Topik: Listrik

  • PLN Icon Plus Bantu Industri Pertambangan Menuju Energi Terbarukan – Page 3

    PLN Icon Plus Bantu Industri Pertambangan Menuju Energi Terbarukan – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Industri pertambangan merupakan salah satu sektor dengan tingkat konsumsi energi tertinggi di Indonesia. Berbagai aktivitas operasional seperti pengeboran, pemrosesan mineral, dan pengangkutan, membutuhkan suplai energi yang besar, stabil, dan berkelanjutan.

    Di tengah tekanan global terhadap pengurangan emisi karbon dan efisiensi energi, transformasi menuju penggunaan energi terbarukan menjadi langkah strategis yang tak bisa dihindari.

    Direktur Utama PLN Icon Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi menjelaskan, PLN Icon Plus mampu memberikan solusi bagi industri pertambangan yang menuju energi baru terbarukan. Saat ini,  PLN Icon Plus, sebagai penyedia solusi energi dan digital yang terintegrasi, menghadirkan inovasi untuk sektor pertambangan.

    “Beberapa solusi tersebut adalah Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap, Energy Management System (EMS), dan layanan konektivitas berbasis fiber optic,” jelas dia dalam keterangan tertulis, Selasa (10/6/2025).

    “Solusi ini tidak hanya bertujuan menekan biaya operasional, tetapi juga mendukung target dekarbonisasi nasional dan prinsip pertambangan berkelanjutan,” tambah dia. 

    Penggunaan PLTS Atap di fasilitas tambang mampu menyuplai sebagian besar kebutuhan energi di siang hari, mengurangi ketergantungan terhadap genset berbahan bakar fosil. Selain itu, sistem ini dapat terintegrasi dengan EMS, memungkinkan pemantauan konsumsi energi secara real-time dan pengambilan keputusan berbasis data untuk optimalisasi beban operasional.

     

  • Perbandingan Harga Honda HR-V Hybrid Vs Yaris Cross Hybrid

    Perbandingan Harga Honda HR-V Hybrid Vs Yaris Cross Hybrid

    Jakarta

    Honda resmi meluncurkan HR-V berteknologi hybrid. Mobil SUV andalan Honda itu bersaing dengan Toyota Yaris Cross Hybrid yang sudah lebih dulu meluncur di Indonesia. Dari sisi harga, mana lebih murah?

    Sama seperti Yaris Cross Hybrid, Honda HR-V e:HEV dijual sekitar Rp 400 jutaan. Mobil hybrid dari merek Jepang itu tak ada yang sampai Rp 500 juta.

    Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan HR-V e:HEV mengusung konsep electric-first. Teknologi e:HEV Honda mengandalkan motor listrik sebagai penggerak utama.

    Honda HR-V hybrid Foto: (Ridwan Arifin/detikOto)

    “Motor listrik penggerak utama, sementara mesin bensin hanya aktif saat dibutuhkan. Berkat pendekatan ini, efisiensi tetap terjaga baik di kemacetan maupun kecepatan tinggi,” kata Billy.

    Honda HR-V e:HEV mengandalkan mesin 1.5L DOHC I-VTEC (Hybrid) dengan muntahan tenaga 106 PS pada 6.000-6.400 rpm. Tenaga motor listriknya 131 PS, dengan torsi maksimal 253 Nm.

    Sebagai fitur standar, semua mobil HR-V sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan Honda Sensing. HR-V juga tersedia opsi dan sistem konektivitas pintar Honda CONNECT untuk memberikan kenyamanan, keamanan, serta kemudahan dalam berkendara sehari-hari.

    Harga Honda HR-V Hybrid

    Berikut harga Honda HR-V e:HEV:

    Honda HR-V e:HEV: 449 jutaHonda HR-V e:HEV Modulo: Rp 460,7 juraHonda HR-V e:HEV RS: Rp 488 juta.Harga Toyota Yaris Cross HybridToyota Yaris Cross Hybrid Foto: Toyota Astra Motor

    Sementara itu, kompetitor Honda HR-V Hybrid yaitu Toyota Yaris Cross HV juga mengusung teknologi hybrid. Seperti HR-V, Yaris Cross Hybrid juga sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan ADAS yang disebut Toyota Safety Sense (TSS).

    Yaris Cross mengusung mesin 2NR-VEX berkapasitas 1.496 cc, 4 silinder inline 16 katup DOHC dengan Dual-VVT-i. Tenaga maksimal mesinnya mencapai 91 PS/5.500 rpm ditambah tenaga motor listrik 80,2 PS. Sedangkan torsinya mencapai 121 / 4.000 – 4.800 rpm ditambah torsi motor listrik 141 Nm.

    Berikut daftar harga Toyota Yaris Cross Hybrid:

    1.5 S HV CVT TSS (Non Premium Color) : Rp 437.200.0001.5 S HV CVT TSS (Premium Color) : Rp 439.700.0001.5 S HV CVT TSS 2 TONE (Non Premium Color) : Rp 441.100.0001.5 S HV CVT TSS 2 TONE (Premium Color) (Spot Order*): Rp 442.100.0001.5 S GR HV CVT TSS (Non Premium Color): Rp 446.600.0001.5 S GR HV CVT TSS (premium Color): Rp 449.100.0001.5 S GR HV CVT TSS 2 TONE (Non Premium Color): Rp 450.500.0001.5 S GR HV CVT 2 TSS TONE (Premium Color): Rp 451.600.000.

    (rgr/din)

  • Freeport: Permintaan tembaga berpotensi naik seiring transisi energi

    Freeport: Permintaan tembaga berpotensi naik seiring transisi energi

    Permintaan tembaga meningkat karena dibutuhkan dalam transisi energi, salah satunya untuk elektrifikasi

    Jakarta (ANTARA) – Direktur Utama PT Freeport Indonesia Tony Wenas mengatakan permintaan tembaga berpotensi untuk mengalami peningkatan seiring dengan tren transisi energi bersih dan hijau yang terjadi di berbagai negara.

    “Permintaan tembaga meningkat karena dibutuhkan dalam transisi energi, salah satunya untuk elektrifikasi,” kata Tony di sela-sela acara Indonesia Miner Conference & Exhibition 2025 Jakarta, Selasa.

    Ia menjelaskan, tembaga adalah bentuk logam yang sangat dibutuhkan untuk menunjang peralihan menuju energi bersih dan terbarukan, serta memegang peran kunci untuk target dekarbonisasi global.

    Tony mengatakan, 65 persen tembaga dunia digunakan dalam aplikasi konduktivitas listrik. Lalu, 1,5 ton/mw tembaga berperan dalam pembangkit listrik bertenaga angin dan 5,5 ton/mw tembaga dalam pembangkit listrik bertenaga surya.

    “Selain itu, kendaraan listrik (electric vehicle/EV) menggunakan tembaga lebih banyak daripada kendaraan konvensional,” ujar Tony.

    Ia mengatakan perusahaan berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan ekonomi melalui produksi tembaga dan emas, yang masing-masing produksinya ditargetkan menyentuh angka 1,6 miliar pound dan 1,65 juta ounces tahun ini.

    Selain itu, ia pun menyebutkan perusahaan telah menyetorkan hingga Rp7,78 triliun dari keuntungan bersih tahun 2024 kepada pemerintah, yang terdiri dari Rp3,1 triliun untuk pemerintah pusat dan Rp4,63 triliun untuk pemerintah daerah.

    “Kira-kira mungkin hampir sama seperti itu (untuk target tahun ini),” ujar Tony menambahkan.

    Di sisi lain, Tony yang juga Wakil Ketua Bidang Hilirisasi Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyoroti bagaimana komoditas tambang lain seperti nikel juga memiliki potensi besar bagi Indonesia, baik untuk agenda transisi energi maupun pertumbuhan ekonomi.

    “Prospek, ya, pasti bagus dong, kita one of the largest exporter, kemudian nikel juga bagus, baik, sudah downstreaming, peningkatan nilai tambahnya besar sekali,” kata dia.

    Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
    Editor: Faisal Yunianto
    Copyright © ANTARA 2025

  • Freeport: Permintaan tembaga berpotensi naik seiring transisi energi

    Freeport: Permintaan tembaga berpotensi naik seiring transisi energi

    Permintaan tembaga meningkat karena dibutuhkan dalam transisi energi, salah satunya untuk elektrifikasi

    Jakarta (ANTARA) – Direktur Utama PT Freeport Indonesia Tony Wenas mengatakan permintaan tembaga berpotensi untuk mengalami peningkatan seiring dengan tren transisi energi bersih dan hijau yang terjadi di berbagai negara.

    “Permintaan tembaga meningkat karena dibutuhkan dalam transisi energi, salah satunya untuk elektrifikasi,” kata Tony di sela-sela acara Indonesia Miner Conference & Exhibition 2025 Jakarta, Selasa.

    Ia menjelaskan, tembaga adalah bentuk logam yang sangat dibutuhkan untuk menunjang peralihan menuju energi bersih dan terbarukan, serta memegang peran kunci untuk target dekarbonisasi global.

    Tony mengatakan, 65 persen tembaga dunia digunakan dalam aplikasi konduktivitas listrik. Lalu, 1,5 ton/mw tembaga berperan dalam pembangkit listrik bertenaga angin dan 5,5 ton/mw tembaga dalam pembangkit listrik bertenaga surya.

    “Selain itu, kendaraan listrik (electric vehicle/EV) menggunakan tembaga lebih banyak daripada kendaraan konvensional,” ujar Tony.

    Ia mengatakan perusahaan berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan ekonomi melalui produksi tembaga dan emas, yang masing-masing produksinya ditargetkan menyentuh angka 1,6 miliar pound dan 1,65 juta ounces tahun ini.

    Selain itu, ia pun menyebutkan perusahaan telah menyetorkan hingga Rp7,78 triliun dari keuntungan bersih tahun 2024 kepada pemerintah, yang terdiri dari Rp3,1 triliun untuk pemerintah pusat dan Rp4,63 triliun untuk pemerintah daerah.

    “Kira-kira mungkin hampir sama seperti itu (untuk target tahun ini),” ujar Tony menambahkan.

    Di sisi lain, Tony yang juga Wakil Ketua Bidang Hilirisasi Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyoroti bagaimana komoditas tambang lain seperti nikel juga memiliki potensi besar bagi Indonesia, baik untuk agenda transisi energi maupun pertumbuhan ekonomi.

    “Prospek, ya, pasti bagus dong, kita one of the largest exporter, kemudian nikel juga bagus, baik, sudah downstreaming, peningkatan nilai tambahnya besar sekali,” kata dia.

    Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
    Editor: Faisal Yunianto
    Copyright © ANTARA 2025

  • Mensesneg: Anggaran mobil dinas eselon I hampir Rp1 miliar belum tentu dipakai

    Mensesneg: Anggaran mobil dinas eselon I hampir Rp1 miliar belum tentu dipakai

    Jakarta (ANTARA) – Menteri Sekretaris Negara Prasetyo Hadi mengatakan anggaran pengadaan mobil dinas pejabat eselon I yang dialokasikan hampir mencapai Rp1 miliar belum tentu dibelanjakan atau dipakai seluruhnya.

    Menurut Pras, sapaan Mensesneg Prasetyo yang juga juru bicara Presiden RI, anggaran yang ditetapkan Kementerian Keuangan itu sebatas pagu atau semacam standar biaya.

    “Itu kan standar biaya. Jadi, semua harus diatur ada standar biayanya. Bukan berarti, maknanya itu pasti dikeluarkan. Setiap tahun pemerintah pasti harus mengeluarkan ada standar biaya. Jadi, kalau kita belanja ada aturan mainnya,” kata Prasetyo Hadi menjawab pertanyaan wartawan saat ditemui di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa.

    Pada kesempatan sama, Mensesneg juga merespons pertanyaan wartawan mengenai alokasi anggaran untuk mobil dinas pejabat eselon I di tengah semangat efisiensi.

    “Efisiensi bukan berarti terus tidak boleh ngapa-ngapain. Kan tidak. Efisiensi itu filosofinya diperuntukkan kegiatan yang lebih produktif. Sebagaimana yang tadi saya sudah jelaskan, kalau pun di situ keluar angka, bukan berarti itu pasti harus dikeluarkan,” jelasnya.

    Kementerian Keuangan pada Senin (2/6) pekan lalu mengumumkan biaya pengadaan kendaraan dinas bagi pejabat eselon I sebesar Rp931.648.000 untuk tahun 2026, sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 32 Tahun 2025 tentang Standar Biaya Masukan Tahun Anggaran 2026.

    Direktur Sistem Penganggaran Direktorat Jenderal Anggaran Kemenkeu Lisbon Sirait menjelaskan bahwa anggaran pengadaan kendaraan dinas tersebut mengalami kenaikan dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp878.913.000.

    “Jadi, standar biaya ini kita bentuk berdasarkan harga rata-rata, harga rata-rata atau harga real di pasar. Jadi, memang kenaikan itu karena kita mempertimbangkan pengadaan mobil listrik dengan spek yang telah ditentukan,” kata Lisbon.

    Lisbon menekankan bahwa kenaikan anggaran tersebut tidak mengabaikan prinsip efisiensi dalam pengelolaan keuangan negara. Pemerintah tetap memberlakukan kebijakan pembatasan pengadaan kendaraan dinas serta mendorong optimalisasi penggunaan kendaraan yang telah ada di masing-masing instansi.

    “Bukan karena kita tidak mempertimbangkan efisiensi. Lalu, bagaimana pertimbangan efisiensinya dari sisi penganggaran? Dari sisi penganggaran ya pemerintah ada kebijakan pengadaan kendaraan dengan mengoptimalkan kendaraan yang sudah ada. Dan bahkan ada pembatasan-pembatasan mengenai kendaraan dinas dari pemerintah,” jelas Lisbon.

    Adapun Peraturan Menteri Keuangan Nomor 32 Tahun 2025 tentang Standar Biaya Masukan Tahun Anggaran 2026 ini ditandatangani Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pada 14 Mei 2025 dan mulai berlaku setelah diundangkan pada 20 Mei 2025.

    Aturan itu menjadi acuan dalam penyusunan anggaran kementerian/lembaga untuk tahun 2026.

    Pewarta: Genta Tenri Mawangi/Andi Firdaus
    Editor: Didik Kusbiantoro
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Mitsubishi Daftarkan Nama ‘Destinator’ di Indonesia, Buat DST Concept?

    Mitsubishi Daftarkan Nama ‘Destinator’ di Indonesia, Buat DST Concept?

    Jakarta

    Mitsubishi bakal punya SUV baru dengan kapasitas 7 orang penumpang. Sebelum diproduksi massal, SUV 7-seater Mitsubishi itu tampil sebagai mobil konsep, Mitsubishi DST Concept. Dipercaya, DST Concept akan menjadi Xforce tapi 7-seater.

    Belum diketahui secara pasti nama yang akan diusung DST ketika diproduksi massal nanti. Namun, ada indikasi mobil tersebut akan mengusung nama yang sudah terdaftar.

    Pada 2023, Mitsubishi mendaftarkan merek yang diduga akan dipakai untuk nama mobil baru. Namanya adalah Destinator. Nama itu telah didaftarkan oleh Mitsubishi ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM RI. Nama tersebut didaftarkan pada 30 Maret 2023. Dikutip dari Pangkalan Data Kekayaan Intelektual, Destinator yang didaftarkan mengacu pada suatu penamaan. Dalam kolom jenis barang/jasa, nama Destinator didaftarkan sebagai mobil beserta komponen-komponennya.

    Nama Destinator itu didaftarkan oleh MITSUBISHI JIDOSHA KOGYO KABUSHIKI KAISHA yang beralamat di Tokyo, Jepang.

    Nama Destinator juga terdaftar di beberapa negara. Seperti dikutip Autoindustriya, nama Destinator juga didaftarkan Mitsubishi di Filipina.

    Awalnya, banyak yang mengira nama Destinator akan menjadi nama XFC Concept. Tapi ternyata XFC Concept meluncur sebagai Xforce. Kalau XFC Concept menjadi Xforce, maka tak menutup kemungkinan DST merupakan akronim dari ‘Destinator’. Autoindustriya melaporkan, menurut sumber anonim, versi produksi dari DST Concept akan mengusung nama tersebut.

    Kabarnya, versi produksi massal dari DST Concept akan diluncurkan di Indonesia. Mobil ini bakal mengisi celah antara Pajero Sport dan XForce.

    “Ya sebenarnya produk ini didesain untuk pasar Indonesia. Karena pasar Indonesia baris ketiga besar dan sangat populer,” kata Presiden Direktur MMKSI, Atsushi Kurita, pada Mei lalu.

    Indonesia menjadi negara pertama yang memproduksi DST Concept. Sebelumnya Mitsubishi Jepang sudah mengonfirmasi akan memproduksi secara massal DST Concept tahun 2025 ini.

    “Produk ini buat mereka yang ingin naik kelas dari Xpander (termasuk Xpander Cross), kita memutuskan untuk rilis tahun ini di Asia Tenggara,” ujar dia.

    “Produksi pertama kali di Indonesia, dipasarkan juga pertama kali di Indonesia,” kata Kurita.

    Kabarnya, DST Concept akan menggunakan mesin yang sama dengan Xforce, yakni mesin empat silinder MIVEC 4A91 1,5 liter 105 PS/141 Nm N/A, mungkin juga mesin hybrid yang memadukan motor listrik 116 PS/255 Nm dengan mesin Atkinson-cycle 4A92 1,6 liter 95 PS/134 Nm.

    Di Indonesia, Mitsubishi DST Concept telah terdaftar di Lampiran Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2025 tentang Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor dan Pajak Alat Berat Tahun 2025.

    Dalam dokumen itu, terdapat empat varian DST yang terdaftar. Berikut kode mobil baru Mitsubishi beserta nilai jual kendaraan bermotor (NJKB)-nya:

    DST 1.5L H (4X2) A/T: NJKB Rp 212 jutaDST 1.5L M (4X2) A/T: NJKB Rp 193 jutaDST 1.5L P (4X2) A/T: NJKB Rp 230 jutaDST 1.5L P PLUS (4X2) A/T: NJKB Rp 240 juta.

    (rgr/dry)

  • Indonesia fokus wujudkan target transisi energi bersih pada 2025

    Indonesia fokus wujudkan target transisi energi bersih pada 2025

    Sasaran utamanya meliputi pencapaian 23 persen energi terbarukan pada tahun 2025,

    Jakarta (ANTARA) – Asisten Deputi Bidang Pengembangan Mineral dan Batubara Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian Herry Permana mengatakan, Indonesia fokus untuk mewujudkan target transisi energi baru terbarukan (EBT) sebesar 23 persen pada 2025.

    “Rencana pengembangan energi Indonesia, khususnya Rencana Umum Energi Nasional (RUEN), berfokus pada peningkatan energi terbarukan dan transisi menuju bauran energi yang lebih bersih,” kata Herry di Jakarta, Selasa.

    “Sasaran utamanya meliputi pencapaian 23 persen energi terbarukan pada tahun 2025,” ujarnya menambahkan.

    Selain itu, dia mengatakan, Indonesia juga memiliki target ambisius untuk mencapai 31 persen energi terbarukan pada tahun 2025, serta penghentian pembangkit listrik tenaga batu bara pada tahun 2040.

    Ia menambahkan, Just Energy Transition Partnership (JETP) juga berperan dalam mempercepat transisi ini, dengan target 44 persen energi terbarukan pada tahun 2030 dan nol emisi bersih di sektor kelistrikan pada tahun 2050.

    “Elemen kunci dari rencana ini adalah pengembangan energi terbarukan, phase out batu bara, efisiensi energi, elektrifikasi, grid development, serta investasi dan pembiayaan dalam sektor ini,” katanya.

    Demi mewujudkan hal tersebut, ia menilai para pemangku kepentingan terkait khususnya di sektor energi dan pertambangan, untuk berkolaborasi erat dan memiliki strategi yang tepat.

    “Diperlukan kebijakan dan strategi yang komprehensif dan mudah dilaksanakan bagi sistem pengelolaan pertambangan dan industri dari hulu sampai hilir,” ujar Herry.

    Dia menekankan, kegiatan di industri pertambangan serta energi secara keseluruhan juga perlu dipastikan berkelanjutan dan ramah lingkungan, menerapkan prinsip-prinsip Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) serta Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (ESG), dengan pemanfaatan teknologi dan inovasi baru untuk orientasi ekspor.

    “Optimalisasi dari kolaborasi antara para pemangku kepentingan diperlukan, yang pada akhirnya bisa berkontribusi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi sebesar delapan persen,” kata Herry.

    Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
    Editor: Abdul Hakim Muhiddin
    Copyright © ANTARA 2025

  • Ini yang Terjadi Jika Daging Kurban Disimpan Pakai Metode Plasma Dingin

    Ini yang Terjadi Jika Daging Kurban Disimpan Pakai Metode Plasma Dingin

    Jakarta

    Daging kurban yang dibagikan kepada keluarga, tetangga, dan yang membutuhkan merupakan amanah yang harus dikelola dengan baik. Namun, menyimpan daging kurban dalam jumlah besar bisa menjadi tantangan tersendiri, terutama karena harus menjaga kualitas dan kesegarannya.

    Menyimpan daging dengan benar tidak hanya mempertahankan kualitasnya, tetapi juga memastikan kandungan gizinya tetap optimal.

    Karenanya, daging kurban umumnya disimpan dengan metode pendinginan tradisional, seperti penyimpanan di kulkas atau freezer, atau pengemasan vakum. Bagaimana jika menggunakan cold plasma atau plasma dingin?

    Apa Itu Metode Plasma Dingin

    Metode plasma dingin belum dikenal sebagai cara untuk menyimpan atau mengolah daging kurban. Teknik ini lebih sering digunakan untuk pengawetan atau sterilisasi bahan makanan lainnya.

    Mengutip jurnal teknologi pangan berjudul ‘Potensi Teknologi Plasma Dingin dalam Industri Makanan’ yang ditulis Jesicca Ananty Nurul Setiadi dari Program Studi Teknik Kimia, Universitas Negeri Semarang (2022), plasma dingin adalah teknologi non-termal yang muncul untuk peningkatan keamanan pada pangan.

    “Plasma dingin dihasilkan ketika sumber energi listrik diterapkan ke gas menghasilkan beberapa spesies reaktif seperti foton ultraviolet, partikel bermuatan, spesies nitrogen, oksigen, dan hydrogen reaktif untuk menonaktifkan mikroba pencemar pada daging, unggas, buah-buahan, dan sayuran,” tulisnya.

    Aplikasi utama plasma dingin pada industri pangan yaitu sebagai dekontaminasi pangan dan peningkatan mutu terhadap ketahanan pangan.

    “Plasma dingin telah terbukti efektif untuk inaktivasi berbagai patogen dan organisme pembusuk tanpa mempengaruhi kualitas makanan,” tambahnya.

    Pemanfaatan dalam Daging Kurban

    Teknologi plasma dingin memanfaatkan gas berionisasi untuk menghasilkan efek antimikroba. Dalam konteks makanan, plasma dingin dapat digunakan untuk inaktivasi bakteri, virus, dan jamur yang dapat menyebabkan kerusakan atau kontaminasi pada daging.

    Pemanfaatannya pada daging kurban, memungkinkan inaktivasi patogen, karena dapat membunuh bakteri seperti Salmonella dan E. coli yang dapat menyebabkan penyakit pada manusia jika mengonsumsi daging yang terkontaminasi.

    Selain itu, plasma dingin juga bisa memperpanjang umur simpan. Dengan inaktivasi bakteri, daging dapat disimpan lebih lama tanpa kehilangan kualitas.

    Proses plasma dingin juga menjaga kualitas daging, termasuk rasa, tekstur, dan warna yang lebih baik dibandingkan metode penyimpanan konvensional.

    Perlu diingat, sejauh ini belum ada contoh yang diketahui terkait metode plasma dingin untuk menyimpan daging kurban. Informasi tentang plasma dingin dan dampaknya, terutama pada daging kurban masih terus berkembang.

    (rns/fay)

  • GAC AION Produksi Mobil Listrik di Purwakarta

    GAC AION Produksi Mobil Listrik di Purwakarta

    Jakarta

    Produsen asal China, GAC AION, resmi memproduksi mobil di Indonesia. Berlokasi di Purwakarta, Jawa Barat, pabrik ini merupakan kolaborasi antara Indomobil Group dan GAC AION.

    Presiden Director of Indomobil Group Jusak Kertowidjojo mengatakan, peresmian pabrik ini menunjukkan komitmen dan keseriusan Indomobil bersama GAC AION untuk memproduksi dan mengembangkan kendaraan listrik secara lokal di Indonesia.

    “Kenapa kendaraan listrik? Jadi, nomor satu penetrasi kendaraan listrik dari tahun ke tahun itu meningkat terus. Dulu sekali dimulai dari Amerika dengan Tesla. Di Eropa ada Volkswagen, Stellantis, dan Renault. Di Jepang ada Nissan, Korea ada Hyundai dan Kia. Kemudian juga masuk ke India dan yang paling luar biasa adalah di China,” buka Jusak di sela-sela peresmian pabrik GAC-Indomobil di Purwakarta, Selasa (10/6/2025).

    Jusak menambahkan, inisiatif Indomobil Group untuk menggandeng produsen mobil listrik dari China telah dilakukan sejak 2018. Namun kemudian pada prosesnya terjadi pandemi Covid-19, sehingga proses memasukkan merek mobil listrik China ke Indonesia sedikit terganggu.

    “Dan begitu China dibuka (setelah pandemi Covid-19, kita langsung ke China. Dan kini kita lihat, perkembangan dari elektrik di China itu luar biasa. Jauh lebih maju dari negara lain yang kita tahu,” sambung Jusak.

    Jusak juga tak segan-segan menyebut China sebagai negara produsen otomotif terbesar di dunia dengan market nomor satu di dunia.

    “China terus growing, sekarang sudah lebih dari 20 juta passenger car itu terjual di China. AS hanya sekitar 15 juta. The whole Europe cuma sekitar 14 juta,” terang Jusak lagi.

    Sebagai tahap awal, pabrik GAC-Indomobil ini akan memproduksi mobil listrik AION V. Pabrik ini bisa memproduksi hingga 20 ribu mobil per tahunnya dan direncanakan bisa memproduksi hingga kapasitas maksimal 50 ribu unit mobil per tahunnya. Pabrik yang memakan nilai investasi sebesar Rp 1 triliun ini menempati lahan seluas kurang lebih 11 hektare.

    President of GAC International Wei Haigang merasa senang dengan berdirinya pabrik ini sesuai waktu yang ditargetkan. Diketahui, saat ini GAC AION menjadi satu-satunya produsen mobil listrik asal China yang menjalin kemitraan dengan perusahaan lokal melalui skema joint venture.

    “Sejauh ini GAC adalah pabrikan China pertama yang joint venture di Indonesia bersama Indomobil Group. Kolaborasi ini tidak hanya ditujukan bagi konsumen

    Indonesia, melainkan juga keberlangsungan implementasi New Energy Vehicle di dalam negeri,” terang Wei Haigang.

    (lua/dry)

  • Ini Mobil China Pertama yang Muncul di Game Balap Gran Turismo

    Ini Mobil China Pertama yang Muncul di Game Balap Gran Turismo

    Jakarta

    Setelah penantian panjang selama bertahun-tahun, akhirnya ada mobil China yang muncul di game balap legendaris, Gran Turismo. Kendaraan tersebut merupakan Xiaomi SU7 Ultra yang baru meluncur Februari lalu!

    Disitat dari Carnewschina, Selasa (10/6), Xiaomi SU7 Ultra bisa dimainkan di Gran Turismo 7 yang telah tersedia di konsol Playstation 5. Sedan listrik itu menjadi mobil China pertama yang muncul di game besutan Polyphony Digital tersebut.

    Gran Turismo merupakan game balap populer yang pertama muncul 28 tahun lalu. Kini, permainan yang diproduseri Kazunori Yamauchi tersebut sudah masuk seri ketujuh dan mendapat lisensi sejumlah pabrikan dunia seperti Ferrari, Lamborghini, Mercedes-Benz, BMW, Toyota, Honda dan masih banyak lagi.

    Xiaomi SU7 Ultra di Gran Turismo 7. Foto: Doc. Xiaomi

    Kini, Gran Turismo telah memegang lisensi seribu mobil dan 50 sirkuit di dunia. Namun, untuk pertama kalinya, developer memasukkan mobil China ke permainan tersebut.

    “Saya gembira memulai kerja sama ini dengan Xiaomi. Industri otomotif China berkembang pesat, dan masuknya Xiaomi ke bidang ini sangat mengesankan. Prototipe SU7 Ultra mereka bahkan memecahkan rekor putaran Nürburgring,” ujar Kazunori Yamauchi.

    Xiaomi SU7 Ultra di Gran Turismo 7. Foto: Doc. Xiaomi

    Sementara Lei Jun selaku Chief Executive Officer (CEO) Xiaomi mengatakan, game balap merupakan salah satu cara terbaik mengenalkan produk mobil ke masyarakat luas. Itulah mengapa, dia mengaku bangga dengan kemitraan baru tersebut.

    “Xiaomi selalu berupaya keras untuk membuat inovasi yang dapat diakses semua orang, dan penyertaan SU7 Ultra dalam Gran Turismo memungkinkan pemain global dan penggemar budaya mobil merasakan sensasi kendaraan cerdas berperforma tinggi dari China,” tuturnya.

    “Kami berharap dapat melihat lebih banyak merek Tiongkok terwakili dalam permainan ini,” kata dia menambahkan.

    Xiaomi SU7 Ultra merupakan puncak ambisi produsen di pasar otomotif global. Sebagai varian tertinggi yang berfokus pada performa, mobil tersebut memadukan kemewahan, desain, dan rekayasa internal yang super canggih.

    (sfn/dry)