Topik: e-commerce

  • Dukung UMKM, Lazada Perkuat Inovasi Teknologi & Logistik Terpadu

    Dukung UMKM, Lazada Perkuat Inovasi Teknologi & Logistik Terpadu

    Jakarta, CNBC Indonesia – Platform e-Commerce Lazada Indonesia menunjukan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta brand lokal. Melalui sejumlah inovasi teknologi, fitur khusus, strategi hiperlokal, dan sistem logistik terpadu, Lazada tidak hanya membantu pelaku usaha bertahan, tetapi juga berkembang pesat di era digital.

    Komitmen ini diungkapkan dalam acara diskusi bertajuk “Komitmen Lazada Terhadap Pengembangan UMKM dan Brand Lokal” yang digelar hari ini di Jakarta.

    “Brand dan UMKM lokal telah terbukti sebagai pilar penting perekonomian. Pasar Indonesia sangat besar, bahkan terbesar di Asia Tenggara, maka mendukung UMKM untuk menguasai pasar dalam negeri merupakan langkah strategis,” ujar Head of Operations Lazada Indonesia, Amelia Tediarjo, Rabu, (5/3/2025).

    Amelia menuturkan, ekosistem digital Lazada didukung oleh teknologi canggih yang dirancang untuk membantu brand dan UMKM naik kelas, sekaligus memberikan pengalaman belanja yang mudah dan menyenangkan bagi konsumen.

    “Kami memiliki berbagai fitur berbasis kecerdasan buatan, seperti AI Lazzie yang memberikan rekomendasi produk terbaik, gamifikasi dengan berbagai hadiah, serta fitur virtual try-on yang memungkinkan calon pembeli ‘mencoba’ produk secara virtual,” papar Amelia.

    “Selain menciptakan pengalaman belanja yang terpersonalisasi untuk konsumen, fitur ini juga bisa meningkatkan keterlibatan penjual dengan pembeli yang diharapkan bisa mendorong penjualan, ” tambahnya.

    Lebih lanjut Amelia menambahkan bahwa Lazada tidak hanya menyediakan dukungan dan penawaran berbasis teknologi, tetapi juga berbagai data dan wawasan yang berguna untuk para penjual di Lazada “Seller Center Lazada tidak hanya menyediakan data kinerja toko secara real-time, namun juga menyediakan data dan wawasan terkait dengan tren penjualan di pasar, yang dapat dijadikan referensi untuk penyusunan strategi bisnis,” jelas Amelia.

    Lazada juga menghadirkan berbagai kanal untuk mempermudah interaksi antara penjual dan pembeli. Salah satunya adalah LazMall, dengan 32.000 brand lokal dan internasional terkemuka menawarkan pengalaman belanja yang serupa dengan berbelanja di mall offline. LazMall menawarkan berbagai keuntungan tambahan, diantaranya jaminan keaslian produk (100% original), jaminan pengiriman tepat waktu, jaminan ketersediaan stok, serta jaminan kemudahan pengembalian apabila barang yang dikirim tidak sesuai atau ternyata kurang cocok dalam 30 hari.

    “Brand dan UMKM yang bergabung di LazMall akan mendapatkan banyak keuntungan, terutama dengan keberadaan kanal khusus seperti LazMart yang menjual produk kebutuhan sehari-hari dan LazBeauty yang fokus pada produk perawatan kulit dan kecantikan. “Kanal khusus ini mempermudah penjual dan pembeli untuk terhubung lebih cepat, sekaligus mempercepat transaksi. Calon pembeli yang masuk ke kanal tersebut sudah pasti mencari produk di kategori yang sesuai,” tambah Amelia.

    Strategi Hiperlokal dan Kekuatan Logistik Terpadu

    Lazada juga berfokus pada strategi hiperlokal, yang berupaya mendekatkan rantai pasokan dengan pelanggan. Amelia menjelaskan, melalui implementasi strategi hiperlokal, pihaknya memberdayakan brand dan UMKM lokal untuk memastikan produk yang banyak dicari pelanggan tidak hanya terjamin ketersediaan dan kualitasnya, namun juga dekat dengan pelanggan.

    “Surabaya menjadi kota percontohan untuk strategi hiperlokal, dimana kehadiran kami di Surabaya dilakukan secara holistik, tidak hanya pada pengembangan fitur dan penawaran yang ada di aplikasi, namun juga dari sisi jaringan dan infrastruktur operasional logistik yang menjadi kunci keberhasilan hiperlokal,” terangnya.

    Strategi hiperlokal Lazada di Surabaya menunjukkan keberhasilan yang signifikan. Sejak diluncurkan pada awal Oktober 2024 lalu, terjadi peningkatan jumlah pembeli dan jumlah pasokan lokal secara berkelanjutan, dengan kontribusi penjualan local-to-local mencapai lebih dari 50% dalam waktu satu bulan sejak diluncurkan. Potensi pasar hiperlokal terus bertumbuh, ditunjukkan dengan semakin banyak brand, baik brand multinasional maupun brand lokal, juga memanfaatkan fasilitas logistik di Lazada untuk memastikan kecepatan dan kelancaran pemenuhan pesanan pembeli.

    Pada kesempatan yang sama, Chief Logistics Officer Lazada Indonesia, Reinaldo Harjanto menegaskan bahwa strategi hiperlokal dan dukungan logistik terpadu menjadi kunci utama dalam membantu UMKM menjangkau pasar yang lebih luas.

    “Melalui berbagai program dan inisiatif, kami ingin memastikan bahwa UMKM dan brand lokal tidak hanya bertahan, tetapi juga mampu bersaing dan tumbuh secara berkelanjutan di pasar digital. Ini sejalan dengan misi kami untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dan nasional. Setelah Surabaya, kini kami akan mulai menggarap Medan, Sumatra Utara sebagai kota tujuan hiperlokal kami selanjutnya,” jelas Reinaldo.

    Menurut Reinaldo, Lazada terus memperkuat ekosistem digital terpadunya yang menggabungkan eCommerce dan sistem logistik canggih untuk memudahkan transaksi antara penjual dan pembeli di ekosistem Lazada. Unit usaha logistik Lazada, yang dikenal sebagai LEX, menjadi pionir logistik eCommerce pertama di Indonesia yang didukung oleh data dan teknologi mutakhir. “Dukungan teknologi canggih di Lazada memungkinkan operasional kami menjadi lebih efektif dan efisien, sehingga tidak hanya pengiriman bisa dilakukan dengan tepat waktu, namun juga dengan penawaran harga yang kompetitif bagi pelanggan,” ujar Reinaldo.

    Dengan dukungan infrastruktur logistik berbasis kecerdasan buatan (AI), seperti smart warehousing dan intelligent routing, Lazada memastikan sistem inventori brand di gudang dapat diprediksi dengan akurat serta proses pengiriman yang efisien dan tepat waktu. Hal ini tidak hanya meningkatkan kepuasan pelanggan, tetapi juga memberikan pengalaman terbaik bagi brand dan penjual yang bergabung dalam platform Lazada. “Kami memiliki lebih dari 200 fasilitas logistik yang tersebar di lebih dari 150 kota di Indonesia, serta 15.000 karyawan dan mitra kurir yang menjadi garda depan operasional logistik kami untuk mendukung pemenuhan dan pengiriman terintegrasi bagi brand dan UMKM di ekosistem kami melalui layanan Fulfillment by Lazada (FBL),” terang Reinaldo.

    Reinaldo menambahkan bahwa dukungan dari para mitra logistik lokal turut memperkuat jangkauan Lazada. “Dukungan dari para mitra logistik lokal di berbagai daerah juga membuat kami bisa menjangkau pelanggan di manapun, di area terpencil sekalipun. Dengan demikian, tidak hanya kami bisa memberdayakan mitra logistik lainnya, kami juga bisa berinvestasi secara strategis di area lain yang bisa mendorong pertumbuhan berkelanjutan kami,” tutup Reinaldo.

    (dpu/dpu)

  • Infinix Note 50 Pro Resmi Dirilis di Indonesia di Bawah Rp3 Juta

    Infinix Note 50 Pro Resmi Dirilis di Indonesia di Bawah Rp3 Juta

    JABAR EKSPRES – Infinix kembali menggempur pasar smartphone Indonesia dengan menghadirkan Infinix Note 50 Pro. Ponsel ini menjadi bukti bahwa kecerdasan buatan (AI) canggih kini bisa dinikmati dengan harga yang ramah di kantong. Dibanderol mulai Rp2,9 jutaan, Infinix Note 50 Pro menawarkan kombinasi fitur AI inovatif dengan spesifikasi hardware yang mumpuni.

    Infinix Note 50 Pro hadir dengan bodi kokoh berbingkai metal yang memberikan kesan mewah sekaligus tangguh. Tak hanya itu, smartphone ini juga telah mengantongi sertifikasi IP64 yang menjadikannya tahan terhadap debu dan percikan air, membuatnya lebih andal untuk penggunaan sehari-hari.

    Baca juga : Akhirnya Vivo V50 Lite 5G Siap Hadir di Indonesia, Intip Bocoran Spesifikasi di Sini

    Salah satu daya tarik utama Infinix Note 50 Pro adalah kehadiran paket fitur AI bernama Infinix AI, yang dirancang untuk mempermudah berbagai aktivitas pengguna, di antaranya:

    Recording SummaryMeringkas rekaman suara secara real-time. Misalnya, dari rekaman pembicaraan mengenai awal puasa Ramadan 2025, AI langsung menyimpulkan: “Bulan puasa 2025 dimulai 1 Maret berdasarkan perhitungan Hilal dari Aceh hingga Papua.”Fitur ini sangat berguna bagi wartawan, mahasiswa, hingga profesional yang sering berhadapan dengan rekaman panjang.Circle to Search

    Cukup lingkari objek di foto atau galeri untuk langsung mencari informasi di Google. Contoh: Foto madu di galeri dapat langsung menampilkan harga produk tersebut di e-commerce.

    Call Assistant

    Penerjemah percakapan dua arah (Inggris-Indonesia) saat panggilan telepon berlangsung, mempermudah komunikasi bisnis atau keperluan internasional.

    Baca juga : iPhone 16 di Indonesia, Kapan Bisa Resmi Beredar? Ini Tanggal Rilis dan Harganya

    AI Note

    Mengubah sketsa tangan menjadi ilustrasi digital profesional. Misalnya, gambar bunga sederhana bisa diubah menjadi desain cyberpunk atau gaya komik.

    Hp ini juga lengkap dengan fitur AI Erase, yang memungkinkan pengguna menghapus objek pada foto dengan lebih natural. Dalam uji coba, fitur ini bahkan lebih baik dibandingkan kompetitor di kisaran harga Rp4-6 jutaan.

    Infinix Note 50 Pro: Hasil penghapusan objek seperti TWS di tangan atau lampu di wajah terlihat natural tanpa distorsi.Kompetitor: Hasil penghapusan sering meninggalkan efek black hole atau tekstur yang tidak rata.

  • BTS Palsu Dulu Kirim SMS Pilkada dan Pilpres, Komdigi Bongkar Modusnya

    BTS Palsu Dulu Kirim SMS Pilkada dan Pilpres, Komdigi Bongkar Modusnya

    Jakarta, CNBC Indonesia – Penipuan yang menggunakan Fake BTS ternyata bukan baru tahun 2025 saja terjadi. Sebelumnya pernah terjadi pada periode Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) beberapa waktu lalu.

    “Ancaman fake BTS ini telah terjadi pada tahun 2019 dan 2023. Pada saat periode Pilkada maupun Pilpres. Namun terjadi hanya sesekali,” kata Direktur Strategi dan Kebijakan Infrastruktur Digital Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi), Denny Setiawan dalam Profit CNBC Indonesia, Rabu (6/3/2025).

    Namun pada awal 2025, penipuan itu berkembang dan menyasar perbankan. Denny menjelaskan beberapa wilayah yang disasar seperti Jakarta, Bandung hingga Denpasar.

    Denny mengatakan berdasarkan monitoring pihak Balai Monitor kementerian, pemancar yang dilakukan sifatnya intermittent. Alatnya bisa sangat kecil ataupun menggunakan HP dengan power yang kecil serta berpindah-pindah.

    “Kurang lebih 2 menit dan intermittent sehingga sulit sekali untuk melakukan pelacakan sumber pancaran,” ungkap dia.

    Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Muhammad Arif Angga menjelaskan alat Fake BTS yang digunakan mudah didapatkan. Untuk itu dia meminta agar bisa menertibkan peredaran alat tersebut.

    “Mungkin alat-alat ini kalau kita pelajari bukan alat-alat yang susah juga didapat di market ya. Dan teknologinya juga bukan teknologi yang sebenarnya enggak canggih-canggih banget dan memang ini butuh kerja keras juga saya yakin dari pihak komdigi maupun pihak penegak hukum untuk benar-benar menertibkan ini,” jelas Arif.

    “Tapi mungkin satu langkah yang mungkin bisa saya usulkan adalah bagaimana ya mungkin penegak hukum sweeping mungkin toko-toko atau apapun yang memang dianggap punya alat yang berpotensi dapat disalahgunakan menjadi alat yang seperti ini untuk menyebarkan informasi yang salah,” ujar dia menambahkan.

    Pernah dilarang

    Mengutip Detik.com pada 2019, Agung Harsoyo yang saat itu menjabat sebagai Komisioner Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) mengungkapkan fake BTS ini pernah dipergunakan sejak pilkada DKI Jakarta namun dengan jumlah yang belum terlalu banyak. Jumlahnya kian banyak saat pemilu 17 April tahun tersebut.

    Agung menjelaskan alat Fake BTS bisa melakukan intersepsi jaringan operator tertentu di sekitar BTS terdekat. Alat ilegal itu akan memancarkan frekuensi seperti BTS operator.

    “Jadi, fake BTS ini memancarkan frekuensi seolah-olah BTS operator. Padahal sesungguhnya ini murni tanpa melalui core atau billing sistem operator. Mereka melakukan intersepsi di antara BTS dan pelanggan telepon selular,” jelasnya.

    Kasus yang mencuat pada 2019 juga membuat BRTI meminta menyetop penjualan perangkat untuk penyebar SMS palsu. Hal ini diungkapkan dalam Siaran Pers No. 84/HM/KOMINFO/04/2019 berjudul Tangkal Penyebaran Konten Negatif, BRTI Larang Jual Beli dan Penggunaan Perangkat Penyebar SMS Palsu.

    Saat itu, BRTI menemukan adanya penggunaan perangkat yang disebut fake BTS untuk menyebarluaskan konten negatif dengan SMS. Mulai dari penyebarluasan konten negatif seperti hoaks, berita palsu, provokasi, ujaran kebencian dan pelanggaran konten informasi negatif lainnya dengan menggunakan SMS.

    Ismail yang kala itu menjabat sebagai Ketua BRTI mengatakan penggunaan perangkat telah melanggar UU Telekomunikasi dan UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Pihaknya telah meminta para vendor perangkat idak lagi menjual perangkat itu, termasuk meminta e-commerce dan toko online untuk menutup iklan yang menawarkan perangkat fake BTS.

    “Kami minta semua pihak terkait untuk berhenti menggunakan perangkat yang tanpa Sertifikat Kominfo semacam itu,” ujar Ismail.

    (dem/dem)

  • Cegah Pencurian Data! Ini 5 Cara Aman Saat Transaksi Belanja Online

    Cegah Pencurian Data! Ini 5 Cara Aman Saat Transaksi Belanja Online

    Jakarta

    Aktivitas belanja online diperkirakan meningkat seiring dengan kebutuhan persiapan ibadah dan hari raya. Survei Glance pada Desember 2024 mengungkap bahwa lebih dari separuh masyarakat Indonesia berencana meningkatkan anggaran belanja mereka.

    Tingginya transaksi digital meningkatkan risiko penipuan dan pencurian data pribadi. Oleh karena itu, penting bagi konsumen untuk lebih waspada saat berbelanja online. Para pelaku cybercrime sering memanfaatkan kelengahan pengguna dengan menawarkan promo palsu atau mengirim tautan berbahaya.

    Berdasarkan hal tersebut, Chairman Communication & Information System Security Research Center (CISSReC), Dr. Pratama Persadha, membagikan beberapa langkah untuk menjaga keamanan data pribadi saat bertransaksi online:

    1. Gunakan Password yang Kuat

    Pastikan akun belanja memiliki kata sandi yang unik dan sulit ditebak. Gunakan kombinasi huruf besar, kecil, angka, dan simbol. Hindari penggunaan informasi pribadi seperti tanggal lahir atau nama keluarga. Untuk keamanan tambahan, gunakan password manager agar lebih mudah mengelola berbagai akun.

    2. Waspada Terhadap Tautan dan Promo Mencurigakan

    Jangan mudah tergiur promo diskon besar yang dikirim melalui email, WhatsApp, SMS, atau media sosial. Pastikan hanya berbelanja di situs resmi dan selalu periksa URL sebelum memasukkan data pribadi.

    3. Aktifkan Two-Factor Authentication (2FA)

    Gunakan 2FA untuk memberikan lapisan keamanan tambahan pada akun. Fitur ini memastikan bahwa meskipun seseorang mengetahui password yang digunakan, mereka tetap memerlukan kode verifikasi tambahan untuk mengakses akun.

    4. Jangan Bagikan Kode OTP

    Kode OTP bersifat rahasia. Jangan pernah membagikannya kepada siapapun, termasuk pihak yang mengaku sebagai customer service e-commerce atau bank. Jika ada permintaan mencurigakan, lakukan verifikasi melalui kanal resmi sebelum memberikan informasi apapun.

    5. Hati-Hati Saat Melakukan Pembayaran

    Pastikan pembayaran dilakukan melalui rekening atau virtual account resmi e-commerce. Hindari pembayaran langsung ke rekening pribadi penjual untuk menghindari potensi penipuan.

    Pratama menyarankan agar konsumen hanya membeli dari penjual resmi atau berlabel LazMall, selalu memeriksa ulasan produk, dan menghindari komunikasi di luar platform.

    “Jangan pernah membagikan OTP, password, atau informasi kartu kredit kepada siapa pun, termasuk yang mengaku sebagai customer service. Selalu gunakan metode pembayaran yang aman seperti transfer bank dengan virtual account, e-wallet, atau yang terbaru, dengan QRIS untuk memastikan dana Anda terlindungi. Dengan tetap waspada dan mengikuti langkah-langkah keamanan, Anda dapat menikmati belanja online di Lazada dengan nyaman dan tanpa risiko,” ujar Pratama dalam keterangan tertulis, Selasa (4/3/2025).

    Vice President Customer Care Lazada Indonesia, Intan Eugenia, menegaskan bahwa keamanan pengguna menjadi prioritas utama Lazada. Oleh karena itu, pihaknya terus berinvestasi dalam teknologi keamanan terbaru dan menerapkan praktik terbaik untuk melindungi data pribadi serta transaksi pengguna.

    “Meski demikian, kami juga mengimbau setiap pelanggan Lazada untuk terus menjadi pelanggan cerdas, senantiasa berhati-hati dalam bertransaksi, dan pastikan transaksi hanya dilakukan di dalam aplikasi Lazada. Hubungi kanal Customer Care melalui aplikasi Lazada apabila memang ada permasalahan dan membutuhkan bantuan penyelesaian segera,” tutur Intan.

    Dengan mengikuti langkah-langkah ini, konsumen dapat menikmati belanja online selama Ramadan dengan lebih aman dan nyaman. Selamat berbelanja di bulan penuh berkah!

    (akn/ega)

  • TikTok Dilelang, Daftar Calon Pembelinya Terungkap ke Publik

    TikTok Dilelang, Daftar Calon Pembelinya Terungkap ke Publik

    Jakarta, CNBC Indonesia – Sejumlah nama muncul sebagai calon pembeli TikTok di Amerika Serikat (AS). Terbaru adalah pendiri Reddit Alexis Ohanian.

    Pengusaha Frank McCourt mengumumkan dirinya dan Ohanian bergabung untuk mengakuisisi TikTok. Ohanian yang juga kapitalis ventura itu akan bertugas sebagai penasihat strategis.

    “Dia punya portofolio pengalaman yang luas mengenai media sosial dan pemahaman tajam soal perkembangannya,” jelas McCourt, dikutip dari Reuters, Selasa (4/3/2025).

    Dia mengatakan Ohanian akan membantu mempromosikan Project Liberty yang disebutnya sebagai “people’s bid”. Pengguna dijanjikan bisa mengendalikan data mereka yang akan digunakan dan dibagikan.

    Ohanian juga telah buka suara soal proyek tersebut. Ia mengatakan sangat bersemangat mengerjakannya dan akan memberikan orang kendali atas data mereka.

    McCourt telah mengajukan diri untuk membeli TikTok dari pemiliknya ByteDance sejak akhir tahun lalu. Saat itu, pemilik tim bisbol Los Angeles Dodgers mengaku menerima pendanaan lisan senilai US$20 miliar dari konsorsium investor untuk membeli TikTok.

    TikTok akan diubah total jika McCourt berhasil membelinya. Model iklan akan dirubah, dan pemasukan platform akan didapatkan melalui e-commerce dan data lisensi pelatihan kecerdasan buatan.

    Pemerintah AS diketahui memaksa ByteDance menjual aplikasi itu agar tidak diblokir di AS. Namun raksasa teknologi China berulang kali mengatakan tidak berniat melepas TikTok.

    MrBeast Mau Caplok TikTok

    Peminat lainnya untuk mencaplok TikTok adalah grup investor yang dipimpin pengusaha teknologi Jesse Tinsley. Di dalamnya juga termasuk YouTuber kawakan MrBeast dan pengusaha asal Wyoming Reid Rasner.

    Lewat akun X-nya pada 13 Januari 2025, MrBeast yang memiliki nama asli Jimmy Donaldson itu menulis, “Oke, baiklah, saya akan beli TikTok supaya nggak diblokir.”

    Keesokan harinya, ia menambahkan, “Secara tidak terduga, saya memiliki begitu banyak miliarder yang menghubungi saya sejak saya men-tweet ini, mari kita lihat apakah kita bisa melakukan ini.”

    Selanjutnya, dalam laporan kelompok investor yang dipimpin Jesse Tinsley mengindikasikan bergabungnya MrBeast untuk mencaplok TikTok. 

    Lalu, ada pengumuman dari Paul Hastings LLP, sebuah firma hukum yang menasihati kelompok tersebut, mengidentifikasi MrBeast sebagai bagian dari pembelian TikTok.

    (fab/fab)

  • Cara Menggunakan Fitur PayBank di MyIM3 dan Bima+, Kolaborasi Indosat

    Cara Menggunakan Fitur PayBank di MyIM3 dan Bima+, Kolaborasi Indosat

    Bisnis.com, JAKARTA – PT Indosat Tbk. (ISAT) bekerja sama dengan Indepay menghadirkan fitur PaybyBank di aplikasi myIM3 dan bima+, yang membantu pengguna dalam transaksi digital secara instan dan aman.

    Fitur ini tidak hanya mempermudah pembayaran super cepat yang langsung menghubungkan nomor ponsel ke rekening bank, tapi juga memiliki sistem enkripsi canggih yang menjaga keamanan data.

    Chief Commercial Officer & Director Indosat Ooredoo Hutchison Ritesh Kumar Singh mengatakan kolaborasi antara pihaknya dengan Indepay akan membawa pelanggan Indosat ke pengalaman digital kelas dunia.

    “Dengan fitur terbaru ini kami percaya bahwa kemudahan transaksi tanpa biaya ini akan membuka peluang bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam ekonomi digital secara lebih inklusif,” kata Ritesh dalam keteranganya, Selasa (4/3/2025).

    Di sisi lain, Co-founder and Chief Executive Officer of Setara Networks Worldwide Rajib Saha menyebut pembayaran digital memainkan peran penting dalam mendorong perekonomian. 

    Seiring pesatnya pertumbuhan e-commerce global, pihaknya percaya bahwa Indonesia siap beralih dari transaksi konvensional ke digital yang lebih cepat, bebas biaya, dan praktis hanya dengan sekali klik. 

    “Kami ingin memperkuat ekonomi digital Indonesia dengan infrastruktur canggih, dan Indepay hadir sebagai solusi pembayaran digital inovatif yang bisa diakses masyarakat di seluruh Tanah Air,” ujarnya.

    Adapun berikut cara Menggunakan PaybyBank di Aplikasi myIM3 dan bima+ :

    1. Buka aplikasi myIM3 atau bima+ yang telah terinstal di perangkat Anda dan sudah login menggunakan akun aktif.

    2. Pilih menu Pembayaran untuk membayar tagihan, melakukan isi ulang pulsa, atau pembelian paket data.

    3. Aktifkan opsi PaybyBank yang akan menghubungkan nomor ponsel Anda langsung ke rekening bank.

    4. Pilih Sumber Dana seperti kartu debit, kartu kredit, atau sumber dana lain yang telah terdaftar di platform Indepay .

    5. Pilih Bank Penerbit kartu kredit/debit dan masukkan detail kartu.

    6. Lakukan verifikasi keamanan sesuai instruksi di aplikasi, seperti memasukkan PIN

    atau one-time password (OTP) untuk melindungi transaksi.

    7. Konfirmasi pembayaran dan selesaikan transaksi tanpa biaya tambahan.

    8. Setelah transaksi selesai, pelanggan dapat mengecek riwayat pembayaran melalui fitur laporan transaksi real-time.

  • Nilai Transaksi E-Commerce Indonesia Diproyeksi Tembus Rp 1.800 Triliun – Page 3

    Nilai Transaksi E-Commerce Indonesia Diproyeksi Tembus Rp 1.800 Triliun – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Meskipun Indonesia menghadapi berbagai tantangan ekonomi, proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2025 ini masih menunjukkan angka yang stabil di kisaran 5%. Bank Indonesia hingga lembaga internasional seperti IMF dan Bank Dunia memperkirakan pertumbuhan antara 4,7% hingga 5,5%.

    Hal ini tetap menggambarkan prospek yang cerah bagi ekonomi nasional. melihat proyeksi nilai transaksi e-commerce di Indonesia, pada tahun 2025 menunjukkan tren pertumbuhan yang signifikan.

    Prediksi Gross Merchandise Value (GMV) e-commerce Indonesia berdasarkan datadari Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), Google, Temasek, dan Bain & Company hingga e- Commerce DB akan mencapai antara USD 85 miliar hingga USD 120 miliar (sekitar Rp 1.800 triliun), dengan pertumbuhan sekitar 20%-25% dari tahun sebelumnya.

    Seiring dengan pertumbuhan e-commerce yang makin pesat, peran UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) dalam ekosistem digital memberikan kontribusi cukup besar terhadap nilai transaksi e-commerce secara keseluruhan, melalui peningkatan jumlah UMKM yang beralih ke platform digital.

    Digitalisasi UMKM tidak hanya memperluas jangkauan pasar mereka tetapi juga dapat meningkatkan daya saing di pasar lokal dan global. UMKM merupakan sektor yang mendominasi struktur ekonomi Indonesia dan menjadi tulang punggung perekonomian nasional. UMKM berkontribusi sebesar 61,07% terhadap PDB Indonesia atau senilai 8.573,89 triliun rupiah.

    Dilansir dari situs Kementerian Keuangan, berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM di Indonesia pada akhir tahun 2024 mencapai 64,2 juta unit usaha.

    Selaras dengan Asta Cita Presiden Prabowo, untuk berkomitmen penuh dalam mendukung pertumbuhan ekonomi kerakyatan melalui UMKM yang diwujudkan dalam beberapa langkah strategis, mulai dari akses pembiayaan, pengembangan kapasitas, hingga digitalisasi.

    Aloshop, e-commerce enabler asal Indonesia, menghadirkan solusi nyata untuk ekonomi kerakyatan, pembangunan berkelanjutan, hingga kontribusinya bagi Indonesia.

    “Aloshop, menerapkan strategi khusus, yakni ‘Blue Ocean Strategy’ dengan menciptakan pasar baru dan memberikan solusi inovatif bagi bisnis yang ingin masuk ke ranah e-commerce tanpa harus membangun infrastruktur sendiri,” kata CIO (Chief Innovation Officer) Shipper Group dan Aloshop Indonesia Jessica Hendrawidjaja.

    Hal ini dapat mendukung UMKM untuk segera naik kelas karena mendapatkan akses pembiayaan proses jual beli yang lebih mudah.

     

     

  • China Makin Kencang Jajah Dunia, Ini Bukti Terbarunya

    China Makin Kencang Jajah Dunia, Ini Bukti Terbarunya

    Jakarta, CNBC Indonesia – Industri teknologi China konsisten unjuk gigi di kancah global, baik di sektor aplikasi mobile, smartphone, e-commerce, kecerdasan buatan (AI), hingga mobil listrik (EV).

    Layanan seperti TikTok milik ByteDance, Temu, Shein, DeepSeek, WeChat, berhasil menarik minat masyarakat di seluruh dunia. Begitu juga dengan beragam merek ponsel yang langganan masuk jejeran ‘Top 5’ smartphone terlaris di dunia seperti Oppo, Vivo, hingga Xiaomi.

    Terbaru, Xiaomi yang mulai menggarap mobil listrik, berniat untuk mengekspansi produknya ke luar China. Hal ini disampaikan Presiden Xiaomi William Lu, di ajang Mobile World Congress (MWC) 2025 di Barcelona.

    Lu mengatakan mobil listrik Xiaomi akan ‘menyerbu’ pasar global dalam beberapa tahun ke depan. Namun, ia tak memberikan timeline konkrit untuk rencana tersebut.

    Komentar tersebut mempertegas upaya China untuk menggenjot sektor mobil listrik dan menyaingi didominasi Tesla asal Amerika Serikat (AS), dikutip dari CNBC International, Senin (3/3/2025).

    “Saya tak bisa memberikan banyak detail. Namun, saya sangat senang mengumumkan ke pengguna global kami bahwa Xiaomi akan merilis mobil listrik di pasar global dalam beberapa tahun,” Lu menjelaskan.

    Pekan ini, Xiaomi baru meluncurkan EV premium pertamanya di China yang dinamai SU7 Ultra. Mobil tersebut dibanderol mulai 529.000 yuan atau setara Rp1,2 miliar.

    Lu mengatakan SU7 Ultra menerima 15.000 orderan dalam 24 jam pasca dirilis. Mobil mahal itu juga dipamerkan pada booth Xiaomi di MWC 2025.

    Xiaomi memang sudah memiliki nama besar di industri smartphone. Namun, raksasa tersebut baru mencoba peruntungan di industri EV mulai 2021 lalu. Unit pertamanya adalah SU7 yang dirilis Maret 2024 lalu.

    Sepanjang tahun lalu, sebanyak 100.000 unit SU7 laku terjual di China. Popularitasnya di sektor EV, ditambah kinerja penjualan smartphone yang moncer, membuat Xiaomi berhasil membukukan peningkatan saham 300% selama 12 bulan di 2024.

    (fab/fab)

  • Penerapan Tanda Tangan Elektronik Hadapi Sejumlah Tantangan

    Penerapan Tanda Tangan Elektronik Hadapi Sejumlah Tantangan

    Jakarta, Beritasatu.com – Penerapan wajib tanda tangan elektronik (TTE) bersertifikat dalam transaksi digital menimbulkan kekhawatiran terkait penambahan beban biaya bagi masyarakat dan potensi hambatan bagi perkembangan ekonomi digital.

    “Kebijakan tersebut mengharuskan setiap pengguna untuk mendaftar dan berlangganan TTE yang telah mendapatkan sertifikasi,” ujar  Direktur Pengawasan Sertifikasi dan Transaksi Elektronik di Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) Teguh Arifiyadi dalam forum diskusi yang diinisiasi oleh Lestari, Senin (3/3/2025).

    Ketentuan ini diatur dalam revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PSTE), yang diberlakukan seiring dengan pengesahan perubahan kedua atas Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) pada Januari 2024.

    “Aspek keamanan dalam bertransaksi secara elektronik merupakan alasan utama di balik penerapan tanda tangan elektronik,” ujar Teguh.

    Dia menggarisbawahi pentingnya mengintegrasikan tanda tangan elektronik untuk mengantisipasi risiko baru dalam transaksi digital.

    Namun, tidak mudah untuk mengimplementasikan kebijakan ini. Pelaku marketplace menekankan bahwa penerapan sistem keamanan multifaktor (MFA) telah menjadi standar efektif dalam melindungi transaksi bagi UMKM dan konsumen.

    Raisha Safira dari Indonesia e-Commerce Association (idEA) menjelaskan kewajiban tanda tangan elektronik berpotensi menghambat UMKM yang baru memasuki ranah digital.

    “Karena ini akan menambah kompleksitas teknis dan biaya operasional kepada UMKM yang baru melek digital. Saat ini yang terpenting dalam mencegah penipuan adalah melakukan edukasi tentang literasi digital, seperti cara menjaga kerahasiaan kode OTP atau data pribadi,” kata Raisha.

    Tak hanya itu, sektor fintech yang melayani segmen unbanked dan underbanked juga mengungkapkan kekhawatirannya terkait dampak kebijakan tanda tangan elektronik terhadap pengalaman pengguna.

    “Transaksi pembayaran mikro harus tetap sederhana dan terjangkau. Jika TTE diwajibkan untuk setiap transaksi, kami khawatir akan muncul hambatan teknis bagi pengguna dengan literasi digital yang terbatas atau akses perangkat yang minim,” kata Anggie Setia Ariningsih dari PT Commerce Finance saat berbicara terkait penerapan tanda tangan elektronik.

  • 3thre_brothers Ubah Hobi Jadi Sumber Penghasilan Bersama YouTube Shopping Affiliates & Shopee

    3thre_brothers Ubah Hobi Jadi Sumber Penghasilan Bersama YouTube Shopping Affiliates & Shopee

    Jakarta, Beritasatu.com – Berawal dari hobi berkreasi menciptakan konten video ulasan produk elektronik dan gadget, kini tiga pemuda kreatif yang tergabung dalam kanal Youtube, 3thre_brothers sukses meraih kesuksesan melalui program YouTube Shopping Affiliates bersama Shopee. Bagi Andre (26), Badali (20), dan Awaludin (20), perjalanan menjadi kreator konten di YouTube bukanlah sebuah profesi yang pernah mereka bayangkan sebelumnya. Sibuk bekerja serabutan dengan penghasilan yang hanya cukup untuk bertahan hidup di kampung mereka dan terus mencari pekerjaan tetap menjadi titik balik yang membuat mereka mulai mencari peluang baru.

    Berawal dari sekadar menjadi penikmat konten, mereka memulai perjalanan sebagai kreator mulai mengunggah video pertama pada 2023. Meskipun hasilnya belum sesuai ekspektasi karena masih mencari formula yang tepat, mereka tetap konsisten menekuni dunia kreatif ini. Hasilnya, dalam waktu kurang dari setahun, mereka berhasil meraih 700 ribu subscribers baru.

    Cara 3thre_brothers Optimalkan Hobi Jadi Ladang Cuan melalui Program Youtube Shopping Affiliates Bersama Shopee

    “Sejak mendengar peluncuran program YouTube Shopping Affiliates bersama Shopee pada September tahun lalu, kami tidak ragu untuk bergabung dan mulai memanfaatkannya sejak November 2024. Tanpa membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi, kami berhasil mengoptimalkan strategi konten baru yang lebih efektif dengan membagikan berbagai rekomendasi produk dari Shopee melalui video-video YouTube kami. Dari upaya ini, kami mampu memperoleh sumber penghasilan baru yang cukup signifikan untuk mencukupi kebutuhan kami dan keluarga,” jelas 3thre_brothers.

    3thre_brothers mengaku melihat peluang besar dalam fitur YouTube Shopping Affiliates bersama Shopee, terutama karena mereka juga aktif menjadi affiliate dalam Shopee Affiliate Program. Bagi mereka, fitur ini sangat menarik karena memberikan fleksibilitas dalam memasarkan produk afiliasi tanpa harus membuat ulang video. Salah satu keunggulan utama yang mereka manfaatkan adalah kemampuan untuk menambahkan produk afiliasi ke video yang sudah viral tanpa perlu mengunggah ulang konten.

    Berkat kejelian mereka dalam memanfaatkan fitur afiliasi secara maksimal untuk merekomendasikan produk-produk elektronik & gadget, 3thre_brothers berhasil menjadikan program ini menjadi wadah hobi dalam berkreasi sekaligus memperoleh pendapatan yang maksimal. Setiap bulannya, 3thre_brothers berhasil meraih komisi belasan hingga puluhan juta rupiah dari program YouTube Shopping Affiliates bersama Shopee. Selain mendapat pendapatan tambahan, 3thre_brothers juga terbukti turut membantu penjualan produk dari UMKM dan brand lokal.

    Dalam waktu hanya sekitar 3 bulan bergabung dalam program ini, 3thre_brothers telah berhasil membantu mempromosikan beragam produk penjual Shopee hingga total nilai transaksi produknya mencapai ratusan juta rupiah.

    “Dihitung sejak awal mendapatkan komisi hingga sekarang, pendapatan kami sudah mencapai ratusan juta rupiah. Pencapaian ini benar-benar mengubah hidup kami. Dulu kami hanya bisa bekerja serabutan, sekarang kami bisa fokus sebagai kreator dan merencanakan masa depan dengan lebih baik. Selain manfaat finansial, perjalanan ini juga memberikan kepuasan tersendiri. Bisa membangun komunitas, mendapatkan apresiasi dari penonton, dan menjadi inspirasi bagi orang lain adalah sesuatu yang tak ternilai harganya,” jelas 3thre_brothers.

    Menyadari potensi besar yang ditawarkan program YouTube Shopping Affiliates bersama Shopee, 3thre_brothers ingin mengajak lebih banyak kreator untuk bisa merasakan manfaat dari program ini. Mereka pun membagikan strategi yang telah terbukti efektif dalam menciptakan konten yang menarik sekaligus menguntungkan, simak berikut tipsnya!

    1. Cermat dalam melakukan riset jenis konten dan produk untuk direview

    Setiap proses pembuatan konten, 3thre_brothers selalu mencari tahu produk apa yang sedang viral dan jenis konten seperti apa yang paling banyak dicari penonton. Mereka sering mengecek rekomendasi produk terlaris di e-commerce, seperti Shopee, melihat tren di media sosial, serta memperhatikan komentar-komentar dari para penonton. Lalu, mereka kemas kontennya dengan cara unik supaya tetap autentik, informatif, dan menghibur para subscriber.

    2. Tak cukup informatif, konten review produk harus unik dan menghibur

    Alih-alih sekadar review produk, 3thre_brothers selalu berusaha menyajikan video yang menghibur. Mereka sering menguji produk dalam situasi yang tidak lazim, seperti dengan melakukan eksperimen, atau bahkan mencoba tantangan kreatif agar penonton selalu terhibur. Mereka selalu punya standar tinggi agar para penonton tidak hanya memahami segala informasi tentang produk, tetapi juga bisa menikmati videonya sampai habis.

    3. Membangun interaksi dengan audiens secara interaktif.

    Selain membuat konten, 3thre_brothers juga aktif membalas komentar dan mendengarkan masukan dari penonton. Banyak ide konten baru yang lahir dari permintaan audiens, baik itu produk yang ingin direview maupun konsep video yang mereka inginkan. Tak jarang, banyak penonton setia mereka yang juga meminta secara khusus untuk membuat konten review produk tertentu dan berbagi ide konsep konten baru. Tiga pemuda konten kreator ini pun selalu terbuka menerima saran dari subscriber demi menciptakan hubungan komunikasi dua arah demi membangun loyalitas yang tinggi.

    4. Manfaatkan momen trending dan musiman

    Selain mengikuti tren produk, 3thre_brothers juga jeli dalam memanfaatkan momentum yang sedang ramai diperbincangkan, misalnya momen-momen besar seperti, Ramadan dan Tahun Baru. Menurut mereka, dalam setiap perayaan atau tren tertentu, tentunya juga ada beragam kategori produk tertentu yang diminati penonton. Selain itu, jangan lupa untuk aktif memantau tren di media sosial, lalu hubungkanlah korelasinya dengan produk afiliasi yang sedang dipromosikan.

    “Kami percaya bahwa siapa pun bisa sukses di program YouTube Shopping Affiliates bersama Shopee jika mampu memanfaatkan peluang dan konsisten dalam berkreasi. Kunci utama bagi siapa pun yang ingin mengikuti jejak 3thre_brothers adalah berani memulai, terus belajar dari pengalaman, serta selalu mengikuti perkembangan tren yang ada. Dengan strategi yang tepat dan mampu memanfaatkan peluang secara optimal, program ini dapat menjadi platform yang mendukung kita semua untuk meningkatkan kreativitas sekaligus membuka penghasilan tambahan,” pungkas 3thre_brothers.

    Bagi para kreator yang ingin mengikuti jejak sukses 3thre_brothers, bergabunglah dengan YouTube   Shopping   Affiliates!   Hanya   dengan   minimal   10.000   subscribers   kamu bisa menghasilkan tambahan cuan sambil menyalurkan hobi. Pastikan kanal YouTube sudah tergabung di YPP (Program Partner YouTube) atau sudah dimonetisasi. Temukan informasi lebih lanjut di sini.