Topik: Listrik

  • Ini Bocoran Mobil Listrik Aletra, Calon Rival BYD M6 di Indonesia

    Ini Bocoran Mobil Listrik Aletra, Calon Rival BYD M6 di Indonesia

    Jakarta

    Merek mobil listrik asal China, Aletra, bakal memperkenalkan produk baru pada ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024 yang diselenggarakan di ICE-BSD City, 22 November – 1 Desember. Ini model mobil listrik yang akan dibawa Aletra.

    Berdasarkan undangan yang diterima detikOto, mobil listrik pertama Aletra di Indonesia adalah Aletra L8 EV. Mobil listrik akan diluncurkan di hari pertama GJAW 2024 hari Jumat (22/11).

    Jika melihat Instagram resmi @aletracars, sosok mobil listrik tersebut berjenis MPV 7-Seater. Mobil ini memiliki desain modern dan elegan dengan konsep floating roof atau atap mengambang. Aletra juga tak segan-segan mengklaim L8 EV sebagai mobil MPV listrik 7-Seater terluas di kelasnya.

    Kehadiran Aletra L8 EV ini bakal menantang kompetitor asal China yang sebelumnya sudah meluncurkan produk sejenis di Indonesia, yakni BYD M6. Segmen MPV listrik 7-Seater di Indonesia saat ini memang sedang naik daun, bahkan BYD M6 menjadi mobil listrik terlaris bulan Oktober 2024 dengan penjualan sebanyak 1.866 unit.

    Sekadar informasi, GJAW 2024 diselenggarakan pada 22 November hingga 1 Desember, di ICE-BSD City, Tangerang. Sebelumnya pameran GJAW selalu dilaksanakan di JCC, Senayan, Jakarta. Dan baru mulai tahun ini pindah ke Tangerang.

    GJAW 2024 diikuti lebih dari 80 merek otomotif yang terdiri dari 27 merek kendaraan penumpang, termasuk Aletra, BAIC, BMW, BYD, Chery, Citroen, Daihatsu, Ford, GAC Aion, Honda, KIA, Lexus, Mazda, Maxus, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Subaru, Suzuki, Toyota, VinFast, Volkswagen, Wuling, dan Zeekr.

    Dari segmen kendaraan roda dua, sebanyak 12 merek akan ikut pameran ini, meliputi Alva, Aprilia, Harley-Davidson, Moto Guzzi, Piaggio, Royal Alloy, Royal Enfield, Scomadi, Vespa, V Move, Yamaha, dan ZPT, turut serta untuk menambah ragam pilihan pengunjung. Lebih dari 40 merek industri pendukung juga siap meramaikan GJAW 2024.

    [Gambas:Instagram]

    (lua/dry)

  • Spek Mobil ‘Hadiah Hiburan’ buat Pecco Bagnaia

    Spek Mobil ‘Hadiah Hiburan’ buat Pecco Bagnaia

    Jakarta

    Francesco ‘Pecco’ Bagnaia gagal meraih gelar juara dunia ketiga di kelas MotoGP. Meski begitu, Bagnaia berhak mendapatkan hadiah mobil mewah dari BMW M.

    Sebuah sedan BMW M5 terbaru akan mengisi garasi rumah Bagnaia. Mobil ini seakan menjadi ‘hadiah hiburan’ lantaran Bagnaia tidak meraih gelar juara dunia. Namun, hadiah ini tidak gampang didapatkan lantaran Bagnaia harus menjadi pebalap terbaik di sesi kualifikasi selama satu musim penuh.

    BMW M5 terbaru ini adalah hadiah dalam program BMW M Award. Penghargaan BMW M merupakan bagian jangka panjang dari komitmen BMW M sebagai Mobil Resmi MotoGP. Bagnaia menerima penghargaannya sebagai kualifikasi tercepat musim ini setelah sesi kualifikasi balapan terakhir di Barcelona.

    Pecco Bagnaia Dapat Mobil Mewah BMW M5 Foto: Dok. BMW M

    Sebelum kualifikasi final yang menentukan, Bagnaia hanya tertinggal dua poin dari Jorge Martín di klasemen BMW M Award. Dengan mengamankan pole position di sesi terakhir, Bagnaia sukses memperoleh poin yang diperlukan untuk mengklaim kemenangan dalam kompetisi unik ini. Di antara prestasinya musim ini, Bagnaia meraih pole position enam kali dan mengumpulkan total 369 poin BMW M Award. Bagnaia mengumpulkan 10 poin lebih banyak dibanding Martin.

    “Sangat berarti bagi saya untuk memenangkan BMW M Award untuk tahun ketiga berturut-turut. Ini telah menjadi tujuan saya sejak akhir musim lalu, dan saya bangga telah mencapainya. Terima kasih banyak kepada BMW M GmbH, yang telah memberikan penghargaan ini kepada pembalap kualifikasi MotoGP teratas selama lebih dari 20 tahun. Ini merupakan pengakuan penting atas pencapaian kami di lintasan balap. Itu tidak mudah, karena Jorge Martín dan saya bersaing ketat untuk mendapatkan penghargaan ini. Saya senang bisa menang,” kata Bagnaia.

    Mobil baru yang akan mengisi garasi Bagnaia ini adalah All New BMW M5. BMW M5 terbaru menggabungkan kualitas yang telah terbukti menjadikan M sebagai huruf paling kuat di dunia dengan teknologi pionir. Sedan legendaris BMW M5 berperforma tinggi dengan sejarah 40 tahun ini memasuki generasi ketujuh. Model eksekutif dari BMW M GmbH kini memiliki sistem penggerak elektrifikasi untuk pertama kalinya.

    BMW M5 Hadiah buat Pebalap MotoGP terbaik Foto: Dok. BMW

    BMW M5 dibekali mesin V8 4.400 cc Mesin ICE berteknologi M TwinPower Turbo itu menghasilkan tenaga maksimal hingga 585 hp dan torsi puncak 750 Nm. Mesin tersebut digabungkan dengan motor listrik bertenaga 197 hp dengan torsi maksimal 280 Nm.

    Totalnya, sistem M HYBRID memberikan output maksimum sebesar 727 hp dan torsi puncak sebesar 1.000 Nm. BMW M5 mengombinasikan mesin V8 putaran tinggi dengan teknologi M TwinPower Turbo dan motor listrik, ditambah transfer tenaga berkat transmisi M Steptronic delapan kecepatan dan penggerak semua roda M xDrive. Alhasil, BMW M5 terbaru mampu berakselerasi 0 hingga 100 km/jam dalam 3,5 detik.

    BMW M5 Hadiah buat Pebalap MotoGP terbaik Foto: Dok. BMW

    Dalam mode pengoperasian tenaga listriknya saja, BMW M5 dapat mencapai kecepatan hingga 140 km/jam. Baterai bertegangan tinggi yang terletak di bagian bawah bodi mobil memiliki energi sebesar 18,6 kWh. Dalam kondisi baterai penuh, mobil ini bisa melaju sejauh 67-69 tanpa setetes bensin (berdasarkan siklus WLTP). Unit Pengisian Gabungan BMW M5 memungkinkan pengisian daya AC hingga 7,4 kW.

    Tenaga yang dihasilkan oleh mesin dan motor listrik disalurkan melalui sistem penggerak semua roda M xDrive, yang dalam mode 4WD Sport pengaturannya condong ke belakang. Namun, pengemudi juga dapat memilih mode 2WD. Ini mengirimkan penggerak secara eksklusif ke roda belakang dengan sistem DSC (Dynamic Stability Control) dimatikan, yang akan menarik bagi pengemudi berpengalaman yang lebih menyukai pengalaman performa.

    Saksikan juga video: Plakat Pertama Martin di MotoGP Tower of Champions

    (rgr/dry)

  • Dieng Simpan 2 ‘Harta Karun’ Langka, Bisa Bikin RI Jadi Raja Baterai

    Dieng Simpan 2 ‘Harta Karun’ Langka, Bisa Bikin RI Jadi Raja Baterai

    Jakarta, CNBC Indonesia-PT Geo Dipa Energi (Persero) atau GDE menemukan dua sumber daya alam mineral kritis atau mineral langka di sumur panas buminya, yang terletak di dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah.

    Dua mineral kritis itu ialah silika sebagai bahan baku strategis untuk sektor otomotif, konstruksi, dan elektronika; serta lithium atau logam alkali putih sebagai bahan baku baterai Li-ion untuk kendaraan listrik.

    “Kami melihat dari uap dan air panas yang keluar dari sumur-sumur kami ternyata cukup mengandung lithium yang lumayan untuk kita menyusun atau memproduksi baterai,” kata Direktur Utama PT GDE Yudistian Yunis saat rapat kerja dengan Komisi XI DPR, Jakarta, Selasa (19/11/2024).

    Yudistian mengatakan, khusus untuk lithium, temuan itu bisa membuat PT GDE memproduksi baterai listrik sebesar 3,5 giga watt hour (GWh), dengan kapasitas produksi baterai per tahun lithium mencapai 2.200 ton.

    “Kurang lebih hampir 3,5 giga watt hour kapasitas baterai per tahun yang bisa kami produksi dengan total lithium sebesar 2.200 ton per tahun,” ucapnya.

    Adapun untuk mineral kritikal berupa silika sebetulnya telah dihasilkan sejak beroperasinya Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Dieng Unit-1 sejak 2002. PLTP itu menghasilkan mineral brine Panas Bumi, utamanya silika.

    Yudistian Yunis mengatakan, dengan temuan itu terdapat grant atau hibah berupa pembiayaan dari Badan Perdagangan dan Pembangunan Amerika Serikat (USTDA) maupun Asian Development Bank atau ADB kepada PT GDE untuk ekstraksi dua mineral kritis itu.

    “Hari ini kami dapat bantuan grant dari USTDA (United States Trade and Development Agency) dan ADB untuk pilot plan lithium dan silika,” tuturnya.

    (arj/mij)

  • Jepang Temukan Mineral Senilai Rp 415 Triliun, Tajir Mendadak!

    Jepang Temukan Mineral Senilai Rp 415 Triliun, Tajir Mendadak!

    Jakarta

    Para ilmuwan di Jepang menemukan mineral Bumi senilai USD 26.290.780.000 (setara Rp 415 triliun). Mineral ini disebut akan menjaga perekonomiannya tetap berjalan setidaknya selama dekade berikutnya.

    Sebuah survei oleh The Nippon Foundation dan Universitas Tokyo menemukan ladang nodul mangan padat di dasar laut pulau Minami-Tori-shima. Nodul yang ditemukan 5.700 meter di bawah permukaan laut itu mengandung jutaan metrik ton kobalt dan nikel.

    Dikutip dari Nikkei Asia, mineral tersebut diperkirakan terbentuk selama jutaan tahun ketika logam yang diangkut di laut menempel pada tulang ikan dan menempel di dasar laut.

    Komponen Penting Baterai EV

    Kobalt dan nikel adalah dua komponen penting yang dibutuhkan untuk membuat baterai electronic vehicle (EV) atau kendaraan listrik, dan digunakan untuk membuat mesin jet, turbin gas, dan dalam pemrosesan kimia.

    Survei menemukan sekitar 610.000 metrik ton kobalt dan 740.000 metrik ton nikel, yang setara dengan jumlah uang yang sangat besar. Pada saat penulisan, satu metrik ton kobalt bernilai USD 24.300 sementara nikel bernilai USD 15.497, menurut angka pasar dari Trading Economics.

    Dengan melakukan perhitungan sederhana, artinya 610.000 metrik ton kobalt yang ditemukan bernilai USD 14.823.000.000 sementara 740.000 ton nikel bernilai USD 11.467.780.000. Dengan hitung-hitungan kasar ini, didapatkan total mencengangkan, yakni USD 26.290.780.000.

    Deposit mineral tersebut juga mengandung tembaga. Foto: The Nippon Foundation

    Tentu saja, seperti komoditas apa pun, pasar dapat berfluktuasi yang berarti terkadang mineral bisa bernilai lebih tinggi atau lebih rendah. Harga juga dapat berubah berdasarkan tekanan permintaan dari industri EV dan penyimpanan energi.

    Namun, antara April hingga Mei tahun ini, sekitar 230 juta ton mineral langka ditemukan setelah sebuah tim mensurvei 100 lokasi dasar laut menggunakan kendaraan bawah air yang dioperasikan dari jarak jauh. Selain itu, endapan tersebut diperkirakan mengandung tembaga, unsur berharga lainnya.

    Menariknya, nodul mangan ini awalnya ditemukan dalam survei di 2016 dan para ahli mengklaim bahwa banyak nodul telah terbentuk di sekitar gigi milik hiu prasejarah, megalodon.

    Penemuan ini disebut dapat menjaga perekonomian Jepang tetap kuat selama dekade berikutnya. Foto: The Nippon Foundation

    Setelah survei terkini, Yasuhiro Kato, seorang profesor yang mengkhususkan diri dalam geologi sumber daya di Universitas Tokyo, mengatakan bahwa penggali sekarang berencana untuk mengangkat ‘tiga juta ton per tahun’ dari deposit tersebut.

    Ia mengklaim bahwa prosedur ini akan memungkinkan pembangunan berlanjut sambil ‘meminimalkan dampak terhadap lingkungan laut’. Oleh karena itu, tim akan memanfaatkan kapal penambangan luar negeri untuk mengangkat beberapa ribu ton nodul setiap hari mulai 2025.

    Dengan memanfaatkan kobalt dan nikel dari laut, negara tersebut akan mampu mengurangi ketergantungan pada negara lain dan memenuhi permintaan internal terhadap baterai kendaraan listrik.

    “Pada akhirnya, kami berharap hasil penelitian kami akan membantu meningkatkan pertumbuhan Jepang dengan membangun rantai pasokan domestik yang membentang dari ‘penambangan sumber daya’ hingga ‘manufaktur’, dan menjadikan Jepang sebagai negara yang berorientasi pada sains, teknologi, dan kelautan dalam arti sebenarnya,” demikian bunyi siaran pers dari Universitas Tokyo.

    (rns/rns)

  • Tunjangan dan Uang Pensiunan Jokowi Sudah Cair, Berapa Totalnya?

    Tunjangan dan Uang Pensiunan Jokowi Sudah Cair, Berapa Totalnya?

    Bisnis.com, JAKARTA – Joko Widodo resmi purnatugas per 20 Oktober 2024. Ia akan mendapat uang pensiun sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

    Uang pensiun presiden dan wakil presiden diatur dalam UU Nomor 7 Tahun 1978 tentang Hak Keuangan/ Administratif Presiden dan Wakil Presiden serta Bekas Presiden dan Wakil Presiden.

    Diatur bahwa uang pensiun presiden diberikan 100% seperti gaji pokok terakhir.

    Artinya, Jokowi akan menerima uang pensiunan yang sama seperti gaji pokoknya saat ia terakhir menjabat. Diketahui, gaji presiden dihitung 6x gaji pokok PNS atau setara Rp30.240.000.

    Artinya, uang pensiunan Jokowi yang akan diberikan oleh negara sebesar angka tersebut. Namun Jokowi tidak akan mendapat tunjangan Rp32,5 juta setelah pensiun.

    Namun Jokowi akan mendapat beberapa tunjangan lain seperti rumah dan asuransi Kesehatan.

    Daftar Tunjangan Pensiunan Presiden Jokowi setelah Lengser

    Tunjangan-tunjangan sesuai dengan peraturan perundang-undangan mengenai pensiun yang berlaku bagi Pegawai Negeri
    Biaya rumah tangga yang berkenaan dengan pemakaian air, listrik, dan telepon
    Seluruh biaya perawatan kesehatannya serta keluarganya
    Sebuah rumah kediaman yang layak dengan perlengkapannya
    Disediakan sebuah kendaraan milik Negara dengan pengemudinya.

    Sebagai catatan, pembayaran pensiunan beserta tunjangannya tidak selamanya diberikan. Pensiunan presiden akan berhenti diberikan kala yang bersangkutan meninggal dunia atau diangkat kembali menjadi presiden.

    Kepada janda/duda mantan presiden, akan diberikan uang pensiunan sebesar 50% dari yang terakhir diterima oleh almarhum suaminya atau almarhumah isterinya. Sementara tunjangan lainnya tetap diberikan.

  • PLN Boyong 5 Kerja Sama Strategis untuk Transisi Energi di Tanah Air

    PLN Boyong 5 Kerja Sama Strategis untuk Transisi Energi di Tanah Air

    Jakarta – PT PLN (Persero) menjalin lima kerja sama strategis dalam transisi energi di Indonesia dengan lima mitra internasional pada perhelatan Conference of the Parties (COP) 29 di Baku, Azerbaijan.

    Kerja sama pendanaan, teknologi, dan pengembangan sumber daya manusia ini bertujuan untuk mendukung pengembangan infrastruktur energi bersih di Indonesia sekaligus mencapai swasembada energi yang berkelanjutan.

    Kolaborasi global ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding dan Grant Agreement antara PLN dan lima mitra internasional dalam acara bertajuk “Leading the Charge: Strategic Partnership to Catalyze Decarbonization”.

    Kelima mitra tersebut yakni United Kingdom Export Finance (UKEF), Kreditanstalt für Wiederaufbau (KfW), Sembcorp Utilities Pte Ltd, Transportasi Gas Indonesia (TGI), dan Global Energy Alliance for People and Planet (GEAPP).

    Utusan Khusus Presiden Republik Indonesia dalam COP29 Hashim Djojohadikusumo menjelaskan kehadiran Indonesia di COP 29 menandai komitmen Presiden Prabowo Subianto untuk menanggulangi perubahan iklim. Oleh sebab itu, ia mengajak seluruh pihak untuk menghadapi tantangan ini dan menangkap peluang yang muncul ke depan.

    “Perubahan iklim global menghendaki suatu solusi global. Tak ada negara yang bisa menghadapinya sendiri. Satu-satunya cara untuk terus melangkah maju adalah melalui kolaborasi,” ujar Hashim dalam keterangan tertulis, Selasa (19/11/2024).

    Hashim menyampaikan, Pemerintah Indonesia telah meluncurkan strategi baru dalam transisi energi melalui penambahan kapasitas pembangkit energi hijau untuk 15 tahun ke depan.

    Pihaknya pun akan menambah 75% atau sekitar 75 gigawatt (GW) dari total 100 GW pembangkit listrik berbasis energi terbarukan. Strategi ini juga sejalan dengan visi pemerintah untuk menyediakan energi yang bersih dan terjangkau melalui swasembada energi.

    “Kami berterima kasih kepada para mitra internasional atas kerja kerasnya dalam membantu kami memerangi perubahan iklim. Presiden Prabowo telah memberikan mandat untuk mengentaskan kemiskinan di Indonesia. Untuk mencapai tujuan tersebut, Presiden memiliki strategi baru dalam mendorong pertumbuhan ekonomi 8%, salah satunya melalui transisi energi,” ungkapnya.

    Sementara itu Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo menjelaskan PLN berkomitmen menjalankan transisi energi di Indonesia sekaligus mendorong target pertumbuhan ekonomi nasional. Dalam proses itu, PLN terus meluaskan jaringan kolaborasi hingga tingkat global guna menyukseskan proyek transisi energi yang berkelanjutan.

    Secara rinci, PLN menjalin kerja sama pendanaan hijau dengan beberapa mitra global, salah satunya UKEF, lembaga pendanaan ekspor Pemerintah Inggris. Melalui kerja sama ini, UKEF dan PLN akan mengkaji peluang pembiayaan proyek energi terbarukan di Indonesia, khususnya pada pembangunan jaringan transmisi yang mendukung integrasi sumber energi bersih.

    Selain itu, kedua pihak juga sepakat bekerja sama untuk meningkatkan kapasitas pegawai PLN dalam pengembangan energi terbarukan.

    “Kolaborasi ini akan memperkuat kemampuan Indonesia dalam mengelola dan mengembangkan infrastruktur energi hijau,” jelas Darmawan.

    Selain dengan UKEF, PLN juga menggandeng KfW, development bank asal Jerman untuk pembiayaan proyek transisi energi di Indonesia serta studi keberlanjutan sosial dan lingkungan. Kesepakatan ini mencakup pengembangan proyek energi bersih, yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Pumped Storage dan transmisi yang menghubungkan ke pembangkit hijau.

    Dalam kesempatan ini, PLN dan KfW juga menandatangani Grant Agreement untuk pelaksanaan studi Environmental and Social Impact Assessment (ESIA) proyek pembangkit energi bersih di Indonesia.

    “Proyek-proyek ini bertujuan untuk menstabilkan pasokan listrik dan mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil, terutama pada saat beban puncak. Selain itu, kesepakatan hibah juga ditandatangani untuk mendanai studi dampak lingkungan dan sosial bagi proyek-proyek PLTA ini, memastikan pelaksanaan yang berkelanjutan,” ungkap Darmawan.

    PLN melalui subholding PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) juga melakukan penandatanganan Joint Development Framework Agreement (JDFA) dengan Transportasi Gas Indonesia (TGI) dan mitra asal Singapura, Sembcorp Utilities Pte Ltd untuk pengembangan proyek transportasi hidrogen hijau dari Sumatera ke Singapura.

    Proyek ini akan mengeksplorasi pemanfaatan infrastruktur jalur pipa milik TGI dan diharapkan dapat meningkatkan perdagangan energi lintas negara serta kapasitas produksi hidrogen hijau di Indonesia.

    “Inisiatif ini menunjukkan peran PLN dalam memajukan ekosistem hidrogen regional yang sejalan dengan komitmen strategis kami untuk mendiversifikasi sumber energi hijau dan mengurangi emisi,” tegas Darmawan.

    Dalam kegiatan ini, PLN bersama GEAPP meluncurkan program “Renewable Energy Access for Last Mile”. Program kolaborasi antara PLN dan GEAPP ini berfokus pada peningkatan akses energi terbarukan dan mendorong dedieselisasi untuk pulau-pulau terpencil di Indonesia.

    “Kolaborasi ini bertujuan untuk mengatasi tantangan akses energi di wilayah-wilayah yang terisolasi, mendukung komitmen Indonesia dalam memastikan energi yang berkeadilan dan berkelanjutan bagi seluruh masyarakat,” papar Darmawan.

    Darmawan menambahkan, pihaknya akan terus mengeksplorasi potensi kolaborasi dengan berbagai pihak, baik nasional hingga global. Kerja sama yang dilakukan kali ini merupakan salah satu langkah proaktif PLN dalam upaya transisi energi yang berkelanjutan.

    “Kami tidak bisa melakukannya (transisi energi) sendiri. Kami percaya, dengan bersatu dan berkolaborasi, apapun tantangannya, kami akan terus bergerak maju, bukan hanya untuk mengurangi emisi gas rumah kaca, namun juga menciptakan lapangan kerja, mengurangi kemiskinan, dan pada saat yang sama, memainkan peran besar dalam komunitas global untuk menyelamatkan bumi,” pungkas Darmawan.

    (akd/ega)

  • Trump Bikin Takut, Eropa Paksa China Serahkan Teknologi

    Trump Bikin Takut, Eropa Paksa China Serahkan Teknologi

    Jakarta, CNBC Indonesia – Uni Eropa dikabarkan akan memaksa perusahaan China yang beroperasi di Eropa untuk berbagi teknologi dan keahlian kepada perusahaan setempat.

    Financial Times memberitakan bahwa pemerintah Uni Eropa menyiapkan kebijakan yang mengharuskan perusahaan China penerima subsidi atau hibah lainnya, untuk melakukan transfer hak atas karya intelektual kepada perusahaan Eropa. Aturan ini juga akan mewajibkan perusahaan China membuka pabrik di Eropa.

    Kebijakan Uni Eropa dinilai sebagai bentuk antisipasi dampak dari perang dagang China dan Amerika Serikat memanas setelah Donald Trump kembali menjadi Presiden. Kebijakan tarif Trump ditakutkan membuat China mengalihkan sasaran dagang ke negara-negara Eropa.

    Sebelumnya, Uni Eropa telah menerapkan kebijakan tegas untuk membendung banjir mobil listrik buatan China. Aturan tersebut sudah digugat China di WTO.

    Dalam pernyataan resmi, Kementerian Perdagangan China mengaku menyesal dengan adanya manuver tarif ini. Mereka menyebut langkah ini tidak memiliki dasar faktual dan hukum, melanggar peraturan WTO, merupakan penyalahgunaan langkah-langkah pemulihan perdagangan, serta merupakan proteksionisme perdagangan.

    “Untuk menjaga kepentingan pengembangan industri kendaraan listrik dan kerja sama transformasi ramah lingkungan global, China telah memutuskan untuk mengajukan gugatan terhadap tindakan akhir anti-subsidi UE,” tulis pernyataan tersebut dalam situs resmi Kementerian Perdagangan China.

    UE berencana menerapkan tarif bagi EV buatan China hingga 35,3%. Brussels mengatakan, langkah itu bertujuan untuk melindungi produsen mobil Eropa dalam industri penting yang menyediakan lapangan kerja bagi sekitar 14 juta orang di seluruh Benua Biru.

    Selain EV, Ketegangan perdagangan China dan UE juga melanda sektor panel surya dan turbin angin. Brussels juga melancarkan penyelidikan atas dua benda tersebut, yang dianggap mengancam industri Eropa.

    Atas situasi ini, Beijing menerapkan tindakan anti dumping sementara’ terhadap produk alkohol brendi asal UE. Dalam implementasinya, Otoritas China disebut akan menerapkan tarif ‘jaminan yang sesuai’ kepada para importir alkohol tersebut.

    Dikatakan jumlahnya akan didasarkan pada perhitungan yang melibatkan harga yang disetujui oleh bea cukai, serta pajak impor. Namun sejumlah info telah menyebutkan tarif yang diharapkan dibayarkan setiap perusahaan, mulai dari 30,6% untuk cognac Martell, hingga 39% untuk Hennessy, dan 38,1% untuk Remy Martin.

    (dem/dem)

  • Geber Infrastruktur Air Minum, Wamen PU Mau Tarik Pinjaman ke Bank Dunia

    Geber Infrastruktur Air Minum, Wamen PU Mau Tarik Pinjaman ke Bank Dunia

    Jakarta

    Kementerian Pekerjaan Umum (PU) mengejar target pemenuhan akses air bersih dan air perpipaan mencapai 100% pada tahun 2030. Untuk merealisasikannya, pihaknya mendorong kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk dengan membuka opsi penarikan pinjaman (loan) dari Bank Dunia (World Bank).

    Wakil Menteri PU Diana Kusumastuti mengatakan, pihaknya telah menjalin kerja sama dengan World Bank untuk memperoleh dukungan pembiayaan proyek air minum melalui National Urban Water Supply Project (NUWSP) mulai tahun 2018 s.d November 2024.

    Kerja sama yang telah berjalan selama 6 tahun ini mencatatkan jumlah pinjaman mencapai US$ 100 juta atau setara Rp 1,58 triliun (kurs Rp 15.800) yang bersumber dari International Bank for Reconstruction and Development (IBRD). Diana membuka opsi untuk kembali melanjutkan program serupa.

    “Saya juga berharap nggak ada salahnya ya kalau misalnya World Bank melanjutkan program NUWSP ini. Entah nanti skemanya lebih baik, entah skemanya seperti apa, tapi kalau dilanjutkan mungkin akan lebih baik,” kata Diana, dalam acara Closing Loan NUWSP di Kantor Kementerian PU, Jakarta Selatan, Selasa (19/11/2024).

    Meski demikian, ia memastikan bahwa evaluasi akan terlebih dulu dilakukan terhadap pinjaman-pinjaman yang telah dilakukan oleh Pemda dan BUMD air minum Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Pihaknya juga akan berkoordinasi lebih lanjut dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas.

    Untuk menggenjot pembangunan infrastruktur air minum ini, lanjut Diana, penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) juga akan tetap terus berjalan.

    Tak Bisa Andalkan APBN

    Di sisi lain, Kementerian PU akan mendorong skema B2B dalam realisasi proyek-proyek air minum dan sanitasi. Sebab, menurutnya pemerintah tidak bisa serta-merta hanya mengandalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

    “Tidak harus semuanya dengan APBN. Kalau APBN yang diharapkan, saya khawatir nanti tidak tercapai-tercapai. Karena APBN ini banyak yang harus diurusin. Tapi kalau bisa B2B, silahkan dengan B2B,” ujar Diana.

    Diana mengatakan, saat ini tercatat ada sebanyak 21 pemerintah daerah (pemda) yang sudah memanfaatkan pembiayaan non public untuk pengembangan infrastruktur air minum di daerahnya.

    Selain peran pemda sendiri, pihaknya juga mendorong untuk dilakukannya penyehatan bagi PDAM yang juga punya peran penting dalam hal penyaluran. Salah satu upaya penyehatan ini terlihat dari keberhasilan 78 BUMD minum itu dalam mencapai full cost recovery.

    “Bagaimana supaya daerah tidak dibebankan dengan adanya kenaikan-kenaikan tarif, ini kita upaya bersama. Karena kalau tidak ada tarif, nggak ada upaya. Air itu kan tidak bisa pindah dengan sendirinya. Kalau dipindahkan, mesti butuh pompa, listrik, orang, operator dan sebagainya. Berarti ada tarif yang harus digunakan untuk melakukan pengelolaan, tapi semuanya harus kita atur dengan baik,” katanya.

    Lihat juga video: Menteri PU Cek Kesiapan Ruas Tol Solo-Jogja untuk Mudik Nataru

    (shc/rrd)

  • Mobil Listrik Kehabisan Baterai di Jalan, Boleh Diderek Nggak?

    Mobil Listrik Kehabisan Baterai di Jalan, Boleh Diderek Nggak?

    Jakarta

    Berbeda dengan pom bensin, keberadaan pom listrik (SPKLU) di Indonesia masih sangat terbatas. Lantas, ketika mobil listrik habis daya di tengah perjalanan, bolehkah kita mendereknya?

    Ichsan Arya Putra selaku Product Training PT Sokonindo Automobile (Seres Indonesia) mengatakan, mobil listrik yang kehabisan daya di tengah perjalanan boleh diderek. Namun, ada sejumlah catatan yang harus diperhatikan.

    “Mobil listrik diderek sebenarnya tidak masalah, selama yang diderek itu (di area) roda yang mendekat ke motor listrik tidak berputar. Misal Seres E1 kan penggerak roda belakang, kalau diderek, ban belakang yang diangkat,” ujar Ichsan saat ditemui di BSD City, Tangerang Selatan.

    Mobil listrik habis baterai, boleh diderek nggak? Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Meski tak masalah diderek, namun lebih baik lagi ‘digendong’ atau diangkat secara utuh menggunakan truk flatbed. Hal tersebut untuk mencegah terjadinya masalah kelistrikan di kendaraan. Lebih lagi, kata dia, perjalanan yang ditempuh cukup jauh.

    “Tapi idealnya digendong, karena kalau diderek lebih dari 3 km dan roda berputar, ada hubungannya ke motor listrik. Nah, motor listrik kalau tidak dapat power dari baterai, dia jadi generator. Pas jadi generator, listriknya mau dibuang ke mana? Kan mati,” tuturnya.

    Ichsan menyarankan, pemilik mobil listrik segera melakukan pengecasan sebelum daya benar-benar habis. Hal tersebut, kata dia, demi memperpanjang masa pakai baterai.

    Test drive Seres E1. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Khusus di mobil listrik Seres E1, ketika daya baterainya melemah, akan ada peringatan-peringatan yang muncul di kendaraan. Selain itu, sistem juga akan melakukan penyesuaian secara berkala.

    “Jadi di Seres, karena kita di brosur nulis SOC-nya 10-90 persen, maka aba-aba baterai habis itu kita munculkan dari lima persen,” terangnya.

    “Kalau sudah dekat lima persen, AC akan dimatikan, kalau masih didiamkan juga, nanti kecepatan akan berkurang dan dikunci di 20 km/jam. Kemudian muncul indikator kura-kura. Kalau itu diabaikan lagi, baru nol persen. Mobil mati,” kata dia menambahkan.

    (sfn/rgr)

  • Aturan Baru buat Mobil Listrik Impor: Bebas Bea Masuk-Diskon PPnBM

    Aturan Baru buat Mobil Listrik Impor: Bebas Bea Masuk-Diskon PPnBM

    Jakarta

    Menteri Investasi dan Hilirisasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Rosan Perkasa Roeslani menerbitkan aturan baru soal pembebasan tarif impor mobil listrik. Mobil listrik completely built up (CBU) masih bebas bea masuk dan pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM), namun terdapat syaratnya!

    Aturan baru itu tertuang dalam Peraturan Menteri Investasi dan Hilirisasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Nomor 1 Tahun 2024.

    Beleid ini adalah perubahan atas Peraturan Menteri Investasi/Kepala BKPM No. 6 Tahun 2023 tentang Pedoman dan Tata Kelola Pemberian Insentif Impor dan/atau Penyerahan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Roda Empat Dalam Rangka Percepatan Investasi.

    Mobil listrik completely built up (CBU) masih bebas bea masuk dan pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM), sama seperti aturan sebelumnya.

    Pada Pasal 2 ayat (1) disebutkan bahwa pelaku usaha yang melakukan impor mobil listrik berbasis baterai CBU roda empat dalam jumlah tertentu dapat diberikan dua jenis insentif, berupa:

    a. Bea masuk tarif nol persen dan PPnBM ditanggung pemerintah
    b. PPnBM ditanggung pemerintah.

    Lebih lanjut dalam pada Pasal 2 ayat (2), pemerintah memberikan insentif untuk impor mobil listrik berbasis baterai completely knock down (CKD) dalam jumlah tertentu yang akan dirakit di Indonesia dengan capaian Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) minimal 20% dan paling tinggi kurang dari 40% selama jangka waktu pemanfaatan insentif.

    Yang terbaru, insentif ini harus memiliki syarat kerja sama internasional dengan Indonesia, yang berbunyi:

    (2a) insentif sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) huruf b hanya dapat diberikan kepada Pelaku Usaha yang melakukan impor dari negara yang memiliki perjanjian atau kesepakatan internasional dengan Indonesia.

    Indonesia sudah memiliki kerja sama internasional dengan beberapa negara, mulai dari Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif (Comprehensive Economic Partnership Agreement/CEPA) dan Persetujuan Preferensi Perdagangan (Preferential Trade Agreement/PTA).

    Disitat dari situs Free Trade Agreement Center Kementerian Perdagangan (FTA Center Kemendag), misalnya dengan negara di kawasan ASEAN, ada Asean Trade In Goods Agreement (ATIGA), Asean Frameworkd Agreement of Services (AFAS), dan Asean Comprehensive Investment Agreement (ACIA).

    Negara lain seperti Australia terdapat Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IACEPA), China lewat Asean-China Free Trade Agreement (ACFTA), hingga Jepang dengan aturan Asean-Japan Comprehensive Economic Partnership (AJCEP) dan Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA)

    Kemudian aturan terbaru lainnya, insentif dapat diberikan kepada pelaku dengan bea masuk tarif preferensi.

    (2c) Tarif preferensi sebagaimana dimaksud pada ayat (2b) merupakan tarif bea masuk berdasarkan perjanjian atau kesepakatan internasional yang besarnya ditetapkan dalam Peraturan Menteri Keuangan mengenai penetapan tarif bea masuk berdasarkan perjanjian atau kesepakatan internasional.

    Untuk mendapatkan insentif sebagaimana dimaksud, pelaku usaha harus berkomitmen untuk memproduksi KBL Berbasis Baterai Roda Empat di Indonesia.

    Bebas bea impor dan PPnBM merupakan dua insentif yang ditawarkan, namun harus memenuhi tiga kriteria, antara lain:

    Perusahaan industri yang akan membangun fasilitas manufaktur KBL berbasis baterai roda empat di Indonesia.Perusahaan industri yang sudah melakukan investasi fasilitas manufaktur kendaraan bermotor berbasis motor bakar (internal combustion engine) roda empat di Indonesia yang yang akan melakukan alih produksi menjadi mobil listrik berbasis baterai, baik sebagian atau keseluruhan.Perusahaan industri yang sudah melakukan investasi fasilitas manufaktur mobil listrik berbasis baterai di Indonesia dalam rangka pengenalan produk baru dengan cara peningkatan rencana dan/atau kapasitas produksi.

    Beleid ini berlaku sejak tanggal peraturan diundangkan sampai dengan 31 Desember 2025, sama seperti aturan sebelumnya. Aturan itu ditetapkan pada tanggal 8 November 2024 oleh Menteri Investasi dan Hilirisasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Rosan Perkasa Roeslani.

    (riar/rgr)