Topik: Listrik

  • Indonesia dan UE Capai Kemajuan Penting pada Perundingan IEU-CEPA

    Indonesia dan UE Capai Kemajuan Penting pada Perundingan IEU-CEPA

    Jakarta, Beritasatu.com – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan perkembangan terbaru terkait negosiasi Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU-CEPA).

    Dalam konferensi pers virtual yang digelar dari Jakarta, Sabtu (7/6/2025), Airlangga menyebutkan bahwa teks perundingan telah disepakati, dan beberapa isu teknis berhasil dirampungkan dalam putaran terakhir di tingkat kepala perunding (chief negotiator).

    “Kami ada pertemuan bilateral dengan EU Commissioner for Trade and Economic Security, Maroš Šefčovič, dengan agenda utama finalisasi Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement. Status adalah teks perundingan telah selesai dan sejumlah isu teknis yang kemarin mampu diselesaikan dalam putaran terakhir di tingkat chief negotiation,” ujarnya seperti dikutip dari Antara.

    Pertemuan bilateral ini mencerminkan komitmen kedua pihak untuk memperkuat kerja sama strategis dan membuka akses pasar yang lebih luas, baik dari sisi perdagangan maupun investasi. Kesepakatan ini juga diarahkan untuk menurunkan hambatan dagang, baik tarif maupun nontarif.

    Indonesia dan Uni Eropa sepakat untuk memanfaatkan situasi global yang penuh ketidakpastian saat ini sebagai peluang memperkuat rantai pasok global. Kedua pihak melihat pentingnya percepatan finalisasi IEU-CEPA, mengingat posisi komoditas utama dari masing-masing negara bersifat saling melengkapi, bukan bersaing langsung.

    Airlangga menyebutkan bahwa Uni Eropa, dengan populasi sekitar 450 juta jiwa dan produk domestik bruto (PDB) sebesar US$ 19,5 triliun, merupakan pasar strategis yang potensial. Di sisi lain, Indonesia memiliki populasi sekitar 282 juta jiwa dengan PDB sebesar US$ 1,4 triliun, menjadikannya mitra dagang penting.

    Data tahun 2024 menunjukkan bahwa nilai perdagangan Indonesia dan Uni Eropa mencapai US$ 30,1 miliar, menjadikan Uni Eropa sebagai mitra dagang terbesar kelima bagi Indonesia. Sementara itu, Indonesia berada di peringkat ke-33 sebagai mitra dagang bagi Uni Eropa. Neraca perdagangan juga menunjukkan surplus bagi Indonesia, yang meningkat dari US$ 2,5 miliar pada 2023 menjadi US$ 4,5 miliar pada 2024.

    “Komisioner Maroš dan saya telah melakukan review akhir atas perkembangan perundingan dan sepakat atas langkah strategis untuk menyelesaikan beberapa isu teknis ataupun pending issues,” ungkap Airlangga.

    Negosiasi yang berlangsung selama sembilan tahun dengan 19 putaran resmi, ditambah pembahasan mingguan di level kepala perunding, akan segera dilaporkan kepada Presiden Prabowo Subianto dan Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen.

    Airlangga juga menjelaskan bahwa ketika kesepakatan mulai diberlakukan dalam 1–2 tahun ke depan, sekitar 80% produk ekspor Indonesia ke Uni Eropa akan dikenakan tarif bea masuk 0 persen.

    Komisioner Maroš, dalam pertemuan tersebut, menyampaikan apresiasi atas komitmen kuat Indonesia dalam menyelesaikan perundingan ini. Beberapa sektor utama yang menjadi fokus kerja sama mencakup energi terbarukan, pengembangan ekosistem kendaraan listrik, industri padat karya seperti alas kaki dan tekstil, serta komoditas penting seperti minyak sawit dan hasil perikanan.

    Pihak Uni Eropa juga menyoroti beberapa isu krusial dalam kerja sama ini, termasuk tingkat komponen dalam negeri (TKDN), industri otomotif, mineral kritis, serta insentif yang akan diberikan bagi investor asing.

    “Komisioner Maroš tentu memberikan beberapa catatan yang sudah dijadikan kesepakatan bersama dan secara prinsip kesepakatan ini sudah menjadi hal yang kedua belah pihak telah menyetujui,” tambah Airlangga.

    Dalam kesempatan tersebut, Indonesia juga menyuarakan pentingnya kesetaraan dalam perlakuan ekspor hasil perikanan. Indonesia meminta agar produk perikanannya tidak diperlakukan berbeda dari negara-negara Asia Tenggara lainnya seperti Thailand atau Filipina. Pihak Uni Eropa menyatakan telah menyetujui permintaan ini dan menjanjikan perlakuan setara dalam level playing field.

    Terkait isu deforestasi, Airlangga menyebutkan bahwa Komisioner Maroš memberikan jaminan perlakuan khusus untuk Indonesia, yang akan sangat berpengaruh terhadap ekspor produk berbasis kehutanan.

    “Terkait dengan kebijakan (mengenai) deforestasi, Komisioner Maroš menjanjikan akan memberikan perlakuan khusus kepada Indonesia dan tentunya ini sangat berpengaruh terhadap ekspor dalam Indonesia, yaitu terutamanya produk-produk yang berasal dari hasil hutan,” tutupnya.

  • Wuling Tebar Promo DP Rendah-Cicilan Ringan

    Wuling Tebar Promo DP Rendah-Cicilan Ringan

    Jakarta

    Mobil kerap menjadi pilihan masyarakat untuk bertransportasi. Terlebih kini banyak kemudahan yang ditawarkan para produsen agar masyarakat lebih mudah memilikinya. Bahkan berbagai keuntungan lebih juga menjadi senjata produsen mobil menggoda konsumen.

    Seperti Wuling Motor yang terus menggoda konsumen Indonesia, dengan berbagai program menarik sekaligus menguntungkan. Salah satunya promo bertajuk “Wuling Mid Year SALEbration”.

    Program yang berlaku secara nasional di sepanjang bulan Juni ini mencakup seluruh lini produk Wuling baik untuk mobil listrik (EV), mobil Hybrid (HEV) maupun mobil berbahan bakar konvensional (ICE), tentunya dengan syarat dan ketentuan berlaku. Promo yang ditawarkan terbilang beragam, mulai dari uang muka ringan, bunga 0%, sampai dengan asuransi gratis. Tak hanya itu, ada juga voucher belanja dan e-wallet, bahkan undian berhadiah utama mobil listrik.

    “Wuling mempersembahkan promo Wuling Mid Year SALEbration dalam rangka mempermudah konsumen untuk memiliki mobil impiannya di bulan Juni. Oleh karenanya kami hadirkan beragam pilihan promo mulai dari uang muka, cicilan, asuransi sampai dengan paket perawatan berkala. Tidak ketinggalan tambahan benefit untuk memberikan manfaat lebih seperti voucher belanja dan e-wallet plus adanya garansi seumur hidup komponen utama EV serta Hybrid yang membuat konsumen bebas khawatir,” ujar Sales Operation Manager Wuling Motors, Edison dalam siaran persnya.

    Sepanjang bulan Juni ini, konsumen yang melakukan pembelian mobil Wuling bisa mendapatkan DP rendah mulai dari Rp 18 juta serta menikmati cicilan dengan bunga 0% hingga 3 tahun. Selain itu, konsumen pun dapat memperoleh voucher belanja hingga Rp 5 juta pada event event khusus. Lebih dari itu, Wuling pun menggelar undian grand prize bagi konsumen yang melakukan pembelian selama masa promo, dengan hadiah utama berupa 1 (satu) unit Wuling BinguoEV.

    Wuling memperkenalkan varian baru Wuling Air EV dan Wuling Cloud EV pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2025, di arena JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (13/2/2025). Foto: Agung Pambudhy

    Bagi konsumen yang berminat melakukan pembelian mobil listrik, Wuling menggelar program Wuling EV ABC Stories. Konsumen bisa menikmati gratis biaya perawatan hingga 15,5 tahun atau 155.000 km untuk BinguoEV dan New Cloud EV, serta hingga 8 tahun atau 150.000 km untuk New Air ev. Selain itu, konsumen terdapat charging device gratis untuk New Air ev Pro, BinguoEV, dan New Cloud EV, serta tambahan DC Adapter. Seluruh model EV Wuling juga disertai dengan Lifetime EV Core Component Warranty untuk tiga komponen utama, yaitu power battery, drive motor, dan motor control unit. Ditambah lagi, selama masa promo ini, konsumen juga mendapatkan gratis asuransi untuk seluruh produk Wuling EV.

    Tersedia juga promo untuk Wuling Alvez, SUV 5-seater yang stylish dan compact. Wuling menawarkan program 70% Resale Value Guarantee pada tahun ketiga kepemilikan. Konsumen juga bisa menikmati gratis biaya jasa perawatan berkala hingga 8 tahun atau 100.000 km. Sebagai tambahan khusus selama masa promo ini, pembeli Wuling Alvez juga mendapatkan e-wallet senilai hingga Rp5 juta yang dapat digunakan untuk pembelian bahan bakar.

    Sedangkan New Almaz RS, medium SUV 7-seater Wuling, tersedia keuntungan berupa 70% Resale Value Guarantee pada tahun ketiga kepemilikan, gratis biaya jasa perawatan berkala hingga 8 tahun atau 100.000 km, serta Lifetime Hybrid Core Component Warranty khusus untuk New Almaz RS hybrid, guna memberikan konsumen kenyamanan dan ketenangan lebih.

    (lth/dry)

  • Mobil Listrik Toyota yang Pakai Baterai BYD Bakal Dijual Mulai Rp 290 Jutaan!

    Mobil Listrik Toyota yang Pakai Baterai BYD Bakal Dijual Mulai Rp 290 Jutaan!

    Jakarta

    Toyota bakal segera meluncurkan mobil listrik teranyar yang menggunakan baterai dan motor listrik dari BYD. Mobil itu bakal dijual di bawah Rp 300 jutaan.

    Mobil listrik anyar Toyota buah kerjasama dengan FAW bakal dirilis pada 10 Juni. Jelang peluncuran, mobil listrik bernama Toyota bZ5 sudah masuk jalur produksi di pabrik kawasan Tianjin. Model anyar ini dibangun di atas platform e-TNGA dan siap mengacak-acak pasar dengan harganya yang kompetitif sekaligus teknologi canggih.

    Diberitakan Car News China, Toyota bZ5 ini akan tersedia dalam dua opsi. Pertama versi jarak 550 km (dalam pengujian CLTC) dan 630 km. Versi 550 km, disebut-sebut bakal dijual dengan harga di bawah 130 ribu yuan atau setara dengan Rp 295 jutaan. Ada juga versi 550 km yang sudah dilengkapi dengan sistem bantuan pengemudi ADAS L2 dibanderol di bawah 160 ribu yuan atau setara Rp 363 jutaan. Sementara itu versi 630 km belum diketahui bocoran harganya. ( 1 yuan = Rp 2.269).

    Menariknya, mobil listrik ini mengusung tenaga yang berasal dari BYD. Pertama ada baterai yang dibuat oleh BYD Blade. Tak cuma itu, motor listrik depan 200 kW juga berasal dari anak perusahaan BYD FinDreams.

    Soal spesifikasi, Toyota bZ5 memiliki dimensi panjang 4.780 mm, lebar 1.866 mm dan tinggi 1.510 mm, dengan jarak sumbu roda 2.880 mm. Mobil ini menggunakan pelek berukuran 21 inci.

    Dari segi keselamatan, FAW-Toyota bZ5 dilengkapi dengan sistem bantuan berkendara perkotaan Momenta 5.0 L2 yang canggih. Sistem itu didukung oleh 33 sensor, termasuk lidar atap, lima radar gelombang milimeter, dan tujuh kamera. Pejabat di FAW-Toyota mengklaim sistem tersebut dapat mewujudkan lebih dari 30 navigasi dengan kemampuan autopilot seperti bantuan parkir cerdas, parkir jarak jauh, dan Toyota Safety Sense.

    Di bagian interior, latar belakang merahnya mencolok, dipadukan dengan layar kendali sentral bergaya floating dengan ukuran 15,6 inci, panel instrumen LCD persegi panjang, dan panoramic sunroof 1,44 m2. Menurut Toyota, panoramic sunroof mobil ini dapat memblokir 99,98% sinar ultraviolet dan 99,3% sinar inframerah.

    Menarik untuk menanti kehadiran Toyota bZ5. Sebab, sebelumnya mobil listrik Toyota bZ3X yang dibangun dari platform mobil China GAC laris manis dalam waktu singkat. Antrean pun mengular cukup pajak karena mobil listrik Rp 200 jutaan itu sangat diminati warga lokal.

    (dry/din)

  • Mobil Bensin Bakal Tamat Gara-gara Temuan Peneliti Korea Selatan

    Mobil Bensin Bakal Tamat Gara-gara Temuan Peneliti Korea Selatan

    Jakarta, CNBC Indonesia – Korea Selatan baru-baru ini mengembangkan inovasi baterai berbahan silikon untuk electric vehicle. Inovasi ini datang dari para peneliti di Pohang University of Science and Technology.

    Terobosan ini pun bisa menjadi titik balik besar dalam industri otomotif, menghapus ketergantungan pada bahan bakar minyak (BBM) alias bensin, dan mempercepat peralihan ke kendaraan listrik.

    Baterai berbahan silikon ini mampu menempuh jarak hingga 1.000 km dalam sekali pengisian daya. Dengan daya jelajah yang jauh lebih panjang, inovasi baterai silikon ini bisa mengatasi kekhawatiran tersebut dan membuat mobil konvensional mungkin saja semakin ditinggalkan.

    Adapun material silikon banyak diteliti untuk digunakan dalam pembuatan baterai karena tersedia melimpah berbagai belahan dunia. Meski demikian, silikon juga punya karakter yang membuatnya bermasalah.

    Ukuran elemen silikon bisa bertambah besar hingga tiga kali saat dicas, kemudian menyusut kembali. Karena itu, kebanyakan penelitian mencoba membuat baterai dengan material silikon berbentuk partikel nano yang ukurannya sangat kecil.

    Permasalahannya, ongkos untuk memproduksi partikel nano sangat mahal dan prosesnya sangat kompleks.

    Peneliti dari Pohang punya pendekatannya yang berbeda. Mereka justru menggunakan partikel silikon berkurang 1.000 kali lebih besar, yaitu dalam skala mikro.

    Elemen ukuran ini lebih mudah dan murah untuk diproduksi dengan densitas energi yang lebih lega.

    Peneliti kemudian mencari solusi dari masalah kembang-kempis partikel silikon. Mereka menggunakan gel polimer elektrolit yang bentuknya berubah ketika elemen silikon berubah bentuk.

    Gel ini kemudian diikat secara kimia dengan radiasi lewat tembakan elektron. Hasilnya, adalah ikatan yang stabil meskipun partikel silikon kembang-kempis.

    Bahkan, kestabilan baterai silikon buatan para peneliti setara dengan baterai lithium-ion standar, dengan densitas energi 40% lebih besar.

    “Kami menggunakan anoda mikro-silikon, hasilnya tetap baterai yang stabil. Riset ini membawa kita lebih dekat ke sistem baterai lithium-ion densitas-energi-tinggi,” kata Park Soojin dari Pohang University dikutip Sabtu (7/6/2025).

    Para peneliti menyatakan baterai rancangan mereka bisa dengan mudah diaplikasikan.

    (fab/fab)

  • Polusi Suara dari Manusia Bikin Stres Satwa Antartika

    Polusi Suara dari Manusia Bikin Stres Satwa Antartika

    Jakarta

    Polusi suara yang dihasilkan oleh aktivitas manusia di beberapa area Antartika dapat berdampak negatif pada kesejahteraan fauna di area tersebut.

    Studi yang dilakukan University of the Republic of Uruguay (Udelar) dan Pompeu Fabra University (UPF) mencatat bahwa kebisingan yang dihasilkan oleh manusia dapat menjadi pemicu stres yang signifikan bagi fauna Antartika. Para peneliti juga memperingatkan bahwa konsekuensi negatifnya sejauh ini masih diremehkan, dibandingkan dengan yang disebabkan oleh aktivitas manusia lainnya di bagian planet ini.

    Meningkatnya aktivitas manusia di Antartika, termasuk operasi ilmiah dan logistik, telah menimbulkan kekhawatiran tentang insiden kebisingan yang dihasilkan manusia pada ekosistem Antartika.

    Studi oleh Udelar dan UPF, yang dipublikasikan dalam artikel terbaru di jurnal Ecological Informatics, menganalisis dampak kebisingan yang disebabkan oleh pembangkit listrik di Antarctic Specially Protected (ASPA) atau Area Kawasan Lindung Khusus Antartika no. 150 di Pulau Ardley.

    Studi ini secara khusus berfokus pada pemeriksaan apakah kebisingan yang disebabkan oleh generator listrik, yang terletak 2 km dari Pulau Ardley, dapat didengar dari kawasan lindung yang dihuni oleh berbagai spesies hewan.

    Pulau ini merupakan tempat berkembang biak yang penting bagi burung laut (penguin, burung petrel, burung laut, dan burung skua). Pulau ini juga dikunjungi oleh mamalia laut (berbagai spesies anjing laut, singa laut Antartika, anjing laut gajah), yang pergi ke sana untuk mencari makan atau berganti bulu.

    Hasil penelitian telah menguatkan bahwa suara yang dihasilkan generator tersebut dapat didengar dengan jelas dari ASPA, tetapi penelitian selanjutnya harus menguatkan efek spesifik yang mungkin ditimbulkannya terhadap perilaku berbagai spesies hewan yang hidup di sana.

    Salah satu peneliti dalam studi ini adalah Martín Rocamora, anggota kelompok penelitian Music Technology Group (MTG) dari Departemen Teknik UPF, serta terkait dengan Institute of Electrical Engineering of the Udelar Faculty of Engineering.

    Rekan penulis artikel lainnya berasal dari universitas di Uruguay dan meliputi Lucía Ziegler sebagai peneliti utama (Laboratory of Functional Ecoacoustics of the Department of Ecology and Environmental Management of the Eastern Region University Centre, Udelar, Maldonado) dan Maximiliano Anzibar Fialho (Institute of Physics of the Faculty of Sciences, Udelar).

    Para peneliti menjelaskan bahwa sinyal akustik sangat penting untuk komunikasi dan interaksi sosial berbagai spesies dan penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa kebisingan yang dibuat oleh manusia merupakan pemicu stres lingkungan yang besar bagi hewan.

    Akan tetapi, hingga saat ini sebagian besar penelitian tentang hal ini berfokus pada ekosistem laut, sedangkan penelitian saat ini berfokus pada dampak polusi suara terhadap spesies darat.

    Untuk tujuan ini, para peneliti merekam suara-suara di beberapa area Pulau Ardley selama musim panas 2022 hingga 2023. Pulau ini terletak sangat dekat dengan Semenanjung Fildes, salah satu area terpadat di Antartika karena beberapa pangkalan dari berbagai negara berlokasi di sana.

    Untuk studi khusus ini, dua perangkat perekam dari jaringan sensor ekstensif yang tersedia bagi tim peneliti digunakan. Satu berada di semenanjung Fildes, 300 m dari generator yang menyebabkan kebisingan, dan yang lainnya, di Pulau Ardley sendiri, 2 km tenggara dari sumber suara tersebut. Setiap perangkat diprogram untuk merekam audio selama lima menit per jam.

    Dengan demikian, karakteristik akustik spesifik dari generator listrik dan perbedaannya dengan sumber kebisingan lain seperti kendaraan darat, kapal, dan pesawat terbang dapat ditentukan. Hubungan suara yang terekam dengan kecepatan dan arah angin pada saat tertentu juga dianalisis.

    Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa lanskap suara Pulau Ardley diubah oleh keberadaan generator listrik, sumber kebisingan di dekatnya, yang dapat memengaruhi fauna di kawasan lindung ini.

    “Hewan biasanya merespons paparan kebisingan dengan mengubah perilaku mereka yang biasa, termasuk perubahan jenis dan frekuensi vokalisasi serta efisiensi dalam mencari makan dan merespons predator. Mereka juga dapat mengalami kehilangan pendengaran atau peningkatan kadar hormon stres,” kata Rocamora seperti dikutip dari Phys.

    Terkait dengan datangnya angin, penelitian menetapkan bahwa angin merupakan penghalang utama bagi suara untuk mencapai pulau tersebut.

    Para peneliti memperingatkan perlunya meningkatkan kesadaran akan dampak polusi suara pada ekosistem Antartika dan memperkenalkan perbaikan untuk tujuan ini dalam rencana pengelolaan ASPA.

    Oleh karena itu, mereka menganggap perlu memperkenalkan strategi pemantauan akustik dalam program pemantauan lingkungan dan menerapkan langkah-langkah untuk mengurangi dampak kebisingan manusia di wilayah tersebut.

    (rns/rns)

  • Chery Jual Sedan Hybrid Murah, Harganya Cuma Rp 180 Juta

    Chery Jual Sedan Hybrid Murah, Harganya Cuma Rp 180 Juta

    Jakarta

    Produsen roda empat asal China, Chery resmi meluncurkan sedan hybrid murah untuk konsumen domestik. Kendaraan tersebut bernama Chery Fulwin A8 dan dibanderol mulai Rp 180 juta! Apa saja kelebihannya?

    Disitat dari Carnewschina, Sabtu (7/6), Chery Fulwin A8 mengusung desain ‘oriental aesthetics’. Meski harganya termasuk murah, namun sedan hybrid tersebut punya tampilan yang tergolong mewah.

    Malahan, jika boleh sedikit berlebihan, desainnya mirip-mirip sedan mid-range buatan Jepang. Lihat saja bagian grilnya yang tegas, lampu utama atau headlamp-nya yang meruncing dan terhubung ke emblem, serta tarikan garisnya yang benar-benar sporty.

    Chery Fulwin A8. Foto: Doc. Carnewschina

    Chery Fulwin A8 punya dimensi panjang 4.790 mm, lebar 1.843 mm, tinggi 1.487 mm dan jarak sumbu roda 2.790 mm. Angka tersebut cukup ringkas untuk kendaraan berjenis sedan.

    Di dalam kabin, interior Fulwin A8 mengusung gaya keluarga dengan layar ganda yang memberi nuansa canggih. Sistem infotainmennya sudah mendukung wireless Apple CarPlay dan Huawei HiCar, bikin koneksi ke smartphone praktis tanpa menggunakan kabel. Pabrikan juga membekalinya dengan setir model flat-bottom yang mutakhir.

    Urusan fitur keselamatan, Fulwin A8 tak main-main. Sedan itu sudah dibekali teknologi Level 2 Advanced Driver Assistance System (ADAS) dengan total 19 fitur bantuan berkendara pintar. Tujuannya jelas: bikin berkendara lebih aman dan nyaman di segala kondisi.

    Chery Fulwin A8. Foto: Doc. Carnewschina

    Pabrikan juga membekalinya dengan Lion 5.0 AI Smart Cockpit, sistem kokpit pintar yang dijalankan chip Snapdragon 8155. Tak cuma pintar, sistem tersebut juga cepat. Bahkan, booting-nya hanya butuh waktu 2 detik!

    Soal performa, Fulwin A8 menggunakan mesin 1.5 L yang dikombinasikan sistem hybrid pintar. Mobil tersebut mampu menempuh 70-145 km dengan tenaga listrik murni (standar CLTC), dan mencatat konsumsi BBM 4,55 liter per 100 km berdasarkan standar WLTC.

    Fulwin A8 menggunakan transmisi DHT super-hybrid CVT yang punya efisiensi tinggi. Sementara mode berkendaranya ada empat: pure electric, series hybrid, parallel hybrid, dan direct engine drive. Semuanya bekerja otomatis menyesuaikan kondisi jalan, demi performa dan efisiensi yang optimal.

    Berikut Harga Chery Fulwin A870km Basic (1.5L) – 79.900 yuan (Rp 181 juta)70km Standard (1.5L) – 87.900 (Rp 199 juta)70km Comfort (1.5L) – 93.900 (Rp 213 juta)145km Comfort (1.5T) – 99.900 (Rp 226 juta)145km Luxury (1.5T) – 109.900 (Rp 249 juta).

    (sfn/dry)

  • Labfor Surabaya Telusuri Titik Api Kebakaran Big Mall Samarinda, Atrium Jadi Fokus Utama
                
                    
                        
                            Regional
                        
                        7 Juni 2025

    Labfor Surabaya Telusuri Titik Api Kebakaran Big Mall Samarinda, Atrium Jadi Fokus Utama Regional 7 Juni 2025

    Labfor Surabaya Telusuri Titik Api Kebakaran Big Mall Samarinda, Atrium Jadi Fokus Utama
    Tim Redaksi
    SAMARINDA, KOMPAS.com
    – Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Surabaya mulai menyelidiki penyebab kebakaran
    Big Mall
    Samarinda yang terjadi pada Selasa (3/6/2025). Penyelidikan berlangsung sejak Sabtu (7/6/2025) siang dan difokuskan pada area Atrium, yang mengalami kerusakan terparah akibat kebakaran.
    Pemeriksaan forensik dimulai sekitar pukul 13.00 WITA. Sejumlah personel dari Reskrim Polresta Samarinda turut mendampingi tim Labfor untuk mengamankan lokasi dan membantu proses pengumpulan barang bukti.
    “Iya benar, ini pengungkapan pasti asal api itu, makanya jangan diganggu,” ujar Muhammad Mehransyah, petugas keamanan yang berjaga di pintu masuk lantai tiga
    Atrium Big Mall
    , saat ditemui di lokasi.
    Menurut Mehransyah, seluruh akses ke area Big Mall, terutama bagian Atrium, kini ditutup total untuk umum. Hal ini sesuai dengan permintaan pihak kepolisian guna menjaga lokasi tetap steril.
    “Ada izin dari Manajemen kah, Mas? Kalau tidak ada, tidak boleh masuk,” ujarnya kepada wartawan. “Ini permintaan dari pihak kepolisian, untuk tidak boleh masuk,” lanjutnya.
    Seorang staf Big Mall yang enggan disebutkan namanya juga menyebutkan bahwa pemeriksaan ini merupakan bagian dari “penyelidikan internal”. Ia menolak untuk diwawancarai dan berusaha menutup kamera awak media.
    Dalam proses penyelidikan, tim forensik mengumpulkan sampel dan bukti fisik dari area terdampak, termasuk material yang terbakar, instalasi listrik, dan komponen lain yang mungkin menjadi pemicu kebakaran. Mengingat skala kerusakan yang besar, proses ini diperkirakan membutuhkan waktu cukup lama.
    Kebakaran di
    Big Mall Samarinda
    sempat menimbulkan kepanikan. Meski tidak ada korban jiwa, kerugian material ditaksir cukup besar. Beberapa toko mengalami kerusakan parah dan operasional pusat perbelanjaan terbesar di Samarinda itu terhenti total sejak insiden terjadi.
    Hingga berita ini diturunkan, tim Labfor dan kepolisian masih berada di lokasi untuk melanjutkan penyelidikan. Hasil investigasi ini diharapkan bisa menjawab pertanyaan mengenai penyebab pasti kebakaran, sekaligus menjadi dasar tindak lanjut dari pihak manajemen maupun aparat penegak hukum.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Trump Teken Perintah Tingkatkan Pertahanan Drone-Pesawat Supersonik

    Trump Teken Perintah Tingkatkan Pertahanan Drone-Pesawat Supersonik

    Jakarta

    Presiden Amerika Serikat Donald Trump menandatangani perintah eksekutif untuk memperkuat pertahanan AS terhadap ancaman drone dan untuk meningkatkan taksi udara listrik dan pesawat komersial supersonik.

    Hal tersebut disampaikan Gedung Putih pada Jumat (6/6) waktu setempat, seperti dilansir Reuters dan Al Arabiya, Sabtu (7/6/2025).

    Dalam tiga perintah eksekutif tersebut, Trump berusaha untuk memungkinkan penggunaan drone atau pesawat nirawak secara rutin di luar jangkauan penglihatan operator – sebuah langkah kunci untuk memungkinkan pengiriman drone komersial – dan untuk mengambil langkah-langkah guna mengurangi ketergantungan AS pada perusahaan drone China.

    Trump kini membentuk satuan tugas federal untuk memastikan kendali AS atas langit Amerika, memperluas pembatasan atas situs-situs sensitif, memperluas penggunaan teknologi federal untuk mendeteksi pesawat nirawak, dan memberikan bantuan kepada penegak hukum negara bagian dan lokal.

    Trump juga bertujuan untuk mengatasi “ancaman teroris kriminal dan penyalahgunaan pesawat nirawak oleh pihak asing di wilayah udara AS,” kata Michael Kratsios, direktur Kantor Kebijakan Sains dan Teknologi Gedung Putih.

    “Kami mengamankan perbatasan kami dari ancaman keamanan nasional, termasuk di udara, dengan acara publik berskala besar seperti Olimpiade dan Piala Dunia yang sudah di depan mata,” imbuhnya.

    Sebastian Gorka, direktur senior kontraterorisme di Dewan Keamanan Nasional, menyinggung tentang penggunaan drone dalam perang Rusia di Ukraina dan ancaman terhadap acara olahraga besar AS.

    “Kami akan meningkatkan kemampuan dan kapasitas antidrone,” kata Gorka. “Kami akan meningkatkan penegakan hukum saat ini untuk mencegah dua jenis individu: pelaku kejahatan dan orang bodoh,” imbuhnya.

    Masalah drone yang mencurigakan juga mendapat perhatian signifikan tahun lalu, setelah serangkaian penampakan drone di New Jersey, AS. Badan Penerbangan Federal AS, FAA menerima lebih dari 100 laporan penampakan drone di dekat bandara-bandara setiap bulan.

    Trump juga memerintahkan FAA untuk mencabut larangan yang diberlakukan pada tahun 1973 terhadap transportasi udara supersonik.

    “Realitanya adalah bahwa warga Amerika seharusnya dapat terbang dari New York ke L.A. dalam waktu kurang dari empat jam,” kata Kratsios. “Kemajuan dalam rekayasa kedirgantaraan, ilmu material, dan pengurangan kebisingan kini membuat penerbangan supersonik di darat tidak hanya memungkinkan, tetapi juga aman, berkelanjutan, dan layak secara komersial,” imbuhnya.

    Perintah Trump ini tidak melarang perusahaan drone China mana pun, kata para pejabat. Tahun lalu, mantan Presiden Joe Biden menandatangani undang-undang yang dapat melarang DJI dan Autel Robotics yang berbasis di China untuk menjual model drone baru di AS.

    DJI, produsen drone terbesar di dunia, menjual lebih dari separuh dari semua drone komersial AS.

    Lihat juga Video ‘Trump: Elon Musk Kesal Karena Insentif Pajak Kendaraan Listrik Dihapus’:

    Hoegeng Awards 2025

    Baca kisah inspiratif kandidat polisi teladan di sini

  • Video: DEN Soal RI Masih Perlu PLTU Batu Bara hingga Pembangkit Nuklir

    Video: DEN Soal RI Masih Perlu PLTU Batu Bara hingga Pembangkit Nuklir

    Jakarta, CNBC Indonesia- Pemerintah RI dalam Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) 2025-2034 menargetkan penambahan pembangunan pembangkit listrik sebesar 69,5 Gigawatt. Target ini terdiri atas 61% atau 42,6 GW berasal dari pembangkit Energi Baru Terbarukan (EBT), 15% atau 10,3 GW berasal dari Storage dan 25% atau 16,6 GW berasal dari pembangkit energi fosil yakni gas dan batu bara.

    Terkait rencana penambahan pembangkit EBT yang lebih besar dari pembangkit fosil, Anggota Dewan Energi Nasional (DEN), Agus Puji menyebutkan strategi ini selaras dengan rencana transisi energi menuju target Net Zero Emission 2060. Meski demikian masih terdapat pembangunan 6,3 GW pembangkit Batu barat yang memang belum bisa dihapus secara permanen namun direncanakan akan menggunakan teknologi CCS (Carbon Capture and Storage) dan CCUS (Carbon Capture, Utilization and Storage) untuk mengurangi emisi karbonnya.

    Di sisi lain RUPTL juga memuat rencana pembangunan pembangkit Nuklir 500 Megawatt sebagai sumber energi EBT yang bisa menjadi penyeimbang transisi energi

    Seperti apa DEN melihat RUPTL 2025-2034? Selengkapnya simak dialog Maria Katarina dan Savira Wardoyo dengan FX Analyst CNBC Indonesia Research, Revo Gilang Firdaus dalam Squawk Box, CNBC Indonesia (Selasa, 03/06/2025)

  • Ternyata Ini yang Bikin Harga Mobil Listrik Bekas Anjlok

    Ternyata Ini yang Bikin Harga Mobil Listrik Bekas Anjlok

    Jakarta

    Pakar Otomotif dan Akademisi Institut Teknologi Bandung (ITB) Yannes Martinus Pasaribu menjelaskan alasan kenapa harga mobil listrik bekas anjlok. Kata Yannes, harga mobil listrik bekas terjun bebas lantaran mahalnya dan canggihnya komponen baterai.

    Penyebab utama dan paling fundamental dari anjloknya nilai jual kembali BEV adalah risiko yang melekat pada baterai, dan sangat pesatnya laju perkembangan teknologi baterai itu sendiri,” buka Yannes dihubungi detikOto, Jumat (6/6/2025).

    Yannes menjelaskan, baterai merupakan komponen termahal, mencakup 30-40% dari total harga kendaraan baru, sekaligus jadi pusat kekhawatiran terbesar untuk calon pembeli mobil bekas.

    “Kekhawatiran ini berakar pada degradasi kapasitas baterai yang tak terhindarkan seiring waktu (sekitar 3.000 kali charge-discharge dan penggunaannya kalau sudah 7-8 tahun yang akan kehilangan garansi pabrik, lalu risiko biaya penggantiannya sangat tinggi, bisa mencapai ratusan juta rupiah, yang seringkali melebihi nilai mobil bekas itu sendiri,” sambung Yannes.

    Lanjut Yannes menambahkan, ketidakpastian ini diperparah oleh pesatnya inovasi, setiap model baru yang diluncurkan hampir selalu menawarkan teknologi baterai dengan densitas energi lebih tinggi, jarak tempuhnya lebih jauh, proses pengisian daya semakin cepat, aspek safety-nya pun makin tinggi dan biaya produksinya pun semakin cepat turun.

    “Jadi, jika tahun 2023 harga baterai LFP global $149/kWh, saat ini turun jadi $99/kWh. Artinya ada potensi besar harga BEV baru kelak akan semakin turun lagi, akibat dari cepatnya perkembangan teknologi yang membuat BEV bekas semakin cepat obsolete (ketinggalan jaman) dan BEV yang baru berumur 1-2 tahun saja langsung terasa usang secara teknologi, hal ini pasi menciptakan jurang nilai yang sangat dalam antara model baru dan lama, yang tidak pernah terjadi secepat ini pada teknologi mesin ICE konvensional,” tambah Yannes.

    Harga Mobil Listrik Bekas Anjlok 50% dalam 2 Tahun

    Diberitakan sebelumnya, harga mobil listrik bekas anjlok di pasaran. Ini menandakan mobil ramah lingkungan tersebut memiliki resale value atau nilai jual kembali yang lebih buruk dari resale value mobil-mobil konvensional atau ICE (internal combustion engine).

    Sebagai contoh, di laman jual beli mobil bekas, OLX, Hyundai Ioniq 5 2023 tipe Signature Long Range ditawarkan dengan harga pembuka Rp 460 juta. Padahal harga Ioniq 5 dengan tipe yang sama dan dalam kondisi baru, harganya tembus Rp 844,6 juta. Artinya, dalam 2,5 tahun pemakaian, harga mobil ini terdepresiasi hingga 55%.

    Masih dari situs serupa, ada yang memasarkan mobil listrik Kia EV6 GT Line lansiran 2023 dengan harga pembuka Rp 775 juta. Asal tahu saja, harga mobil listrik asal Korea Selatan tersebut, barunya mencapai Rp 1,349 miliar. Maka artinya, dalam dua setengah tahun harga mobil tersebut turun hingga 57,5%.

    Contoh lainnya ada mobil listrik Wuling Air ev tahun 2023 varian Long Range yang ditawarkan pelapak dengan harga pembuka Rp 155 juta. Padahal saat diperkenalkan 2013 lalu, versi ini dijual Rp 299,5 juta. Maka dalam waktu dua tahun lebih, ada depresiasi harga hingga 51,75%.

    Jika dibandingkan dengan mobil konvensional, penyusutan harganya tidak terlalu besar. Mobil bensin atau diesel biasanya mengalami depresiasi harga antara 15-25% tahun pertama. Kemudian di tahun-tahun berikutnya, penurunannya berkisar 10-15%.

    (lua/dry)