Topik: Listrik

  • BNPB Hadapi Sejumlah Tantangan di Pengungsian Korban Erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki

    BNPB Hadapi Sejumlah Tantangan di Pengungsian Korban Erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki

    Jakarta, Beritasatu.com – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Suharyanto menyampaikan sejumlah tantangan untuk kebutuhan dan kekurangan yang masih ada di tempat pengungsian korban erupsi.

    Hal tersebut diungkapkan dalam update penanganan darurat pascaerupsi Gunung Lewotobi Laki-laki yang digelar secara daring pada Kamis (7/11/2024).

    Meskipun penanganan pengungsi di hari keempat pascaerupsi sudah berjalan lebih baik, tetapi masih terdapat beberapa kebutuhan yang perlu dipenuhi, antara lain alat memasak, air minum dan air bersih, tempat mandi, cuci, kakus (MCK), serta tempat tidur.

    “Masih ada kekurangan di masing-masing tempat pengungsian, seperti alat memasak yang akan dilengkapi secara bertahap. Kebutuhan air minum juga sangat penting, namun kami sudah memiliki solusi dengan menyediakan tangki air dan beberapa sumber bor yang sebelumnya terkendala masalah jaringan listrik, kini sudah dapat difungsikan kembali,” ungkap Suharyanto.

    Untuk kebutuhan tempat tidur dan toilet portable, Suharyanto juga mengungkapkan pemenuhannya masih terus dilengkapi secara bertahap. BNPB, lanjutnya, bekerja sama dengan berbagai instansi terkait, seperti Kementerian Sosial, Kementerian ESDM, serta TNI dan Polri, dalam upaya pemenuhan kebutuhan tersebut.

    Terkait dengan tempat pengungsian, Suharyanto menyebutkan korban erupsi tersebar di tiga lokasi, yaitu 663 orang di Desa Lewolaga, 662 orang di Desa Bokang, dan 1.367 orang di Desa Konga.

    Sementara itu, sebanyak 1.709 orang pengungsi berada di Sikka. Untuk korban luka berat, Suharyanto melaporkan bahwa empat orang telah dirawat di rumah sakit umum dan kondisinya kini sudah membaik.

    Demi kelancaran upaya penyelamatan, PVMBG dan BNPB menegaskan larangan segala aktivitas dalam radius 7 kilometer dari puncak Gunung Lewotobi. Aktivitas yang diperbolehkan hanya yang berkaitan langsung dengan upaya penyelamatan dan mitigasi.

  • Pelaku Pelecehan di Stasiun Pasar Minggu Diblokir-Tak Bisa Naik KRL Lagi

    Pelaku Pelecehan di Stasiun Pasar Minggu Diblokir-Tak Bisa Naik KRL Lagi

    Jakarta

    Polisi berkoordinasi dengan pihak KAI terkait aksi pelecehan seksual yang terjadi dalam kereta rel listrik (KRL) berujung pelaku diturunkan di Stasiun Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Polisi menyebut pelaku sudah diblokir dan tidak bisa menggunakan KRL lagi.

    “Kita juga sudah berkoordinasi dengan pihak kereta bahwa dia tidak bisa lagi naik kereta api. Nomor NIK-nya diblokir. Itu tindakan pihak kereta,” kata Kapolsek Pasar Minggu Kompol Anggiat Sinambela kepada wartawan, Kamis (7/11/2024).

    Dihubungi terpisah, Manajer Humas Kereta Commuter Indonesia (KCI) Leza Arlan mengatakan pihaknya tidak mentoleransi aksi pelecehan. Leza mengimbau pengguna KRL agar melapor kepada petugas.

    “Kami akan membantu pengguna yang mendapatkan perlakuan asusila dengan melaporkan kepada petugas,” kata Leza.

    Pengguna KRL yang mengalami tindak asusila diimbau berani speak up ke penumpang lain untuk mendapatkan bantuan.

    “Pengguna juga diharapkan speak up dan meminta bantuan ke pengguna lain ketika melihat atau mengalami secara langsung. Pengguna diimbau tetap waspada dan peduli sekitar, jangan ragu untuk melapor ke petugas,” imbuh Leza.

    Pelaku Diturunkan dari KRL

    Pelaku kemudian diturunkan di stasiun Pasar Minggu. Pelaku diketahui berinisial MGA (19) warga asal Bojonggede. Peristiwa terjadi pada Selasa (5/11) yang lalu, saat korban berinisial TP (31) hendak berangkat bekerja.

    “Iya pelaku gesek-gesek kepada korban. Iya (kemaluannya dikeluarkan),” kata Kapolsek Pasar Minggu Kompol Anggiat Sinambela saat dihubungi, Kamis (7/11).

    “Anggota kita kemarin sudah ke lokasi kejadian tempat penumpang diturunkan di Stasiun Pasar Minggu. Korban tidak mau melaporkan, sudah kita imbau tapi tidak mau melaporkan. Membuat pernyataan tidak dilanjutkan ke ranah hukum,” ujarnya.

    (wnv/mea)

  • Hyundai Santa Fe Hybrid Belum Pakai Baterai Rakitan Lokal, Apa Alasannya?

    Hyundai Santa Fe Hybrid Belum Pakai Baterai Rakitan Lokal, Apa Alasannya?

    Jakarta

    Hyundai Santa Fe menjadi produk pertama elektrifikasi jenis hybrid Hyundai di Indonesia. Kendati sudah dirakit secara lokal, namun baterainya masih diimpor utuh dari Korea Selatan.

    Hyundai sudah memiliki ekosistem yang lengkap di Indonesia, termasuk industri baterai. Seperti diketahui PT HLI Green Power merupakan perusahaan joint venture antara Hyundai Motor Company, LG Energy Solution, dan PT Indonesia Battery Corporation (IBC).

    PT Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power berdiri di Karawang, Jawa Barat, Rabu (3/7/2024). Hyundai Kona Electric jadi mobil listrik pertama yang menggunakan baterai produksi PT Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power.

    Hyundai Santa Fe Hybrid belum menggunakan baterai buatan lokal.

    “Belum, untuk yang hybrid kita masih impor dari Korea (Selatan),” kata Tony Hadiyanto, Head of Parts Department Hyundai Motors Indonesia.

    Lebih lanjut dijelaskan Fransiscus Soerjopranoto sebagai Chief Operating Officer (COO) PT Hyundai Motors Indonesia, potensi penggunaan baterai buatan lokal untuk Hyundai Santa Fe terbuka lebar. Namun semua ini diputuskan oleh prinsipal, Hyundai Motor Corporation.

    “Kalau keputusan lokalisasi CKD itu HMMI akan memutuskan biasanya dalam waktu satu tahun mereka akan studi dalam volume tertentu,” kata Frans.

    “Waktu Chairman datang meresmikan pabrik baterai di Karawang. Kami diberikan arahan berhak untuk memperkenalkan local supplier, jadi bukan joint partner antara misalnya perusahaan asing dengan lokal tapi betul-betul local partner,” jelas dia.

    Diketahui pabrik sel baterai itu beroperasi di atas lahan seluas 330.000 meter persegi dengan dana investasi fase pertama mencapai USD 1,2 miliar. Fasilitas ini bisa menghasilkan sel baterai lithium-ion dengan total kapasitas 10 GWh per tahun untuk memenuhi kebutuhan lebih dari 150.000 unit Battery Electric Vehicle (BEV).

    Secara umum, All New Hyundai Santa Fe tersedia dalam dua opsi mesin. Pertama, ada mesin bensin 2.497 cc bersilinder empat dengan muntahan tenaga 194 PS dan torsi 246 kgm. Sementara transmisinya otomatis delapan-percepatan.

    Kedua, ada mesin turbo hybrid berkapasitas 1.598 cc bersilinder empat yang jika dikombinasikan dengan motor listrik mampu menghasilkan tenaga 235 PS. Sedangkan transimisinya otomatis enam-percepatan. Untuk opsi hybrid menggunakan baterai berkapasitas 1,49 kWh (Li-Ion).

    (riar/rgr)

  • Laba Bersih Toyota Merosot 26 Persen Imbas Skandal dan Penjualan di China

    Laba Bersih Toyota Merosot 26 Persen Imbas Skandal dan Penjualan di China

    Jakarta, Beritasatu.com – Laba bersih Toyota Motor Corporation pada enam bulan atau hingga September 2024 merosot 26,4% secara year on year (yoy). Selain itu, laba operasional perusahaan asal Jepang pada tahun fiskal 2024 menurun 3,7%.

    Laba bersih Toyota tercatat sebesar 1,91 triliun yen atau Rp 196 triliun. Laba yang turun ini disebut karena beberapa skandal dan penurunan penjualan di pasar China.

    Sementara, laba operasional perusahaan pada paruh pertama tahun fiskal 2024 menurun menjadi 2,46 triliun yen atau sekitar Rp 252 triliun.

    Toyota masih merasakan dampak dari skandal kualitas yang baru-baru ini terjadi. Sebelumnya perusahaan mengakui bahwa mereka belum sepenuhnya mematuhi standar pemerintah dalam uji coba kendaraan. Hal ini mengurangi proyeksi produksi untuk merek Toyota dan Lexus pada tahun fiskal ini, dari 10 juta unit menjadi 9,7 juta unit.

    Insiden ini mengakibatkan penghentian produksi beberapa model populer Toyota, seperti SUV Yaris Cross, serta penghentian sebagian jalur produksi di Jepang, yang memengaruhi pendapatan.

    Di pasar internasional, Toyota menghadapi tantangan di China, dengan semakin banyak konsumen yang beralih ke kendaraan listrik buatan merek lokal yang lebih terjangkau, dibandingkan dengan penawaran dari produsen asal Jepang.

    Secara global, penjualan Toyota mencapai 5,37 juta kendaraan selama periode enam bulan, mengalami penurunan 4%, dengan penurunan sebesar 12,4% di Jepang dan 13,7% di China.

    Namun, Toyota tetap mempertahankan perkiraan pendapatannya untuk tahun fiskal 2024 yang akan berakhir Maret 2024.

    Perusahaan memperkirakan laba bersih pada periode itu akan turun sebesar 27,8% dari tahun sebelumnya, menjadi 3,57 triliun yen atau sekitar Rp 366 triliun. Sementara penjualan diperkirakan tumbuh 2% menjadi 46 triliun yen atau Rp 4,7 kuadriliun.

  • Capai TKDN di Atas 70%, Pengamat Soal Becak Listrik: Langkah Strategis Wujudkan Kemandirian Teknologi dan Ekonomi

    Capai TKDN di Atas 70%, Pengamat Soal Becak Listrik: Langkah Strategis Wujudkan Kemandirian Teknologi dan Ekonomi

    FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Presiden RI Prabowo Subianto berkomitmen untuk selalu berpihak pada kepentingan rakyat, salah satunya diwujudkan dengan menginisasi pembuatan becak listrik yang nantinya akan dibagikan secara bertahap kepada masyarakat yang membutuhkan, khususnya para tukang becak yang berusia di atas 60 tahun.

    Untuk itu, Prabowo meminta salah satu perusahaan industri pertahanan nasional yaitu PT Len Industri memproduksi hingga 1.000 unit becak listrik. Dalam praktiknya, proses produksi becak listrik dilakukan di kota Bandung, dengan nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) berada di atas angka 70 persen.

    “Saya bekerja sama dengan industri pertahanan dalam hal ini PT LEN kita bikin becak listrik,” kata Prabowo di acara Deklarasi Gerakan Solidaritas Nasional di Indonesia Arena, Jakarta, Sabtu (2/11).

    Pengamat militer Khairul Fahmi menyebut bahwa becak listrik produksi PT Len menjadi contoh nyata bagaimana teknologi pertahanan dapat diadaptasi ke sektor sipil, memenuhi kebutuhan transportasi modern yang hemat energi.

    “Langkah ini juga mencerminkan pola “dual-use technology” atau teknologi ganda, di mana teknologi untuk kepentingan militer dapat memiliki manfaat yang lebih luas untuk masyarakat. Langkah ini bukan hanya memperluas peran industri pertahanan Indonesia, tetapi juga membangun inovasi yang dapat berkontribusi pada pembangunan transportasi berkelanjutan,” jelas Fahmi.

    Ia kemudian memberi contoh bagaimana di sejumlah negara, teknologi pertahanan memang telah diadaptasi untuk keperluan sipil. “Contohnya adalah GPS dan internet, yang pada awalnya dikembangkan untuk keperluan militer dan sekarang menjadi teknologi umum yang menunjang kehidupan sehari-hari,” sambung Fahmi.

  • Viral Pelecehan di dalam KRL, Pelaku Diturunkan di Stasiun Pasar Minggu

    Viral Pelecehan di dalam KRL, Pelaku Diturunkan di Stasiun Pasar Minggu

    Jakarta

    Beredar video seorang pemuda diduga melakukan pelecehan seksual di dalam kereta rel listrik (KRL) viral di media sosial. Pemuda tersebut diamankan di Stasiun Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

    Video yang beredar memperlihatkan aksi tersebut dilakukan saat kondisi gerbong tengah ramai penumpang. Korban menyadari aksi pelaku dan kemudian memberitahukannya kepada penumpang lain.

    Pelaku kemudian diturunkan di stasiun Pasar Minggu. Pelaku diketahui berinisial MGA (19) warga asal Bojonggede. Peristiwa terjadi pada Selasa (5/11) yang lalu, saat korban berinisial TP (31) hendak berangkat bekerja.

    “Iya pelaku gesek-gesek kepada korban. Iya (kemaluannya dikeluarkan),” kata Kapolsek Pasar Minggu Kompol Anggiat Sinambela saat dihubungi, Kamis (7/11/2024).

    Pelaku diturunkan langsung di Stasiun Pasar Minggu usai kedapatan melakukan perbuatannya tersebut. Namun demikian, korban memutuskan untuk tidak membuat laporan polisi.

    “Anggota kita kemarin sudah ke lokasi kejadian tempat penumpang diturunkan di Stasiun Pasar Minggu. Korban tidak mau melaporkan, sudah kita imbau tapi tidak mau melaporkan. Membuat pernyataan tidak dilanjutkan ke ranah hukum,” ujarnya.

    “Kita juga sudah berkoordinasi dengan pihak kereta bahwa dia tidak bisa lagi naik kereta api. Nomor NIK-nya diblokir. Itu tindakan pihak kereta,” tuturnya.

    Dihubungi terpisah, Manajer Humas Kereta Commuter Indonesia (KCI) Leza Arlan mengatakan pihaknya tidak mentolelir aksi pelecehan. Leza mengimbau pengguna KRL agar melapor kepada petugas.

    Pengguna KRL yang mengalami tindak asusila diimbau berani speak up ke penumpang lain untuk mendapatkan bantuan.

    “Pengguna juga diharapkan speak up dan meminta bantuan ke pengguna lain ketika melihat atau mengalami scara langsung. Pengguna diimbau tetap waspada dan peduli sekitar, jangan ragu untuk melapor ke petugas,” imbuh Leza.

    (wnv/mei)

  • Mobil Listrik Bukan Satu-satunya Solusi, Banyak Jalan Menuju Dekarbonisasi

    Mobil Listrik Bukan Satu-satunya Solusi, Banyak Jalan Menuju Dekarbonisasi

    Jakarta

    Mobil listrik bukan menjadi satu-satunya solusi untuk menekan emisi karbon atau dekarbonisasi. Upaya dekarbonisasi ternyata juga bisa dilakukan melalui mobil-mobil mesin konvensional (ICE) zaman sekarang yang rendah emisi.

    “Secara global saat ini hampir semua sepakat bahwa teknologi otomotif ramah lingkungan tak semata mobil listrik. Ini tergantung dari masing-masing negara. Norwegia yang listriknya dikatakan hampir 100 persen hijau, karena menggunakan pembangkit tenaga air (hydro power), bisa benar-benar ramah lingkungan,” ungkap penulis buku ‘Multi-pathway for Car Electrification’, Cyrillus Harinowo, dalam keterangannya.

    Mobil LCGC Toyota Calya Foto: Dok. Toyota Astra Motor

    Namun sebaliknya bagi Indonesia, justru kondisi saat ini menyajikan banyak pilihan yang sesuai. “Saya awalnya tidak aware dan dogmatis, pokoknya mobil listrik adalah mobil yang ramah lingkungan. Namun akhirnya menjadi paham bahwa mobil LCGC bisa menjadi ramah lingkungan dibandingkan mobil listrik yang ada. Begitu pula mobil hybrid dan mobil flexy,” sambung Cyrillus.

    Di sisi lain, kata Cyrillus, mobil listrik full baterai atau BEV tak sepenuhnya ‘ramah lingkungan’. Ini lantaran sumber energi yang digunakan untuk mengisi daya listrik dihasilkan dari sistem pembangkit yang tak ramah lingkungan.

    “Kalau kita bicara mengenai penggunaan BEV (mobil listrik) saat ini, mobil listriknya mungkin zero emission. Namun ketika ingin men-charging baterainya, bauran energi dari sumber listriknya 80 persen berasal dari pembangkit listrik yang digerakkan bahan bakar fosil (fossil fuel). Berarti mobil listrik itu sebetulnya masih mengeluarkan emisi karbon 87 persen,” jelas Cyrillus lagi.

    Toyota Yaris Cross Hybrid Foto: 20detik

    Maka dari itu, penerapan paradigma bahwa mobil listrik bukan satu-satunya solusi dekarbonisasi, menurut Cyrillus semakin mendesak, sebab Indonesia dihadapkan dengan target Nationally Determined Contribution (NDC) pada 2030 sebelum beranjak mencapai visi NZE di 2060.

    “Kalau kita bicara mengenai NDC 2030, kembali lagi berkaitan dengan pembangkit energinya, itu tinggal lima hingga enam tahun lagi. Jadi dari situ sebetulnya mobil non-listrik yang ramah lingkungan masih menjadi pilihan yang harusnya preferable untuk pencapaian NDC 2030, karena bisa 50 persen carbon free, tetapi gagasan ini seperti melawan arus,” sambung Cyrillus yang menulis buku tersebut bersama Ika Maya Sari Khaidir.

    “Pada kenyataannya, upaya dekarbonisasi sektor otomotif memang serempak dilakukan secara global. Hanya saja, transisi menuju mobil listrik memang tak mudah, terutama di negara berkembang seperti Indonesia. Infrastruktur pengisian baterai masih terbatas, sementara tuntutan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca semakin meningkat,” kata dia lagi.

    Sebagai respons, banyak produsen mobil global, termasuk yang beroperasi di Indonesia, mulai mengembangkan Hybrid Electric Vehicle (HEV) dan juga Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) sebagai langkah awal sebelum beralih sepenuhnya ke mobil listrik, hingga mesin fleksibel. Langkah ini dianggap sebagai solusi dari stagnasi dekarbonisasi jika selalu mengandalkan penetrasi mobil listrik. Terlebih dengan perang dagang sengit antara Barat versus China yang memicu pengembangan multiteknologi.

    (lua/rgr)

  • Pabrik Hyundai di Cikarang Sudah Pakai Robot, Tetap Butuh Pekerja Wanita

    Pabrik Hyundai di Cikarang Sudah Pakai Robot, Tetap Butuh Pekerja Wanita

    Jakarta

    Secanggih-canggihnya, pabrik Hyundai di Delta Mas, Cikarang, Jawa Barat, masih membutuhkan tangan terampil dan pengamatan cermat dari wanita.

    PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mengajak awak media mengunjungi fasilitas Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) di Delta Mas, Cikarang, Jawa Barat, Rabu (6/11/2024).

    HMMI memiliki area press shop, body shop, paint shop, engine shop, hingga assembly shop.

    Selama awak media berkeliling di fasilitas pabrik HMMI, pihak Hyundai melarang untuk mengambil gambar, baik dalam bentuk foto mqupun video, sehingga kami tidak bisa menyajikan dalam bentuk visualnya kepada para pembaca.

    Mulanya kami diajak ke fasilitas press shop. Proses pembuatan ini juga disebut sebagai stamping, di mana berbagai macam panel dibuat menggunakan alat cetak yang dinamakan dies yang mengubah lembaran besi menjadi bentuk jadi.

    Kemudian kami diajak ke fasilitas body shop. Lembaran besi pada tahap awal akan dipotong ke berbagai bentuk, proses ini disebut blanking.

    Lembaran yang telah jadi kemudian akan dibawa ke tahap selanjutnya, yaitu stamping. Di proses ini, lembaran yang telah melewati tahap blanking akan melewati beberapa alat cetak atau Dies:

    Drawing: membentuk lembaran blank sehingga terbentuk profil yang spesifik.Trimming: memotong material yang berlebih dari proses drawing.Piercing: melubangi panel yang akan digunakan untuk merakit beberapa bagian.Flanging: penekukan dan pembentukan akhir pada panel untuk membuat titik welding saat perakitan.

    Di area ini, bodi mobil dibuat dengan ukuran yang presisi serta identik, untuk kemudian disatukan menjadi bodi mobil utuh yang terdiri dari sub-assembly seperti floor atau lantai mobil, bodi side atau struktur kiri dan kanan, serta roof atau atap mobil. Berikut adalah tahap penyatuan panel yang diterapkan di area body shop:

    Merakit Sub-Floor (bagian depan, tengah, dan belakang), Sub-Side (quarter inner atau area seperempat bagian belakang mobil, dan struktur penguat bodi samping).Floor bagian depan, tengah, dan belakang dirakit di line ini, komponen ini penting untuk nantinya dapat dipasangkan mesin, transmisi, suspensi, dan tempat duduk.Side Panel, yaitu di mana struktur samping bagian dalam dan panel luar dirakit di line ini. Struktur samping ini nantinya akan dipasangkan pintu depan, pintu belakang, hingga interior trim.Main Body, pada line ini, dilakukan proses perakitan floor, side, cowl, dan roof, sehingga terbentuklah struktur bodi yang lengkap.Moving Line, yaitu tahap untuk merakit pintu depan/belakang, hood (kap mesin), dan tailgate (pintu bagasi).Body Complete & Inspection Line, tahap di mana struktur bodi yang telah terbentuk diperiksa secara menyeluruh sebelum dapat dikirim ke area selanjutnya, yaitu paint shop.

    Di fasilitas body shop ini teknologi yang digunakan sudah sangat canggih karena melibatkan sekitar 409 robot untuk membantu proses perakitan mobil dari lempengan-lempengan besi, hingga menjadi satu bentuk utuh.

    Menariknya fasilitas itu sudah dilengkapi dengan air conditioner sehingga menunjang kenyamanan para pekerja.

    Diketahui, pabrik Hyundai itu baru beroperasi awal tahun 2022. Sementara kapasitas produksinya diklaim mencapai 150 ribu unit per tahun dan bisa ditingkatkan hingga 250.000 unit.

    Selanjutnya mampir ke area assembly shop serta komponen yang dipasang. Terdiri atas beberapa bagian:

    Trim Line, yaitu pemasangan area cockpit dan headlining. Tenaga ahli di tahap ini diberi perlengkapan kursi wearable yang akan memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada tenaga ahli untuk bekerja pada posisi duduk tanpa menggunakan kursi.Chassis Line, yaitu area pemasangan mesin, transmisi, dan suspensi. Area ini berdekatan atau terhubung dengan area perakitan mesin atau Engine Shop. Lini ini akan difungsikan menjadi area perakitan modul baterai saat jadwal produksi kendaraan listrik.Final Line, yaitu lini pemasangan bumper depan, kaca, kursi, serta kabel & selang yang terhubung dengan ruang mesin. Tenaga ahli yang bekerja di lini ini juga dilengkapi dengan setelan wearable untuk efisiensi, efektivitas, dan kenyamanan dalam proses perakitan.Ok Line, yaitu lini untuk pengisian bahan bakar & oli; penyesuaian gap atau celah antar komponen & flush atau ketidakrataan; pengkodean kunci mobil; serta inspeksi kualitas.Ok Line pabrik Hyundai di Delta Mas, Cikarang Foto: Ridwan Arifin

    Selanjutnya, kendaraan yang telah selesai dirakit akan melalui proses pengujian atau quality control untuk mendiagnosa kelistrikan, kemudi, hingga tes kebocoran.

    Terhitung sejak 1 Januari 2023, HMMI telah 100 persen menggunakan listrik dari energi terbarukan yang sudah tersertifikasi oleh Renewable Energy Certificate (REC) dari PLN, sehingga setiap kendaraan diproduksi dengan energi listrik ramah lingkungan.

    Selain itu, melalui integrasi green technology dan konsep intelligent manufacturing, HMMI juga memastikan setiap kendaraan yang diproduksi telah memenuhi standar global Hyundai dalam kualitas dan keamanan untuk diekspor ke berbagai negara.

    (Halaman selanjutnya: tenaga kerja wanita masih dibutuhkan)

  • Rugikan Negara Rp 323 Miliar Gara-Gara Mangkrak, Polri Naikkan Status Kasus Korupsi PLTU Kalbar – Page 3

    Rugikan Negara Rp 323 Miliar Gara-Gara Mangkrak, Polri Naikkan Status Kasus Korupsi PLTU Kalbar – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Polisi saat ini sedang menyelidiki dugaan korupsi pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) 1 di Kalimantan Barat (PLTU Kalbar-1) tahun anggaran 2008-2018. Kasus tersebut kini telah naik ke tahap penydikan. 

    Kasus yang telah diselidiki sejak 23 Februari 2024 itu setelah dilakukan gelar perkara, polisi menemukan adanya dugaan tindak pidana korupsi.

    “Berdasarkan fakta hukum yang peroleh dari hasil kegiatan penyelidikan perkara a quo. Pada hari selasa tanggal 5 November 2024, penyidik Dittipidkor Bareskrim Polri telah melakukan gelar perkara dan seluruh peserta gelar telah sepakat terhadap perkara a quo untuk ditingkatkan statusnya dari penyelidikan kepada penyidikan,” kata Wadirtipidkor Bareskrim Mabes Polri, Kombes Pol Arief Adiharsa dalam keterangannya, Kamis, (7/11/2024).

    Dugaan korupsi itu terjadi pada PLTU 1 Kalbar 2X50 Mega Watt di Kecamatan Jungkat, Kalimantan Barat yang telah dilakukan lelang pada tahun 2018. Dalam proses lelang, pihak KSO BRN menjadi pihak pemenang tender untuk pembagunan proyek tersebut yang juga telah ditandatangani oleh Dirut PLN.

    Namun kenyataanya, KSO BRN selaku pemenang lelang tidak memenuhi persyaratan sebagaiman dalam tahap prakualifikasi dan evaluasi penawaran.

    Salah satu pelanggaran yang diketahui adalah KSO BRN tidak memiliki pengalaman dalam pembagunan PLTU 25 Mega Watt, alhasil melakukan subkon. Diketahui, nilai pagu anggaran dalam proyek tersebut mencapai 80 juta USD dan Rp 507 miliar, dengan total Rp 1,2 triliun.

    Setelah adanya kontrak kerjasama yang ditandatangani oleh RR selaku Dirut PT BRN mewakili konsorsium dengan FM yang merupakan Dirut PT PLN.

  • PIK 2 Jadi Wisata Hits, 5 Aktivitas Wisata Bikin Ekonomi Lokal Naik!

    PIK 2 Jadi Wisata Hits, 5 Aktivitas Wisata Bikin Ekonomi Lokal Naik!

    Jakarta: PIK 2 sekarang jadi salah satu tempat wisata yang hits banget di Jakarta. Nggak cuma menarik perhatian warga lokal, tapi juga para pengunjung dari luar kota.
     
    Tempatnya asyik dan banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan disana. Mulai dari wisata kuliner yang menggugah selera sampai hiburan tepi laut yang bikin betah.
     
    Melansir laman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, ada lima aktivitas favorit yang bisa kamu coba di sini, dan semua aktivitas ini tidak hanya menawarkan pengalaman yang berkesan bagi pengunjung, tapi juga ngebantu ekonomi lokal.

    Bermain di Aloha PIK
    Aloha PIK punya beragam fasilitas hiburan yang pastinya bikin betah! Di sini, kamu bisa menemukan playground yang asyik untuk anak-anak, pantai berpasir putih yang Instagramable, serta area kuliner dengan banyak pilihan makanan lezat.
    Menariknya, tempat ini mengusung tema dekorasi ala Hawaii, jadi suasananya terasa eksotis. Selain itu, banyak wahana seru yang disukai anak-anak, membuat Aloha jadi salah satu destinasi favorit. Tempat ini buka setiap hari dari pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB, dan kamu nggak perlu membayar tiket masuk.
    Bersantai di pantai pasir putih PIK 2
    PIK 2 dikenal dengan pesona pantai berpasir putih yang bersih dan menawan. Lokasinya di Jalan Pantai Indah Kapuk, Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, dekat dengan berbagai destinasi menarik lainnya di kawasan ini. Di sini, kamu bisa leyeh-leyeh menikmati luasnya pasir putih sambil menikmati pemandangan gedung-gedung megah yang mengelilingi. Selain bersantai, kamu juga bisa bersepeda atau menghabiskan waktu menikmati makanan lezat bersama keluarga.
     

    Wisata kuliner ala Chinatown di Pantjoran PIK
    Kalau kamu pecinta kuliner, Pantjoran PIK adalah tempat yang wajib dikunjungi! Di sini, ada puluhan tenant makanan, baik halal maupun non-halal. Selain mencicipi hidangan lezat, kawasan ini juga jadi spot foto estetik dengan dekorasi khas Tionghoa. Ornamen dan bangunan berwarna merah membuat suasana di Pantjoran terasa seperti di Tiongkok. Jangan lewatkan pagoda tertinggi di Jakarta yang jadi ikon kawasan ini! Pantjoran PIK terletak di Pantjoran PIK 2, Kec. Penjaringan, Jakarta Utara.

    Bermain skuter di Pantai San Antonio
    Pantai San Antonio memiliki jalur panjang yang asyik untuk bermain skuter dan jalan-jalan. Di sepanjang jalur ini, kamu bisa menemukan tempat penyewaan skuter, sepeda, dan mobil-mobilan listrik yang cocok untuk semua usia. Kawasan ini menawarkan ruang terbuka dengan pemandangan laut yang indah, serta dilengkapi kafe, restoran, dan toko yang bisa kamu kunjungi.

    Cove at Batavia PIK
    Cove at Batavia adalah tempat nongkrong yang super hits di kalangan anak muda berkat desainnya yang modern. Suasananya mirip dengan Los Angeles, Amerika Serikat, sehingga banyak spot foto Instagramable yang bikin pengunjung betah. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai pilihan makanan dan minuman, mulai dari pizza, burger, gelato, hingga seafood. Untuk mendapatkan pemandangan terbaik, datanglah ke Cove at Batavia saat sore hari, karena lokasinya langsung menghadap laut.
     
    PIK 2 memang layak menjadi destinasi wisata unggulan di Jakarta dengan beragam aktivitas menarik. Mulai dari Aloha PIK yang penuh keseruan, pantai pasir putih yang memikat, kuliner lezat di Chinatown, hingga bermain di Pantai San Antonio dan bersantai di Cove at Batavia, semuanya menawarkan pengalaman yang tak terlupakan. Mengunjungi PIK 2 bukan hanya menyenangkan, tetapi juga berkontribusi pada perkembangan ekonomi lokal. (Nanda Sabrina Khumairoh)
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)