Topik: e-commerce

  • Mendag Bidik Transaksi E-Commerce saat Harbolnas Tembus Rp40 T

    Mendag Bidik Transaksi E-Commerce saat Harbolnas Tembus Rp40 T

    Jakarta, CNN Indonesia

    Menteri Perdagangan (Mendag) Budi Santoso menargetkan nilai transaksi selama periode Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) tahun ini mencapai Rp40 triliun. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan tahun lalu sebesar Rp25 triliun.

    “Tahun 2023 nilai transaksi Harbolnas mencapai Rp25,7 triliun. Tahun ini ditargetkan mencapai Rp40 triliun,” ujar Budi dalam Konferensi Pers: Kilas Balik Tren Belanja Online dan Dampak dari Kolaborasi Tokopedia dan ShopTokopedia selama 2024 di Jakarta, Kamis (12/12).

    Tak hanya transaksi Harbolnas, jumlah pengguna e-commerce juga meningkat. Budi menyebut pengguna e-commerce mencapai 65,65 juta orang pada 2024. Jumlah tersebut meningkat 11 persen dari tahun lalu sebanyak 56,63 juta pengguna.

    “Jadi e-commerce sudah sangat memasyarakatkan, di desa-desa di mana-mana sudah bisa membeli dan berjualan,” katanya.

    Budi mengatakan e-commerce telah membantu memberdayakan UMKM di Tanah Air. Hal itu sejalan dengan program utama Kementerian Perdagangan untuk mengamankan pasar dalam negeri.

    Tak hanya pasar dalam negeri, Budi juga mendorong UMKM untuk mengekspor produknya.

    Dengan begitu, neraca perdagangan RI yang sudah surplus selama 54 bulan berturut-turut bisa terus dijaga dan meningkat.

    “Yang jelas produknya harus bagus, manajemennya harus bagus. Teman-teman UMKM yang sudah siap ekspor, kita fasilitasi, kita support supaya bisa ekspor sehingga kita di 2045 bisa menjadi Indonesia Emas,” katanya.

    (fby/sfr)

  • Jual Barang Murah, Ini Alasan Ecommerce China Bisa Untung

    Jual Barang Murah, Ini Alasan Ecommerce China Bisa Untung

    Daftar Isi

    Jakarta, CNBC Indonesia – Aplikasi Temu yang merupakan anak usaha Pinduoduo asal China dilarang beroperasi di Indonesia. Pasalnya, aplikasi e-commerce tersebut dikhawatirkan akan membunuh UMKM lokal.

    Sebab, barang-barang di aplikasi Temu dijual dengan harga yang sangat murah sehingga merusak harga pasar. 

    Lalu banyak yang bertanya-tanya bagaimana cara perusahaan bisa mendapatkan untung dengan jualan barang murah?

    Seperti platform e-commerce lainnya, Temu menggunakan berbagai sumber pendapatan untuk mempertahankan operasinya dan mendorong pertumbuhan.

    Berikut adalah 6 cara Temu menghasilkan keuntungan dari berjualan barang murah.

    1. Biaya Transaksi

    Mirip dengan model Amazon, Temu mengenakan komisi kepada pedagang atas setiap penjualan yang dilakukan melalui platformnya. Komisi ini berfungsi sebagai sumber pendapatan utama bagi Temu, yang memungkinkannya menghasilkan pendapatan dari transaksi yang difasilitasi di platform.

    2. Layanan Pemasaran Online

    Temu menawarkan peluang iklan dan promosi kepada pedagang, yang memungkinkan mereka memperluas jangkauan dan menarik lebih banyak pembeli. Melalui layanan pemasaran berbayar, pedagang dapat meningkatkan visibilitas mereka di platform Temu, yang mendorong penjualan dan pendapatan.

    3. Biaya Pengiriman

    Meskipun Temu sering menyediakan pengiriman gratis, perusahaan juga menghasilkan pendapatan dari biaya pengiriman untuk produk tertentu atau opsi pengiriman cepat.

    Biaya ini berkontribusi pada pendapatan Temu, terutama untuk produk yang biaya pengirimannya dibebankan kepada pelanggan.

    4. Afiliasi

    Temu dapat memperoleh komisi dengan mengarahkan pelanggan ke situs web atau layanan lain melalui tautan afiliasi.

    Dengan memanfaatkan platform dan basis penggunanya, Temu dapat memperoleh pendapatan tambahan melalui kemitraan pemasaran afiliasi, yang selanjutnya mendiversifikasi sumber pendapatannya.

    Meskipun memiliki sumber pendapatan lewat afiliasi, namun diyakini cara tersebut tidak menguntungkan karena tingginya biaya yang terkait dengan perolehan pelanggan melalui diskon dan strategi pemasaran.

    Selain itu, margin laba yang rendah akibat penjualan produk dengan diskon besar berkontribusi pada tantangan profitabilitas Temu.

    Nah, itu dia beberapa alasan aplikasi e-commerce Temu asal China bisa untung meski menjual barang murah. Semoga informasi ini bermanfaat!

    (fab/fab)

  • Harbolnas 12.12 Nikmati Diskon Luar Biasa dari BRI, Belanja Jadi Makin Untung

    Harbolnas 12.12 Nikmati Diskon Luar Biasa dari BRI, Belanja Jadi Makin Untung

    Jakarta, Beritasatu.com – Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas yang sering diadakan setiap tanggal 12 Desember jadi momen yang sangat dinantikan masyarakat Indonesia. Tidak hanya menawarkan diskon besar-besaran, Harbolnas juga menjadi ajang bagi berbagai e-commerce dan merchant untuk memberikan penawaran spesial. 

    Dengan memanfaatkan banyaknya promo Harbolnas, Anda dapat membeli barang impian dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Tahun ini, BRI menghadirkan promo menarik untuk belanja online dan perjalanan akhir tahun, menjadikannya kesempatan sempurna bagi Anda untuk berbelanja hemat sekaligus merencanakan liburan yang seru.

    BRI, sebagai salah satu bank terkemuka di Indonesia, memberikan berbagai diskon eksklusif melalui kartu kreditnya. Promo ini mencakup diskon belanja di e-commerce hingga potongan harga untuk tiket perjalanan. 

    Manfaatkan promo harbolnas 12.12 bersama kartu kredit BRI. – (BRI/Istimewa)

    Tips Belanja dan Liburan dengan Promo Harbolnas
    Supaya Anda bisa memaksimalkan promo Harbolnas dari BRI, berikut beberapa tips yang dapat Anda coba:

    1. Perbarui Koleksi Fashion
    Jangan lupa manfaatkan promo di Tokopedia dan Blibli untuk membeli pakaian, sepatu, dan aksesori terbaru. Diskon yang ditawarkan BRI akan membuat Anda tetap stylish tanpa menguras tabungan.

    2. Pesan Tiket dan Hotel Lebih Awal
    Jika Anda punya rencana liburan akhir tahun, saatnya untuk gunakan promo Traveloka, Garuda Indonesia, atau Agoda untuk mendapatkan harga terbaik. Memesan lebih awal juga memberikan lebih banyak pilihan untuk tiket dan penginapan.

    3. Gunakan Fitur Ceria dari BRI
    Untuk Anda yang ingin berbelanja dengan cicilan ringan, fitur Ceria dari BRI adalah solusi tepat. Fitur ini tersedia di Bukalapak dan Blibli dengan tambahan diskon yang menguntungkan. Belanja untung, gak bikin kantong bolong.

    4. Pantau Promo Harbolnas Secara Berkala
    Pastikan Anda selalu memantau informasi terbaru tentang promo Harbolnas dari BRI melalui aplikasi dan website resmi BRI. Dengan begitu, Anda tidak akan melewatkan kesempatan untuk mendapatkan penawaran terbaik.

    Manfaatkan promo harbolnas 12.12 untuk fashion bersama Kartu kredit BRI dan CERIA. – (BRI/Istimewa)

    Promo Fashion dari Harbolnas 12.12 BRI
    Berikut adalah daftar promo menarik dari BRI yang bisa Anda manfaatkan selama Harbolnas 12.12:

    1. Tokopedia: Diskon hingga 12%
    Nikmati diskon hingga 12% untuk semua transaksi menggunakan Kartu Kredit BRI Visa dan Mastercard. Anda bisa belanja kebutuhan rumah, gadget, atau koleksi fashion terbaru dengan lebih hemat lagi.

    2. Bukalapak: Diskon 5-10% dengan Ceria dari BRI
    Gunakan fitur Ceria dari BRI untuk mendapatkan diskon 5-10% di Bukalapak. Fitur ini memudahkan Anda untuk berbelanja tanpa perlu khawatir mengeluarkan dana besar sekaligus.

    3. Blibli: Diskon 10% untuk Pengguna Ceria dari BRI
    Dapatkan potongan harga hingga 10% di Blibli dengan memanfaatkan Ceria dari BRI. Belanja pakaian, aksesori, hingga barang elektronik menjadi lebih terjangkau.

    Promo Travel Akhir Tahun dari BRI
    Tidak hanya untuk belanja e-commerce, BRI juga menawarkan promo menarik untuk perjalanan akhir tahun Anda. Berikut beberapa promo menariknya:

    1. Traveloka: Diskon hingga Rp800.000
    Gunakan Kartu Kredit BRI Anda untuk mendapatkan diskon hingga Rp800.000 saat memesan tiket pesawat, hotel, sampai paket liburan di Traveloka. Pilihan terbaik untuk Anda yang ingin merencanakan liburan akhir tahun bersama keluarga atau teman.

    2. Garuda Indonesia: Diskon hingga Rp1.212.000
    Liburan Anda ke destinasi impian menjadi lebih hemat dengan diskon hingga Rp1.212.000. Promo ini berlaku untuk pengguna Ceria dan Kartu Kredit BRI saat membeli tiket Garuda Indonesia.

    3. Agoda: Diskon hingga 15%
    Pemegang Kartu Kredit BRI JCB dapat menikmati diskon hingga 15% untuk pemesanan hotel di Agoda. Pilihan ideal untuk Anda yang ingin menikmati penginapan nyaman selama liburan.

    Harbolnas 12.12 jadi momen sempurna untuk berbelanja hemat dan merencanakan liburan akhir tahun bersama keluarga. Tunggu apalagi? Apply sekarang juga! Simpan Tabunganmu dan belanja seru pakai Kartu Kredit BRI dan CERIA!

    Dengan berbagai promo menarik dari BRI, Anda bisa mendapatkan diskon besar-besaran untuk belanja di e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Blibli, serta promo perjalanan di Traveloka, Garuda Indonesia, dan Agoda.

    Pastikan Anda tidak melewatkan kesempatan ini untuk tampil stylish dan menikmati liburan akhir tahun yang menyenangkan tanpa khawatir soal biaya! Jadikan liburan akhir tahun Anda lebih menyenangkan! Cek disini bbri.id/harbolnas2024

  • Meriahkan Mega Sale 12.12 BRI x Tokopedia Nikmati Promo Spesial dan Diskon Menarik

    Meriahkan Mega Sale 12.12 BRI x Tokopedia Nikmati Promo Spesial dan Diskon Menarik

    Jakarta, Beritasatu.com – Hari Belanja Nasional atau Harbolnas akan digelar pada 12 Desember 2024. Harbolnas digelar untuk memberikan edukasi pada masyarakat untuk bisa melakukan transaksi online melalui e-commerce dengan aman dan bijak, mendukung produk-produk lokal, dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional.

    Tak hanya itu, kini e-commerce membagikan berbagai promo hingga diskon menarik kepada konsumen untuk berbelanja di platform mereka. Salah satunya ialah Tokopedia yang merupakan e-commerce asli buatan anak bangsa Indonesia. Tokopedia juga menyediakan platform bagi para UMKM lokal yang ingin berjualan online. 

    Selain itu, kemudahan dalam berbelanja online juga dengan beragam produk yang disediakan. Kemudahan lainnya yakni bertransaksi di e-commerce dapat menggunakan kartu debit BRI  termasuk dalam bertransaksi di Tokopedia.

    Selanjutnya, dengan menggunakan kartu debit BRI dalam berbelanja, pengguna akan merasakan dengan berbagai penawaran dan promo menarik lainnya selama bertransaksi menggunakan kartu debit BRI.

    Dalam rangka merayakan Harbolnas 2024, BRI memberikan penawaran diskon hingga 12% menggunakan kartu debit BRI dengan potongan hingga Rp 129.000 di Tokopedia lewat Mega Sale 12.12 BRI x Tokopedia & Shop Tokopedia.

    Adapun berikut ini promo Mega Sale 12.12 BRI x Tokopedia & Shop Tokopedia dengan menggunakan kartu debit BRI.

     

    Jangan sampai lewatkan promo Mega Sale 12.12 BRI x Tokopedia & Shop Tokopedia, promo ini berlaku mulai 1-31 Desember 2024 (Khusus promo menggunakan Kartu Debit BRI). Jadi tunggu apalagi? Download aplikasi Super Apps BRImo sekarang untuk mendapatkan promo menarik lainnya. Untuk informasi lebih lanjut kamu dapat mengunjungi laman berikut.

  • Jangan Lewatkan Mega Sale 12.12 BRI x Tokopedia! Ada Promo-Diskon Menarik

    Jangan Lewatkan Mega Sale 12.12 BRI x Tokopedia! Ada Promo-Diskon Menarik

    Jakarta

    Hari Belanja Nasional atau Harbolnas akan digelar pada 12 Desember 2024. Harbolnas digelar untuk memberikan edukasi pada masyarakat untuk bisa melakukan transaksi online melalui e-commerce dengan aman dan bijak, mendukung produk-produk lokal, dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional.

    Tak hanya itu, kini e-commerce membagikan berbagai promo hingga diskon menarik kepada konsumen untuk berbelanja di platform mereka. Salah satunya ialah Tokopedia yang merupakan e-commerce asli buatan anak bangsa Indonesia. Tokopedia juga menyediakan platform bagi para UMKM lokal yang ingin berjualan online.

    Selain itu, kemudahan dalam berbelanja online juga dengan beragam produk yang disediakan. Kemudahan lainnya yakni bertransaksi di e-commerce dapat menggunakan kartu debit BRI termasuk dalam bertransaksi di Tokopedia.

    Selanjutnya, dengan menggunakan kartu debit BRI dalam berbelanja, pengguna akan merasakan dengan berbagai penawaran dan promo menarik lainnya selama bertransaksi menggunakan kartu debit BRI.

    Dalam rangka merayakan Harbolnas 2024, BRI memberikan penawaran diskon hingga 12% menggunakan kartu debit BRI dengan potongan hingga Rp 129.000 di Tokopedia lewat Mega Sale 12.12 BRI x Tokopedia & Shop Tokopedia.

    Adapun berikut ini promo Mega Sale 12.12 BRI x Tokopedia & Shop Tokopedia dengan menggunakan kartu debit BRI.

    Jangan sampai lewatkan promo Mega Sale 12.12 BRI x Tokopedia & Shop Tokopedia, promo ini berlaku mulai 1-31 Desember 2024 (Khusus promo menggunakan Kartu Debit BRI). Jadi tunggu apalagi? Download aplikasi Super Apps BRImo sekarang untuk mendapatkan promo menarik lainnya. Untuk informasi lebih lanjut kamu dapat mengunjungi laman berikut.

    (ega/ega)

  • HUAWEI Pura 70 Ultra Kasih Pengalaman Smartphone Canggih Buat Motret Atau Ngonten! – Page 3

    HUAWEI Pura 70 Ultra Kasih Pengalaman Smartphone Canggih Buat Motret Atau Ngonten! – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Eksplorasi konten digital dengan fokus pada kepraktisan, mulai dari fotografi sampai pengembangan bisnis, menjadi tren media sosial saat ini. Melihat hal itu, Huawei pun meluncurkan HUAWEI Pura 70 Ultra.

    Ya, smartphone flagship terbaru dari Huawei tersebut didukung dengan kamera canggih dan fitur inovatif. Dengan kamera dan fitur tersebut, HUAWEI 70 Pura Ultra pun cocok untuk pengguna modern yang dinamis.

    Country Head of Huawei Device Indonesia, Huiler Fan mengungkapkan, HUAWEI Pura 70 Ultra menawarkan kemampuan fotografi terbaik dengan desain elegan, sehingga mampu menunjang produktivitas, kreativitas, dan gaya hidup modern.

    “Melalui sesi penjualan perdana ini, kami berharap HUAWEI Pura 70 Ultra dapat mendukung pengguna untuk lebih bebas berkreasi dan mengeksplorasi dunia berkat kemampuan fotografi unggul dan juga performa andal yang diusungnya,” ungkapnya.

    Dengan kata lain, HUAWEI Pura 70 Ultra hadir untuk mendukung kreativitas pengguna dalam menghasilkan foto yang estetik, layaknya hasil jepretan foto seorang profesional. Performanya yang andal pun memberikan kemudahan bagi pengguna untuk melakukan berbagai aktivitas digital dengan lebih seamless dan lebih sat set.

    Lantas, siapa saja yang cocok menggunakan smartphone flagship canggih terbaru Huawei ini?

    Mulai dari Penggemar Fotografi hingga Pebisnis

    Perbesar

    Desain HUAWEI Pura 70 Ultra. (Foto: Istimewa)

    Huawei Pura 70 Ultra sangat cocok digunakan berbagai kalangan, mulai dari penggemar fotografi jalanan hingga pebisnis. Mengapa? Ini alasannya!

    Lensa Ultra Speed dan Super Macro Cocok untuk Penggemar Street Photography

    Perbesar

    Kualitas foto HUAWEI Pura 70 Ultra. (Foto: Istimewa)

    Bagi penggemar street photography, mendapatkan foto lalu lintas yang tajam sering kali menjadi tantangan. Namun, dengan HUAWEI Pura 70 Ultra, hal itu tidak lagi masalah. 

    Fitur Ultra Speed Snapshot memungkinkan pengambilan gambar kendaraan yang melintas dengan detail yang jelas. Selain itu, kamera ini dilengkapi dengan Ultra Lighting Super Macro untuk zoom hingga 35x, serta Full Focal HD Photography yang mendukung zoom hingga 200x dengan kualitas profesional, ideal untuk memotret atau merekam jarak jauh.

    Pencinta Seni yang Ingin Tampil Elegan

    Perbesar

    HUAWEI Pura 70 Ultra. (Foto: Istimewa)

    Dilengkapi dengan layar melengkung Crystal Armour Kunlun Glass yang premium dan anti gores, HUAWEI Pura 70 Ultra mengutamakan durabilitas tanpa mengorbankan desainnya yang elegan.

    Kamera AI Bisa Dukung Kreasi yang Hobi Ngonten

    HUAWEI Pura 70 Ultra cocok bagi pencinta konten media sosial, berkat fitur AI Camera Optimization yang menghasilkan foto terbaik secara otomatis tanpa perlu banyak penyuntingan.

    Fitur AI Gesture Control memudahkan pengambilan gambar dari jarak jauh, sementara Multi-Screen Collaboration memungkinkan koneksi antar layar secara seamless. Selain itu, AI Privacy View menjaga privasi dengan mencegah orang lain mengintip layar smartphone.

    Multi-Device Collaboration Bikin Pebisnis Lebih Produktif

    Perbesar

    Peluncuran HUAWEI Pura 70 Ultra (Foto: Huawei)

    Bagi pebisnis, efisiensi multitasking sangat penting seperti mengikuti meeting sambil mengirim dokumen atau memantau harga saham. HUAWEI Pura 70 Ultra mendukung kebutuhan ini dengan fitur Multi-Device Collaboration yang memungkinkan pengguna menghubungkan smartphone, laptop, dan tablet secara seamless. 

    Ditenagai baterai 5.200mAh, 100W SuperCharge, dan 80W Wireless Charging, smartphone ini menawarkan daya tahan lama dan pengisian cepat, sehingga pengguna tidak perlu sering mengisi daya.

    Layar HUAWEI X-True Display Bikin Nonton Series Makin Nyaman

    Perbesar

    Tampilan HUAWEI Pura 70 Ultra. (Foto: Istimewa)

    Bagi pencinta film dan serial, HUAWEI Pura 70 Ultra hadir dengan layar HUAWEI X-True Display 2.8K yang tajam dan detail, serta teknologi HDR Vivid untuk visual lebih realistis.

    Dilengkapi dengan LTPO Adaptive Refresh Rate, layar secara otomatis menyesuaikan kecepatan refresh dari 1Hz hingga 120Hz, memberikan pengalaman menonton yang lebih nyaman, responsif, dan efisien dalam konsumsi daya.

    Nah, berbagai kalangan bisa merasakan fitur dan kecanggihan yang dihadirkan Huawei Pura 70 Ultra guna mendukung aktivitas sehari-hari, bukan? So, boyong Huawei Pura 70 Ultra yang dibanderol selama sesi first sale pada 12 Desember hingga 17 Desember dengan harga mulai Rp17.999.000.

    Perbesar

    HUAWEI Pura 70 Ultra. (Foto: Istimewa)

    Selain itu, khusus pembelian di sesi ini, kamu akan mendapat bonus senilai total Rp4,9 juta, yang terdiri dari gratis 1 unit HUAWEI Watch GT 4 dan garansi resmi Huawei selama 2 tahun, lho.

    Tak hanya itu, ada pula early bird voucher yang bisa digunakan untuk pembelian dengan harga spesial melalui e-commerce terkemuka seperti Shopee, Tokopedia, TikTok Shop, Blibli, Lazada, eraspace.com, dan DatascripMall.ID.

    Kamu juga bisa melakukan pembelian secara  offline, via jaringan HUAWEI Authorized Experience Store terdekat, atau melalui mitra ritel kenamaan seperti Erafone, Urban Republic, BliBli Store, Digiplus, dan toko-toko berlisensi  lainnya.

    Serunya lagi, khusus untuk pembelian HUAWEI Pura 70 Ultra via Shopee, kamu bisa mencicil dengan bunga 0% hingga 6 bulan, serta gratis biasa penanganan hingga 24, menggunakan kartu kredit dari berbagai bank ternama. 

    Begitupun untuk pembelian smartphone ini via pembayaran  GoPayLater, kamu dapat mencicil hingga 6 bulan dengan bunga 0%, plus tambahan gratis Gadget Protection hingga 12 bulan.

    Adapun pembelian HUAWEI Pura 70 Ultra via HUAWEI Official Store di platform Blibli, kamu bisa memanfaatkan cicilan 0% dan bebas biaya penanganan hingga 24 bulan dari berbagai mitra perbankan terkemuka, lengkap dengan layanan tambahan purna jual Blibli Care+ hingga 12 bulan.

    Menarik bukan penawaran yang diberikan? Saatnya checkout atau beli Huawei Pura 70 Ultra sekarang juga, ya!

     

    (*)

  • Tips Aman Belanja Online di Harbolnas 12.12, Apa Saja? – Page 3

    Tips Aman Belanja Online di Harbolnas 12.12, Apa Saja? – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Harbolnas 12.12 akan kembali hadir dalam hitungan beberapa hari ke depan, dan menjadi momen belanja online paling dinanti oleh warganet di Indonesia.

    Berdasarkan data dari Dirjen Perdangangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) tahun lalu, total transaksi saat momen Harbolnas sendiri mencapai Rp 25,7 triliun.

    Lalu bagaimana dengan tahun ini? Pemerintah sendiri menargetkan transaksi belanja online di momen Harbolnas 12.12 akan mencapai lebih dari Rp 29 triliun.

    Namun, di balik gemuruh diskon besar-besaran di platform e-commerce, ancaman siber seperti phishing, techscams, dan Adversary-in-the-Middle (AiTM) mengintai konsumen.

    Semakin meningkatnya ancaman siber di momentum seperti ini, Microsoft berbagi serangkaian tips aman belanja online Harbolnas 12.12.

    “Para pelaku kejahatan siber akan memanfaatkan rasa terburu-buru pembeli terpengaruh diskon besar, stok terbatas, dan durasi penawaran singkkat,” kata Panji Wasmana, National Technology Officer Microsoft Indonesia, dalam keterangannya, Kamis (12/12/2024).

    Jenis Ancaman Siber Perlu Diwaspadai

    1. Phishing

    Phishing adalah salah satu metode serangan siber di mana pelaku mencoba mencuri data sensitif dengan menyamar sebagai entitas terpercaya.

    Selama momen ini, phishing sering kali muncul dalam bentuk email promosi palsu, tautan mencurigakan di media sosial, atau pesan teks meminta pengguna mengklik link tersebut.

    Kini, penjahat siber sudah mulai meningkatkan aksi mereka dengan menggunakan metode ‘phishing kode QR’ di mana pengguna diarahkkan ke situs palsu melalui kode QR.

    Biasanya, situs tersebut dibuat agar menyerupai website e-commerce ternama. Bila tidak sadar, pengguna pun bisa saja memasukan informasi penting seperti kartu kredit atau password.

  • Pentingnya AI bagi UMKM, Diproyeksi Sumbang USD 1 Triliun ke PDB ASEAN di 2030 – Page 3

    Pentingnya AI bagi UMKM, Diproyeksi Sumbang USD 1 Triliun ke PDB ASEAN di 2030 – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) saat ini telah merambah ke berbagai sektor, termasuk sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Teknologi AI mampu memberikan peluang besar bagi pelaku UMKM meningkatkan produktivitas dan mendorong daya saing di pasar yang semakin kompetitif.

    Teknologi AI tidak hanya menyasar perusahaan besar saja, tapi juga didorong untuk mengoptimalkan kemajuan bisnis UMKM dan komitmen memberikan kesejahteraan kepada UMKM melalui memanfaatkan AI inilah yang dibawa PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom). Di antaranya lewat berbagai solusi digital seperti ekosistem Indibiz dan platform PaDi UMKM.

    Laporan Kearney pada 2020 menyebut, penerapan AI di kawasan Asia Tenggara diproyeksikan menyumbang USD 1 triliun untuk PDB kawasan pada 2030 dan Indonesia, AI diperkirakan berkontribusi hingga USD366 miliar atau 12% terhadap PDB nasional pada tahun yang sama.

    Angka ini menunjukkan potensi besar bagi UMKM yang memanfaatkan AI untuk meningkatkan daya saing bisnis mereka.

    Pentingnya AI bagi UMKM

    Bagi pelaku UMKM, teknologi kecerdasan buatan bisa dimanfaatkan untuk mengotomatisasi proses operasional dan memberikan analisis bisnis yang lebih mendalam. Bahkan, otomatisasi AI bagi operasional UMKM bisa digunakan untuk berbagai tugas administratif. Misalnya pengelolaan inventaris, penjadwalan dan pengolahan data pelanggan.

    EVP Digital Business and Technology Telkom, Komang Budi Aryasa mencontohkan, platform Indibiz yang telah dilengkapi dengan teknologi AI, pelaku UMKM juga dapat menggunakan asisten digital Bizy, sebuah chatbot berbasis Generative AI, yang dapat menganalisis berbagai data dan memberikan rekomendasi optimal bagi kemajuan bisnis.

    “Indibiz adalah solusi digital yang dihadirkan Telkom untuk membantu UMKM dalam proses digitalisasi. Dengan teknologi AI yang disematkan pada asisten digital pintar bernama Bizy, pelaku usaha bisa mendapatkan masukan atas terkait bisnis dan produk digital yang dapat mendukung pelaku usaha sehingga dapat membantu pelaku usaha meningkatkan efisiensi operasional,” ujarnya dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Rabu (11/12/2024).

    Selain Indibiz, platform PaDi UMKM yang dikembangkan Telkom juga merupakan contoh sukses penerapan AI untuk membantu UMKM. PaDi UMKM menyediakan platform e-commerce yang menggunakan teknologi AI untuk menghubungkan pelaku usaha dengan pasar yang lebih luas.

    “Lewat analisis AI, pelaku UMKM lebih mudah menargetkan konsumen yang sesuai dengan produk yang mereka tawarkan,” kata dia.

     

  • Tol Cibitung-Cilincing Dikeluhkan Mahal, Pengelola Siap Diskusi dengan Pelaku Logistik Soal Tarif

    Tol Cibitung-Cilincing Dikeluhkan Mahal, Pengelola Siap Diskusi dengan Pelaku Logistik Soal Tarif

    Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

    TRIBUNJAKARTA.COM, TANJUNG PRIOK – Pengelola jalan tol Cibitung-Cilincing siap berdiskusi dengan pelaku logistik terkait keluhan-keluhan soal tarif jalan bebas hambatan tersebut yang dianggap terlalu mahal.

    Pengelola jalan tol Cibitung-Cilincing, PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL) melalui PT CTP Tollways memahami keberatan pelaku usaha mengenai tarif tol Cibitung-Cilincing yang dianggap terlalu tinggi.

    Sebagai respons, SPSL membuka ruang dialog dengan pelaku industri logistik untuk mendengarkan masukan dan mencari solusi terbaik.

    Direktur Utama PT SPSL Joko Noerhudha menyatakan, pihaknya terus berkomunikasi dengan pemerintah, khususnya dengan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

    Hal itu guna memastikan kebijakan tarif yang diterapkan mendukung efisiensi dan keberlanjutan sektor logistik di Indonesia.

    Pernyataan tersebut disampaikan Joko sebagai tanggapan terhadap keluhan dari kalangan industri logistik yang menilai tarif tol Cibitung-Cilincing terlalu mahal.

    Ia menjelaskan bahwa penetapan tarif tol sepenuhnya menjadi kewenangan BPJT yang didasari oleh kajian komprehensif, meliputi faktor-faktor seperti biaya pembangunan, pemeliharaan, serta dampak terhadap sektor terkait.

    Meski begitu, Joko menegaskan bahwa SPSL tetap membuka ruang dialog untuk mendengarkan masukan lebih lanjut dari pelaku usaha.

    “Kami ingin memastikan kebijakan ini tidak hanya berfokus pada aspek biaya, namun juga pada keberlanjutan sektor logistik secara keseluruhan,” kata Joko dalam keterangannya, Rabu (11/12/2024).

    Joko juga merespons pertanyaan wartawan terkait kemungkinan divestasi Jalan Tol Cibitung-Cilincing.

    Ia mengatakan divestasi bisa menjadi pilihan apabila ada pihak yang tertarik dengan angka yang menguntungkan.

    “Jika ada yang tertarik dengan angka yang bagus, silakan. Ini kan sifatnya masih opsi-opsi,” ujarnya.

    Dalam kesempatan itu, Joko juga memaparkan sejumlah pencapaian positif SPSL hingga triwulan III 2024.

    Perusahaan mencatatkan pendapatan usaha sebesar Rp 1,38 triliun, yang tercatat meningkat 2,63 persen dibandingkan dengan Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) dan tumbuh 2,68 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

    Dari sisi operasional, SPSL mencatatkan volume gudang sebesar 116,8 ribu ton/m⊃3;, sementara kapasitas lapangan mencapai 110,59 ribu boks, dengan tingkat okupansi gedung sebesar 80,4 persen.

    Ditambahkan, sektor logistik diproyeksikan akan mengalami pengeluaran yang signifikan pada 2026, dengan angka yang diperkirakan mencapai Rp 3.839 triliun.

    Kenaikan ini sebagian besar didorong oleh sektor fast-moving consumer goods (FMCG), e-commerce, dan farmasi.

    “Potensi besar ini membuka peluang untuk memperluas layanan logistik, khususnya di segmen first dan middle mile,” katanya.

    Seiring pesatnya perkembangan industri logistik, SPSL kini fokus pada pengembangan infrastruktur strategis.

    Proyek-proyek seperti Kawasan Pendukung Kijing, Kawasan Industri Kuala Tanjung, dan Integrated Logistics Center Tanjung Priok terus berjalan.

    “SPSL pun terus mendorong digitalisasi dalam operasional logistik. Dengan mengimplementasikan sistem real-time reconciliation dan track & trace, perusahaan berupaya meningkatkan akurasi dan kecepatan operasional, yang sangat penting dalam menghadapi tantangan yang semakin kompleks di industri logistik,” tutupnya.

    Akses TribunJakarta.com di Google News atau WhatsApp Channel TribunJakarta.com. Pastikan Tribunners sudah install aplikasi WhatsApp ya

  • 398 Murid Apple Developer Academy 2024 Diwisuda, Lahirkan Aplikasi Inovatif

    398 Murid Apple Developer Academy 2024 Diwisuda, Lahirkan Aplikasi Inovatif

    Jakarta

    Apple Developer Academy Indonesia mewisuda 398 siswa angkatan 2024 dari kampus di BSD, Surabaya, dan Batam. Ini menandai kelanjutan dari misi Apple untuk memajukan talenta lokal di bidang pengembangan aplikasi.

    Dengan perjalanan belajar yang intensif selama sepuluh bulan, para lulusan ini tidak hanya mendapatkan pengetahuan teknis. Mereka juga melahirkan aplikasi-aplikasi inovatif yang memiliki potensi besar dalam membantu masyarakat dan industri.

    “Dengan mempertemukan para pengembang yang bercita-cita tinggi dari hampir seluruh provinsi di Indonesia, para lulusan akademi tahun ini telah menunjukkan potensi teknologi untuk membuat perbedaan yang berarti dalam kehidupan masyarakat. Mereka telah belajar untuk memanfaatkan kreativitas mereka, menerapkan solusi baru untuk masalah yang menantang, dan berkolaborasi untuk mencapai sesuatu yang lebih besar. Kami berharap dapat melihat dampak positif yang akan mereka buat di seluruh Indonesia dan sekitarnya.” ujar Esther Hare, Senior Director Worldwide Developer Marketing Apple, Rabu (11/12/2024).

    Siswa Apple Developer Academy Indonesia angkatan 2024 berusia 18 hingga 50 tahun, mereka berasal dari 93 kota di seluruh Indonesia. Angka ini menunjukkan antusiasme yang semakin tinggi terhadap industri teknologi, khususnya pengembangan aplikasi.

    Salah satu pencapaian yang menonjol dari angkatan terbaru ini adalah peningkatan jumlah peserta perempuan yang mencapai dua kali lipat dibandingkan angkatan pertama pada tahun 2018. Hal tersebut menunjukkan adanya upaya yang berhasil dalam mendorong kesetaraan gender di bidang teknologi.

    Esther Hare, Senior Director Worldwide Developer Marketing Apple. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

    Selama sepuluh bulan, para peserta akan dibekali dengan keterampilan yang komprehensif, mulai dari pengkodean, desain, hingga pemasaran. Kurikulum yang diperbarui juga mencakup materi khusus tentang kecerdasan buatan (AI), yang semakin relevan dengan perkembangan teknologi terkini.

    “Tujuan utama dari program ini adalah untuk mempersiapkan para peserta menjadi pengembang aplikasi yang siap bersaing di pasar yang dinamis,” ujar Ester.

    Kendati sudah lulus, perjalanan 398 siswa Apple Developer Academy tidak berhenti setelah menyelesaikan program. Apple menawarkan program lanjutan seperti Catalyst yang memberikan kesempatan bagi para alumni untuk mengembangkan aplikasi mereka lebih lanjut dengan dukungan dari para ahli.

    Untuk diketahui sejak diluncurkan pada tahun 2018, Apple Developer Academy Indonesia telah berhasil melatih lebih dari 2.500 calon pengembang. Sebanyak 90% dari alumni telah berhasil mendapatkan pekerjaan yang relevan di berbagai sektor, seperti pendidikan, e-commerce, transportasi, dan keberlanjutan.

    Apple Developer Academy 2024 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

    Hal ini menunjukkan bahwa program ini tidak hanya memberikan keterampilan teknis, tetapi juga membekali para peserta dengan kemampuan yang dibutuhkan untuk sukses dalam dunia kerja.

    Apple Developer Academy turut memberi berdampak positif dalam mendorong pertumbuhan ekonomi digital di Tanah Air. Dengan semakin banyaknya pengembang aplikasi lokal, Indonesia memiliki potensi untuk menciptakan inovasi-inovasi baru yang dapat memberikan solusi bagi berbagai permasalahan masyarakat.

    Dengan dukungan dari Apple, program ini akan terus berkembang dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat.

    (afr/afr)