Topik: Listrik

  • Mobil LCGC Lewat, Konsumsi BBM Honda HR-V Hybrid Tembus Segini

    Mobil LCGC Lewat, Konsumsi BBM Honda HR-V Hybrid Tembus Segini

    Jakarta

    Honda HR-V Hybrid atau e:HEV menawarkan kepraktisan dalam hal performa dan efisiensi bahan bakar. Honda bilang HR-V hybrid ini bisa mencapai jarak hingga 1.000 kilometer sekali isi bensin penuh.

    HR-V e:HEV menggunakan mesin konvensional yang dikombinasi baterai dan juga sistem motor listrik, yang membuat konsumsi bahan bakarnya sangat efisien.

    “HR-V RS e:HEV menggabungkan mesin 1.5 liter DOHC i-VTEC bertenaga 106 PS, didukung dengan motor listrik dengan tenaga 131 PS. Kombinasi ini menggabungkan respons instan tenaga besar namun tetap efisien, sangat cocok dengan jalanan Indonesia, bukan hanya bertenaga, HRV e:HEV juga hemat bahan bakar,” kata Yusak Billy sebagai Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor saat presentasi peluncuran produk di Jakarta Selatan, Selasa (10/6/2025).

    Konsumsi BBM Honda HR-V bahkan mengalahkan mobil-mobil Low Cost Green Car (LCGC). Tembus 25 km per liter dengan kapasitas tangki 40 liter. Sebagai perbandingan, mobil LCGC rata-rata punya konsumsi BBM 20 km/liter.

    “Berdasarkan uji kementerian perhubungan efisiensi bisa tercapai 25.51 km per liter dengan emisi gas buang 95 gram CO2 per km. Sementara uji internal kami mencatat 25.5 km per liter dalam kota, dan 25 km per liter di jalur sub urban, dengan tangki penuh 40 liter jarak tempuh kira kira bisa 1.000 km cukup untuk perjalanan jauh tanpa harus khawatir mengenai charging station ataupun pom bensin,” jelas Billy.

    Sebagai informasi, HR-V e:HEV sudah diproduksi secara lokal. Harganya juga kompetitif seperti di Thailand, di Negeri Gajah Putih itu, HR-V e:HEV dijual mulai dari THB 979.000 (Rp 447 jutaan) sampai THB 1.179.000 (Rp 539 jutaan).

    Sedangkan Honda HR-V di Indonesia, saat ini dibanderol mulai dari Rp 449 juta hingga Rp 488 juta.

    Untuk pengalaman berkendara yang lebih personal, model ini dilengkapi dengan fitur Drive Mode yang menghadirkan tiga pilihan: Mode Econ untuk efisiensi maksimal, Mode Normal untuk penggunaan sehari-hari, Mode Sport untuk akselerasi lebih agresif.

    “Motor listrik penggerak utama, sementara mesin bensin hanya aktif saat dibutuhkan. Berkat pendekatan ini, efisiensi tetap terjaga baik di kemacetan maupun kecepatan tinggi,” kata Billy.

    Sebagai fitur standar, semua mobil HR-V sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan Honda Sensing. HR-V juga tersedia opsi dan sistem konektivitas pintar Honda CONNECT untuk memberikan kenyamanan, keamanan, serta kemudahan dalam berkendara sehari-hari.

    (riar/dry)

  • Harga Kelapa Parut Mahal, Pemilik Warung Makan Teriak Minta Tolong

    Harga Kelapa Parut Mahal, Pemilik Warung Makan Teriak Minta Tolong

    Jakarta, CNBC Indonesia – Harga kelapa yang terus tinggi bikin para pemilik warung makan serba salah. Di satu sisi, kebutuhan bahan baku seperti kelapa tidak bisa digantikan. Di sisi lain, mereka tak mungkin sembarangan mengurangi takaran atau menaikkan harga terlalu jauh, karena bisa kehilangan pelanggan.

    “Ya gimana? Mau gimana? Mahal atau murah tetap harus beli, orang butuh kok,” kata Leti, pemilik rumah makan di kawasan Jakarta Selatan, kepada CNBC Indonesia, Selasa (10/6/2025).

    Ia mengaku, meskipun harga kelapa sudah melonjak nyaris dua kali lipat dibanding tahun lalu, takaran santan di masakan tetap harus sama. “Ya nggak mungkin dikurangi takarannya, ntar rasanya berubah. Paling modalnya saja jadi dua kali lipat, untungnya jadi kecil,” ujarnya pasrah.

    Leti pun berharap agar pemerintah benar-benar turun tangan mengatasi persoalan langka dan mahalnya harga kelapa bulat di pasar lokal. “Katanya kan karena ekspor, ya tolong diatur ekspornya kalau begitu. Kalau nggak nanti kasihan rakyat kecil kayak kita,” tambah Leti.

    Keluhan serupa datang dari Aro, pemilik rumah makan Padang yang juga mengandalkan kelapa segar untuk kebutuhan dapurnya. Baginya, kelapa bukan sekadar bahan, tapi nyawa dari cita rasa masakan.

    “Saya dengar karena diekspor jadi mahal. Kalau ditanya gimana? Bingung juga, karena mau nggak mau tetap harus beli. Masakan Padang tanpa kelapa atau santan kan bukan masakan Padang,” ujar Aro.

    Sementara itu, berdasarkan pantauan langsung di Pasar Rumput, Jakarta Selatan hari ini, harga kelapa di pasaran belum juga menunjukkan tanda-tanda penurunan. Harga per butir kini stabil tinggi di kisaran Rp15.000 hingga Rp18.000, tergantung ukuran.

    Foto: Harga kelapa parut di Pasar Kemiri Muka, Depok, Jawa Barat terpantau sudah mulai mengalami penurunan pada Selasa (20/5/2025). (CNBC Indonesia/Chandra Dwi)
    Harga kelapa parut di Pasar Kemiri Muka, Depok, Jawa Barat terpantau sudah mulai mengalami penurunan pada Selasa (20/5/2025). (CNBC Indonesia/Chandra Dwi)

    Para pedagang mengeluhkan kondisi ini yang sudah berlangsung cukup lama. Biang keroknya masih sama, yakni karena ekspor besar-besaran ke luar negeri, terutama ke China.

    “Iya, karena ekspor masih terus berjalan. Kita di sana masih perebutan sama yang buat ekspor,” ujar Marni (nama samaran), pedagang kelapa di Pasar Rumput yang mengaku sejak beberapa bulan lalu terus berjibaku dengan pasokan terbatas dan harga tinggi.

    Menurut Marni, sejak kelapa naik, harga di tingkat pengepul juga ikut melonjak. “Kelapa ini sekarang pas dia masih di atas mobil saja udah Rp11.000 per butir, belum jasa angkutnya, belum bayar karyawan, belum bayar air dan listrik. Jadi ya paling untung cuma Rp2.000 per butir,” ujarnya.

    Meski demikian, dia mengaku permintaan dari konsumen masih tetap tinggi, apalagi saat momen seperti Idul Adha kemarin. “Idul Adha kemarin pasti ramai. Hari-hari biasa juga tetap ramai, karena masyarakat memang butuh ya. Mereka walaupun tahu mahal tetap beli. Jadi kalau toko saya sih tetap ramai,” kata Marni.

    Ia menyebut, kelangkaan dan mahalnya harga kelapa sempat membuat pembeli bertanya-tanya. Namun sekarang, sebagian sudah mulai memahami setelah diberi penjelasan.

    “Saya tempelin screenshot (tangkapan layar) dari berita Pak Zulhas (Menteri Koordinator Bidang Pangan, Zulkifli Hasan), biar mereka paham. Kalau kondisinya memang dari sananya yang langka dan jadi mahal,” ucap dia.

    Adapun saat ditanya apakah ada kemungkinan harga turun, Marni mengaku pesimistis terjadi dalam waktu dekat.

    “Katanya mereka yang di Lampung sudah teken kontrak ekspor sampai September. Jadi kemungkinan besar tetap akan kirim kelapa ke luar negeri,” katanya.

    “Tapi saya perhatiin, kalau menjelang Lebaran, mau itu Idul Fitri atau Idul Adha ya, ekspor biasanya disetop dulu. Minta berapa saja dikasih, tapi habis Lebaran kayak sekarang nih dibatasi lagi. Sekarang saya minta 150 cuma dikasih 100. Katanya, ‘udah lah bagi-bagi sama yang lain’,” imbuh Marni.

    Lonjakan harga ini juga dirasakan oleh pedagang lain. Ali (nama samaran), yang juga berjualan kelapa di pasar yang sama, mengeluhkan kondisi yang belum berubah.

    “Masih sama kayak kemarin. Saya jual Rp15.000 sampai Rp18.000 per butir. Kalau ekspornya belum diatur, ya kelapa dalam negeri masih akan terus mahal. Kami masih berebut sama yang buat ekspor. Semoga pemerintah nggak cuma janji doang, cepat diatur ekspornya. Kasihan masyarakat, semuanya serba mahal,” ujar Ali.

    (wur)

  • Toyota Alphard Waspada, ‘Kakak’ BYD M6 Bakal Rambah Banyak Negara

    Toyota Alphard Waspada, ‘Kakak’ BYD M6 Bakal Rambah Banyak Negara

    Jakarta

    Toyota Alphard mesti waspada nih! BYD bakal memasarkan MPV premium M9 di global. Di China, mobil itu paling mahal dijual seharga Rp 700 jutaan.

    Amunisi BYD di segmen MPV kian bertambah. Para rival sekelas Toyota Alphard, patut waspada dengan kehadirannya. Paling anyar adalah kehadiran MPV berteknologi plug-in hybrid bernama BYD Xia. Mobil ini perdana unjuk gigi di Chengdu Auto Show pada Agustus 2024. Di China, BYD Xia sudah dijual ke pasaran pada Januari 2025. Rencananya, MPV ini juga bakal dikirim ke banyak negara.

    Diberitakan Car News China, di pasar global, BYD Xia akan berganti nama menjadi M9. Strategi perubahan nama ini sebenarnya sudah dilakukan BYD pada deretan mobilnya. Misalnya BYD Song Max yang berganti nama menjadi BYD M6 di pasar internasional seperti Thailand, Indonesia, Hong Kong, dan beberapa negara lainnya.

    Kembali ke BYD M9, mobil ini akan menjadi model tertinggi di keluarga seri-M. Adapun negara pertama yang bakal mendapatkan BYD M9 ini diduga kuat adalah Meksiko. Di sana, pabrikan yang bermarkas di Shenzhen itu menjual 40.000 unit mobil sepanjang tahun 2024. Pada tahun 2025, BYD menargetkan bisa menjual 80.000 unit di Meksiko.

    Gelombang pertama pengiriman BYD M9 untuk pasar global sudah terlihat di Shanghai. Tampak ada dua truk yang mengangkut M9 dengan warna bervariasi. BYD kabarnya akan meluncurkan M9 pada kuartal ketiga tahun ini.

    Soal tampilan, BYD BYD Xia menyerupai Denza D9 dengan garis atap datar, pintu geser, dan spoiler di bagian atap. Beralih ke bagian belakang, BYD Xia memiliki lampu LED strip. Namun dimensinya lebih kecil dari Denza D9 ataupun calon rivalnya Toyota Alphard. BYD Xia memiliki dimensi panjang 5.145 mm, lebar 1.970 mm, dan tinggi 1.805 mm, serta jarak sumbu roda 3.045 mm. Sebagai perbandingan, Denza D9 punya dimensi panjang 5.250 mm, lebar 1.960 mm, tinggi 1.920 mm, dan jarak sumbu roda 3.110 mm. Sedangkan Toyota Alphard panjangnya 5.010 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.945 mm, dan jarak sumbu roda 3.000 mm.

    Di bagian dalam, mobil memiliki konfigurasi 2+2+3 dan di baris kedua terdapat kursi captain seat. Terdapat tiga layar pada konsol tengah mobil. Monitor utamanya mengusung layar berukuran 15,6 inch sedangkan instrumen panel dan layar penumpang depan berdiameter 12,3 inch. BYD M9 ini juga dilengkapi ragam fitur seperti tempat penyimpanan dingin atau panas, meja lipat, dan monitor di atapnya.

    Di bagian dapur pacunya, BYD M9 mengadopsi sistem 5.0 DM dengan mesin 1.5 L turbo bertenaga 154 daya kuda dan motor listrik 200 kw bertenaga 268 daya kuda. Mobil ditawarkan dalam dua opsi baterai yaitu 20,4 kWh dan 36,6 kWh yang masing-masing bisa menempuh jarak 100 dan 108 km pada pengujian CLTC. Menariknya soal harga, di negara asalnya, BYD Xia ditawarkan dengan banderol 249.800-309.800 yuan. Kalau dikonversi ke rupiah dengan kurs 1 yuan Rp 2.267, maka BYD Xia paling murah ditawarkan seharga Rp 566 juta hingga yang termahal Rp 702 jutaan.

    (dry/din)

  • Warga Ngamuk Bakar Mobil di Jalan, Kerusuhan Los Angeles Menggila

    Warga Ngamuk Bakar Mobil di Jalan, Kerusuhan Los Angeles Menggila

    Jakarta, CNBC Indonesia – Beberapa taksi otomatis tanpa sopir (robotaxi) milik Waymo dibakar warga setempat dalam kerusuhan parah di Los Angeles, Amerika Serikat (AS).

    Polisi kesusahan meredakan amarah warga yang protes dengan penangkapan para imigran atas perintah pemerintahan Presiden AS Donald Trump.

    Sebagai informasi, Waymo merupakan anak usaha Alphabet (Google). Waymo merupakan pemimpin industri robotaxi di AS dan satu-satunya perusahaan yang sudah memegang lisensi layanan komersial untuk taksi tanpa sopir.

    Asap mengepul membuat langit Los Angeles menghitam akibat amukan massa yang membakar beberapa unit Waymo. Para pengunjuk rasa berkumpul di area Civic Center di pusat kota L.A. pada Minggu (8/6) pagi waktu setempat.

    Mereka memenuhi jalan bebas hambatan 101 sekitar pukul 15:30 sore waktu setempat. Jalan tersebut kemudian ditutup untuk lalu lintas selama beberapa jam karena petugas Patroli Jalan Raya California berupaya memukul mundur para demonstran, dan menahan beberapa orang dalam proses tersebut.

    Sekelompok demonstran kemudian menyerbu lima taksi Waymo yang berjejer di Los Angeles Street antara jalan Arcadia dan Alameda sekitar pukul 17:00 sore.

    Ban dirobek, jendela dipecahkan, dan pesan anti-ICE disemprotkan ke taksi tanpa pengemudi, tiga di antaranya kemudian dibakar.

    Para pengunjuk rasa mengerumuni kendaraan, mencopot pintu dan menginjak-injak kaca depan. Seorang pria bertopeng memecahkan kaca mobil dengan papan luncur. Seorang lainnya tampak menggunakan penyembur api darurat untuk membakar bagian dalam mobil.

    Saat mobil-mobil itu dilalap api, beberapa orang terlihat melemparkan skuter listrik Lime ke dalam bara api, sementara yang lain berdiri menjauh dari lokasi kebakaran. Pada satu titik, Waymo yang terkepung mulai membunyikan klakson mereka dalam hiruk-pikuk yang terkoordinasi, diselingi oleh teriakan para pengunjuk rasa dan deru helikopter polisi di atas kepala.

    Departemen Kebakaran Los Angeles (LAPD) langsung bertindak untuk meredakan dampak kebakaran mobil. Sementara itu, Kepolisian Los Angeles memperingatkan kepada masyarakat untuk menjauhi area kerusuhan.

    “Baterai lithium-ion yang terbakar melepaskan gas beracun, termasuk hidrogen fluorida, yang menimbulkan risiko bagi petugas tanggap darurat dan orang-orang di sekitar,” kata LAPD dalam sebuah pernyataan, dikutip dari LATimes, Selasa (10/6/2025).

    Robotaxi milik Waymo sudah menjadi pemandangan yang biasa di jalanan L.A. Seorang juru bicara Waymo mengatakan kepada The Times bahwa perusahaan tersebut telah menghubungi penegak hukum terkait insiden tersebut.

    Setelah merilis layanan komersil di San Francisco dan Phoenix, Waymo mulai melayani masyarakat L.A pada November 2024 lalu.

    Layanan ini awalnya ditunggu sekitar 300.000 orang sebelum tersedia bagi siapa saja yang mengunduh aplikasi layanan tersebut, kata juru bicara perusahaan pada bulan Januari.

    Hingga Januari, Waymo telah menempuh jarak 1,9 juta mil di L.A. Meskipun popularitasnya terus meningkat, mobil-mobil tersebut sering menjadi sasaran vandalisme.

    Pada Januari lalu, sekelompok orang merusak salah satu taksi tanpa pengemudi di Beverly Grove. Pada bulan Februari 2024, sebuah Waymo dibakar dengan kembang api di kawasan Chinatown, San Francisco. Pada Juli, seorang warga Castro Valley didakwa merusak 17 Waymo di San Francisco selama tiga hari, menurut San Francisco Chronicle.

    (fab/fab)

  • Honda HR-V Hybrid Meluncur di Indonesia, Harga Tak Sampai Rp 500 Juta!

    Honda HR-V Hybrid Meluncur di Indonesia, Harga Tak Sampai Rp 500 Juta!

    Jakarta

    PT Honda Prospect Motor meluncurkan HR-V terbaru di Indonesia. Ini menjadi produk elektrifikasi keempat Honda yang dijual di Indonesia, setelah Accord, Civic, dan CR-V.

    Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor (HPM) Shugo Watanabe mengatakan mode hybrid ini menjadi sejarah bagi Indonesia karena sudah dirakit lokal.

    “Hari ini, kami dengan bangga mengumumkan apa yang sudah kami mulai, produksi kendaraan hybrid Honda di Indonesia, sebuah langkah besar,” kata Shugo dalam peluncuran Selasa (10/6/2025).

    Harga HR-V saat ini dijual di bawah Rp 500 juta. Apalagi yang model hybrid semakin kompetitif harganya.

    Yusak Billy sebagai Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor mengatakan HR-V e:HEV mengusung konsep electric-first. Teknologi e:HEV Honda mengandalkan motor listrik sebagai penggerak utama.

    “Motor listrik penggerak utama, sementara mesin bensin hanya aktif saat dibutuhkan. Berkat pendekatan ini, efisiensi tetap terjaga baik di kemacetan maupun kecepatan tinggi,” kata Billy.

    Mesin 1.5L DOHC I-VTEC (Hybrid) dengan muntahan tenaga 106 PS pada 6.000-6.400 rpm dan Mesin: 127 Nm @ 4.500-5.000 rpm. Sedangkan tenaga motor listriknya 131 PS. Torsi Motor Listrik mencapai 253 Nm

    Konsumsi BBM dari HR-V ini cukup memukau. Klaimnya tembus 25 km per liter, lebih irit dari mobil Low Cost Green Car (LCGC).

    Untuk pengalaman berkendara yang lebih personal, model ini dilengkapi dengan fitur Drive Mode yang menghadirkan tiga pilihan: Mode Econ untuk efisiensi maksimal, Mode Normal untuk penggunaan sehari-hari, Mode Sport untuk akselerasi lebih agresif.

    Sebagai fitur standar, semua mobil HR-V sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan Honda Sensing. HR-V juga tersedia opsi dan sistem konektivitas pintar Honda CONNECT untuk memberikan kenyamanan, keamanan, serta kemudahan dalam berkendara sehari-hari.

    Daftar Harga Honda HR-V 2025

    Berikut ini daftar harga HR-V di Indonesia:

    Honda HR-V e CVT (non-Hybrid): Rp 399 jutaHonda HR-V e plus CVT (non-Hybrid): Rp 422 jutaHonda HR-V e:HEV: 449 jutaHonda HR-V e:HEV Modulo: Rp 460,7 juraHonda HR-V e:HEV RS: Rp 488 juta

    (riar/dry)

  • 7
                    
                        Pemerintah Cabut 4 Izin Usaha Tambang di Raja Ampat
                        Nasional

    7 Pemerintah Cabut 4 Izin Usaha Tambang di Raja Ampat Nasional

    Pemerintah Cabut 4 Izin Usaha Tambang di Raja Ampat
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com –
    Pemerintah resmi mencabut empat izin usaha tambang yang ada di Raja Ampat, Papua.
    Menteri Sekretaris Negara
    Prasetyo Hadi
    menyebutkan, keputusan itu diambil Presiden
    Prabowo Subianto
    dalam rapat terbatas pada Senin (9/6/2025) kemarin.
    “Kemarin Bapak Presiden memimpin rapat terbatas salah satunya membahas tentang izin usaha pertambangan di kabupaten
    Raja Ampat
    ini,” kata Prasetyo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (10/6/2025).
    “Dan atas petunjuk Bapak Presiden, beliau memutuskan bahwa pemerintah akan mencabut izin usaha pertambangan untuk 4 perusahaan di Kabupaten Raja Ampat,” ujar Prasetyo melanjutkan.
    Sebelumnya, aktivitas penambangan di Raja Ampat, khususnya di Pulau Gag, menjadi sorotan publik.
    Sejumlah pihak menolak adanya aksi penambangan di Pulau Gag karena dikhawatirkan merusak lingkungan dan ekosistem alam di wilayah Bumi Cendrawasih.
    Sorotan disampaikan dari kalangan masyarakat, aktivis, ahli, hingga sejumlah anggota DPR RI.
    Greenpeace Indonesia
    mendesak agar izin tambang di Raja Ampat sepatutnya dicabut, tidak cukup hanya memanggil para penambang.
    “Tentu ini langkah yang baik, tapi kita perlu yang lebih nyata, seperti pencabutan izin-izin tambang nikel di sana,” ujar Juru Kampanye Hutan Greenpeace Indonesia, Iqbal Damanik, saat dihubungi, Kamis (5/6/2025).
    Berdasarkan pengamatan Greenpeace Indonesia, hilirisasi nikel telah menyebabkan kerusakan alam secara masif.
    “Industrialisasi nikel yang makin masif seiring tren naiknya permintaan mobil listrik telah menghancurkan hutan, tanah, sungai, dan laut di berbagai daerah, mulai dari Morowali, Konawe Utara, Kabaena, Wawonii, Halmahera, hingga Obi,” kata Iqbal.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Edan! Chery Jual 1 Juta Unit Mobil dalam 5 Bulan

    Edan! Chery Jual 1 Juta Unit Mobil dalam 5 Bulan

    Jakarta

    Produsen roda empat asal China, Chery mengukir catatan impresif di pasar otomotif global. Karuan saja, mereka telah menjual 1 juta unit kendaraan di dunia selama Januari-Mei 2025!

    Secara detail, penjualan Chery Group di lima bulan pertama tahun ini tembus 1.026.517 unit atau mengalami kenaikan 14 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Catatan itu sudah termasuk ekspor yang mencapai 443.940 unit.

    Dengan angka tersebut, Chery praktis menjadi eksportir mobil terbesar di China. Pencapaian tersebut turut didorong lonjakan permintaan kendaraan energi baru (NEV) dengan penjualan 287.798 unit selama Januari-Mei atau tumbuh 111,5 persen dibandingkan tahun lalu.

    Chery Tiggo 8 CSH. Foto: Septian Farhan Nurhuda/detik.com

    Adapun di Indonesia, kontribusi Chery terhadap pencapaian global tersebut sangat signifikan. Kendaraan seperti TIGGO Series, C5/E5 Series, dan Chery J6 terus menunjukkan performa penjualan yang solid.

    Dimulai sejak bulan Desember 2024 hingga April 2025, PT Chery Sales Indonesia (CSI) berhasil mempertahankan tren penjualan positif dengan catatan 1.000 unit lebih per bulan. Tren positif masih terus berlanjut hingga bulan Mei 2025, dengan mencatatkan penjualan 2.000 unit.

    “PT CSI tentunya sangat bangga dapat menjadi bagian dari pencapaian Chery secara global yang luar biasa. Prestasi ini bukan sekadar mencerminkan komitmen kami dalam menghadirkan produk-produk unggulan, Chery juga turut memberikan sinyal positif agar market tidak terlalu terpuruk melalui kontribusi penjualan dan dukungan luar biasa yang kami terima,” ujar Rifkie Setiawan selaku Head of Brand Department PT CSI, dikutip melalui rilis resminya, Senin (9/6).

    Secara Global, Pencapaian ini tidak hanya mencerminkan kekuatan penjualan, namun juga hasil dari strategi inovasi jangka panjang Chery yang berfokus pada elektrifikasi, kecerdasan buatan (AI), solusi rendah karbon, dan ekspansi global.

    Pabrik Chery di Wuhu, Anhui, China Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Dengan semangat “Technology-Driven”, Chery terus memperkuat fondasi teknologi yang mendukung pertumbuhan berkelanjutan. Salah satu sorotan utama adalah teknologi hybrid unggulan Chery Super Hybrid (CSH), yang menghadirkan efisiensi termal hingga 46,5% dan performa tinggi dengan sistem DHT listrik tanpa gigi.

    Ekspansi global Chery juga menunjukkan langkah nyata, mulai dari menjalin kerja sama dengan dealer-dealer Eropa hingga debut mengesankan teknologi CSH dalam ajang Barcelona Auto Show pada bulan Mei lalu.

    Ini menandai dimulainya ‘Ekspansi Eropa’ dalam strategi globalisasi Chery, dengan pendekatan adaptasi teknologi dan layanan lokal yang menyeluruh. Terhitung hingga bulan Mei 2025, Chery group telah melayani lebih dari 16,7 juta pelanggan di seluruh dunia, termasuk lebih dari 4,94 juta pengguna secara global.

    (sfn/din)

  • Kemenko Perekonomian: Tambangan berperan penting dalam transisi energi

    Kemenko Perekonomian: Tambangan berperan penting dalam transisi energi

    Jakarta (ANTARA) – Asisten Deputi Bidang Pengembangan Mineral dan Batubara Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian Herry Permana mengatakan sektor pertambangan memiliki peran krusial dalam transisi menuju energi yang lebih hijau dan ramah lingkungan.

    “Pertambangan memiliki peran penting dalam mendukung transisi energi, terutama karena mineral dibutuhkan untuk energi terbarukan seperti baterai dan turbin angin,” kata Herry dalam sambutannya di Indonesia Miner Conference & Exhibition 2025 Jakarta, Selasa.

    Namun, Herry pun menyoroti bahwa transisi energi dan pertumbuhan ekonomi dari sektor pertambangan di Indonesia dapat berjalan mulus jika para pemangku kepentingan memiliki strategi yang tepat.

    “Diperlukan kebijakan dan strategi yang komprehensif dan mudah dilaksanakan bagi sistem pengelolaan pertambangan dan industri dari hulu sampai hilir, yaitu melalui rantai pasokan yang efektif dan efisien, transparan, berkeadilan, dan terjamin,” ujar dia.

    Herry menilai hal tersebut diperlukan guna mewujudkan ketahanan energi nasional selain energi fosil.

    “Yaitu penyediaan bahan baku mineral logam primer, termasuk logam tanah jarang, dan batubara untuk teknologi terbarukan, seperti baterai kendaraan listrik (EV), panel surya, turbin angin, dan lain-lain sesuai dengan Astacita Presiden dalam PN 5,” kata dia.

    Selain mendukung percepatan transisi energi, Herry mengatakan industri pertambangan memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung target pertumbuhan ekonomi sebesar 8 persen pada periode 2028-2029.

    “Baik secara langsung melalui penerimaan negara bukan pajak (PNBP), pendapatan ekspor (DHE), peningkatan investasi, penciptaan lapangan kerja), maupun secara tidak langsung seperti pembangunan infrastruktur, pengembangan ekonomi lokal, dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia,” kata Herry.

    “Sehingga, perlu terus didukung oleh kolaborasi multiheliks yaitu dari pemerintah, badan usaha, masyarakat, akademisi, asosiasi, dan media,” ujarnya menambahkan.

    Lebih lanjut, Herry menekankan bahwa kegiatan dan industri pertambangan juga perlu dipastikan berkelanjutan dan ramah lingkungan, menerapkan prinsip-prinsip Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) serta Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (ESG), dengan pemanfaatan teknologi dan inovasi baru untuk orientasi ekspor.

    “Pengoptimalan kolaborasi antar pemangku kepentingan terkait diperlukan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi sebesar 8 persen,” kata Herry.

    Sementara itu, ajang Indonesia Miner Conference & Exhibition 2025 berlangsung selama tiga hari pada 10-12 Juni di Jakarta.

    Selain pameran terkait industri pertambangan oleh berbagai perusahaan, Indonesia Miner Conference & Exhibition 2025 juga turut menghadirkan konferensi menarik terkait topik tersebut.

    Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
    Editor: Kelik Dewanto
    Copyright © ANTARA 2025

  • Spesifikasi Sedan Hybrid Chery yang Harganya Cuma Rp 180 Jutaan

    Spesifikasi Sedan Hybrid Chery yang Harganya Cuma Rp 180 Jutaan

    Jakarta

    Produsen mobil asal China, Chery telah meluncurkan sedan hybrid murah untuk konsumen domestik. Kendaraan tersebut bernama Chery Fulwin A8 dan hanya dibanderol mulai Rp 180 jutaan! Bagaimana spesifikasinya?

    Meski harganya cukup terjangkau, namun Chery Fulwin A8 punya segudang keunggulan yang tak dimiliki para kompetitornya. Mobil hibrida tersebut dihadirkan untuk konsumen pemula alias first buyer.

    Nah, biar kenal lebih dekat, berikut kami rangkum spesifikasi Chery Fulwin A8 yang baru meluncur di China. Kami mengurainya menjadi beberapa pointer.

    Spesifikasi Chery Fulwin A8

    Tampang

    Chery Fulwin A8. Foto: Doc. Carnewschina

    Chery Fulwin A8 mengusung desain ‘oriental aesthetics’. Meski harganya termasuk murah, namun sedan hybrid tersebut punya tampilan yang tergolong mewah.

    Malahan, jika boleh sedikit berlebihan, desainnya mirip-mirip sedan mid-range buatan Jepang. Lihat saja bagian grilnya yang tegas, lampu utama atau headlamp-nya yang meruncing dan terhubung ke emblem, serta tarikan garisnya yang benar-benar sporty.

    Chery Fulwin A8 punya dimensi panjang 4.790 mm, lebar 1.843 mm, tinggi 1.487 mm dan jarak sumbu roda 2.790 mm. Angka tersebut cukup ringkas untuk kendaraan berjenis sedan.

    Fitur

    Chery Fulwin A8. Foto: Doc. Carnewschina

    Di dalam kabin, interior Fulwin A8 mengusung gaya keluarga dengan layar ganda yang memberi nuansa canggih. Sistem infotainmennya sudah mendukung wireless Apple CarPlay dan Huawei HiCar, bikin koneksi ke smartphone praktis tanpa menggunakan kabel. Pabrikan juga membekalinya dengan setir model flat-bottom yang mutakhir.

    Urusan fitur keselamatan, Fulwin A8 tak main-main. Sedan itu sudah dibekali teknologi Level 2 Advanced Driver Assistance System (ADAS) dengan total 19 fitur bantuan berkendara pintar. Tujuannya jelas: bikin berkendara lebih aman dan nyaman di segala kondisi.

    Pabrikan juga membekalinya dengan Lion 5.0 AI Smart Cockpit, sistem kokpit pintar yang dijalankan chip Snapdragon 8155. Tak cuma pintar, sistem tersebut juga cepat. Bahkan, booting-nya hanya butuh waktu 2 detik!

    Mesin

    Chery Fulwin A8. Foto: Doc. Carnewschina

    Soal performa, Fulwin A8 menggunakan mesin 1.5 L yang dikombinasikan sistem hybrid pintar. Mobil tersebut mampu menempuh 70-145 km dengan tenaga listrik murni (standar CLTC), dan mencatat konsumsi BBM 4,55 liter per 100 km berdasarkan standar WLTC.

    Fulwin A8 menggunakan transmisi DHT super-hybrid CVT yang punya efisiensi tinggi. Sementara mode berkendaranya ada empat: pure electric, series hybrid, parallel hybrid, dan direct engine drive. Semuanya bekerja otomatis menyesuaikan kondisi jalan, demi performa dan efisiensi yang optimal.

    Berikut Harga Chery Fulwin A8

    70km Basic (1.5L) – 79.900 yuan (Rp 181 juta)70km Standard (1.5L) – 87.900 (Rp 199 juta)70km Comfort (1.5L) – 93.900 (Rp 213 juta)145km Comfort (1.5T) – 99.900 (Rp 226 juta)145km Luxury (1.5T) – 109.900 (Rp 249 juta).

    (sfn/din)

  • Paket stimulus ekonomi pemerintah berpotensi jaga rupiah tetap stabil

    Paket stimulus ekonomi pemerintah berpotensi jaga rupiah tetap stabil

    Jakarta (ANTARA) – Presiden Direktur PT Doo Financial Futures Ariston Tjendra mengatakan sejumlah paket stimulus ekonomi pemerintah berpotensi menjaga nilai tukar (kurs) rupiah tetap stabil.

    “Lima paket stimulus pemerintah Indonesia untuk membantu meningkatkan daya beli masyarakat, mungkin bisa menjaga rupiah tetap stabil, tidak melemah terlalu jauh terhadap dolar AS (Amerika Serikat) hari ini,” ujarnya kepada ANTARA di Jakarta, Selasa.

    Baru-baru ini, pemerintah menetapkan serangkaian stimulus ekonomi guna mendorong aktivitas konsumsi, pariwisata, dan mobilitas masyarakat, khususnya selama periode libur sekolah Juni – Juli 2025, yang dianggap sebagai momentum krusial untuk pemulihan permintaan domestik sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan.

    Rincian paket stimulus ekonomi yang diluncurkan oleh pemerintah meliputi: pertama, menetapkan diskon moda transportasi yang menyasar peningkatan mobilitas masyarakat melalui diskon tiket kereta api sebesar 30 persen untuk 2,8 juta penumpang kelas ekonomi, menanggung tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 11 persen tiket pesawat udara untuk 6 juta penumpang, dan diskon tarif angkutan laut hingga 50 persen untuk 0,5 juta penumpang.

    Total anggaran yang dikucurkan untuk program ini mencapai Rp0,94 triliun dan bertujuan untuk mendorong sektor pariwisata domestik, membantu usaha Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di daerah wisata, serta perputaran ekonomi selama libur sekolah.

    Kedua, memberikan diskon tarif tol melalui sinergi bersama dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), dengan memberikan diskon 20 persen tarif tol di berbagai ruas selama 14 hari menjelang dan setelah libur sekolah. Pengenaan diskon tarif tol ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebanyak 110 juta kendaraan yang akan menikmati insentif ini.

    Ketiga, melakukan perluasan bantuan sosial dan pangan dengan mengalokasikan distribusi bantuan pangan beras sebanyak 10 kg untuk 22 juta keluarga penerima manfaat (KPM) selama dua bulan. Program ini dilengkapi dengan penyaluran kembali Kartu Sembako, sebagai langkah untuk menjaga daya beli kelompok rentan.

    Keempat, memberikan bantuan Subsidi Upah (BSU), yang diberikan kepada 17,3 juta pekerja dan 565 ribu guru honorer dengan gaji di bawah Rp3,5 juta/bulan. Nominal BSU mencapai Rp300 ribu/bulan, selama dua bulan (Juni–Juli). Bantuan program secara khusus ini menyasar sektor informal dan padat karya agar tidak terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK) secara masif, serta meningkatkan kesejahteraan para pekerjanya.

    Kelima, adanya diskon Iuran Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) sebanyak 50 persen selama 6 bulan bagi pekerja sektor padat karya, yakni selama periode Agustus 2025 sampai dengan Januari 2026. Adapun penerapan program ini akan dilaksanakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan dan BPJS Ketenagakerjaan.

    Keenam, untuk rencana diskon listrik tidak dilanjutkan karena pertimbangan fiskal dan realokasi ke program yang lebih berdampak langsung terhadap konsumsi dan perputaran ekonomi. Sebagai gantinya, pemerintah menambah alokasi Bantuan Subsidi Upah (BSU). Mulanya, bantuan itu akan diberikan sebesar Rp150 ribu per bulan, akan ditingkatkan menjadi Rp300 ribu per bulan

    Enam paket stimulus ini dibiayai dari APBN 2025, dengan estimasi alokasi awal sebesar Rp24,44 triliun. Sumber pembiayaannya berasal dari revisi postur belanja non-prioritas, efisiensi anggaran kementerian/lembaga, serta penggunaan saldo anggaran lebih (SAL).

    Di sisi lain, data tenaga kerja AS bulan Mei 2025 yang dirilis Jumat (6/6) menunjukkan hasil lebih bagus dari ekspektasi pasar. Misalnya ialah data Non Farm Payrolls (NFP) yang mencapai 139 ribu dari ekspektasi 130 ribu dan data tingkat upah per jam naik 0,4 persen dari harap 0,3 persen.

    “Hasil ini memberikan gambaran ketangguhan ekonomi AS di tengah terpaan kenaikan tarif Trump dan ini memberikan sentimen positif ke dolar AS,” ucap Ariston.

    Selain itu, pasar juga masih menantikan hasil perundingan tarif antara AS dengan China yang masih berlangsung di London, Inggris. Sembari menunggu hasil perundingan ini, lanjutnya, kemungkinan dolar AS masih konsolidasi dengan penguatan kurs tidak besar.

    Mengutip Xinhua, Wakil Perdana Menteri Tiongkok He Lifeng, yang juga anggota Biro Politik Komite Sentral Partai Komunis Tiongkok, menghadiri pertemuan dengan Menteri Keuangan AS Scott Bessent sebelum pertemuan pertama mekanisme konsultasi ekonomi dan perdagangan Tiongkok-AS pada Senin (9/6).

    Berdasarkan faktor-faktor tersebut, nilai tukar rupiah berpotensi melemah di kisaran Rp16.330 per dolar AS dengan potensi support Rp16.250 per dolar AS.

    Nilai tukar rupiah pada pembukaan perdagangan hari Selasa pagi di Jakarta menguat sebesar 6 poin atau 0,04 persen menjadi Rp16.285 per dolar AS dari sebelumnya Rp16.291 per dolar AS.

    Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
    Editor: Faisal Yunianto
    Copyright © ANTARA 2025