Topik: Listrik

  • Mundur dari Pemerintah AS, Elon Musk Sempat Frustasi Hadapi Pejabat Federal

    Mundur dari Pemerintah AS, Elon Musk Sempat Frustasi Hadapi Pejabat Federal

    Washington DC

    Miliarder yang juga CEO Tesla Elon Musk mengundurkan diri dari pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Selama di pemerintahan, Elon Musk merasa frustasi saat menghadapi penolakan perombakan birokrasi dan pemangkasan anggaran pengeluaran federal.

    Dilansir Associated Press (AP), Kamis (29/5/2025), pengunduran Elon Musk di Departemen Efisiensi Pemerintah ini diumumkan pada Rabu (28/5) malam. Pengunduran ini menandai berakhirnya episode penuh gejolak yang mencakup ribuan PHK, pemusnahan lembaga pemerintah, dan banyaknya tuntutan hukum.

    Meskipun terjadi pergolakan, pengusaha miliarder itu berjuang di lingkungan yang tidak dikenalnya di pemerintahan. Elon Musk tidak mencapai apa yang diharapkannya.

    Ia secara drastis mengurangi targetnya untuk memangkas pengeluaran-dari $2 triliun menjadi $1 triliun menjadi $150 miliar-dan semakin menunjukkan rasa frustrasi tentang penolakan terhadap tujuannya.

    Terkadang ia berselisih dengan anggota senior pemerintahan Trump lainnya, yang merasa kesal dengan upaya pendatang baru itu untuk merombak departemen mereka. Elon Musk menghadapi reaksi politik yang keras dari para pejabat federal.

    Peran Musk yang bekerja untuk Trump selalu dimaksudkan untuk sementara, dan ia baru-baru ini mengisyaratkan bahwa ia akan mengalihkan perhatiannya kembali untuk menjalankan bisnisnya, seperti pembuat mobil listrik Tesla dan perusahaan roket SpaceX.

    “Karena waktu yang dijadwalkan sebagai Pegawai Pemerintah Khusus akan segera berakhir, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Presiden @realDonaldTrump atas kesempatan untuk mengurangi pemborosan pengeluaran,” tulisnya. “Misi @DOGE akan semakin kuat seiring berjalannya waktu karena menjadi cara hidup di seluruh pemerintahan.”

    (rdp/imk)

    Hoegeng Awards 2025

    Baca kisah inspiratif kandidat polisi teladan di sini

  • Suhu saat Wukuf Diperkirakan Nyaris 50 Derajat, Jemaah Haji Diimbau Tak Keluar Tenda

    Suhu saat Wukuf Diperkirakan Nyaris 50 Derajat, Jemaah Haji Diimbau Tak Keluar Tenda

    Bisnis.com, JEDDAH — Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengeluarkan 9 imbauan kepada jemaah calon haji Indonesia untuk diperhatikan menjelang puncak ibadah di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna).

    Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Muchlis Hanafi mengatakan, aturan itu disampaikan saat rapat dengan Kementerian Agama RI.

    “Dalam pertemuan tersebut disampaikan 9 imbauan penting yang wajib menjadi perhatian dan panduan seluruh jemaah dan petugas haji Indonesia khususnya menjelang pergerakan di Arafah, Muzdalifah, dan Mina,” katanya, Rabu (28/5/2025).

    Pertama, jemaah hendaknya tidak keluar dari tenda di Arafah dan Mina antara pukul 10:00 hingga 16:00 Waktu Arab Saudi (WAS) karena suhu diperkiraakan akan mencapai 50 deraajat celcius. Ini untuk menjaga keselamatana dan kesehatan jemaah.

    Kedua, jemaah diminta untuk tertib mengiktui jadwal pergerakan resmi sesuai syarikahnya. Dilarang untuk bergerak sendiri-sendiri dan tidak sesuai dengan penempatannya.

    Ketiga, penyembelihan hewan dam atau kurban di Tanah Suci hanya dapat dilakukan melalui prograam Adahi yang dikelol Kerajaan Arab Saudi. Otoritas di Tanh Suci melarang keras penyembelihan di lur program resmi termasuk calo atau tempat-tempat tak berizin.

    Keempat, pelaksanaan melontar jumrah harus sesuai jadwal resmi yang ditetapkan syarikah atau markaz layanan.

    Kelima, seluruh jemaah wajib membawa dan menjaga kartu Nusuk. Keenam, jemaah diminta menjaga kesehatan dengan selalu memakai masker, menggunakan payung saat di luar tenda, mencuci tangan dan memakai hand sanitizer, serta mengkonsumsi makanan sehar dan cukup cairan.

    Ketujuh, jika terdapat keluhan terkait listrik, air, AC atau fasilitas lainnya, jemaah dapat menghubungi nomor pengaduaan 1966.

    Kedelapan, petugas kloter wajib hadir di tenda bersama jemaah dan nomor kontak mereka harus dapat diakses dengan mudah jika terjadi situasi darurat. Kesembilan, jemaah mewakili sekira 25% dari total jemaah haji dunua.

    “Karena itu, kita diharapkan tampil sebagai teladan dalam ketaatan terhadap aturan, disiplin, dan menjaga citra positif bangsa Indonesia di mata dunia.”

    Proses keberangkatan jemaah haji reguler akan berlangsung hingga 31 Mei 2025. Hingga Kamis (29/5/2025) pukul 11:00 WAS, sudah sebnyak 191.741 jemaah haji Indonesia tiba di Tanah Suci, yang terbagi ke dalam 492 kelompok terbang (kloter).

    Jumlah jemaah tersebut mencakup 94,31% dari total rencana kedatangan sebesr 203.320 jemaah. Adapun, dari jumlah tersebut, 186.026 jemaah telah tiba di Makkah, dan 1.617 lainnya sedang dalam perjalanan.

    Seluruh jemaah kini terkonsentrasi di Makkah dan akan mulai digerakkan ke Arafah untuk puncak ibadah haji pada 4 Juni 2025 yang bertepatan dengan 8 Dzulhijjah 1446 Hijriah

  • Gudang Pabrik Nugget Milik Bupati Jombang Terbakar, Kerugian Capai Rp300 Juta

    Gudang Pabrik Nugget Milik Bupati Jombang Terbakar, Kerugian Capai Rp300 Juta

    Jombang (beritajatim.com) – Kebakaran melanda gudang penggorengan nugget dan sosis milik Bupati Jombang, H. Warsubi, yang berada di Desa Mojokrapak, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang, Kamis (29/5/2025).

    Gudang tersebut merupakan bagian dari PT. Palosari Unggul Jaya, produsen makanan cepat saji berbasis olahan daging.

    Kebakaran terjadi sekitar pukul 11.00 WIB dan baru berhasil dipadamkan pada pukul 13.20 WIB. Komandan Pemadam Kebakaran (PMK) Jombang, Syamsul Bahri, membenarkan insiden tersebut. “Benar, terjadi kebakaran di gudang PT. Palosari Unggul Jaya. Petugas kami langsung diterjunkan setelah menerima laporan,” ujarnya.

    Dugaan sementara penyebab kebakaran adalah korsleting listrik. Api pertama kali terlihat oleh seorang karyawan bernama Rindang Bayu yang melihat percikan api di area gudang penggorengan. Ia segera melaporkan kejadian itu kepada satpam, M. Roichma dan Barak Riski.

    Api dengan cepat membesar, memaksa para karyawan untuk berupaya memadamkan api secara manual sebelum akhirnya dua unit mobil pemadam kebakaran dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Jombang tiba di lokasi pukul 11.48 WIB.

    “Bahwa diduga kebakaran Gudang PT. Palosari Unggul Jaya (Gudang pengorengan naget) akibat adanya konsleting arus listrik. Saat ini dalam penanganan pihak Polres Jombang,” terang pelapor dalam laporan tertulisnya.

    Meski tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, kerugian materiil ditaksir mencapai Rp300 juta. Gudang penggorengan beserta isinya ludes terbakar. Pihak kepolisian masih menyelidiki penyebab pasti kebakaran tersebut. [suf]

  • Toyota Alphard Ketinggalan, Segini Penjualan Denza D9 di Indonesia

    Toyota Alphard Ketinggalan, Segini Penjualan Denza D9 di Indonesia

    Jakarta

    Meski terhitung sebagai pendatang baru, penjualan Denza D9 terpantau melesat. Sang rival utama Toyota Alphard pun tertinggal jauh. Begini catatan penjualan keduanya.

    Penjualan Denza D9 unggul jauh bila dibandingkan sang rival utama Toyota Alphard. Berkaca pada data penjualan wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada bulan keempat tahun ini, Denza telah mendistribusikan 811 unit. Sebagai perbandingan pada periode yang sama, hanya ada 78 unit Alphard yang terdistribusi ke dealer-dealer itu.

    Secara keseluruhan hingga April 2025, jumlah distribusi Denza D9 itu mencapai 3.335 unit. Unggul jauh ketimbang Alphard yang hanya 1.207 unit. Dari sisi model, Alphard menawarkan opsi varian lebih banyak yakni bensin dan hybrid. Sedangkan Denza hanya menawarkan satu varian. Kendati demikian, penjualan mobil di awal memang belum bisa menjadi patokan. Sebab, umumnya pada saat awal distribusi akan menyesuaikan unit dealer-dealer di samping memenuhi permintaan konsumen.

    Dari sisi harga, Denza D9 memang lebih murah. MPV bertenaga listrik itu dibanderol Rp 950 juta. Sementara Alphard, varian paling murah harganya Rp 1,62 miliaran. Kalau menginginkan Alphard versi hybrid, maharnya lebih mahal lagi mencapai Rp 1,7 miliaran.

    Menyoal dimensi, Denza D9 punya panjang 5.250 mm, lebar 1.960 mm, dan tinggi 1.920 mm. Jarak sumbu rodanya 3.110 mm. Secara ukuran, Denza D9 ini lebih panjang dan lebar dari Alphard Hybrid. Sebagai perbandingan, Alphard Hybrid panjangnya 5.010 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.945 mm. Jarak sumbu rodanya 3.000 mm.

    eralih ke sumber tenaganya. Alphard Hybrid masih mengandalkan bahan bakar bensin sebagai sumber utama tenaganya. Alphard Hybrid menggendong mesin A25A-FXS yang bisa menyemburkan tenaga 140 kW dan torsi 239 Nm. Sementara untuk motor listriknya bertenaga 184 kW dan torsi 270 Nm. Secara keseluruhan sistem hybrid Alphard itu bisa menyemburkan tenaga sebesar 250 PS. Mesin itu dipasangkan dengan transmisi CVT.

    Selanjutnya untuk Denza D9 mengusung baterai BYD Blade (LFP) dengan kapasitas 103 kWh. Baterai tersebut dipadukan dengan motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor bertenaga 230 kW dan torsi 360 Nm. Berkat paduan antara keduanya, di atas kertas Denza D9 bisa menjelajah sejauh 600 km dalam satu kali pengisian baterai secara penuh.

    Soal fitur keselamatan, Alphard Hybrid sudah dilengkapi perangkat keamanan dalam Toyota Safety Sense (TSS 3.0). Fiturnya antara lain, pre-collision system, full speed ACC, lane tracing assist, panoramic view monitor, blind spot monitoring, parking brake support, driver monitoring system, dan airbag di depan, samping, dan juga jendela. Total ada tujuh airbag di Alphard.

    Denza D9 juga bertabur fitur keselamatan aktif seperti adaptive cruise control, front collision warning, rear collision warning, automatic emergency braking, blind spot detection, rear cross traffic alert, rear cross traffic braking, lane departure warning, lane keeping assist, emergency lane keeping assist, lane change assistance, dan traffic sign recognition.

    Ada juga coordinated regenerative braking, roll movement intervention, hill descent control, tire pressure monitoring system, automatic unlocking by collision sensing, serta 9 airbag yang tersebar di depan, samping, dan tengah mobil.

    (dry/din)

  • Jantung Berdebar Padahal Tak Aktivitas Berat, Bahayakah? Ini Kata Dokter

    Jantung Berdebar Padahal Tak Aktivitas Berat, Bahayakah? Ini Kata Dokter

    Jakarta

    Jantung yang tiba-tiba berdebar tanpa alasan seringkali menimbulkan perasaan parno atau cemas. Sebagian orang, mungkin akan mengaitkan ini dengan potensi penyakit jantung, tapi apakah benar demikian?

    Spesialis jantung dr Yuri Afifah, SpJP mengatakan jantung yang tiba-tiba berdebar itu ada yang normal dan tidak normal atau indikasi masalah.

    “Kalau berdebar tapi disertai awalnya demam, habis lari, atau kurang minum (itu normal). Tapi, kalau dia berdebar tapi tidak ada pemicu atau awalannya, nah itu harus kita periksa lagi,” kata dr Yuri saat berbincang dengan detikcom di Depok, Rabu (28/5/2025).

    “Karena ada yang namanya gangguan jantung, bukan jantung koroner aja, tapi ada penyakit jantung aritmia, atau irama jantung yang tidak teratur,” lanjutnya.

    dr Yuri melanjutkan, pada kondisi jantung berdebar yang tidak normal disertai dengan keluhan lain seperti sulit bernapas, nyeri dada, sampai keringat dingin maka pasien harus segera mendapatkan penanganan medis.

    “Harapannya langsung ke IGD. Pemeriksaan paling pertama adalah rekam jantung atau elektrokardiografi (EKG),” katanya.

    “Dari sini kita bisa lihat listrik jantungnya seperti apa, ada masalah atau tidak,” sambungnya.

    (dpy/kna)

  • Motor Listrik Pertama Suzuki Mulai Diproduksi, Begini Wujudnya

    Motor Listrik Pertama Suzuki Mulai Diproduksi, Begini Wujudnya

    Jakarta

    Suzuki Motorcycle India Pvt Ltd (SMIPL) resmi memproduksi motor listrik pertama mereka, Suzuki e-Access. Skuter ramah lingkungan ini bakal menjadi pesaing Ather Rizta, Ola S1, Honda Activa e, TVS iQube, hingga Bajaj Chetak di pasar India.

    Dikutip website Rushlane, motor listrik Suzuki e-Access akan diproduksi di fasilitas manufaktur Suzuki di Gurgaon, Haryana. Hal ini sekaligus menandai masuknya Suzuki ke pasar skuter listrik India dan menegaskan langkah Suzuki selanjutnya dalam menyediakan lebih banyak pilihan kendaraan roda dua ramah lingkungan bagi konsumen.

    Sedikit mengulas spesifikasinya, Suzuki e-Access ditenagai e-Technology mencakup paket baterai lithium iron phosphate (LFP) yang diklaim memiliki jarak tempuh lebih jauh. Baterai ini juga diklaim telah diuji secara ketat, baik dari segi ketahanan terhadap panas, kelembapan, dan bahkan uji perendaman.

    Suzuki e-Access Foto: Dok. Suzuki

    Yang menjadi keunggulan Suzuki e-Technology adalah Drive Mode Selector-e (SDMS-e) yang memiliki berbagai mode berkendara meliputi Eco Mode, Ride Mode A, Ride Mode B, dan Reverse Mode. Teknologi ini juga mendukung sistem pengereman regeneratif yang bisa memanfaatkan gaya pengereman untuk mengisi ulang daya baterai.

    Tak hanya itu, Suzuki e-Access juga menggunakan sistem penggerak V-belt seperti skutik-skutik konvensional. Artinya, proses perawatannya akan lebih mudah dibandingkan menggunakan sistem motor hub seperti motor listrik kebanyakan.

    Dari sisi desain, Suzuki e-Access memiliki desain serba tajam dan ramping ala skuter modern. Motor ini juga sudah dilengkapi lampu-lampu full LED disertai DRL LED. Lanjut ke area dasbor, motor ini juga sudah mengadopsi panel instrumen full digital TFT berukuran besar dengan dukungan fitur konektivitas.

    Suzuki e-Access Foto: Dok. Suzuki

    Suzuki e-Access akan dilengkapi dengan motor penggerak yang menghasilkan daya maksimum 4,1 kW dan torsi sebesar 15 Nm yang sebanding dengan skuter di kelas 150-200 cc. Kecepatan tertinggi motor ini bisa mencapai 71 km/jam dengan jarak tempuh maksimum 95 km.

    Belum ada detail spesifikasi dan detail harga motor listrik pertama Suzuki ini. Kabarnya Suzuki e-Access baru akan diperkenalkan secara resmi pada kuartal terakhir tahun ini di India.

    Suzuki e-Access Foto: Dok. Suzuki

    (lua/dry)

  • Kisah Perumahan Tawangrejo Asri Blora yang Kini Terbengkalai dan Dianggap Mistis
                
                    
                        
                            Regional
                        
                        29 Mei 2025

    Kisah Perumahan Tawangrejo Asri Blora yang Kini Terbengkalai dan Dianggap Mistis Regional 29 Mei 2025

    Kisah Perumahan Tawangrejo Asri Blora yang Kini Terbengkalai dan Dianggap Mistis
    Tim Redaksi
    BLORA, KOMPAS.com
    – Sebuah perumahan di pinggir Jalan
    Blora
    – Kunduran, tepatnya di kawasan Pos Ngancar, Tunjungan, Kabupaten Blora, tampak terbengkalai.
    Perumahan yang dulunya dikenal dengan nama Tawangrejo Asri kini sepi tanpa penghuni dan dikelilingi semak belukar.
    Padahal, secara lokasi, perumahan tersebut cukup strategis karena berada di tepi jalan provinsi.
    Namun kini hanya kendaraan roda dua yang bisa melintasi portal masuknya, sementara jalan paving yang dibangun justru lebih sering digunakan warga menuju area persawahan.
    Perumahan yang dibangun sekitar tahun 2010 dan diresmikan pada 2011 itu memiliki sekitar 42 unit rumah di atas lahan seluas 3 hektar.
    Sayangnya, kondisi bangunan kini tidak terawat—dinding retak, plafon jebol, dan vegetasi liar menyelimuti rumah-rumah tersebut.
    “Diresmikannya sekitar tahun 2011,” ujar Kepala Dusun Karangtawang, Musiran, saat ditemui Kompas.com di Balai
    Desa Tawangrejo
    , Rabu (28/5/2025).
    Musiran mengisahkan bahwa sempat ada pembeli saat perumahan itu diresmikan, bahkan pembeli pertama mendapat hadiah sepeda motor.
    “Saya ingat betul waktu itu pembeli pertama mendapatkan sepeda motor,” katanya.
    Namun, seiring waktu, satu demi satu penghuni meninggalkan rumah. Aliran listrik dan tandon air sempat tersedia, tapi muncul kendala utama: tidak adanya sumber air di wilayah tersebut.
    “Iya benar, perumahan itu mangkrak karena susah air,” ujar Musiran.
    Selain kendala infrastruktur, perumahan ini juga disebut-sebut menyimpan aura mistis. Menurut Musiran, ada calon pembeli yang batal membeli karena merasa melihat penampakan misterius.
    “Ya memang terlihat angker, kabarnya sudah ada yang melihat-lihat rumah tersebut, tetapi malah diperlihatkan sosok orang berjalan tanpa kepala, dan mereka tidak jadi beli,” terang dia.
    Meski tidak dihuni,
    perumahan Tawangrejo Asri
    masih membayar pajak bumi dan bangunan (PBB) sekitar Rp 1 juta per tahun, melalui balai desa.
    “Tapi yang jelas tiap tahun bayar pajak hampir satu juta rupiah,” kata Musiran.
    Orang yang membayarkan pajak tersebut adalah Sujat, yang ditugaskan oleh pemilik untuk menjaga area perumahan. Namun, kini ia sudah jarang terlihat.
    “Tapi dia sudah jarang menjaga perumahan itu karena kabarnya dapat jimat dari situ malah digunakan untuk jadi tukang pijat,” tambah Musiran.
     
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Menko Airlangga Bertemu Menteri Ekonomi Prancis, Bahas Danantara hingga IEU CEPA – Page 3

    Menko Airlangga Bertemu Menteri Ekonomi Prancis, Bahas Danantara hingga IEU CEPA – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto telah mengadakan pertemuan bilateral dengan Menteri Ekonomi, Keuangan, dan Kedaulatan Industri serta Digital Prancis Eric Lombard, pada Rabu (28/5) di Gedung A.A. Maramis, Jakarta.

    Pertemuan tersebut membahas berbagai isu strategis yang menjadi perhatian bersama, termasuk penguatan kerja sama perdagangan dan investasi bilateral.

    Nilai total perdagangan Indonesia dan Prancis sepanjang tahun 2024 tercatat sebesar USD2,4 miliar dengan tren pertumbuhan dalam 5 tahun terakhir tetap menunjukkan arah positif.

    Namun demikian, neraca perdagangan Indonesia terhadap Prancis masih menunjukkan defisit yang signifikan mencapai USD 532 juta pada tahun 2024.

    Potensi Kerja Sama Strategis

    Menko Airlangga menyampaikan berbagai potensi kerja sama strategis, termasuk proyek energi panas bumi (geothermal project) yang menjadi salah satu fokus pengembangan energi bersih dan berkelanjutan.

    “Pemerintah Indonesia telah membentuk DANANTARA sebagai lembaga dana investasi Indonesia yang juga akan berperan penting dalam membangun hilirisasi dan ekosistem kendaraan listrik (EV) secara menyeluruh,” kata Menko Airlangga, Kamis (29/5/2025).

    Sebagaimana diketahui, Prancis merupakan salah satu mitra utama Indonesia dalam bidang investasi, dengan nilai realisasi investasi pada tahun 2023 mencapai USD302,8 juta.

    Investasi ini tersebar di berbagai sektor prioritas nasional, antara lain konstruksi, industri mesin dan elektronik, pariwisata, properti, serta industri makanan.

    Perusahaan-perusahaan Prancis yang beroperasi di Indonesia seperti Eramet, Danone, L’Oréal, dan Michelin memainkan peran penting dalam mendorong pembangunan di Indonesia.

     

  • Mundur dari Pemerintah, Elon Musk Sempat Selisih dengan Trump soal RUU

    Mundur dari Pemerintah, Elon Musk Sempat Selisih dengan Trump soal RUU

    Washington DC

    Miliarder yang juga CEO Tesla Elon Musk mengundurkan diri dari pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Musk meninggalkan perannya di pemerintah AS tak lama setelah berselisih besar dengan Trump terkait rancangan undang-undang (RUU) ‘One Big, Beautiful Bill Act’.

    Musk telah mengumumkan di akun media sosial X mengenai kepergiannya dari pemerintah. Elon Musk juga mengucapkan terima kasih kepada Trump, saat masa jabatannya sebagai pegawai pemerintah khusus di Departemen Efisiensi Pemerintah (DOGE) berakhir.

    “Karena jadwal saya sebagai Pegawai Pemerintah Khusus telah berakhir, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Presiden Donald Trump atas kesempatan untuk mengurangi pemborosan pengeluaran,” tulisnya di platform media sosialnya X, seperti dilansir AFP, Kamis (29/5/2025).

    “Misi DOGE akan semakin kuat seiring berjalannya waktu karena menjadi cara hidup di seluruh pemerintahan,” tambahnya.

    Musk sebelumnya sempat tak satu pendapat dengan pemerintah Trump terkait RUU andalan Trump tersebut. Taipan teknologi kelahiran Afrika Selatan itu mengatakan RUU Trump akan meningkatkan defisit dan merusak kinerja DOGE, yang telah memecat puluhan ribu orang.

    Musk — yang selalu berada di sisi Trump sebelum menarik diri untuk fokus pada bisnis Space X dan Tesla miliknya — juga mengeluh bahwa DOGE telah menjadi ‘kambing hitam’ karena ketidakpuasan terhadap pemerintahan.

    “Sejujurnya, saya kecewa melihat RUU belanja besar-besaran yang meningkatkan defisit anggaran, bukan hanya menguranginya, dan merusak pekerjaan yang dilakukan tim DOGE,” kata Musk dalam wawancara dengan CBS News.

    Namun, para kritikus memperingatkan bahwa RUU itu akan menghancurkan perawatan kesehatan dan membengkakkan defisit nasional hingga USD 4 triliun dalam satu dekade.

    “Sebuah RUU bisa besar, atau bisa juga indah. Namun saya tidak tahu apakah keduanya bisa. Itu pendapat pribadi saya,” kata Musk dalam wawancara tersebut.

    Gedung Putih berusaha meminimalisir perbedaan pendapat mengenai pengeluaran pemerintah AS tersebut, tanpa menyebut Musk secara langsung.

    “‘RUU Besar yang Indah’ BUKAN RUU anggaran tahunan,” kata Wakil Kepala Staf Trump, Stephen Miller, di jejaring sosial Musk, X, setelah komentar raksasa teknologi itu ditayangkan.

    Miller mengatakan semua pemotongan DOGE harus dilakukan melalui RUU terpisah yang menargetkan birokrasi federal. Hal itu, kata dia, berdasarkan aturan Senat AS.

    Namun, komentar Elon Musk tersebut merupakan perpecahan yang jarang terjadi dengan presiden dari Partai Republik yang ia bantu untuk kembali berkuasa. Elon Musk diketahui sebagai donor terbesar untuk kampanye pemilihan Trump tahun 2024.

    Penugasan Musk dari Trump di Pemerintah

    Trump menugaskan Musk untuk memangkas pengeluaran pemerintah sebagai kepala DOGE. Namun, pada akhir April lalu, Musk mengumumkan bahwa ia sebagian besar akan mundur untuk menjalankan perusahaannya lagi.

    Musk mengeluh dalam wawancara terpisah dengan Washington Post bahwa DOGE, yang beroperasi di Gedung Putih dengan staf teknisi muda, telah menjadi sasaran kritik.

    “DOGE hanya menjadi kambing hitam untuk segalanya,” kata Musk kepada surat kabar itu di lokasi peluncuran Starbase di Texas menjelang peluncuran terbaru Space X.

    “Sesuatu yang buruk akan terjadi di mana saja, dan kami akan disalahkan untuk itu meskipun kami tidak ada hubungannya dengan itu,” imbuhnya.

    Musk menyalahkan birokrasi AS yang mengakar atas kegagalan DOGE untuk mencapai semua tujuannya, meskipun laporan mengatakan gaya mendominasi dan kurangnya keakraban dengan arus politik Washington juga merupakan faktor utama.

    “Situasi birokrasi federal jauh lebih buruk dari yang saya sadari. Saya pikir ada masalah, tetapi itu benar-benar perjuangan berat untuk mencoba memperbaiki keadaan di DC, setidaknya begitu,” tutur Musk.

    Musk sebelumnya mengakui bahwa ia tidak mencapai semua tujuannya dengan DOGE meskipun puluhan ribu orang telah diberhentikan dari daftar gaji pemerintah dan beberapa departemen dipangkas atau ditutup.

    Bisnis Musk sendiri menderita sementara itu.

    Para pengunjuk rasa yang menentang pemotongan biaya menargetkan dealer Tesla, sementara para pendemo bahkan membakar beberapa kendaraan listrik, dan laba perusahaan merosot.

    “Orang-orang membakar Tesla. Mengapa Anda melakukan itu? Itu benar-benar tidak keren,” kata Musk kepada Post.

    Musk juga telah berfokus pada Space X setelah serangkaian kemunduran yang menggemparkan dalam mimpinya untuk menjajah Mars — yang terbaru terjadi pada hari Selasa lalu ketika prototipe Starship meledak di atas Samudra Hindia.

    Taipan itu minggu lalu juga mengatakan ia akan menarik diri dari pengeluaran kekayaannya untuk politik, setelah menghabiskan sekitar seperempat miliar dolar untuk mendukung Trump.

    Hoegeng Awards 2025

    Baca kisah inspiratif kandidat polisi teladan di sini

  • Adu Performa Suzuki Fronx vs Rocky-Raize dan WR-V, Pilih Mana?

    Adu Performa Suzuki Fronx vs Rocky-Raize dan WR-V, Pilih Mana?

    Jakarta

    Pasar compact SUV asal Jepang makin seru. Namun mobil mana yang paling pas buat dipakai harian, yang mesinnya responsif, irit, dan nggak bikin stres di kemacetan?

    Suzuki Fronx jadi penantang baru di segmen compact SUV yang lama dihuni nama-nama beken dari Jepang seperti Daihatsu Rocky, Toyota Raize, dan Honda WR-V.Suzuki Fronx jadi penantang baru di segmen compact SUV yang lama dihuni nama-nama beken dari Jepang seperti Daihatsu Rocky, Toyota Raize, dan Honda WR-V.

    Suzuki Fronx resmi diluncurkan di Jakarta pada Rabu (28/5/25) Foto: Pradita Utama

    Di tengah persaingan yang ketat, Fronx mencoba tampil beda, terutama dari sisi performa yang lebih disesuaikan untuk kebutuhan harian dan diklaim lebih baik secara efisiensi hingga rendah emisi. Lantas mesin mana yang paling pas buat dipakai harian?

    Perbandingan ini akan fokus pada tipe tertinggi. Suzuki Fronx SGX tampil paling ‘canggih’ di antara kompetitornya yang masih pakai mesin konvensional. Mesin K15C milik Fronx dikawinkan dengan Integrated Starter Generator (ISG) dan baterai kecil, menjadikannya satu-satunya mobil dengan sistem mild hybrid di segmen ini.

    Menurut Shodiq Wicaksono, Managing Director PT Suzuki Indomobil Motor, mesin Fronx sudah memenuhi kriteria kendaraan LCEV (Low Carbon Emission Vehicle).

    “Selain itu tentunya kami sangat berterima kasih atas support yang telah diberikan oleh Kementerian Perindustrian dalam usaha Suzuki untuk berkontribusi dalam carbon neutrality dengan power train yang tepat dan SHVS Smart Hybrid Vehicle by Suzuki, Fronx dapat memenuhi kriteria kendaraan LCEV Low Carbon Emission Vehicle menghadirkan efisiensi bahan bakar yang jauh lebih baik dan berkontribusi pada penurunan emisi karbon secara keseluruhan,” ujar Shodiq pada momen peluncuran Suzuki Fronx.

    Secara output, mesin 1.5L mild hybrid Fronx memang “hanya” menghasilkan 100,6 PS dan torsi 135 Nm. Tapi dengan bantuan motor listrik kecil dari ISG, tarikan awal jadi terasa lebih ringan dan responsif, karakter yang sangat cocok untuk pemakaian dalam kota dan lalu lintas stop-and-go.

    Mesin Fronx vs Raize-Rocky vs WR-V

    Fronx juga mengambil jalur berbeda soal transmisi. Jika rivalnya mengandalkan CVT, Fronx justru tetap percaya diri dengan transmisi otomatis konvensional 6-percepatan.

    Buat sebagian pengendara, ini adalah kabar baik. Karena transmisi torque converter dikenal lebih andal dalam jangka panjang dan memberikan rasa perpindahan gigi yang lebih natural. Nggak ada gejala “ngeden” atau lag seperti yang kadang muncul di CVT saat butuh akselerasi mendadak.

    Namun kalau bicara tenaga mentah, memang Honda WR-V masih jadi yang paling unggul. Mesin 1.5L i-VTEC miliknya sanggup menyemburkan tenaga 121 PS dan torsi 145 Nm. Secara teori, ini membuat WR-V paling bertenaga saat dipacu, apalagi di jalan bebas hambatan.

    Tapi karakter mesin WR-V yang baru agresif di putaran atas kadang kurang cocok untuk pemakaian stop-and-go dalam kota. Di kondisi macet atau kecepatan rendah, responsnya cenderung datar dan butuh waktu untuk “bangun”.

    Komparasi Honda WR-V vs Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Foto: dok. detikOto

    Sementara itu, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky juga punya nilai lebih lewat mesin 1.0L turbo yang menyajikan torsi cukup besar di putaran bawah. Diklaim tenaganya tembus 98 PS di 6.000 RPM dan torsi puncak 140 Nm di rentang 2.400-4.000 RPM.

    Raize-Rocky mengusung transmisi CVT layaknya WR-V. Kombinasi mesin kecil, turbo, dan transmisi CVT memang cocok buat cruising, tapi saat dibawa bermanuver cepat atau butuh kickdown, potensi turbo lag khasnya mesin turbo berpotensi memberikan jeda sebelum melesat.

    Dari tiga mobil ini, terlihat jelas perbedaan pendekatan. Suzuki Fronx unggul dalam hal efisiensi bahan bakar, emisi rendah, dan sensasi berkendara yang halus berkat mild hybrid dan transmisi konvensional.

    WR-V jadi pilihan untuk yang mengutamakan performa di jalan tol atau luar kota, sedangkan Raize-Rocky mengkombinasikan efisiensi dan tenaga lewat mesin turbo, meskipun karakternya juga cocok buat penggunaan santai. Jadi mana pilihan kalian, detikers?

    (mhg/dry)