Topik: Listrik

  • Bukan Tembok China, Ini 5 Bangunan yang Terlihat dari Luar Angkasa

    Bukan Tembok China, Ini 5 Bangunan yang Terlihat dari Luar Angkasa

    Jakarta, CNBC Indonesia – Sejumlah bangunan di muka Bumi ternyata bisa terlihat langsung dari luar angkasa. Bahkan tanpa bantuan alat sama sekali.

    Luar angkasa yang dimaksud adalah garis karman, yakni batas atmosfer Bumi dengan antariksa. Garis ini berada 100 kilometer di atas permukaan Bumi.

    Tembok China, yang kita ketahui memiliki ukuran sangat besar, tak bisa terlihat dari luar angkasa. Mantan Komandan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) Chris Hadfield memastikan hal itu dan mengungkapkan alasannya.

    Dia mengatakan bangunan tersebut cukup sempit untuk terlihat dari luar Bumi. Tembok China juga disebutnya mengikuti kontur warna alami dari lingkungan sekitar.

    Sementara itu, berikut empat bangunan yang bisa terlihat jelas dari antariksa dengan mata telanjang:

    1. Palm Jumeirah Dubai

    Vila-vila di pelepah Jumeirah Palm Island di Dubai, Uni Emirat Arab, terlihat dari dek observasi The View at The Palm Jumeirah (6/4/2021). (AP Photo/Kamran Jebreili)

    Pulau buatan yang berada di Dubai itu bukan hanya terlihat dari Garis Karman. Astronaut yang berada di ISS pun bisa melihatnya, namun dengan alat bantu.

    Mereka memerlukan lensa 800 mm untuk bisa melihat Palm Jumeirah dari lSS. Sebagai informasi, letak ISS jauh di atas Garis Karman, mencapai 400 km di atas permukaan Bumi.

    2. Piramida Giza

    Piramid Mesir (AP Photo/Maya Alleruzzo)

    Ukuran bangunan yang sangat besar membuat Piramida Giza dengan mudah dikenali dari antariksa. Bahkan dari ISS sekalipun yang jaraknya cukup jauh dari Bumi.

    “Ada banyak yang bisa dilihat dari ISS, bahkan dengan mata telanjang. Misalnya pernah menemukan piramida besar dengan telefoto dan bisa memilih dua yang besar dengan mata telanjang, selama pencahayaan dan kondisi cuaca baik, sebagai dua titik kecil,” kata mantan astronaut NASA dan komandan ISS, Leroy Chiao.

    3. Three Gorges Dam

    Three Gorges Dam. (Wang Gang/Xinhua via AP/File Foto)

    Three Gorges Dam juga masuk dalam bangunan yang bisa dilihat dari antariksa. Bendungan raksasa ini memiliki tinggi 185 meter dengan panjang lebih dari 2 km.

    Terletak di Sungai Yangtze China, Three Gorges Dam digunakan untuk penghasil listrik. Bahkan fasilitas itu menjadi yang terbesar di dunia dan termahal yang pernah dibangun.

    4. Bingham Canyon Mine

    Foto: CC0
    Tambang tembaga di Bingham Canyon, Utah, Amerika Serikat

    Bangunan terakhir adalah Bingham Canyon Mike, yang terletak 32 km tenggara Salt Lake City Amerika Serikat (AS). Dari Garis Karman, tambang ini bisa terlihat dengan tanpa alat bantu.

    Selain itu, Bingham Canyon Mine juga dapat dilihat dari kapal ulang alik. Pesawat ini terbang 305-531 km di atas permukaan laut.

     

    (dem/dem)

  • Indonesia Siap Jadi Pemain Global Kendaraan Listrik dan Panel Surya

    Indonesia Siap Jadi Pemain Global Kendaraan Listrik dan Panel Surya

    Jakarta: Indonesia memiliki cadangan nikel terbesar di dunia, mencapai 21 juta ton, atau 22,1 persen dari total cadangan global. Pada 2020, Indonesia menyumbang 31 persen dari total produksi nikel dunia, menjadikannya pemasok utama bahan baku baterai kendaraan listrik. Bahkan, saat ini Indonesia menyumbang 60 hingga 80 persen bahan baku nikel untuk baterai global.
     
    Data tersebut dirilis oleh The Reform Initiatives (TRI) Indonesia melalui sejumlah riset. Dengan demikian Indonesia mampu mengukuhkan posisi sebagai pemain utama dalam sektor hilirisasi sumber daya alam dengan potensi besar dari nikel dan pasir silika. Kedua komoditas tersebut menjadi tulang punggung dalam pengembangan industri kendaraan listrik (EV) dan panel surya, yang semakin berperan penting dalam transisi energi global menuju teknologi ramah lingkungan.
     
    “Indonesia tidak hanya kaya akan sumber daya alam, tetapi juga memiliki strategi hilirisasi yang unggul. Nilai tambah dari hilirisasi nikel, terutama dalam produk baterai, bisa mencapai 67 kali lipat. Ini adalah bukti nyata komitmen pemerintah dalam menciptakan ekosistem industri yang berkelanjutan,” ujar Ketua Tim Peneliti TRI Indonesia, Unggul Heriqbaldi, dalam keterangan tertulis.
     

    Pria yang akrab disapa Eriq tersebut mengatakan di sisi lain, potensi pasir silika Indonesia juga tak kalah menjanjikan. Dengan total cadangan mencapai 330 juta ton dan tambahan sumber daya kuarsit sebesar 297 juta ton, Indonesia menjadi salah satu negara dengan pasokan bahan baku melimpah untuk industri semikonduktor dan photovoltaic (PV) module. Kedua sektor ini krusial untuk mendukung panel surya sebagai salah satu teknologi energi terbarukan.
     
    “Hilirisasi pasir silika menjadi wafer silikon adalah langkah strategis untuk mendukung pengembangan PV module dalam negeri. Dengan dukungan teknologi tinggi dan investasi yang kuat, Indonesia memiliki peluang besar menjadi pusat industri teknologi tinggi dunia,” kata Eriq yang juga dosen FEB Universitas Airlangga Surabaya.
     
    Riset TRI tersebut juga menyatakan dengan cadangan nikel melimpah, Indonesia telah menarik perhatian produsen kendaraan listrik global. Perusahaan seperti Hyundai dan Wuling telah mendirikan fasilitas produksi di Jawa Barat, dengan kapasitas mencapai 260 ribu unit kendaraan per tahun. Selain itu, Indonesia juga menargetkan menjadi salah satu dari lima produsen baterai terbesar dunia, dengan kapasitas produksi mencapai 700 GWh per tahun pada 2045.
     
    “Permintaan baterai global diperkirakan meningkat hingga 7.100 GWh pada 2045, dan Indonesia berpotensi memenuhi lebih dari 10 persen dari total permintaan. Ini adalah pencapaian besar yang mencerminkan visi jangka panjang pemerintah,” ucap Eriq.
     
    Sementara itu, pengembangan panel surya juga menjadi fokus utama. Hilirisasi pasir silika yang meliputi produk seperti tepung silika, resin-coated sand, hingga wafer silikon diharapkan dapat mendukung kemandirian Indonesia dalam teknologi photovoltaic. Produk-produk ini tidak hanya penting untuk memenuhi kebutuhan domestik tetapi juga berpotensi menjadi komoditas ekspor unggulan.
     

    Dukungan pemerintah terhadap hilirisasi nikel dan pasir silika terlihat dari berbagai kebijakan insentif yang mendorong investasi dan transfer teknologi. Selain itu, kolaborasi antara pemerintah, akademisi, dan perusahaan swasta juga terus diperkuat untuk memastikan keberlanjutan pengembangan industri ini.
     
    “Indonesia memiliki segalanya untuk menjadi pemimpin global dalam kendaraan listrik dan energi terbarukan. Dengan strategi yang tepat dan kolaborasi lintas sektor, kita tidak hanya akan meningkatkan nilai ekonomi tetapi juga memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat,” tutur Eriq.
     
    Dengan langkah progresif ini Indonesia tidak hanya menjadi raksasa sumber daya alam tetapi juga pilar penting dalam teknologi ramah lingkungan dunia. Hilirisasi nikel dan pasir silika adalah kunci untuk membuka pintu menuju era baru keemasan ekonomi dan teknologi Indonesia.
     
    The Reform Initiatives (TRI) Indonesia bersama konsorsium yang terdiri atas Binus University, The Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Brawijaya Malang, dan FEB Universitas Indonesia telah menyelenggarakan penelitian terkait Hilirisasi di Indonesia dalam berbagai tema kunci.
     
    TRI Indonesia mengambil tema spesifik “Membangun Harmoni yang Produktif antara Pekerja Asing-Domestik dan Masyarakat Lokal: Tantangan, Kesempatam, dan Kebijakan Investasi Hilirisasi di Indonesia” yang dilaksanakan di Kabupaten Konawe – Sulawesi Tenggara dan Kota Batam – Kepulauan Riau.
     
    Hasil riset tersebut kemudian didesiminasikan oleh TRI Indonesia bekerja sama dengan FEB Universitas Nasional Jakarta pada Rabu, 12 Desember 2024.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ROS)

  • Elon Musk Sumbang Rp 4 T di Pilpres AS, Trump Mau Bikin Tesla Untung

    Elon Musk Sumbang Rp 4 T di Pilpres AS, Trump Mau Bikin Tesla Untung

    Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden Terpilih Amerika Serikat (AS) Donald J. Trump melalui tim transisi Trump ingin pemerintahan yang akan dipimpin olehnya menghapus persyaratan pelaporan kecelakaan yang ditentang oleh kendaraan listrik kelas kakap, Tesla.

    Rencana tersebut dinilai bisa menjadi langkah yang dapat melumpuhkan penyelidikan dan mengatur keselamatan kendaraan dengan sistem mengemudi otomatis atau auto-pilot, seperti yang dimiliki pula oleh Tesla.

    Di sisi lain, Elon Musk sendiri yang merupakan pemilik dari pabrikan mobil listrik kelas dunia tersebut, pernah menggelontorkan kocek yang dalam hampir menyentuh US$ 250 juta setara Rp 4 triliun untuk mendukung kemenangan Trump sebagai Presiden AS pada November 2024 lalu.

    Rencana kebijakan penghapusan aturan kecelakaan tersebut, dinilai bisa menguntungkan Tesla. Mengutip Reuters, Tesla sudah melaporkan sebagian besar kasus kecelakaannya yakni sebanyak 1.500 kecelakaan kepada regulator keselamatan federal.

    Saat ini, Tesla juga tengah menjadi sasaran investigasi National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA). Sedangkan, rekomendasi untuk mencabut aturan pelaporan kecelakaan datang dari tim transisi yang bertugas membuat strategi 100 hari untuk kebijakan otomotif. Kelompok tersebut menilai tindakan tersebut sebagai mandat untuk pengumpulan data yang dinilai berlebihan.

    Kritik Rencana Penghapusan Aturan Kecelakaan

    Sebuah kelompok dagang yang mewakili sebagian besar produsen mobil besar kecuali Tesla yakni Alliance for Automotive Innovation, juga mengkritik persyaratan tersebut sebagai beban.

    Berdasarkan data yang dihimpun Reuters, data kecelakaan NHTSA menunjukkan Tesla menyumbang 40 dari 45 kecelakaan fatal yang dilaporkan ke NHTSA hingga 15 Oktober 2024.

    Di antara kecelakaan Tesla yang diselidiki NHTSA berdasarkan ketentuan tersebut adalah kecelakaan fatal tahun 2023 di Virginia di mana seorang pengemudi yang menggunakan fitur “Autopilot”.

    Foto: via REUTERS/Tesla
    Peluncuran Robotaxi Tesla di Los Angeles, California, AS, 10 Oktober 2024. (Tesla/HO Via Reuters)

    Kecelakaan tersebut melibatkan mobil yang menabrak truk gandeng. Selain itu ada pula kecelakaan di California pada tahun yang sama yang mana Tesla yang menggunakan Autopilot menabrak truk pemadam kebakaran, menewaskan pengemudi dan melukai empat petugas pemadam kebakaran.

    NHTSA Angkat Suara

    NHTSA mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa data tersebut sangat penting untuk mengevaluasi keselamatan teknologi mengemudi otomatis yang sedang berkembang.

    Adapun, dua mantan karyawan NHTSA mengatakan persyaratan pelaporan kecelakaan sangat penting bagi investigasi lembaga terhadap fitur bantuan pengemudi Tesla yang menyebabkan penarikan kembali kendaraan pada tahun 2023. Mereka mengatakan, tanpa data tersebut, NHTSA tidak dapat dengan mudah mendeteksi pola kecelakaan yang menyoroti masalah keselamatan.

    NHTSA mengatakan telah menerima dan menganalisis data lebih dari 2.700 kecelakaan sejak lembaga tersebut menetapkan aturan tersebut pada tahun 2021. NHTSA mengungkapkan, data tersebut telah memengaruhi 10 investigasi terhadap enam perusahaan, serta sembilan penarikan kembali keselamatan yang melibatkan empat perusahaan berbeda.

    (wur)

  • Apakah Cuti Bersama Memotong Cuti Tahunan? Ini Penjelasan Kemenaker

    Apakah Cuti Bersama Memotong Cuti Tahunan? Ini Penjelasan Kemenaker

    Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah telah menetapkan hari libur nasional dan cuti bersama 2024 melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri. Untuk Desember 2024, hari libur nasional jatuh pada 25 Desember 2024 sedangkan cuti bersama ditetapkan pada 26 Desember 2024. 

    Lantas, apakah hak cuti tahunan berkurang jika karyawan mengambil cuti bersama?

    Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) melalui Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan No. M/6/HK.04/XII/2024 tentang Pelaksanaan Libur Nasional dan Cuti Bersama pada Perusahaan menyebut bahwa cuti bersama merupakan bagian dari cuti tahunan.

    “Cuti bersama merupakan bagian dari cuti tahunan,” tulis Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Yassierli dalam surat edaran itu, dikutip Minggu (15/12/2024).

    Surat Edaran yang diteken oleh Yassierli tertanggal 6 Desember 2024 itu menuturkan, pelaksanaan cuti bersama bersifat fakultatif atau pilihan sesuai dengan kesepakatan pengusaha dengan pekerja/buruh. Itu artinya, hak cuti tahunan berkurang jika karyawan mengambil cuti bersama.

    “Pekerja/buruh yang melaksanakan cuti pada hari cuti bersama, hak cuti yang diambilnya mengurangi hak atas cuti tahunan pekerja/buruh yang bersangkutan,” tuturnya.

    Kendati begitu, hak cuti tahunan tidak berkurang bagi karyawan yang bekerja pada hari cuti bersama. Selain itu, karyawan yang bekerja pada saat cuti bersama tetap mendapat upah seperti hari kerja biasa.

    Lebih lanjut, pemerintah dalam surat edaran itu menyebut bahwa karyawan tidak wajib bekerja pada hari libur nasional atau hari libur resmi, dalam hal ini libur Natal dan Tahun Baru yang jatuh pada 25 Desember 2024 dan 1 Januari 2025.

    Namun, pengusaha dapat mempekerjakan para karyawannya untuk pekerjaan yang jenis dan sifatnya harus dilaksanakan atau dijalankan secara terus menerus. 

    Jenis pekerjaan yang dimaksud yakni pekerjaan di bidang pelayanan jasa kesehatan, pelayanan jasa transportasi, jasa perbaikan alat transportasi, usaha pariwisata, dan jasa pos dan telekomunikasi.

    Kemudian, pekerjaan di bidang penyediaan tenaga listrik, jaringan pelayanan air bersih (PAM), dan penyediaan bahan bakar minyak dan gas bumi, usaha swalayan, pusat perbelanjaan, dan sejenisnya, media massa, pengamanan, lembaga konservasi, serta pekerjaan-pekerjaan yang apabila dihentikan akan mengganggu proses produksi, merusak bahan, dan termasuk pemeliharaan/perbaikan alat produksi.

    Hal ini sesuai dengan Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No.KEP.233/MEN/2003 tentang Jenis dan Sifat Pekerjaan yang Dijalankan Secara Terus Menerus.

    Lebih lanjut, Yassierli dalam surat edarannya menyebut, dalam keadaan tertentu pengusaha dapat mempekerjakan karyawannya pada hari libur nasional berdasarkan kesepakatan antara pekerja/buruh dengan pengusaha.

    Dalam hal ini, karyawan yang bekerja pada saat libur nasional berhak mendapat upah kerja lembur. “Pengusaha yang mempekerjakan pekerja/buruh yang melakukan pekerjaan pada hari libur nasional atau hari libur resmi wajib membayar upah kerja lembur,” pungkasnya. 

  • Rezim Assad Runtuh, Utusan Khusus PBB Serukan Keadilan di Suriah, Bukan Aksi Balas Dendam – Halaman all

    Rezim Assad Runtuh, Utusan Khusus PBB Serukan Keadilan di Suriah, Bukan Aksi Balas Dendam – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Utusan khusus PBB untuk Suriah, Geir Pedersen, menyerukan “keadilan dan akuntabilitas” di negara tersebut, alih-alih tindakan “balas dendam”.

    Pernyataan Geir Pedersen ini menyusul penggulingan Bashar al-Assad dari jabatan Presiden Suriah.

    “Dan kita perlu memastikan bahwa hal itu melalui sistem peradilan yang kredibel,” kata Pedersen di Damaskus, Minggu (15/12/2024), dilansir Al Jazeera.

    Ia juga mendesak peningkatan bantuan segera ke negara yang dilanda perang tersebut.

    “Suriah telah mengalami krisis kemanusiaan yang sangat besar,” kata Pedersen.

    “Kita perlu memastikan bahwa Suriah menerima bantuan kemanusiaan yang lebih banyak dan segera,” tegasnya.

    Serukan Pencabutan Sanksi

    Di sisi lain, Geir Pedersen menyerukan agar sanksi Barat segera diakhiri setelah Presiden Bashar Assad digulingkan.

    Pemerintah Suriah telah berada di bawah sanksi ketat oleh Amerika Serikat, Uni Eropa, dan negara-negara lain selama bertahun-tahun sebagai akibat dari tanggapan brutal Assad terhadap apa yang dimulai sebagai protes antipemerintah yang damai pada tahun 2011 dan kemudian berubah menjadi perang saudara.

    Diberitakan Arab News, konflik tersebut telah menewaskan hampir setengah juta orang dan membuat setengah dari populasi negara itu yang berjumlah 23 juta jiwa mengungsi.

    Pembangunan kembali sebagian besar terhambat oleh sanksi yang bertujuan untuk mencegah pembangunan kembali infrastruktur dan properti yang rusak di wilayah yang dikuasai pemerintah tanpa adanya solusi politik.

    “Kami berharap dapat melihat berakhirnya sanksi dengan cepat sehingga kami dapat melihat benar-benar adanya gerakan untuk membangun Suriah,” kata Geir Pedersen kepada wartawan selama kunjungan ke Damaskus, Minggu.

    Pedersen datang ke ibu kota Suriah untuk bertemu dengan para pejabat dari pemerintahan sementara yang dibentuk oleh mantan pasukan oposisi yang menggulingkan Assad, yang dipimpin oleh kelompok militan Islam Hayat Tahrir Al-Sham (HTS).

    HTS ditetapkan sebagai kelompok teroris oleh AS, yang juga dapat mempersulit upaya rekonstruksi.

    Namun, para pejabat di Washington telah mengindikasikan bahwa pemerintahan Joe Biden sedang mempertimbangkan untuk mencabut penetapan tersebut.

    Pemerintah sementara akan memerintah hingga Maret, tetapi belum menjelaskan proses yang akan dilakukan oleh pemerintahan permanen baru untuk menggantikannya.

    “Kita perlu memulai proses politik yang melibatkan semua warga Suriah,” kata Pedersen.

    “Proses itu jelas perlu dipimpin oleh warga Suriah sendiri,” sambungnya.

    Perkembangan Terkini Konflik Suriah

    Siswa kembali ke ruang kelas di Suriah setelah penguasa baru negara itu memerintahkan sekolah untuk dibuka kembali.

    Lebih dari 7.600 pengungsi Suriah melintasi perbatasan Turki untuk kembali ke rumah dalam lima hari setelah jatuhnya al-Assad, kata menteri dalam negeri Turki.

    Angkatan udara Israel melancarkan 61 serangan rudal terhadap lokasi militer di seluruh Suriah sementara pasukan darat menghancurkan jalan, saluran listrik, dan jaringan air di tenggara Quneitra.

    Pemimpin de facto Suriah Ahmed al-Sharaa mengutuk perampasan tanah dan serangan yang sedang berlangsung oleh Israel, tetapi mengatakan negaranya terlalu “lelah” untuk konflik baru.

    Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan pemerintahan Biden telah “berhubungan” dengan HTS, yang dipimpin oleh al-Sharaa tetapi ditetapkan sebagai organisasi “teroris” oleh Washington.

    Anggota masyarakat Suriah meneriakkan slogan-slogan saat berkumpul di Lapangan Syntagma di Athena untuk merayakan berakhirnya rezim diktator Suriah Bashar al-Assad setelah pejuang pemberontak menguasai ibu kota Suriah, Damaskus, pada malam hari, 8 Desember 2024. (AFP/ANGELOS TZORTZINIS)

    Militer Israel melancarkan lebih dari 60 serangan terhadap Suriah dalam waktu lima jam pada Sabtu malam, sehingga jumlah total serangan dalam seminggu menjadi sekitar 800.

    Pasukan Israel terus menduduki Quneitra di Suriah selatan dekat Damaskus, dengan koresponden kami melaporkan bahwa pasukan penyerang telah menghancurkan jalan, jaringan air, dan kabel listrik.

    Menteri Perhubungan pemerintahan sementara Suriah mengatakan negara itu akan segera membuka kembali wilayah udaranya untuk lalu lintas.

    Pejabat militer Israel mengadakan pertemuan dengan pejabat tinggi dan wali kota di Dataran Tinggi Golan yang diduduki Suriah dan meminta mereka untuk mengumpulkan senjata yang disita dari posisi rezim yang ditinggalkan.

    Jumlah warga sipil yang terbunuh oleh persenjataan yang tidak meledak dalam seminggu terakhir meningkat menjadi 24 setelah tiga orang lainnya terbunuh dalam ledakan ranjau darat, menurut Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia.

    (Tribunnews.com/Nuryanti)

    Berita lain terkait Konflik Suriah

  • 28 Perusahaan Parkir di Kawasan Industri Batang, Investasi Tembus Rp18,7 triliun

    28 Perusahaan Parkir di Kawasan Industri Batang, Investasi Tembus Rp18,7 triliun

    Bisnis.com, BATANG — Grand Batang City berhasil menarik 28 perusahaan untuk membangun basis produksi di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) dengan nilai investasi mencapai Rp18,7 triliun menjelang akhir 2024.

    Direktur Utama Kawasan Industri Terpadu Batang Ngurah Wirawan menyatakan 28 perusahaan tersebut tersebar di area seluas 400 hektare yang tengah dikembangkan oleh KITB pada tahun ini.

    “Dari total lahan seluas 4.300 hektare, kami sudah membuka lahan seluas 400 hektare pada tahun ini. Tahun depan [2025] kami buka lagi lahan seluas 250 hektare dan selanjutnya di tahun-tahun berikutnya bertahap,” ujarnya dalam acara Editor Circle Kawasan Industri Terpadu Batang, Minggu (15/12/2024).

    Ngurah menyebutkan cadangan lahan KITB saat ini mencapai 3.100 hektare dan yang sudah dimanfaatkan total sebanyak 1.500 hektare.

    Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo meresmikan operasional KITB, yang merupakan proyek strategis nasional (PSN), pada 26 Juli 2024.
    Melalui Perpres 106 tahun 2022 tentang Percepatan Investasi melalui Pengembangan Kawasan Industri Terpadu Batang di Provinsi Jawa Tengah, pengembangan Grand Batang City pun dikebut melalui pembangunan sejumlah fasilitas, dari mulai akses transportasi, listrik hingga dermaga.

    Saat ini, KITB tengah menanti Peraturan Pemerintah (PP) yang menetapkan Kawasan Industri Terpadu Batang sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) diteken oleh Presiden Prabowo Subianto.

    “Ibarat ujian, kami sudah sidang dan dinyatakan lulus sehingga tinggal menunggu ijazah,” ungkapnya.

    Ngurah menyebutkan bahwa nantinya, KITB akan menjadi satu-satunya Kawasan Ekonomi Khusus [KEK] yang menggarap tiga sektor sekaligus, yaitu KEK industri dan pengolahan, KEK logistik dan transportasi serta KEK pariwisata.

    “Cuma KITB yang fokus garap tiga sektor itu. Makanya, ini pasti sangat menarik buat investor.”

    Hingga saat ini, berdasarkan data Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus, terdapat 24 Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), yang terdiri dari 12 (dua belas) KEK Industri, yaitu Gresik, Kendal, Sei Mangkei, Arun Lhokseumawe, Galang Batang, Morotai, Palu, Sorong, MBTK, Bitung, Tanjung Sauh, dan Setangga; 7 (tujuh) KEK Pariwisata, yaitu Mandalika, Lido, Tanjung Lesung, Kura Kura Bali, Tanjung Kelayang, Likupang, dan Sanur (Pariwisata-Kesehatan); 2 (dua) KEK Digital, yaitu Nongsa dan Singhasari; serta 1 (satu) KEK Jasa lainnya (KEK MRO), yaitu Batam Aero Technic (BAT).

    Terakhir adalah KEK Edukasi, Teknologi, dan Kesehatan Internasional Banten melalui Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2024, serta KEK Pariwisata Kesehatan Internasional Batam melalui Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2024 pada 7 Oktober 2024 Adapun, delapan KEK dalam proses penetapan, salah satunya yaitu KITB.

    Secara kumulatif sejak berdirinya, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) terus menunjukkan kontribusi positif terhadap perekonomian nasional melalui capaian investasi dan penyerapan tenaga kerja yang signifikan.

    Hingga triwulan III, investasi yang terealisasi di KEK secara kumulatif mencapai Rp242,5 triliun. Sementara itu, penyerapan tenaga kerja pun mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan periode lalu, dengan jumlah tenaga kerja secara kumulatif hingga September 2024 mencapai 151.260 orang dari 394 pelaku usaha di KEK.

  • Investasi asing di Batam triwulan III-2024 capai Rp13,2 triliun

    Investasi asing di Batam triwulan III-2024 capai Rp13,2 triliun

    Kepala DPMPTSP Kota Batam Reza Khadafi. ANTARA/HO-DPMPTSP Batam

    Investasi asing di Batam triwulan III-2024 capai Rp13,2 triliun
    Dalam Negeri   
    Editor: Widodo   
    Minggu, 15 Desember 2024 – 19:23 WIB

    Elshinta.com – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Batam, Kepulauan Riau, mencatat realisasi investasi atau penanaman modal asing (PMA) hingga triwulan III (Januari-September) 2024 mencapai Rp13,2 triliun.

    Kepala DPMPTSP Kota Batam Reza Khadafi, di Batam, Minggu, mengatakan berdasarkan sektor, investasi terbagi seperti industri mesin, elektronik, instrumen kedokteran, peralatan listrik, presisi, optik dan jam.

    Selain itu, perumahan, kawasan, industri dan perkantoran. Kemudian jasa lainnya serta perdagangan dan reparasi.

    “Sektor tersebut merupakan perpaduan dari PMA dan penanaman modal dalam negeri (PMDN) hingga September tahun ini,” ujar Reza.

    Ia menyampaikan DPMPTSP juga mencatat adanya perluasan jam layanan di hari Sabtu, untuk mempermudah kebutuhan masyarakat yang sulit mengurus administrasi pada jam kerja.

    “Mulai saat ini, pelayanan akan dibuka pada hari Sabtu, bekerja sama dengan BP Batam untuk menyediakan layanan setengah hari,” kata Reza.

    Langkah tersebut diambil setelah menerima keluhan dari banyak pekerja yang harus mengorbankan jam kerja mereka untuk urusan administrasi.

    “Dengan langkah-langkah ini, Dinas PTSP Batam berharap dapat mempermudah proses perizinan dan mendukung pertumbuhan investasi di kota Batam,” kata dia lagi.

    Sebelumnya, DPMPTSP Kota Batam menyebutkan Mal Pelayanan Publik (MPP) memiliki empat sistem aplikasi perizinan guna tingkatkan pelayanan.

    Kepala DPMPTSP Kota Batam Reza Khadafi, di Batam, Jumat (13/12), mengatakan secara khusus di Kota Batam, eksistensi MPP telah dioperasikan sejak tahun 2018 telah diharmonisasikan dengan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), yang saat ini sedang dilakukan pemetaan proses bisnis perizinan dan non perizinan.

    “Sejumlah 155 izin usaha yang menjadi kewenangan Pemerintah Kota Batam dan 62 izin usaha yang menjadi kewenangan BP Batam,” ujar Reza.

    Ia menyampaikan hal tersebut menempatkan MPP Batam sebagai pusat pelayanan perizinan terlengkap di Indonesia saat ini, dengan 416 pelayanan yang tersedia.

    Sumber : Antara

  • Ini Dia Calon Mobil Listrik Toyota Kembaran Suzuki e Vitara

    Ini Dia Calon Mobil Listrik Toyota Kembaran Suzuki e Vitara

    Jakarta

    Toyota mengungkap calon mobil listrik barunya yang dikembangkan dari basis Suzuki e Vitara. Mobil listrik tersebut bakal dinamakan Toyota Urban Cruiser EV dan mulai dijual pada awal tahun depan.

    Jangan kaget jika mobil listrik Toyota ini dibuat dari basis mobil listrik Suzuki. Soalnya di India, kedua perusahaan asal Jepang tersebut sudah terbiasa bekerja sama dalam me-rebadge sebuah produk. Contohnya seperti Toyota Urban Cruiser Taisor yang dibikin kembarannya, Suzuki Fronx. Atau Suzuki Ertiga yang memiliki kembaran Toyota Rumion.

    Dikutip dari Paultan, mobil listrik Toyota ini bakal memiliki panjang 4.285 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.640 mm, dengan jarak sumbu roda 2.700 mm, yang membuatnya lebih kecil dari bZ4X dan sedikit lebih besar dari Yaris Cross.

    Toyota Urban Cruiser EV Foto: Dok. Toyota

    Sistem penggeraknya sama dengan e Vitara, dengan pilihan penggerak satu motor FWD berdaya 144 PS/189 Nm dengan baterai 49 kWh, penggerak satu motor FWD berdaya 174 PS/189 Nm dengan baterai 61 kWh, atau penggerak dua motor AWD berdaya 184 PS dan 65 PS, serta torsi 300 Nm, dengan baterai 61 kWh.

    Semua baterainya menggunakan lithium-ion fosfat (LFP). Belum diketahui performa tempuh mobil ini, tapi kemungkinan dapat menempuh jarak 400 km dengan laju pengisian daya maksimum mencapai 150 kW.

    Secara tampilan, Urban Cruiser EV tampil gagah dengan fascia bergaya ‘Hammerhead’ sama seperti Camry baru, serta ada sedikit pelapis di sekitar lengkungan roda dan bodi bawah, yang bikin mobil tampak berotot. Mobil ini menggunakan pilihan velg 18 atau 19 inci dengan wheeldop aerodinamis.

    Dengan jarak sumbu roda yang 140 mm lebih panjang daripada Yaris Cross, memberikan lebih banyak ruang interior, di mana kursi belakang Urban Cruiser dapat direbahkan dan dibagi 40:20:40.

    Toyota Urban Cruiser EV Foto: Dok. Toyota

    Kokpit mobil ini memiliki dasbor yang rendah dengan posisi duduk yang tinggi atau commanding. Panel instrumen dan layar entertainment mobil ini menyatu, dengan ragam fungsinya seperti kamera 360 derajat dan fitur konektivitas ke smartphone.

    Kabarnya, di varian tertentu akan dilengkapi fitur sound system JBL, sunroof, dan jok pengemudi elektrik. Perlengkapan keselamatan meliputi pre-collision system, adaptive cruise control, lane departure alert, dan lane keep assist.

    Autocar melaporkan bahwa Toyota Urban Cruiser akan diproduksi bersama Suzuki e Vitara di India. Mobil ini akan memulai debut di pameran Brussels Motor Show 2025, di Belgia, pada 10-19 Januari 2025.

    Toyota Urban Cruiser EV Foto: Dok. Toyota

    (lua/riar)

  • Kabel Listrik di Kebagusan Raya Terbakar Saat Hujan
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        15 Desember 2024

    Kabel Listrik di Kebagusan Raya Terbakar Saat Hujan Megapolitan 15 Desember 2024

    Kabel Listrik di Kebagusan Raya Terbakar Saat Hujan
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Kabel listrik di Jalan Puskesmas Lama, Kebagusan Raya, Jakarta Selatan terbakar.
    Dalam video yang beredar di Instagram @jakartaselatan24jam, percikan api tampak dari ujung atas tiang listrik di persimpangan Jalan Puskesmas Lama, Kebagusan Raya.
    Sementara itu, api yang berkobar di kabel listrik tersebut masih cukup besar.
    Beberapa kali, api memercik dari kabel listrik tersebut.
    Dalam video, jalanan di sekitarnya basah setelah diguyur hujan sore tadi.
    “Sekarang sudah padam. Kejadian jam 16.00 WIB dan padam jam 16.30 WIB,” kata Ketua RW 01 Kebagusan, Ahmad Isnaini, saat dihubungi, Minggu (15/12/2024).
    Saat kejadian, di lokasi sedang hujan.
    Untungnya warga secara tanggap menghubungi petugas pemadam kebakaran untuk meminimalisasi dampak dari kebakaran di kabel listrik tersebut.
    Tidak ada korban jiwa maupun korban luka dari kejadian itu. Kobaran api tidak meluas dan membakar benda lainnya.
    Kini petugas PLN sedang membenahi kabel listrik di tempat kejadian perkara.
    Oleh sebab itu, wilayah RW 01 Kebagusan harus dipadamkan listriknya untuk sementara.
    “Sekarang sedang ditangani oleh PLN dan sedang pemadaman listrik di RW 01 untuk pembenahan kabel,” tambah dia.
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Mobil Listrik Mungil dengan Kabin Luas

    Mobil Listrik Mungil dengan Kabin Luas

    Jakarta

    Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) memberikan kesempatan kepada sejumlah media untuk menjajal beberapa lini mobil listriknya dalam acara Media Drive Nissan di Jakarta (6/12/2024). Salah satu unit mobil tes yang disediakan adalah mobil listrik Nissan Sakura. Begini kesan pertama kami saat menjajal mobil listrik mungil itu.

    Dari bagian luar, Nissan Sakura memiliki tampilan yang bersih dan elegan. Mobil ini menggunakan desain fascia ala V-motion yang merupakan ciri khas Nissan. Mobil ini juga menampilkan kesan sporty lewat desain atap belakang mengambang (floating roof) dengan tambahan spoiler. Velg mobil ini mengusung warna dual tone dengan bentuk X.

    Secara dimensi, mobil ini berukuran imut dengan panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm, tinggi 1.655 mm, serta jarak sumbu roda 2.495 mm. Mobil ini lebih panjang sekitar 40 cm dari kompetitor mereka di Indonesia seperti Wuling Air ev dan Seres E1.

    Nissan Sakura Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Begitu masuk ke kabinnya, kesan luas di Nissan Sakura begitu terasa. Headroom dan legroom mobil ini sangat memadai buat digunakan empat penumpang dewasa. Apalagi kursi bagian depan juga sudah dilengkapi handrest adjustable. Kursi baris kedua dilengkapi headrest dan posisi kursi masih bisa diatur maju-mundur, juga tingkat rebahnya.

    Kesan luas di mobil mungil ini juga dihadirkan melalui langit-langit berwarna cerah, serta jok berbahan fabric dengan warna beige. Selebihnya buat bagian doortrim dan area dashboard menggunakan warna hitam dengan aksen warna orange di beberapa bagian.

    Tiba saatnya untuk mencoba performa Nissan Sakura dalam waktu yang singkat dan trek yang terbatas. Sama seperti mobil listrik pada umumnya, Nissan Sakura juga punya torsi yang instan dan pengendaraan yang senyap. Di atas kertas, mobil ini dibekali baterai lithium-ion 20 kWh yang mampu menghasilkan tenaga setara 47 kW (63 dk) dan torsi 195 Nm.

    Nissan Sakura Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Nissan Sakura juga lincah saat coba digunakan di kawasan Senayan, Jakarta. Mobil ini memiliki radius putar 4,8 meter yang memberi kemudahan kepada pengendara ketika melakukan manuver di tengah-tengah kemacetan. Terlebih feedback setir Nissan Sakura ini juga terasa ringan, sehingga terasa effortless bagi pengendara.

    Menunjang kebutuhan pengendara dan penumpang di baris depan, Nissan Sakura telah dibekali dengan panel instrumen digital 7 inci dan layar entertainment 9 inci yang bisa menjalankan fitur konektivitas.

    Keistimewaan lain Nissan Sakura adalah, adanya fitur ADAS bernama ProPILOT Assist 2.0. Fitur ini bisa mengatur kombinasi kemudi, akselerasi, dan pengereman yang dapat membantu meringankan beban kerja pengendara.

    Nissan Sakura Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Ada juga fitur ProPILOT Park untuk memudahkan saat pengendara parkir. ProPILOT Park secara otomatis dapat mengontrol setir, akselerasi, pengereman, peralihan gigi, dan parking brake. Sayangnya, kami belum bisa mencoba fitur canggih ini mengingat waktu pengetesan yang terbatas.

    Di Jepang, Nissan Sakura dijual dengan harga sekitar 2.599.300 Yen untuk tipe X atau sekitar Rp 270 jutaan, sementara tipe G dijual 3.082.200 Yen atau setara Rp 336 juta. Kemungkinan besar mobil listrik mungil itu akan dijual di Indonesia dengan banderol Rp 300 jutaan.

    Jika jadi dipasarkan di Tanah Air, akankah mobil listrik mungil CBU Jepang itu bisa bersaing dengan pemimpin pasar saat ini Wuling Air ev?

    Nissan Sakura Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    (lua/riar)