Topik: Listrik

  • Waspadai Titik Rawan Hadapi Lonjakan 110 Juta Pemudik Nataru

    Waspadai Titik Rawan Hadapi Lonjakan 110 Juta Pemudik Nataru

    FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Menteri Koordinator Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menegaskan bahwa pemerintah telah mengidentifikasi berbagai potensi tantangan terhadap isu kelancaran, keselamatan, dan keamanan menjelang Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru).

    Termasuk peningkatan mobilitas masyarakat yang diperkirakan mencapai 110 juta orang menjelang Nataru.

    “Tadi Bapak Presiden Prabowo menyampaikan dan menekankan kepada kita semua agar masing-masing kementerian dan stakeholder yang memang bertanggung jawab pada isu kelancaran, keselamatan, dan keamanan nataru terutama juga diantaranya untuk meyakinkan agar saudara-saudara kita yang merayakan Natal ini bisa beribadah dengan baik dan merasa aman dan nyaman,” ujar AHY dalam keterangannya, dikutip pada Rabu (18/12/2024).

    Menurut laporan Kapolri, Polri bersama-sama dengan TNI telah menyiapkan personel untuk mengamankan rumah ibadah, jalur perjalanan, serta titik-titik rawan lainnya. Tidak hanya itu, berbagai fasilitas pendukung, mulai dari bandara, dermaga, stasiun, hingga terminal, juga telah disiapkan untuk mengakomodasi lonjakan perjalanan.

    “Jadi jalan tol di pulau Jawa yang operasional itu sepanjang 1.830 KM. Kemudian tempat istirahat dan pelayanan yang dipersiapkan itu ada 90 secara keseluruhan dan 422 gerbang tol beroperasi,” ungkap AHY.

    Di sektor perdagangan, ketersediaan bahan pokok dan stabilitas harga turut menjadi prioritas pemerintah agar tetap stabil. Pemerintah juga memastikan bahwa pasokan bahan bakar minyak (BBM) dan listrik dalam kondisi yang aman.

  • Pasokan Batu Bara Pembangkit Jelang Natal dan Tahun Baru Capai 26 Hari

    Pasokan Batu Bara Pembangkit Jelang Natal dan Tahun Baru Capai 26 Hari

    JAKARTA – PT PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) memastikan pasokan energi primer untuk seluruh pembangkit di Indonesia jelang masa liburan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru) dalam kondisi aman. Terpenuhinya stok batu bara, gas dan bahan bakar minyak (BBM) di setiap pembangkit membuat PLN EPI yakin pasokan listrik untuk masyarakat aman.

    Direktur Utama PLN EPI, Iwan Agung Firstantara memastikan kesiapan pasokan energi primer bagi pembangkit milik PLN Grup dalam kondisi yang aman dan terkendali.

    “Saat ini, Hari Operasi (HOP) batu bara berada dalam posisi yang sangat baik, rata-rata berada di 26 HOP, untuk BBM di 15 HOP, serta pasokan gas dan Liqufied Natural Gas (LNG) terpenuhi sesuai dengan jadwal pengiriman,” ujar Iwan yang dikutip Rabu, 18 Desember.

    Iwan merinci, kondisi stok batu bara secara umum dalam kondisi sangat aman. Stok rata-rata batu bara PLTU PLN di Jawa, Madura dan Bali (Jamali) sebesar 26 HOP.

    Stok rata-rata batu bara PLTU PLN di Sumatera-Kalimantan (Sumkal) sebesar 18 HOP. Untuk wilayah, Sulawesi-Maluku-Papua-Nusa Tenggara (Sulmapana) sebesar 25 HOP.

    Sedangkan stok rata-rata batu bara PLTU Independent Power Producer (IPP) berada di atas 15 HOP.

    Kesiapan stok energi primer juga diikuti oleh Bahan Bakar Minyak (BBM) yang mencapai 15 HOP, kondisi stok LNG rata-rata di atas 30 HOP, dan pasokan Biomassa sampai dengan akhir 2024 diharapkan dapat memenuhi kebutuhan PLTU PLN sebesar 1,67 juta ton.

    “PLN EPI akan terus siaga dalam memastikan pasokan energi primer yang andal bagi pembangkit listrik milik PLN Grup”, ujarnya.

    Ia menuturkan, PLN EPI terus melakukan koordinasi dengan Subholding PLN Nusantara Power (PLN NP) dan PLN Indonesia Power (PLN IP) agar operasional pembangkit yang berhubungan dengan energi primer di seluruh Indonesia tidak terganggu.

  • Penantang Baru, Taksi Xanh SM Resmi Mengaspal di Jakarta

    Penantang Baru, Taksi Xanh SM Resmi Mengaspal di Jakarta

    Jakarta, FORTUNE – Perusahaan taksi listrik asal Vietnam, Xanh SM, yang berada di bawah naungan perusahaan otomotif VinFast, resmi beroperasi di Indonesia pada Rabu (18/12).

    Dalam acara tersebut, sekitar 100 unit mobil listrik beserta para pengemudinya diperkenalkan. Sebelum memasuki pasar Indonesia, layanan ini telah lebih dulu merambah Laos.

    CEO Global Green and Smart Mobility Joint Stock Company, Thanh Nguyen, menilai Indonesia sebagai pasar potensial karena memiliki banyak kesamaan budaya dengan Vietnam. Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa Indonesia diproyeksikan menjadi salah satu pangsa pasar terbesar bagi layanan mereka.

    “Kami menargetkan semua orang untuk jadi pasar kami. Guna menjangkau lebih banyak konsumen, kami juga memberikan ragam promosi, seperti diskon 30 persen,” ujarnya.

    Xanh SM yang mengeklaim sebagai satu-satunya taksi bertenaga 100 persen listrik ini bahkan menawarkan layanan gratis di Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat pada 10-17 Desember 2024. Layanan taksi gratis dari Xanh SM berlaku dengan maksimal tarif Rp120.000 untuk dua kali perjalanan per hari.

    Target mengoperasikan 1.000 kendaraan di Indonesia

    Armada taksi Xanh SM/dok. Fortune idn/desy y.

    Sebagai langkah awal, perusahaan menargetkan pengoperasian 1.000 unit mobil listrik di Indonesia secara bertahap. Namun, saat ini perusahaan baru mengoperasikan ratusan armada taksi dengan pool taksi berlokasi di Cinere, Depok, Jawa Barat.

    Kehadiran Xanh SM diperkirakan akan membawa dinamika baru di pasar taksi Indonesia, terutama dalam mendorong adopsi kendaraan listrik di sektor transportasi umum.

    Taksi yang menggunakan mobil listrik VinFast VF e34 ini juga menjadi kompetitor bagi PT Blue Bird Tbk. yang kini juga mulai memperbarui armadanya dengan kendaraan listrik. Tak hanya itu, Xanh SM juga bersaing dengan platform ride hailing seperti Gojek dan Grab.

    Deputi Bidang Pengembangan Iklim Penanaman Modal Kementerian Investasi dan Hilirisasi/BKPM, Riyatno, mengatakan hadirnya Xanh SM tak hanya memperkuat hubungan bilateral kedua negara, tapi juga sejalan dengan komitmen dalam mendorong investasi untuk pembangunan berkelanjutan.

    “Pengenalan layanan ride-hailing berbasis kendaraan listrik ini merupakan langkah besar ke depan yang lebih hijau maupun dalam menciptakan fondasi baru bagi pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia,” kata Riyatno.

  • Mobil Listrik Buatan Malaysia Dites Tabrak, Dapat Bintang 5

    Mobil Listrik Buatan Malaysia Dites Tabrak, Dapat Bintang 5

    Jakarta

    Mobil listrik buatan Malaysia yang baru diluncurkan, Proton e.MAS 7, langsung diuji tabrak oleh Program Penilaian Mobil Baru untuk Negara-negara Asia Tenggara atau ASEAN NCAP. Hasilnya, mobil ramah lingkungan produksi negeri jiran tersebut mendapatkan nilai sempurna, bintang 5.

    New Proton e.MAS 7 mendapatkan bintang 5 ASEAN NCAP dengan skor total 92,57 poin. Kendaraan listrik (EV) pertama di bawah merek Proton ini mendapat 39,00 poin buat Perlindungan Penumpang Dewasa (AOP), 17,32 poin dalam Perlindungan Penumpang Anak (COP), 20,00 poin dalam kategori Bantuan Keselamatan (SA) dan 16,25 poin pada aspek Keselamatan Pengendara Sepeda Motor (MS).

    e.MAS 7 memiliki kelengkapan standar 6 airbag, Electronic Stability Control (ESC), Anti-lock Braking System (ABS), Seatbelt Reminder System (SBR) buat penumpang depan dan penumpang belakang dengan deteksi kursi penumpang sebagai standar.

    SUV baru ini juga mempunyai Autonomous Emergency Braking (AEB) City, AEB Inter-Urban, Blind Spot Detection (BSD) di kedua sisi kendaraan, Automatic High Beam (AHB) dan Pedestrian Protection (PP) sebagai fitur standar. Selain itu, Forward Collision Warning (FCW), Lane Keep Assist (LKA), Lane Departure Warning (LDW), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), dan Rear Cross Traffic Braking (RCTB) juga tersedia sebagai fitur standar.

    Dalam uji keselamatan pasif, model ini memberikan perlindungan yang baik secara keseluruhan kepada boneka uji yang ditempatkan pada bagian penumpang depan dengan kedua kaki bagian bawah pengemudi menerima perlindungan yang memadai. Selain itu, SUV ini tampil baik dalam penilaian COP dan MS, dengan model ini mendapat skor di sebagian besar item yang dinilai. EV baru ini menawarkan perlengkapan standar untuk semua fitur keselamatan aktif yang dinilai ASEAN NCAP di semua negara tempat mobil tersebut dipasarkan, menjadikannya model dengan skor tertinggi untuk kategori SA (Bantuan Keselamatan) di ASEAN NCAP.

    “ASEAN NCAP senang bahwa e.MAS 7 baru telah membuat pencapaian yang sesuai dalam penilaian ASEAN NCAP dengan berbagai teknologi yang ditawarkannya dalam model tersebut, baik keselamatan pasif maupun aktif. Dengan tren yang meningkat, di mana konsumen kendaraan saat ini punya minat besar terhadap EV, Proton telah memastikan bahwa keselamatan tak akan dikompromikan, seperti memiliki struktur yang kuat untuk melindungi penumpang, dan sistem penahan keselamatan yang dapat diterima. Lebih jauh, ASEAN NCAP bangga bahwa Proton telah melengkapi modelnya dengan teknologi keselamatan aktif sebagai perlengkapan standar di semua variannya. Selamat kepada e.MAS 7 karena telah mencapai peringkat bintang 5. Kami berharap prestasi luar biasa dalam meningkatkan keselamatan kendaraan di kawasan ASEAN ini terus menetapkan standar bagi yang lain untuk bisa diikuti,” tulis pernyataan ASEAN NCAP dalam keterangan resmi yang diterima detikOto.

    Sebagai catatan, protokol penilaian ASEAN NCAP 2021-2025 saat ini mencakup empat domain penilaian, dengan AOP mencakup 40,00 poin dari skor keseluruhan, serta COP, SA, dan MS masing-masing menyumbang 20,00 poin dari skor keseluruhan.

    (lua/din)

  • Merek Mobil Nasional Malaysia Luncurkan Mobil Listrik Pertama

    Merek Mobil Nasional Malaysia Luncurkan Mobil Listrik Pertama

    Jakarta, CNN Indonesia

    Perusahaan otomotif Malaysia, Proton meluncurkan mobil listrik pertama, Senin (16/12).

    Perkenalan mobil listrik dengan nama Proton e.MAS 7 menyusul perilisan BYD, Tesla, dan Stellantis.

    Proton merupakan perusahaan otomotif nasional Malaysia dengan saham 49,9 persen yang dipegang oleh produsen mobil Cina Zhejiang Geely Holding Group.

    Dalam peluncuran itu Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim menyatakan ingin mengurangi penggunaan bahan bakar fosil untuk meningkatkan potensi investasi.

  • Startup Ini Diguyur Investor Rp 161 Triliun, Pencipta ChatGPT Kalah

    Startup Ini Diguyur Investor Rp 161 Triliun, Pencipta ChatGPT Kalah

    Jakarta, CNBC Indonesia – Startup di bidang analisis data, Databricks, menggalang modal US$ 10 miliar (Rp 161 triliun) dalam salah satu ronde pendanaan terbesar dalam sejarah. Suntikan modal tersebut mengangkat valuasi Databricks menembus US$ 62 miliar (Rp 999 triliun).

    Reuters melaporkan bahwa Databricks sukses mengumpulkan dana dari investor-investor kelas kakap dalam ronde pendanaan terakhir yang dipimpin oleh Thrive Capital. Thrive Capital adalah perusahaan modal ventura milik Joshua Kushner, saudara dari menantu Donald Trump, Jared Kushner.

    Pemodal lain yang ikut serta adalah Andreessen Horowitz, DST Global, Insight Partners, WCM Investment Management, dan GIC, perusahaan investasi milik negara Singapura 

    Databricks adalah perusahaan analisis data yang bersaing ketat dengan Snowflake. Klien Databricks termasuk perusahaan besar seperti raksasa telekomunikasi Comcast, produsen mobil listrik Rivian, hingga perusahaan migas Shell.

    Ronde pendanaan Databricks bahkan melampaui pendanaan US$ 6,6 miliar yang diumumkan oleh OpenAI pada Oktober. OpenAI adalah perusahaan di balik robot chat AI ChatGPT.

    Menurut Reuters, gelontoran dana jumbo kembali mengalir ke startup yang mengejar implementasi teknologi AI.

    Databricks berencana menggunakan modal segar tersebut untuk membeli saham yang diberikan kepada karyawannya. Selain itu, Databricks akan menggunakan dana untuk merekrut talenta AI, berinvestasi di produk AI, dan mencari peluang merger atau akuisisi.

    “Databricks adalah salah satu ikon perusahaan teknologi, yang siap menjadi platform berikutnya. Dalam teknologi, platform mereka makin besar, makin baik, hingga punya keunggulan untuk makin ekspansi,” kata Vince Hankes dari Thrive Capital.

    Insight Partners, yang menguncurkan US$ 1 miliar dalam pendanaan terakhir Databricks, menyatakan adopsi AI generatif adalah katalis dalam tahap pertumbuhan selanjutnya.

    “Kebutuhan untuk memproses data yang tak terstruktur makin tinggi. Permintaan eksponensial untuk manajemen data kelas enterprise, sistem dan analisis AI mendasari peran Databricks untuk membantu organisasi membuka potensi data mereka,” kata George Matthew dari Insight Partner.

    Databricks diperkirakan baru mampu membukukan arus kas positif untuk pertama kalinya pada awal Januari 2025 setelah 10 tahun beroperasi. Pada tahun fiskal 2025, Databricks memproyeksikan pendapatan US$ 3,8 miliar.

    (dem/dem)

  • Harta Zuckerberg dan Bezos Digabung Tak Mampu Tandingi Elon Musk

    Harta Zuckerberg dan Bezos Digabung Tak Mampu Tandingi Elon Musk

    Jakarta

    Elon Musk, CEO Tesla dan SpaceX, kini memiliki kekayaan bersih USD 474 miliar menurut Bloomberg Billionaires Index atau di kisaran 7.631 triliun, membuatnya lebih kaya dari harta gabungan pendiri Amazon Jeff Bezos dan CEO Meta Mark Zuckerberg jika digabungkan.

    Masih menurut Bloomberg, kekayaan Bezos saat ini mencapai USD 251 miliar, sedangkan Zuckerberg USD 221 miliar. Dengan jumlah gabungan USD 472 miliar, harta keduanya tidak mampu melampaui Bezos meski menempati posisi kedua dan ketiga manusia terkaya.

    Bloomberg Billionaires Index melacak kekayaan bersih harian individu terkaya di dunia berdasarkan harga saham dan aset lainnya. Musk konsisten menempati peringkat terkaya di dunia, tapi tonggak sejarah terbaru ini mencerminkan performa perusahaannya makin luar biasa.

    Elon Musk diperkirakan akan terus mendominasi dunia teknologi, otomotif, dan media sosial dan terlebih lagi, dia juga akan memainkan peran kunci dalam pemerintahan Presiden terpilih Donald Trump yang akan datang.

    Selang sehari setelah pemilihan presiden AS bulan November, saham Tesla ditutup pada rekor tertinggi USD 424,77 per saham, meningkatkan valuasi raksasa kendaraan listrik tersebut menjadi USD 1,36 triliun. Hal ini membantu menambah sekitar $52 miliar pada kekayaan Musk.

    Tesla, yang dimiliki Musk sebesar 12%, sahamnya terus meningkat setahun terakhir, didukung permintaan yang kuat kendaraan listrik dan kemajuan dalam AI, bidang-bidang di mana Musk jadi tokoh sentral. SpaceX, perusahaan eksplorasi ruang angkasa yang dipimpin Musk, valuasinya terus naik melalui dengan nilai sekitar USD 350 miliar.

    Tahun 2023, dikutip detikINET dari Newsweek, dia juga mendirikan xAI, startup kecerdasan buatan di mana Musk diperkirakan memiliki 54% sahamnya. Perusahaan tersebut dinilai USD 50 miliar pada November 2024. Melengkapi portofolio bisnis Musk yang menguntungkan adalah The Boring Company, perusahaan infrastruktur yang diklaim bernilai USD 5,68 miliar.

    Sebagai perbandingan, kekayaan bersih Bezos sebesar USD 251 miliar sebagian besar terkait dengan kinerja saham Amazon, yang telah pulih pascapandemi tapi menghadapi hambatan ekonomi baru-baru ini. Sementara kekayaan Zuckerberg sebesar USD 221 miliar berasal dari Meta Platforms, perusahaan induk dari Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

    Tapi tak semua usaha Elon Musk berhasil. Ia membeli platform media sosial X seharga USD 44 juta. Sejak Musk mengambil alih kepemilikan perusahaan media sosial tersebut pada tahun 2022, nilainya hampir 70% lebih rendah pada Agustus 2024, menurut perkiraan Forbes.

    (fyk/fyk)

  • Investasi Energi Terbarukan RI Capai Rp24 T di 2024

    Investasi Energi Terbarukan RI Capai Rp24 T di 2024

    Jakarta, CNN Indonesia

    Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melaporkan realisasi investasi sub sektor energi baru terbarukan dan konservasi energi (EBTKE) sepanjang 2024 mencapai US$1,49 miliar atau setara Rp24,03 triliun (asumsi kurs Rp16.131 per dolar AS).

    Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM Eniya Listiani Dewi mengungkap dari realisasi tersebut, industri energi bersih berhasil menciptakan sekitar 13.285 pekerjaan baru.

    “Dengan adanya capaian tersebut, kita bisa mendapatkan ciptaan lapangan kerja baru sebesar 13.200 green jobs,” ujar Eniya dalam acara Malam Apresiasi Kinerja Stakeholder EBTKE 2024 di Hotel Mulia Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (17/12).

    Pihaknya mencatat adanya peningkatan realisasi investasi di sektor energi bersih berkat terbitnya Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 11 Tahun 2024 tentang Penggunaan Produk Dalam Negeri Untuk Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan.

    Eniya menuturkan permen tersebut telah menarik investasi mencapai US$609 juta atau Rp9,82 triliun, terutama untuk pelaksanaan proyek pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) dan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).

    “Permen 11/2024 dalam beberapa minggu ini mendobrak proyek PLTP dan PLTS yang alhamdulillah sudah berkontrak dengan adanya debottlenecking dari Permen 11/2024. Investasi mencapai US$609 juta,” lanjutnya.

    Dalam kesempatan yang sama, Wakil Menteri ESDM Yuliot Tanjung menyebut kontribusi investasi EBTKE yang melebihi US$1,3 miliar merupakan sumbangan dari target investasi Indonesia pada 2024 secara keseluruhan, yakni Rp1.650 triliun.

    “Itu merupakan kontribusi yang memberikan dampak ekonomi dan juga dampak terhadap adanya nilai tambah, produktivitas, dan juga penyerapan lapangan kerja, sekaligus adanya penerimaan negara memperlebar ruang fiskal pemerintah dari sisi penerimaan,” ujar Yuliot.

    Dirinya menyebut perlu mendorong lebih banyak investasi di sektor EBTKE. Sebab, hal ini memberikan peluang kepada pelaku usaha, baik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun swasta, termasuk koperasi.

    (del/agt)

  • Honda-Nissan Dikabarkan Bakal Merger

    Honda-Nissan Dikabarkan Bakal Merger

    Jakarta

    Nissan dan Honda dikabarkan ingin melakukan merger guna menghadapi ketatnya persaingan di industri mobil listrik.

    Honda dan Nissan disebut-sebut telah membicarakan soal potensi merger. Langkah itu ditempuh di tengah ketatnya persaingan mobil listrik, terutama di China. Dilansir BBC, pada Maret kedua perusahaan itu sepakat untuk melakukan penjajakan kemitraan strategis dalam hal kendaraan listrik.

    Terkait kabar itu, kedua perusahaan masih dengan pernyataan yang sama seperti saat diumumkan pada Maret tahun ini.

    “Seperti pada pengumuman di Maret, Honda dan Nissan tengah mengeksplorasi beragam kemungkinan untuk kolaborasi masa depan, dengan memanfaatkan kekuatan masing-masing,” demikian pernyataannya.

    Saat ini sejumlah produsen memang tengah menghadapi ketatnya persaingan dari industri otomotif yang beralih dari mesin bensin dan diesel ke kendaraan listrik. Produksi kendaraan listrik di China juga mengalami peningkatan yang pesat. Honda dan Nissan tak menampik kabar tentang potensi merger antar dua perusahaan. Namun disebut diskusi tersebut masih tahap awal dan belum tentu ada kesepakatan yang tercapai.

    “Jika ada perkembangan terbaru, kami akan menginformasikan kepada para pemangku kepentingan pada waktu yang tepat,” begitu pernyataannya.

    Kendati demikian, potensi penggabungan dua raksasa otomotif Jepang itu dinilai bisa membuat situasi menjadi rumit. Kesepakatan ini tentu akan mendapat pengawasan yang ketat di Jepang dan bisa memicu PHK besar-besaran. Tak cuma itu, Nissan juga berpotensi dihadapkan dengan pemutusan aliansi dengan mitranya asal Prancis, Renault.

    Honda dan Nissan saat ini memang tengah tertatih-tatih bersaing di China. Keduanya kehilangan pangsa pasar cukup besar. Bahkan hampir 70 persen dari penjualan mobil listrik secara global.

    Penjualan kedua merek itu kalau digabung mencapai 7,4 juta pada tahun 2023. Namun baik Nissan dan Honda kesulitan untuk bertarung dengan BYD yang mengalami peningkatan pendapatan hingga mengalahkan Tesla.

    (dry/din)

  • Sensasi Pertama Jajal Motor Listrik Honda CUV e: Seharga Rp 50 Jutaan

    Sensasi Pertama Jajal Motor Listrik Honda CUV e: Seharga Rp 50 Jutaan

    Jakarta

    Akhirnya PT Astra Honda Motor (AHM) memberi kesempatan media untuk menjajal Honda CUV e:. Begini sensasi singkat menunggangi CUV e:, yang dibanderol dengan harga Rp 54,5 juta sampai Rp 59,65 juta.

    Tim redaksi detikOto mendapat kesempatan menjajal singkat Honda CUV e: di AHM Safety Riding and Training Center, Deltamas, Cikarang, pekan ini. Ada beberapa obstacles yang dipersiapkan, mulai dari trek lurus, zig-zag hingga nyebur di kolam buatan.

    Hal pertama yang dibahas ialah soal desain dari CUV e:, modelnya ringkas dan modern. Kesan kekinian makin dipertegas berkat penggunaan lampu LED di semua titik pencahayaan. Tidak banyak lekukan agresif di Honda CUV e:. Yang pasti, motor ini bentuk produksi massal dari SC e: Concept.

    Perawakan motor ini memang lebih besar dari Honda EM1 e: ataupun ICON e:. Bicara dimensi, motor ini punya panjang 1,889 mm, lebar 664 mm, dan tinggi 1,096 mm. Sebagai pembanding Honda ICON e: punya panjang 1.796 mm, lebar 680 mm, tinggi 1085 mm.

    Kalau dilihat ukurannya masih tergolong compact dan bisa diajak sebagai komuter motor harian. Berikut ini impresi singkatnya!

    Impresi singkat jajal Honda CUV e:

    Rider memiliki tinggi badan 168 cm dan bobot 78 kg, saat duduk di atas jok Honda CUV e: tergolong keras, atau kurang empuk seperti Vario 125 ataupun Vario 160. Namun posisi ergonomi berkendara sangat berbeda dengan Honda EM1 e: ataupun ICON e:. Posisi kaki saat duduk di atasnya tidak terlalu nangkring.

    Honda CUV e: punya ground clearance yang ramah untuk tinggi rata-rata orang Indonesia. Kaki sangat mudah menapak tanah. Hanya saja joknya memang melebar.

    Sebagai gambaran, ergonomi berkendara motor ini punya stang rendah, ruang kaki yang tersisa juga masih luas. Dengan posisi ini berkendara jauh sepertinya masih aman. Meskipun perlu pengetesan lebih lanjut.

    Di atas kertas, Honda CUV e: punya bobot 117 kg (tipe standar) dan 118 kg (tipe RoadSync Duo). Meski begitu pengendalian motor ini tergolong stabil, apalagi profil ban yang membulat 100/90 dengan ring 12 inch.

    Honda CUV e: terdapat tiga mode berkendara, yakni ECON, STD, dan Sport, yang bisa dipilih untuk menyesuaikan kebutuhan dan kondisi.

    Test ride Honda CUV e: Foto: Dok. Astra Honda Motor

    Impresi pertama ketika mencoba motor ini bukan torsi instan yang ditawarkan. Distribusi tenaganya halus, tidak nyentak seperti motor listrik murah. Akselerasi ini akan terasa ramah bagi yang belum pernah menjajal motor listrik. Ini saat menggunakan mode standar.

    Sedangkan mode Sport memang dibuat lebih responsif. Cocok buat yang ingin mencari akselerasi yang lebih enteng.

    Distribusi tenaga dari ‘daleman’ side drive yang disalurkan juga halus, feeling-nya seperti motor konvensional. Di atas kertas motor ini bisa memuntahkan tenaga sebesar 6 kW (8 hp) di 3.500 rpm dan torsi 22 Nm pada 2.300 rpm. Dengan figur tenaga tersebut setara dengan motor 110 cc.

    Hanya saja ketika motor dalam posisi diam, lalu dipakai mundur, ada suara ‘grek’ seperti tertahan pada gear-box. Namun jadi lebih mulus berkat fitur ‘R’ atau mundur pada CUV e:.

    Honda mengklaim kecepatan 83 km/ jam dengan jarak tempuh maksimal 80,7 km. Dengan bekal tersebut, rasanya cukup untuk mengakomodir kebutuhan harian.

    Honda CUV e: ini cukup fleksibel. Sumber tenaganya berasal dari dua baterai HondaMobile Power Pack e: yang dapat di-swap (ditukar) atau di-charge sendiri dengan off-board charger.

    AHM juga memberikan kemudahan bagi konsumen untuk melakukan swap baterai melalui fasilitas Mobile Power Pack Exchanger e: (BEX) yang tersebar di beberapa lokasi Jakarta dan sekitarnya.

    Dalam area test ride juga tersedia obstacles berupa kolam buatan. Jadi motor melintasi genangan tersebut dengan batas sekitar setengah ban. Honda CUV e: tidak mengalami masalah.

    Nah, itu tadi impresi singkat bersama Honda CUV e:. sebenarnya motor listrik ini jelas lebih digdaya ketimbang EM1 e: ataupun ICON e:.

    Model ini dipasarkan dengan harga Rp 35,45 juta + 2 unit baterai MPP e: (total harga Rp 54,45 juta termasuk dua unit baterai MPP e:) untuk tipe terbawah.

    Sedangkan untuk HondaCUV e: RoadSync Duo dipasarkan dengan harga Rp 39,65 juta + 2 unit baterai MPP e: (total harga Rp 59,65 juta termasuk dua unit baterai MPP e:) untuk on the road DKI Jakarta.

    (riar/din)