Topik: Listrik

  • Google Pamer GenCast, Model AI untuk Prediksi Cuaca

    Google Pamer GenCast, Model AI untuk Prediksi Cuaca

    Jakarta

    Google memamerkan temuan terbarunya yang merupakan sebuah model kecerdasan buatan (AI) untuk memprediksi cuaca, namanya GenCast.

    GenCast adalah sebuah “high resolution AI ensemble model”, yang dipamerkan Google lewat sebuah makalah yang dipublikasikan di jurnal Nature, demikian dikutip detikINET dari GSM Arena, Jumat (6/12/2024).

    Menurut Google, prediksi GenCast bisa mengalahkan sistem komputer super tercanggih untuk cuaca saat ini, yaitu European Centre for Medium-Range Weather Forecast (ECMWF), karena bisa memprediksi cuaca hingga 25 hari ke depan.

    Dari segi model AI, GenCast masuk kategori model difusi, serupa dengan yang biasa dipakai di image generator berbasis AI. Namun GenCast diatur sedemikian rupa untuk geometri bumi. Selain itu, GenCast juga dilatih menggunakan data cuaca milik ECMWF selama empat dekade ke belakang.

    Untuk mengujinya, Google melatih GenCast dengan data cuaca hingga 2018 dan menjalankan 1.320 prakiraan cuaca yang berbeda untuk tahun 2019, dan membandingkan hasilnya dengan hasil prakiraan cuaca dari ENS dan data cuaca yang asli.

    Hasilnya adalah GenCast lebih akurat dari ENS pada 97,2% kasus, dan 99,8% lebih akurat dalam prakiraan cuaca untuk 36 jam (atau lebih) ke depan. Google juga menguji GenCast untuk memprediksi jalur Topan Hagibis yang melanda Jepang pada 2019, dan prakiraan arah topan tersebut terbilang akurat dengan kejadian sebenarnya.

    GenCast pun bisa memprediksi kecepatan angin, dan hal ini diperlukan di pembangkit listrik tenaga angin, atau memprediksi cuaca untuk pembangkit listrik tenaga matahari, dan sebagainya.

    Mengingat GenCast masuk dalam kategori model ensemble, ia bisa menghasilkan lebih dari 50 prediksi dengan berbagai kemungkinan. Setiap prediksi itu dihasilkan untuk prakiraan cuaca 15 hari ke depan, dan bisa diselesaikan dalam 8 menit menggunakan Google Cloud TPU v5.

    Lalu sejumlah prakiraan bisa diselesaikan secara bersamaan, dan hal serupa biasanya membutuhkan berjam-jam jika memakai model prakiraan cuaca yang ada saat ini dengan komputer super.

    Google merilis GenCast dalam bentuk model terbuka, dan berencana melanjutkan kerja samanya dengan BMKG di berbagai negara, juga para peneliti, untuk terus meningkatkan performa prakiraan cuacanya.

    (asj/asj)

  • Kabar Buruk Sritex di Ujung Tanduk Usai Pailit & Janji Diselamatkan

    Kabar Buruk Sritex di Ujung Tanduk Usai Pailit & Janji Diselamatkan

    Jakarta

    Kondisi raksasa tekstil PT Sri Rejeki Isman Tbk atau Sritex di ujung tanduk. Kondisi ini terjadi usai Sritex pailit berdasarkan putusan PN Niaga Semarang pada Oktober lalu.

    Sritex Pailit karena tak mampu melunasi utang dan digugat oleh krediturnya, PT Indo Bharat (IBR). Direktur Keuangan Sritex, Welly Salam menjelaskan, pihaknya tercatat memiliki utang sebesar Rp 101,30 miliar kepada IBR, atau setara 0,38% dari total liabilitas Perseroan.

    Lantas, seperti apa kondisi terkini Sritex? Di bawah ini kabar terbarunya:

    1. Bahan Baku Menipis, Mesin Setop Produksi, Rekening Diblokir

    Menurut Koordinator Serikat Pekerja Sritex Group, Slamet Kaswanto, nasib karyawan setelah 45 hari Sritex berstatus pailit kini tidak jelas. Bahkan menurutnya rekening bank milik perusahaan kini sudah diblokir kurator.

    “Namun apa yang menjadi harapan karyawan saat ini di hari ke-45 sejak putusan pailit tanda-tanda going concern itu tidak terjadi. Bahan baku di pabrik sudah berangsur habis, mesin banyak yang setop, produksi berhenti dan karyawan nasibnya tidak jelas,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Sabtu (7/12/2024).

    “Belum lagi informasi yang kami terima bahwa rekening bank telah diblokir kurator. Lantas bagaimana dengan pembayaran gaji kami,” sambung dia.

    2. Mediasi antara Sritex dan Kurator Gagal

    Menurut Slamet Kemnaker sudah menyatakan bersedia menjadi mediator antara Sritex dengan kurator soal keberlangsungan operasional perusahaan. Namun rencana mediasi tidak terlaksana karena dibatalkan pihak kurator.

    “Mengetahui hal tersebut kami merasa sangat kecewa, benar-benar kecewa kepada kurator. Nasib puluhan ribu karyawan dipermainkan begitu saja tanpa ada merasa tanggung jawabnya. Dan kami juga ingin menyampaikan kepada pemerintah, untuk lebih serius lagi memikirkan kelangsungan kerja kami,” terang Slamet.

    Ia menilai jika kondisi ini terus dibiarkan maka akan menjadi rapor merah bagi pemerintahan awal Presiden Prabowo Subianto. Pasalnya potensi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) semakin besar imbas ketidakberdayaan negara terhadap oknum yang disebut Slamet menghancurkan industri atas nama hukum.

    Slamet masih menaruh harapan kepada Prabowo menyelamatkan para karyawan Sritex. Ia juga berharap karyawan tetap bisa bekerja demi membiayai kebutuhan hidup keluarga.

    Ia juga mendengar ada ancaman pemutusan aliran listrik oleh PLN akibat pemblokiran rekening oleh kurator. Slamet lantas menyampaikan kegeramannya terhadap kurator mengingat situasi seperti ini berpotensi memperkeruh keadaan.

    “Ini semakin menambah geram kami dan suasana akan makin mencekam. Apakah akan ada sejarah yang mencatat jika pembunuh buruh Sritex adalah para kurator yang menangani kepailitan Sritex ini, jika tidak segera memberikan kepastian akan going concern,” tegasnya.

    3. Permintaan Karyawan Sritex dan Jawaban Kemenaker

    Menurut Kaswanto, karyawan Sritex ingin pemerintah segera menjadi fasilitator antara manajemen perusahaan dan pihak kurator. Sebab kepastian soal keberlangsungan operasional di Sritex belum bisa diwujudkan.

    “Karyawan ingin pemerintah segera menjadi fasilitator yang baik untuk keberlangsungan kerja. Going concern belum juga bisa diwujudkan karena belum ada izin dari kurator dan hakim pengawas yang menangani pailit ini,” katanya kepada detikcom, Sabtu (7/12/2024).

    Karyawan juga mempertanyakan Mahkamah Agung (MA) belum juga memutuskan nasib status pailit Sritex. Padahal jika hanya menunggu kondisi seperti ini, buruh tidak akan bisa bekerja dan menerima gaji.

    “Putusan MA tentang kepastian pembatalan pailit atau menguatkan putusan pailit juga tidak segera diputuskan MA. Semua menunggu batasan-batasan waktu yang ditentukan UU. Kalau seperti ini ya buruh tidak kerja tidak gajian. Apakah pemerintah bertanggung jawab membayar gaji buruh jika rekening perusahaan tidak dibuka blokirnya oleh kurator,” beber Slamet.

    “Buruh Sritex berharap pemerintah segera berkoordinasi dengan MA agar segera diputuskan perkara kasasi,” tuturnya.

    Terkait kondisi Sritex, Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial (PHI Jamsos) Kemnaker, Indah Anggoro Putri buka suara.

    Ia menyebut bahwa Sritex sedang ditangani oleh manajemen dan kurator. Indah menjelaskan bahwa pemerintah tidak bisa melakukan intervensi sebab ada kurator yang sedang menangani Sritex.

    “Sedang di-handle kurator dan manajemen. Karena selama masa ada kurator, kami tidak bisa mencampuri,” kata Indah kepada detikcom, Sabtu (7/12/2024).

    (ily/hns)

  • PLTS Terapung Rp 900 Miliar Bakal Dibangun di Danau Singkarak

    PLTS Terapung Rp 900 Miliar Bakal Dibangun di Danau Singkarak

    Jakarta

    Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terapung bakal dibangun di Danau Singkarak, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Proyek ini merupakan kerja sama antara PT PLN Indonesia Power bersama investor asal Arab Saudi .

    “PLN Indonesia Power bersama investor Arab Saudi akan bekerja sama membangun PLTS terapung di Danau Singkarak,” kata Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Andre Rosiade, dilansir dari Antara, Sabtu (7/12/2024).

    Andre mengatakan, nilai investasi proyek tersebut ditafsir mencapai Rp 900 miliar. Menurutnya Komisi VI DPR RI selaku mitra kerja Kementerian BUMN telah melakukan rapat dengar pendapat bersama PLN untuk menindaklanjuti pembangunan PLTS terapung tersebut.

    Pembangunan PLTS terapung tersebut berangkat dari keberhasilan PLTS di Cirata, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat. Keberhasilan PLTS Cirata akan diadopsi di Danau Singkarak.

    “Jadi, keberhasilan pembangunan PLTS di Cirata ini akan kita adopsi di Danau Singkarak,” ujar dia pula.

    Dalam waktu dekat Komisi VI DPR bersama PLN dan Kabupaten Tanah Datar terlebih dahulu menyosialisasikan rencana proyek tersebut. Tujuannya agar proyek di bidang energi ini didukung serta membawa manfaat bagi masyarakat di Ranah Minang terutama di sekitar Danau Singkarak.

    “Pembangunan PLTS ini harus menguntungkan masyarakat, tidak merusak lingkungan dan ekosistem Danau Singkarak serta membuka lapangan pekerjaan,” kata dia menegaskan.

    Mengutip data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), pemerintah akan membangun dua PLTS terapung yakni di Danau Singkarak dan Waduk Saguling, Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat.

    Untuk PLTS terapung di Danau Singkarak diketahui berkapasitas 90 megawatt (MW). Sementara, PLTS di Waduk Saguling berkapasitas 60 MW. Pengembangan kedua PLTS ini merupakan komitmen pemerintah untuk meningkatkan penggunaan energi bersih, dan mempercepat transisi menuju energi yang lebih ramah lingkungan.

    (ily/hns)

  • Subsidi BBM Ojol Harus Tepat Sasaran, Jangan Jadi Keuntungan Perusahaan Aplikator

    Subsidi BBM Ojol Harus Tepat Sasaran, Jangan Jadi Keuntungan Perusahaan Aplikator

    Jakarta, Beritasatu.com – Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Energi Baru dan Terbarukan Indonesia (Aspebindo) Anggawira merespons soal polemik mengenai pemberian subsidi BBM kepada pengemudi ojek online (ojol). Menurut Anggawira, subsidi BBM harus tepat sasaran sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku.

    “Pemerintah perlu menilai secara hati-hati apakah pengemudi ojol atau ojek online dapat dikategorikan sebagai pelaku UMKM sesuai definisi hukum,” ujar Anggawira kepada wartawan, Sabtu (7/12/2024).

    Anggawira mengingatkan pemerintah agar subsidi BBM yang besar tersebut hanya menjadi keuntungan bagi perusahaan aplikator, sementara pengemudi yang seharusnya menerima manfaat justru terabaikan. Dia justru menyarankan agar pemerintah mengalihkan subsidi BBM untuk mendukung transisi energi melalui penggunaan kendaraan listrik oleh pengemudi ojol.

    Menurutnya, langkah ini tidak hanya menghemat anggaran subsidi tetapi juga membantu menciptakan kualitas udara yang lebih baik.

    “Daripada terus memberikan subsidi BBM yang berpotensi salah sasaran, pemerintah sebaiknya mendorong pengemudi ojol untuk beralih ke kendaraan listrik. Ini sesuai dengan agenda transisi energi nasional yang juga mendukung kelestarian lingkungan,” jelas Sekretaris Jenderal Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) ini.

    Dia juga mengkritik perusahaan aplikator ojol yang hingga kini belum menunjukkan komitmen nyata dalam mendukung kesejahteraan pengemudi mereka. Menurut dia, pemerintah sebaiknya melakukan audit terhadap perusahaan aplikator terkait pengelolaan armada transportasi dan sistem pembagian keuntungan.

    “Sudah saatnya perusahaan aplikator, seperti Gojek, Grab, dan Maxim bertanggung jawab atas kebutuhan bahan bakar armada mereka. Jangan hanya membebankan seluruh tanggung jawab kepada pengemudi yang sebenarnya adalah pekerja, bukan pemilik usaha,” tegasnya.

    Pihaknya mendukung kebijakan yang tepat terkait peruntukan BBM bersubsidi untuk ojol ataupun transportasi online sejenisnya. 

    Menurut Anggawira, aturan yang ada sudah jelas, subsidi BBM diperuntukkan bagi kelompok masyarakat kecil dengan kriteria tertentu, seperti kendaraan pribadi berkapasitas mesin rendah atau alat usaha skala kecil.

    “BBM subsidi bukan untuk kendaraan komersial yang dioperasikan oleh perusahaan untuk kepentingan bisnis. Logikanya, jika perusahaan besar, seperti Blue Bird mampu menanggung kebutuhan bahan bakar armadanya, perusahaan aplikator ojol juga seharusnya bisa,” paparnya.

    Anggawira menambahkan, persoalan ini perlu diselesaikan secara komprehensif agar subsidi BBM untuk ojol benar-benar tepat sasaran dan tidak disalahgunakan.

    “Pemerintah harus berani mengambil langkah tegas untuk melindungi anggaran negara dan memastikan kesejahteraan pengemudi ojol secara adil,” pungkas Anggawira dalam merespons subsidi BBM.

  • Cari Sepeda Harga Miring? Merapat ke Transmart Full Day Sale, Mulai Rp 1 Jutaan

    Cari Sepeda Harga Miring? Merapat ke Transmart Full Day Sale, Mulai Rp 1 Jutaan

    Jakarta

    Transmart kembali menggelar pesta diskon Full Day Sale, Minggu (8/12/2024), berlangsung sejak toko buka hingga berakhir jam 10 malam. Diskon yang ditawarkan tak main-main hingga 50% + 20% dan berlaku untuk berbagai produk.

    Spesial di esok hari, produk aneka sepeda diskon gede-gedean hingga 60+20%. Produk aneka sepeda dibanderol dengan harga promo mulai dari Rp 1.299.000 dari harga normalnya mulai dari Rp 1.499.000. Harga ini berlaku khusus di Pulau Jawa.

    Produk ini bakal jadi lebih murah dengan tambahan diskon khusus 20% kalau transaksi pakai Allo Prime, Allo Paylater, kartu kredit Bank Mega, atau Bank Mega Syariah. Produk sepeda harganya jadi mulai dari Rp 1.039.200. Pembeli pun jadi hemat Rp 459.800 dari harga normal.

    Transmart Full Day Sale-Sepeda Foto: Dok. Transmart

    Sementara di luar Pulau Jawa, produk ini juga diskon dari harga normalnya yang mulai dari Rp 1.599.000 menjadi mulai dari Rp 1.399.000. Makin hemat dengan tambahan diskon 20%, harganya jadi mulai dari Rp 1.119.200. Pembeli pun jadi hemat Rp 479.800 dari harga normal.

    Perlu dicatat, ada syarat dan ketentuan berlaku bagi pembelian produk ini. Promo juga tidak berlaku untuk pembelian partai besar, dan minimal transaksinya Rp 300.000.

    Selama gelaran Transmart Full Day Sale hari ini, ada diskon hingga 50+20% untuk berbagai produk seperti produk rumah tangga, furniture, elektronik, hingga sepeda listrik. Tambahan 20% bisa didapatkan jika melakukan pembayaran menggunakan Allo Prime, Kartu Kredit Bank Mega atau Bank Mega Syariah.

    Transmart Full Day Sale-Sepeda Foto: Dok. Transmart

    Untuk yang belum punya Kartu Kredit Bank Mega, nggak perlu khawatir. Ada unit pembukaan instan yang tersedia di gerai Cibubur dan Central Park.

    Sementara untuk yang belum punya Allo Prime, cukup download aplikasi Allo Bank di PlayStore atau AppStore. Tinggal klik link ini, download, dan upgrade ke Allo Prime.

    (ily/hns)

  • Besok Transmart Full Day Sale Diskon 50% + 20%, Waktunya Belanja

    Besok Transmart Full Day Sale Diskon 50% + 20%, Waktunya Belanja

    Jakarta, CNN Indonesia

    Kabar gembira bagi pelanggan setia Transmart. Pesta diskon bertajuk Transmart Full Day Sale kembali lagi besok, Minggu (8/12).

    Di periode Transmart Full Day Sale ini, ada diskon hingga 50 persen plus ekstra diskon 20 persen selama seharian. Waktunya buat borong belanjaan!

    Diskon hingga 50 persen berlaku untuk berbagai produk unggulan, mulai dari kebutuhan sehari-hari, elektronik, fesyen, furnitur, sepeda, sampai sepeda listrik.

    Tambahan diskon 20 persen bisa didapat dengan minimal transaksi Rp300 ribu menggunakan Allo Prime, Allo Paylater, kartu kredit Bank Mega, atau Bank Mega Syariah.

    Apabila belum memiliki kartu kredit Bank Mega, tidak perlu khawatir ya. Ada unit pembukaan instan yang tersedia di setiap gerai Transmart.

    Bagi pelanggan Transmart yang belum memiliki Allo Prime, cukup mengunduh aplikasi Allo Bank di PlayStore atau AppStore, lalu upgrade akun ke Allo Prime.

    Catat waktunya ya, Transmart Full Day Sale berlangsung selama seharian mulai dari jam toko buka sampai tutup pukul 22.00 waktu setempat di seluruh gerai se-Indonesia.

    Jangan lupa bayar belanjaannya pakai salah satu bank yang direkomendasikan supaya bisa nikmati berbagai promo menariknya. Waktunya borong belanjaan yang banyak esok hari!

    (juh/juh)

    [Gambas:Video CNN]

  • Khusus Besok! LED TV Banting Harga di Transmart Full Day Sale

    Khusus Besok! LED TV Banting Harga di Transmart Full Day Sale

    Jakarta, CNBC Indonesia – Televisi menjadi salah satu barang elektronik yang jadi primadona di masyarakat. Ini mengingat, spesifikasi TV pada saat ini sudah semakin canggih.

    Namun, TV dengan fitur-fitur terbaru ini biasanya dibanderol dengan tinggi sehingga orang pun perlu mempertimbangkan untuk membelinya.

    Meski begitu, Anda jangan khawatir karena ada gebyar promo diskon besar-besaran hingga 50% + 20% hadir kembali di Transmart. Apalagi kalau bukan program Transmart Full Day Sale pada Minggu, 8 Desember 2024.

    Diskon besar-besaran itu berlaku bagi pelanggan yang menggunakan kartu kredit Bank Mega, kartu kredit Bank Mega Syariah, dan aplikasi Allo Bank, mulai dari toko buka hingga tutup pukul 22.00.

    Produk yang digeber diskon saat Transmart Full Day Sale di antaranya barang-barang elektronik misalnya TV LED. Untuk pembelian LED TV 50″ UHD SMART berbagai merek seperti LG, Polytron, Panasonic, Sony, Sharp, Samsung, bisa didapatkan harga sale mulai dari RP 3,999,200 dari harga normal Rp 6,049,000.

    Sementara untuk LED TV 65″ UHD Smart merek LG, Polytron, Panasonic, Sony, Sharp, Samsung, bisa didapatkan dengan harga sale mulai dari RP 7,239,200 dari harga normal Rp 11,209,000.

    Tak hanya itu, diskon tersebut berlaku untuk berbagai produk, mulai dari kebutuhan sehari-hari, sepeda listrik, hingga perlengkapan isi rumah.

    Dalam program Transmart Full Day Sale pengunjung bisa menikmati diskon 20% bagi pelanggan yang menggunakan kartu kredit Bank Mega, kartu kredit Bank Mega Syariah, dan aplikasi Allo Bank-Allo Prime termasuk Allo Paylater. Bahkan untuk produk unggulan diskon bisa sampai 50% + 20% tergantung jenis produknya.

    Yuk tunggu apalagi? Langsung saja datang ke Transmart Full Day Sale.

    (rah/rah)

  • Siap-siap, Besok Sepeda Listrik Diskon Gede Rp2,7 Juta di Transmart

    Siap-siap, Besok Sepeda Listrik Diskon Gede Rp2,7 Juta di Transmart

    Jakarta, CNN Indonesia

    Pelanggan setia Transmart siap-siap ya, gelaran Full Day Sale balik lagi 8 Desember dengan diskon gede-gedean. Sepeda listrik yang jadi primadona diskon hingga Rp2,7 jutaan.

    Sepeda listrik diskon hingga 25% + 20% dari harga normal Rp6.450.000 diskon jadi Rp3.680.000 per unit khusus di Transmart Pulau Jawa. Pembeli hemat Rp2,7 juta.

    Sementara di Transmart luar Pulau Jawa, diskon yang sama berlaku dari harga normal Rp6.750.000 menjadi Rp3.920.000 per unit. Pembeli hemat Rp2,8 juta.

    Selain sepeda listrik, aneka sepeda juga didiskon selama gelaran ini. Diskon sepeda hingga 60% + 20% dari harga normal mulai Rp1.499.000 jadi mulai Rp1.039.200 per unit.

    Murah-murah banget, kan? Khusus produk sepeda listrik, pembelian maksimal dibatasi 2 unit per transaksi.

    Agar pelanggan bisa mendapat diskon tambahan 20 persen tersebut, cukup berbelanja minimal Rp300 ribu dan pembayaran menggunakan Kartu Kredit Bank Mega, Bank Mega Syariah, atau Allo Prime dari Allo Bank.

    Bagi yang belum memiliki kartu kredit Bank Mega nggak usah khawatir. Bisa segera datang ke kantor cabang Bank Mega terdekat atau ke unit pembukaan instan yang tersedia di gerai Transmart.

    Jika belum punya Allo Prime, caranya gampang banget. Tinggal download saja aplikasi Allo Bank yang tersedia di PlayStore atau AppStore, lalu upgrade akunnya ke Allo Prime.

    Ingat ya, serbu Transmart Full Day Sale besok dan borong belanjaan sebanyak-banyaknya di toko terdekat. Diskon besar-besaran ini cuma berlaku satu hari, dimulai dari jam Transmart buka hingga pukul 22.00 waktu setempat.

    Jangan lupa bayar belanjaannya pakai Bank Mega atau Allo Bank supaya bisa menikmati beragam kemudahan serta promo diskon menarik!

    (fef/fef)

    [Gambas:Video CNN]

  • Katedral Notre Dame Paris Kembali Dibuka 5 Tahun usai Kebakaran Besar

    Katedral Notre Dame Paris Kembali Dibuka 5 Tahun usai Kebakaran Besar

    Jakarta, CNN Indonesia

    Lima tahun setelah kebakaran dahsyat yang meluluhlantakkan Katedral Notre Dame di Paris, landmark ikonis yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO 2019 ini kembali menyambut dunia dengan keagungannya.

    Minggu ini, katedral bersejarah yang berdiri di atas Pulau Île de la Cité di Sungai Seine akan resmi dibuka kembali untuk publik, setelah upacara peresmian pada Sabtu (7/12) yang dihadiri sejumlah kepala negara dan delegasi tinggi dari berbagai negara.

    Pada Sabtu, upacara peresmian Notre-Dame berlangsung dengan dihadiri lebih dari 50 kepala negara dan pejabat tinggi dari berbagai belahan dunia.

    Upacara akan dipimpin oleh Uskup Agung Paris, Laurent Ulrich. Ia akan membuka pintu katedral yang terkunci dengan tongkat khusus, menandai dimulainya seremoni.

    Tahapan berikutnya meliputi kebangkitan organ besar Notre-Dame, yang merupakan organ terbesar di Prancis dengan 8.000 pipa dan 115 nada. Acara ini akan ditutup dengan nyanyian Te Deum, sebuah hymne Latin yang penuh haru.

    Setelah seremoni pembukaan, Misa pertama akan digelar pada Minggu (8/12) pagi pukul 10:30 waktu setempat, dihadiri Presiden Emmanuel Macron dan para tamu kehormatan. Sesi kedua di malam harinya terbuka untuk publik yang sebelumnya telah memesan tiket secara daring.

    Untuk merayakan momen ini, katedral akan mengadakan Misa khusus dua kali sehari selama delapan hari ke depan. Kegiatan ini menjadi simbol kebangkitan Notre-Dame sekaligus pengingat atas semangat bangsa Prancis yang tak pernah padam.

    Ketika kebakaran melanda Notre-Dame pada 15 April 2019, Prancis mengalami salah satu momen tergelap dalam sejarahnya. Presiden Emmanuel Macron, dalam pidatonya dua hari setelah kejadian, berjanji bahwa katedral ini akan dipulihkan dalam waktu lima tahun.

    Pada 29 November 2024, menjelang pembukaan kembali, Macron bersama istrinya, Brigitte, mengunjungi situs tersebut untuk mengapresiasi para pekerja yang telah berjuang keras mengembalikan kejayaan Notre-Dame.

    “Kebakaran Notre-Dame adalah luka bagi bangsa ini dan kalian adalah obatnya,” ujar Macron kepada ribuan pekerja yang berkontribusi dalam proses rekonstruksi menukil Al Jazeera.

    Presiden Amerika Serikat terpilih, Donald Trump, yang melakukan kunjungan luar negeri pertamanya sejak memenangkan pemilu November, juga dijadwalkan hadir dalam pembukaan kembali situs bersejarah tersebut.

    “Presiden Macron telah melakukan pekerjaan luar biasa dalam memastikan Notre-Dame dipulihkan ke kejayaan penuh, bahkan lebih dari itu,” tulis Trump di platform media sosialnya.

    Tragedi kebakaran yang mengguncang dunia

    Api yang melahap Notre-Dame pada malam 15 April 2019 berlangsung selama 15 jam. Pemadamannya melibatkan lebih dari 400 petugas pemadam kebakaran. Meskipun penyebab pasti kebakaran masih belum diketahui, dugaan utama adalah korsleting listrik atau puntung rokok yang menyala.

    Kerusakan akibat kebakaran sangat besar. Atap berbahan kayu berusia berabad-abad dan logam timah meleleh, sementara menara runcingnya yang ikonis runtuh.

    Namun, keberuntungan berpihak pada katedral ini karena langit-langit batu yang melengkung berhasil menahan kobaran api, menyelamatkan struktur batu di bagian dalam dari kerusakan lebih lanjut.

    Meski begitu, kehancuran itu meninggalkan duka mendalam. Selama berbulan-bulan, debu timah beracun menyelimuti Paris, menambah kegetiran tragedi tersebut. Untuk pertama kalinya sejak 1803, Notre-Dame tidak menggelar Misa Natal di tahun itu.

    Pemulihan Notre-Dame adalah proyek monumental yang melibatkan ribuan pekerja dari berbagai disiplin. Donasi yang terkumpul mencapai 840 juta euro sekitar $889 juta atau sekitar Rp13,79 triliun dengan dukungan dari lebih dari 150 negara, termasuk Amerika Serikat dan Arab Saudi.

    Proses rekonstruksi dimulai dengan pembersihan dinding batu dari debu, jelaga, dan kotoran menggunakan pembersih vakum serta gel khusus. Para tukang kayu kemudian memahat balok kayu ek raksasa secara manual untuk membangun kembali kerangka atap dan menara runcing.

    Sekitar 2.000 pohon ek ditebang khusus untuk menyediakan bahan kayu yang sesuai dengan struktur asli bangunan bersejarah tersebut.

    (tst/dna)

    [Gambas:Video CNN]

  • Toyota Alphard ‘Dikeroyok’

    Toyota Alphard ‘Dikeroyok’

    Jakarta

    Toyota Alphard ‘dikeroyok’ rival-rivalnya. Belakangan, kian banyak MPV premium yang berlomba-lomba memikat hati masyarakat Indonesia.

    Toyota Alphard menjadi salah satu nama yang pasti terlintas saat bicara soal MPV premium di Indonesia. Di mata konsumen berkantong tebal, Toyota Alphard punya daya tariknya tersendiri. Alphard memang didesain sebagai MPV mewah yang memiliki nuansa lebih formal dan elegan. Tidak heran kalau mobil ini seringkali terlihat digunakan oleh para pejabat dalam negeri sekaligus kalangan berduit.

    Di segmen ini, Alphard sebenarnya tak sendiri. Ada Lexus yang menyajikan LM350 dan juga Hyundai menghadirkan Staria. Tapi di segmen tersebut dominasi Alphard sulit dipatahkan. Sebagaimana terlihat dalam data penjualan yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang Januari-Oktober 2024 misalnya Toyota sudah mendistribusikan 4.322 unit Alphard ke seluruh dealernya.

    MPV premium terlaris kedua ada Lexus LM350h yang mencatatkan distribusi sebanyak 1.282 unit. Sementara Vellfire, distribusinya sebanyak 408 unit. Ini berbeda jauh dengan Staria yang terdistribusi sebanyak 89 unit untuk periode yang sama.

    Namun belakangan, Alphard tak hanya diganggu oleh Lexus LM350, Vellfire, ataupun Staria. Produsen China mulai berdatangan dengan menyajikan satu yang berbeda yaitu MPV premium dengan tenaga listrik.

    Tercatat ada dua produsen China yang sudah merilis MPV premium bertenaga listrik di dalam negeri yakni Zeekr dan Maxus. Zeekr meluncurkan MPV 009 sedangkan Maxus merilis Mifa 9. Keduanya jelas menyasar segmen yang selama ini didominasi Alphard cs itu. Terlihat dari posisi harga yang ditetapkan oleh para pabrikan tersebut.

    Belum habis sampai di situ. Alphard juga akan kedatangan calon rival baru dari BYD. BYD memastikan diri akan memboyong MPV premium di bawah bendera Denza, D9, pada kuartal pertama tahun 2025 ke Tanah Air. Seperti halnya Maxus dan Zeekr, Denza D9 yang bakal meluncur di Indonesia juga bertenaga listrik. Di negara asalnya Denza D9 versi listrik menjanjikan jarak tempuh hingga 600-an kilometer.

    Melihat fenomena di segmen MPV premium itu, Alphard seolah dikeroyok oleh para rival-rivalnya. Deretan MPV anyar itu berebut hati orang kaya di Indonesia. Alphard sejatinya sudah punya tempat tersendiri di hati masyarakat Indonesia.

    Terlihat saat ‘dikeroyok’ dua rival dari merek berbeda, Alphard masih sanggup bertahan dan menjadi pilihan utama.

    Di era elektrifikasi ini, pun Toyota sudah menyajikan Alphard versi ramah lingkungan dengan teknologi hybrid. Sementara sang rival sudah tak lagi menggendong mesin konvensional.

    Menarik untuk melihat persaingan di segmen MPV premium tersebut, utamanya setelah para pendatang baru ini berdatangan. Sanggupkah Alphard mempertahankan takhtanya di segmen MPV premium dalam negeri?

    (dry/din)