Topik: e-commerce

  • Singapura Tarik Kopi Asal Malaysia karena Mengandung Tambahan Obat Kuat

    Singapura Tarik Kopi Asal Malaysia karena Mengandung Tambahan Obat Kuat

    Jakarta

    Badan Pangan Singapura (SFA) memperingatkan masyarakat untuk tidak mengonsumsi produk Kopi Penumbuk yang diproduksi di Malaysia. Produk yang dipasarkan di platform e-commerce lokal itu diklaim memiliki efek peningkatan seksual pria dan mengandung tadalafil.

    “SFA telah bekerja sama dengan berbagai platform e-commerce daring untuk menghapus daftar produk tersebut, dan mengeluarkan peringatan kepada masing-masing penjual agar tidak segera menjual produk tersebut,” katanya dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Straits Times.

    Tadalafil adalah obat resep yang digunakan untuk disfungsi ereksi dan harus dikonsumsi di bawah pengawasan medis.

    SFA mengungkapkan penyalahgunaan tadalafil dapat menyebabkan efek samping yang serius termasuk serangan jantung, stroke, sakit kepala, migrain, detak jantung tidak teratur, serta priapisme atau ereksi yang menyakitkan dan sangat lama.

    Badan tersebut mengatakan tadalafil dapat menimbulkan risiko serius bagi individu tertentu, termasuk mereka yang memiliki masalah terkait jantung. Tadalafil dapat menyebabkan tekanan darah rendah yang berpotensi mengancam jiwa, terutama pada mereka yang mengonsumsi obat jantung yang mengandung nitrat.

    “Konsumen juga harus berhati-hati dan memperhatikan risiko yang terkait dengan mengonsumsi makanan yang dibeli dari sumber yang tidak diketahui atau tidak terverifikasi, dan disarankan untuk mencari informasi lebih lanjut sebelum melakukan pembelian apapun,” terangnya.

    (sao/kna)

  • 3 Cara Buat Kartu Kredit BCA, Simak Syarat Lengkapnya

    3 Cara Buat Kartu Kredit BCA, Simak Syarat Lengkapnya

    PIKIRAN RAKYAT – Kartu kredit BCA merupakan salah satu produk keuangan yang menawarkan kemudahan transaksi bagi nasabah di Indonesia. Dengan berbagai jenis kartu yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, BCA menyediakan layanan yang tidak hanya praktis, tetapi juga memberikan beragam keuntungan, mulai dari cashback, cicilan ringan, hingga program loyalitas dengan reward yang menarik.

    Keunggulan utama kartu kredit BCA terletak pada sistem keamanannya yang canggih dan fitur-fitur inovatif yang terus dikembangkan. Nasabah dapat menikmati fasilitas contactless payment, verifikasi transaksi melalui OTP (One-Time Password), serta layanan notifikasi real-time untuk memastikan keamanan dalam setiap penggunaan. Selain itu, BCA juga memiliki aplikasi mobile yang memudahkan pengguna dalam mengelola transaksi, mengecek tagihan, serta mengatur limit kartu sesuai kebutuhan.

    BCA menawarkan berbagai pilihan kartu kredit, seperti BCA Card, BCA Visa, dan BCA Mastercard, yang masing-masing memiliki keunggulan tersendiri. Beberapa kartu menawarkan promo eksklusif di restoran, supermarket, dan e-commerce, sementara yang lain memberikan keuntungan khusus bagi para traveler, seperti bebas iuran tahunan dan akses ke airport lounge.

    Jika kamu tertarik untuk membuat Kartu Kredit BCA, simak penjelasan tentang syarat dan caranya di bawah ini:

    Apa Syarat Buat Kartu Kredit BCA?

    Sebelum mengajukan kartu kredit, pastikan kamu sudah memenuhi beberapa persyaratan berikut:

    Berusia minimal 21 tahun. Menyediakan salinan KTP. Menyertakan salinan NPWP. Menyiapkan salinan slip gaji. Memiliki penghasilan bersih setidaknya Rp3 juta per bulan. Menyerahkan fotokopi buku tabungan untuk periode minimal tiga bulan terakhir. Cara Buat Kartu Kredit BCA

    Kamu bisa membuat kartu kredit BCA lewat beberapa cara berikut ini:

    Lewat myBCA

    Pastikan aplikasi myBCA di perangkatmu sudah diperbarui ke versi terbaru sebelum mengajukan kartu kredit. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk melakukan pengajuan melalui aplikasi myBCA: Masuk ke aplikasi myBCA dengan akun yang telah terdaftar. Pilih menu Pengajuan Kartu Kredit, lalu klik Ajukan atau Cek Status, tekan Lanjut, dan klik Mulai. Saat ini, pengajuan hanya berlaku untuk kartu kredit utama dan tidak mencakup kartu kredit tambahan. Pilih jenis Kartu Kredit BCA yang ingin diajukan. Tentukan jenis kartu pendamping sesuai dengan preferensimu. Konfirmasi pilihan kartu dengan menekan tombol Lanjut. Lakukan verifikasi email dengan memilih Ya, lalu klik Lanjut. Jika ingin mengganti alamat email, pilih Tidak, masukkan email baru, lalu verifikasi dengan memasukkan kode OTP yang dikirimkan. Data pribadi serta informasi pekerjaan akan otomatis terisi berdasarkan data yang digunakan saat pembukaan rekening. Jika ada perubahan, kamu bisa memperbaruinya sesuai dengan informasi terbaru. Pastikan seluruh data sudah diisi dengan benar dan lengkap. Masukkan PIN untuk mengonfirmasi pengajuan. Pengajuan kartu kredit BCA telah berhasil dilakukan dan sedang dalam proses verifikasi.

    Lewat Situs Online

    Bagi kamu yang ingin mengajukan kartu kredit tanpa harus datang langsung ke bank, bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

    Kunjungi situs resmi di https://webform.bca.co.id/applycc/#/main/dashboard. Pilih menu “Aplikasi Online”. Bacalah dan setujui syarat serta ketentuan yang muncul dengan mengklik “OK”. Kamu akan diminta menjawab apakah sudah memiliki kartu kredit BCA atau belum. Jika sudah memiliki kartu kredit BCA, pilih apakah kartu kredit yang diajukan untuk diri sendiri atau orang lain, lalu isi formulir sesuai dengan data yang diperlukan. Jika belum memiliki kartu kredit BCA, pilih jenis kartu yang sesuai dengan kebutuhan dan lengkapi formulir aplikasi dengan informasi yang diminta. Lanjutkan proses pengajuan hingga selesai sesuai dengan petunjuk yang diberikan. Tunggu proses verifikasi dan konfirmasi dari pihak bank. Jika pengajuan berhasil, pihak bank akan menghubungi kamu melalui SMS atau telepon dari layanan pelanggan. Setelah kartu kredit diterima, lakukan aktivasi. Kamu bisa mengaktifkannya melalui kantor cabang BCA atau menggunakan layanan BCA Mobile. Buat PIN kartu kredit setelah aktivasi selesai. PIN ini penting untuk memastikan keamanan setiap transaksi yang dilakukan.

    Pembuatan Kartu Kredit BCA lewat situs online.

    Langsung Datang ke Kantor Cabang

    Jika kamu ingin mengajukan kartu kredit dengan datang langsung ke kantor cabang, ikuti langkah-langkah berikut:

    Siapkan seluruh dokumen yang dibutuhkan dan bawalah ke layanan pelanggan di kantor cabang bank. Pihak bank akan melakukan pemeriksaan terhadap dokumen yang telah kamu serahkan. Jika semua persyaratan terpenuhi, kamu akan diminta untuk mengisi formulir permohonan kartu kredit. Bersiaplah untuk menjalani proses verifikasi yang dilakukan oleh pihak bank. Tunggu informasi lebih lanjut dari pihak bank. Jika semua kriteria sudah sesuai, proses akan berlanjut ke tahap berikutnya. Setelah kartu kredit diterima, lakukan aktivasi. Aktivasi bisa dilakukan secara mandiri melalui layanan online atau dengan mendatangi kantor cabang tempat pengajuan. Buat PIN kartu kredit sebagai langkah keamanan dalam bertransaksi.

    Dengan ketiga langkah di atas, kamu bisa memilih metode terbaik untuk membuat Kartu Kredit BCA.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Peredaran Barang Palsu Rugikan Negara! Begini Upaya Perlindungannya

    Peredaran Barang Palsu Rugikan Negara! Begini Upaya Perlindungannya

    Jakarta: Produk palsu masih menjadi ancaman serius bagi perekonomian Indonesia. Menurut studi yang dilakukan oleh Masyarakat Indonesia Anti Pemalsuan (MIAP) bersama Universitas Pelita Harapan, kerugian negara akibat produk ilegal ini mencapai Rp291 triliun.
     
    Direktur Eksekutif MIAP, Justisiari P. Kusumah, menegaskan dampak dari pemalsuan produk tidak hanya merugikan pemilik hak kekayaan intelektual, tetapi juga mengurangi potensi penerimaan pajak dan menghambat penciptaan lapangan kerja.
     
    “Kemajuan teknologi dan metode distribusi yang semakin kompleks menjadikan pengawasan terhadap produk palsu sebagai tantangan yang tidak sederhana,” ujar Justisiari dalam keterangan tertulis, Rabu, 12 Maret 2025.
     

    Pelabuhan dan pasar tradisional jalur utama 
    Lebih lanjut, ia menyebut bahwa pelabuhan dan pasar tradisional menjadi jalur utama masuknya produk ilegal. Bahkan, platform e-commerce juga menjadi tantangan baru dalam penyebaran barang palsu.

    “Terlebih lagi, semakin besarnya perubahan gaya belanja melalui platform e-dagang menjadi sebuah tantangan baru saat ini terkait juga dengan adanya temuan-temuan peredaran produk palsu/ilegal melalui jalur distribusi platform e-dagang kepada konsumen,” jelas Justisiari.

    Barang palsu dan dampaknya terhadap ekonomi
    Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum, Razilu, juga menyoroti dampak besar dari barang palsu. Berdasarkan data dari OECD dan Kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa, perdagangan barang palsu dan bajakan mencapai 3,39 persen dari total perdagangan dunia pada 2019 atau setara dengan USD509 miliar.
     
    “Peredaran barang palsu tidak hanya merugikan pemilik hak kekayaan intelektual, tetapi juga konsumen serta perekonomian nasional secara keseluruhan. Produk palsu juga dapat menghambat inovasi dan kreativitas, merugikan negara dalam sektor pajak, serta memberikan dampak negatif terhadap keselamatan konsumen,” kata Razilu. 
     
    Untuk mengatasi hal ini, DJKI terus meningkatkan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya perlindungan Kekayaan Intelektual.
     

    Peran bea cukai dalam penegakan hukum
    Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) juga mengambil peran aktif dalam penegakan hukum terkait Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Kepala Seksi Kejahatan Lintas Negara DJBC, R. Tarto Sudarsono, menyebut Indonesia masih masuk dalam Priority Watch List (PWL) oleh United States Trade Representative (USTR) karena tingginya pelanggaran HKI.
     
    Untuk mengatasi hal ini, DJBC menerapkan dua mekanisme utama, yaitu pengawasan aktif melalui ex-officio dan pengendalian niaga berdasarkan laporan dari pemilik merek. 
     
    Sepanjang 2024, pendaftaran merek untuk perlindungan meningkat dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya, dengan 76 merek telah terdaftar hingga Februari.
     
    Dalam regulasi, Bea Cukai memiliki landasan hukum yang kuat, seperti PP No. 20 Tahun 2017 dan PMK No. 40 Tahun 2018, yang memberikan kewenangan untuk menahan barang yang melanggar HKI sebelum masuk ke pasar.
    Kolaborasi jadi kunci utama
    Untuk memberantas peredaran barang palsu, diperlukan kerja sama antara pemerintah, pelaku industri, dan masyarakat. Tanpa sinergi yang kuat, produk-produk ilegal akan terus beredar dan merugikan perekonomian nasional.
     
    “Peran Bea Cukai di perbatasan sangat penting untuk mencegah barang-barang yang melanggar HKI beredar di pasar. Jika sudah ada rekomendasi dari pemegang hak, kami bisa langsung bertindak untuk menahan barang di pelabuhan sebelum diedarkan,” tutur Tarto.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Kisah UMKM Ina Cookies Penjualan Naik 2 Kali Lipat Berkat Shopee

    Kisah UMKM Ina Cookies Penjualan Naik 2 Kali Lipat Berkat Shopee

    Jakarta

    Hari Perempuan Sedunia menjadi momen spesial bagi para wanita. Sebab saat ini banyak perempuan yang memberikan inspirasi bagi seluruh lapisan tidak terkecuali kepada para pria.

    Salah satu kisah inspiratif dari perempuan hemat yakni hadir dari Pemilik Ina Cookies, Ina Wiyandini asal Bandung. Melalui usaha yang dibangun, Ina berhasil menciptakan dampak positif bagi masyarakat sekitar seperti pembukaan lapangan kerja hingga menggerakkan ekonomi UMKM.

    Ina Wiyandini mengatakan dirinya mendirikan bisnis sudah selama 33 tahun. Waktu yang lama tersebut membuat dirinya telah merasakan manis pahitnya dalam menjalankan usaha. Tak hanya itu, sepanjang itu dirinya juga banyak melakukan adaptasi untuk mengembangkan bisnis, salah satunya dengan melakukan penjualan online di Shopee.

    “Percaya pada takdir dan cerita Sang Maha Kuasa adalah hal terbaik. Kepahitan yang saya alami saat berjualan jahe gajah kala itu justru kini menjadi alasan terbesar untuk bersyukur. Pada tahun 1992, bisnis kue kering masih jarang, padahal permintaan menjelang hari raya sangat tinggi,” kata Ina Wiyandini dalam keterangannya, Rabu (12/3/2025).

    “Saya mencoba berani meminjam modal dari kakak ipar, belajar membuat lima jenis kue kering, dan memulai segalanya dari nol. Dari nastar hingga putri salju, saya merintis bisnis kecil-kecilan, menjual secara door to door, baik ke saudara ataupun tetangga, dan memproduksi kue dari dapur rumah dengan peralatan seadanya. Dari situlah, mulai perlahan-lahan belajar mengenai strategi pemasaran yang efektif dan cara mempertahankan bisnis di berbagai gempuran zaman, terutama masuk ke era digitalisasi pemasaran online, dan Shopee menjadi platform utama pilihan kami,” sambungnya.

    Ina Cookies UMKM Kue Kering Mewarnai Ramadan Bersama Shopee

    Ina mengatakan Ramadan menjadi momen yang menghadirkan berkah tersendiri bagi para pelaku UMKM kue kering. Sebab permintaan kue kering selalu alami peningkatan di setiap tahun.

    Untuk memaksimalkan peluang tersebut, Ina pun manfaatkan e-commerce seperti Shopee agar dapat menjangkau konsumen lebih luas. Shopee memberikan akses ke pasar yang lebih luas, memungkinkan Ina Cookies untuk menjual produknya tidak hanya di daerah tertentu, melainkan ke seluruh Indonesia.

    “Sejak awal, Shopee telah menjadi jembatan bagi kami untuk terus tumbuh. Shopee adalah salah satu platform utama yang berkontribusi besar pada penjualan kami dan kami yakin berbisnis di Shopee adalah langkah tepat untuk terus berkembang,” ungkapnya.

    “Untuk memperluas jangkauan bisnis, kami juga memanfaatkan berbagai fitur interaktif yang bisa menambah daya tarik, seperti Shopee Live dan Shopee Video. Hal ini tentunya membawa pengaruh signifikan terhadap pertumbuhan Ina Cookies, serta peningkatan lapangan pekerjaan, khususnya dalam memberdayakan komunitas perempuan,” tambah Ina.

    Ina Cookies Foto: dok. Istimewa

    Sejak bergabung menjadi mitra strategis Shopee pada 2018, bisnis Ina Cookies pun mengalami lonjakan peningkatan yang cukup signifikan. Di Ramadan tahun 2024, Ina Cookies berhasil mencatatkan peningkatan penjualan lebih dari 2x lipat dibanding Ramadan tahun sebelumnya. Kesuksesannya tersebut pun, membuat Ina Cookies menghadirkan kembali rangkaian kegiatan tambahan menarik salama Big Ramadan Sale 2025, salah satunya Shopee Live selama 18 jam live dengan promo menarik.

    Ramadan tahun ini, Ina Cookies juga akan mengeluarkan Gable Box dan Hampers untuk variant toples reguler, toples kaca dan toples kombinasi dengan berbagai varian jumlahnya, mulai isi 2 toples, 3 toples sampai dengan 6 toples. Sehingga dapat mengakomodir semua keperluan calon pembeli untuk persiapan Lebaran. Selama tiga dekade berbisnis, perjalanan Ina Cookies menjadi bukti nyata ketekunan dan inovasi berkelanjutan adalah aspek utama.

    “Dari awalnya hanya memproduksi lima jenis kue, kini Ina Cookies telah mengembangkan lebih dari 250 varian kue kering, termasuk inovasi terbaru seperti Cookies Vegan, teh dari edible flower,” tuturnya.

    Menjadi salah satu brand kue kering dengan varian terbanyak di Indonesia sejak 33 tahun berdiri. Dari produksi hingga pemasaran, Ina Cookies tetap memberdayakan tenaga kerja manusia dengan lebih total 500 karyawan tanpa menggantinya dengan mesin. Bahkan karyawan yang sudah lebih bekerja 15 tahun ke atas, mendapatkan hadiah tanah maupun rumah sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi mereka sudah tumbuh bersama Ina Cookies.

    Shopee terus berupaya untuk menjadi kawan dalam perjalanan UMKM meraih sukses bersama platform digital. Untuk membantu mendukung setiap individu yang baru ingin memulai bisnis seperti langkah yang Ina lakukan 33 tahun lalu, Shopee memiliki Program Sukses UMKM Baru. Spesial untuk para pengusaha UMKM yang baru membuka toko di Shopee selama bulan Ramadan tanggal 20 Februari – 31 Maret 2025, Shopee menyediakan dukungan tambahan.

    Selain mendapat dukungan reguler dalam Program Sukses UMKM Baru berupa gratis biaya administrasi untuk 50 pesanan pertama, biaya layanan Gratis Ongkir XTRA untuk
    200 pesanan pertama, dan voucher 1 juta untuk memberikan diskon di toko Penjual.

    Tak hanya itu, para penjual baru di Shopee bakal mendapat Saldo Iklan Rp 75.000 dan tambahan voucher Rp 1 juta. Beragam manfaat tersebut bisa dinikmati oleh seluruh UMKM tanpa syarat tertentu hanya perlu membuka toko di Shopee.

    (prf/ega)

  • Kisah Manis Kesuksesan Bisnis Lokal Legendaris Ina Cookies Bersama Shopee

    Kisah Manis Kesuksesan Bisnis Lokal Legendaris Ina Cookies Bersama Shopee

    Jakarta, Beritasatu.com – Dalam momentum perayaan Hari Perempuan Sedunia, Shopee mengangkat kisah bagaimana Ina Wiyandini, Pemilik Ina Cookies bertahan di tengah persaingan industri makanan lokal dan berhasil menciptakan dampak lebih luas bagi komunitas sekitarnya. Dengan inovasi dan semangat kewirausahaan, Ina menjadi salah satu sosok inspiratif yang membuktikan bahwa perempuan memiliki peran besar dalam membuka lapangan pekerjaan, menginspirasi generasi selanjutnya dan menggerakkan ekonomi daerah sekitarnya, khususnya melalui usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

    Dedikasi Ina dalam membangun bisnis UMKM kue kering asal Bandung, menggambarkan bagaimana perempuan dapat tumbuh dan membawa perubahan. Tidak ada usaha yang instan, perjalanan lebih dari 33 tahun Ina Cookies untuk bertahan menjadi kisah manis tentang bagaimana perempuan dapat bangkit dan berinovasi. Ina juga kerap beradaptasi dengan kemajuan teknologi dan melebarkan jangkauan penjualan online bersama Shopee.

    Ina mengatakan, percaya pada takdir dan cerita Sang Maha Kuasa adalah hal terbaik. Kepahitan yang ia alami saat berjualan jahe gajah kala itu justru kini menjadi alasan terbesar untuk bersyukur. Pada tahun 1992, bisnis kue kering masih jarang, padahal permintaan menjelang hari raya sangat tinggi. Ia pun mencoba berani meminjam modal dari kakak ipar, belajar membuat lima jenis kue kering, dan memulai segalanya dari nol.

    “Dari nastar hingga putri salju, saya merintis bisnis kecil-kecilan, menjual secara door-to-door, baik ke saudara maupun tetangga, dan memproduksi kue dari dapur rumah dengan peralatan seadanya. Dari situlah, mulai perlahan-lahan belajar mengenai strategi pemasaran yang efektif dan cara mempertahankan bisnis di berbagai gempuran zaman, terutama masuk ke era digitalisasi pemasaran online, dan Shopee menjadi platform utama pilihan kami,” jelas Ina.

    Ina Cookies, UMKM Kue Kering yang Sukses Mewarnai Ramadan Bersama Shopee

    Setiap tahunnya, permintaan kue kering meningkat pesat, menjadi kesempatan emas bagi UMKM dan brand lokal untuk berkembang lebih jauh. Bulan Ramadan selalu menjadi momen penting bagi Ina Cookies dan di sinilah teknologi berperan penting dalam perjalanan kesuksesan bisnisnya. Melalui platform e-commerce seperti Shopee, Ina mampu mengubah keterbatasan menjadi peluang. Shopee memberikan akses ke pasar yang lebih luas, memungkinkan Ina Cookies untuk menjual produknya tidak hanya di daerah tertentu, melainkan ke seluruh Indonesia.

    “Sejak awal, Shopee telah menjadi jembatan bagi kami untuk terus tumbuh. Shopee adalah salah satu platform utama yang berkontribusi besar pada penjualan kami dan kami yakin berbisnis di Shopee adalah langkah tepat untuk terus berkembang,” ujar Ina.

    Untuk memperluas jangkauan bisnis, Ina Cookies juga memanfaatkan berbagai fitur interaktif yang bisa menambah daya tarik, seperti Shopee Live dan Shopee Video.

    “Hal ini tentunya membawa pengaruh signifikan terhadap pertumbuhan Ina Cookies, serta peningkatan lapangan pekerjaan, khususnya dalam memberdayakan komunitas perempuan,” tambah Ina.

    Sejak bergabung menjadi mitra strategis Shopee pada 2018, bisnis Ina Cookies pun mengalami lonjakan peningkatan yang cukup signifikan. Di Ramadan tahun 2024, Ina Cookies berhasil mencatatkan peningkatan penjualan lebih dari 2x lipat dibanding Ramadan tahun sebelumnya. Kesuksesannya tersebut pun, membuat Ina Cookies menghadirkan kembali rangkaian kegiatan tambahan menarik salama Big Ramadan Sale 2025, salah satunya Shopee Live selama 18 jam live dengan promo menarik.

    Ramadan tahun ini, Ina Cookies juga akan mengeluarkan Gable Box dan Hampers untuk varian toples reguler, toples kaca dan toples kombinasi dengan berbagai varian jumlahnya, mulai isi 2 toples, 3 toples sampai dengan 6 toples. Sehingga dapat mengakomodir semua keperluan calon pembeli untuk persiapan Lebaran.

    Ina Cookies telah mengembangkan lebih dari 250 varian kue kering.

    Selama tiga dekade berbisnis, perjalanan Ina Cookies menjadi bukti nyata ketekunan dan inovasi berkelanjutan adalah aspek utama. Dari awalnya hanya memproduksi lima jenis kue, kini Ina Cookies telah mengembangkan lebih dari 250 varian kue kering, termasuk inovasi terbaru seperti Cookies Vegan, teh dari edible flower. Menjadi salah satu brand kue kering dengan varian terbanyak di Indonesia sejak 33 tahun berdiri.

    Dari produksi hingga pemasaran, Ina Cookies tetap memberdayakan tenaga kerja manusia dengan lebih total 500 karyawan tanpa menggantinya dengan mesin. Bahkan karyawan yang sudah lebih bekerja 15 tahun ke atas, mendapatkan hadiah tanah maupun rumah sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi mereka sudah tumbuh bersama Ina Cookies.

    Ina Cookies tetap memberdayakan tenaga kerja manusia dengan lebih total 500 karyawan tanpa menggantinya dengan mesin.

    Shopee terus berkomitmen untuk menjadi kawan dalam perjalanan UMKM meraih sukses bersama platform digital. Untuk membantu mendukung setiap individu yang baru ingin memulai bisnis seperti langkah yang Ina lakukan 33 tahun lalu, Shopee memiliki Program Sukses UMKM Baru.

    Spesial untuk para pengusaha UMKM yang baru membuka toko di Shopee selama bulan Ramadan tanggal 20 Februari – 31 Maret 2025, Shopee menyediakan dukungan tambahan. Selain mendapat dukungan reguler dalam Program Sukses UMKM Baru berupa gratis biaya administrasi untuk 50 pesanan pertama, biaya layanan Gratis Ongkir XTRA untuk
    200 pesanan pertama, dan voucher 1 juta untuk memberikan diskon di toko penjual, para penjual baru di Shopee juga akan mendapat saldo iklan Rp 75.000 dan tambahan voucer Rp 1 juta. Semua dukungan ini bisa didapatkan dengan mudah dan tanpa syarat oleh semua pengusaha UMKM yang baru memulai membuka toko di Shopee.

  • Ini Kekuatan Baru Alibaba Usai Bangkit dari Dasar Jurang

    Ini Kekuatan Baru Alibaba Usai Bangkit dari Dasar Jurang

    Jakarta, CNBC Indonesia – Raksasa China Alibaba sempat diterpa badai pasca ditinggalkan sang pendiri Jack Ma karena hubungan yang tegang dengan pemerintah. Alibaba juga mengalami restrukturisasi besar-besaran dan beberapa petingginya mundur.

    Tak cuma itu, gencarnya persaingan di sektor e-commerce dengan munculnya pendatang baru seperti PDD Holdings kian memperburuk posisi Alibaba di sektor teknologi China.

    Namun, sejak akhir tahun lalu, Alibaba mulai menunjukkan tanda-tanda kebangkitan. Raksasa tersebut mulai bersemangat mendorong adopsi teknologi kecerdasan buatan.

    Baru-baru ini, Alibaba ditunjuk oleh Apple sebagai mitra untuk menelurkan sistem kecerdasan buatan Apple Intelligence pada produk-produk yang dijual di China.

    Terbaru, Manus AI yang baru rilis dan digadang-gadang sebagai DeepSeek kedua dari China mengumumkan kemitraan strategis dengan model AI Qwen milik Alibaba.

    Langkah ini bisa menjadi win-win solution bagi kedua pihak. Manus AI bisa makin memantapkan posisinya untuk menggelar agen AI general pertama di dunia. Sementara Alibaba akan turut terbantu untuk bersaing di sektor AI yang kompetitif.

    Tak seperti chatbot pada umumnya, agen AI general bisa beroperasi seperti karyawan digital, mengeksekusi tugas secara mandiri, dan membutuhkan prompt yang minim.

    Manus AI dirilis pekan lalu dan diklaim telah melampaui kemampuan agen AI milik OpenAI yang dinamai DeepResearch, dikutip dari Reuters, Rabu (12/3/2025).

    Sama seperti DeepSeek, Manus AI langsung viral saat diluncurkan. Pembahasan Manus AI membuat media sosial China ramai membahasnya dengan penuh antusias.

    Kemitraan Manus dan Qwen diramal akan kembali mengguncang industri teknologi yang masih bergejolak pasca kehadiran DeepSeek.

    Tujuan kemitraan ini untuk mengintegrasikan fungsi Manus sebagai agen AI dengan model AI dan platform komputasi milik Alibaba.

    “Kami tak sabar berkolaborasi dengan lebih banyak inovator AI global,” kata juru bicara Alibaba.

    Manus AI yang berkantor di Beijing dan Wuhan dan merupakan bagian dari Beijing Butterfly Effect Technology telah mempromosikan produknya dengan menyelesaikan banyak pekerjaan untuk pengguna di X secara gratis.

    Kendati demikian, agen AI hanya bisa diakses dengan undangan (invitation only) dan pada website resmi Manus. Saking tingginya antusiasme netizen, website Manus sempat mengalami malfungsi dan sudah diakui sendiri oleh perusahaan.

    (fab/fab)

  • Pasar E-commerce Asia Tenggara Diprediksi Tembus Rp 5.299 Triliun pada 2028, Apa Pemicunya? – Page 3

    Pasar E-commerce Asia Tenggara Diprediksi Tembus Rp 5.299 Triliun pada 2028, Apa Pemicunya? – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Pasar e-commerce di Asia Tenggara diproyeksikan meroket hingga mencapai US$325 miliar (sekitar Rp 5.299 triliun) pada tahun 2028.

    Prediksi ini terungkap dalam laporan terbaru lembaga riset pasar IDC yang diinisiasi oleh platform pembayaran global 2C2P dan Antom.

    Lonjakan nilai pasar ini didorong oleh pesatnya adopsi pembayaran digital dan kolaborasi lintas negara yang membuka peluang perdagangan antarnegara bagi pelaku bisnis.

    “Asia Tenggara berkembang pesat sebagai pusat perdagangan dan inovasi digital,” ujar Gary Liu selaku General Manager Antom, Ant International.

    Melalui keterangan resminya, Rabu (11/3/2025), ia menilai transaksi yang lancar dan efisien menjadi krusial untuk menjaga daya saing bisnis lintas negara.”

    Laporan tahunan bertajuk “How Southeast Asia Buys and Pays 2025” ini menganalisis survei terhadap 600 responden dari enam negara di Asia Tenggara, yaitu Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

    Laporan ini juga menyoroti perkembangan skema pembayaran digital di masing-masing pasar. Sebagai kawasan dengan potensi ekonomi terbesar kelima di dunia, pertumbuhan e-commerce Asia Tenggara ditopang oleh meningkatnya adopsi pembayaran digital.

     

  • Anker GaN Prime 100W Dirilis, Charger Kompak untuk MacBook dan iPhone

    Anker GaN Prime 100W Dirilis, Charger Kompak untuk MacBook dan iPhone

    Jakarta

    Anker resmi meluncurkan Anker GaN Prime 100W di Indonesia. Ini adalah perangkat pengisi daya revolusioner yang menggabungkan desain kompak, performa kuat, dan fleksibilitas tinggi.

    “Di era yang serba cepat seperti sekarang, efisiensi dan kecepatan pengisian daya adalah prioritas. Anker GaN Prime 100W hadir sebagai solusi terbaik dengan performa tinggi dalam desain yang ringkas. Kemampuan mengisi tiga perangkat sekaligus menawarkan kenyamanan dan keandalan luar biasa,” ujar Ridwan Hidayat, Regional Manager Anker Indonesia.

    Charger ini dibekali teknologi GaN (Gallium Nitride), material semikonduktor canggih yang jauh lebih efisien dibandingkan silikon konvensional, yang selama ini menjadi standar pada charger dan perangkat elektronik. Keunggulan GaN memungkinkan produsen menciptakan charger berukuran lebih kecil dan ringan, namun tetap bertenaga besar.

    Anker GaN Prime 100W hadir dengan dua port USB-C dan satu port USB-A, memungkinkan pengisian daya hingga tiga perangkat sekaligus dengan distribusi daya yang cerdas dan optimal.

    Anker GaN Prime 100W Foto: Anker

    Dua port USB-C yang masing-masing mampu menghasilkan daya hingga 100W, charger ini ideal untuk mengisi daya laptop seperti MacBook Pro, serta smartphone seperti iPhone dengan kecepatan maksimal. Ditambah satu port USB-A, pengguna bisa mengisi daya perangkat lain seperti earbuds atau smartwatch tanpa kendala.

    “Anker GaN Prime 100W menawarkan pengisian cepat dengan output maksimum 100W. Daya sebesar ini cukup untuk mengisi baterai MacBook Pro 14 inch (M3 Pro) dari 0% hingga 50% hanya dalam waktu 30 menit,” ungkap Ridwan.

    Desainnya yang portabel juga menjadi nilai tambah. Prong yang dapat dilipat memastikan charger ini mudah disimpan di tas atau saku, cocok untuk para profesional, pelajar, atau traveler yang membutuhkan solusi pengisian daya praktis tanpa adaptor tambahan.

    Selain kecepatan, Anker juga menitikberatkan stabilitas dan keamanan. Anker GaN Prime 100W dilengkapi prong yang lebih tebal dan desain seimbang untuk memastikan koneksi tetap stabil saat digunakan. Fitur ini sangat berguna bagi pengguna yang sering mengisi daya di tempat umum seperti bandara atau kafe, mengurangi risiko charger terlepas dari stopkontak.

    Anker GaN Prime 100W Foto: Anker

    “Kami tidak hanya menawarkan kecepatan, tetapi juga kenyamanan dan keamanan. Desain kokoh dan koneksi stabil pada Anker GaN Prime 100W menjamin pengalaman pengisian daya yang andal di mana saja,” tambah Ridwan.

    Anker GaN Prime 100W kini sudah tersedia di Indonesia dengan harga normal Rp 2 jutaan. Namun ada kabar baik, charger premium ini bisa didapatkan dengan harga spesial Rp 1 jutaan melalui jaringan e-commerce resmi Anker, seperti Tokopedia, Shopee, dan TikTok Shop.

    (afr/fay)

  • Kesadaran Digital, Kunci UMKM Jakarta Candle Tembus Pasar Global

    Kesadaran Digital, Kunci UMKM Jakarta Candle Tembus Pasar Global

    Jakarta

    Bogor punya UMKM lilin hias yang produknya sudah mendunia. Kesadaran pentingnya teknologi digital sejak awal, menjadi kunci sukses mereka menembus pasar global.

    Jakarta Candle adalah sebuah UMKM di Desa Waringin Jaya, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor. Mereka memproduksi lilin hias untuk pajangan, dekorasi wedding, aksesoris di toko bunga ataupun lilin untuk keperluan yoga dan meditasi.

    Pemiliknya adalah pasangan suami istri Dhanu Trapsilo (45) dan Yulianah (46). Kepada detikINET saat berkunjung ke rumah sekaligus workshop produksi mereka, Yulianah berkisah mengenai kesibukan mereka sehari-hari.

    Untuk alur kerja sehari-hari, Dhanu sudah mulai menyalakan kompor pukul 05.30 WIB setiap pagi. Setelah itu ada pelelehan lilin dan material lain termasuk pewarnaan, lalu ada proses penuangan ke cetakan. Butuh waktu setengah sampai 1 hari penuh sampai lilin keras. Baru setelah itu lilin dipoles untuk finishing dan dikemas. Untuk faktor keamanan, mereka memiliki Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

    Dhanu rajin browsing mengenai tren pembuatan dan bentuk lilin yang populer di luar negeri. Sehingga, model lilin mereka selalu kekinian.

    Pentingnya teknologi digital bagi Jakarta Candle

    Sedari awal memulai UMKM Yulianah dan suaminya menyadari bahwa teknologi digital sangat penting bagi mereka dalam mencari pembeli. Lilin hias punya konsumen kelas menengah ke atas, sehingga produk mereka bukanlah yang masuk ke warung dan toko di sekitar tempat mereka tinggal.
    Yulianah dan Dhanu harus bisa menjangkau konsumen nan jauh di tempat lain. Lewat Instagram @jakartacandle barulah mereka bisa berhubungan dengan suplier pernikahan yang jadi pembeli tetap mereka.

    “Sedari awal sudah memanfaatkan semua channel online, karena kita mau market dari mana begitu kan. Tapi memang digital itu benar-benar ya, kan kita dapat channel di Instagram. Buyer-buyer juga menemukan kita di Instagram,” kata dia.

    Saat pandemi COVID-19 bisnis mereka tetap bisa lanjut lewat jualan online. Bisnis dekorasi wedding memang berhenti membeli karena pesta pernikahan belum bisa digelar karena pandemi. Namun banyak pembeli baru dari orang-orang yang stay at home atau work from home, yang ingin mendekorasi rumah dengan lilin di masa pandemi.

    Jakarta Candle go international

    Karena rajin promosi online, produk Jakarta Candle pun go international. Mereka sudah punya pembeli tetap dari Malaysia, Singapura dan Australia. Lilin-lilin mereka disukai pelaku usaha florist, usaha dekorasi pernikahan termasuk pernikahan di luar negeri dan kelas-kelas meditasi. Omzet tertinggi mereka pernah mencapai Rp 700 juta sebulan.

    “Kalau sample sih sudah dibawa sampai Dubai, tapi kalau pembelian sudah sampai Malaysia, Australia, Singapura,” ujarnya.

    Berbagai jasa layanan wedding decor membawa produk Jakarta Candle sampai ke Filipina dan Italia. Bahkan beberapa pernikahan artis juga memakai produk Jakarta Candle karena perusahaan wedding decor-nya adalah klien Yulianah. Yulianah pun memperlihatkan postingan instagram pernikahan beberapa dan tampak lilinnya sama dengan milik Jakarta Candle.

    Optimalisasi linkUMKM.id dan BRImo

    Yulianah dan produk lilin Jakarta Candle (Foto: Fitraya Ramadhanny/detikcom)

    Rupanya, ada peran Bank Rakyat Indonesia (BRI) di balik kesuksesan Jakarta Candle. Yulianah adalah seorang nasabah BRI. Dia pernah mengambil Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada 2015 dari BRI Unit Bojonggede, sebesar Rp 10 juta, lalu Rp 15 juta dan Rp 25 juta, dan kreditnya kini sudah lunas semua. Semua itu mereka lakukan untuk mengembangkan usahanya, seperti membeli bahan baku.

    “Mudah pengajuannya, karena dilihat usahanya sudah berjalan, terus dilihat catatan penjualannya juga,” kata dia.

    Terkait dengan kesadaran digital, Yulianah juga memanfaatkan linkUMKM.id karena terinspirasi dari rekan UMKM yang sudah duluan memanfaatkannya. Dalam sebuah pameran, Yulianah menjumpai booth linkUMKM.id dan lantas bergabung di dalamnya.

    “Manfaatnya ya dapat informasi-informasi terupdate tentang kegiatan UMKM-nya. Dipromosikan di website linkUMKM.id dan dapat pendampingan,” ujarnya.

    Dia juga tahu ada beberapa program pelatihan untuk UMKM termasuk pelatihan berjualan online. Untuk yang satu itu, Yulianah sedari awal memang sudah berusaha memakai aneka saluran jualan online termasuk media sosial.

    Yulianah juga sangat memanfaatkan aplikasi BRImo. Dia mengatakan sudah memakai aplikasi BRImo selama 3 tahun terakhir. Dia paling banyak memakai aplikasi ini untuk transfer, pembayaran dan penjualan terkait dengan Jakarta Candle. Konsumennya ada yang memakai BRImo ada juga yang tidak. Yulianah sendiri merasa aplikasi BRImo membantunya dalam usaha berjualan lilin hias di Jakarta Candle.

    “Lebih mudah dalam transaksi,” ujarnya.

    Digitalisasi pelaku UMKM di Bogor oleh BRI

    Pimpinan Cabang BRI Cibinong, Ivam Abdul Latif (Foto: Fitraya Ramadhanny/detikcom)

    Terkait dengan kiprah Jakarta Candle, detikINET pun berbincang dengan Pimpinan Cabang BRI Cibinong, Ivam Abdul Latif. Ivam mengatakan Jakarta Candle adalah 1 dari 3 UMKM unggulan binaan BRI di Kabupaten Bogor yang dikirim ke BRI UMKM EXPO(RT) 2025 lalu.

    “Jadi BRI lebih melihat usaha-usaha yang memberdayakan masyarakat, kayak Jakarta Candle ini kan. Tenaga kerjanya kan banyak tuh,” ujarnya.

    Ivam juga mengatakan BRI melakukan pelatihan untuk UMKM-UMKM binaan, misalnya pelatihan mengolah produk, pelatihan pengepakan, pelatihan ekspor, manajemen keuangan, pelatihan jualan online dll

    Untuk pelatihan jualan online dari BRI, Ivam mengatakan para pelaku UMKM bisa memakai aplikasi Pasar.id dan Pari (Pasar Rakyat Indonesia). Dua platform ini mempertemukan para pedagang pasar dan pembelinya secara online. BRI Cabang Cibinong pun secara khusus membina para pedagang di Pasar Cibinong agar berjualan di Pasar.id.

    “Bantuan pemasaran yang dilakukan BRI adalah Pasar.id pedagang bisa masuk situ seperti selayaknya masuk e-commerce lain kan. Satu lagi adalah Pari, mempertemukan penjual dan pembeli seluruh Indonesia,” kata dia.

    Yulianah dan Ivam di acara BRI UMKM EXPO(RT) 2025. Foto: (dok BRI Cabang Cibinong)

    BRI bisa memanfaatkan ruangan milik pemerintah desa untuk pelatihan UMKM. Mantri BRI pun biasanya punya Pojok Mantri di Kantor Desa, sebagai posko untuk membantu nasabah yang membutuhkan di desa tersebut. Mantri harus tahu potensi ekonomi di wilayahnya untuk bisa berkembang.

    “Jadi kegiatan mengedukasi masyarakat terkait literasi keuangan dengan digitalisasi itu kita lakukan bisa one by one oleh para Mantri atau kita mengumpulkan masyarakat dan nasabah sesuai kluster,” ujarnya.

    Kesadaran digital, tentunya menjadi salah satu cara agar UMKM bisa naik kelas. Jualan online, bisa membuka akses mereka ke pasar global. Hal itu senada seperti yang disampaikan Direktur Utama BRI Sunarso dalam keterangan resmi yang diterima detikINET.

    Lewat berbagai inisiatif seperti Rumah BUMN, BRIncubator, Growpreneur by BRI, Pengusaha Muda Brilian sampai BRI UMKM EXPO(RT) 2025, BRI ingin membuka akses bagi UMKM ke pasar global.

    “Kami percaya, dengan memperluas akses pasar global bagi UMKM, kita akan menciptakan surplus neraca jam kerja yang memberikan kesejahteraan bagi rakyat Indonesia,” ujarnya.

    Halaman 2 dari 3

    Simak Video “Video: Rencana Pemerintah Beri Modal Awal untuk UMKM terlibat MBG”
    [Gambas:Video 20detik]
    (fay/fyk)

  • HUAWEI Mate X6: Multitasking Lancar, Install Aplikasi Google dengan 3 Langkah Mudah! – Page 3

    HUAWEI Mate X6: Multitasking Lancar, Install Aplikasi Google dengan 3 Langkah Mudah! – Page 3

    HUAWEI AppGallery terus berkembang pesat dan sekarang udah dipakai lebih dari 440 juta pengguna aktif di seluruh dunia! 

    Kamu bisa langsung download berbagai aplikasi populer dari berbagai kategori yang sesuai dengan kebutuhan sehari-hari, mulai dari media sosial, perbankan, transportasi, hingga hiburan. Nah, ini dia list aplikasi aplikasi yang tersedia di HUAWEI AppGallery!

    – Media Sosial: TikTok, Instagram, WhatsApp, Facebook, X

    – Keuangan & Perbankan: BCA Mobile, Livin’ by Mandiri, BRImo, Bibit, DANA, myBCA, BNI Mobile Banking, LinkAja, OCTO Mobile

    – Transportasi: Grab, Maxim, MyBluebird, inDrive

    – E-Commerce: Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, Klikindomaret, Zalora, Carousell, Shopback

    – Penyedia Jaringan: MyTelkomsel, myXL, myIM3, by.U, AXISNET

    – Produktivitas & Kreativitas: CapCut, Canva, Timestamp Camera, ibis Paint X, SHAREit

    – Berita: Detikcom, CNN Indonesia, Kompascom, Tribunnews, Kompas.id, CNBC Indonesia

    – Perjalanan: Traveloka, Trip.com, Agoda, Tiket.com, Booking.com, Cathay Pacific, Malaysia Airlines

    – Kesehatan: Mobile JKN, SATUSEHAT

    – Streaming: Vidio, WeTV, iQiyi, RCTI+ Superapp, Viu

    Gimana kalau aplikasi yang kamu cari belum ada di AppGallery, kayak Netflix atau Gojek? Tenang aja! Cukup install Gbox dari AppGallery, dan kamu bisa akses aplikasi favorit dengan mudah. 

    Gbox adalah aplikasi aman buatan pengembang Eropa yang dirancang khusus buat mempermudah penggunaan aplikasi yang butuh layanan Google Mobile. Jadi, semuanya tetap lancar tanpa ribet!