Topik: Listrik

  • Duh! Ojol Ancam Mogok Kerja Nasional Andai Tak Dapat Subsidi BBM

    Duh! Ojol Ancam Mogok Kerja Nasional Andai Tak Dapat Subsidi BBM

    Jakarta

    Asosiasi ojek online (ojol) Garda Indonesia telah mendengar pernyataan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bahlil Lahadalia mengenai pembatasan BBM subsidi untuk ojol yang belum final. Meski demikian, mereka tetap akan memantau perkembangannya.

    Ketua Umum Garda Indonesia, Igun Wicaksono mengatakan, jika ojol benar-benar dilarang isi BBM subsidi, maka pihaknya tetap akan melakukan aksi besar-besaran di jalanan. Bukan hanya itu, dia memastikan, ada mogok kerja secara nasional!

    “Apapun finalnya, jika subsidi BBM bagi ojol dicabut dengan alasan apapun, tetap akan kami lawan dan kami pastikan akan terjadi gelombang unjuk rasa maupun mogok kerja nasional di berbagai daerah di seluruh Indonesia,” ujar Igun kepada detikOto, Sabtu (30/11).

    Driver ojek online (ojol) se-Jabodetabek menggelar aksi di kawasan Patung Kuda, Jakarta, Kamis (29/8/2024). Foto: Ari Saputra

    Diberitakan detikOto sebelumnya, Menteri ESDM Bahlil Lahadalia merespons kecaman publik soal ojek online (ojol) tak masuk kriteria penerima subsidi BBM. Dia menegaskan, rencana tersebut masih dalam tahap pematangan alias belum final.

    “Saya kan sudah bilang kemarin masih di-exercise ya, nanti tunggu exercise selesai baru kita bisa umumkan. Lagi meng-exercise, belum ada keputusan final. Yang jelas kita akan membuat adil semuanya,” katanya di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (29/11).

    Bahlil memastikan, dia sudah melaporkan skema penyaluran subsidi energi kepada Presiden Prabowo Subianto. Salah satunya penyaluran dalam bentuk bantuan langsung tunai (BLT).

    Kini, dia masih menunggu data keluarga penerima subsidi energi baik listrik dan BBM yang diolah Badan Pusat Statistik (BPS). Dalam BLT tersebut katanya sudah mencakup subsidi listrik dan BBM.

    “Di situ kita akan dorong agar penerima BLT harus menyisihkan sebagian untuk membayar listrik dan sebagian untuk membayar kompensasi daripada BBM,” kata dia.

    (sfn/sfn)

  • Pesawat Antariksa Aditya Berhasil Awasi Bahaya Matahari

    Pesawat Antariksa Aditya Berhasil Awasi Bahaya Matahari

    New Delhi

    India punya program antariksa yang telah menggelar beragam misi, salah satunya Aditya-L1, pesawat yang mengamati Matahari. Para ilmuwan di India telah melaporkan hasil signifikan pertama dari Aditya-L1 yang diterbangkan pada tahun 2023 itu. Aditya pun disebut lebih unggul dari pesawat sejenis.

    Pengamatan Aditya-L1 terhadap aktivitas Matahari yang lebih presisi, dapat membantu menjaga jaringan listrik dan satelit komunikasi tidak rusak saat aktivitas Matahari mengancam infrastruktur di Bumi dan luar angkasa.

    Di 16 Juli, instrumen ilmiah terpenting Aditya-L1, yaitu Visible Emission Line Coronagraph, atau Velc, menangkap data yang membantu memperkirakan waktu yang tepat ejeksi massa koronal (CME) dimulai, pemicu Badai Matahari.

    Mempelajari CME, bola api besar yang keluar dari lapisan korona terluar Matahari, adalah tujuan penting misi surya perdana India ini. “CME bisa berbobot hingga setriliun kg dan bisa mencapai kecepatan 3.000 km per detik saat melaju. Ia dapat bergerak ke segala arah, termasuk ke Bumi,” kata Prof R Ramesh dari Institut Astrofisika India yang merancang Velc.

    “Sekarang bayangkan bola api besar ini melesat ke Bumi. Pada kecepatan tertingginya, perlu waktu sekitar 15 jam menempuh jarak Bumi-Matahari sejauh 150 juta km,” imbuhnya, dikutip detikINET dari BBC.

    Ejeksi koronal yang ditangkap Velc pada 16 Juli dimulai pada pukul 13:08 GMT. Namun dalam waktu setengah jam perjalanan, CME tersebut bergerak ke arah berbeda, menuju ke belakang Matahari. Karena terlalu jauh, CME tersebut tak mempengaruhi Bumi.

    Badai Matahari, Semburan Matahari, dan ejeksi massa koronal rutin mempengaruhi cuaca Bumi dan juga cuaca luar angkasa tempat hampir 7.800 satelit ditempatkan. Fenomena ini jarang menimbulkan ancaman langsung terhadap manusia, namun memicu kekacauan dengan mengganggu medan magnet Bumi.

    Dampak terjinak adalah aurora di tempat dekat Kutub Utara dan Selatan. Dampaknya bisa jauh lebih serius di luar angkasa, misalnya dapat membuat sistem elektronik satelit tak berfungsi. Bisa pula menumbangkan jaringan listrik dan memengaruhi satelit cuaca dan komunikasi.

    Badai Matahari terkuat dalam sejarah terjadi tahun 1859. Disebut Peristiwa Carrington, badai ini memicu pertunjukan cahaya aurora intens dan melumpuhkan saluran telegraf di seluruh dunia.

    Badan antariksa AS NASA, Badan Antariksa Eropa, Jepang, dan China telah mengamati Matahari dengan pesawat antariksa selama beberapa dekade. Kini dengan Aditya-L1, dinamai menurut dewa Matahari Hindu, badan antariksa India bergabung dengan kelompok terpilih itu.

    Dari sudut pandangnya, Aditya-L1 mampu konstan mengamati Matahari, bahkan selama gerhana. Menurut Prof Ramesh, wahananya sedikit unggul. “Alat kami berukuran sedemikian rupa sehingga dapat meniru peran Bulan, memberi Aditya-L1 pandangan korona tanpa gangguan 24 jam sehari dan 365 hari setahun,” katanya.

    Pesawat NASA-ESA lebih besar yang berarti tak dapat melihat asal mula CME jika berasal dari area tersembunyi. “Namun dengan Velc, kita dapat memperkirakan dengan tepat waktu lontaran massa koronal dimulai dan ke arah mana lontaran itu,” jelasnya.

    (fyk/fay)

  • Pengusaha Tekstil Tolak Kenaikan PPN Jadi 12%

    Pengusaha Tekstil Tolak Kenaikan PPN Jadi 12%

    Jakarta

    Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) menolak rencana pemerintah untuk menaikkan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) menjadi 12%. Kebijakan ini rencananya akan diterapkan per 1 Januari 2025.

    Ketua Umum API Jemmy Kartiwa Sastraatmadja menilai kebijakan pemerintah untuk menaikkan PPN menjadi 12% tahun depan bukan langkah yang tepat. Apalagi mengingat dunia sedang dilanda ketidakpastian dalam beberapa waktu belakangan.

    “Yang utamanya, satu lagi PPN. Kita harus dorong PPN 12% ini, saya pikir sangat tidak tepat untuk diterapkan saat ini,” kata Jemmy dalam Forum Anggota Luar Biasa (ALB) Pra-Rapimnas Kadin 2024 di Hotel Mulia, Jakarta, Sabtu (30/11/2024).

    Selain itu, ia juga mengomentari tentang rencana pemerintah dalam memberikan stimulus atau bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat sebagai ganti kenaikan PPN. Menurutnya, bantuan tersebut tidak diperlukan.

    “Kalau saya pikir BLT itu bukan solusi, malah saya pikir lebih baik tidak ada BLT, tapi PPN tidak naik, jadi 12%. Kalau BLT itu hanya se’saat, dan kontrolnya, efektifitasnya, di mana? Setelah BLT-nya habis, beban 12% itu harus dipatahkan,” ujarnya.

    Sebagai informasi, kebijakan kenaikan PPN menjadi 12% ini tertuang dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP). Artinya, kebijakan itu dirumuskan 3 tahun lalu.

    Rencana penerapan bansos ini sebelumnya diungkapkan oleh Ketua Dewan Ekonomi Nasional (DEN) Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan. Dia menyebut, bantuan itu akan diberikan untuk masyarakat terdampak PPN baik kelas kecil maupun menengah.

    “PPN 12% itu sebelum itu jadi, harus diberikan dulu stimulus kepada rakyat yang ekonominya susah, mungkin lagi dihitung dua bulan, tiga bulan. Ada hitungannya (untuk kelas menengah) tapi diberikan itu ke listrik. Karena kalau diberikan (BLT) ke rakyat takut dijudikan lagi nanti,” kata dia ditemui di TPS 004 Kelurahan Kuningan Timur, Jakarta Selatan, Rabu (27/11/2024).

    DEN sendiri tengah menghitung bagaimana stimulus listrik itu akan diberikan dalam bentuk subsidi. Pihaknya tentu akan menentukan kriteria rumah dengan besaran listrik berapa yang akan mendapatkan stimulus tersebut.

    “Kalau listrik itu kan datanya lengkap. Jadi mungkin saya lagi dihitung ya apakah dari 1.300 sampai 1.200 Watt ke bawah. Ya orang-orang yang mungkin udah gak bayar 2-3 bulan, lagi dihitung lah ya,” terangnya.

    Luhut memastikan, jika akan ada bansos kepada masyarakat yang terdampak PPN 12%, anggaran negara cukup untuk digunakan. Karena menurutnya, Prabowo tidak ingin masyarakat terbebani.

    Lihat Video: PPN Bakal Naik Jadi 12% Bikin Resah

    (shc/fdl)

  • BYD M6 Laris Manis di Indonesia, Wuling Nggak Tertarik Bikin Pesaingnya?

    BYD M6 Laris Manis di Indonesia, Wuling Nggak Tertarik Bikin Pesaingnya?

    Jakarta

    Mobil listrik 7 penumpang kian digemari di Tanah Air, sebagai buktinya BYD M6 menjadi mobil listrik terlaris sepanjang Oktober 2024 dengan penjualan 1.866 unit. Melihat positifnya capaian tersebut, apakah Wuling tak ingin juga melahirkan produk MPV listrik 7 penumpang?

    Public Relations Manager Wuling Motors, Brian Gomgom, menjelaskan, saat ini segmen mobil listrik BEV belum terlihat jelas seperti apa bentuknya. Wuling sendiri melihat segmen kendaraan listrik sebagai segmen yang berbeda dengan mobil konvensional ICE.

    Wuling Cloud EV Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    “Segmen EV itu sebenarnya belum bisa kelihatan bentuknya. Segmennya seperti apa, bodinya seperti apa, muat berapa orang. Yang kita lihat memang penggunaan EV ini berbeda nih sama mobil-mobil ICE. Yang terutama di daya tampungnya,” ungkap Gomgom kepada wartawan di arena ICE-BSD City, Tangerang, Jumat (29/11/2024).

    Gomgom mengatakan, mobil listrik BEV sejauh ini mayoritas digunakan sebagai kendaraan harian, sehingga belum terlalu dibutuhkan mobil listrik BEV tiga baris yang bisa menampung 7 penumpang.

    Wuling Air ev Foto: Dok. Wuling Motors

    “Karena kebanyakan EV digunakan untuk harian. Untuk rutinitas dia pergi ke kantor, kerja, kuliah, atau buat belanja. Dan biasanya kapasitas di dalam mobil tersebut paling hanya 2-4 orang,” bilang Gomgom.

    “Itu yang kita lihat. Berdasarkan konsumen-konsumen yang sudah pakai mobil listrik Wuling. Jadi kita lihat ketiga lini produk mobil ini masih memadai, masih bisa menjawab kebutuhan konsumen sampai sekarang,” kata Gomgom lagi.

    Saat ini Wuling masih percaya diri dengan tiga produk mobil listrik andalannya, yakni Air ev, Binguo EV, dan Cloud EV. Ketiga mobil tersebut terbukti diterima di pasaran dan masuk 10 besar mobil listrik terlaris sepanjang bulan Oktober 2024.

    (lua/sfn)

  • Ngeri! Putin Ngamuk Bombardir Ukraina, Gedung Hancur-Listrik Padam

    Ngeri! Putin Ngamuk Bombardir Ukraina, Gedung Hancur-Listrik Padam

    FOTO Internasional

    Ngeri! Putin Ngamuk Bombardir Ukraina, Gedung Hancur-Listrik Padam

    News

    21 menit yang lalu

  • Kemenangan Trump Dorong Industri Batu Bara Cerah di Masa Depan

    Kemenangan Trump Dorong Industri Batu Bara Cerah di Masa Depan

    Jakarta, Beritasatu.com – PT Bukit Asam Tbk (PTBA) meyakini industri batu bara memiliki prospek cerah di masa mendatang. Hal ini didukung oleh berbagai faktor, termasuk dampak positif dari kebijakan global setelah kemenangan Donald Trump sebagai presiden Amerika Serikat (AS).

    Corporate Secretary PTBA Niko Chandra mengatakan, prospek industri batu bara terlihat semakin menjanjikan, terutama dengan kondisi geopolitik global yang lebih stabil setelah terpilihnya Trump.

    “Ke depan, kondisi industri batu bara memiliki peluang positif. Terpilihnya Trump memberikan harapan baru, terutama dengan dinamika geopolitik yang tampaknya mendukung industri ini,” kata Niko dikutip dari Antara, Sabtu (30/11/2024).

    Ia menambahkan, situasi ini memberi dorongan bagi sektor batu bara yang sebelumnya sempat menghadapi banyak tantangan. 

    “Kini ada peluang untuk industri batu bara berkembang lebih baik lagi,” ujarnya.

    Niko juga menjelaskan, kebijakan Trump dapat menciptakan stabilitas di tingkat global, yang pada akhirnya memberikan dukungan bagi industri batu bara untuk bertumbuh, serupa dengan periode sebelumnya di mana sektor ini sempat mengalami lonjakan.

    Selain itu, PTBA juga optimistis terhadap prospek harga batu bara di masa depan, dengan permintaan domestik yang terus meningkat menjadi pendorong utama pertumbuhan sektor ini.

    Pascapandemi Covid-19, kebutuhan batu bara dalam negeri menunjukkan peningkatan sejalan dengan meningkatnya kebutuhan energi dan pembangunan infrastruktur.

    “Permintaan dalam negeri menjadi fokus utama kami. Sejak pandemi, pertumbuhan kebutuhan energi terus meningkat, terutama untuk mendukung berbagai proyek pembangunan,” jelasnya.

    Salah satu proyek besar yang mendukung pertumbuhan permintaan adalah pembangunan tiga juta rumah, yang diperkirakan akan mendorong kebutuhan energi, termasuk batu bara.

    Selain itu, peningkatan konsumsi listrik yang terjadi pada PT PLN (Persero) akibat pembangunan infrastruktur turut memberikan efek positif terhadap industri ini. Penurunan harga semen sebesar 10 persen juga menjadi katalisator, mempercepat aktivitas konstruksi yang berdampak pada peningkatan kebutuhan batu bara.

    Tidak hanya berfokus pada pasar domestik, PTBA juga terus memperluas pangsa pasar internasional. Salah satu negara yang menjadi target ekspansi adalah Vietnam, yang memiliki potensi besar dalam mendukung pertumbuhan pasar batu bara di Asia Tenggara.

    Dengan strategi itu, PTBA optimistis dapat menghadapi berbagai tantangan dan memanfaatkan peluang untuk menjaga keberlanjutan industri batu bara di masa depan.

  • MINI Aceman dan MINI Cooper 5 Door Meluncur di Indonesia, Segini Harganya

    MINI Aceman dan MINI Cooper 5 Door Meluncur di Indonesia, Segini Harganya

    Jakarta

    MINI Indonesia turut meramaikan pameran Gaikindo Jakarta Auto Week atau GJAW 2024. Pada kesempatan tersebut, brand mewah asal Eropa itu meluncurkan dua produk baru sekaligus, yakni MINI Aceman dan MINI Cooper 5-door!

    Peter ‘Sunny’ Medalla selaku President Director BMW Group Indonesia (payung perusahaan MINI) mengatakan, MINI Aceman dan MINI Cooper 5-door punya keunikan masing-masing. Dia yakin, dua kendaraan tersebut bisa menjadi pilihan konsumen Tanah Air yang mengutamakan gaya hidup.

    “Dengan bangga kami memperkenalkan dua model terbaru MINI: MINI Aceman, model pertama di kelasnya yang memadukan semangat petualangan urban MINI dengan gaya ikonik, dirancang untuk menarik generasi pengemudi baru yang berada di garis depan gaya hidup, teknologi, dan budaya,” ujar Sunny di ICE BSD, Tangerang Selatan.

    “Selain MINI Aceman, MINI Indonesia juga meluncurkan MINI Cooper 5-door terbaru, yang memadukan kesenangan berkendara khas MINI dengan ruang dan fungsi ekstra. MINI Cooper 5-Door terbaru memberikan sentuhan serbaguna pada ikon klasik, sempurna bagi individu aktif dan keluarga muda,” tambahnya.

    Mini Aceman dan Mini Cooper 5-door di GJAW 2024. Foto: Doc. Mini Indonesia

    MINI Acemen merupakan kendaraan listrik yang diberkali motor penggerak dengan tenaga 160 kw dan torsi 330 NM. Mobil bertampang ikonik tersebut hanya memerlukan waktu 7,1 detik untuk melesat dari nol ke 100 km/jam. Karuan saja, top speed-nya tembus 170/jam!

    Sementara baterainya punya daya 54,2 kwh yang diklaim bisa menempuh perjalanan sejauh 407 km. Angka tersebut didapat setelah melalui pengujian WLTP atau Worldwide Harmonised Light Vehicles Test Procedure. Kemudian untuk mengecasnya dari nol ke 80 persen hanya butuh 30 menit menggunakan fitur fast charging.

    MINI Aceman sudah dibekali operating system atau OS9 yang lebih pintar. Selain itu ada fitur voice command atau perintah suara yang bisa berfungsi dengan mengatakan ‘Hey MINI’.

    Mini Aceman dan Mini Cooper 5-door di GJAW 2024. Foto: Doc. Mini Indonesia

    Di lain sisi, MINI Cooper 5-door dirancang untuk penggunaan di wilayah perkotaan. Model tersebut mempertahankan struktur tripartit khas MINI dan tampilan depan minimalis dengan lampu utama bulat ikonik, yang kini memiliki elemen lampu LED yang bisa disesuaikan.

    Sama seperti Aceman, Cooper 5-door juga sudah dibekali MINI OS9 dan fitur perintah suara canggih.

    MINI Cooper 5-Door didukung mesin bensin empat silinder dengan tenaga 201 hp dan torsi 300 Nm. Sementara untuk berakselerasi dari nol ke 100 km/jam hanya butuh waktu 6,6 detik.

    Berikut Harga MINI Aceman dan Cooper 5-DoorMINI Aceman – Rp 1.128.000.000MINI Cooper 5 Door – Rp 1.159.000.000

    (sfn/lth)

  • Potret Citroen E-C3 Mobil Listrik Bergaya SUV yang Bakal Dirakit Lokal

    Potret Citroen E-C3 Mobil Listrik Bergaya SUV yang Bakal Dirakit Lokal

    Foto Oto

    Rifkianto Nugroho – detikOto

    Sabtu, 30 Nov 2024 12:47 WIB

    Jakarta – Citroen E-C3 resmi dijual di Indonesia dengan banderol cukup terjangkau, yakni Rp 377 juta OTR Jakarta. Mobil listrik ini rencananya bakal dirakit lokal.

  • Beberapa Hari Pameran, Mobil Listrik Offroad Chery J6 Laku Ratusan Unit

    Beberapa Hari Pameran, Mobil Listrik Offroad Chery J6 Laku Ratusan Unit

    Jakarta

    Chery Indonesia mencatatkan hasil gemilang pada ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024. Dalam beberapa hari pameran mobil listrik offroad terbaru mereka, J6 laku keras.

    Kabar ini dikemukakan oleh Assistant President Director of Chery Sales Indonesia, Zeng Shuo. Ia mencatat selama tujuh hari gelaran GJAW 2024 dari Jumat (22/11/24) hingga Kamis (28/11/24), ratusan Chery J6 dipesan oleh pengunjung.

    “Yang nasional saya perlu cek, tapi kalau di sini (GJAW 2024) sudah hampir 400 (unit),” ujar Shuo.

    Tingginya penjualan J6 ternyata melebihi ekspektasi Chery Indonesia. Bahkan mereka mengklaim harus menyesuaikan strategi produksi agar dapat mengejar permintaan pasar.

    “Dalam hal SPK ya, itu lebih tinggi dari E5, waktu E5. Itu jujur melebihi ekspektasi kita juga. Jadi sekarang kita lagi pesan, pesan (part) secara mendadak dari China, soalnya kita nggak mempersiapkan terlalu banyak unit seperti yang sekarang di-booking,” ujar Shuo.

    “Ya jadi kita nggak mau customer tunggu terlalu lama, jadi kita usahakan mempercepat produksi untuk bisa memenuhi permintaan pasar dengan lebih cepat,” lanjutnya.

    Chery menjanjikan bagi 300 pembeli pertama, unitnya akan dikirim pada Desember 2024 ini. Selain itu, mereka tetap mengejar produksi agar tetap bisa diantar ke konsumen sebelum tahun baru.

    Chery J6 Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

    Menariknya, Chery Sales Indonesia mencatat bahwa model dan tipe yang paling laris dari mobil listrik offroad pertama di Indonesia ini adalah yang tipe tertingginya, J6 iWD.

    “70 persen all wheel drive atau yang kita bilangnya Intelligent Wheel Drive,” ujar Shuo.

    Perlu diketahui, Chery J6 dijual dalam dua tipe yakni J6 RWD dan J6 iWD. Selain itu, Chery Sales Indonesia juga menghadirkan J6 edisi khusus, yakni Phantom Edition yang hadir tampilan lebih garang.

    Soal spesifikasinya, mobil listrik offroad pertama di Indonesia ini diklaim menggunakan baterai berkapasitas 69,77 kWh. Diklaim jarak tempuhnya tembus 418 km di tipe iWD dan 426 km di tipe RWD.

    Chery menjual mobil listrik bergaya boxy yang menggunakan rangka aluminium ini dengan harga mulai dari Rp 498 juta untuk tipe RWD dan Rp 558 juta untuk tipe iWD. Sementara untuk J6 edisi khusus alias Phantom Edition dibanderol mulai dari Rp 548 juta hingga Rp 608 juta.

    (mhg/lth)

  • Wuling Gandeng DHL untuk Pengelolaan Suku Cadang Kendaraan

    Wuling Gandeng DHL untuk Pengelolaan Suku Cadang Kendaraan

    Jakarta

    Wuling Motors (Wuling) dan DHL Supply Chain Indonesia mengumumkan kerja sama dalam manajemen kesediaan suku cadang di fasilitas warehouse sparepart Wuling di Cikarang.

    “Langkah ini merupakan tonggak penting bagi Wuling dalam mewujudkan komitmen kami terhadap layanan dan kepuasan pelanggan. Dengan didukung keahlian DHL Supply Chain Indonesia, kami yakin proses pengelolaan suku cadang akan semakin akurat, lancar, dan terorganisir dengan baik. Dengan adanya kerja sama ini dapat menjawab kebutuhan pelanggan akan suku cadang Wuling dengan lebih cepat dan efisien,” ujar Maulana Hakim selaku Aftersales Director Wuling Motors di ICE-BSD City, Tangerang (29/11/2024).

    Kolaborasi ini tidak hanya dirancang untuk mendukung operasional Wuling secara berkelanjutan, tapi juga mencerminkan visi bersama dalam menciptakan ekosistem otomotif yang terintegrasi dan berorientasi pada pelanggan.

    Adapun peresmian kerja sama ini ditandai dengan penyerahan anak kunci Wuling dan diikuti penandatanganan nota kesepahaman secara simbolis yang dilakukan Vice President Wuling Motors, Arif Pramadana dan Direktur Utama DHL Supply Chain Indonesia, Matthias Gehrsitz.

    Dalam kerja sama ini DHL Supply Chain Indonesia menyediakan layanan profesional yang mencakup pengelolaan data akurat dan operasi rantai pasok yang efisien.

    Langkah-langkah ini memastikan ketersediaan suku cadang secara berkesinambungan, sehingga Wuling dapat segera mengantisipasi kebutuhan pelanggan akan suku cadang saat ini dan beberapa waktu ke depan.

    Nantinya DHL Supply Chain Indonesia melakukan pengelolaan di area Supplier Park yang berlokasi di pabrik Wuling Cikarang dan memiliki luas sebesar 5.000 meter persegi dengan kapasitas 500.000 hingga 600.000 unit suku cadang.

    Proses ini mencakup penerimaan barang termasuk quality control dan memastikan barang datang sesuai dengan daftar pesanan, pemilahan barang untuk menempatkannya sesuai dengan lokasi yang telah dikategorikan, memilih dan mengumpulkan barang yang dipesan, membungkus pesanan untuk memastikan barang dapat dikirim secara aman, dan mengeluarkan pesanan yang sudah siap dikirim.

    Pengelolaan inventory yang dilakukan oleh DHL Supply Chain Indonesia di Supplier Park Wuling ini mencakup suku cadang baik yang memiliki masa pakai lebih cepat dan harus diganti secara rutin (fast moving parts) maupun komponen yang tidak memerlukan penggantian atau perawatan secara berkala (slow moving parts) untuk seluruh lini kendaraan Wuling, mulai dari kendaraan bermesin konvensional (ICE), kendaraan hybrid, hingga kendaraan listrik (EV).

    “Dengan penjualan kendaraan lebih dari satu juta unit setiap tahun dan pertumbuhan yang terus berlanjut di sektor kendaraan listrik, industri otomotif di Indonesia semakin mengokohkan posisinya sebagai pasar otomotif terbesar di Asia Tenggara. DHL Supply Chain Indonesia dengan bangga mendukung ekspansi Wuling Motors sekaligus memberikan kepuasan pelanggan dan memperkuat peran Indonesia sebagai pemimpin otomotif regional,” ujar Matthias Gehrsitz, Direktur Utama DHL Supply Chain Indonesia.

    Sebagai informasi tambahan, DHL adalah perusahaan logistik global terkemuka yang mengkhususkan diri dalam berbagai solusi. Ini meliputi pengiriman paket nasional dan internasional, pengiriman dan pemenuhan e-commerce, layanan ekspres internasional, transportasi darat, udara, dan laut, serta manajemen rantai pasok industri. Dengan jaringan yang luas dan keahlian yang substansial, DHL melayani beragam klien, mulai dari perusahaan global hingga perusahaan nasional.

    (lua/din)