Topik: e-commerce

  • Duduk Perkara Nikita Mirzani Dituduh Peras Reza Gladys

    Duduk Perkara Nikita Mirzani Dituduh Peras Reza Gladys

    Jakarta, Beritasatu.com – Selebritas Nikita Mirzani menceritakan duduk perkara dituduh melakukan pemerasan terhadap Reza Gladys hingga ditetapkan sebagai tersangka.

    Nikita mengaku memiliki bukti produk skincare dokter Reza Gladys, yang diperjualbelikan di e-commerce, bersifat membahayakan.

    “Dia mencari gue, karena gue memiliki produk dia yang berbahaya yang ada jarum suntiknya yang tidak boleh diperjualbelikan di e-commerce. Karena, kalau ada jarum suntik maka harus melakukan di klinik atau sama orang-orang yang berkompeten. Namun, dia menjualnya di e-commerce sama orang-orang yang tidak mengerti apa-apa. Pokoknya tinggal pakai saja, katanya bisa glowing, sehat dan segala macamnya,” ucap Nikita Mirzani di podcast Comic 8 Revolution, Sabtu (22/2/2025).

    “Gue punya produk dia, dia tahu lalu mencarilah nomor telepon gue melalui teman-teman terdekat gue,” tuturnya.

    Karena memiliki bukti produk skincare yang berbahaya tersebut, membuat keberadaan Nikita terus dicari Reza Gladys. Hingga akhirnya Reza memperoleh nomor sahabat Nikita Mirzani, dokter Oky Pratama.

    “Nah, dia (Reza Gladys) menghubungi dokter Okky dan berkali-kali menghubunginya, tetapi sama dokter Okky enggak direspons sama sekali. Karena mendesak terus, akhir direspons. Dokter Okky bertanya ‘ada apa teteh? Kok mencari Nikita terus? Memangnya mau bertemu?’. Reza bilang ‘iya mau ketemu sama dia, mau silaturahmi’,” ungkapnya.

    “Singkat cerita dokter Okky bercerita ke saya dengan bilang ‘ini Reza Gladys mau bersilaturahmi sama lo, bagaimana?’. Di situ gue bilang ke dokter Okky ‘enggak mau, dok’,” tambahnya.

    Nikita Mirzani terpaksa memberikan nomor asistennya, Mail kepada dokter Okky karena Reza Gladys terus memaksa.

    “Karena si Reza memaksa akhirnya dikasih sama dokter Oky nomor telepon si Mail salah satu sahabat gue yang sudah puluhan tahun. Reza Gladys menghubungi Mail terus, tadinya enggak mau angkat tetapi dihubungi ke nomor yang lain sama Mail diangkat,” lanjutnya.

    “Reza bilang ‘mau dong bertemu dengan kak Niki’. Ucapannya Reza ratu flexing ke Mail itu sesuai dengan rekaman 9 menit yang Reza ratu Flexing rekam yang sudah menjadi barang bukti di cyber Polda,” lanjutnya.

    “Alhamdulillah dia rekam, sehingga bisa kedengaran dengan jelas dan di situ tidak ada pemaksaan, pemerasan, pengancaman,” jelasnya.

    “Mail bilang ‘mau bertemu buat apa?’, karena Mail itu agak cong di situ Mail bilang kalau mau bertemu dengan Nikita tidak bisa bersilaturahmi begitu saja kan dia artis. Mail berkata demikian kan benar, karena gue datang ke podcast ini saja gue dibayar,” paparnya.

  • Simak Kisah Sukses Skin Game di Industri Kecantikan bersama Shopee

    Simak Kisah Sukses Skin Game di Industri Kecantikan bersama Shopee

    Jakarta, CNBC Indonesia – Pertumbuhan e-commerce membuka peluang lebih besar bagi pelaku UMKM dan brand lokal dalam mengembangkan bisnisnya, termasuk untuk industri kecantikan. Salah satu kisah inspiratif datang dari Skin Game, brand lokal kecantikan yang telah hadir di tengah masyarakat sejak tahun 2020.

    Mengawali bisnis pada 2020, bukanlah hal mudah bagi Michella Ham (28), Founder Skin Game. Di usianya yang terhitung muda, Michella memberanikan diri melangkah dan membangun bisnis dengan menggunakan modalnya sendiri.

    “Dengan keterbatasan ruang gerak di tahun tersebut, kami mencoba mengeksplorasi peluang bisnis yang ada di e-commerce dan terbukti kami merasakan dampak signifikan setelah berjualan melalui Shopee. Dapat dikatakan Shopee menjadi platform e-commerce pertama, dimana Skin Game lahir dan memutuskan untuk membuka toko online pertama kami,” kata Founder Skin Game Michella Ham, dikutip Jumat (21/2/2025).

    “Sebagai pelaku usaha lokal yang masih merintis, memiliki platform yang dapat diandalkan merupakan hal penting, baik untuk berjualan maupun sebagai pendukung yang dapat memberikan arahan dalam memanfaatkan peluang. Sudah hampir 5 tahun berlalu, kami telah bertumbuh bersama dengan dukungan program serta fitur yang dihadirkan Shopee. Hingga saat ini, Shopee terus menjadi e-commerce dengan kontribusi penjualan terbesar bagi Skin Game. Pada puncak 12.12 kemarin, peningkatan pesanan Skin Game mencapai lebih dari 7 kali lipat dibandingkan dengan hari biasa,” tambah dia.

    Foto: dok Skin Game

    Unjuk Potensi Produk Lokal melalui Rangkaian Koleksi Skin Game

    Brand lokal Skin Game tidak mendapatkan keberhasilan mereka dalam satu malam. Dengan modal awal yang minim dan dari tabungannya sendiri, Michella berupaya mengalokasikan dananya secara bijaksana.

    Hal ini dilakukan agar dapat mencakup semua biaya mulai dari marketing, operasional serta produksi. Saat awal berdiri, berbagai rangkap pekerjaan dari hulu ke hilir dilakukan sendiri sampai akhirnya Skin Game secara perlahan mulai dikenal banyak orang dan menghasilkan keuntungan.

    Berkat kegigihan Michella, pertumbuhan dalam bisnis Skin Game pun terlihat, mulai dari ekspansi jumlah tim, gudang, kantor serta kantor Skin Game yang sebelumnya berlokasi di rumah, saat ini sudah memiliki ruko kantor milik sendiri.

    Terinspirasi dari perjalanannya saat menemani proses suaminya berjuang melawan jerawat, Michella awalnya menghadirkan Acne Warrior, sebagai salah satu produk pertama Skin Game. Saat itu motivasi Michelle didasari oleh keterbatasan rangkaian pilihan produk lokal khususnya krim totol jerawat, yang kerap diandalkan banyak pejuang jerawat.

    Berawal dari fokus untuk melawan permasalahan jerawat pada kulit, saat ini Skin Game berhasil memperluas produknya sebagai solusi untuk berbagai masalah kulit lainnya. Hingga saat ini pun, setiap produk yang dilahirkan Skin Game memiliki cerita yang berkesan dan terinspirasi dari permintaaan konsumen

    “Dari awal hadir, Skin Game berfokus pada value edukasi. Kami memiliki program online consultation langsung dengan founder dan ada pula program komplain langsung dengan founder. Dengan interaksi yang dekat dengan konsumen, Skin Game melahirkan produk yang sesuai dengan permintaan dan kebutuhan konsumen,” terang dia.

    “Dalam membangun bisnis, saya menganut slow beauty, yaitu tidak perlu varian produk yang beragam tetapi menghadirkan produk yang tepat sasaran. Proses development produk baru Skin Game dibantu oleh formulator yang memiliki background farmasi dan memiliki kredibilitas untuk menciptakan formulasi produk terbaik. Produk-produk Skin Game pun diproduksi oleh pabrik di Indonesia,” jelas Michella.

    Di tengah persaingan ketat dalam industri kecantikan lokal, Skin Game terus gigih untuk memperkuat brand mereka di kalangan konsumen. Tidak hanya menghadirkan Basic Skin Care yang menjadi andalan masyarakat, memperkuat relasi dan hubungan dengan konsumen menjadi salah satu strategi yang mereka junjung sejak awal hadir.

    Untuk terus membangun interaksi, adaptasi kerap dilakukan, salah satunya dengan mengoptimalkan fitur dan peluang yang ditawarkan teknologi e-commerce.

    Foto: dok Skin Game

    Rahasia Kesuksesan: Strategi Tepat Lewat Pemasaran dan Fitur Interaktif

    Dalam mengembangkan bisnis kecantikan brand lokal miliknya, Skin Game berupaya membangun strategi tepat dengan berkomunikasi aktif bersama tim internal dan tim Shopee. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan rekomendasi strategi yang dapat dijalankan khususnya dalam hal pemasaran.

    Setiap kampanye Shopee yang dihadirkan seperti gajian sale maupun kampanye tanggal kembar, Skin Game berdiskusi guna menghadirkan aktivasi promosi yang menarik agar dapat menarik perhatian konsumen. Sejak bergabung dengan Shopee, Skin Game merasakan dampak yang signifikan dalam penjualan bisnisnya.

    Dengan berjualan di Shopee, tim Skin Game dapat melakukan analisis data yang lebih menyeluruh, setiap terjadinya kenaikan atau penurunan dapat ditinjau dari data yang ditampilkan pada dashboard seller center, sehingga keputusan yang diambil menjadi lebih konkret.

    Shopee juga membantu untuk meningkatkan awareness dan memperluas jangkauan brand ke banyak konsumen baru. Berjalannya waktu, fitur yang ditawarkan Shopee semakin lengkap, seperti Shopee Live dan Shopee Video.

    Hal ini sangat mempermudah penjual, khususnya UMKM dan brand lokal untuk memperkuat relasi dan meningkatkan performa bisnis.

    “Sejak pertama kali Shopee Live dan Shopee Video hadir, Skin Game sudah aktif menggunakan fitur interaktif tersebut. Walaupun pada tahap awal sempat uji coba dahulu untuk pengaplikasiannya, namun lambat laun kami mulai menemukan metode best practice dalam memanfaatkan kedua fitur tersebut. Lewat Shopee Live, kami merasakan peningkatan revenue terutama saat hari puncak kampanye,” kata dia.

    “Respons pengguna yang heboh dan seru saat sesi live berlangsung mendorong kami untuk rutin menjalankan live di Shopee. Banyak sekali subsidi diskon yang diberikan oleh Shopee yang sangat membantu para penjual lokal seperti kami. Khususnya pada saat peluncuran produk baru, Shopee Live menjadi tools yang sangat bermanfaat untuk mempermudah edukasi konsumen seputar produk dan memberikan kesempatan untuk tanya jawab secara langsung,” jelas Michella.

    Untuk mendukung pertumbuhan produk lokal dan UMKM, Shopee memiliki kanal Shopee Pilih Lokal yang terus diminati oleh pembeli. Di tahun 2024, pertumbuhan penjualan di Shopee Pilih Lokal meningkat 200% dan salah satu faktor pendukungnya adalah hadirnya kampanye khusus setiap tanggal 17 yang memberikan penawaran khusus bagi pembeli produk lokal.

    Shopee terus berkomitmen untuk menjadi kawan dalam perjalanan UMKM meraih sukses bersama platform digital. Sejalan dengan komitmen tersebut, Shopee berupaya menghadirkan berbagai program dan inovasi fitur untuk membantu pengusaha UMKM lokal memperluas jangkauan mereka, meningkatkan daya saing, dan memberikan dampak ekonomi.

    (dpu/dpu)

  • RDPU di DPR, Majid Umar Dorong Modernisasi Koperasi dalam RUU Perkoperasian – Halaman all

    RDPU di DPR, Majid Umar Dorong Modernisasi Koperasi dalam RUU Perkoperasian – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Transformasi koperasi memasuki babak baru seiring dengan pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Koperasi 2025 di DPR.

    Dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan Badan Legislasi (Baleg) DPR yang dipimpin Wakil Ketua Baleg, Sturman Panjaitan, Kamis (20/2/2025), Ketua Koperasi Simpan Pinjam & Pembiayaan Syariah BMT UGT Nusantara, Abd Majid Umar, menyoroti pentingnya modernisasi koperasi agar lebih relevan di era digital.

    Menurutnya saat ini Indonesia memiliki sekitar 127.000 koperasi aktif, namun 42 persen di antaranya menghadapi masalah tata kelola.

    “Koperasi harus beradaptasi dengan perkembangan zaman. Tanpa inovasi, koperasi akan tertinggal,” ujar Abd Majid Umar, Jumat (21/2/2025).

    Ia menekankan bahwa Undang-Undang No. 25 Tahun 1992 sudah tidak relevan dengan kebutuhan koperasi di era digital, mengingat 78 persen pasalnya tidak mengakomodasi inovasi teknologi.

    RUU Koperasi 2025 dirancang untuk mendorong digitalisasi dan modernisasi koperasi, termasuk penguatan sistem pengawasan dan tata kelola.

    “Integrasi sistem keuangan syariah menjadi salah satu langkah strategis agar koperasi lebih inklusif,” tambahnya.

    Salah satu tantangan besar yang dihadapi koperasi adalah lemahnya pengawasan.

    Menurutnya, kurangnya standarisasi dalam pengawasan menyebabkan 854 kasus penyimpangan tidak terdeteksi. Sistem database koperasi yang tidak terintegrasi juga memperburuk efisiensi pengawasan.

    Abd Majid Umar menyoroti persoalan politisasi jabatan, di mana 82 persen kepala dinas koperasi berasal dari jabatan politis, yang berdampak pada inkonsistensi kebijakan.

    Selain itu, kompetensi pengawas juga menjadi perhatian, dengan 73 persen pengawas tidak tersertifikasi dan 65 persen tidak memahami audit modern.

    “Manajemen risiko juga masih lemah. Pelatihan yang lebih komprehensif perlu diterapkan,” katanya.

    Digitalisasi koperasi menghadapi berbagai hambatan, mulai dari dualisme sistem pencatatan (manual dan digital), keamanan data yang rentan, hingga minimnya infrastruktur digital.

    “Sebanyak 75 persen koperasi belum memiliki sistem keamanan yang memadai, ini meningkatkan risiko kebocoran data anggota,” jelas Abd Majid Umar.

    Selain itu, beban pajak yang tinggi juga menjadi kendala utama koperasi.

    “Sebesar 15 persen dari surplus harus dialokasikan untuk pajak, ini menambah beban administratif koperasi,” ungkapnya.

    Ia mengusulkan reformasi perpajakan dengan pemberian insentif khusus dan penyederhanaan administrasi pajak untuk koperasi.

    Untuk menyongsong era baru koperasi, Abd Majid Umar menekankan perlunya pengembangan sumber daya manusia (SDM) melalui program sertifikasi dan pendidikan berkelanjutan.

    “Literasi digital harus diperkuat, begitu juga dengan kaderisasi kepemimpinan di koperasi,” ujarnya.

    Selain itu, penguatan infrastruktur digital seperti platform transaksi yang terintegrasi, keamanan sistem, serta integrasi layanan keuangan menjadi prioritas utama.

    “Pengembangan mobile banking, payment gateway, dan platform e-commerce dapat meningkatkan daya saing koperasi,” tambahnya.

    Abd Majid Umar juga menekankan pentingnya sinergi antara koperasi dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk fintech dan sektor swasta.

    “Kolaborasi adalah kunci. Dengan berbagi infrastruktur dan melakukan pooling sumber daya, koperasi dapat lebih efisien dan kompetitif,” katanya.

    RUU Koperasi 2025 diharapkan menjadi landasan hukum yang lebih adaptif dan progresif.

    “Ini bukan sekadar perubahan regulasi, tapi sebuah revolusi koperasi menuju masa depan yang lebih cerah,” tutup Abd Majid Umar.

  • Mau Rintis Bisnis? Shopee Luncurkan Program Dukungan buat UMKM Baru

    Mau Rintis Bisnis? Shopee Luncurkan Program Dukungan buat UMKM Baru

    Jakarta

    Sambut Ramadan, UMKM punya peluang berbisnis secara optimal di tahun 2025. Hal ini didukung program pemerintah yang terus memprioritaskan para pelaku usaha lokal dan UMKM, juga hadirnya platform e-commerce yang tengah berlomba-lomba menciptakan program inovatif guna memberikan berbagai keuntungan bagi pelaku usaha lokal dan UMKM.

    Salah satu ecommerce di Indonesia, Shopee yang memperkenalkan program terbarunya untuk UMKM yakni ‘Program Sukses UMKM Baru’, bersamaan dengan diselenggarakannya acara ‘Anak Muda Bisa Ekspor’ besutan SMESCO bersama Kementerian UMKM RI di Gedung Smesco, Pancoran, Jakarta Selatan. Head of Public Affairs Shopee Indonesia Radynal Nataprawira menjelaskan tujuan program ini.

    “Program Sukses UMKM Baru kami hadirkan untuk mendukung akselerasi digitalisasi UMKM di Indonesia. Pengusaha UMKM dapat memanfaatkan program ini untuk mulai merintis toko online mereka dan meningkatkan kapasitas bisnis secara langsung, dengan lebih mudah,” jelas Radynal.

    Foto: dok. Istimewa

    Shopee memberikan tiga dukungan khusus untuk UMKM yang baru bergabung di Shopee yaitu, Gratis Biaya Administrasi untuk 50 produk pertama yang terjual, Gratis Biaya Layanan Gratis Ongkir XTRA untuk 200 pesanan pertama, hingga Voucher Toko senilai Rp 1.000.000 untuk memberikan diskon promosi bagi pembeli. Selama bulan Ramadan tahun 2025, Shopee juga memberikan tambahan dukungan bagi pengusaha UMKM baru yang bergabung mulai 20 Februari-31 Maret 2025, berupa saldo iklan Rp 75.000 dan voucher toko tambahan senilai Rp 1.000.000 untuk memaksimalkan penjualan selama periode Ramadan karena penjualan di bulan ini biasanya juga meningkat.

    Hadirnya Program Sukses UMKM Baru sekaligus menjadi katalis dalam upaya digitalisasi UMKM. Per tahun 2024, Kementerian Koperasi dan UKM RI mencatatkan ada 66 juta UMKM di Indonesia dan baru sekitar 25 juta di antaranya yang mengadopsi teknologi digital

    UMKM bisa memanfaatkan kemudahan dari program ini untuk mulai merintis bisnis di ekosistem digital. Menurut Radynal, pentingnya ‘melek digital’ menjadi kunci utama kesuksesan para pelaku usaha lokal dalam mendapatkan peluang tersebut.

    “Pemerintah juga secara konsisten bersinergi dengan kami dalam merealisasikan program UMKM, khususnya program itu (Program Sukses UMKM Baru),” tambah Radynal.

    Foto: dok. Istimewa

    Selain program ini, Shopee juga pekan lalu meluncurkan Kampus UMKM Shopee Kelas Online yang juga diharapkan bisa memberikan bantuan bagi UMKM dalam meningkatkan pengetahuan digital mereka. Dalam program ini, UMKM bisa mendaftar pada bermacam-macam kurikulum dan kelas sesuai kebutuhan, yang hadir secara gratis pada setiap hari Senin sampai Jumat.

    Keuntungan Program Sukses UMKM baru ditujukan bagi UMKM yang baru memulai berjualan online di Shopee mulai 1 Januari 2025 lalu. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di website Shopee: https://seller.shopee.co.id/edu/article/24026.

    (prf/ega)

  • Amazon Tutup Appstore untuk Android, 600.000 Pengembang Aplikasi Terdampak

    Amazon Tutup Appstore untuk Android, 600.000 Pengembang Aplikasi Terdampak

    Bisnis.com, JAKARTA — Amazon, perusahaan e-commerce asal Amerika Serikat, menutup toko aplikasi (app store) untuk Android setelah 14 tahun bersaing dengan Google Play. Appstore Amazone berhenti per 20 Agustus 2025. 

    Dilansir dari GSMArena, Jumat (21/2/2025), langkah ini disertai penutupan program Amazon Coins dan pembatasan akses aplikasi bagi 500.000+ pengguna global.  

    Sementara itu analis GSMArena menilai langkah yang diambil Amazon merupakan langkah yang rasional untuk tetap bertahan di tengah persaingan yang makin ketat. Perusahaan harus bergerak lebih efisien terlebih Amazone Appstore tidak memiliki nilai jual keunikan. 

    “90% aplikasi di Appstore sudah tersedia di Google Play. Ini langkah logis untuk efisiensi” tulis Analis Pasar GSMArena. 

    Persaingan ketat diduga turut berpengaruh pada keputusan Amazon menutup toko aplikasinya. Amazon hanya hanya memiliki 500.000+ aplikasi vs 3,5 juta aplikasi di Google Play.

    Dari sisi instalasi, Amazon Appstore juga rumit. Pengguna harus sideload APK secara manual dengan mengaktifkan “Install from unknown sources”, karena risiko keamanan. 

    Sementara itu Phone Arena melaporkan lini masa penutupan diawali pada penghentian pembelian Amazon Coins pada 21 Februari 2025. Penghentian ini membuat pengembang aplikasi tidak dapat lagi menyetor aplikasi baru. 

    Kemudian pada 20 Agustus, Appstore tidak bisa diakses di Android, aplikasi mungkin ‘crash’ saat dicoba diakses. 

    Adapun mengenai nasib saldo tersisa, Amazon akan melakukan refund  tetapi mekanismenya belum diumumkan.  Pengguna disarankan menghabiskan saldo koin sebelum Agustus.  

    Tidak hanya itu, penghentian ini juga bakal berdampak pada berhentinya aplikasi Lords Mobile. Kemudian, sebanyak 600.000 developer kehilangan saluran distribusi alternatif.  

    Amazon akan pertahankan Appstore untuk Fire Tablet/Fire TV sambil fokus pada integrasi layanan seperti Alexa dan Prime Video di ekosistem pihak ketiga

  • BRImo Pilihan Utama Aplikasi Perbankan Terfavorit di Indonesia

    BRImo Pilihan Utama Aplikasi Perbankan Terfavorit di Indonesia

    Jakarta, Beritasatu.com – Perkembangan teknologi digital semakin mendorong peningkatan layanan perbankan berbasis aplikasi. Salah satu yang mencuri perhatian adalah BRImo, aplikasi mobile banking dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. 

    Sepanjang 2024, BRImo berhasil menjadi aplikasi perbankan dengan jumlah unduhan terbanyak di Indonesia. Berdasarkan laporan State of Mobile 2025 dari Sensor Tower, BRImo mendominasi kategori perbankan konsumer dengan total unduhan mencapai 119 juta kali. 

    Keberhasilannya tidak lepas dari inovasi berkelanjutan dan fitur-fitur canggih yang memberikan kemudahan bagi pengguna dalam melakukan transaksi keuangan. Dengan popularitas yang terus meningkat, BRImo membuktikan bahwa layanan perbankan digital semakin menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat Indonesia.

    Dominasi BRImo di Industri Perbankan Digital

    Dengan total 119 juta unduhan, BRImo semakin mengukuhkan posisinya sebagai aplikasi perbankan digital yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia. Keberhasilannya didukung oleh fitur-fitur inovatif yang memudahkan pengguna dalam melakukan transaksi keuangan secara cepat dan mudah. Fitur-fitur yang menjadi unggulan antara lain :

    – Investasi, terdiri dari Tabungan Emas, Dana Pensiun, RDN (Rekening Dana Nasabah), Deposito, SBN, dan Tabungan Rencana.
    – Tabungan valas yang bisa dihubungkan dengan Debit BRI berlogo Mastercard melalui BRImo. Fitur ini memudahkan untuk transaksi selama di luar negeri tanpa biaya selisih kurs.
    – Lifestyle, diantaranya memudahkan untuk belanja harian, beli dan bayar tiket untuk travelling tanpa pindah aplikasi, dan fitur lainnya.

    Tren Unduhan Aplikasi di Indonesia

    Selain BRImo, kategori aplikasi lain juga mengalami pertumbuhan signifikan dalam jumlah unduhan sepanjang 2024:
    – Media Sosial: 367 juta unduhan dengan TikTok sebagai aplikasi terpopuler.
    – Kustomisasi Nada Dering: 195 juta unduhan, dipimpin oleh Facemoji AI Emoji Keyboard.
    – Media dan Hiburan: 180 juta unduhan, dengan Dramabox mengungguli Netflix dan Disney.
    – Dompet Digital & Pembayaran P2P: 179 juta unduhan, dengan DANA sebagai pemimpin kategori ini.
    – E-commerce: 135 juta unduhan, dengan Shopee mendominasi pasar.
    – Streaming Musik: 89,2 juta unduhan, dengan Spotify sebagai aplikasi favorit pengguna.

    Indonesia, Pasar Besar untuk Aplikasi Mobile

    Indonesia menempati posisi keempat secara global dalam jumlah unduhan aplikasi dengan total 7,79 miliar kali sepanjang 2024 di bawah India, Amerika Serikat, dan Brasil dalam hal jumlah unduhan.

    Tren pertumbuhan ini tetap positif meskipun secara global terjadi penurunan jumlah unduhan aplikasi dari tahun 2020 yang sempat meningkat akibat pandemi Covid-19. Dibandingkan 2023, di mana jumlah unduhan aplikasi di Indonesia mencapai 7,17 miliar kali, tahun 2024 menunjukkan peningkatan.

    BRImo, Pilihan Utama Masyarakat Indonesia

    Keberhasilan BRImo sebagai aplikasi perbankan terpopuler menegaskan bahwa masyarakat Indonesia semakin mengandalkan layanan perbankan digital dalam kehidupan sehari-hari. Dengan fitur-fitur canggih dan kemudahan akses, BRImo diprediksi akan terus berkembang dan menjadi bagian penting dalam ekosistem keuangan digital di Indonesia.

  • 1 Tahun Akuisisi ByteDance, Penjualan FMCG TikTok Shop & Tokopedia Naik 34%

    1 Tahun Akuisisi ByteDance, Penjualan FMCG TikTok Shop & Tokopedia Naik 34%

    Bisnis.com, JAKARTA – Penjualan di TikTok Shop dan Tokopedia mengalami peningkatan signifikan pada periode Februari 2024 – Januari 2025. Tepatnya, satu tahun setelah ByteDance sebagai induk usaha TikTok Shop mengakuisisi Tokopedia pada 31 Januari tahun lalu.

    Menurut Compas Market Insight Dashboard, nilai penjualan TikTok Shop di sektor fast moving consumer goods (FMCG) meningkat sebesar 34,2%, dari Rp1,69 triliun menjadi Rp2,27 triliun pada Februari 2024 – Januari 2025. Dengan rerata pertumbuhan penjualan bulanan mencapai 3,28%.

    “Sebanyak 69% kontribusi penjualan FMCG di TikTok Shop berasal dari kategori perawatan dan kecantikan. Menariknya, dalam periode satu tahun, 4 kategori produk dengan nilai penjualan tertinggi di platform ini berhasil mencapai lebih dari Rp1 triliun,” kata Co-founder dan CEO Compas.co.id Hanindia Narendrata dalam siaran pers, Rabu (19/2/2025).

    Lebih detil, penjualan produk body lotion dan body butter tercatat mencapai Rp1,68 triliun, pelembap wajah Rp1,5 triliun, parfum dan wewangian Rp1,2 triliun, dan serum wajah Rp1,1 triliun. 

    Selain itu, sambungnya, strategi penjualan paket bundling di TikTok Shop juga menjadi faktor utama dalam peningkatan penjualan. Compas Market Insight Dashboard menyebut 8 dari 10 produk kecantikan dengan nilai penjualan tertinggi adalah produk bundling.

    Sementara itu, kategori makanan dan minuman memiliki kontribusi yang berbeda di kedua platform. Dalam 1 tahun terakhir, kontribusi kategori makanan dan minuman di TikTok Shop sebesar 14%, sedangkan di Tokopedia mencapai 40,2%.

    Namun, jika dibandingkan dari nilai penjualan, kedua platform bersaing ketat sepanjang tahun 2024. Pada Februari 2024, nilai penjualan kategori makanan dan minuman di Tokopedia mencapai Rp315 miliar, sementara di TikTok Shop sebesar Rp276 miliar.

    “Pada Januari 2025, kedua platform mengalami sedikit penurunan, dengan Tokopedia mencatatkan Rp301 miliar, sedangkan TikTok Shop mencatat Rp305 miliar, hanya selisih Rp4 miliar,” jelas Narendrata.

    Dijelaskan, mayoritas konsumen TikTok Shop cenderung membeli camilan dan makanan ringan, dengan keripik dan kerupuk sebagai produk dengan angka penjualan tertinggi, mencatatkan Rp521 miliar. 

    Beberapa kategori produk makanan lainnya yang juga mencatatkan angka signifikan meliputi makanan ringan Rp253 miliar, kopi Rp225 miliar, minuman bubuk Rp197 miliar dan susu bubuk Rp186 miliar.

    Di sisi lain, Tokopedia menunjukkan tren berbeda dengan bahan makanan pokok sebagai kategori produk yang paling banyak dibeli konsumen. Produk dengan penjualan tertinggi di Tokopedia adalah kopi, dengan nilai mencapai Rp365 miliar.

    Produk lain yang juga memiliki kontribusi besar meliputi daging segar Rp307 miliar, minyak goreng Rp188 miliar, susu bubuk Rp187 miliar, dan penyedap rasa Rp177 miliar.

    “Berdasarkan riset Compas.co.id, 9 dari 10 produk terlaris di kategori Kopi di Tokopedia berasal dari brand lokal. Ini menunjukkan tingginya minat konsumen terhadap kopi lokal di platform ini. Berbeda dengan TikTok Shop, dari 10 produk dengan nilai penjualan tertinggi di kategori keripik dan kerupuk, 8 di antaranya merupakan keripik viral,” ujarnya.

    Dia menambahkan perbedaan karakteristik produk yang laris di TikTok Shop dan Tokopedia dipengaruhi pola konsumsi dan strategi pemasaran masing-masing platform. 

    Di TikTok Shop, camilan lebih diminati karena didukung oleh fitur live shopping yang efektif untuk promosi. Sementara itu, Tokopedia lebih banyak menjual bahan pokok, sejalan dengan preferensi konsumen yang mencari produk esensial melalui e-commerce yang berorientasi pada kebutuhan sehari-hari.

  • Otak Pembunuh Balita Dililit Lakban di Banten Terancam Hukuman Mati
                
                    
                        
                            Regional
                        
                        19 Februari 2025

    Otak Pembunuh Balita Dililit Lakban di Banten Terancam Hukuman Mati Regional 19 Februari 2025

    Otak Pembunuh Balita Dililit Lakban di Banten Terancam Hukuman Mati
    Tim Redaksi
    SERANG, KOMPAS.com
    – Saenah, terdakwa utama kasus
    pembunuhan balita
    APH (4) di Kota Cilegon, Banten, didakwa dengan pasal pembunuhan berencana dan terancam hukuman mati.
    Dalam sidang di Pengadilan Negeri Serang, Rabu (19/2/2025), Jaksa Kejari Cilegon Rima Eka Hardiyani menyatakan bahwa Saenah dijerat Pasal 340 KUHP Jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP.
    “Mereka yang melakukan, yang menyuruh melakukan, dan turut serta melakukan, dengan sengaja dan dengan rencana terlebih dahulu merampas nyawa orang lain,” ujar Rima saat membacakan dakwaan.
    Selain itu, Saenah juga didakwa dengan Pasal 338 Jo Pasal 55 Ayat (1) KUHP dan atau Pasal 80 Jo Pasal 76F Undang-Undang Perlindungan Anak.
    Dalam dakwaan, Saenah disebut memiliki motif sakit hati terhadap ibu korban, Amelia Pransica, yang sering menyuruhnya membayarkan belanjaan melalui
    e-commerce
    tanpa mengembalikan uang.
    Awalnya, ia berencana menganiaya Amelia, tetapi pada 15 September 2024, rencana berubah menjadi menargetkan anaknya karena Amelia sedang hamil besar.
    Pada 17 September 2024, Saenah bersama Emi membawa APH ke sebuah gudang yang telah disewa sebelumnya untuk melancarkan aksinya. Di dalam gudang, korban dibekap dengan lakban dan dipukul hingga meninggal dunia.
    Setelahnya, jasad korban dimasukkan ke dalam tas gunung dan dibawa ke berbagai lokasi untuk dibuang.
    Saenah dan rekannya, Rahmi, sempat berencana menguburkan korban di Kecamatan Kasemen, Kota Serang, namun rencana itu batal.
    Akhirnya, mayat APH dibuang ke Sungai Cihara, Kabupaten Lebak, oleh terdakwa Ujang.
    Dalam kasus ini, empat terdakwa lain, yakni Emi dan Rahmi, didakwa dengan pasal yang sama. Sementara itu, Yayan dan Ujang yang membantu membuang jenazah didakwa Pasal 233, dan atau 221 ayat (1), dan atau 181 KUHPidana.
    Sidang yang sempat tertunda karena Saenah menolak pengacara yang ditunjuk akhirnya kembali digelar.
    “Mohon maaf yang mulia,” ucap Saenah lirih di hadapan majelis hakim.
    Sidang akan dilanjutkan pekan depan dengan agenda mendengarkan eksepsi atas dakwaan jaksa.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Cara Pengajuan Kartu Kredit BCA dari Aplikasi myBCA, Kapan Saja dan di Mana Saja

    Cara Pengajuan Kartu Kredit BCA dari Aplikasi myBCA, Kapan Saja dan di Mana Saja

    PIKIRAN RAKYAT – Jika sebelumnya pengajuan untuk membuat kartu kredit dirasa cukup sulit, sekarang sudah tidak lagi. Bahkan, dengan kemajuan teknologi saat ini, cara pengajuan Kartu Kredit BCA sudah bisa dilakukan hanya dari satu aplikasi, yaitu myBCA.

    Dengan kemudahan ini, seluruh nasabah dan non-nasabah BCA bisa mengajukan pembuatan kartu kredit kapan saja dan di mana saja. Bahkan, status pengajuan yang dibuat juga bisa dilacak dari aplikasi myBCA.

    Berikut adalah keuntungan membuat Kartu Kredit BCA dan cara pengajuannya.

    Mengapa Harus Kartu Kredit BCA?

    Diantara banyak pilihan kartu kredit saat ini, berikut adalah berbagai keuntungan menggunakan Kartu Kredit BCA.

    Pengaturan Kartu Kredit yang Lebih Mudah

    Selain bisa diajukan pembuatannya di myBCA, seluruh transaksi Kartu Kredit BCA juga bisa dikontrol lewat aplikasi tersebut. Mulai dari aktivasi, kontrol kartu, atur dan request limit, blokir kartu, detail kartu, hingga ubah PIN, semuanya bisa diatur secara online via smartphone dari aplikasi myBCA.

    Berbagai Promo Menarik

    Setiap bulannya akan ada promo menarik dari berbagai merchant untuk pemegang Kartu Kredit BCA.

    Mendapatkan Reward BCA

    Ini merupakan loyalty point BCA yang didapatkan setiap menggunakan Kartu Kredit BCA di Indonesia dan luar negeri.

    Reward BCA ini akan terakumulasi menjadi saldo yang bisa dipakai untuk memotong transaksi pada saat belanja, ditukar ke berbagai airline miles dan e-Commerce atau lifestyle partners, dan masih banyak lagi.

    Bahkan, jika Reward BCA yang didapatkan berupa Rupiah, dapat ditukarkan hingga 100% dan tanpa expiry date.

    Ubah Transaksi Jadi Cicilan

    Dengan program Cicilan BCA, transaksi kartu kredit bisa diubah menjadi cicilan dengan bunga mulai 0% dan tenor hingga 36 bulan, hanya dari aplikasi myBCA.

    Selain itu, BCA juga bekerjasama dengan berbagai merchant pilihan untuk memberikan keringanan berbelanja dengan program Cicilan BCA ini. Jika mengubah transaksi kartu kredit langsung di EDC BCA, dapatkan bunga mulai 0% dan tenor hingga 12 bulan.

    Pilih Jenis Kartu Kredit

    Sebelum mengajukan pembuatan kartu kredit di myBCA, pastikan untuk mengetahui terlebih dahulu jenis kartu yang ingin dibuat. Berikut adalah pilihan jenis kartu kredit yang disediakan BCA dan masing-masing keuntungannya.

    BCA Card BCA Everyday Card BCA Card Platinum BCA Smartcash Visa BCA Singapore Airlines KrisFlyer Visa Signature BCA Singapore Airlines KrisFlyer Infinite BCA Singapore Airlines PPS Club Visa Infinite BCA Singapore Airlines PPS Club Visa Infinite BCA Visa Batman BCA Visa Black BCA Visa Corporate Mastercard BCA Mastercard Black BCA Blibli Mastercard BCA tiket.com Mastercard BCA Mastercard Globe BCA Mastercard World BCA JCB Black

    Kelebihan kartu kredit ini adalah:

    Nilai mata uang asing yang kompetitif untuk mata uang Japan Yen, Singapore Dollar, dan Korean Won Mendapatkan reward BCA sebesar 0.2% dan double reward untuk transaksi di Jepang, Korea Selatan dan Singapore. Tersedia cicilan 0% hingga 12 bulan untuk transaksi internasional, dengan minimal transaksi Rp3 juta. BCA UnionPay

    Keuntungan memiliki kartu kredit jenis ini adalah mendapatkan 5.000 BCA UnionPay Points, yang berlaku untuk akumulasi transaksi sebesar Rp5 juta dalam 3 (tiga) bulan sejak kartu diterbitkan.

    Selain itu, pemegang kartu juga akan mendapatkan nilai tukar kompetitif untuk transaksi mata uang Singapore Dollar (SGD), Hong Kong Dollar (HKD), Chinese Yuan (CNH) & New Taiwan Dollar (NTD).

    BCA American Express Platinum

    Kartu ini hanya dapat dimiliki oleh Nasabah BCA Solitaire dan BCA Prioritas secara eksklusif, dengan beberapa keuntungan berikut.

    Akomodasi khusus dan keistimewaan bersantap untuk anggota Platinum. Akses ke lebih dari 1.400 lounge bandara di 140 negara. Menikmati status Hilton Honors Gold secara cuma-cuma. Mendapatkan cashback 100% untuk penukaran Reward Keanggotaan di partner merchant Menikmati nilai tukar mata uang asing yang kompetitif dan cicilan 0% hingga 24 bulan untuk transaksi di luar negeri dengan Platinum.

    Cara Pengajuan Kartu Kredit BCA

    Berikut adalah cara pengajuan kartu kredit di aplikasi myBCA. Sebelumnya, pastikan aplikasi sudah ter-update ke versi terbaru.

    Login ke myBCA. Di bagian Pengajuan Kartu Kredit*, klik “Ajukan”, lalu klik “Lanjut”, dan klik “Mulai”. Pilih jenis Kartu Kredit BCA yang diinginkan. Pilih jenis kartu pendamping yang diinginkan. Setelah konfirmasi kartu yang sudah dipilih, klik “Lanjut”. Lakukan verifikasi email dengan klik “Ya” dan klik “Lanjut”. Jika ingin mengubah alamat email, pilih “Tidak” dan isi kolom Alamat Email Baru, lalu lakukan verifikasi email baru dengan memasukkan kode OTP. Data diri dan data pekerjaan akan terisi secara otomatis sesuai dengan data saat pembukaan rekening. Jika ada perubahan, data dapat diubah sesuai dengan data terbaru. Pastikan semua data sudah terisi lengkap dan sesuai. Masukkan PIN. Pengajuan Kartu Kredit BCA sudah berhasil dan sedang diproses.

    *Saat ini, hanya berlaku untuk pengajuan kartu kredit utama dan tidak berlaku untuk pengajuan kartu kredit tambahan

    Cara Melihat Status Pengajuan Kartu Kredit

    Untuk mengetahui status pengajuan kartu kredit yang dibuat, bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

    Login ke myBCA. Di bagian Pengajuan Kartu Kredit, Klik “Cek Status” atau langsung cek di “Notifikasi”.

    Itulah cara pengajuan Kartu Kredit BCA yang semakin mudah, hanya dari aplikasi myBCA. Yuk, segera ajukan kartu kredit yang diinginkan dan langsung rasakan manfaatnya!

    Untuk informasi lebih lengkap kunjungi halaman bca.co.id.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Banyak Gen Z Pengangguran, Ternyata Habiskan Uang Segini di Ecommerce

    Banyak Gen Z Pengangguran, Ternyata Habiskan Uang Segini di Ecommerce

    Jakarta, CNBC Indonesia – Dalam survei yang dilaporkan Jakpat, terungkap jumlah pengeluaran Gen Z di e-commerce selama sebulan. Rata-rata Gen Z dikatakan menghabiskan uang Rp414.309 untuk belanja online di e-commerce.

    Angka itu melonjak 14% di semester-II 2024 dibandingkan periode serupa pada 2023, dikutip dari keterangan resmi Jakpat yang diterima CNBC Indonesia, Rabu (19/2/2025).

    Di saat bersamaan, Laporan Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2023 melaporkan 9,9 juta penduduk Indonesia masuk dalam kategori usia muda tanpa kegiatan atau youth not in education, employment, and training (NEET). Jumlah tersebut mencapai 22,25% dari total penduduk usia 15-24 tahun di Indonesia.

    Laporan Jakpat juga melihat kebanyakan Gen Z (75%) memilih menggunakan e-wallet untuk membayar hasil belanja mereka. Berikutnya diikuti dengan metode bayar saat barang sampai atau cash-on-delivery (COD) sebanyak 69% dan mobile banking 42%.

    Pilihan pembayaran para anak muda itu tak berbeda jauh dengan hasil survei pada seluruh responden. Sebanyak 76% responden menggunakan e-wallet sebagai cara membayar belanja mereka di e-commerce, COD 64% dan pembayaran dengan mobile banking 47%.

    Gen Z ternyata tertarik berbelanja saat melihat live shopping. Laporan itu mengungkapkan sembilan dari 10 responden kelompok usia tersebut pernah menonton live shopping dan 62% melakukan transaksinya lewat fitur tersebut.

    Kelompok usia tersebut juga tertarik dengan fitur affiliate link. Ada 86% yang mengatakan pernah membukanya dan 53% gen Z memutuskan membeli dari link tersebut.

    Riset tersebut melibatkan 2.474 responden. Dengan jumlah gen Z sebanyak 37%, milenial 41%, dan generasi X 22%.

    (fab/fab)