Topik: Listrik

  • Volkswagen Batal PHK dan Potong Gaji Buruh Usai Negosiasi 70 Jam

    Volkswagen Batal PHK dan Potong Gaji Buruh Usai Negosiasi 70 Jam

    Jakarta, CNN Indonesia

    Volkswagen menyetujui tuntutan serikat pekerja untuk membatalkan wacana pemutusan hubungan kerja (PHK) sebanyak 35 ribu karyawan.

    Tak hanya itu, mereka juga setuju tidak melakukan pemangkasan upah.

    Keputusan ini telah menemui titik terang setelah perusahaan bernegosiasi dengan buruh selama 70 jam. Ini merupakan negosiasi terpanjang dalam sejarah 87 tahun perusahaan.

    Hasil dari negosiasi tersebut, perusahaan tidak akan menutup pabrik dan melakukan PHK dalam waktu dekat. Selain itu, pihak VW juga bakal mundur dari tuntutan pemotongan upah sebesar 10 persen.

    Kesepakatan untuk menghindari aksi mogok kerja yang merugikan ini juga dapat memberikan kelegaan bagi para investor setelah berbulan-bulan bernegosiasi.

    Keputusan membuat saham perusahaan naik 2,4 persen dalam transaksi yang diperpanjang setelah kesepakatan tersebut. Sebelumnya, saham Volkswagen telah anjlok sebesar 23 persen pada tahun ini.

    Sebelumnya, Volkswagen telah melakukan pembicaraan dengan perwakilan serikat pekerja sejak September mengenai langkah-langkah yang diklaim diperlukan untuk bersaing dengan China dan menangani permintaan yang lesu di Eropa serta adopsi kendaraan listrik yang lebih lambat dari perkiraan.

    Selain itu, sekitar 100 ribu buruh pabriknya telah melakukan dua aksi mogok kerja terpisah dalam sebulan terakhir, aksi terbesar dalam sejarah Volkswagen, untuk memprotes rencana pemangkasan biaya.

    “Dengan paket langkah-langkah yang telah disepakati, perusahaan telah menetapkan arah yang menentukan bagi masa depan perusahaan dalam hal biaya, kapasitas, dan struktur,” kata CEO Volkswagen Group Oliver Blume dalam sebuah pernyataan, melansir Reuters.

    “Kami sekarang kembali ke posisi untuk berhasil membentuk nasib kami sendiri,” imbuhnya.

    VW mengatakan bahwa kesepakatan tersebut akan menghemat sebesar 15 miliar euro atau setara Rp252,88 triliun (asumsi kurs Rp16.859 per euro) per tahun dalam jangka menengah dan tidak melihat adanya dampak yang signifikan terhadap rencana pada 2024.

    Pihak VW mengatakan sedang mencari opsi alternatif untuk pabrik Dresden dan menggunakan kembali situs Osnabrueck. Beberapa produksi kemudian akan dialihkan ke Meksiko.

    IG Metall, serikat pekerja logam yang dominan di Jerman, mengatakan kenaikan upah sebesar 5 persen yang disepakati pada November silam akan dibatalkan dan produksi kendaraan akan ditutup di pabrik Dresden pada akhir 2025.

    “Tidak ada lokasi yang akan ditutup, tidak ada yang akan di-PHK karena alasan operasional dan kesepakatan upah perusahaan kami akan dijamin untuk jangka panjang,” kata kepala dewan pekerja Daniela Cavallo.

    “Dengan tiga kesepakatan ini, kami telah mencapai solusi yang sangat kuat dalam kondisi ekonomi yang paling sulit,” katanya.

    (del/agt)

  • Toyota Siagakan Posko dan Mobil Servis Hilux Rangga Saat Mudik Nataru

    Toyota Siagakan Posko dan Mobil Servis Hilux Rangga Saat Mudik Nataru

    Jakarta, CNN Indonesia

    PT Toyota-Astra Motor (TAM) membuka layanan program Toyota Posko Siaga selama liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024. Mobil komersial Rangga dikerahkan untuk menunjang layanan berjalan.

    Marketing Director TAM Anton Jimmi Suwandy menjelaskan setidaknya total ada lima titik pelayanan servis dan 300 Toyota Bengkel Siaga tetap beroperasi normal di hari libur Natal hingga Tahun Baru 2025.

    “Layanan Siaga Toyota ini akan beroperasi pada tanggal 21 Desember 2024 – 1 Januari 2025,” kata Anton dalam keterangan resminya, Jumat (20/12).

    Toyota juga memberikan kemudahan servis berkala dengan menghadirkan program T-CARE dalam bentuk bebas biaya jasa dan suku cadang (free parts) sampai dengan servis berkala ke-7 (maksimal 3 tahun/60.000 kilometer) beserta keuntungan perpanjangan Toyota Warranty (Extended Warranty) 1 tahun/20.000 kilometer.

    Namun bebas biaya jasa servis ini dengan catatan pelanggan rutin servis berkala setiap 6 bulan sekali di bengkel resmi Toyota.

    Khusus pemilik LCGC disediakan opsi dua program, yakni T-CARE Lite dan T-CARE Lite+.

    T-CARE Lite merupakan program bebas biaya jasa (free labor) sampai dengan servis berkala ke-7 (maksimal 3 tahun/60.000 km).

    Sementara T-CARE Lite+ merupakan paket hemat tambahan suku cadang dari servis berkala ke-2 sampai ke-7 (maksimal 3 tahun/60.000 kilometer) khusus untuk LCGC.

    Tidak hanya layanan servis rutin, di momen liburan Natal dan Tahun Baru Toyota menyediakan Toyota Posko Siaga beroperasi selama 24 jam di 5 lokasi strategis dan mudah dijangkau.

    Tim teknisi diklaim Toyota siap memberikan layanan servis berkala mobil dan perbaikan ringan yang masih dapat dilakukan di posko.

    “Toyota menjaga mobilitas pelanggan di masa libur Natal dan Tahun Baru 2025 pada tanggal 21 Desember 2024 – 1 Januari 2025 dengan menghadirkan 5 Toyota Posko Siaga yang bersiap selama 24 jam dan 300 Toyota Bengkel Siaga yang tetap buka di hari libur Natal dan Tahun Baru,” kata Anton.

    Pemilik mobil Toyota dapat melakukan general check-up kendaraan secara gratis di Toyota Posko Siaga yang beroperasi selama 24 jam.

    Pemeriksaan yang dilakukan meliputi Tire, Wiper Water Level, Brake System, Oil Condition, Accu, Exterior-interior Lamp dan Undercarriage dengan biaya jasa dan genuine spare part sama dengan bengkel resmi Toyota, pengunjung yang melakukan servis Toyota Posko Siaga akan memperoleh keuntungan tambahan yakni diskon biaya jasa 25 persen dan gratis TMO Glass Cleaner selama persediaan masih ada.

    Selain itu, pemilik mobil Toyota yang telah melakukan servis berkala atau perbaikan ringan, diberikan kesempatan untuk mendapatkan e-wallet dengan melakukan aktivasi aplikasi m-TOYOTA dan scan QR code.

    Sebagai salah satu tol tersibuk di Indonesia, Toyota menyediakan Toyota Posko Siaga di Cikampek, tepatnya rest area KM 57A yang siap beroperasi melayani pelanggan pada 20 Desember 2024-1 Januari 2025, sementara posko lainnya pada 21 Desember 2024-1 Januari 2025.

    Toyota menyediakan lima titik layanan servis, 300 bengkel Toyota Siaga dan mengubah pikap Hilux Rangga menjadi mobil servis keliling. (Toyota Astra Motor)

    Pikap Rangga dikonversi jadi mobile service

    Toyota juga mengerahkan All New Hilux Rangga yang dikonversi sebagai Toyota Mobile Service (TMS). Layanan ini bisa dimanfaatkan penggguna Toyota untuk servis berkala dan perbaikan ringan.

    Layanan TMS ini dapat diakses customer dengan melakukan booking dan pemesanan terlebih dahulu ke dealer terdekat.

    Selain memberikan layanan untuk servis ringan, Toyota lewat Hilux Rangga ini juga dirombak sebagai Toyota EV Mobile Charging (TEMC) atau pengisian mobil listrik berjalan.

    Pengecasan di Hilux Rangga ini mengandalkan ultra fast charging yang diklaim aman ketika harus dibawa keliling setiap hari.

    Mobil niaga serbaguna dengan mobilitas tinggi ini memberikan layanan isi daya baterai EV milik BEV Toyota dalam situasi darurat.

    Namun layanan ini baru bisa meng-cover wilayah Jabodetabek. Bagi pelanggan yang membutuhkannya dapat menghubungi Customer Center di 1-500-315 atau WhatsApp TARRA di 0811-1500-315.

    Daftar Lokasi Toyota Posko Siaga 24 Jam Nataru

    Kampar
    Jl Raya Sumbar, Tj. Alai, Kec. XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau (Mesjid Emirat), 08117686966

    Ungaran
    Rest Area Ungaran KM 429 A, Susukan, Kec, Ungaran Timur, Kab. Semarang, Jawa Tengah 50516, 088226911011

    Serang
    Rest Area KM 68, Toll Merak, Banjaragung, Kec. Cipocok Jaya, Kota Serang, 087782652000

    Cikampek
    KM 57+500 Jl. Tol Jakarta – Cikampek, Karawang Wetan, Kec. Karawang Timur, Karawang, Jawa Barat 41371, 081320001457

    Probolinggo
    SPBU 54 683 10 / Restaurant Utama Raya Jl. Raya Banyuglugur – Situbondo (3 KM arah timur PLTU Paiton), 081252130765

    (can/fea)

    [Gambas:Video CNN]

  • Kebakaran di Ruang Radiologi RSUD Beriman Balikpapan, Ratusan Pasien Dievakuasi

    Kebakaran di Ruang Radiologi RSUD Beriman Balikpapan, Ratusan Pasien Dievakuasi

    Balikpapan, Beritasatu.com – Kebakaran melanda ruang radiologi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Beriman Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, pada Sabtu (21/12/2024).

    Diduga akibat korsleting listrik, kebakaran tersebut menyebabkan kepulan asap pekat yang memicu kepanikan ratusan pasien hingga harus dievakuasi ke halaman dan area parkir rumah sakit.

    Salah satu keluarga pasien bernama Budi mengungkapkan, asap mulai terlihat sekitar pukul 05.00 Wita. Ratusan pasien rawat inap dari lantai satu hingga lantai tiga terpaksa dievakuasi karena asap memasuki ruang perawatan.

    “Habis subuh tadi, saya datang untuk menjenguk istri yang dirawat di sini. Tiba-tiba asap mengepul dari ruang depan,” ujar Budi kepada Beritasatu.com.

    Bersama beberapa orang, Budi membantu proses evakuasi pasien ke area yang lebih aman.

    “Asap sampai lantai tiga, jadi kami bantu evakuasi pasien ke bawah karena asap sudah masuk ke ruang perawatan,” katanya.

    Kobaran api akhirnya berhasil dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran, dan kondisi rumah sakit kini berangsur normal. Namun, penyebab pasti kebakaran RSUD Beriman Kota Balikpapan masih dalam penyelidikan pihak kepolisian.

  • Bos Mitsubishi Buka Suara Soal Rumor Merger Honda-Nissan

    Bos Mitsubishi Buka Suara Soal Rumor Merger Honda-Nissan

    Jakarta

    Bos Mitsubishi buka suara soal kabar merger antara Nissan dan Honda. Representative Executive Officer, President, and CEO Mitsubishi Motor Corporation Takao Kato selaku prinsipal dari Jepang belum bisa memberikan informasi lebih lanjut.

    “Soal merger Nissan-Honda. Banyak orang bertanya, tapi ini masih rahasia,” kata Takao Kato di Cikarang, Jawa Barat, Jumat (20/12/2024).

    Nissan dan Honda dikabarkan ingin melakukan merger guna menghadapi ketatnya persaingan di industri mobil listrik.

    Honda dan Nissan disebut-sebut telah membicarakan soal potensi merger. Langkah itu ditempuh di tengah ketatnya persaingan mobil listrik, terutama di China

    “Tapi sejauh ini belum ada keputusan. Berita ini merupakan prediksi dari apa yang sedang terjadi,” kata dia lagi.

    “Belum ada keputusan dari Mitsubishi Motors maupun perusahaan lain,” jelas Takao.

    “Kami sedang mempelajari lebih lanjut step yang lebih baik untuk melakukan kolaborasi bersama brand lain,” sambung dia.

    Melansir CNN, meski kedua perusahaan tersebut telah melakukan pembicaraan, tetapi mereka tidak memberikan rincian terkait kapan rencana merger tersebut terjadi.

    “Seperti yang diumumkan pada bulan Maret, Honda dan Nissan sedang menjajaki berbagai kemungkinan untuk kolaborasi di masa mendatang, memanfaatkan kekuatan masing-masing,” tulis pernyataan Nissan dan Honda.

    Honda dan Nissan juga mengonfirmasi kepada CNN bahwa Mitsubishi adalah bagian dari pembicaraan awal ini, yang akan melibatkan produsen mobil besar ketiga Jepang yang potensial.

    Pada bulan Maret, Honda dan Nissan mengumumkan bahwa mereka akan bermitra untuk kendaraan listrik dan pada bulan Agustus mengatakan mereka akan berkolaborasi dalam teknologi baterai.

    Saat ini sejumlah produsen memang tengah menghadapi ketatnya persaingan dari industri otomotif yang beralih dari mesin bensin dan diesel ke kendaraan listrik. Produksi kendaraan listrik di China juga mengalami peningkatan yang pesat. Honda dan Nissan tak menampik kabar tentang potensi merger antar dua perusahaan. Namun disebut diskusi tersebut masih tahap awal dan belum tentu ada kesepakatan yang tercapai.

    Hal ini lantaran konsumen Tiongkok telah berbondong-bondong ke merek asing tetapi sebagian besar telah beralih ke merek domestik, yang memiliki nilai yang lebih baik di negara tersebut.

    Pemerintah Tiongkok juga telah memberikan insentif untuk membantu mempercepat adopsi kendaraan listrik dan hibrida plug-in oleh pelanggan. Meskipun kedua perusahaan menawarkan EV dan plug-in – Nissan, khususnya, adalah pelopor dalam teknologi EV – merek Tiongkok seperti BYD telah melampaui teknologi mereka dan harganya lebih murah.

    Nissan mengatakan bahwa pendapatan operasionalnya antara Maret dan September turun 90% dari periode yang sama tahun sebelumnya.

    Sementara itu, Honda, yang kira-kira lima kali lebih besar dari Nissan, juga menghadapi tantangan. Perusahaan mengumumkan rencana untuk hanya menjual kendaraan tanpa emisi di pasar-pasar utama pada tahun 2040. Namun, transisi berjalan lambat, karena harga gas yang relatif rendah, infrastruktur pengisian daya yang tidak memadai, dan meningkatnya persaingan telah menurunkan permintaan EV di Amerika Serikat dan Eropa.

    Honda sejauh ini merupakan yang terbesar dari tiga produsen Jepang tersebut. Perjanjian baru ini belum diungkapkan secara gamblang,

    Diketahui aliansi Honda-Nissan-Mitsubishi sudah tercium pada 1 Agustus, kala itu rinciannya masih belum jelas. Namun Honda dan Nissan secara terpisah sudah menandatangani kesepakatan untuk mengerjakan baterai, motor listrik, dan kendaraan yang ditentukan software-defined vehicles (SDV). Selain itu, Nissan dan Honda akan saling melengkapi jajaran mobil internal combustion engine (ICE) dan mobil listrik.

    (riar/dry)

  • Menilik Progres Rusun ASN di IKN, Punya 3 Kamar dan Full Furnised!

    Menilik Progres Rusun ASN di IKN, Punya 3 Kamar dan Full Furnised!

    Bisnis.com, JAKARTA – Aparatur Sipil Negara atau ASN yang bakal di pindah atau ditugaskan ke Ibu Kota Nusantara (IKN) dipastikan bakal diberikan hunian dengan fasilitas lengkap.

    Total ada 47 tower yang telah disiapkan untuk ASN, Polri-TNI hingga Paspampres. Dari puluhan tower tersebut terbagi dalam sejumlah area.

    Misalnya, area satu. Di area ini ada tiga dari sembilan tower yang sudah siap digunakan. Bisnis.com mendapatkan kesempatan untuk meninjau langsung ke salah satu tower ASN di IKN pada Jumat (20/12/2024).

    Berdasarkan pantauan di lokasi, rusun ASN itu memiliki luas ruangan sebesar 98 m2. Nantinya, ASN bakal memiliki tiga kamar tidur yang sudah dilengkapi kasur dan lemari.

    Kemudian, satu ruangan besar yang memiliki spot dapur, ruang tamu, ruang kerja dan meja makan. Selain itu, hunian ASN itu juga memiliki satu ruang untuk menyimpan perlengkapan.

    Lebih lanjut, seluruh hunian bagi petugas negara ini juga sudah dilengkapi dengan televisi, lemari pendingin atau kulkas hingga mesin cuci.

    Selain fasilitas itu, rusun ASN juga sudah dilengkapi dengan teknologi canggih smart home untuk memberikan efisiensi dalam penggunaan alat elektronik.

    Tak hanya itu, setiap hunian juga sudah disematkan teknologi keamanan canggih melalui smart lock. Bahkan, air yang mengalir dari keran hunian tersebut dapat langsung diminum.

    Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN, Agung Wicaksono menyatakan bahwa semua fasilitas itu bisa digunakan ASN secara cuma-cuma atau gratis. Namun demikian, ASN bakal dipungut biaya terkait air dan listrik.

    “Ini rumah susun yang bersifatnya rumah dinas, tentu untuk ASN yang bekerja disini tidak akan dipungut biaya, dan hanya membayar utilitas listrik dan air. Ini memang bukan untuk dimiliki,” ujar Agung di Rusun IKN.

    Rencananya, kata Agung, pada tahap awal sebanyak 16.000 ASN bakal dipindahkan ke rusun IKN pasca Hari Raya Idul Fitri 1446 H.

    “Saat ini ada analisa bahwa pertama paling baik dilakukan pemindahan itu nanti setelah Idulfitri (2025),” tuturnya.

    Di lain sisi, area ASN ini juga sudah memiliki minimarket, kantor Pos Indonesia, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), sarana berolahraga hingga ruang terbuka hijau.

  • Gokil! China Punya Pulau Sains untuk Riset dan Inovasi Dunia

    Gokil! China Punya Pulau Sains untuk Riset dan Inovasi Dunia

    Jakarta

    China telah meningkatkan upaya untuk mempercepat penelitian dan inovasi ilmiah akhir-akhir ini. Dibantu dengan fasilitas penelitian mutakhir, sekelompok besar peneliti muda dan berpengalaman yang terampil, serta dukungan kelembagaan yang kuat, China kini setara dengan beberapa negara maju terkemuka dalam inovasi sains dan teknologi.

    Hal ini disampaikan seorang ilmuwan China terkemuka. Dikelilingi oleh waduk besar dan vegetasi yang rimbun, sebuah pulau kecil di Hefei, ibu kota Provinsi Anhui di China Timur, merupakan lambang penelitian mutakhir dan inovasi teknologi baru yang mendukung berbagai terobosan China yang tiada henti.

    Pulau kecil tersebut, yang juga dikenal sebagai Pulau Sains, merupakan rumah bagi Steady High Magnetic Field Facility (SHMFF) di High Magnetic Field Laboratory, Hefei Institute of Physical Science, sebuah lembaga penelitian di bawah Chinese Academy of Sciences.

    Dikutip dari Global Times, pusat penelitian di Pulau Sains itu, ilmuwan China berhasil menghasilkan medan magnet stabil sebesar 452.200 gauss, atau 45,22 tesla, melampaui rekor dunia sebelumnya yang dibuat oleh Amerika Serikat (AS) yakni 450.000 gauss hampir 23 tahun lalu. Secara umum, medan magnet yang lebih tinggi meningkatkan potensi penemuan baru.

    Keberhasilan ini menandai tonggak penting dalam kemajuan teknologi magnetik baik di China maupun secara global. Pencapaian ini menandai terciptanya medan magnet stabil tertinggi, yang lebih dari 900.000 kali lebih kuat daripada Bumi, dengan memanfaatkan pendekatan magnet hibrida.

    SHMFF merupakan dukungan kuat untuk eksplorasi ilmiah terdepan, termasuk fisika, ilmu material, kimia, dan ilmu hayati. Pencapaian penting tersebut, yang diumumkan pada Agustus 2022, dibuat oleh para insinyur dan ilmuwan berbakat di salah satu laboratorium magnet terkemuka di dunia.

    “Terobosan ini menunjukkan kemampuan China untuk memberikan dukungan kuat bagi eksplorasi ilmiah dunia fisik dengan menghasilkan medan magnet stabil yang kuat,” kata Kuang Guangli, direktur laboratorium tersebut.

    Saat ini, terdapat lima laboratorium utama yang didedikasikan untuk medan magnet tinggi yang stabil yang berlokasi di AS, Prancis, Belanda, Jepang, dan China.

    “Fasilitas ilmiah utama ini menciptakan kondisi eksperimen ekstrem yang penting untuk studi ilmu fisika dan berkontribusi secara signifikan terhadap penemuan ilmiah utama,” kata Kuang.

    SHMFF mulai beroperasi pada 2017 dan telah mengoperasikan lebih dari 600.000 jam mesin saat ini, menyediakan lebih dari 200 lembaga ilmiah dan pendidikan di dalam dan luar negeri dengan kondisi eksperimen untuk penelitian mutakhir dalam berbagai disiplin ilmu, termasuk fisika, kimia, dan material baru.

    Fasilitas Level Internasional

    “Fasilitas kami telah mencapai level tertinggi di dunia,” kata Kuang, seraya menambahkan bahwa China telah mengejar atau bahkan melampaui beberapa negara maju dalam hal fasilitas penelitian berkat masukan tingkat tinggi yang berkelanjutan selama dekade terakhir.

    Menjelaskan keberhasilan mereka, Kuang mengatakan bahwa komunitas ilmiah China berada di puncak terobosan yang signifikan, dengan lingkungan penelitian yang cepat mencapai standar internasional. Prestasi ilmiah China siap memberikan dampak yang signifikan di dunia.

    “Munculnya prestasi penelitian ilmiah China yang eksplosif bukanlah hal yang mengejutkan,” kata Kuang.

    Hefei kini telah menjadi contoh kecil dari kemajuan ilmiah China. Setelah bertahun-tahun berinvestasi, level penelitian China telah mencapai level yang maju secara internasional. Dalam hal peralatan dan lingkungan ilmiah, tidak banyak perbedaan dibandingkan dengan yang ada di Eropa dan AS, kata Kuang.

    Menurutnya, fasilitas ilmiah berskala besar sangat penting untuk mencapai hasil yang inovatif dan mempertahankan keunggulan kompetitif dalam sains dan teknologi.

    “Tanpa fasilitas ilmiah yang besar, penelitian ilmiah hanya akan menjadi ide di atas kertas,” ujarnya.

    Kuang yakin bahwa menghasilkan medan magnet kondisi stabil yang semakin kuat akan memajukan pemahaman ilmiah tentang sifat listrik dan magnetik material, yang memungkinkan para ilmuwan membuat penemuan baru dalam fisika.

    China telah membuat pencapaian penting dalam pembangunan fasilitas ilmiah berskala besar setelah puluhan tahun pembangunan.

    “Jika semua proyek yang ditandai dalam Rencana Lima Tahun ke-14 (2021-2025) selesai, China akan memiliki sekitar 70 fasilitas penelitian ilmiah besar, jumlah yang sebanding dengan AS,” kata Wang Yifang yang menjabat sebagai direktur di Institute of High Energy Physics of Chinese Academy of Sciences.

    Kuang membandingkan fasilitas ilmiah besar dengan pendorong penelitian, dengan mencatat bahwa fasilitas tersebut menyediakan material dan fondasi teknologi yang diperlukan untuk penelitian ilmiah, mempercepat proses inovasi teknologi baru, dan hasil penelitian juga dapat diubah menjadi aplikasi praktis, dan mempromosikan pengembangan industri berteknologi tinggi.

    Di tengah persaingan internasional yang ketat, Kuang mengatakan bahwa China menjadi semakin tangguh dan termotivasi dalam mengatasi tantangan utama dalam sains dan teknologi, seraya menambahkan bahwa fokus China pada penelitian perintis dan semangat kerja keras rakyat Tiongkok akan membantu mendorong pengembangan teknologi.

    Untuk meningkatkan kekuatan dalam sains dan teknologi strategis, China akan menyempurnakan sistem laboratorium nasional dan mendefinisikan dengan lebih baik peran serta tata letak lembaga penelitian nasional, universitas berorientasi penelitian, dan perusahaan teknologi tinggi terkemuka.

    Hal ini tertuang dalam resolusi yang diadopsi oleh sidang pleno ketiga Komite Sentral Partai Komunis China ke-20 tentang pendalaman reformasi lebih lanjut secara komprehensif guna memajukan modernisasi China.

    (rns/fay)

  • Indonesia Siap Jadi Pemain Global Hilirisasi Tembaga

    Indonesia Siap Jadi Pemain Global Hilirisasi Tembaga

    Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia berada pada posisi strategis dalam tren transisi energi global dengan mengembangkan industri hilirisasi tembaga. Langkah ini dinilai mampu mendukung teknologi rendah karbon sekaligus meningkatkan nilai tambah ekonomi nasional.

    Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) mencatat bahwa ekosistem hilirisasi tembaga di Indonesia telah berkembang secara signifikan dan memiliki potensi strategis besar untuk menjawab kebutuhan pasar global.

    Direktur Eksekutif INDEF, Esther Sri Astuti menyebut Indonesia menempati posisi ke-10 dengan kepemilikan sekitar 3% dari total cadangan tembaga dunia, setara dengan 24.000 ton.

    ”Sejajar dengan China dan berada di atas negara-negara seperti Kazakhstan, Zambia, dan Canada. Sisa cadangan global sebesar 22% tersebar di berbagai negara lainnya. Meskipun bukan merupakan pemilik cadangan tembaga terbesar, posisi Indonesia cukup strategis dalam industri tembaga global. Besarnya cadangan yang dimiliki memberikan fondasi kuat bagi Indonesia untuk mengembangkan industri tembaga yang terintegrasi dan berkelanjutan. Posisi Indonesia sebagai pemilik cadangan tembaga terbesar ke-10 di dunia menunjukkan potensi signifikan dalam industri tembaga global,” kata Esther.

    Seiring dengan meningkatnya adopsi teknologi rendah karbon, kebutuhan global terhadap tembaga terus meningkat. Industri kendaraan listrik menjadi salah satu pendorong utama permintaan, mengingat teknologi ini membutuhkan logam tembaga dalam jumlah signifikan.

    Selain itu, pengembangan energi terbarukan seperti panel surya dan turbin angin, serta digitalisasi infrastruktur, memperkuat peran tembaga sebagai bahan strategis.

    ”Tren ini memberikan peluang besar bagi Indonesia untuk memperkuat sektor hilir tembaga melalui peningkatan nilai tambah. Dari pengolahan bijih tembaga menjadi konsentrat hingga produksi kabel listrik dan komponen kendaraan listrik, setiap tahapan memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional,” kata Esther menjelaskan.

    Esther menekankan bahwa Indonesia memiliki kepastian pasar untuk investasi jangka panjang dalam hilirisasi tembaga. Pengembangan produk seperti komponen kendaraan listrik, sistem penyimpanan energi, dan infrastruktur energi pintar dinilai strategis untuk memperkuat daya saing nasional.

    Keberhasilan ini didukung oleh kebijakan pemerintah yang menciptakan ekosistem industri terintegrasi. Implementasi UU Minerba menjadi salah satu pendorong utama terbentuknya rantai pasok yang kuat antara sektor hulu dan hilir.

    “Kebijakan yang mendukung keberlanjutan dan inovasi teknologi menjadi kunci transformasi industri tembaga di Indonesia. Transformasi sektor tembaga melalui hilirisasi diproyeksikan memberikan dampak signifikan, baik dalam peningkatan nilai ekspor maupun penciptaan lapangan kerja. INDEF mencatat bahwa sektor ini dapat menghasilkan ratusan ribu lapangan kerja baru dan memberikan kontribusi signifikan terhadap GDP nasional,” ujar Esther.

    Selain itu, dengan meningkatnya kebutuhan global terhadap produk teknologi rendah karbon, Indonesia memiliki peluang untuk menjadi pemain utama dalam rantai pasok global.

    Langkah ini tidak hanya memperkuat perekonomian domestik tetapi juga memposisikan Indonesia sebagai pemimpin regional di sektor teknologi hijau.

    Sebagai contoh PT Freeport Indonesia (PTFI) telah menyelesaikan pembangunan smelter tembaga di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur dengan kapasitas input 1,7 juta ton konsentrat tembaga per tahun.

    Smelter ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 23 September 2024, menandai langkah signifikan dalam hilirisasi industri tembaga di Indonesia. Smelter ini merupakan fasilitas pemurnian tembaga dengan desain jalur tunggal terbesar di dunia yang dapat menghasilkan sekitar 600.000 hingga 700.000 ton katoda tembaga per tahun.

    Selain itu, Indonesia memiliki smelter tembaga dan fasilitas pemurnian logam mulia di Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) di Bawah naungan PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMAN).

    Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia juga turut memuji smelter tersebut karena menciptakan lapangan pekerjaan dan menaikkan pendapatan negara.

    “Lapangan kerjanya pun udah paten. Pendapatan negara udah mulai naik. Harapan kita besok pengusaha nasional yang sudah dikasih izin tambang, kalau tidak bangun smelter, saya akan tinjau aja, harus dipaksa bangun smelter,” kata Bahlil.

  • Hilirisasi Tembaga Dorong Pertumbuhan Strategis di Indonesia

    Hilirisasi Tembaga Dorong Pertumbuhan Strategis di Indonesia

    Bisnis.com, JAKARTA – Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) melalui kajian terbarunya mengungkapkan perkembangan positif dalam pembentukan ekosistem hilirisasi tembaga di Indonesia. Temuan ini disampaikan oleh Direktur Eksekutif INDEF, Esther Sri Astuti, dalam paparan hasil kajian di Jakarta hari ini.

    “Indonesia memiliki posisi strategis dalam peta tembaga global dengan kepemilikan sekitar 3% dari cadangan tembaga dunia. Posisi ini menempatkan Indonesia sebagai negara dengan cadangan tembaga terbesar ke-10 di dunia dan produsen tembaga terbesar di Asia Tenggara,” ungkap Esther.

    Menurut kajian INDEF, momentum ini diperkuat dengan tren global menuju transisi hijau yang membuka peluang besar bagi Indonesia. Konsumsi tembaga global diprediksi akan terus meningkat hingga tahun 2035 dengan pertumbuhan rata-rata 14% sejak 2016, terutama didorong oleh perkembangan industri kendaraan listrik dan teknologi ramah lingkungan.

    “Hilirisasi tembaga memiliki nilai strategis yang signifikan. Peningkatan nilai tambah dari hulu ke hilir sangat substansial, mulai dari pengolahan bijih tembaga menjadi konsentrat yang meningkat 2 kali lipat, hingga produk akhir berupa kabel listrik yang bisa mencapai 71 kali lipat nilai tambah,” jelas Esther.

    Dari sisi ekonomi, pengembangan industri hilir tembaga memiliki potensi dampak yang besar, mulai dari nilai ekspor yang mencapai 282 juta USD, penciptaan lapangan kerja (253.583 lapangan kerja) dengan kontribusi terhadap GDP sebesar 34,9 juta USD.

    Direktur Jenderal Mineral dan Batubara (Minerba) Kementerian ESDM, Ridwan Djamaluddin, menekankan bahwa hilirisasi tembaga wajib memberikan manfaat kepada negara. Menurutnya hal itu merupakan amanat Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara.

    “Kita ingin proses nilai tambah yang panjang itu sebanyak mungkin memberi dampak bagi negara, untuk meningkatkan pendapatan negara, membuka lapangan kerja, dan membangun kemandirian (energi),” katanya.

    Selain itu INDEF mencatat bahwa pembentukan ekosistem menjadi aspek krusial dalam pengembangan hilirisasi industri tembaga.

    “Tanpa adanya ekosistem yang terintegrasi, sulit untuk mendorong hilirisasi karena membutuhkan keterkaitan antar sektor yang kuat,” kata Esther.

    Kajian INDEF menunjukkan bahwa ekosistem hilirisasi tembaga di Indonesia mulai terbentuk dengan baik, terutama setelah implementasi UU Minerba. Hal ini terlihat dari terbentuknya rantai nilai yang melibatkan berbagai aktor utama, dari produsen hulu hingga pemain hilir, termasuk industri kabel listrik.

    “Peran negara melalui kebijakan yang tepat terbukti krusial dalam membentuk ekosistem hilirisasi. Ini membuktikan pentingnya state-led development dalam transformasi industri. Kebijakan pemerintah telah berkembang dari penetapan dasar hukum hingga penguatan ekosistem industri yang terintegrasi, dengan fokus pada keberlanjutan dan inovasi teknologi,” kata Esther menjelaskan.

    Seperti diketahui, salah satu Langkah strategis yang dilakukan pemerintah melalui PT Freeport Indonesia (PTFI) adalah dengan membangun smelter baru di Gresik, Jawa Timur.

    Smelter ini, yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 23 September 2024, merupakan fasilitas pemurnian tembaga dengan desain single-line terbesar di dunia, mampu mengolah 1,7 juta ton konsentrat tembaga per tahun menjadi sekitar 600.000 ton katoda tembaga.

    Investasi sebesar Rp58 triliun dalam pembangunan smelter ini tidak hanya meningkatkan kapasitas pengolahan tembaga nasional tetapi juga membuka peluang bagi tumbuhnya industrialisasi di Indonesia, khususnya di area Gresik, Jawa Timur. Beroperasinya smelter ini diperkirakan akan menyerap sekitar 2.000 tenaga kerja, terdiri dari 1.200 pekerja kontraktor dan 800 karyawan PTFI.

  • Cara Dapat Diskon Listrik 50 Persen yang Berlaku Januari-Februari 2025

    Cara Dapat Diskon Listrik 50 Persen yang Berlaku Januari-Februari 2025

    JABAR EKSPRES – Pemerintah memberikan diskon tarif listrik sebesar 50 persen kepada pelanggan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk periode Januari dan Februari 2025.

    Kebijakan ini bertujuan melindungi daya beli masyarakat seiring pemberlakuan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 12% mulai 1 Januari 2025.

    Baca juga : Pelanggan Rumah Tangga Bakal Dapat Diskon Tarif Listrik 50 Persen, Cek Detailnya

    Cara Dapat Diskon Tarif Listrik 50 Persen

    Diskon tarif listrik ini berlaku untuk pelanggan PLN dengan sistem prabayar maupun pascabayar tanpa memerlukan pendaftaran atau pengajuan khusus.

    Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menegaskan bahwa pemberian diskon dilakukan secara otomatis melalui sistem digital PLN.

    1. Pelanggan Pascabayar: Diskon akan diterapkan pada tagihan bulan Februari 2025 untuk pemakaian listrik Januari, serta tagihan Maret untuk pemakaian Februari.

    2. Pelanggan Prabayar: Diskon langsung diterapkan pada pembelian token listrik di bulan Januari dan Februari 2025.

    3. PLN memastikan pelanggan tidak perlu melakukan proses registrasi tambahan untuk mendapatkan keringanan ini.

    Golongan Pelanggan yang Berhak

    Diskon tarif listrik ini diberikan kepada pelanggan dari golongan tertentu, yaitu:

    1. 450 VA: 24,6 juta pelanggan.

    2. 900 VA: 38 juta pelanggan.

    3. 1.300 VA: 14,1 juta pelanggan.

    4. 2.200 VA: 4,6 juta pelanggan.

    Untuk pelanggan dengan daya listrik 3.500–6.600 VA, tarif listrik tetap dikenakan PPN sebesar 12%.

    Baca juga : Kategori Pelanggan PLN Penerima Diskon Tarif Listrik 50 Persen untuk 2 Bulan

    Bagi pelanggan yang membutuhkan informasi lebih lanjut, PLN menyediakan layanan contact center siaga 24 jam melalui WhatsApp di nomor 08777-11-12-123.

    Kebijakan ini diharapkan mampu meringankan beban masyarakat dan menjaga daya beli selama dua bulan pertama 2025, saat PPN yang lebih tinggi mulai diberlakukan.

  • Kata Bos Blue Bird soal Kemunculan Taksi Vietnam di Indonesia

    Kata Bos Blue Bird soal Kemunculan Taksi Vietnam di Indonesia

    Jakarta

    Blue Bird Group buka suara soal kemunculan perusahaan taksi listrik asal Vietnam, Xanh SM di Indonesia. Menurut mereka, kehadiran pemain baru di sektor bisnis yang sama merupakan suatu kewajaran.

    Adrianto Djokosoetono selaku Direktur Utama PT Blue Bird Tbk mengatakan, kemunculan pemain baru seperti Xanh SM asal Vietnam membuktikan pasar sedang sehat. Sehingga, dia menyambutnya dengan baik.

    “Hadirnya pemain baru di pasar merupakan hal yang wajar dan menandakan dinamika industri yang sehat,” ujar sosok yang karib disapa Andre tersebut saat dihubungi detikOto, Sabtu (21/12).

    “Bagi Blue Bird, kompetisi merupakan kesempatan untuk terus berinovasi dan memperkuat posisi kami sebagai pelopor layanan mobilitas Standar Nyaman Indonesia yang relevan bagi masyarakat selama lebih dari 52 tahun ini,” tambahnya.

    Taksi listrik Hyundai Kona Electric milik Blue Bird. Foto: Doc. BlueBird Group.

    Andre menegaskan, dengan pengalaman lebih dari setengah abad, pihaknya lebih memahami kebutuhan pasar dan konsumen di Indonesia. Lebih lagi, kata dia, status Blue Bird yang merupakan perusahaan ‘anak bangsa’.

    “Blue Bird menunjukkan komitmen untuk meningkatkan kebanggaan masyarakat terhadap produk asli Indonesia, karena kami bangga paling Indonesia,” ungkapnya.

    Dia percaya, produk dan layanan lokal mampu menciptakan dampak positif yang lebih besar bagi bangsa. Dia mengklaim, Blue Bird merupakan pionir dalam penerapan kendaraan listrik di Indonesia.

    “Kami memahami bahwa keberlanjutan tidak hanya tentang penggunaan kendaraan listrik, tetapi juga tentang menciptakan ekosistem yang holistik untuk dampak jangka panjang,” kata dia.

    Taksi online asal Vietnam itu mulai mengaspal di Jakarta bulan ini. SUV listrik VinFast VF e34 digunakan sebagai armada taksi tersebut. Foto: Grandyos Zafna

    Diberitakan sebelumnya, PT XanhSM Green dan Smart Mobility Indonesia memperkenalkan layanan Xanh SM sebagai pendatang baru di sektor taksi online. Taksi Xanh SM yang identik dengan warna biru muda tersebut mengaspal di Jakarta mulai bulan ini.

    Operasional Xanh SM secara penuh menggunakan mobil listrik asal Vietnam, VinFast. Dilansir dari laman resminya, Xanh SM merupakan merek pertama yang melayani pemesanan mobil listrik di Negeri Bintang Jingga.

    “Layanan Xanh SM seluruhnya beroperasi menggunakan mobil listrik VinFast. Ini adalah generasi taksi tanpa aroma bensin, kebisingan mesin, baik untuk kesehatan pelanggan dan ramah lingkungan,” tulis Xanh SM dalam keterangannya di laman resmi.

    Perusahaan mengklaim punya tim terlatih dan supir profesional yang sudah mengikuti panduan pelayanan penuh dedikasi. Itulah mengapa, Xanh SM berkomitmen memberikan layanan bintang lima kepada para penumpangnya.

    (sfn/dry)