Topik: Listrik

  • Baru Dua Minggu, Hyundai Santa Fe Sudah Dipesan Segini

    Baru Dua Minggu, Hyundai Santa Fe Sudah Dipesan Segini

    Jakarta

    Hyundai Santa Fe belum genap satu bulan rilis di Indonesia. Penerimaan SUV bongsor ini terbilang positif.

    Chief Marketing Officer PT Hyundai Motors Indonesia Budi Nur Mukmin mengatakan Santa Fe terbaru itu menjadi opsi untuk para penggemar SUV dengan desain yang tidak banyak diadopsi pabrikan lain.

    “Tiga digit gede, bookingan (Santa Fe) sudah masuk. Ini sesuatu yang menjadi bukti, konsumen kita sebenarnya penyegaran opsi di market biasanya spesifik pada model tertentu. Ini baru dua minggu (sejak Santa Fe diluncurkan), hopefully satu dua bulan ke depan peminatnya bertambah banyak,” kata Budi di Cikarang, Jawa Barat, belum lama ini.

    “Ya, sudah di atas 500 unit,” tambahnya lagi.

    Santa Fe Hybrid hadir untuk berkompetisi dengan SUV hybrid Jepang, dan di kelasnya ada pesaing terberat Honda CR-V e:HEV.

    Santa Fe diketahui sudah diproduksi lokal di pabrik Hyundai Motor Manufacturing Indonesia. Namun untuk baterai mobil hybrid masih diimpor dari Korea Selatan.

    Hyundai Santa Fe varian Calligraphy mesin turbo hybrid menjadi model yang paling banyak dipesan. Sebab mayoritas orang Indonesia cenderung memilih membeli mobil dengan trim tertinggi.

    Secara umum, All New Hyundai Santa Fe tersedia dalam dua opsi mesin. Pertama, ada mesin bensin 2.497 cc bersilinder empat dengan muntahan tenaga 194 PS dan torsi 246 kgm. Sementara transmisinya otomatis delapan-percepatan.

    Kedua, ada mesin turbo hybrid berkapasitas 1.598 cc bersilinder empat yang jika dikombinasikan dengan motor listrik mampu menghasilkan tenaga 235 PS. Sedangkan transimisinya otomatis enam-percepatan.

    Hyundai Santa Fe sudah punya fitur konektivitas BlueLink yang memberikan banyak kemudahan untuk pengemudinya. Kendaraan tersebut juga punya teknologi Hyundai Smartsense dengan paket fitur seperti blind-spot collision-avoidance assist (BCA), lane following assist (LFA), parking collision-avoidance assist (PCA), smart cruise control, forward collision-avoidance assist with JT.

    Selain itu, fitur standar masih disematkan, mulai dari rear lower-tray, UV-C sterilization multi-tray, dual wireless charger, bilateral multi console, parking distance warning dan masih banyak lagi.

    (riar/rgr)

  • Alasan Sebenarnya Elon Musk Dukung Donald Trump Mati-matian Terungkap

    Alasan Sebenarnya Elon Musk Dukung Donald Trump Mati-matian Terungkap

    Jakarta, CNBC Indonesia – Elon Musk menjadi sorotan setelah Donald Trump memenangkan Pemilu AS. Orang terkaya di dunia tersebut terang-terangan mendukung Trump, bahkan sampai menggelontorkan uang lebih dari US$100 juta melalui komite politik America PAC yang ia bentuk untuk memenangkan kandidat dari Partai Republik.

    Beberapa politikus Republik memberikan kredit ke Musk atas kemenangan Trump melawan Kamala Harris dari Partai Demokrat. Trump sendiri memuja-muji Musk dalam pidato kemenangannya. Ia menyebut Musk sebagai “bintang baru” yang harus dijaga sebagai aset negara.

    Dikutip dari Inc, Jumat (8/11/2024), Musk sudah meminta imbalan dari Trump untuk kepentingan bisnisnya yang bergerak di berbagai sektor, mulai dari mobil listrik dan robot (Tesla), roket dan satelit (SpaceX), hingga media sosial (X).

    Permintaan khusus itu dilayangkan sebelum Trump dinyatakan menang dalam Pemilu AS, menurut laporan New York Times.

    “Musk meminta Trump merekrut beberapa karyawan SpaceX untuk posisi krusial di pemerintahan, termasuk di Departemen Kehakiman AS (DOJ), jika menang Pemilu AS,” tertera dalam laporan tersebut.

    Sebagai informasi, SpaceX memiliki kepentingan besar dengan pemerintah AS terkait kontrak untuk peluncuran roket satelit di luar angkasa dan lisensi menggelar internet berbasis satelit Starlink di area pinggiran AS.

    Namun, belakangan beberapa kontrak SpaceX dengan pemerintah yang bernilai miliaran dolar AS terancam.

    Salah satunya kontrak senilai US$4,4 miliar di bawah misi NASA ke Bulan yang disebut menghabis-habiskan anggaran. Selain itu, ada juga kontroversi permintaan subsidi hampir US$900 juta yang ditolak oleh Komisi Komunikasi Federal (FCC) untuk menyediakan akses internet satelit ke komunitas pedesaan AS.

    Menempatkan dua karyawan top SpaceX pada posisi strategis di DOJ diharapkan dapat memuluskan kepentingan Musk terhadap kontrak dan pendanaan dari pemerintah.

    Selain SpaceX, Tesla juga menerima keuntungan miliaran dolar AS setiap tahun dari kredit karbon dan keringanan pajak pembeli mobil listrik. Untuk menjaga hal ini, atau bahkan mungkin memperluas manfaatnya, Musk ingin menempatkan orang-orang dekatnya di pemerintahan Trump.

    “Memiliki teman baik di Gedung Putih akan jadi hal yang sangat menguntungkan Tesla dan SpaceX,” kata Scott Amey, General Counsel di pengawas kontrak federal Project on Government Oversight, kepada New York Times.

    “Kita patut khawatir dengan keputusan-keputusan yang tidak menguntungkan pembayar pajak, ketika ada hubungan dekat antara pemerintah dan pebisnis,” ia menuturkan.

    Pertanyaannya, apakah Trump bersedia membayar utang budi ke Musk sebesar itu? Melihat rekam jejaknya, sepertinya bukan hal yang tak mungkin.

    Sejak kalah pada Pemilu 2020, Trump beberapa kali menyerang kebijakan pemerintahan Biden terkait pendanaan dan promosi teknologi energi hijau.

    Sebagai bagian dari itu, Trump berjanji akan memangkas keringanan pajak US$7.500 untuk pembeli mobil listrik, yang tentunya menjadi mimpi buruk bagi Tesla. Namun, ketika Musk mendeklarasikan dukungan penuhnya bahkan lewat cara propaganda di media sosial X, Trump tampak melunak.

    “Saya mendukung mobil listrik,” kata Trump pada Agustus lalu, sebulan setelah Musk menyatakan dukungannya.

    “Saya harus [mendukung mobil listrik] karena Elon mendukung saya sepenuhnya,” ia menuturkan.

    Pada bulan lalu dalam kampanye Trump di Madison Square Garden, Musk juga menegaskan kembali kebersediaannya untuk mengepalai ‘Departemen Efisiensi Pemerintah’ yang direncanakan Trump.

    Organisasi itu memiliki misi untuk mengidentifikasi dan memangkas pengeluaran di lembaga pemerintah.

    Musk mengatakan rencananya saat mengepalai organisasi itu. Ia ingin memangkas setidaknya US$2 triliun dari total anggaran fiskal 2024 sebesar US$6,75 triliun.

    Beberapa pakar mengatakan intensi sebenarnya Musk untuk mendapat posisi itu adalah memeras dan mereduksi kekuasaan lembaga-lembaga federal.

    Namun, jika nantinya bukan Musk yang mendapatkan posisi di pemerintahan, melainkan ‘orang dekatnya’, maka sosok miliarder itu tak perlu pusing bertentangan dengan banyak pihak. Namun, ia bisa tetap meraup keuntungan untuk bisnisnya.

    (fab/fab)

  • Kementerian Lingkungan Hidup Bakal Tindak TPA Ilegal dan Pembakaran Sampah Terbuka di Jabodetabek

    Kementerian Lingkungan Hidup Bakal Tindak TPA Ilegal dan Pembakaran Sampah Terbuka di Jabodetabek

    Jakarta, Beritasatu.com – Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) fokus pada penanganan tempat pembuangan akhir (TPA) ilegal di Jakarta dan sekitarnya, terutama terhadap praktik pembakaran sampah terbuka atau open burning yang berkontribusi pada polusi udara.

    Dirjen Penegakan Hukum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Rasio Ridho Sani menjelaskan setelah KLH dan Kemenhut dipisah, fokus penegakan hukum terhadap TPA ilegal kini ada di wilayah Jabodetabek, mengingat kondisi kualitas udara di Jakarta yang masih buruk.

    “Saat ini kami sedang melakukan penanganan di wilayah Jakarta. Dua alasan utama mengapa kami fokus di Jabodetabek adalah karena kualitas udara yang belum membaik dan praktik open burning yang memperburuk polusi udara di wilayah tersebut,” kata Rasio dilansir Antara, Jumat (8/11/2024).

    Selain open burning, faktor lainnya yang memengaruhi kualitas udara di Jabodetabek adalah penggunaan batu bara pada pembangkit listrik tenaga uap (PLTU), industri peleburan baja, industri yang menggunakan boiler, dan pengelolaan sampah yang tidak sesuai standar lingkungan.

    “Pembakaran sampah plastik secara terbuka berbahaya, tidak hanya mencemari udara tetapi juga berisiko melepaskan mikroplastik ke lingkungan. Mikroplastik tersebut bisa masuk ke dalam tubuh manusia melalui udara dan berdampak pada kesehatan,” pungkas Rasio..

  • OPINI: Bisakah Indonesia Menangkap Peluang Data Center? – Page 3

    OPINI: Bisakah Indonesia Menangkap Peluang Data Center? – Page 3

    Kemampuan visibilitas real time saat ini, terkait dengan konsumsi listrik untuk lingkungan hybrid multicloud, telah meningkatkan pemahaman mengenai penggunaan energi.

    Sistem monitoring tingkat lanjut ini memungkinkan penyesuaian dan optimasi yang presisi, sehingga memastikan bahwa setiap watt listrik digunakan secara efektif.

    Infrastruktur yang hyperconverged bisa membantu perusahaan-perusahaan untuk memodernisasi data center mereka agar berjalan dengan lebih efisien, mengonsolidasikan komputasi, penyimpanan, dan jaringan ke dalam satu sistem yang diatur oleh software (software-defined).

    Konsolidasi ini tidak hanya menyederhanakan pengelolaan, tapi juga mengurangi konsumsi energi dan ruang fisik secara signifikan. Besarnya efisiensi energi ini sangat penting karena fasilitas data center hyperscale harus beroperasi tanpa henti (24/7).

    Dengan data center yang sukses mencapai efisiensi energi, Indonesia akan meraih keunggulan kompetitif dalam menarik enterprise AI dan startup global yang tengah mencari opsi-opsi yang kompetitif secara finansial.

    Keunggulan ini lebih dari sekadar kemampuan teknologi; hal ini akan menempatkan Jakarta sebagai value city yang bisa mendorong pertumbuhan baru bersamaan dengan inovasi teknologi tinggi.

    Saat ini, sejumlah data center di Indonesia memiliki Renewable Energy Certificates untuk menyoroti komitmen mereka dalam mendapatkan energi terbarukan dari perusahaan listrik negara, PLN. Ini adalah satu langkah menuju arah yang tepat.

    Jalan ke depan membutuhkan upaya terpadu dari semua sektor. Inovasi yang berkelanjutan, kebijakan yang progresif, dan investasi yang kuat sangat penting guna menjaga momentum dan mewujudkan semua target-target ambisius tersebut.

    Kemitraan antara para pemimpin industri, lembaga penelitian, dan badan pemerintahan akan menjadi kunci dalam mendorong inovasi teknologi data center yang berkelanjutan.

     

  • Jokowi akan Dapat Uang Pensiun sebagai Presiden Rp 30,2 Juta per Bulan Seumur Hidup

    Jokowi akan Dapat Uang Pensiun sebagai Presiden Rp 30,2 Juta per Bulan Seumur Hidup

    GELORA.CO – PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) atau TASPEN secara resmi telah menyerahkan manfaat program pensiun dan Tabungan Hari Tua (THT) kepada Presiden RI ke-7 Joko Widodo di Kota Surakarta, Jawa Tengah.

    Hal ini ditandai dengan penyerahan oleh Direktur Operasional TASPEN, Ariyandi, bersama Direktur Keuangan TASPEN, Rena Latsmi Puri, serta Direktur Compliance & Control Bank Mandiri Taspen Resi Lora sebagai bentuk penghargaan atas pengabdian beliau kepada negara, pada Rabu (6/11) kemarin.

     

    TASPEN memastikan, besaran manfaat Program Pensiun dan Tabungan Hari Tua (THT) tersebut di atur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 1981 dan Undang Undang Nomor 7 Tahun 1978.

     

    “TASPEN membayarkan manfaat Program Pensiun Presiden RI ke-7 mulai 1 November 2024, yang akan disalurkan setiap bulan pada tanggal yang sama melalui rekening Bank Mandiri TASPEN,” kata Ariyandi dalam keterangan resmi, Jumat (8/11).

     

    Lantas, berapa besaran uang pensiun yang diterima Jokowi?

     

    Mengutip Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1978 tentang Hak Keuangan/Administratif Presiden dan Wakil Presiden serta Bekas Presiden dan Wakil Presiden, dalam pasal 2 disebutkan bahwa Gaji Pokok Presiden adalah 6 kali gaji pokok tertinggi pejabat negara Republik Indonesia selain Presiden dan Wakil Presiden.

     

    Sedangkan untuk hak pensiunnya, sebagaimana tertuang dalam Pasal 6 ayat 2 disebutkan bahwa besarnya pensiun pokok Presiden dan Wakil Presiden yang berhenti dengan hormat dari jabatannya berhak memperoleh pensiun sebesar 100 persen dari gaji pokok terakhir.

     

    Melansir Peraturan Pemerintah Nomor 75 tahun 2020, ditetapkan bahwa gaji pejabat negara seperti Ketua MPR, DPR, DPA, BPK, dan MA sebesar Rp5.040.000 per bulan. Jika mengacu gaji pokok tersebut, itu artinya gaji pokok Jokowi setiap bulannya saat menjabat sebagai Presiden mencapai Rp30.240.000 per bulan.

     

    Dengan begitu, besaran uang pensiun atau manfaat pensiun yang diterima Jokowi yang ditetapkan 100 persen dari gaji pokok terakhir, yakni sebesar Rp30.240.000 per bulan.

     

    Nilai tersebut, belum termasuk dengan tunjangan-tunjangan sesuai dengan peraturan perundang-undangan mengenai pensiun yang berlaku bagi Pegawai Negeri. Lalu, biaya rumah tangga yang berkenaan dengan pemakaian air, listrik, dan telepon. Serta seluruh biaya perawatan kesehatan serta keluarganya.

     

    Selain itu, kepada bekas Presiden dan Wakil Presiden yang diberhentikan dengan hormat dari jabatannya juga diberikan sebuah rumah kediaman yang layak dengan perlengkapannya. Serta disediakan sebuah kendaraan milik Negara dengan pengemudinya. 

  • Lebih dari 10.000 Unit Mobil Listrik BYD Terjual di Indonesia

    Lebih dari 10.000 Unit Mobil Listrik BYD Terjual di Indonesia

    Jakarta

    Penjualan mobil listrik BYD di Indonesia mencatatkan angka yang positif. Memulai perniagaan di Tanah Air sejak Januari 2024, BYD mengklaim telah berhasil menjual sekitar 10.000 unit mobil listrik di Indonesia. BYD memiliki empat model mobil listrik yang jadi andalan, yakni Seal, Atto 3, Dolphin, dan yang terbaru M6.

    “Selama empat bulan berturut-turut, kami menjadi EV key player di Indonesia, dan per November kami kalkulasikan penjualan BYD telah lebih dari 10.000 unit di Indonesia,” ungkap Head of Public Relations and Government Relations PT BYD Motor Indonesia, Luther Pandjaitan, di Jakarta, Kamis (7/11/2024).

    BYD M6 Superior Foto: Ryan Priatna

    Sementara itu, jika mengutip data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, hingga bulan September 2024, BYD telah memasarkan sebanyak 8.536 kendaraan listrik. Data tersebut merupakan data penjualan wholesales atau distribusi dari pabrik ke dealer-dealer.

    Adapun rincian penjualan wholesales BYD Januari-September 2024, model Seal Premium Extended Range terjual 2.164 unit, Seal Performance 1.567 unit. Kemudian model Atto 3 Advanced Standard Range laku 59 unit dan Atto 3 Superior Extended Range terjual 2.698 unit.

    Lanjut ke model berikutnya, Dolphin Dynamic Standard Range laku 119 unit, Dolphin Premium Standard Range 741 unit. Sementara itu MPV listrik terbaru mereka, M6, dibeli sebanyak 768 unit untuk varian Superior Captain, 298 unit untuk varian M6 Superior, dan 122 unit untuk versi M6 Standard.

    Menyusul pertumbuhan penjualan yang signifikan di tahun pertama, BYD akan terus mengembangkan jaringan dealer-nya. Saat ini BYD sudah memiliki 30 outlet di 16 kota di Indonesia. BYD memiliki target membangun 50 jaringan dealer hingga akhir tahun 2024.

    BYD juga menjadi salah satu peserta yang hadir di pameran otomotif akhir tahun, Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) di ICE-BSD City, Tangerang, yang diselenggarakan pada 22 November hingga 1 Desember.

    (lua/dry)

  • VinFast Dorong Akses Kendaraan Listrik Terjangkau bagi Konsumen Indonesia

    VinFast Dorong Akses Kendaraan Listrik Terjangkau bagi Konsumen Indonesia

    Jakarta

    VinFast, produsen otomotif dari Vietnam, tengah mengguncang pasar global dengan berbagai inovasi di industri kendaraan listrik. Dengan ambisi besar dan visi yang kuat untuk masa depan mobilitas berkelanjutan, VinFast telah menempatkan dirinya sebagai pemain penting dalam transisi menuju kendaraan ramah lingkungan. Kehadiran VinFast di Indonesia, sebuah negara yang semakin gencar mendukung penggunaan kendaraan listrik, memberikan alternatif yang menarik bagi konsumen lokal yang mencari pilihan kendaraan listrik ekonomis, efisien, dan berkelanjutan.

    Ekspansi Global VinFast dan Dampaknya bagi Indonesia

    VinFast tidak hanya fokus pada pasar domestik Vietnam; perusahaan ini telah mengambil langkah berani untuk bersaing di pasar internasional. Dengan memasuki pasar-pasar baru seperti Indonesia, VinFast memberikan dorongan tambahan bagi ekosistem kendaraan listrik di negara yang populasinya sangat besar.

    Di Indonesia, pemerintah telah memperlihatkan komitmennya terhadap kendaraan ramah lingkungan melalui berbagai kebijakan, subsidi, dan peningkatan infrastruktur pengisian daya listrik di kota-kota besar. Kehadiran VinFast yang membawa produk inovatif dan terjangkau ini mendukung agenda besar Indonesia dalam mencapai netralitas karbon dan meminimalkan emisi gas rumah kaca.

    VinFast dan Komitmen terhadap Lingkungan

    Di tengah meningkatnya kesadaran global akan pentingnya menjaga lingkungan, VinFast tidak hanya menjual produk, tetapi juga membawa misi besar untuk mengurangi dampak lingkungan. Komitmen ini diwujudkan melalui berbagai inovasi yang berfokus pada efisiensi produksi dan penggunaan material ramah lingkungan.

    VinFast secara aktif meminimalisir jejak karbon dalam setiap tahap produksi mobil mereka, termasuk penggunaan bahan daur ulang dan penerapan teknologi produksi yang lebih efisien. Langkah ini sejalan dengan visi global untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan masa depan yang lebih sehat bagi generasi mendatang.

    Pilihan Kendaraan Listrik yang Terjangkau dan Canggih

    VinFast memahami bahwa salah satu kendala utama dalam adopsi kendaraan listrik di banyak negara, termasuk Indonesia, adalah harga yang masih relatif tinggi. Oleh karena itu, VinFast merancang model kendaraan listrik yang terjangkau namun tetap menawarkan fitur-fitur unggulan.

    Dengan desain modern, performa tangguh, serta teknologi terkini yang disematkan, kendaraan listrik VinFast menjadi pilihan menarik bagi konsumen yang mendambakan mobil listrik dengan harga kompetitif tanpa harus mengorbankan kualitas. Pilihan ini memperluas aksesibilitas mobil listrik bagi berbagai kalangan masyarakat Indonesia.

    Menuju Masa Depan yang Ramah Lingkungan

    VinFast tidak hanya melihat kendaraan listrik sebagai tren sesaat, tetapi sebagai langkah nyata menuju masa depan yang lebih hijau. Dengan pendekatan bisnis yang inovatif dan fokus pada keberlanjutan, VinFast berkomitmen menjadi agen perubahan dalam industri otomotif global.

    Bagi VinFast, setiap produk yang mereka hasilkan adalah bagian dari langkah besar menuju dunia yang lebih ramah lingkungan. Komitmen terhadap masa depan ini diharapkan mampu menginspirasi pemain industri lainnya untuk juga memberikan perhatian lebih pada aspek keberlanjutan.

    Peran VinFast dalam Mendorong Revolusi Kendaraan Listrik di Indonesia

    Sebagai pionir kendaraan listrik yang menghadirkan berbagai inovasi, VinFast berperan penting dalam mendorong perubahan di sektor otomotif Indonesia. Dengan menawarkan kendaraan yang terjangkau dan ramah lingkungan, VinFast memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat yang ingin beralih ke mobil listrik namun terhalang oleh keterbatasan biaya dan infrastruktur. Revolusi ini bukan hanya tentang teknologi, tetapi tentang kesadaran kolektif akan pentingnya menjaga bumi yang kita tinggali.

    Di masa depan, VinFast berencana untuk terus berinovasi dan memperkuat posisinya sebagai pelopor kendaraan listrik. Inovasi yang mereka tawarkan tidak hanya menciptakan pilihan baru bagi konsumen, tetapi juga mengajak kita semua untuk berpartisipasi dalam menciptakan perubahan menuju dunia yang lebih bersih dan lebih berkelanjutan.

    (anl/ega)

  • Spesifikasi Maxus Mifa 7, Rival Toyota Voxy-Nissan Serena di Indonesia

    Spesifikasi Maxus Mifa 7, Rival Toyota Voxy-Nissan Serena di Indonesia

    Jakarta

    Produsen roda empat asal China, Maxus untuk kali pertama menampilkan Maxus Mifa 7 di Indonesia. Kendaraan listrik tersebut akan menantang nama-nama tenar seperti Toyota Voxy, Nissan Serena dan Honda Step WGN yang meluncur sebentar lagi.

    Yudhy Tan selaku Chief Operating Officer (COO) Maxus Indonesia menegaskan, Mifa 7 secara resmi akan meluncur di pameran Gaikindo Jakarta Auto Week atau GJAW 2024. Pengumuman harga juga akan disampaikan di acara tahunan tersebut.

    “Mobil ini sudah bisa dipesan di GJAW 2024. Pengumuman harga juga nanti (disampaikan) di sana,” ujar Yudhy Tan saat ditemui di Menteng, Jakarta Selatan, Kamis (7/11).

    Maxus Mifa 7. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Sebagai permulaan, Maxus Indonesia akan mengimpor utuh Mifa 7 dari China. Namun, dalam waktu dekat, mereka akan merakitnya secara lokal di pabrik Purwakarta, Jawa Barat.

    Lantas, apa yang membuat Maxus Mifa 7 spesial? Benarkah kendaraan listrik tersebut mampu meladeni pertarungan menghadapi nama-nama beken yang telah meluncur lebih dulu? Biar kenal lebih dekat, berikut kami rangkum spesifikasinya.

    Spesifikasi Maxus Mifa 7

    Secara tampilan, Maxus Mifa 7 mengusung konsep khas MPV premium, yakni berdimensi besar dengan desain mengotak dan minim ornamen. Kendaraan tersebut menggunakan headlamp segaris yang dirancang seperti terhubung. Sementara tulisan ‘Maxus’ terpampang jelas di area kap mesin.

    Di bagian dalam, kesan mewahnya masih sangat terasa. Produsen melapisi dasbor dan jok dengan material khusus yang terlihat elegan. Kursi belakangnya mengadopsi model captain seat yang membuat penumpang merasa nyaman.

    Maxus Mifa 7. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Namun, berbeda dengan Mifa 9 sebagai kakak kandungnya, captain seat di Mifa 7 tak dibekali fitur pijat otomatis. Meski demikian, hal tersebut tak mengurangi kesan mewah di kendaraan.

    Maxus Mifa 7 punya sertifikat keamanan ENCAP bintang lima. Baterainya sama dengan Mifa 9, yakni 90 kwh. Namun, ukurannya yang lebih mungil membuat jarak tempuh kendaraan lebih jauh, yakni 480 km!

    Kendaraan ramah lingkungan tersebut juga dibekali sejumlah fitur standar, seperti panel instrumen yang dibuat terhubung dengan layar hiburan, punya delapan pengeras suara premium, driver assistance, kamera 360 dan masih banyak lagi.

    Selain itu ada fitur keamanan lain seperti airbags depan dan samping, Forward Collision Warning, Autonomous Emergency Braking, Lane Departure Warning, Lane Keeping Assist, Emergency Lane Keeping, Adaptive Cruise Control, Integrated Cruise Assist, Rear Collision Warning, Intelligent High beam Control dan lainnya.

    (sfn/dry)

  • Penjualan Mobil Listrik Melambat, Hyundai Perbanyak Mobil Hybrid di Indonesia

    Penjualan Mobil Listrik Melambat, Hyundai Perbanyak Mobil Hybrid di Indonesia

    Jakarta

    Hyundai akan memperbanyak line up mobil hybrid di Indonesia. Secara global permintaan mobil listrik sekarang tengah melambat.

    Diberitakan detikcom sebelumnya, Hyundai juga menargetkan adanya peningkatan penjualan mobil hybird hingga 40 persen menjadi 1,33 juta unit pada tahun 2028. Langkah itu diambil di tengah melambatnya permintaan akan mobil listrik di seluruh dunia.

    “Belakangan ini, konversi ke kendaraan listrik tengah melambat sementara itu, permintaan akan mobil hybrid meningkat. Mobil hybrid menjadi opsi alternatif ketimbang mesin pembakaran internal,” kata Presiden dan CEO Hyundai Motor Jaehoo Chang dalam Investor Day sebagaimana dilansir Reuters.

    PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) juga mengatakan sejalan dengan langkah prinsipal. Indonesia bakal dibanjiri mobil hybrid dari Hyundai. Sebagai langkah awal langsung memasarkan Hyundai Santa Fe.

    “Kita akan lebih banyak memperkenalkan banyak model di Indonesia,” kata Fransiscus Soerjopranoto selaku Chief Operating Officer (COO) PT HMID

    “Kita akan masuk ke model hybrid, seperti yang sudah disampaikan oleh CEO kita di investor day. Kita akan banyak fokus di mobil hybrid, selain mobil listrik,” jelasnya lagi.

    Hyundai menyebut permintaan mobil listrik mereknya masih diterima pasar Indonesia.

    “Secara persentase-nya mobil listrik tetap, kalau dulu Ioniq 5 hanya 500 jualannya, sekarang Kona tambah Ioniq 5 kira-kira 500, jadi ada kanibalisme, tapi itu tidak apa-apa. Untuk Hyundai tetap jalan, karena market-nya berubah. Kompetisinya berubah,” kata Frans.

    Hyundai berencana menggandakan jajaran produk mobil hybrid menjadi 14 model guna mengantisipasi lonjakan permintaan, khususnya di Amerika Utara. Meski begitu, Hyundai belum membocorkan waktu peluncuran dari deretan mobil hybridnya itu. Lewat cara ini, Hyundai akan sejalan dengan para rival seperti Toyota dan Ford.

    Tapi Hyundai akan mengambil cara yang berbeda dari rival-rivalnya di pasar global. Kabarnya Hyundai akan berekspansi ke segmen hybrid yang relatif baru. Segmen tersebut disebut dengan extended-range electric vehicle (EREV). Segmen hybrid ini tengah digandrungi di China namun belum populer secara global.

    EREV menggunakan baterai besar daripada model plug-in hybrid dan hanya bisa berjalan pada mode electric. Sementara itu mesin bensin berperan sebagai powerbank untuk mengecas saat baterai lemah.

    (riar/din)

  • Kenapa Maxus Nekat Jual MPV Premium yang Pasarnya Kecil di Indonesia?

    Kenapa Maxus Nekat Jual MPV Premium yang Pasarnya Kecil di Indonesia?

    Jakarta

    Produsen mobil asal China, Maxus telah mengenalkan Mifa 9 terbaru di Indonesia, Kamis (7/11). Kendaraan listrik berjenis MPV premium tersebut kabarnya akan dibanderol Rp 1,1 miliar. Kenapa Maxus nekat masuk ke segmen yang peminatnya tak banyak?

    Jika dilihat dari pergerakkannya, Maxus memang mau fokus ke segmen premium. Bahkan, selain Mifa 9, mereka turut menghadirkan Mifa 7 yang mengusung desain bongsor dengan fitur khas kendaraan mewah.

    Padahal, pembagian ‘kue’ di segmen MPV premium sangat kecil. Apalagi kendaraan yang dijual Maxus semuanya bertenaga listrik. Apa alasan mereka yakin menjual Mifa 9 di Indonesia?

    Yudhy Tan selaku Chief Operating Officer (COO) Maxus Indonesia mengatakan, pasar mobil MPV bagaimana pun juga masih tetap menarik di Indonesia. Dia yakin, sebagai MPV premium bertenaga listrik pertama di Tanah Air, produknya bisa diminati konsumen Tanah Air.

    “Sekarang ini di Indonesia market MPV kan selalu utama, kuenya menarik. Kami bisa katakan, ini MPV luxury pertama yang berbasis baterai. Jakarta kan membutuhkan sekali kendaraan MPV listrik yang nyaman biar bisa lewatin ganjil genar. Makanya kami masuk ke segmen ini,” ujar Yudhy saat ditemui di Menteng, Jakarta Selatan.

    Maxus Mifa 9. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Kini, sebagai ‘pemain baru’, Maxus mau fokus mengenalkan brand dan produknya dulu ke masyarakat Indonesia. Mereka belum mau bicara mengenai target atau angka penjualan.

    “Indomobil Group melalui brand Maxus-nya ini kita mau fokus dulu supaya pelanggan bisa nyaman. Pelanggan yang nanti akan menentukan, kalau pelayanan yang kami berikan bagus, ya mereka bisa menjadi aset besar untuk kami,” kata dia.

    Merujuk data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan MPV premium memang terkesan ‘biasa saja’ di Indonesia. Misalnya, Toyota Alphard sebagai market leader terjual 402 unit selama September 2024, kemudian Toyota Vellfire hanya 35 unit dan Hyundai Staria hanya satu unit.

    Maxus Mifa 7 dan 9. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Sebagai catatan, Maxus Mifa 9 yang dijual di Indonesia sementara masih berstatus impor dari China. Namun, dalam waktu dekat, kendaraan mewah tersebut akan dirakit lokal di Purwakarta, Jawa Barat.

    Maxus Mifa 9 punya nilai keamanan ENCAP bintang lima. Kendaraan listrik tersebut menggunakan baterai 90 kwh dengan jarak tempuh 435 km dalam kondisi penuh. Sementara lama pengecasan dari 30 ke 80 persen hanya 30 menit dengan fitur fast charging.

    Teknologi yang tertanam di dalamnya cukup lengkap, misalnya seperti kursi captain seat dengan fitur pijat, pengecasan nirkabel, layar hiburan sentuh berukuran 12,3 inch, pengeras suara buatan JBL, driver assistance, tujuh airbags, kamera 360 dan masih banyak lagi.

    (sfn/sfn)