Topik: Listrik

  • Program Listrik Gratis Isrullah-Usman, Pengamat Sarankan Bekerjasama dengan Perusahaan Besar

    Program Listrik Gratis Isrullah-Usman, Pengamat Sarankan Bekerjasama dengan Perusahaan Besar

    FAJAR.CO.ID, LUWU TIMUR — Program listrik gratis yang diusung oleh pasangan calon bupati-wakil bupati Luwu Timur, Isrullah Achmad dan Usman Sadik, mendapat apresiasi sebagai langkah kepedulian sosial yang bermanfaat bagi masyarakat kurang mampu.

    Namun, keberhasilan program ini dinilai akan lebih maksimal jika dijalankan dengan kemitraan bersama perusahaan besar di Luwu Timur, seperti PT Vale.

    Pengamat ekonomi Universitas Negeri Makassar, Andika Isma, menilai bahwa kerja sama dengan sektor swasta bisa menjadi langkah penting dalam menjalankan program ini secara berkelanjutan.

    “Kemitraan dengan sektor swasta sangat potensial. Pemerintah bisa menjalin kemitraan dengan perusahaan listrik atau pihak swasta lainnya untuk pembiayaan dan pengelolaan program agar lebih efisien. Kalau di Luwu Timur, salah satu perusahaan besar yang bisa diajak kerja sama adalah PT Vale,” kata Andika saat dihubungi, Jumat (1/11/2024).

    Menurut Andika, dukungan dari perusahaan besar akan membantu membiayai dan mempermudah pengelolaan program sehingga manfaatnya dapat dirasakan secara luas dan bertahan lebih lama.

    Selain itu, edukasi kepada masyarakat tentang penggunaan energi yang efisien juga menjadi hal penting agar program ini berjalan lebih efektif.

    “Edukasi masyarakat tentang penggunaan energi yang efisien akan membantu mengurangi beban listrik dan memastikan program berjalan lebih lama,” ujarnya.

    Dalam pelaksanaannya, Andika menyarankan agar pemerintah daerah memiliki data yang akurat mengenai penerima manfaat. Hal ini untuk memastikan bahwa program listrik gratis tepat sasaran dan tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak berhak.

  • Nggak Jadi iCar, Mobil Listrik Off-road Pertama di Indonesia Ini Dikasih Nama Chery J6

    Nggak Jadi iCar, Mobil Listrik Off-road Pertama di Indonesia Ini Dikasih Nama Chery J6

    Bogor

    PT Chery Sales Indonesia (PT CSI) sempat mengagetkan pasar mobil listrik Tanah Air dengan kehadiran iCar 03 di GIIAS 2024 silam. Namun kini, mobil listrik off-road pertama di Indonesia itu berganti nama menjadi Chery J6.

    Digantinya nama mobil listrik dengan desain ikonik ini bukan tanpa alasan. Menurut Rifkie Setiawan, Head of Brand Department PT CSI, hal itu dilakukan karena iCar merupakan merek yang dikhususkan untuk pasar domestik China.

    “Itu memang kalau iCar kan buat domestic market China, kalau keluar biasanya diboyong sama brand Jaecoo,” ujar Rifkie kepada awak media di ajang Chery J6 Media Test Drive di Bogor pada Rabu (30/10/24) ini.

    Di sisi lain, menggunakan sub merek Jaecoo untuk induk dari SUV listrik mereka ini juga tak bisa dilakukan sebab Jaecoo belum dibawa ke Indonesia. Itu sebabnya, nama yang dipakai oleh PT CSI untuk mobil ini adalah Chery J6.

    “Nah kita posisi juga di luar domestik China, kan. Dan harusnya kan dia biasanya pakai Jaecoo. Nah jadi kan kita belum ada Jaecoo, tapi kebutuhan untuk market-nya di Indonesia udah ada, opportunity-nya ada, nah untuk itu kita pasarin di Indonesia kita harus pakai brand Chery, makanya pakai Chery nama produknya J6,” ujar Rifkie.

    Perlu diketahui, pergerakan Chery di kancah otomotif dunia dipayungi oleh Chery Group. Perusahaan besar ini punya subsidiari yakni Chery International dan Chery Automobile. Seperti namanya, Chery International diplot untuk gerilya di pasar luar China.

    “Salah satunya itu, kita nggak bisa menggabungkan dua brand dalam satu produk. iCar ini kan brand. Jadi kalau ngomongin Chery Group di otomotif, dia ada dua, kan, Chery International sama Chery Automobile. Chery International itu membawa tiga brand, ada Chery, Jaecoo, sama Exceed yang flagship-nya,” ujar Rifkie.

    “Nah sedangkan Chery Automobile itu membawahi banyak brand, termasuk Jaguar Land Rover, Jetour, terus juga ada Karry, termasuk iCar gitu. Jadi (iCar) ini brand, nih. Jadi nggak bisa brand (Chery) sama brand (iCar disatukan), makanya kenapa kita pakai (Chery) J6,” tegasnya.

    Meski namanya berubah, Chery Sales Indonesia nyatanya tak banyak merevisi spesifikasi hingga desain dari mobil ini. Chery J6 tetaplah ikonik dan perkasa sebagai mobil listrik pertama di Indonesia yang siap dipakai off-road.

    Chery rencananya menjual J6 dalam dua tipe yakni dengan penggerak dua roda atau rear wheel drive (RWD) dan penggerak semua roda atau yang mereka sebut dengan IWD. Belum ada harga resmi dari mobil ini, namun akan diplot sekitar Rp 500-600 jutaan.

    (mhg/din)

  • Ramai-ramai Produsen Bikin Mobil Hybrid, Begini Respons Toyota

    Ramai-ramai Produsen Bikin Mobil Hybrid, Begini Respons Toyota

    Jakarta

    Mobil hybrid semakin menjamur di Indonesia. Bahkan merek-merek yang dulunya mulai berniaga di Indonesia dengan mobil listrik, kini juga ikutan melahirkan mobil hybrid, contohnya Hyundai yang baru merilis All New Santa Fe Hybrid. Bagaimana respons Toyota selaku merek Jepang yang mempopulerkan mobil hybrid di Indonesia?

    Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Nandi Julyanto menjelaskan, tidak masalah dengan semakin banyaknya mobil hybrid di pasar Indonesia. Menurut Nandi, mobil hybrid bisa menjadi opsi bagi konsumen yang menginginkan mobil ramah lingkungan, namun tidak ingin dibuat sulit dengan kekurangan-kekurangan seperti yang ada di mobil listrik full baterai (BEV).

    Toyota Innova Zenix Hybrid Foto: Dok. Moch Prima Fauzi/detikcom

    “Kalau menurut saya, customer itu maunya peace of mind. Kalau dia peace of mind-nya tidak mau mikir ganjil genap ya pilih listrik. Kalau peace of mind dia nggak mau ribet ngecas ya hybrid. Kalau cuma buat PP (pergi-pulang) dengan jarak tetap bisa juga pilih (mobil listrik) baterai,” ungkap Nandi di Universitas Indonesia, Depok (30/10/2024).

    Saat ini lini produk hybrid Toyota sangat lengkap. Di segmen SUV kompak ada Yaris Cross Hybrid, di segmen MPV ada Innova Zenix Hybrid, lantas di segmen SUV ada Corolla Cross Hybrid dan RAV4 PHEV, juga ada Alphard Hybrid dan Vellfire Hybrid di segmen MPV premium.

    Toyota Alphard Hybrid Foto: Grandyos Zafna

    Selain Toyota, kini Hyundai juga mulai bermain di segmen hybrid dengan memperkenalkan All New Santa Fe Hybrid belum lama ini. Sebelumnya merek dari Inggris, MG, juga memperkenalkan mobil hybrid terbarunya MG VS.

    Dengan makin banyaknya produsen bermain di segmen hybrid, apakah nantinya mobil hybrid bisa mendapatkan insentif dari pemerintah, sama seperti mobil listrik full baterai?

    “Waktu diskusi kemarin, konsep pemerintah yang masih menggunakan fuel tak dapat insentif. Tetapi kalau konsepnya nanti pengurangan emisi, hitungannya selama model itu bisa mengurangi emisi, maka bisa dapat insentif,” bilang Nandi.

    (lua/din)

  • 2
                    
                        Jawaban Menohok Edy Rahmayadi ke Bobby Nasution: Kalau Tahu Ada "Kutipan", Kenapa Tak Dilaporkan?
                        Medan

    2 Jawaban Menohok Edy Rahmayadi ke Bobby Nasution: Kalau Tahu Ada "Kutipan", Kenapa Tak Dilaporkan? Medan

    Jawaban Menohok Edy Rahmayadi ke Bobby Nasution: Kalau Tahu Ada “Kutipan”, Kenapa Tak Dilaporkan?
    Editor
    MEDAN, KOMPAS.com
    – Calon Gubernur Sumatera Utara (Sumut) nomor urut 2,
    Edy Rahmayadi
    , memberikan jawaban menohok atas sentilan Cagub Sumut nomor urut 1,
    Bobby Nasution
    dalam
    debat Pilkada Sumut
    2024.
    Dalam acara debat, Bobby menceritakan masih ada
    SMA
    /
    SMK
    di Sumut yang belum teraliri listrik dan internet. Bahkan masih ada kutipan atau pungutan liar (
    pungli
    )
    “Ada kutipan di SMA/SMK,” tutur Bobby Nasution dalam debat Pilkada Sumut, Rabu (30/10/2024).
    Pada segmen kedua saat membahas mengenai angka partisipasi murni (APM) siswa di Sumut, Edy langsung menanggapi pernyataan Bobby.
    “Kalau tahu ada kutipan, kenapa tak dilaporkan,” ungkap Edy yang balik menyentil Bobby sebagai Wali Kota Medan.
    Pada segmen tersebut, Edy menceritakan tingkat APM di Sumut. Sebagai gubernur Sumut, ia mengklaim berhasil membangun 24 SMK dan SMA.
    Jumlah itu, sambung Edy memang belum optimal karena angka kebutuhannya mencapai 96 SMA/SMK.
    Untuk itu ia akan melanjutkan pembangunan di 33 kabupaten kota dengan bertahap, bertingkat, dan berlanjut dengan memprioritaskan APBD.
    “Anggaran pendidikan itu 20 persen, tapi (beberapa tahun lalu) berhenti karena refocusing anggaran Covid-19,” beber dia.
    Debat Pilkada Sumut
    2024 diikuti dua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumut.
    Calon gubernur dan wakil gubernur Sumut nomor urut 1 Bobby Nasution-Surya, dan calon gubernur dan wakil gubernur Sumut nomor urut 2 Edy Rahmayadi-Hasan Basri Sagala.
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • High MPV Lega, Nyaman, Efisien

    High MPV Lega, Nyaman, Efisien

    PLUSMINUSKESIMPULANWajah baru yang lebih mewah, kabin luas dan nyaman di semua baris, mesin baru yang lebih efisien.Kekedapan kabin harusnya bisa lebih baik, sistem pelipatan jok terasa kurang praktis.Nissan Serena e-POWER menawarkan banyak hal yang sulit ditolak. MPV yang solid, dengan efisiensi bahan bakar tinggi, fitur modern, dan kenyamanan optimal.

    Hadir dengan look & feel MPV premium, mesin irit, dan teknologi elektrifikasi yang berbeda, Nissan Serena e-POWER jadi pilihan Editors’ Choice detikoto.

    Nissan Serena kembali meramaikan pasar otomotif Indonesia dengan membawa inovasi terbaru, dengan kini disematkan teknologi e-POWER. Mesin hybrid besutan Nissan ini adalah opsi superior buat mereka yang mencari pengalaman berkendara mobil listrik dan ingin merdeka dari kekhawatiran jarak tempuh baterai BEV.

    Satu lagi, Serena e-POWER juga unggul dalam konsumsi bahan bakar — kalau kamu masih dalam kategori menimbang-timbang harga BBM berpeluang naik tahun depan.

    e-POWER: Mobil Bensin Rasa BEV, Bebas Ribet

    Teknologi e-POWER menjadi jantung dari Serena e-POWER. Mesin bensin 1.4L berperan sebagai generator listrik, mengisi baterai yang kemudian menggerakkan motor listrik untuk memutar roda. Sistem ini memberikan sensasi berkendara layaknya mobil listrik murni dengan akselerasi instan dan hening, namun tanpa perlu khawatir mencari stasiun pengisian daya.

    Tak main-main, motor listrik pada mobil ini bertenaga 163 PS dan mesin bensinnya bertenaga 98 PS. Serena e-POWER menawarkan efisiensi bahan bakar yang mengesankan, mencapai 18,5 km/liter di perkotaan dan 20,3 km/liter di jalan tol.

    Mesin e-Power di All New Nissan Serena Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Sederhananya, mobil ini adalah pilihan ideal bagi keluarga yang ingin mobil hemat bahan bakar tanpa mengorbankan performa.

    Mesin hybrid besutan Nissan ini adalah opsi superior buat mereka yang mencari pengalaman berkendara mobil listrik dan ingin merdeka dari kekhawatiran jarak tempuh baterai BEV.

    detikOto

    Keselamatan Jempolan, Fitur Teknologi Terdepan

    Nissan Serena e-POWER dilengkapi dengan rangkaian teknologi keselamatan Nissan Safety Shield 360, termasuk pengereman darurat otomatis, peringatan keluar jalur, pemantauan titik buta, dan kamera 360 derajat.

    Teknologi ProPILOT Park yang dimiliki mobil ini dapat membantu pengemudi melakukan parkir otomatis dengan mudah. Selain itu, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan fitur e-Pedal Step yang memungkinkan pengendalian akselerasi dan deselerasi hanya dengan satu pedal, memberikan pengalaman berkendara yang lebih santai dan efisien.

    Nyaman-Lega, Nyaman-Lega, Nyaman-Lega

    Serena e-POWER memiliki kabin yang luas dan nyaman. Mobil ini memiliki banyak ruang untuk penumpang dan barang bawaan. Selain itu, mobil ini dapat menampung hingga 7 penumpang sehingga cocok untuk dijadikan sebagai mobil keluarga. Tak hanya luas dan nyaman, desain interior dari mobil ini juga terkesan modern dan elegan.

    Dari hasil eksplorasi kami di semua baris, nyaman dan leganya Serena e-PoWER ini terasa sampai baris ketiga. Jadi, di manapun duduk, rasanya masih sama.

    Beralih ke fiturnya, terdapat berbagai fitur canggih di dalam mobil ini. Salah satunya adalah 12,3 inch Entertainment Display yang bisa terhubung dengan NissanConnect. Selain itu, terdapat juga fitur pendukung lainnya seperti USB-C Fast Charging Port dan Wireless Charger.

    Nissan Serena e-Power meluncur di GIIAS 2024 membawa banyak teknologi canggih. Foto: Lutfhi Andhika Anshori/detikOto

    Harga Bersaing

    Nissan Serena e-POWER hadir dalam dua varian yakni Highway Star Single Tone dengan harga Rp 635 Juta dan Highway Star Two Tone dengan harga Rp 639,5 Juta. Mobil ini sudah tersedia di seluruh dealer Nissan di Indonesia.

    Kesimpulan

    Nissan Serena e-POWER adalah pilihan menarik bagi keluarga modern yang mencari mobil MPV dengan efisiensi bahan bakar tinggi, fitur modern, dan kenyamanan optimal. Teknologi e-POWER memberikan pengalaman berkendara yang unik dan menyenangkan, sementara interior luas dan fitur-fitur canggih menjadikan Serena e-POWER sebagai teman perjalanan yang ideal bagi keluarga.

    Meskipun memiliki beberapa keterbatasan seperti tidak adanya opsi penggerak roda depan dan transmisi manual, serta kekedapan kabin yang kami rasa harusnya bisa lebih baik, Serena e-POWER tetap menjadi pilihan yang sangat layak dipertimbangkan bagi mereka yang menginginkan MPV nyaman dengan keunggulan efisiensi bahan bakar dan teknologi terkini.

  • Pelopori Perdagangan Karbon di Indonesia, Pertamina NRE Gencar Dorong Carbon Neutral Event

    Pelopori Perdagangan Karbon di Indonesia, Pertamina NRE Gencar Dorong Carbon Neutral Event

    Jakarta, Beritasatu.com – Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE) tidak saja mempelopori perdagangan karbon di IDX Carbon pada tahun 2023, namun secara konsisten mengampanyekan serta mendukung kegiatan-kegiatan netral karbon yang diselenggarakan oleh berbagai pihak. Carbon neutral event adalah kegiatan yang diselenggarakan tanpa mengeluarkan emisi karbon atau emisi yang dikeluarkan dikompensasi dengan pembelian kredit karbon sehingga menjadi netral karbon.

    Pertamina NRE sebagai penjual kredit karbon telah memperdagangkan kredit karbon ke sejumlah penyelenggara acara atau kegiatan.

    “Kami berharap kampanye carbon neutral event ini dapat mengedukasi dan menginspirasi masyarakat untuk turut mendukung upaya penurunan emisi karbon secara konkret, yaitu salah satunya mengompensasi emisi karbon yang dikeluarkan dalam penyelenggaraan acara dengan membeli kredit karbon,” ujar Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi.

    Hingga periode Oktober 2024, Pertamina NRE telah mendukung penyediaan kredit karbon untuk mengompensasi emisi karbon yang dikeluarkan dalam sejumlah acara atau kegiatan , antara lain Anugerah Jurnalistik Pertamina 2024 untuk wilayah Jawa Barat, Pameran ESG yang diselenggarakan oleh PT Pertamina Bina Medika, program Pertamina Goes to Campus (PGTC) di Universitas Riau (Unri), Indonesia Millenial and Gen-Z Summit yang diselenggarakan oleh IDN Times, serta peluncuran program BBM Satu Harga di empat provinsi di Indonesia.

    Kredit karbon yang diperdagangkan Pertamina NRE bersumber dari Pembangkit Listrik Tenaga Panas bumi (PLTP) Area Lahendong Unit 5 dan 6 yang sudah memiliki Sertifikat Pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca (SPE GRK). Artinya, dengan membeli kredit karbon dari Pertamina NRE maka turut mendukung pengembangan energi panas bumi yang merupakan energi hijau. Dicky menambahkan bahwa komitmen Pertamina NRE untuk menerapkan prinsip berkelanjutan diwujudkan di seluruh aspek bisnis perusahaan.

    “Dalam setiap kegiatan, kami akan bantu hitung potensi emisi karbon yang dihasilkan, emisi yang dihasilkan dari transportasi yang digunakan oleh peserta kegiatan, penggunaan listrik, air, gas hingga limbah yang dihasilkan selama penyelenggaraan acara. untuk selanjutnya , emisi yang telah dihitung tersebut dikompensasi dengan sejumlah unit kredit karbon yang kami sediakan untuk di offset,” lanjutnya.

    Kegiatan Anugerah Jurnalistik Pertamina 2024 Jawa Barat menjadi salah satu contoh penerapan carbon neutral event yang didukung Pertamina NRE. Melalui konsep ini, seluruh emisi karbon yang dihasilkan dari acara tersebut dihitung secara cermat, mulai dari penggunaan energi, transportasi, hingga konsumsi barang yang berpotensi menghasilkan emisi. Setelah itu, total emisi tersebut dikompensasikan melalui pembelian kredit karbon.

    Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso menambahkan bahwa pihaknya mendorong dekarbonisasi dalam berbagai aktivitas perusahaan. Hal ini merupakan wujud komitmen dan upaya Pertamina mengejar target net zero emission 2060.

    “Salah satu strategi Pertamina dalam mendukung tercapainya NZE adalah melalui inisiatif carbon neutral dan perdagangan karbon. Kami berharap, carbon neutral event ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh pihak untuk melakukan dekarbonisasi yang lebih masif,” ujar Fadjar.

    Ke depan, Pertamina NRE akan menambah volume kredit karbon dari sumber energi bersih yang lain, yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg). Aksi ini sejalan dengan komitmen Pertamina untuk mendukung target pemerintah dalam mencapai net zero emission (NZE) pada tahun 2060.

  • Misteri Langit Bumi Berdengung Dibongkar Peneliti

    Misteri Langit Bumi Berdengung Dibongkar Peneliti

    Jakarta, CNBC Indonesia – Efek listrik dari badai petir tidak terbatas hanya di bagian atas atmosfer saja. Di dekat tanah, atmosfer Bumi juga berdengung dengan medan listrik kuat yang mempercepat partikel, melemparkan elektron dengan cara yang memaksa atom bersinar dengan sinar gamma.

    Dari puncak gunung di Armenia, para ilmuwan mengamati fenomena meteorologi misterius ini dari dekat.

    Di fasilitas sinar kosmik Laboratorium Sains Nasional Alikhanyan di Gunung Aragats, fisikawan Ashot Chilingarian dan rekan-rekannya telah berupaya memahami fenomena yang disebut Thunderstorm Ground Enhancements (TGE).

    Fenomena ini bisa menjadi bagian dari teka-teki dalam pemahaman tentang Alam Semesta fisik, dari badai petir di Bumi, hingga sinar kosmik yang menempuh jarak yang sangat jauh melintasi ruang angkasa.

    “Setiap hari, terjadi 40.000 badai petir. Banyak jaringan yang mendeteksi pelepasan atmosfer dan satelit dengan instrumen optik yang presisi memantau kilatan petir. Namun, ketika kami memulai penelitian TGE, tidak ada yang memantau fluks besar elektron mega-elektronvolt (MeV) yang membombardir planet kita dan ruang di atasnya,” kata Chilingarian, dikutip dari ScienceAlert, Rabu (30/10/2024).

    Para ilmuwan telah mendirikan jaringan detektor partikel SEVAN sepuluh tahun lalu untuk memantau TGE di Eropa Timur, Jerman, dan Armenia.

    Akselerator elektron dengan energi puluhan MeV mencakup volume yang sangat besar di atmosfer dan beberapa kilometer persegi di permukaan Bumi.

    “Fluks yang sangat besar ini disertai oleh kehidupan di Bumi melalui evolusi miliaran tahun dan tentunya memengaruhi semua aspek geospasial dan biosfer,” jelasnya.

    TGE terdiri dari medan listrik di atmosfer, yang dihasilkan oleh badai petir. Di dalam medan listrik ini, elektron dipercepat hingga kecepatan tinggi, yang mendekati kecepatan cahaya dalam ruang hampa atau kecepatan relativistik.

    Ini dikenal sebagai longsoran elektron lepasan relativistik, yang didorong oleh medan listrik baik ke tanah maupun ke atas ke atmosfer. Elektron inilah yang menghasilkan radiasi.

    Ketika elektron melambat tiba-tiba, dibelokkan oleh tabrakan dengan inti atom di atmosfer, hilangnya energi terwujud sebagai sinar gamma, suatu bentuk radiasi yang dikenal sebagai radiasi bremsstrahlung.

    Dengan menggunakan jaringan detektor, Chilingarian dan rekan-rekannya mengumpulkan data tentang badai petir di seluruh Eropa pada 2023. Mereka kemudian melakukan pengukuran terperinci terhadap elektron dan radiasi gamma yang terjadi selama 56 TGE intens yang mereka rekam.

    TGE paling intens sebagian besar terjadi dari Mei hingga Juli, dan yang paling kuat tercatat di Gunung Lomnický štít di Slovakia pada bulan Mei.

    Untuk satu kejadian ini, fluks partikel adalah 100 kali lipat dari tingkat normal saat cuaca cerah. Secara total, ada tujuh kejadian yang melampaui fluks saat cuaca cerah lebih dari 75 persen.

    “Kami mengukur fluks elektron yang stabil di permukaan Bumi, yang mencakup seratus ribu meter persegi. Beberapa mekanisme menyediakan stabilitas ini selama satu menit atau lebih,” jelas Chilingarian.

    “Berkas elektron besar muncul di awan badai, tempat struktur muatan berubah pada skala waktu kedua. Pelepasan atmosfer membunuh perbedaan potensial, tetapi fluksnya stabil. Sangat mengasyikkan untuk diukur,” imbuhnya.

    Anehnya, para peneliti juga menemukan bahwa medan listrik jauh lebih dekat ke tanah daripada yang mereka duga. Mereka mengukur kekuatan medan listrik yang kuat hingga 50 meter di atas tanah.

    “Penemuan ini mengejutkan para ahli meteorologi, yang tidak mempercayainya sampai kami menyajikan bukti yang lengkap,” kata Chilingarian.

    (dem/dem)

  • Motor Listrik Alva N3 Meluncur di IMOS 2024, Harga Rp 18 Jutaan!

    Motor Listrik Alva N3 Meluncur di IMOS 2024, Harga Rp 18 Jutaan!

    Jakarta

    PT Electra Distribusi Indonesia (EDI) resmi meluncurkan Alva N3 di pameran Indonesia Motorcycle Show atau IMOS 2024. Motor listrik tersebut bermain di kelas entry level dengan harga yang sangat terjangkau!

    Alva N3 sebenarnya telah melantai di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2024. Namun, ketika itu, produsen hanya mengenalkan ke konsumen tanpa mengumumkan harga dan fitur lengkapnya. Kali ini, semua detailnya diungkap secara publik!

    Skema pembelian Alva N3 sangat unik dan berbeda dibandingkan motor-motor listrik pada umumnya. Sebab, tunggangan tersebut dibanderol Rp 18,5 juta dalam kondisi ‘kosongan’. Sementara baterainya dijual secara terpisah melalui skema kredit. Konsumen tinggal membayar Rp 200 ribuan sebulan selama tiga tahun.

    Ketika lunas, baterai tersebut akan menjadi hak milik konsumen. Namun, jika mau dibeli tunai juga bisa. Harganya Rp 10 juta untuk satu baterai dan Rp 17 juta untuk dua baterai.

    “Jadi, kalau baterainya mau dibeli tunai, tinggal ditotal saja. Misal satu baterai ditambah harga motor jadi Rp 28 jutaan,” ujar Krisna Murti selaku Chief Commercial Officer (CCO) Alva di ICE BSD Tangerang Selatan, Rabu (30/10).

    Alva N3 dibekali sejumlah fitur standard, mulai dari panel instrumen digital, boost charge untuk pengisian daya cepat, Alva Intelligent Charging System (AICS), bagasi dan kompartemen yang lega, port USB A dan C, konektivitas ponsel melalui Alva Apps, ‘tahan banjir’ dan masih banyak lagi.

    Pabrikan membekalinya dengan baterai ganda yang mampu membuat kendaraan menempuh jarak 140 km. Sementara kecepatan maksimumnya 80 km/jam.

    Motor listrik baru itu tersedia dalam tiga pilihan warna, yakni krem, hitam dan putih. Pembelian unit sudah termasuk garansi tiga tahun dan layanan dukungan seperti customer service, roadside assistance serta Zuttoride.

    (sfn/dry)

  • DKI bangun SPKLU untuk mewujudkan energi berkelanjutan

    DKI bangun SPKLU untuk mewujudkan energi berkelanjutan

    Jakarta (ANTARA) – Dinas Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi DKI Jakarta akan membangun dua Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan menerapkan konservasi energi di bangunan gedung untuk mewujudkan energi berkelanjutan.

    “Tahun ini, kita bangun dua SPKLU, yakni di Balai Kota Jakarta dan di Jalan H Naman, Pondok Kelapa, Jakarta Timur,” kata Kepala Dinas Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Disnakertransgi) DKI Jakarta Hari Nugroho.
    ​​​​​​​
    Hal disampaikan Hari saat sosialisasi Energi Jakarta dalam rangka Peringatan Hari Listrik Nasional Ke-79 di Equestrian Ball Room, Jakarta International Equestrian Park, Pulo Gadung, Jakarta Timur, Rabu.

    Pembangunan dua SPKLU itu, kata dia, dalam rangka pengelolaan energi dan memberikan kemudahan bagi masyarakat yang menggunakan mobil listrik.

    “Untuk tahun depan kita bakal membangun kembali lima SPKLU disesuaikan kebutuhan pemerintah tentu dengan berkolaborasi beberapa pihak, salah satunya PLN,” ujarnya.

    Baca juga: Jakpus perbanyak PLTS atap untuk sukseskan program konservasi energi

    Hari berharap dengan ada penambahan SPKLU yang sudah tersedia di wilayah Balai Kota, otomatis akan mempermudah pemilik kendaraan mobil atau motor listrik dapat melakukan “charge” atau mengisi daya listrik di lokasi.

    Pada kesempatan itu, Disnakertransgi DKI menyosialisasikan Energi Jakarta tentang Perda Nomor 5 Tahun 2023 Rencana Umum Energi Daerah (RUED).

    Ada beberapa hal yang disampaikan berkaitan dengan sosialisasi perda yang juga ada beberapa tahapan. Yaitu tentang sosialisasi RUED dengan memaparkan target dan strategi pengelolaan energi Jakarta hingga 2050.

    Dalam konservasi energi, Disnakertransgi memberikan penghargaan bagi gedung yang telah berhasil menjalankan praktik terbaik dalam pengelolaan energi.

    “Pemprov DKI memberikan apresiasi kepada gedung-gedung swasta yang telah menunjukkan komitmen dalam manajemen energi yang aman, andal, efisien dan berkelanjutan,” kata Hari.

    Baca juga: DKI edukasi hemat energi kepada pengelola gedung pemerintah

    Dia berharap langkah itu dapat memotivasi lebih banyak pelaku usaha untuk ikut berkontribusi
    pada masa depan energi yang lebih baik bagi Jakarta.

    Hari menekankan sinergi antara pemerintah dan sektor swasta dalam membangun Jakarta sebagai kota yang tidak hanya kompetitif di tingkat global, tetapi juga bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan.

    “Dalam mewujudkan apa yang telah kita rencanakan tentu tetap akan berkoordinasi dengan PLN sebagai pemasok listriknya. Lalu buat kajian dengan “Non Goverment Organisation” (NGO) atau organisasi non pemerintah.

    Selain itu berkolaborasi dengan pihak yang akan membangun. “Begitu kita lakukan pembangunan tidak akan ada kendala,” ujarnya.

    Pewarta: Syaiful Hakim
    Editor: Sri Muryono
    Copyright © ANTARA 2024

  • Pindad Lagi Kembangkan Maung versi Listrik, Kecepatan 100 Km/Jam

    Pindad Lagi Kembangkan Maung versi Listrik, Kecepatan 100 Km/Jam

    Jakarta

    PT Pindad (Persero) tidak hanya menggarap Maung dengan mesin turbodiesel. Perusahaan pertahanan pelat merah itu juga sedang mengembangkan mobil listrik berbasis Maung.

    Belum lama ini, Pindad membawa Maung ke hadapan Menteri BUMN Erick Thohir. Dalam kesempatan itu, Erick Thohir meminta Pindad mengembangkan mobil listrik.

    “Saya melihat bahwa produk-produk PT Pindad saat ini kelasnya sangat tinggi sekarang. Salah satunya Maung ini, kita dapat order hampir 4.000 unit untuk beberapa tahun ke depan. Saya juga menanyakan apakah Maung ini bisa menjadi kendaraan listrik? Ternyata memungkinkan, saat ini sedang dalam proses pengembangan dan saya yakin ke depan Pindad dapat terus meningkatkan kualitasnya,” kata Erick Thohir saat itu.

    Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose mengamini bahwa Pindad memang sedang mengembangkan mobil listrik Maung EV. Namun, saat ini pihaknya sedang menyelesaikan kebutuhan Maung MV3 yang dipesan oleh Kementerian Pertahanan.

    “Kami sedang mengembangkan Maung EV untuk pemenuhan kebutuhan kendaraan elektrik. Untuk saat ini kami sedang menyelesaikan kebutuhan Maung MV3 4×4 dari Kementerian Pertahanan,” sebut Abraham Mose.

    Beberapa waktu lalu, Pindad memamerkan prototipe mobil listrik dengan bentuk seperti Maung. Mobil listrik itu bernama Morino EV. Bentuknya identik dengan kendaraan taktis (rantis) Maung MV2.

    Mobil itu tampil kekar ala kendaraan taktis. Desainnya mengotak seperti mobil Maung versi mesin konvensional.

    Dikutip dari situs resmi Pindad, Morino EV adalah kendaraan taktis ringan roda 4 dengan tenaga elektrik. Mobil ini ditujukan untuk mendukung operasi dengan mobilitas tinggi.

    Menurut data spesifikasinya, Morino EV hadir dengan penggerak daya elektrik berdaya maksimal 160 HP atau 125 kW. Morino EV bisa dipacu dengan kecepatan aman hingga 100 km/jam.

    Prototipe mobil listrik yang dikembangkan Pindad ini memiliki baterai 92 V (150.000 mAh). Sekali cas sampai penuh, mobil ini bisa melaju hingga jarak 170 km.

    (rgr/dry)