Topik: e-commerce

  • Serap 200 Ribu Lapangan Kerja, Industri Rokok Elektrik RI Terus Tumbuh – Halaman all

    Serap 200 Ribu Lapangan Kerja, Industri Rokok Elektrik RI Terus Tumbuh – Halaman all

     

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Dalam satu dekade terakhir, industri rokok elektrik di Indonesia tumbuh signifikan.

    Berdasarkan Global Adult Tobacco Survey (GATS) 2021, jumlah pengguna rokok elektrik di Indonesia naik dari 480 ribu orang pada 2011 menjadi 6,6 juta orang pada 2021.

    Menurut Asosiasi Personal Vaporizer Indonesia (APVI), sektor ini telah menciptakan lebih dari 150.000 hingga 200.000 lapangan kerja langsung pada tahun 2023, mencakup sektor manufaktur, distribusi, dan ritel.

    Commercial Director di PT Delta Sukses Teknologi, Harold Hutabarat, menyampaikan, pentingnya regulasi dan edukasi dalam perkembangan industri rokok elektrik.

    “Kami ingin industri ini berkembang dengan standar yang lebih tinggi, baik dari segi kualitas produk maupun kepatuhan terhadap regulasi,” kata Harold dikutip Senin (24/3/2025).

    Ia menyampaikan, seiring dengan pesatnya perkembangan industri, ada tanggung jawab yang harus diemban oleh para pelaku industri.

    “Kami percaya bahwa regulasi yang jelas dan edukasi kepada konsumen adalah kunci untuk menciptakan ekosistem yang lebih baik,” ungkap Harold.

    Saat ini, perseroan memiliki produk DJOY, yang mencakup DJOY Pod Max, DJOY Device Kit, dan DJOY Disposable.

    “Kami melihat permintaan terhadap produk rokok elektrik terus meningkat. Meski baru satu tahun beroperasi, kami mencatat pertumbuhan distribusi yang pesat, baik melalui jaringan ritel maupun e-commerce,” ujarnya.

     

     

  • BPOM Umumkan Kosmetik yang Dilarang Beredar karena Mengandung Merkuri dan Hidrokuinon – Halaman all

    BPOM Umumkan Kosmetik yang Dilarang Beredar karena Mengandung Merkuri dan Hidrokuinon – Halaman all

    Laporan wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) baru-baru ini mengumumkan kosmetik yang dilarang beredar karena mengandung bahan berbahaya berupa merkuri dan hidrokuinon.

    Kosmetik tersebut banyak dijual di platform penjualan atau media online.

    Karena itu, kepala BPOM RI Taruna Ikrar meminta masyarakat tidak lagi menggunakan kosmetik tersebut.

    Pihak BPOM melarang promosi kosmetik merek TABITA dan TABITA GLOW.

    “Kosmetik merek TABITA dan TABITA GLOW ini merupakan produk ilegal yang tidak memiliki izin edar BPOM, karena tidak satupun terdaftar di BPOM. Oleh karena itu, saya perintahkan untuk segera lakukan pemberantasan kembali,” tegas Taruna Ikrar di Kantor BPOM di Jakarta pada Senin (17/3/2025) lalu.

    Selain ilegal, kedua kosmetik ini tidak memenuhi persyaratan keamanan, manfaat, dan mutu.

    Dari sampling yang diuji BPOM, kosmetik merek TABITA dan TABITA GLOW mengandung merkuri dan hidrokinon.

    Ia menegaskan bahwa informasi pelarangan TABITA telah dimuat pada tahun 2013 dan 2023.

    Sebanyak 9 produk dengan merek TABITA dan TABITA GLOW ilegal dan mengandung bahan berbahaya/dilarang telah ditarik/dilarang beredar di Indonesia.

    Salah satu produk ini mencantumkan nama produsen/importir dari Thailand pada kemasan/penandaannya sementara sisanya tidak mencantumkan asal produsen. Kosmetik merek TABITA dan TABITA GLOW berupa daily cream, night cream, dan skincare lotion dapat dilihat pada lampiran siaran pers ini.

    Kedua merek kosmetik tersebut mengandung merkuri yang dapat mengakibatkan terjadinya perubahan warna kulit berupa bintik-bintik hitam (ochronosis), alergi, iritasi kulit, sakit kepala, diare, muntah-muntah, dan kerusakan ginjal.

    KEPALA BPOM RI. BPOM menggerebek sarana produksi kosmetik ilegal yang terletak di Kelurahan Cirendeu, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten pada Rabu (19/3/2025), setelah menerima laporan dari masyarakat. Penindakan ini langsung dihadiri oleh Kepala BPOM Taruna Ikrar (Tribunnews.com/Rina Ayu)

    Sedangkan hidrokinon pada kosmetik berpotensi mengakibatkan hiperpigmentasi, menimbulkan ochronosis, serta perubahan warna kornea dan kuku.

    BPOM RI meminta kepada Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) untuk menghentikan penayangan promosi kosmetik dengan merek TABITA dan TABITA GLOW serta melakukan pemblokiran dengan merek tersebut agar tidak dapat dipromosikan lagi. 

    BPOM juga melakukan operasi siber serta menelusuri sumber perolehan kedua merek produk ilegal tersebut. Apabila menemukan kegiatan produksi dan peredaran kosmetik tersebut, maka pelaku akan dikenakan sanksi tegas termasuk tindak lanjut secara pro-justitia.

    Taruna Ikrar menegaskan bahwa pelaku usaha yang memproduksi atau mengedarkan kosmetik yang tidak memenuhi standar dan/atau persyaratan keamanan, khasiat/kemanfaatan, dan mutu, dapat dikenakan sanksi administratif dan sanksi pidana. Pelaku pelanggaran akan dikenakan ketentuan Pasal 435 jo. Pasal 138 ayat (2) Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan dengan ancaman pidana penjara paling lama 12 tahun atau denda paling banyak 5 miliar rupiah.

    BPOM mengimbau masyarakat untuk lebih cerdas dan tidak mudah percaya pada promosi yang tidak benar, berlebihan, menyesatkan, dan tidak dapat dipertanggungjawabkan. Pastikan memilih produk dengan kemasan dalam kondisi baik, baca seluruh informasi pada labelnya dan juga perhatikan jenis produknya, pastikan ada Izin edar BPOM, serta pastikan tidak melewati masa kedaluwarsa.

     

  • BRIZZI Jadi Solusi Pembayaran Non Tunai yang Praktis saat Mudik Lebaran – Page 3

    BRIZZI Jadi Solusi Pembayaran Non Tunai yang Praktis saat Mudik Lebaran – Page 3

    Untuk memudahkan pengisian saldo BRIZZI, BRI menghadirkan beragam kanal top-up yang mudah diakses. Dengan begitu, pengguna dapat mengisi saldo BRIZZI lewat ATM BRI, AgenBRILink, dan EDC BRI yang tersebar di seluruh Indonesia.

    Agar lebih mudah, top-up BRIZZI dapat dilakukan melalui super apps BRImo. Pengguna cukup menempelkan kartu BRIZZI ke ponsel yang mendukung fitur NFC (Near Field Communication) untuk pengisian saldo secara instan dan praktis.

    Selain itu, top-up juga tersedia di platform e-commerce seperti Blibli dan Shopee, serta melalui aplikasi pembayaran digital seperti Dana. Untuk kemudahan di tingkat ritel, pengisian saldo dapat dilakukan di Indomaret, Alfamart, Alfamidi, dan Dandan.

    Tak hanya itu, layanan top-up juga tersedia di sejumlah Bank Pembangunan Daerah (BPD) seperti Bank Jateng dan Bank Kalsel.

     

    (*)

  • Jelang Lebaran, Pasar Tanah Abang Dibanjiri Pembeli Usai THR Cair – Page 3

    Jelang Lebaran, Pasar Tanah Abang Dibanjiri Pembeli Usai THR Cair – Page 3

    Sebelumnya, Menteri Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Maman Abdurrahman menanggapi keluhan para pedagang di Pasar Tanah Abang yang mengalami penurunan jumlah pembeli selama bulan puasa 2025 dibandingkan tahun sebelumnya.

    Maman mengakui ada perubahan pola belanja masyarakat. Jika dulu orang lebih sering berbelanja langsung di pasar, kini banyak yang beralih ke platform e-commerce untuk memenuhi kebutuhan mereka.

    “Kita juga sudah cek. Ada terjadi shifting pola budaya berbelanja masyarakat,” kata Maman saat ditemui di Kementerian UMKM, di tulis Jumat (21/3/2025).

    Menurut dia, jika dibandingkan tiga atau empat tahun lalu, masyarakat masih lebih banyak berbelanja di pasar tradisional maupun pusat perbelanjaan. Meski begitu, ia menepis anggapan bahwa sepinya pembeli di pasar disebabkan oleh melemahnya ekonomi. Data dari Kementerian UMKM bahwa tren belanja online terus mengalami peningkatan setiap tahun.

    “Jadi ada pergeseran ke arah sana. Belanja online memang naik,” ujarnya.

    Seiring dengan tren ini, Maman menegaskan, kementeriannya akan mengatur ulang biaya pemasaran (marketing fee) di platform e-commerce.

    “Jadi, jangan semua sudah bergeser, masyarakat sudah mulai belanja online, ini e-commerce-e-commerce, dia naikkan marketing fee kepada pedagang-pedagang mikro, pengusaha-pengusaha mikro ataupun pengusaha-pengusaha online,” ujarnya.

  • Fenomena Pasar Tanah Abang Sepi Jelang Lebaran 2025, Ada Apa? – Page 3

    Fenomena Pasar Tanah Abang Sepi Jelang Lebaran 2025, Ada Apa? – Page 3

    Sebelumnya, Menteri Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Maman Abdurrahman, menanggapi keluhan para pedagang di Pasar Tanah Abang yang mengalami penurunan jumlah pembeli selama bulan puasa 2025 dibandingkan tahun sebelumnya.

    Maman mengakui adanya perubahan pola belanja masyarakat. Jika dulu orang lebih sering berbelanja langsung di pasar, kini banyak yang beralih ke platform e-commerce untuk memenuhi kebutuhan mereka.

    “Kita juga sudah cek. Ada terjadi shifting pola budaya berbelanja masyarakat,” kata Maman saat ditemui di Kementerian UMKM, di tulis Jumat (21/3/2025).

    Menurut dia, jika dibandingkan tiga atau empat tahun lalu, masyarakat masih lebih banyak berbelanja di pasar tradisional maupun pusat perbelanjaan.

    Meski begitu, ia menepis anggapan bahwa sepinya pembeli di pasar disebabkan oleh melemahnya ekonomi. Data dari Kementerian UMKM menunjukkan bahwa tren belanja online terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

    “Jadi ada pergeseran ke arah sana. Belanja online memang naik,” ujarnya.

    Seiring dengan tren ini, Maman menegaskan bahwa kementeriannya akan mengatur ulang biaya pemasaran (marketing fee) di platform e-commerce.

    “Jadi, jangan semua sudah bergeser, masyarakat sudah mulai belanja online, ini e-commerce-e-commerce, dia naikkan marketing fee kepada pedagang-pedagang mikro, pengusaha-pengusaha mikro ataupun pengusaha-pengusaha online,” ujarnya.

  • Hisense Mini-LED AI TV U6Q Dirilis, Tawarkan Sensasi Bioskop di Rumah

    Hisense Mini-LED AI TV U6Q Dirilis, Tawarkan Sensasi Bioskop di Rumah

    Jakarta

    Hisense kembali menghadirkan inovasi terbaru dengan meluncurkan Mini-LED AI TV U6Q, sebuah televisi cerdas yang mengusung teknologi artificial intelligence (AI) untuk memberikan pengalaman hiburan maksimal, baik untuk menonton film maupun bermain game, terutama menyambut momen Hari Raya. Produk ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan kualitas gambar, suara, dan desain yang superior.

    “Kami terus berkomitmen untuk menghadirkan produk berkualitas dengan teknologi mutakhir. Saat ini, dengan teknologi AI yang semakin pintar dan membantu kegiatan sehari-hari pengguna, kami menerapkan dalam produk-produk yang kami tawarkan. Salah satunya pada Mini-LED AI TV U6Q untuk hasil maksimal pada warna, gambar, dan juga suara dalam kegiatan entertainment di rumah,” ujar Edison Li, President Director Hisense Indonesia.

    Hisense Mini-LED AI TV U6Q hadir dengan sederet fitur canggih berbasis AI, seperti ULED Mini-LED, 114Hz Game Mode PRO, 2.1 Stereo Sound, serta desain yang stylish dan compact. TV ini tersedia dalam berbagai ukuran layar, mulai dari 55 inch hingga 85 inch, sehingga konsumen dapat memilih sesuai kebutuhan.

    Teknologi multi-partisi ULED Mini-LED memungkinkan kontrol gambar dan gradasi warna yang lebih halus. Ditambah dengan Hi-View AI Engine, TV ini mampu mengidentifikasi lingkungan, konten, dan pemandangan secara otomatis untuk menghasilkan kualitas gambar terbaik.

    Hisense U6Q Foto: Hisense

    Dengan teknologi peredupan hibrida 12-bit dan kecerahan puncak hingga 800 nits, U6Q menawarkan resolusi tinggi, kontras tajam, serta warna yang kaya untuk pengalaman visual yang mendalam. Tak hanya itu, fitur QLED Colour memastikan volume warna optimal, sementara teknologi Dolby Vision IQ dan HDR 10+ secara cerdas mengoptimalkan pengaturan gambar sesuai kondisi pencahayaan ruangan-baik di siang hari yang terang maupun malam hari yang redup-untuk gambar yang realistis dan memukau.

    Bagi pecinta game, U6Q dilengkapi 114Hz Game Mode PRO dan Game Bar dengan dukungan VRR (Variable Refresh Rate), ALLM (Auto Low Latency Mode), serta EARC. Fitur ini memberikan pengalaman bermain game yang super cepat dan mulus. Teknologi HSR 240 bahkan memungkinkan sensasi mendekati 240Hz pada panel 144Hz. Setelah tersambung ke HDMI, menu Game Bar akan muncul, menyediakan fungsi khusus yang memudahkan gamer selama bermain.

    Beda Mini LED dan konvensional Foto: Hisense

    Untuk penggemar olahraga, AI Sport Mode menjadi andalan dengan kemampuan mendeteksi gerakan cerdas, menghasilkan gambar yang jernih dan mulus tanpa jitter atau blur. Fitur ini memberikan sensasi kehadiran langsung di lapangan, menjadikan pengalaman menonton lebih seru dan menarik.

    Selain performa unggul, Hisense Mini-LED AI TV U6Q juga hemat energi. Dengan kontrol kecerahan tingkat piksel yang cepat dan efisien, konsumen dapat menikmati tampilan memukau tanpa khawatir tagihan listrik membengkak. TV ini juga didukung VIDAA OS, sistem operasi ringan yang dirancang untuk kemudahan navigasi dan akses ke ribuan aplikasi hiburan terbaik.

    Hisense U6Q Foto: Hisense

    Desainnya pun tak kalah menarik dengan slim back design, cangkang belakang ramping yang menyatu dengan subwoofer, serta bezel super tipis yang memberikan kesan modern dan elegan di ruang keluarga.

    “Kami berharap Hisense Mini-LED AI TV U6Q dapat menjadi pilihan terbaik konsumen Indonesia. Terlebih lagi, pada momen Lebaran kali ini, kami harap TV ini dapat menjadi salah satu hiburan baru yang maksimal bagi keluarga serta teman dekat yang berkunjung ke rumah,” tutup Edison Li.

    Hisense U6Q Foto: Hisense

    Hisense Mini-LED AI TV U6Q tersedia di Brandstore Hisense, mitra resmi, toko ritel di berbagai daerah di Indonesia, serta secara online melalui Official Account Hisense Indonesia di berbagai platform e-commerce. Harganya sebagai berikut:

    Hisense Mini-LED AI TV U6Q 55 inch Rp 10.349.000Hisense Mini-LED AI TV U6Q 65 inch Rp 13.349.000Hisense Mini-LED AI TV U6Q 75 inch Rp 18.349.000Hisense Mini-LED AI TV U6Q 85 inch Rp 26.349.000

    (afr/afr)

  • Nikmati Ramadan Penuh Berkah dengan Promo Lifestyle Eksklusif dari BSI Card

    Nikmati Ramadan Penuh Berkah dengan Promo Lifestyle Eksklusif dari BSI Card

    PIKIRAN RAKYAT – Menyambut bulan suci Ramadan dan Idulfitri, BSI Card menghadirkan berbagai promo spesial yang dirancang untuk memberikan kemudahan dan keuntungan bagi para nasabah pemegang kartu. 

    Direktur Sales & Distribution PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) Anton Sukarna mengatakan BSI sebagai sahabat finansial, sosial dan spiritual memfasilitasi gaya hidup halal bagi masyarakat salah satunya lewat layanan BSI Card.

    Saat ini BSI telah bekerjasama dengan lebih dari 170 merchant yang mencakup gaya hidup, mulai dari kuliner, belanja online, perjalanan, electronic dan gadget hingga kebutuhan rumah tangga.

    Pilihan Gaya Hidup yang Lebih Hemat dan Berkelas BSI Card mengajak nasabah untuk menikmati Ramadan dengan berbagai promo eksklusif, seperti Promo Midnight Sale.

    dok. BSI

    Diantaranya nasabah dapat menikmati Promo Buy 3 Get 4 di Gyu-Kaku, Shaburi, dan Kintan Buffet, serta Buy 1 Get 1 di Gindaco, Chatime, dan Tous Les Jours di Kota Kasablanka pada 22 & 23 Maret. Tersedia pula promo belanja lebih hemat di mana setiap transaksi belanja minimal Rp2 juta akan mendapatkan voucher MAP hingga Rp 500 ribu.

    BSI Card juga menawarkan berbagai promo menarik untuk mendukung kebutuhan gaya hidup nasabah. Mulai dari Promo Belanja Kebutuhan Ramadan di mana nasabah dapat hemat hingga Rp 150 ribu di berbagai merchant groceries. Kemudian Promo Food & Beverages yakni berupa diskon hingga 30% dengan maksimal potongan Rp 250 ribu.

    Tidak cukup sampai di situ, pemegang BSI Card juga berkesempatan mendapatkan diskon hingga Rp 500 ribu & cicilan 0% hingga 24 bulan di e-commerce favorit dalam program promo belanja online. Kemudian, program promo fashion & lifestyle di mana nasabah bisa hemat hingga Rp1 juta dan cicilan 0% hingga 12 bulan.

    Untuk promo menarik elektronik, terdapat promo electronic & gadget dengan diskon hingga Rp 1,446 juta dan cicilan 0% hingga 24 bulan, serta Promo Peralatan Rumah Tangga di mana nasabah dapat hemat hingga Rp 350 ribu dan cicilan 0% hingga 24 bulan.

    Untuk nasabah pecinta traveling, terdapat promo tiket liburan berupa diskon hingga Rp 2,5 juta dan cicilan 0% hingga 12 bulan. Kemudian ada promo travel umrah & haji khusus yang berpeluang hemat hingga Rp 750 ribu dan cicilan 0% hingga 24 bulan.

    Dia menyebutkan, program promo spesial ini untuk pemegang BSI Hasanah Card dan BSI Debit Visa. BSI Card kini semakin mudah diakses dengan proses aktivasi melalui SMS dan BSI Call 14040. 

    Untuk meningkatkan jumlah pemegang kartu, lanjutnya, BSI Card menghadirkan promo welcome bonus, yaitu cashback hingga Rp150 ribu dengan minimal transaksi Rp 1 bagi nasabah regular serta cashback Rp 500 ribu dengan minimal transaksi Rp 2 juta bagi nasabah prioritas.

    “BSI Card berkomitmen untuk memberikan pengalaman berbelanja dan menikmati gaya hidup yang lebih nyaman dan hemat selama Ramadan. Dengan berbagai promo eksklusif yang kami tawarkan, kami berharap nasabah dapat merasakan kemudahan dan manfaat lebih dalam setiap transaksi,” tutupnya.

    Untuk informasi lebih lanjut mengenai promo Ramadan BSI, kunjungi website https://www.bankbsi.co.id/promo/promo-ramadan-bsi-1446-h. ***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Sengkarut Bisnis Kurir Melawan E-Commerce, Payung Hukum Kapan Terbit?

    Sengkarut Bisnis Kurir Melawan E-Commerce, Payung Hukum Kapan Terbit?

    Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintahan Presiden Prabowo Subianto bergerak menanggapi permasalahan yang terjadi di industri jasa kurir yang tengah dihadapkan persaingan usaha tidak sehat yang dilakukan oleh sebagian kecil platform e-commerce.

    Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi) Meutya Hafid mengatakan pihaknya terus memantau perkembangan dan telah menerima aspirasi dari para pelaku usaha di sektor ini.  

    “Kami sudah dengarkan aspirasinya, kami memantau terus melalui media. Kemarin juga kami terima teman-teman dari asosiasi terkait. Mudah-mudahan sebelum Lebaran kita bisa keluarkan aturan yang lebih berpihak terhadap kurir lokal asli Indonesia. Mohon doanya,” ujarnya kepada Bisnis, Jumat (21/3/2025) malam.  

    Menteri Ekonomi Kreatif (Menekraf) Teuku Riefky Harsya menekankan pentingnya komunikasi langsung antara platform jasa kurir dengan pemerintah.

    Hingga saat ini belum ada pembicaraan substantif dengan Kementerian Ekonomi Kreatif terkait permasalahan yang dihadapi.  

    “Kami berharap bisa mendengar aspirasi secara langsung agar dapat mendukung kendala-kendala yang dihadapi. Sejauh ini memang komunikasi dilakukan secara parsial, per perusahaan, tapi akan lebih baik jika pendekatannya lebih komprehensif,” katanya.

    Kemenekraf siap mendukung penyelesaian masalah ini, mengingat jasa kurir memiliki peran penting dalam distribusi produk ekonomi kreatif di Indonesia.  

    “Ini kaitannya kan juga ada dengan pegiat-pegiat yang terdistribusi dengan baik selama ini melalui platform tersebut. Jadi kami siap mendukung mencari solusinya,” ucap Teuku.

    Terpisah, Pengamat Transportasi dan Tata Kota Universitas Trisakti Yayat Supriatna menilai pemerintahan harus memikirkan dan memberikan jalan keluar nyata bagi nasib para kurir yang berada di titik nadir akibat perilaku persaingan usaha tidak sehat yang dilakukan oleh sebagian kecil platform e-commerce.

    “Pemerintahan di bawah Presiden Prabowo Subianto yang memiliki visi besar dalam membangun Indonesia yang lebih maju dan sejahtera harusnya bersikap Merah Putih memperjuangkan nasib para kurir, Komdigi harusnya mengatur platform e-commerce karena membuat bisnis kurir tak sehat,” tuturnya.

    Menurutnya, sudah menjadi rahasia umum terjadi oligopsoni di industri pos, kurir dan logistik nasional akibat dominasi oleh platform ecommerce asing bermodal besar antara lain Shopee (SEA Group), TikTok-Tokopedia (Bytedance) dan Lazada (Alibaba).

    Di sisi lain, platform e-commerce dalam negeri seperti BliBli (Grup Djarum) sudah hampir tidak terdengar, kondisi ini diperparah ketika Bukalapak (EMTEK) baru saja menutup layanan marketplace barang fisiknya.

    Untuk diketahui, ketiga platform e-commerce asing tersebut tidak hanya berbisnis dalam bidang e-commerce, tetapi beberapa tahun terakhir juga sudah melakukan ekspansi vertikal dalam kegiatan pos, kurir dan logistik melalui anak usaha dan affiliasinya.

    Menurut Yayat, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) telah menemukan dan menginvestigasi beberapa platform ecommerce besar tersebut dimana telah dinyatakan melakukan monopoli pada pasar jasa pos, kurir dan logistik melalui intervensi algoritmanya baik kepada penjual ataupun pembeli

    Dia menilai persaingan tidak sehat dan tekanan harga dari platform e-commerce ini juga diperkeruh oleh adanya perusahaan pos, kurir dan logistik asing yang melakukan predatory pricing di pasar industri pos, kurir dan logistik nasional.

    Salah satunya, J&T Ekspres yang terafiliasi dengan J&T Global Ekspress, perusahaan China yang berdomisili di Cayman Island dan pada 2023 melakukan penawaran saham perdana kepada publik (IPO) di Hong Kong.

    “Dominasi asing tidak bisa dibantah dan terjadi eksploitasi terhadap kurir. Mereka para kurir tidak punya pilihan. Akibatnya mereka dibayar fluktuatif karena besaran pendapatan mereka adalah volume yang bisa diantarkan,” tutur Yayat. 

    Hal ini terjadi karena perang harga di segment ecommerce yang cenderung berkembang disebabkan perubahan gaya hidup membuat pelaku pos, kurir dan logistik nasional melakukan efisiensi secara ekstrem.

    Menurut Yayat, Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) yang bertanggungjawab terhadap platform digital seharusnya berkolaborasi dengan kementerian lain seperti Kementerian Perhubungan dan Kementerian Perdagangan merumuskan aturan yang mengatur platform ecommerce yang bergerak di industri pos, kurir dan logistik nasional.

    “Kalau perlu gandeng Pemda, sehingga industri pos, kurir dan logistik bisa lebih mensejahterakan masyarakat. Potensi 15 juta pengiriman per hari dan lebih dari US$2.400 juta per tahun bukan hal kecil dan harusnya disadari Menteri Komdigi,” tuturnya. 

  • Kapan iPhone 16 Dijual Resmi di Indonesia? Ini Kata Menkomdigi

    Kapan iPhone 16 Dijual Resmi di Indonesia? Ini Kata Menkomdigi

    Jakarta, CNBC Indonesia – Semua model iPhone 16 sudah mengantongi sertifikasi postel Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi). Masing-masing adalah iPhone 16, iPhone Plus, iPhone 16 Pro, iPhone 16 Pro Max, dan iPhone 16e.

    Sebelumnya, 5 model iPhone itu juga sudah mendapatkan sertifikasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) sebesar 40% atau lebih tinggi dari syarat 35% yang berlaku saat ini.

    Pemenuhan TKDN iPhone 16 disepakati setelah pemerintah dan Apple melalui proses negosiasi yang alot selama kurang lebih 5 bulan.

    Dengan ini, maka seri iPhone 16 seharunya sudah memenuhi semua syarat untuk dijual di Indonesia. Saat ditanya kepada Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi) Meutya Hafid, ia menegaskan dari pihak Komdigi urusan iPhone 16 sudah selesai.

    “Dari kantor kami, seluruhnya sudah selesai dan izinnya sudah dikeluarkan. Rasanya berarti harusnya bisa beredar dalam waktu amat dekat,” kata Meutya saat ditemui dalam acara buka puasa bersama Komdigi di Kantor Komdigi, Jumat (22/3/2025).

    Kendati demikian, Meutya tidak membocorkan jadwal pasti perilisan seri iPhone 16 dan iPhone 16e di Indonesia.

    Pantauan CNBC Indonesia, Sabtu (22/3/2025), hingga kini distributor resmi iBox belum mengumbar kapan jadwal perilisan seri iPhone 16 di Indonesia. Dalam laman resminya, hanya ada poster promosi iPhone 16 dan iPhone 16 Pro dengan embel-embel kalimat “cek kembali untuk informasi ketersediaan”.

    Namun, beberapa aksesori untuk seri iPhone 16 sudah mulai dijual di iBox. Misalnya case MagSafe untuk iPhone 16 Pro dan iPhone 16, baik berupa silicone case maupun clear case. Harganya pun mengalami diskon 12% dari Rp1 jutaan menjadi Rp800 ribuan.

    Materi promosi serupa juga tampak di situs distributor resmi Digimap. Selain itu, di laman e-commerce seperti Blibli Apple Authorised Reseller Indonesia, belum ada juga tanda-tanda seri iPhone 16 akan dijual.

    Kita tunggu saja hingga seri flagship tersebut hadir di Indonesia dan bisa dibeli masyarakat.

    (fab/fab)

  • Infinix Note 50 Pro: Harga dan Spesifikasi Terbaru di Indonesia! – Page 3

    Infinix Note 50 Pro: Harga dan Spesifikasi Terbaru di Indonesia! – Page 3

    Di sisi lain, menyambut Ramadan tahun ini, Infinix meluncurkan kampanye menarik bertajuk #JadiinBerkahBersama, menghadirkan deretan produk smartphone, IoT, dan aksesori berkualitas tinggi yang bisa didapatkan dengan harga ramah di kantong.

    Melalui kampanye ini, konsumen Infinix dapat menikmati berbagai promo eksklusif, seperti diskon hingga Rp 600 ribu, voucher cashback, dan gratis ongkir di berbagai platform e-commerce.

    Selain itu, Infinix juga memanjakan konsumen dengan kesempatan memenangkan hadiah menarik, termasuk skin eksklusif dari game Honor of Kings melalui aktivitas digital interaktif. 

    “Dalam kampanye ini, kami menggabungkan produk terbaik dengan beragam benefit tambahan seperti promo spesial, cashback, dan hadiah langsung,” tutur Head of Marketing Infinix Indonesia Sergio Ticoalu dalam siaran pers yang diterima, Jumat (21/3/2025). 

    Ramadan Sale dari Infinix berlangsung dari 12 hingga 31 Maret 2025, memberikan peluang bagi pengguna untuk memanfaatkan THR dengan produk unggulan.