Topik: ekspor

  • Kolombia Mengatakan akan Memperkuat Hubungan Dagang dengan Tiongkok, Pukulan bagi Donald Trump – Halaman all

    Kolombia Mengatakan akan Memperkuat Hubungan Dagang dengan Tiongkok, Pukulan bagi Donald Trump – Halaman all

    Kolombia Mengatakan akan Memperkuat Hubungan Dagang dengan Tiongkok, Pukulan bagi Donald Trump

    TRIBUNNEWS.COM-  Kolombia mengumumkan rencana pada hari Kamis untuk meningkatkan hubungan perdagangannya dengan China dengan membangun rute pengiriman baru ke Shanghai, memperdalam hubungan ekonomi dengan negara kekuatan Asia itu di tengah ketegangan yang sedang berlangsung dengan Presiden AS Donald Trump.

    Kolombia mengumumkan rute pelayaran baru ke Shanghai, memperkuat hubungan dagang dengan China, tak lama setelah perselisihan dengan Trump.

    Menurut Kementerian Perdagangan Kolombia, rute baru tersebut akan menghubungkan pelabuhan Pasifik Buenaventura ke Shanghai melalui pelabuhan besar Chancay yang didanai Tiongkok di Peru. 

    Duta Besar Beijing untuk Bogota, Zhu Jingyang, menyambut baik langkah tersebut, menyebutnya sebagai “kabar baik” bagi perdagangan antara Tiongkok dan ekonomi terbesar keempat di Amerika Latin.

    Menteri Perdagangan Kolombia, Luis Carlos Reyes, menggambarkan inisiatif tersebut sebagai “langkah besar dalam memperkuat hubungan” antara kedua negara.

    Presiden Kolombia Gustavo Petro mengumumkan tarif timbal balik sebesar 25 persen terhadap impor Amerika Serikat, sebagai tindakan balasan, setelah menolak menerima imigran Kolombia di jet militer.

    Petro juga mengecam sanksi dan tarif terbaru yang dijatuhkan pada Kolombia oleh Presiden AS Donald Trump setelah negara itu menolak mendaratkan dua pesawat militer Amerika Serikat yang membawa imigran.

    Dalam sebuah posting di X, Petro menegaskan, “Kami tidak pernah menolak menerima migran dan telah mencoba menghentikan migrasi,” seraya menambahkan, “Namun jangan harap saya menerima orang-orang yang dideportasi dari AS, diborgol dan berada di pesawat militer.”  

    “Kita bukan jajahan siapa pun,” kata Petro.

    Sebelumnya, Trump mengumumkan tarif sebesar 25% untuk produk-produk Kolombia, yang akan berlipat ganda dalam seminggu. 

    Ia juga mencabut visa bagi pejabat pemerintah Kolombia dan “pendukung” Presiden Gustavo Petro dan berjanji akan melakukan pemeriksaan lebih ketat terhadap warga Kolombia di bandara, yang akan mengintensifkan tindakan kerasnya terhadap imigrasi.

    Akan tetapi, Bogota akhirnya mengalah dan mengatur penerbangannya sendiri untuk membawa pulang para migran.

    Meskipun ketegangan mulai mereda, Petro—presiden sayap kiri pertama Kolombia dan mantan pejuang gerilya—terus mengkritik Trump. 

    Dalam wawancara untuk Univision , ia menuduh presiden AS membela “tesis fasis” yang berupaya mengkriminalisasi migran tak berdokumen, dan membandingkannya dengan penganiayaan Adolf Hitler terhadap orang Yahudi selama Perang Dunia II.

    Di tengah pertikaian diplomatik ini, Petro mendesak kementerian perdagangannya untuk mendiversifikasi pasar ekspor Kolombia di luar Amerika Serikat. 

    Upayanya untuk memperkuat hubungan ekonomi dengan China dilakukan ketika Menteri Luar Negeri AS Marco Rubio mengunjungi Amerika Tengah, dengan tujuan untuk melawan pengaruh Beijing yang semakin besar di kawasan tersebut.

    SUMBER: AL MAYADEEN

  • 24 Ton Ubi Asal Bangkalan di Ekspor ke Malaysia

    24 Ton Ubi Asal Bangkalan di Ekspor ke Malaysia

    Bangkalan (beritajatim.com) – Jumlah komoditas ubi di Bangkalan saat ini cukup tinggi bahkan bisa mengekspor hasil ubi ke manca negara.

    Pj Bupati Bangkalan, Arief M Edie mengatakan, sebanyak 24 ton ubi dengan berbagai jenis yakni Ubi Jepun, Ubi Ungu, Ubi Golden, Ubi Cilembu, dan Baby Potato telah dikirim ke luar negeri.

    Ia menjelaskan, ubi-ubi itu diperoleh dari petani ubi yang ada di Bangkalan. Selain itu, nantinya untuk memenuhi kebutuhan ekspor, Bangkalan memiliki lahan pertanian berjuluk ‘Bang Jani’ seluas 3 hektare dengan produktivitas mencapai 15 ton per hektare.

    “Produksi ini diperkirakan mampu memenuhi kebutuhan ekspor 2-3 kontainer per bulan,” terangnya, Jumat (7/1/2025).

    Arief mengaku, ekspor ini merupakan langkah strategis dalam upaya mendukung potensi komoditas pertanian di Kabupaten Bangkalan. Ekspor ini juga menjadi bukti produk pertanian Bangkalan memiliki kualitas internasional.

    “Banyak komoditas lainnya yang bisa menjadi potensi, seperti buah dan sayur termasuk potensi produk unggulan lainnya,” imbuhnya.

    Masih kata Arief, pihaknya akan terus berupaya menjaring para investor untuk masuk ke Bangkalan serta mengembangkan usaha masyarakat dalam membedayakan potensi lokal.

    “Eksport ubi ini perdana yang nantinya diharapkan terus berkelanjutan,” tandasnya.

    Sekedar diketahui, eksport berbagai jenis ubi itu dengan negara tujuan Malaysia dan Singapore.[sar/ted]

  • Pengusaha Tunjuk Hal Aneh di Impor Tekstil, Pabrik RI Kena Getahnya

    Pengusaha Tunjuk Hal Aneh di Impor Tekstil, Pabrik RI Kena Getahnya

    Jakarta, CNBC Indonesia – Industri tekstil dalam negeri beberapa waktu belakangan ini menghadapi tantangan besar, tetapi data statistik menunjukkan adanya pertumbuhan yang seolah-olah positif. Ketua Umum Asosiasi Produsen Serat dan Benang Filament Indonesia (APSyFI) Redma Gita Wiraswasta pun menyebut adanya anomali dalam data impor, yang menyebabkan ketidaksesuaian antara kondisi di lapangan dengan laporan resmi.

    Menurut Redma, salah satu penyebab anomali ini adalah tidak sinkronnya perhitungan konsumsi yang didasarkan pada nilai uang dengan volume yang dibelanjakan masyarakat.

    “Dari sisi nilai ada penurunan. Tapi kalau dari sisi volume, saya nggak ngelihat ada penurunan. Karena yang dikonsumsi lebih besar adalah barang-barang import ilegal yang murah. Nah makanya, dari sisi konsumsi meskipun nilainya turun tekstil itu, tapi dari volume nggak turun. Ini yang menyebabkan industri kita nggak tumbuh,” jelas Redma kepada CNBC Indonesia, Jumat (7/2/2025).

    Redma menyoroti, banyak barang impor ilegal yang masuk ke pasar tanpa tercatat dalam data resmi. Hal ini menyebabkan surplus dalam neraca perdagangan yang memberikan kesan terjadinya pertumbuhan pada industri tekstil, padahal kondisi di lapangan justru sebaliknya.

    “Barang impor ilegal ini masuk, dikonsumsi masyarakat, tetapi tidak tercatat dalam data impor. Akibatnya, dianggap sebagai produksi dari dalam negeri, padahal itu bukan barang lokal. Inilah yang menyebabkan anomali dalam data BPS,” terangnya.

    Kata Redma, meskipun data BPS menunjukkan ada pertumbuhan industri tekstil pada kuartal terakhir, kenyataannya industri lokal masih tertekan.

    Dia menegaskan, penurunan industri tekstil masih terus berlangsung hingga sekarang. Selama impor ilegal masih marak dan perhitungan data belum diperbaiki, industri tekstil dalam negeri akan tetap kesulitan untuk tumbuh.

    “Kalau kita tidak jeli menganalisisnya, akan muncul banyak pertanyaan. Kok datanya tumbuh, tapi industri di lapangan malah terpuruk?” katanya.

    Pengusaha tekstil berharap pemerintah lebih ketat mengawasi impor ilegal dan menyusun data dengan metode yang lebih akurat agar kebijakan yang dibuat benar-benar mencerminkan kondisi di lapangan.

    Picu Deindustrialisasi

    Sebelumnya, Redma pernah mengungkapkan, barang impor ilegal terus membanjiri pasar domestik hingga memicu deindustrialisasi dalam 10 tahun terakhir. Industri tekstil dan produk tekstil (TPT) di dalam negeri terus mengalami penurunan pertumbuhan.

    Redma memaparkan data yang dikutip dari ITC dan TradeMap.

    Dari data tersebut, kata dia, nilai ekspor TPT China ke Indonesia sepanjang tahun 2019-2023, memiliki gap sampai miliaran dolar AS dibandingkan data impor TPT Indonesia dari China. Data tersebut adalah untuk TPT nomor HS 50-63.

    “Dalam 5 tahun terakhir masuk sekitar 72.250 kontainer impor TPT ilegal. Kerugian pendapatan negara sekitar Rp46 triliun,” katanya dalam keterangan resmi, Kamis (28/11/2024).

    Mengutip data yang diungkapkan Redma, tercatat berturut-turut nilai ekspor TPT China ke Indonesia pada tahun 2019-2023 adalah US$5,09 miliar, US$3,79 miliar, US$5,86 miliar, US$6,50 miliar, dan US$5,28 miliar.

    Tercatat, ada gap berturut-turut sebesar US$1,12 miliar, US$706,1 juta, US$1,79 miliar, US$2,12 miliar, dan US$1,47 miliar dari nilai impor TPT Indonesia dari China.

    (dce)

  • Melihat Peluang Indonesia dari Dampak Perang Dagang AS vs China

    Melihat Peluang Indonesia dari Dampak Perang Dagang AS vs China

    Jakarta, Beritasatu.com – Bank Indonesia (BI) menilai perang dagang yang terjadi antara Amerika Serikat (AS) dengan China, Meksiko, dan Kanada akan bisa memberikan peluang ekspor dan investasi bagi Indonesia.

    Direktur Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Juli Budi Winantya mengatakan, peluang ekspor bisa terjadi dari pangsa pasar yang ditinggalkan oleh China. Produk-produk yang bisa dihasilkan Indonesia bisa terserap di negara-negara yang tengah bertikai ini.

    “Banyak produk-produk dari Amerika Serikat dan Vietnam, yang punya kesamaan. Apabila nanti peningkatan tarif ini diterapkan, bisa kita manfaatkan peluang untuk meningkatkan ekspor,” ucap Juli dalam acara pelatihan wartawan di kantor Perwakilan BI Provinsi Aceh pada Jumat (7/2/2025).

    Peluang dari perang dagang AS dan China juga dapat terjadi melalui relokasi investasi yang sebelumnya berada di negeri Tirai Bambu itu dan pindah ke negara lain.  

    Saat terjadi perang dagang pada 2018, banyak perusahaan yang melakukan relokasi dari China ke Vietnam. Namun, saat ini Vietnam bukan lagi menjadi negara tujuan karena sedang mengalami surplus transaksi berjalan.

    “Indonesia ada di posisi yang bagus Untuk bisa memanfaatkan peluang itu. Jadi terkait dengan Trump tadi ada risiko dan juga di sisi lain ada peluang. Ini yang masih terus kita pantau dampaknya,” kata Juli.

    Perang dagang yang dikhawatirkan pecah menyusul kembali berkuasanya Donald Trump sebagai presiden AS telah menjadi kenyataan.

    Hal ini ditandai dengan pemberlakuan tarif balasan sebesar 25% terhadap barang-barang AS yang diumumkan oleh Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, Sabtu (1/2/2025) waktu setempat.

    Sesaat sebelumnya, Presiden Trump telah menandatangani perintah eksekutif penerapan tarif 25% atas barang-barang impor dari Kanada dan Meksiko serta sebesar 10% untuk barang dari China.

    Pada Jumat (31/1/2025), presiden dari partai republik itu juga telah melontarkan ancaman bahwa AS “pasti” akan mengenakan tarif pada Uni Eropa (EU).

    Dia mengatakan, pemerintah tetap harus mewaspadai dampak perang dagang antara AS dengan China karena negeri Tirai Bambu menjadi mitra dagang utama Indonesia. Hal ini bisa turut berimbas pada sisi ekspor  Indonesia yang melambat karena pertumbuhan ekonomi Tiongkok melambat.

    “Risiko kedua yaitu karena produk China itu tidak bisa dijual lagi ke AS sehingga dapat membanjiri masuk Indonesia dan itu dari sisi risikonya,” tutur dia.

    Juli mengatakan, perang dagang terjadi secara dinamis untuk Meksiko dan Kanada sedang dalam tahap negosiasi. Menurut dia, perang dagang ini digunakan oleh pemerintah AS dengan China dan negara lainnya tidak hanya murni karena alasan ekonomi, tetapi juga terkait dengan kebijakan politik luar negeri Paman Sam tersebut.

  • BRI Kembali Cetak Wirausahawan Unggul Lewat Program Pengusaha Muda Brilian 2024 – Page 3

    BRI Kembali Cetak Wirausahawan Unggul Lewat Program Pengusaha Muda Brilian 2024 – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) melalui program Pengusaha Muda BRILiaN (PMB) 2024 berhasil mencetak wirausahawan unggul yang siap berkontribusi dalam pengembangan ekonomi nasional. Program akselerasi bisnis PMB telah berjalan selama 15 minggu dengan menghadirkan kurikulum strategis yang mencakup Visi dan Misi, Hukum & Perpajakan, Leadership, Ekspor & Percepatan Bisnis, hingga aspek Environment Social Governance (ESG). 

    Dari lebih dari 2.000 peserta yang mendaftar, sebanyak 20 finalis terbaik berhasil melaju ke tahap akhir setelah melalui proses seleksi yang ketat. PMB menjadi wujud nyata keberpihakan BRI dalam mendukung pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta memberdayakan pengusaha muda berbakat di Indonesia. 

    Dalam acara Closing Ceremony BRI UMKM EXPO(RT) 2025 di ICE BSD Nusantara Hall pada Minggu (02/02/2025), penghargaan kepada para pemenang diserahkan langsung oleh Direktur Commercial, Small & Medium Business BRI, Amam Sukriyanto.

    Para pemenang kategori terbaik antara lain:

    DBFOODS (Food & Beverage), produsen masakan Padang ready-to-eat dengan kemasan higienis
    Gulalibooks (Home Decor & Craft), penerbit buku anak interaktif yang mengedepankan literasi sejak dini dengan teknologi inovatif
    Long Story Short (Accessories & Beauty), brand fashion yang menghadirkan produk berbahan rotan Kalimantan berkualitas tinggi
    Bumbi (Fashion & Wastra), social enterprise yang mengembangkan popok bayi ramah lingkungan melalui pemberdayaan perempuan dan disabilitas
    Mambucha (Healthcare/Wellness), produsen teh fermentasi berbahan alami yang bermanfaat untuk kesehatan. 

    Juara Favorit diraih oleh Supergoat, produsen susu kambing bubuk premium dengan gula aren dan stevia, yang memperoleh suara terbanyak melalui mekanisme voting publik di pengusahamudabrilian.com.

    Perbesar

    Pengumuman Pemenang Pengusaha Muda BRILian saat gelaran BRI UMKM EXPO(RT 2025 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Minggu (2/2/2025)… Selengkapnya

    Program PMB 2024 melibatkan jajaran dewan juri dari berbagai sektor industri, termasuk Komisaris Independen BRI Nurmaria Sarosa, Super Mentor PMB 2024 Andy Zain, Founder & CEO Young On Top Billy Boen, Ketua Bidang UMKM dan Koperasi APINDO Ronald Walla, Direktur Utama PT Sarinah Fetty Kwartati serta CEO Martha Tilaar Group Kilala Tilaar. Evaluasi dilakukan berdasarkan inovasi bisnis, kesiapan tim, daya saing produk, serta kemampuan presentasi peserta selama program berlangsung.

    Lima pemenang kategori terbaik telah melewati seleksi bertahap dari Top 150, Top 75, hingga finalis Top 20, dengan berbagai tantangan dan sesi mentoring intensif. Sebagai bentuk apresiasi, BRI memberikan total hadiah senilai ratusan juta rupiah serta kesempatan memperoleh pinjaman dengan suku bunga 0% guna mendukung pertumbuhan bisnis mereka.

    Amam Sukriyanto menegaskan bahwa PMB merupakan bagian dari peran strategis BRI sebagai agen pembangunan dalam memperkuat ekosistem UMKM di Indonesia.

    “BRI berkomitmen untuk terus mendukung peningkatan kapabilitas dan daya saing pengusaha muda agar dapat naik kelas dan memperluas pasar hingga ke skala global. Kami berharap alumni PMB dapat menjadi lokomotif perubahan yang menginspirasi lebih banyak wirausaha muda di seluruh Indonesia,” ujar Amam Sukriyanto. 

    Perbesar

    Para Pemenang Pengusaha Muda BRILian 2024…. Selengkapnya

    Ke depan, BRI akan terus menghadirkan program pemberdayaan inovatif yang dirancang untuk mencetak lebih banyak wirausaha muda potensial, sehingga UMKM Indonesia semakin berkembang, mandiri, dan kompetitif di tingkat internasional.

    Seperti diketahui, BRI UMKM EXPO(RT) 2025 resmi ditutup pada Minggu, 2 Februari 2025. Melalui inisiatif strategis ini, BRI berkomitmen untuk mendorong semakin banyak UMKM binaan yang naik kelas dan berhasil menjangkau pasar internasional.

    BRI UMKM EXPO(RT) 2025 yang berlangsung pada 30 Januari hingga 2 Februari 2025 di ICE BSD City tersebut sukses dihadiri oleh lebih dari 69 ribu pengunjung, mencatatkan transaksi lebih dari Rp40 miliar dan berhasil merealisasikan kontrak ekspor mencapai USD 90,6 juta atau sekitar Rp1,5 triliun.

     

    (*)

  • JICT Persingkat Waktu Singgah Kapal Peti Kemas di Pelabuhan Tanjung Priok – Halaman all

    JICT Persingkat Waktu Singgah Kapal Peti Kemas di Pelabuhan Tanjung Priok – Halaman all

     

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sepanjang tahun 2024, Jakarta International Container Terminal (JICT)  menangani lebih dari 2 juta TEUs (peti kemas setara ukuran 20 feet) volume petikemas ekspor impor di Tanjung Priok. 

    Tren peningkatan volume tersebut diproyeksikan akan terus bertambah di 2025. 

    Hal ini dapat terlihat dari kedatangan kapal baru (Maiden Voyage) CMA CGM Kauri yang bersandar di terminal petikemas tersibuk di Indonesia tersebut.

    CMA CGM Kauri sendiri menghubungkan rute pelabuhan di Tiongkok Utara dan Filipina dengan pelabuhan di Indonesia melalui JICT.

    Direktur Utama JICT Ade Hartono mengatakan,  kedatangan Kapal CMA CGM Kauri menandakan peningkatan kepercayaan dari pengguna jasa terhadap pelayanan di terminal peti kemas tersebut.

    “Kami merasa terhormat sekaligus berterima kasih atas new service dari CMA CGM Kauri. Semoga JICT dapat terus memberikan pelayanan yang terbaik bagi pengguna jasa kami,” ujar Ade saat seremoni kedatangan kapal, di Dermaga Utara JICT, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (6/2/2025).

    Ade bilang, JICT berupaya mempersingkat waktu singgah kapal di pelabuhan (port stay) dengan beberapa pengadaan alat-alat baru.

    Hal ini selaras dengan program Pelindo guna mengintegrasikan ekosistem maritim nasional yang berkelas dunia.

    “Kita akan mengadakan crane baru dengan spek super post panamax, lima e-RTGC (alat bongkar muat lapangan) dan truk-truk baru. Ini semua menjadi refleksi dari komitmen JICT untuk mewujudkan pelayanan yang cepat dan handal sekaligus dapat mempersingkat port stay di JICT,” ujar Ade.      

    Kapten Kapal CMA CGM Kauri, Sviatoslav Getta mengatakan, pentingnya Indonesia dan JICT bagi CMA CGM Group.

    “Kami terkesan dengan aspek keamanan dan produktivitas pelabuhan yang ditunjukkan oleh JICT. Saya berharap peningkatan pelayanan JICT dapat berkontribusi positif bagi CMA CGM dan kapal-kapal yang bersandar di pelabuhan ini,” ujar Sviatoslav.

    Dalam acara seremoni kedatangan CMA CGM Kauri turut hadir Presiden Direktur CMA CGM Indonesia Michel Razak, Direktur Utama Subholding Pelindo Terminal Petikemas M. Adji, Chief officer CMA CGM Kauri Oleksandr Kornov dan Pihak Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok.

     

  • Perang Dagang AS vs China, Simak Untung Rugi untuk RI – Page 3

    Perang Dagang AS vs China, Simak Untung Rugi untuk RI – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Bank Indonesia menyebut kebijakan perdagangan yang dilakukan oleh Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, khususnya terkait dengan tarif dagang dengan China memiliki dampak yang signifikan terhadap ekonomi global, termasuk Indonesia.

    Diketahui, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengenakan tarif dagang 10 persen terhadap China. Kemudian, Pemerintah China menetapkan tarif impor bagi komoditas-komoditas asal AS sebagai balasan dari kebijakan Presiden AS Donald Trump.

    Direktur Departemen Kebijakan Ekonomi & Moneter (DKEM) Juli Budi Winantya, mengatakan meskipun ada banyak risiko yang dihadapi, tidak sedikit pula peluang yang dapat dimanfaatkan oleh Indonesia untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

    Salah satu dampak utama yang dirasakan Indonesia dari kebijakan tarif yang diterapkan oleh Trump, adalah risiko yang terkait dengan hubungan dagang Indonesia dengan China.

    “Dampak dari peningkatan, dari ketidakpastian ini yang terutama terkait dengan tarif. Itu di satu sisi memang ada risiko, terutama terkait dengan Tiongkok,” kata Juli dalam media briefing di Aceh, Jumat (7/2/2025).

    Dampak ke Ekspor Indonesia

    Juli menjelaskan, sebagai mitra dagang utama, pertumbuhan ekonomi China yang melambat dapat mempengaruhi permintaan ekspor Indonesia.

    Penurunan permintaan ekspor ke China bisa memperlambat laju pertumbuhan ekonomi Indonesia, terutama dalam sektor-sektor yang bergantung pada pasar Tiongkok.

    “Tiongkok itu mitra dagang utama kita. Sehingga yang terjadi dengan Tiongkok tentunya akan berpengaruh ke kita. Risikonya bisa dari ekspor kita yang melambat. Karena pertumbuhan ekonomi Tiongkok melambat,” ujarnya.

    Selain itu, kebijakan tarif yang diterapkan oleh Amerika Serikat juga menyebabkan produk-produk dari Tiongkok yang sebelumnya diekspor ke AS, kini terhambat.

    Hal ini bisa mengakibatkan produk-produk tersebut mencari pasar alternatif, salah satunya Indonesia. Dampaknya, pasar dalam negeri bisa jadi terhambat oleh peningkatan produk impor yang membanjiri pasar Indonesia, sehingga bisa merugikan industri dalam negeri.

    “Produk Tiongkok itu tidak bisa dijual lagi ke Amerika Serikat. Sehingga, bisa juga jadi membanjiri masuk ke Indonesia. Itu dari sisi risikonya ya,” jelasnya.

     

  • Kemenperin Bidik Perluasan Ekspor Produk Kerajinan  – Halaman all

    Kemenperin Bidik Perluasan Ekspor Produk Kerajinan  – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Industri kerajinan dalam negeri memiliki pangsa pasar ekspor yang potensial, peluang ini perlu terus dimaksimalkan oleh para pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM).

    Berdasarkan data yang diolah Pusdatin Kemenperin, kinerja ekspor industri kerajinan dalam negeri pada tahun 2024 mencapai angka 679,02 juta dolar AS.

    Adapun lima negara tujuan ekspor produk industri kerajinan Indonesia, yaitu ke China, Taiwan, Amerika Serikat, Jepang dan Belanda. 

    Kementerian Perindustrian berupaya mendorong promosi produk dan jenama kerajinan lokal ke pasar internasional melalui berbagai program strategis.

    Dalam upaya meningkatkan akses pasar produk-produk kerajinan dalam negeri, Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kemenperin memfasilitasi 10 IKM binaan untuk ikut serta dalam pameran Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft) ke 25 yang digelar sepekan pada 5-9 Februari 202 di Jakarta International Convention Center (JCC) Senayan. 

    Pameran produk kerajinan terbesar di Asia Tenggara tersebut kembali digelar sebagai ajang pameran dagang, wadah promosi, sekaligus sarana edukasi, sosialisasi dan kolaborasi antar komunitas perajin serta jenama kerajinan lokal dengan berbagai pihak.

    Pameran Inacraft tahun ini mengusung tema Sustainibility and Collaboration, dengan menetapkan kerajinan dan kesenian dari Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai Icon Pavilion, dengan tema The Cosmological Axis of Yogyakarta Living in Harmony.

    Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kemenperin Reni Yanita, menyampaikan IKM yang mendapatkan fasilitasi keikutsertaan dalam Inacraft, telah melalui proses kurasi dan seleksi yang dilaksanakan pada awal hingga pertengahan bulan Januari 2025.

    “Melalui fasilitasi pameran ini, kami berupaya menampilkan produk IKM yang inovatif dengan berkolaborasi dalam satu pavilliun. Yaitu, produk-produk kerajinan yang berkualitas tinggi sehingga dapat bersaing dengan produk impor dan meningkatkan posisi di pasar lokal,” ungkap Reni dalam keterangan, Kamis (6/2/2025).

    Adapun 10 IKM yang difasilitasi oleh Ditjen IKMA Kemenperin dalam Pameran Inacraft 2025, yakni Rubysh Jewelry, Hexagon by Zara Tentriabeng Designs, Intan Songket, Tuban Lokcan Tenun Gedhog dan Batik Tulis, Miss Allyna, Ketak Nusantara, Cemara Ceramics, Risman Wijaya Keramik, Cabaco.id dan Bagbone Leather. Lokasi paviliun Kemenperin untuk 10 IKM tersebut berada di Main Lobby Booth No.B JCC.

  • Pengusaha Muda Brilian 2024, Bukti Keberpihakan BRI dalam Mengembangkan UMKM Berdaya Saing Global

    Pengusaha Muda Brilian 2024, Bukti Keberpihakan BRI dalam Mengembangkan UMKM Berdaya Saing Global

    Jakarta: PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) terus memperkuat keberpihakan dalam mendukung pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), serta memberdayakan pengusaha muda berbakat di Indonesia. Melalui Program Pengusaha Muda BRILiaN (PMB) 2024, BRI kembali mencetak wirausahawan unggul yang siap berkontribusi dalam pengembangan ekonomi nasional.
     
    Program akselerasi bisnis ini telah berjalan selama 15 minggu dengan menghadirkan kurikulum strategis yang mencakup Visi dan Misi, Hukum & Perpajakan, Leadership, Ekspor & Percepatan Bisnis, hingga aspek Environment Social Governance (ESG). Dari lebih dari 2.000 peserta yang mendaftar, sebanyak 20 finalis terbaik berhasil melaju ke tahap akhir setelah melalui proses seleksi yang ketat.
     
    Dalam acara Closing Ceremony BRI UMKM EXPO(RT) 2025 di ICE BSD Nusantara Hall pada Minggu, 2 Februari 2025, penghargaan kepada para pemenang diserahkan langsung oleh Direktur Commercial, Small & Medium Business BRI, Amam Sukriyanto. Para pemenang kategori terbaik adalah DBFOODS (Food & Beverage), produsen masakan Padang ready-to-eat dengan kemasan higienis; Gulalibooks (Home Decor & Craft), penerbit buku anak interaktif yang mengedepankan literasi sejak dini dengan teknologi inovatif; Long Story Short (Accessories & Beauty), brand fashion yang menghadirkan produk berbahan rotan Kalimantan berkualitas tinggi; Bumbi (Fashion & Wastra), social enterprise yang mengembangkan popok bayi ramah lingkungan melalui pemberdayaan perempuan dan disabilitas; serta Mambucha (Healthcare/Wellness), produsen teh fermentasi berbahan alami yang bermanfaat untuk kesehatan.

    Sementara itu, Juara Favorit diraih oleh Supergoat, produsen susu kambing bubuk premium dengan gula aren dan stevia, yang memperoleh suara terbanyak melalui mekanisme voting publik di pengusahamudabrilian.com.
     
    Program PMB 2024 melibatkan jajaran dewan juri dari berbagai sektor industri, termasuk Komisaris Independen BRI Nurmaria Sarosa, Super Mentor PMB 2024 Andy Zain, Founder & CEO Young On Top Billy Boen, Ketua Bidang UMKM dan Koperasi APINDO Ronald Walla, Direktur Utama PT Sarinah Fetty Kwartati, serta CEO Martha Tilaar Group Kilala Tilaar. Evaluasi dilakukan berdasarkan inovasi bisnis, kesiapan tim, daya saing produk, serta kemampuan presentasi peserta selama program berlangsung. 
     
     

     
    Lima pemenang kategori terbaik telah melewati seleksi bertahap dari Top 150, Top 75, hingga finalis Top 20, dengan berbagai tantangan dan sesi mentoring intensif. Sebagai bentuk apresiasi, BRI memberikan total hadiah senilai ratusan juta rupiah serta kesempatan memperoleh pinjaman dengan suku bunga 0 persen guna mendukung pertumbuhan bisnis mereka.
     
    Amam Sukriyanto menegaskan bahwa PMB merupakan bagian dari peran strategis BRI sebagai agen pembangunan dalam memperkuat ekosistem UMKM di Indonesia.
     
    “BRI berkomitmen untuk terus mendukung peningkatan kapabilitas dan daya saing pengusaha muda agar dapat naik kelas dan memperluas pasar hingga ke skala global. Kami berharap alumni PMB dapat menjadi lokomotif perubahan yang menginspirasi lebih banyak wirausaha muda di seluruh Indonesia,” ujar Amam Sukriyanto.
     
    Ke depan, BRI akan terus menghadirkan program pemberdayaan inovatif yang dirancang untuk mencetak lebih banyak wirausaha muda potensial, sehingga UMKM Indonesia semakin berkembang, mandiri, dan kompetitif di tingkat internasional.
     
    Seperti diketahui, BRI UMKM EXPO(RT) 2025 resmi ditutup pada Minggu, 2 Februari 2025. Melalui inisiatif strategis ini, BRI terus berkomitmen untuk mendorong semakin banyak UMKM binaan yang naik kelas dan berhasil menjangkau pasar internasional. Acara yang berlangsung pada 30 Januari hingga 2 Februari 2025 di ICE BSD City tersebut sukses dihadiri oleh lebih dari 69 ribu pengunjung, mencatatkan transaksi lebih dari Rp40 miliar dan berhasil merealisasikan kontrak ekspor mencapai USD90,6 juta atau sekitar Rp1,5 triliun.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ROS)

  • Menko Airlangga: Pengembangan Riset dan Inovasi Perguruan Tinggi Kunci Pembangunan Ekonomi – Halaman all

    Menko Airlangga: Pengembangan Riset dan Inovasi Perguruan Tinggi Kunci Pembangunan Ekonomi – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menilai pengembangan riset dan inovasi kunci untuk menciptakan lompatan besar dalam pembangunan ekonomi, sebagaimana telah dibuktikan oleh berbagai negara maju.

    Airlangga berujar, pemerintah akan semakin mendorong perguruan tinggi nasional untuk memperkuat inovasi dan kapasitas serta kerja sama dalam mengembangkan penelitian dan pengembangan (Litbang) dengan industri strategis.

    “Mustahil ada lompatan besar tanpa adanya inovasi. Oleh karena itu, potensi besar komoditas Indonesia harus dimanfaatkan secara inovatif dan tepat melalui hilirisasi untuk memberikan dampak ekonomi yang lebih besar bagi perekonomian nasional dan kesejahteraan rakyat,” ujar Airlangga di Jakarta, Jumat (7/2/2025).

    Dalam konteks peran perguruan tinggi, Airlangga menegaskan bahwa kampus memiliki tanggung jawab besar dalam mendorong inovasi melalui penelitian dan pengembangan (Litbang) di berbagai sektor komoditas unggulan.

    “Perguruan tinggi juga perlu mengambil posisi strategis dalam mengembangkan sektor lainnya yakni digital yang saat ini tumbuh sangat pesat, termasuk berkolaborasi dengan berbagai institusi dan sektor industri, baik di tingkat nasional maupun global,” tutur Airlangga.

    Airlangga menjelaskan bahwa kebijakan hilirisasi sudah mulai diterapkan sejak 2009 melalui undang-undang yang mengatur pertambangan mineral dan batubara. Kebijakan tersebut melarang ekspor bahan mentah dan mendorong pengolahan di dalam negeri agar menciptakan nilai tambah yang lebih tinggi.

    Menurut Airlangga, pemerintah juga melakukan hilirisasi di sektor pertanian, termasuk komoditas unggulan ekspor seperti kelapa sawit. Indonesia telah memproduksi hampir 50 juta ton minyak sawit mentah (CPO) pada tahun 2024 dan saat ini telah mengimplementasikan Biodiesel B40.

    “Dengan adanya biofuel ini, kita berharap daya tahan energi dalam negeri semakin meningkat,” imbuh Airlangga.

    Hal ini disampaikan Airlangga saat menghadiri Grafika Talkshow: Peran dan Peluang Kampus dalam Agenda Hilirisasi dan Mewujudkan Ketahanan Energi yang digelar di Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta.

    Pada kesempatan yang sama, Menko Airlangga ikut menyaksikan penandatangan perjanjian kerja sama antara UGM dengan CNGR Advanced Material Co terkait pengembangan laboratorium Fakultas Teknik UGM yang berfokus pada penelitian dan pengembangan material untuk energi baru.

    CNGR merupakan perusahaan besar asal Tiongkok yang bergerak di industri pengolahan nikel dari hulu sampai hilir, serta pengembang inovasi di bidang energi material.