Topik: e-commerce

  • 8 Rekomendasi Side Hustle untuk Pemula, Tanpa Pengalaman

    8 Rekomendasi Side Hustle untuk Pemula, Tanpa Pengalaman

    Pemasukan lebih dengan cara mudah

    ilustrasi Gen Z yang gemar side hustle (pexels.com/Vlada Karpovich)

    Intinya Sih…

    Side hustle menjadi tren pekerjaan sampingan dengan sistem kerja santai
    Content creator, dropshipper, virtual assistant, dan penjualan produk digital adalah side hustle cocok untuk pemula
    Pekerjaan ini cocok untuk mengisi waktu luang dan bisa dilakukan tanpa pengalaman tertentu

    1. Content creatorilustrasi content creator (pexels.com/Anna Nekrashevich) 2. Dropshipperilustrasi sebagai dropshipper di e-commerce (pexels.com/Polina Tankilevitch) 3. Virtual assistantilustrasi pria sedang work from home sebagai virtual assistant (pexels.com/olia danilevich)4. Menyewakan rumah atau lahan kosongilustrasi menyewa rumah (pexels.com/Ivan Samkov)

    Lanjutkan membaca artikel di bawah

    Editor’s picks

    5. Menjual produk digitalDigitalisasi E-commerce (pexels.com/As Photography) 6. Menjual barang-barang bekasilustrasi jual baju di thrift store (pexels.com/cottonbro studio)7. Tutor onlineilustrasi ide bisnis tutor online bagi mahasiswa (Freepik.com/freepik)8. Mengisi surveiilustrasi survey kos (freepik.com/freepik)

    Muhammad Tarmizi Murdianto
    Editor

    Berita Terkini Lainnya

  • Mendag Sebut Transaksi di Toko Online Akan Capai Rp 487 T

    Mendag Sebut Transaksi di Toko Online Akan Capai Rp 487 T

    Foto Bisnis

    ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga – detikFinance

    Jumat, 13 Des 2024 13:52 WIB

    Jakarta – Menteri Perdagangan Budi Santoso memproyeksikan nilai transaksi e-commerce atau toko online naik 2,8% dibandingkan 2023. Angkanya mencapai Rp 487 triliun.

  • Update Harga HP iPhone Desember 2024, Saatnya Ganti Pas Libur Nataru!

    Update Harga HP iPhone Desember 2024, Saatnya Ganti Pas Libur Nataru!

    Jakarta

    Di akhir tahun, biasanya banyak orang memanfaatkan waktu untuk berbelanja. Barang-barang kebutuhan mulai dari elektronik hingga smartphone yang sudah turun harga, bakal jadi incaran.

    Salah satu merek handphone yang selalu menjadi perhatian adalah iPhone. Produk keluaran Apple ini, tidak hanya dikenal karena kualitas dan desainnya yang premium, tetapi juga karena ketersediaannya yang sering mengalami fluktuasi harga.

    Pada Desember 2024, berbagai seri iPhone, mulai dari model lawas hingga yang terbaru, mengalami penyesuaian harga di pasaran. Ditambah lagi, libur Nataru sering dimanfaatkan oleh banyak toko dan e-commerce untuk menawarkan promo spesial.

    Kalau kamu sedang mempertimbangkan untuk membeli iPhone baru, berikut rangkuman daftar harga iPhone di akhir tahun ini. Siap-siap ganti HP baru!

    Daftar Harga HP iPhone Desember 2024

    Ada banyak alasan mengapa iPhone menjadi pilihan favorit bagi banyak orang. Tapi beberapa alasannya adalah desain yang ciamik, merek yang bergengsi, dan kemudahan dalam penggunaannya.

    Berikut harga-harga berbagai serinya, dirangkum dari laman resmi iBox untuk jadi bahan pertimbanganmu belanja gadget:

    1. iPhone SE

    iPhone SE 2022 Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET

    iPhone SE adalah salah satu seri iPhone yang paling lawas di tahun ini. iPhone ini punya penampilan yang lebih sederhana, warna yang beragam, dan ukuran yang lebih kecil.

    Tapi seri ini mampu memberikan performa tinggi dengan harga yang lebih terjangkau. iPhone SE ditujukan untuk pengguna yang menginginkan perangkat dengan kinerja terbaik khas Apple, dengan harga yang bersahabat. Kini, harga iPhone SE bisa didapatkan mulai dari harga Rp 8.249.000.

    2. iPhone 12

    iPhone 12 ungu Foto: dok Sina Mobile

    iPhone 12 punya slogan ‘lebih hebat dari cepat’. Seri ini adalah salah satu model unggulan dari Apple yang dirilis pada Oktober 2020.

    Keunggulannya mulai dari desain yang masih fresh meski mirip dengan iPhone 11, hingga bisa digunakan untuk jaringan 5G. Seri ini bisa didapatkan mulai dari harga Rp 7.499.000.

    3. iPhone 13

    iPhone 13 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

    iPhone 13 rilis pada September 2021. Seri ini punya desain yang segar dengan dua kameranya yang menyerupai garis miring. Baik dari segi desain, performa, hingga kualitas kamera, semua lebih baik dari seri sebelumnya.

    Kini harga iPhone 13 sudah jauh turun dari harga awalnya, yakni seharga Rp 8.999.000.

    4. iPhone 14

    iPhone 14 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

    Penampilan iPhone 14 tak beda jauh dari keluaran seri sebelumnya. Tapi, semua produk Apple pasti punya keunggulan dari seri terkininya.

    iPhone 14 yang dirilis tepat setahun setelah seri sebelumnya, menghadirkan fitur-fitur baru seperti sistem kamera yang lebih canggih, layar yang lebih cerah, dan beberapa fitur keselamatan yang inovatif. Kini harganya masih berkisar angka dua digit, yakni mulai dari Rp 12.249.000.

    5. iPhone 15

    iPhone 15 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

    iPhone 15 yang dirilis pada September 2023, merupakan keluaran terbaru iPhone yang masuk ke Indonesia. Seri ini punya banyak perbaruan signifikan terutama pada desain yang lebih modern, peningkatan performa, dan fitur kamera yang lebih canggih. Harganya sekarang, masih di kisaran Rp 12.999.000.

    6. iPhone 15 Pro

    iPhone 15 Pro yang dirilis pada September 2023 adalah keluaran terbaru, tercanggih, dan termahal iPhone di Indonesia. Ada sejumlah peningkatan signifikan, dibandingkan dengan model iPhone 15 standar.

    Dengan desain premium, performa yang lebih kuat, dan fitur kamera yang lebih canggih, iPhone 15 Pro menargetkan pengguna yang mencari perangkat dengan kemampuan profesional. Harganya pun masih cukup tinggi, kini ada di harga mulai dari Rp 18.249.000.

    Nah detikers, itulah tadi kelebihan tiap seri iPhone dan harga-harganya. Kira-kira, mana yang sedang jadi incaran kamu akhir tahun ini?

    (aau/fds)

  • LG Rilis PuriCare Dehumidifier, Jaga Kelembapan Sekaligus Kebersihan Udara

    LG Rilis PuriCare Dehumidifier, Jaga Kelembapan Sekaligus Kebersihan Udara

    Jakarta

    LG Electronics Indonesia meluncurkan inovasi terbarunya PuriCare Dehumidifier dengan model MD19GQGE0. Perangkat ini tidak hanya mampu mengurangi kelembapan udara tetapi juga berfungsi sebagai pembersih udara di dalam ruang, menawarkan solusi lengkap dalam satu perangkat yang praktis.

    Mike Kim, Product Director Eco Solution of LG Electronics Indonesia mengatakan, “Memberikan solusi menyeluruh dengan praktis hanya dengan satu perangkat. Kelembapan ruang terjaga, kebersihan udara tercipta.” Desainnya yang elegan dengan warna kombinasi white rose gold membuat perangkat ini mudah disesuaikan dengan berbagai gaya interior.

    Alasan di balik peluncuran ini, seperti yang disampaikan oleh Mike Kim, adalah meningkatnya kesadaran masyarakat Indonesia mengenai pentingnya kualitas udara yang baik bagi kesehatan. Di iklim tropis seperti Indonesia, kelembapan udara seringkali tinggi, yang membuat dehumidifier menjadi perangkat esensial untuk menjaga kualitas udara, melindungi kesehatan, dan merawat barang-barang di rumah agar tetap awet.

    LG PuriCare Dehumidifier menjaga kelembapan udara ideal dalam ruangan untuk mencegah pertumbuhan jamur yang dapat merusak perabotan rumah, pakaian, tas, sepatu, dan dinding. Selain itu, perangkat ini juga membantu mencegah masalah kesehatan seperti penyakit kulit dan gangguan pernapasan yang disebabkan oleh kelembapan berlebih dan polusi udara dalam ruangan.

    Perangkat ini menggunakan teknologi kompresor DUAL Inverter untuk efisiensi energi dan kecepatan penyerapan air dari udara. Dengan tingkat kebisingan yang rendah hanya 34 decibel, dehumidifier ini tidak mengganggu aktivitas sehari-hari dan mampu menampung air hingga 5,3 liter. LG menyatakan bahwa perangkat ini bisa menyerap kelebihan kandungan air hingga 31 liter per hari dalam kondisi RH 80% pada suhu 30°C.

    LG PuriCare Dehumidifier Foto: LG Indonesia

    Untuk memastikan udara tetap bersih, LG PuriCare Dehumidifier dilengkapi dengan fitur UV NanoTM yang bisa membunuh bakteri hingga 99.99% dan Ionizer untuk menghilangkan virus dan bakteri di udara. Sistem pengeringan otomatis juga memastikan kebersihan internal perangkat, mencegah pertumbuhan bakteri dan kuman.

    Dengan filter HEPA-grade (13), perangkat ini efektif menangkap debu, virus, bakteri, dan penyebab alergi lainnya. Teknologi UV nano™ tambahan memberikan sterilisasi pada kipas untuk menjaga kebersihan udara yang dikeluarkan.

    Fleksibilitas penggunaan menjadi fokus lain dari LG, dengan desain roda yang dapat diputar 360 derajat dan pegangan yang memudahkan perpindahan perangkat di seluruh rumah. Pengguna juga bisa menghubungkan dehumidifier ini dengan selang tipe-Y untuk mengeringkan sepatu atau tipe-T untuk menangani kelembapan di area sempit seperti lemari dan kasur.

    LG PuriCare Dehumidifier Foto: LG Indonesia

    Aplikasi LG ThinQ memungkinkan kontrol jarak jauh dan pengaturan otomatis melalui koneksi WiFi, memberikan kemudahan tambahan seperti pengoperasian terjadwal dan notifikasi ketika tangki air mendekati kapasitas maksimal.

    LG PuriCare Dehumidifier MD19GQGE0 tersedia di berbagai toko elektronik dan platform e-commerce di Indonesia dengan harga sekitar Rp 5.499.999.

    (afr/afr)

  • 5 Tren Cloud Computing di Indonesia Menurut Pakar Teknologi Onno W. Purbo – Page 3

    5 Tren Cloud Computing di Indonesia Menurut Pakar Teknologi Onno W. Purbo – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Mengutip data dari Mordor Intelligence, lanskap cloud computing di Indonesia mengalami pertumbuhan pesat. Hal itu didorong oleh transformasi digital di berbagai sektor, peningkatan adopsi internet dan perangkat seluler, serta konsumsi big data yang terus meningkat.

    Pasar cloud computing Indonesia diproyeksikan mencapai USD 2,13 miliar pada 2024 dan diperkirakan tumbuh dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 14,52%, mencapai USD 4,21 miliar pada tahun 2029.

    Terkait hal ini ilmuwan dan pakar teknologi Onno W. Purbo memaparkan lima tren utama di pasar cloud computing Indonesia.

    1. Adopsi Hybrid Cloud

    Perusahaan semakin banyak mengadopsi strategi hybrid cloud, menggabungkan private cloud untuk aplikasi yang membutuhkan keamanan tinggi dan public cloud untuk solusi yang lebih hemat biaya.

    Pendekatan ini menawarkan skalabilitas dan fleksibilitas, memenuhi kebutuhan operasional yang beragam.

    2. Implementasi Sektor-Sektor Tertentu

    Perbankan, Jasa Keuangan, dan Asuransi (BFSI): Sektor BFSI memanfaatkan cloud untuk meningkatkan efisiensi operasional dan layanan pelanggan. Model hybrid cloud sangat diminati untuk menyeimbangkan keamanan dan skalabilitas.
    Kesehatan dan Ilmu Hayati: Cloud computing memfasilitasi telemedicine, rekam medis elektronik, dan analisis data, meningkatkan perawatan pasien dan efisiensi operasional.
    Ritel dan Barang Konsumen: Pelaku ritel menggunakan platform berbasis cloud untuk e-commerce, manajemen hubungan pelanggan, dan optimalisasi rantai pasok, memperbaiki pengalaman pelanggan dan kelincahan operasional.

     

  • Mendorong UMKM Menciptakan Peluang Ekonomi Baru

    Mendorong UMKM Menciptakan Peluang Ekonomi Baru

    Jakarta: Rumah BUMN (RB) Rembang yang dikelola oleh PT Semen Gresik, anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG), terus berperan aktif mendukung perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.
     
    Sejak awal beroperasi pada 17 Agustus 2020, RB Rembang telah berhasil mendampingi 495 UMKM dan berkontribusi dalam penyerapan hingga 1.869 tenaga kerja lokal.
     
    Program pendampingan yang difokuskan pada pengembangan produk, perluasan akses pasar, hingga pemanfaatan teknologi digital, telah memberikan dampak signifikan terhadap pertumbuhan UMKM lokal.
    Selama empat tahun berdiri, total transaksi yang tercatat di RB Rembang mencapai sebesar Rp4,62 miliar, menjadi bukti nyata dari komitmen RB Rembang dalam menciptakan peluang ekonomi baru dan mendukung pengusaha lokal untuk berkembang sehingga mampu menghasilkan dampak positif bagi perekonomian daerah dan menciptakan lapangan kerja.
     
    Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan tantangan paling besar dalam membina UMKM adalah proses standardisasi.
     
    “Di sinilah peran kolaborasi dengan industri yang matang dibutuhkan. Rumah BUMN memiliki peran untuk mengidentifikasi dan membantu mengembangkan produk-produk lokal terbaik yang memiliki potensi pasar yang luas,” kata Erick Thohir.
     
     

     

    UMKM binaan Rumah BUMN Rembang

    Salah satu UMKM binaan RB Rembang yang berhasil mengembangkan usahanya bersama RB Rembang yaitu Erlina Restu Winarsih (40 tahun) dengan mengolah hasil laut ikan barakuda menjadi frozen food.
     
    Owner Mina Food Rembang ini menceritakan perjalanan bisnisnya, berbekal keyakinan bahwa produk olahan ikan barakuda bisa menjadi pilihan utama di kalangan masyarakat Rembang, Erlina mengolah ikan barakuda menjadi produk frozen food dengan merek Ayasea.
     
    Produk Mina Food Rembang pertama kali diperkenalkan pada 2016 dan cepat diterima oleh pasar lokal.
     
    “Produk Ayasea Frozen dari Mina Food Rembang diproduksi dengan kualitas premium dari ikan barakuda pilihan dan ikan segar dari laut pantura, karena di Rembang hasil tangkapan ikan melimpah. Kami juga telah mendapatkan Sertifikat Kelayakan Pengolahan (SKP) atau Good Manufacturing Practices (GMP) dari Kementerian Kelautan dan Perikanan,” kata Erlina.
     
    Namun, pandemi covid-19 memberikan tantangan besar yang sempat mengancam kelangsungan usahanya. Berkat dukungan penuh yang diberikan oleh RB Rembang sejak 2020, Erlina berhasil mengatasi masa sulit tersebut hingga berkembang, membuka peluang baru, dan terus memproduksi produk berkualitas yang kian diminati lebih luas.
     
    Kini, Mina Food Rembang juga telah mengembangkan produk makanan ringan baru dengan merek Prasna, seperti keripik ikan layur, keripik ikan bilis, dan sumpia abon ikan.
     
    Dalam sebulan, Mina Food mampu memproduksi ratusan kilogram produk olahan ikan dengan omzet yang mencapai belasan juta rupiah. Erlina mengungkapkan dukungan RB Rembang sangat membantu dalam mengelola dan memasarkan produknya, khususnya dalam hal e-commerce untuk mengembangkan bisnis secara lebih efektif.
     
    “RB Rembang juga memberikan edukasi kepada saya bisnis bukan sekadar menjual barang. Tapi diperlukan kemampuan memanfaatkan teknologi digital, sehingga kita sebagai UMKM lebih terbuka terhadap strategi untuk mengelola branding produk serta memperluas akses pasar. Terima kasih RB Rembang, semoga bisa membantu lebih banyak UMKM untuk maju,” ujar Erlina.
     
    Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni mengatakan, SIG bangga terhadap pencapaian Mina Food Rembang yang berhasil bangkit dari masa-masa sulit, hingga mampu mengembangkan usahanya.
     
    Pencapaian ini menjadi bukti konsistensi SIG yang terus memberikan pendampingan dan pembinaan secara komprehensif kepada pegiat UMKM melalui RB Rembang.
     
    “RB Rembang hadir sebagai inkubator bisnis yang membantu UMKM untuk maju dan berkembang melalui program pendampingan dan pembinaan yang menyeluruh. Semoga RB Rembang dapat terus melahirkan pengusaha-pengusaha sukses yang dapat berkontribusi terhadap ekonomi daerah dan membuka kesempatan kerja untuk membantu pemerintah mengurangi angka pengangguran,” kata Vita Mahreyni.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (AHL)

  • Makin Mudah! Belanja dan Nyicil Berbagai E-commerce di Satu Aplikasi

    Makin Mudah! Belanja dan Nyicil Berbagai E-commerce di Satu Aplikasi

    Jakarta: Flip Group, grup fintech melalui PT Lentera Inspirasi Pembiayaan memungkinkan pengguna untuk berbelanja di berbagai platform e-commerce serta melakukan pembayaran lewat satu aplikasi yaitu Flip FlexiCicil.
     
    Layanan paylater FlexiCicil hadir sebagai solusi inovatif bagi masyarakat Indonesia yang ingin memenuhi kebutuhan pembayaran yang lebih fleksibel, di tengah pertumbuhan pesat industri e-commerce dan layanan ‘Buy Now, Pay Later’ (BNPL).
     
    Laporan dari Google, Temasek, dan Bain & Company mengungkapkan transaksi e-commerce di Indonesia diproyeksikan dapat mencapai Rp1,3 triliun pada 2025. Seiring dengan itu, layanan BNPL juga akan semakin populer, dan Indonesia diperkirakan akan memimpin pertumbuhan industri BNPL di Asia Tenggara dengan pertumbuhan hingga delapan lipat lipat dibanding 2020.
    FlexiCicil hadir untuk memanfaatkan momentum ini dan memberikan solusi yang lebih mudah, aman, dan terjangkau bagi masyarakat Indonesia dalam berbelanja online. Dengan FlexiCicil, pengguna tidak perlu lagi berpindah-pindah aplikasi untuk berbelanja di beberapa e-commerce yang berbeda.
     
     

    Akses berbagai merchant di platform e-commerce

    Cukup dengan menggunakan aplikasi Flip, pengguna dapat mengakses berbagai merchant di platform e-commerce populer serta melakukan pembayaran kemudian dengan menggunakan skema cicilan yang mudah dan terjangkau. Pengguna bisa menikmati belanja tanpa bunga selama periode promo dengan limit hingga Rp10 juta dan fleksibilitas pembayaran, mulai dari pemilihan tenor cicilan hingga pelunasan lebih awal.
     
    Tidak hanya itu, FlexiCicil juga dapat digunakan untuk membeli pulsa dan paket data, memberikan fleksibilitas bagi pengguna dalam memenuhi kebutuhan digital mereka.
     
    “FlexiCicil adalah bukti nyata dari komitmen Flip Group untuk memberikan masyarakat Indonesia akses yang lebih luas ke layanan keuangan yang fair dan fleksibel. Dimulai dengan transaksi di berbagai e-commerce dan pembelian pulsa dan paket data, FlexiCicil akan terus berkembang untuk mendukung berbagai jenis transaksi keuangan lainnya. Harapannya semakin banyak masyarakat yang dapat merasakan manfaat pembiayaan yang fair dan mudah,” ujar Founder Flip Group Rafi Putra Arriyan, dalam keterangan tertulis, Rabu, 11 Desember 2024.
     
    FlexiCicil merupakan layanan pembiayaan yang disediakan oleh PT Lentera Inspirasi Pembiayaan, bagian dari Flip Group, perusahaan pembiayaan yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (AHL)

  • Teknologi AI bagi UMKM, Tingkatkan Produktivitas Cepat

    Teknologi AI bagi UMKM, Tingkatkan Produktivitas Cepat

    Jakarta: Teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) semakin merambah ke berbagai sektor, termasuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di tengah pesatnya perkembangan digital.
     
    Teknologi AI mampu memberikan peluang besar bagi pelaku UMKM untuk meningkatkan produktivitas dan mendorong daya saing di pasar yang semakin kompetitif. Teknologi AI tidak hanya menyasar perusahaan besar saja, tetapi didorong agar dapat mengoptimalkan kemajuan bisnis UMKM.
     
    Komitmen untuk memberikan kesejahteraan kepada UMKM dengan memanfaatkan AI inilah yang dibawa oleh PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), melalui berbagai solusi digitalnya seperti ekosistem Indibiz dan platform PaDi UMKM.
    Menurut laporan Kearney (2020), penerapan AI di kawasan Asia Tenggara diproyeksikan menyumbang USD1 triliun untuk PDB kawasan pada 2030. Di Indonesia, AI diperkirakan akan berkontribusi hingga USD366 miliar atau 12 persen terhadap PDB nasional pada tahun yang sama. Angka ini menunjukkan potensi besar bagi UMKM yang memanfaatkan AI untuk meningkatkan daya saing bisnis mereka.
     
    Pentingnya AI bagi UMKM

    Teknologi AI dapat melakukan berbagai pekerjaan secara mandiri tanpa perlu melibatkan manusia seperti yang sebelumnya umum dilakukan, seperti pengambilan keputusan, pemrosesan bahas alami, dan analisis data.
     
    Bagi UMKM, AI dapat dimanfaatkan dalam mengotomatisasi proses operasional, serta memberikan analisis bisnis yang lebih dalam. Otomatisasi AI bagi operasional UMKM bisa digunakan untuk berbagai tugas administratif, seperti pengelolaan inventaris, penjadwalan, dan pengolahan data pelanggan.
     
    Selain itu, melalui platform Indibiz yang dilengkapi dengan teknologi AI, pelaku UMKM dapat menggunakan asisten digital Bizy, sebuah chatbot berbasis Generative AI, yang dapat menganalisis berbagai data dan memberikan rekomendasi optimal bagi kemajuan bisnis.
     
     

     
    “Indibiz adalah solusi digital yang dihadirkan Telkom untuk membantu UMKM dalam proses digitalisasi. Dengan teknologi AI yang disematkan pada asisten digital pintar bernama Bizy, pelaku usaha bisa mendapatkan masukan atas terkait bisnis dan produk digital yang dapat mendukung pelaku usaha sehingga dapat membantu pelaku usaha meningkatkan efisiensi operasional,” ujar EVP Digital Business and Technology Telkom, Komang Budi Aryasa, dalam keterangan tertulis, Rabu, 11 Desember 2024.
     
    Lebih jauh, platform PaDi UMKM yang dikembangkan Telkom juga merupakan contoh sukses penerapan AI dalam membantu UMKM. PaDi UMKM menyediakan platform e-commerce yang menggunakan teknologi AI untuk menghubungkan pelaku usaha dengan pasar yang lebih luas.
     
    Dengan adanya analisis AI, pelaku UMKM dapat lebih mudah menargetkan konsumen yang sesuai dengan produk yang mereka tawarkan.
     
    Solusi digital Telkom dan ekonomi berkelanjutan

    Meskipun AI menawarkan berbagai manfaat, ada beberapa tantangan yang dihadapi oleh UMKM dalam implementasinya, seperti literasi digital yang belum merata, keterbatasan infrastruktur teknologi, dan kendala biaya.
     
    Oleh karena itu, Telkom melalui Leap Telkom Digital secara aktif memberikan pelatihan, akses teknologi, serta mengembangkan solusi yang tidak hanya meningkatkan produktivitas UMKM, tetapi juga sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.
     
    Teknologi AI yang diterapkan oleh Telkom membantu mengurangi jejak karbon melalui efisiensi operasional yang lebih baik, penggunaan energi yang lebih efisien, dan manajemen sumber daya yang lebih bijaksana.
     
    Keberlanjutan dalam bisnis bukan hanya soal memaksimalkan keuntungan, tetapi juga memastikan operasional bisnis sejalan dengan tanggung jawab sosial dan ramah lingkungan. Dengan mengimplementasikan AI, UMKM dapat lebih mudah mencapai tujuan ini, sekaligus menciptakan dampak positif yang berkelanjutan.
     
    “Telkom terus berupaya mendukung digitalisasi UMKM di Indonesia melalui produk dan layanan digital kami. Dengan menghadirkan solusi seperti Indibiz dan PaDi UMKM, kami berharap pelaku usaha dapat merasakan manfaat langsung dari teknologi AI untuk meningkatkan daya saing dan efisiensi bisnis mereka. Kami optimistis inovasi ini dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan kerja baru, serta membangun ekosistem bisnis yang lebih berkelanjutan,” ujar Komang.
     
    Bagi pelaku usaha yang ingin bertahan dan berkembang di era digital, adopsi teknologi AI bukan lagi pilihan, melainkan kebutuhan. Dengan dukungan dari ekosistem digital seperti Indibiz dan PaDi UMKM di bawah umbrella brand Leap Telkom Digital, pelaku UMKM dapat meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan daya saing mereka secara signifikan.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (AHL)

  • Kisah Pemuda Asal Madiun Cuan Ratusan Juta Rupiah dari Bitcoin – Halaman all

    Kisah Pemuda Asal Madiun Cuan Ratusan Juta Rupiah dari Bitcoin – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kini semakin banyak anak muda yang tertarik untuk mencari sumber penghasilan di luar pekerjaan konvensional.

    Tidak hanya melalui jalur karier, banyak yang mulai menggali potensi di bidang digital dan investasi. 

    Di era yang serba cepat ini, kesempatan untuk menghasilkan uang semakin beragam, terutama dengan kemajuan teknologi yang membuka banyak pintu peluang.

    Berbagai sektor seperti e-commerce, content creation, dan bahkan investasi digital menjadi pilihan utama bagi anak muda yang ingin menciptakan sumber pendapatan alternatif.

    Dengan hanya bermodal gadget dan akses internet, siapa saja bisa mengakses peluang tersebut. Semuanya dapat dilakukan tanpa harus meninggalkan kenyamanan rumah.

    Beberapa anak muda telah membuktikan bahwa dengan tekad kuat dan pemahaman yang matang, siapa saja bisa sukses.

    Mereka berhasil membangun kekayaan dengan cerdas. Mereka juga memanfaatkan berbagai instrumen finansial untuk mencapai kebebasan finansial yang diimpikan.

    Salah satu contohnya adalah Muhamad Abu Tholif, yang akrab disapa Alif Kenzo.

    Ia seorang trader muda yang berhasil meraih cuan hingga ratusan juta di usia yang masih terbilang sangat muda. 

    Perjalanan suksesnya dimulai pada tahun 2019 ketika ia merintis usaha sebagai makelar motor dan ponsel.
     
    Namun, pandemi covid-19 yang melanda dunia pada tahun 2020 membuat bisnisnya mengalami penurunan drastis.

    Tak ingin menyerah begitu saja, Alif Kenzo akhirnya mencoba peruntungannya di dunia trading. Meski penuh tantangan, langkahnya menuju dunia trading ternyata membuahkan hasil yang lebih menguntungkan daripada bisnis sebelumnya.

    “Jadi awal kenal dunia trading itu tahun 2019, yang dimana ada satu circle, temanku yang coba kenalin ke aku soal crypto awalnya. Jadi di crypto itu dia jelasin, ada satu koin yang potensial banget, namanya bitcoin waktu itu. Nah, karena aku orangnya penasaran banget, jadi excited. Menurutku ini menarik. Jadi, saya coba pelajari dan saya yakin ini adalah aset class yang potensial,” jelasnya, Kamis(12/12/2024).

    Alif Kenzo yang kini berusia 21 tahun, asal Kebonsari, Kabupaten Madiun, Jawa Timur mengatakan bahwa kesuksesannya dalam trading tak datang begitu saja. Ia belajar secara otodidak tentang strategi trading dan pentingnya mengelola risiko dalam setiap transaksi. 

    Namun, perjalanan Alif Kenzo tak selalu mulus. Ia pernah mengalami kerugian besar hingga mencapai Rp 50 juta dalam semalam.

    Meskipun demikian, pengalaman pahit tersebut tidak membuatnya mundur. Sebaliknya, kegagalan tersebut justru menjadi motivasi baginya untuk terus belajar dan memperbaiki diri.
     
    Selain berfokus pada trading, Alif Kenzo juga memiliki bisnis lain yang tidak kalah menarik.

    “Alhamdulillah, ada bisnis. Itu di bidang media, yang bergerak untuk desain grafis. Jadi membantu klien-klien membangun personal branding di bisnisnya,” ungkap Alif. 

    Bisnis media ini juga menjadi salah satu sumber penghasilannya yang terus berkembang.

    Alif mengakui bahwa meski ia seorang full-time trader, ia tetap menyempatkan diri untuk mengelola bisnis desain grafis yang kini telah memiliki banyak klien.

    Sebagai seorang influencer di dunia trading, Alif juga aktif membagikan pengalaman dan edukasi tentang trading melalui platform TikTok.

    Tujuannya tidak hanya untuk memperkenalkan dunia trading, tetapi juga untuk mengubah persepsi negatif yang seringkali melekat pada dunia ini.

    “Untuk mengubah persepsi negatif terhadap trading dan meningkatkan literasi pasar keuangan ke kalangan generasi muda,” jelas Alif. Ia berharap dengan berbagi pengetahuan, lebih banyak orang dapat memahami potensi serta risiko yang ada dalam trading dan investasi,” ujar dia.

  • Indosat Bidik Peluang Ekonomi Digital Rp1.800 Triliun 2027, Andalkan AI-Big Data

    Indosat Bidik Peluang Ekonomi Digital Rp1.800 Triliun 2027, Andalkan AI-Big Data

    Bisnis.com, JAKARTA – PT Indosat Tbk.(ISAT) fokus mengoptimalkan kecerdasan buatan (AI) dan big data dalam menangkap peluang ribuan triliun ekonomi digital pada 2027.

    Director & Chief Business Officer Indosat Muhammad Danny Buldansyah mengatakan ekonomi digital Indonesia diproyeksikan mencapai Rp1.800 triliun 3 tahun lagi.

    Untuk menangkap peluang besar itu, Indosat berfokus pada pengembangan teknologi seperti AI dan big data dalam beberapa tahun ke depan yang menyasar berbagai sektor, termasuk perbankan. 

    Teknologi inovatif yang disiapkan juga bertujuan untuk mempercepat digitalisasi Tanah Air. 

    “Dengan inisiatif seperti Sahabat AI bersama GoTo, AI Merdeka dengan NVIDIA, dan Banking AI untuk digitalisasi perbankan,” ujarnya, Kamis (12/12/2024).

    Selain itu, kata Danny, Indosat juga aktif memperluas jaringan hingga ke pelosok, seperti NTT dan Sulawesi, melalui program seperti ID Camp dan Digital Talent Scholarship. 

    Talenta digital berperan penting dan menjadi tulang punggung dalam meningkatkan ekonomi digital Indonesia. 

    Selain itu, pertumbuhan ekonomi digital juga harus didukung oleh pembangunan infrastruktur, peningkatan literasi digital, dan regulasi yang inovatif.

    Sebelumnya, dalam laporan e-Conomy SEA 2024 terbaru yang disusun oleh Google, Temasek, dan Bain & Company, nilai ekonomi digital Indonesia 2024 naik 13% dibandingkan tahun 2023, menjadikannya GMV terbesar di Asia Tenggara.

    Country Director Google Indonesia Veronica Utami mengatakan bahwa pertumbuhan yang kuat menjadi salah satu faktor nilai ekonomi digital Indonesia pada tahun 2024 diprediksi akan naik.

    “Indonesia tetap menjadi negara dengan perekonomian digital terbesar di Asia Tenggara, dan diperkirakan tahun ini akan berakhir di sekitar US$90 miliar. Jadi masih kuat dan masih bertumbuh 13% meskipun ukurannya sudah sangat besar,” kata Veronica di kantor Google, Rabu (13/12/2024).

    Adapun, dalam laporan tersebut sektor e-commerce masih menjadi kontributor terbesar bagi ekonomi digital, tumbuh 11% menjadi GMV US$65 miliar pada tahun 2024.

    Membuntuti e-commerce, sektor online travel dan sektor transportasi dan makanan diperkirakan menyumbang masing US$9 miliar terhadap ekonomi digital.

    Posisi terakhir diikuti oleh sektor media online yang diperkirakan bakal menyumbang sekitar US$8 miliar untuk ekonomi digital Indonesia.

    Veronica menjelaskan, tingginya kontributor e-commerce terhadap ekonomi digital Indonesua tidak terlepas dari fitur-tur baru seperti video commerce untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam berbelanja. 

    Indonesia merupakan pasar dengan pertumbuhan tercepat kedua terkait jumlah video yang diupload kreator, dengan peningkatan CAGR sebesar 16% dari tahun 2022 hingga 2024.