Topik: e-commerce

  • Jack Ma Damai dengan Xi Jinping, Alibaba Gaspol

    Jack Ma Damai dengan Xi Jinping, Alibaba Gaspol

    Beijing

    Raksasa e-commerce China, Alibaba Group, mengungkapkan bahwa mereka akan menginvestasikan USD 53 miliar untuk komputasi awan dan kecerdasan buatan atau AI selama tiga tahun ke depan. Ini akan jadi salah satu investasi teknologi terbesar perusahaan, melampaui investasinya di sektor-sektor ini dalam 10 tahun terakhir.

    Langkah ini dilakukan karena Alibaba, bersama beberapa perusahaan teknologi China, pendapatannya menguat dan kembali mendapat kepercayaan investor. Terlebih ada pertemuan antara presiden Xi Jinping, dan pendiri Alibaba, Jack Ma, yang memperbarui harapan investor bahwa pemerintah China akan lebih mendukung sektor teknologi.

    Eddie Wu, CEO Alibaba menekankan bahwa Alibaba telah fokus pada AI akhir-akhir ini, yang telah mendorong pertumbuhan perusahaan. Dia menyoroti potensi AI dalam membentuk kembali industri di seluruh dunia.

    “AI adalah jenis peluang transformasi industri yang hanya muncul sekali tiap beberapa dekade. Kami bertujuan terus mengembangkan model yang memperluas batasan kecerdasan dan AI akhirnya dapat memiliki pengaruh signifikan terhadap atau bahkan menggantikan 50% PDB global,” katanya yang dikutip detikINET dari Asian Times, Kamis (27/2/2025).

    Hal itu didukung kembalinya Jack Ma yang saat bertemu Xi Jinping duduk di barisan depan dan Xi menjabat tangannya. Itu membuat para investor berbondong-bondong membeli saham di China dengan antusiasme yang belum pernah terlihat selama bertahun-tahun.

    “Pemandangan itu menunjukkan salah satu pengusaha terhebat di dunia yang masih hidup, kembali ke dalam kebaikan. Itu adalah sinyal yang menggembirakan bagi bisnis swasta,” kata analis Bill Bishop.

    Alibaba sendiri telah lama menjadi simbol global perusahaan teknologi China. Sedangkan Jack Ma adalah pengusaha teknologi China yang paling populer.

    (fyk/fay)

  • Perbaikan layanan ekspor-impor barang kiriman melalui PMK 4/2025

    Perbaikan layanan ekspor-impor barang kiriman melalui PMK 4/2025

    Bea Cukai mencatat 90 persen barang kiriman luar negeri berasal dari penyelenggara perdagangan melalui sistem elektronik (PPMSE) atau e-commerce. Untuk mengatur hal ini, pemerintah pun menerbitkan aturan tentang ketentuan kepabeanan, cukai, dan pajak atas impor dan ekspor barang kiriman melalui PMK Nomor 96 Tahun 2023 yang kini diperbarui dengan PMK Nomor 4 Tahun 2025.

    Perbaikan layanan ekspor-impor barang kiriman melalui PMK 4/2025
    Dalam Negeri   
    Editor: Calista Aziza   
    Rabu, 26 Februari 2025 – 08:08 WIB

    Elshinta.com – Pemerintah menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 4 Tahun 2025 dalam rangka melakukan perbaikan pelayanan dan kejelasan regulasi impor-ekspor barang kiriman.

    PMK 4/2025 merupakan Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 96 Tahun 2023 tentang Ketentuan Kepabeanan, Cukai dan Pajak atas Impor dan Ekspor Barang Kiriman.

    Aturan yang ditetapkan pada 6 Januari 2025 ini akan mulai diterapkan tiga bulan ke depan sejak tanggal diundangkan, yakni pada 5 Maret 2025.

    Demi implementasi PMK berjalan dengan baik dan efektif, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan setiap elemen di dalam organisasi memiliki pengetahuan dan pemahaman yang sama.

    “Oleh karena itu, selama masa transisi aturan lama ke aturan baru, kami telah menggalakkan internalisasi kepada unit-unit vertikal,” kata Direktur Komunikasi dan Bimbingan Pengguna Jasa DJBC Kemenkeu Nirwala Dwi Heryanto.

    Selain internalisasi, DJBC juga menyosialisasikan kepada pemangku kepentingan, di antaranya kepada penyelenggara pos yang ditunjuk atau PPYD (Penyelenggara Pos yang Melakukan Pembayaran Kewajiban Pabean), kemudian juga kepada Perusahaan Jasa Titipan (PJT), serta masyarakat luas.

    Selain menyempurnakan aturan sebelumnya, terdapat beberapa hal yang melatarbelakangi penerbitan aturan ini, di antaranya ialah adanya kebutuhan simplifikasi pungutan fiskal impor barang kiriman untuk mendukung proses bisnis barang kiriman yang membutuhkan kecepatan layanan.

    Latar belakang lainnya, urgensi harmonisasi dengan ketentuan lain seperti ketentuan larangan dan/atau pembatasan (lartas) sebagaimana diatur pada Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 8 Tahun 2024.

    Selain itu,  perlunya memberikan fasilitas fiskal bagi jemaah haji yang mendapatkan waktu tunggu sangat lama dan perlunya memberikan apresiasi bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang mengharumkan nama bangsa melalui pemberian fasilitas fiskal atas barang kiriman hadiah perlombaan/penghargaan internasional; serta urgensi meningkatkan dukungan ekspor dengan membuka skema barang kiriman untuk kegiatan ekspor yang dilakukan perusahaan berfasilitas dan melakukan simplifikasi ketentuan konsolidasi barang kiriman ekspor.
     

    Pokok-pokok perubahan PMK 4/2025

    Berdasarkan latar belakang tersebut, terdapat pokok-pokok perubahan yang diatur dalam PMK 4/2025.

    Pertama adalah pendefinisian ulang barang kiriman yang berasal dari hasil perdagangan dan barang kiriman pribadi. Barang hasil perdagangan yang dimaksud merupakan barang hasil transaksi jual beli antara penjual dan pembeli, sementara barang kiriman pribadi yaitu barang kiriman dengan penerima barang selain badan usaha.

    Kedua,  pengaturan jangka waktu penyampaian consignment note (CN) apabila terdapat konfirmasi. Jangka waktu penyampaian CN paling lama satu hari sejak kedatangan barang kiriman impor yang dapat dikecualikan jika penyelenggara pos melakukan konfirmasi kepada pengirim dan/atau penerima barang kiriman secara lengkap dan benar.

    Ketiga, perubahan aturan terhadap barang kiriman yang menerapkan self assessment. Atas barang kiriman yang diberitahukan dengan CN, skema self-assessment dan konsekuensi sanksi denda hanya diterapkan terhadap barang kiriman dengan penerima barang badan usaha, sedangkan untuk penerima barang perseorangan diterapkan skema official assessment tanpa konsekuensi denda.

    Adapun sanksi denda self-assessment dikenakan apabila terdapat penetapan nilai pabean lain oleh petugas Bea Cukai yang menyebabkan kekurangan pembayaran bea masuk dibanding yang telah diberitahukan dalam CN.

    Keempat, perubahan aturan bea masuk tambahan (BMT) impor melalui barang kiriman.

    PMK 4/2025 menerangkan bahwa barang kiriman yang diberitahukan melalui CN dengan nilai pabean ditetapkan melebihi Free on Board (FOB) 3-1.500 dolar Amerika Serikat (AS) dikecualikan dari pengenaan bea masuk tambahan (BMT). Pengecualian tersebut juga diterapkan terhadap barang kiriman jemaah haji berdasarkan Pasal 29 A dalam aturan tersebut dan barang kiriman hadiah perlombaan/penghargaan internasional berlandaskan Pasal 29 C.

    Kelima yaitu perubahan aturan pungutan untuk non-komoditas tertentu. Barang kiriman yang diberitahukan melalui CN dengan nilai pabean sebesar FOB 3-1.500 dolar AS diterapkan tarif bea masuk sebesar 7,5 persen, tetapi dikecualikan dari pengenaan BMT dan pajak penghasilan (PPh). Sementara, tarif pajak pertambahan nilai (PPN) diatur sebagaimana ketentuan PPN yang berlaku.

    Pokok berikutnya yakni perubahan tarif bea masuk terhadap komoditas tertentu yang sebelumnya dikenakan tarif Most Favored Nation (MFN).

    Di dalam PMK 4/2025 terdapat simplifikasi tarif bea masuk atas delapan kelompok komoditas yang sebelumnya dikenakan tarif MFN menjadi tiga kelompok pembebanan tarif. Tiga kelompok pembebanan tarif itu adalah tarif 0 persen, 15 persen, dan 25 persen.

    Barang kiriman berupa buku ilmu pengetahuan dikenakan tarif bea masuk sebesar 0 persen. Terkait barang kiriman berupa jam tangan, kosmetik, dan besi/baja, dikenakan tarif bea masuk sebesar 15 persen. Terakhir, dikenakan tarif bea masuk sebesar 25 persen terhadap barang kiriman berupa tas, produk tekstil, alas kaki, dan sepeda.

    Delapan komoditas ini juga dikecualikan dari pengenaan BMT, tetapi dikenakan PPN sesuai ketentuan yang berlaku, sementara PPh dikenakan tarif sebesar 5 persen. Khusus buku ilmu pengetahuan, sesuai ketentuan perpajakan dapat diberikan pembebasan PPN dan pengecualian PPh.

    Ketujuh, pengaturan secara khusus barang kiriman jemaah haji, meliputi subjek pengirim barang kiriman jemaah haji, periode penyampaian CN jemaah haji, dan batasan jumlah kemasan CN jemaah haji.

    Barang kiriman jemaah haji mendapatkan relaksasi dibebaskan bea masuk, dikecualikan BMT, tidak dipungut PPN, dan dikecualikan PPh, dengan batasan nilai pabean FOB 1.500 dolar AS per pengiriman, paling banyak dua kali pengiriman.

    Apabila barang kiriman belum melewati dua kali pengiriman, tetapi nilai pabean melebihi batasan yang ditetapkan, maka atas kelebihannya dikenakan tarif bea masuk sebesar 7,5 persen, serta dikecualikan dari BMT dan PPh. Untuk ketentuan PPN, diatur sebagaimana ketentuan yang berlaku. Ketentuan bea masuk, BMT, PPN, dan PPh tersebut juga berlaku jika pengiriman barang kiriman jemaah haji dilakukan lebih dari dua kali.

    Perubahan berikutnya mengenai pengaturan khusus barang kiriman hadiah perlombaan/penghargaan internasional, meliputi jumlah barang yang dikirimkan dan kriteria barang yang dikirimkan.

    Barang kiriman berupa hadiah dari perlombaan/penghargaan internasional diberikan relaksasi dibebaskan bea masuk, dikecualikan BMT, tidak dipungut PPN, dan dikecualikan PPh. Adapun batasan jumlah paling banyak satu buah untuk masing-masing barang dekoratif seperti medali, trofi, lencana, dan/atau barang sejenis lainnya, serta satu buah hadiah lainnya. Batasan jumlah berlaku untuk setiap kategori perlombaan/penghargaan internasional.

    Hadiah berupa kendaraan bermotor, barang kena cukai, dan hadiah dari undian/perjudian dikecualikan dari relaksasi fiskal ini.

    Terakhir, terdapat lima perubahan pada ketentuan ekspor barang kiriman.

    Pertama, penegasan kepada eksportir/penyelenggara pos agar menyampaikan CN kepada Bea Cukai atas ekspor barang kiriman yang memiliki berat kotor di bawah 30 kilogram (kg). Untuk barang kiriman yang memiliki berat kotor di atas 30 kg, disampaikan menggunakan pemberitahuan ekspor barang.

    Kedua, penyederhanaan ketentuan konsolidasi ekspor barang kiriman melalui dokumen pemberitahuan konsolidasi barang kiriman (PKBK). Ketiga, pemberian kemudahan rekonsiliasi ekspor barang kiriman melalui dokumen PKBK.

    Keempat, penegasan pembebasan bea masuk atas barang re-impor sebagaimana telah diatur dalam PMK Nomor 175/PMK.04/2021.

    Kelima, penegasan ketentuan larangan dan pembatasan (lartas) ekspor barang kiriman, tetapi ketentuan ini dikecualikan terhadap eksportir perseorangan (non-badan usaha).

    Berbagai perubahan yang terdapat di dalam PMK 4/2025 menunjukkan keseriusan pemerintah untuk memperbaiki pelayanan dan regulasi ekspor-impor barang kiriman.

    Setelah melakukan evaluasi atas implementasi kebijakan barang kiriman berdasarkan aturan sebelumnya, Bea Cukai fokus melakukan sosialisasi dalam rangka memberikan pemahaman secara luas kepada masyarakat dan berbagai pemangku kepentingan lainnya.

    Keberhasilan kebijakan ini tidak hanya bergantung kepada kesiapan internal, tetapi juga dukungan dan kolaborasi aktif dari seluruh pihak terkait. Oleh karena itu, sosialisasi menjadi kunci agar informasi tersampaikan secara jelas, akurat, dan menyeluruh.

    Sumber : Antara

  • Bawa FMCG Berkembang, E-commerce Jadi Channel Pilihan Konsumen

    Bawa FMCG Berkembang, E-commerce Jadi Channel Pilihan Konsumen

    Jakarta, CNBC Indonesia Platform e-commerce menjadi pilar utama dalam pertumbuhan industri brand Fast-Moving Consumer Goods di era digital yang semakin maju. Lewat platform ini, masyarakat mulai mengenai berbagai brand FMCG di Indonesia sehingga e-commerce mengiringi pertumbuhan kinerja perusahaan-perusahaan FMCG tersebut.

    Di tengah transformasi digital yang semakin pesat, e-commerce bukan lagi sekadar opsi, melainkan keharusan bagi brand FMCG yang ingin tetap relevan, kompetitif, dan terus bertumbuh di pasar yang dinamis ini.

    Compas.co.id melaporkan pertumbuhan nilai penjualan FMCG di e-commerce secara konsisten terjadi sejak 2022 – 2024. Di mana pada 2022 nilai penjualan berada di angka Rp51 triliun, sementara di tahun 2023 naik 11% ke angka Rp56,3 triliun.

    Tren positif pun lantas berlanjut pada tahun 2024, di mana total nilai penjualan sektor FMCG di e-commerce pada tahun 2024 kembali naik 32% ke angka Rp 74,8 triliun. Melihat tren positif ini, melalui metode regresi linear Compas.co.id memprediksi di tahun 2025 nilai penjualan FMCG akan kembali meningkat sejumlah 19% ke angka Rp 88,9 triliun.

    Angka ini merupakan capaian positif bagi para brand-brand FMCG, terutama setelah menghadapi beberapa tantangan di tahun 2024, seperti meningkatnya persaingan penjualan online karena banjirnya produk Tiongkok, kampanye All Eyes on Rafah yang berujung pada boikot produk terafiliasi Israel, deflasi, hingga tingginya korban PHK.

    Menghadapi tantangan ini tentunya tidak mudah, namun berkat kejelian brand dan strategi digital yang efektif, mampu jadi penopang brand untuk dapat bertumbuh, sekalipun berada di dalam tekanan ekonomi.

    Untuk itu dalam mengapresiasi peran e-commerce sebagai faktor utama dalam kesuksesan bisnis dan transformasi industri, CNBC Indonesia menggelar The Compas.co.id x CNBC Indonesia Exceptional Performance in e-Commerce (EPIC) Awards. EPIC Awards akan digelar pada Kamis, 27 Februari 2025, pukul 15.00 WIB-17.00 WIB.

    Mengusung tema “Embracing FMCG Growth in The E-commerce Era”, EPIC Awards 2025 menegaskan satu pesan bahwa Brand FMCG yang Tidak Memaksimalkan Penjualannya di E-commerce Akan Kelewatan Peluang Emas Untuk Meningkatkan Revenue.”

    Penghargaan ini diberikan kepada brand yang berhasil mendorong pertumbuhan penjualan yang signifikan serta mengeksekusi strategi digital yang matang dan terukur di tengah persaingan ketat dalam ekosistem e-commerce Indonesia. Penghargaan ini juga bertujuan untuk mendorong brand FMCG semakin memaksimalkan potensi penjualannya di e-commerce, mengingat tren pertumbuhan industri ini yang tetap kuat sejak 2022 hingga 2024, bahkan di tengah tantangan deflasi tahun lalu.

    Sebelum penghargaan diberikan, EPIC Awards menghadirkan diskusi dengan para pelaku di sektor FMCG. Mereka akan membahas seputar tantangan serta keberhasilannya dalam memanfaatkan platform e-commerce demi mencapai pertumbuhan kinerja.

    The Compas.co.id x CNBC Indonesia Exceptional Performance in e-Commerce (EPIC) Awards dapat disimak secara eksklusif dan live di CNBC Indonesia TV dan streaming di CNBC Indonesia. Pantau terus cnbcindonesia.com dan CNBC Indonesia TV untuk update informasi seputar ekonomi dan bisnis

     

     

    (rah/rah)

  • Tips Jitu Dongkrak Penjualan E-commerce!

    Tips Jitu Dongkrak Penjualan E-commerce!

    Jakarta: Bulan Ramadan selalu menjadi momen krusial bagi para pelaku bisnis e-commerce di Indonesia. Bagaimana tidak? Data menunjukkan bahwa terjadi lonjakan transaksi yang signifikan seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat selama bulan suci ini.

    Lonjakan transaksi e-commerce saat Ramadan peluang emas 
    Mengutip siaran pers SIRCLO, Selasa, 25 Februari 2025, data internal menunjukan terjadi pertumbuhan transaksi belanja online yang fantastis selama periode Ramadan dalam tiga tahun terakhir.
     
    Rata-rata, transaksi melonjak hingga 76,5 persen, dan jumlah konsumen pun meningkat 23,5 persen dari sebelum Ramadan hingga setelah Idulfitri. Angka-angka ini jelas membuktikan bahwa Ramadan adalah peluang emas bagi para pelaku bisnis e-commerce.
     
    “Data ini menunjukkan bahwa tren pertumbuhan e-commerce selama Ramadan terus berlanjut dari tahun ke tahun. Dengan belanja yang semakin terdigitalisasi, bisnis memiliki peluang emas untuk mengoptimalkan strategi digital, menjangkau lebih banyak pelanggan, serta meraih pertumbuhan yang lebih besar di Ramadan tahun 2025,” kata Chief Operating Officer SIRCLO, Danang Cahyono.
     

    Strategi jitu meningkatkan penjualan online saat Ramadan
    Dengan tren pertumbuhan e-commerce selama Ramadan terus meningkat dari tahun ke tahun, menurutnya, bisnis di saat Ramadan memiliki peluang besar untuk mengoptimalkan strategi digital mereka, menjangkau lebih banyak pelanggan, dan mencapai pertumbuhan yang lebih tinggi di Ramadan tahun 2025.

    Kuncinya adalah dengan memanfaatkan data yang tepat untuk memenangkan hati konsumen di pasar yang semakin kompetitif.
     
    Kisah sukses di bulan Ramadan
     
    Dua merek ternama yang tergabung dalam ekosistem SIRCLO, Kalbe Nutritionals dan Nestlé, telah membuktikan keberhasilan mereka dalam memanfaatkan momentum Ramadan.
     
    Keduanya tidak hanya mengandalkan peningkatan permintaan, tetapi juga menerapkan strategi yang efektif untuk menjangkau dan memenuhi kebutuhan konsumen selama bulan Ramadan.
     
    Strategi yang terarah ini membantu mereka meningkatkan penjualan di berbagai marketplace dan memperkuat daya saing di era digitalisasi belanja yang terus berkembang.

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • 5 Tips Sukses Jadi Kreator Affiliate saat Ramadan di ShopTokopedia

    5 Tips Sukses Jadi Kreator Affiliate saat Ramadan di ShopTokopedia

    Jakarta

    Sinergi Tokopedia bersama TikTok lewat ShopTokopedia menghadirkan peluang di era baru ‘discovery e-commerce’, salah satunya menciptakan profesi kreator affiliate.

    Tokopedia bersama ShopTokopedia mencatat bahwa para penjual yang berpromosi lewat short video di TikTok, baik yang dibuat sendiri oleh penjual maupun melibatkan affiliate content creator, mengalami peningkatan transaksi rata-rata 31 kali lipat.

    “Kini ada lebih dari 8 juta kreator yang menerima penghasilan dari TikTok. Kehadiran profesi kreator konten sekaligus affiliate turut mendukung jutaan penjual di Tokopedia dan ShopTokopedia,” ungkap Communications Senior Lead Tokopedia dan TikTok e-commerce Rizky Juanita Azuz, dalam keterangan tertulis, Selasa (25/2/2025).

    “Momen bulan puasa nanti bisa dimanfaatkan para penjual di Tokopedia dan ShopTokopedia untuk meningkatkan penjualan lewat konten video promosi (video pendek dan LIVE) relevan yang dibuat sendiri atau lewat kolaborasi dengan jutaan kreator di TikTok,” sambungnya.

    ShopTokopedia mencatat sejumlah kategori yang paling sering direkomendasikan para kreator affiliate sepanjang 2024, yaitu Kecantikan dan Perawatan Tubuh, Fashion Perempuan, Fashion Muslim, Makanan dan Minuman, serta Perlengkapan Rumah Tangga. Temuan ini dapat dijadikan peluang bagi para kreator konten untuk menjadi kreator affiliate yang bisa menambah penghasilan selama bulan Ramadan.

    “Kami juga mencatat beberapa daerah mengalami kenaikan tertinggi dari segi jumlah kreator affiliate yang mendapatkan penghasilan tambahan selama tahun 2024, antara lain, Sulawesi Barat, Bengkulu, Yogyakarta, Lampung dan Papua Barat, dengan rata-rata kenaikan 8 kali lipat dibandingkan dengan 2023,” ucap Rizky.

    Salah satu kreator konten sekaligus affiliate di ShopTokopedia adalah Mala Cakrawati (akun TikTok @madamemalla). Awalnya Mala merupakan penjual pakaian Malla Fashion di pasar tradisional Tanjung Sari sejak 2012, kemudian merintis usaha di Pasar Andir Trade Center, Kota Bandung.

    Namun, pandemi COVID-19 membuat bisnisnya mengalami penurunan drastis pada akhir 2020. Demi bertahan, dan meningkatkan penghasilan, Mala beralih menjadi kreator konten sekaligus affiliate.

    Berkat konsistensi Mala berjualan melalui live streaming di TikTok, bisnisnya yang sempat terpuruk kini berkembang pesat. Mala tidak hanya dikenal sebagai penjual, tetapi juga sebagai kreator konten dan kreator affiliate, yang menjadikan dunia digital sebagai sumber penghasilan utamanya.

    Tips Sukses sebagai Kreator Affiliate di ShopTokopedia saat Ramadan 2025

    Menyambut bulan Ramadan mendatang, Tokopedia dan ShopTokopedia melalui Rizky dan Mala membagi sejumlah tips bagi masyarakat yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan di bulan puasa dengan menjadi kreator affiliate.

    1. Fokus pada Produk yang Paling Banyak Dibutuhkan saat Ramadan

    Menurut Mala, pada bulan Ramadan 2024 lalu, pendapatannya sebagai kreator affiliate di ShopTokopedia naik 50% dibandingkan dengan periode biasanya. Produk fesyen dan perlengkapan ibadah menjadi produk yang paling banyak dicari masyarakat di bulan puasa, sehingga bisa dijadikan pertimbangan para kreator konten pemula untuk mempromosikan produk.

    “Untuk mengetahui produk apa saja yang banyak dicari audiens, kreator bisa mengeceknya di tab For You Page, scroll untuk mencari produk atau konten terkait Ramadhan, atau bisa juga mencari tahu di laman showcase produk,” kata Mala.

    Di ShopTokopedia, Fashion Muslim merupakan salah satu kategori paling sering direkomendasikan oleh para kreator affiliate selama 2024. Sejumlah produk yang sering dipromosikan oleh para kreator affiliate selama periode tersebut, antara lain pasmina, hijab segi empat instan, dan ciput.

    Pada bulan Ramadan 2025 mendatang, masyarakat bisa mempertimbangkan membuat video konten di TikTok untuk mempromosikan produk lokal fesyen muslim di ShopTokopedia yang cenderung dicari banyak orang di momen tersebut. Jangan lupa untuk menambahkan fitur Keranjang Kuning ke video pendek atau LIVE dan menyematkan produk-produk di ShopTokopedia yang ingin direkomendasikan ke penonton.

    Kreator dapat menerima komisi dari produk yang disematkan ke etalase dan konten.

    2. Manfaatkan Live Shopping Serta Beragam Kampanye dan Fitur yang Tersedia

    Kekuatan penemuan TikTok memungkinkan pengguna ShopTokopedia menemukan konten dan produk yang sesuai kebutuhan, termasuk kampanye dan fitur. Para kreator affiliate dapat memanfaatkan sesi live shopping untuk menyajikan konten yang informatif, mulai dari unboxing, tutorial, hingga cara pakai.

    Ikuti juga berbagai kampanye dan fitur yang ada di ShopTokopedia seperti gratis ongkir agar minat belanja audiens semakin meningkat, termasuk saat bulan Ramadan mendatang.

    “Kreator affiliate sebaiknya memanfaatkan momentum semua kampanye dan fitur yang tersedia di ShopTokopedia seperti Flash Sale, Promo Guncang (setiap tanggal kembar), dan Beli Lokal. Walau saya lebih memfokuskan konten affiliate saya terhadap produk fashion Muslimah, tetapi di beberapa momen tertentu seperti tanggal kembar atau Promo Guncang di ShopTokopedia, saya juga suka mempromosikan produk sembako,” ungkap Mala.

    3. Konsistensi Adalah Kunci dalam Upload dan Posting Video

    Konsistensi dalam mengunggah konten video sangat penting untuk menjaga interaksi antara kreator affiliate dan audiens di TikTok. Setelah mencoba dan melihat pola engagement audiens @madamemalla dengan konten yang dibuat, akhirnya Mala menyesuaikan jadwal untuk hasil yang lebih optimal, yaitu dengan meng-upload video sehari 2 kali pada pukul 12.00 WIB dan 18.00 WIB.

    “Jika mengunggah terlalu banyak video dalam sehari terasa kurang efektif, maka kreator sebaiknya tetap upload di salah satu jadwal yang ditentukan. Konten pertama saya yang trending dan masuk FYP adalah produk inner tanktop yang mencapai lebih dari 9 juta views,” jelas Mala.

    “Dulu, saat live, penonton hanya 10 hingga ratusan orang dan saya pun belum memahami sistem pre-order. Kini, adanya sinergi TikTok, Tokopedia, dan ShopTokopedia, memungkinkan para pengguna Tokopedia dan ShopTokopedia serta kreator untuk tidak hanya terhibur, tetapi juga menemukan konten dan produk yang dibutuhkan,” sambungnya.

    4. Pahami Produk Sebelum Dipromosikan saat Live

    Seorang kreator affiliate perlu memahami produk dan mampu memberi demo penggunaan produk saat sesi live agar audiens tertarik untuk membeli produk yang sedang dipromosikan. Sebagai kreator affiliate yang fokus pada produk fesyen muslimah, Mala berusaha untuk memahami beragam produk busana muslimah, seperti dress, blouse, dan jenis-jenis hijab untuk kemudian diulas dari segi bahan hingga cara mengenakannya.

    “Kreator affiliate juga bisa memilih untuk meminta Sampel Gratis dari penjual di ShopTokopedia agar bisa mempelajari terlebih dahulu produk yang mau dipromosikan. Setelah permintaan sampel gratis disetujui oleh penjual, maka produk tersebut akan dikirim ke kreator affiliate. Kemudian, kreator perlu memenuhi syarat yang sudah didiskusikan bersama penjual, misalnya membuat video pendek atau mengadakan sesi live streaming untuk mempromosikan produk menggunakan sampel gratis tersebut,” jelas tambah salah satu pemenang nominasi Creator of the Year TikTok Summit 2023 tersebut.

    5. Bangun Engagement dengan Penonton

    Saat melakukan live, kreator affiliate juga dituntut untuk tetap dapat membangun koneksi dengan audiens serta jujur dalam membuat ulasan produk. Pemilik akun TikTok @madamemalla juga mengatakan, agar menciptakan interaksi yang tidak kaku dengan audiens, kreator affiliate pemula dapat menyapa audiens dengan bahasa santai dan sisipkan candaan agar suasana lebih menyenangkan.

    Untuk menarik lebih banyak perhatian, adakan giveaway atau flash sale khusus dengan promo menarik. Menurut Mala, selalu responsif terhadap komentar, baik saat live maupun di konten dan direct message, karena komunikasi dua arah akan membuat audiens merasa dihargai.

    “Selain itu, buatlah konten interaktif seperti Q&A, challenge, atau polling agar engagement semakin meningkat. Dengan membangun hubungan yang baik dan menciptakan pengalaman belanja yang menyenangkan, audiens akan lebih loyal dan tertarik untuk terus mengikuti live shopping kita,” ujar Mala.

    Berbagai informasi lengkapnya yang bisa dipelajari kreator affiliate untuk mendapatkan penghasilan tambahan lewat ShopTokopedia, yang bisa ditemukan dalam aplikasi TikTok, bisa diakses melalui tautan berikut.

    (akd/akd)

  • Ganti Plastik Sekali Pakai! UMKM Ini Tawarkan Alternatif Berbahan Organik – Halaman all

    Ganti Plastik Sekali Pakai! UMKM Ini Tawarkan Alternatif Berbahan Organik – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Plastik adalah material yang memiliki dua sisi layaknya mata pisau. Di satu sisi, plastik memberikan banyak manfaat bagi manusia, tetapi di sisi lain, keberadaannya juga dapat menjadi ancaman bagi kehidupan.

    Setiap harinya, manusia selalu berinteraksi dengan plastik, baik itu dalam bentuk kantong untuk membawa barang, wadah penyimpanan makanan, sedotan untuk menikmati minuman favorit, maupun di berbagai keperluan lainnya.

    Namun, karena plastik menawarkan kemudahan dan efisiensi dalam kehidupan sehari-hari, penggunaannya menjadi semakin sulit dikendalikan. Akibatnya, meskipun membantu mempermudah berbagai pekerjaan, plastik juga dapat berpotensi menimbulkan dampak berbahaya.

    Permasalahan plastik, atau yang dikenal sebagai polusi plastik, merupakan isu serius yang tidak hanya berdampak pada lingkungan, tetapi juga berpotensi membahayakan kesehatan serta memengaruhi perekonomian. 

    Demi mengatasi hal ini, banyak orang kemudian mulai berupaya mengurangi penggunaan plastik dengan menciptakan berbagai alternatif produk yang dapat menggantikan plastik tanpa mengurangi fungsinya.

    Salah satu UMKM yang turut berkontribusi dalam upaya pengurangan plastik ini adalah “Bukan Plastik”. Berbasis di Kota Semarang, UMKM ini menghadirkan alternatif terhadap plastik sekali pakai. 

    Bahan bakunya berasal dari bahan organik

    Produk mereka, seperti kantong belanja dan sedotan, dibuat menggunakan bahan-bahan organik yaitu saripati ketela dan bambu serta dirancang agar mudah terurai dan lebih bersahabat dengan lingkungan.

    Dalam sebuah wawancara eksklusif bersama Tribun Jateng pada (1/1/2022), pendiri Bukan Plastik, Aisa Putri Wibowo, berbagi kisah di balik lahirnya usaha Bukan Plastik pada tahun 2020. Kegemarannya dalam membaca sejak kecil membuatnya semakin sadar akan pentingnya menjaga lingkungan.

    Menyaksikan dampak buruk dari penggunaan plastik yang semakin meluas, ia pun terdorong untuk mendirikan usaha yang menawarkan alternatif ramah lingkungan sebagai pengganti plastik sekali pakai. Melalui usahanya, Aisa berharap dapat mengajak masyarakat serta pelaku bisnis lain untuk turut berperan dalam mengurangi konsumsi plastik sekali pakai.

    “Dalam pembuatan kantong, kami menggunakan material saripati ketela yang dapat mudah terurai di tanah dalam waktu 180 hari. Sedangkan, untuk pengganti sedotan kami memakai bambu yang dibuat secara manual,” ungkap Aisa.

    Dalam usahanya memasarkan produk, Aisa memanfaatkan media sosial karena dinilai mampu menjangkau lebih banyak orang. Tidak hanya untuk mempromosikan produknya agar laku terjual, media sosial itupun ia gunakan untuk memberikan edukasi serta mengajak lebih banyak orang untuk memahami dampak negatif plastik sekali pakai dan manfaat beralih ke alternatif yang lebih ramah lingkungan.

    Selain melalui media sosial, Aisa juga memfasilitasi pembelian produknya melalui e-commerce seperti Tokopedia. Hal ini bertujuan agar masyarakat serta pelaku usaha yang ingin “tobat” dari penggunaan plastik sekali pakai dapat dengan mudah mendapatkan produk dari Bukan Plastik.

    “Lewat Tokopedia, ribuan lembar kantong belanja Bukan Plastik terjual setiap bulannya dan penjualan kami meningkat hingga 10x lipat bahkan telah menjangkau wilayah Gorontalo,” tutur Aisa.

    Langkah Aisa dalam mengurangi penggunaan plastik sekali pakai melalui usahanya, Bukan Plastik, patut diapresiasi. Dengan semakin banyaknya inovasi alternatif pengganti plastik sekali pakai seperti Bukan Plastik, sudah tidak ada alasan lagi bagi kita untuk tidak mulai mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari.

    #LokalAsri #ArahkanAksiAsrikanIndonesia #TribunNetwork #MataLokalMenjangkauIndonesia

  • Alibaba China Investasi Rp826 Triliun Kembangkan AI, Siap Saingi Eropa dan AS

    Alibaba China Investasi Rp826 Triliun Kembangkan AI, Siap Saingi Eropa dan AS

    Bisnis.com, JAKARTA — Alibaba mengumumkan rencana investasi US$53 miliar atau Rp826 triliun selama 3 tahun ke depan untuk membangun pusat data AI generasi baru, pengembangan chip khusus AI (Hanguang 900), dan komputasi awan canggih.

    Langkah ini merupakan bagian dari transformasi strategis perusahaan dari e-commerce ke teknologi AI dan komputasi awan. 

    Melansir Bloomberg pada Senin (24/2/2025), perusahaan internet yang didirikan oleh Jack Ma itu berencana untuk mengeluarkan lebih banyak dana untuk AI dan jaringan komputasi awan dibandingkan dekade terakhir. 

    Dalam blog resminya, Alibaba menyebut perusahaan mempunyai visi untuk menjadi mitra utama bagi perusahaan-perusahaan yang mengembangkan dan menerapkan AI di dunia nyata seiring dengan berkembangnya model-model dan kebutuhan daya komputasi yang semakin meningkat.

    Alibaba memperbaiki bisnisnya yang terpuruk akibat tindakan keras pemerintah yang dimulai pada tahun 2020, dengan memfokuskan kembali ambisinya pada e-commerce dan AI. 

    Pekan lalu, Chief Executive Officer Eddie Wu menyatakan bahwa Artificial General Intelligence, atau AGI, kini menjadi tujuan utamanya, mengikuti perlombaan yang sejauh ini dipimpin oleh perusahaan-perusahaan seperti OpenAI dan perusahaan-perusahaan besar AS mulai dari Microsoft Corp. hingga Alphabet Inc.

    Komitmen ini menandakan persaingan yang makin panas antara negara-negara berkembang dalam pengembangan kecerdasan buatan. 

    Prancis (Rp1.830 Triliun)

    Pada 10 Januari 2025, Presiden Prancis Emmanuel Macron dikabarkan akan mengumumkan rencana investasi jumbo swasta senilai US$112,5 miliar atau Rp1.830 triliun untuk pengembangan kecerdasan buatan (AI).    

    Pendanaan tersebut mencakup rencana perusahaan investasi Kanada Brookfield untuk menginvestasikan US$20,61 miliar dalam proyek AI di Prancis dan pendanaan dari Uni Emirat Arab yang dapat mencapai US$51,52 miliar pada tahun-tahun mendatang. 

    Reuters melaporkan Istana Elysee mengatakan investasi UEA akan mencakup pembiayaan untuk pusat data 1 gigawatt. Surat kabar La Tribune de Dimanche melaporkan bahwa sebagian besar investasi Brookfield akan digunakan untuk pusat data. 

    Masayoshi Son (Rp1.600 Triliun)

    Sementara itu di penghujung 2024, Pendiri dan CEO dari SoftBank Group Corp. Masayoshi Son berencana untuk mengembangkan cip semikonduktor untuk kecerdasan buatan (AI) dan akan. berinvestasi US$100 miliar di Amerika Serikat selama 4 tahun mendatang. 

    Kepastian investasi ini diumumkan saat Son melakukan pertemuan dengan presiden terpilih AS Donald Trump di Mar-a-Lago pada pekan lalu.  

    Son berinvestasi di Amerika dinilai jauh lebih ambisius dan strategis. Menurut beberapa sumber yang mengetahui rencananya, Son tengah fokus pada pengembangan cip semikonduktor untuk kecerdasan buatan, dengan tujuan besar membangun cip AI yang dapat bersaing dengan Nvidia.

  • Hampir 3 Bulan Berdiri, Indonesia Anti-Scam Centre Blokir Rp 106 M Dana Hasil Scam

    Hampir 3 Bulan Berdiri, Indonesia Anti-Scam Centre Blokir Rp 106 M Dana Hasil Scam

    Jakarta

    Ooritas Jasa Keuangan (OJK) melaporkan Indonesia Anti-Scam Centre (IASC) sejak awal beroperasi pada 22 November 2024 hingga 9 Februari 2025 ini sudah menerima 42.257 aduan kasus penipuan atau scam, memblokir 19.980 rekening, dengan dana diblokir sebesar Rp 106,8 miliar.

    Perlu diketahui, IASC merupakan forum kerja sama antara Satuan Tugas Pemberantasan Aktivitas Keuangan Ilegal (Satgas PASTI) dengan pelaku industri perbankan, penyedia jasa pembayaran, e-commerce, dan pihak terkait lainnya, yang bertujuan untuk menindaklanjuti laporan penipuan (scam) di sektor keuangan RI.

    “OJK bersama Otoritas, Kementerian, dan Lembaga terkait yang tergabung dalam Satgas PASTI telah meluncurkan IASC untuk mempercepat penanganan penipuan di sektor keuangan,” tulis OJK dalam salah satu unggahan Instagram resminya (@ojkindonesia), dikutip Minggu (23/2/2025).

    Dengan adanya forum ini, masyarakat dapat melaporkan kasus penipuan atau scam melalui situs resmi IASC di iasc.ojk.go.id atau melalui akses resmi lainnya, termasuk di telepon 157, Whatsapp 081-157-157-157, dan email konsumen@ojk.go.id.

    “Apabila masyarakat mengalami penipuan keuangan laporkan ke IASC Iasc.ojk.go.id. Info lebih lanjut hubungi Kontak OJK 157 @kontak15,” terang OJK lagi.

    Sebagai informasi, sebelumnya OJK melaporkan total kerugian masyarakat yang menjadi korban penipuan atau scam sudah mencapai Rp 726,6 miliar dalam kurun waktu 22 November 2024 hingga 12 Februari 2025.

    Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Perlindungan Konsumen OJK Frederica Widyasari Dewi atau akrab disapa Kiki menyampaikan sejak November 2024, IASC menerima 44.236 laporan penipuan.

    Ia menyampaikan, sebanyak 13.152 korban melaporkan langsung ke sistem IASC dan 31.084 laporan korban kepada pelaku usaha dan ditindaklanjuti melalui IASC.

    “Total kerugian yang dilaporkan ini uang masyarakat adalah Rp 726,6 miliar, dan kami juga sudah bisa memblokir Rp 109,5 miliar dari mereka yang dilaporkan kehilangan uangnya,” kata Frederica dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi XI DPR RI, Rabu (19/2/2025).

    Lebih lanjut, Kiki menyampaikan jumlah rekening penipuan yang dilaporkan sebanyak 73.884 rekening. Dari jumlah tersebut, Kiki mengatakan sebanyak 21.153 rekening telah diblokir.

    Meski begitu menurutnya jumlah laporan yang masuk ini bisa lebih besar dari data yang ada saat ini. “Saya rasa ini juga tidak semuanya melaporkan, banyak orang yang juga malu terkena scam,” katanya.

    (kil/kil)

  • Kebijakan Trump yang Tak Terduga Picu Ketidakpastian di Pasar Global, Termasuk Indonesia – Halaman all

    Kebijakan Trump yang Tak Terduga Picu Ketidakpastian di Pasar Global, Termasuk Indonesia – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kebijakan ekonomi dan perdagangan yang diambil Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, selama masa kepemimpinannya yang pertama (2016-2020) lalu telah menciptakan gelombang ketidakpastian di pasar global. 

    Kebijakan proteksionis yang diterapkannya, seperti peningkatan tarif impor dan perang dagang dengan China, tidak hanya memengaruhi perekonomian AS, tetapi juga berdampak signifikan pada negara-negara lain, termasuk Indonesia.

    Chief Economist Bank Central Asia (BCA), David Sumual mengatakan, kondisi pasar sangat erat kaitannya dengan liquidity, yang dipengaruhi oleh aktivitas ekonomi dan kepercayaan (confidence) pelaku pasar. 

    “Ketika orang saling yakin satu sama lain dan confidence dalam melakukan transaksi, baik transaksi domestik maupun ekspor-impor, serta investasi langsung atau portofolio, liquidity akan meningkat,” ujarnya saat talkshow Market Outlook 2025: Trump Effect, Potensi Dagang, dan Peluang Indonesia di sela-sela BCA Expoversary 2025 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Sabtu (22/2/2025). 

    Namun, kata dia kebijakan Trump yang seringkali tidak terduga dan berubah-ubah menciptakan ketidakpastian yang berdampak pada volatilitas pasar.

    David mengingatkan era Trump 1.0 (2016-2020), ketidakpastian yang berlangsung selama 1-2 tahun yang mengakibatkan melemahnya mata uang emerging market, termasuk rupiah.

    Juga  melemahnya mata uang Yuan yang sengaja dilakukan oleh China sebagai respons terhadap kebijakan AS dan terjadi tit for tat, tit for tat ini di mana yang Amerika menaikkan tarif dibalas lagi oleh Tiongkok dan seterusnya.

    “Dan kita berharap sebenarnya kali ini proses tit for tatnya tidak terjadi dan masuk ke meja perundingan dan pada akhirnya mereka bisa deal ya dari sisi kebijakan perdagangan maupun investasinya dari kedua belah atau pihaknya,” katanya.

    David melihat di semester pertama kemungkinan besar masih penuh dengan ketidakpastian dan suatu waktu market memang akan bergerak sesuai dengan news yang muncul. 

    “Seperti contoh 2 minggu lalu Trump mengatakan di hari Sabtu ya 2 minggu lalu itu dia akan menerapkan 25 persen tarif untuk Meksiko dan Kanada tapi beberapa hari kemudian di hari Rabu saya gak tau Trump malamnya mimpi apa gitu ya, di cancel gitu ya hanya 10 persen  jadi untuk Tiongkok yang lainnya ditunda selama 1 bulan,” katanya.

    Nah ini yang seperti kebijakan-kebijakan yang sifatnya berubah-ubah ini tentunya akan membuat pasarnya juga akan bergerak cukup volatile gitu ya dan ini salah satu isu yang pasti akan diikuti terus oleh pasar karena dampak ke sektorilnya akan cukup besar. 

    “Indonesia tidak bisa lepas dari itu ya jadi kenapa sekarang juga kelihatan kebanyakan juga market sedikit switching ya ke fixed asset salah satunya ataupun mencoba mengamankan mungkin profitnya sementara waktu cari yang lebih safe haven gitu ya nah ini juga ada kaitannya dengan itu,” katanya.

    Selama dealnya belum tercapai, kata dia artinya juga pertumbuhan ekonomi globalnya masih belum akan pulih masih relatively flat dan kita berharap sebenarnya ada terobosan-terobosan juga dari sisi kebijakan di dalam negeri juga bisa.

    Head of Research BCA Sekuritas, Andre Benas menyoroti peran China dalam menghadapi kebijakan Trump.

    Menurutnya, China saat ini lebih siap dan matang dalam menghadapi tekanan perdagangan dari AS.

    “China tidak hanya fokus pada AS, tetapi juga memperluas trade surplus-nya ke berbagai belahan dunia, seperti Afrika, India, Amerika Latin, dan Asia,” ujarnya.

    Benas juga menekankan pentingnya teknologi dalam menentukan arah ekonomi global ke depan.

    “Revolusi industri yang dipicu oleh teknologi seperti AI, renewable energy, robotik, dan quantum computing akan menjadi penggerak utama ekonomi global,” paparnya.

    Ia optimis bahwa fokus China pada teknologi dalam rencana lima tahun ke depan (2020-2025) akan memberikan dampak positif bagi perekonomian global.

    Di tingkat domestik, Benas melihat beberapa sektor yang memiliki daya tahan dan potensi pertumbuhan di tengah ketidakpastian global.

    “Sektor properti, terutama perumahan, serta sektor jasa yang terkait, akan menjadi penggerak utama ekonomi Indonesia,” ujarnya.

    Selain itu, program pemerintah seperti MBG (Makanan Berbasis Gizi) dan hilirisasi juga diharapkan dapat mendorong pertumbuhan sektor-sektor terkait, seperti transportasi, logistik, dan kemasan.

    Digitalisasi juga menjadi sektor yang berkembang pesat di Indonesia, tidak hanya di sektor finansial tetapi juga non-finansial seperti e-commerce dan layanan on-demand.

    “Perkembangan digitalisasi memberikan efek beruntun pada sektor pendukung seperti logistik dan transportasi,” tambah Benas.

    Namun, ia mengingatkan perlunya kewaspadaan terhadap crowding (kelebihan pemain) di sektor-sektor tersebut, yang dapat memicu konsolidasi di masa depan.

    Benas juga menyoroti peluang Indonesia dalam menghadapi pergeseran ekonomi global, terutama dengan fokus China yang mulai beralih dari low manufacturing ke ekonomi yang lebih maju. 

    “Indonesia memiliki potensi untuk mendapatkan spillover effect dari pergeseran ini, terutama jika mampu menarik investasi asing langsung (FDI) ke sektor manufaktur,” ujarnya.

    Dengan upah yang masih relatif rendah dan kebijakan pemerintah yang mendukung, Indonesia dapat menjadi destinasi menarik bagi investasi manufaktur. (*)

  • Virtual Account DANA, Contoh, Fungsi, dan Cara Top Up

    Virtual Account DANA, Contoh, Fungsi, dan Cara Top Up

    Jakarta

    Virtual Account DANA merupakan metode pembayaran dari dompet digital DANA untuk melakukan transaksi. Dengan VA tersebut, memungkinkan pengguna dengan melakukan top up (isi saldo) berbagai transaksi non-tunai lainnya.

    Secara umum, kode virtual account DANA terdiri dari 4-5 digit angka dan diikuti dengan nomor HP yang terdaftar di akun DANA.

    Misal bagi nasabah BCA maka kode virtual account DANA akan diawali 3901 diikuti nomor telepon. Contoh 3901 (083823378496). Sementara, bagi nasabah bank Mandiri akan diawali dengan nomor 89506 ditambah dengan nomor DANA yang terdaftar. Contoh:

    Cara Top UP DANA

    Dikutip dari laman resmi DANA Indonesia, berikut adalah beberapa cara untuk top up akun DANA:

    1. Top Up DANA lewat Transfer Bank

    Buka aplikasi dan masuk akun DANA kamu.Pilih menu “Top Up” pada halaman utama.Klik opsi “Bank Transfer”.Pilih bank yang kamu gunakan. Contohnya BRI, BNI, BCA, Mandiri, atau bank lainnya.Nantinya, akan ada nomor virtual account DANA yang tertampi. Catat atau salin nomor VA tersebut.Buka aplikasi mobile banking atau internet banking yang digunakan.Pilih menu “Transfer”.Masukkan nomor virtual account DANA yang telah dicatat.Masukkan nominal top up dan konfirmasikan transaksi.Saldo Dana akan terisi jika setelah transaksi selesai.

    2. Top Up DANA lewat Minimarket

    Kunjungi minimarket atau gerai retail terdekat.Informasikan ke kasir kalau kamu ingin top up saldo DANA.Berikan nomor HP yang terdaftar pada akun DANA.Tentukan jumlah top up yang diinginkan.Lakukan pembayaran sesuai dengan jumlah yang diinginkan.Tunggu sampai kasir memproses transaksi. Jika berhasil, saldo DANA akan bertambah sesuai nominal yang diisi.

    3. Top Up DANA lewat ATM

    Kunjungi ATM terdekatMasukkan kartu ATM dan PIN kamu.Pilih menu “Transfer” atau “Pembayaran” (pada menu yang tersedia di ATM bisa berbeda).Pilih opsi “Virtual Account”Masukkan nomor virtual account DANA yang tercantum di aplikasi.Masukkan jumlah top up yang diinginkan.Konfirmasikan transaksi.Jika berhasil, Saldo DANA akan terisi setelah transaksi selesai.

    4. Top Up DANA lewat E-Commerce

    Buka aplikasi e-commerce yang telah bekerja sama dengan DANA.Pilih “Top Up” atau “Isi Saldo” pada menu di aplikasi tersebut.Pilih “DANA” sebagai metode pembayaran.Masukkan nomor HP yang terdaftar pada akun DANA lamu.Masukkan jumlah top up yang diinginkan.Lakukan pembayaran sesuai dan instruksi yang dimintaProses top up saldo DANA selesai, nantinya saldo akan terisi setelah pembayaran berhasil.

    (khq/fds)