Topik: kereta cepat Jakarta Bandung

  • KCIC Dukung Rencana Pemerintah Perpanjang Jalur Kereta Cepat hingga Surabaya

    KCIC Dukung Rencana Pemerintah Perpanjang Jalur Kereta Cepat hingga Surabaya

    Jakarta, Beritasatu.com – Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) memastikan akan mendukung rencana pemerintah untuk memperpanjang jalur kereta cepat Jakarta-Bandung hingga mencapai Surabaya. Saat ini, proyek tersebut masih dalam tahap uji kelayakan.

    General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa menjelaskan, pihaknya bersama pemerintah tengah melakukan studi kelayakan terkait rencana pembangunan kereta cepat Jakarta-Surabaya. 

    Menurutnya, hal tersebut penting mengingat PT Kereta Api Indonesia (KAI) juga tengah mengembangkan program kereta jarak jauh langsung tanpa transit dari Jakarta ke Surabaya.

    “Proyek Jakarta-Surabaya masih dalam tahap feasibility study yang dilakukan oleh pemerintah. Tentu saja, banyak hal yang masih perlu didiskusikan. KCIC juga dilibatkan dalam hal ini, tetapi kami akan menunggu kebijakan pemerintah selanjutnya. Yang pasti, kami akan mendukung sepenuhnya,” ujar Eva di Stasiun Halim, Jakarta Timur, pada Jumat (14/2/2025).

    Eva menjelaskan, pemilihan jalur kereta cepat Jakarta-Surabaya juga mempertimbangkan pengembangan program direct train PT KAI. Pemilihan jalur tersebut bisa melalui jalur utara Pulau Jawa, jalur tengah, atau jalur selatan, dan semua itu akan dipertimbangkan dalam studi kelayakan yang sedang dilakukan pemerintah.

    “Semua itu akan tergantung pada studi kelayakan yang dilakukan oleh pemerintah, termasuk pilihan jalur, apakah jalur selatan atau utara,” tambahnya.

    Eva juga memastikan KCIC sudah melakukan transfer pengetahuan terkait pengoperasian dan pemeliharaan kereta cepat. Sebagai hasilnya, beberapa warga negara Indonesia kini sudah mampu mengoperasikan kereta Whoosh dan melakukan perawatan rutin terhadap kereta cepat.

    “Saat ini, kami sudah melakukan transfer pengetahuan sehingga sudah ada masinis Indonesia yang dapat mengendarai kereta dengan kecepatan 350 kilometer per jam. Kami juga telah melibatkan tenaga lokal dalam pemeliharaan sarana dan prasarana serta teknologi kereta cepat,” kata Eva.

    Eva menegaskan, begitu hasil studi kelayakan ini final dan kebijakan pemerintah sudah jelas, informasi lebih lanjut mengenai kereta cepat Jakarta-Surabaya akan segera diumumkan. “Untuk sementara, semuanya masih dalam tahap pembahasan,” tutupnya.

  • Whoosh Sudah Angkut 7,8 Juta Orang Sejak Awal Beroperasi

    Whoosh Sudah Angkut 7,8 Juta Orang Sejak Awal Beroperasi

    Jakarta

    Sejak dioperasikan secara komersial pada 17 Oktober 2023 hingga saat ini, Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) atau Whoosh telah mengangkut sebanyak 7,8 juta penumpang. Puncak tertinggi terjadi pada 27 Januari 2025, di mana Whoosh melayani 24.350 penumpang dalam satu hari.

    General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa, mengatakan, saat ini rata-rata jumlah penumpang harian Whoosh berada di kisaran 16.000 hingga 18.000 orang pada hari kerja. Sedangkan pada akhir pekan, jumlahnya meningkat menjadi 18.000 hingga 21.000 orang.

    “Melihat tren yang terus tumbuh ini, KCIC melakukan penambahan jumlah perjalanan Whoosh guna memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin tinggi terhadap moda transportasi cepat dan efisien,” ujar Eva, dalam keterangan tertulis, Jumat (7/2/2025).

    Penambahan jumlah perjalanan dilakukan mulai 1 Februari 2025, meningkat menjadi 62 perjalanan per hari, dari sebelumnya 48 jadwal perjalanan per hari. Eva menambahkan, kini perjalanan Jakarta-Bandung tersedia setiap 30 menit, sementara Jakarta/Bandung-Karawang tersedia setiap 1 jam sekali.

    Dengan frekuensi keberangkatan yang kini tersedia setiap 30 menit, Whoosh semakin fleksibel dalam melayani penumpang, terutama bagi masyarakat yang rutin menggunakan Whoosh sebagai moda transportasi harian. Whoosh juga menjadi solusi bagi para commuter untuk menghindari kemacetan dan menghemat waktu tempuh antara Jakarta ke Karawang, Bandung, atau sebaliknya.

    “Melihat karakteristik penumpang yang semakin meningkat dan secara rutin menggunakan Whoosh, kami terus berupaya memberikan layanan terbaik,” kata Eva.

    “Dengan penambahan jadwal perjalanan dan frekuensi keberangkatan setiap 30 menit, Whoosh kini telah menjadi layanan kereta komuter super cepat yang siap mengakomodasi kebutuhan masyarakat dengan mobilitas tinggi,” tambahnya.

    (shc/eds)

  • Menhub siapkan rencana operasi semua matra perhubungan hadapi Lebaran

    Menhub siapkan rencana operasi semua matra perhubungan hadapi Lebaran

    Dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan angkutan Lebaran 2025, Kementerian Perhubungan telah menyiapkan rencana operasi di semua matra perhubungan, baik darat, laut, udara, dan perkeretaapian

    Jakarta (ANTARA) – Menteri Perhubungan (Menhub) Dudy Purwaghandi menyatakan bahwa rencana operasi semua matra perhubungan disiapkan untuk menghadapi arus mudik Lebaran 2025, guna memastikan kelancaran transportasi selama periode tersebut.

    “Dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan angkutan Lebaran 2025, Kementerian Perhubungan telah menyiapkan rencana operasi di semua matra perhubungan, baik darat, laut, udara, dan perkeretaapian,” kata Menhub dalam keterangan di Jakarta, Kamis.

    Menhub menyampaikan bahwa langkah itu bertujuan untuk memberikan rasa aman, nyaman, dan lancar kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan saat periode Lebaran.

    “Rencana operasi Kementerian Perhubungan ini untuk mendukung kelancaran lalu lintas selama arus mudik dan balik Lebaran 2025,” ujarnya.

    Menhub menjelaskan, di sektor perhubungan darat, ada beberapa hal yang menjadi fokus perhatian Kemenhub, antara lain kesiapan prasarana jalan dan angkutan umum, manajemen rekayasa lalu lintas, hingga berbagai hal lain terkait aspek keamanan.

    Di sektor perhubungan laut, khususnya untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan di sekitar pelabuhan, Kemenhub akan menerapkan delaying system menuju Pelabuhan Merak, Ciwandan, dan BBJ Bojonegara.

    Di sektor perhubungan udara, telah disusun rencana integrasi aksesibilitas bandar udara serta pengaturan kapasitas slot bandara. Adapun di sektor perkeretaapian, Kemenhub berencana akan melanjutkan direct train rute Jakarta-Semarang dan Jakarta-Yogyakarta, sehingga bisa menambah opsi bagi masyarakat yang akan menggunakan moda kereta api.

    Menhub menyebutkan bahwa hasil evaluasi dan rekomendasi perbaikan dari angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 yang relevan untuk diterapkan pada angkutan Lebaran 2025.

    Beberapa di antaranya terkait implementasi buffer zone yang terbukti efektif mengurai kemacetan pada akses menuju pelabuhan penyeberangan, khususnya Merak dan Bakauheni, optimalisasi underutilized terminal untuk maskapai LCC dalam mendukung penurunan harga tiket pesawat yang berkelanjutan.

    Langkah selanjutnya yaitu pengoperasian Stasiun Karawang untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung dengan tetap mempertimbangkan aspek keselamatan, digitalisasi pembelian tiket secara online untuk semua moda transportasi, serta optimalisasi Terminal 1 dan Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta guna mencegah penumpukan antrean penumpang pesawat di Terminal 3 Soekarno-Hatta.

    Pada saat yang sama, Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meminta Kemenhub untuk memperkuat satgas dan posko mudik Lebaran berkoordinasi dengan pemangku kepentingan terkait.

    Selanjutnya, bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri untuk mengoordinasikan Pemerintah Daerah yang menjadi tujuan utama mudik agar aktif mendukung kelancaran arus lalu lintas selama periode Lebaran.

    Berikutnya, Kementerian Perhubungan perlu menyusun kajian penerapan WFA (work from anywhere) terhadap pengurangan kepadatan di puncak arus mudik, menyederhanakan proses bisnis di Pelabuhan Merak, membangun dermaga baru di Cilegon dan Merak.

    “Serta melakukan aktivasi Pelabuhan Jangkar Situbondo sesuai dengan ketersediaan anggaran,” kata Menko AHY.

    Pewarta: Muhammad Harianto
    Editor: Ahmad Buchori
    Copyright © ANTARA 2025

  • Mudik ke Semarang dan Yogyakarta Bisa Naik Kereta Tanpa Setop

    Mudik ke Semarang dan Yogyakarta Bisa Naik Kereta Tanpa Setop

    Jakarta

    Menteri Perhubungan (Menhub) Dudy Purwagandhi menyampaikan rencana operasi (Renops) Kemenhub untuk mendukung kelancaran lalu lintas selama arus mudik dan balik Lebaran tahun 2025. Renops disiapkan di semua sektor perhubungan, baik darat, laut, udara dan perkeretaapian.

    “Langkah ini bertujuan untuk memberikan rasa aman, nyaman, dan lancar kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan saat periode Lebaran,” ujar Dudy saat rapat koordinasi lintas sektoral terkait persiapan angkutan Lebaran tahun 2025, dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (5/2/2025).

    Dudy menjelaskan, di sektor perkeretaapian, Kemenhub berencana akan melanjutkan direct train rute Jakarta-Semarang dan Jakarta-Yogyakarta, sehingga bisa menambah opsi bagi masyarakat yang akan menggunakan moda kereta api.

    Lalu sektor perhubungan darat, ada beberapa hal yang menjadi fokus perhatian Kemenhub, antara lain kesiapan prasarana jalan dan angkutan umum, manajemen rekayasa lalu lintas, hingga berbagai hal lain terkait aspek keamanan.

    Di sektor perhubungan laut, khususnya untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan di sekitar pelabuhan, Kemenhub akan menerapkan delaying system menuju Pelabuhan Merak, Ciwandan, dan BBJ Bojonegara. Di sektor perhubungan udara, telah disusun rencana integrasi aksesibilitas bandar udara serta pengaturan kapasitas slot bandara.

    Dalam pertemuan ini, Menhub Dudy juga menyampaikan beberapa hasil evaluasi dan rekomendasi perbaikan dari angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru) yang relevan untuk diterapkan pada angkutan Lebaran 2025.

    Beberapa di antaranya terkait implementasi buffer zone yang terbukti efektif mengurai kemacetan pada akses menuju pelabuhan penyeberangan, khususnya Merak dan Bakauheni, optimalisasi underutilized terminal untuk maskapai LCC dalam mendukung penurunan harga tiket pesawat yang berkelanjutan.

    Langkah selanjutnya yaitu pengoperasian Stasiun Karawang untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung dengan tetap mempertimbangkan aspek keselamatan, digitalisasi pembelian tiket secara online untuk semua moda transportasi.

    Serta optimalisasi Terminal 1 dan Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta guna mencegah penumpukan antrean penumpang pesawat di Terminal 3 Soekarno-Hatta. Dudy juga merekomendasikan agar Program Mudik Gratis dilanjutkan pada angkutan Lebaran 2025.

    Dudy menilai program ini perlu dikoordinir agar pelaksanaannya bisa lebih efektif dan efisien. Terkait harga tiket pesawat pada periode Lebaran, Menhub Dudy mengusulkan agar kebijakan penurunan harga tiket pesawat kembali dilakukan seperti halnya saat periode Nataru 2024/2025.

    Kebijakan tersebut dinilai memberikan dampak positif terhadap industri penerbangan nasional, yang mana penerbangan domestik mengalami pertumbuhan 10,3% secara year on year (YoY) dengan rata-rata load factor 80%. Angka ini lebih tinggi dibandingkan periode Nataru 2023/2024 yang berada di angka 5% (YoY).

    “Kementerian Perhubungan telah dan akan terus berkoordinasi dengan stakeholder yang berkaitan dengan angkutan udara untuk membahas rencana penurunan harga tiket pesawat pada masa Lebaran 2025,” ujarnya.

    “Pada prinsipnya, kami memiliki semangat yang sama untuk memberikan harga tiket pesawat yang terjangkau kepada masyarakat. Kita sama-sama berharap semoga kebijakan penurunan harga tiket pesawat dapat kembali diterapkan pada masa angkutan Lebaran tahun ini,” tutup Dudy.

    (acd/acd)

  • Whoosh Operasikan 62 Perjalanan/Hari Mulai Februari, Begini Persiapannya

    Whoosh Operasikan 62 Perjalanan/Hari Mulai Februari, Begini Persiapannya

    Jakarta

    Mulai 1 Februari, operasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) atau Whoosh akan bertambah menjadi 62 perjalanan per hari. Menjelang rencana tersebut, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) akan memperpanjang waktu perawatan kereta.

    General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa, mengatakan KCIC akan menerapkan long window time untuk pemeliharaan prasarana pada waktu tertentu. Pemeliharaan yang semula dilakukan pada pukul 00.00-04.00 WIB, kini diperpanjang menjadi pukul 00.00-07.00 WIB.

    Eva menjelaskan, perpanjangan waktu perawatan ini dilakukan seiring dengan peningkatan jumlah perjalanan kereta cepat Whoosh dari 48 menjadi 62 perjalanan per hari. Tujuannya untuk mengoptimalkan perawatan infrastruktur demi menjaga keandalan prasarana.

    “KCIC telah mempersiapkan berbagai aspek, mulai dari operasi, sarana, hingga prasarana, untuk mendukung pengoperasian 62 jadwal perjalanan per hari. Dengan upaya ini, kami berkomitmen memberikan layanan transportasi cepat yang aman, nyaman, dan andal bagi seluruh penumpang,” ujar Eva dalam keterangan tertulis, Selasa (21/1/2025).

    Lebih lanjut Eva menerangkan, dari sisi operasional, penambahan jadwal perjalanan ini dapat dilakukan dengan aman dan lancar karena sistem pengoperasian sarana dan prasana dalam layanan Whoosh sudah saling terintergasi. Pengoperasian juga dipantau secara terpusat di Operation Control Center Depo Tegalluar.

    Sedangkan dari sisi kesiapan sarana, KCIC menyiapkan 5 rangkaian Whoosh yang dalam kondisi siap operasi untuk mengakomodir 62 perjalanan Whoosh setiap harinya. Terdapat 1 rangkaian yang akan disiagakan untuk mengakomodir kondisi darurat dan siap beroperasi sewaktu-waktu jika dibutuhkan.

    Meski ada penambahan jumlah perjalanan setiap harinya, perawatan sarana tetap akan dilakukan secara maksimal. Eva mengatakan, setiap hari pemeriksaan dilakukan oleh petugas profesional di Depo Tegalluar untuk memastikan bahwa layanan Whoosh tetap dapat berjalan dengan baik dan aman.

    (shc/ara)

  • Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Rugikan Keuangan Negara, Begini Uraiannya

    Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Rugikan Keuangan Negara, Begini Uraiannya

    GELORA.CO – Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang menuai pro dan kontra di kalangan masyarakat beberapa tahun lalu terindikasi merugikan keuangan negara cukup besar.

    Pakar ekonomi Anthony Budiawan mengurai cara Jokowi mengeluarkan kebijakan pembangunan proyek kereta cepat itu secara instan. Padahal, sebelum ada proyek KCJB, sudah lebih dulu ada proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya.

    “Jadi kalau kita lihat dari 2015, proyek kereta cepat Jakarta-Bandung, kebijakan ini langsung dibuatkan perpres pelaksanaan kereta cepat. Ini dasar UU-nya apa?” kata Anthony Budiawan dalam kanal Youtube Bicara DR Ahmad Yani, dikutip Minggu, 12 Januari 2025.

    “Tapi kereta cepat ini ujug-ujug saja, yang kita tahu memang sudah ada trayek yang awalnya Jakarta-Surabaya, kemudian Jokowi naik jadi Jakarta-Bandung,” ucapnya.

    Kemudian, China masuk dan mendapatkan tender untuk menggarap kereta cepat tersebut. Lantas, tender itu dianggap tidak profesional lantaran adanya evaluasi yang bisa merugikan keuangan negara cukup besar. 

    “Kalau kita perhatikan dalam tender itu, ini ada evaluasi yang tidak profesional. Sehingga diduga merugikan keuangan negara. Artinya apa, beberapa faktor yang memenangkan proyek kereta cepat Jakarta,Bandung ini, akhirnya harus dikoreksi,” jelasnya.

    “Artinya pada saat itu tidak benar, tidak benar bisa dilihat juga unsur kesengajaan, untuk memenangkan untuk memberikan proyek itu dari China,” sambung dia.

    Ia mengurai proyek dari China itu tidak memiliki garansi yang dibebankan ke negara, sedangkan dari Jepang mendapatkan garansi dalam proyek tersebut. 

    “Apa yang saya maksud. Ini selisihnya 6 miliar dan  6,2 miliar proyeknya. Yang 6 miliar ini dimenangkan karena pihak China itu tidak mewajibkan, tidak memerkukan yang namanya garansi dari negara dari APBN, Jepang sudah minta ini proyek sekian harus ada garansi dia bilang tidak ada,” bebernya.

    Yang kedua, kata Anthony, 75 persen dari proyek ini, jika biayanya sebesar 6 miliar USD, artinya sekitar 4,5 miliar USD dibiayai oleh pinjaman dari China dengan bunga 2 persen per tahun. Dari Jepang 0,1 persen per tahun.

    “Berarti 20 kali lipat lebih mahal dari Jepang. Ini tidak dimasukkan ke dalam biaya proyek. Saya menghitung kalau ini dimasukkan biaya proyek at least 10 tahun karena 10 tahun itu grass period kita gak bayar cicilan. Ini proyek yang 6 miliar ini sudah melebihi karena apa kalau kita itung2 itu bisa 700-900 juta USD artinya 6,9 vs 6,2,” tutupnya.

  • KPPU Endus Persekongkolan Tender Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Ini Temuannya – Page 3

    KPPU Endus Persekongkolan Tender Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Ini Temuannya – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) tengah menyelidiki dugaan persekongkolan dalam proses tender pengadaan jasa pengiriman rangkaian kereta cepat Jakarta-Bandung.

    Ketua KPPU, Fanshurullah Asa, mengungkapkan bahwa investigasi ini masih dalam tahap penyelidikan, dan semua pihak terkait akan dipanggil untuk memberikan keterangan.

    Proses Penyelidikan dan Bukti Dugaan Persekongkolan

    Fanshurullah menyatakan bahwa KPPU memiliki sistem investigasi yang andal, yang telah digunakan selama lebih dari dua dekade.

    “Kami masih menjalani proses penyelidikan untuk mendapatkan dua alat bukti yang cukup, seperti notulen, pengakuan, saksi, atau dokumen lain yang relevan,” jelasnya, kamis (9/1/2025).

    Tahap penyelidikan ini melibatkan pemanggilan pihak-pihak yang terlibat dalam proyek, termasuk CRRC Sifang, produsen rangkaian kereta cepat. Jika bukti cukup, kasus ini akan berlanjut ke persidangan dengan pembentukan majelis.

    Dugaan Persekongkolan dalam Pengadaan EMU

    KPPU mengendus adanya kejanggalan dalam pengadaan jasa pengiriman Electric Multiple Unit (EMU) untuk proyek kereta cepat Jakarta-Bandung, yang dikenal dengan nama Whoosh.

    Berdasarkan Laporan Dugaan Pelanggaran (LDP), Investigator KPPU menduga terjadi persekongkolan yang melibatkan PT CRRC Sifang Indonesia sebagai Terlapor I dan PT Anugerah Logistik Prestasindo sebagai Terlapor II.

     

  • Komitmen Surveyor Indonesia Kawal Keberlanjutan Pembangunan

    Komitmen Surveyor Indonesia Kawal Keberlanjutan Pembangunan

    Jakarta: PT Surveyor Indonesia memegang peran penting dalam memastikan keandalan dan kualitas berbagai proyek besar di Indonesia melalui layanan pemastian yang mencakup sektor-sektor penting seperti minyak, gas, dan energi baru terbarukan; batu bara dan mineral; infrastruktur dan transportasi; layanan industri; pemerintahan dan kelembagaan; dan layanan keberlanjutan dan lingkungan.
     
    Selain itu, perusahaan juga aktif menjalankan tanggung jawab sosial korporat yang memberikan dampak positif bagi masyarakat. Dengan kinerja yang terus berkembang, Surveyor Indonesia tetap berkomitmen untuk memperkuat perannya dalam mendukung pertumbuhan perekonomian dan kemajuan Indonesia.
     
    Direktur Utama Surveyor Indonesia Sandry Pasambuna menyampaikan peran ‘The Guardian of Assurance’ merupakan langkah retrospektif yang dianggap mampu mewakili upaya yang telah diberikan oleh Insan Surveyor Indonesia terhadap para pemangku kepentingan.
     
    “Peran ini terinspirasi dari upaya yang telah diberikan oleh Insan Surveyor Indonesia terhadap para pemangku kepentingan, mendukung perkembangan industri dan masyarakat menuju masa depan yang berkelanjutan,” ujar Sandry dalam media gathering di Graha Surveyor Indonesia, Jakarta, Senin, 30 Desember 2024.
     
    “Surveyor Indonesia berkomitmen untuk memastikan pemenuhan standar industri nasional dan memberikan kepastian kepada pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat. Sebagai ‘The Guardian of Assurance’, kami menjaga kualitas, keselamatan, dan kepastian di setiap proyek, dengan fokus pada integritas dan akurasi” sambung dia.
     
    Sebagai bagian dari Holding BUMN Jasa Survei, IDSurvey, Surveyor Indonesia memperkuat layanan pemastian di berbagai sektor industri melalui sinergi dengan PT BKI (Persero) dan PT Sucofindo. Sinergi ini memungkinkan IDSurvey memberikan layanan survei, inspeksi, dan verifikasi yang efisien, mendukung kebutuhan nasional, dan memperluas jangkauan internasional.
     
    Peran penting di berbagai sektor
     
    Dalam sektor minyak, gas, dan energi baru terbarukan, Surveyor Indonesia mengambil peran dalam beberapa proyek besar milik Pertamina seperti pemastian kehandalan fasilitas kilang (refinery unit) dan monitoring lingkungan pada proyek Refinery Development Master Plan (RDMP), survei LIDAR di wilayah kerja Pertamina Hulu Sanga-Sanga, Cargo Monitoring, dan Biodiesel.
     
    Sementara itu, dalam sektor mineral, batu bara, serta lingkungan, PT Surveyor Indonesia mengambil peran dalam memastikan kualitas dan kuantitas batu bara di PT Bukit Asam dan PT Kaltim Prima Coal dan konsultan perizinan lingkungan serta rehabilitasi daerah aliran Sungai (DAS) di PLN dan Pertamina.
     
    Surveyor Indonesia juga berperan penting dalam meningkatkan keandalan transportasi umum, termasuk sebagai integrator pada proyek KRL Jabodebek dan dalam program Buy The Service (BTS) untuk 10 kota besar di Indonesia.
     
    Dalam kedua proyek ini, perusahaan memastikan infrastruktur dan manajemen transportasi berjalan aman, efisien, serta sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan pemerintah daerah, mendukung pengembangan transportasi umum yang aman, nyaman, dan terjangkau.
     
    PT Surveyor Indonesia juga berkontribusi pada proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (Whoosh) dengan memastikan fasilitas sosial, umum, dan utilitas berfungsi dengan baik. Keberhasilan proyek-proyek ini memperkuat posisi perusahaan sebagai mitra handal dalam mendukung kemajuan infrastruktur transportasi nasional.
     
    PT Surveyor Indonesia berperan signifikan dalam sektor teknologi dan informasi, termasuk dalam integrasi layanan Satelit Satria-1 dan Palapa Ring, yang mendukung perluasan akses internet dan transformasi digital hingga ke wilayah terjauh dan terdalam di Indonesia. Kepercayaan pemerintah dan sektor swasta pada proyek-proyek ini semakin memperkuat posisi Surveyor Indonesia sebagai mitra andal di bidang teknologi dan informasi.
     

     

    Perkuat komoditas RI di pasar global
     
    PT Surveyor Indonesia mendukung kepatuhan Indonesia terhadap European Union Deforestation-free Regulation (EUDR) yang berlaku mulai 2025, dengan mengembangkan platform ketertelusuran berbasis blockchain untuk memastikan komoditas ekspor seperti kelapa sawit, kopi, cokelat, dan karet memenuhi standar EUDR.
     
    Inisiatif ini memperkuat posisi komoditas Indonesia di pasar global yang mengutamakan keberlanjutan dan bekerja sama dengan pemerintah untuk mengembangkan platform ini secara nasional.
     
    Surveyor Indonesia akan memperluas perannya di sektor energi, mendukung penggunaan kendaraan listrik, dan terlibat dalam proyek energi terbarukan, seperti pengembangan biofuel dan manajemen komoditas berkelanjutan, mendukung komitmen Indonesia untuk mengurangi emisi karbon dan mempromosikan energi bersih.
     
    Sandry menyampaikan pentingnya peran tersebut dalam upaya bersama mendorong penguatan industri nasional. Surveyor Indonesia memainkan peran vital dalam kemajuan infrastruktur Indonesia, termasuk melalui proyek-proyek strategis seperti KRL Jabodebek, Kereta Cepat, dan Satelit Satria-1, juga layanan berkelanjutan yang semuanya merupakan upaya bersama penguatan industri nasional dan keandalan bangsa.
     
    “Ke depan, kami berharap dapat terus memperluas peran dan memperkuat komitmen kami terhadap keberlanjutan sehingga dapat semakin maksimal mendukung Indonesia dalam memenuhi tujuan pengurangan emisi karbon dan memperkuat daya saing di pasar global yang semakin menuntut kepatuhan terhadap keberlanjutan,” jelas Sandry.
     
    Ia menambahkan pencapaian Surveyor Indonesia dalam memberikan peran bagi negara dan masyarakat merupakan komitmen kolektif dari seluruh cabang dan wilayah kerja. “Pencapaian kami di tahun ini tidak lain adalah kerja keras dan komitmen dari kesembilan cabang kami dan wilayah-wilayah kerja yang terus memberikan pelayanan terbaik bagi klien dan pemangku kepentingan,” tutur dia.
     
    “Inovasi dan prudensi atas risiko menjadi hal yang krusial dalam mendukung langkah kami ke depan, sehingga dapat mencapai performa yang semakin baik,” lanjut Sandry.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (HUS)

  • Supaya Pembangunan Kereta Cepat JKT-BDG Kelar Cepat

    Supaya Pembangunan Kereta Cepat JKT-BDG Kelar Cepat

    JAKARTA – Jangan cuma menyandang nama saja ‘kereta cepat Jakarta-Bandung’. Kalau ternyata nanti pengerjaan proyeknya tidak cepat atau malah bisa molor dari jadwal.

    Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sadar betul kalau proyek ini sudah ditunggu banyak orang. Supaya seluruh pengerjaan proyek lancar, Erick sudah membentuk tim taskforce atau tim satuan tugas khusus supaya pembangunan kereta cepat bisa benar beroperasi pada 2021.

    “Kereta cepat kita sudah bikin taskforce kemarin, pimpinannya Pak Dirut PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) Chandra Dwiputra langsung,” kata Erick di Jakarta, Selasa, 5 November 2019.

    Jadi satgas ini akan rutin tiap dua minggu sekali menggelar rapat penting. Termasuk membahas finansial yang bakal digelar tiap bulan.

    Dalam tim tersebut, tidak ada hirarki karena pimpinannya dipegang langsung Direktur Utama KCIC. Jadi posisi menteri dan wakil menteri hanya sebagai anggota dalam tim percepatan pembangunan kereta itu.

    “Jadi saya dan Pak Wamen semuanya enggak ada pangkat. Pangkat tertinggi ya pimpinan taskforce nya,” kata pengusaha ini.

    Erick berharap melalui pembentukan tim satuan tugas khusus tersebut bisa semakin memperlancar pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung sehingga tidak akan tertunda seperti pembangunan kereta MRT dan LRT.

    “Selama kita bisa mendukung hal-hal yang bisa kita laksanakan bersama jangan sampai nanti kereta cepat Jakarta-Bandung delay karena kita juga akan menyambung sampai ke Surabaya,” katanya.

    Menurutnya, jika pembangunan kereta cepat tersebut tertunda maka akan berdampak pada kesempatan masyarakat untuk berkontribusi dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

    “Jadi kalau nanti ini delay semua delay, kan kesempatan untuk masyarakat Indonesia bisa menjadi tempat percepatan ekonomi di sekitarnya menjadi lambat juga,” katanya.

  • AHY Bocorkan Kelanjutan Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya – Page 3

    AHY Bocorkan Kelanjutan Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya – Page 3

    Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menaksir proses studi kelayakan proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya tak akan rampung tahun ini. Artinya, hal tersebut akan berlanjut di era Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

    Proyek tersebut, saat ini disebut telah masuk masa pra feasibilty study (FS). Artinya, masih ada tahapan panjang untuk masuk ke studi kelayakan, tender proyek, hingga pengerjaan megaproyek tersebut.

    Juru Bicara Kemenhub kala itu Adita Irawati memastikan, prosesnya tidak akan selesai hingga kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) lengser pada Oktober 2024.

    “Kereta Cepat Jakarta-Surabaya saya harus sampaikan enggak mungkin selesai tahun ini,” ujar Adita, ditemui di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Selasa (21/5/2024).

    Dia mengatakan, butuh waktu panjang dalam perencanaannya, hal ini berkaca pada proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang baru beroperasi di September 2023 lalu. Untuk itu, proyek Kereta Cepat dilanjutkan ke Surabaya pun disinyalir butuh waktu yang panjang.

    “Kita belajar dari Jakarta Bandung itu juga relatif cukup panjang ya prosesnya. Jadi memang ini masih suatu proses yang masih panjang,” tegasnya.

    Terkait proyek ini, pemerintah sudah membentuk tim khusus yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Tim ini diharapkan mampu memberikan percepatan pelaksanaan megaproyek tersebut.