Topik: e-commerce

  • Cara Top Up Saldo Grab Driver via OVO, m-Banking, ATM, Indomaret, Lengkap!

    Cara Top Up Saldo Grab Driver via OVO, m-Banking, ATM, Indomaret, Lengkap!

    Jakarta: Untuk kamu para pengemudi Grab, pasti sudah tahu betapa pentingnya punya saldo yang cukup buat menjalankan pesanan.
     
    Nah, buat memastikan saldo Grab kamu selalu siap, ada beberapa cara mudah yang bisa kamu coba, mulai dari OVO, m-Banking, ATM, hingga lewat Indomaret. Nggak perlu khawatir, semuanya gampang kok dan bisa disesuaikan dengan kenyamanan kamu.
     
    Melansir laman Grab dan OCBC, berikut simak cara-cara top up saldo Grab Driver sesuai yang ingin kamu ketahui.

    Top up Grab Driver via DANA
    Untuk top up saldo Grab Driver pakai DANA, ikuti langkah-langkah ini:

    Buka aplikasi Grab Driver.
    Pilih menu “Pendapatan” di bagian atas kiri.
    Klik “Dompet”, lalu pilih “Isi Ulang dengan DANA”.
    Tentukan jumlah saldo yang ingin di-top up.
    Klik “Berikutnya”, lalu pilih “Isi Ulang Sekarang”.
    Aplikasi akan mengarahkan kamu ke DANA untuk menyelesaikan pembayaran.
    Setelah transaksi selesai, saldo Grab Driver kamu akan langsung terisi.

    Top up Grab Driver via OVO
    Berikut cara top up saldo Grab Driver lewat Grab Kios di aplikasi Grab Merchant dengan OVO:

    Buka aplikasi Grab Merchant.
    Pilih menu Grab Kios.
    Klik “Saldo Pengemudi”.
    Masukkan nomor ponsel pengemudi yang terdaftar.
    Pilih jumlah top up yang diinginkan.
    Periksa lagi datanya, lalu klik “Bayar”.
    Masukkan PIN OVO dan klik “Bayar”.
    Saldo pengemudi kamu akan langsung terisi.

    Top up Grab Driver via m-Banking BCA
    Berikut cara top up saldo lewat m-BCA:

    Login ke akun m-BCA dan masukkan kode akses.
    Pilih menu m-Transfer, lalu pilih BCA Virtual Account.
    Ketik 39358 diikuti nomor ponsel kamu (misalnya: 39358 08xx xxxx xxxx).
    Masukkan jumlah top up yang diinginkan, minimal Rp20.000. Bank bisa jadi mengenakan biaya tambahan.
    Ikuti langkah-langkah yang muncul untuk menyelesaikan pembayaran.

    Top up Grab Driver Via Shopee
    Berikut cara top up saldo Grab lewat Shopee:

    Buka aplikasi Shopee dan pastikan sudah punya akun.
    Cari “Saldo Grab” di kolom pencarian.
    Pilih jumlah saldo yang ingin dibeli.
    Tekan “Beli Sekarang”.
    Pilih cara pembayaran yang kamu suka.
    Klik “Bayar” untuk menyelesaikan pembelian.

    Top up Grab Driver Via Livin’ by Mandiri
    Berikut cara top up saldo Grab lewat Mandiri Online:

    Masuk ke aplikasi Mandiri Online.
    Pilih Pembayaran, lalu klik Buat Pembayaran Baru dan pilih Multi Payment.
    Pilih OVO sebagai metode pembayaran.
    Masukkan nomor ponsel yang terdaftar di OVO (misalnya: 08xx xxxx xxxx).
    Tentukan jumlah top up, minimal Rp20.000. Periksa apakah ada biaya tambahan dari bank.
    Ikuti petunjuk untuk menyelesaikan pembayaran.

    Top up Grab Driver di ATM
    Berikut cara top up saldo Grab lewat ATM:

    Masukkan kartu ATM dan PIN di mesin ATM.
    Pilih “Pembayaran” > “Lainnya” > pilih “Virtual Account” atau “E-Commerce” sesuai bank.
    Masukkan kode khusus dan nomor ponsel yang terdaftar di akun Grab (misalnya BRI: 88099, BCA: 39358, Mandiri: 60001).
    Pilih jumlah top up. Periksa biaya admin yang mungkin berbeda di tiap bank.
    Ikuti petunjuk untuk menyelesaikan transaksi dan simpan bukti transaksi.

    Top up saldo Grab Driver sekarang bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti lewat DANA, OVO, m-Banking, Shopee, atau ATM. Pilih yang paling gampang buat kamu agar saldo selalu siap dan kamu bisa terus beroperasi tanpa masalah. (Nanda Sabrina Khumairoh)
     
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Google Ungkap Resep Sukses Aplikasi di Indonesia, Ternyata Simpel

    Google Ungkap Resep Sukses Aplikasi di Indonesia, Ternyata Simpel

    Jakarta, CNBC Indonesia – Konsumen internet dan aplikasi digital di Indonesia tak suka menggunakan aplikasi dan menyaksikan konten bahasa asing.

    Hal ini diungkapkan oleh Laporan e-Conomy SEA 2024 yang diterbitkan oleh Google, Temasek, dan Bain & Company. Pengguna lebih suka menggunakan bahasa Indonesia saat melakukan pencarian hingga berbelanja online.

    Kecenderungan menggunakan bahasa Indonesia tertinggi adalah di platform e-commerce. Sekitar 80 persen konsumen ecommerce memilih menggunakan bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia juga dominan di platform makanan dan transportasi sebesar 77% dibandingkan dengan 22% bahasa Inggris. Perjalanan online sebesar 69% dan keuangan digital 72%.

    Dominasi penggunaan bahasa Indonesia ini juga terlihat saat streaming video. Jumlahnya mencapai 75% berbanding 24% dengan bahasa Inggris dan 1% bahasa lainnya.

    Tren itu juga sama saat kreator membuat konten video karena kebanyakan dari mereka (88%) lebih suka membuat konten bahasa Indonesia.

    Dalam laporan yang sama juga terlihat banyaknya kreator berdasarkan kategori. Game masih memimpin, diikuti dengan makanan dan minuman, serta mode dan gaya.

    Tingkat pertumbuhan rata-rata influencer video mencapai 7% yang berfokus pada kategori konsumen.

    Laporan tahunan e-Conomy SEA menyoroti aktivitas ekonomi digital di Indonesia dan Asia Tenggara. Total nilai transaksi digital sepanjang 2024 diperkirakan mencapai US$90 miliar.

    Terdapat kenaikan GMV pada 2024 dari tahun sebelumnya sebesar 13%. Diperkirakan tahun 2030 akan terus naik mencapai US$200-300 miliar.

    (dem/dem)

  • Jababeka (KIJA) Raup Penjualan 200 Unit Ruko Komersial Bizpark

    Jababeka (KIJA) Raup Penjualan 200 Unit Ruko Komersial Bizpark

    Bisnis.com, JAKARTA — PT Kawasan Industri Jababeka Tbk. (KIJA) atau Jababeka meraup penjualan tahap pertama Jababeka Bizpark sebanyak 200 unit dengan harga penjualan mulai dari Rp1,4 milir per unitnya. 

    Senior Managing Director Jababeka Ivonne Anggraini menuturkan penjualan ruko multiguna cukup diminati karena dapat menyesuaikan dengan kebutuhan para pelaku bisnis mulai dari gudang penyimpanan, kantor, hingga penjualan produk secara langsung sehingga dapat membantu mengurangi biaya operasional serta meningkatkan performa perusahaan.

    Tingkat permintaan, sebutnya berasal dari pelaku bisnis dan investor baik dari dalam maupun luar negeri.

    “Penjualan tahap pertama Jababeka Bizpark lebih dari 200 unit dengan harga per unit Rp1,4 miliar,” ujarnya melalui keterangan resmi, Rabu (6/11/2024).

    Dengan raupan penjualan tersebut, KIJA menargetkan serah terima unit berlangsung pada 2025 mendatang.

    Adapun Jababeka tengah memacu pembangunan properti komersial ruko multiguna di tengah peningkatan transaksi dagang elektronik (e-commerce) yang menjadi angin segar bagi seluruh sektor industri di Indonesia, khususnya bagi industri logistik serta pergudangan.

    Menurut Ivonne ruko multiguna dapat menghemat biaya operasional. Selain itu, semakin berkurangnya lahan di wilayah perkotaan membuat bangunan multiguna semakin diminati karena bisa menjadi solusi bisnis yang praktis.

    Terlebih saat ini para pelaku usaha juga membutuhkan bangunan multiguna dengan lokasi strategis dan akses yang mudah.

    Menurutnya, bangunan komersial multiguna dengan lokasinya yang terintegrasi dengan pusat industri, pendidikan, dan kesehatan, masih menarik karena dapat memberikan solusi bisnis yang inovatif, sekaligus memberikan potensi investasi yang menjanjikan di kawasan berkembang pesat.

  • Apple Bangun Pabrik di Bandung, Kemenperin Segera Umumkan Nasib iPhone 16

    Apple Bangun Pabrik di Bandung, Kemenperin Segera Umumkan Nasib iPhone 16

    Jakarta

    Wakil Menteri Perindustrian (Wamenperin) Faisol Riza menyebut Kemenperin akan mengumumkan nasib iPhone 16 di Indonesia dalam waktu dekat. Info ini keluar setelah rencana Apple membangun pabrik di Bandung yang dilaporkan Bloomberg dengan nilai investasi menyentuh USD 10 juta (Rp 157 miliar).

    Bloomberg menyebut Apple akan membangun fasilitas manufaktur di Bandung dengan menggandeng beberapa penyuplai komponen lokal. Pabrik itu akan fokus memproduksi aksesoris untuk produk-produk Apple.

    “Kami sudah mendengar dan sudah menghubungi (Apple) Tapi ini kita akan bicarakan lebih detil nanti,” kata Faisol, Rabu (6/11/2024), dikutip detikINET dari CNCB Indonesia.

    Faisol menegaskan bahwa tak lama lagi nasib iPhone 16 bakal diumumkan Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita. Sebelumnya, Apple sudah menyatakan beberapa komitmennya tapi dirasa masih kurang.’

    “Saya berharap bahwa komitmen yang disampaikan sekarang bisa dijalankan sesegera mungkin,” ujarnya.

    Hingga saat ini, seri iPhone 16 belum dijual resmi di Indonesia. Alasannya karena Apple belum memperpanjang sertifikasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang diwajibkan oleh pemerintah.

    Disebutkan bahwa realisasi komitmen Apple harusnya Rp 1,71 triliun. Tapi, masih ada kekurangan Rp 240 miliar karena yang baru masuk Rp 1,48 triliun.

    Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan Kemenperin juga meminta e-commerce dan marketplace untuk menghilangkan produk iPhone 16 di layanannya agar tidak bisa dibeli masyarakat.

    “Kami sudah melakukan kontak pada ecommerce untuk segera tidak menayangkan atau mencabut produk iPhone 16 pada market sehingga tidak bisa dibeli,” kata Menteri Agus, saat ditemui detikcom di Cikarang Dry Port, Bekasi, Jumat (1/11).

    “Karena kasihan masyarakat yang beli karena mereka pasti tidak akan diberi IMEI dari kita,” lanjutnya.

    (ask/ask)

  • Kemendag Bakal Tindak Tegas E-Commerce yang Jual iPhone 16 dan Google Pixel! – Page 3

    Kemendag Bakal Tindak Tegas E-Commerce yang Jual iPhone 16 dan Google Pixel! – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag), memperketat regulasi penjualan iPhone 16 dan Google Pixel di platform e-commerce.

    Saat ini, baik iPhone 16 dan Google Pixel dilarang dijual di Tanah Air karena kedua merek smartphone tersebut masih belum memenuhi aturan sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

    Karena itu, Menteri Perdagangan (Mendag) Budi Santoso, mengingatkan e-commerce nakal melanggar aturan ini akan langsung ditindak keras pemerintah.

    “e-commerce kan selalu dievaluasi, ya kalau ada yang melanggar (menjual iPhone seri 16 dan Google Pixel) nanti, tentu kita kasih tahu,” kata Budi, sebagimana dikutip dari Antara, Rabu (6/11/2024).

    Ditemui di sela Pelepasan Kontainer Ekspor Mayora Group ke-400.000 dengan tujuan 15 negara di Cikupa, Tangerang, Banten, Selasa, Budi Santoso mengatakan, “jadi kita adakan penindakan dan segala macam.”

    Sebelumnya, Ketua Dewan Ekonomi Nasional Luhut Binsar Pandjaitan juga menanggapi kisruh pelarangan penjualan iPhone 16 di Indonesia.

    “Kita semua itu sangat terbuka kepada apa saja. Apalagi kalau itu diproduksi di dalam negeri, karena kita ingin menciptakan lapangan kerja,” ucap Luhut di Istana Kepresidenan Jakarta, seperti dikutip dari Antara.

    Dia juga menyampaikan, fokus utama Indonesia bukan hanya teknologi, tetapi juga penciptaan pekerjaan lokal melalui industri intensif tenaga kerja, seperti sektor garmen dan konstruksi.

    “Jadi seperti garmen yang ada sekarang, konstruksi di Kertajati dan juga yang di dekat Solo sana,” jelas Ketua Dewan Ekonomi Nasional itu.

     

  • Harga dan Spesifikasi Nubia V60 yang Diklaim Punya Performa Gahar – Page 3

    Harga dan Spesifikasi Nubia V60 yang Diklaim Punya Performa Gahar – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Nubia V60 yang merupakan penerus dari V60 Design ini menjanjikan performa yang lebih tangguh serta desain lebih menawan.

    Country Manager Nubia Indonesia, Jackie Chen, mengklaim Nubia V60 dirancang khusus untuk generasi muda yang menginginkan smartphone yang tidak hanya stylish, tetapi juga mampu mendukung aktivitas mereka sehari-hari.

    “Dengan performa yang powerful dan desain elegan, Nubia V60 adalah pilihan tepat bagi mereka yang mencari kombinasi sempurna antara gaya dan kinerja,” ujar Jackie Chen melalui keterangannya, Rabu (6/11/2024).

    Bicara soal spesifikasi Nubia V60, ponsel ini ditenagai chipset Unisoc T616 octa-core dengan dukungan RAM Dynamic 8GB+12GB–diklaim mampu menjalankan berbagai aplikasi dengan lancar tanpa lag.

    Kapasitas penyimpanan internal sebesar 256GB juga memberikan ruang yang luas untuk menyimpan berbagai file, foto, dan video.

    Di sisi lain, baterai berkapasitas 5000mAh dengan dukungan pengisian cepat 22.5W menjamin penggunaan ponsel sepanjang hari tanpa khawatir kehabisan daya.

    Nubia V60 akan tersedia secara eksklusif di Tokopedia mulai 5 hingga 7 November 2024 dengan harga spesial Rp1.799.000. Setelahnya, ponsel ini akan tersedia di berbagai platform e-commerce lainnya dengan harga normal Rp1.899.000

     

  • Mendag siap tindak e-commerce yang jual iPhone 16 dan Google Pixel

    Mendag siap tindak e-commerce yang jual iPhone 16 dan Google Pixel

    Menteri Perdagangan (Mendag) Budi Santoso menjawab pertanyaan awak media di sela Pelepasan Kontainer Ekspor Mayora Group Ke-400.000 dengan tujuan 15 negara di Cikupa, Tangerang, Banten, Selasa (5/11/2024). ANTARA/Harianto

    Mendag siap tindak e-commerce yang jual iPhone 16 dan Google Pixel
    Dalam Negeri   
    Novelia Tri Ananda   
    Selasa, 05 November 2024 – 17:47 WIB

    Elshinta.com – Menteri Perdagangan (Mendag) Budi Santoso menegaskan bahwa pihaknya siap melakukan penindakan terhadap platform e-commerce jika menjual iPhone seri 16 dan Google Pixel, karena belum ada izin dari pemerintah terkait penjualan telepon pintar tersebut.

    “e-commerce kan selalu dievaluasi, ya kalau ada yang melanggar (menjual iPhone seri 16 dan Google Pixel) nanti, tentu kita kasih tahu, jadi kita adakan penindakan dan segala macam,” kata Budi ditemui di sela Pelepasan Kontainer Ekspor Mayora Group ke-400.000 dengan tujuan 15 negara di Cikupa, Tangerang, Banten, Selasa.

    Kementerian Perdagangan (Kemendag) melarang platform belanja online atau e-commerce untuk menjual produk iPhone seri 16. Selain itu, e-commerce juga dilarang memfasilitasi penjualan smartphone Google Pixel yang diproduksi oleh Alphabet. Pasalnya, saat ini pemerintah masih mengkaji terkait rencana penjualan produk dua smartphone tersebut lantaran belum memenuhi aturan penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

    Lebih lanjut, Budi juga menyampaikan bahwa Kementerian Perdagangan bakal menerjunkan tim jika ada yang melakukan penjual iPhone seri 16 maupun Google Pixel.

    “Nanti dilihat apakah memang harus perlu, (kalau perlu) ya kita lakukan,” tegas Mendag.

    Mendag menambahkan, terkait aturan teknis larangan penjualan iPhone seri 16 maupun Google Pixel di Indonesia, ia meminta awak media untuk mengonfirmasi langsung ke Kementerian Perindustrian.

    Saat ini iPhone 16 masih dilarang untuk dijual di Indonesia lantaran belum memenuhi aturan tingkat komponen dalam negeri (TKDN). Meski begitu, produk iPhone 16 dinilai sudah masuk ke Indonesia, tetapi perangkat tersebut dibawa oleh penumpang, awak pesawat, atau yang dikirim melalui jasa ekspedisi. Barang tersebut tidak diizinkan untuk diperjualbelikan.

    “Seri iPhone 16 yang dibawa penumpang dan dikenakan pajak adalah barang bawaan yang tidak boleh dijual, serta terbatas untuk penggunaan pribadi penumpang,” kata Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arif.

    Terbaru, Febri mengatakan, pihak Apple telah mengirimkan surat ke Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita untuk audiensi masalah tersebut.

    Sumber : Antara

  • iPhone 16 dan Google Pixel Tak Boleh Ada di Ecommerce, Mendag Ancam

    iPhone 16 dan Google Pixel Tak Boleh Ada di Ecommerce, Mendag Ancam

    Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Perdagangan (Mendag) Budi Santoso dengan tegas mengatakan, pihaknya akan menindak platform e-commerce yang ketahuan menjual ponsel iPhone 16 dan Google Pixel.

    Sebagaimana diketahui, hingga saat ini Indonesia masih memblokir penjualan ponsel iPhone 16 dan Google Pixel, lantaran perusahaan ponsel pintar itu masih belum mengantongi sertifikat Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang menjadi persyaratan bagi produk yang dijual di dalam negeri.

    “Kalau ada yang melanggar, tentu kita kasih tahu ya. Jadi kita adakan penindakan dan segala macam,” kata Budi saat ditemui di Cikupa, Tangerang, Banten, Selasa (5/11/2024).

    Kementerian Perdagangan (Kemendag), katanya, telah dengan tegas melarang platform belanja online atau e-commerce untuk menjual produk iPhone seri 16 dan smartphone Google Pixel yang diproduksi oleh Alphabet (GOOGL.O)

    Jika kedapatan ada e-commerce yang menjual tipe ponsel tersebut, tegas Budi, Kemendag bakal menerjunkan tim untuk memeriksa langsung apakah ponsel pintar tersebut masih dijual di e-commerce.

    “Nanti dilihat, apakah memang perlu, (kalau perlu) ya kita lakukan (turunkan tim),” tegasnya.

    Sebelumnya, Juru Bicara Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Febri Hendri Antoni Arief mengatakan, pemblokiran penjualan iPhone 16 dan Google Pixel dilakukan demi keadilan bagi semua investor Indonesia. Di mana seperti diketahui, dua perusahaan tersebut belum memenuhi aturan penjualan di dalam negeri, yakni mengandung TKDN 40%.

    “Kami mendorong aturan ini agar ada keadilan bagi semua investor di Indonesia,” kata Febri Hendri Antoni Arief, juru bicara kementerian perindustrian dikutip Reuters, Minggu (3/11/2024).

    “Produk Google tidak mematuhi skema yang kami tetapkan, jadi tidak dapat dijual di sini,” lanjutnya

    Google mengatakan ponsel Pixel-nya saat ini tidak didistribusikan secara resmi di Indonesia.

    Febri mengatakan konsumen dapat membeli ponsel Google Pixel di luar negeri, asalkan mereka membayar pajak yang diperlukan, seraya menambahkan negara akan mempertimbangkan untuk menonaktifkan ponsel yang dijual secara ilegal.

    Pemblokiran ini dilakukan seminggu setelah Indonesia mengatakan telah memblokir penjualan iPhone 16 di dalam negeri, juga karena tidak memenuhi aturan kandungan lokal.

    Pemerintah RI menyediakan tiga cara bagi produsen perangkat pintar untuk memenuhi ketentuan tingkat komponen dalam negeri yaitu lewat aktivitas manufaktur, perangkat lunak, atau jalur investasi.

    Apple selama ini menggunakan jalur investasi untuk memenuhi ketentuan TKDN sehingga diperbolehkan menjual iPhone impor di tanah air. Namun, Apple belum merealisasikan komitmen investasi mereka sehingga iPhone 16 tidak diberikan sertifikat TKDN.

    (dem/dem)

  • Mendag Budi Santoso Tanggapi Maraknya iPhone 16 Dijual Ilegal di Indonesia

    Mendag Budi Santoso Tanggapi Maraknya iPhone 16 Dijual Ilegal di Indonesia

    Jakarta, Beritasatu.com – Menteri Perdagangan (Mendag) Budi Santoso menanggapi laporan maraknya kegiatan jual beli ilegal iPhone 16 di marketplace atau e-commerce. Padahal pemerintah telah melarang smartphone seri terbaru keluaran Apple itu masuk ke Indonesia.

    Merespons ini, Budi menyampaikan akan berkoordinasi lebih lanjut dengan Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (Ditjen PKTN) Kementerian Perdagangan (Kemendag) yang mengawasi hal tersebut.

    “Ya coba nanti kita koordinasikan ya, bagaimana pengawasan kita,” ujar Budi, seusai acara “High Level Policy Dialogue Action on Climate and Trade (ACT)”, di Jakarta, Senin (4/11/2024).

    Sebagai informasi, sejak Apple merilis iPhone 16 series pada 20 September 2024 lalu, pemerintah melalui Kementerian Perindustrian telah menyatakan tidak memperkenankan produk tersebut diperjualbelikan di Indonesia.

    Alasannya yakni karena Apple belum memenuhi komitmen investasi sesuai perjanjian yang telah dilakukan dengan pemerintah. Selain itu, Apple juga belum memenuhi syarat TKDN (tingkat komponen dalam negeri) sebesar 40%.

    Sebelumnya, Kemenperin juga menyampaikan bahwa apabila Apple tidak bisa memenuhi komitmen tersebut, maka produk smartphone terbaru mereka dilarang diperjualbelikan di Indonesia.

    Apabila ada oknum yang kedapatan melakukan aktivitas perdagangan Apple 16 dapat dipastikan barang tersebut ilegal. Konsekuensinya, pemerintahan akan menonaktifkan atau memblokir IMEI smartphone tersebut.

  • Mantap! E-Commerce Ini Dongkrak Penjualan Produk BASE Hingga 550%

    Mantap! E-Commerce Ini Dongkrak Penjualan Produk BASE Hingga 550%

    Jakarta, CNBC Indonesia – Gaya hidup vegan makin merambah, bukan hanya untuk makanan namun juga pada produk kecantikan, baik skincare ataupun make-up. Bahkan, setiap tanggal 1 November setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Vegan Sedunia.

    Berdasarkan laporan Pasar Kosmetik Vegan Global (Business Research Company, 2024), secara global, pasar ini bernilai USD18,61 miliar pada tahun 2024 dan diprediksi akan terus mengalami pertumbuhan yang kuat hingga USD25,61 miliar pada tahun 2028.

    Di Indonesia, banyak brand perawatan kulit yang kini juga sudah mulai mengadopsi konsep vegan dan salah satu contohnya adalah BASE. Didirikan oleh Yaumi Fauziah Sugiharta dan Ratih Permata Sari pada tahun 2019, BASE membuat produknya dengan memadukan kekayaan nabati dan sains untuk memastikan produk yang efektif dan tetap ramah lingkungan.

    “Kami berkomitmen untuk menjadi Vegan Beauty Brand nomor 1 di Indonesia yang dapat menjawab kebutuhan kulit setiap orang. Oleh karena itu, kami menghadirkan beragam produk yang disesuaikan dengan berbagai jenis dan kondisi kulit. Untuk memperluas jangkauan produk BASE, kami juga mulai masuk ke platform e-commerce di tahun 2021. Awalnya kami hanya memanfaatkan website sendiri, namun kami sadar bahwa platform e-commerce seperti Shopee sudah punya trafik yang lebih tinggi dan bisa membantu kami menjangkau konsumen baru,” jelas BASE Co-Founder & Chief Executive Officer, Yaumi Fauziah Sugiharta, Senin, (4/11/2024).

    Seluruh produk BASE sendiri 100% vegan dengan lebih dari 140 bahan organik yang diformulasikan tanpa phthalates, paraben, SLS, pewangi artifisial, dan pewarna artifisial. Berdasarkan data internal Shopee, berikut adalah tiga produk andalan BASE yang menarik banyak pemerhati vegan beauty saat ini:

    1. Rich Moisture & Youthful Firming Serum Produk alternatif retinol ini menjadi incaran nomor satu pembeli produk BASE di Shopee. Bahkan secara total, BASE juga telah menjual lebih dari 50 ribu Rich Moisture & Youthful Firming Serum. Serum ini memiliki kandungan peptida dari ekstrak biji quinoa serta prebiotik dari ekstrak fermentasi oat yang menyeimbangkan mikrobioma kulit, beberapa bahan vegan yang dapat mencegah penuaan dini.

    2. Gloss & Go Lip Tint Tidak hanya skin care, make up/lip care dari BASE juga menjadi produk pilihan di Shopee. Lip Tint vegan yang diperkaya dengan Olive Squalane yang melembutkan bibir, Sodium Hyaluronate yang melembabkan, dan Spirulina yang kaya antioksidan, sukses membuatnya menjadi salah satu produk favorit.

    3. Daily Renewal Natural Exfoliating Pads Proses pembersihan wajah yang efektif merupakan kunci utama dalam penyerapan produk Skin Care. Double cleansing disarankan untuk memastikan wajah bebas dari kotoran dan sisa makeup, sehingga produk Skin Care dapat menyerap dengan lebih baik dan bekerja secara optimal.

    Produk ini merupakan eksfoliator vegan dengan gentle natural acid, ideal digunakan setelah wajah dibersihkan untuk membantu merangsang regenerasi sel kulit tanpa menyebabkan iritasi, serta menenangkan jerawat. Yaumi menambahkan bahwa, pemanfaatan platform e-commerce mendorong pertumbuhan bisnis BASE secara signifikan. Di Shopee contohnya, pendapatan BASE di Semester I-2024 meningkat hingga 550% jika dibandingkan Semester I-2023.

    “Penggunaan fitur dan program di Shopee membantu mendorong pendapatan kami secara konsisten. Tidak hanya mengalami peningkatan pendapatan setiap bulannya, pemilihan platform e-commerce yang tepat juga membantu kami meningkatkan average daily order karena banyak pelanggan kami yang checkout lebih dari satu produk di Shopee dan bahkan juga melakukan pembelian berulang,” jelas Yaumi.

    Pertumbuhan bisnis BASE juga tidak terlepas dari dukungan komunitas Affiliates BASE yang kini sudah beranggotakan ribuan orang dan turut berkontribusi terhadap hampir 25% dari total penjualan BASE di Shopee tahun ini. Menariknya, banyak dari Affiliates BASE di Shopee adalah pengguna biasa atau konten kreator baru, bukan influencer atau konten kreator besar.

    Namun justru para konten kreator baru inilah yang turut menjadi pendorong utama kesuksesan penjualan produk BASE. Selain program Affiliates, pertumbuhan BASE juga terdorong oleh beberapa fitur dan program promosi Shopee lainnya.

    “Sejak bergabung di Shopee, kami sangat senang melihat antusiasme masyarakat Indonesia yang begitu tinggi terhadap produk kami. Dengan terus berinvestasi dan mengembangkan strategi pada fitur Iklan Shopee, program kampanye, Shopee Live, dan Affiliates Marketing Solutions, kami bisa menjangkau lebih banyak konsumen yang membutuhkan produk skincare vegan,” tutup Ratih Permata Sari, BASE Co-Founder & Chief Product Officer.

    Pemanfaatan teknologi e-commerce adalah salah satu langkah efektif yang terbukti dapat turut membantu BASE mewujudkan komitmennya untuk menjadi Vegan Beauty Brand nomor 1 di Indonesia. Ke depannya, BASE terus berkomitmen untuk terus berinovasi menghadirkan beragam produk yang dapat membantu memenuhi kebutuhan kulit masyarakat Indonesia.

    (dpu/dpu)