Topik: Listrik

  • Soal Polusi Jakarta, Dharma Pongrekun Duga Ada Agenda Terselubung dan Rekayasa Cuaca
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        2 November 2024

    Soal Polusi Jakarta, Dharma Pongrekun Duga Ada Agenda Terselubung dan Rekayasa Cuaca Megapolitan 2 November 2024

    Soal Polusi Jakarta, Dharma Pongrekun Duga Ada Agenda Terselubung dan Rekayasa Cuaca
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Calon Gubernur Jakarta nomor urut 2
    Dharma Pongrekun
    meyakini ada agenda terselubung di balik
    polusi Jakarta
    yang parah.
    Dia meyakini,
    polusi di Jakarta
    merupakan hasil dari manipulasi cuaca.
    “Ada agendanya. Coba lihat sekarang, polusi polusi, polusi, (terus dibicarakan) kita mau digiring ke mana?” ujar Dharma saat ditemui di Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta Pusat pada Sabtu (2/11/2024).
    Dharma mengatakan, tidak terlihatnya awan di Jakarta karena ada manipulasi cuaca. Dia meyakini, manipulasi cuaca dan polusi ada hubungannya dengan fenomena energi terbarukan.
    “Kenapa menurut kalian ada tiba-tiba fenomena mobil listrik? Dulu suruh pakai gas, sekarang pakai listrik. Kenapa kira-kira? Karena ada yang mau begitu,” imbuh dia.
    Dharma menduga hal ini sudah terjadi sejak lama. Dia menyebut istilah
    “chemtrail”
    yang merujuk pada konspirasi terkait dengan jejak zat kimia di langit menyerupai asap pesawat.
    Ia juga menyinggung soal langit biru di Bogor, Jawa Barat, yang sangat berbeda dengan di Jakarta yang langitnya sering kali kelabu.
    Menurut dia, Jakarta menjadi percontohan dari manipulasi cuaca yang dilakukan. Dia berjanji, jika menjabat jadi gubernur nanti, tidak akan ada lagi pesawat yang menyiram zat-zat kimia sehingga langit Jakarta kembali biru.
    “Nanti saya mau ajak kita sama-sama bongkar (soal manipulasi cuaca). Ketika nanti saya jadi gubernur, semua akan biru kembali. Jangan lagi ada pesawat-pesawat yang terbang terus menyiramkan sesuatu di atas Jakarta,” tegas Dharma.
    Tahapan pilkada memasuki masa kampanye pada 25 September-23 November 2024. Kemudian, sebelum memasuki hari pemungutan suara, pada 24-26 November 2024 ditetapkan sebagai masa tenang.
    Hari pemungutan suara Pilkada 2024 akan digelar secara serentak di seluruh Indonesia pada 27 November 2024.
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Kenapa Honda Belum Umumkan Harga Final Motor Listrik ICON e dan CUV e?

    Kenapa Honda Belum Umumkan Harga Final Motor Listrik ICON e dan CUV e?

    Jakarta

    PT Astra Honda Motor (AHM) memboyong dua motor listrik barunya di pameran Indonesia Motorcycles Show atau IMOS 2024, yakni Honda ICON e: dan CUV e:. Namun, di kesempatan tersebut, mereka masih belum mengumumkan harga finalnya.

    Sebagai catatan, Honda ICON e: dan CUV e: meluncur bersamaan di Indonesia bulan lalu. Meski sudah mulai dijual ke konsumen, kendaraan tersebut masih menggunakan harga perkiraan.

    Honda ICON e: dibanderol di rentang harga Rp 28-32 juta termasuk charger. Nominal tersebut sudah berstatus on the road Jakarta.

    Sementara Honda CUV e: dipasarkan di range harga Rp 53-57 juta (unit Rp 33-37 juta + dua unit baterai MPP e: seharga Rp 10 juta/baterai). Kemudian Honda CUV e: tipe RoadSync Duo ditawarkan di rentang Rp 57-61 juta (unit Rp 37-41 juta + dua unit baterai MPP e: seharga Rp 10 juta/unit baterai). Statusnya juga OTR Jakarta.

    Honda ICON e: dan CUV e: di IMOS 2024. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Octavianus Dwi selaku Direktur Pemasaran PT AHM mengatakan, pihaknya saat ini masih melakukan hitung-hitungan soal harga Honda ICON e: dan CUV e: di Indonesia. Dia mengaku, penentuan angkanya sudah masuk babak final.

    “Itu nanti segera diumumkan, ya. Kami masih ingin me-range dulu seperti yang disampaikan saat peluncuran. Nggak ada yang kami tunggu, tinggal kalkukasi dan memastikan proses-proses di perizinan Kemenperin dan sebagainya,” ujar Octa saat ditemui di ICE BSD, Tangerang Selatan.

    Meski harganya belum fix, namun Octa memastikan, peminat Honda ICON e: dan CUV e: terus berdatangan. Ketika ditanya angka, dia belum bisa mengungkapnya.

    “Sebenarnya sudah banyak yang pesan, tapi kami belum bisa declare ya. Baik ICON e: dan CUV e: sudah mulai ada permintaan,” kata dia.

    Sebagai catatan, Honda CUV e: dibekali motor listrik dengan tenaga 6 kW dan kecepatan maksimum 83 km/jam. Sementara baterainya diklaim punya jarak tempuh hingga 80,7 km.

    Sementara Honda ICON e: menggendong motor listrik dengan tenaga 1,8 kW yang mampu melaju hingga 55 km/jam. Baterai yang tertanam pada dek bawah mampu membawa kendaraan melesat sejauh 53 km.

    (sfn/lth)

  • Honda Civic 2025 di Australia Hanya Dijual Versi Hybrid, Ini Spesifikasinya

    Honda Civic 2025 di Australia Hanya Dijual Versi Hybrid, Ini Spesifikasinya

    Jakarta, Beritasatu.com – Honda Australia memastikan Honda Civic 2025 hatchback di pasar Australia hanya akan tersedia dalam versi mesin hibrida, kecuali untuk varian sport type R.

    Dilansir dari Drive pada Sabtu (2/1/2024), Honda Civic yang segera hadir di showroom Australia mencakup varian E-HEV L baru. Varian E-HEV L terbaru ini dirancang untuk menggantikan VTi LX nonhibrida. Sementara itu, varian unggulan ELX akan tetap ada di pasaran.

    Kehadiran model ini mengikuti jejak Honda Accord yang telah beralih sepenuhnya ke sistem hybrid sejak diluncurkannya model generasi terbaru di Australia pada Mei 2024.

    Versi hibrida Honda Civic ini menggunakan mesin empat silinder nonturbo 2,0 liter yang dipadukan dengan dua motor listrik. Satu untuk menggerakkan roda secara langsung dan satu lagi berfungsi sebagai generator yang digerakkan mesin bensin untuk mengisi daya baterai bertegangan tinggi.

    Gabungan tenaga dari mesin dan motor listrik ini mencapai 135 kW dan torsi 315 Nm, lebih tinggi dari 134 kW per 240 Nm pada model standar VTi LX nonhibrida.

    Efisiensi bahan bakar Civic E tercatat 4,2 liter per 100 km dalam uji siklus gabungan, yang mendekati efisiensi 4,0 L per 100 km pada Toyota Corolla hatchback versi hibrida.

    Honda Civic terbaru juga akan menjadi model Honda berikutnya yang dilengkapi dengan sistem telematika terbaru, Honda Connect.

    Layar sentuh 9 inci untuk infotainment akan mengadopsi perangkat lunak berbasis Android yang pertama kali diperkenalkan pada Accord, dengan integrasi Google built-in yang mencakup Google Assistant, Google Maps, dan akses ke Google Play Store.

    Pembaruan desain eksterior meliputi bumper dan gril depan yang baru, peningkatan aerodinamika, warna bodi baru seabed blue serta sonic grey eksklusif untuk E-HEV LX yang terinspirasi dari type R.

    Fitur-fitur unik Civic hibrida mencakup pengenalan rambu lalu lintas, kantung udara tambahan di bagian tengah depan dan belakang, serta pengingat penggunaan sabuk pengaman di kursi belakang.

  • Tegang! Massa Pro-Eks Presiden Bolivia Serbu Barak, 20 Tentara Disandera

    Tegang! Massa Pro-Eks Presiden Bolivia Serbu Barak, 20 Tentara Disandera

    Jakarta

    Para pendukung mantan presiden Bolivia, Evo Morales menyerbu barak militer di provinsi Chapare, Bolivia tengah dan menyandera sekitar 20 tentara. Insiden ini menandai peningkatan dramatis dalam pertikaian massa pro-Morales dengan pemerintah negara tersebut.

    Situasi penyanderaan ini terjadi di tengah aksi para pendukung Morales yang memblokir jalan-jalan untuk mencegah penangkapannya atas apa yang disebutnya sebagai tuduhan pemerkosaan yang dibuat-buat, yang bertujuan untuk menggagalkan upayanya untuk bangkit kembali ke kancah politik.

    Morales, 65 tahun, menjabat dari tahun 2006 hingga 2019, ketika ia mengundurkan diri di tengah kekhawatiran setelah pemilu yang diwarnai kecurangan.

    Dilansir kantor berita AFP, Sabtu (2/11/2024), Angkatan bersenjata Bolivia mengatakan pada hari Jumat (1/11) dalam sebuah pernyataan, bahwa “kelompok bersenjata ilegal” telah “menculik para personel militer” dan menyita senjata serta amunisi di Chapare.

    Seorang sumber militer mengatakan kepada AFP, dengan syarat anonim bahwa “sekitar 20” tentara disandera.

    Dalam sebuah video yang disiarkan oleh media Bolivia, 16 tentara terlihat dikelilingi oleh para pengunjuk rasa yang mengangkat tongkat runcing tinggi-tinggi.

    “Resimen Cacique Maraza telah diambil alih oleh aktivis Tipnis. Mereka telah memutus aliran air, listrik, dan menyandera kami,” kata seorang pria berseragam dalam video tersebut.

    Lihat Video ‘Eks Presiden Bolivia Morales Tuding Presiden Arce Dalang Penembakan Dirinya’:

  • Suzuki Suplai SUV Listrik Buatan India untuk Toyota Mulai Tahun 2025

    Suzuki Suplai SUV Listrik Buatan India untuk Toyota Mulai Tahun 2025

    Jakarta

    Suzuki akan memasok SUV listrik untuk Toyota. SUV listrik itu akan diproduksi di India dan dijual di pasar global.

    Suzuki Motor Corporation (Suzuki) dan Toyota Motor Corporation (Toyota) kian menguatkan kolaborasi dalam penyediaan SUV listrik yang dikembangkan oleh Suzuki untuk Toyota. SUV listrik anyar ini rencananya akan diproduksi di pabrik Suzuki Motor Gujarat, India, mulai musim semi tahun 2025.

    Ini merupakan mobil listrik pertama yang dikembangkan dari kolaborasi antara Suzuki dan Toyota itu. Rencananya SUV listrik dari Suzuki untuk Toyota ini akan diluncurkan di seluruh dunia. Tak cuma itu, kehadiran calon SUV listrik Suzuki-Toyota ini juga bisa mewujudkan misi perusahaan dalam mewujudkan netralitas karbon.

    “Suzuki akan memasok BEV (Battery Electric Vehicle) pertama kami ke Toyota secara global. Saya bersyukur bahwa kolaborasi antara kedua perusahaan kian mendalam dengan cara ini. Meski kami masih jadi kompetitor, kami akan mendalami kolaborasi ini untuk memecahkan masalah sosial, termasuk mewujudkan masyarakat yang netral karbon melalui pendekatan multi-pathway,” ungkap Presiden Suzuki Toshihiro Suzuki dalam siaran persnya.

    Toyota menyebut model baru ini dirancang eksklusif sebagai mobil listrik. Sebuah SUV lincah dengan karakteristik berkendara khas mobil listrik. SUV listrik ini juga akan tersedia dengan sistem penggerak 4WD sehingga diklaim bisa melahap segala medan jalan sekaligus menawarkan performa bertenaga.

    Unit dan platform mobil listrik ini dikembangkan bersama oleh Suzuki, Toyota, dan Daihatsu. Ketiga saling memanfaatkan kekuatan guna melahirkan SUV listrik ini.

    “Dengan memanfaatkan unit dan platform BEV yang kami kembangkan bersama, kami akan mengambil langkah baru dalam kolaborasi kami di bidang kendaraan listrik. Hal ini akan memungkinkan kami untuk memberikan berbagai pilihan yang berkontribusi pada netralitas karbon kepada pelanggan di seluruh dunia. Kami ingin belajar dari kekuatan satu sama lain, berkompetisi, dan melanjutkan upaya bersama berdasarkan pendekatan multi-pathway,” ujar Presiden Toyota Koji Sato.

    Suzuki sebelumnya sudah memamerkan mobil listrik pertamanya yang dinamai eVX. Mobil listrik perdana Suzuki itu rencananya akan diluncurkan pada ajang Bharat Mobility Expo awal tahun 2024. Mobil listrik itu dilengkapi baterai berkapasitas 60 kWh dan bisa menjelajah sejauh 550 km. Inikah model yang bakal disuplai Suzuki ke Toyota? Jawabannya tentu akan diketahui setelah peluncuran nanti.

    (dry/lth)

  • Nggak Muluk-muluk, Kawasaki Cuma Mau Jual 20 Unit Motor di IMOS 2024

    Nggak Muluk-muluk, Kawasaki Cuma Mau Jual 20 Unit Motor di IMOS 2024

    Jakarta

    Sebagai produsen motor asal Jepang, penjualan Kawasaki memang tak sebaik Honda dan Yamaha di Indonesia. Itulah mengapa, mereka berusaha realistis dan tak mau muluk-muluk di pameran Indonesia Motorcycle Show atau IMOS 2024.

    Ketika pabrikan besar lain mungkin menargetkan penjualan hingga ratusan unit, Kawasaki justru menurunkan ekspektasinya. Mereka hanya ingin menjual 20 unit kendaraan di pameran tahunan tersebut.

    “Kita di IMOS targetnya 20 unit (motor terjual) aja, itu semua model,” ujar Michael Tanadhi selaku Head Sales & Promotion PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) saat ditemui di ICE BSD, Tangerang Selatan.

    Kawasaki Ninja Listrik. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Kawasaki Indonesia membawa sejumlah model andalan di pameran IMOS 2024, mulai dari Kawasaki W175, KLX-series, Ninja listrik, Ninja 250 series, hingga motor gede terbarunya, Versys 1100.

    Motor-motor yang mereka jual memang masuk segmen niche dan tak menyentuh kalangan umum. Bahkan, mereka tak punya skuter matik yang menjadi buruan konsumen di dalam negeri. Itulah mengapa, produsen berjuluk Geng Hijau itu tak mau muluk-muluk di pameran IMOS 2024.

    Selain itu, Michael menjelaskan, permintaan kendaraan baru belakangan juga melemah, terutama motor sport. Dia berharap, kondisi tersebut akan membaik tahun depan.

    “Betul, pasar turun. Apalagi segmen sport, cukup terdampak tapi tidak terlalu parah. Total market kan naik tiga persen, tapi kita turun sedikit. Dengan adanya pemerintahan baru, harapannya terus membaik,” kata dia.

    Sebagai catatan, pameran IMOS 2024 digelar selama lima hari hingga Minggu (3/11) di ICE BSD, Tangerang Selatan. Selain Kawasaki, acara tersebut diramaikan merek motor lain seperti Honda, Yamaha, Suzuki, TVS, Harley-Davidson, Royal Enfield dan masih banyak lagi.

    (sfn/lth)

  • Bakal Diuji Coba di Kota Solo, Gibran Tinjau Battery Trem Pertama di Indonesia

    Bakal Diuji Coba di Kota Solo, Gibran Tinjau Battery Trem Pertama di Indonesia

    Solo, Beritasatu.com – Wakil Presiden (Wapres) Gibran Rakabuming Raka meninjau battery trem (trem baterai listrik) pertama di Indonesia buatan PT Industri Kereta Api (Persero) atau PT Inka di Stasiun Purwosari, Kota Solo, Jawa Tengah, Sabtu (2/11/2024).

    Pantauan Beritasatu.com, mantan wali kota Solo itu tiba di Stasiun Purwosari pukul 07.12 WIB dan langsung menuju trem baterai yang diparkir di jalur 1. Turut mendampingi Gibran, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Solo Dhoni Widianto, dan Komisaris PT KAI KGPAA Mangkunegoro X dan Kepala Daop 6 Yogyakarta Bambang Respationo.

    Setelah melihat-lihat bagian luar trem, Gibran pun melihat bagian dalam sambil mendengarkan penjelasan dari Direktur Pengembangan PT Inka Roppiq Luthfi Azhar mengenai spesifikasi Battery Trem yang akan diujicobakan di Kota Bengawan pada November ini.

    Tak berapa lama ia keluar dari trem dan langsung meninggalkan Stasiun Purwosari pukul 07.25 WIB tanpa memberikan statemen kepada awak media yang menunggu.

    Pelaksana Tugas (Plt) Senior Manager Humas dan Protokoler Kantor Perwakilan PT Inka Nuur Aisyah Murti mengatakan kunjungan Gibran untuk meninjau prototype otonom trem yang akan diujicobakan di Kota Solo.

    “Yang jelas tadi meninjau otonom trem listrik yang tengah kami kembangkan. Kunjungan ini bisa dibilang mendadak karena baru kemarin kami mendapat informasi beliau (Gibran) mau melihat langsung trem listrik yang akan kita uji cobakan di Kota Solo,” ujarnya kepada awak media.

    Nuur memaparkan, otonom trem baterai listrik merupakan produk baru yang tengah dikembangkan PT Inka dan merupakan pertama yang menggunakan baterai listrik. Terkait hal itu, pihaknya mengaku senang dengan dukungan yang diberikan Gibran.

    “Jujur kami sangat surprise sekali atas dukungan yang beliau berikan kepada PT Inka agar terus melakukan inovasi teknologi. Tadi beliau juga menyampaikan trem listrik merupakan salah satu solusi bagi moda transportasi kota sehingga berharap kami bisa segera menyelesaikan pengembangannya dan memulai produksi,” bebernya.

    Battery Trem akan diujicobakan di rel yang berada di sepanjang Jalan Slamet Riyadi Kota Solo mulai 6 hingga 22 November 2024.

  • Bahlil Beri Bocoran Perusahaan RI yang Bakal Pasok Prekursor ke Tesla

    Bahlil Beri Bocoran Perusahaan RI yang Bakal Pasok Prekursor ke Tesla

    Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Bahlil Lahadalia menyebut pemerintah berencana melakukan ekspor prekursor baterai kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) ke pabrikan Tesla milik Elon Musk.

    Bahlil menuturkan, prekursor yang nantinya diekspor ke Tesla nantinya bakal berasal dari pabrik smelter nikel milik Huayou Indonesia yang berada di di Kawasan Industri Weda Bay, Halmahera, Maluku Utara. 

    “Huayou (asal prekursor),” kata Bahlil saat ditemui di Kementerian ESDM, Jumat (1/11/2024).

    Lebih lanjut, Ketua Umum Partai Golkar ini menuturkan bahwa persiapan pabrik Huayou sudah berada dalam tahap akhir.

    Untuk peresmian pabrik tersebut, Bahlil menyampaikan bahwa pabrik Huayou dijadwalkan selesai pada November atau paling lambat Desember tahun ini.

    “Sudah, sudah mampir selesai. Mungkin bulan depan ini peresmian pabriknya,” ujarnya.

    Kala Bahlil menjadi Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), dia sempat mengungkap kabar tersebut pada kuartal I/2024 lalu. Menurut Bahlil, ekspor ke Tesla akan dilakukan pada 1 Januari 2025. 

    Prekursor yang dibuat di Indonesia tersebut merupakan bahan setengah jadi yang nilai tambahnya telah meningkat 60%-70%.

    “Huayou sedang bangun prekursor di Maluku Utara untuk menyuplai permintaan Tesla. Jadi ke depan 1 Januari 2025, Indonesia akan mengirim material bahan baterai prekusor dari pabriknya [Huayou] di Wedabay,” jelas Bahlil saat paparan Realisasi Investasi Triwulan II/2024 di Jakarta. 

  • Pesona Motor Listrik Honda Pikat Pengunjung IMOS 2024

    Pesona Motor Listrik Honda Pikat Pengunjung IMOS 2024

    Jakarta

    PT Astra Honda Motor (AHM) memang tak meluncurkan motor baru di Indonesia Motorcycles Show atau IMOS 2024. Namun, kehadiran produk-produk andalan, ditambah keberadaan panggung khusus untuk jajaran motor listrik, membuat booth mereka tak pernah sepi pengunjung.

    Menurut pantauan detikOto di hall 10 ICE BSD, Tangerang Selatan, booth AHM menjadi selasar pameran yang paling ramai pengunjung. Menariknya, tak sedikit dari tamu yang penasaran dan melihat-lihat koleksi motor listrik Honda.

    AHM membuat panggung khusus di sudut selasar untuk jajaran motor listriknya. Mereka memajang Honda EM1 e, EM1 e Plus, ICON e dan CUV e. Seluruhnya seakan punya pesona yang memikat konsumen untuk datang dan melihatnya dari jarak dekat.

    Motor listrik di Booth Honda di IMOS 2024. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Octavianus Dwi selaku Direktur Pemasaran PT AHM mengatakan, pihaknya memang ingin menonjolkan suasana ramah lingkungan di pameran tahunan tersebut. Menurutnya, hal itu merupakan bentuk komitmen Honda menyongsong era elektrifikasi di Indonesia.

    “Kembali, kami mau berkomitmen bahwa AHM berperan terhadap keberlanjutan, makanya kami menghadirkan kendaraan ramah lingkungan termasuk EV. Nanti jumlahnya setiap saat akan bertambah. Harapannya bisa mendukung pemerintah ke arah sana,” ujar Octa saat ditemui di ICE BSD, Tangerang Selatan.

    Bukan hanya melihat-lihat, sebagian pengunjung juga mengambil gambar motor listrik Honda dan bertanya ke tenaga penjual mengenai harga serta jarak tempuhnya. Mereka terlihat kurang familiar dengan tunggangan tersebut akibat tampangnya yang unik dan futuristis.

    Motor listrik di Booth Honda di IMOS 2024. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Salah satu tenaga penjual wanita yang bertugas di booth Honda mengatakan, banyak pengunjung yang minta dijelaskan mengenai jajaran motor listrik tersebut, terutama Honda ICON e dan CUV e yang statusnya masih sangat baru. Tak sedikit yang menyatakan minat beli.

    “Banyak yang bolak-balik tanya nih, mungkin karena tampilannya modern banget. Ada yang mau tahu harganya, tapi angkanya kan masih estimasi. Tanggapan mereka bagus sih,” kata tenaga penjual tersebut kepada detikOto.

    Mengenal Motor Listrik Honda di IMOS 2024

    Kira-kira kenapa, ya, line up motor listrik Honda bisa menyita perhatian pengunjung IMOS 2024? Nah, biar tahu alasannya, yuk kenalan sama produk terkait satu per satu, detikers!

    Honda ICON e: dan CUV e: di IMOS 2024. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Pertama, ada Honda EM1 e dan EM1 e Plus. Kedua kendaraan tersebut sebenarnya model yang sama. Hanya saja, varian plus mendapat sentuhan ekstra yang membuatnya lebih spesial, yakni rear rack atau bracket di bagian belakang.

    Honda EM1 e dan EM1 Plus menggunakan baterai lithium-ion 26,1 Ah dengan jangkauan maksimum 41,1 km. Sementara motor listriknya 1,7 kw dengan kecepatan puncak 45 km. Kendaraan tersebut memang didesain untuk penggunaan sehari-hari yang nyaman dan aman.

    Apa yang membuatnya menarik? Pertama, built quality yang terasa sangat jempolan dengan detail-detail yang rapi. Selain itu, dimensinya kompak, sehingga cocok digunakan berbagai kalangan, baik pria maupun wanita.

    Motor listrik di Booth Honda di IMOS 2024. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Selain itu, harganya juga cukup terjangkau untuk motor listrik besutan Jepang, yakni Rp 33.000.000 untuk Honda EM1 e: dan Rp 33.500.000 untuk Honda EM1 e: Plus. Keduanya berstatus on the road Jakarta.

    Kemudian ada Honda ICON e: yang dirancang lebih advance dibandingkan Honda EM1 e series. Kuda besi ramah lingkungan tersebut menggunakan motor listrik dengan tenaga 1,8 kW yang mampu melaju hingga 55 km/jam. Baterai yang tertanam pada dek bawah mampu membawa kendaraan melesat sejauh 53 km!

    Honda ICON e: dibanderol di rentang harga Rp 28-32 juta termasuk charger. Nominal tersebut sudah berstatus on the road Jakarta.

    Kurang puas dengan fitur dan tenaga yang ditawarkan Honda ICON e: dan butuh tunggangan yang lebih powerful? Tenang, ada Honda CUV e: sebagai model tertinggi dari jajaran motor listrik pabrikan!

    Honda CUV e: dibekali motor listrik dengan tenaga 6 kW dan kecepatan maksimum 83 km/jam. Sementara baterainya diklaim punya jarak tempuh hingga 80,7 km.

    Honda CUV e: dipasarkan di range harga Rp 53-57 juta (unit Rp 33-37 juta + dua unit baterai MPP e: seharga Rp 10 juta/baterai). Kemudian Honda CUV e: tipe RoadSync Duo ditawarkan di rentang Rp 57-61 juta (unit Rp 37-41 juta + dua unit baterai MPP e: seharga Rp 10 juta/unit baterai). Statusnya OTR Jakarta.

    Hmm… melihat kelebihan-kelebihan yang ditawarkan tersebut, rasanya tak heran kalau motor-motor listrik Honda jadi sorotan utama di IMOS 2024!

    (sfn/lth)

  • Memacu pertumbuhan ekonomi melalui transisi energi

    Memacu pertumbuhan ekonomi melalui transisi energi

    Jakarta (ANTARA) – Sekitar 20 orang dari berbagai usia dengan tertib mengantre di halte Fatmawati untuk menunggu kedatangan bus listrik D21 berwarna oranye yang akan membawa mereka menuju Universitas Indonesia.

    Alasan memilih bus listrik, selain karena lebih nyaman (tidak berisik) juga lebih dingin dibandingkan bus berbahan bakar solar.

    PT Transportasi Jakarta selaku operator Transjakarta menargetkan sampai dengan akhir 2024 akan mengoperasikan 300 bus listrik untuk memberikan pelayanan kepada warga Jakarta.

    Kehadiran bus listrik ini sudah barang tentu memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, mulai dari stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU), industri baterai, bengkel, suku cadang, dan lainnya yang pada akhirnya bisa menggerakkan ekonomi.

    Pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik ini juga sejalan dengan program Astacita Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka khususnya butir dua: “Memantapkan sistem pertahanan keamanan negara dan mendorong kemandirian bangsa melalui swasembada pangan, energi, air, ekonomi kreatif, ekonomi hijau, dan ekonomi biru”.

    Hadirnya kendaraan berbasis baterai bisa mendorong terciptanya ekosistem kendaraan listrik yang mampu mendorong ekonomi. ANTARA/ HO-PLN

    Dari butir ini transisi energi menjadi keharusan, dari energi berbasis fosil beralih energi ramah lingkungan untuk mendorong perekonomian.

    Namun, untuk mewujudkan transisi energi tentunya membutuhkan komitmen yang kuat dari pengambil kebijakan agar dalam pelaksanaannya memberikan keadilan bagi masyarakat dan bermanfaat bagi pembangunan manusia.

    Transisi energi juga mencerminkan upaya Presiden Prabowo Subianto agar Indonesia mencapai swasembada energi yang pada akhirnya mendorong pertumbuhan ekonomi tinggi (8 persen) pada 2029.

    Dengan demikian, dalam kurun waktu tersebut Indonesia harus bisa keluar dari jebakan negara berpenghasilan menengah (middle income trap) melalui transformasi ekonomi dan pertumbuhan ekonomi hijau.

    Banyak pihak

    Untuk mempercepat transisi energi tentu membutuhkan peran banyak pihak mengingat dalam pelaksanaannya tidak sekadar membuat kebijakan agar beralih dari energi fosil ke terbarukan. Di dalamnya juga harus mempertimbangkan soal ketahanan energi dan keberlanjutan.

    Harus diakui transisi energi menjadi keharusan seiring dengan komitmen Indonesia bersama negara-negara di dunia untuk memangkas emisi gas rumah kaca yang menyumbang kepada pemanasan global (global warming).

    Pada Conference of Parties (COP-28) tahun lalu, Indonesia bersama dengan 200 negara menyepakati keputusan untuk meningkatkan kapasitas energi terbarukan tiga kali lipat (triple up) dan melipatgandakan upaya efisiensi energi (double down) pada tahun 2030.

    Penting pada era transisi energi melibatkan masyarakat. ANTARA/ HO-PLN

    Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform (IESR) Fabby Tumiwa menyebut Pemerintah ke depan harus bisa mengintegrasikan kesepakatan COP-28 di dalam perencanaan energi nasional dan sektoral, serta mengeluarkan kebijakan yang menghasilkan percepatan pembangunan energi terbarukan.

    Salah satu indikator yang menunjukkan komitmen Pemerintah terhadap transisi energi adalah naiknya tingkat bauran energi terbarukan pada listrik dan bahan bakar cair. Tentunya beriringan dengan makin menurunnya penggunaan energi fosil.

    Pemerintah harus memberikan jaminan percepatan transisi energi berkeadilan. Hal ini dapat dilihat pada peningkatan target bauran energi terbarukan Indonesia serta strategi untuk merealisasikannya ke dalam dokumen Kebijakan Energi Nasional (KEN) yang akan diundangkan melalui Peraturan Pemerintah (PP).

    Selanjutnya, peningkatan target bauran energi terbarukan ini perlu diselaraskan dengan dokumen perencanaan lainnya seperti Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) dan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), serta dokumen Second Nationally Determined Contribution (SNDC) yang akan disampaikan kepada Badan Iklim PBB tahun depan.

    Pemerintah perlu menetapkan target penurunan emisi gas rumah kaca, khususnya di sektor energi, yang selaras dengan pembatasan suhu bumi di angka 1,5 derajat Celcius.

    Editor: Achmad Zaenal M
    Copyright © ANTARA 2024