Topik: Listrik

  • Ajukan Kebangkrutan, Produsen Baterai Mobil Listrik Ini PHK 1.600 Karyawan

    Ajukan Kebangkrutan, Produsen Baterai Mobil Listrik Ini PHK 1.600 Karyawan

    Jakarta

    Produsen baterai mobil listrik asal Swedia, Northvolt mengajukan perlindungan kebangkrutan di Amerika Serikat (AS) agar dapat merestrukturisasi utang. Bersama dengan itu perusahaan berencana menata ulang bisnisnya, salah satunya melakukan pemangkasan jumlah karyawan.

    Northvolt telah mengajukan perlindungan kebangkrutan berdasarkan Bab 11 Undang-Undang Kepailitan AS populer disebut juga Chapter 11. Ini menjadi salah satu bab dalam UU kepailitan tentang reorganisasi perusahaan sesuai hukum di AS.

    Dalam keterangannya, pengajuan ini dilakukan karena Northvolt mengatakan hanya memiliki US$ 30 juta atau Rp 476,25 miliar (kurs Rp 15.875) guna mendukung operasi selama sekitar sepekan. Namun perusahaan ini tengah terlilit utang US$ 5,8 miliar atau Rp 92,07 triliun.

    “Kondisi likuiditas Northvolt sudah sangat buruk,” kata perusahaan itu dalam petisi Bab 11 yang diajukan di Pengadilan Kepailitan AS di Houston dikutip dari Reuters, Jumat (22/11/2024).

    Beruntung perusahaan mengatakan bahwa mereka telah mendapatkan pembiayaan baru US$ 100 juta untuk proses kebangkrutan. Dana pinjaman baru tersebut merupakan bagian dari dukungan pendanaan sebesar US$ 245 juta untuk pengajuan kebangkrutan.

    “Langkah yang menentukan ini akan memungkinkan Northvolt untuk melanjutkan misinya membangun basis industri Eropa dalam negeri untuk produksi baterai,” kata ketua dewan direksi sementara Northvolt, Tom Johnstone, dalam sebuah pernyataan.

    Northvolt yang mempekerjakan 6.600 staf di tujuh negara, mengatakan pihaknya berharap dapat menyelesaikan restrukturisasi pada kuartal I-2025.

    Menurut laporan AFP, Northvolt berencana memangkas 1.600 pekerja atau 25% dari stafnya. Perusahaan juga menangguhkan perluasan lokasinya karena berjuang dengan keuangan yang sulit dan permintaan yang melambat.

    (ara/ara)

  • Wamen Tiko membina 24 perusahaan di BUMN

    Wamen Tiko membina 24 perusahaan di BUMN

    Instruksi tersebut telah ditandatangani oleh Erick Thohir dan mulai berlaku pada 1 November 2024.

    Jakarta (ANTARA) – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah menetapkan Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo untuk membantu Menteri Erick Thohir dalam perumusan dan/atau pelaksanaan kebijakan pembinaan BUMN dan perseroan terbatas.

    “Kepada Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara Sdr Kartika Wirjoatmodjo untuk melakukan tugas membantu Menteri dalam perumusan dan/atau pelaksanaan kebijakan pembinaan badan usaha milik negara dan perseroan terbatas,” dikutip dari salinan Instruksi Menteri BUMN RI No.INS-1/MBU/11/2024 pada Jumat.

    Instruksi tersebut telah ditandatangani oleh Erick Thohir dan mulai berlaku pada 1 November 2024.

    Dalam pembagian tugas itu, Kartika atau yang akrab disapa Tiko akan membawahi dan membina 24 perusahaan BUMN selama lima tahun ke depan.

    Adapun 24 perusahaan pelat merah yang dibawahi oleh Tiko adalah PT Pupuk Indonesia (Persero), PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero), PT Hutama Karya (Persero), PT Waskita Karya (Persero), PT Adhi Karya (Persero), PT Pembangunan Perumahan (Persero), PT Brantas Abipraya (Persero), PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT Industri Kereta Api (Persero), dan PT Pertamina (Persero).

    Selanjutnya, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), PT Pos Indonesia (Persero), PT Perkebunan Nusantara III (Persero), PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero), PT Garuda Indonesia (Persero), PT Pelabuhan Indonesia (Persero), PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero), dan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero).

    Selain itu, Perum Bulog, Perum Pembangunan Perumahan Nasional, Perum DAMRI, Perum Perhutani, dan Perum Lembaga Penyelenggaraan Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia juga akan dibina oleh Tiko.

    Nama Kartika atau yang akrab disapa Tiko ini, sebenarnya sudah tidak asing lagi di lingkungan BUMN. Sebagai Wakil Menteri BUMN sejak 2019, ia telah berperan besar dalam mengawal berbagai program transformasi BUMN di era Pemerintahan Presiden Joko Widodo.

    Ia memiliki rekam jejak panjang di sektor keuangan. Sebelum bergabung dengan Kementerian BUMN, Tiko pernah menjabat Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk pada 2016-2019, dan sebelumnya sebagai Direktur Finance & Strategy pada 2015-2016.

    Tiko sempat menjabat sebagai Kepala Eksekutif dan Anggota Dewan Komisioner di Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) pada 2014-2015, serta pernah menjadi Presiden Direktur dan CEO PT Indonesia Infrastructure Finance.

    Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
    Editor: Budisantoso Budiman
    Copyright © ANTARA 2024

  • Jabar komitmen selenggarakan energi hijau sokong Indonesia Emas 2045

    Jabar komitmen selenggarakan energi hijau sokong Indonesia Emas 2045

    Bandung (ANTARA) – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin mengungkapkan Pemprov Jabar berkomitmen dalam menyelenggarakan energi hijau atau energi baru terbarukan (EBT) yang ramah lingkungan dalam menyokong Indonesia Emas 2045.

    “Kita juga berkolaborasi dengan lintas stakeholders baik itu daerah, pusat, dan global. Kemudian menyiapkan proyek-proyek hijau potensial yang memenuhi kriteria kesiapan teknis dan administratif, sehingga dapat mempercepat implementasi transisi energi di Jawa Barat,” ujar Bey dalam keterangan di Bandung, Jumat.

    Bey mengatakan dengan potensi EBT mencapai 192 GW, yang terdiri dari energi angin, air, panas bumi, matahari, biomassa atau biogas, menurut Bey, Jabar punya peluang besar untuk menjadi pelopor transisi energi di Indonesia.

    “Kita berharap Jawa Barat menjadi pionir dalam kondisi energi ini karena kita potensinya ada dan seharusnya bisa jadi potensi yang terbesar itu mungkin berapa tahun ke depan,” tutur Bey.

    Sebagai langkah nyata mengembangkan EBT, kata Bey, pihaknya bersama beberapa stakeholders memberikan bantuan kepada tujuh SMA/SMK untuk pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap yang bertujuan untuk mengurangi beban biaya operasional sekolah.

    Tujuh SMA itu SMAN 1 Cianjur, SMKN 2 Bogor, SMKN 1 Purwakarta, SMKN 1 Cimahi, SMKN 1 Garut, SMKN 2 Tasikmalaya, dan SMKN 1 Cirebon.

    “Baru tujuh sekolah, potensinya sangat baik, tadi disampaikan mereka sendiri bahwa mengurangi biaya operasional, termasuk membayar listrik dan sebagainya juga menambah dan juga pasti menambah pengetahuan siswanya bahwa betul-betul bisa digunakan dan mengurangi biaya operasional,” ujar Bey.

    PLTS atap di sekolah juga diharapkan menjadi daya tarik investor untuk berinvestasi di Jabar dengan tujuannya yaitu membangun lingkungan yang ramah dan berkelanjutan di masa depan.

    “Tentunya dengan adanya PLTS atap ini kita berharap ada perusahaan-perusahaan yang mau menyumbangkan CSR. Ini sangat baik, bisa mengurangi polusi,” tandas Bey.

    Sementara itu, Ketua DPRD Jabar Buky Wibawa menyambut baik penerapan PLTS atap yang akan diterapkan di tujuh sekolah. DPRD mendukung dari sisi kebijakan dan pengawasan, karena harapannya Jabar menjadi provinsi pionir dalam sektor EBT.

    “DPRD menyambut baik program EBT, dan kami perlu mendukung dari sisi kebijakan anggaran dan pengawasannya nanti,” ucapnya.

    Besaran biaya yang harus dikeluarkan dalam membangun PLTS atap di SMK/SMA tersebut dimulai dari Rp700 juta sampai Rp1 miliar.

    Pewarta: Ricky Prayoga
    Editor: Biqwanto Situmorang
    Copyright © ANTARA 2024

  • Indonesia Tambah 30 Gigawatt Energi Terbarukan pada 2033 untuk Wujudkan Emisi Nol Bersih

    Indonesia Tambah 30 Gigawatt Energi Terbarukan pada 2033 untuk Wujudkan Emisi Nol Bersih

    Jakarta, Beritasatu.com – Indonesia berencana menambah 30 gigawatt (GW) energi terbarukan pada 2033 dan 58,6 GW pada 2040 untuk mencapai emisi nol bersih pada 2060. Gas berperan sebagai bahan bakar transisi sebelum mencapai net zero emission.

    “Menurut rancangan RUPTL (rencana usaha penyediaan tenaga listrik) 2024-2033, Indonesia akan tambah 30 GW energi terbarukan pada 2033,” kata Direktur Bisnis Energi Australasia Wartsila Energy, Kari Punnonen dalam acara “Electricity Connect 2024”, di Jakarta Convention Center, Jakarta dilansir Antara, Jumat (22/11/2024).

    Kari mengatakan, gas akan berperan sebagai bahan bakar transisi energi terbarukan di Indonesia. Rencananya, Indonesia akan menambah kapasitas gas sebesar 9 GW pada 2033 dan 20 GW pada 2040.

    Kari Punnonen mengatakan, banyak negara di ASEAN, termasuk Indonesia telah menetapkan target emisi nol bersih. Adapun sektor energi memainkan peran penting dalam mengurangi emisi.

    “Energi terbarukan telah menjadi sumber listrik termurah di sebagian besar negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Untuk mencapai target itu, kita harus mempercepat penerapan energi terbarukan,” kata dia.

    Mengutip data Badan Energi Internasional, dia mengatakan, 25 GW tenaga surya dan angin harus ditambahkan setiap tahun di negara-negara ASEAN untuk mencapai target nol emisi bersih.

    Dia mengatakan, ada lima langkah yang harus diambil semua negara, termasuk Indonesia untuk mencapai emisi nol bersih di sektor ketenagalistrikan melalui energi terbarukan.

    Pertama, meningkatkan kapasitas energi terbarukan. Kedua, menambah pembangkit listrik bermesin fleksibel dan penyimpanan energi untuk menyeimbangkan intermiten energi terbarukan.

    Ketiga, menghentikan pembangkit listrik tenaga batu bara yang tidak fleksibel secara bertahap. Keempat, mengakses bahan bakar berkelanjutan dan mengubah pembangkit listrik yang tersisa agar dapat beroperasi dengan bahan bakar tersebut.

    Kelima, membangun sistem ketenagalistrikan berdasarkan 100% energi terbarukan, penyimpanan, dan pembangkit listrik fleksibel yang didukung oleh bahan bakar berkelanjutan.

    Dia mengatakan, energi terbarukan di Indonesia yang dipadukan dengan pembangkit listrik bermesin fleksibel memungkinkan terciptanya listrik yang stabil.

  • Chery Umumkan Harga Mobil Listrik Off Road J6, Mulai Rp 498 Juta!

    Chery Umumkan Harga Mobil Listrik Off Road J6, Mulai Rp 498 Juta!

    Tangerang

    PT Chery Sales Indonesia (CSI) resmi mengumumkan harga Chery J6 di pameran Gaikindo Jakarta Auto Week atau GJAW 2024. Mobil listrik off road pertama di Indonesia itu dibanderol mulai dari Rp 490 jutaan dengan status on the road Jakarta.

    Budi Darmawan Jantania selaku Direktur Pemasaran PT CSI mengatakan, harga tersebut sudah sesuai dengan nilai yang ditawarkan kendaraan. Dia berharap, Chery J6 bisa diminati konsumen Indonesia.

    “Chery J6 bukan sekadar kendaraan, tapi bisa menggambarkan persona dari penggunanya yang trendi. Dengan tough cube desain, Chery J6 tak hanya siap menghadapi berbagai medan, tetapi juga menjamin Anda menjadi pusat perhatian,” ujar Budi di ICE BSD, Tangerang Selatan, Jumat (22/11).

    Chery J6 tersedia dalam empat varian berbeda, yakni RWD, i-WD, RWD Phantom dan i-WD Phantom. Khusus untuk varian dengan embel-embel ‘Phantom’, stoknya hanya tersedia 300 unit.

    Secara tampilan, Chery J6 mengusung desain serba mengotak khas kendaraan segala medan. Mobil listrik tersebut menggunakan bodi aluminum yang bobotnya diklaim ringan sehingga punya handling mumpuni.

    Chery J6 punya dimensi panjang 4.338 mm, tinggi 1.855 mm dan ground clearance 200 mm. Mobil nonemisi tersebut cukup kompak untuk difungsikan sebagai kendaraan off road.

    Chery J6 RWD menggunakan motor listrik dengan muntahan tenaga 184 PS dan torsi 220 NM. Kemudian baterainya 65,6 kwh dengan jangkauan maksimum 426 km.

    Sedangkan varian i-WD dirancang lebih bertenaga dengan motor listrik yang mampu menghasilkan daya 279 PS dan torsi 165-220 Nm. Sementara baterainya 69,7 kwh dengan konsumsi yang lebih boros, yakni 418 km dalam kondisi full.

    Fiturnya juga tak main-main, pabrikan sudah membekalinya dengan kursi penumpang yang bisa memijat, electric panoramic sunroof, headunit digital, 12 pengeras suara Harman Infinity, enam kantung udara, 14 ADAS (advanced driving assistant system) dan masih banyak lagi.

    Berikut Harga Chery J6RWD – Rp 498 jutaRWD Phantom – Rp 548 jutai-WD – Rp 558 jutai-WD Phantom – Rp 608 juta.

    (sfn/dry)

  • Harita Nickel Cetak Laba Rp 4,84 T hingga Kuartal III 2024

    Harita Nickel Cetak Laba Rp 4,84 T hingga Kuartal III 2024

    Jakarta

    Perusahaan pertambangan dan pemrosesan nikel terintegrasi, PT Trimegah Bangun Persada Tbk (NCKL) atau Harita Nickel mencatatkan pendapatan Rp 20,38 triliun hingga kuartal III-2024. Perolehan itu meningkat 18% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

    “Hasil ini menunjukkan kinerja operasional yang baik dan pertumbuhan keuangan yang stabil di tengah tantangan pasar global,” kata Head of Investor Relations Harita Nickel Lukito Gozali dalam keterangan tertulis, Jumat (22/11/2024).

    Pertumbuhan itu didukung oleh peningkatan volume produksi di operasi penambangan dan pemrosesan. Laba kotor mencapai Rp 6,66 triliun atau naik 9% secara tahunan, sementara EBITDA meningkat 14% menjadi Rp 8,88 triliun.

    Laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk tercatat sebesar Rp 4,84 triliun, tumbuh 8% dibandingkan tahun sebelumnya. Dari sisi operasional, volume produksi juga mencatatkan peningkatan.

    Produksi bijih nikel mencapai lebih dari 16,27 juta wet metric tonnes (wmt), meningkat 12% dibandingkan periode yang sama tahun 2023. Produksi FeNi dari smelter RKEF tercatat sebesar 95.813 ton atau meningkat 39% secara tahunan, sementara fasilitas HPAL menghasilkan 71.531 ton MHP Ni atau meningkat 47% secara tahunan.

    Fasilitas HPAL kedua, PT Obi Nickel Cobalt (ONC) memulai lini produksi pertama di April 2024 dan keseluruhan tiga lini produksinya sudah berhasil mencapai kapasitas penuh di Agustus 2024. Keberhasilan ini dinilai memberikan kontribusi cukup signifikan pada keseluruhan total produksi fasilitas HPAL dan kontribusi terhadap kenaikan penjualan bijih nikel ke divisi tambang.

    “Hasil ini mencerminkan upaya berkelanjutan kami untuk mengoptimalkan operasional dan menjaga profitabilitas di tengah fluktuasi harga nikel global. Perluasan kapasitas produksi kami mendukung kebutuhan pasar yang terus meningkat, khususnya di sektor baterai kendaraan listrik,” ucapnya.

    Harita Nickel terus berfokus pada peningkatan kapasitas produksi sekaligus meningkatkan efisiensi operasional. Investasi perusahaan dalam fasilitas peleburan dan pemurnian disebut selaras dengan komitmen untuk mendukung agenda hilirisasi pemerintah Indonesia.

    “Harita Nickel juga berkomitmen terhadap praktik yang berkelanjutan serta terus mendorong kemajuan industri nikel di Indonesia,” pungkasnya.

    (acd/acd)

  • Kenalin Ini Aletra L8 EV, Penantang BYD M6 Seharga Rp 400 Jutaan

    Kenalin Ini Aletra L8 EV, Penantang BYD M6 Seharga Rp 400 Jutaan

    Jakarta

    Perkembangan mobil listrik di Indonesia semakin semarak. Kali ini giliran brand mobil listrik Indonesia ‘Aletra L8 EV’ resmi diperkenalkan dan menyatakan siap memasuki persaingan mobil listrik di Tanah Air.

    Aletra L8 EV masuk di bawah payung PT Aletra Mobil Nusantara. Aletra L8 EV merupakan produk hasil kerjasama strategis antara PT Aletra Mobil Nusantara dengan LIVAN Auto, bagian dari Geely Auto Group, menggunakan basis yang sama dengan Geely Jiaji & LIVAN Maple 80V.

    “Hari ini secara resmi kami meluncurkan produk pertama kami di Indonesia, sebuah MPV listrik 7 penumpang terluas di kelasnya Aletra L8 EV dengan harga mulai Rp 415 juta,” ucap Technical Director Aletra, Joko Purwanto saat peluncuran Aletra L8 EV di GJAW 2024.

    Joko menjelaskan Aletra L8 EV memiliki spesifikasi yang berbeda dibandingkan dengan Livan Maple 80V.

    “Sejumlah penyesuaian khusus dari model awal Geely Jiaji & LIVAN Maple 80V sebagai hasil litbang mendalam yang telah dilakukan Aletra untuk konsumen Indonesia. Penyesuaian (redevelopment) mencakup tersebut sejumlah perubahan seperti dimensi diperbesar 106 mm, penambahan jumlah kursi dari 5 ke 7, pemasangan AC double blower dengan 2 kompresor, setir teleskopik, fitur wireless charging, console dashboard yang didesain ulang, ukuran LED display dari 10 inci menjadi 12,4 inci, ukuran velg yang lebih besar menjadi 18 inci, fitur ambient light, serta fitur-fitur lainnya,” penjelasan Joko di atas panggung.

    Aletra L8 EV hadir dalam 2 varian baterai: varian untuk jarak tempuh pendek (Short Range) di 415 Km dan varian untuk jarak tempuh panjang (Long Range) di 540 Km. Varian Long Range dibanderol dengan harga mulai dari Rp 448 juta, dengan teknologi Short Blade Bulletproof Battery berkapasitas 64,7 kWh, dengan garansi baterai 8 tahun/ 500.000 Km. Varian Short Range dibanderol dengan harga mulai dari Rp 415 juta, dengan teknologi LFP Battery dengan kapasitas 50,4 kwh dengan garansi baterai 8 tahun / 200.000 Km.

    “Namun itu merupakan harga perkenalan untuk 200 SPK pertama selama GJAW 2024. Selama GJAW 2024, Aletra L8s EV Rp 458 juta (dengan charger) dan Rp 448 juta (tanpa Charger). Untuk Aletra L8 EV Rp 425 juta (dengan charger), dan Rp 415 juta (tanpa charger),” kata Joko.

    “Untuk normal Price Aletra L8s EV memiliki harga Rp 488 juta (dengan charger) dan Rp 478 juta (tanpa Charger). Untuk Aletra L8 EV Rp 445 juta (dengan charger), dan Rp 435 juta (tanpa charger),” Joko menambahkan.

    Rival BYD M6 ini diklaim memiliki kenyamanan berkendara dan hal tersebut menjadi andalan ALETRA L8 EV. Hal tersebut berkat Teknologi “Active Comfort Suspension” ALETRA L8 EV karena suspensi dirancang secara canggih dapat meredam hentakan saat pengemudi melewati jalanan yang kurang baik. Performa pun tidak perlu diragukan dengan kecepatan tertinggi 160 km/jam, putaran maksimum per menit (maximum rpm)
    12.000 rpm dan waktu kurang dari 11 detik untuk mencapai kecepatan dari 0 ke 100 km/jam.

    Dengan kualitas dan keamanan yang menjadi perhatian utama, sejumlah fitur keamanan telah disematkan di Aletra L8 EV, seperti 4 kantung udara (airbags), ISOFIX (International Standard Organizations Fix) untuk keselamatan anak, ABS (Anti-Lock braking system), EBD (Electronic brake-pressure distribution), BA (Brake assist), TSC (Traction control system), VSC (Vehicle stability control), dan HAC (Hill-start assist control).

    Soal tampilan Aletra L8 EV mengusung sejumlah fitur seperti terdapat atap panoramik, spoiler dengan lampu henti, Lampu depan (headlight) LED dengan DRL (Daylight running light), lampu sambut (welcome light), lampu depan otomatis, lampu follow-me-home, pengatur tinggi lampu depan lampu kabut depan dan belakang, lampu belok (turn assist light), velg alloy aero two-tone 18 inci dan ban Hankook ION EVO performa tinggi.

    Lari ke bagian interior Aletra L8 EV yang tampak berkelas pun tidak kalah menariknya, seperti gagang kemudi dan trim pintu soft panel dengan jahitan-jahitan asli, panel konsol tengah bermotif kayu gelap dengan aksen warna hitam, jok depan elektronik dengan penyesuaian 6 arah, jok captain di baris kedua dengan sandaran tangan, serta penyesuaian roda kemudi miring & teleskopik.

    Selanjutnya penumpang dan pengendara Aletra L8 EV pun dimanjakan dengan fitur-fitur yang mempermudah gaya hidup sehari-hari, seperti pengisian daya nirkabel 50 W yang dilengkapi dengan ventilasi untuk mengurangi panas saat proses charging,, ambient light 72 warna, AC double blower dengan 2 kompresor, jendela otomatis depan belakang, wiper depan dan belakang otomatis, sistem pengelolaan kualitas udara, penyaring udara ion negatif dengan filter 2,5 PM, sistem monitoring
    tekanan ban, kamera 360-derajat, cruise control, sensor parkir belakang, layar sentuh 12,4 inci, 7 pengeras suara, WiFi, Bluetooth, Apple Carplay, dan Android Auto nirkabel.

    (lth/dry)

  • Bawaslu Bengkulu gunakan lima strategi cegah dan awasi TPS rawan

    Bawaslu Bengkulu gunakan lima strategi cegah dan awasi TPS rawan

    Bengkulu (ANTARA) – Badan Pengawas Pemilu(Bawaslu) Provinsi Bengkulu menggunakan lima strategi dalam mencegah dan mengawasi tempat pemungutan suara (TPS) Pilkada Serentak 2024 yang dianggap rawan.

    “Terhadap data TPS rawan, Bawaslu melakukan strategi pencegahan, di antaranya, pertama Bawaslu melakukan patroli pengawasan di wilayah TPS rawan, kemudian melakukan koordinasi dan konsolidasi kepada pemangku kepentingan terkait,” kata Ketua Bawaslu Provinsi Bengkulu Faham Syah di Bengkulu, Jumat.

    Strategi ketiga, lanjut dia yakni melalukan sosialisasi dan pendidikan politik kepada masyarakat. Strategi selanjutnya kolaborasi dengan pemantau pemilihan, pegiat kepemiluan, organisasi masyarakat dan pengawas partisipatif.

    “Kelima, menyediakan posko pengaduan masyarakat di setiap level yang bisa diakses masyarakat, baik secara offline maupun online,” kata dia.

    Bawaslu menurut Faham Syah juga melakukan pengawasan langsung untuk memastikan ketersediaan logistik pemilihan di TPS, pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara sesuai ketentuan, serta akurasi data pemilih dan penggunaan hak pilih.

    Bawaslu juga telah memetakan TPS rawan yang menjadi acuan bagi Bawaslu, KPU, pasangan calon, pemerintah, aparat penegak hukum, pemantau pemilihan, media dan seluruh masyarakat di seluruh tingkatan untuk memitigasi agar pemungutan suara lancar tanpa gangguan yang menghambat pemilihan yang demokratis.
    ​​​​​

    “Hasilnya, terdapat tiga indikator TPS rawan yang paling banyak terjadi, empat indikator yang banyak terjadi, dan 19 indikator yang tidak banyak terjadi namun tetap perlu diantisipasi,” kata dia.

    Pemetaan kerawanan tersebut dilakukan terhadap delapan variabel dan 26 indikator, diambil dari 1.513 kelurahan desa di 129 Kecamatan se-Provinsi Bengkulu yang melaporkan kerawanan TPS di wilayah masing-masing.

    Variabel dan indikator potensi TPS rawan tersebut diantaranya, kata dia tentang penggunaan hak pilih (DPT yang tidak memenuhi syarat, DPTb, potensi DPK, penyelenggara pemilihan di luar domisili, pemilih disabilitas terdaftar di DPT, dan/atau riwayat PSU/PSSU).

    Lebih lanjut, variabel lainnya soal keamanan, tentang riwayat kekerasan, intimidasi dan atau penolakan penyelenggaraan pemungutan suara, politik uang, politisasi SARA, netralitas, logistik, lokasi TPS sulit dijangkau, rawan bencana, dekat lembaga pendidikan, pabrik, posko tim kampanye dan terkait jaringan listrik juga internet.

    “Tiga indikator potensi TPS rawan yang paling banyak terjadi, yakni 1.539 TPS yang terdapat pemilih disabilitas yang terdaftar di DPT. Sebanyak 987 TPS yang terdapat pemilih DPT yang sudah tidak memenuhi syarat dan 686 TPS yang terdapat pemilih pindahan,” kata dia.

    Kemudian, empat indikator potensi TPS rawan yang banyak terjadi, yaitu, pertama 292 TPS yang terdapat kendala jaringan internet di lokasi TPS. Kedua, 266 TPS yang terdapat penyelenggara pemilihan yang merupakan pemilih di luar domisill TPS tempatnya bertugas.

    Ketiga, 235 TPS yang terdapat potensi pemilih memenuhi syarata namun tidak terdaftar di DPT (potensi DPK) dan keempat, 111 TPS sulit dijangkau terkendala geografis dan cuaca.

    Pewarta: Boyke Ledy Watra
    Editor: Guido Merung
    Copyright © ANTARA 2024

  • Ekspor Listrik Bersih ke Singapura, Menteri ESDM: Harus Saling  Menguntungkan

    Ekspor Listrik Bersih ke Singapura, Menteri ESDM: Harus Saling Menguntungkan

    Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia masih mempertimbangkan ekspor listrik berbasis energi baru terbarukan (EBT) ke Singapura. Pemerintah ingin kerja sama tersebut nantinya saling memberi keuntungan.

    Menurutnya, perjanjian ekspor listrik bersih itu harus dibicarakan secara government to government (G2G). Selain itu, dia juga ingin membintangkan Indonesia terlebih dahulu agar lebih unggul di sektor EBT.

    “Nah, Indonesia kita harus memanfaatkan hal-hal yang tidak dimiliki oleh negara lain, keunggulan kompetitif, termasuk dalamnya energi baru terbarukan kita lagi mau bicarakan dulu dengan pemerintah,” jelas Bahlil di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, (22/11/2024).

    Oleh karena itu, Bahlil belum menyetujui kerja sama ekspor listrik kepada Singapura. Sebab, dia juga mempertimbangakn timbal balik dari Negara Singa untuk Indonesia.

    “Jangan mau kita hanya menguntungkan satu negara tertentu kita harus sama-sama win-win [solution]. Negara lain butuh energi kita, tapi kita juga butuh negara lain untuk ada sharing investasi,” ucapnya.

    Adapun, Indonesia telah memiliki kesepakatan kerja sama ekspor listrik hijau dan pengembangan industri panel surya dengan Singapura mencapai US$20 miliar atau setara dengan Rp308 triliun (asumsi kurs Rp15.423 per dolar AS).  

    Dalam agenda International Sustainability Forum (ISF) 2024, otoritas Singapura melalui Energy Market Authority (EMA) memberikan persetujuan bersyarat kepada dua perusahaan Singapura, Total Energies & RGE dan Shell Vena Energy Consorsium, untuk impor listrik rendah karbon dari Indonesia.  

    Sebelumnya, Singapura juga telah memberikan izin impor listrik dari Indonesia kepada lima perusahaan, yaitu Pacific Metcoal Solar Energy, Adaro Solar International, EDP Renewables APAC, Venda RE, dan Kepel Energy. 

    EMA menerbitkan lisensi bersyarat kepada kelima perusahaan tersebut sebagai pengakuan bahwa proyek-proyek ini berada dalam tahap pengembangan lanjutan. Kendati, Bahlil menilai belum ada kesepakatan hitam di atas putih.

    “Belum ada, yang ada cuma MoU, MoU tidak mengikat yah, kesepahaman yah. Oh nggak ada gagal, gagal, semua berpotensi baik-baik saja ya,” ujar Bahlil. 

  • Zeekr Luncurkan 2 Mobil Listrik di Indonesia, Harga Mulai Rp 1 Miliaran

    Zeekr Luncurkan 2 Mobil Listrik di Indonesia, Harga Mulai Rp 1 Miliaran

    Tangerang

    Zeekr resmi meluncurkan dua produk mobil listrik premiumnya di ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024, ICE, BSD-City, Tangerang. Model Zeekr X ditawarkan dengan harga indikatif antara Rp 1,1 – 1,3 milyar. Sementara buat model Zeekr 009 ditawarkan dengan harga indikatif antara Rp. 2,25 – 2,7 milyar.

    “Kami sangat senang melihat minat yang semakin berkembang terhadap kendaraan listrik di Indonesia, dan kami yakin pasar EV di sini akan terus berkembang pesat. Kami bangga menjadi bagian dari perkembangan ini, dan kami percaya bahwa Zeekr akan disambut dengan antusias oleh konsumen Indonesia,” kata Alex Bao Zhuangfei selaku Regional Head of Southeast Asia.

    “Kami sangat bangga dengan pengalaman kami yang panjang dalam industri otomotif dan kini dipercaya oleh Zeekr untuk mengembangkan dan memasarkan kendaraan BEV mewah Zeekr di Indonesia. Kami yakin Zeekr akan menjadi pilihan utama konsumen yang menginginkan kendaraan listrik dengan kualitas premium dan teknologi mutakhir,” timpal Managing Director Premium Auto Prima, Temmy Wiradjaja.

    Sekadar informasi, Zeekr X mengusung gaya SUV. Mobil ini dilengkapi baterai lithium-ion 66 kWh yang menawarkan jarak tempuh hingga 440 km (WLTP) / 540 km (NEDC) hanya dengan sekali pengisian daya.

    Sistem pengisian cepat DC (150 kW) dapat mengisi ulang baterai dari 10-80% dalam waktu 30 menit. Zeekr X dapat berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam 3,8 detik.

    Sementara itu Zeekr 009 merupakan mobil MPV listrik mewah dengan performa tinggi yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan individual yang modern.

    Ditenagai sistem penggerak motor ganda dengan output daya maksimum 450 kW (603 tenaga kuda) dan torsi 693 Nm, Zeekr 009 dapat berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam 4,5 detik. Dengan baterai lithium-ion 116 kWh, kendaraan ini menawarkan jarak tempuh hingga 582 km (WLTP).

    (lua/dry)