Topik: Listrik

  • Kasihan, Rakyat Miskin Kongo Terimbas Tambang Kobalt untuk Baterai Mobil

    Kasihan, Rakyat Miskin Kongo Terimbas Tambang Kobalt untuk Baterai Mobil

    Jakarta

    Kobalt merupakan bahan utama pembuatan baterai mobil listrik, kendaraan yang diharapkan dapat membantu mengurangi emisi karbon. Green energy sudah menjadi perhatian banyak negara-negara di dunia untuk mencegah perubahan iklim yang makin menjadi.

    Ironisnya, di balik tujuan mulia pembangunan mobil listrik, sumber daya manusia yang menambang kobalt terkena dampak yang tak main-main. Di Republik Demokratik Kongo, Afrika, perempuan yang tinggal di sekitar tambang kobalt dilaporkan memiliki peningkatan isu terkait reproduksi. Investigasi telah dipublikasikan oleh aktivis hak asasi manusia berbasis di Inggris, Rights & Accountability in Development (Raid) dan NGO Afrewatch.

    Dikatakan bahwa perempuan yang tinggal di area tambang kobalt mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur, infeksi urogenital, mikosis vagina (jamur), bahkan terancam keguguran atau melahirkan bayi dalam kondisi tidak sempurna.

    “Seorang dokter anak, yang telah mencatat data pasien sejak 2016, menjelaskan bahwa angka infeksi genital dan patologi kulit di antara pasien perempuan telah meningkat pesat. Ia yakin hal ini terjadi karena populasi ini merupakan pengguna utama ‘air kotor’, yang membuat mereka sangat rentan terhadap penyakit,” kata laporan tersebut.

    Secara total, 144 orang yang tinggal di 25 komunitas di dekat lima tambang kobalt industri diwawancarai sebagai bagian dari penelitian ini. Lebih dari separuh dari responden (56%), menyampaikan kekhawatiran tentang kesehatan reproduksi mereka sendiri atau anggota keluarga.

    “Saya telah bekerja di DRC selama 25 tahun dan laki-laki sering kali enggan membahas masalah kesehatan wanita. Namun, laki-laki (di sana) juga mengatakan, ‘ada yang salah dengan perempuan kami’,” ujar Anneke Van Woudenberg direktur eksekutif Raid.

    Dikutip dari The Guardian, kaitan antara penambangan kobalt dan lahir cacat telah dikemukakan dalam sebuah studi Lancet dari tahun 2020. Mereka menemukan risiko cacat lahir meningkat pesat ketika orang tua bekerja di tambang tembaga atau kobalt.

    Lebih lanjut, perempuan lebih sering bersentuhan dengan air yang terkontaminasi setiap hari daripada laki-laki, kata Van Woudenberg. Mereka tidak minum air tersebut tetapi mandi di dalamnya, mencuci pakaian, membersihkan rumah, hal-hal yang biasanya dilakukan perempuan.

    “Para ahli medis telah memberi tahu kita bahwa ketika tingkat pH air lebih rendah, masalah kandungan lebih mungkin terjadi,” lanjut Van Woudenberg.

    Raid dan Afrewatch juga meminta unit toksikologi dan lingkungan University of Lubumbashi untuk memeriksa sampel air yang diambil dari Sungai Dipeta, Sungai Katapula, Kalenge dan Dilala-UCK, dan Danau Kando. Ini adalah lima sumber air yang diidentifikasi oleh penduduk setempat bermasalah.

    “Sementara penelitian masih berlangsung, hasil awal dari Maret 2024 menunjukkan bahwa pH air untuk semua sungai dan danau yang dinilai rendah,” jelas Van Woudenberg.

    “Para ilmuwan mengatakan ini adalah tanda yang jelas bahwa badan air tersebut terkena dampak polusi industri yang bersifat asam. Para peneliti ilmiah menilai bahwa, mengingat tingkat keasamannya, sungai-sungai tersebut tidak dapat lagi menampung ikan, dan airnya beracun bagi kesehatan manusia dan hewan,” tegasnya.

    Van Woudenberg mengatakan Raid telah menyampaikan temuannya kepada perusahaan pertambangan. Sebagai tanggapan, perusahaan tersebut menguraikan komitmen mereka untuk mematuhi undang-undang lingkungan dan audit independen, serta menunjukkan jumlah pompa air bersih yang mereka sediakan bagi penduduk setempat.

    “Meskipun hal ini sebagian meringankan kekurangan air bersih yang kronis, penyelidikan kami menemukan bahwa tidak ada perusahaan pertambangan yang menyediakan jumlah titik air minimum yang diwajibkan oleh peraturan DRC. Mereka juga tidak memenuhi pedoman Organisasi Kesehatan Dunia yaitu 20 liter per orang per hari, jumlah minimum yang diwajibkan untuk minum dan kebersihan dasar,” terang laporan itu.

    Temuan lainnya disampaikan oleh Anaïs Tobalagba legal and policy researcher di Raid. Sebanyak 75% orang yang diwawancarai mengatakan bahwa mereka tidak mampu lagi membayar layanan kesehatan.

    “Orang-orang menjadi lebih miskin karena mereka bergantung pada perikanan dan pertanian, tetapi karena airnya sangat tercemar, persediaan ikan berkurang dan tanaman yang ditanam di sepanjang tepian air mulai gagal panen,” tutur Tobalagba.

    (ask/fay)

  • Daftar Harta Kekayaan Elon Musk yang Ditunjuk Donald Trump Jadi Kepala Departemen Efisiensi Pemerintah

    Daftar Harta Kekayaan Elon Musk yang Ditunjuk Donald Trump Jadi Kepala Departemen Efisiensi Pemerintah

    Jakarta, Beritasatu.com – Donald Trump berhasil memenangkan Pemilihan Presiden Amerika Serikat (Pilpres AS) 2024. Tidak lama setelah kemenangannya, Trump mengumumkan penunjukan Elon Musk menjadi kepala departemen efisiensi pemerintah yang baru dibentuk.

    Penunjukan ini tidak hanya mencerminkan pengaruh Elon Musk dalam dunia bisnis dan politik, tetapi juga memberikan gambaran tentang kekayaan yang dimilikinya. Elon Musk, seorang pengusaha dan inovator terkemuka, telah menjadi salah satu orang terkaya di dunia dengan kekayaan yang terus meningkat.

    Menurut estimasi terbaru, kekayaan bersihnya mencapai sekitar US$ 314 miliar atau setara Rp 4,867 triliun per November 2024, menjadikannya sebagai orang terkaya di dunia saat ini.

    Berikut ini daftar harta kekayaan Elon Musk yang dikutip dari berbagai sumber, Kamis (14/11/2024).

    Sumber Utama Kekayaan Elon Musk
    1. Tesla
    Sebagian besar kekayaan Elon Musk berasal dari kepemilikan sahamnya di Tesla, yang merupakan perusahaan mobil listrik terkemuka. Pada November 2024, sekitar 50% dari total kekayaannya berasal dari saham Tesla.

    Kenaikan harga saham Tesla yang signifikan, terutama setelah kemenangan Donald Trump dalam pemilihan presiden, telah berkontribusi besar terhadap lonjakan nilai kekayaannya.

    2. SpaceX
    Elon Musk juga merupakan pendiri dan CEO SpaceX, sebuah perusahaan yang fokus pada eksplorasi luar angkasa. Sekitar 20% dari kekayaannya berasal dari kepemilikan saham di SpaceX. Perusahaan ini telah mencapai berbagai tonggak sejarah dalam peluncuran roket dan pengembangan teknologi luar angkasa.

    3. X Corp (dahulu Twitter)
    Elon  Musk mengakuisisi Twitter pada 2022 seharga US$ 44 miliar setara dengan Rp 682 triliun, yang menambah dimensi baru pada portofolio kekayaannya. Meskipun Twitter mengalami tantangan finansial setelah akuisisi, kepemilikan ini tetap menjadi bagian penting dari asetnya.

    4. The Boring Company
    Perusahaan ini didirikan oleh Elon Musk untuk mengembangkan teknologi terowongan dan transportasi bawah tanah. Meskipun kontribusinya terhadap kekayaan bersihnya tidak sebesar Tesla atau SpaceX, The Boring Company tetap menjadi sumber pendapatan yang signifikan.

    5. Neuralink
    Neuralink adalah perusahaan neuroteknologi yang didirikan oleh Elon Musk untuk mengembangkan antarmuka otak komputer. Meskipun masih dalam tahap pengembangan awal, potensi inovasi di bidang ini dapat memberikan kontribusi lebih lanjut terhadap kekayaannya di masa depan.

    6. xAI
    Didirikan pada 2023, xAI merupakan langkah terbaru Musk dalam dunia teknologi artificial intelligence (AI), dengan visi besar untuk memahami alam semesta melalui inovasi kecerdasan buatan yang saat ini diperkirakan bernilai sekitar US$ 24 miliar setara dengan Rp 372 triliun.

    Real Estat dan Aset Elon Musk Lainnya
    Meskipun Elon Musk pernah memiliki beberapa properti mewah, dia kini tinggal di sebuah rumah kecil senilai US$ 50.000 atau setara dengan Rp 775 juta di Boca Chica, Texas. Ia telah mengumumkan tidak memiliki rumah dan berusaha untuk menjual semua aset fisiknya.

    Kendaraan yang Dimiliki Elon Musk
    Elon Musk juga dikenal memiliki koleksi mobil mewah dan vintage, meskipun daftar lengkapnya tidak selalu dipublikasikan. Beberapa kendaraan yang diketahui, yaitu Tesla Model S, Tesla Roadster, McLaren F1, dan Audi Q7. Elon Musk sering kali menggunakan kendaraan yang berkaitan dengan inovasi teknologi dan keberlanjutan.

    Perkembangan Kekayaan Elon Musk
    Musk mengalami fluktuasi besar dalam kekayaannya sepanjang kariernya. Pada 2020, dia memiliki kekayaan bersih sekitar US$ 27 miliar atau setara dengan Rp 418 triliun, tetapi berkat lonjakan harga saham Tesla selama pandemi Covid-19, kekayaannya melonjak hingga mencapai puncaknya sekitar US$ 340 miliar atau setara dengan Rp 5,270 kuadriliun pada November 2021.

    Namun, dia juga mencatatkan kerugian terbesar dalam sejarah ketika nilai saham Tesla jatuh, mengurangi kekayaannya hingga US$ 200 miliar atau setara dengan Rp 3,100 triliun pada akhir 2022.

    Penunjukan Elon Musk sebagai kepala departemen efisiensi pemerintah menunjukkan kombinasi antara kekuatan bisnis dan politik, serta potensi dampak signifikan terhadap kebijakan pemerintah mendatang. Dengan latar belakangnya yang kuat dalam teknologi dan inovasi, banyak yang menantikan bagaimana Elon Musk akan menerapkan strategi efisiensi dalam pemerintahan.

  • Bukti Tesla Mobil Pembunuh, Ribuan Unit Ditarik dari Pasar

    Bukti Tesla Mobil Pembunuh, Ribuan Unit Ditarik dari Pasar

    Jakarta, CNBC Indonesia – Pada Agustus lalu, Tesla mengumumkan penarikan 9.100 unit mobil listrik (EV) model X di Amerika Serikat (AS) karena ada risiko kecelakaan.

    Baru berselang beberapa bulan, Tesla kembali mengumumkan penarikan 2.400 unit Cybertruck di AS dengan alasan serupa. Ini merupakan penarikan ke-6 untuk unit Cybertruck pada tahun ini.

    Dikutip dari Reuters, Kamis (14/11/2024), ada kesalahan pada bagian inverter pengemudi di Cybertrucks yang diproduksi hingga 30 Juli 2024. Kesalahan itu dapat menyebabkan kendaraan berhenti menghasilkan torsi saat pengemudi menggunkan pedal akselerator.

    Alhasil, mobil bisa kehilangan tenaga penggerak dan meningkatkan risiko kecelakaan. Hal tersebut diungkap Tesla dalam pengajuannya ke Lembaga Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA).

    Tesla akan mengganti inverter pada unit yang ditarik dengan komponen yang berfungsi dengan baik. Produsen mobil milik Elon Musk tersebut mengatakan mereka mengetahui ada lima klaim garansi yang terkait dengan masalah ini tetapi tidak mengetahui adanya kecelakaan atau cedera.

    Mulai sekitar 9 Desember mendatang, Tesla akan mengganti drive inverter yang ditarik kembali dengan komponen baru. Tesla mengatakan telah menggunakan komponen yang diperbarui dalam produksinya sejak 30 Juli.

    Bulan lalu, pembuat kendaraan listrik tersebut mengatakan pihaknya menarik lebih dari 27.000 Cybertruck karena penjepretan kamera belakang yang terlambat, sehingga dapat mengganggu visibilitas pengemudi dan meningkatkan risiko kecelakaan.

    Pada April lalu, Tesla juga Tesla menarik kembali unitnya untuk memperbaiki bantalan pedal akselerator yang longgar. Selanjutnya, pada Juni lalu, penarikan Tesla disebabkan masalah pada wiper kaca depan dan trim eksterior.

    Setelah tertunda selama dua tahun karena kendala produksi dan pasokan baterai, Tesla mulai menghadirkan Cybertruck futuristiknya pada tahun 2023. Perusahaan belum mengungkapkan jumlah produksi atau pengiriman spesifik untuk model tersebut.

    Truk yang terinspirasi dari Blade Runner itu diluncurkan untuk merevitalisasi jajaran produk perusahaan yang menua di tengah melambatnya pertumbuhan permintaan kendaraan listrik yang tengah diawasi ketat investor karena biaya pengembangannya yang signifikan.

    (fab/fab)

  • Insentif Berlanjut, DRMA Incar Peluang Bisnis Kendaraan Listrik di 2025

    Insentif Berlanjut, DRMA Incar Peluang Bisnis Kendaraan Listrik di 2025

    Jakarta: Emiten manufaktur komponen otomotif, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) berkomitmen untuk mempertajam fokus dalam mengincar berbagai peluang bisnis di segmen kendaraan listrik di tahun depan. Ini seiring dengan kondisi bisnis kendaraan listrik di Indonesia yang dinilai masih akan bertambah cerah lagi.
     
    Maklum saja, sebab aturan pemerintah mengenai syarat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) telah menghadirkan peluang besar untuk pertumbuhan bisnis DRMA ke depan. Apalagi Menteri Koordinator Bidang Ekonomi Airlangga Hartarto menegaskan akan tetap melanjutkan beberapa insentif prioritas pada 2025.
     
    Salah satunya adalah insentif Pajak Pertambahan Nilai PPN (PPN) satu persen untuk mobil listrik. Jika direalisasi, usulan tersebut tentunya akan menambah daya dorong untuk pertumbuhan pasar kendaraan listrik di Indonesia di masa mendatang.
    Untuk bisa mendapatkan insentif tersebut, kendaraan listrik tersebut harus diproduksi langsung di Indonesia dengan persentase TKDN minimal 40 persen. Tentu saja, insentif PPN ini akan mendorong peningkatan TKDN pada kendaraan listrik yang beredar di Indonesia. Dan pada saat yang sama, insentif ini juga akan memacu pertumbuhan industri komponen lokal.
     
    “Sejauh ini DRMA telah menunjukkan kemampuannya dalam mengelola sumber daya secara lebih optimal dan efisien, sehingga peningkatan yang dicapai mampu melampaui pertumbuhan industri,” kata President Direktur Dharma Polimetal Irianto Santoso dalam Public Expose DRMA di Jakarta, Kamis, 14 November 2024.
     
    Terkait hal itu pula yang membuat DRMA mengincar peluang bisnis di segmen kendaraan listrik dengan mengembangkan ‘Dharma Connect’, yaitu ekosistem kolaboratif yang mendorong pengembangan kendaraan listrik.
     
    Dalam hal ini, ekosistem kolaboratif Dharma Connect (DC) terbagi dalam lima segmen yaitu DC Battery (battery pack & energy storage system), DC Power (slow & fast charging station), DC Motor (BLDC Hub & Mid Drive Motor), DC Solar, dan DC Cross (2W & 4W EV Conversion).
     

     

    Pede pertahankan kinerja

    Di sisi lain, Irianto optimistis dapat mempertahankan kinerja di kuartal keempat tahun ini. Optimisme tersebut didukung oleh peningkatan efisiensi kerja dengan melakukan improvement secara terus-menerus dalam sistem produksi dimana salah satunya adalah dengan otomatisasi sistem produksi, serta situasi dunia usaha yang mulai bergairah menyambut dimulainya kerja pemerintahan yang baru.
     
    “Pertahankan kinerja yang baik di kuartal keempat tahun ini, sembari menyiapkan diri untuk menyongsong tahun 2025 merupakan langkah bijaksana pilihan kami,” tegas Irianto.
     
    Dalam hal peningkatan efisiensi, anak perusahaan DRMA, PT Dharma Controlcable Indonesia (DCI) baru-baru ini telah meningkatkan lini produksi battery pack menjadi sepenuhnya otomatis.
     
    Melalui investasi yang berfokus pada produksi battery pack untuk sepeda motor listrik (2W EV) dan sistem penyimpanan energi baterai ini, perseroan berharap bisa menggenjot pendapatan dari produksi battery pack seiring dengan semakin kencangnya derap pertumbuhan industri kendaraan listrik di Tanah Air.
     
    Sementara itu, anak perusahaan yang lain, yaitu PT Dharma Precision Parts (DPA) telah membangun pabrik baru yang akan melipatgandakan area produksinya. Pabrik baru ini akan menjadi tempat produksi motor BLDC (Brushless Direct Current), yaitu penggerak utama (motor) untuk kendaraan listrik 2W.
     
    “Battery pack dan BLDC ini merupakan kunci dari proyek konversi kendaraan listrik roda dua DRMA, dengan tujuan untuk menciptakan jalur penjualan baru bagi perseroan,” tambah Irianto.
     
    Strategi ini akan memperkuat posisi cengkeraman terhadap pangsa pasar perseroan saat ini, dan sekaligus membuka peluang untuk memperluas pangsa pasar melalui peluncuran model baru di masa mendatang.
     
    Dalam hal ini, DRMA telah bertekad untuk meningkatkan kemampuan engineering dalam mengembangkan produk-produk yang belum memenuhi syarat minimal persentase TKDN.
     
    Adapun pada kuartal III-2024 DRMA membukukan penjualan Rp4 triliun. Dalam situasi industri yang kurang bersahabat di 2024 ini, perseroan bisa mencatatkan pertumbuhan penjualan 20 persen secara kuartalan (qoq). Meskipun jika dibandingkan dari tahun sebelumnya ada penurunan sebesar lima persen.
     
    Sementara laba usaha tercatat sebesar Rp548 miliar, naik 65 persen (qoq), meskipun turun 20 persen secara tahunan (yoy). Laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk tercatat sebesar Rp412 miliar, meningkat 69 persen (qoq).
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (HUS)

  • Elektrifikasi Agrikultur PLN Menjaga Denyut Bisnis Petani

    Elektrifikasi Agrikultur PLN Menjaga Denyut Bisnis Petani

    Bisnis.com, JAKARTA — Di Desa Tirtobinangun, Nganjuk, Jawa Timur, lebih dari 1.000 hektare sawah telah menggunakan pompa listrik sebagai sistem irigasi. Kehadirannya, perlahan tetapi pasti, menggeser peran pompa diesel yang mulai ditinggalkan petani.

    Sebongkah mesin diesel di tepian sawah Tirtobinangun tampak memasuki masa pensiun. Sebagai gantinya, instalasi tiang-tiang listrik dengan bentangan kabel sekitar 2 kilometer, kini menjadi wujud baru dalam sistem pengairan sawah petani.

    Instalasi tersebut merupakan realisasi program PT PLN (Persero). Program bertajuk Elektrifikasi Agrikultur itu merupakan salah satu inovasi yang memanfaatkan energi listrik di bidang agrikultur seperti pertanian, perikanan, perkebunan, dan peternakan.

    Program ini memungkinkan pemilik sawah yang sudah memasang meteran dapat menggunakan listrik bertoken seperti di rumah sendiri. Selain kemudahan yang ditawarkan, penggunaan listrik sebagai sistem irigasi sawah terbukti mampu memangkas biaya operasional dari para petani.

    Kamto, Penasehat Kelompok Tani di Desa Tirtobinangun, mengatakan bahwa kehadiran program elektrifikasi PLN telah membantu petani dalam memangkas biaya operasional saat masa panen. Selisih ongkos antara penggunaan pompa diesel dan listrik diperkirakan mencapai Rp700.000.

    Apabila menggunakan pompa diesel, pria berusia 70 tahun itu menyampaikan kelompok tani perlu merogoh kocek hingga Rp1 juta untuk sekali panen dengan luas lahan tanam mencapai 100 rack unit (ru) atau sekitar 4.445 meter persegi.

    Sementara itu, dengan luas lahan yang sama, petani hanya perlu mengeluarkan biaya operasional Rp300.000 untuk satu kali masa panen jika menggunakan pompa air.

    “Ini menghemat banyak. Satu musim panen, kelompok tani harus mengeluarkan biaya Rp1 juta per 100 ru kalau menggunakan mesin diesel. Sementara jika pakai listrik cuma Rp300.0000, sangat hemat,” ujarnya saat ditemui Bisnis.com pada Agustus 2024.

    Kamto meyakini program PLN akan membuat mayoritas petani di Desa Tirtobinangun menggunakan listrik untuk irigasi. Dia bersama kelompok tani juga terus menyosialisasikan program ini agar petani lain dapat merasakan manfaat yang sama.

    Produktivitas Petani Meningkat

    Manager PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Kertosono, Risky Dinal, menjelaskan elektrifikasi agrikultur merupakan kontribusi PLN sebagai BUMN untuk membantu meningkatkan produktivitas pertanian maupun perkebunan di Tanah Air.

    “Saat petani butuh, PLN harus turun tangan. Seperti di kawasan ini, ada permintaan kolektif dari sekitar 30 pemilik sawah. Walaupun jauh dari jaringan utama, kami sampai pasang trafo tersendiri, kami bedakan dengan trafo pelanggan rumah,” ujarnya.

    Untuk wilayah Nganjuk dan sekitarnya, mayoritas permintaan elektrifikasi agrikultur berasal dari persawahan utamanya untuk peralatan irigasi dan pengusir hama.

  • Sarankan Ubah Pola Subsidi LPG, Stranas PK: Konsumen Diberi Uang Saja – Espos.id

    Sarankan Ubah Pola Subsidi LPG, Stranas PK: Konsumen Diberi Uang Saja – Espos.id

    Perbesar

    ESPOS.ID – Ilustrasi LPG 3 Kilogram. (Solopos Dok).

    Esposin, JAKARTA — Koordinator Pelaksana Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK), Pahala Nainggolan, menyarankan agar pemerintah mengubah pola subsidi gas Liquefied Petroleum Gas (LPG) dari subsidi produsen menjadi subsidi konsumen untuk mencegah terjadinya subsidi salah sasaran.

    Pahala mengatakan subsidi yang berjalan saat ini adalah subsidi produsen sehingga ada dua harga gas di pasar, harga subsidi dan non-subsidi. Dia kemudian menyarankan agar hanya ada satu harga gas di pasar dan masyarakat yang menjadi target subsidi menerima subsidi dalam bentuk bantuan langsung tunai.

    Promosi
    Jadi Ajang Masuk Pasar Global! Saatnya UMKM Daftar BRI UMKM EXPO(RT) 2025

    “Nah, orang-orang yang mau dituju ini kasih uang saja, ini bedanya subsidi produsen sama subsidi konsumen. Kalau konsumen itu orangnya sudah kita tuju, kita kasih uang uang supaya dia mampu membeli dengan harga pasar,” kata Pahala saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis (14/11/2024). 

    Pahala menilai pola subsidi dengan mendata dan membatasi siapa saja yang bisa membeli LPG dengan harga subsidi kurang efektif, karena tidak ada pengawasan saat proses jual beli dengan masyarakat konsumen gas subsidi.

    Lebih lanjut dia mengatakan pada tahun 2019 ada kajian soal pendataan pembeli gas LPG bersubsidi. Saat itu produsen diminta mencatat siapa saja pembeli gas LPG bersubsidi untuk memastikan pembelinya adalah memang konsumen yang dituju, yakni masyarakat miskin.

    Namun muncul sejumlah temuan soal data pembeli gas bersubsidi yang tidak akurat dan tidak sesuai dengan fakta di lapangan.

    “Dicatatlah ini, padahal fiktif catatannya. Jadi persyaratan administrasi saja yang bilang si ini sama ini sudah menerima. ‘Oh dia orang miskin nih, oke sudah’. Padahal kita cek di lapangan enggak, itu nama diisi saja, toh juga enggak ada yang cek juga. Jadi namanya dikumpulkan seakan subsidi sudah ke sekian orang,” ujarnya sebagaimana dilansir Antara. 

    Sebelumnya, Stranas PK mengungkapkan telah menemukan 10,6 juta penerima subsidi listrik yang tidak tepat sasaran yang nilainya diperkirakan mencapai Rp1,2 triliun per bulan.

    “Estimasi subsidi listrik diberikan kepada masyarakat yang tidak masuk dalam kategori miskin bernilai kurang lebih Rp1,2 triliun per bulan,” kata Koordinator Pelaksana Stranas PK Pahala Nainggolan di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi KPK, Jakarta, Rabu (13/11/2024).

    Pahala mengatakan Stranas PK telah mempersiapkan solusi untuk mengatasi subsidi listrik yang salah sasaran tersebut antara lain optimalisasi interoperabilitas data berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) untuk ketepatan penyaluran subsidi listrik.

    Kemudian, mengoptimalkan penggunaan DTKS berbasis NIK sebagai target penerima subsidi listrik yang ditujukan untuk masyarakat miskin. Hal serupa telah digunakan dalam skema Penerima Bantuan luran Jaminan Kesehatan Nasional (PBI JKN).

    Dia juga merekomendasikan untuk mengubah kebijakan dari subsidi harga komoditas menjadi bantuan langsung tunai.

    Tujuannya adalah agar hanya ada satu harga listrik di pasar, sehingga masyarakat miskin bisa membeli listrik dengan harga pasar dan subsidi untuk pembelian listrik tersebut sudah diterima secara tunai.

    “Nah yang orang-orang yang mau dituju ini kasih uang saja. Itu bedanya subsidi produsen dengan subsidi konsumen. Kalau konsumen itu orangnya sudah kita tunjuk, kita beri uang supaya dia mampu membeli dengan harga pasar,” ujarnya.

    Pahala menjelaskan saat ini ada 33 juta penerima subsidi listrik, yang terbagi dalam dua kategori yakni pengguna daya 450 Va dan 900 Va. Kemudian berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), hanya 16,6 juta orang yang tercatat sebagai masyarakat miskin.

    Saat ditelusuri lebih lanjut, untuk kategori 450 Va ada 8,7 penerima subsidi listrik yang tidak masuk dalam DTKS dan ada lebih dari 1 juta penerima subsidi yang memiliki lebih dari satu saluran listrik.

    Sementara itu, untuk subsidi listrik kategori 900 Va tercatat ada 866.000 penerima yang sudah meninggal sampai memiliki saluran listrik lebih dari satu.

    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram “Solopos.com Berita Terkini” Klik link ini.

  • Erick Thohir Angkat Anak Buah Bahlil Jadi Komisaris PLN

    Erick Thohir Angkat Anak Buah Bahlil Jadi Komisaris PLN

    Jakarta

    Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada Kamis, 14 November 2024, melakukan perubahan susunan komisaris di PT PLN (Persero) melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Dalam RUPS tersebut diputuskan ada penambahan satu komisaris di PLN.

    Posisi Komisaris tersebut diisi oleh Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Jisman Hutajulu, di mana Kementerian ESDM saat ini dipimpin Bahlil Lahadalia.

    “Ya salah satunya saya lah, jadi Komisaris di PLN,” kata Jisman di Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Kamis (14/11/2024).

    Pada kesempatan itu ia juga menyebut tidak ada perubahan pada jajaran direksi PLN. Artinya Darmawan Prasodjo tetap menjabat sebagai Direktur Utama PLN.

    “(Darmawan) masih lah masih tetap (menjabat Dirut),” ujar Jisman.

    Saat ditanya lebih rinci soal pergantian Komisaris lain di PLN, Jisman mengaku belum mengetahui pasti. Sementara itu, Suahasil Nazara diproyeksikan tetap menjabat Wakil Komisaris Utama PLN.

    Dilansir dari laman Kemneterian ESDM, Jisman P. Hutajulu lahir di Tapanuli pada 18 Januari 1967. Ia mengawali karirnya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada tahun 1993. Pada tahun 2000, Jisman menjabat PJ. Kasie Analisis Harga Listrik Distribusi. Setahun setelahnya, ia menjadi Kasie Harga Jual Tenaga Listrik.

    Karirnya terus menanjak hingga pada 2018, Jisman menjadi Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan. Empat tahun setelahnya, pada 2022 ia berpindah menjadi Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan. Jisman juga aktif terlibat dalam Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Bidang Ketenagalistrikan dan menjadi Kepala PPNS sejak 2014 hingga sekarang.

    (ily/rrd)

  • Unik! Salon Kecantikan di Kediri Buka Jasa Layanan Perbankan

    Unik! Salon Kecantikan di Kediri Buka Jasa Layanan Perbankan

    Jakarta

    Biasanya sebuah salon menawarkan layanan perawatan kecantikan. Namun, di Kediri, Jawa Timur, terdapat sebuah salon yang juga menawarkan layanan perbankan. Pelanggan pun bisa menabung hingga transfer uang.

    Berlokasi di Desa Kepung, Kediri, salon bernama Nabilla Salon-Beauty tak hanya melayani perawatan kecantikan, tetapi juga menawarkan kemudahan transaksi perbankan untuk masyarakat sekitar dengan menjelma menjadi AgenBRILink.

    Sang pemilik, Asmaul Yulita Sari, mengatakan ide untuk mengembangkan Nabilla Salon-Beauty sekaligus menjadi AgenBRILink hadir dari cita-citanya dalam dunia kecantikan yang memiliki potensi besar. Ia memilih usaha di bidang kecantikan karena permintaan terus meningkat, seiring meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya penampilan dan kesehatan kulit.

    “Namun, dengan AgenBRILink, saya juga dapat membuka peluang bagi masyarakat untuk menikmati berbagai layanan perbankan, seperti transfer, tarik tunai, pembayaran listrik, dan pembelian pulsa, dengan lebih mudah, cepat, dan efektif,” jelas Asmaul dalam keterangan tertulis, Senin (4/11/2024).

    Usaha tersebut dirintis Asmaul sejak 2015 dan terus berkembang hingga kini. Salon tersebut menjelma menjadi solusi layanan perbankan dengan bergabung sebagai AgenBRILink sejak 2021.

    Asmaul mengakui, menjadi AgenBRILink tidak selalu mudah, terutama di awal merintis. Namun, tantangan ini dapat diatasi dan saat ini dengan menjadi AgenBRILink, Asmaul mendapat tambahan keuntungan dari fee transaksi dan bertambahnya pelanggan yang menggunakan layanan perbankan.

    Keunikan layanan Nabilla Salon-Beauty sebagai AgenBRILink terletak pada penyediaan akses transaksi perbankan yang lengkap dan praktis.

    “Banyak pelanggan yang merasa terbantu dengan layanan ini karena tak perlu pergi jauh untuk sekadar melakukan transaksi perbankan,” ujar Asmaul.

    Dengan harapan besar, Asmaul bercita-cita agar bisnisnya semakin berkembang ke depannya. Ia juga berharap BRI semakin maju dan mampu terus memberikan pelayanan perbankan yang lebih baik untuk masyarakat, khususnya dalam hal penyaluran kredit agar lebih efektif.

    Nabilla Salon-Beauty dan AgenBRILink yang dikelolanya kini menjadi bukti bagaimana usaha di bidang kecantikan dapat bertransformasi untuk memenuhi kebutuhan finansial masyarakat secara luas.

    Pada kesempatan terpisah, Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengungkapkan bahwa tercatat hingga akhir September 2024 BRI telah memiliki lebih dari 1,02 juta AgenBRILink yang tersebar di 62.227 desa di seluruh Indonesia. Sepanjang Januari hingga September 2024, agen-agen tersebut berhasil mencatatkan transaksi sebesar Rp1.170 triliun yang berasal dari 859 juta transaksi finansial.

    “Melalui pengembangan layanan hybrid bank, BRI juga telah memperluas jangkauan perbankan ke segmen-segmen masyarakat yang sebelumnya tidak terlayani secara optimal, termasuk masyarakat di daerah terpencil melalui AgenBRILink. Hal ini sesuai dengan misi BRI untuk mendukung inklusi keuangan nasional serta memperkuat ekonomi kerakyatan melalui konsep sharing economy,” ungkap Supari.

    (prf/ega)

  • Belum Setahun, Produksi Mobil Listrik Xiaomi Tembus 100 Ribu Unit!

    Belum Setahun, Produksi Mobil Listrik Xiaomi Tembus 100 Ribu Unit!

    Jakarta

    Produksi mobil listrik Xiaomi SU7 tembus 100 ribu unit. Nominal tersebut dicapai hanya dalam waktu 230 hari atau kurang dari setahun!

    Chief Executive Officer (CEO) Xiaomi, Lei Jun mengaku bangga dengan capaian luar biasa tersebut. Dia menghaturkan rasa terima kasih untuk seluruh tim yang terlibat di perusahaan.

    “Selamat untuk seluruh tim EV Xiaomi! Unit ke 100 ribu untuk Xiaomi SU7 sudah terproduksi di line pabrik. Bagi produk pertama, mencapai angka tersebut hanya dalam 230 hari merupakan pencapaian luar biasa,” tulis Lei Jun melalui akun X, dikutip Kamis (14/11).

    Mobil listrik Xiaomi SU7. Foto: REUTERS/Tingshu Wang

    Meski catatan tersebut sangat mentereng, namun Jun tak mau berpuas diri. Dia menargetkan produksi ke 200 ribu unit dalam waktu dekat. Sementara pengiriman kendaraan ditargetkan mencapai 120 ribu unit hingga akhir tahun.

    “Ini semua tidak akan terjadi tanpa dedikasi tim kami. Berikutnya kita kejar produksi 100 ribu unit lagi. Ayo mencapainya!” kata Jun.

    [Gambas:Twitter]

    Xiaomi SU7 merupakan mobil yang telah dikembangkan sejak empat tahun silam. Kendaraan tersebut dirancang khusus Li Tianyuan yang pernah mendesain mobil-mobil BMW seperti BMW i Vision Circular concept, BMW iX dan the new 7 series. Li dibantu James Qiu yang sebelumnya bekerja untuk Mercedes-Benz.

    SU7 merupakan sedan sporty dengan sentuhan futuristis di sejumlah bagian. Sepintas, tampilan kendaraan itu seperti perpaduan antara Porsche Taycan Turbo dengan Tesla Model 3 dan S.

    Pabrik mobil listrik Xiaomi di China. Foto: Doc. Xiaomi.

    Xiaomi SU7 varian Standard dilengkapi baterai berkapasitas 73,6 kWh dan motor listrik 220 kW dengan torsi 400 Nm. Akselerasi 0-100 km/jam dapat ditempuh dalam waktu 5,28 detik dan kecepatan puncaknya 210 km/jam.

    Sementara SU7 Pro yang menggendong baterai 94,3 kWh punya jarak tempuh maksimum 830 km. Namun, tenaga dan torsinya sama seperti varian Standard.

    Kemudian yang terakhir ada SU7 Max yang menjadi varian paling bertenaga. Kendaraan tersebut dibekali motor listrik yang mampu memuntahkan tenaga 663 dk dan torsi 838 Nm. Sedangkan akselerasi 0-100 km/jam bisa tuntas dalam 2,7 detik. Baterainya mampu menempuh perjalanan sejauh 800 km.

    (sfn/dry)

  • Pramono Mau Bikin Pembangkit Listrik Tenaga Sampah Jika Menang Pilgub

    Pramono Mau Bikin Pembangkit Listrik Tenaga Sampah Jika Menang Pilgub

    Jakarta

    Calon Gubernur Jakarta, Pramono Anung, bicara mengenai pentingnya keberadaan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTS) untuk memenuhi kebutuhan kota. Ia mengatakan inovasi itu akan dilakukan untuk visi Jakarta Kota Global jika dirinya menang di Pilgub Jakarta 2024.

    Pramono mengatakan dengan penggunaan listrik dari PLTS ini, tingkat polusi di Jakarta yang diketahui sudah sangat parah ini dapat ditekan sedemikian rupa.

    “Hal yang menyangkut pemakaian bahan bakar, kemudian wilayah di sekitar Jakarta ini yang memakai batu bara, memang waktunya untuk diminta tidak lagi memakai batu bara, tetapi memakai gas ataupun pemakaian listrik tenaga sampah,” kata Pramono

    Dalam hal ini, Pramono mengatakan akan mengambil kebijakan tegas terkait realisasi rencana tersebut jika benar terpilih sebagai Gubernur baru Jakarta, meski keputusan ini bisa jadi tidak populer di masyarakat.

    “Yang paling penting sekali lagi, kalau saya jadi Gubernur Jakarta, saya akan berani untuk mengambil keputusan yang berkaitan dengan kemenangan saya, yaitu pembangkit listrik tenaga sampah yang dari kemarin-kemarin nggak terselesaikan, saya akan selesaikan,” terangnya.

    Tidak hanya ingin mendorong penggunaan listrik hijau dari PLTS, Pramono mengatakan dirinya juga berencana untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik di Jakarta. Sebab menurutnya dalam jangka panjang penggunaan kendaraan listrik akan sangat mempengaruhi pengurangan emisi karbon.

    “Ya, untuk jangka menengah-panjang memang didorong untuk menggunakan kendaraan listrik seperti yang terjadi di China, di Beijing,” ucapnya.

    “BYD kan tiba-tiba pemakaiannya melonjak tinggi karena memang masyarakat dipaksa untuk memakai itu, dan kalau di Jakarta kendaraan listrik makin banyak maka sulfur yang dibakar, bahan bakar mobil non listrik itu akan mengurangi banyak polusi,” terang Pramono lagi.

    Menurutnya, dengan dua langkah ini tingkat polusi di Jakarta dapat ditekan sedemikian rupa dan menjadikannya sebagai satu kota global yang ramah lingkungan. Walaupun cita-cita ini juga memerlukan campur tangan dan keterlambatan langsung dari pemerintah pusat.

    “Kalau itu bisa dilakukan, maka penekanan terhadap udara Jakarta yang polusi itu pasti akan turun drastis. Sehingga hal yang berkaitan dengan polusi Jakarta, nggak bisa ditangani oleh Jakarta sendiri, harus juga melibatkan pemerintah pusat,” pungkasnya.

    (fdl/fdl)