Topik: Listrik

  • Pemerintah Berangkatkan 132 Keluarga Transmigran, Siapkan Lahan 2 Hektare dan Bantuan Hidup

    Pemerintah Berangkatkan 132 Keluarga Transmigran, Siapkan Lahan 2 Hektare dan Bantuan Hidup

    Semarang, Beritasatu.com – Sebanyak 132 keluarga transmigran asal Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur resmi diberangkatkan ke berbagai daerah tujuan, seperti Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan. Para transmigran ini akan menerima fasilitas berupa lahan pertanian seluas 2 hektare, rumah tinggal, alat pertanian, serta bantuan biaya hidup selama satu tahun.

    Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan (Menko IPK), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), langsung melepas keberangkatan 36 Kepala Keluarga (KK) dari Jawa Tengah di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Kamis (5/12/2024). AHY menegaskan bahwa pemerintah akan memastikan tersedianya infrastruktur dasar di lokasi transmigrasi, seperti jalan, listrik, air bersih, sanitasi, dan irigasi.

    “Terima kasih kepada para transmigran yang menjadi pionir dan peladang di tempat baru. Pemerintah akan terus hadir untuk memastikan kehidupan yang lebih baik bagi bapak dan ibu sekalian,” ujar AHY.

    Para transmigran dari Jawa Tengah akan ditempatkan di Luwu Timur (Sulawesi Selatan), Poso (Sulawesi Tengah), dan Sidrap (Sulawesi Selatan). Sementara itu, peserta dari Yogyakarta akan diberangkatkan ke Konawe Utara (Sulawesi Tenggara), Luwuk Timur (Sulawesi Tengah), Sijunjung (Sumatera Barat), dan Mamuju Tengah (Sulawesi Barat).

    Menteri Transmigrasi Muhammad Iftitah Sulaiman Suryanagara menyebutkan bahwa total 132 KK ini terdiri dari 121 keluarga yang telah terdaftar, ditambah 10 keluarga dari Pemerintah Konawe dan satu keluarga tambahan yang akan menempati rumah kosong di lokasi transmigrasi.

    “Transmigran akan menerima fasilitas rumah, lahan seluas 2 hektare, alat pertanian, bibit, dan biaya hidup selama satu tahun. Kami juga berencana mengembangkan program transmigrasi tematik, seperti transmigrasi maritim,” jelasnya.

    Salah satu transmigran asal Bantul, Yogyakarta, Rohmah (27), mengaku memutuskan ikut program transmigrasi bersama suami dan dua anaknya. Mereka akan ditempatkan di Mahalona, Sulawesi Selatan, sebagai petani lada.

    “Saya daftar sejak 2021 karena sulit mencari pekerjaan di Jogja. UMR rendah, belum punya rumah, dan ingin mandiri. Dengan transmigrasi, kami dapat lahan, rumah, dan pelatihan bertani. Semoga kehidupan kami lebih baik di tempat baru,” ungkapnya.

    Pemberangkatan transmigran ini dilakukan serentak di Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur, melibatkan total 132 keluarga yang diharapkan menjadi pelopor pembangunan di wilayah tujuan transmigrasi.

  • Masuk Negara Tetangga, Toyota Camry Generasi Baru Dibanderol Segini

    Masuk Negara Tetangga, Toyota Camry Generasi Baru Dibanderol Segini

    JAKARTA – Toyota Camry generasi terbaru telah menjalani debutnya pada akhir tahun lalu di Amerika Serikat (AS). Selain itu, pabrikan berniat untuk memperkenalkan sedan mewah ini di beberapa regional termasuk Asia Tenggara (ASEAN).

    Salah satu sedan mewah ini telah diperkenalkan sebelumnya di Thailand dan Singapura. Menyusul dua negara tersebut, kini ditawarkan untuk pasar Malaysia.

    Melansir dari Paultan, Kamis, 5 Desember, mobil yang dikenal dengan kode XV80 tersebut kini dipamerkan dalam gelaran Kuala Lumpur International Mobility Show (KLIMS) 2024 yang saat ini tengah berlangsung.

    Fitur standar pada mobil ini mencakup hadirnya lampu depan serba LED, kursi depan bertenaga, kluster instrumen berukuran 12,3 inci, sunroof panoramic, hingga ditambahkannya mode berkendara terdiri dari Eco, Normal, dan Sport.

    Selain itu, juga terdapat sistem infotainment 12,3 inci yang mendukung Apple CarPlay nirkabel dan Android Auto berkabel, dengan pemutaran audio dilakukan melalui sistem suara JBL sembilan speaker.

    Soal sistem keselamatan, Camry hadir dengan delapan airbag dan sejumlah sistem keselamatan aktif meliputi emergency braking with parking support, adaptive cruise control, lane tracing assist, lane departure, blind spot monitor, kamera 360 derajat dan masih banyak lagi.

    Camry ini ditawarkan dalam beberapa pilihan warna mencakup Platinum White Pearl Mica, Silver Metallic, Precious Metal, Attitude Black Mica, Emotional Red 3, Previous Bronze dan Dark Blue Mica, sementara interiornya tersedia dalam tiga tema, seperti Fromage, Black dan Yellow Brown.

    Berbicara performanya, Camry generasi kesembilan ini memiliki mesin bensin 4-silinder segaris A25A-FXS 2,5 liter naturally-aspirated yang menghasilkan tenaga 188 PS pada 6.000 rpm dan torsi 221 Nm dari 3.200 hingga 5.200 rpm.

    Dengan ditambahkannya motor listrik 1VM, daya pacunya menghasilkan total output 231 ps yang dibantu oleh sistem penggerak roda depan dan transmisi CVT dan diklaim memiliki kecepatan tertinggi 180 km/jam.

    Tidak hanya memamerkannya, Toyota juga mengumumkan masa penjualannya dengan harga 248.800 ringgit atau setara Rp888,1 juta dan hasil impor dari pabrik milik Toyota di Chachoengsao, Thailand.

  • Paus Fransiskus Punya Tunggangan Baru

    Paus Fransiskus Punya Tunggangan Baru

    Jakarta, CNN Indonesia
    Vatikan meluncurkan Mercedes-Benz bertenaga listrik khusus untuk Paus Fransiskus yakni, Rabu (4/12).

    Bagikan:

    url telah tercopy

  • Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia Rendah, Beda Jauh dari Brunei-Malaysia

    Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia Rendah, Beda Jauh dari Brunei-Malaysia

    Jakarta

    Rasio kepemilikan mobil di Indonesia masih sangat rendah dibandingkan negara-negara lain di Asia Tenggara. Padahal, Indonesia berstatus sebagai market leader di kawasan setempat.

    Menurut data Kementerian Perindustrian (Kemenperin), market share penjualan mobil di Indonesia mencapai 30 persen. Angka tersebut mengungguli Malaysia dengan 24 persen dan Thailand dengan 23 persen. Meski demikian, Indonesia tak masuk tiga besar dalam daftar ‘rasio kepemilikan mobil di ASEAN’.

    “Kami melihat saat ini (rasio kepemilikan mobil) di Indonesia baru 99/1000 atau 1/10 orang. Jadi sebenarnya dari sisi pasar, ini sangat potensial,” ujar Andi Oscar La Galigo selaku Ketua Tim Kerja Industri Alat Transportasi Darat Non Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB), Ditjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin di Kuningan, Jakarta Selatan.

    Rasio kepemilikan mobil di Indonesia masih rendah. Foto: Pradita Utama

    Andi menegaskan, angka kepemilikan yang kecil tersebut seharusnya menjadi peluang untuk produsen roda empat di Indonesia. Sebab, potensinya masih sangat besar. Hal itu tentu mengacu pada jumlah penduduk yang mencapai 270 juta orang.

    “Meskipun memiliki penjualan domestik tertinggi, Indonesia masih memiliki rasio kepemilikan mobil yang rendah. Hal ini mengindikasikan bahwa potensi pasar kendaraan motor di Indonesia masih menjanjikan,” kata dia.

    Lalu lintas di Bangkok, Thailand. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikoto

    Menurut data yang dihimpun Kemenperin, Indonesia hanya menempati posisi lima dalam daftar ‘Rasio Kepemilikan Mobil di ASEAN’. Bahkan, Indonesia jauh lebih rendah dibandingkan negara-negara tetangga seperti Brunei dan Malaysia.

    Brunei merupakan negara ASEAN dengan rasio kepemilikan tertinggi, yakni 805/1000 atau 8/10. Hal itu menandakan, populasi mobil di sana 80 persen dari total penduduk setempat.

    Berikut Rasio Kepemilikan Mobil Tertinggi di ASEANBrunei: 805/1000Malaysia: 490/1000Thailand: 275/1000Singapura: 211/1000Indonesia: 99/1000Filipina: 49/1000Vietnam: 34/1000Myanmar: 20/1000.

    (sfn/dry)

  • Kelancaran pendidikan di NTT didukung oleh PLN melalui PLTP Ulumbu

    Kelancaran pendidikan di NTT didukung oleh PLN melalui PLTP Ulumbu

    Tidak ada lagi kami melihat anak-anak yang belajar di depan lilin. Sebelumnya mata mereka pasti tertuju ke arah cahaya, dan setiap kali menghadap ke lilin, asapnya pasti mengenai wajah, jadi hitam semua (wajah),

    Jakarta (ANTARA) – PT PLN Indonesia Power Services, anak usaha PT PLN Indonesia Power yang merupakan subholding PT PLN (Persero), mendukung kelancaran akses pendidikan di Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), dengan masuknya pasokan listrik dari PLTP Ulumbu.

    Hendrik K. Epol, warga Desa Lungar, Kabupaten Manggarai, NTT, menyatakan, dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Kamis, bahwa akses listrik yang dihasilkan oleh Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi Ulumbu membantu mengatasi tantangan pada sektor pendidikan di daerah terpencil tersebut.

    Ia mengatakan bahwa kurangnya akses terhadap energi menghambat anak-anak untuk melakukan kegiatan belajar dengan layak.

    Keterbatasan akses energi tersebut, lanjutnya, membuat anak-anak kesulitan dalam belajar di malam hari karena tidak memperoleh pencahayaan yang cukup.

    “Dulu saat listrik belum stabil, anak-anak kami terpaksa belajar dengan lampu minyak yang redup, bahkan terkadang kami harus menggunakan generator diesel yang hanya dapat menyala sebentar,” ujar Hendrik.

    Ia menuturkan bahwa masuknya pasokan listrik dari PLTP Ulumbu membuat listrik menjadi lebih stabil mengalir di desanya.

    “Tidak ada lagi kami melihat anak-anak yang belajar di depan lilin. Sebelumnya mata mereka pasti tertuju ke arah cahaya, dan setiap kali menghadap ke lilin, asapnya pasti mengenai wajah, jadi hitam semua (wajah),” kenangnya.

    Ia menilai bahwa beroperasinya PLTP Ulumbu kini telah memberikan kehidupan yang lebih layak kepada warga setempat.

    Pada 20 September lalu, untuk pertama kalinya dalam sejarah listrik mengalir di desa yang masuk dalam wilayah kaldera Pegunungan Poco Leok tersebut. Hal tersebut disambut baik oleh masyarakat melalui perayaan pesta adat congko longkap.

    “Karena ini yang kami inginkan selama ini, sudah dari tanggal 20 September 2024 kemarin, sudah mulai terang di kampung kami lewat PLTP, listrik dari pemerintah,” imbuh Hendrik.

    PLTP Ulumbu telah beroperasi sejak 2011 untuk menghasilkan energi listrik dengan kapasitas 4 x 2,5 Megawatt (MW).

    Pembangkit listrik tersebut juga telah memberikan kestabilan akses listrik untuk Desa Wewo, Kabupaten Manggarai, hingga Kota Ruteng.

    Pewarta: Uyu Septiyati Liman
    Editor: Abdul Hakim Muhiddin
    Copyright © ANTARA 2024

  • Ini Deretan Mobil BYD yang Bakal Diproduksi di Indonesia

    Ini Deretan Mobil BYD yang Bakal Diproduksi di Indonesia

    Jakarta

    BYD akan memproduksi mobil listriknya di Indonesia saat pabrik di Subang rampung. Apa saja modelnya?

    Produsen asal Shenzhen, China, BYD, diketahui tengah membangun fasilitas produksi mobil listrik di dalam negeri. Pabrik itu berdiri di Kawasan Industri Subang Metropolitan. Pembangunan masih dikebut dan diharapkan rampung pada akhir tahun 2025, sebagaimana komitmen BYD ke pemerintah Indonesia.

    Di pabrik tersebut, BYD akan memproduksi deretan mobil listrik. Model pastinya belum ditentukan. Namun yang terpenting, pabrik itu memproduksi mobil yang saat ini sudah dijual di Indonesia.

    Untuk diketahui, saat ini ada empat mobil listrik BYD yang dijual di dalam negeri yaitu Seal, M6, Dolphin, hingga Atto 3. Keempat model itu masih berstatus impor secara utuh alias Completely Build Up (CBU) dari Negeri Tirai Bambu.

    Tak menutup kemungkinan BYD juga memproduksi mobil premium di bawah bendera Denza. BYD rencananya akan mengenalkan merek Denza di Indonesia pada kuartal pertama tahun 2025. Denza berada satu tingkat di atas BYD.

    “Karena peraturan dari pemerintah seperti itu, kendaraan yang boleh diimpor ke Indonesia adalah kendaraan yang akan diproduksi atau minimal speknya sama atau di atasnya,” ungkap Head of PR & Government Relations PT BYD Motor IndonesiaLuther Panjaitan.

    “Contohnya saya produksi Seal, saya impor Seal saya bisa produksi Seal atau di atasnya, mungkin saya produksi Denza,” jelas Luther.

    Pabrik BYD di Subang itu terletak di lokasi yang cukup strategis yakni dekat dengan Pelabuhan Patimban. Kata Luther, BYD menjadi yang pertama membangun pabrik otomotif di kawasan tersebut. Langkah BYD itu juga disebut Luther mulai diikuti oleh industri lainnya.

    “Itu kan kawasan industri ya, BYD sebagai anchor di kawasan industri itu. Anchor itu adalah industri yang membangun pabrik otomotif pertama. Menurut pendengaran saya setelah BYD masuk ada beberapa perusahaan masuk, developing ya areanya,” lanjut Luther.

    BYD juga membuka peluang untuk memproduksi komponen mobil listrik di pabrik tersebut. Namun, hal itu belum diputuskan sepenuhnya.

    “Sementara ini master plan kita ini manufaktur kendaraan tapi tak menutup kemungkinan untuk produksi lainnya juga, mungkin di dalamnya komponen-komponen tertentu,” pungkas Luther.

    (dry/rgr)

  • Periset Nuklir RI Raih Anugerah Siwabessy Award dan Memorial Lecture 2024 BRIN

    Periset Nuklir RI Raih Anugerah Siwabessy Award dan Memorial Lecture 2024 BRIN

    Bisnis.com, JAKARTA – Dua peneliti bidang nuklir mendapatkan penganugerahan Siwabessy Award dan Memorial Lecture 2024 dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

    “Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) secara berkelanjutan memberikan penghargaan Siwabessy Award  kepada perorangan yang berasal dari internal maupun dari eksternal BRIN yang sudah berkecimpung dan menghasilkan berbagai prestasi maupun inovasi yang temuannya sangat luar biasa dan menaruh perhatian khusus dalam dunia ketenaganukliran di Indonesia. G.A. Siwabessy Memorial Lecture merupakan suatu kegiatan keilmuan dalam bentuk orasi ilmiah yang disampaikan oleh individu yang berjasa dalam penemuan, pengembangan, dan penyebarluasan di bidang ilmu pengetahuan dan ketenaganukliran, serta memiliki kontribusi bagi masyarakat dan bangsa Indonesia,” kata Kepala BRIN Laksana Tri Handoko di Jakarta.

    Guru Besar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Institut Teknologi Bandung (ITB) Prof Dr Zaki Su’ud, yang mengembangkan penelitian dalam dua bidang yaitu analisa dan desain PLTN generasi lanjut serta dalam bidang instrumentasi meraih anugerah Siwabessy Awards 2024.

    Pria kelahiran Wonosobo pada 12 Desember 1962 itu juga mengembangkan sejumlah komputer klaster untuk melakukan komputasi paralel guna menunjang penelitian analisa reaktor nuklir yang lebih canggih.

    Dia mengembangkan penelitian dalam 2 bidang yaitu analisis dan desain PLTN generasi lanjut serta dalam bidang instrumentasi.

    Dalam bidang analisis dan desain PLTN generasi lanjut dilakukan pengembangan lebih lanjut dari program difusi dan burnup, serta program analisis kecelakaan yang ada dengan sejumlah pengembangan model dan fitur.

    Selain itu, mulai dilakukan studi desain PLTN berumur panjang tanpa pengisian ulang bahan bakar dengan basis PLTN PWR, BWR, HTGR, dan GCFR. Program analisis gabungan netronik dan thermal hidraulik untuk analisis BWR dikembangkan dengan bahasa fortran maupun delphi.

    Selain itu, sejumlah penelitian agak teoritik mulai dilakukan misalnya dengan melakukan analisis perhitungan cross-section dengan model RGM-GCM, HArtree FOCK beserta variasinya, perhitungan grup konstan dengan collision probability, dll. Pada tahun 2005, ia mengembangkan penelitian breed burn reaktor dengan melakukan riset selama satu bulan di lab Prof. Sekimoto yang secara intensif mengembangkan reaktor jenis CANDLE.

    Dari penelitian inilah dihasilkan ide dan program untuk perhitungan skem burnup Modified CANDLE dengan menerapkan pembagian region dalam teras reaktornya. Penelitian tentang fusi juga mulai dilakukan dengan fokus pada perhitungan keseimbangan energi dan optimasi bahan untuk blanket dan first wall untuk reaktor tokamak. Berikutnya penelitian tentang korosi dan reaktor terapung juga dikembangkan.

    Untuk penelitian tentang korosi Pb-Bi cair setelah melalui 2 penelitian doktoral berhasil dicapai pembuktian teoritis/komputasional pertama di dunia bahwa korosi Pb-Bi dapat ditekan dengan optimasi kadar oksigen dalam bahan pendingin yang tepat.

    Penelitian MCANDLE juga berhasil menghasilkan desain yang dapat beroperasi dengan burnup minimal sekitar 18% (sesuai batas limit teoritis yang dikemukakan oleh Prof. Ehud Greenspan dari Univ. California Berkeley). Selanjutnya dengan memakai input bahan bakar berupa bahan bakar bekas PWR maka dapat dicapai reaktor MCANDLE yang dapat beroperasi dengan burnup keluaran sekitar 16%  sehingga dapat menggunakan bahan material generasi lanjut untuk reaktor cepat.

    Dalam 10 tahun terakhir sejalan dengan kemajuan komputer penelitian dengan program Monte Carlo dan analisis 3 dimensi yang lebih akurat mulai banyak digunakan di dunia. Sejalan dengan itu ia mengembangkan sejumlah komputer klaster untuk melakukan komputasi paralel guna menunjang penelitian analisis reaktor nuklir yang lebih canggih. Sejak 2007 mulai dilaksanakan konferensi internasional ICANSE yang ia inisiasi beserta sejumlah kolega.

    Sampai 2018 ada konferensi ICANSE dengan prosiding yang dipublikasikan di AIP conf proceeding dan IOP JOurnal of Physics conference proceedings.Ia telah menghasilkan 225 paper yang terbit di SCOPUS dan lebih dari 100 paper lain di jurnal nasional, prosiding nasional, dll.

    Sejumlah paten sedang diusulkan terkait desain reaktor MCANDLE generasi terbaru dan sejumlah program komputer baru yang dihasilkan. Sejauh ini ia telah meluluskan 160 mahasiswa meliputi 25 mahasiswa S3, 60 mahasiswa S2 dan 75 mahasiswa S1.

    Dalam penelitiannya, dia banyak melakukan kerja sama, antara lain dengan BATAN (BRIN-ORTN), BAPETEN, UGM, UNSRI, UNAND, Tokyo Tech, Tokyo City University, Osaka Univ., Gazi Univ., dll. Kerjasama dengan BATAN antara lain dikembangkan melalui forum IFAR (Indonesian Forum of Advanced Reactor). Adapun kerja sama dengan BAPETEN antara lain terkait pengembangan regulasi untuk PLTN.

    Sementara itu kuliah ilmiah Siwabessy Memorial Lecture tahun 2024 disampaikan oleh Prof Liem Peng Hong, diaspora Indonesia yang kini menjadi bagian Nippon Advanced Information Service (NAIS), Tokyo City University (TCU), Jepang.

    Prof Liem berhasil meneliti desain reaktor riset fluks tinggi dengan moderator grafit dan pendingin gas helium, yang mencakup aspek desain netronik, manajemen bahan bakar teras, termohidrolik, serta analisis simulasi kecelakaan reaktor.

    Pria yang lahir dan dibesarkan di Semarang itu mengalami dua kecelakaan nuklir utama dalam perjalanan karirnya, yakni kecelakaan kekritisan JCO Tokaimura (5 km dari rumah, September 1999) dan kecelakaan parah PLTN Fukushima Dai-Ichi (125 km dari rumah, Maret 2011), yang memberikan dampak khusus pada kegiatan litbang dan isi kontrak komersial yang diterima yang tidak bisa dijumpai di negara lain.

    Dia pernah ditempatkan di Pusat Reaktor Serba Guna (PRSG) G.A. Siwabessy (RSG GAS) di Bidang Fisika Reaktor (BFR). Selain tugas rutin perhitungan dan eksperimen fisika reaktor, dia melakukan litbang pengembangan perangkat lunak fisika reaktor untuk RSG GAS (program BATAN-2DIFF, -3DIFF, BATAN-FUEL, MTR-DYN).

    Program-program tersebut sampai saat ini masih digunakan oleh BATAN/BRIN dalam operasi, manajemen bahan bakar serta analisis transien/kecelakaan RSG GAS, dan mampu menggantikan seluruh program-program yang disediakan olehpemasok RSG GAS (Interatom, Jerman).

    Selain untuk reaktor riset, pengembangan perangkat lunak reaktor daya HTGR tipe pebble-bed reactor (program BATAN-MPASS, BATAN-Peu), dan reaktor daya jenis pressurized water reactor(PWR) (program NODAL3) juga dilakukan. Saat itu, reaktor daya HTGR dan PWR ini direncanakan akan dibangun masing-masing di Kepulauan Natuna (panas proses untuk Enhance oir Recovery) dan di Semanjung Muria (pembangkitan listrik).

    Program BATAN-MPASS kemudian dipakai oleh ia dan rekan-rekan peneliti dalam analisis dan desain RDE BATAN. Selama di PRSG, ia melakukan desain konversi teras oksida ke silisida RSG GAS dengan tujuan meningkatan umur teras dan pendayagunaan reaktor. Teras silisida yang dirancang berhasil direalisasi (awal tahun 2000-an) dan dioperasikan dengan selamat sampai saat ini (teras No. 108).

    Teras silisida ini lebih unggul, ekonomis, dan lebih mudah dioperasikan dibanding teras oksida awal rancangan pemasok Jerman. Selain itu, kerjasama dengan Pusat Elemen Bakar Nuklir (PEBN) dalam mempersiapkan jenis elemen bakar reaktor riset masa depan dengan muatan lebih tinggi juga dilakukan melalui desain plat bahan bakar mini. Eksperimen iradiasi plat bahan bakar mini di RSG GAS sudah berhasil dilakukan dengan selamat, dan sekarang sedang dilakukan evaluasi pasca iradiasi.

    Sejak 1999 sampai saat ini (2024, genap 25 tahun) ia melanjutkan karir di satu perusahaan penyedia jasa industri nuklir Jepang (NAIS Co., Inc., lokasi Tokaimura) sambil menjadi Visiting Professor di Tokyo Insitute of Technology (TIT), Tokyo City University (TCU), dan Lecturer di Sophia University.

    Pengguna jasa NAIS mencakup institusi litbang nuklir pemerintah (JAEA, IEA dll.), badan regulasi nuklir (NRA, NMCC), perusahaan pemasok reaktor (Mitsubishi, Hitachi-GE dll.), produsen elemen bakar nuklir (NFI), perusahaan listrik swasta dan grup (Shikoku Electric Power Company, TEPCO, TEPSYS dll.), universitas (Tsukuba University, Tokyo University, TIT, TCU dll.) dll.

    Kontrak-kontrak komersial meliputi bidang energi nuklir secara umum, analisis dan desain netronik serta termohidrolik berbagai macam perangkat kritis, reaktor riset, reaktor daya, akselerator, analisis resiko probabilistik, dekomissioning fasilitas nuklir, penyimpanan limbah lestari, kedokteran nuklir dan terapi 73BNCT, perisai radiasi fasilitas nuklir termasuk reaktor fusi ITER, evaluasi data nuklir, pengembangan perangkat lunak fisika reaktor, dan jasa layanan lainnya.

    Dalam perjalanan karir di Jepang, ia mengalami sendiri dua kecelakaan nuklir utama, yakni kecelakaan kekritisan JCO Tokaimura (5 km dari rumah, September 1999) dan kecelakaan parah PLTN Fukushima Dai-Ichi (125 km dari rumah, Maret 2011), yang memberikan dampak khusus pada kegiatan litbang dan isi kontrak komersial yang diterima yang tidak bisa dijumpai di negara lain.

    Di universitas, selain litbang, ia juga melakukan bimbingan mahasiswa/i Indonesia, yang setelah lulus sekarang sudah tersebar di BATAN/BRIN, BAPETEN, IAEA, perguruan tinggi dan perusahaan swasta.Kerja sama litbang dan pengembangan sumber daya manusia dengan institusi BATAN/BRIN (PRSG, PTKRN, PEBN dll.) lebih meningkat setelah ia berada di Jepang, termasuk pembentukan dan peningkatan jaringan hubungan antara lembaga litbang, regulasi nuklir dan universitas Jepang-Indonesia.

    Fokus kerma litbang salah satunya adalah pendayagunaan RSG GAS untuk produksi radiofarmaka Tc-99m/Mo-99 dengan menggunakan Mo alam, Neutron Transmutation Doping (silicon wafer), eksperimen fisika reaktor baru & partisipasi CRP IAEA dengan memakai RSG GAS; partisipasi desain dan analisis proyek RDE, IAEA expert mission ke Reaktor Triga Bandung, teknologi terapi BNCT, dll.

    Beberapa kunjungan dan kerja singkat atas undangan PRSG (RSG GAS) dilakukan dalam mencari solusi problem keselamatan dan perijinan operasi RSG GAS. Pada acara ulang tahun ke-34 RSG G. A. Siwabessy, ia menerima penghargaan tertinggi dari PRSG atas dedikasi dan kontribusinya selama tiga dekade.

  • Sudah Rapat, Menperin Sebut Insentif Mobil Hybrid-Listrik Jalan 2025

    Sudah Rapat, Menperin Sebut Insentif Mobil Hybrid-Listrik Jalan 2025

    Jakarta, CNN Indonesia

    Menteri Perindustrian Agus Gumiwang mengungkap sudah membahas dalam rapat pemerintahan soal insentif untuk sektor otomotif dan mengambil keputusan kebijakan terkait PPnBM dan PPN. Insentif ini disebut akan berlaku untuk mobil hybrid dan mobil listrik meski belum dijelaskan mekanismenya.

    “Contohnya kemarin yang sudah dibahas ya, yaitu insentif atau stimulus yang berkaitan dengan sektor otomotif. Policy seperti PPNBM, policy seperti PPN DTP, itu akan kita ambil, kita lakukan bukan hanya untuk mobil listrik tapi juga kita akan diupayakan untuk mobil-mobil di luar listrik seperti hybrid dan sebagainya,” kata Agus di pembukaan Industrial Fest 2024, Kamis (5/12).

    Menurut Agus pemerintah memerhatikan dua sisi, yaitu masyarakat dan industri. Dari sisi masyarakat dikatakan pemerintah telah menaikkan upah minimum provinsi (UMP) sebesar 6,5 persen untuk 2025.

    Agus bilang hal itu perlu buat menciptakan daya beli masyarakat, yang salah satunya adalah kelompok pekerja atau buruh.

    Kemudian pemerintah disebut juga menyadari industri mengalami tekanan cukup besar karena saat ini daya beli lemah, sementara tahun depan juga akan berlaku kenaikan PPN dari 11 persen menjadi 12 persen.

    “Jadi, ini dua sisi yang harus kita perhatikan secara seimbang, satu adalah daya beli di mana UMP memang harus dinaikkan, di sisi lain yang juga menjadi perhatian pemerintah adalah bagaimana kinerja dari industri, itu melalui insentif dan stimulus yang akan kita siapkan,” papar Agus.

    Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada Selasa (3/12) mengatakan kebijakan insentif untuk otomotif sedang dimatangkan dan bakal diumumkan pekan depan.

    “Kan di tahun ini kan ada PPnBM untuk otomotif, kemudian ada PPN DTP untuk perumahan. Nah ini lagi dimatangkan, seminggu lagi nanti kami umumkan untuk tahun depan,” ucap Airlangga.

    Pada November lalu Airlangga sempat mengatakan Pajak Penjualan Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) untuk Kendaraan Listrik Berbasis Baterai (KLBB) dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) merupakan usulan insentif prioritas yang bakal diajukan ke Presiden Prabowo untuk diterapkan pada 2025.

    (fea/fea)

    [Gambas:Video CNN]

  • Proyek perluasan dermaga di pembangkit listrik Cilacap telah rampung

    Proyek perluasan dermaga di pembangkit listrik Cilacap telah rampung

    Tianjin (ANTARA) – Proyek perluasan dermaga dasar tahap IV di pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) batu bara yang ada di Cilacap, Provinsi Jawa Tengah, baru-baru ini telah rampung.

    Dibangun oleh Tianjin Dredging Co., Ltd., sebuah badan usaha milik negara (BUMN) China yang terafiliasi dengan China Communications Construction Company Limited (CCCC), proyek tersebut akan memberikan peningkatan besar pada kapasitas transportasi batu bara di pelabuhan pembangkit listrik tersebut sehingga dapat mendorong pembangunan di seluruh wilayah Provinsi Jawa Tengah.

    “Fungsi utama dari proyek ini pascaperampungan adalah untuk memenuhi kebutuhan batu bara PLTU di Cilacap tersebut, yang akan meningkatkan kapasitas pasokan listrik pembangkit itu sehingga bisa mendorong pembangunan ekonomi seluruh wilayah Provinsi Jawa Tengah,” kata Manajer Departemen Proyek Tianjin Dredging Co., Ltd., Gao Jinghao.

    Proyek pembangkit listrik di Cilacap ini mencakup pembangunan satu dermaga tongkang berkapasitas 14.000 ton, dua dermaga kargo curah berkapasitas 55.000 ton, dan dua pemecah gelombang, dengan total panjang 1.763 meter dan volume pengerukan 3,6 juta meter kubik. Proyek tersebut merupakan salah satu proyek Inisiatif Sabuk dan Jalur Sutra batch pertama yang diimplementasikan di Indonesia.

    Gao mengatakan proyek itu menghadapi banyak tantangan selama proses konstruksinya. Pesisir selatan Pulau Jawa dipengaruhi oleh ombak yang kuat dari Samudra Hindia dan arus air di dekat pantai sangat bervariasi sehingga tidak memungkinkan untuk menggunakan kapal konstruksi berukuran besar.

    Setelah berulang kali melakukan survei di lokasi, Departemen Proyek Tianjin Dredging Co., Ltd. memutuskan untuk menggunakan desain inovatif guna mengatasi kesulitan konstruksi pemecah gelombang. Mereka juga mengadopsi desain manajemen yang disempurnakan, yang secara efektif menghemat ruang dan investasi di lokasi.

    Proyek tersebut juga menyediakan lebih dari 200 lapangan kerja bagi penduduk setempat serta berfokus pada peningkatan kemampuan manajemen dan keterampilan profesional karyawan Indonesia.

    Departemen Proyek Tianjin Dredging Co., Ltd. juga mengadakan serangkaian program pelatihan keterampilan kejuruan dan kursus berkualitas tinggi untuk membantu para karyawan Indonesia memperoleh keterampilan kejuruan praktis seperti kelistrikan, pengelasan, dan pengoperasian mesin

    Teguh, seorang karyawan lokal yang sudah lama bekerja di proyek tersebut, mengawali dengan bekerja sebagai sopir hingga kemudian menjadi karyawan manajemen administrasi. Ia bertanggung jawab atas pembelian perlengkapan proyek.

    Belum lama ini, setelah seluruh tugas pengerukan selesai, proyek tersebut mampu memastikan pengoperasian normal pada sistem pendinginan dan pasokan air laut pembangkit listrik sehingga meningkatkan kapasitas produksi listrik.

    “Proyek ini dapat makin meningkatkan kerja sama antara China dan Indonesia di bidang energi dan perlindungan lingkungan rendah karbon,” ujar Gao.

    Proyek pembangkit listrik di Cilacap itu juga diapresiasi dari pejabat pemerintah setempat. Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI Arifin Tasrif jufa telah beberapa kali mengunjungi proyek tersebut. Ia memuji peran signifikan proyek itu dalam meningkatkan pasokan energi, mendorong perlindungan lingkungan, dan memajukan transisi energi.

    Pewarta: Xinhua
    Editor: Benardy Ferdiansyah
    Copyright © ANTARA 2024

  • Tragis, 12 Tentara Vietnam Tewas Akibat Ledakan Saat Latihan Militer

    Tragis, 12 Tentara Vietnam Tewas Akibat Ledakan Saat Latihan Militer

    Jakarta

    Tragis! Sebanyak 12 tentara Vietnam tewas dalam ledakan yang tidak disengaja selama latihan militer di Vietnam selatan.

    Pihak berwenang yakin bahwa sambaran petir selama badai hebat, telah memicu detonator listrik saat para tentara itu tengah mengangkut bahan peledak, kata laporan dari surat kabar militer setempat, dilansir kantor berita AFP, Kamis (5/12/2024).

    Ledakan itu terjadi pada Senin malam lalu di lapangan tembak militer Daerah Militer ke-7 di Dong Nai, sebuah pusat industri di Vietnam selatan.

    Pihak berwenang masih mencari beberapa jenazah korban, menurut laporan di Surat Kabar Militer ke-7.

    Kecelakaan fatal selama latihan militer jarang terjadi di negara komunis itu.

    Kecelakaan itu terjadi sehari setelah Menteri Pertahanan Phan Van Giang menyampaikan pidato untuk menandai dimulainya latihan tempur, menurut surat kabar pemerintah Nhan Dan.

    Kantor berita Vietnam News Agency melaporkan bahwa Kementerian Pertahanan Vietnam telah memerintahkan penyelidikan mendesak atas insiden itu.

    (ita/ita)