Topik: Listrik

  • Pekerja Qantas Australia Mogok Kerja Seharian, Minta Naik Gaji

    Pekerja Qantas Australia Mogok Kerja Seharian, Minta Naik Gaji

    Kami merangkum beberapa berita yang menjadi perbincangan di Australia hari ini. Mulai dari mogok kerja yang dilakukan ratusan karyawan Qantas hingga rekor baru wisatawan menjelang Natal.

    Karyawan Qantas mogok kerja

    Ratusan teknisi Qantas melakukan aksi mogok kerja selama lebih dari 24 jam di sejumlah bandara Australia.

    Tapi hingga berita ini diturunkan, bandara di kota-kota besar Australia hanya melaporkan sedikit gangguan bagi para pelaku perjalanan.

    Sekitar 500 teknisi di Sydney, Melbourne, Brisbane, Adelaide, dan Perth mulai mogok kerja sejak pukul 3:30 pagi, hari Jumat ini.

    Rencananya mereka akan mogok kerja hingga pukul 7:30 pagi Sabtu besok.

    Mogok kerja panjang ini terjadi setelah gagalnya negosiasi antara Qantas dan serikat pekerja yang mewakili teknisi.

    Dalam negosiasi sejak April tersebut, serikat pekerja sudah meminta kenaikan gaji sebesar 25 persen. Namun hingga kini permintaan tersebut belum terwujud.

    Aliansi Insinyur Qantas, yang terdiri dari Serikat Pekerja Australia (AWU), Serikat Pekerja Manufaktur Australia (AMWU), dan Serikat Pekerja Listrik (ETU), tengah mengupayakan kenaikan gaji di muka sebesar 15 persen dan kenaikan 5 persen per tahun.

    Serikat pekerja mengklaim Qantas “menolak untuk mengalah” atas tawarannya berupa kenaikan upah sebesar 3 persen per tahun selama tiga tahun.

    Namun Qantas mengatakan mereka mengusulkan “paket kompetitif” yang akan memungkinkan para teknisi untuk “mendapatkan lebih banyak penghasilan selama beberapa tahun ke depan.”

    Selengkapnya di sini

    Platform media sosial kemungkinan dikenakan pajak

    Facebook, Google, dan TikTok akan dipaksa untuk mendanai jurnalisme Australia, meskipun bila mereka tidak memuat konten berita di platform mereka.

    Pemerintah Australia akan mengenakan pajak baru untuk mendorong platform teknologi untuk membuat perjanjian pendanaan media.

    Tapi tidak hanya bagi perusahaan media sosial, pajak juga mungkin diberlakukan bagi perusahaan Apple dan Microsoft, kecuali mereka menandatangani perjanjian yang sama dengan Google dan Meta pada tahun 2021.

    Keputusan ini muncul setelah Meta mengancam untuk tidak memperbaharui perjanjian tersebut pada tahun depan.

    Pemerintah Australia berencana untuk mengesahkan perubahan tersebut mulai 1 Januari.

    “Jurnalisme yang kuat dan independen sangat penting,” kata asisten bendahara Stephen Jones.

    “Platform digital menerima keuntungan finansial yang besar dari Australia, dan mereka memiliki tanggung jawab sosial dan ekonomi untuk membuka akses terhadap jurnalisme yang berkualitas bagi warga Australia.”

    Simak selengkapnya di sini

    Rekor pelaku perjalanan Australia jelang Natal

    Bandara Australia tengah bersiap menghadapi rekor jumlah penumpang pada musim liburan ini, dengan jutaan warga Australia yang akan berlibur.

    Hari Jumat ini akan menjadi hari tersibuk, khususnya bagi rute perjalanan domestik di Bandara Sydney sejak 2019, dengan 81.000 penumpang berangkat atau mendarat di kota tersebut.

    Diperkirakan 5,8 juta orang akan transit di bandara Sydney antara 13 Desember dan 27 Januari. Jumlah ini setengah juta lebih banyak dibandingkan periode liburan tahun lalu.

    Kepala eksekutif Bandara Sydney Scott Charlton mengatakan penumpang harus mematangkan rencana jalan-jalan mereka.

    “Kami telah menambah jumlah staf dan mengaktifkan zona penurunan penumpang di terminal untuk membantu penumpang memasuki terminal lebih cepat,” katanya.

    Bandara Melbourne akan kedatangan 1,8 juta pelaku perjalanan internasional antara hari ini hingga 27 Januari, menandai rekor baru sepanjang masa.

    Lihat artikel lengkapnya di sini

  • Bukti AS Butuh China, Percuma Pemerintah Blokir Terus-terusan

    Bukti AS Butuh China, Percuma Pemerintah Blokir Terus-terusan

    Jakarta, CNBC Indonesia – Nvidia akhirnya buka suara terkait rumor yang menyebut raksasa chip asal Amerika Serikat (AS) tersebut akan memangkas atau menyetop total ekspor chip AI canggih ke China.

    Nvidia mengatakan pihaknya akan tetap melanjutkan bisnis di China dan mendukung klien di area tersebut. Nvidia menegaskan bahwa rumor yang beredar keliru dan China merupakan pasar penting bagi perusahaan.

    Rumor penyetopan ekspor Nvidia ke China muncul setelah pemerintah setempat melancarkan penyelidikan terhadap akuisisi Nvidia ke Mellanox Technologies.

    Pemerintah China mengkaji kesepakatan bernilai US$6,9 miliar tersebut akibat dugaan masalah kompetisi yang melanggar hukum di negara kekuasaan Xi Jinping.

    Selain itu, isu geopolitik antara China dan AS juga kian memanas. Baru-baru ini, AS mengeluarkan kebijakan pembatasan ekspor tahap ketiga yang makin memperketat penjualan teknologi canggih ke China.

    Menanggapi hal ini, China balas dendam dengan menyetop ekspor tiga mineral penting, yakni germanium, gallium, dan antimon ke AS. Mineral-mineral itu digunakan untuk pengembangan alat perang, semikonduktor, hingga baterai pada mobil listrik.

    Nvidia sendiri tak gentar menghadapi berbagai isu geopolitik tersebut. Dikutip dari YahooFinance, Jumat (13/12/2024), Nvidia justru menambah jumlah karyawan di China.

    Penambahan karyawan mayoritas dialokasikan untuk divisi riset dan pengembangan pada teknologi pengemudi tanpa awak. Saat ini Nvidia memperkerjakan 200 orang di Beijing. Secara total, karyawan Nvidia di China sudah hampir 4.000 orang, menurut laporan Bloomberg.

    Nvidia bertujuan meningkatkan kapasitas AI untuk akurasi yang lebih mumpuni dan penyelesaian masalah yang lebih kompleks. CEO Nvidia Jensen Huang mengatakan pentingnya konsep ‘berpikir panjang’ pada penelitian AI.

    Pengembangan ini diproyeksikan untuk mendorong pengeluaran yang lebih besar pada infrastruktur dan aplikasi AI.

    Sebelumnya, Nvidia sudah dilarang untuk menjual chip generasi terbaru ke China. Namun, China berkontribusi besar pada pendapatan Nvidia. Alhasil, Nvidia mengembangkan chip khusus yang dirancang untuk China dan ‘mengelabui’ aturan pemerintah AS. 

    (fab/fab)

  • Progres Terkini RUU Energi Baru Terbarukan Diungkap Wamen ESDM

    Progres Terkini RUU Energi Baru Terbarukan Diungkap Wamen ESDM

    Jakarta

    Wakil Menteri ESDM, Yuliot Tanjung menjelaskan perkembangan Rancangan Undang-Undang Energi Baru dan Energi Terbarukan (RUU EBET). Menurut Yuliot, pihaknya sedang membahas materi apa saja yang harus masuk di regulasi tersebut.

    “Jadi untuk RUU EBT, ya kita juga lagi konsolidasikan materi-materi apa yang harus masuk di dalam EBT. Ya karena itu kan untuk EBT bisa berkembang terus,” kata Yuliot saat ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Jumat (13/12/2024).

    Salah satu yang disorot Yuliot adalah potensi EBT yang diproses melalui pengolahan sampah. Selain dapat menghasilkan listrik, proses tersebut juga dapat menghasilkan bahan bakar minyak.

    “Ya kemarin saya melihat potensi EBT, bauran energi yang terkait dengan pengolahan sampah, itu justru bisa menghasilkan listrik, juga bisa menghasilkan bahan bakar minyak. Jadi ya kita akan melihat opsi sejauh mana itu potensi yang untuk EBT yang bisa dihasilkan,” ujarnya.

    Pada September lalu, Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Eniya Listiani Dewi menyampaikan proses pembahasan RUU EBET telah selesai, namun masih menyisakan dua pasal yang belum mencapai kesepakatan.

    “Prosesnya sudah, tim sinkronisasi dan tim perumus sudah membahas 63 pasal, yang sudah disepakati ada 61 pasal, tinggal 2 pasal, yakni 1 pasal terkait energi baru dan 1 pasal terkait energi terbarukan. Isi 2 pasal yang terakhir ini terkait Pemanfaatan Bersama Jaringan Transmisi (PBJT) atau sewa jaringan,” jelas Eniya pada Temu Media di Jakarta, Senin (9/9).

    Dalam dua pasal terakhir itu, pemerintah mengusulkan terkait dengan PBJT yang isinya antara lain bahwa pemenuhan kebutuhan konsumen akan listrik yang bersumber dari Energi Baru/Energi Terbarukan wajib dilaksanakan berdasar Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) dan dapat dilakukan dengan PBJT melalui mekanisme sewa jaringan.

    Lihat juga Video: Menteri Investasi Ungkap Potensi Energi Terbarukan RI Capai 3.677 GW

    (ily/ara)

  • Manufaktur Kontraksi, HKI Proyeksi Penjualan Lahan Industri Masih Cerah

    Manufaktur Kontraksi, HKI Proyeksi Penjualan Lahan Industri Masih Cerah

    Bisnis.com, JAKARTA – Himpunan Kawasan Industri (HKI) memprediksi penjualan lahan industri masih tumbuh positif meskipun kondisi industri manufaktur nasional masih mengalami kontraksi. Kebutuhan lahan untuk sejumlah industri disebut masih besar. 

    Berdasarkan data Kemenperin, total luas lahan kawasan industri mencapai 94.054 hektare per November 2024. Lahan terokupansi mencapai 59,76% atau 56.423 hektare dan sisanya sebesar 40,24% atau seluas 37.631 hektare merupakan lahan yang masih tersedia untuk lokasi investasi.

    Ketua Umum HKI Sanny Iskandar mengatakan penjualan lahan di kawasan industri pada tahun 2024 menunjukkan hasil yang cukup stabil meski ada beberapa tantangan ekonomi global dan domestik. 

    “Meskipun ada sentimen kontraksi dalam sektor manufaktur, prospek penjualan lahan di kawasan industri tetap positif,” kata Sanny kepada Bisnis, Jumat (13/12/2024). 

    Sanny menerangkan bahwa permintaan lahan industri kedepannya masih positif, terutama untuk kawasan industri yang berfokus pada sektor-sektor yang lebih tahan terhadap krisis ekonomi global, seperti teknologi dan logistik.

    Kendati demikian, tahun ini investasi sektor manufaktur seperti elektronik dan kendaraan listrik masih menunjukkan minat yang stabil, utamanya dari investor asing. 

    “Hal ini karena kebutuhan untuk pengembangan kawasan industri yang lebih ramah terhadap teknologi tinggi dan berbasis pada industri hijau masih cukup besar,” tuturnya. 

    Untuk itu, pihaknya akan fokus mengembangan kawasan industri nasional dan melakukan penyesuaian tren pasar, seperti pengembangan kawasan industri berbasis ramah lingkungan dan digital atau yang dikenal saat ini dengan sebutan Smart Eco Industrial Park.

    Dengan optimisme tersebut, pengelola kawasan industri cukup optimistis dapat berkontribusi dalam pencapaian target ekonomi 8% yang dicanangkan oleh Presiden Prabowo. 

    “Salah satu strategi utama adalah memperkuat kemitraan dengan investor dan pemerintah untuk memfasilitasi pembangunan kawasan industri berbasis teknologi tinggi dan ramah lingkungan,” tuturnya. 

    Tak hanya itu, pengelola kawasan industri juga akan fokus pada peningkatan daya saing, seperti menyediakan infrastruktur yang lebih baik, mendorong digitalisasi industri, serta memperkenalkan insentif bagi perusahaan yang berinvestasi dalam sektor-sektor prioritas seperti energi terbarukan dan kendaraan listrik. 

    “Meskipun ada tantangan, kawasan industri masih menunjukkan peran positifnya sebagai pendorong bagi pertumbuhan ekonomi nasional yang berkelanjutan,” pungkasnya. 

    Sebelumnya, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan upaya mendorong pemerataan pembangunan kawasan industri ke seluruh wilayah Indonesia dilaksanakan melalui program Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) serta Proyek Strategis Nasional (PSN), yang sampai dengan saat ini telah terdapat 30 kawasan industri yang beroperasi, dan rata-rata berlokasi di luar Pulau Jawa.

    PSN merupakan proyek dan/atau program yang dilaksanakan oleh instansi pemerintah dan/atau badan usaha yang memiliki sifat strategis untuk peningkatan pertumbuhan dan pemerataan pembangunan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan daerah.

    “Dari data rencana investasi 41 kawasan industri PSN tersebut, terdapat komitmen investasi sekitar Rp2.785 triliun yang Akan direalisasikan bertahap, meliputi investasi pembangunan infrastruktur KI dan tenan di dalamnya,” sebut Agus. 

    Adapun hingga 2024, diperkirakan realisasi investasi di kawasan industri PSN mencapai Rp68 triliun. 

    “Berdasarkan hasil estimasi dan simulasi penambahan nilai investasi pada KI, target investasi dalam jangka menengah pada 2029 sebesar Rp481 triliun,” imbuhnya.

  • Lama Hidup dalam Gelap, Warga Belitung Ini Kini Terang Benderang

    Lama Hidup dalam Gelap, Warga Belitung Ini Kini Terang Benderang

    Jakarta

    Di tengah sunyinya malam di Desa Buluh Tumbang, Kecamatan Tanjung Pandan, Samsina (57) kini merasakan kehangatan berbeda. Setelah bertahun-tahun hidup dalam gelap, ia akhirnya dapat menikmati terang lampu di rumahnya, berkat Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) dari pemerintah.

    Tinggal seorang diri setelah berpisah dengan suaminya, Samsina mengenang getir masa lalu. “Dulu, kalau malam hanya ada cahaya kecil dari botol bekas minuman energi, diisi minyak dan sumbu. Itu pun redup, kadang asapnya membuat sesak,” ungkapnya sambil tersenyum tipis.

    Samsina bekerja sebagai buruh di kebun sawit. Upah yang ia terima setiap minggu tak cukup untuk memasang listrik sendiri. Dalam keterbatasan, ia tetap bertahan, menjalani hari-hari dengan tekad yang kuat. Kini, dengan bantuan BPBL, kehidupannya berubah. Senyum lega menghiasi wajah Samsina saat menyampaikan rasa syukur.

    “Alhamdulillah, syukur luar biasa, banyak-banyak terima kasih kepada Pemerintah,” katanya penuh haru.

    Program BPBL menjadi secercah harapan bagi masyarakat seperti Samsina. Tidak hanya memberikan akses listrik, tetapi juga menghadirkan kesempatan untuk hidup lebih layak. Cahaya di rumah kecil Samsina kini tak hanya menerangi malamnya, tetapi juga memberikan semangat baru untuk menapaki masa depan.

    Program BPBL yang diinisiasi sejak 2022 ini bertujuan untuk memperluas akses listrik serta diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jisman P. Hutajulu mengatakan, Pemerintah bersama PLN terus berupaya memperluas akses listrik hingga ke desa-desa dan daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal), agar kebutuhan listrik tidak hanya terpenuhi di perkotaan dan sektor industri, tetapi juga di seluruh pelosok negeri.

    Salah satu langkah yang dilakukan adalah mendorong rumah tangga yang belum berlistrik atau masih menyalur agar masuk ke dalam program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) tahun 2025. Selain itu, pemerintah juga mencatat masih adanya elektrifikasi melalui swadaya masyarakat maupun dengan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) di beberapa wilayah.

    “Kami berharap ke depan seluruh kebutuhan listrik masyarakat dapat sepenuhnya dilayani oleh PLN,” ujar Jisman di Jakarta, Kamis(12/12/2024).

    Ketua Komisi XII DPR RI, Bambang Patijaya, menyatakan bahwa program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) merupakan hasil kemitraan antara DPR RI dan Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, dengan pelaksanaan yang dipercayakan kepada PT PLN (Persero).

    DPR RI telah menyetujui alokasi APBN 2024 untuk program BPBL, yang akan memberikan akses listrik kepada 150.000 rumah tangga miskin di 36 provinsi di Indonesia.

    “Listrik saat ini bukan hanya kebutuhan pokok, tetapi telah menjadi bagian dari keseharian masyarakat. Oleh karena itu, DPR RI harus memastikan tidak ada lagi rumah tangga tidak mampu yang belum mendapatkan aliran listrik,” tegas Bambang.

    Jisman menyampaikan target Program BPBL di tahun 2024 adalah 150.000 rumah tangga se-Indonesia. Target ini meningkat dibandingkan realisasi tahun 2022 sebesar 80.183 rumah tangga dan tahun 2023 sebesar 131.600 rumah tangga.

    “Program ini bersifat gratis dan tidak dipungut biaya apapun. Apabila pada pelaksanaannya terdapat pungutan liar, masyarakat dapat menyampaikan pengaduan kepada kami, Kementerian ESDM melalui berbagai kanal seperti media sosial dan Contact Center 136,” Jisman menegaskan.

    Calon penerima BPBL merupakan rumah tangga yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), berdomisili di daerah 3T, dan/atau layak menerima BPBL berdasarkan validasi kepala desa/lurah atau pejabat yang setingkat.

    (fdl/fdl)

  • Inikah Motor Baru Yamaha yang Meluncur Pekan Depan?

    Inikah Motor Baru Yamaha yang Meluncur Pekan Depan?

    Jakarta

    PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) bakal merilis motor baru pekan depan, Rabu (18/12/2024). Tanpa ada kisi-kisi, motor apa yang segera meramaikan jalanan Indonesia ini?

    Peluncuran bakal dilakukan di bilangan Jakarta Selatan, sama seperti peluncuran motor matic Yamaha Lexi terbaru.

    “Kami PT Yamaha Indonesia Motor Mfg., ingin mengundang rekan-rekan media untuk dapat berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan Yamaha Product Press Conference yang akan dilaksanakan pada, Rabu 18 Desember 2024,” demikian bunyi undangan peluncuran tersebut.

    Baru-baru ini Yamaha menyegarkan motor bebek MX-King dengan ubahan warna, bukan sesuatu yang signifikan.

    Dalam akun instagram resmi Yamaha, mereka baru saja menyebarkan teaser “Alpha”, beberapa kata-kata dikeluarkan sebagai ‘suntikan’ antara lain Brave, Aggresive, Dynamic, Anti-Mainstream, dan Stand out.

    Nmax menjadi pionir dalam pengembangan teknologi kekinian. Terbaru Nmax mendapat fitur anyar untuk dapat dorongan tenaga serta engine brake berkat sistem Yamaha Electric Continous Variable Transmission (YECVT).

    Nmax diketahui masuk ke kategori Maxi Series. Dalam lini Maxi Yamaha masih terdapat model lain, antara lain Aerox, Lexi, dan Xmax.

    Aerox menjadi salah satu motor Yamaha yang belum mendapat sentuhan baru sejak terakhir kali disegarkan pada 2020.

    Kalau melihat rencana Yamaha, Nmax sejatinya juga menjadi motor pertama yang diterapkan Y-Connect pada awal 2020. Teknologi itu lalu melebar ke model Maxi Series lainnya, seperti Aerox, Xmax dan terbaru Lexi.

    Satu hal yang menjadi perhatian adalah dengan sensasi turbo itu ada harga yang harus dibayarkan. Antara Neo dan Turbo terdapat selisih harga sampai Rp 5 juta.

    Perlu diketahui, kata ‘Turbo’ pada Nmax terbaru merupakan bahasa marketing yang diciptakan oleh produsen garpu tala tersebut. Sebenarnya, maksud kata ‘Turbo’ adalah agar memudahkan penyebutan YECVT.

    Teknologi tersebut merupakan nilai jual utama di Yamaha Nmax generasi ketiga. YECVT menggantikan sistem CVT konvensional pada motor, jadi tidak lagi menggunakan roller. Bukan tidak mungkin Yamaha juga memperkenalkan sistem tersebut kepada line up Maxi Series lainnya, terutama ke Aerox yang menyasar segmen anak muda.

    Di sisi lain, Yamaha telah menguji dua model motor listriknya di Indonesia. Namun, hingga sekarang Yamaha belum juga menjual motor listrik.

    Nah, kira-kira menurut detikers, motor apa yang bakal meluncur di Indonesia?

    (riar/din)

  • Jatim Menerima Lima Penghargaan Anugerah DEN 2024

    Jatim Menerima Lima Penghargaan Anugerah DEN 2024

    Surabaya (beritajatim.com) – Pemerintah Provinsi Jatim melalui Dinas ESDM berhasil meraih lima penghargaan dari Dewan Energi Nasional (DEN) Republik Indonesia dalam acara Anugerah DEN Tahun 2024.

    Kepala Dinas ESDM Jatim, Aris Mukiyono, yang mewakili Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono, menerima penghargaan tersebut secara langsung. Aris menyatakan bahwa penghargaan ini mencerminkan komitmen ESDM Jatim di bidang energi, termasuk energi baru terbarukan.

    “Alhamdulillah, Jawa Timur mendapatkan 5 penghargaan. Penghargaan ini menunjukkan komitmen Jatim dalam sektor energi,” ungkap Aris didampingi oleh Kabid EBT Dinas ESDM Jatim, Rendy Herdijanto, pada Jumat (13/12/2024).

    Dalam acara ini, penghargaan yang diraih Jatim meliputi Juara I untuk kategori ‘Daerah yang Melakukan Implementasi Kebijakan dan Regulasi Turunan PERDA RUED Provinsi’.

    Selanjutnya, Juara I kategori ‘Pemerintah Daerah yang Paling Aktif dalam Melakukan Inisiatif Manajemen/Konservasi Energi’. Kemudian, Juara II untuk kategori ‘Daerah yang Berhasil Mendorong Transisi Energi dan Mengoptimalkan serta Memanfaatkan Potensi Energi Baru dan Terbarukan’.

    Juga, Juara II dalam kategori ‘Daerah yang Memiliki Inovasi Terbaik dalam Pengembangan Energi Terbarukan dan Aktif dalam Mengkampanyekan Energi Bersih’. Terakhir, Juara III untuk kategori ‘Daerah yang Paling Baik dalam Pengelolaan Data Energi’.

    Aris menegaskan bahwa ESDM akan terus berkomitmen untuk mengimplementasikan Perda RUED agar sejalan dengan RUEN. Sementara itu, Kabid EBT Rendy menambahkan bahwa pihaknya telah menerapkan Perda RUED Jatim dengan menerbitkan 7 Peraturan Daerah terkait kebijakan energi. Hal ini menjadi salah satu alasan DEN memberikan lima penghargaan kepada Jatim.

    “Saat ini, Pemprov Jatim adalah satu-satunya Pemerintah Provinsi yang melakukan revisi terhadap RUED P-Provinsi Jatim sesuai dengan yang tertuang dalam Perda RUED Nomor 3 tahun 2024 tentang Perubahan Atas Perda 6 Tahun 2019 mengenai Rencana Umum Energi Daerah Provinsi Jawa Timur Tahun 2019-2050,” jelas Rendy.

    “Kami juga berkomitmen untuk melakukan kegiatan konservasi energi. Salah satu pencapaian dalam kegiatan konservasi adalah Provinsi Jawa Timur sebagai Pemenang dalam Penghargaan Efisiensi Energi Nasional (PEEN) Kementerian ESDM Tahun 2024 untuk kategori Gedung Baru. Selain itu, kegiatan konservasi energi lainnya termasuk pemasangan PLTS Atap di beberapa Gedung Instansi Pemerintah, Swasta, Pondok Pesantren, Sekolah, UMKM, Rumah Sakit, Lembaga, dan Pertanian untuk menghasilkan efisiensi energi,” tambahnya.

    Jatim, menurut Rendy, juga berkomitmen untuk mengoptimalkan dan memanfaatkan potensi EBT sebesar 188.410 MW, dengan total pemanfaatan EBT (pembangkit dan non-pembangkit) di Jawa Timur dari Tahun 2023 hingga Semester I tahun 2024 sebesar 2.209,55 MW.

    Selain itu, penggunaan kendaraan listrik terus meningkat dengan jumlah 16.981 unit, serta Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) sebanyak 119 unit yang dibangun oleh PT. PLN dan pihak swasta.

    “Jatim juga terus mendorong akselerasi pengembangan dan pemanfaatan EBT dengan melakukan inovasi, antara lain Pembangunan Instalasi Gas Rawa sebagai pengganti LPG, Pemasangan PLTS Atap di 87 Pondok Pesantren, Pelabuhan, Pertanian, Pemanfaatan Refused Derived Fuel (RDF) untuk bahan bakar cofiring di PLTU, Pemanfaatan Bioetanol 5 persen (E5), Pembangunan PLTS Atap di UMKM, dan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di Benowo Kota Surabaya, serta Kendaraan Hidrogen yang diciptakan oleh Mahasiswa ITS bekerja sama dengan PT PLN Jawa Timur,” paparnya.

    “ESDM Jatim saat ini telah memiliki database energi untuk memudahkan penyediaan data dan informasi energi terkini yang nantinya akan digunakan sebagai pedoman dalam kebijakan road map pengelolaan energi daerah di Jawa Timur. Database tersebut perlu terus diperbarui seiring perkembangan data,” lanjutnya.

    “Harapan Pemerintah Provinsi adalah adanya sinergi kolaborasi dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, BUMN, Swasta, dan Masyarakat dalam pengembangan EBT di Jawa Timur untuk mencapai target bauran energi terbarukan Jawa Timur dan kontribusi terhadap target nasional Net Zero Emission pada tahun 2060, serta mewujudkan ketahanan dan kemandirian energi Provinsi Jawa Timur,” tutupnya. [tok/beq]

  • Innova Reborn Masih Laku Keras, Segini Beda Penjualannya dengan Innova Zenix

    Innova Reborn Masih Laku Keras, Segini Beda Penjualannya dengan Innova Zenix

    Jakarta

    Kijang Innova Reborn masih laku keras. Segini beda penjualannya dengan Kijang Innova Zenix.

    Kehadiran mobil model terbaru, tak lantas membuat model lama ditinggalkan. Contohnya ada pada model Kijang Innova. Sekalipun Toyota sudah menyajikan Kijang Innova versi terbaru lewat model Zenix, nyatanya Kijang Innova Reborn masih banyak diburu orang Indonesia.

    Berkaca pada data distribusi wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode November 2024, Kijang Innova Reborn masih memberikan kontribusi signifikan buat penjualan Innova secara keseluruhan. Distribusi Kijang Innova Reborn pada bulan kesebelas itu mencapai 2.581 unit. Sebagai perbandingan, distribusi Kijang Innova Zenix seluruh model jumlahnya 3.327 unit. Selisihnya sekitar 800-an unit.

    Kalau dihitung secara keseluruhan Kijang Innova Zenix memang lebih laris. Bila dihitung secara keseluruhan sejak Januari hingga November, distribusi Kijang Innova Reborn mencapai 23.866 unit. Sedangkan Kijang Innova Zenix tembus 34.428 unit

    Jika melihat dari spesifikasi, keduanya sudah sangat berbeda. Zenix tampilannya sudah lebih modern, lebih lagi bodinya sudah menyerupai SUV. Pun dari dapur pacu, sudah berbeda total.

    Beda Mesin Kijang Innova Zenix dan Innova Reborn

    Kijang Innova Zenix tak lagi menawarkan opsi mesin diesel. Namun kini sudah memiliki varian hybrid. Toyota Kijang Innova Zenix kini menggunakan platform Toyota New Generation Architecture (TNGA). Toyota Kijang generasi ketujuh di Indonesia ini mengadopsi platform TNGA: GA-C dengan struktur monokok. Platform ini menggantikan struktur ladder on frame pada Kijang sebelumnya. Toyota Kijang Innova Zenix juga beralih menggunakan penggerak roda depan (FWD).

    Kijang Innova Zenix versi bensin mengusung mesin 2.000 cc berkode M20A-FKS Dynamic Force Engine. Mesin berkapasitas 1.987 cc empat silinder dual VVT-i ini menghasilkan tenaga hingga 174 PS pada 6.600 rpm dengan torsi maksimal 204,9 Nm. Sementara varian hybrid menggabungkan mesin TNGA 2.000 cc M20A-FXS (152 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 187,3 Nm pada 4.400-5.200 rpm) dengan motor listrik berdaya 113 PS dan torsi 205,9 Nm. Hasilnya, tenaga gabungan mencapai 186 PS.

    Untuk perbandingan, Kijang Innova Reborn bensin hadir dengan mesin berkode 1TR-FE empat silinder segaris 16 katup DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.998 cc. Tenaga maksimal mesin bensin itu mencapai 139 PS pada 5.600 rpm dengan torsi maksimal 183,3 Nm pada 4.000 rpm. Innova bensin ditawarkan dengan pilihan transmisi otomatis 6 percepatan dengan Sport Sequential Switchmatic, atau transmisi manual 5 percepatan.

    Sementara Toyota Kijang Innova Reborn diesel dilengkapi dengan mesin berkode 2GD FTV dengan empat silinder segaris 16 katup DOHC dengan VNT Intercooler. Mesin diesel Innova berkapasitas 2.393 cc. Tenaga maksimalnya mencapai 149 PS pada 3.400 rpm dengan torsi maksimal 342,2 Nm yang tersedia pada rentang 1.200-2.800 rpm.

    (dry/din)

  • Aksi Hilirisasi Batu Bara PTBA Bisa Dukung Ekosistem Kendaraan Listrik

    Aksi Hilirisasi Batu Bara PTBA Bisa Dukung Ekosistem Kendaraan Listrik

    Jakarta, CNBC Indonesia – PT Bukit Asam Tbk (PTBA) berkomitmen untuk menjalankan mandat hilirisasi batu bara dari pemerintah. Aksi hilirisasi batu bara perusahaan bahkan akan mendukung ekosistem baterai kendaraan listrik (EV) di Indonesia.

    Pasalnya, PTBA akan mengembangkan teknologi konversi batu bara menjadi Artificial Graphite dan Anode Sheet, yang merupakan bahan baku komponen baterai kendaraan listrik.

    Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Arsal Ismail menjelaskan bahwa pihaknya akan tetap terus mendukung salah satu program pemerintah terkait swasembada energi. Terutama program hilirisasi batu bara.

    “Alhamdulillah nantinya mewujudkan ekosistem EV baterai PTBA salah satu yang berikan kontribusi anoda untuk bantu pemerintah kurangi impor kurangi devisa kita,” kata dia dalam Awarding Night CNBC Indonesia Awards 2024, dikutip Jumat (13/12/2024).

    Sebelumnya, Direktur Portofolio dan Pengembangan Usaha MIND ID Dilo Seno Widagdo mengatakan bahwa saat ini PTBA sudah memiliki prototipe dan sedang mempersiapkan pilot scale production untuk anoda baterai dari batu bara ini.

    “Hari ini kita sudah buatin prototipenya, sekarang kita buatin scale pilot, kita udah join sama CATL untuk material katoda, untuk anodanya kita pakai punyanya BRIN itu jadi baterai 18650,” ujar Dilo di Jakarta, Selasa (15/10/2024).

    Meski demikian, Dilo mengakui bahwa saat ini masih ada beberapa tantangan kualitas terkait conductivity dan density material anoda yang belum memenuhi standar internasional. Oleh karena itu, pembangunan fasilitas pilot scale ditujukan untuk meningkatkan kualitas tersebut.

    “Gue masih belum puas sama hasilnya bos, jadi conductivity-nya, density-nya, masih belum sesuai sama kelas internasional, ini memang harus ditingkatkan lagi makanya kita bangun yang pilot scale-nya ini untuk bisa sekalian kita tingkatkan lagi kualitasnya,” ujarnya.

    (wia)

  • Begini IoT yang Diberi BAKTI untuk Pembudidaya Tambak di Lampung

    Begini IoT yang Diberi BAKTI untuk Pembudidaya Tambak di Lampung

    Jakarta

    BAKTI Komdigi mendukung proses digitalisasi sektor perikanan di Lampung Selatan. Salah satunya dengan memberikan perangkat IoT (Internet of Things) yakni smart autofeeder bernama eFeeder. Alat ini disebut dapat mengefisiensi pakan sampai menciptakan hasil panen pun makin merata. Ini berujung pada peningkatan ekonomi masyarakat setempat.

    Singkatnya, eFeeder alat pemberi pakan otomatis yang bisa diatur lewat handphone dari aplikasinya, eFeeder. Pembudidaya bisa mengatur jadwal pemberian pakan, dapat rekomendasi pemberian pakan, sampai mencatat data pakan yang keluar.

    Ade Setiawan L. Tobing Project Manager dari eFishery menjabarkan ada beberapa komponen besar dari smart autofeeder ini. Pertama ada gentong berisi pakan, control box, hingga thrower atau pelontar. Ada juga mesin takaran atau yang disebut dosing.

    “Kalau pelontar sesuai nama ya, berfungsi untuk melontarkan. Nanti itu yang mengatur jarak lontar. Kita bisa setting dia dari kurang lebih sekitaran 10 meter, 10 sampai 13 meter. Nanti dikonversikan dengan persen, nanti kita sesuaikan dengan jarak yang kita inginkan,” kata Ade.

    Berbeda dengan eFeeder untuk udang yang melempar searah 360 derajat, eFeeder untuk ikan melontarkan 90 derajat atau membentuk huruf ‘v’.

    eFeeder dapat memberi pakan secara otomatis, bahkan bisa diatur hingga ke jarak lontarnya. Foto: Tripa Ramadhan

    Sementara untuk dosing, ada nilai kalibrasi yang dapat dicocokkan. Misalnya pembudidaya setting 1 kg, maka motornya harus mengklaibrasi dulu berapa nilai kalibrasinya. Sebab, setiap performa motor itu berbeda-beda ya.

    “Sama kayak kita anggap mobil atau motor gitu. Setahun penggunaan otomatis dia bakal lebih turun kan performance-nya. Jadi misalnya sekarang 14 kg per detik, setahun ke depan belum tentu 14 kg per detik, karena dia udah mulai pelan. Makanya dikalibrasi lagi,” ujarnya.

    Untuk cara kalibrasi, biasanya pembudidaya harus menyiapkan 1 kg pakan. Setelah itu, dari aplikasi eFeeder ada fitur kalibrasi yang dapat dipakai. Selanjutnya, baru dia ada hitungan sendiri, berapa gram per detik.

    Keunggulan eFeeder

    Sesuai namanya, IoT smart autofeeder eFishery terkoneksi dengan internet dan mendapatkan power dari listrik. Akan tetapi, konsumsi daya yang dibutuhkan eFeeder tidak besar.

    “Kita tuh penggunaan listriknya hemat. Dia (Smart autofeeder) di saat standby seperti ini, dia cuma 1 watt. Kalau dia di saat running, di saat bunyi gitu ya, dia itu bisa diangka 40 watt. 40 watt artinya 1 lampu rumah. Kecil banget,” jelas Ade.

    Untuk pemberian pakan biasanya dilakukan pada pukul 08.00 dan 17.00. Akan tetapi, ketika mendekati panen, maka pemberian pakan akan dinaikkan menjadi tiga kali sebaran. Sebaran ketiga dilakukan pada jam 12 malam.

    Fitur yang ada di aplikasi eFeeder yang dimiliki tiap farmer. Kolam yang dimiliki bisa terdata. Foto: Aisyah/detikINET

    “Makanya salah satu alasan eFeeder diperlukan dan dibutuhkan sama petani, siapa sih yang mau ngasih pakan jam 12 malam? Yang kedua, ini tuh fleksibel. Hujan nggak ada yang mau ngasih pakan. Tapi alat ini, selagi konsumsi listriknya ada, dia bisa jalan,” tegasnya.

    Selain itu, aplikasi eFeeder memungkinkan pembudidaya untuk memiliki pengaturan sendiri, sebanyak apapun. Setiap akun dapat mengelola beberapa kolam dan memantaunya setiap saat. Bahkan, ada opsi tunda pemberian pakan apabila hujan turun.

    “Sebab kadang, kalau ikan lagi hujan biasanya nafsu makannya turun. Jadi lebih baik ditunda dulu,” ucapnya.

    Fitur yang ada di aplikasi eFeeder yang dimiliki tiap farmer. Bisa tunda pemberian pakan. Foto: Aisyah/detikINET

    Keunggulan lainnya dari eFeeder, penggunaan aplikasi ini dapat membantu mengurangi penyakit ternak. Semakin sedikit sisa pakan, semakin sedikit limbah yang berpotensi menurunkan kesehatan ikan. Ditambah pola makan berkelanjutan, ini menjadikan pertumbuhan ikan lebih cepat. Artinya, panennya bisa lebih cepat dan ukurannya lebih besar.

    Tambak ikan di Palas, Kabupaten Lampung Selatan, telah menggunakan alat pakan otomatis. Teknologi digital ini membantu petambak memberi pakan ternak lebih efisien. Foto: Tripa RamadhanIkan hasil tambak yang diberikan bantuan perangkat IoT eFeeder oleh BAKTI Komdigi. Nah, detikcom kebagian cicip. Wuenak pol! Foto: Aisyah/detikINET

    (ask/afr)