Topik: e-commerce

  • Amazon Masuk Arena Pertarungan Akuisisi TikTok Jelang Batas Akhir 5 April

    Amazon Masuk Arena Pertarungan Akuisisi TikTok Jelang Batas Akhir 5 April

    Bisnis,.com, JAKARTA — Amazon, perusahaan teknologi multinasional yang berfokus pada e-commerce, komputasi awan, dan streaming digital, dikabarkan mengajukan tawaran di menit-menit terakhir untuk mengakuisisi seluruh TikTok. 

    Dilansir dari Techcrunch, Kamis (3/4/2025) tawaran ini muncul menjelang tenggat waktu 5 April bagi TikTok untuk melepaskan kepemilikan China atau menghadapi larangan di Amerika Serikat. 

    Pihak-pihak yang terlibat dalam pembicaraan kesepakatan tidak memberi tanggapan terkait rencana Jeff Bezos dalam mengakuisisi TikTok. 

    Presiden Donald Trump dijadwalkan bertemu dengan para pejabat untuk membahas nasib aplikasi tersebut pada hari Rabu, 2 April 2025.

    Trump sebelumnya mengatakan bahwa kesepakatan dengan perusahaan induk TikTok, ByteDance,  akan diselesaikan sebelum tenggat waktu 5 April.

    Financial Times melaporkan bahwa Andreessen Horowitz dan investor AS lainnya dikabarkan tertarik untuk akuisisi TikTok dan dalam pembicaraan untuk berinvestasi dipimpin Oracle

    Persaingan untuk akusisi tidak hanya berkutat antara Amazon dan Andreessen saja, laporan Reuters menyebut perusahaan ekuitas swasta Blackstone sedang mempertimbangkan untuk bergabung dengan pemegang saham non-Tiongkok ByteDance saat ini, yang dipimpin oleh Susquehanna International Group dan General Atlantic, dalam memberikan modal segar untuk menawar operasi TikTok di AS.

    Rayuan Trump

    Presiden AS Donald Trump

    Adapun untuk merayu China melepas TikTok, Trump bersedia memberikan pengurangan tarif impor kepada China. 

    Trump mengungkapkan kesediaannya untuk memberikan ‘bumbu’ agar China melepas TikTok. Salah satunya dengan memberikan pengurangan tarif impor kepada China.

    “Mungkin saya akan memberi mereka sedikit pengurangan tarif atau sesuatu untuk menyelesaikannya,” kata Trump.

    TikTok sendiri belum memberikan komentar resmi terkait pernyataan Trump. Namun, Trump menunjukkan bahwa penjualan TikTok menjadi prioritas utama bagi pemerintahannya dan cukup penting untuk menggunakan tarif sebagai alat tawar-menawar dengan China.

    Sejak Februari lalu, Trump telah menambah tarif sebesar 20% pada seluruh impor dari China, dan ia sebelumnya pernah mengancam untuk mengenakan tarif lebih lanjut pada China jika China gagal menyetujui kesepakatan tentang TikTok. 

    Wakil Presiden JD Vance mengatakan bahwa ia mengharapkan ketentuan umum dari sebuah perjanjian yang menyelesaikan kepemilikan platform media sosial tersebut akan tercapai paling lambat tanggal 5 April.

    Reuters melaporkan bahwa pembicaraan antara Gedung Putih dan para investor terkemuka dari ByteDance sedang berlangsung, dengan rencana untuk mengakuisisi operasi TikTok di AS oleh investor non-China.

    Meskipun TikTok sempat terancam diblokir pada Januari setelah Mahkamah Agung AS mendukung larangan tersebut, aplikasi tersebut kembali beroperasi setelah Trump menjabat pada Januari. 

    Trump kemudian mengeluarkan perintah eksekutif yang menunda penegakan larangan tersebut hingga 5 April, dan mengatakan bahwa dirinya mungkin akan memperpanjang tenggat waktu lebih lanjut untuk memastikan tercapainya kesepakatan yang memadai.

  • Hati-Hati! Ini Modus Penipuan Siber yang Marak saat Libur Lebaran

    Hati-Hati! Ini Modus Penipuan Siber yang Marak saat Libur Lebaran

    Jakarta: Libur Lebaran adalah momen yang dinanti banyak orang. Selain waktu untuk berkumpul dengan keluarga, periode ini juga menjadi waktu meningkatnya aktivitas transaksi keuangan, baik untuk belanja online, transfer THR, hingga donasi. 
     
    Namun, tahukah kamu bahwa libur Lebaran juga menjadi momen favorit bagi para penipu siber?
     
    PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) mengingatkan nasabah untuk lebih waspada terhadap berbagai modus penipuan yang semakin canggih dan sering terjadi selama libur Lebaran. 

    Corporate Secretary BRI, Agustya Hendy Bernadi, menegaskan bahwa keamanan dan kenyamanan nasabah adalah prioritas utama bank.
     
    “BRI berkomitmen untuk melindungi data dan transaksi nasabah melalui penguatan sistem keamanan yang terus diperbarui. BRI memastikan setiap lapisan perlindungan berjalan optimal agar nasabah dapat bertransaksi dengan aman dan nyaman. Di sisi lain, kewaspadaan nasabah tetap penting sebagai bagian dari upaya bersama dalam mencegah kejahatan siber,” ujar Hendy dilansir Media Indonesia, Rabu, 2 April 2025.
     

    Agar tidak menjadi korban, yuk kenali beberapa modus penipuan siber yang sering terjadi selama libur Lebaran!
    1. Phishing
    Modus ini dilakukan dengan mengirimkan tautan atau situs palsu yang menyerupai website resmi bank atau e-commerce. 
     
    Tujuannya? Mencuri data pribadi seperti username, password, PIN, atau kode OTP yang nantinya digunakan untuk menguras rekening korban.

    2. Social engineering
    Pelaku berpura-pura sebagai customer service bank dan menghubungi korban melalui telepon, SMS, atau chat. 
     
    Mereka akan meminta data pribadi seperti PIN, password, kode OTP, atau informasi rekening dengan alasan tertentu
    3. Akun media sosial palsu yang meniru bank
    Banyak akun media sosial palsu yang meniru akun resmi bank dan menawarkan bantuan customer service palsu. 
     
    Biasanya, mereka akan meminta nasabah mengirimkan informasi rekening atau mengarahkan ke situs berbahaya.
    4. Penipuan berkedok hadiah dan THR Lebaran
    Siapa yang tidak senang mendapatkan hadiah Lebaran? Sayangnya, banyak orang tertipu dengan modus undian palsu yang mengatasnamakan bank atau perusahaan besar.
     
    “BRI terus memperkuat sistem dan teknologi keamanan untuk menghadapi ancaman yang semakin kompleks. Namun, menciptakan ekosistem digital yang aman juga memerlukan kewaspadaan nasabah,” tambah Hendy.
     
    Jangan biarkan momen bahagia Lebaran terganggu oleh penipuan! Tetap waspada, jaga data pribadi, dan selalu verifikasi informasi sebelum bertindak.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Pasar Gembrong Sepi Pembeli, Gara-gara Toko Online?

    Pasar Gembrong Sepi Pembeli, Gara-gara Toko Online?

    Jakarta

    Sejumlah pedagang mainan di Pasar Gembrong mengaku omzetnya terkikis akibat kehadiran e-commerce atau toko online. Para pedagang bahkan terpaksa memotong keuntungannya kala pembeli membandingkan harga jual konvensional dengan toko online.

    Seorang pedagang pemilik Toko Mainan Pelangi di Pasar Gembrong, Ice (30) mengaku hanya mengambil untung 10% dari modal awal penjualan mainan kala pembeli sengaja membandingkan harga. Adapun biasanya, ia mengambil untung penjualan sebesar 20% dari modal awal penjualan mainan.

    Ia mengatakan, toko online kerapkali menjual mainan di bawah harga modal pegangan konvensional di Pasar Gembrong. Padahal, kata Ice, seringkali barang yang sampai tidak sesuai jika membeli mainan di toko online.

    “Misal modal Rp 150.000, di online cuman Rp 140.000. Padahal barangnya beda, gambarnya sama. Jadi banyakan orang tertipunya di gambarnya,” kata Ice saat ditemui detikcom di rukonya, Pasar Gembrong, Jakarta Timur, Rabu (2/4/2025).

    Ice sendiri mengaku tak menjual mainannya di toko online. Pasalnya, ia khawatir ada kerusakan pada mainan yang dikirim ke pembeli.

    Imbas kehadiran toko online, Ice mengaku pengunjung Pasar Gembrong terus mengalami penurunan. Ia sendiri eksis berdagang di lokasi tersebut sejak 2016 silam.

    Ia berkisah, saat itu Pasar Gembrong menjadi tempat masyarakat mencari mainan anak. Setelah relokasi dan pandemi COVID-19, Ice menyebut pengunjung menurun seiring dengan banyaknya pedagang yang bangkrut.

    Di hari biasa pada tahun-tahun sebelumnya, omzet Ice bisa menyentuh hingga Rp 8 juta dalam sepanjang Senin hingga Kamis. Kini, pendapatan Ice susut dalam kurun waktu yang sama menjadi Rp 1 juta hingga Rp 3 juta.

    “Penjualan hari biasa sepi banget. Segede ini toko kadang-kadang cuma sejuta (per hari),” jelasnya.

    Ia menilai, hal ini terjadi imbas pemerintah membuka perdagangan pasar bebas. Akibat pasar bebas ini, kata Ice, banyak pedagang asing yang mencatut nama pedagang lokal untuk menjual mainan di bawah harga modal.

    “Kadang kita kalau ngomong pun susah juga ke Pemerintah. Kan sebenarnya dampaknya kan dari pemerintah juga yang bikin pasar bebas,” ujar dia.

    Ditemui terpisah, pemilik toko Komahkota Toys Alvi (30), tak menampik ancaman toko online terhadap penjualan di kiosnya. Menurutnya, toko online menjual jauh dari harga modal yang ia keluarkan.

    “Pengaruh juga dari online juga. Pengaruh lah. Kebanting. Harganya juga lebih jauh,” jelas Alvi.

    Bahkan pada momentum Lebaran 2025, Alvi mengatakan omzet penjualannya tak banyak berubah. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, omzet penjualan justru turun hampir 50%.

    Alvi berkisah, pendapatannya pada Lebaran tahun lalu mencapai Rp 15 juta per hari. Sementara saat ini, ia hanya mengantongi pendapatan dari penjualan sekitar Rp 8 juta per hari.

    Sementara hari di luar perayaan Lebaran, Alvi mengaku penghasilannya Rp 500.000 hingga Rp 1 juta. Ia mengatakan, sepinya pengunjung terjadi sejak awal tahun 2025.

    “Cuma kan kita kan, namanya mengontrak (sewa ruko) ya kan, nggak bisa lah gitu menyamakan dengan online,” tutupnya.

    (kil/kil)

  • Pedagang Mainan Pasar Gembrong Ngeluh Omzet Terjun Bebas di Lebaran 2025

    Pedagang Mainan Pasar Gembrong Ngeluh Omzet Terjun Bebas di Lebaran 2025

    Jakarta

    Pedagangan mainan di kawasan Pasar Gembrong, Jatinegara, Jakarta Timur, mengeluhkan omzet penjualan yang terus menurun. Alih-alih ramai pembeli pada momentum Lebaran 2025, pembeli mainan di Pasar Gembrong justru anjlok jika dibandingkan tahun sebelumnya.

    Berdasarkan pengamatan detikcom di lapangan, terpantau hilir-mudik pembeli masuk ke dalam ruko-ruko pedagang mainan. Namun begitu, cenderung terlihat sepi bahkan tak jarang ditemui ruko tanpa pengunjung.

    Salah seorang pedagang mainan, Ice (30), mengaku omzetnya terjun bebas hingga 50% dibandingkan tahun sebelumnya. Pada momentum Lebaran 2024, ia menyebut omzet penjualan main mencapai Rp 50 juta.

    “Kalau Lebaran biasa kita, hari pertama, hari kedua, hari ketiga bisa sampai Rp 50 juta. Sekarang cuma Rp 15-20 juta,” kata Ice saat ditemui detikcom di rukonya, Pasar Gembrong, Jakarta Timur, Rabu (2/4/2025).

    Tak hanya itu, Ice mengeluhkan penjualan mainan terus menurun terlepas dari momentum Lebaran. Di hari biasa pada tahun lalu, omzetnya bisa menyentuh hingga Rp 8 juta dalam sepanjang Senin hingga Kamis. Kini, pendapatan Ice susut dalam kurun waktu yang sama menjadi Rp 3 juta.

    Ia menilai, penurunan omzet terjadi lantaran wilayahnya berjualan akrab dengan lokasi tawuran warga. Di samping itu, Ice menilai krisis ekonomi hingga e-commerce turut menyumbang anjloknya omzet pedagang mainan di Pasar Gembrong.

    “Mungkin faktornya (toko) online bisa jadi, sama krisis, orang sering tawuran di sini. Sama kemarin demo yang masalah undang-undang itu, juga sepi di sini,” ungkapnya.

    Ice menambahkan, rata-rata pedagang mainan di Pasar Gembrong hanya mengambil untuk 20% dari harga modal. Bahkan, keuntungan itu seringkali susut ketika pembeli membandingkan harga jual Ice dengan mainan-mainan di e-commerce.

    “Kadang kalau orang bandingkan ke online, paling kita cuma ambil 10%. Kita ambil untung cuma Rp 5.000 atau Rp 10.000,” tutupnya.

    Ditemui terpisah Alvi (30) mengeluhkan hal yang sama. Ia menyebut, momentum Lebaran tahun ini tidak signifikan mendongkrak penjualan.

    “Masih mending tahun kemarin. (Selisih) penghasilannya jauh, bisa (turun) 50%,” ungkap Alvi.

    Alvi berkisah, pendapatannya pada Lebaran tahun lalu mencapai Rp 15 juta per hari. Sementara saat ini, ia hanya mengantongi pendapatan dari penjualan sekitar Rp 8 juta per hari.

    Sementara hari di luar perayaan Lebaran, Alvi mengaku penghasilannya Rp 500.000 hingga Rp 1 juta. Ia mengatakan, sepinya pengunjung terjadi sejak awal tahun 2025.

    “Sejak awal tahun saja yang beda,” tuturnya.

    Sementara di Pasar Gembrong Baru, pedagang nampak sepi dari pengunjung. Pantauan detikcom mencatat sekitar lima ruko pedagang mainan yang buka di hari ketiga usai Lebaran 2025

    Nasib serupa juga dialami pedagang mainan di Pasar Gembrong Baru, di mana pembeli justru sepi bahkan di hari ketiga usai Lebaran. Salah seorang pedagang mainan di Pasar Gembrong Baru, Ari Rahmat (45), mengaku belum melihat adanya lonjakan pembeli di Lebaran tahun ini.

    “Khususnya day cash, kalau perbandingan dari tahun kemarin menurun. Bagusan Lebaran tahun kemarin,” ungkapnya saat ditemui detikcom.

    Ia mengatakan, penjualan mainan tahun ini cenderung sama seperti hari-hari biasanya. Ari mengatakan, penjualannya meningkat justru sebelum masuk bulan Ramadan.

    Adapun harga mainan yang ia bandrol berkisar di Rp 25.000 hingga Rp 1 juta. Ia mengatakan, penjualan mainan di rukonya menyasar semua kalangan dan juga para kolektor miniatur mobil.

    “Libur hari raya harusnya lebih wah, tapi ini, dibilang dari kemarin, dari sebelum H-2 sampai H+2, nggak terlalu ada lonjakan. Jadi sama kayak weekend biasa,” tutupnya.

    (kil/kil)

  • Daftar Harga iPhone April 2025, Lengkap iPhone 11, 12, 13, 14, 15, dan 16

    Daftar Harga iPhone April 2025, Lengkap iPhone 11, 12, 13, 14, 15, dan 16

    Bisnis.com, JAKARTA – Simak daftar harga iPhone terbaru April 2025 lengkap untuk seri iPhone 11, 12, 13, 14, 15, dan 16.

    Setelah menunggu cukup lama, iPhone 16 akhirnya resmi dijual di Indonesia.

    Mitra reseller resmi Apple di Indonesia, Digimap yang berada dibawah naungan PT Mitra Adiperkasa Tbk. (MAP) resmi membuka pre order iPhone 16 dan iPhone 16 Pro mulai 28 Maret 2025 di 74 gerai ritel Digimap di seluruh Indonesia. 

    Adapun, Digimap juga membuka penjualan perdana iPhone 16 ini lewat website, e-Commerce di Shopee, hingga Lazada. Hari ini secara resmi mitra Apple menghadirkan jajaran iPhone terbaru di Indonesia mulai dari iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max.

    Tak hanya itu, Digimap juga kembali berkolaborasi dengan fashion desainer ternama Indonesia, Sebastian Gunawan untuk menghadirkan phone charm dan magsafe wallet dengan teknik laser cut. 

    Kedatangan iPhone 16 di jajaran ponsel terbaru Apple membuat harga iPhone seri lainnya berubah dan menjadi lebih murah.

    Berikut Daftar Harga iPhone April 2025, Lengkap iPhone 11, 12, 13, 14, 15, dan 16 April 2025

    iPhone 16E

    iPhone 16e 128 GB Rp 12.499.000
    iPhone 16e 256GB Rp 14.999.000
    iPhone 16e 512GB Rp 18.999.000 
    iPhone 16 128 GB Rp 14.999.000

    iPhone 16 Series

    iPhone 16 256 GB Rp 17.499.000
    iPhone 16 512 GB Rp 21.999.000 
    iPhone 16 Plus 128 GB Rp 16.999.000
    iPhone 16 Plus 256 GB Rp 19.499.000
    iPhone 16 Plus 512 GB Rp 23.999.000 
    iPhone 16 Pro 128 GB Rp 18.499.000
    iPhone 16 Pro 256 GB Rp 21.499.000
    iPhone 16 Pro 512 GB Rp 25.999.000
    iPhone 16 Pro 1 TB Rp 30.499.000 
    iPhone 16 Pro Max 256 GB Rp 22.499.000
    iPhone 16 Pro Max 512 GB Rp 27.999.000
    iPhone 16 Pro Max 1 TB Rp 32.999.000

    Harga iPhone 15

    iPhone 15 128GB: Rp 13.999.000
    iPhone 15 256GB: Rp 16.999.000
    iPhone 15 512GB: Rp 20.999.000

    Harga iPhone 15 Plus

    iPhone 15 Plus 128GB: Rp 15.999.000
    iPhone 15 Plus 256GB: Rp 18.999.000
    iPhone 15 Plus 512GB: Rp 22.999.000

    Harga iPhone 15 Pro

    iPhone 15 Pro 128GB: Rp 18.999.000
    iPhone 15 Pro 256GB: Rp 21.999.000
    Phone 15 Pro 512GB: Rp 25.999.000
    iPhone 15 Pro 1TB: Rp 29.999.000

    Harga iPhone 15 Pro Max 

    iPhone 15 Pro Max 256GB: Rp 22.999.000
    iPhone 15 Pro Max 512GB: Rp 27.999.000
    iPhone 15 Pro Max 1TB: Rp 31.999.000

    Harga iPhone 14

    iPhone 14 128 GB: Rp 11.999.000
    iPhone 14 256 GB: Rp 14.999.000
    iPhone 14 512 GB: Rp 18.999.000

    Harga iPhone 14 Plus 

    iPhone 14 Plus 128 GB: Rp 13.999.000
    iPhone 14 Plus 256 GB: Rp 16.999.000
    iPhone 14 Plus 512 GB: Rp 20.999.000

    Harga iPhone 14 Pro

    iPhone 14 Pro 128GB: Rp 16.999.000
    iPhone 14 Pro 256GB: Rp 18.499.000
    iPhone 14 Pro 512GB: Rp 22.499.000
    iPhone 14 Pro 1TB: Rp 26.499.000

    Harga iPhone 14 Pro Max

    iPhone 14 Pro Max 128GB: Rp 17.999.000
    iPhone 14 Pro Max 256GB: Rp 20.499.000
    iPhone 14 Pro Max 512GB: Rp 24.499.000
    iPhone 14 Pro Max 1TB: Rp 28.499.000

    Harga iPhone 13

    iPhone 13 Mini 128GB: Rp 9.999.000
    iPhone 13 Mini 256GB: Rp 12.499.000
    iPhone 13 Mini 512GB: Rp 14.499.000

    Harga iPhone 12

    iPhone 12 Varian 64 GB: Rp 7.999.000 (dari Rp 12.249.000)
    iPhone 12 Varian 128 GB: Rp 8.499.000 (dari Rp 13.249.000)
    iPhone 12 256GB: Rp 14.999.000

    Harga iPhone 11

    iPhone 11 64GB: Rp 6.999.000

    Harga iPhone SE 3rd Gen

    iPhone SE 3rd Gen 64GB: Rp 6.999.000
    iPhone SE 3rd Gen 128GB: Rp 8.499.000
    iPhone SE 3rd Gen 256GB: Rp 9.999.000

    Itulah update harga iPhone April 2025, Lengkap iPhone 11, 12, 13, 14, 15, dan 16.

  • UMKM Waspada! Ini Tantangan Besar Pasca-Lebaran dan Cara Menghadapinya

    UMKM Waspada! Ini Tantangan Besar Pasca-Lebaran dan Cara Menghadapinya

    Jakarta: Setelah panen besar selama Ramadan dan Lebaran, banyak UMKM justru menghadapi tantangan serius. Tantangan itu merupakan penurunan permintaan. 
     
    Masyarakat yang sebelumnya berbelanja besar-besaran kini mulai mengerem pengeluaran, membuat omzet UMKM merosot.
     
    Direktur Utama Moladin Finance Indonesia (MOFI) Mulyadi menegaskan periode pasca-Lebaran menjadi momen krusial bagi pelaku usaha. 

    “Mengandalkan model bisnis tradisional saja dapat membatasi potensi pertumbuhan. Diversifikasi pendapatan bukan lagi pilihan, melainkan kebutuhan strategis,” ujar dia dikutip dari siaran pers, Rabu, 2 April 2025.
     
    Lalu, bagaimana UMKM bisa tetap bertahan dan bahkan tumbuh di tengah perubahan ini? Berikut strategi yang bisa diterapkan!
     

    1. Perluas lini produk atau layanan
    Jangan hanya bergantung pada satu jenis produk! UMKM perlu menambah variasi sesuai tren pasar. Misalnya, bisnis kuliner bisa menawarkan menu sehat atau katering harian agar arus pendapatan tetap stabil.

    2. Maksimalkan saluran digital
    Di era digital, pemasaran online bukan lagi opsi, tetapi keharusan! Manfaatkan e-commerce, media sosial, hingga layanan pesan antar untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan interaksi dengan pelanggan.

    3. Bangun kemitraan strategis
    Kolaborasi dengan bisnis lain bisa jadi solusi cerdas. Misalnya, bisnis pakaian bisa menggandeng produsen aksesori untuk membuat paket bundling yang menarik.

    4. Akses pembiayaan yang fleksibel

    Pendanaan adalah faktor kunci untuk ekspansi dan inovasi. MOFI, bagian dari Moladin Group yang telah berizin dan diawasi oleh OJK, menyediakan solusi keuangan fleksibel bagi UMKM yang ingin tetap bertumbuh.
     
    Dengan strategi ini, UMKM bisa tetap tangguh menghadapi tantangan pasca-Lebaran. Ingat, adaptasi adalah kunci untuk bertahan dan berkembang!
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Outfit Bobby Kertanegara, Kucing Presiden Prabowo Ikut Rayakan Lebaran, Pakai Baju Koko Putih – Halaman all

    Outfit Bobby Kertanegara, Kucing Presiden Prabowo Ikut Rayakan Lebaran, Pakai Baju Koko Putih – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kucing kesayangan Presiden Prabowo Subianto, Bobby Kertanegara ikut merayakan Hari Raya Idulfitri 1446 Hijriah pada Senin (31/3/2025).

    Bobby Kertanegara bahkan sempat pamer outfit Lebaran, tampil gagah pakai baju koko warna putih.

    Dalam akun Instagram pribadinya, Bobby Kertanegara membagikan foto dirinya merayakan Lebaran. 

    Ia terlihat duduk manis menghadap kamera dengan latar dekorasi khas Idulfitri, seperti ketupat, lilin, bunga mawar, dan pajangan bambu.

    Ini merupakan Idulfitri pertama Bobby sebagai “kucing Istana” setelah Prabowo resmi dilantik sebagai Presiden Republik Indonesia pada 20 Oktober 2024.

    Untuk diketahui Presiden Prabowo Subianto menemukan Bobby Kertanegara pada 2017 silam di kediamannya, Jalan Kertanegara IV, Jakarta.

    Karena iba dengan nasib kucing tersebut, Prabowo lalu merawatnya dan memberi nama Bobby. 

    Meski sudah dipelihara sejak 2017 tapi publik baru mengenal Bobby Kertanegara pada pertengahan 2018.

    Pada 20 Oktober 2024 usai terpilih sebagai Presiden, Prabowo membawa serta Bobby Kertanegara ke istana, Bobby pun makin viral.

     

    Bobby Kertanegara, Kucing Prabowo, Ikut Rayakan Idulfitri 1446 H/2025 M

    Bobby Kertanegara, kucing kesayangan Prabowo Subianto, ikut merayakan Hari Raya Idulfitri 1446 Hijriah pada Senin (31/3/2025).

    Lebaran kali ini menjadi momen spesial bagi Bobby, karena ia merayakannya bersama Presiden Prabowo Subianto, keluarga, termasuk sang putra, Didit Prabowo, dan Titiek Soeharto.

    Ini juga merupakan Idulfitri pertama Bobby sebagai “kucing Istana” setelah Prabowo resmi dilantik sebagai Presiden Republik Indonesia pada 20 Oktober 2024.

    Dalam akun Instagram pribadinya, Bobby membagikan foto dirinya merayakan Lebaran. 

    LEBARAN 2025 – Bobby Kertanegara, kucing Prabowo Subianto, ikut merayakan Hari Raya Idulfitri 1446 Hijriah pada hari ini, Senin (31/3/2025), dengan mengenakan baju koko putih.

    Dalam potret tersebut, ia terlihat duduk manis menghadap kamera dengan latar dekorasi khas Idulfitri, seperti ketupat, lilin, bunga mawar, dan pajangan bambu.

    Yang menarik perhatian, Bobby tampil mengenakan baju koko putih, membuatnya terlihat rapi, menggemaskan, dan siap menyambut hari kemenangan.

    “SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI, 1 Syawal 1446 Hijriah. Mohon maaf salah dan khilaf lahir dan batin. Selamat berkumpul dengan orang-orang dan anabul-anabul tersayang,” tulis Bobby dalam caption Instagramnya.

    Bobby juga menuliskan harapan agar Allah Subhanahu wa ta’ala senantiasa memberikan kebahagiaan dan kelegaan hati, serta menghapus kebencian melalui amalan-amalan baik selama Ramadan.

     

    Warganet Puji Penampilan Bobby Kertanegara, Kepo Baju Koko Beli Dimana

    Penampilan Bobby dengan baju koko sontak menarik perhatian warganet.

    Banyak yang memuji ketampanannya dalam balutan busana khas Lebaran itu.

    “Ganteng banget!” tulis salah satu netizen.

    Ada juga yang penasaran dengan asal-usul baju koko Bobby.

    “Kokonya beli di Tanah Abang atau Thamrin, Bob?” tanya seorang warganet.

    Bobby Kertanegara (Kolase Tribunnews/Instagram @Bobbykertanegara)

    Baju koko untuk kucing peliharaan memang banyak dijual di e-commerce maupun toko offline, tersedia dalam berbagai model, warna, dan ukuran.

    Harganya pun bervariasi, mulai dari Rp30 ribuan hingga Rp100 ribuan, tergantung ukuran kucing. 

    Biasanya, semakin besar ukurannya, semakin tinggi pula harganya.

    Baju koko untuk kucing tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari yang cocok untuk kucing berbobot satu kilogram hingga 10 kilogram.

     

    Rela Antre Panjang di Open House Istana, Warga Serang Penasaran Ingin Lihat Bobby Kucing Prabowo

    Open House bersama Presiden Prabowo Subianto menjadi salah satu momen paling dinanti masyarakat pada Hari Raya Idulfitri 1446 Hijriah. 

    Ratusan warga memadati kawasan sekitar Istana Negara demi kesempatan bersalaman langsung dengan Prabowo.

    Namun, bagi Hari (60), warga asal Serang, Banten, ada alasan lain yang membuatnya antusias mengikuti antrean panjang tersebut. 

    Selain ingin bertemu Prabowo, dia juga berharap bisa melihat Bobby Kertanegara, kucing peliharaan Prabowo

    “Ya senang lah (mau ketemu Prabowo),” kata Hari saat ditemui di gerbang utama Kementerian Sekretariat Negara di Jalan Majapahit, Jakarta, Senin (30/3/2025).

    Hari tiba di Istana Negara setelah menunaikan Salat Id di Masjid Istiqlal, Jakarta.

    Dia mengaku sengaja memilih lokasi salat tersebut agar lebih dekat dengan tempat berlangsungnya Open House. 

    Namun, lebih dari sekadar bertemu Prabowo, Hari mengaku juga ingin bertemu Bobby Kertanegara.

    Sebagai pencinta kucing atau cat lover, dia tertarik untuk melihat langsung kucing kesayangan Prabowo tersebut.

    “Ya sekalian ketemu Bobby. Saya kan cat lover, pencinta kucing,” ujar Hari.

    Bobby Kertanegara (Kolase TribunnewsInstagram @Bobbykertanegara)

    Hari mengaku mengenal Bobby Kertanegara dari berbagai unggahan di media sosial, mulai dari TikTok hingga YouTube.

    “Ya mau saya pegang saja. Kan sering ada di tik tok, YouTube,” ucapnya.

    (tribun network/thf/TribunBengkulu.com/Tribunnews.com)

     

     

  • Kejayaan Nvidia-Tesla Runtuh Seketika Gara-gara China

    Kejayaan Nvidia-Tesla Runtuh Seketika Gara-gara China

    Daftar Isi

    Jakarta, CNBC Indonesia – Kejayaan raksasa teknologi AS seperti Tesla dan Nvidia pelan-pelan luntur digantikan raksasa asal China yang kian ambisius.

    Tesla menghadapi persaingan sengit dengan BYD asal China. Sepanjang 2024, pendapatan BYD tembus US$107 miliar yang jauh lebih tinggi dibandingkan Tesla yang ‘hanya’ US$97,7 miliar.

    Boikot Tesla yang kian meluas membuat posisi perusahaan kian tertekan. Showroom Tesla digeruduk di mana-mana, gerakan jual saham dan ‘buang’ mobil menggema, hingga penjualan merosot tajam di beberapa negara.

    Beralih ke Nvidia, raksasa chip AI tersebut sempat mengalahkan Apple sebagai perusahaan paling bernilai di dunia. Selama beberapa kuartal, Nvidia juga selalu melaporkan pertumbuhan yang memecahkan rekor.

    Namun, kejayaan Nvidia juga terguncang akibat perang tarif Presiden AS Donald Trump, hingga kemunculan sistem AI DeepSeek asal China yang dikembangkan dengan biaya murah.

    Ambisi Robot Humanoid Tesla dan Nvidia

    Tesla dan Nvidia juga merupakan raksasa AS yang berlomba-lomba menggarap teknologi robot humanoid. Teknologi ini digadang-gadang sangat penting untuk perekonomian masa depan.

    Robot humanoid merupakan mesin yang dirancang mirip manusia dan berbasis teknologi AI. Skenario penggunaannya banyak, misalnya mengisi pekerjaan di sektor industri dan layanan.

    Antusiasme investor terhadap robot humanoid meningkat usai digembar-gemborkan oleh CEO Nvidia Jensen Huang. Awal bulan ini, ia mengatakan dunia akan menghadapi era baru robotika generalis. Ia juga mengumumkan portofolio robot humanoid terbaru.

    Pada aspek manufaktur, proyek robot humanoid Tesla, Optimus, tampaknya menjadi yang terdepan di AS. CEO Elon Musk mengumumkan rencana untuk memproduksi sekitar 5.000 unit tahun ini.

    Meskipun rencana ambisius Musk bisa membuat Tesla unggul atas pesaing AS seperti Apptronik dan Boston Dynamics, tetapi persaingan ketat sudah menggelora di China.

    China Sudah Duluan

    Unitree Robotics yang berkantor pusat di Hangzhou bulan lalu menjual 2 robot humanoid kepada konsumen di platform e-commerce JD.com, menurut media lokal. Sementara itu, startup robotika yang berkantor pusat di Shanghai, Agibot, yang juga dikenal sebagai Zhiyuan Robotics, telah menyamai target Optimus untuk memproduksi 5.000 robot tahun ini, menurut South China Morning Post.

    Ketika BYD mampu melampaui pertumbuhan Tesla, para pakar mengatakan dinamika serupa dapat terjadi pada robot humanoid.

    “China berpotensi untuk meniru dampak disruptifnya di EV ke bidang robot humanoid. Namun, kali ini disrupsi tersebut dapat meluas jauh melampaui satu industri, berpotensi mengubah tenaga kerja itu sendiri,” kata Reyk Knuhtsen, analis di SemiAnalysis, sebuah perusahaan riset dan analisis independen yang mengkhususkan diri dalam semikonduktor dan AI, dikutip dari CNBC International, Minggu (30/3/2025).

    China Menang Harga

    Dalam catatan penelitian pada bulan Februari, Morgan Stanley memperkirakan bahwa biaya pembuatan robot humanoid saat ini dapat berkisar antara US$10.000 hingga US$300.000 per unit, mengingat konfigurasi dan persyaratan aplikasi hilir yang berbeda.

    Namun, perusahaan-perusahaan China sudah mengalahkan pesaing AS dalam hal harga berkat skala ekonomi dan kemampuan manufaktur yang unggul, menurut Knuhtsen.

    Misalnya, Unitree merilis robot humanoid G1 untuk konsumen pada bulan Mei dengan harga awal US$16.000. Sebagai perbandingan, Morgan Stanley memperkirakan bahwa biaya penjualan robot humanoid Optimus Gen2 Tesla bisa mencapai sekitar US$20.000, tetapi hanya jika perusahaan tersebut mampu meningkatkan skala, memperpendek siklus penelitian dan pengembangannya, serta menggunakan komponen hemat biaya dari China.

    Unitree membuat gebrakan besar di bidang robot pada bulan Januari ketika 16 robot humanoid H1 dengan performa tertinggi bergabung dengan sekelompok penari manusia untuk merayakan Tahun Baru Imlek dalam sebuah demonstrasi yang disiarkan di televisi nasional.

    China Menang Paten

    Ada tanda-tanda bahwa kemajuan China dalam bidang robot jauh lebih maju. Catatan penelitian Morgan Stanley pada bulan Februari menemukan bahwa negara tersebut telah memimpin dunia dalam pengajuan paten yang menyebutkan “humanoid” selama 5 tahun terakhir.

    China dilaporkan memiliki 5.688 paten humanoid atau jauh lebih banyak dibandingkan dengan 1.483 paten dari AS.

    Pemain besar seperti Xiaomi dan pembuat kendaraan listrik, seperti BYD, Chery, dan Xpeng, juga terlibat dalam bidang robot humanoid.

    “Penelitian kami menunjukkan bahwa China terus menunjukkan kemajuan paling mengesankan dalam bidang robot humanoid. Startup diuntungkan oleh rantai pasokan yang mapan, peluang adopsi lokal, dan dukungan pemerintah nasional yang kuat,” kata catatan tersebut.

    Dukungan Xi Jinping

    Beijing semakin mendukung sektor tersebut, tampak dari berbagai departemen pemerintah yang mempromosikan pengembangannya. Pada tahun 2023, Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi mengeluarkan pedoman untuk robot humanoid, yang menyerukan “produksi dalam skala besar” pada tahun 2025.

    Menurut Ming Hsun Lee, kepala penelitian otomotif dan industri China di BofA Global Research, China melihat robot humanoid sebagai industri penting karena potensinya untuk mengurangi ancaman kekurangan tenaga kerja.

    “Saya pikir dalam jangka pendek, tiga hingga empat tahun, kita akan melihat robot humanoid awalnya diterapkan di jalur produksi untuk membandingkan beberapa pekerja, dan dalam jangka menengah, kita akan melihat mereka secara bertahap menyebar ke industri jasa,” katanya.

    Lee mengatakan peningkatan adopsi akan bertepatan dengan penurunan biaya komponen yang sangat cepat. Ia juga mencatat bahwa China memiliki sekitar 70% rantai pasokan untuk komponen-komponen robot humanoid.

    Menurut laporan SemiAnalysis awal bulan ini, Unitree G1 merupakan “satu-satunya robot humanoid yang layak di pasaran” yang sepenuhnya tidak tergantung dari komponen AS.

    Laporan tersebut memperingatkan bahwa China adalah satu-satunya negara yang diposisikan untuk menuai keuntungan ekonomi dari sistem robot cerdas, termasuk robot humanoid, yang dapat menimbulkan ancaman eksistensial bagi AS karena kalah bersaing dalam semua kapasitas.

    “Untuk mengejar ketertinggalan, para pemain AS harus segera memobilisasi basis manufaktur dan industri yang kuat, baik di dalam negeri maupun melalui negara-negara sekutu. Bagi Tesla dan perusahaan sejenis, mungkin bijaksana untuk mulai melakukan reshoring atau ‘friendshoring’ pengadaan dan manufaktur komponen mereka untuk mengurangi ketergantungan pada China,” kata Knuhtsen dari SemiAnalysis.

    Analis Bank of America meramalkan dalam catatan penelitian bulan ini bahwa penyebaran robot humanoid akan meningkat pesat, dibantu oleh pengembangan AI, dengan penjualan tahunan global mencapai 1 juta unit pada tahun 2030 dan 3 miliar robot humanoid beroperasi pada tahun 2060.

    (fab/fab)

  • Strategi Pemerintah dan e-Commerce Bikin Produk UMKM Mendunia

    Strategi Pemerintah dan e-Commerce Bikin Produk UMKM Mendunia

    Jakarta

    UMKM Indonesia semakin dekat dengan peluang ekspor yang lebih luas melalui kolaborasi strategis antara Master Bagasi dan Kementerian Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (KemenUKM). Kolaborasi ini akan mendorong UMKM naik kelas dan bersaing di pasar global dengan lebih percaya diri.

    Sebagai platform cross-border e-commerce pertama di Indonesia, Master Bagasi terus berupaya menciptakan ekosistem ekspor yang lebih efisien dan inklusif.

    “Kami hadir sebagai solusi bagi pelaku UMKM yang ingin menembus pasar internasional tanpa harus menghadapi kendala logistik, regulasi, atau keterbatasan akses,” ujar Founder sekaligus CEO Master Bagasi, Amir Hamzah, dikutip dari siaran persnya.

    KemenUKM menilai inisiatif ini sejalan dengan visi pemerintah dalam memperkuat UMKM sebagai tulang punggung ekonomi nasional. Menurutnya, aplikasi Master Bagasi menjadi jawaban atas berbagai tantangan yang dihadapi UMKM, mulai dari keterbatasan akses hingga efisiensi distribusi.

    “Ini adalah langkah nyata dalam mewujudkan visi Menteri UMKM untuk membawa produk lokal ke pasar global,” kata Bagus Rachman, Deputi Bidang Usaha Menengah KemenUKM dalam Audiensi yang berlangsung pada Rabu, 26 Maret 2025 di Jakarta Selatan.

    Sebagai langkah konkret, Master Bagasi dan KemenUKM akan mengembangkan Bentala Project, sebuah program yang menghubungkan UMKM dengan berbagai kementerian, pemangku kepentingan, dan diaspora Indonesia di luar negeri. Program ini dirancang untuk mempercepat pertumbuhan UMKM dan membuka lebih banyak peluang ekspor melalui strategi yang terarah dan kolaboratif.

    “Kami yakin produk UMKM Indonesia memiliki daya saing yang tinggi di pasar global. Dengan pendekatan yang tepat dan dukungan kebijakan yang kuat, produk-produk lokal bisa lebih mudah menembus panggung internasional,” tambah Hamzah.

    Selain mendorong ekspor, kolaborasi ini juga mencakup pembahasan regulasi dan klasifikasi usaha, yang akan membuka akses lebih luas terhadap kebijakan serta fasilitas ekspor. Dengan dukungan KemenUKM, Master Bagasi dapat mempercepat transformasi UMKM dari skala kecil ke menengah, dan membawa produk lokal ke panggung global.

    Kolaborasi ini menandai era baru bagi UMKM Indonesia. Dengan ekosistem yang lebih solid dan dukungan lintas sektor, produk lokal tidak hanya berdaya saing tinggi, tetapi juga memiliki akses yang lebih luas ke pasar dunia.

    (agt/agt)

  • Berlipat Guna, Agen BRILink Menjaga Asa di Tengah Guyuran Penipuan dan Pinjol – Halaman all

    Berlipat Guna, Agen BRILink Menjaga Asa di Tengah Guyuran Penipuan dan Pinjol – Halaman all

    Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chrysnha Pradipha

    TRIBUNNEWS.COM BOYOLALI – Masih terngiang dalam ingatan, kisah-kisah para pelanggan setia gerai Ida Kuntalasari yang menangis hingga tergulai lemas akibat perbuatannya sendiri.

    Mereka di antaranya merugi, kehilangan jutaan rupiah gara-gara lalai. Juga kemakan SMS berhadiah yang berhasil memancing mangsanya lewat narasi hadiah kejutan.

    “Saya kasihan sama mereka, habis hampir satu juta rupiah dalam beberapa jam,” ucap Ida lirih, tatkala mengenang beberapa pelanggannya korban penipuan, Rabu (26/3/2025).

    Di era digital ini, ketika teknologi bisa menjadi jembatan sekaligus jebakan, Ida berdiri teguh sebagai pelindung bagi mereka yang rentan.

    Berkali-kali ia menyaksikan pelanggan terutama ibu-ibu dan lansia dihantui janji manis hadiah fiktif.

    Mereka datang dengan mata penuh harap, telepon genggam di tangan, mengikuti panduan dari seseorang yang mengaku memberi hadiah, tapi ujung-ujungnya meminta transfer uang.

    “Korban itu dipandu lewat telefon. Disuruh transfer dulu katanya buat dapat hadiah. Saya yang di sampingnya langsung bilang, ‘Bu, itu penipuan.’ Tapi kadang mereka gak percaya,” kata Ida, tersenyum getir.

    Tak jarang, ia mengambil alih ponsel pelanggan dan berbicara langsung kepada penipu.

    “Pernah penipunya langsung matikan telefon pas saya ngomong. Pelanggan saya akhirnya selamat,” kenangnya.

    Tapi ada juga yang tetap bersikeras, dan berakhir merugi. “Kalau sudah begitu, saya hanya bisa mengelus dada,” katanya lirih.

    Namun Ida tak pernah jera. Ia terus mengimbau, terutama kepada kalangan ibu-ibu dan lansia.

    Baginya, mereka bukan sekadar pelanggan, melainkan keluarga besar yang perlu dilindungi.

    Ia sadar, banyak dari mereka gaptek dan belum akrab dengan dunia pinjaman online yang begitu mudah diakses tapi membawa beban bunga mencekik.

    “Saya sering bilang ke mereka, jangan asal klik, jangan gampang percaya. Banyak yang akhirnya terjerat pinjaman online karena gak tahu,” ujarnya.

    Perjuangan Gerai BRILink

    Gerai kecil milik Ida awalnya hanya menjual pulsa, kartu perdana, dan aksesori ponsel. Namun segalanya berubah pada 2020, ketika ia menerima tawaran menjadi agen BRILink dari petugas BRI. 

    Dengan bekal semangat dan surat izin dari kelurahan, Ida mulai membuka pintu gerainya untuk pelayanan transaksi keuangan.

    Awalnya ia tak tahu apa-apa soal tarik tunai, setor pinjaman, atau transfer antarbank. Namun, perempuan itu belajar.

    Dan di balik proses belajarnya, tumbuh rasa tanggung jawab yang jauh lebih besar daripada sekadar melayani transaksi.

    Kini, Anugerah Cell menjadi oase layanan keuangan di tengah keterbatasan infrastruktur perbankan di sekitar Waduk Cengklik.

    Di sini, warga bisa menarik uang, membayar listrik, BPJS, membeli pulsa, hingga belanja e-commerce. Semua dalam satu tempat, dekat, dan—yang paling penting—dipandu dengan sabar.

    “Keramahan nomor satu. Apapun kesulitannya, kita bantu,” ujar Ida, matanya berbinar-binar penuh keyakinan.

    Ketika pertama kali menjadi agen BRILink, Ida tak berharap banyak. Namun takdir berkata lain.

    Dengan ketekunan dan pelayanan tanpa pamrih, usahanya tumbuh pesat. Dari 70 hingga 100 transaksi per hari, apalagi di akhir bulan ketika gaji cair, gerainya selalu ramai.

    Kini, hasilnya bukan hanya tampak dari slip transaksi atau tumpukan bukti transfer. Tapi juga dari impian yang mulai mewujud menjadi sebuah rumah baru yang tengah dibangun di daerah Pengging, Boyolali.

    “Saya sudah sepuluh tahun jualan pulsa dan handphone. Tapi sejak jadi agen BRILink, penghasilan saya meningkat hampir dua kali lipat,” ujarnya penuh syukur.

    Gerainya kini lebih menyerupai pusat layanan masyarakat ketimbang toko kecil. Warga sekitar lebih memilih datang ke Anugerah Cell daripada pergi ke ATM yang jaraknya bisa mencapai 4 kilometer. Ditambah satu kilometer lagi jika harus ke kantor bank.

    “Kami terbantu banget. Dulu jauh ke ATM, sekarang ke sini saja cukup. Bayar listrik, transfer uang ke orang tua, semuanya bisa,” tutur Faisal, pelanggan setia sekaligus sopir ekspedisi yang rutin mampir seminggu sekali.

    Ia tak mempermasalahkan biaya tambahan Rp 5.000 per transaksi. “Murah kok. Daripada capek ke kota, di sini sudah dibantu semuanya. Gak usah bingung,” ujarnya.

    Ida Kuntalasari bukan hanya agen BRILink. Ia adalah jembatan antara teknologi dan kemanusiaan. Ia adalah wajah pelayanan yang tidak hanya berbicara soal uang, tapi tentang perhatian, perlindungan, dan cinta untuk sesama.

    Dalam dunia yang makin sibuk dan acuh, kisah Ida mengingatkan kita bahwa bisnis tak selalu soal untung.

    Terkadang, yang paling berarti justru adalah saat kita bisa hadir untuk orang lain. Seperti Ida, yang menjadikan pelanggannya bukan sekadar konsumen, tapi bagian dari keluarganya.

    Capaian Agen BRILink

    PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, atau BRI, berkomitmen dalam menyediakan solusi keuangan yang menyeluruh melalui jaringan Agen BRILink yang tersebar di seluruh Indonesia.

    BRI mengambil peran aktif sebagai pelopor inklusi keuangan, mendukung upaya pemerintah dalam mewujudkan visi pembangunan nasional.

    Hingga akhir Desember 2024, BRI mencatat peningkatan yang signifikan dalam jumlah Agen BRILink, yang meningkat dari 740 ribu agen pada Desember 2023 menjadi 1,06 juta agen di Desember 2024.

    Grafis capaian Agen BRILink secara nasional dari 2024 dibanding 2023

    Ini berarti bahwa sepanjang tahun 2024, sebanyak 324 ribu masyarakat bergabung untuk menjadi Agen BRILink.

    Dengan jaringan ini, BRI kini menjangkau lebih dari 85 wilayah di Indonesia dan melayani lebih dari 62 ribu desa.

    Inisiatif ini sejalan dengan Asta Cita Pemerintah yang dipimpin oleh Presiden RI Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka.

    Direktur Utama BRI, Sunarso, menjelaskan,BRI turut berkontribusi mewujudkan dan mendukung Asta Cita.

    “Sebagai wujud kontribusi BRI, kami turut mendukung Asta Cita keenam yaitu membangun dari desa dan dari bawah guna mendorong pemerataan ekonomi dan pemberantasan kemiskinan,” jelasnya dalam keterangan tertulis pada Rabu (22/1/2025).

    Ia juga menekankan bahwa upaya ini mendukung Asta Cita ketiga pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan lapangan kerja berkualitas dan mendorong kewirausahaan.

    Agen BRILink memiliki peran penting sebagai ujung tombak dalam memperluas akses keuangan hingga ke pelosok negeri.

    Sunarso dalam siaran persnya menyatakan, sebagai elemen strategi hybrid banking, BRI memadukan layanan digital dan fisik untuk memastikan akses layanan keuangan yang merata.

    Agen BRILink menjadi pilar penting dalam membangun ekosistem keuangan yang inklusif dan berkelanjutan.

    Selain itu, Agen BRILink tidak hanya bertugas memperluas dan mempermudah akses layanan perbankan, tetapi juga memastikan terjadinya sharing economy yang melibatkan partisipasi masyarakat secara luas.

    Dengan beragam layanan yang ditawarkan, mulai dari pembayaran tagihan listrik, air, BPJS, telepon, pembelian pulsa, hingga pembayaran cicilan, Agen BRILink menjadi solusi keuangan yang semakin relevan bagi masyarakat.

    Selain itu, tersedia juga layanan referral untuk pembukaan rekening tabungan, pinjaman, asuransi mikro, tarik tunai dari luar negeri, serta pembelian tiket perjalanan seperti bus, shuttle, dan kapal ferry.

    Semua kemudahan ini menjadikan Agen BRILink sebagai jembatan bagi masyarakat untuk lebih mudah mengakses layanan keuangan.

    Di sisi lain, Kementerian BUMN RI juga berupaya mempercepat program prioritas nasional melalui berbagai inisiasi.

    Menteri BUMN, Erick Thohir, menyatakan bahwa untuk mewujudkan Asta Cita tersebut, diperlukan kolaborasi yang efektif dan efisien antara berbagai pihak.

    Erick menjelaskan bahwa inisiatif tersebut mencakup hilirisasi pembangunan infrastruktur, pelayanan masyarakat, stabilisasi harga pangan, hingga pengembangan sumber daya manusia dan energi berkelanjutan.

    “Kolaborasi lintas kementerian dan badan menjadi momentum strategis untuk menjawab tantangan pembangunan yang semakin kompleks,” ungkap Erick Thohir.

    (*)