Topik: e-commerce

  • Ini Daya Pikat Samsung Galaxy A55 yang Membuatnya Laris Manis di E-Commerce – Page 3

    Ini Daya Pikat Samsung Galaxy A55 yang Membuatnya Laris Manis di E-Commerce – Page 3

    Fitur Keamanan di Galaxy A55

    Faktor keamanan juga menjadi hal menarik lainnya dari dari Galaxy A55. Sebab, Samsung telah membekali smartphone ini dengan sejumlah fitur keamanan sebagai proteksi data pengguna.

    Sebagai contoh, ada fitur Secure Folder. Fitur keamanan yang didukung Knox Vault ini merupakan platform keamanan berlapis yang mampu melindungi data sensitif pengguna.

    Dengan fitur ini, pengguna bisa menyimpan data penting mereka agar tetap terlindungi. Ada beragam metode otentikasi seperti PIN, pola, serta password.

    Fitur keamanan lain adalah Auto Blocker, sebagai opsi tindakan keamanan tambahan. Saat fitur ini diaktifkan, Galaxy A55 akan langsung memblokir instalasi aplikasi dari sumber tidak sah.

    Yang menarik, pengguna juga bisa memiliki akses ke Security and Privacy Dashboard Galaxy. Jadi, mereka dapat lebih mudah melihat dan mengontrol apa saja yang terjadi dengan data mereka.

    Circle to Search

    Fitur menarik lainnya yang juga hadir di Galaxy A55 adalah Circle to Search. Lewat update software terkini, fitur akan memudahkan pengguna menelusuri informasi dari sebuah objek.

    Seperti namanya, pengguna cukup melingkari gambar untuk mengetahui informasi dari objek yang dicari. Cara ini tentu makin memudahkan pengguna karena dapat diakses langsung ketika pengguna beraktivitas.

    Sebagai contoh, ketika pengguna sedang menjelajah media sosial atau YouTube lalu menemukan objek yang ingin dicari, mereka tinggal memanfaatkan Circle to Search.

     

  • Gandeng Komunitas Difabel, Begini Cara Tokopedia dan ShopTokopedia Peringati Hari Disabilitas Internasional

    Gandeng Komunitas Difabel, Begini Cara Tokopedia dan ShopTokopedia Peringati Hari Disabilitas Internasional

    Bisnis.com, JAKARTA – Tokopedia dan ShopTokopedia memiliki acara menarik dalam rangka memeringati Hari Disabilitas Internasional.

    Sebagaimana diketahui, Hari Disabilitas Internasional diperingati setiap tanggal 3 Desember 2024. Pada hari ini, Rabu 4 Desember, Tokopedia dan ShopTokopedia mengadakan kegiatan bersaam Komunitas Difabel Berdaya Solo.

    Tokopedia dan ShopTokopedia mengadakan workshop dan pelatih pembuatan konten dan video untuk anggota Komunitas Difabel Berdaya.

    Menurut Head of Communication Tokopedia and TikTok e-Commerce, Aditia Grasio Nelwan, pelatihan ini diharapkan bisa membantu anggota Komunitas Difabel Berdaya, Solo untuk memasarkan produknya di platform digital seperti Tokopedia dan ShopTokopedia.

    Lebih lanjut, Aditia menyampaikan jika hal ini akan membantu anggota Komunitas Difabel Berdaya untuk memasarkan produknya ke audiens yang lebih luas.

    “Kami memberikan pelatihan pembuatan konten dan affiliate. Kami berharap bisa mencetak banyak konten kreator dan affiliator untuk membantu UMKM pemasaran lokal,” katanya dalam acara yang dihelat di Solo, Rabu 4 Desember 2024.

    Sebagaimana diketahui, banyak anggota Komunitas Difabel Berdaya ini sudah memiliki usaha, baik dalam bidang kuliner, fashion, hingga seni kriya.

    Akan tetapi, mereka mengaku memiliki batasan dalam hal pemasaran produknya. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan anggota Komunitas Difabel Solo bisa mudah menjangkau pasar yang lebih luas.

    Ketua Komunitas Difabel Solo, Sri Hartati, mengatakan jika pelatihan ini sangat berguna bagi anggotanya.

    Sebab pelatihan kreator dan affiliator dari Tokopedia dan ShopTokopedia ini bisa membuka pengetahuan teman-teman jika marketing tidak hanya bisa dilakukan secara konvensional.

    “Kegiatan ini sangat berperan sekali, sebab kegiatan ini bisa membuka mindset teman-teman bahwa ternyata marketing kita tidak hanya konvensional, ternyata juga ada media digital yang itu sangat membantu kita,” katanya.

    Ke depannya, Sri Hartati berharap jika pelatihan ini akan ditindaklanjuti kawan-kawan sehingga teraf ekonominya bisa meningkat di tahun depan.

    “Resolusi kami dengan adanya pelatihan ini semoga tahun 2025 pendapatan teman-teman semakin meningkat dan ekonominya juga meningkat,” kata Sri Hartuti, Ketua Komunitas Difabel Solo.

  • Ecommerce Ditinggal, Ramai-ramai Pindah ke TikTok Shop

    Ecommerce Ditinggal, Ramai-ramai Pindah ke TikTok Shop

    Jakarta, CNBC Indonesia – Dalam waktu singkat, Tiktok Shop menggeser e-commerce ternama. Bahkan banyak pengecer ternama yang akhirnya memanfaatkan fitur TikTok itu untuk berjualan.

    TikTok Shop yang diluncurkan September 2023 bisa diakses melalui tab khusus di aplikasi. Ada berbagai barang yang ditawarkan termasuk baju, makanan, hingga alat olah raga. Sejak saat itu, TikTok Shop dijadikan alternatif oleh penjual untuk melakukan diversifikasi bisnis selain berjualan di e-commerce konvensional seperti Amazon di Amerika Serikat (AS).

    TikTok memanfaatkan kebiasaan pengguna yang menggulir video dalam aplikasinya untuk layanan belanja tersebut. Barang yang dijual juga bisa tampil seperti postingan biasa yang lewat di FYP pengguna TikTok.

    Pengguna tinggal klik keranjang kuning dan melakukan pembelian. Ini dilakukan tanpa perlu keluar dari aplikasi, bahkan dari feed akunnya.

    “Setiap kali Anda scrolling, setiap scroll lainnya adalah postingan Shop, jadi mereka melakukan banyak investasi mendorong konversi pada aplikasi,” jelas Direktur Wawasan dan Strategi Konsumen Salesforce untuk ritel dan barang konsumen, Caila Schwartz dikutip dari CNBC Internasional, Selasa (3/12/2024).

    Penjual dari e-commerce besar seperti Amazon juga dibujuk untuk mencoba layanan TikTok Ship dengan janji potongan fee lebih rendah dan diskon bertubi-tubi bagi konsumen. Laporan CNBC International mengungkap TikTok Shop gencar membajak talenta dari Amazon untuk mengisi posisi penting di perusahaan seperti di divisi pemasaran, hubungan kreator, keamanan brand, manajer kategori, hingga operasional.

    Dalam 15 bulan sejak diluncurkan, ecommerceDB menyebut TikTok Shop sebagai mesin e-commerce besar. Tahun ini, firma riset pasar itu memperkirakan layanan Tiktok Shop akan mencatatkan penjualan kotornya mencapai US$50 miliar.

    Angka itu memang masih jauh dari nama besar seperti Amazon yang diperkirakan akan mengantongi US$757 miliar. Namun TikTok Shop diprediksi akan terus berkembang di masa depan.

    Nico Le Bourgeois selaku kepala operasi TikTok Shop AS menjelaskan layanan itu menawarkan cara berbelanja yang sangat berbeda. TikTok Shop tidak menawarkan pencarian barang, seperti yang dilakukan e-commerce lain.

    “Anda melihatnya, menyukainya, membelinya. Ini bukan pencarian. Ini cara belanja yang sangat berbeda,” jelas dia.

    Meski mendapatkan sambutan positif, TikTok Shop terganjal di Amerika Serikat (AS). Negara itu mengharuskan induk perusahaan ByteDance menjual Tiktok paling lambat 19 Januari 2025 mendatang.

    Jika gagal, maka aplikasi dan layanan hosting internet akan diblokir secara nasional.

    (fab/fab)

  • Dua Perusahaan Kolaborasi Genjot Pengguna Mobil Listrik di Indonesia – Page 3

    Dua Perusahaan Kolaborasi Genjot Pengguna Mobil Listrik di Indonesia – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Coocaa, merek elektronik terkemuka, dan Wuling Motors, produsen kendaraan listrik terkemuka, meluncurkan kolaborasi strategis untuk kampanye Double 11 & 12 di Indonesia sekaligus memperluas pasar mobil listrik di Indonesia.

    Bertajuk “Smart Rides, Healthy Views: Experience the No.1 with Wuling & Coocaa”, inisiatif ini memperkenalkan kombinasi unik teknologi mobil listrik dan hiburan rumah modern.

    Kampanye yang berlangsung mulai November hingga Desember 2024 ini dirancang untuk meningkatkan kesadaran merek, keterlibatan konsumen, dan menawarkan pengalaman belanja yang inovatif.

    Konsumen berkesempatan memenangkan hadiah menarik, termasuk mobil listrik Wuling Binguo EV, melalui undian pembelian TV pintar Coocaa.

    Inovasi Bersama untuk Masa Depan

    Coocaa menghadirkan TV pintar seri unggulan seperti Y73 Pro Matte Screen QLED+ dengan fitur anti-glare, low blue light, dan teknologi Flicker-Free. Dengan desain ramping tanpa bingkai, TV ini dirancang untuk memberikan pengalaman menonton yang nyaman dan aman bagi mata.

    Sementara itu, Wuling memamerkan mobil listrik Binguo EV, yang menawarkan jangkauan hingga 410 km dengan sekali pengisian.

    Dilengkapi fitur modern seperti layar sentuh TFT 10,25 inci dan pengisian cepat dalam waktu 4-5 jam, Binguo EV menjawab kebutuhan akan kendaraan ramah lingkungan dan efisien.

    Promosi Menarik dan Lokasi Pameran

    Kampanye ini mencakup promosi besar-besaran di berbagai pusat perbelanjaan seperti Mall Kelapa Gading dan Summarecon Mall Bekasi, serta promosi digital melalui TikTok dan Shopee Live. Konsumen dapat menikmati penawaran khusus di platform e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, dan Lazada.

    Pembelian TV Coocaa tipe tertentu, baik secara daring maupun luring, memungkinkan konsumen untuk mengikuti undian berhadiah mobil listrik Wuling dan produk TV gratis.

     

  • Mengenal Embedded Finance dan Kepentingannya bagi Sektor Keuangan

    Mengenal Embedded Finance dan Kepentingannya bagi Sektor Keuangan

    Jakarta: Penyedia software core-banking berbasis cloud, Oradian, menggandeng Brankas, Boost Capital, dan IST (PT Infosys Solusi Terpadu) menyelenggarakan Indonesia Embedded Finance Forum 2024 di St. Regis Jakarta.
     
    Forum ini menjadi platform penting untuk membahas strategi dalam memperluas skala embedded finance serta meningkatkan jangkauan pasar bagi institusi keuangan di Indonesia.
     
    Melansir laman Amartha, embedded finance merupakan salah satu konsep yang bisa melakukan integrasi antara layanan keuangan dengan aplikasi atau platform yang tidak termasuk dalam bidang keuangan.
    Dengan memanfaatkan satu platform saja, kita dapat melakukan berbagai akses terhadap layanan keuangan, tanpa perlu meninggalkannya. Anda bahkan tidak perlu lagi keluar aplikasi, lalu masuk aplikasi perbankan atau sejenisnya untuk melanjutkan transaksi.
     
     

     
    Adapun dengan embedded finance, semua bisa dilakukan secara praktis hanya dengan satu aplikasi nonkeuangan. Berbagai kebutuhan dapat diselesaikan dengan mudah dan cepat. Saat ini, sudah banyak ditemui platform yang bisa melakukan tindakan tersebut, misalnya e-commerce, travelling, pemesanan tiket, pengiriman makanan, dan sebagainya.
     
    Nah, dengan fokus pada berbagi wawasan mengenai cara embedded finance, merevolusi akses keuangan, memperkuat kemitraan, dan meningkatkan keterlibatan konsumen, forum ini mempertemukan eksekutif perbankan senior dan pemimpin di industri keuangan.
     
    Sektor embedded finance di Indonesia mengalami pertumbuhan pesat, didorong oleh adopsi teknologi digital dan integrasi layanan keuangan yang mulus ke dalam platform non-keuangan di berbagai industri. Berdasarkan laporan dari Research and Markets, industri embedded finance diprediksi akan terus tumbuh dengan CAGR (Compound Annual Growth Rate) sebesar 32,4 persen dari 2024 hingga 2029.
     
    Industri embedded finance

    Sedangkan di Indonesia, revenue dari embedded finance diperkirakan akan naik dari USD2,16 miliar pada 2024 menjadi USD8,79 miliar pada 2029, didorong oleh adopsi digital yang cepat dan inisiatif pemerintah dalam mempromosikan inklusi keuangan.
     
    Seiring dengan perubahan industri akibat embedded finance, yang memungkinkan perusahaan nonkeuangan untuk mengintegrasikan layanan keuangan secara mulus ke dalam produk mereka, institusi keuangan menghadapi tantangan dalam mengadopsi teknologi yang fleksibel dan adaptable.
     
    Perubahan ini tidak hanya meningkatkan aksesibilitas keuangan, tetapi juga membuka peluang pendapatan baru dengan menjangkau komunitas yang belum terlayani (underserved) dan menawarkan produk keuangan yang lebih personal. Untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat ini, institusi keuangan perlu berinvestasi dalam core infrastructure dan menjalin kemitraan strategis dengan pemain nontradisional, agar dapat memenuhi tantangan regulasi dan memberikan pengalaman yang terintegrasi.
     
    “Sebagai platform core-banking di Indonesia, kami memahami embedded finance mengubah cara institusi keuangan berinteraksi dengan pelanggan dan menyediakan layanan mereka. Digitalisasi tidak hanya soal bekerja dengan klien atau UMKM, tapi bagaimana sistem back-end bekerja secara harmonis. Agar bank tradisional dan fintech dapat memanfaatkan peluang ini secara efektif, mereka membutuhkan solusi teknologi yang efisien, tangkas, dan dapat beradaptasi dengan cepat sesuai dengan perubahan permintaan pasar dan lanskap regulasi. Kemampuan untuk berintegrasi dengan pemain nontradisional dan memenuhi kebutuhan komunitas yang terus berkembang akan menjadi kunci sukses di era ekonomi digital,” ungkap CEO Oradian, Antonio Separovic, dalam keterangan tertulis, Senin, 2 Desember 2024.
     
    Indonesia Embedded Finance Forum 2024 di Indonesia juga menyoroti dampak transformasi embedded finance dalam industri perbankan, menekankan bagaimana kemitraan strategis mendorong inovasi dan customer experience. Embedded finance memberikan peluang bagi bisnis untuk menambahkan layanan keuangan ke dalam produk mereka, membuka jalur pendapatan baru dan memperluas market presence.
     
     

     
    Kesuksesan embedded finance dalam platform lifestyle seperti Grab, Tokopedia, Shopee, serta layanan pembayaran seperti Apple Pay, menunjukkan bagaimana bank dan fintech dapat belajar dari contoh global maupun lokal untuk menciptakan customer experience yang menarik dan membuka peluang pendapatan baru (new revenue streams).
     
    Namun, perjalanan menuju implementasi embedded finance yang efektif menghadirkan tantangan tersendiri. Integrasi lintas kanal digital membutuhkan infrastruktur yang adaptif serta langkah-langkah cybersecurity yang ketat untuk memastikan scalability dan integritas data. Solusi berbasis cloud, open API, dan analisis data real-time menjadi komponen penting, yang memungkinkan institusi untuk menangani volume transaksi yang tinggi dan menghadirkan pengalaman tanpa hambatan.
     
    Di tengah lanskap keuangan Indonesia yang semakin berkembang, bank lokal dan fintech harus memprioritaskan inovasi dan membentuk kemitraan lintas industri untuk tetap kompetitif, mempertahankan posisi pasar, dan meraih peluang pertumbuhan baru.
     
    “Embedded finance adalah soal bagaimana mendatangi pelanggan di platform yang sudah terhubung dengan mereka, di luar kanal perbankan dan aplikasi tradisional, baik ketika mereka berbelanja di platform e-commerce atau memesan tiket perjalanan di platform online travel. Perubahan ini menuntut sistem back-end yang dapat beradaptasi untuk mendukung jutaan transaksi per detik demi pengalaman real-time yang smooth,” tambah Head of Business Development-Asia Oradian, Tony Pham sekaligus salah satu panelis.
     
    Menurut Tony, agar embedded finance dapat berkembang, core infrastructure harus fleksibel, scalable, dan terbuka untuk integrasi, sehingga memungkinkan layanan keuangan untuk terhubung secara lancar dengan berbagai ekosistem digital. Masa depan embedded finance di Indonesia ada pada kemampuan kita menciptakan interoperability ini dan membangun ekosistem yang gesit dan customer-centric.
     
    Sebagai bagian dari Bulan Fintech Nasional (BFN) 2024 yang berfokus pada peningkatan literasi dan inklusi keuangan melalui inovasi fintech, serta bertepatan dengan konferensi WFIS (World Financial Innovation Series) Indonesia, Indonesia Embedded Finance Forum 2024 membahas pesatnya ekspansi embedded finance di Tanah Air. Acara ini menegaskan pentingnya kemitraan strategis untuk meningkatkan lanskap layanan keuangan dan pangsa pasar bagi institusi keuangan.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (AHL)

  • Penyelesaian ICA-CEPA Jadi Angin Segar Bagi Eksportir

    Penyelesaian ICA-CEPA Jadi Angin Segar Bagi Eksportir

    Bisnis.com, JAKARTA – Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menyebut, rampungnya perundingan Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Kanada (Indonesia-Canada Comprehensive Economic Partnership/ICA-CEPA) menjadi angin segar bagi pelaku usaha, utamanya yang berorientasi ekspor.

    Ketua Umum Apindo Shinta W. Kamdani menyampaikan, perjanjian dagang ini diharapkan dapat menciptakan permintaan pasar yang lebih tinggi terhadap produk ekspor nasional, di tengah lesunya permintaan pasar global.

    “Kami mendorong pelaku usaha nasional yang belum mengekspor, untuk ekspor ke Kanada dengan mempergunakan komitmen-komitmen kerja sama ICA CEPA,” kata Shinta kepada Bisnis, Senin (2/12/2024).

    Di sisi lain, Shinta menyebut bahwa penyelesaian perjanjian dagang ini juga meningkatkan kepercayaan pelaku usaha asing terhadap iklim usaha di Indonesia. Mengingat, sepanjang tahun cenderung stagnan karena kondisi wait and see transisi politik.

    Menurutnya, jika momentum ini dapat dimanfaatkan dengan baik, seperti meningkatkan penyederhanaan perizinan investasi, hingga peningkatan fasilitasi dan debottlenecking investasi, ICA CEPA akan berdampak positif terhadap kinerja ekspor dan investasi nasional dalam waktu dekat.

    Adapun, total perdagangan Indonesia-Kanada tercatat sebesar US$2,65 miliar pada Januari-September 2024. Secara terperinci, ekspor Indonesia ke Kanada sebesar US$1,06 miliar dan impor Indonesia dari Kanada mencapai US$1,59 miliar. Itu artinya, Indonesia defisit perdagangan terhadap Kanada sebesar US$536 juta. 

    Pada 2023, total perdagangan Indonesia-Kanada tercatat sebesar US$3,44 miliar. Ekspor Indonesia ke Kanada sebesar US$1,30 miliar dan impor Indonesia dari Kanada sebesar US$2,14 miliar.

    Melihat kondisi ini, Shinta menilai bahwa baik masyarakat maupun pemerintah perlu memahami bahwa defisit perdagangan tidak akan hilang selama kinerja ekspor Indonesia tidak berkembang dengan baik.

    Pun ada ICA CEPA, Shinta menilai bahwa perlu adanya dukungan dari pemerintah, seperti fasilitasi, edukasi, hingga stimulus untuk memanfaatkan perjanjian dagang tersebut.

    “Kalau hanya puas dengan kondisi status quo seperti saat ini, tentu sulit menghilangkan defisit perdagangan dengan Kanada,” pungkasnya. 

    Sebagai informasi, penandatanganan Joint Ministerial Statement telah berlangsung hari ini, Senin (2/12/2024) seiring adanya kunjungan dari Menteri Promosi Ekspor, Perdagangan Internasional dan Pengembangan Ekonomi Kanada Mary Ng, ke Jakarta. Hal ini menandakan bahwa negosiasi ICA CEPA telah berakhir.

    Adapun, perjanjian ini memberikan sejumlah manfaat bagi Indonesia. Budi mengungkap, Indonesia mendapat fasilitas pembebasan bea masuk untuk sejumlah komoditas unggulan ke Kanada.

    Perjanjian ini juga akan memberikan preferential treatment bagi penyedia jasa Indonesia, termasuk untuk sektor jasa bisnis, telekomunikasi, konstruksi, pariwisata, dan transportasi. 

    Sementara, untuk investasi, perjanjian ini akan mempermudah akses investasi di sektor manufaktur, pertanian, perikanan, kehutanan, pertambangan dan penggalian, serta infrastruktur energi.

    Perjanjian ini juga mencakup komitmen lainnya yaitu hak kekayaan intelektual, praktik regulasi yang baik, niaga elektronik (e-commerce), persaingan usaha, Usaha Kecil dan Menengah (UKM), pemberdayaan ekonomi perempuan, lingkungan, dan ketenagakerjaan.

    Menteri Perdagangan (Mendag) Budi Santoso mengharapkan, perjanjian kerja sama ini dapat menekan defisit perdagangan Indonesia terhadap Kanada. 

     “Jadi sekarang defisitnya udah menurun. Ke depan bagaimana? Ya harapan kita justru kita akan berkurang [defisitnya] karena dengan CEPA ini kan banyak market access yang kita dapatkan,” ungkapnya.

  • ICA CEPA Jadi Pintu Masuk RI Pasok Barang ke Amerika Utara

    ICA CEPA Jadi Pintu Masuk RI Pasok Barang ke Amerika Utara

    Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Perdagangan (Mendag) Budi Santoso menilai, Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Kanada (Indonesia-Canada Comprehensive Economic Partnership/ICA-CEPA) dapat memudahkan Indonesia untuk memasok produk lokal ke Amerika Utara.

    Hal tersebut disampaikan Budi usai melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Promosi Ekspor, Perdagangan Internasional dan Pengembangan Ekonomi Kanada, Mary Ng, di Hotel Mulia, Jakarta, Senin (2/12/2024).

    “Ini akses ya, akses yang bisa kita gunakan untuk lebih mudah, kita mengakses atau memasarkan produk-produk kita ke negara-negara Amerika Utara,” kata Budi dalam konferensi pers, Senin (2/12/2024).

    Menurutnya, kebijakan ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengembangkan pasar ekspor Indonesia, sekaligus menghindari hambatan-hambatan perdagangan baru dari negara lain.

    Adapun, perjanjian ini memberikan sejumlah manfaat bagi Indonesia. Budi mengungkap, Indonesia mendapat fasilitas pembebasan bea masuk untuk sejumlah komoditas unggulan ke Kanada.

    Perjanjian ini juga akan memberikan preferential treatment bagi penyedia jasa Indonesia, termasuk untuk sektor jasa bisnis, telekomunikasi, konstruksi, pariwisata, dan transportasi. 

    Sementara, untuk investasi, perjanjian ini akan mempermudah akses investasi di sektor manufaktur, pertanian, perikanan, kehutanan, pertambangan dan penggalian, serta infrastruktur energi.

    Perjanjian ini juga mencakup komitmen lainnya yaitu hak kekayaan intelektual, praktik regulasi yang baik, niaga elektronik (e-commerce), persaingan usaha, Usaha Kecil dan Menengah (UKM), pemberdayaan ekonomi perempuan, lingkungan, dan ketenagakerjaan.

    Budi mengharapkan perjanjian kerja sama ini dapat menekan defisit perdagangan Indonesia terhadap Kanada. Budi mengungkap, perdagangan Indonesia-Kanada saat ini mengalami defisit sekitar US$846 juta. Nilai tersebut, kata dia, jauh berkurang dibanding 2023 yang mencapai US$1,7 miliar.

    “Jadi sekarang defisitnya udah menurun. Kedepan bagaimana? Ya harapan kita justru kita akan berkurang [defisitnya] karena dengan CEPA ini kan banyak market access yang kita dapatkan,” ungkapnya.

    Total perdagangan Indonesia-Kanada tercatat sebesar US$2,65 miliar pada Januari-September 2024.

    Secara terperinci, ekspor Indonesia ke Kanada sebesar US$1,06 miliar dan impor Indonesia dari Kanada mencapai US$1,59 miliar. Itu artinya ,Indonesia defisit perdagangan terhadap Kanada sebesar US$536juta. 

    Pada 2023, total perdagangan Indonesia-Kanada tercatat sebesar US$3,44 miliar. Ekspor Indonesia ke Kanada sebesar US$1,30 miliar dan impor Indonesia dari Kanada sebesar US$2,14 miliar.

  • Perpaduan Rantai dan Berlian dalam Desain Perhiasan yang Mewah dan Stylish

    Perpaduan Rantai dan Berlian dalam Desain Perhiasan yang Mewah dan Stylish

    Jakarta, Beritasatu.com –  Desain perhiasan selalu berevolusi, menghadirkan tren yang memadukan elemen klasik dan modern. Salah satu kombinasi yang kini menjadi sorotan adalah perpaduan rantai dan berlian. Kolaborasi unik ini memberikan kesan yang mewah sekaligus stylish, cocok untuk melengkapi penampilan masa kini.

    Rantai yang identik dengan kesan bold kini menjadi kanvas sempurna bagi kilauan berlian. Dalam koleksi terbaru, perpaduan ini menghadirkan desain yang tidak hanya menarik perhatian tetapi juga memiliki nilai estetika tinggi. Sentuhan emas yang melapisi rantai memberikan kesan elegan, sementara berlian yang disematkan menambahkan kesan glamor tanpa berlebihan.

    Perpaduan rantai dan perhiasan berlian wanita menawarkan fleksibilitas untuk digunakan baik sebagai fashion item sehari-hari maupun pada acara formal. 

    1. Cincin dengan Aksen Berlian Melingkar

    Cincin yang menampilkan rantai emas dihiasi berlian di sepanjang sisinya memberikan kesan mewah. Desain ini cocok untuk mereka yang ingin tampil menonjol tanpa kehilangan kesan minimalis.

    2. Detail Rantai yang Unik

    Cincin dengan pola rantai chunky dan aksen berlian di sela-selanya menawarkan gaya yang berani. Ini adalah pilihan sempurna bagi mereka yang menyukai perhiasan statement.

    3. Kombinasi Modern dan Tradisional

    Sentuhan klasik dari berlian dipadukan dengan elemen rantai modern menciptakan harmoni sempurna, membuat perhiasan ini menjadi simbol gaya yang timeless.

    Perhiasan dengan perpaduan rantai dan berlian adalah perwujudan sempurna dari kemewahan modern. Desain yang stylish, fleksibel, dan bernilai estetika tinggi membuatnya menjadi pilihan yang dapat Anda dimiliki.

    Perhiasan Berlian Golden Link

    Koleksi Golden Link. – (The Palace Jeweler/Istimewa)

    Pesona dan kekuatan dari perhiasan berlian Golden Link yang menyatukan satu elemen dengan elemen lainnya. Rancangan ini menggambarkan hubungan, keanggunan, dan kemewahan. Setiap item dalam koleksi ini diciptakan untuk memberikan tampilan yang memikat dan cocok dikenakan di berbagai momen, baik formal maupun santai.

    Koleksi perhiasan ini memadukan gaya modern dengan sentuhan elegan, menonjolkan berlian H VS berkualitas tinggi yang bersinar menawan. Perpaduan desain layer antara berlian tenis dan rantai menghadirkan kombinasi keindahan, kemewahan, serta kesan yang modis dan berani, sempurna untuk berbagai acara, mulai dari pertemuan resmi hingga kegiatan kasual.

    Pernikahan Anggika Bolsterli Padukan Outfit Tradisional dan Kilau Cincin Berlian

    Anggika Bolsterli dan sang suami mengenakan cincin berlian dari The Palace Jeweler. – (The Palace Jeweler/Istimwa)

    Momen pernikahan adalah waktu yang paling dinanti, penuh dengan keindahan dan makna. Anggika Bolsterli dan sang suami berhasil menghadirkan inspirasi sempurna melalui penampilan mereka yang serasi dan elegan. Dalam balutan busana tradisional putih nan anggun, ditambah kilau mewah cincin berlian dari The Palace Jeweler, keduanya tampil memukau, menciptakan kesan yang tak terlupakan.

    Anggika memancarkan keanggunan melalui kebaya putih berdesain tradisional namun tetap modern. Sementara sang suami tampil gagah dalam beskap putih yang senada. Kombinasi ini memperlihatkan keharmonisan sempurna di hari bahagia mereka. Tak hanya busana yang memikat, cincin berlian berkualitas yang mereka pilih dari The Palace Jeweler juga menjadi sorotan. Kilauan berlian yang berkelas menambahkan sentuhan mewah pada keseluruhan penampilan mereka. Dengan desain cincin yang unik dan penuh arti, pasangan ini menunjukkan bahwa setiap detail di hari pernikahan bisa menjadi wujud ekspresi cinta yang mendalam.

    ILY Gold Koleksi Emas Eksklusif dari The Palace Jeweler dan Prilly Latuconsina

    ILY Gold merupakan hasil kolaborasi eksklusif dengan aktris muda berbakat, Prilly Latuconsina. – (The Palace Jeweler/Istimewa)

    The Palace Jeweler, sebagai salah satu perhiasan terpercaya di Indonesia, dengan bangga mempersembahkan koleksi perhiasan emas 9K terbaru, ILY Gold. Koleksi ini merupakan hasil kolaborasi eksklusif dengan aktor muda berbakat, Prilly Latuconsina. Dikenalkan melalui platform e-commerce The Palace Jeweler, ILY Gold hadir dengan desain yang segar, modern, dan penuh karakter, disertai berbagai penawaran spesial untuk memanjakan para pelanggan.

    ILY Gold dirancang untuk mencerminkan gaya hidup dinamis dan penuh semangat dari generasi muda masa kini. Dengan pilihan perhiasan yang mudah dipadukan untuk menciptakan tampilan yang personal dan penuh gaya, koleksi ini cocok untuk mereka yang ingin tampil beda namun tetap elegan.

    Koleksi Perhiasan Emas ILY Gold Semakin Diminati

    Koleksi ILY Gold. – (The Palace Jeweler/Istimewa)

    ILY Gold hasil berkolaborasi dengan Prilly Latuconsina, koleksi ini semakin diminati karena desainnya yang tak hanya modern, tetapi juga cocok untuk berbagai gaya dan momen istimewa dalam hidup.

    ILY Gold hadir dengan rangkaian perhiasan yang unik, stylish, dan penuh karakter, sempurna bagi mereka yang ingin mengekspresikan kreativitas dan dinamisme dalam penampilan sehari-hari. Koleksi ini sangat cocok untuk berbagai kesempatan, baik formal maupun kasual, memberikan sentuhan elegan dan berkelas yang bisa dipadupadankan dengan berbagai outfit.

    Cincin Berlian Stylish dari Koleksi Moela

    Koleksi Moela dari The Palace Jeweler. – (The Palace Jeweler/Istimewa)

    Cincin berlian dari Koleksi Moela dari The Palace Jeweler menawarkan desain yang tidak hanya cantik, tetapi juga penuh karakter. Dengan tatanan berlian kecil sebagai focal point, cincin ini menjadi aksesoris yang menonjol dan memberikan sentuhan mewah pada outfit Anda. Model cincin yang unik dengan desain modern dan elegan menjadikannya pilihan tepat untuk melengkapi gaya Anda, menambah kesan stylish yang tak tertandingi. The Palace Jeweler menghadirkan cincin berlian yang bukan hanya sebagai perhiasan, tetapi juga sebagai pernyataan gaya yang memikat.

    Cincin Kawin Emas Berlian dengan Pesona Batik Koleksi Kekaseh

    The Palace Jeweler menghadirkan Koleksi Kekaseh. – (The Palace Jeweler/Istimewa)

    Koleksi Kekaseh dari The Palace Jeweler adalah perwujudan sempurna dari kecantikan budaya Indonesia, menggabungkan keindahan motif batik tradisional dengan kemewahan perhiasan modern. Terinspirasi oleh enam motif batik khas Indonesia, koleksi ini memadukan white gold, yellow gold, dan rose gold, diperkaya dengan berlian yang memancarkan kilau elegan.

    Kolaborasi istimewa dengan desainer ternama Anne Avantie menghasilkan cincin kawin yang tidak hanya indah, tetapi juga sarat dengan nilai filosofis dan makna budaya. Setiap cincin menampilkan motif batik yang mewakili kearifan lokal, menjadikannya simbol cinta yang abadi dan penuh arti. Koleksi ini adalah pilihan sempurna untuk melengkapi momen sakral pernikahan Anda, menjadikan hari istimewa bersama pasangan lebih berarti.

    Koleksi Kasmaran, Perhiasan dengan Sentuhan Etnik yang Memikat

    Motif batik dari Koleksi Kasmaran. – (The Palace Jeweler/Istimewa)

    Koleksi Kasmaran terdiri dari empat set perhiasan dengan berbagai model, termasuk cincin, anting-anting, dan liontin berlian wanita, yang dirancang dengan tema penuh cinta dan kearifan lokal. Setiap perhiasan dikoleksi ini terinspirasi oleh motif batik dan simbol tradisional, dengan desain siluet bentuk “Kawung” yang melambangkan umur panjang, kesucian, dan harapan baik.

    Kasmaran bukan hanya sebuah koleksi perhiasan, tetapi juga sebuah penghargaan terhadap budaya Indonesia, menyatukan estetika etnik dengan kemewahan modern. Setiap item dalam koleksi ini dirancang untuk memberikan kesan elegan namun tetap memancarkan aura tradisional yang kaya akan filosofi.

    Koleksi Nusantara, Perhiasan Elegan untuk Momen Spesial

    Kalung Wanita yang Mewah dari Koleksi Nusantara. – (The Palace Jeweler/Isimewa)

    Koleksi perhiasan Nusantara bukan sekadar aksesori, melainkan sebuah perayaan warisan budaya Indonesia yang penuh makna. The Palace Jeweler  menghadirkan Kalung wanita bertahtakan Emas dari seri Nusa, yang dihiasi dengan berlian yang memancarkan kemewahan. Terinspirasi dari kebudayaan Indonesia bagian Barat, desain ovalnya melambangkan siklus kehidupan yang terus berputar, menghadirkan filosofi yang mendalam tentang perjalanan hidup yang abadi. 

    Selain itu, terdapat kalung wanita dengan desain yang unik dan menonjol, kalung ini menjadi pilihan sempurna untuk melengkapi penampilan di acara-acara spesial. Terinspirasi dari kebudayaan Indonesia bagian Tengah dengan simbol-simbol yang melambangkan kekayaan sebagai penjaga hubungan baik dengan nenek moyang. 

    Frank Gold dalam Balutan Emas 18K

    Perhiasan Emas di Lini Frank Gold. – (The Palace Jeweler/Istimewa)

    Frank Gold hadir sebagai pilihan sempurna untuk Anda yang menginginkan kilau elegan dalam keseharian. Dibuat dari emas 18K berkualitas dengan sertifikasi SNI, Frank Gold memanfaatkan teknologi terkini dari Italia untuk menghasilkan perhiasan yang memukau. Lini eksklusif ini dirancang untuk dikenakan oleh pria dan wanita, mencerminkan karakter optimis, penuh keceriaan, serta keberanian dalam setiap langkah.

    The Palace Jeweler Pilihan Utama Perhiasan Berkualitas di Indonesia
    The Palace Jeweler telah lama dikenal sebagai brand perhiasan yang menjadi pilihan utama bagi para penggemar perhiasan di seluruh Indonesia. Berada di bawah naungan Central Mega Kencana (CMK), perusahaan perhiasan terbesar dan terkemuka di Indonesia, The Palace Jeweler menawarkan kualitas dan desain perhiasan yang memukau.

    Didukung oleh CMK Studio, yang memiliki lebih dari 1.200 perajin berkemampuan tinggi serta teknologi mesin terbaru, setiap produk yang dihasilkan oleh The Palace Jeweler dipastikan memiliki standar kualitas yang sangat tinggi. Tak hanya itu, CMK Lab yang berperan dalam proses Quality Control (QC) memastikan setiap perhiasan yang diproduksi memenuhi kriteria ketat, menjamin ketahanan dan keindahan produk perhiasan yang dihasilkan.

    Dengan 66 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia, The Palace Jeweler tidak hanya menyediakan perhiasan berkualitas, tetapi juga pelayanan terbaik. The Palace Jeweler mengusung konsep 3T: #Therlengkap, #Therjangkau, #Therjamin, yang mencerminkan visi mereka dalam menyediakan produk perhiasan terbaik dengan harga yang terjangkau dan kualitas terjamin.

    Selain itu, sebagai penyedia perhiasan emas berkualitas tinggi bersertifikasi SNI, The Palace Jeweler menawarkan pilihan emas dengan kadar yang beragam, yaitu 18 karat dan 9 karat. Emas 18K, dengan kadar kemurnian 75%, dikenal memiliki kilau mewah yang menawan serta ketahanan yang optimal, menjadikannya pilihan ideal untuk berbagai jenis perhiasan. Emas 18K juga lebih tahan terhadap goresan berkat proporsi logam lainnya yang lebih rendah, sehingga perhiasan ini tidak hanya indah tetapi juga tahan lama, cocok untuk penggunaan sehari-hari atau untuk melengkapi momen spesial.

    Anda dapat melihat berbagai koleksi perhiasan lainnya di website The Palace Jeweler, follow akun Instagram The Palace Jeweler dan cek TikTok The Palace Jeweler!

  • Nasib Miris Aplikasi China Usai Ditendang dari Indonesia

    Nasib Miris Aplikasi China Usai Ditendang dari Indonesia

    Jakarta, CNBC Indonesia – Pendapatan PDD Holdings yang merupakan induk aplikasi e-commerce Temu anjlok. Harga murah yang ditawarkan raksasa e-commerce itu ternyata sudah tak efektif untuk menarik minat beli masyarakat. 

    Temu dikenal sebagai layanan yang menjual barang dengan sangat murah. Konsep bisnisnya yang menghubungkan konsumen akhir langsung ke produsen disorot dunia.

    Nama PDD Holdings sebagai pemilik Temu dan Pinduoduo langsung menjadi raja e-commerce China dalam waktu singkat. Namun dalam laporan terbaru, kinerja perusahaan tak sebaik yang dibayangkan.

    Dalam laporan Reuters, PDD Holdings gagal mempertahankan perkiraan pasar untuk pendapatan dan laba kuartal tiga.

    Pendapatan perusahaan memang mengalami lonjakan 44% pada kuartal yang berakhir 30 September 2024 lalu. Jumlahnya 99,35 miliar yuan (Rp 217,8 triliun), namun di bawah perkiraan 17 analis dalam LSEG mencapai 102,65 miliar yuan (Rp 225 triliun), dikutip dari Reuters.

    Penghasilan bersih dilaporkan 24,98 miliar yuan (Rp 54,7 triliun), naik 15,54 miliar yuan (Rp 34 triliun) pada tahun lalu. PDD melaporkan laba yang yang disesuaikan 18,59 yuan (Rp 40.700) per saham dari estimasi 19,79 yuan (Rp 43.400).

    Eksekutif perusahaan juga mengumumkan penerapan sejumlah kebijakan pengurangan biaya dan dukungan pedagang.

    Kehilangan pendapatan telah terjadi pada kuartal 2 lalu. Saham PDD juga mengalami penurunan terbesar, yang membuat modalisasi pasar menghilang hampir US$55 miliar (Rp 874,2 triliun).

    Sebagai informasi, pemerintah Indonesia juga telah melarang aplikasi Temu buatan PDD beroperasi di dalam negeri. Sebab harganya yang miring membuat Temu berpotensi ‘membunuh’ Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Tanah Air.

    Tak cuma Temu, pemerintah juga tegas melarang masuknya aplikasi e-commerce serupa, Shein. 

    Gebrakan Indonesia ini tampak diikuti oleh negara lain. Beberapa saat lalu, giliran Vietnam yang mengancam akan melarang Temu dan aplikasi ‘fast fashion’ lain dari China, Shein, mulai akhir bulan ini.

    Pemerintah Vietnam mengatakan bahwa kedua e-commerce China itu belum mendapat izin untuk berbisnis di negara tersebut.

    (fab/fab)

  • Indonesia Raih 4 Keuntungan Perdagangan lewat ICA-CEPA, Bebas Tarif Biaya hingga E-Commerce

    Indonesia Raih 4 Keuntungan Perdagangan lewat ICA-CEPA, Bebas Tarif Biaya hingga E-Commerce

    Jakarta, Beritasatu.com– Indonesia dan Kanada telah menandatangani pernyataan bersama penyelesaian Indonesia-Canada Comprehensive Economic Partnership Agreement (ICA-CEPA). Menteri Perdagangan Budi Santoso mengungkapkan, Indonesia memperoleh empat keuntungan perdagangan dari perjanjian ini, mulai bebas tarif biaya hingga sektor e-commerce. 

    Penandatanganan perjanjian ini dilakukan Budi bersama Menteri Promosi Ekspor, Perdagangan Internasional, dan Pembangunan Ekonomi Kanada, Mary Ng, pada pembukaan kegiatan misi dagang Kanada ke Indonesia.

    “Manfaat yang diperoleh Indonesia melalui ICA-CEPA, pertama, perdagangan barang. Mendapatkan liberalisasi hingga 90,5% dari tarif biaya masuk Kanada dengan nilai perdagangan sebesar US$ 1,4 miliar,” ungkap Budi, di Jakarta, Senin (2/12/2024).

    Budi mengungkapkan, beberapa produk prioritas Indonesia yang mendapat akses pasar dari Kanada adalah tekstil, kertas dan turunannya, kayu dan turunannya, makanan olahan, sarang burung walet, dan kelapa sawit.

    Kedua, perdagangan jasa. Budi mengatakan, ICA-CEPA menjamin preferensial treatment bagi penyedia jasa Indonesia, termasuk sektor jasa, seperti jasa bisnis, telekomunikasi, konstruksi, pariwisata, dan transportasi.

    “Ketiga, investasi. Pembukaan akses pasar di sektor manufaktur, pertanian, perikanan, kehutanan, pertambangan, dan penggalian, serta infrastruktur energi,” tambahnya.

    Keempat, ICA-CEPA menghasilkan komitmen lainnya, yaitu terkait hak kekayaan intelektual, praktik regulasi yang baik, e-commerce, persaingan usaha, usaha kecil menengah, pemberdayaan ekonomi perempuan, lingkungan, dan ketenagaakerjaan.

    “Saya mengajak kepada pelaku usaha dari seluruh negeri untuk memanfaatkan momen positif dan bekerja sama demi menghasilkan manfaat yang nyata bagi masyarakat,” ujar Budi.