Topik: ekspor

  • Blokir China Bawa Petaka, Dunia Bisa Kacau

    Blokir China Bawa Petaka, Dunia Bisa Kacau

    Jakarta, CNBC Indonesia – Pembatasan dagang yang diberlakukan pemerintah China terhadap beberapa mineral strategis mulai membawa petaka ke perusahaan-perusahaan asing.

    Henkel yang merupakan perusahaan kimia dan kebutuhan konsumen asal Jerman, mengatakan kepada para kliennya bulan lalu bahwa perusahaan menunda pengiriman 4 tipe zat adhesive dan pelumas yang digunakan luas oleh produsen otomotif.

    Henkel juga mengatakan penundaan tersebut karena pembatasan ekspor salah satu mineral, antimon, dari Beijing, dikutip dari Reuters, Jumat (6/12/2024).

    Henkel menggunakan metal perak untuk membuat produk bermerek Bonderite dan Teroson, yakni bagian inti dari divisi teknologi adhesive perusahaan. Tahun lalu, divisi itu berkontribusi terhadap pendapatan perusahaan senilai 10,79 miliar euro.

    “Kami diberi tahu para pemasok bahwa impor material-material mentah ini tertunda karena menunggu persetujuan aplikasi lisensi dari pemerintah China,” menurut surat yang ditandatangai dua eksekutif senior tertanggan 8 November 2024, yang dilihat oleh Reuters.

    “Dampaknya, Henkel mendeklarasikan kondisi darurat terkait pengiriman produk-produk tersebut,” surat tersebut menambahkan.

    Surat dari Henkel dan perbincangan antara pelaku ekspor-impor, penambang, prosesor, dan pakar industri di Amerika Utara, Eropa, dan China, menunjukkan disrupsi yang terjadi karena larangan terbaru dari Beijing.

    Banyak perusahaan asing yang bergantung pada mineral-mineral penting dari China akan kesulitan mengganti pemasoknya.

    “Kami memantau situasi suplai global untuk antimon dan berniat mencari solusi terbaik untuk menanggulangi pesanan para konsumen,” kata Henkel saat dihubungi Reuters.

    Menurut firma intelijen pasar Argus, harga antimon yang penting untuk membuat peralatan militer seperti rudal inframerah, senjata nuklir, dan goggle khusus, naik 230% pada tahun ini menjadi US$39.000 per metrik ton.

    China merupakan pengasil antimon terbesar di dunia dan mendominasi produksi mineral-mineral penting lainnya.

    Pada tahun lalu, Beijing juga membatasi ekspor gallium dan germanium yang penting untuk pengembangan semikonduktor dan senjata, serta jenis grafit sebagai komponen baterai mobil listrik.

    Baru-baru ini, China kembali memperketat pembatasan mineral-mineral penting tersebut sebagai respons atas pengetatan blokir teknologi chip canggih dari AS.

    (fab/fab)

  • UMKM Indonesia Tidak Kalah Saing di Pasar Internasional, Berikut Datanya – Halaman all

    UMKM Indonesia Tidak Kalah Saing di Pasar Internasional, Berikut Datanya – Halaman all

    Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Berdasarkan data menunjukan bahwa Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia tidak kalah saing di level internasional. Seperti apa datanya?.

    Data menunjukkan bahwa UMKM Indonesia sangat aktif dalam melakukan transaksi internasional untuk barang dan jasa, yang mencerminkan jangkauan global mereka. 

    Data dari Mekari, menunjukkan bahwa lebih dari separuh transaksi internasional dalam valuta asing dilakukan oleh UMKM dibanding perusahaan besar.

    Chief Business Officer, Mekari, Jansen Jumino mengatakan bahwa dengan meningkatnya globalisasi bisnis, perusahaan Indonesia kian terhubung dengan mitra-mitra internasional untuk penyediaan bukan saja barang, namun juga jasa.

    “UMKM Indonesia, sebagai industri yang sangat besar di ekonomi Indonesia, kian terhubung ke jaringan bisnis global,” ujarnya di Jakarta, Jumat (6/12/2024).

    Menurutnya, kehadiran teknologi memudahkan UMKM Indonesia untuk bekerja sama dengan mitra-mitra internasional yang berperan sebagai pemasok maupun pembeli.

    “Salah satu teknologi yang sangat berpengaruh adalah teknologi finansial yang memudahkan transaksi dalam valuta asing secara global,” terangnya.

    Dia kemudian membeberkan tren menarik, berdasarkan data dari Mekari perihal transaksi internasional oleh UMKM di Indonesia.

    1. Mayoritas transaksi asing dilakukan oleh UMKM

    Berdasarkan volume, hingga 60 persen dari transaksi valuta asing dilakukan oleh UMKM jika dibandingkan dengan perusahaan besar. UMKM yang aktif melakukan transaksi dalam valuta asing kerap adalah yang sedang atau sudah merambah ke pasar internasional.

    “UMKM yang melakukan transaksi dalam valuta asing bukan saja mereka yang bergerak di ekspor-impor barang, namun juga mereka yang menyediakan jasa mengingat bahwa banyak pekerjaan ataupun project sekarang dapat dilakukan secara remote atau virtual,” katanya.

    2. Delapan kali, rata-rata jumlah transaksi bagi UMKM

    UMKM rata-rata melakukan transaksi valuta asing sebanyak 8 kali per bulan, dan 3 macam transaksi paling sering adalah untuk hutang usaha, perbankan, dan pengeluaran usaha.

    “Sebagian besar transaksi valuta asing UMKM menyangkut pembayaran pemasok atau vendor, mulai dari bahan baku hingga produk jadi, di luar negeri. Untuk perbankan, ada UMKM yang menggunakan fasilitas kredit bank di luar negeri untuk permodalan,” ujarnya.

    3. 71 persen transaksi dilakukan dalam dolar AS.

    Dilihat dari volume, mata uang dolar AS atau USD tetap mendominasi karena hingga 71 persen dari transaksi valuta asing oleh UMKM dilakukan dalam mata uang dolar AS. Di posisi berikutnya adalah mata uang Chinese yuan renminbi (CNY) dan Euro (EUR).

    “Dominasi USD selaras dengan negara tujuan transaksi valuta asing, yaitu Amerika Serikat. Hal ini mencerminkan bahwa AS masih menjadi pasar dan mitra dagang Indonesia yang signifikan,” lanjutnya.

    4. Kuartal I 2024 jadi puncak transaksi

    Berdasarkan data, kuartal pertama khususnya Januari adalah periode di mana volume transaksi valuta asing oleh UMKM meningkat tajam, kemudian melandai meskipun terus berlanjut di kuartal-kuartal berikutnya.

    “Naik-turun volume transaksi valuta asing mencerminkan siklus bisnis UMKM, di mana awal tahun menjadi saat mereka melakukan pembayaran untuk pengadaan barang atau jasa oleh pemasok atau vendor yang bersifat annual, atau tahunan,” katanya.

    Menurut Jansen, UMKM Indonesia sebaiknya memanfaatkan teknologi pembayaran yang terhubung ke layanan perbankan luar negeri untuk membantu mereka melakukan transaksi valuta asing dengan cepat, mudah, dan aman.

    “Solusi pembayaran global yang didukung infrastruktur yang efisien dan aman akan memudahkan transaksi luar negeri sehingga arus barang, jasa, dan keuangan berjalan lancar. Dengan cara ini, perusahaan dapat menjaga stabilitas operasional dan produktivitas,” tutupnya.

  • Ekonom Ramal Cadangan Devisa Turun hingga US8 Miliar pada Akhir 2024

    Ekonom Ramal Cadangan Devisa Turun hingga US$148 Miliar pada Akhir 2024

    Bisnis.com, JAKARTA — Chief Economist of BCA Group David Sumual memproyeksikan cadangan devisa berada di kisaran US$148—150 miliar per akhir 2024. Proyeksi tersebut melanjutkan tren penurunan cadangan devisa Indonesia.

    David pun mendorong agar pemerintah perlu memperdalam struktur sumber-sumber revisi. Dengan demikian, tren penurunan cadangan devisa tidak berlanjut pada tahun depan.

    “Seperti diversifikasi ekspor, optimalisasi kebijakan DHE [devisa hasil ekspor], dan investasi asing langsung,” jelas David kepada Bisnis, Jumat (6/12/2024).

    Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) mencatat cadangan devisa mencapai US$150,2 miliar per akhir November 2024. Jumlah tersebut turun dari posisi pada akhir Oktober 2024 yaitu sebesar US$151,2 miliar.

    Kepala Departemen Komunikasi BI Ramdan Denny Prakoso menjelaskan bahwa penurunan cadangan devisa tersebut akibat pembayaran utang luar negeri pemerintah.

    “Posisi cadangan devisa tersebut tetap tinggi setara dengan pembiayaan 6,5 bulan impor atau 6,3 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah,” ujar Ramdan dalam keterangan resmi, Jumat (6/12/2024).

    Menurutnya, posisi cadangan devisa Indonesia berada di atas standar kecukupan internasional yaitu sekitar 3 bulan impor. Oleh sebab itu, BI meyakini cadangan devisa akan mampu mendukung ketahanan sektor eksternal, menjaga stabilitas makroekonomi, dan sistem keuangan Indonesia.

    Ramdan mengklaim prospek ekspor tetap positif. Neraca transaksi modal dan finansial juga diyakini tetap mencatatkan surplus.

    “Sejalan persepsi positif investor terhadap prospek perekonomian nasional dan imbal hasil investasi yang menarik,” katanya.

    Lebih lanjut, Ramdan mengungkapkan BI akan terus memperkuat sinergi dengan pemerintah untuk memperkuat ketahanan eksternal untuk menjaga stabilitas perekonomian dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

    Berikut Data Cadangan Devisa Indonesia Sepanjang 2024:

    1. Januari: US$145,1 miliar

    2. Februari: US$144 miliar

    3. Maret:US$140,4 miliar

    4. April: US$136,2

    5. Mei: US$139 miliar

    6. Juni: US$140,2 miliar

    7. Juli: US$ 145,5 miliar 

    8. Agustus: US$150,2 miliar 

    9. September: US$149,9 miliar

    10. Oktober: US$151,2 miliar

    11. November: US$150,2 miliar

  • Kemendag Targetkan Ekspor RI di 2025 Tumbuh 7,1 Persen Jadi 294,45 Miliar Dolar AS – Halaman all

    Kemendag Targetkan Ekspor RI di 2025 Tumbuh 7,1 Persen Jadi 294,45 Miliar Dolar AS – Halaman all

    Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Menteri Perdagangan (Mendag) Budi Santoso menyampaikan akan meningkatkan nilai ekspor Indonesia. 

    Dia memasang target pertumbuhan 7,1 persen pada 2025 atau total senilai 294,45 miliar dolar AS

    “Perdagangan tahun depan meningkatkan target ekspor 7,1 persen,” ujar Budi di Kantor Kemendag, Jakarta Pusat, Jumat (6/12/2024).

    Kemudian, kata Budi, Kemendag akan terus meningkatkan target ekspor hingga 2029 atau senilai 405,69 miliar dolar AS. Di mana ditargetkan pertumbuhan mencapai 9,6 persen. Karena itu, menurutnya, diperlukan sinkronisasi lintas kementerian atau lembaga terkait.

    “Kita perlu sinkronisasi kegiatan baik itu dengan Kementerian UMKM, kemarin kita sudah mengumpulkan para agregator, kita sudah mengumpulkan para pembina UMKM,” kata Budi.

    Budi mengatakan, perwalikan perdagangan di luar negeri perlu dimaksimalkan. Saat ini, kata dia, sudah ada di 33 negara dengan lebih dari 40 perwakilan

    “Kenapa lebih dari 40 tapi di 33 negara? Karena ada satu negara itu yang perwakilannya dua,” tuturnya.

    Menurut Budi, tugas mereka untuk membantu pemasaran produk-produk dalam negeri. Sehingga ekspor bisa terus meningkat. Saat ini, Kemendag fokus pada tiga program untuk meningkatkan perdagangan dalam dan luar negeri.

    “Yang pertama adalah pengamanan pasar dalam negeri, kemudian perluasan pasar ekspor, dan peningkatan UMKM bisa ekspor,” tuturnya.

    Dia menjelaskan, pengamanan pasar dalam negeri tentunya bagaimana suatu produk mempunyai daya saing yang tinggi, kemudian juga bagaimana meningkatkan saluran pemasaran, sehingga UMKM bisa menjual produk-produknya di dalam negeri.

    “Saya kira banyak pembina UMKM di Indonesia ini tentu dibawah kebijakan dari Kementerian UMKM. Artinya kalau kami sifatnya di sisi hilir, karena itu sih kami hanya terkait dengan ekspor, maka kami ingin membantu bersama-sama Kementerian atau Lembaga lain, bagaimana kita berkolaborasi untuk meningkatkan daya saing UMKM kita,” tuturnya.

  • Berhasil Pimpin Sulsel, Zudan Arif Dipilih Jadi Pj Gubernur Terbaik se-Indonesia, Selamat!

    Berhasil Pimpin Sulsel, Zudan Arif Dipilih Jadi Pj Gubernur Terbaik se-Indonesia, Selamat!

    ERA.id – Pj Gubernur Sulawesi Selatan, Zudan Arif Fakrulloh, dinobatkan sebagai Pj Gubernur atau Kepala Daerah (KDH) terbaik seluruh Indonesia.

    Zudan memiliki nilai evaluasi 85 dengan kategori BAIK. Urutan kedua ditempati Pj Gubernur Sumatera Selatan Elen Setiadi (84/BAIK), urutan ketiga Pj Gubernur Sumatera Utara Dr Agus Fatoni (83/Baik).

    Sementara urutan keempat Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik (81,60/Baik) dan posisi kelima Pj Gubernur Papua Selatan Rudy Sufahriadi dengan nilai 80,68 dengan kategori Baik.

    “Jadi setelah kita evaluasi, maka Pj Gubernur Sulsel Zudan Arif Fakrulloh sebagai penjabat gubernur kepala daerah terbaik,” ujar Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dalam acara pengarahan Mendagri ke semua Pj KDH secara virtual, Rabu (4/12/2024).

    Lima kepala daerah tersebut, yang disebut namanya masuk kategori atau predikat baik. Sedangkan urutan ke enam sampai urutan 23 masuk kategori CUKUP dengan range nilai 79-74.

    Zudan Arif Fakrulloh menjadi Pj Gubernur Sulsel adalah kali ketiga daerah yang dikomandoinya. Sebelum ke Sulsel, dua provinsi lainnya adalah Sulbar dan Provinsi Gorontalo.

    Enam bulan memimpin Sulsel, saat melalui sidang evaluasi kinerja selama dua kali di Itjen Kemendagri, Zudan diberikan penilaian sangat baik oleh para evaluator.

    Hal ini dinilai karena Zudan mampu menyajikan pemaparan sesuai fakta, runut, dan ragam inovasi yang dibuat di Sulsel.

    Pengamat pemerintahan yang juga Guru Besar Fakultas Fisip Unhas, Prof Dr Armin Arsyad menilai bahwa penetapan Prof Zudan sebagai kepala daerah terbaik sudah sangat tepat.

    “Beliau bukan hanya memimpin, tapi mengayomi warga Sulsel. Beliau mampu merangkul semua pihak, semua lini, semua kalangan. Beliau wajar jadi yang terbaik,” ujar Prof Armin Arsyad.

    Perhatian Zudan terhadap potensi daerah, lanjut Armin Arsyad, sangat baik. Ekspor diperhatikan dengan baik, secara makro juga pengendalian inflasi sangat baik di Sulsel. “Wajar jika beliau (prof Zudan) itu menjadi yang terbaik,” ujar Prof Armin.

  • PPN Naik Jadi 12 Persen, Menperin Agus Gumiwang Siapkan Insentif, Ini Respons TMMIN – Halaman all

    PPN Naik Jadi 12 Persen, Menperin Agus Gumiwang Siapkan Insentif, Ini Respons TMMIN – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menyambut baik rencana pemerintah menerapkan insentif untuk mengantisipasi kenaikan pajak pertambahan nilai (PPN), sekaligus mendorong penjualan kendaraan di Indonesia.

    Seperti diketahui, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan pemerintah telah membahas insentif yang akan diberikan untuk mendorong sektor otomotif pada 2025. 

    Adapun, skema insentif yang telah dibahas di antaranya yakni insentif Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) dan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil listrik berbasis baterai (battery electric vehicle/BEV) hingga mobil hybrid.

    “Kami menyambut gembira rencana pemerintah. Karena, di tengah kebijakan-kebijakan yang sifatnya kontraktif ini ada kebijakan yang sifatnya stimulus, yang membangun daya beli dunia usaha. Jadi inisiatif-inisiatif seperti ini yang sebenarnya diharapkan ya di kita. Ya mudah-mudahan bisa diimplementasikan itu,” ujar Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Bob Azam, Jumat (6/12/2024).

    Menurut Bob, insentif tersebut juga akan mendorong dunia usaha kembali bergeliat, khususnya di sektor otomotif.

    Seperti diketahui, saat ini penjualan mobil ditargetkan untuk mencapai 850.000 unit, jumlahnya turun antara 15-17 persen dibandingkan tahun lalu. 

    Dengan kenaikan PPN dan Opsen, industri otomotif diprediksi akan terkoreksi hingga dua kali lipat dari angka tahun 2024.

    “Kita sudah pernah pengalaman kan waktu COVID-19, begitu pemerintah kasih relaksasi (ppnbm), dampaknya penjualannya lebih bagus, malah tax revenue-nya pemerintah juga lebih naik. Jadi seperti yang sering saya sampaikan bahwa tidak selalu relaksasi itu berujung kepada tax revenue yang turun.  Sebaliknya tidak selalu tax rate yang naik berujung kepada tax revenue yang naik,” katanya lagi.

    Bob menjelaskan, pemerintah harus berhati-hati melihat berapa kadar tax yang tepat untuk ekonomi kita dengan income per capita sekitar 4.000 USD. Pasalnya, dengan struktur industri yang seperti ini belum tentu sama dengan negara lain.

    “Jadi kita gak bisa bilang negara kita lebih rendah atau lebih tinggi gitu lho. Tapi harus disesuaikan dengan struktur industri dan struktur ekonomi yang ada di kita,” ujarnya.

    Yang terpenting, kata Bob, tax rate berapa yang paling optimum bagi kita yang bisa meng-create ekonomi dan meng-create employment. Karena pertumbuhan tinggi tanpa ada employment, tanpa ada multiplier efek di pajak itu gak berkualitas. 

    “Jadi ke depan harus mulai diperhatikan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas,” ujarnya. 

    Di sisi lain, Bob tidak mau berandai andai, tapi pengalaman membuktikan saat pandemi, relaksasi bisa mendorong penjualan kendaraan. 

    Bob mencontohkan, di beberapa negara seperti di Cina yang memberikan insentif bagi dunia usahanya supaya bisa terus produksi dan bisa ekspor, dan yang paling penting adalah meng-create employment.

    Gaikindo mencatat, sepanjang Januari – Oktober 2024, total penjualan mobil secara wholesales tercatat sebesar 710.406 unit atau turun 15 persen year-on-year (YoY) dari periode sama 2023 sebesar 836.128 unit.

    Sementara itu, penjualan mobil ritel atau dari diler ke konsumen juga turun 11,5 persen YoY menjadi 730.637 unit pada periode 10 bulan 2024, dibandingkan 825.692 unit pada periode yang sama 2023.

  • Komdigi Jembatani UMKM dengan Mitra Strategis agar Lebih Berdaya Saing

    Komdigi Jembatani UMKM dengan Mitra Strategis agar Lebih Berdaya Saing

    Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) berupaya membantu UMKM Indonesia lebih berdaya saing. Salah satu upayanya lewat kegiatan busines matching bertajuk ‘Unlocking Local to Global Potential’.

    “Kegiatan ini dirancang khusus sebagai jembatan kolaborasi antara UMKM dan mitra strategis. Sehingga UMKM Indonesia dapat tumbuh dan memiliki daya saing tinggi dalam menghadapi tantangan perdagangan global di era digitalisasi saat ini.” kata Sekretaris Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Komdigi, I Nyoman Adhiarna, dalam keterangannya, Jumat, 6 Desember 2024. 

    Kegiatan ini menghadirkan 10 UMKM Champion yang telah berhasil mengembangkan usaha setelah mendapatkan pendampingan intensif selama empat bulan dan mendapatkan fasilitasi berupa workshop dari narasumber yang kompeten di bidangnya. Peningkatan omzet, efisiensi bisnis, dan perluasan akses pasar diperoleh dengan dukungan pemanfaatan teknologi digital baik dalam operasional usaha maupun pemasaran.

    “Selamat kepada 10 UMKM Champion program UMKM Level Up Business Accelerator tahun 2024,” ungkapnya.
     

    Ia menerangkan kegiatan ini terbagi menjadi dua sesi, yaitu pitching session dan networking session. Pada pitching session, setiap UMKM memaparkan ide, inovasi, potensi, dan visi bisnis perusahaan kepada para panelis yang memberikan tanggapan serta masukan. 

    Para panelis tersebut ialah Retail Store Group Head PT. Sarinah Ferry Paskah Hasiholan, yang fokus pada potensi partnership dan kolaborasi bagi UMKM. Kemudian, CEO Ekspor.id Choirul Amin yang menanggapi terkait potensi ekspor dan strategi penetrasi pasar luar negeri.

    Panelis lainnya, Investment Associate ANGIN Tamana Shamara yang memberikan saran tentang potensi permodalan dan investasi. Lalu, Advisor Fundex Securities Crowdfunding Didi Diarsa, yang memberikan pandangannya mengenai peluang pembiayaan melalui platform securities crowdfunding.

    Dalam networking session, seluruh panelis dan tamu undangan mengunjungi booth para UMKM Champion untuk melihat langsung produk-produk unggulan mereka. 10 UMKM Champion yaitu Alamme, Bagbone Leather, Eboni Watch, Milyarda Hijab, Pempek Pistel Kiarin, Kampoeng Anyaman, Guru Batik, Namira Ecoprint, Fairuziba Bolen Malang, dan Bananania.

    “Mereka berkesempatan untuk bertukar ide dan menjalin relasi dengan calon mitra pada sesi ini,” jelasnya.

    I Nyoman Adhiarna menyampaikan apresiasi kepada para coach pendamping dan mitra strategis yang telah memberikan kontribusi nyata dalam mendukung perkembangan UMKM Indonesia. 

    Kegiatan diakhiri dengan pemberian penghargaan berupa plakat dan sertifikat. Turut hadir perwakilan dari PT Astra Graphia Information Technology (AGIT), yang merupakan mitra dalam program ini, untuk menyerahkan apresiasi kepada 10 UMKM berupa smartphone dan total 750 booklet company profile.

    Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) berupaya membantu UMKM Indonesia lebih berdaya saing. Salah satu upayanya lewat kegiatan busines matching bertajuk ‘Unlocking Local to Global Potential’.
     
    “Kegiatan ini dirancang khusus sebagai jembatan kolaborasi antara UMKM dan mitra strategis. Sehingga UMKM Indonesia dapat tumbuh dan memiliki daya saing tinggi dalam menghadapi tantangan perdagangan global di era digitalisasi saat ini.” kata Sekretaris Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Komdigi, I Nyoman Adhiarna, dalam keterangannya, Jumat, 6 Desember 2024. 
     
    Kegiatan ini menghadirkan 10 UMKM Champion yang telah berhasil mengembangkan usaha setelah mendapatkan pendampingan intensif selama empat bulan dan mendapatkan fasilitasi berupa workshop dari narasumber yang kompeten di bidangnya. Peningkatan omzet, efisiensi bisnis, dan perluasan akses pasar diperoleh dengan dukungan pemanfaatan teknologi digital baik dalam operasional usaha maupun pemasaran.
    “Selamat kepada 10 UMKM Champion program UMKM Level Up Business Accelerator tahun 2024,” ungkapnya.
     

    Ia menerangkan kegiatan ini terbagi menjadi dua sesi, yaitu pitching session dan networking session. Pada pitching session, setiap UMKM memaparkan ide, inovasi, potensi, dan visi bisnis perusahaan kepada para panelis yang memberikan tanggapan serta masukan. 
     
    Para panelis tersebut ialah Retail Store Group Head PT. Sarinah Ferry Paskah Hasiholan, yang fokus pada potensi partnership dan kolaborasi bagi UMKM. Kemudian, CEO Ekspor.id Choirul Amin yang menanggapi terkait potensi ekspor dan strategi penetrasi pasar luar negeri.
     
    Panelis lainnya, Investment Associate ANGIN Tamana Shamara yang memberikan saran tentang potensi permodalan dan investasi. Lalu, Advisor Fundex Securities Crowdfunding Didi Diarsa, yang memberikan pandangannya mengenai peluang pembiayaan melalui platform securities crowdfunding.
     
    Dalam networking session, seluruh panelis dan tamu undangan mengunjungi booth para UMKM Champion untuk melihat langsung produk-produk unggulan mereka. 10 UMKM Champion yaitu Alamme, Bagbone Leather, Eboni Watch, Milyarda Hijab, Pempek Pistel Kiarin, Kampoeng Anyaman, Guru Batik, Namira Ecoprint, Fairuziba Bolen Malang, dan Bananania.
     
    “Mereka berkesempatan untuk bertukar ide dan menjalin relasi dengan calon mitra pada sesi ini,” jelasnya.
     
    I Nyoman Adhiarna menyampaikan apresiasi kepada para coach pendamping dan mitra strategis yang telah memberikan kontribusi nyata dalam mendukung perkembangan UMKM Indonesia. 
     
    Kegiatan diakhiri dengan pemberian penghargaan berupa plakat dan sertifikat. Turut hadir perwakilan dari PT Astra Graphia Information Technology (AGIT), yang merupakan mitra dalam program ini, untuk menyerahkan apresiasi kepada 10 UMKM berupa smartphone dan total 750 booklet company profile.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (AGA)

  • Mendag Pengin Produk UMKM RI Bisa Mejeng di Luar Negeri

    Mendag Pengin Produk UMKM RI Bisa Mejeng di Luar Negeri

    Jakarta

    Menteri Perdagangan (Mendag) Budi Santoso mengatakan tengah menyusun Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) yang mengatur pameran produk UMKM Indonesia di luar negeri. Budi menuturkan perlu standarisasi penyelanggaraan pameran di luar negeri.

    Alasannya, karena kerap kali pameran yang diadakan di luar negeri untuk UMKM Indonesia di tempat yang kecil. Jadi dia ingin pameran produk UMKM di luar negeri memiliki standarisasi sendiri agar daya tarik dan nama baik Indonesia terjaga.

    “Kita sedang menyusun Peraturan Menteri Perdagangan mengenai standar pameran ekspor. Jadi setiap pameran ekspor ke luar negeri nanti harus ada standarnya. Misalnya minimal harus sekian luasannya. Karena pengalaman selama ini banyak pameran-pameran kita yang sangat standar, sangat kecil, tapi itu membawa nama Indonesia,” kata dia dalam agenda UMKM Bisa Ekspor di Kementerian Perdagangan, Jumat (6/12/2024).

    Dalam Permendag itu akan dituangkan standar operasional prosedur (SOP) untuk pameran di luar negeri. Adapun isi SOP itu di antaranya kejelasan dari pameran, tempat, hingga harus dipastikan terdapat buyer untuk pelaku UMKM.

    Karena dia ingin UMKM yang melakukan pameran bisa membawa kontrak dagang dengan buyer dari luar negeri. Ia tidak ingin pelaku usaha Indonesia hanya menunggu ketidakpastian pembeli saat pameran.

    “Kalau bisa langsung taken contract. Jangan sampai di sana bengong, cuma nunggu orang mampir ke booth. Belum tentu juga ada. Itu tidak mudah. Jangan sampai berkali-kali baru dapat. Kalau bisa sekali pameran langsung dapat (buyer),” tegasnya.

    Budi menargetkan Permendag tentang pelaksanaan pameran akan terbit secepatnya, mengingat dalam waktu dekat akan dilakukan pertemuan bisnis antar pelaku usaha dalam negeri dan luar negeri.

    “Secepatnya ya, karena Januari kita sudah mulai business matching dengan perwakilan-perwakilan kita,” tutur dia saat ditemui usai acara.

    (kil/kil)

  • Dwelling Time di Sektor Logistik Berhasil Dipangkas Jadi 2,6 Hari – Page 3

    Dwelling Time di Sektor Logistik Berhasil Dipangkas Jadi 2,6 Hari – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Lembaga National Single Window (LNSW) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengungkapkan capaiannya dalam membuat sistem dwelling time lebih efisien di sektor logistik melalui teknologi digital.

    Sebagai catatan, dwelling time merupakan waktu tempuh ketika sebuah barang tiba di pelabuhan (baik melalui kapal atau moda transportasi lainnya) hingga barang tersebut keluar dari pelabuhan melalui proses bongkar muat, pemeriksaan bea cukai, serta pengurusan dokumen.

    Prosedur ini berperan penting mengingat durasi bongkar muat kontainer yang terlalu lama, berpotensi menambah biaya logistik. Sementara itu, biaya logistik yang tinggi berisiko mengganggu perekonomian melalui sektor Industri yang terganggu pasokan bahan baku atau bahan penolongnya.

    “Angka dwelling time dulu cukup tinggi, bisa sampai 7 hari. Dengan adanya pengelolaan yang baik dari kementerian/lembaga (K/L), di tahun 2023 angkanya sudah 2,6 hari,” kata Kepala LNSW, Oza Olavia dalam kegiatan Media Gathering di Ancol, Jakarta, Jumat (6/12/2024).

    LNSW mencatat, capaian dwelling time pada periode Januari hingga Oktober 2024 adalah 2,85 hari. Angka ini menandai pemenuhan target dwelling time nasional 2,9 hari.

    Selain efisiensi dwelling time, LNSW juga terlibat dalam penataan ekosistem logistik nasional (national logistics ecosystem/NLE). 

    Beberapa layanan yang dikembangkan LNSW untuk mendukung penataan ekosistem logistik nasional adalah Delivery Order Online, Surat Penyerahan Petikemas (SP2) Online, Single Submission (SSm) Quarantine Customs, SSm Pengangkut, dan SSm Perizinan.

    Ekosistem logistik nasional (national logistics ecosystem/NLE) yang terus dikembangkan sesuai amanat Instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penataan Ekosistem Logistik Nasional telah diimplementasikan di 52 pelabuhan dan 7 bandara.

    Sebaran pelabuhan dan bandara yang sudah mengimplementasikan program tersebut telah mendekati 100 persen dokumen ekspor impor nasional.

    LNSW merupakan lembaga di bawah Kementerian Keuangan yang memiliki tugas melaksanakan pengelolaan Indonesia National Single Window (INSW) dan penyelenggaraan Sistem Indonesia National Single Window (SINSW) dalam ekspor, impor, dan logistik, mengubah pola kerja manual/hardcopy/inhouse menjadi berbasis digital untuk setiap layanan pemerintah.

     

  • Ini Kunci Daya Saing Industri Furniture dan Kerajinan Indonesia – Page 3

    Ini Kunci Daya Saing Industri Furniture dan Kerajinan Indonesia – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Kerajinan adalah industri masa depan bagi Indonesia karena memiliki potensi pengembangan yang sangat besar, baik dari sisi bahan baku, sumber daya manusia, maupun serapan pasarnya.

    Industri mebel dan kerajinan merupakan salah satu industri prioritas yang menghasilkan produk bernilai tambah tinggi, berdaya saing global, sebagai penghasil devisa negara serta menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang signifikan.

    Ini diungkapkan Heru Prasetyo, Wakil Ketua Umum Bidang Organisasi dan Hubungan antar Lembaga HIMKI pada acara Rapimnas HIMKI.

    Acara ini dihadiri oleh Dewan Pimpinan Pusat, Dewan Pembina, Dewan Pakar, serta Ketua Dewan Pimpinan Daerah dan Badan Eksekutif Pusat. Acara ini mengusung tema: “Membangun Konsolidasi Usaha yang Kondusif untuk Pertumbuhan Berkelanjutan.

    “Sumber bahan baku yang cukup berupa kayu, rotan, bambu dan serat alam lainnya. Daya saing industri furniture dan kerajinan Indonesia di pasar global terletak pada sumber bahan baku alami yang melimpah dan berkelanjutan serta didukung oleh keragaman corak dan desain yang berciri khas lokal serta ditunjang oleh SDM yang kompeten,” jelas dia.

    Saat ini kondisi perekonomian dunia belum pulih akibat kondisi geopolitik, namun permintaan terhadap produk mebel dan kerajinan masih terus tumbuh dengan pemasok utama China yang saat ini memimpin sebagai eksportir terbesar produk mebel dunia.

    “Ekspor produk mebel dan kerajinan nasional masih melambat. Namun, kami optimis akan terjadi pertumbuhan. Kami berharap dengan adanya pameran IFEX yang akan dilakukan pada Maret tahun depan bisa menahan penurunan ekspor tersebut pada kuartal selanjutnya, ”  tambah dia.

    Dengan memperhatikan data ekspor global, sebenarnya peluang pasar global terhadap produk mebel dan kerajinan masih terbuka yang disebabkan oleh maraknya pembangunan yang diproyeksikan akan menciptakan permintaan yang cukup besar akan produk mebel dan kerajinan nasional.

    Pasar AS dan Eropa adalah pasar terbesar produk mebel dan kerajinan nasional. Meskipun demikian, kita terus berusaha untuk menembus pasar-pasar baru, apalagi jika kita memperhatikan kondisi semakin menurunnya permintaan pasar tradisional (AS dan Eropa), dimana kedua kawasan terbut mengalami inflasi yang sangat besar. Untuk itu, untuk mengantisipasi jika situasi semakin memburuk, kita harus memanfaatkan dan mengoptimalisasi emerging market, seperti Timur Tengah, India dan pasar Asia lainnya.