Topik: Listrik

  • Pasokan Aman, ESDM Proyeksi Konsumsi Listrik Turun 13% Selama Nataru

    Pasokan Aman, ESDM Proyeksi Konsumsi Listrik Turun 13% Selama Nataru

    Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memproyeksi konsumsi listrik turun 13% selama Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru).

    Direktur Jenderal Ketenagalistrikan ESDM Jisman Hutajulu mengatakan penurunan konsumsi itu dinilai natural.

    “Secara naturalnya, alaminya, saat nataru itu biasanya turun sekitar 13%, 13% diperkirakan akan turun,” kata Jisman melalui keterangan resmi dikutip Minggu (15/12/2024).

    Dia pun memastikan ketersediaan pasokan listrik untuk Nataru tahun ini aman. Hal tersebut dinyatakan Jisman usai mendapat laporan dari PT PLN (Persero) saat mengunjungi Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Teluk Balikpapan Kalimantan Timur, Sabtu (14/12).

    Berdasarkan data PLN, secara umum kondisi kelistrikan sistem Kalimantan 2024 hingga 12 Desember 2024 memiliki beban puncak (BP) sebesar 2.359 MW dengan cadangan 309 MW, daya mampu netto sebesar 2.941 MW, dan kapasitas trafo daya 6.741 MVA.

    Total, sistem Kalimantan memiliki gardu induk sebanyak 96 substation dan jaringan transmisi sepanjang 8.476 kms atau 12.072 towers.

    Menurut Jisman, sistem kelistrikan Kalimantan sendiri terbagi menjadi dua bagian, yaitu sistem khatulistiwa dan sistem interkoneksi.

    Adapun prognosa beban puncak malam 25 Desember 2024 pada sistem khatulistiwa sebesar 479 MW, naik 13% dibandingkan dengan 25 Desember 2023 dan turun 15,68% terhadap hari kerja.

    Sementara, prognosa beban puncak malam 31 Desember 2024 sebesar 516 MWn naik 24% dibandingkan dengan 31 Desember 2023 dan turun 2,79% terhadap hari kerja.

    Pada sistem interkoneksi, prognosa beban puncak malam 25 Desember 2024 sebesar 1.639 MW, naik 13% dibandingkan dengan 25 Desember 2023 dan turun 9,93% terhadap hari kerja.

    Adapun prognosa beban puncak malam 31 Desember 2024 sebesar 1.701 MW, naik 15% dibandingkan dengan 31 Desember 2023 dan turun 0,41% terhadap hari kerja.

  • Bahlil Harap Reaktivasi Sumur Idle Tingkatkan Produksi Migas Jadi 1,5 Juta Bph

    Bahlil Harap Reaktivasi Sumur Idle Tingkatkan Produksi Migas Jadi 1,5 Juta Bph

    Jakarta, Beritasatu.com– Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia mengharapkan, reaktivasi sumur-sumur migas menganggur (idle) mampu mengembalikan produksi minyak Indonesia hingga di atas 1,5 juta barel per hari sebagaimana pernah terjadi pada 1997. Dengan begitu, kesenjangan (gap) antara kebutuhan dan produksi migas dalam negeri dapat diperbaiki.

    “Jadi kondisi 1997 terbalik dengan kondisi sekarang. Kalau dahulu kita ekspor 1 juta barel per hari, sekarang kita impor 1 juta barel per hari,” kata Bahlil saat menghadiri acara silaturahim kerja nasional (Silaknas) Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) di Bogor, Sabtu (14/12/2024) dilansir Antara.

    Saat ini, kebutuhan konsumsi minyak Indonesia rata-rata adalah 1,6 juta barel per hari. Peningkatan lifting minyak dan gas bumi menjadi salah satu langkah strategis Kementerian ESDM untuk mewujudkan swasembada energi sebagai program Astacita sektor ESDM yang dicanangkan Presiden Prabowo Subianto. Dua langkah strategis lainnya adalah hilirisasi, dan penerapan transisi energi secara berkelanjutan.

    Saat ini, kata Bahlil, Indonesia memiliki 44.985 sumur migas. Dari jumlah itu, sebanyak 16.433 sumur aktif berproduksi, 16.990 sumur idle tidak berproduksi, dan 11.562 sumur lain-lain (abandoned, injection, dry-hole). Terdapat 4.993 sumur idle yang tidak memiliki potensi hydrocarbon (HC), 4.495 sumur idle yang memiliki potensi HC, dan 7.502 sumur idle yang dalam proses reviu.

    Bahlil meyakini, intervensi teknologi mampu mendongkrak kapasitas produksi minyak nasional. Sebagai contoh, Blok Cepu yang dikelola oleh ExxonMobil awalnya hanya menemukan 100.000 barel minyak per hari, tetapi dengan teknologi, mampu menaikkan kapasitas produksi menjadi 163.000 minyak barel per hari.

    Sejalan dengan reaktivasi sumur migas idle, pemerintah menyiapkan 60 blok migas yang ditawarkan kepada investor hingga 2028. Enam blok, di antaranya telah siap ditawarkan pada 2024.

    “Strategi ini seperti main bola, ada periode bertahan, ada menyerang. Bertahan adalah mengoptimalkan sumur-sumur, termasuk sumur idle dengan teknologi dan menyelesaikan plan of development (POD). Sementara menyerang adalah kita harus melakukan eksplorasi,” kata Bahlil.

    Bahlil juga optimistis mampu memasifkan penggunaan biodiesel dan konversi kendaraan bermotor dari energi fosil ke kendaraan berbasis listrik. Hal ini sebagai langkah taktis menekan impor BBM dan menjalankan komitmen energi hijau berkelanjutan.

    “Kita sudah memasuki campuran biodiesel sebesar 40% (B40), 2026 kita sudah masuk ke B50. Arahan Bapak Presiden (Prabowo) kepada saya, segera mencapai B60 dan B70,” kata Bahlil.

    Berdasarkan data Kementerian ESDM, sektor transportasi telah menyumbang paling besar konsumsi BBM nasional sebesar 49%, disusul sekor industri 34%, sektor ketenagalistrikan 8%, dan sektor aviasi atau penerbangan menyumbang 6%.

    Selain reaktivasi sumur migas idle, hal lain yang disoroti Bahlil adalah hilirisasi. Ia kembali menegaskan dampak positif hilirisasi akan mampu menstimulus pertumbuhan ekonomi sebesar 8%. Melalui hilirisasi di sektor tambang dan migas, akan membuka banyak peluang kerja baru.

    “Nanti kalau sudah hilirisasi, tidak ada lagi anak-anak lulus kuliah hanya bermimpi menjadi pegawai negeri sipil (PNS), sudah mulai memikirkan bagaimana terjun di industri energi,” kata dia.

  • Cara Cari Bantuan Mobil Listrik Mogok di Jalan Saat Liburan Nataru

    Cara Cari Bantuan Mobil Listrik Mogok di Jalan Saat Liburan Nataru

    Jakarta, CNN Indonesia

    Mobil listrik, walau statusnya baru, memungkinkan mogok di jalan entah karena kehabisan daya baterai atau masalah lainnya. Bila mogok salah satu solusinya adalah menghubungi nomor layanan siap tanggap yang disediakan PLN untuk mendapatkan bantuan yakni 087771112123.

    Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan hal ini menjadi langkah antisipastif jika sewaktu-waktu ada kendaraan listrik yang kehabisan daya di posisi yang jauh dari lokasi SPKLU, sehingga dapat langsung ditangani melalui unit mobile charging.

    “Kami menghindari saudara-saudara yang pakai kendaraan listrik kehabisan listrik. Kalau kehabisan listrik kan sulit misal di tengah jalan, di tengah desa,” kata dia dikutip dari CNBC Indonesia.

    “Untuk itu kami sediakan WA 087771112123. Kenapa ini penting kami dapat mandat dari pemerintah setiap keluarga yang mudik jangan sampai kesulitan. Tugas kami pastikan Nataru dengan mudik berjalan lancar,” kata Darmawan,

    Ia juga menyampaikan pihaknya memiliki 5 unit mobil charging dan sudah membangun EV digital service di aplikasi PLN yang menunjukkan tersedianya lokasi SPKLU setiap 23 kilometer sekali.

    Selain itu PLN turut menambah jumlah SPKLU sebanyak delapan kali lipat dari tahun lalu, dari yang semula 64 menjadi 500 unit pada periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024-2025.

    Penambahan ini disebabkan prediksi jumlah mobil listrik yang mudik selama periode nataru mencapai 8.000 unit, naik dua setengah kali lipat dari periode lalu.

    “Nataru tahun lalu sekitar 2.700, di tahun ini akan lebih dari 7.700 atau 7.800, atau bahkan bisa mendekati 8.000. Maka jumlah SPKLU, terutama di jalan tol, kemudian di daerah-daerah itu, dibandingkan dengan Nataru tahun lalu itu meningkat delapan kali lipat, terutama di jalan-jalan tol,”

    Berdasarkan data PLN, total mobil listrik yang mengaspal selama periode Nataru tahun ini sebanyak 68.695 unit, di mana 10 persen di antaranya diprediksi akan melaksanakan mudik. Oleh sebab itu, jumlah SPKLU akan ditambah di 297 lokasi.

    (fea/fea)

    [Gambas:Video CNN]

  • Sepeda Rp1 Jutaan di Transmart Full Day Sale, Cocok buat Hadiah Natal

    Sepeda Rp1 Jutaan di Transmart Full Day Sale, Cocok buat Hadiah Natal

    Jakarta, CNN Indonesia

    Perayaan Natal tiba tak lama lagi. Inilah saat yang tepat untuk memberikan hadiah spesial untuk orang tersayang.

    Gak perlu bingung-bingung, kamu bisa membeli sepeda sebagai hadiah Natal tahun ini. Sepeda cocok jadi kado Natal baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

    Nah, kabar gembiranya Transmart Full Day Sale balik lagi hari ini (15/12). Diskon yang ditawarkan gede banget dan berlaku untuk berbagai produk unggulan, salah satunya sepeda.

    Sepeda untuk anak hingga dewasa didiskon gede banget hingga 60% + 20%. Misalnya nih, sepeda dari harga normal Rp1.499.000 jadi tinggal Rp1.039.200 per unit, harga berlaku khusus Transmart Pulau Jawa.

    Sementara di Transmart luar Pulau Jawa, sepeda dari harga normal Rp1.599.000 diskon jadi Rp1.119.200. Kapan lagi dapat sepeda dengan harga semurah ini?

    Gak cuma itu, sepeda listrik juga berlaku diskon gede-gedean. Aneka sepeda listrik diskon hingga 25% + 20% dari harga normal Rp6.450.000 menjadi Rp3.680.000 per unit khusus di gerai Transmart Pulau Jawa. Pembeli hemat Rp2,7 jutaan!

    Agar pelanggan bisa mendapat diskon tersebut, cukup lakukan pembayaran menggunakan Kartu Kredit Bank Mega, Bank Mega Syariah, atau Allo Prime dari Allo Bank.

    Bagi yang belum memiliki kartu kredit Bank Mega nggak usah khawatir. Bisa segera datang ke kantor cabang Bank Mega terdekat atau ke unit pembukaan instan yang tersedia di gerai Transmart.

    Jika belum punya Allo Prime, caranya gampang banget. Tinggal download saja aplikasi Allo Bank yang tersedia di PlayStore atau AppStore, lalu upgrade akunnya ke Allo Prime.

    Ingat ya, serbu Transmart Full Day Sale hari ini dan borong belanjaan sebanyak-banyaknya di gerai terdekat. Diskon besar-besaran ini cuma berlaku satu hari, dimulai dari gerai Transmart buka hingga pukul 22.00 waktu setempat.

    Jangan lupa bayar belanjaannya pakai Bank Mega atau Allo Bank supaya bisa menikmati beragam kemudahan serta promo diskon menarik!

    (fef/fef)

    [Gambas:Video CNN]

  • Agar Warganya Cepat Punya Anak, Pemkot Tokyo Berlakukan 4 Hari Kerja dalam Sepekan – Halaman all

    Agar Warganya Cepat Punya Anak, Pemkot Tokyo Berlakukan 4 Hari Kerja dalam Sepekan – Halaman all

     

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pemerintah Kota Metropolitan Tokyo memberlakukan empat hari kerja seminggu bagi pegawai pemerintah metropolitan mulai April 2025 demi mengatasi krisis populasi.

    Kota Tokyo kini menghadapi krisis populasi yang parah akibat penurunan angka kelahiran baru, sementara populasi warganya yang menua semakin banyak.

    Mengutip Money Control, inisiatif ini bertujuan untuk mengatasi tantangan yang dihadapi oleh orang tua yang bekerja, khususnya perempuan, dengan mendorong keseimbangan kehidupan dan pekerjaan. 

    Kebijakan “cuti parsial pengasuhan anak” yang baru juga akan memungkinkan beberapa pegawai untuk bekerja dua jam lebih sedikit per hari. 

    Gubernur Tokyo Yuriko Koike menekankan perlunya menciptakan opsi kerja yang fleksibel sehingga perempuan dapat mempertahankan karier sambil mengelola tanggung jawab pengasuhan anak.

    Angka kelahiran Jepang sangat rendah, yakni 1,2, sedangkan Tokyo berada di angka 0,99, jauh di bawah angka 2,1 yang dibutuhkan untuk menstabilkan populasi. 

    Para pekerja kantoranmemadati gerbong kereta rel listrik pada jam-jam sibuk saat berangkat dan pulang kerja di Kota Tokyo. Pemerintah Kota Metropolitan Tokyo memberlakukan empat hari kerja seminggu bagi pegawai pemerintah metropolitan mulai April 2025 demi mengatasi krisis populasi.

    Meskipun ada langkah-langkah sebelumnya seperti cuti orang tua, subsidi penitipan anak, insentif tunai, dan bahkan aplikasi kencan yang dikelola pemerintah, angka kelahiran terus menurun.

    Empat hari kerja seminggu dapat meringankan budaya kerja Jepang yang menuntut, yang secara tidak proporsional membebani perempuan dengan pekerjaan rumah tangga dan pengasuhan anak. 

    Studi menunjukkan kebijakan semacam itu meningkatkan partisipasi pria dalam pekerjaan rumah tangga, yang dapat mendukung wanita untuk memiliki lebih banyak anak. 

    Misalnya, pria menghabiskan 22 persen lebih banyak waktu untuk mengasuh anak selama uji coba kerja empat hari seminggu di beberapa wilayah.

    Meskipun perubahan sosial diperlukan untuk penerapan yang meluas, penelitian menunjukkan kerja empat hari seminggu meningkatkan produktivitas, mengurangi stres, dan meningkatkan kesejahteraan. 

    Jepang Juga Hadapi Kesenjangan Gender

    Mengutip Firstpost.com, para ahli percaya bahwa budaya kerja Jepang yang tidak kenal ampun, yang dikenal dengan jam kerja yang panjang dan tekanan yang kuat, merupakan hambatan utama untuk menyeimbangkan karier dengan kehidupan keluarga.

    Lingkungan ini telah berkontribusi pada kesenjangan gender yang mencolok dalam partisipasi angkatan kerja. 

    Data dari Bank Dunia mengungkapkan tingkat partisipasi sebesar 55 persen untuk wanita dibandingkan dengan 72 persen untuk pria.

    Minggu kerja empat hari dapat menawarkan solusi. Dengan memberi karyawan lebih banyak waktu untuk kehidupan keluarga, hal itu dapat mengurangi sebagian tekanan pada orang tua yang bekerja. 

    Bukti dari uji coba global menunjukkan bahwa perubahan ini mengarah pada pembagian pekerjaan rumah tangga yang lebih adil.

    Dalam uji coba tahun 2022 yang dilakukan oleh 4 Day Week Global, perusahaan di enam negara menerapkan empat hari kerja seminggu.

    Pria dalam uji coba ini melaporkan menghabiskan 22 persen lebih banyak waktu untuk mengasuh anak dan 23 persen lebih banyak waktu untuk pekerjaan rumah tangga.

    Eksperimen tersebut menunjukkan bahwa bekerja satu hari lebih sedikit dalam seminggu meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan karyawan, kata Peter Miscovich, pemimpin masa depan kerja global di perusahaan jasa real estat JLL kepada Fortune.

    Para pekerja kantoranmemadati gerbong kereta rel listrik pada jam-jam sibuk saat berangkat dan pulang kerja di Kota Tokyo. Pemerintah Kota Metropolitan Tokyo memberlakukan empat hari kerja seminggu bagi pegawai pemerintah metropolitan mulai April 2025 demi mengatasi krisis populasi.

    “Keuntungan dari semua itu adalah berkurangnya stres, berkurangnya kelelahan, istirahat yang lebih baik, tidur yang lebih baik, biaya yang lebih rendah bagi karyawan, tingkat fokus dan konsentrasi yang lebih tinggi selama jam kerja, dan dalam beberapa kasus, komitmen yang lebih besar terhadap organisasi sebagai hasilnya,” kata Miscovich kepada majalah tersebut.

    Faktanya, lebih dari 90 persen karyawan yang terlibat dalam uji coba ini ingin melanjutkan dengan minggu kerja yang dipersingkat.

    Namun, di Jepang, menerapkan empat hari kerja seminggu akan membutuhkan perubahan budaya yang signifikan.

    Sementara penelitian menunjukkan jadwal yang dikurangi meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan, perubahan seperti itu mungkin memerlukan waktu untuk mendapatkan penerimaan yang lebih luas.

    Laporan Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Sumber: Kontan

     

  • Deretan Sepeda Listrik Diskon Tembus 45% di Transmart Full Day Sale

    Deretan Sepeda Listrik Diskon Tembus 45% di Transmart Full Day Sale

    Jakarta

    Transmart Full Day Sale kembali hadir Minggu, 15 Desember 2024. Berbagai promosi menarik hadir untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan setia Transmart seperti barang elektronik.

    Diskon besar-besaran bisa diperoleh pelanggan yang bertransaksi menggunakan Allo Prime, Allo Paylater dan kartu kredit Bank Mega atau Bank Mega Syariah. Barang elektronik menjadi yang paling banyak mendapatkan diskon gede-gedean di Transmart Full Day Sale.

    Salah satunya adalah sepeda listrik dari berbagai merek. Harga normal E-Bike ini di Pulau Jawa adalah Rp6.450.000 dengan harga promo mulai dari Rp4.600.000. Jika menggunakan Allo Prime, Allo Paylater, kartu kredit Bank Mega atau Bank Mega Syariah maka pelanggan bisa mendapatkan sepeda tersebut mulai dari Rp 3.680.000.

    Sedangkan harga E-Bike ini di luar Pulau Jawa adalah Rp6.750.000 dengan harga promo menjadi Rp 4.960.000. Jika menggunakan Allo Prime, Allo Paylater, kartu kredit Bank Mega atau Bank Mega Syariah maka pelanggan bisa mendapatkan sepeda tersebut mulai dari Rp 3.920.000.

    Transmart full day sale Foto: Transmart

    Namun syarat dan ketentuan bagi dua produk ini juga berlaku. Berbagai diskon tersebut tidak berlaku untuk pembelian partai besar.

    Jadi tunggu apa lagi? Ayo merapat ke Transmart terdekat, lalu nikmati diskon melimpah khusus di Transmart Full Day Sale.

    Untuk yang belum punya Kartu Kredit Bank Mega, nggak perlu khawatir. Ada unit pembukaan instan yang tersedia di gerai Cibubur dan Central Park.

    Sementara untuk yang belum punya Allo Prime, cukup download aplikasi Allo Bank di PlayStore atau AppStore. Tinggal klik link ini https://get.allobank.com/, download, dan upgrade ke Allo Prime.

    (fyk/fyk)

  • Siap-siap, Xiaomi Akan Jual Mobil Listrik ke Mancanegara

    Siap-siap, Xiaomi Akan Jual Mobil Listrik ke Mancanegara

    Jakarta

    Xiaomi EV, unit pembuat mobil Xiaomi, dilaporkan mulai merencanakan menjual mobil listriknya di pasar luar negeri. Namun belum disebutkan negara mana saja yang akan disasar dan apakah termasuk Indonesia.

    Menurut media lokal 36kr, Xiaomi EV tengah mempersiapkan diri untuk meluncurkan bisnis di pasar mancanegara. Mereka mulai merekrut orang untuk beberapa posisi termasuk riset pasar, manajemen, dan teknisi purnajual di luar negeri.

    Setelah tim tersebut terbentuk, Xiaomi EV akan melakukan penjualan mobil dalam jumlah kecil di beberapa wilayah luar negeri untuk menguji respons pasar dan mempersiapkan peluncuran skala besar.

    Di dalam negeri, kendaraan listrik Xiaomi menuai kesuksesan. Model pertama Xiaomi, sedan listrik SU7, resmi diluncurkan di China pada 28 Maret 2024, dengan harga awal USD 29.700. Xiaomi mengatakan pengiriman SU7 telah melampaui target 100.000 unit untuk tahun ini dan mengumumkan target baru tahun 2024 sebanyak 130.000 unit.

    Di 9 Desember, dikutip detikINET dari Panda Daily, Xiaomi mengumumkan model EV keduanya yang diberi nama YU7 dan peluncuran model SUV tersebut diharapkan pada bulan Juni atau Juli tahun depan.

    Sebelum peluncuran resmi SU7, Xiaomi memamerkan sedan tersebut di Mobile World Congress di Barcelona bulan Februari 2024, menandai penampilan pertamanya di panggung internasional. Bulan Juli, Xiaomi mengirim dua SU7 ke Prancis untuk dipamerkan di Paris. Pendiri Xiaomi Lei Jun, mengatakan tujuannya adalah untuk menjual mobil bermerek Xiaomi di Eropa sebelum 2030.

    Dibandingkan dengan perusahaan mobil China lainnya, Xiaomi lebih mengenal pasar luar negeri dan memiliki lebih banyak pengalaman dalam operasi luar negeri, karena bisnis ponselnya yang menggurita. Namun kendala tetap ada, di mana salah satu tantangan utama Xiaomi adalah kurangnya pengakuan mereknya di pasar kelas atas.

    (fyk/fyk)

  • NASA Pulihkan Komunikasi dengan Wahana Sejauh 25 Miliar Km dari Bumi

    NASA Pulihkan Komunikasi dengan Wahana Sejauh 25 Miliar Km dari Bumi

    Jakarta, CNN Indonesia

    Wahana antariksa Voyager 1 akhirnya kembali ‘bersuara’ setelah tim NASA berhasil memulihkan komunikasi dengan wahana tersebut.

    Voyager 1, yang berada sejauh 24,9 miliar kilometer dari Bumi, kembali beroperasi normal setelah mengalami gangguan selama beberapa minggu. Gangguan mulai muncul pada Oktober 2024 ketika Voyager 1 secara otomatis mengganti pemancar radionya dari X-band ke S-band yang jauh lebih lemah.

    Perubahan ini dilakukan secara mandiri oleh komputer di dalam wahana setelah mendeteksi kekurangan daya. Hal tersebut diakibatkan oleh perintah dari tim misi di Bumi untuk mengaktifkan salah satu pemanasnya.

    Keputusan tersebut ternyata membawa konsekuensi besar. TimNASA tidak lagi menerima data dari Voyager 1, baik informasi status wahana maupun data ilmiah yang dikumpulkan. Selama hampir satu bulan, komunikasi antara Voyager 1 dan timnya benar-benar terputus.

    “Wahana ini tidak dirancang untuk dioperasikan seperti ini dan tim terus mempelajari hal-hal baru setiap hari,” kata kata Kareem Badaruddin, manajer misi Voyager di Jet Propulsion Laboratory NASA di Pasadena, California dalam sebuah email, melansir CNN, Selasa (3/12).

    Setelah melakukan berbagai upaya pemecahan masalah, tim NASA akhirnya berhasil mengembalikan Voyager 1 ke pemancar X-band pada pertengahan November.

    “Untungnya mereka mampu mengatasi masalah ini dan mempelajari beberapa hal,” imbuhnya.

    Dengan pemancar ini, data dari wahana kembali mengalir ke Bumi, memungkinkan para ilmuwan melanjutkan penelitian mereka tentang wilayah antarbintang yang belum pernah dijelajahi sebelumnya.

    Voyager 1 diluncurkan pada 1977 bersama kembarannya, Voyager 2. Awalnya misi mereka hanya dirancang untuk berlangsung selama empat tahun, dengan tujuan mempelajari planet-planet besar seperti Jupiter dan Saturnus.

    Namun, setelah lebih dari 47 tahun, kedua wahana ini masih aktif dan kini menjelajahi ruang antarbintang, jauh melampaui batas heliosfer (gelembung medan magnet dan partikel yang mengelilingi tata surya).

    Voyager 1 dan 2 mendapatkan daya dari panas yang dihasilkan oleh peluruhan plutonium, yang diubah menjadi listrik. Setiap tahun, daya yang dihasilkan menurun sekitar 4 watt atau setara dengan daya sebuah lampu hemat energi kecil.

    “Kami sudah tahu bahwa daya hampir habis [di dalam] kedua Voyager sejak lama,” ucap Kareem.

    “Tahun ini, hal itu memaksa misi untuk mematikan instrumen sains di Voyager 2. Namun, wahana ini bertahan jauh lebih lama dari yang diantisipasi siapa pun, dan sungguh menakjubkan bahwa kami memanfaatkan setiap daya yang tersisa dari wahana ini,” tambahnya.

    Menurut Bruce Waggoner, manajer jaminan misi Voyager, sejak lima tahun terakhir, tim Voyager mulai mematikan sistem yang dianggap tidak esensial untuk menghemat daya. Salah satunya adalah pemanas yang dirancang untuk menjaga suhu optimal instrumen ilmiah. Yang mengejutkan, meskipun suhunya jauh di bawah batas yang diuji, instrumen-instrumen tersebut tetap berfungsi dengan baik.

    Namun, pada 16 Oktober, perintah untuk menyalakan pemanas memicu sistem perlindungan otomatis Voyager 1. SIstem perlindungan otomatis ini dirancang untuk mematikan sistem non-esensial jika daya terlalu rendah.

    Akibatnya, wahana beralih ke pemancar S-band, yang sinyalnya jauh lebih lemah daripada X-band.

    Proses pemulihan komunikasi dengan Voyager 1 tidak mudah, tim NASA harus menemukan sinyal lemah dari pemancar S-band yang terakhir digunakan pada 1981. Setelh menemukan sinyal tersebut, mereka berhasil mengirimkan perintah untuk kembali menggunakan pemancar X-band pada 7 November. Data ilmiah pun kembali diterima sekitar 11 hari kemudian.

    Salah satu langkah penting yang masih dilakukan adalah menyinkronkan tiga komputer di dalam Voyager 1, memastikan sistemnya bekerja seperti sebelum masalah terjadi.

    Temuan Misi Eksplorasi Rover Opportunity. (Foto: CNN Indonesia/Fajrian)Mendorong batas kemampuan Voyager 1

    Gangguan pemancar ini hanyalah salah satu dari banyak tantangan yang dihadapi tim Voyager dalam beberapa tahun terakhir. Sebelumnya, mereka harus menghidupkan kembali pendorong tua untuk menjaga antena tetap mengarah ke bumi dan mengatasi gangguan komputer yang sempat menghentikan aliran data selama berbulan-bulan.

    Kareem menambahkan bahwa masalah ini menunjukkan adanya ketidakpastian dalam model daya yang digunakan untuk memperkirakan berapa banyak sistem dan instrumen yang masih bisa dioperasikan.

    Saat ini, Voyager 1 hanya memiliki empat instrumen yang masih aktif, digunakan untuk mempelajari plasma, medan magnet, dan partikel di ruang antarbintang. Data yang dikirimkan terus membantu para ilmuwan memahami lingkungan yang belum pernah dijelajahi sebelumnya.

    “Masalah yang lebih besar adalah berapa lama kita dapat mempertahankan instrumen sains tersebut dengan daya listrik yang tersedia saat ini,” kata Kareem.

    (wnu/dmi)

    [Gambas:Video CNN]

  • NASA Pulihkan Komunikasi dengan Wahana Sejauh 25 Miliar Km dari Bumi

    NASA Pulihkan Komunikasi dengan Wahana Sejarak 25 Miliar Km dari Bumi

    Jakarta, CNN Indonesia

    Wahana antariksa Voyager 1 akhirnya kembali ‘bersuara’ setelah tim NASA berhasil memulihkan komunikasi dengan wahana tersebut.

    Voyager 1, yang berada sejauh 24,9 miliar kilometer dari Bumi, kembali beroperasi normal setelah mengalami gangguan selama beberapa minggu. Gangguan mulai muncul pada Oktober 2024 ketika Voyager 1 secara otomatis mengganti pemancar radionya dari X-band ke S-band yang jauh lebih lemah.

    Perubahan ini dilakukan secara mandiri oleh komputer di dalam wahana setelah mendeteksi kekurangan daya. Hal tersebut diakibatkan oleh perintah dari tim misi di Bumi untuk mengaktifkan salah satu pemanasnya.

    Keputusan tersebut ternyata membawa konsekuensi besar. TimNASA tidak lagi menerima data dari Voyager 1, baik informasi status wahana maupun data ilmiah yang dikumpulkan. Selama hampir satu bulan, komunikasi antara Voyager 1 dan timnya benar-benar terputus.

    “Wahana ini tidak dirancang untuk dioperasikan seperti ini dan tim terus mempelajari hal-hal baru setiap hari,” kata kata Kareem Badaruddin, manajer misi Voyager di Jet Propulsion Laboratory NASA di Pasadena, California dalam sebuah email, melansir CNN, Selasa (3/12).

    Setelah melakukan berbagai upaya pemecahan masalah, tim NASA akhirnya berhasil mengembalikan Voyager 1 ke pemancar X-band pada pertengahan November.

    “Untungnya mereka mampu mengatasi masalah ini dan mempelajari beberapa hal,” imbuhnya.

    Dengan pemancar ini, data dari wahana kembali mengalir ke Bumi, memungkinkan para ilmuwan melanjutkan penelitian mereka tentang wilayah antarbintang yang belum pernah dijelajahi sebelumnya.

    Voyager 1 diluncurkan pada 1977 bersama kembarannya, Voyager 2. Awalnya misi mereka hanya dirancang untuk berlangsung selama empat tahun, dengan tujuan mempelajari planet-planet besar seperti Jupiter dan Saturnus.

    Namun, setelah lebih dari 47 tahun, kedua wahana ini masih aktif dan kini menjelajahi ruang antarbintang, jauh melampaui batas heliosfer (gelembung medan magnet dan partikel yang mengelilingi tata surya).

    Voyager 1 dan 2 mendapatkan daya dari panas yang dihasilkan oleh peluruhan plutonium, yang diubah menjadi listrik. Setiap tahun, daya yang dihasilkan menurun sekitar 4 watt atau setara dengan daya sebuah lampu hemat energi kecil.

    “Kami sudah tahu bahwa daya hampir habis [di dalam] kedua Voyager sejak lama,” ucap Kareem.

    “Tahun ini, hal itu memaksa misi untuk mematikan instrumen sains di Voyager 2. Namun, wahana ini bertahan jauh lebih lama dari yang diantisipasi siapa pun, dan sungguh menakjubkan bahwa kami memanfaatkan setiap daya yang tersisa dari wahana ini,” tambahnya.

    Menurut Bruce Waggoner, manajer jaminan misi Voyager, sejak lima tahun terakhir, tim Voyager mulai mematikan sistem yang dianggap tidak esensial untuk menghemat daya. Salah satunya adalah pemanas yang dirancang untuk menjaga suhu optimal instrumen ilmiah. Yang mengejutkan, meskipun suhunya jauh di bawah batas yang diuji, instrumen-instrumen tersebut tetap berfungsi dengan baik.

    Namun, pada 16 Oktober, perintah untuk menyalakan pemanas memicu sistem perlindungan otomatis Voyager 1. SIstem perlindungan otomatis ini dirancang untuk mematikan sistem non-esensial jika daya terlalu rendah.

    Akibatnya, wahana beralih ke pemancar S-band, yang sinyalnya jauh lebih lemah daripada X-band.

    Proses pemulihan komunikasi dengan Voyager 1 tidak mudah, tim NASA harus menemukan sinyal lemah dari pemancar S-band yang terakhir digunakan pada 1981. Setelh menemukan sinyal tersebut, mereka berhasil mengirimkan perintah untuk kembali menggunakan pemancar X-band pada 7 November. Data ilmiah pun kembali diterima sekitar 11 hari kemudian.

    Salah satu langkah penting yang masih dilakukan adalah menyinkronkan tiga komputer di dalam Voyager 1, memastikan sistemnya bekerja seperti sebelum masalah terjadi.

    Temuan Misi Eksplorasi Rover Opportunity. (Foto: CNN Indonesia/Fajrian)Mendorong batas kemampuan Voyager 1

    Gangguan pemancar ini hanyalah salah satu dari banyak tantangan yang dihadapi tim Voyager dalam beberapa tahun terakhir. Sebelumnya, mereka harus menghidupkan kembali pendorong tua untuk menjaga antena tetap mengarah ke bumi dan mengatasi gangguan komputer yang sempat menghentikan aliran data selama berbulan-bulan.

    Kareem menambahkan bahwa masalah ini menunjukkan adanya ketidakpastian dalam model daya yang digunakan untuk memperkirakan berapa banyak sistem dan instrumen yang masih bisa dioperasikan.

    Saat ini, Voyager 1 hanya memiliki empat instrumen yang masih aktif, digunakan untuk mempelajari plasma, medan magnet, dan partikel di ruang antarbintang. Data yang dikirimkan terus membantu para ilmuwan memahami lingkungan yang belum pernah dijelajahi sebelumnya.

    “Masalah yang lebih besar adalah berapa lama kita dapat mempertahankan instrumen sains tersebut dengan daya listrik yang tersedia saat ini,” kata Kareem.

    (wnu/dmi)

    [Gambas:Video CNN]

  • ‘Danau Hantu’ di California Muncul Kembali Setelah 130 Tahun

    ‘Danau Hantu’ di California Muncul Kembali Setelah 130 Tahun

    Jakarta

    ‘Danau hantu’ California, Amerika Serikat (AS) yang menghilang pada abad ke-19 kini muncul kembali setelah 130 tahun, menelan lahan seluas 94.000 hektar dan termasuk lahan pertanian pribadi.

    Danau Tulare di Lembah San Joaquin, California mulai mengering pada akhir tahun 1850-an. Lenyapnya danau bukan karena suatu kebetulan, tetapi karena tindakan yang disengaja untuk membentuk kembali lahan dengan mengorbankan ekosistem yang ada dan masyarakat adat di sekitarnya.

    Ia lenyap seluruhnya sekitar tahun 1890 dan muncul kembali dengan dahsyat pada 2023, akibat badai musim dingin dahsyat di Golden State dan pencairan salju dari Sierra Nevada.

    Danau ini dulunya memiliki panjang lebih dari 160 kilometer dan lebar 48 kilometer.

    “Danau Tulare merupakan perairan tawar terbesar di sebelah barat Sungai Mississippi. Sekarang sungguh sulit untuk membayangkannya,” kata Vivian Underhill, seorang peneliti di Northeastern University yang mempelajari fenomena tersebut, dikutip dari Northeastern Global News.

    Ada cekungan buatan di sekitar tempat danau itu dulu berada, tetapi aliran salju yang mencair membanjiri semuanya dan merendam berhektar-hektar lahan pertanian.

    Meskipun mengorbankan lahan pertanian yang subur, kembalinya danau tersebut telah mulai menghidupkan kembali ekosistem yang pernah hilang di lembah tersebut. Bebek dan unggas air lainnya telah berbondong-bondong ke tepi danau untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun dan katak bahkan mulai betah berkeliaran di tepian danau.

    Reklamasi Danau

    “Dahulu kala, terdapat begitu banyak air sehingga kapal uap dapat mengangkut pasokan pertanian dari daerah Bakersfield ke Fresno dan kemudian ke San Francisco,” tutur Underhill.

    Suku asli setempat, Tachi Yokut, awalnya menyebut bagian lembah itu sebagai rumah mereka dengan julukan ‘Pa’ashi’ dan danau itu terbukti menjadi pusat kehidupan mereka. Namun kemudian, pemerintahan setempat menguras danau tersebut dalam sebuah proses yang disebut ‘reklamasi’.

    “Jika orang-orang dapat menguras tanah itu, mereka akan diberikan kepemilikan atas sebagian tanah itu. Jadi ada insentif besar bagi para pemukim kulit putih untuk mulai melakukan pekerjaan itu,” kata Underhill.

    Penanda area banjir di sebuah jalan di Angiola, California, saat banjir naik di Cekungan Danau Tulare setelah musim dingin yang disertai hujan lebat dan salju. Foto: via New York Post

    Jadi, ratusan saluran dan cekungan irigasi dibangun untuk mengalirkan air menjauh dari danau. Tak lama kemudian, sungai tersebut mengering seluruhnya, membebaskan ratusan ribu hektar lahan pertanian, dan memaksa suku Tachi Yokut meninggalkan tanah mereka, melumpuhkan ekosistem lokal akibat drainase.

    Kembalinya danau tersebut menimbulkan kekhawatiran di masyarakat karena air terus naik, tidak hanya merendam tanah milik pribadi tetapi juga seluruh gudang penyimpanan yang berisi bahan-bahan yang berbahaya bagi ekosistem yang sedang pulih, seperti pupuk, kotoran ternak, bahkan kabel listrik.

    Banjir dari Cekungan Danau Tulare melanda jalan di Helm Corner, California akibat hujan lebat dan pencairan salju. Foto: via New York Post

    Tidak hanya itu, danau hantu itu juga bisa saja menghilang lagi. Meskipun danau itu kembali muncul tahun lalu, ini juga merupakan kali kelima Danau Tulare muncul kembali sejak 1890.

    Pola pengeringan dan penggenangan hampir bersifat siklus dan bisa jadi akan segera menghilang lagi.

    (rns/rns)