Topik: Listrik

  • 25 Ucapan Diwali 2024 untuk WhatsApp dan IG Story

    25 Ucapan Diwali 2024 untuk WhatsApp dan IG Story

    Jakarta

    Diwali atau Deepavali dirayakan oleh umat Hindu, Sikh, dan Jain di seluruh dunia. Tahun ini, Diwali jatuh pada tanggal 1 November 2024.

    Apa itu Diwali?

    Diwali adalah festival cahaya yang dirayakan oleh umat Hindu, Sikh, dan Jain di seluruh dunia. Festival ini menandai kemenangan kebaikan atas kejahatan, cahaya atas kegelapan, dan pengetahuan atas kebodohan.

    Perayaan Diwali biasanya berlangsung selama lima hari, dengan setiap hari memiliki makna dan ritual tersendiri. Biasanya Diwali dirayakan dengan menyalakan lampu di rumah dan tempat ibadah, serta dengan mengadakan pesta dan berbagi hadiah dengan keluarga dan teman.

    Diwali memiliki makna spiritual yang mendalam. Festival ini melambangkan:

    Kemenangan Kebaikan: Diwali memperingati berbagai kemenangan kebaikan atas kejahatan dalam mitologi Hindu, seperti kembalinya Rama ke Ayodhya setelah mengalahkan Rahwana, atau Krishna mengalahkan iblis Narakasura.Cahaya atas Kegelapan: Diwali dirayakan dengan menyalakan lampu di rumah dan tempat ibadah, melambangkan terangnya pengetahuan yang menghilangkan kebodohan dan kegelapan spiritual.Harapan dan Pembaruan: Diwali juga merupakan waktu untuk refleksi diri, introspeksi, dan awal yang baru.

    Google Merayakan Diwali

    Tahukah kamu bahwa Google juga ikut merayakan Diwali? Jika kamu mengetik “Diwali” di Google Search, kamu akan melihat animasi lampu Diwali yang bisa kamu nyalakan secara virtual. Ini adalah cara unik Google untuk ikut serta dalam perayaan dan berbagi semangat Diwali dengan dunia.

    Google rayakan Diwali 2024 Foto: Screenshot detikINETUcapan Diwali untuk Dikirim via WhatsApp atau IG Story

    Untuk merayakannya, berikut 25 ucapan Diwali yang bisa kamu kirim ke teman dan keluarga lewat WhatsApp atau pajang di IG Story:

    Ucapan Singkat & Manis:

    Selamat Diwali! Semoga cahaya Diwali menerangi hidupmu dengan kebahagiaan dan kemakmuran.Happy Deepavali! Semoga tahun ini dipenuhi dengan keberuntungan dan kesuksesan.Diwali Mubarak! Berharap Diwali ini membawa sukacita dan keharmonisan untukmu dan keluargamu.Semoga cahaya Diwali membimbingmu menuju jalan yang benar.Wishing you a joyous Diwali!

    Ucapan Penuh Makna:

    Semoga Diwali ini membawa kedamaian, kemakmuran, dan kebahagiaan dalam hidupmu.Semoga semangat Diwali menginspirasimu untuk selalu memilih jalan kebenaran dan kebaikan.Di hari yang suci ini, mari kita rayakan kemenangan cahaya atas kegelapan. Selamat Diwali!Semoga Diwali ini menjadi awal yang baru untuk mencapai semua impianmu.Terangi hidupmu dengan cahaya Diwali dan sebarkan kebahagiaan kepada semua orang.

    Ucapan yang Lebih Personal:

    Selamat Diwali untuk sahabatku tersayang! Semoga persahabatan kita selalu bersinar terang seperti cahaya Diwali.Untuk keluargaku tercinta, Selamat Diwali! Semoga Diwali ini membawa kebahagiaan dan kehangatan dalam keluarga kita.Diwali Mubarak untuk kamu dan keluarga! Semoga tahun ini dipenuhi dengan cinta dan tawa.Selamat merayakan Diwali! Semoga kamu selalu diberkati dengan kesehatan dan kebahagiaan.Happy Deepavali! Semoga semua harapan dan doamu terkabul di tahun ini.

    Ucapan dengan Sentuhan Humor:

    Selamat Diwali! Jangan lupa makan banyak manisan, tapi jangan sampai sakit gigi ya!Happy Deepavali! Semoga rumahmu terang benderang dengan lampu Diwali, tapi jangan sampai tagihan listrik membengkak!Diwali Mubarak! Saatnya menyalakan kembang api dan merayakan kemenangan kebaikan, tapi ingat jaga keamanan ya!Semoga Diwali-mu meriah dan penuh warna seperti kembang api!Selamat menikmati liburan Diwali! Jangan lupa abadikan momen indahmu dan bagikan di media sosial!

    Ucapan dalam Bahasa Inggris:

    Happy Diwali! May the festival of lights illuminate your life with joy and prosperity.Wishing you a joyous Deepavali filled with love, laughter, and happiness.May the divine light of Diwali shine upon you and bring you peace and happiness.Happy Diwali! May this festival bring you good health, wealth, and prosperity.Wishing you and your family a very Happy Diwali!

    (afr/afr)

  • Jadwal KRL Solo-Jogja 1-30 November 2024, Berangkat dari Solo ke Yogyakarta
                
                    
                        
                            Yogyakarta
                        
                        1 November 2024

    Jadwal KRL Solo-Jogja 1-30 November 2024, Berangkat dari Solo ke Yogyakarta Yogyakarta 1 November 2024

    Jadwal KRL Solo-Jogja 1-30 November 2024, Berangkat dari Solo ke Yogyakarta
    Editor
    KOMPAS.com –
    Simak jadwal Kereta Rel Listrik (KRL) Solo-Jogja dengan rute dari arah Solo ke Yogyakarta.
    KRL Solo-Jogja
    yang berangkat dari Stasiun Palur di Karanganyar akan menempuh perjalanan hingga Stasiun Yogyakarta (Tugu) melewati 13 stasiun.
    Rute KRL Solo-Jogja akan berhenti di beberapa stasiun, yaitu dimulai dari Stasiun Palur, Stasiun Solo Jebres, Stasiun Solo Balapan, Stasiun Purwosari, Stasiun Gawok, Stasiun Delanggu, Stasiun Ceper, Stasiun Klaten, Stasiun Srowot, Stasiun Brambanan, Stasiun Maguwo, Stasiun Lempuyangan, dan berakhir di Stasiun Yogyakarta.
    Dengan harga tiket Rp 8.000 saja untuk sekali perjalanan, pembelian tiket KRL Solo-Jogja juga bisa dilakukan di loket stasiun dan menggunakan KMT, atau dibeli secara online melalui aplikasi Access by KAI, aplikasi C-Access, dan fitur GoTransit pada aplikasi Gojek.
    Berikut jadwal perjalanan terbaru KRL Solo-Jogja di bulan November 2024 untuk semua stasiun, yang dilansir dari aplikasi Access by KAI.
    KRL Solo-Jogja dari Stasiun Palur berangkat pukul 04.55 WIB, 06.08 WIB, 07.15 WIB, 08.50 WIB, 10.26 WIB, 11.20 WIB, 13.40 WIB, 14.50 WIB, 16.10 WIB, 17.05 WIB, 18.11 WIB, 20.53 WIB.
    KRL Solo-Jogja dari Stasiun Solo Jebres berangkat pukul 05.01 WIB, 06.14 WIB, 07.21 WIB, 08.56 WIB, 10.32 WIB, 11.26 WIB, 13.47 WIB, 14.57 WIB, 16.16 WIB, 17.11 WIB, 18.17 WIB, 21.00 WIB.
    KRL Solo-Jogja dari Stasiun Solo Balapan berangkat pukul 05.08 WIB, 06.21 WIB, 07.29 WIB, 09.04 WIB, 10.39 WIB, 11.33 WIB, 13.56 WIB, 15.08 WIB, 16.24 WIB, 17.20 WIB, 18.25 WIB, 21.07 WIB.
    KRL Solo-Jogja dari Stasiun Purwosari berangkat pukul 05.13 WIB, 06.26 WIB, 07.35 WIB, 09.10 WIB, 10.45 WIB, 11.39 WIB, 14.02 WIB, 15.14 WIB, 16.30 WIB, 17.26 WIB, 18.32 WIB, 21.13 WIB.
    KRL Solo-Jogja dari Stasiun Gawok berangkat pukul 05.20 WIB, 06.33 WIB, 07.42 WIB, 09.17 WIB, 10.52 WIB, 11.46 WIB, 14.09 WIB, 15.21 WIB, 16.37 WIB, 17.33 WIB, 18.39 WIB, 21.20 WIB.
    KRL Solo-Jogja dari Stasiun Delanggu berangkat pukul 05.26 WIB, 06.39 WIB, 07.48 WIB, 09.23 WIB, 11.05 WIB, 11.52 WIB, 14.15 WIB, 15.27 WIB, 16.43 WIB, 17.39 WIB, 18.45 WIB, 21.26 WIB.
    KRL Solo-Jogja dari Stasiun Ceper berangkat pukul 05.33 WIB, 06.46 WIB, 07.55 WIB, 09.30 WIB, 11.00 WIB, 11.59 WIB, 14.22 WIB, 15.34 WIB, 16.50 WIB, 17.46 WIB, 18.52 WIB, 21.33 WIB.
    KRL Solo-Jogja dari Stasiun Klaten berangkat pukul 05.42 WIB, 06.55 WIB, 08.04 WIB, 09.39 WIB, 11.14 WIB, 12.08 WIB, 14.32 WIB, 15.43 WIB, 16.59 WIB, 17.55 WIB, 19.01 WIB, 21.42 WIB.
    KRL Solo-Jogja dari Stasiun Srowot berangkat pukul 05.49 WIB, 07.02 WIB, 08.11 WIB, 09.46 WIB, 11.21 WIB, 12.15 WIB, 14.39 WIB, 15.50 WIB, 17.06 WIB, 18.02 WIB, 19.08 WIB, 21.49 WIB.
    KRL Solo-Jogja dari Stasiun Brambanan berangkat pukul 05.56 WIB, 07.09 WIB, 08.18 WIB, 09.53 WIB, 11.28 WIB, 12.22 WIB, 14.46 WIB, 15.57 WIB, 17.13 WIB, 18.09 WIB, 19.15 WIB, 21.56 WIB.
    KRL Solo-Jogja dari Stasiun Maguwo berangkat pukul 06.04 WIB, 07.17 WIB, 08.26 WIB, 10.01 WIB, 11.36 WIB, 12.30 WIB, 14.54 WIB, 16.05 WIB, 17.21 WIB, 18.17 WIB, 19.23 WIB, 22.04 WIB.
    KRL Solo-Jogja dari Stasiun Lempuyangan berangkat pukul 06.11 WIB, 07.24 WIB, 08.35 WIB, 10.12 WIB, 11.43 WIB, 12.37 WIB, 15.01 WIB, 16.12 WIB, 17.28 WIB, 18.24 WIB, 19.30 WIB, 22.11 WIB.
    Jadwal KRL Solo-Jogja tiba di Stasiun Tugu Yogyakarta yaitu pukul 06.15 WIB, 07.27 WIB, 08.39 WIB, 10.16 WIB, 11.47 WIB, 12.41 WIB, 15.05 WIB, 16.16 WIB, 17.32 WIB, 18.28 WIB, 19.34 WIB, 22.14 WIB.
    Sumber:

    Aplikasi Access by KAI dan Aplikasi C-Access
     
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Jadwal KRL Jogja-Solo 1-30 November 2024, Berangkat dari Yogyakarta ke Sol
                
                    
                        
                            Yogyakarta
                        
                        1 November 2024

    Jadwal KRL Jogja-Solo 1-30 November 2024, Berangkat dari Yogyakarta ke Sol Yogyakarta 1 November 2024

    Jadwal KRL Jogja-Solo 1-30 November 2024, Berangkat dari Yogyakarta ke Solo
    Editor
    KOMPAS.com –
    Simak jadwal Kereta Rel Listrik (KRL) Jogja-Solo, layanan kereta commuter line dengan rute Yogyakarta hingga Solo maupun sebaliknya.
    Adapun beberapa stasiun yang dilewati
    KRL Jogja-Solo
    secara berurutan yaitu Stasiun Yogyakarta, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Maguwo, Stasiun Brambanan, Stasiun Srowot, Stasiun Klaten, Stasiun Ceper, Stasiun Delanggu, Stasiun Gawok, Stasiun Purwosari, Stasiun Solo Balapan, Stasiun Solo Jebres, dan berakhir di Stasiun Palur.
    Dengan harga tiket Rp 8.000 saja, setiap hari KRL Jogja-Solo menyediakan 12 jadwal perjalanan dari Stasiun Tugu Yogyakarta dengan pemberhentian terakhir Stasiun Palur di Karanganyar.
    Sehingga penumpang KRL Jogja-Solo diharapkan memperhatikan jadwal perjalanan yang berlaku.
    Berikut jadwal perjalanan terbaru KRL Jogja-Solo di bulan November 2024 yang dilansir dari aplikasi KAI Access.
    Jadwal keberangkatan KRL Jogja-Solo dari Stasiun Tugu Yogyakarta yaitu pukul 05.30 WIB, 06.50 WIB, 07.40 WIB, 08.50 WIB, 10.25 WIB, 11.57 WIB, 13.05 WIB, 15.20 WIB, 16.30 WIB, 17.45 WIB, 20.16 WIB, dan 22.35 WIB.
    Jadwal keberangkatan KRL Jogja-Solo dari Stasiun Lempuyangan yaitu pukul 05.36 WIB, 06.55 WIB, 07.46 WIB, 08.55 WIB, 10.31 WIB, 12.02 WIB, 13.11 WIB, 15.25 WIB, 16.35 WIB, 17.50 WIB, 20.21 WIB, dan 22.43 WIB.
    Jadwal keberangkatan KRL Jogja-Solo dari Stasiun Maguwo yaitu pukul 05.43 WIB, 07.02 WIB, 07.53 WIB, 09.02 WIB, 10.38 WIB, 12.09 WIB, 13.18 WIB, 15.32 WIB, 16.42 WIB, 17.57 WIB, 20.28 WIB, dan 22.50 WIB.
    Jadwal keberangkatan KRL Jogja-Solo dari Stasiun Brambanan yaitu pukul 05.51 WIB, 07.10 WIB, 08.01 WIB, 09.10 WIB, 10.46 WIB, 12.17 WIB, 13.26 WIB, 15.40 WIB, 16.59 WIB, 18.05 WIB, 20.36 WIB, dan 22.58 WIB.
    Jadwal keberangkatan KRL Jogja-Solo dari Stasiun Srowot yaitu pukul 05.58 WIB, 07.17 WIB, 08.08 WIB, 09.17 WIB, 10.53 WIB, 12.24 WIB, 13.33 WIB, 15.47 WIB, 17.06 WIB, 18.12 WIB, 20.43 WIB, 23.05 WIB.
    Jadwal keberangkatan KRL Jogja-Solo dari Stasiun Klat en yaitu pukul 06.05 WIB, 07.24 WIB, 08.16 WIB, 09.24 WIB, 11.01 WIB, 12.31 WIB, 13.41 WIB, 15.54 WIB, 17.13 WIB, 18.19 WIB, 20.50 WIB, 23.13 WIB.
    Jadwal keberangkatan KRL Jogja-Solo dari Stasiun Ceper yaitu pukul 06.14 WIB, 07.33 WIB, 08.25 WIB, 09.33 WIB, 11.10 WIB, 12.40 WIB, 13.50 WIB, 16.03 WIB, 17.22 WIB, 18.28 WIB, 20.59 WIB, 23.22 WIB.
    Jadwal keberangkatan KRL Jogja-Solo dari Stasiun Delanggu yaitu pukul 06.21 WIB, 07.40 WIB, 08.32 WIB, 09.40 WIB, 11.17 WIB, 12.47 WIB, 13.57 WIB, 16.10 WIB, 17.29 WIB, 18.35 WIB, 21.06 WIB, 23.29 WIB.
    Jadwal keberangkatan KRL Jogja-Solo dari Stasiun Gawok yaitu pukul 06.27 WIB, 07.46 WIB, 08.38 WIB, 09.46 WIB, 11.24 WIB, 12.53 WIB, 14.16 WIB, 16.16 WIB, 17.35 WIB, 18.41 WIB, 21.12 WIB, 23.36 WIB.
    Jadwal keberangkatan KRL Jogja-Solo dari Stasiun Purwosari yaitu pukul 06.34 WIB, 07.53 WIB, 08.45 WIB, 09.53 WIB, 11.32 WIB, 13.00 WIB, 14.23 WIB, 16.23 WIB, 17.42 WIB, 18.48 WIB, 21.19 WIB, 23.43 WIB.
    Jadwal keberangkatan KRL Jogja-Solo dari Stasiun Solo Balapan yaitu pukul 06.40 WIB, 08.04 WIB, 08.53 WIB, 09.59 WIB, 11.39 WIB, 13.08 WIB, 14.30 WIB, 16.30 WIB, 17.49 WIB, 18.56 WIB, 21.27 WIB, 23.51 WIB.
    Jadwal keberangkatan KRL Jogja-Solo dari Stasiun Solo Jebres yaitu pukul 06.46 WIB, 08.10 WIB, 08.59 WIB, 10.05 WIB, 11.45 WIB, 13.13 WIB, 14.35 WIB, 16.36 WIB, 17.55 WIB, 19.02 WIB, 21.33 WIB, 23.57 WIB.
    Jadwal KRL Jogja-Solo tiba Stasiun Palur yaitu pukul 06.51 WIB, 08.15 WIB, 09.04 WIB, 10.10 WIB, 11.50 WIB, 13.18 WIB, 14.40 WIB, 16.41 WIB, 18.00 WIB, 19.07 WIB, 21.38 WIB, 00.01 WIB.
    Sumber:

    Aplikasi Access by KAI dan Aplikasi C-Access
     
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Video: Pabrik Daur Ulang Baterai Mobil Listrik AS Meledak

    Video: Pabrik Daur Ulang Baterai Mobil Listrik AS Meledak

    Video

    Video: Pabrik Daur Ulang Baterai Mobil Listrik AS Meledak

    News

    7 jam yang lalu

  • Menuju era penguatan fondasi transformasi pembangunan Indonesia

    Menuju era penguatan fondasi transformasi pembangunan Indonesia

    Jakarta (ANTARA) – Langkah awal yang menentukan untuk membangun fondasi pembangunan nasional menuju Indonesia Emas 2045 akan dimulai dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2025–2029.

    Periode ini merupakan tahap pertama dari Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025–2045. Tahap ini akan menjadi era penguatan fondasi transformasi menuju Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang bersatu, berdaulat, maju, dan berkelanjutan dalam 20 tahun mendatang.

    Berdasarkan lini masa, RPJMN 2025–2029 akan disahkan menjadi peraturan presiden (perpres) pada bulan Januari tahun 2025.

    Hingga saat ini, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) telah menyelesaikan Rancangan Teknokratik RPJMN yang berfokus melakukan perincian substansi dari RPJPN 2025-2045.

    Perancangan agenda 5 tahunan ke depan diawali dengan penjaringan aspirasi masyarakat sepanjang Juni 2023-Januari 2024 guna menghasilkan Rancangan Teknokratik RPJMN.

    Selanjutnya, Rancangan Teknokratik RPJMN yang telah disusun kini tengah diintegrasikan dengan visi, misi (Astacita), dan program Presiden-Wakil Presiden 2024–2029, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, selama Maret–Desember 2024.

    Penguatan fondasi transformasi akan dilakukan dalam tahap pertama RPJPN 2025–2045 atau periode RPJMN 2025-2029. Hal ini mencakup transformasi sosial yang ditekankan pada pemenuhan pelayanan dasar kesehatan, pendidikan, dan perlindungan sosial. Kedua, transformasi ekonomi yang berkaitan dengan hilirisasi sumber daya alam, lalu penguatan riset inovasi, serta produktivitas tenaga kerja.

    Ketiga, transformasi tata kelola yang berupaya menguatkan antara lain kelembagaan, peningkatan kualitas aparatur sipil negara (ASN), dan pemberdayaan masyarakat sipil.

    Adapun dua poin penting lainnya terkait supremasi hukum, stabilitas, dan kepemimpinan Indonesia dengan membangun kekuatan pertahanan berdaya gentar kawasan dan ketangguhan diplomasi, hingga ketahanan sosial budaya dan ekologi sebagai landasan sekaligus modal dasar pembangunan.

    Pertumbuhan ekonomi dari sisi produksi yang menjadi kerangka ekonomi makro 2025–2029 dalam Rancangan Teknokratik RPJMN mencakup beberapa target. Mulai dari industri pengolahan 5,8–7 persen, pertanian 3,5–4 persen, listrik 5,6–6,1 persen, konstruksi 6,4–6,7 persen, transportasi 7,4–8,6 persen, perdagangan 5,2–5,6 persen, informasi dan komunikasi (infokom) 7,8–8,5 persen, dan pertambangan 3,9–4,1 persen.

    Adapun pertumbuhan ekonomi pada sisi pengeluaran terdiri dari konsumsi Rumah Tangga (RT) Lembaga Non Profit yang Melayani Rumah Tangga (LNPRT) 5,4–5,6 persen, konsumsi pemerintah 5–5,7 persen, Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB)/Investasi 6,4–6,7 persen, ekspor barang dan jasa 7,2–7,9 persen, serta impor barang dan jasa 7,4–8,3 persen.

    Seluruh ambisi tersebut ditujukan untuk memperoleh pertumbuhan ekonomi 5,6–6,1 persen secara rata-rata.

    Target lainnya ialah Gross National Income/GNI per kapita 5.500 dolar Amerika Serikat (AS) sebagai baseline pada tahun 2025 menjadi 7.400-7.670 dolar AS, kontribusi Produk Domestik Bruto (PDB) maritim 8,1 persen menjadi 9,1 persen, kontribusi PDB manufaktur 20,9 persen menjadi 21,9–23 persen, tingkat kemiskinan 6-7 persen menjadi 4,5–5 persen, indeks rasio gini 0,379–0,382 menjadi 0,372-0,375, lalu kontribusi Produk Domestik Regional Bruto Kawasan Timur Indonesia (PDRB KTI) 21,5 persen per data tahun 2022 menjadi 23,3 persen pada 2029.

    Kemudian, peringkat Global Power Index ditargetkan meningkat, dari 34 sebagaimana baseline tahun 2023 menjadi 29 pada tahun 2029, Indeks Modal Manusia 0,54 sesuai data tahun 2022 menjadi 0,61, dan penurunan intensitas emisi gas rumah kaca, dari 38,6 persen pada 2025 menjadi 62,37 persen.

    Sasaran-sasaran tersebut menjadi tanggung jawab Bappenas yang menjadi pengambil keputusan, koordinator, dan think-tank perencanaan pembangunan Indonesia, serta mampu “merekayasa” lingkungan sedemikian rupa sehingga dapat memengaruhi masyarakat untuk mengubah pola perilaku dan mutu kehidupan mereka.

    Editor: Achmad Zaenal M
    Copyright © ANTARA 2024

  • Mobil Listrik Ramah Lingkungan, Wuling EV ABC Stories Hadirkan Fitur Keselamatan Canggih

    Mobil Listrik Ramah Lingkungan, Wuling EV ABC Stories Hadirkan Fitur Keselamatan Canggih

    Liputan6.com, Bogor – Sebagai pelopor mobil listrik berteknologi canggih, Wuling menghadirkan beragam produk lininya untuk menyasar banyak pangsa pasar. Ada tiga produk unggulan Electric Vehicle (EV) Wuling yang menjadi andalan, yakni Air ev, BinguoEV dan Cloud EV.

    Mempunyai karakteristik masing-masing dan dirancang untuk memenuhi beragam segmen pasar, Wuling tetap pada komitmennya dalam menyajikan kendaraan listrik yang ramah lingkungan, mudah diakses, dan relevan dengan kebutuhan mobilitas.

    Product Planning Wuling Motors Alfonsus Marvel berkata, Wuling Air ev mengaplikasikan desain compact dan praktis yang cocok untuk mobilitas perkotaan yang ramah lingkungan. Melalui tagline Drive for a Green Life, Wuling Air ev berkomitmen mendukung gaya hidup yang lebih hijau dan berkelanjutan di Indonesia.

    Air ev Wuling perdana meluncur secara global di Indonesia pada Agustus 2022, sekaligus menjadi model EV pertama Wuling yang diproduksi di pabrik Cikarang Jawa Barat (Jabar).

    Dirancang dengan dimensi yang compact, Air ev Wuling menjadi solusi ideal bagi masyarakat perkotaan dengan gaya hidup modern yang menginginkan kendaraan praktis dan ramah lingkungan.

    Mobil listrik tersebut juga dilengkapi dengan kemudahan pengisian daya di rumah dan perintah suara berbahasa Indonesia serta Wuling Remote Control App.

    “Air ev juga dilengkapi sertifikasi IP67 untuk keamanan baterai, lalu pendukung keselamatan seperti dua airbag, ABS, EBD, ESC sampai dengan ISOFIX,” ungkapnya, Selasa (29/10/2024).

    Ada beragam varian yang dapat dipilih oleh konsumen sesuai dengan kebutuhan mobilitanya. Mulai dari varian Long Range (jarak tempuh 300 Km) dan Standard Range (jarak tempuh 200 Km). Ada juga EV Wuling dengan harga terjangkau yakni Air ev Lite, dengan pilihan warna yang beragam.

    Menurut Product Planning Wuling Motors Danang Wiratmoko, Wuling BinguoEV menjadi mobil listrik kedua Wuling mengusung desain ikonik, mencerminkan gaya hidup modern, dinamis dan tampilan vintage.

    “Sejalan dengan semangat ‘Drive Electric, Be the Icon,’ BinguoEV mengajak pengguna untuk merasakan pengalaman berkendara ramah lingkungan yang penuh gaya,” ucapnya.

    Dia berkata, BinguoEV memberikan pengalaman berkendara menyenangkan berkat motor listrik yang bertenaga dan kabin yang luas, serta interior retro yang dilengkapi deretan fitur canggih seperti Wuling Remote Control App.

    Dilengkapi dengan ESC, TPMS, dan airbag ganda, BigouEV hadir dalam varian Premium yang mampu menjangkau hingga 410 km dan varian Long Range dengan daya jelajah 333 km, dengan tiga pilihan warna yakni Tea, Mousse Green dan Galaxy Blue.

    Rangkaian terakhir dalam ABC Stories adalah ‘C’ untuk Cloud EV, yang melengkapi lini kendaraan listrik Wuling. Mobil listrik medium hatchback tersebut memberikan ekstra kenyamanan, berkat kabin yang luas dan desain interior ergonomis untuk memastikan kenyamanan optimal bagi pengemudi dan penumpang.

     

  • Penjualan Motor di Indonesia Ditargetkan Tembus 6,4 Juta Tahun Depan

    Penjualan Motor di Indonesia Ditargetkan Tembus 6,4 Juta Tahun Depan

    Tangerang

    Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) yakin pasar roda dua di Tanah Air terus mengalami pertumbuhan. Itulah mengapa, mereka menaikkan target penjualan untuk tahun depan.

    Ketua Umum AISI Johannes Loman mengatakan, pihaknya menargetkan minimal 6,4 juta unit sepeda motor terjual selama 2025. Angka tersebut naik sedikit dibandingkan target tahun ini yang berada di angka 6,2 juta unit.

    “Potensi permintaan tahun depan 6,4 sampai 6,7 juta unit setahun. Kami harap pelaku industri sepeda motor bisa melakukan inovasi untuk menghadirkan kendaraan yang canggih, murah dan ramah lingkungan,” ujar Loman saat pembukaan pameran IMOS 2024 di Tangerang, Rabu (30/10).

    Selama Januari-September 2024, penjualan motor di Indonesia sudah mencapai 4,87 juta unit. Angka tersebut naik 3,19 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Itu tandanya, pabrikan tinggal menjual 1,33 juta unit lagi selama tiga bulan untuk mencapai 6,2 juta unit.

    “Salah satu upaya kami untuk mencapai target tersebut adalah dengan menggelar pameran IMOS setiap tahun. Bahkan, tahun ini kami gelar di area lebih luas dengan peserta jauh lebih banyak,” tuturnya.

    “Harapannya pameran IMOS bisa menjadi stimulan untuk menjaga momentum penjualan sepeda motor setelah turun akibat pandemi,” tambahnya.

    Sebagai catatan, pameran IMOS 2024 digelar di ICE BSD, Tangerang, mulai hari ini, Rabu (30/10) hingga Minggu (3/11). Pameran tersebut dihadiri sejumlah merek roda dua di Indonesia, yakni Honda, Yamaha, Kawasaki, Suzuki dan TVS, Royal Enfield dan Harley-Davidson.

    Selain itu, ada merek-merek motor listrik yang turut terlibat, mulai dari ALVA, Electrum, Horwin, Polytron, Volta, ION Mobility, V Move dan masih banyak lagi.

    “Kami optimis berbagai model baru akan menarik perhatian pengunjung sekaligus mendukung pertumbuhan industri otomotif di masa mendatang,” kata Loman.

    (rgr/dry)

  • Kabut Asap Tebal dan Beracun Selimuti Pakistan dan India

    Kabut Asap Tebal dan Beracun Selimuti Pakistan dan India

    Jakarta

    Kabut asap tebal dan beracun menyelimuti India utara dan Pakistan timur beberapa hari sebelum dimulainya Diwali, festival Hindu yang biasanya dirayakan dengan kembang api yang tiap tahun menyebabkan kualitas udara menurun drastis.

    Indeks kualitas udara di ibu kota India, Delhi, berada pada angka sekitar 250 pada Senin (28/10) pagi, setelah berhari-hari berada di zona ‘sangat tidak sehat’ di atas angka 200, menurut IQAir, yang melacak kualitas udara global.

    Di kota Lahore, Pakistan, sekitar 25 kilometer dari perbatasan India, kualitas udara melampaui ‘berbahaya’ dengan skor 500 pada Senin (28/10), hampir 65 kali di atas pedoman WHO untuk standar udara sehat. Kondisi ini menjadikannya kota paling tercemar di dunia pada saat pemeringkatan tersebut, menurut IQAir.

    Kualitas udara di seluruh wilayah ini diperkirakan memburuk saat musim kabut asap musim dingin mendekat, ketika kabut kuning menyelimuti langit akibat petani membakar limbah pertanian, pembangkit listrik tenaga batu bara, lalu lintas, dan hari-hari musim dingin yang tidak berangin.

    Para siswi mengenakan masker mengendarai sepeda motor saat meninggalkan sekolah di tengah meningkatnya kabut asap di Lahore, Pakistan pada 25 Oktober 2024. Foto: Arif Ali via CNN

    Diwali dirayakan mulai hari ini, Kamis (31/10/2024). Festival cahaya umat Hindu ini berlangsung selama lima hari dan menjadi momen orang-orang berkumpul dengan keluarga, berpesta dan menyalakan kembang api. Dalam beberapa kasus yang melanggar larangan wilayah setempat, perayaan Diwali dengan menyalakan kembang api akan semakin memperburuk polusi udara.

    Dikutip dari CNN, pemandangan distopia berupa kabut oranye dan gedung-gedung yang diselimuti kabut muncul setiap tahun saat musim kabut mendominasi pemberitaan. Para dokter meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan dengan memperingatkan risiko penyakit pernapasan dan dampaknya pada harapan hidup.

    Polusi udara di India terbilang sangat buruk, sehingga para ahli telah memperingatkan bahwa kabut asap dapat merenggut nyawa ratusan juta orang.

    Warga dan pakar telah lama mempertanyakan mengapa India gagal mengatasi polusi udara. Sementara itu, pemerintahan kota Delhi dan negara bagian tetangganya berselisih pendapat mengenai siapa sebenarnya yang harus disalahkan.

    Delhi telah melarang penggunaan dan penjualan petasan menjelang Diwali, tetapi kebijakan itu sulit dilaksanakan. Pekan lalu, Mahkamah Agung India mengecam pemerintah negara bagian Punjab dan Haryana karena gagal menindak tegas pembakaran jerami ilegal, praktik yang dilakukan petani dengan membakar limbah tanaman untuk membersihkan ladang. Pejabat setempat mengklaim bahwa mereka telah mengurangi praktik tersebut secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

    Truk penghalau kabut asap menyemprotkan air ke jalan untuk mengendapkan partikel debu di tengah polusi pada 27 Oktober 2024 di New Delhi. Foto: Sanchit Khanna via CNN

    Pemerintah India juga meluncurkan Program Udara Bersih secara nasional pada 2019, yang mengawal strategi di 24 negara bagian dan wilayah persatuan untuk mengurangi konsentrasi partikel, istilah untuk polutan udara, sebesar 40% pada 2026. Langkah-langkah tersebut meliputi tindakan keras terhadap pembangkit listrik berbahan bakar batu bara, menyiapkan sistem pemantauan udara, dan melarang pembakaran biomassa.

    Seorang pria mengendarai sepeda motor di sepanjang jalan yang diselimuti kabut asap tebal, di Lahore, Pakistan pada 23 Oktober 2024. Foto: Arif Ali via CNN

    Para pejabat juga mulai menyemprotkan air ke jalan dan bahkan merekayasa hujan buatan untuk mengatasi polusi udara di ibu kota India tersebut, meskipun para ahli mengatakan ini hanyalah solusi sementara yang gagal mengatasi masalah yang mendasarinya.

    Menurut data pemerintah, beberapa kota di India telah mengalami peningkatan kualitas udara, tetapi kemajuannya lambat. Antara 2018 hingga 2022, rata-rata konsentrasi PM2.5 (ukuran polutan di udara) di New Delhi pada November, saat musim polusi biasanya dimulai, kurang lebih tetap sama, menurut IQAir.

    Para ahli di masa lalu mempertanyakan apakah India memiliki kemauan politik untuk memerangi polusi. “Tidak ada satu pihak pun yang menundukkan kepala dan berkata, ‘kita membuat seluruh negara ini sakit dan mari kita perbaiki’,” kata Jyoti Pande Lavakare, pendiri lembaga nirlaba udara bersih Care for Air.

    (rns/rns)

  • Kebakaran di Markas Polda Gorontalo, Ruang Biro Operasional Hangus

    Kebakaran di Markas Polda Gorontalo, Ruang Biro Operasional Hangus

    Liputan6.com, Gorontalo – Kebakaran yang melanda Markas Kepolisian Daerah (Polda) Gorontalo pada Kamis, 31 Oktober 2024, dini hari. Insiden ini terjadi di ruang Biro Operasional (Ro Ops), yang berada di sebelah kanan gedung utama.

    Api diduga berasal dari korsleting listrik, namun penyebab pastinya masih dalam penyelidikan.

    Kapolda Gorontalo, Irjen Pol. Drs. Pudji Prasetijanto, mengungkapkan bahwa timnya masih mengumpulkan data terkait pemicu kebakaran.

    “Kami masih mendalami penyebab kebakaran ini. Syukurlah, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini,” kata Kapolda.

    Menurut keterangan Kabid Humas Polda Gorontalo, Kombes Pol. Desmont Harjendro api pertama kali terlihat pada pukul 00.45 Wita.

    Api menyebar cepat melalui plafon gedung, hingga merambat ke ruang lainnya. Petugas yang berjaga, Bripka Asrin dari Dit Narkoba, mendeteksi kebakaran dari aroma asap yang tercium di lantai tiga.

    Upaya pemadaman melibatkan sembilan unit kendaraan, termasuk tiga mobil pemadam kebakaran, tiga unit AWC Samapta, dua unit AWC Brimob, dan satu unit dari Batalyon 713 Satya Tama.

    Berkat respons cepat ini, berkas-berkas penting di lantai satu dan dua berhasil diselamatkan. Sebanyak 28 tahanan yang berada di Rutan Mapolda Gorontalo dievakuasi ke lokasi lain.

    “Saat ini, tahanan sudah dipindahkan ke beberapa polres dan polsek terdekat,” terang Kombes Desmont.

    Sepuluh tahanan dievakuasi ke Polresta Gorontalo Kota, 16 ke Polres Gorontalo, dan dua lainnya ke Polsek Telaga Biru.

    Api berhasil dipadamkan total pada pukul 03.00 Wita, tetapi kerusakan signifikan terjadi pada gedung tersebut.

    Hingga kini, proses pendinginan masih berlangsung sembari dilakukan penyelidikan lebih lanjut. Nilai kerugian material akibat kebakaran ini masih dalam tahap penaksiran.

  • Motor Listrik Rp 750 Juta yang Dibeli Raffi Ahmad, Cocok Buat yang Doyan Ngebut

    Motor Listrik Rp 750 Juta yang Dibeli Raffi Ahmad, Cocok Buat yang Doyan Ngebut

    Motor Listrik Rp 750 Juta yang Dibeli Raffi Ahmad, Cocok Buat yang Doyan Ngebut