Topik: Listrik

  • Menko Airlangga Bertemu Menteri Ekonomi Prancis, Bahas Danantara hingga IEU CEPA – Page 3

    Menko Airlangga Bertemu Menteri Ekonomi Prancis, Bahas Danantara hingga IEU CEPA – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto telah mengadakan pertemuan bilateral dengan Menteri Ekonomi, Keuangan, dan Kedaulatan Industri serta Digital Prancis Eric Lombard, pada Rabu (28/5) di Gedung A.A. Maramis, Jakarta.

    Pertemuan tersebut membahas berbagai isu strategis yang menjadi perhatian bersama, termasuk penguatan kerja sama perdagangan dan investasi bilateral.

    Nilai total perdagangan Indonesia dan Prancis sepanjang tahun 2024 tercatat sebesar USD2,4 miliar dengan tren pertumbuhan dalam 5 tahun terakhir tetap menunjukkan arah positif.

    Namun demikian, neraca perdagangan Indonesia terhadap Prancis masih menunjukkan defisit yang signifikan mencapai USD 532 juta pada tahun 2024.

    Potensi Kerja Sama Strategis

    Menko Airlangga menyampaikan berbagai potensi kerja sama strategis, termasuk proyek energi panas bumi (geothermal project) yang menjadi salah satu fokus pengembangan energi bersih dan berkelanjutan.

    “Pemerintah Indonesia telah membentuk DANANTARA sebagai lembaga dana investasi Indonesia yang juga akan berperan penting dalam membangun hilirisasi dan ekosistem kendaraan listrik (EV) secara menyeluruh,” kata Menko Airlangga, Kamis (29/5/2025).

    Sebagaimana diketahui, Prancis merupakan salah satu mitra utama Indonesia dalam bidang investasi, dengan nilai realisasi investasi pada tahun 2023 mencapai USD302,8 juta.

    Investasi ini tersebar di berbagai sektor prioritas nasional, antara lain konstruksi, industri mesin dan elektronik, pariwisata, properti, serta industri makanan.

    Perusahaan-perusahaan Prancis yang beroperasi di Indonesia seperti Eramet, Danone, L’Oréal, dan Michelin memainkan peran penting dalam mendorong pembangunan di Indonesia.

     

  • Mundur dari Pemerintah, Elon Musk Sempat Selisih dengan Trump soal RUU

    Mundur dari Pemerintah, Elon Musk Sempat Selisih dengan Trump soal RUU

    Washington DC

    Miliarder yang juga CEO Tesla Elon Musk mengundurkan diri dari pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Musk meninggalkan perannya di pemerintah AS tak lama setelah berselisih besar dengan Trump terkait rancangan undang-undang (RUU) ‘One Big, Beautiful Bill Act’.

    Musk telah mengumumkan di akun media sosial X mengenai kepergiannya dari pemerintah. Elon Musk juga mengucapkan terima kasih kepada Trump, saat masa jabatannya sebagai pegawai pemerintah khusus di Departemen Efisiensi Pemerintah (DOGE) berakhir.

    “Karena jadwal saya sebagai Pegawai Pemerintah Khusus telah berakhir, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Presiden Donald Trump atas kesempatan untuk mengurangi pemborosan pengeluaran,” tulisnya di platform media sosialnya X, seperti dilansir AFP, Kamis (29/5/2025).

    “Misi DOGE akan semakin kuat seiring berjalannya waktu karena menjadi cara hidup di seluruh pemerintahan,” tambahnya.

    Musk sebelumnya sempat tak satu pendapat dengan pemerintah Trump terkait RUU andalan Trump tersebut. Taipan teknologi kelahiran Afrika Selatan itu mengatakan RUU Trump akan meningkatkan defisit dan merusak kinerja DOGE, yang telah memecat puluhan ribu orang.

    Musk — yang selalu berada di sisi Trump sebelum menarik diri untuk fokus pada bisnis Space X dan Tesla miliknya — juga mengeluh bahwa DOGE telah menjadi ‘kambing hitam’ karena ketidakpuasan terhadap pemerintahan.

    “Sejujurnya, saya kecewa melihat RUU belanja besar-besaran yang meningkatkan defisit anggaran, bukan hanya menguranginya, dan merusak pekerjaan yang dilakukan tim DOGE,” kata Musk dalam wawancara dengan CBS News.

    Namun, para kritikus memperingatkan bahwa RUU itu akan menghancurkan perawatan kesehatan dan membengkakkan defisit nasional hingga USD 4 triliun dalam satu dekade.

    “Sebuah RUU bisa besar, atau bisa juga indah. Namun saya tidak tahu apakah keduanya bisa. Itu pendapat pribadi saya,” kata Musk dalam wawancara tersebut.

    Gedung Putih berusaha meminimalisir perbedaan pendapat mengenai pengeluaran pemerintah AS tersebut, tanpa menyebut Musk secara langsung.

    “‘RUU Besar yang Indah’ BUKAN RUU anggaran tahunan,” kata Wakil Kepala Staf Trump, Stephen Miller, di jejaring sosial Musk, X, setelah komentar raksasa teknologi itu ditayangkan.

    Miller mengatakan semua pemotongan DOGE harus dilakukan melalui RUU terpisah yang menargetkan birokrasi federal. Hal itu, kata dia, berdasarkan aturan Senat AS.

    Namun, komentar Elon Musk tersebut merupakan perpecahan yang jarang terjadi dengan presiden dari Partai Republik yang ia bantu untuk kembali berkuasa. Elon Musk diketahui sebagai donor terbesar untuk kampanye pemilihan Trump tahun 2024.

    Penugasan Musk dari Trump di Pemerintah

    Trump menugaskan Musk untuk memangkas pengeluaran pemerintah sebagai kepala DOGE. Namun, pada akhir April lalu, Musk mengumumkan bahwa ia sebagian besar akan mundur untuk menjalankan perusahaannya lagi.

    Musk mengeluh dalam wawancara terpisah dengan Washington Post bahwa DOGE, yang beroperasi di Gedung Putih dengan staf teknisi muda, telah menjadi sasaran kritik.

    “DOGE hanya menjadi kambing hitam untuk segalanya,” kata Musk kepada surat kabar itu di lokasi peluncuran Starbase di Texas menjelang peluncuran terbaru Space X.

    “Sesuatu yang buruk akan terjadi di mana saja, dan kami akan disalahkan untuk itu meskipun kami tidak ada hubungannya dengan itu,” imbuhnya.

    Musk menyalahkan birokrasi AS yang mengakar atas kegagalan DOGE untuk mencapai semua tujuannya, meskipun laporan mengatakan gaya mendominasi dan kurangnya keakraban dengan arus politik Washington juga merupakan faktor utama.

    “Situasi birokrasi federal jauh lebih buruk dari yang saya sadari. Saya pikir ada masalah, tetapi itu benar-benar perjuangan berat untuk mencoba memperbaiki keadaan di DC, setidaknya begitu,” tutur Musk.

    Musk sebelumnya mengakui bahwa ia tidak mencapai semua tujuannya dengan DOGE meskipun puluhan ribu orang telah diberhentikan dari daftar gaji pemerintah dan beberapa departemen dipangkas atau ditutup.

    Bisnis Musk sendiri menderita sementara itu.

    Para pengunjuk rasa yang menentang pemotongan biaya menargetkan dealer Tesla, sementara para pendemo bahkan membakar beberapa kendaraan listrik, dan laba perusahaan merosot.

    “Orang-orang membakar Tesla. Mengapa Anda melakukan itu? Itu benar-benar tidak keren,” kata Musk kepada Post.

    Musk juga telah berfokus pada Space X setelah serangkaian kemunduran yang menggemparkan dalam mimpinya untuk menjajah Mars — yang terbaru terjadi pada hari Selasa lalu ketika prototipe Starship meledak di atas Samudra Hindia.

    Taipan itu minggu lalu juga mengatakan ia akan menarik diri dari pengeluaran kekayaannya untuk politik, setelah menghabiskan sekitar seperempat miliar dolar untuk mendukung Trump.

    Hoegeng Awards 2025

    Baca kisah inspiratif kandidat polisi teladan di sini

  • Adu Performa Suzuki Fronx vs Rocky-Raize dan WR-V, Pilih Mana?

    Adu Performa Suzuki Fronx vs Rocky-Raize dan WR-V, Pilih Mana?

    Jakarta

    Pasar compact SUV asal Jepang makin seru. Namun mobil mana yang paling pas buat dipakai harian, yang mesinnya responsif, irit, dan nggak bikin stres di kemacetan?

    Suzuki Fronx jadi penantang baru di segmen compact SUV yang lama dihuni nama-nama beken dari Jepang seperti Daihatsu Rocky, Toyota Raize, dan Honda WR-V.Suzuki Fronx jadi penantang baru di segmen compact SUV yang lama dihuni nama-nama beken dari Jepang seperti Daihatsu Rocky, Toyota Raize, dan Honda WR-V.

    Suzuki Fronx resmi diluncurkan di Jakarta pada Rabu (28/5/25) Foto: Pradita Utama

    Di tengah persaingan yang ketat, Fronx mencoba tampil beda, terutama dari sisi performa yang lebih disesuaikan untuk kebutuhan harian dan diklaim lebih baik secara efisiensi hingga rendah emisi. Lantas mesin mana yang paling pas buat dipakai harian?

    Perbandingan ini akan fokus pada tipe tertinggi. Suzuki Fronx SGX tampil paling ‘canggih’ di antara kompetitornya yang masih pakai mesin konvensional. Mesin K15C milik Fronx dikawinkan dengan Integrated Starter Generator (ISG) dan baterai kecil, menjadikannya satu-satunya mobil dengan sistem mild hybrid di segmen ini.

    Menurut Shodiq Wicaksono, Managing Director PT Suzuki Indomobil Motor, mesin Fronx sudah memenuhi kriteria kendaraan LCEV (Low Carbon Emission Vehicle).

    “Selain itu tentunya kami sangat berterima kasih atas support yang telah diberikan oleh Kementerian Perindustrian dalam usaha Suzuki untuk berkontribusi dalam carbon neutrality dengan power train yang tepat dan SHVS Smart Hybrid Vehicle by Suzuki, Fronx dapat memenuhi kriteria kendaraan LCEV Low Carbon Emission Vehicle menghadirkan efisiensi bahan bakar yang jauh lebih baik dan berkontribusi pada penurunan emisi karbon secara keseluruhan,” ujar Shodiq pada momen peluncuran Suzuki Fronx.

    Secara output, mesin 1.5L mild hybrid Fronx memang “hanya” menghasilkan 100,6 PS dan torsi 135 Nm. Tapi dengan bantuan motor listrik kecil dari ISG, tarikan awal jadi terasa lebih ringan dan responsif, karakter yang sangat cocok untuk pemakaian dalam kota dan lalu lintas stop-and-go.

    Mesin Fronx vs Raize-Rocky vs WR-V

    Fronx juga mengambil jalur berbeda soal transmisi. Jika rivalnya mengandalkan CVT, Fronx justru tetap percaya diri dengan transmisi otomatis konvensional 6-percepatan.

    Buat sebagian pengendara, ini adalah kabar baik. Karena transmisi torque converter dikenal lebih andal dalam jangka panjang dan memberikan rasa perpindahan gigi yang lebih natural. Nggak ada gejala “ngeden” atau lag seperti yang kadang muncul di CVT saat butuh akselerasi mendadak.

    Namun kalau bicara tenaga mentah, memang Honda WR-V masih jadi yang paling unggul. Mesin 1.5L i-VTEC miliknya sanggup menyemburkan tenaga 121 PS dan torsi 145 Nm. Secara teori, ini membuat WR-V paling bertenaga saat dipacu, apalagi di jalan bebas hambatan.

    Tapi karakter mesin WR-V yang baru agresif di putaran atas kadang kurang cocok untuk pemakaian stop-and-go dalam kota. Di kondisi macet atau kecepatan rendah, responsnya cenderung datar dan butuh waktu untuk “bangun”.

    Komparasi Honda WR-V vs Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Foto: dok. detikOto

    Sementara itu, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky juga punya nilai lebih lewat mesin 1.0L turbo yang menyajikan torsi cukup besar di putaran bawah. Diklaim tenaganya tembus 98 PS di 6.000 RPM dan torsi puncak 140 Nm di rentang 2.400-4.000 RPM.

    Raize-Rocky mengusung transmisi CVT layaknya WR-V. Kombinasi mesin kecil, turbo, dan transmisi CVT memang cocok buat cruising, tapi saat dibawa bermanuver cepat atau butuh kickdown, potensi turbo lag khasnya mesin turbo berpotensi memberikan jeda sebelum melesat.

    Dari tiga mobil ini, terlihat jelas perbedaan pendekatan. Suzuki Fronx unggul dalam hal efisiensi bahan bakar, emisi rendah, dan sensasi berkendara yang halus berkat mild hybrid dan transmisi konvensional.

    WR-V jadi pilihan untuk yang mengutamakan performa di jalan tol atau luar kota, sedangkan Raize-Rocky mengkombinasikan efisiensi dan tenaga lewat mesin turbo, meskipun karakternya juga cocok buat penggunaan santai. Jadi mana pilihan kalian, detikers?

    (mhg/dry)

  • IIF Kurangi hampir 5 Juta Ton Emisi Karbon Lewat Proyek Infrastruktur – Page 3

    IIF Kurangi hampir 5 Juta Ton Emisi Karbon Lewat Proyek Infrastruktur – Page 3

    PT Indonesia Infrastructure Finance (IIF) mencatatkan kinerja keuangan yang impresif pada kuartal I 2025. Laba bersih perusahaan tumbuh signifikan sebesar 63% secara tahunan (year-on-year/YoY), mencapai Rp52,8 miliar dibanding Rp32,5 miliar pada periode yang sama tahun lalu.

    Pertumbuhan ini didorong oleh peningkatan pendapatan bunga bersih sebesar 14%, dari Rp297,7 miliar menjadi Rp339,0 miliar.

    Chief Investment Officer IIF, M. Ramadhan Harahap (Idhan), menyatakan bahwa pencapaian ini mencerminkan efektivitas strategi pembiayaan IIF sebagai katalisator pembangunan infrastruktur nasional.

    Selain itu, efisiensi operasional juga menjadi kunci keberhasilan, tercermin dari penurunan beban bunga sebesar 5% menjadi Rp190,8 miliar dan pengurangan beban provisi sebesar 15%.

    Dampak Nyata Proyek Infrastruktur yang Didanai IIF

    Hingga Maret 2025, IIF telah membiayai berbagai proyek infrastruktur strategis yang memberikan manfaat langsung kepada jutaan masyarakat.

    Di sektor energi terbarukan, IIF mendukung pembangkit listrik berkapasitas total 710,9 MW yang mampu menjangkau lebih dari 710.000 rumah tangga atau sekitar 3,55 juta jiwa.

    Proyek-proyek ini juga berkontribusi mengurangi emisi karbon sebesar 4,931 juta ton CO₂ ekuivalen per tahun—setara dengan kemampuan penyerapan lebih dari 173.000 pohon.

  • Jelang Libur Panjang, BRI Pastikan Keandalan Layanan Lewat 1,19 Juta AgenBRILink, 742 Ribu Jaringan E-Channel dan Super App BRImo

    Jelang Libur Panjang, BRI Pastikan Keandalan Layanan Lewat 1,19 Juta AgenBRILink, 742 Ribu Jaringan E-Channel dan Super App BRImo

    Selain adanya E-Channel yang tersebar, BRI juga mengandalkan jaringan AgenBRILink yang kini berjumlah lebih dari 1,19 juta agen per Triwulan I/2025. Jaringan ini pun telah menjangkau lebih dari 67 ribu desa, atau mencakup sekitar 88% wilayah Indonesia. Layanan ini memberikan kemudahan transaksi secara real-time dan online, seperti pembayaran tagihan listrik, air, BPJS, telepon, dan cicilan, transfer antarbank, setor dan tarik tunai, serta pengisian saldo dompet digital.

    Tak hanya itu, AgenBRILink juga melayani top-up saldo BRIZZI untuk mendukung pembayaran non-tunai di jalan tol, parkir, dan transportasi umum. Di samping itu, masyarakat dapat mengakses berbagai layanan tambahan seperti referral pembukaan rekening dan pinjaman, pembayaran asuransi mikro, penarikan uang kiriman dari luar negeri, serta pembelian tiket perjalanan seperti bus, shuttle, dan kapal ferry.

    Hendy menambahkan bahwa BRI akan terus memperkuat layanan E-Channel dan jaringan AgenBRILink guna memastikan kualitas layanan yang prima dan berkelanjutan. Hal ini sejalan dengan komitmen BRI dalam mendukung pertumbuhan transaksi digital serta memperluas inklusi keuangan di seluruh penjuru negeri.

    “Untuk mendukung hal tersebut, BRI juga secara aktif melakukan pemantauan sistem, penguatan keamanan transaksi, serta menyediakan layanan pengaduan yang cepat dan responsif,” tambahnya.

    Disamping itu, nasabah BRI juga tetap dapat bertransaksi dengan mudah dan nyaman melalui Super App BRImo. Dengan dibekali lebih dari 100 fitur, BRImo semakin memperkuat posisi BRI dalam layanan digital banking di Indonesia. Hal tersebut tergambar dari pengguna super app BRImo telah mencapai 40,28 juta user, atau meningkat 20,26% yoy per Maret 2025. Sementara dari sisi jumlah dan nilai transaksi, BRImo telah melayani 1,2 miliar transaksi finansial, naik 25,5% YoY dengan volume sebesar Rp1.599 triliun atau meningkat 27,79% YoY.

  • PLN Siap Jalankan RUPTL Terhijau Sepanjang Sejarah, Tingkatkan Bauran EBT hingga 2034 – Page 3

    PLN Siap Jalankan RUPTL Terhijau Sepanjang Sejarah, Tingkatkan Bauran EBT hingga 2034 – Page 3

    Sementara porsi energi fosil hanya mencakup sekitar 24% dari total kapasitas tambahan yang terdiri atas pembangkit berbahan bakar gas sebesar 10,3 GW dan batubara sebesar 6,3 GW.

    ”Ini semua kita lakukan dengan memperhitungkan, mempertimbangkan tingkat pertumbuhan ekonomi kita. Jadi konsumsi listrik per kapita kita juga kita sudah hitung secara seksama,” ucap Bahlil.

    Bahlil menjelaskan, pengembangan kapasitas pembangkit akan dilakukan dalam dua tahap. Pada lima tahun pertama, akan ada penambahan kapasitas sebesar 27,9 GW yang terdiri atas 12,2 GW EBT, yakni 3,2 GW Pembangkit Listrik Tenaga Air, 6 GW Pembangkit Listrik Tenaga Surya, 1,6 GW Pembangkit Listrik Tenaga Angin, 0,9 GW Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi, 0,5 GW Pembangkit Listrik Bioenergi, dan pembangunan sistem penyimpanan energi sebesar 3 GW. 

    Selain itu, penambahan 9,2 GW Pembangkit Listrik Tenaga Gas, dan 3,5 GW Pembangkit Listrik Tenaga Uap rendah emisi dari proyek yang telah masuk tahap penyelesaian konstruksi juga dilakukan.

    “Lalu memasuki lima tahun berikutnya, dari total 41,6 GW rencana penambahan kapasitas pembangkit, bauran EBT dan penyimpanan energi akan menopang sebesar 37,7 GW atau sekitar 90% dari total kapasitas. Sementara sisanya sebesar 3,9 GW berasal dari pembangkit berbasis fosil,” jelas Bahlil.

  • Sambutan hangat Prabowo ke Macron dan Sederet Kesepakatan RI-Prancis

    Sambutan hangat Prabowo ke Macron dan Sederet Kesepakatan RI-Prancis

    Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Republik Indonesia Prabowo Subianto dan Presiden Republik Prancis Emmanuel Macron,saling menegaskan komitmen kuat antarnegara dalam jamuan santap malam kenegaraan yang digelar di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu (28/5/2025) malam.

    Acara ini menjadi salah satu momen penting dalam kunjungan kenegaraan Presiden Macron dan Ibu Negara Brigitte Macron ke Indonesia.

    Dalam sambutannya, Prabowo menyampaikan rasa hormat dan kebanggaannya dapat menerima Macron di Jakarta. Dia menekankan bahwa hubungan Indonesia dan Prancis terus berkembang di berbagai sektor, dari pertahanan hingga kebudayaan, dan menjadi semakin kokoh seiring waktu.

    “Sekali lagi adalah kehormatan besar bagi kami untuk menyambut, menerima Presiden Republik Perancis dengan Ibu beserta seluruh delegasi hari ini melaksanakan kunjungan kenegaraan di Indonesia,” ujar Prabowo di hadapan para tamu negara.

    Prabowo menambahkan bahwa pembicaraan bilateral yang digelar sebelumnya berlangsung intensif dan produktif. Presiden Ke-8 RI itu pun menyampaikan rasa terima kasih atas undangan resmi dari Presiden Macron untuk menghadiri Hari Bastille pada 14 Juli mendatang di Paris.

    “Kami merasa terhormat dan kami siap mengirim kontingen tentara kita ikut serta dalam parade di Paris,” ungkapnya.

    Pujian dari Macron 

    Menanggapi sambutan hangat tersebut, Presiden Macron menyampaikan rasa hormat dan terima kasih atas penerimaan yang luar biasa.

    Dia menyampaikan bahwa meskipun jarak memisahkan kedua negara, Prancis dan Indonesia memiliki kedekatan yang ditopang oleh sejarah dan kebudayaan.

    “Ini sungguh suatu kehormatan yang luar biasa bagi istri saya dan diri saya disambut dalam kunjungan kenegaraan ini oleh Bapak. Meskipun 12.000 kilometer memisahkan kedua ibu kota metropolitan kita, kita tetap terhubung oleh angin sejarah dan nafas takdir bersama kita,” ujar Macron.

    Presiden Macron turut mengutip pengaruh budaya Indonesia terhadap tokoh-tokoh besar Prancis, seperti penyair Arthur Rimbaud dan komponis Claude Debussy.

    Dia juga menyampaikan kekagumannya terhadap filosofi hidup Indonesia. “Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit,” ucapnya dalam bahasa Indonesia, disambut kagum para hadirin.

    Dalam konteks kerja sama pertahanan dan kebudayaan, Presiden Macron menegaskan bahwa kedua negara sama-sama menjunjung tinggi nilai independensi. Presiden Macron pun secara resmi mengundang Presiden Prabowo sebagai tamu kehormatan di Hari Bastille.

    “Saya ingin Bapak menjadi tamu kehormatan untuk tanggal 14 Juli mendatang ini, agar Angkatan Bersenjata turut serta dalam pawai yang akan dilaksanakan,” tuturnya.

    Melaui semangat persahabatan yang kuat, kedua pemimpin negara menegaskan kembali komitmen mereka untuk membawa hubungan Indonesia–Prancis ke tingkat yang lebih tinggi, dalam semangat saling menghormati, berdaulat, dan saling menginspirasi.

    “Bersama-sama kita akan berhasil,” ucap Presiden Macron menutup pidatonya kembali dalam bahasa Indonesia, menandai malam penuh makna di Indonesia.

    Kerja Sama Indonesia-Prancis

    Adapun Prabowo dan Macron secara resmi menyepakati 17 bentuk kerja sama strategis yang mencakup berbagai sektor, mulai dari pertahanan hingga energi terbarukan.

    Empat deklarasi bersama menjadi fondasi utama hubungan jangka panjang Indonesia-Prancis, termasuk “Joint Vision 2050” untuk pengembangan kemitraan strategis, strategi kebudayaan bilateral, komitmen terhadap solusi dua negara untuk Palestina, dan pernyataan bersama kedua kepala negara.

    Selain deklarasi, terdapat 11 kesepakatan kerja sama (deliverables signing) yang ditandatangani di hadapan Presiden. Sepuluh di antaranya adalah kesepakatan antar-pemerintah (G-to-G). Pertama, kesepakatan Kerja Sama di bidang Peningkatan Kapasitas Diplomatik yang ditandatangani oleh Menteri Luar Negeri Sugiono dan French Minister Delegate for Francophonie and International Partnership Thani Mohamed Soilihi.

    Kedua, kesepakatan Kerja Sama di bidang Pertukaran dan Pelindungan Bersama atas Informasi Rahasia dan Dilindungi dalam bidang Pertahanan (MPCIA) yang ditandatangani oleh Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin dan French Minister of Armed Forces Sébastien Lecornu. Ketiga, pernyataan Kehendak Kerja Sama Pertahanan Strategis yang ditandatangani oleh Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin dan French Minister of Armed Forces Sébastien Lecornu.

    Keempat, kesepakatan Kerja Sama di bidang Pertanian yang ditandatangani oleh Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dan French Minister of the Economy, Finance and Industrial and Digital Sovereignty Éric Roger Pierre Lombard.

    Kelima, kesepakatan Kerja Sama di Mineral Kritis dan Metal yang ditandatangani oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia dan French Minister of the Economy, Finance and Industrial and Digital Sovereignty Éric Roger Pierre Lombard.

    Keenam, kesepakatan Kerja Sama di Bidang Kehutanan Berkelanjutan yang ditandatangani oleh Menteri Kehutanan Raja Juli Antoni dan French Minister of the Economy, Finance and Industrial and Digital Sovereignty Éric Roger Pierre Lombard. Ketujuh, Kesepakatan Kerja Sama di Bidang Ekonomi Kreatif yang ditandatangani oleh

    Selain antara Prabowo dan Macron, 4 penandatanganan kerja sama  dilakukan antara Menteri Ekonomi Kreatif (Ekraf) Teuku Riefky Harsya dan French Minister of Culture Rachida Dati. Keempat kesepakatan itu antara lain: 

    Kedelapan, kesepakatan Kerja Sama di Bidang Kebudayaan yang ditandatangani oleh Menteri Kebudayaan Fadli Zon dan French Minister of Culture Rachida Dati. Kesembilan, kesepakatan Kerja Sama di Bidang Pengelolaan Risiko Bencana yang ditandatangani oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto dan French Minister Delegate for Francophonie and International Partnership Thani Mohamed Soilihi.

    Kesepakatan Kerja Sama di Bidang Transportasi yang ditandatangani oleh:

    Signatories: Minister for Transportation (ID)

    Minister Delegate for Francophonie and International Partnership (FR)

    Kesepakatan P-to-P (1 deliverable)

    11. Kesepakatan Kerja Sama di Bidang Pengembangan Ekosistem Olahraga Kuda yang ditandatangani oleh Pengurus Pusat Persatuan Berkuda Seluruh Indonesia (PP Pordasi), The French Horse and Riding Institute (IFCE), French Equestrian Federation (FFE), France Galop The Association for Training and Social Action of Racing Stables (AFASEC) dan Filiere Cheval

    Selain itu, kerja sama diperluas pada 5 bidang. Kerja sama itu bersifat G2B dan B2B.

    1. Kesepakatan kerja sama antara Badan Gizi Nasional (BGN dan Danone untuk mendukung upaya peningkatan gizi nasional untuk membangun generasi yang sehat dan maju.

    2. Kesepakatan kerja sama antara Danantara, Indonesia Investment Authority (INA) dan Eramet terkait kerja sama mineral kritis untuk mendukung ekosistem kendaraan listrik dan hilirisasi nikel.

    3. Investasi Bersama antara PT. RGE Indonesia dan TotalEnergies: terkait pengembangan proyek pembangkit listrik tenaga surya dan penyimpanan energi baterai guna mendukung transisi energi.

    4. Investasi antar PT Citra Bonang dan Lesaffre terkait perluasan fasilitas produksi ragi guna memperkuat rantai pasok dalam rangka mendukung prioritas ketahanan pangan.

    5. Kesepakatan kerja sama antara PT SMI, PT PLN, dan HDF mengenai pengembangan proyek hidrogen hijau di Indonesia Timur untuk mendorong energi bersih termasuk melalui dukungan pembiayaan di sektor ketenagalistrikan.

    Satu kesepakatan lainnya merupakan kerja sama antar masyarakat (P-to-P), yakni pengembangan ekosistem olahraga kuda yang melibatkan asosiasi dari kedua negara, seperti PORDASI dari Indonesia dan sejumlah institusi berkuda terkemuka dari Prancis.

    Terakhir, diumumkan pula satu kerja sama antar bank sentral, yaitu antara Bank Indonesia dan Banque de France, sebagai bagian dari penguatan kerja sama keuangan kedua negara.

    Langkah ini mencerminkan komitmen kuat Indonesia dan Prancis dalam memperdalam hubungan bilateral dan menghadapi tantangan global bersama melalui kemitraan yang inklusif dan berorientasi masa

  • BYD Bikin Was-was Setelah Pangkas Harga Mobilnya

    BYD Bikin Was-was Setelah Pangkas Harga Mobilnya

    Jakarta

    BYD bikin perang harga di China. Baru-baru ini BYD menurunkan harga sejumlah model mobilnya.

    BYD baru-baru ini menurunkan harga mobilnya. Hal itu memicu perang harga di Negeri Tirai Bambu. Saham-saham produsen mobil di China pun mulai rontok akibat perang harga itu. Diberitakan Reuters, BYD memangkas harga lebih dari selusin model mobilnya yang dijual di China. Hal itu terlihat dari pemangkasan harga model termurahnya hatchback Seagull menjadi 55.800 yuan atau setara USD 7.765. Padahal sebelumnya harga Seagull nyaris USD 10.000.

    Adanya pemangkasan harga yang dilakukan BYD itu membuat para produsen lain resah. Ada yang was-was pemangkasan harga bikin perang harga kian mendalam. Produsen yang ‘lemah’ harus memutar otak menahan kerugian yang makin dalam akibat adanya penurunan harga.

    “Ini menunjukkan pertumpahan darah di akhir tahun ini,” kata Direktur Pelaksana dalam sebuah lembaga penasihat Sino Auto Insights Tu Le.

    “Ini bisa menjadi domino yang pada akhirnya memberikan tekanan pada pemain yang lebih lemah ataupun start-up seperti Neta dan Polestar yang sudah tertatih-tatih,” lanjut dia.

    Sebelumnya, Chairman Great Wall Motors Wei Jianjun telah memberi peringatan terhadap sektor otomotif China sangatlah tidak sehat. Utamanya dengan perang harga yang menekan laba perusahaan dan juga pemasok. Dia bahkan menyamakan kondisi saat ini dengan Evergrande, pengembang properti di China yang dilikuidasi tahun lalu setelah mengalami krisis utang yang besar.

    “Sekarang, Evergrande di industri otomotif sudah eksis, tapi belum sampai belum sampai runtuh,” tuturnya dalam wawancara kepada Sina Finance.

    Pasar mobil listrik China memang banyak diwarnai kehadiran start-up dalam satu dekade terakhir. Namun tidak semua sanggup bertahan karena adanya persaingan harga yang ketat hingga menimbulkan kerugian mendalam. Dari 169 produsen yang beroperasi di China saat ini, lebih dari setengahnya hanya memperoleh pangsa pasar kurang dari 0,1 persen, demikian terungkap dalam data dari perusahaan riset Jato Dynamics.

    Bukan cuma perang harga yang tengah menjadi sorotan, penjualan mobil bekas dengan jarak tempuh masih nol juga bikin khawatir. Cara ini dipandang sebagai cara bagi para produsen dan dealer untuk mencapai target penjualan.

    (dry/din)

  • Bus Listrik PO Sumber Alam Layani Trayek Bekasi-Yogyakarta

    Bus Listrik PO Sumber Alam Layani Trayek Bekasi-Yogyakarta

    Oh iya, sedikit mengulas sisi eksterior bus ini, mengombinasikan warna putih, hitam, biru, dan juga hijau. Di bagian kaca depan terdapat tulisan 100% electric vehicle, lalu pada bagian bodi samping juga terdapat gambar colokan kabel yang menandakan bahwa ini kendaraan listrik. Foto: Dok. PO Sumber Alam

  • Kabar Baik! PLN Akan Aliri Listrik Wilayah Wisata dan Pulau Terpencil di Banten

    Kabar Baik! PLN Akan Aliri Listrik Wilayah Wisata dan Pulau Terpencil di Banten

    Liputan6.com, Serang – Sejumlah destinasi wisata yang masih gelap akan diberi bantuan penerangan oleh PLN. Sehingga, wisatawan bisa merasa nyaman jika berlibur di malam hari. Akses menuju objek wisata yang ada di Banten juga akan diterangi, sehingga masyarakat yang berangkat saat malam hari merasa aman di perjalanan.

    “Sinergi ini adalah kekuatan utama. Listrik bukan sekadar infrastruktur, tapi sarana membangun keadilan dan kualitas hidup yang lebih baik. Kami siap memperkuat kolaborasi lintas unit dan bersama Pemprov Banten, membawa terang hingga ke pelosok Banten,” kata GM PLN UID Banten, Muhammad Joharifin, Senin, (26/5/2025).

    Dalam waktu dekat, Pemprov Banten meminta PLN bisa menerangi jalur wisata menuju Anyer hingga Carita, karena selalu ramai saat libur panjang. Terlebih, ada Saha wisatawan yang berangkat maupun pulang saat malam hari. Jika jalan menuju Anyer hingga Carita terang, bisa memberi rasa aman dan nyaman para wisatawan yang melancong ke Banten. “Jalur wisata Anyer-Carita juga perlu pencahayaan memadai agar makin nyaman dan aman bagi wisatawan khususnya di malam hari,” ujar Gubernur Banten, Andra Soni, Senin, (26/5/2025).