Topik: Listrik

  • Bos Inalum Buka-bukaan Efek Kenaikan Tarif Impor Aluminium Trump

    Bos Inalum Buka-bukaan Efek Kenaikan Tarif Impor Aluminium Trump

    Jakarta, CNBC Indonesia – PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) membeberkan dampak yang terjadi pada ekspor aluminium dari Indonesia ke Amerika Serikat (AS) setelah Presiden AS Donald Trump meningkatkan tarif impor aluminium dua kali lipat menjadi 50% sejak awal Juni 2025.

    Direktur Utama Inalum Melati Sarnita mengakui bahwa terjadi pelambatan pada ekspor aluminium ke AS. Adapun ekspor aluminium Inalum ke AS biasanya mencapai 30 ribu ton per tahun.

    Namun, lanjutnya, bila AS mengenakan kenaikan tarif impor aluminium tersebut, maka menurutnya kenaikan tarif impor ini akan dilimpahkan kepada konsumen di AS itu sendiri. Pasalnya, perusahaan tidak akan menanggung beban kenaikan tarif impor tersebut. Pada akhirnya, konsumen aluminium di AS sendiri lah yang menanggung beban lonjakan tarif impor ini.

    “Jadi, gini, ya. Yang lama, 30 ribu (ton), itu, kan, nggak pake tarif (kenaikan tarif impor baru). Yang sekarang, itu agak melambat. Tapi, kalaupun melambat, it doesn’t mean harganya turun, kan. Yang bayar tarifnya siapa, sih, sebenarnya? Kita yang jual, apa yang beli? Yang beli kan,” jelasnya di sela acara Economic Update CNBC Indonesia di Jakarta, dikutip Jumat (20/6/2025).

    “Karena, kan, misalnya, kayak saya, saya, kan, nggak akan mau jual ke Amerika, tapi saya rugi, nggak mau, dong. Pasti saya akan keep sama. Harganya akan keep sama, kan. Secara korporasi, kita pasti, ya, terserah, harga saya segini. Ya, kalau nyampe di Amerika, yang beli di-charge, ya, dia yang bayar,” tambahnya.

    Namun demikian, Melati tidak menampik bahwa imbas dari lonjakan tarif impor ini, permintaan aluminium dari AS akan menurun.

    “Pasti berkurang. Karena, gini, barang saya, itu, kan, sebenarnya COGS-nya, dia, kan, materialnya, dia, kan. Kalau itu mahal, profitability-nya turun atau naik? Kan, ada dua cara, kan. Dia naikin harga jual. Harga jual yang nanggung siapa? Jadi, efeknya, makanya, di Amerika jadi ribut, kan. Karena mereka yang nanggung. Bukan kita yang nanggung,” paparnya.

    Melati juga mewaspadai adanya potensi peralihan sumber pasokan aluminium AS. Meskipun ada potensi itu, dia menegaskan produk aluminium yang dijual oleh pihaknya memiliki nilai jual tinggi karena diproduksi dengan sumber energi bersih dan menghasilkan ‘green aluminium’.

    “Pasti dia nyari pasar pengganti. Nah, pasti dia nyari pasar-pasar lain, yang mungkin pasar kita, atau pasar yang lain. Makanya, harapan kita, identitas kita sebagai green aluminium, itu kita bisa pakai, kita berkuat. Sehingga, kan, orang-orang pakai barang kita, itu, ada efek lain. Dia bisa masuk ke green-green industry,” imbuhnya.

    “Misalnya, kayak mobil listrik BMW atau Mercedes, maunya, kan, barangnya produk green. Kayak gitu-gitu, kan, dia bisa masuk. Jadi, kan, itu spesifik. Yang lain belum tentu dia bisa. Gak semua, I think only like 20% of the player yang actually pakai hydro, kan. Gak semuanya,” tandasnya.

    Tarif Impor Aluminium AS

    Presiden Amerika Serikat Donald Trump kembali menghantam perdagangan. Dalam pidato populis di hadapan buruh pabrik baja AS, Trump mengumumkan bahwa tarif impor baja dan aluminium akan digandakan.

    Tak tanggung-tanggung, tarif impor baja dan aluminium akan naik menjadi 50% dari sebelumnya 25%. Kebijakan ini berlaku 4 Juni 2025.

    “Kita naikkan tarif baja dari 25% menjadi 50%,” seru Trump lantang di fasilitas US Steel, Pennsylvania, negara bagian yang menjadi kunci kemenangannya di Pilpres 2024, dikutip AFP, Senin (2/6/2025).

    “Tak ada yang bisa menghindar dari ini!,” tegasnya.

    Tak lama setelah pidato tersebut, Trump pun mempertegas lewat unggahan di Truth Social. Ia mengatakan kebijakan serupa juga akan berlaku untuk aluminium.

    (wia)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Danantara dan RDIF Bentuk Dana Investasi Bersama Senilai Rp37,8 triliun, Untuk Apa?

    Danantara dan RDIF Bentuk Dana Investasi Bersama Senilai Rp37,8 triliun, Untuk Apa?

    PIKIRAN RAKYAT – Danantara, yang merupakan perusahaan holding investasi asal Indonesia, baru saja telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Russian Direct Investment Fund (RDIF) untuk mendirikan dana investasi bersama senilai 2 miliar Euro, atau sekitar Rp37,8 triliun.

    CEO Danantara, Rosan Roeslani, menjelaskan bahwa kesepakatan yang bertempat di lobi Hotel Taleon, St. Petersburg, Rusia, pada Jumat, 20 Juni 2025 ini ialah sebagai bagian dari upaya memperkuat hubungan ekonomi strategis antara RI dan Rusia.

    “Salah satu kesepakatan yang kami tandatangani kemarin adalah antara Danantara dengan RDIF, di mana kami sepakat untuk membentuk joint fund sekitar 2 miliar Euro,” ujar Rosan, dilansir PikiranRakyat.com dari Antara, Jumat, 20 Juni 2025.

    Rosan menjelaskan bahwa dana patungan ini akan diprioritaskan untuk berinvestasi pada sektor-sektor kunci seperti energi terbarukan, infrastruktur digital, kecerdasan buatan (AI), dan mineral kritis.

    Tambahnya, beberapa potensi investasi tersebut, yakni di bidang bauksit, alumina, aluminium, dan hilirisasi. Lanjut Rosan, bahkan dari Rusia langsung mengirimkan tim untuk bertemu dengan pihak Danantara pada Minggu depan.

    Selain sektor-sektor yang sudah disebutkan, ada juga potensi kerja sama yang mencakup pengembangan industri galangan kapal yang memanfaatkan energi listrik dan tenaga surya. Rosan menyebutkan bahwa teknologi perkapalan ramah lingkungan milik mitra Rusia ini sudah banyak digunakan di berbagai perairan, baik sungai maupun laut.

    Rosan juga mengindikasikan bahwa operasional awal dana investasi ini akan segera dimulai. “Kami juga akan segera menyelesaikan finalisasi, dan saya yakin paling lama dalam sebulan sudah rampung,” katanya dengan optimis.

    Dalam pengembangan Dana Investasi yang dikelola Danantara, Rosan mengimbuhkan, pihaknya juga menjalin kemitraan serupa dengan investor lain, yakni dari Tiongkok, Qatar, Uni Emirat Arab, dan Arab Saudi.

    “Kami baru saja membentuk dana bersama 1 miliar dolar AS dengan Tiongkok, dan saya akan segera ke Arab Saudi untuk bertemu dengan PIAF (Public Investment Fund),” ungkap Rosan.

    Menanggapi penggunaan mata uang Euro dalam kerja sama dengan Rusia, Rosan menuturkan bahwa hal itu merupakan kesepakatan bersama kedua belah pihak, disesuaikan dengan preferensi investor dari Rusia.

    Kerja Sama Nuklir dengan Rusia untuk Pembangunan SMR 500 Megawatt

    Pemerintah Indonesia sedang serius mengkaji rencana kolaborasi dengan Rusia dalam pengembangan energi nuklir, khususnya melalui pembangunan Small Modular Reactor (SMR) dengan kapasitas 500 megawatt.

    Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto, menyampaikan dari St. Petersburg, Rusia, Jumat, 20 Juni 2025, bahwa kerja sama ini masih dalam tahap studi kelayakan (feasibility study).

    “Untuk nuklir, kita memang memulai dengan studi kelayakan. Dalam Rencana Umum Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) kita, memang ada rencana pembangunan nuklir hingga 500 megawatt,” jelas Airlangga.

    Menko Airlangga menegaskan bahwa studi ini merupakan langkah fundamental untuk menyiapkan landasan teknologi dan kerangka regulasi. Hal ini penting guna mendukung pengembangan energi nuklir yang aman dan berkelanjutan di masa depan. Disebutkan pula bahwa reaktor modular skala kecil dianggap lebih efisien dan fleksibel dibandingkan dengan pembangkit nuklir konvensional.

    Sebelumnya, Presiden Rusia Vladimir Putin telah menyatakan kesiapan negaranya untuk bekerja sama dengan Indonesia dalam bidang energi nuklir untuk tujuan damai. Kolaborasi ini direncanakan mencakup berbagai sektor, termasuk kesehatan, pertanian, dan pengembangan sumber daya manusia.

    Pernyataan Putin disampaikan dalam pertemuan bilateral dengan Presiden RI Prabowo Subianto di Moskow, Kamis, 19 Juni 2025. Dalam pertemuan tersebut, kedua pemimpin juga membahas penguatan kemitraan strategis di sektor energi, termasuk energi terbarukan dan teknologi nuklir.

    Dengan pengalaman dan teknologi canggih di bidang nuklir sipil, Rusia dianggap sebagai mitra potensial yang dapat mendukung upaya Indonesia dalam mencapai bauran energi bersih serta pengurangan emisi karbon secara bertahap.***

  • Kok Bisa Motor Listrik TVS Turun Harga Rp 23 Juta?

    Kok Bisa Motor Listrik TVS Turun Harga Rp 23 Juta?

    Jakarta

    Motor listrik pabrikan India, TVS iQube S sempat dipasarkan di Indonesia dengan banderol harga yang cukup tinggi, yakni Rp 52,9 juta. Tapi, penjualannya minim.

    Dalam satu tahun, angka distribusinya bahkan tak sampai 100 unit. Padahal TVS bisa menjual sekitar 700-an unit motor per bulannya.

    “Dengan Rp 52,9 juta, kita jualannya di bawah 100 unit (setahun). Jadi memang tidak banyak,” ujar DGM Business Development & Electric Vehicles TVS Motor Company Indonesia Rizal Tandju.

    Tingginya harga motor listrik TVS iQube S pada saat peluncuran menjadi salah satu faktor utama penyebab rendahnya minat konsumen.

    Kini, dengan harga yang lebih terjangkau, TVS berharap respons pasar akan membaik seiring meningkatnya kesadaran terhadap kendaraan listrik di tanah air.

    “Dengan harga yang sesuai diharapkan konsumen, mudah-mudahan bisa jauh lebih baik, gitu kan. Tapi semua tergantung dari pasar motor listriknya sendiri,” lanjutnya.

    Lalu, bagaimana dengan para konsumen yang lebih dulu membeli motor listrik TVS saat harganya masih di kisaran Rp 50 jutaan?

    Rizal menyatakan sebagian besar unit sebelumnya dibeli oleh institusi atau perusahaan dengan perjanjian tertentu, bukan oleh pembeli ritel perorangan.

    “Jadi pembeli kami kebanyakan corporate, ya. Sudah ada term of-nya,” jelasnya.

    Namun, jika ada konsumen individu yang merasa keberatan dengan perbedaan harga ini, TVS menyatakan siap untuk berdiskusi secara terbuka.

    “Kalau ada yang retail, ya nanti kita bisa case by case,” tegasnya.

    Langkah koreksi harga ini menjadi strategi TVS untuk tetap relevan di tengah ketatnya persaingan motor listrik di Indonesia.

    Harga motor listrik iQube S turun jauh dari yang pernah diperkenalkan pada tahun 2024 lalu. Dulu pertama kali dirilis dijual Rp 52,9 juta, sekarang harga iQube S ini dibanderol Rp 29,9 juta.

    “Harganya memang bisa lebih turun ini berkaitan komponen-komponen,” kata dia.

    Dia menjelaskan meski harganya turun, motor listrik ini tidak mengalami pengurangan spek teknis secara signifikan.

    Skuter ini menawarkan jarak tempuh maksimal di 115 km dengan sekali pengisian daya, berdasarkan klaim pabrikan. iQube S memiliki pilihan mode ECO dan POWER, dan kecepatan tertinggi 78 km/jam. Akselerasinya 0-40 km/jam hanya dalam 4,2 detik sehingga ideal untuk perjalanan di perkotaan.

    (riar/dry)

  • Penonton Jakarta E-Prix diajak gunakan transportasi publik

    Penonton Jakarta E-Prix diajak gunakan transportasi publik

    Jakarta (ANTARA) – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengajak penonton Jakarta International E-Prix 2025 untuk menggunakan transportasi publik saat menuju lokasi balapan mobil listrik internasional di Sirkuit Ancol, Sabtu (21/6).

    “Kami mengimbau pengunjung untuk menggunakan moda transportasi umum dengan 10 rute menuju lokasi balapan Jakarta International E-Prix 2025,” kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di Jakarta, Jumat.

    Ia mengatakan jika penonton datang ke lokasi balapan menggunakan transportasi umum akan meminimalkan kepadatan kendaraan yang ada di lokasi tersebut pada hari pelaksanaan yang berlangsung dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

    “Kami juga mengimbau pengguna jalan untuk menghindari ruas jalan di kawasan Ancol saat pelaksanaan Jakarta International E-Prix dan dapat menyesuaikan dengan pengaturan lalu lintas yang dilakukan,” kata dia.

    Ia mengatakan ada 10 rute layanan angkutan yang dapat dimanfaatkan warga untuk mengakses lokasi balapan Formula E 2025 dengan menggunakan bus Transjakarta nomor 14 jurusan Jakarta International Stadium (JIS) – Senen dengan 12 unit armada dan satu armada memiliki kapasitas 65 penumpang.

    Kemudian Transjakarta nomor 14A dengan rute Harmoni-JIS dengan sembilan unit armada dan memiliki kapasitas 65 penumpang untuk setiap unitnya.

    Selanjutnya Transjakarta nomor 14B dengan jurusan Tanjung Priok-JIS yang memiliki 11 armada dan setiap armada mengangkut 30 penumpang. Lalu Transjakarta 12P dengan rute Stasiun LRT Pegangsaan Dua menuju JIS dengan lima unit armada dan memiliki kapasitas 65 penumpang.

    Selain itu, ada angkutan Mikrotrans yang akan melayani penumpang ke lokasi balapan mobil listrik tersebut, mulai dari Mikrotrans JAK 77 rute Terminal Tanjung Priok-Jembatan Item dengan 32 armada dan mampu membawa 11 penumpang.

    Selanjutnya, Mikrotrans JAK 88 Terminal Tanjung Priok -Ancol Barat sebanyak 16 armada, Mikrotrans JAK 89 Terminal Tanjung Priok -Taman Kota Intan dengan 28 unit armada.

    Mikrotrans JAK 99 Terminal Tanjung Priok- Rusun Kemayoran sebanyak 28 armada, Mikrotrans JAK 118 Taman Waduk Papanggo- Kota Tua dengan 30 armada dan JAK 120 melayani JIS – Terminal Muara Angke dengan 15 armada.

    “Untuk Mikrotrans ini memiliki kapasitas 11 orang penumpang,” kata dia.

    Pewarta: Mario Sofia Nasution
    Editor: Edy Sujatmiko
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Sepeda motor-mobil listrik “adu banteng” di Tomang Jakbar

    Sepeda motor-mobil listrik “adu banteng” di Tomang Jakbar

    Jakarta (ANTARA) – Sepeda motor terlibat kecelakaan “adu banteng” (tabrakan berhadapan) dengan mobil listrik di persimpangan Tomang, Jakarta Barat, Jumat sore.

    “Sepeda motor dari arah Slipi terobos lampu merah. Kebetulan mobil yang dari keluar tol Kebon Jeruk pas lampu hijau, jadinya ‘adu banteng’,” ujar Kepala Sub Bagian Pembinaan Operasi (KBO) Satlantas Polres Metro Jakarta Barat, AKP Sudarmo di lokasi.

    Dijelaskan, sepeda motor bernomor polisi B 3846 CKA itu awalnya melaju dari arah Slipi menuju Grogol dengan menerobos lampu merah.

    Sementara pada saat bersamaan, mobil listrik bernomor polisi B 1868 GH juga melaju dengan kecepatan tinggi keluar dari pintu tol menuju arah Harmoni.

    Dua kendaraan yang melaju dengan kecepatan tinggi itu pun menyebabkan kecelakaan tak terelakkan.

    Akibat kecelakaan itu, pengendara motor mengalami luka serius dan langsung dilarikan ke rumah sakit.

    Sepeda motornya rusak parah pada bagian bagian depan. Sementara, mobil listrik mengalami penyok di bagian kanan depan akibat dihantam motor.

    “Korbannya satu orang. Dibawa ke Rumah Sakit Royal Taruma Grogol. Dia naik motor sendiri,” ujar Sudarmo.

    Saat ini, kasus kecelakaan tersebut ditangani oleh Satlantas Jakarta Barat.

    Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
    Editor: Edy Sujatmiko
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Danantara-Rusia kembangkan galangan kapal energi bersih

    Danantara-Rusia kembangkan galangan kapal energi bersih

    Jakarta (ANTARA) – Holding investasi Indonesia, Danantara, menyiapkan kerja sama strategis dengan mitra Rusia untuk mengembangkan industri galangan kapal berbasis energi bersih di Indonesia.

    CEO Danantara Rosan Roeslani di loby Hotel Taleon, St. Petersburg, Rusia, Jumat, menyebut kerja sama ini akan dijalin dengan sejumlah BUMN maritim, termasuk PT PAL Indonesia dan perusahaan pelat merah lainnya di sektor perkapalan.

    “Jadi, tidak ada yang masuk sendiri. Mereka akan bersama dengan kita, ada empat perusahaan, baik itu PAL dan yang lain-lain,” katanya.

    Rosan Roeslani menjelaskan bahwa kerja sama ini bertujuan tidak hanya untuk membangun kapal ramah lingkungan, tetapi juga untuk memperbaiki kondisi keuangan BUMN maritim nasional yang saat ini dinilai kurang sehat.

    “Kita akan lihat mana yang paling cocok. Harapannya, kerja sama ini juga bisa menyehatkan BUMN tersebut,” ujarnya.

    Selain aspek finansial, proyek ini juga menekankan pentingnya transfer teknologi, khususnya dalam penggunaan teknologi clean energy.

    Kapal-kapal yang akan dikembangkan mengandalkan tenaga listrik dan tenaga surya, bahkan memiliki kemampuan membelah es—teknologi yang sudah digunakan secara luas oleh mitra Rusia di wilayah sungai maupun laut.

    Rosan menyebut proyek ini sebagai salah satu inisiatif prioritas yang akan segera dikembangkan, seiring meningkatnya komitmen Indonesia dalam memperkuat industri maritim nasional berbasis teknologi hijau.

    Pewarta: Andi Firdaus, Genta Tenri Mawangi
    Editor: Adi Lazuardi
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • DKI akan tambah 200 bus listrik tahun ini

    DKI akan tambah 200 bus listrik tahun ini

    Arsip foto – Petugas berjalan di depan armada baru bus listrik BRT Transjakarta di lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Selasa (10/12/2024). PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) meluncurkan 200 armada baru bus listrik BRT Transjakarta yang merupakan bagian dari strategi untuk mendukung pencapaian \”Net Zero Emission\” di tahun 2050. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/YU/pri.

    DKI akan tambah 200 bus listrik tahun ini
    Dalam Negeri   
    Editor: Novelia Tri Ananda   
    Jumat, 20 Juni 2025 – 19:29 WIB

    Elshinta.com – Dinas Perhubungan bakal menambah sebanyak 200 unit bus listrik tahun ini untuk mendukung layanan transportasi massal, khususnya Transjakarta dan Transjabodetabek. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyampaikan penambahan armada ini dilakukan karena meningkatnya jumlah penumpang dan memperluas wilayah pelayanan.

    “Tahun ini kita akan adakan tambahan, dalam waktu dekat akan ada lebih kurang 200 unit bus listrik nanti akan dioperasionalkan untuk memperkuat layanan Transjakarta,” kata Syafrin di Balai Kota, Jumat.

    Penambahan armada ini menjadi bagian dari upaya Pemprov DKI dalam memperluas jangkauan transportasi publik.

    Hingga kini sudah ada lima rute Transjabodetabek yang dioperasikan, yakni:

    Blok M-Alam Sutera (S61)
    Vida Bekasi-Cawang (B41)
    PIK 2-Blok M (T31)
    Bogor-Blok M (P11)
    Sawangan-Lebak Bulus (D41)

    “Animo tertinggi itu sementara dipegang dua rekornya, PIK-Blok M dan Bogor-Blok M,” kata Syafrin.

    Dishub DKI juga tengah menyiapkan lima rute tambahan Transjabodetabek tahun ini. Salah satunya, rute Terminal Bekasi-Dukuh Atas via Tol Becakayu yang akan segera diluncurkan dalam waktu dekat. Selain itu, rute dalam kota dari Ancol ke Blok M juga akan dioperasikan untuk mempercepat mobilitas tanpa perlu transit di titik-titik seperti Kampung Melayu atau Cawang.

    ‘Total akan ada 10 rute baru Transjabodetabek tahun ini. Tapi akan diumumkan secara bertahap,” katanya.

    Untuk pengembangan layanan ini, Dishub DKI juga mengajukan tambahan subsidi “Public Service Obligation/PSO) dalam APBD Perubahan 2025 sebesar Rp300 miliar hingga Rp400 miliar, yang akan digunakan untuk layanan Transjakarta dan Transjabodetabek.

    Sumber : Antara

  • Sejumlah kantong parkir kendaraan tersedia di Jakarta E-Prix

    Sejumlah kantong parkir kendaraan tersedia di Jakarta E-Prix

    Jakarta (ANTARA) –

    Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menyiapkan sejumlah kantong parkir khusus bagi pengunjung Jakarta International E-Prix 2025 di Sirkuit Ancol Jakarta Utara pada Sabtu (21/6).

    “Penonton Jakarta E-Prix tidak diperkenankan untuk parkir di luar lokasi kantong parkir yang telah ditetapkan,” kata Kepala Dinas Perhubungan Syafrin Liputo di Jakarta, Jumat.

    Ia mengatakan bagi pemegang tiket VVIP Royal dan VIP Suite agar dapat memarkir kendaraan di titik parkir Jakarta International Stadium (JIS) Kelurahan Papanggo Kecamatan Tanjung Priok.

    Untuk di kawasan JIS ini memiliki kapasitas 1.000 ruang parkir untuk kendaraan roda empat dan 500 ruang parkir untuk sepeda motor.

    Sementara penonton yang telah mengantongi tiket Grandstand dan Festival dapat memarkir kendaraan mereka di titik parkir Intermediate Treatment Facility (ITF) di sisi barat Jakarta International Stadium.

    “Untuk sisi ini memiliki kapasitas 1.000 ruang parkir untuk kendaraan roda empat,” kata dia.

    Lebih lanjut, penonton juga bisa memarkir kendaraan di dalam kawasan Ancol dari sejumlah gerbang masuk baik dari Gerbang Barat Ancol, Gerbang Timur dan Gerbang Dermaga Marina Ancol.

    Pengunjung dapat memarkir kendaraan di kawasan Dufan Lama dengan 700 ruang parkir, selanjutnya di kawasan E Convention dengan kapasitas 800 ruang parkir dan Pasar Seni dengan kapasitas 500 ruang parkir.

    “Dari lokasi parkir penonton dapat menggunakan ‘shuttle’ bus menuju arena balap mobil listrik tersebut,” kata dia.

    Sebelumnya, Manajemen PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk melakukan rekayasa lalu lintas di kawasan Ancol Jakarta Utara saat pelaksanaan Jakarta International E-Prix pada Sabtu (21/6).

    “Kami melakukan koordinasi dengan banyak pihak termasuk penyelenggara agar pelaksanaan Jakarta International E-Prix 2025 ini berjalan aman dan lancar,” kata Corporate Communication PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Daniel Windriatmoko.

    Ia mengatakan khusus untuk jalur dari bundaran Symphony of The Sea yang berada di depan gerbang timur Ancol akan ditutup untuk umum hingga ke kawasan Bende yang menjadi pintu masuk ke sirkut Jakarta International E Prix 2025.

    “Penonton yang memiliki tiket, baik ‘grand stand’, festival maupun VIP dapat memarkir kendaraan di E Convention, Pasar Seni dan lainnya,” kata dia.

    Pewarta: Mario Sofia Nasution
    Editor: Edy Sujatmiko
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Bukan Turun Harga, Ini Sebabnya Toyota bZ4X Ada yang Dijual Rp 600 Jutaan

    Bukan Turun Harga, Ini Sebabnya Toyota bZ4X Ada yang Dijual Rp 600 Jutaan

    Jakarta

    Harga Toyota bZ4X ada yang Rp 600 jutaan. Meski begitu, tak ada penurunan harga pada model bZ4X. Kok bisa ada yang dijual Rp 600 jutaan?

    bZ4X menjadi satu-satunya mobil listrik yang dijual Toyota di Indonesia saat ini. Soal harga, model barunya ditawarkan dengan banderol Rp 1 miliar ke atas. Tapi rupanya, ada Toyota bZ4X yang dijual seharga Rp 600-700 jutaan. Pas buat kamu yang lagi mencari Toyota bZ4X tapi budget di bawah Rp 1 miliar.

    Untuk diketahui, Toyota tidak melakukan penyesuaian harga terhadap bZ4X sehingga ada yang dijual mulai Rp 600 jutaan. Namun demikian, model tersebut adalah VIN 2023 dan juga unit bekas digunakan pada KTT (Konferensi Tingkat Tinggi).

    “Price list tidak berubah ya,” terang CEO Auto2000 Anton Jimmi Suwandy saat dikonfirmasi detikOto, Jumat (20/6/2025).

    Harga Toyota bZ4X

    Sementara bila unit versi yang terbaru, bisa dibawa pulang dengan harga mulai Rp 1,2 miliar. Berikut daftar harga Toyota bZ4X, termasuk unit ex KTT dan VIN 2023.

    Toyota bZ4X (without wall charger): Rp 682,8 jutaToyota bZ4X (with wall charger): Rp 726,2 jutaToyota bZ4X (one tone color): Rp 1.200.700.000Toyota bZ4X (two tone color): Rp 1.208.800.000

    Soal spesifikasi, Toyota bZ4X memiliki panjang 4.690 mm, lebar 1.860 mm, tinggi 1.600 mm, jarak sumbu roda 2.850 mm, serta radius putar 6,3 m. Toyota bZ4X dipasok baterai Lithium-ion kapasitas 71,4 kWh dengan voltase 355 Volt. Saat baterainya terisi penuh, mobil berpenggerak roda depan (FWD) tersebut bisa menempuh jarak hingga 500 km.

    Baterai bZ4X diklaim dapat dicas dari 0-80% dalam waktu 9-10 jam dengan metode normal charging, pakai charging AC dengan output 6,6 kW. Namun jika dicas menggunakan fast charging, untuk mengisi dari 0 ke 80% kapasitas, hanya butuh 30 menit, pakai charging DC dengan output 150 kW.

    Kemudian untuk motor listriknya, menggunakan AC synchronous electric generator yang mampu menghasilkan tenaga 150 kW (201,1 dk) dan torsi puncak sebesar 266,3 Nm. Dengan tenaga sebesar itu, mobil ini bisa berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam 8,3 detik.

    Toyota juga membekali bZ4X dengan fitur ADAS (Advance Driver Assistance System) generasi terbaru yang disebut TSS (Toyota Safety Sense) 3.0. Fiturnya meliputi Pre-Collision System with Pedestrian Detection, Lane Departure Alert with Steering Assist, Automatic High Beams, Lane Tracing Assist, Full-Speed Range Dynamic Radar Cruise Control, hingga Road Sign Assist.

    (dry/din)

  • Danantara-Rusia bentuk dana investasi Rp37,8 triliun

    Danantara-Rusia bentuk dana investasi Rp37,8 triliun

    Jakarta (ANTARA) – Perusahaan holding investasi Indonesia, Danantara, menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Russian Direct Investment Fund (RDIF) untuk membentuk dana investasi bersama senilai 2 miliar Euro atau setara Rp37,8 triliun.

    CEO Danantara, Rosan Roeslani, di loby Hotel Taleon, St. Petersburg, Rusia, Jumat, menyebut kesepakatan ini sebagai bagian dari upaya memperkuat hubungan ekonomi strategis antara Indonesia dan Rusia.

    “Salah satu kesepakatan yang kita tanda tangani kemarin adalah antara Danantara dengan RDIF, yang di mana kita sepakat untuk membuat joint fund sekitar 2 miliar Euro,” katanya.

    Ia menyatakan bahwa dana bersama ini akan difokuskan pada sektor-sektor prioritas seperti energi terbarukan, infrastruktur digital, kecerdasan buatan (AI), serta mineral kritis.

    “Beberapa potensi investasi di antaranya untuk di bidang bauksit, di alumina, aluminium, hilirisasi. Mereka bahkan langsung mengirimkan tim untuk bertemu dengan kami minggu depan,” ujar Rosan.

    Selain sektor tersebut, potensi kerja sama juga mencakup pengembangan industri galangan kapal berbasis energi listrik dan tenaga surya.

    Menurut Rosan, teknologi perkapalan ramah lingkungan milik mitra Rusia ini telah digunakan secara luas di wilayah perairan, termasuk sungai dan laut.

    Rosan juga menyebutkan bahwa langkah awal operasional dana investasi ini akan dimulai dalam waktu dekat.

    “Kita juga akan segera finalisasi dan saya yakin paling lama dalam waktu sebulan juga sudah selesai,” katanya.

    Dalam pengembangan Dana Investasi Danantara, Rosan menambahkan bahwa pihaknya juga menjalin kerja sama serupa dengan mitra dari Tiongkok, Qatar, Uni Emirat Arab, dan Arab Saudi.

    “Kami baru saja membentuk dana bersama 1 miliar dolar AS dengan China, dan saya akan segera ke Arab Saudi untuk bertemu dengan PIAF (Public Investment Fund),” katanya.

    Menanggapi pilihan menggunakan mata uang euro dalam kerja sama dengan Rusia, Rosan menyebut hal itu merupakan kesepakatan bersama kedua belah pihak, menyesuaikan dengan preferensi investor Rusia.

    Pewarta: Andi Firdaus, Genta Tenri Mawangi
    Editor: Biqwanto Situmorang
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.