Topik: Listrik

  • Pasokan Listrik ke Jalur Gaza Diputus Total, Organisasi Israel Mengecam

    Pasokan Listrik ke Jalur Gaza Diputus Total, Organisasi Israel Mengecam

    PIKIRAN RAKYAT – Kendati tengah dalam situasi gencatan senjata, Israel tak henti membuat rakyat Palestina terutama di Gaza menderita. Terkini, Israel mengeluarkan keputusan untuk menghentikan total pasokan listrik di Jalur Gaza.

    Menteri Energi Israel, Eli Cohen, menginstruksikan penangguhan penjualan listrik ke Gaza, yang akan menyebabkan penghentian langsung aliran listrik ke wilayah tersebut.

    Tindakan ini menunjukkan bahwa Israel benar-benar akan meningkatkan tindakan meski dalam situasi gencatan. Israel sebelumnya dilaporkan akan mengganggu pasokan listrik dan air, melakukan serangan udara.

    Tak sampai di situ, dalam laporan tersebut juga menyatakan tidak menutup kemungkinan Israel bakal kembali menduduki Gaza. 

    Soal keputusan Israel, organisasi nirlaba asal Israel yang melindungi kebebasan bergerak warga Palestina, terutama warga Gaza yaitu Gisha menyuarakan kecaman atas tindakan Israel.

    Direktur eksekutif Gisha, Tania Hary, menyatakan tindakan Israel yang memutus pasokan listrik bisa berdampak pada pabrik desalinasi di Deir el-Balah. Pasalnya, pabrik tersebut telah menyediakan 18.000 meter kubik air per hari

    “Tetapi sekarang harus bergantung pada generator, artinya hanya dapat memproses sekitar 2.500 meter kubik per hari, kira-kira jumlah yang sama dengan kolam renang Olimpiade,” katanya dilaporkan Al Jazeera.

    Tak hanya soal diputusnya pasokan listrik, Hary juga menyoroti kebijakan Israel yang membatasi masuknya bantuan bahan bakar. Hal ini akan semakin mempersulit warga Gaza dalam mendapatkan akses air.

    “Memutus pasokan listrik yang digunakan untuk keperluan sipil seperti desalinasi air bukanlah ‘menggunakan alat yang kita miliki’ seperti yang dikatakan Menteri Cohen, itu adalah kejahatan yang dilakukan Israel,” ujarnya.

    Jumlah korban terus bertambah

    Sejak dimulainya genosida Israel pada Oktober 2023, jumlah korban tewas di jalur Gaza terus bertambah. Israel tak menghentikan serangannya meski situasi tengah gencatan senjata.

    Otoritas setempat melaporkan jumlah korban tewas di Jalur Gaza telah meningkat menjadi 48.458 orang, sebagian besar adalah wanita dan anak-anak.

    Sementara, jumlah korban luka juga meningkat menjadi 111.897, dan ribuan orang masih terjebak di bawah reruntuhan sementara upaya penyelamatan terus menghadapi kendala signifikan.

    Tim medis telah memperingatkan bahwa banyak korban masih terjebak di bawah bangunan yang runtuh atau di jalan. Namun, petugas tanggap darurat kesulitan menjangkau mereka karena kurangnya peralatan penting untuk membersihkan puing-puing dan melakukan operasi penyelamatan.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Pertamina Lubricants Cermati Penyesuaian Standar Pelumas di Tengah Teknologi Otomotif Terbaru

    Pertamina Lubricants Cermati Penyesuaian Standar Pelumas di Tengah Teknologi Otomotif Terbaru

    PIKIRAN RAKYAT – PT. Pertamina Lubricants ikut ambil bagian sebagai mitra dalam diskusi JAMA Lube Oil Seminar 2025 yang diselenggarakan di Jakarta, pada Senin, 10 Maret 2025. Kegiatan yang diinisiasi oleh Japan Automobiles Manufacturers Association membicarakan berbagai isu mulai dari sektor otomotif dan pelumas, pengurangan emisi karbon, hingga kebijakan energi bersih di Indonesia dan kawasan Asia.

    Seminar JAMA 2025 diikuti oleh para pemimpin industri terkait, pakar global, serta perwakilan pemerintah untuk saling berbagi wawasan mengenai isu yang dibahas tersebut.

    Direktur Utama PT. Pertamina Lubricants Werry Prayogi dalam sambutannya mengatakan bahwa acara ini menjadi momen berharga untuk saling bertukar gagasan dan pemahaman tentang arah masa depan industri otomotif dan pelumas ditengah meningkatnya tuntutan terhadap inovasi dan keberlanjutan.

    “Peraturan pemerintah mendorong perkembangan desain mesin, dan standar pelumas terus menyesuaikan diri dengan kebutuhan yang berubah,” kata Werry.

    “Hal ini mendorong kinerja pelumas hingga batas maksimal di berbagai aplikasi. Karena itu, penting bagi kami untuk memahami peraturan pemerintah, kebutuhan mesin, dan standar pelumas secara menyeluruh.

    Selain itu, Werry menambahkan bahwa dengan semakin banyaknya penggunaan teknologi pengendalian emisi dan bahan bakar alternatif, beradaptasi dengan perubahan tersebut menjadi sesuatu hal penting.

    “Pertamina Lubricants bangga dapat bekerja sama dengan JAMA dalam menyelenggarakan seminar ini yang menjadi kesempatan berharga bagi kita semua,” kata dia.

    Kebutuhan pelumas tetap tinggi meski ada tren penggunaan kendaraan listrik di Indonesia. Hal tersebut dibeberkan Senior Specialist Engine and Driveline Lubricants PT. Pertamina Lubricants Alva Kurnia.

    Alva mengungkap di Indonesia berdasarkan data populasi kendaraan di yang bermesin pembakaran internal atau ICE masih mendominasi dengan persentase mencapai 99,95 persen.

    “Sementara kendaraan listrik atau electric vehicle hanya 0,05 persen,” katanya.

    Meskipun penjualan kendaraan listrik berkembang pesat, kata dia, tetapi kendaraan ICE masih mendominasi. Namun, sambungnya, saat ini permintaan akan pelumas dengan tingkat performa terbaru dan kualitas bahan dasar yang lebih tinggi terus bertambah karena dipengaruhi oleh teknologi otomotif terbaru dan peraturan yang berlaku.

    Pelumas tetap memiliki peran penting dalam pengurangan emisi karbondioksida. Pelumas dan aditif punya peran dalam teknologi otomotif modern.

    Idemitsu Kosan Co dan Japan Lubrizol Japan Ltd, dua produsen pelumas Jepang, menekankan ketersediaan oli yang sudah berstandar ILSAC GF-6 atau API SP. Kemudian penggunaan oli berstandar JASO GLV-1 dan GLV-2 untuk viskositas rendah demi efisiensi bahan bakar. Serta oli JASO DL-1, DL-2, DL-0 untuk kendaraan diesel ringan.

    JAMA Motorcycle Oil Task Force (MCO) mendorong penggunaan oli mesin berstandar JASO khusus untuk kendaraan roda dua. MCO untuk kedepannya akan mengurangi kandungan fosfor dan viskositas demi manfaat lingkungan global dan pengguna.

    Di sektor alat berat, JCMA telah menerapkan beberapa standarisasi untuk alat berat konstruksi. Sedangkan pada electric vehicle, sistem e-Aixle memerlukan cairan khusus yang memenuhi kebutuhan spesifik kendaraannya.

    Chairman JAMA Lube Oil Seminar 2025 Kazua Yamamori mengatakan bahwa salah satu tantangan terbesar industri otomotif saat ini adalah mengurangi emisi karbon secara signifikan. Pihaknya memiliki komitmen untuk mencapai netralitas karbon pada tahun 2050.

    Perwakilan pemerintah yang hadir sebagai pembicara yaitu Deputi Bidang Pengendalian Perubahan Iklim dan Tata Kelola Ekonomi Karbon BPLH Kementerian Lingkungan Hidup Ary Sudijanto dan Sekjen Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Dadan Kusdiana.

    Ary membicarakan salah satunya tentang komitmen Indonesia dalam upaya menuju netralitas karbon. Dia mengatakan empat aksi mitigasi utama untuk mendorong Nationally Determined Contributions yakni penggunaan biofuel, electric vehicle, fuel switching dari RON 88 ke RON yang lebih tinggi, compression natural gas untuk transportasi publik.

    Sementara itu, Dadan Kusdiana menyampaikan bahwa komitmen pengurangan emisi gas rumah di sektor energi hingga tahun 2030. Dia menyebut bahwa realisasi pengurangan emisi di tahun 2024 mencapai 41 persen dari target.

    “Energi terbarukan menjadi kontributor terbesar diikuti oleh efisiensi energi. Upaya ini menunjukkan kemajuan signifikan meski beberapa sektor masih perlu ditingkatkan untuk capai target penuh di tahun 2030,” ucapnya.*** 

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News