Topik: Listrik

  • BTN raih sertifikasi gedung ramah lingkungan

    BTN raih sertifikasi gedung ramah lingkungan

    Kami terus berkomitmen memperkuat penerapan prinsip-prinsip ESG di seluruh lini bisnis

    Jakarta (ANTARA) – Gedung Menara 2 BTN milik PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) meraih sertifikasi Green Building atau gedung ramah lingkungan dengan predikat tertinggi atau Platinum.

    Sertifikasi tersebut diberikan oleh Green Building Council Indonesia (GBCI) yang merupakan anggota resmi dari World Green Building Council.

    Direktur Assets Management BTN Elisabeth Novie Riswanti dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu, mengatakan sertifikasi ini menjadi bukti komitmen perseroan menciptakan operasional dan lingkungan bisnis yang ramah lingkungan.

    “Kami terus berkomitmen memperkuat penerapan prinsip-prinsip ESG di seluruh lini bisnis. Kami berharap sertifikasi ini dapat menjadi motivasi bagi seluruh pegawai BTN untuk berinovasi dan berkontribusi dalam upaya menjaga keseimbangan antara profitabilitas, keberlanjutan, dan tanggung jawab sosial,” ujar Elisabeth.

    Elisabeth melanjutkan perseroan akan terus memastikan pengoperasian gedung Menara 2 BTN untuk selalu mematuhi koridor dan kriteria yang telah ditetapkan oleh GBCI. Gedung yang terletak di Jalan H.R. Rasuna Said No. 1, Jakarta Selatan, itu secara resmi mulai dioperasikan penuh sejak September 2024 dan akan menjadi pusat aktivitas seluruh divisi bisnis BTN.

    “Gedung Menara 2 BTN merupakan salah satu wujud fisik dari transformasi yang terus dilakukan BTN untuk menjadi bank modern yang mampu menjawab kebutuhan nasabah di masa kini dan masa depan. Gedung ini melengkapi eksistensi BTN yang telah konsisten melayani jutaan keluarga Indonesia dalam memiliki rumah idaman mereka sejak pertama kali BTN menyalurkan KPR 48 tahun yang lalu,” tutur Elisabeth.

    Sementara itu, sertifikasi Green Building oleh GBCI adalah sistem sertifikasi yang menilai bangunan yang sudah dibangun dan beroperasi setidaknya satu tahun dengan sejumlah aspek penilaian, di antaranya tata guna lahan, efisiensi dan konservasi energi, pengelolaan sumber daya air yang efisien, penggunaan material bangunan ramah lingkungan, kualitas udara, pencahayaan, dan suhu dalam ruangan, serta praktik pengelolaan gedung yang ramah lingkungan.

    Dari hasil penilaian GBCI, BTN telah melakukan sejumlah upaya untuk menjadikan gedung Menara 2 BTN sebagai gedung ramah lingkungan.

    Berbagai upaya tersebut yakni, penambahan area hijau yang mencapai 32,1 persen, penghematan energi 21,86 persen dengan nilai Intensitas Konsumsi Energi Listrik (IKE) 234,41 kwh per meter persegi per tahun, penghematan air 26,7 persen dengan penggunaan air bersih 36,65 liter per orang per hari, penggunaan material ramah lingkungan, terdapatnya sistem Outdoor Air Introduction, dan berbagai inovasi lainnya terkait penerapan prinsip keberlanjutan.

    Elisabeth menyebut upaya itu memberikan dampak positif bagi lingkungan, manusia, dan ekonomi, sesuai dengan prinsip keberlanjutan. Hal ini pun sejalan dengan komitmen BTN dalam mengimplementasikan prinsip lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan atau Environmental, Social, and Governance (ESG) dalam menjalankan bisnisnya sesuai dengan ESG Roadmap 2023-2028 yang telah dirancang BTN dalam rangka menjadi ESG Champion di industri perbankan Indonesia.

    Berdasarkan kriteria sertifikasi GBCI, predikat Platinum merupakan predikat tertinggi dari empat predikat sertifikasi berupa Platinum, Gold, Silver, dan Certified.

    “Dengan raihan predikat Platinum, Menara 2 BTN menjadi salah satu contoh gedung terbaik dalam sirkulasi udara, pencahayaan, hingga kenyamanan kerja yang dapat meningkatkan produktivitas pegawai,” jelas Chairperson GBCI Ignesjz Kemalawarta.

    Pewarta: Imamatul Silfia
    Editor: Ahmad Wijaya
    Copyright © ANTARA 2024

  • Wujudkan Indonesia Emisi Nol Bersih Lewat Energi Baru Terbarukan

    Wujudkan Indonesia Emisi Nol Bersih Lewat Energi Baru Terbarukan

    Jakarta: Climate Policy Initiative (CPI) meluncurkan kajian terbarunya berupa Dasbor Pembiayaan
    Pembangkit Listrik di Indonesia. Dasbor interaktif ini memetakan seluruh investasi untuk
    pembangkit listrik energi baru terbarukan (EBT) vs bahan bakar fosil di Indonesia, serta
    pendanaan yang mengalir melalui PLN.

    Dikembangkan dengan metode triangulasi berupa konsolidasi dataset dari berbagai sumber
    resmi, dasbor ini menjawab permasalahan akses dan transparansi data investasi sektor
    ketenagalistrikan di Indonesia.

    Fitur interaktif dasbor ini juga memudahkan dalam melihat arus investasi berdasarkan sumber, penggunaan tematik, dan alokasi sektoral sehingga pemangku kepentingan pemerintah dan industri terkait dapat mengidentifikasi titik masuk investasi, kesenjangan pembiayaan, peluang investasi baru, serta perencanaan strategis terkait agenda transisi energi Indonesia menuju emisi nol bersih.

    Rata-rata investasi untuk EBT per tahun (2019-2021) adalah sebesar USD 2,2 miliar, terpaut jauh dari kebutuhan pendanaan sebesar USD 9,1 miliar per tahun hingga tahun 2030 untuk mencapai target iklim Indonesia seperti tercantum pada dokumen ENDC Indonesia.

    Investasi yang mengalir ke EBT juga masih jauh lebih rendah dibandingkan rata-rata investasi untuk bahan bakar fosil sebesar sebesar USD 3,7 miliar per tahun. Sementara, 94% pendanaan bahan bakar fosil berasal dari investor swasta (84% asing, 10% domestik).

    “Ini menunjukkan tren mengkhawatirkan pelonjakan investasi fosil dari swasta, terutama modal asing,” kata Direktur CPI Indonesia Tiza Mafira.

    Menurutnya, membandingkan efisiensi keseluruhan portfolio energi PLN, biaya operasional pembangkit istrik berbahan bakar fosil per unit produksi cukup tinggi, antara lain diesel (Rp. 2211 per Kwh), gas (Rp1402 per Kwh), dan batu bara (Rp526 per Kwh).

    PLN katanya berpeluang menurunkan biaya operasional per unit produksi tenaga surya menjadi Rp296 per Kwh dengan meningkatkan faktor kapasitas pembangkit tenaga suryanya menjadi empat kali lebih tinggi, sehingga setara dengan rata-rata faktor kapasitas pembangkit tenaga surya di Asia Tenggara.

    Meskipun ada gap yang signifikan antara realisasi nilai investasi EBT dan komitmen iklim
    Indonesia, temuan kunci tersebut juga menunjukkan peluang strategis mengalihkan arus
    investasi menuju perekonomian berkelanjutan dan rendah karbon bagi Indonesia.

    Ia melanjutkan Indonesia memerlukan visibilitas mengenai apakah kebijakan energi saat ini sudah cukup mempercepat investasi hijau. Data menunjukkan bahwa total investasi pada pembangkit listrik berbahan bakar fosil hampir dua kali lipat dari total investasi pada pembangkit listrik EBT.

    “Ada peluang yang sangat besar untuk memikirkan kembali dan mengalihkan arus investasi
    tersebut, terutama dari lembaga keuangan swasta internasional sebagai kontributor terbesar.
    Dengan memanfaatkan data investasi yang komprehensif di dasbor kami, kebijakan dan
    investasi dapat dioptimalkan untuk membangun masa depan yang aman, kompetitif, dan rendah
    karbon bagi Indonesia,” tutupnya.

    Jakarta: Climate Policy Initiative (CPI) meluncurkan kajian terbarunya berupa Dasbor Pembiayaan
    Pembangkit Listrik di Indonesia. Dasbor interaktif ini memetakan seluruh investasi untuk
    pembangkit listrik energi baru terbarukan (EBT) vs bahan bakar fosil di Indonesia, serta
    pendanaan yang mengalir melalui PLN.
     
    Dikembangkan dengan metode triangulasi berupa konsolidasi dataset dari berbagai sumber
    resmi, dasbor ini menjawab permasalahan akses dan transparansi data investasi sektor
    ketenagalistrikan di Indonesia.
     
    Fitur interaktif dasbor ini juga memudahkan dalam melihat arus investasi berdasarkan sumber, penggunaan tematik, dan alokasi sektoral sehingga pemangku kepentingan pemerintah dan industri terkait dapat mengidentifikasi titik masuk investasi, kesenjangan pembiayaan, peluang investasi baru, serta perencanaan strategis terkait agenda transisi energi Indonesia menuju emisi nol bersih.
    Rata-rata investasi untuk EBT per tahun (2019-2021) adalah sebesar USD 2,2 miliar, terpaut jauh dari kebutuhan pendanaan sebesar USD 9,1 miliar per tahun hingga tahun 2030 untuk mencapai target iklim Indonesia seperti tercantum pada dokumen ENDC Indonesia.
     
    Investasi yang mengalir ke EBT juga masih jauh lebih rendah dibandingkan rata-rata investasi untuk bahan bakar fosil sebesar sebesar USD 3,7 miliar per tahun. Sementara, 94% pendanaan bahan bakar fosil berasal dari investor swasta (84% asing, 10% domestik).
     
    “Ini menunjukkan tren mengkhawatirkan pelonjakan investasi fosil dari swasta, terutama modal asing,” kata Direktur CPI Indonesia Tiza Mafira.
     
    Menurutnya, membandingkan efisiensi keseluruhan portfolio energi PLN, biaya operasional pembangkit istrik berbahan bakar fosil per unit produksi cukup tinggi, antara lain diesel (Rp. 2211 per Kwh), gas (Rp1402 per Kwh), dan batu bara (Rp526 per Kwh).
     
    PLN katanya berpeluang menurunkan biaya operasional per unit produksi tenaga surya menjadi Rp296 per Kwh dengan meningkatkan faktor kapasitas pembangkit tenaga suryanya menjadi empat kali lebih tinggi, sehingga setara dengan rata-rata faktor kapasitas pembangkit tenaga surya di Asia Tenggara.
     
    Meskipun ada gap yang signifikan antara realisasi nilai investasi EBT dan komitmen iklim
    Indonesia, temuan kunci tersebut juga menunjukkan peluang strategis mengalihkan arus
    investasi menuju perekonomian berkelanjutan dan rendah karbon bagi Indonesia.
     
    Ia melanjutkan Indonesia memerlukan visibilitas mengenai apakah kebijakan energi saat ini sudah cukup mempercepat investasi hijau. Data menunjukkan bahwa total investasi pada pembangkit listrik berbahan bakar fosil hampir dua kali lipat dari total investasi pada pembangkit listrik EBT.
     
    “Ada peluang yang sangat besar untuk memikirkan kembali dan mengalihkan arus investasi
    tersebut, terutama dari lembaga keuangan swasta internasional sebagai kontributor terbesar.
    Dengan memanfaatkan data investasi yang komprehensif di dasbor kami, kebijakan dan
    investasi dapat dioptimalkan untuk membangun masa depan yang aman, kompetitif, dan rendah
    karbon bagi Indonesia,” tutupnya.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (WHS)

  • Pemerintah Beri Bocoran Gas Murah Industri (HGBT) Berlanjut Tahun Depan

    Pemerintah Beri Bocoran Gas Murah Industri (HGBT) Berlanjut Tahun Depan

    Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah membuka peluang melanjutkan kebijakan harga gas bumi tertentu (HGBT) sebesar US$6 per MMbtu untuk industri yang sedianya akan berakhir pada 2024.

    Asisten Deputi Pengembangan Industri Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Eko Harjanto menjelaskan bahwa pertimbangan perpanjangan HGBT saat ini sedang menunggu hasil audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

    “Pertimbangan HGBT diperpanjang untuk mendorong daya saing industri dalam negeri, khususnya industri petrokimia. Sebelum berakhir pemerintahan yang lalu, BPKP sudah diminta segera mengaudit,” ujar Eko dalam diskusi Bisnis Indonesia Forum: Dukungan Pemerintah Baru Genjot Manufaktur Petrokimia, dikutip Sabtu (23/11/2024).

    Adapun, kebijakan HGBT dirilis sejak medio 2020. Saat ini, terdapat tujuh sektor industri penerima manfaat, yaitu pupuk, petrokimia, oleokimia, baja, keramik, kaca, dan sarung tangan karet. Namun, pihak Kementerian Perindustrian masih membuka peluang sektor industri penerima HGBT bisa diperluas.

    Khusus dalam konteks pengembangan industri petrokimia, HGBT diperlukan demi mengatasi salah satu kelemahan Indonesia yang terbilang kurang kompetitif dari sisi biaya utilitas. Bukan hanya gas, biaya listrik dan air pun sama.

    Berdasarkan Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) teranyar, tampak bahwa sektor industri petrokimia merupakan penikmat HGBT terbanyak nomor tiga, yaitu 64 perusahaan. Adapun, industri keramik menjadi yang paling banyak dengan 81 perusahaan, disusul industri baja sebanyak 71 perusahaan.

    Sekretaris Jenderal Asosiasi Olefin, Aromatik dan Plastik Indonesia (Inaplas) Fajar Budiono membenarkan bahwa secara umum tingkat harga produk Indonesia cukup dapat bersaing. Namun, porsi biaya overhead dan interest terbilang tinggi ketimbang negara produsen petrokimia hulu lain.

    “Sebenarnya Indonesia sudah lumayan bisa bersaing, tapi kalau nanti diganggu dengan harga gas yang lebih tinggi, tentu sulit untuk bisa berkompetisi,” jelasnya.

  • KAI Raih Peringkat Emas Ajang "SNI Award 2024"
                
                    
                        
                            Nasional
                        
                        23 November 2024

    KAI Raih Peringkat Emas Ajang "SNI Award 2024" Nasional 23 November 2024

    KAI Raih Peringkat Emas Ajang “SNI Award 2024”
    Penulis
    KOMPAS.com –

    KAI
    kembali mencetak prestasi dengan meraih Peringkat Emas pada
    SNI
    Award 2024 dalam kategori Organisasi Besar Jasa yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada Kamis, 21 November 2024.
    Penghargaan ini menjadi bentuk pengakuan atas komitmen KAI dalam menerapkan standar terbaik di industri transportasi.
    Mengusung tema “Standardisasi untuk Transformasi Ekonomi yang Berkelanjutan,” SNI Award 2024 diikuti oleh 251 organisasi dari berbagai sektor. Setelah proses seleksi dan penilaian ketat, hanya 69 organisasi yang dinyatakan layak menerima penghargaan.
    Tahun ini, penghargaan diberikan langsung oleh Wakil Menteri Perindustrian RI, Faisol Riza, yang turut mengapresiasi upaya BSN dalam mendukung revitalisasi industri dan pengembangan sektor prioritas.
    Ketua Dewan Juri SNI Award 2024, Hariyadi B. Sukamdani menjelaskan, penilaian menitikberatkan pada kontribusi organisasi dalam standardisasi, aspek keberlanjutan (sustainability), digitalisasi, ekonomi sirkular, dan tata kelola
    ESG
    (Environmental, Social, and Governance).
    Pada kesempatan terpisah, Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo mengatakan KAI berhasil meraih penghargaan ini karena KAI telah menerapkan manajemen organisasi yang baik serta terus bertransformasi menyesuaikan perubahan.
    Transformasi dilakukan antara lain melalui pengelolaan Sistem Manajemen ISO yang dikelola Unit Quality Assurance and Good Corporate Governance serta komitmen menerapkan tata kelola perusahaan dan menekankan aspek keberlanjutan yang menjadi bagian penilaian SNI Award 2024.
    “Kami terus berkomitmen menghadirkan layanan transportasi yang tidak hanya aman dan nyaman, tetapi juga berkelanjutan. Penghargaan ini menjadi bukti nyata bahwa KAI konsisten mengimplementasikan best practices di bidang standardisasi dan keberlanjutan,” tegas Didiek.
    KAI yang termasuk ke dalam kategori Organisasi Besar Jasa mendapatkan penghargaan ini karena dinilai telah memenuhi kriteria pada kontribusi organisasi dalam standardisasi dan penilaian kesesuaian serta aspek keberlanjutan (sustainability), digitalisasi, ekonomi sirkular, juga tata kelola ESG (Environmental, Social, and Governance).
    “Dengan berbagai inovasi yang telah terstandardisasi dan mempertimbangkan aspek keberlanjutan, KAI terus bertransformasi sebagai pionir transportasi untuk masa depan di Indonesia,” kata Didiek.
    Sebagai wujud komitmen terhadap keberlanjutan, KAI terus menghadirkan berbagai inovasi yang mendukung pelestarian lingkungan sekaligus meningkatkan efisiensi operasional. Salah satu langkah signifikan adalah penyediaan water station di 23 kereta api jarak jauh.
    Fasilitas ini dirancang untuk mendorong pelanggan menggunakan tumbler, sehingga mengurangi ketergantungan pada botol plastik sekali pakai yang sulit terurai.
    KAI juga memanfaatkan energi terbarukan dengan mengimplementasikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di sejumlah stasiun dan perkantoran. Inisiatif ini tidak hanya mengurangi emisi karbon, tetapi juga menjadi bagian dari upaya perusahaan untuk memanfaatkan sumber energi yang lebih ramah lingkungan.
    Selain itu, KAI mengadopsi sistem face recognition untuk menggantikan tiket fisik berbahan kertas pada proses boarding. Teknologi ini tidak hanya meningkatkan kenyamanan pelanggan, tetapi juga membantu mengurangi limbah kertas.
    “Kami ingin membangun ekosistem transportasi yang tidak hanya aman dan nyaman dalam layanan, tetapi juga mendukung keberlanjutan lingkungan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat. Ini adalah visi kami untuk menjadikan KAI sebagai pilihan utama masyarakat, selaras dengan prinsip Safety and Sustainability,” tutup Didiek.
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Nggak Cuma Penuhi Regulasi, Laporan Keberlanjutan Jadi Masa Depan SIG

    Nggak Cuma Penuhi Regulasi, Laporan Keberlanjutan Jadi Masa Depan SIG

    Jakarta: PT Semen Indonesia Tbk (SIG) terus bergerak maju dan menghadapi tantangan guna mewujudkan pembangunan berkelanjutan. Langkahnya dengan berpijak pada konsep keberlanjutan.
     
    Komitmen SIG terhadap keberlanjutan tercermin dalam Sustainability Roadmap SIG 2030 tentang strategi bisnis Perusahaan yang menjunjung nilai etika dan tanggung jawab meliputi tiga pilar keberlanjutan, yaitu mendorong solusi dan inovasi berkelanjutan, perlindungan terhadap lingkungan, dan menciptakan nilai untuk karyawan dan komunitas.
     
    Laporan keberlanjutan merupakan bentuk transparansi dan akuntabilitas SIG dalam melaporkan kinerja keberlanjutan Perusahaan, yang meliputi aspek ekonomi, lingkungan, sosial, serta tata kelola.
    “Bagi SIG, laporan keberlanjutan tidak sebatas untuk memenuhi regulasi, tetapi juga sebagai media informasi bagi para pemangku kepentingan tentang strategi, target, langkah ke depan, serta proyeksi atas kinerja operasional dan kondisi usaha SIG di masa mendatang,” kata Direktur Operasi SIG Reni Wulandari, dalam keterangan tertulis, Jumat, 22 November 2024.
     
    Reni menambahkan, operasional berbasis keberlanjutan menjadi keharusan untuk meningkatkan keunggulan yang mendukung pertumbuhan kinerja dan ketahanan bisnis Perusahaan di masa mendatang.
     
    Pertambangan ramah lingkungan

    Di tengah isu perubahan iklim yang mengakibatkan cuaca ekstrem, SIG terus berinovasi untuk menjalankan operasional yang ramah lingkungan melalui Production Excellence. Dimulai dari kegiatan pertambangan, SIG mengimplementasikan kaidah teknik pertambangan yang baik secara konsisten dengan mengutamakan keselamatan dan kesehatan pekerja, kelestarian lingkungan, serta kesejahteraan masyarakat sekitar tambang.
     
    Komitmen menjalankan pertambangan berkelanjutan, membawa SIG meraih 16 Penghargaan Good Mining Practice 2024 dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).
     
    SIG juga menjalankan proses produksi yang berkelanjutan dengan menerapkan prinsip ekonomi sirkular, salah satunya diwujudkan melalui penggunaan bahan bakar alternatif dari limbah pertanian dan industri, sampah perkotaan (municipal solid waste) yang diolah menjadi refuse-derived fuel (RDF), biomassa, serta sumber lainnya, untuk menggantikan hingga 20 persen penggunaan bahan bakar batu bara pada 2030.
     
     

     
    Selain itu, inisiatif penggunaan bahan bakar alternatif telah membantu Perusahaan dalam mereduksi emisi CO2 per ton semen yang di produksi hingga 38 persen lebih rendah dibandingkan semen konvensional. Fokus SIG dalam mereduksi emisi CO2, juga dilakukan melalui penggunaan hydrogen injection untuk optimalisasi proses pembakaran di kiln semen, sehingga meningkatkan produktivitas dan efisiensi energi termal dan listrik.
     
    Kemudian mengembangkan energi terbarukan melalui penggunaan panel surya untuk substitusi energi listrik pada unit-unit operasional, dan optimasi gas panas buang dari proses produksi semen (Waste-Heat Recovery Power Generation).
     
    Berkat berbagai upaya yang telah dilakukan, hingga 2023 SIG berhasil menurunkan 17,37 persen intensitas emisi CO2 cakupan 1 (dari operasional) dibandingkan baseline 2010. Sedangkan pada cakupan 2 (penggunaan energi tidak langsung) berhasil diturunkan 5,22 persen dari baseline 2019.
     
    “Operasional bisnis yang berorientasi pada keberlanjutan adalah sebuah keharusan untuk meningkatkan keunggulan dan daya saing Perusahaan, terutama dalam menghadapi situasi sosial, ekonomi dan politik yang dinamis. Dengan keberlanjutan, SIG siap mengubah tantangan menjadi peluang untuk pertumbuhan kinerja yang berkelanjutan dan memberikan nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan,” jelas Reni.
     
    Pemeringkatan laporan keberlanjutan

    Di sisi lain, SIG telah meraih peringkat Gold dalam pemeringkatan laporan keberlanjutan (sustainability report), Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2024, yang dilakukan oleh National Center for Corporate Reporting bekerja sama dengan Institute of Certified Sustainability Practitioners.
     
    Anak usaha SIG, Semen Baturaja, juga berhasil meraih peringkat Gold pada ajang yang sama. SIG dinilai telah menyajikan laporan keberlanjutan secara transparan dan akuntabel, serta memenuhi standar The Global Reporting Initiative (GRI) 2021, organisasi internasional yang menyediakan standar laporan keberlanjutan. 
     
    Penghargaan diterima oleh Direktur Operasi SIG, Reni Wulandari pada ajang ASRRAT Award 2024 di Raffles Hotel Jakarta, pada Kamis, 21 November 2024. ASRRAT Award merupakan ajang apresiasi bagi perusahaan dan institusi atas kualitas laporan keberlanjutan dan komitmen terhadap praktik terbaik dalam tata kelola berkelanjutan.
     
    Pada 2024, ASRRAT diikuti oleh 70 organisasi, baik perusahaan dari sektor swasta dan publik, maupun institusi perguruan tinggi. Para peserta tidak hanya berasal dari Indonesia, tetapi juga luar negeri seperti Bangladesh dan Filipina. Penilaian dilakukan oleh para assessor kompeten yang berasal dari akademisi dan praktisi ahli.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (AHL)

  • Harga Baru Diumumkan, Mobil Listrik Chery J6 Sudah Laku Segini di RI

    Harga Baru Diumumkan, Mobil Listrik Chery J6 Sudah Laku Segini di RI

    Jakarta

    PT Chery Sales Indonesia (CSI) baru saja mengumumkan harga resmi Chery J6 di pameran Gaikindo Jakarta Auto Week atau GJAW 2024. Meski demikian, keran pemesanan mobil listrik bergaya petualang tersebut sudah dibuka sejak Agustus kemarin.

    Menariknya, sudah ada ratusan unit yang terpesan melalui skema prebook. Hal itu membuktikan, konsumen melakukan pemesanan tanpa mengetahui harga resminya.

    “Sejauh ini pemesanan sudah mencapai 300-an unit dari yang pertama kali ditampilkan di GIIAS 2024,” ujar Budi Darmawan Jantania selaku Direktur Pemasaran PT CSI di ICE BSD, Tangerang Selatan, Jumat (22/11).

    Chery J6 Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

    Budi menegaskan, pengiriman unit akan dilakukan secara bertahap mulai bulan depan. Konsumen yang melakukan pemesanan pada Agustus 2024 tentu akan didahulukan. Produknya berstatus completely knock down atau dirakit terurai di pabrik Bekasi, Jawa Barat.

    “Pengiriman pertama Desember, kita wholesales akhir bulan ini dan delivery Desember,” kata dia.

    Ketika produksi sudah berjalan dengan normal, Budi menargetkan, ada 500 unit Chery J6 yang terjual setiap bulan. Dia menyimpan keyakinan tinggi lantaran mobil tersebut membuka segmen baru di pasar kendaraan listrik Indonesia.

    Chery J6 tersedia dalam empat varian berbeda, yakni RWD, i-WD, RWD Phantom dan i-WD Phantom. Khusus untuk varian dengan embel-embel ‘Phantom’, stoknya hanya tersedia 300 unit.

    Spesifikasi Chery J6

    Secara tampilan, Chery J6 mengusung desain serba mengotak khas kendaraan segala medan. Mobil listrik tersebut menggunakan bodi alumunium yang bobotnya diklaim ringan sehingga punya handling mumpuni.

    Chery J6 Foto: (Septian Farhan Nurhuda/detikOto)

    Chery J6 punya dimensi panjang 4.338 mm, tinggi 1.855 mm dan ground clearance 200 mm. Mobil nonemisi tersebut cukup kompak untuk difungsikan sebagai kendaraan off road.

    Chery J6 RWD menggunakan motor listrik dengan muntahan tenaga 184 PS dan torsi 220 NM. Kemudian baterainya 65,6 kwh dengan jangkauan maksimum 426 km.

    Sedangkan varian i-WD dirancang lebih bertenaga dengan motor listrik yang mampu menghasilkan daya 279 PS dan torsi 165-220 Nm. Sementara baterainya 69,7 kwh dengan konsumsi yang lebih boros, yakni 418 km dalam kondisi full.

    Fiturnya juga tak main-main, pabrikan sudah membekalinya dengan kursi penumpang yang bisa memijat, electric panoramic sunroof, headunit digital, 12 pengeras suara Harman Infinity, enam kantung udara, 14 ADAS (advanced driving assistant system) dan masih banyak lagi.

    Berikut Harga Chery J6RWD – Rp 498 jutaRWD Phantom – Rp 548 jutai-WD – Rp 558 jutai-WD Phantom – Rp 608 juta.

    (sfn/dry)

  • Wuling Kasih Diskon Mobil Listrik sampai 50%, Bisa Dapat BinguoEV Gratis!

    Wuling Kasih Diskon Mobil Listrik sampai 50%, Bisa Dapat BinguoEV Gratis!

    Jakarta

    Wuling Motors menawarkan program penjualan akhir tahun Year End Sale (YES) di Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024. Salah satu programnya adalah diskon sampai 50 persen untuk pembeli mobil listrik yang beruntung.

    Di GJAW 2024, Wuling membawa beragam promo istimewa. Mulai dari Worry-Free Bersama Wuling EV, Berani Lebih Bersama Wuling SUV, Lucky Dip dengan aneka hadiah menarik, bunga ringan, gratis asuransi sampai dengan undian yang berhadiah utama Wuling BinguoEV.

    “Berbagai promo begitu menarik, mulai dari DP rendah mulai dari Rp 16 juta, bunga ringan mulai dari 0 persen hingga 2 tahun dan juga gratis asuransi. Paket YES ini menawarkan total benefit hingga Rp 72 juta,” kata Ricky Christian selaku Marketing Operation Director Wuling Motors di GJAW 2024 yang digelar di ICE, BSD, Tangerang.

    Dalam rangkaian promo Year End Sale, Wuling menawarkan program Worry-Free Bersama Wuling EV. Program ini terdiri dari Lifetime EV Core Components Warranty, Wuling memberikan jaminan seumur hidup untuk tiga komponen utama EV. Ditambah lagi penawaran lain berupa gratis jasa dan suku cadang hingga 15,5 tahun atau 155.000 kilometer, serta gratis charging device AC 7 kW termasuk pemasangannya. Khusus bagi pembelian Air ev, terdapat voucher listrik senilai Rp 2 juta untuk penggunaan selama satu tahun.

    Kemudian, konsumen yang membeli produk Wuling selama pameran berlangsung juga berkesempatan memenangkan hadiah utama berupa 1 unit BinguoEV. Konsumen beruntung juga bisa menikmati diskon hingga 50 persen untuk pembelian BinguoEV.

    “Program ini dapat dinikmati secara nasional maupun di pameran ini dan akan berlangsung hingga akhir tahun, pengundian akan dilakukan di awal tahun depan,” kata Ricky.

    Di samping itu, khusus untuk pembelian BinguoEV dan Cloud EV selama periode program Year End Sale dan juga di pameran GJAW, konsumen bisa mendapatkan gratis DC Adapter dan penggunaan DC Charging hingga September 2025.

    Bagi konsumen yang membeli seri Almaz dan Alvez, Wuling menawarkan program bertajuk ‘Berani Lebih Bersama Wuling SUV.’ Program ini hadir dengan berbagai manfaat seperti Resale Value Guarantee yang memastikan pemilik Almaz dan Alvez dapat memperoleh kembali 70 persen dari harga pembelian ketika menjual mobil di tahun ketiga. Syaratnya, pemilik melakukan perawatan rutin di bengkel resmi dan tidak memodifikasi kendaraan.

    Wuling pun menyediakan biaya jasa perawatan gratis hingga 8 tahun atau 100.000 km serta garansi seumur hidup untuk komponen inti pada kendaraan hybrid yang terdiri dari motor control unit, motor listrik dan baterai.

    “Kami dengan bangga menghadirkan terobosan baru yang menjadikan Wuling sebagai pelopor garansi seumur hidup untuk komponen inti kendaraan hybrid. Program ini dirancang khusus untuk memberikan perlindungan khusus bagi konsumen New Almaz RS Hybrid,” kata Maulana Hakim, Aftersales Director Wuling Motors.

    Garansi seumur hidup untuk komponen inti New Almaz RS Hybrid berlaku bagi unit kepemilikan tangan pertama yang digunakan secara pribadi, dengan pemakaian tidak lebih dari 30.000 kilometer per tahun, serta wajib menjalani perawatan berkala di bengkel resmi menggunakan suku cadang asli. Garansi tidak berlaku jika komponen inti mengalami kerusakan akibat modifikasi, tabrakan, atau kecelakaan yang berdampak langsung pada komponen tersebut.

    (rgr/dry)

  • PLN salurkan 1,1 juta VA kepada KSO untuk dukung hilirisasi industri

    PLN salurkan 1,1 juta VA kepada KSO untuk dukung hilirisasi industri

    Palangka Raya (ANTARA) – PLN menyalurkan listrik dengan daya 1,1 juta volt ampere (VA) kepada PT Khatulistiwa Sinergi Omnidaya (KSO) sebagai bentuk dukungan untuk hilirisasi industri kelapa sawit di Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah.

    General Manager PLN UID Kalselteng Ahmad Syauki dikonfirmasi dari Palangka Raya, Sabtu, mengatakan bahwa dengan daya sebesar 1.110.000 VA, pasokan listrik dari PLN ini diharapkan mampu meningkatkan produktivitas perusahaan itu secara signifikan.

    “Kami percaya bahwa keandalan pasokan listrik akan menjadi faktor kunci dalam mendukung efisiensi dan produktivitas industri kelapa sawit,” katanya.

    Dia menambahkan bahwa dengan suplai listrik sebesar 1,1 juta VA ini, perusahaan tersebut dapat memaksimalkan kapasitas produksinya, sekaligus memperkuat kontribusi terhadap perekonomian daerah.

    Pewarta: Rendhik Andika
    Editor: Bambang Sutopo Hadi
    Copyright © ANTARA 2024

  • 4 Momok Ini Bakal Gerus Uang Warga RI di 2025, dari BPJS hingga PPN

    4 Momok Ini Bakal Gerus Uang Warga RI di 2025, dari BPJS hingga PPN

    Daftar Isi

    Jakarta, CNBC Indonesia – Tahun depan, masyarakat Indonesia diprediksi menghadapi tekanan ekonomi yang semakin besar. Beban biaya hidup akan meningkat seiring dengan rencana kenaikan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan tarif cukai minuman manis.

    Kondisi ini berpotensi memperburuk kemampuan menabung masyarakat, seperti yang terlihat dari data Bank Indonesia (BI), di mana survei konsumen menunjukkan proporsi tabungan terus mengalami penurunan.

    Pada Oktober 2024, proporsi tabungan berada di angka 15%. Angka ini lebih rendah dibandingkan periode sebelumnya yakni September dan Agustus 2024 yang masing-masing di angka 15,3% dan 15,7%.

    Berikut beberapa kenaikan biaya yang harus ditanggung masyarakat Indonesia tahun depan:

    Kenaikan PPN 12%

    Dikabarkan, pemerintah akan menaikkan PPN menjadi 12% mulai 1 Januari 2025. Kebijakan tersebut adalah mandat dari Undang-undang Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (HPP).

    PPN 12% akan dikenakan terhadap seluruh barang dan jasa kecuali barang kebutuhan pokok, jasa kesehatan, jasa pendidikan, jasa pelayanan sosial, dan beberapa jenis jasa lainnya, diberikan fasilitas pembebasan PPN.

    Kenaikan PPN tentu saja dapat mendorong peningkatan beban terhadap masyarakat kelas menengah hingga bawah mengingat mereka harus membayar lebih mahal barang yang mereka beli mulai baju, pulsa, hingga makanan.

    Tarif BPJS Kesehatan Makin Mahal

    Iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan berpotensi naik pada 2025. Hal ini tertera dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 59 Tahun 2024 tentang Jaminan Kesehatan.

    Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti menjelaskan, dalam Pasal 103B Ayat 8 mengatur bahwa penetapan iuran, manfaat, dan tarif pelayanan ditetapkan paling lambat 1 Juli 2025.

    “Anda baca di Perpres 59. Dievaluasi, lalu nanti di maksimum 1 Juli 2025. Nah, itu iurannya kemudian tarif dan manfaatnya akan ditetapkan,” kata Ghufron usai Rapat Dengar Pendapat (RDP) Dewan Pengawas dan Direktur Utama BPJS Kesehatan dengan Komisi IX DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, dikutip Selasa (19/11/2024).

    Saat ini, Ghufron pun belum dapat memastikan apakah iuran peserta JKN akan naik atau tetap. Sebab, pihak yang berwenang untuk menetapkan hal tersebut bukan BPJS Kesehatan, tapi pemerintah.

    Namun, ia menegaskan bahwa BPJS Kesehatan ingin penetapan terkait iuran, manfaat, dan tarif pelayanan disesuaikan dengan berbagai pertimbangan, termasuk politik hingga kemampuan membayar.

    Ancaman kenaikan tarif BPJS Kesehatan dapat menambah beban masyarakat saat ini.

    Harga BBM Makin Melonjak

    Total anggaran subsidi energi yang telah disepakati kini menjadi sebesar Rp 203,4 triliun, dari rancangan awal sebesar Rp 204,5 triliun. Artinya ada penurunan anggaran subsidi energi Rp 1,1 triliun.

    Untuk subsidi jenis BBM tertentu dan LPG tabung 3 kg anggarannya turun Rp 600 miliar dari Rp 114,3 triliun menjadi Rp 113,7 triliun. Terdiri dari Subsidi jenis BBM tertentu yang anggarannya turun Rp 40 miliar dan subsidi LPG tabung 3 kg yang turun Rp 600 miliar.

    Sementara itu, khusus untuk subsidi listrik juga turun Rp 500 miliar, dari rancangan semula sebesar Rp 90,2 triliun menjadi hanya sebesar Rp 89,7 triliun.

    Kepala Centre of Food, Energy and Sustainable Development INDEF, Abra El Talattov menilai pemerintah harus berani mengubah skema pemberian subsidi bahan bakar minyak (BBM) dari yang semula berbasis produk atau harga menjadi berbasis individu atau rumah tangga.

    Ia memastikan bahwa perubahan mekanisme ini tidak hanya dapat mengurangi kebocoran subsidi, tetapi juga memberikan ruang bagi SPBU, termasuk Pertamina dan pesaingnya untuk menawarkan harga BBM yang lebih kompetitif.

    Dengan demikian, masyarakat dapat memilih BBM berdasarkan kualitas dan harga yang wajar. Sementara mereka yang layak menerima subsidi akan mendapatkan potongan langsung dari harga jual.

    Minuman Manis Makin Mengikis Kantong

    Pemerintah berencana memberlakukan cukai Minuman Berpemanis Dalam Kemasan (MBDK) secara terbatas pada tahun 2025. Dia menyebut cukai ini akan diterapkan secara konservatif.

    Pemerintah menyebut pengenaan cukai terhadap MBDK dimaksudkan untuk mengendalikan konsumsi gula atau pemanis yang berlebihan. Industri akan didorong untuk mereformulasi produk MBDK yang rendah gula.

    Dalam dokumen Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2025 pemerintah mengusulkan target penerimaan cukai sebesar Rp 244,2 triliun atau tumbuh 5,9%. Penerimaan itu akan bersumber salah satunya dari barang kena cukai baru, yakni MBDK.

    Hal ini mendorong jajanan pada minuman manis akan mengalami kenaikan.

    (luc/luc)

  • Ini Tampang Mobil Zeekr yang Dibanderol Mulai Rp 1 Miliaran

    Ini Tampang Mobil Zeekr yang Dibanderol Mulai Rp 1 Miliaran

    Foto Oto

    Rifkianto Nugroho – detikOto

    Sabtu, 23 Nov 2024 13:00 WIB

    Tangerang – Zeekr meluncurkan dua mobil listrik premiumnya di GJAW. Zeekr X ditawarkan dengan harga antara Rp 1,1-1,3 miliar. Sementara Zeekr 009 seharga Rp 2,25-2,7 miliar