Indonesia yang memenuhi ambang batas TKDN 40% yang ditetapkan pemerintah.

    “VKTR sendiri telah membangun pabrik perakitan CKD kendaraan komersial listrik dengan kapasitas produksi hingga 3.000 unit per tahun,” katanya.

    (kil/kil)

  • CATL Dikabarkan Cari Pinjaman Rp16,4 Triliun untuk Ekspansi Pabrik di RI

    CATL Dikabarkan Cari Pinjaman Rp16,4 Triliun untuk Ekspansi Pabrik di RI

    Bisnis.com, JAKARTA – Produsen baterai kendaraan listrik Contemporary Amperex Technology Co. Ltd. (CATL) asal China sedang mencari pinjaman sekitar US$1 miliar atau setara Rp16,4 triliun untuk mendanai investasi di Indonesia.

    Dilansir Bloomberg pada Selasa (6/5/2025), informasi tersebut berasal dari sumber yang tidak ingin diungkapkan identitasnya. Sumber menyebutkan pendanaan tersebut bisa dalam jangka waktu 5 hingga 7 tahun.

    “Dana itu akan membiayai usaha patungan perusahaan, yang berencana membangun fasilitas produksi sel baterai di Karawang, Jawa Barat,” ungkap sumber.

    Pembicaraan dengan calon pemodal saat ini juga disebutkan sedang berlangsung dan rincian pinjaman dapat berubah. Saat dihubungi Bloomberg, CATL tidak menanggapi permintaan komentar.

    Adapun, upaya CATL untuk meningkatkan fasilitas produksi baterainya di Indonesia dilakukan saat raksasa baterai kendaraan listrik China itu mulai mengukur minat investor untuk penjualan saham senilai US$5 miliar yang berpotensi menjadi pencatatan terbesar di Hong Kong dalam beberapa tahun.

    Perusahaan tersebut mengatakan bahwa mereka memperkirakan akan melihat sedikit dampak dari tarif yang dikenakan pemerintahan Trump terhadap China karena eksposur perusahaan di AS cukup kecil.

    Pada bulan Oktober, CATL, melalui anak perusahaannya CBL International Development, membentuk JV dengan Indonesia Battery Corp milik pemerintah.

    Usaha patungan tersebut berencana untuk menginvestasikan US$1,2 miliar di negara Asia Tenggara tersebut, meningkatkan produksi baterai perusahaan yang berbasis di Fujian tersebut menjadi 15 gigawatt per tahun.