Topik: Listrik

  • Ada 55 Merek Motor Listrik di Indonesia, Kapasitas Produksi Tembus 1 Juta Unit!

    Ada 55 Merek Motor Listrik di Indonesia, Kapasitas Produksi Tembus 1 Juta Unit!

    Jakarta

    Wakil Menteri Perindustrian (Wamenperin) Faisol Riza mengungkap, ada 55 merek motor listrik di pasar otomotif Indonesia. Sementara kapasitas produksinya secara akumulatif tembus 1,15 juta unit setahun!

    Pernyataan tersebut disampaikan Faisol saat membuka pameran Indonesia Motorcycle Show atau IMOS 2024. Menurutnya, penambahan jumlah merek itu menandakan pasar motor listrik di Indonesia terus tumbuh.

    “Kita catat ada 55 perusahaan motor listrik di Indonesia. Kapasitas produksinya 1,15 juta unit setahun. Artinya apa? Pasar akan terus bertambah,” ujar Faisol di ICE BSD, Tangerang Selatan, Rabu (30/10).

    Sayangnya, Faisol tak mengurai nama-nama dari ke-55 merek tersebut. Namun, menurut catatan kami, merek motor listrik di Indonesia masih didominasi nama-nama lokal dan asal China.

    Lebih jauh, Faisol menegaskan, peminat motor listrik di Indonesia meningkat dari tahun ke tahun. Kini, tunggangan tersebut bukan hanya digunakan orang-orang yang peduli terhadap lingkungan, melainkan juga yang ingin tampil beda

    “Hari ini, orang bukan hanya menggunakan motor bensin, melainkan juga listrik. Mungkin mereka mulai menyadari, kendaraan roda dua dengan listrik menjadi kebutuhan dan gaya hidup baru,” tuturnya.

    Dia berharap, pameran khusus roda dua seperti IMOS 2024 bisa jadi ajang mengenalkan motor listrik baru ke masyarakat Indonesia. Itulah mengapa, dia mengapresiasi digelarnya acara tahunan tersebut.

    “Kemenperin canangkan industri berbasis energi terbarukan harus jadi tolak ukur untuk membangun industri di masa yang akan datang. IMOS 2024 diharapkan bisa memberikan kontribusi positif terhadap ekosistem (kendaraan listrik),” kata dia.

    (sfn/dry)

  • Semrawutnya Kabel di Jalan Kembangan Utara Jakbar, Ada yang Putus dan Menjuntai
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        30 Oktober 2024

    Semrawutnya Kabel di Jalan Kembangan Utara Jakbar, Ada yang Putus dan Menjuntai Megapolitan 30 Oktober 2024

    Semrawutnya Kabel di Jalan Kembangan Utara Jakbar, Ada yang Putus dan Menjuntai
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Semrawutnya kabel di tiang-tiang listrik menjadi pemandangan yang mencolok di sepanjang Jalan Kembangan Utara Raya, Jakarta Barat.
    Tampak kabel-kabel kusut tergulung di tiang. Banyak pula kabel yang melintang dari satu tiang ke yang lain. Bahkan, beberapa kabel terlihat putus dan menjuntai.
    Berdasarkan penelusuran 
    Kompas.com
     pada Rabu (30/10/2024) pagi, dalam jarak 500 meter saja, setidaknya ada lima
    kabel putus
    yang menjuntai dan hampir menyentuh tanah.
    Sementara, tinggi kabel-kabel yang melintang hanya sekitar empat sampai lima meter dari permukaan tanah. Akibatnya, setiap kali truk muatan melintas di jalan ini, ujungnya nyaris mengenai kabel semrawut tersebut.
    Tak hanya itu, beberapa tiang listrik pun tampak miring. 
    Pemandangan ini memaksa para pengendara ekstra hati-hati saat melintas. Salah satunya, Lukman (38).
    “Sudah lama sih saya lihat ini semrawut gitu,” ucap Lukman saat diwawancarai di lokasi.
    Lukman yang berprofesi sebagai pengendara ojek
    online
    (ojol) ini sehari-harinya melintasi Jalan Kembangan Utara Raya. Beberapa kali ia melihat truk yang mengangkut muatan mengenai kabel di jalan tersebut. 
    “Beberapa truk boks yang tinggi kan lewat ya, mungkin karena kabelnya kurang tinggi jadi kena,” jelas dia. 
    Lukman pun kerap khawatir jika ada pengendara yang terjerat kabel-kabel tersebut. Mau tak mau, ia meningkatkan kewaspadaan tiap kali melewati Jalan Kembangan Utara Raya.
    “Saya baca berita banyak yang terjerat kabel, jadi saya takut banget. Kalau menyetir lihat ke arah atas gitu,” tutur Lukman.
    Hal yang sama juga dirasakan oleh Reya (23). Setiap melintasi jalan tersebut, ia berkendara dengan kecepatan rendah.
    “Pasti kan harus waspada gitu kalau ada kabel yang menjuntai ke bawah. Aku pelan-pelan jadinya,” terang dia.
    Terpisah, Kepala Suku Dinas (Sudin) Binamarga Jakarta Barat Darwin Ali mengatakan, pihaknya bakal melakukan pengecekan ke lokasi. Ia berjanji segera berkoordinasi dengan pihak-pihak pemilik utilitas untuk melakukan penataan di jalanan tersebut. 
    “Akan kami cek dan kami koordinasikan dengan pemilik utilitas,” ungkap Darwin.
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Spesifikasi Mobil Listrik Pindad, Sekali Cas Bisa Jangkau 170 Km

    Spesifikasi Mobil Listrik Pindad, Sekali Cas Bisa Jangkau 170 Km

    Jakarta

    PT Pindad juga memiliki mobil listrik. Namun, mobil listrik Pindad masih berupa prototipe. Namanya Morino EV.

    Pindad telah mengembangkan mobil listrik dengan bentuk yang identik dengan Maung. Beberapa waktu lalu, Pindad mengembangkan mobil listrik bernama Morino EV. Bentuknya identik dengan kendaraan taktis (rantis) Maung MV2.

    Mobil itu tampil kekar ala kendaraan taktis. Desainnya mengotak seperti mobil Maung versi mesin konvensional.

    Dalam situs resminya, Pindad menginformasikan spesifikasi singkat dari mobil listrik Morino EV. Disebutkan, Morino EV merupakan kendaraan taktis ringan roda empat dengan penggerak listrik. Di akun Instagram resminya, Pindad menyebutkan mobil listrik ini pakai penggerak 4×4.

    Prototipe mobil listrik Pindad Morino EV ini dibekali dengan penggerak daya elektrik dengan tenaga maksimal hingga 160 HP atau 125 kW. Mobil listrik Morino EV bisa dipacu dengan kecepatan aman hingga 100 km/jam.

    Morino EV dibekali baterai 292 V (150.000 mAh). Sekali cas sampai penuh, Pindad menyebut mobil listrik ini bisa menjangkau jarak hingga 170 km.

    Prototipe Mobil Listrik buatan Pindad Foto: Dok. Pindad

    Dibekali dengan penggerak daya elektrik dengan daya 160 HP / 125kW, Morino EV mampu dipacu dengan kecepatan aman 100 km/jam. Dengan kapasitas baterai 292 V (150.000 mAh), MORINO EV mampu menjangkau jarak tempuh hingga 170 km.

    Namun, mobil listrik ini tampaknya masih berupa prototipe. Belum ada informasi lebih lanjut mengenai produksi massal dari Morino EV. detikOto sudah menanyakan kelanjutan pengembangan Morino EV kepada pihak PT Pindad, namun belum ada jawaban.

    Jika diproduksi massal nantinya, mungkin Morino EV buatan Pindad ini bisa jadi alternatif lain untuk kendaraan dinas menteri, wakil menteri dan pejabat eselon I di Kabinet Merah Putih di bawah kepemimpinan Presiden Prabowo Subianto. Apalagi, Prabowo meminta agar menteri, wakil menteri dan pejabat eselon I tidak lagi menggunakan mobil impor dan memanfaatkan mobil buatan Pindad, yaitu Maung.

    (rgr/din)

  • Tensi Tinggi Perang Dagang  Uni Eropa Vs China di Mobil Listrik
                                    
                                
                    2 jam yang lalu

    Tensi Tinggi Perang Dagang Uni Eropa Vs China di Mobil Listrik 2 jam yang lalu

    Tensi Tinggi Perang Dagang Uni Eropa Vs China di Mobil Listrik

    2 jam yang lalu

  • Axioo Hype 5 Gen 2 Meluncur, Laptop Pekerja dengan Harga Terjangkau – Page 3

    Axioo Hype 5 Gen 2 Meluncur, Laptop Pekerja dengan Harga Terjangkau – Page 3

    Tidak hanya itu, PT Tera Data Indonusa sebagai pemilik merek laptop Axioo, meresmikan kelas laboratorium komputer Intelligent Desktop Virtualization (IDV) pertama di Indonesia. Lab ini hasil kolaborasi dengan PT Indo Mega Vision.

    Kelas laboratorium IDV pertama ini hadir di SMK Pertiwi, Kuningan, Jawa Barat dengan dukungan Intel Corporation dan deretan perusahaan lainnya.

    Selain untuk mendukung pembelajaran komputer, laboratorium ini juga untuk mendukung upaya pemerintah untuk mengentaskan buta teknologi di Indonesia.

    Vice President Business Development & Strategic Partnership PT Tera Data Indonusa, Timmy Theopelus, mengatakan salah satu alasan yang membuat angka buta teknologi di Indonesia tinggi adalah terbatasnya kepemilikan komputer dibandingkan di negara lain.

    Hal ini tak lepas dari budget terbatas dan tagihan listrik tinggi yang jadi momok bagi banyak sekolah di Indonesia, terutama di daerah tertinggal.

    Oleh karenanya, buta teknologi pun menjadi salah satu tantangan utama yang harus segera diselesaikan untuk mencapai generasi emas Indonesia di 2045 nanti.

    Kehadiran laboratorium IDV di SMK Pertiwi Kuningan jni bertujuan membantu memberikan solusi bagi sekolah-sekolah yang memiliki keterbatasan dana dan listrik untuk dapat memiliki laboratorium komputer dengan spesifikasi yang mumpuni tetapi tetap hemat daya.

  • Pindad Punya Prototipe Mobil Listrik, Sudah Diproduksi?

    Pindad Punya Prototipe Mobil Listrik, Sudah Diproduksi?

    Jakarta

    PT Pindad (Persero) tak hanya mengembangkan mobil Maung dengan mesin konvensional. Perusahaan pertahanan pelat merah ini juga sempat memamerkan teknologi mobil listrik mereka.

    Beberapa waktu lalu, Pindad memamerkan prototipe mobil listrik dengan bentuk seperti Maung. Mobil listrik itu bernama Morino EV. Bentuknya identik dengan kendaraan taktis (rantis) Maung MV2.

    Mobil itu tampil kekar ala kendaraan taktis. Desainnya mengotak seperti mobil Maung versi mesin konvensional.

    Dikutip dari situs resmi Pindad, Morino EV adalah kendaraan taktis ringan roda 4 dengan tenaga elektrik. Mobil ini ditujukan untuk mendukung operasi dengan mobilitas tinggi.

    Menurut data spesifikasinya, Morino EV hadir dengan penggerak daya elektrik berdaya maksimal 160 HP atau 125 kW. Morino EV bisa dipacu dengan kecepatan aman hingga 100 km/jam.

    Prototipe mobil listrik yang dikembangkan Pindad ini memiliki baterai 92 V (150.000 mAh). Sekali cas sampai penuh, mobil ini bisa melaju hingga jarak 170 km.

    Bagaimana kelanjutan proyek mobil listik Pindad tersebut? Apakah sudah diproduksi massal? Ryan Prasastyo selaku Corporate Communication Executive PT Pindad (Persero) mengatakan saat ini mobil listrik tersebut masih dalam bentuk prototipe.

    “Belum (diproduksi massal). Masih prototipe,” kata Ryan kepada detikOto.

    [Gambas:Instagram]

    Jika diproduksi massal nantinya, mungkin Morino EV buatan Pindad ini bisa jadi alternatif lain untuk kendaraan dinas menteri, wakil menteri dan pejabat eselon I di Kabinet Merah Putih di bawah kepemimpinan Presiden Prabowo Subianto. Apalagi, Prabowo disebut-sebut meminta agar menteri, wakil menteri dan pejabat eselon I tidak lagi menggunakan mobil impor dan memanfaatkan mobil buatan Pindad, yaitu Maung.

    (rgr/din)

  • Kijang Innova Zenix ‘Indonesia 2’ yang Dipakai Wapres Gibran, Punya Fitur Khusus?

    Kijang Innova Zenix ‘Indonesia 2’ yang Dipakai Wapres Gibran, Punya Fitur Khusus?

    Jakarta

    Wapres Gibran menggunakan Kijang Innova Zenix hybrid dalam kunjungan kerjanya. Apakah Kijang Innova Zenix hybrid ‘Indonesia 2’ itu dibekali fitur khusus?

    Kijang Innova Zenix Hybrid jadi tunggangan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka dalam beberapa kesempatan kunjungan kerja. Mobil itu digunakan Gibran ketika mengunjungi proyek MRT fase 2, Cibubur Youth Sport Centre, hingga Pasar Gotong Royong di Magelang. Mobil tampak menggunakan pelat khusus wapres yaitu ‘Indonesia 2’ atau ‘RI 2’.

    Mobil yang digunakan petinggi negara, umumnya dilengkapi dengan fitur keamanan tingkat tinggi seperti antipeluru. Fitur canggih lain juga biasanya disematkan untuk menunjang keamanan sepanjang perjalanan. Tapi bagaimana dengan Kijang Innova Zenix Hybrid tunggangan Gibran itu?

    Diketahui mobil tunggangan Gibran adalah Innova Zenix Hybrid varian tertinggi yakni Q CVT. Ini merupakan varian tertinggi di keluarga Kijang Innova Zenix Hybrid. Mengisi posisi sebagai varian teratas, fitur Innova Zenix Hybrid cukup lengkap. Namun kalau bicara fitur antipeluru, tak termasuk di dalamnya. Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy menyebut bahwa pihaknya tak menjual Innova Zenix Hybrid dengan fitur khusus.

    “Mobil ini tidak ada spesifikasi khusus,” tegas Anton saat dikonfirmasi detikOto baru-baru ini.

    Fitur Kijang Innova Zenix Hybrid tipe Q

    Meski tak dibekali antipeluru, fitur di dalam Kijang Innova Zenix Hybrid terbilang lengkap. Mulai dari uphill/downhill shift control yang memberikan kontribusi dalam meningkatkan kemampuan berkendara melewati rute pegunungan. Sistemnya menilai jalan menanjak atau menurun sesuai bukaan gas dan kecepatan mobil.

    Ada juga 6 SRS Airbags terdiri dari dual airbags, side airbags, dan curtain side air bags (CSA). Fitur Vehicle Approach Notice di tipe Q HV, dan V HV, memberikan peringatan kepada pengemudi jika ada kendaraan lain atau pejalan kaki mendekati titik tertentu kendaraan.

    Rem mobil dapat bekerja optimal berkat disc brake16 inch di seluruh roda bersama fitur ABS+EBD+BA. Sensor parkir terdapat di semua model, di mana tipe Q HV ditambah corner sensor. Parkir mundur dibantu kamera parkir (seluruh tipe) dan panoramic view monitor(model Q HV). Vehicle Stability Control(VSC) dan Hill Start Assist(HSA) merupakan mandatory.

    Kijang Innova Zenix Hybrid Q ini juga sudah dilengkapi dengan fitur yang mengandalkan radar dan sensor berupa Toyota Safety Sense 3 (TSS 3.0). TSS 3.0 terdiri atas Pre-Collision System (PCS),Dynamic Radar Cruise Control (DRCC),Lane Departure Alert (LDA) &Lane Tracing Assist (LTA),serta Automatic High Beam (AHB).

    Spesifikasi Mesin Kijang Innova Zenix Hybrid tipe Q

    Kijang Innova Zenix hybrid mengusung mesin berkode M20A-FXS berkubikasi 1.987 cc 4 silinder Dual VVT-i bertenaga 152 PS pada 6.000 rpm dan torsi 19,1 Kgm pada 4.400-5.200 rpm. Diperkuat motor listrik berdaya 113 PS dan torsi 21 Kgm dengan tenaga gabungan 186 PS pada sistem. Mesinnya dipasangkan dengan transmisi CVT K120 yang halus dan responsif. Mode Sequential Shiftmatic10-speed diadopsi untuk memungkinkan perpindahan gigi seperti transmisi manual untuk meningkatkan kenikmatan berkendara.

    Motor listrik compact, dikembangkan komponen di dalamnya untuk meningkatkan power output. Ditambah,downsized transaxle sebagai penyalur tenaga ke roda depan yang ditingkatkan kinerjanya untuk menyediakan efisiensi terbaik dan lebih senyap ketika beroperasi.

    Harga Kijang Innova Zenix Hybrid tipe Q

    Kijang Innova Zenix Hybrid Q CVT ini ditawarkan dalam beberapa varian seperti pilihan warna premium hingga paket eksterior Modellista. Harganya berada di rentang Rp 600 jutaan, dengan rincian sebagai berikut.

    Kijang Innova Zenix HEV Q CVT TSS: Rp 620,75 jutaKijang Innova Zenix HEV Q CVT TSS (Premium Color): Rp 623,75 jutaKijang Innova Zenix HEV Q CVT TSS Modellista: Rp 630,6 jutaKijang Innova Zenix HEV Q CVT TSS Modellista (Premium Color): Rp 633,6 juta

    (dry/din)

  • Pemuda Katolik Tolak Program Transmigrasi di Papua

    Pemuda Katolik Tolak Program Transmigrasi di Papua

    GELORA.CO – Program Strategis Nasional (PSN), termasuk program transmigrasi dan cetak sawah di wilayah Papua diminta dikaji ulang.

    Pengkajian perlu dilakukan karena PSN bisa mengancam kelestarian lingkungan serta kearifan lokal masyarakat adat Papua.

    Belum lagi ada kemungkinan merusak ekosistem hutan adat, tatanan sosial, dan mengabaikan hak-hak hidup masyarakat adat di tanah Papua.

    “Papua bukan tanah kosong, ini tanah bertuan dengan masyarakat yang memiliki hak atas lingkungan dan budayanya,” kata Ketua Ketua Pemuda Katolik Komda Papua, Melianus Asso dalam keterangan resmi yang diterima redaksi, Rabu, 30 Oktober 2024. 

    Kata Melianus, rakyat Papua tidak butuh transmigrasi, namun membutuhkan pendidikan, kesehatan, akses air bersih, listrik, dan fasilitas dasar lainnya.

    Senada dengan Melianus, Ketua Pemuda Katolik Komda Papua Tengah, Tino Mote, menyampaikan beberapa pandangan yang mengedepankan pentingnya menjaga lingkungan dan keberlangsungan hidup masyarakat lokal, terutama masyarakat adat.

    “Sebagai organisasi Katolik yang berlandaskan nilai-nilai ‘Laudato si’ dari Paus Fransiskus, kami bertanggung jawab untuk melestarikan lingkungan,” kata Tino.

    Sementara itu, Ketua Pemuda Katolik Komda Papua Pegunungan, Tadeus Mabel menyarankan agar pemerintah pusat mendukung kebijakan yang memungkinkan masyarakat adat Papua mengelola dan melindungi hutan adat mereka sendiri.

    Menyikapi hal ini, Ketua Umum Pemuda Katolik terpilih, Stefanus Asat Gusma, menegaskan pihaknya akan menjembatani usulan dari para Pemuda Katolik di wilayah Papua.

    “Kami akan membawa aspirasi ini ke Presiden, Wakil Presiden, kementerian terkait, dan Panglima TNI dan Kapolri,” kata Gusma.

  • Turbin Antasena Buatan UGM Cocok untuk Daerah 3T dengan Kecepatan Rendah

    Turbin Antasena Buatan UGM Cocok untuk Daerah 3T dengan Kecepatan Rendah

    Liputan6.com, Yogyakarta – Tim Peneliti Departemen Teknik Mesin dan Industri (DTMI) Fakultas Teknik yang terdiri dari Indarto, Deendarlianto, dan Agung Bramantya tengah mengembangkan turbin yang cocok di daerah dengan kecepatan angin rendah dengan nama Antasena. Deendarlianto mengatakan kecepatan angin seringkali menjadi tantangan untuk membangkit listrik tenaga angin namun Antasena tetap berfungsi secara optimal dan mampu berputar pada kecepatan angin yang rendah, yaitu cut-in wind speed rendah sekitar 2,5 meter per detik. “Antasena hadir dalam usaha pemanfaatan energi bayu sebagai pembangkit tenaga bayu yang bertujuan untuk mendukung Carbon Utilization bagi daerah 3T,” kata Deendarlianto, Senin 28 Oktober 2024.

    Deen mengatakan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) menjadi salah satu program pembangkit PT PLN (persero) Grup untuk menaikan bauran EBT. Selain itu juga mendukung pencapaian target Energi Baru Terbarukan sebesar 23% pada tahun 2025 sesuai Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) 2021-2030 dan Rencana Umum Energi Nasional. Ia mengatakan di beberapa daerah 3T kecepatan anginnya masih cukup rendah. Maka teknologi energi angin dengan kecepatan rendah bisa menjadi solusi. “Saya kira inovasi dari turbin Antasena ini merupakan salah satu solusi untuk mengatasinya,” katanya.

    PLN sangat membutuhkan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) ini untuk membantu daerah 3T. Maka Antasena menjadi solusi yang tepat dari teknologi yang dibuat tim dari UGM. “Selain bisa diterapkan di daerah 3T dan PLN akan membantu penuh desain, prototype, produksi massal, dan instalasi disana, sehingga bisa digunakan langsung oleh masyarakat,” ujar Deendarlianto.

    Deen menjelaskan, turbin Antasena ini memiliki koefisien data (Cp) blade hingga 55% dan material yang ramah lingkungan menggunakan komposit dengan filler karbon yang diambil dari limbah karbon PLTU. Setiap proses pembuatan Turbin Angin Antasena menggambarkan komitmen para peneliti untuk membawa masa depan Indonesia menjadi lebih hijau dan lebih baik dan menjadi solusi terbaik bagi daerah-daerah terpencil yang sulit dijangkau oleh energi konvensional.

  • Ragam Pilihan Mobil Maung MV3 Buatan Pindad, Jadi Buat Mobil Menteri?

    Ragam Pilihan Mobil Maung MV3 Buatan Pindad, Jadi Buat Mobil Menteri?

    Jakarta

    Mobil Maung buatan Pindad disebut-sebut akan menjadi kendaraan dinas menteri, wakil menteri, sampai pejabat eselon I. Diketahui, Pindad telah memproduksi mobil Maung MV3 dalam berbagai konfigurasi bentuk. Apa saja?

    PT Pindad memiliki kendaraan taktis (rantis) ringan yang bisa dijadikan sebagai kendaraan penumpang, yaitu Maung. Sekarang, telah ada Maung generasi terbaru dalam bentuk MV3.

    MV3 Maung. Foto: dok. PT Pindad

    Untuk saat ini, ada beberapa bentuk MV3 yang telah diproduksi oleh Pindad. Yang paling sering muncul adalah Maung Tangguh. Maung Tangguh merupakan varian dengan atap terbuka, dapat mengangkut 4 orang personel. Lalu ada Maung MV3 Komando yang dilengkapi dengan atap Hard Top, dan juga Maung MV3 Jelajah yang dilengkapi dengan atap Soft Top.

    Maung MV3 Irup. Foto: Presiden Jokowi mengecek pasukan HUT ke-79 RI di Monas dengan menaiki Maung Pindad (screenshot YouTube Setpres)

    Selanjutnya, Pindad juga telah memproduksi Maung MV3 Irup. Maung MV3 Irup merupakan Maung MV3 Varian Tangguh yang dimodifikasi untuk kebutuhan Upacara atau Seremonial. Modifikasi yang dilakukan adalah membuat platform datar untuk berdiri dengan menghilangkan seluruh jok menyisakan milik pengemudi. Selain itu, keseluruhan body kendaraan bersifat terbuka dan Tubular body kendaraan dimanfaatkan sebagai pijakan tangan. Untuk platform datar di dalam kendaraan ditutup dengan karpet merah, menunjang sebagai kendaraan kehormatan untuk kegiatan seremonial. Terakhir, ada tangga yang terletak di belakang kendaraan untuk platform menaiki kendaraan.

    Mobil anti-drone Maung MV3 Mobile Jammer Foto: Dok. PT Pindad

    Kemudian ada Maung MV3 Mobile Jammer. Maung MV3 Mobile Jammer dirancang sebagai sistem anti-drone mobile yang mampu menetralisir ancaman drone secara cepat dan akurat. Kendaraan ini dilengkapi dengan jammer drone sebagai senjata soft kill dan senjata SMB SM5 A1 kaliber 12,7 mm sebagai senjata hard kill.

    Terbaru, ada Maung MV3 Garuda Limousine. MV3 Garuda Limousine dirancang khusus untuk kendaraan kepresidenan. Mobil itu berbasis Maung MV3 tapi tampil lebih mewah dan dilengkapi bodi serta kaca antipeluru untuk keamanan Presiden.

    Sebagai gambaran, Maung MV3 menggunakan mesin turbo diesel 2.200 cc. Mobil itu mampu melaju pada kecepatan aman 100 km/jam dan memiliki jarak tempuh hingga 500 km.

    Kendaraan taktis 4×4 Pindad Foto: PT Pindad

    Pindad sempat mengembangkan mobil listrik bernama Morino EV. Dikutip dari situs resmi Pindad, Morino EV adalah kendaraan taktis ringan roda 4 berbahan bakar elektrik yang ditujukan untuk mendukung operasi dengan mobilitas tinggi. Dibekali dengan penggerak daya elektrik dengan daya 160 HP / 125kW, Morino EV mampu dipacu dengan kecepatan aman 100 km/jam. Dengan kapasitas baterai 292 V (150.000 mAh), Morino EV mampu menjangkau jarak tempuh hingga 170 km. Namun, tampaknya mobil listrik Morino EV baru sekadar prototipe, belum diproduksi massal.

    (rgr/din)