Topik: Listrik

  • Tak Cuma Mobil Listrik, Beli Mobil Konvensional dan Hybrid Bakal Bebas PPN dan PPnBM Tahun Depan – Page 3

    Tak Cuma Mobil Listrik, Beli Mobil Konvensional dan Hybrid Bakal Bebas PPN dan PPnBM Tahun Depan – Page 3

    Sebelumnya, insentif untuk mobil listrik berbasis baterai atau battery electric vehicle (BEV) resmi diperluas oleh pemerintah. Kali ini, untuk impor roda empat bertenaga baterai ke Tanah Air, akan mendapatkan bebas Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM), setelah sebelumnya hanya bebas tarif bea masuk impor.

    Keringanan tersebut, tertuang dalam Peraturan Menteri Investasi dan Hilirisasi atau Kepala BKPM Nomor 1 Tahun 2024. Beleid tersebut, merupakan revisi dari Peraturan Menteri Investasi/Kepala BKPM No. 6 Tahun 2023 tentang Pedoman dan Tata Kelola Pemberian Insentif Impor dan/atau Penyerahan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Roda Empat Dalam Rangka Percepatan Investasi.

     Disebutkan, dalam Pasal 2 ayat (1) dan (2), pelaku usaha dapat diberikan dua insentif atas impor mobil listrik berbasis baterai yang akan dirakit di Indonesia atau diimpor ke Indonesia.

    Namun, dalam peraturan tersebut, ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi oleh para penerima insentif ini, seperti harus berkomitmen untuk melakukan perakitan di dalam negeri dengan memenuhi TKDN yang telah ditetapkan dalam peta jalan industri.

    Selain itu, untuk negara importir sebagai asal mobil listrik dikirim, harus memiliki perjanjian internasional bersama Indonesia, apapun jenisnya seperti ASEAN-China Free Trade Agreement (ACFTA), Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA), sampai Indonesia-Korea Comperhensive Economic Partnership Agreement (IK-CEPA).

    Sementara itu, untuk rincian insentif mobil listrik terbaru sesuai kriteria yang ditetapkan, adalah bebas Bea Masuk dan PPnBM Ditanggung Pemerintah untuk impor mobil listrik CBU.

    Kemudian yang kedua, adalah PPnBM Ditanggung Pemerintah untuk impor mobil listrik berbasis baterai CKD (completely knock down) dengan kandungan lokal 20 persen sampai 40 persen. 

  • Pengumuman! Bahlil Kasih Sinyal Ojol Dapat Subsidi BBM

    Pengumuman! Bahlil Kasih Sinyal Ojol Dapat Subsidi BBM

    Jakarta

    Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bahlil Lahadalia, memberikan sinyal ojek online (ojol) tetap masuk kriteria penerima BBM subsidi. Menariknya, subsidi untuk ‘pasukan hijau’ tersebut bukan dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT), melainkan dengan skema usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

    “Ojol itu akan masuk dalam kategori UMKM. Semua UMKM itu kemungkinan besar akan disubsidikan secara bahan. Jadi kalau dia minyak kita tidak akan mengalihkan ke BLT,” ujar Bahlil Lahadalia, dikutip dari Antaranews, Kamis (5/12).

    Bahlil memastikan, pihaknya saat ini tengah melakukan kajian (exercise) untuk membedakan kendaraan milik ojol dan yang bukan, mengingat skema subsidi BBM untuk transportasi sebelumnya disalurkan bagi kendaraan yang berpelat nomor kuning atau transportasi publik.

    “Bagi ojol yang saat ini terjadi dinamika, itu kita lagi meng-erxercise agar bagaimana membedakan mana plat hitam usaha ojol mana yang bukan,” tegasnya.

    Sinyal kuat ojol tetap dapat subsidi BBM. Foto: Agung Pambudhy

    Pihaknya sekarang masih menunggu pemadanan data yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai landasan satu data formulasi subsidi BBM dan listrik tepat sasaran. Ketika semuanya sudah selesai, dia janji akan segera menyampaikan hasilnya.

    Sebelumnya, Bahlil menyatakan, pemerintah sedang menyiapkan tiga opsi skema penyaluran subsidi bahan bakar minyak (BBM) dan tarif listrik agar tepat sasaran.

    Pertama, mengalihkan seluruh subsidi BBM menjadi bantuan langsung tunai (BLT). Kedua, mempertahankan subsidi BBM dalam bentuk barang untuk seluruh transportasi dan fasilitas umum. Alternatif ketiga adalah dengan menaikkan harga BBM subsidi.

    Penegasan ojol masuk kategori UMKM sekaligus memberikan sinyal, ‘pasukan hijau’ tersebut tetap bisa menikmati BBM subsidi. Hal itu merevisi pernyataan Bahlil sebelumnya yang menyatakan ojol tak masuk kriteria penerima.

    (sfn/rgr)

  • Fuso eCanter, Inovasi Truk Listrik Pertama di Indonesia

    Fuso eCanter, Inovasi Truk Listrik Pertama di Indonesia

    Tangerang, Beritasatu.com – Fuso eCanter, truk listrik pertama di Indonesia, hadir dengan teknologi canggih dan efisiensi tinggi. Ditenagai baterai berkapasitas 83 kWh, truk ini mampu menempuh jarak hingga 140 km dalam sekali pengisian penuh dan memiliki kapasitas GVW (Gross Vehicle Weight) sebesar 6 ton. Kehadirannya menjadi jawaban atas kebutuhan distribusi yang ramah lingkungan sekaligus efisien.

    Sebagai salah satu pelopor dalam penggunaan kendaraan listrik di sektor logistik, PT Yusen Logistics Indonesia telah membuktikan performa eCanter melalui program Proof of Concept (PoC). Presiden Direktur PT Yusen Logistics Indonesia, Tetsuya Aoyama, menyatakan kebanggaannya karena dapat berpartisipasi dalam langkah menuju keberlanjutan.

    “Kehadiran Fuso eCanter dalam rantai bisnis kami adalah investasi yang sangat tepat untuk masa depan perusahaan yang memiliki visi keberlanjutan,” ujar Tetsuya Aoyama.

    Selain itu, perusahaan berkomitmen untuk menambahkan armada truk listrik secara bertahap hingga mencapai target zero emission pada tahun 2030, sesuai roadmap keberlanjutan perusahaan.

    Berdasarkan uji coba selama tiga bulan, PT Yusen Logistics Indonesia menemukan bahwa eCanter memberikan penghematan biaya operasional hingga 30% hanya dari sisi bahan bakar. Jika ditambah dengan efisiensi dari segi perawatan, penghematan menjadi lebih signifikan.

    Sementara itu, Deputy Director of Strategic Sales Management, Wempy Wisnu Aji, menjelaskan bahwa Fuso eCanter memiliki keunggulan lain yakni low maintenance.

    “Selain efisiensi biaya, PT Yusen Logistics juga mengapresiasi dukungan penuh Mitsubishi Fuso dalam hal garansi baterai (6 tahun), selain itu mensupport dari sisi technical bahkan dari pertama membuat design (pembuatan box karoseri),” ujarnya.

    Langkah nyata PT Yusen Logistics Indonesia bersama Fuso eCanter menunjukkan komitmen perusahaan terhadap pengurangan emisi karbon dan mendukung target net zero emission pemerintah pada tahun 2060. Kehadiran eCanter menjadi inspirasi bagi pelaku industri lain untuk beralih ke solusi transportasi yang ramah lingkungan, sekaligus mendukung prinsip ESG (Environmental, Social, and Governance).

    Fuso eCanter sebagai kendaraan distribusi yang efisien, hemat biaya, dan berkelanjutan. Dengan berbagai dukungan teknis dari Mitsubishi Fuso, PT Yusen Logistics Indonesia berhasil menjadikan eCanter sebagai bagian penting dari strategi bisnis mereka menuju masa depan logistik yang lebih hijau. Untuk informasi lebih lanjut terkait Fuso eCanter, klik di sini.

  • PLN EPI teken JDA program gasifikasi perkuat rantai pasok gas di Papua

    PLN EPI teken JDA program gasifikasi perkuat rantai pasok gas di Papua

    Proyek ini tidak hanya membangun infrastruktur gas, tetapi juga membangun sinergi kuat antara berbagai pihak untuk menjamin keamanan pasokan energi di Indonesia Timur

    Jakarta (ANTARA) – PT PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) bersama Papua Bersama Konsorsium melakukan Joint Development Agreement (JDA) untuk proyek gasifikasi di Papua bagian utara.

    Perjanjian yang diteken pada Senin (2/12), adalah langkah lanjut dalam proyek gasifikasi untuk memperkuat rantai pasok gas melalui pembangunan infrastruktur midstream LNG untuk pembangkit listrik di wilayah Papua Utara yang sekaligus mendukung ketahanan energi nasional.

    Direktur Utama PLN EPI, Iwan Agung Firstantara menyampaikan bahwa kerja sama strategis ini merupakan langkah penting untuk memastikan pasokan energi yang lebih bersih, berkelanjutan dan berorientasi dalam negeri di Papua Utara.

    “Proyek ini tidak hanya membangun infrastruktur gas, tetapi juga membangun sinergi kuat antara berbagai pihak untuk menjamin keamanan pasokan energi di Indonesia Timur. Dengan ditandatanganinya JDA hari ini, kami yakin langkah selanjutnya seperti desain, pendanaan, dan konstruksi akan berjalan lebih cepat,” ujar Iwan dalam keterangan di Jakarta, Kamis.

    Sebagai penyedia utama energi primer untuk pembangkit listrik, PLN EPI berkomitmen untuk menjaga rantai pasok energi yang andal dan efisien serta mendukung transisi energi nasional. Dengan mengutamakan gas sebagai sumber energi yang lebih bersih pengganti BBM, PLN EPI memperkuat posisinya sebagai katalis dalam upaya menuju Net Zero Emissions pada tahun 2060.

    “Kami percaya bahwa gas memiliki peran penting sebagai energi transisi yang dapat membantu mengurangi emisi karbon. Melalui proyek ini, PLN EPI tidak hanya memperkuat ketahanan energi di Papua Utara tetapi juga mendukung Indonesia dalam mencapai target transisi energi berkelanjutan,” tambah Iwan.

    Proyek gasifikasi Papua utara akan mendukung operasional tujuh pembangkit listrik utama dengan total kapasitas 168 MW. Proyek ini juga membutuhkan rata-rata pasokan gas sebesar 20,83 BBTUD selama 20 tahun ke depan.

    Infrastruktur utama yang akan dibangun dari kerja sama ini ada 2 Floating Storage Regasification Unit (FSRU) di Jayapura dan Biak serta 2 Onshore Storage Facility di Manokwari dan Nabire untuk memastikan ketersediaan pasokan gas yang lebih stabil dan efisien.

    Tujuh pembangkit yang akan menerima pasokan gas antara lain PLTMG Manokwari 2 (20 MW), MPP Nabire (23 MW), PLTMG Nabire 2 (10 MW), MPP Jayapura (50 MW), PLTMG Jayapura Peaker (40 MW), PLTMG Biak (15 MW), PLTMG Biak 2 (10 MW). PLN EPI dan Papua Bersama Konsorsium, yang terdiri dari PT Pertamina Internasional Shipping, PT PGN LNG Indonesia, PT Enviromate Technology International, dan PT APCA Tirta Engineering, akan bekerja sama dalam validasi teknis, desain rekayasa, perizinan, pemodelan keuangan, hingga manajemen proyek secara keseluruhan.

    Direktur Perencanaan Bisnis PT Pertamina Internasional Shipping Eka Suhendra menegaskan pentingnya proyek ini sebagai wujud nyata sinergi antar BUMN.

    “Proyek ini adalah peluang besar untuk memperkuat ketahanan energi nasional. Dengan pengalaman dan kemampuan teknis konsorsium, kami optimis proyek ini akan memberikan manfaat signifikan, tidak hanya untuk sektor energi tetapi juga untuk masyarakat Papua,” ungkap Eka.

    Pewarta: Faisal Yunianto
    Editor: Agus Salim
    Copyright © ANTARA 2024

  • Bos Asuransi Terbesar di AS Tewas Ditembak di New York, Polisi Buru Pelaku

    Bos Asuransi Terbesar di AS Tewas Ditembak di New York, Polisi Buru Pelaku

    GELORA.CO – Brian Thompson, CEO unit asuransi UnitedHealth (UNH.N), tewas pada Rabu pagi di luar sebuah hotel di Midtown Manhattan. Thompson tewas dalam sebuah serangan terarah yang dilakukan oleh seorang pria bersenjata yang sebelumnya telah mengintainya.

    Dikutip dari Reuters, Thompson, 50, ditembak sekitar pukul 6:45 pagi waktu setempat di luar Hilton di Sixth Avenue, tepat sebelum konferensi investor tahunan perusahaan. Ia dilarikan ke rumah sakit terdekat, di mana ia dinyatakan meninggal. Polisi mengatakan pria bersenjata itu masih bebas dan mereka masih menyelidiki motifnya.

    “Ini tampaknya bukan tindakan kekerasan acak,” kata Komisaris Polisi Kota New York Jessica Tisch dalam sebuah konferensi pers. “Setiap indikasi menunjukkan bahwa ini adalah serangan yang direncanakan sebelumnya dan terarah.”

    Pria bersenjata itu tiba di luar Hilton sekitar lima menit sebelum Thompson, dan dia mengabaikan orang lain yang lewat. Dia kemudian menembak Thompson di punggung saat dia lewat, kata Kepala Detektif NYPD Joseph Kenny kepada wartawan.

    Tersangka, yang mengenakan topeng dan membawa ransel abu-abu kemudian melarikan diri dengan berjalan kaki sebelum menaiki sepeda listrik dan mengendarainya ke Central Park, kata polisi.

    Pembunuhan itu terjadi beberapa jam sebelum acara tahunan penyalaan pohon Natal di Rockefeller Center yang berjarak beberapa blok dari sana, sebuah acara yang disiarkan di televisi dan menarik banyak orang. Petugas polisi mengatakan bahwa acara itu akan tetap berjalan sesuai rencana dengan pengamanan ketat.

    Istri Thompson, Paulette, mengatakan kepada NBC News bahwa Thompson telah menerima beberapa ancaman, meskipun ia tidak mengetahui secara spesifik.

    “Pada dasarnya, saya tidak tahu, apakah ini karena kurangnya perlindungan?” katanya, yang tampaknya menyinggung kemungkinan motif terkait asuransi, menurut jaringan tersebut. “Saya tidak tahu detailnya. Saya hanya tahu bahwa ia mengatakan ada beberapa orang yang mengancamnya.”

    UnitedHealth adalah perusahaan asuransi kesehatan terbesar di AS, yang menyediakan manfaat bagi puluhan juta warga Amerika, yang membayar lebih banyak untuk perawatan kesehatan daripada orang-orang di negara lain mana pun. Thompson telah menjadi CEO UnitedHealthcare, sebuah unit dari UnitedHealth Group, sejak April 2021.

  • Menperin siapkan insentif untuk industri terkait kenaikan UMP

    Menperin siapkan insentif untuk industri terkait kenaikan UMP

    Kemarin kita membahas bantuan-bantuan atau insentif apa atau stimulus apa yang perlu dan akan disiapkan oleh pemerintah untuk membantu dunia usaha, untuk membantu industriJakarta (ANTARA) – Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menyatakan pihaknya tengah membahas tentang insentif atau stimulus bagi para pelaku industri terkait kenaikan upah minimum provinsi (UMP) sebesar 6,5 persen.

    “Kemarin kita membahas bantuan-bantuan atau insentif apa atau stimulus apa yang perlu dan akan disiapkan oleh pemerintah untuk membantu dunia usaha, untuk membantu industri,” ujar Menperin dalam pernyataan di Jakarta, Kamis.

    Dikatakan dia, contoh insentif yang sudah dibahas pihaknya yakni yang berkaitan dengan sektor otomotif, yakni pemberian stimulus Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) dan Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPn DTP) yang bakal diberikan tak hanya untuk kendaraan listrik saja.

    “Kita lakukan bukan hanya untuk mobil listrik tapi juga kita akan upayakan untuk mobil-mobil di luar listrik seperti hybrid dan sebagainya, dan itu kemarin sudah kami bicarakan,” katanya.

    Menperin Agus mengungkapkan alasan pemerintah menaikkan UMP yakni untuk meningkatkan daya beli masyarakat, sehingga hal tersebut perlu dilakukan.

    “Jadi kenaikan itu memang menurut pandangan saya suatu hal yang perlu dilakukan sekali lagi untuk menciptakan daya beli yang ada di masyarakat,” katanya.

    Sebelumnya, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyatakan para pelaku industri bakal melakukan penyesuaian terkait aturan baru kenaikan upah minimum provinsi (UMP) sebesar 6,5 persen yang ditetapkan Presiden Prabowo.

    Sekretaris Jenderal Kemenperin Eko Cahyanto ditemui di Jakarta, Sabtu (30/11) menyatakan, pada prinsipnya pelaku industri pasti akan terus berupaya untuk memenuhi ketentuan atau kebijakan yang dibuat oleh pemerintah.

    Pewarta: Ahmad Muzdaffar Fauzan
    Editor: Faisal Yunianto
    Copyright © ANTARA 2024

  • SUV Listrik Off Road Chery J6 Laris Manis, Ini Buktinya

    SUV Listrik Off Road Chery J6 Laris Manis, Ini Buktinya

    Jakarta

    Mobil listrik off road Chery J6 sanggup memikat hati masyarakat Indonesia. Selama 10 hari pameran GJAW, SPK Chery J6 mencapai 500-an unit.

    PT Chery Sales Indonesia membukukan catatan penjualan yang cukup baik selama mengikuti pameran Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024. Dalam pameran yang digelar pada 22 November-1 Desember itu, Chery mencatatkan SPK sebanyak 1.014. Dari seluruh model, SUV listrik yang memiliki kemampuan melibas medan off road, Chery J6, jadi primadona.

    Setidaknya 50 persen dari 1.014 total SPK Chery, disumbang oleh model J6. Chery Tiggo 8 dan Omoda E5 juga mendapat respon yang baik. Kontribusi Chery Tiggo 8 mencapai 20 persen, sementara Omoda E5 kontribusinya sekitar 17 persen.

    “Terima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia dan pengunjung GJAW 2024 yang telah mengapresiasi jajaran produk mobil listrik kami, Chery OMODA E5 dan pendatang baru Chery J6, serta jajaran ICE lewat TIGGO Series dan OMODA 5 series. Impresi pengunjung terhadap produk-produk Chery di GJAW 2024 begitu luar biasa. Mereka tidak hanya mencari informasi terhadap produk keunggulan serta fitur, namun juga minat terhadap produk Chery sangat tinggi,” ujar Head of Brand Department PT Cher Sales Indonesia Rifkie Setiawan dalam siaran persnya.

    Spesifikasi Chery J6

    Sebagai informasi tambahan, Chery J6 tersedia dalam empat varian berbeda, yakni RWD, i-WD, RWD Phantom dan i-WD Phantom. Khusus untuk varian dengan embel-embel ‘Phantom’, stoknya hanya tersedia 300 unit.

    Secara tampilan, Chery J6 mengusung desain serba mengotak khas kendaraan segala medan. Mobil listrik tersebut menggunakan bodi aluminum yang bobotnya diklaim ringan sehingga punya handling mumpuni.

    Chery J6 punya dimensi panjang 4.338 mm, tinggi 1.855 mm dan ground clearance 200 mm. Mobil nonemisi tersebut cukup kompak untuk difungsikan sebagai kendaraan off road.

    Chery J6 RWD menggunakan motor listrik dengan muntahan tenaga 184 PS dan torsi 220 NM. Kemudian baterainya 65,6 kwh dengan jangkauan maksimum 426 km.

    Sedangkan varian i-WD dirancang lebih bertenaga dengan motor listrik yang mampu menghasilkan daya 279 PS dan torsi 165-220 Nm. Sementara baterainya 69,7 kwh dengan konsumsi yang lebih boros, yakni 418 km dalam kondisi full.

    Fiturnya juga tak main-main, pabrikan sudah membekalinya dengan kursi penumpang yang bisa memijat, electric panoramic sunroof, headunit digital, 12 pengeras suara Harman Infinity, enam kantung udara, 14 ADAS (advanced driving assistant system) dan masih banyak lagi.

    (dry/din)

  • Pengamat: MIND ID jadi Holding BUMN sektor tambang andalan Indonesia

    Pengamat: MIND ID jadi Holding BUMN sektor tambang andalan Indonesia

    Mineral Industri Indonesia menjadi salah satu perusahaan BUMN yang bisa diandalkan menyumbang dividen kepada negara dalam beberapa tahun terakhir ini

    Jakarta (ANTARA) – Pengamat tambang dan energi Ferdy Hasiman mengungkapkan Holding Mineral Industri Indonesia (MIND ID) menjadi salah satu perusahaan BUMN yang diandalkan Indonesia.

    “Mineral Industri Indonesia menjadi salah satu perusahaan BUMN yang bisa diandalkan menyumbang dividen kepada negara dalam beberapa tahun terakhir ini. Sejak tahun 2021, MIND ID sangat konsisten memberikan dividen besar kepada negara, selain BUMN perbankan, seperti PT Bank BRI Tbk dan PT Bank Mandiri Tbk.,” ujar Ferdy Hasiman dalam keterangan dikutip di Jakarta, Kamis.

    Tahun 2021, MIND ID memberikan dividen kepada pemegang saham (negara) sebesar Rp505 miliar dan tahun 2022 meningkat sebesar Rp900 miliar. Namun, tahun 2023, tak main-main, MIND ID menjadi penyumbang dividen terbesar ke negara sebesar Rp11,2 triliun dari total dividen perusahaan BUMN sebesar Rp81,2 triliun.

    “Yang membuat MIND ID menjadi besar dan menguasai tambang mineral di tanah air adalah strategi holding yang begitu sukses dilakukan kementerian BUMN sejak era Menteri BUMN Rini Soemarno hingga Menteri BUMN Erik Thohir. Keberanian Menteri-menteri BUMN ini menggabungkan perusahaan tambang BUMN, seperti PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT Indonesia Asahan Alumina (INALUM), PT Timah Tbk (TINS) dan PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menjadi pijakan awal MIND ID melompat jauh seperti sekarang ini.” kata Ferdy Hasiman.

    Dengan gagasan membentuk perusahaan holding di bawah INALUM waktu itu, membuat BUMN tambang menjadi besar di mana asetnya mencapai Rp100 triliun. Dengan demikian holding tambang menjadi leluasa meminjam dan menerbitkan obligasi sebesar 5 miliar dolar AS untuk membeli 51 persen saham Freeport. Alhasil, investor global kemudian berbondong-bondong mengejar global bond INALUM sampai terkumpul sebesar 5 miliar dolar AS.

    “Hasil penjualan global bond tersebut, INALUM kemudian mampu membeli Freeport tahun 2019, di akhir pemerintahan Jokowi periode pertama sebesar 5 miliar dolar AS. Sejak saat itu, Freeport dengan operasi tambang Grasberg di Mimika, Papua berhasil kembali ke pangkuan bumi Pertiwi,” ujar Ferdy Hasiman.

    Holding juga membuat MIND ID semakin mudah membeli 11 persen saham perusahaan nikel terbesar di Indonesia, PT Vale Indonesia Tbk. Sebelumnya MIND ID menguasai 20 persen saham Vale. Setelah sukses membeli 11 persen, MIND ID mampu mengontrol 31 persen saham Vale. Dengan menguasai saham Vale, dividen MIND ID semakin besar dan kontribusinya kepada negara juga ikut naik.

    “MIND ID kemudian juga menjadi raja di bidang tambang, karena menguasai semua sektor tambang di tanah air. Strategi holding yang dilakukan kementerian BUMN adalah obat mujarab untuk mengembalikan tambang asing ke pangkuan bumi pertiwi sesuai amanat konstitusi. Bukan hanya itu, tambang BUMN kemudian menjadi motor penggerak roda perekonomian nasional dan daerah,” ujar Ferdy Hasiman.

    Dirinya juga menyampaikan, tata kelola perusahaan (good corporate governance) adalah salah satu syarat bagi MIND ID jika ingin berkompetisi dengan perusahaan-perusahaan asing. MIND ID terus berbenah dan melakukan revolusi budaya kerja internal agar lebih kompetitif, profesional dan memiliki semangat melayani rakyat.

    Hal penting yang dilakukan anggota MIND ID sebagai perusahaan negara adalah tetap menjaga dan merawat lingkungan hidup, melakukan reklamasi paska tambang. Pengelolaan tambang harus memperhatikan isu lingkungan hidup. Untuk ANTM, misalnya, masalah lingkungan hidup adalah salah satu syarat penting bagi perusahaan bermitra dengan produsen mobil listrik, seperti Tesla.

    Pewarta: Aji Cakti
    Editor: Faisal Yunianto
    Copyright © ANTARA 2024

  • Wuling Daftarkan SUV Listrik Mirip Baojun Yunhai di Indonesia

    Wuling Daftarkan SUV Listrik Mirip Baojun Yunhai di Indonesia

    Jakarta, CNN Indonesia

    Wuling baru saja mendaftarkan paten model SUV listrik baru di Indonesia. Berdasarkan penampakan desainnya mirip Baojun Yunhai di China yang pertama kali diperkenalkan pada Mei lalu.

    Paten itu telah didaftarkan ke Direktorat Hak Cipta dan Design Industri Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia (Kemenhumkam).

    Gambar desain interior kemungkinan merujuk ke SUV listrik baru Wuling yang didaftarkan di Indonesia. (Tangkapan layar dokumen Kemenhumkam)

    Paten dengan judul Desain Industri ‘Mobil’ ini tercatat di Berita Resmi Desain Industri di Kemenkumham dengan nomor 68/DI/2024. Terlihat dalam dokumen ini sebuah desain SUV yang didaftarkan oleh SAIC GM WULING AUTOMOBILE CO., LTD (SGMW) yang beralamat di China.

    Tanggal penerimaan permohonan Desain Industri tertulis 17 Oktober 2024, sedangkan tanggal pengumuman Desain Industri pada 29 November 2024.

    Ada enam desain eksterior tertera yang menunjukkan tampangnya dari semua arah.

    Dalam Berita Resmi Desain Industri ini juga SGMW mendaftarkan desain dengan judul ‘rakitan interior mobil’ yang kemungkinan merujuk ke model yang sama. Menurut penampakan gambar desain terlihat menyerupai konsep lima penumpang.

    Dalam dokumen itu tak disebut identitas nama mobil, meski begitu penampakannya sangat mirip Baojun Yunhai. Model ini disiapkan untuk dijual secara internasional seperti Baojun Cloud atau Wuling Cloud di Indonesia.

    Gambar desain paten yang didaftarkan SGMW ke Kemenhumkam memperlihatkan SUV listrik mirip Baojun Yunhai. (Tangkapan layar dokumen Kemenhumkam)

    Berdasarkan penjelasan Car News China, Baojun Yunhai dijual dua jenis di China yaitu versi murni listrik dan Plug In Hybrid Electric Vehicle (PHEV).

    Khusus tipe PHEV dibekali mesin 1.500 cc dengan motor elektrik 78 kW yang menghasilkan torsi maksimal 130 Nm.

    Sedangkan versi EV dilengkapi motor elektrik 150 kW dan baterai lithium iron phosphate (LFP) dari Jiangsu Zenergy Battery Technology.

    Secara dimensi, Baojun Yunhai memiliki panjang 4.541 mm, lebar 1.880 mm dan tinggi 1.608 mm dengan jarak sumbu roda 2.750 mm.

    Di pasa China, SUV listrik ini dibanderol mulai dari 109.800 yuan sampai 133.800 yuan atau setara Rp240 jutaan sampai Rp292 jutaan.

    (can/fea)

    [Gambas:Video CNN]

  • WNA Asal Tiongkok Huang Renyi Hanya Dituntut 1 Tahun Penjara

    WNA Asal Tiongkok Huang Renyi Hanya Dituntut 1 Tahun Penjara

    Surabaya (beritajatim.com) – Jaksa Penuntut Umum (JPU) Nurhayati dari Kejaksaan Negeri Surabaya hanya menuntut pidana penjara selama satu tahun pada Huang Renyi, WNA asal Tiongkok.

    Padahal terdakwa dinilai Jaksa terbukti menabrak kakak beradik Dionisia Mbelong (24) dan Kristiani Kasi (20) hingga meninggal dunia.

    Tuntutan dibacakan di persidangan yang digelar di ruang Sari Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Rabu (4/12/2024).

    Sebelum membacakan berkas tuntutan Terdakwa Huang Renyi meminta kepada majelis hakim agar membacakan tuntutannya saja tanpa membecakan pertimbangannya dikarenakan tenggorokan Jaksa Nurhayati mengalami sakit.

    “Yang Mulia,  dikarenakan suara saya sakit, saya ijin membacakan tuntutan nya saja”pinta Jaksa Nurhayati.

    Mendengar hal itu, Majelis hakim yang dipimpin hakim Ferdinan lantas menanyakan ke penasihat hukum Terdakwa dan disepakatinya.

    Apapun dalam berkas tuntutan itu, terdakwa dinyatakan terbukti melanggar Pasal 310 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ) mengatur hukuman bagi pengemudi yang menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

    “Menuntut Terdakwa Huang Renyi dengan pidana penjara selama 1 Tahun” kata Jaksa Nurhayati.

    Selain itu, Jaksa juga mengembalikan mobil pajero milik terdakwa serta STNK dan SIMnya.

    Mendengar tuntutan itu, Terdakwa yang dijelaskan oleh penerjemah nya tampak sumringah. Dan meminta waktu satu minggu untuk mengajukan pembelaan.

    Dalam surat dakwaan disebutkan, Minggu itu tanggal 01 September 2024 sekitar pukul 18.41 Wib dalam kondisi mengantuk, Huang Renyi keluar dari rumahnya mengemudikan Mobil Pajero dari arah Barat ke Timur di Jalan Row 30 Tahap III Grand Pakuwon Surabaya.

    Tepat di depan Cluster Brisbane Blok JD-17 No.30 Surabaya, Huang menabrak sepeda listrik roda tiga warna merah merk Uwinfly yang dikemudikan secara berboncengan oleh korban Dionisia Mbelong dengan korban Kristiani Kasi.

    Sebetulnya Huang sempat berusaha melakukan pengereman. Namun saat itu salah injak pedal gas, sehingga laju mobil yang dikendarai Huang tidak dapat berhenti dan akibatnya menyeret sepeda listrik yang dikendarai oleh kedua korban beberapa meter ke depan.

    Buntut dari kecelakaan itu, datanglah saksi Robert Aji Nur Adita, petugas security Grand Pakuwon Surabaya. Karena dua korban dalam kondisi berlumuran darah dan tidak sadarkan diri, saksi Robert pun menghubungi rekan security lainnya yaitu saksi Bagus Arrochman, untuk memanggil Ambulan.

    Lima menit kemudian, datanglah saksi H. Edy Wijaya selaku bos dari korban Dionisa dan Kristiani membantu mengeluarkan kedua tubuh korban dari kolong mobil sambil menunggu ambulan datang.

    Dirasa terlalu lama menunggu ambulan, akhirnya kedua korban dilarikan ke Rumah Sakit Bhakti Dharma Husada (BDH) Surabaya oleh saksi Kevin Andri Setiawan selaku security Grand Pakuwon Surabaya.

    Namun takdir berkata lain, 10 menit di rumah Sakit, korban Dionisia dinyatakan meninggal dunia oleh Dokter, sedangkan Kristiani menyusul kakaknya meninggal dunia pada hari Selasa tanggal 03 September 2024 sekira pukul 05.30 Wib di Rumah Sakit Bhakti Dharma Husada Surabaya. [uci/ted]