Topik: e-commerce

  • Transformasi MyTelkomsel, Telkomsel Raih Global Telecom Awards 2024

    Transformasi MyTelkomsel, Telkomsel Raih Global Telecom Awards 2024

    Jakarta

    Telkomsel kembali meraih penghargaan internasional bergengsi Global Telecom (Glotel) Awards 2024 dalam kategori Delighting the Customer. Penghargaan ini diraih atas proyek inovatif Digital Hyper Ecosystem Telkomsel.

    Proyek ini telah mentransformasi MyTelkomsel dari aplikasi utilitas dasar menjadi platform gaya hidup digital yang holistik.

    Kategori Delighting the Customer khusus memberikan apresiasi kepada produk, layanan, atau inisiatif yang mampu menghadirkan pengalaman pelanggan yang luar biasa dan memberikan dampak nyata terhadap kepuasan pelanggan.

    Direktur Marketing Telkomsel, Derrick Heng, menyatakan pelanggan selalu menjadi prioritas utama. Melalui pengembangan ekosistem digital yang terpadu dan terus ditingkatkan di MyTelkomsel, Telkomsel berusaha mempermudah kebutuhan sehari-hari pelanggan sekaligus memberikan pengalaman digital yang lebih menyenangkan.

    “Pengakuan ini menjadi penyemangat bagi kami untuk terus berinovasi dan menghadirkan layanan yang benar-benar bermanfaat bagi semua,” imbuhnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (14/12/2024).

    Transformasi MyTelkomsel telah menghadirkan berbagai layanan terpadu dalam satu aplikasi, mulai dari hiburan seperti musik, film, dan games, hingga fitur gaya hidup seperti kesehatan, perjalanan, dan e-commerce. Telah diunduh lebih dari 100 juta kali dan memiliki hingga 50 juta pengguna aktif bulanan, MyTelkomsel kini menjadi pusat dari berbagai layanan digital di ekosistem.

    Melalui pendekatan end-to-end Telkomsel dalam menggunakan kecerdasan buatan (Hyper AI), seperti dengan Smart Search dan Asisten Virtual Veronika, MyTelkomsel menciptakan pengalaman yang lebih mulus, intuitif, dan efisien bagi para pengguna.

    Beberapa inovasi yang menjadi bagian dari transformasi MyTelkomsel, antara lain:

    Hiburan Lengkap dalam Satu Platform: Kolaborasi MyTelkomsel dengan LangitMusik, MAXstream, Dunia Games, dan Majamojo menghadirkan akses ke berbagai konten digital, mulai dari musik, film, hingga games.

    Fitur Gaya Hidup yang Praktis: Pengguna kini dapat memanfaatkan aplikasi untuk belanja daring, melacak aktivitas kebugaran, memesan tiket pesawat, hingga mengetahui lokasi bagasi di bandara.

    Kemudahan dengan Hyper AI Terintegrasi: Smart Search dan Veronika mempermudah pengguna menemukan fitur yang dibutuhkan, sekaligus mengoptimalkan efisiensi operasional Telkomsel.

    (anl/ega)

  • 10 Startup Ini Pernah Berjaya di RI, Kini Hanya Tinggal Nama

    10 Startup Ini Pernah Berjaya di RI, Kini Hanya Tinggal Nama

    Daftar Isi

    Jakarta, CNBC Indonesia – Banyak perusahaan rintisan atau startup bertebaran di Indonesia. Namun, tidak semua memiliki umur yang panjang.

    Beberapa startup menyerah dan gulung tikar seperti Zenius, Airy Room dan JD.ID. Penyebabnya beragam, mulai dari kehabisan modal hingga dihantam pandemi Covid-19.

    Berikut ini merupakan beberapa startup terkenal yang akhirnya tutup, seperti dirangkum oleh CNBC Indonesia.

    1. Zenius

    Startup edutech Zenius mengumumkan tutup sementara pada awal 2024. Perusahaan penyedia platform pendidikan online dan pemilik jaringan bimbingan belajar Primagama tersebut mengaku harus menghentikan kegiatan karena “tantangan operasional.”

    Penghentian operasi untuk sementara diumumkan oleh Zenius, antara lain, lewat pernyataan resmi kepada mitra pemilik lokasi bimbingan belajar offline Primagama.

    “Kami mengambil langkah strategis untuk menghentikan operasi untuk sementara, tetapi kami menjamin bahwa kami tidak akan berhenti berusaha untuk menjalankan dan mewujudkan visi untuk merangkai Indonesia yang cerdas, cerah, asik,” tulis pernyataan resmi Zenius.

    2. Rumah.com

    PropertyGuru mengumumkan penutupan platform marketplace properti Rumah.com pada Agustus tahun lalu. Sebanyak 61 pegawai Rumah.com terkena kebijakan pemutusan hubungan kerja atau PHK.

    CEO PropertyGuru, Hari V. Krishnan, mengumumkan rencana penutupan Rumah.com lewat siaran pers yang dipublikasikan di situs resmi perusahan.

    “Secara bertahap mengakhiri bisnis marketplace di Indonesia [Rumah.com], akan berhenti pada 30 November 2023. Keputusan ini tidak kami ambil dengan mudah dan kami menyadari dampaknya terhadap karyawan Rumah.com dan pelanggan kami yang berharga,” ujarnya.

    3. JD.ID

    JD.ID resmi menutup seluruh layanannya per 31 Maret 2023. Hal ini pertama kali diketahui dari laman resmi JD.ID. Saat itu, ketika membuka layanan e-commerce tersebut, terpampang pengumuman penting ini untuk diketahui pelanggan.

    “Ini adalah keputusan strategis dari JD.COM untuk berkembang di pasar internasional dengan fokus pada pembangunan jaringan rantai pasok lintas-negara, dengan logistik dan pergudangan sebagai intinya,” kata Head of Corporate Communications & Public Affairs JD.ID, Setya Yudha Indraswara dalam keterangannya saat itu.

    Setya mengonfirmasi penutupan layanan pada 31 Maret 2023. Sementara itu dalam laman resminya, JD.ID akan menyetop penerimaan pesanan per 15 Februari 2023.

    4. Airy Rooms

    Airy Rooms resmi menghentikan operasional tanggal 31 Mei 2020. Penyebabnya adalah adanya keadaan yang berbeda dari sebelum pandemi.

    Bisnis hotel agregator sempat naik daun sebelum pandemi Covid-19 merebak. Para perusahaan bekerja sama dengan pemilik properti dari hotel hingga motel kecil dalam rangka menawarkan tempat menginap seperti yang ditawarkan platform online.

    CEO Airy Rooms Indonesia Louis Alfonso Kodoatie mengatakan alasan di balik keputusan menutup bisnisnya karena mempertimbangkan banyak hal. Termasuk keadaan pasar yang nyaris tumbang akibat pandemi Covid-19.

    5. Fabelio

    Fabelio, startup desain furnitur dan interior, dinyatakan pailit. Hal ini diketahui dari pengumuman di surat kabar berdasarkan putusan Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat No.47/Pdt.Sus-PKPU/2022/PN.Niaga.JKT.PST, tertanggal 5 Oktober 2022, yang mengabulkan putusan pailit terhadap PT. Kayu Raya Indonesia atau Fabelio.

    Sementara itu, akhir tahun 2021, Fabelo dikabarkan tidak membayar tunggakan gaji karyawan sejak bulan Oktober. Perusahaan juga dituding belum membayar BPJS Ketenagakerjaan karyawan sejak 2020 namun tetap memotong dana dari gaji mereka dan memaksa pegawai mengundurkan diri dengan menggunakan anggota organisasi massa tertentu.

    6. Sorabel

    Sorabel resmi tutup pada 30 Juli 2020 lalu. Surat pemimpin kepada karyawannya, menyatakan startup e-commerce itu telah melakukan usaha terbaik untuk menyelamatkan perusahaan. Namun dengan berat hati harus menempuh jalur likuidasi.

    “Oleh karena proses likuidasi yang ditempuh, hubungan kerja harus berakhir di tahap ini untuk semua orang tanpa terkecuali, tepatnya efektif di tanggal 30 Juli 2020. Saya yakin tidak ada satunya pun orang yang berharap hal ini untuk terjadi,” tulis surat tersebut.

    Kabarnya, Sorabel harus berhenti beroperasi karena kehabisan modal dan kesulitan menggalang pendanaan baru di tengah pandemi.

    7. Stoqo

    Stoqo juga menutup layanannya pada pada 2020. Startup ini menjalankan usaha business to business, yang bekerja untuk memasok bahan makanan segar seperti cabai, telur hingga ampas kopi ke gerai makanan, atau restoran.

    Pandemilah yang merusak bisnis itu. Per tanggal 22 April 2020 jadi hari terakhir Stoqo berakhir. Sehari sebelumnya, manajemen telah mengumpulkan karyawan yang mengabarkan penghentian operasional Stoqo.

    Sekitar 250 orang dipekerjakan sejak Stoqo berdiri. Startup ini juga didanai sejumlah investor termasuk Alpha JWC Ventures, Mitra Accel, Insignia Ventures Partners dan Monk’s Hill Ventures.

    8. Qlapa

    Qlapa tutup pada 2019 karena perusahaan ini tidak mampu bersaing bersaing dengan e-commerce lain seperti Tokopedia dan Bukalapak Cs.

    “Hampir 4 tahun yang lalu, kami memulai Qlapa dengan misi memberdayakan perajin lokal. Banyak pasang surut yang kami alami dalam perjalanan yang luar biasa ini,” tulis manajemen Qlapa di situs resminya ketika itu.

    “Kami sangat berterima kasih atas semua tanggapan positif dari para penjual, pelanggan, dan media. Dukungan yang kami terima sangat luar biasa dan membesarkan hati.”

    9. CoHive

    CoHive, startup penyedia ruang kerja berbagi (co-working space), diputus pailit oleh Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

    Keputusan pailit tersebut berdasarkan Putusan Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Register No: 231/Pdt.Sus-PKPU/2022/PN.Jkt.Pst, tertanggal 18 Januari 2023.

    CoHive didirikan pada 2015 sebagai proyek internal perusahaan modal ventura East Ventures yang diberi nama EV Hive sebagai lokasi kerja bersama dan komunitas untuk perusahaan rintisan, baik portofolio mereka maupun bukan. EV Hive punya dua lokasi ruang kerja, yaitu di Jakarta Selatan dan BSD.

    10. Beres.id

    Startup asal Malaysia Kaodim telah mengumumkan bahwa mereka menghentikan semua operasi layanan pada 1 Juli 2022. Penutupan ini mencakup anak usaha mereka di Indonesia, Beres.id.

    Kaodim adalah startup yang menyediakan marketplace jasa yang menghubungkan konsumen dengan penyedia jasa servis AC, kebersihan rumah, hingga pekerja konstruksi.

    Selain Beres.id di Indonesia, Kaodim juga mengoperasikan Kaodim.sg di Singapura dan Gawin.ph di Filipina. Semua anak usaha tersebut juga tutup pada bulan depan. Sejak berdiri pada 2015, Kaodim telah mengumpulkan pendanaan US$17,6 juta.

    (luc/luc)

  • Transaksi Harbolnas 2024 Ditargetkan Capai Rp40 Triliun

    Transaksi Harbolnas 2024 Ditargetkan Capai Rp40 Triliun

    ERA.id – Menteri Perdagangan (Mendag) Budi Santoso optimistis nilai transaksi pada Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2024 akan mencapai Rp40 triliun.

    Menurut Budi, angka ini akan mengalami peningkatan signifikan dibanding tahun lalu, yang mencapai Rp25,7 triliun.

    “Pada pelaksanaan Harbolnas tahun ini, kami berharap transaksi bisa mencapai Rp40 triliun sesuai target yang disampaikan oleh Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA), tahun lalu, nilai transaksinya mencapai Rp25,7 triliun. Kami optimistis target akan tercapai selama pelaksanaan Harbolnas 2024,” ujar Budi dalam keterangan dikutip di Bali, Jumat (13/12/2024).

    Nilai transaksi Harbolnas terus meningkat dari tahun ke tahun. Bahkan, nilai transaksi pada 2023 yang sebesar Rp25,7 triliun merupakan peningkatan sebesar 182 persen bila dibandingkan dengan pelaksanaan Harbolnas perdana pada 2019.

    Transaksi produk lokal berkontribusi sebesar Rp12,3 triliun, atau 48,1 persen dari total nilai transaksi Harbolnas 2023.

    Budi mengatakan, produk lokal adalah cerminan kreativitas dan semangat dari para pelaku usaha tanah air yang turut berkontribusi pada perekonomian dalam negeri.

    Di sisi lain, untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar delapan persen pada 2028-2029, perlu kerja sama erat berbagai pihak.

    “Mari bersama-sama membantu produk lokal semakin maju dengan memakai produk sendiri,” kata Mendag.

    Ia juga menyampaikan, niaga elektronik menjadi itu salah satu cara memperkenalkan produk dalam negeri, merupakan titik temu penjual dengan pembeli, serta memperkuat penjenamaan (branding).

    Dalam hal ini, Budi menekankan, produk lokal perlu dikemas sedemikian rupa agar kualitas barangnya tidak kalah dengan produk asing.

    Lebih lanjut, pasar dalam negeri yang besar harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh produk-produk dari negeri sendiri. Ia pun mengajak lebih banyak pelaku UMKM untuk memaksimalkan promosi dan perluasan pasar domestik melalui platform niaga elektronik.

    Pemanfaatan teknologi digital dapat berperan untuk menjaga kesetiaan pembeli terhadap produk UMKM. Konsistensi yang terbangun dari pembeli produk lokal yang loyal ini, menurutnya, juga dapat berperan melindungi pasar dalam negeri.

    “Ketika konsumen sudah mengenal produk Indonesia, kemudian menggunakannya, dan ternyata testimoninya bagus, terbentuklah suatu cara melindungi pasar dalam negeri secara sukarela. Model ini bisa membantu melindungi pasar dalam negeri dari banyaknya produk asing,” ujarnya. (Ant)

  • Mendag Bidik Transaksi Harbolnas 2024 Capai Rp40 Triliun

    Mendag Bidik Transaksi Harbolnas 2024 Capai Rp40 Triliun

    Jakarta: Menteri Perdagangan (Mendag) Budi Santoso menargetkan jumlah transaksi pada momen Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) tahun ini mencapai Rp40 triliun atau naik 16 persen dibanding tahun lalu. Harbolnas berlangsung selama tujuh hari, pada 10-16 Desember 2024.
     
    Dalam momen Harbolnas ini, Mendag Budi mendadak menjadi bintang saat tampil sebagai host live shopping pada sesi Spesial Harbolnas 12.12 yang disiarkan di Shopee Live pada Kamis  (12/12).
     
    Dalam rangkaian puncak Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2024, Mendag secara khusus menjadi host dengan menawarkan produk pakaian pria dari jenama lokal Kevas Co dan juga produk hijab dan khimar modern dari UMKM Sayra Official.
    Tampilnya Mendag dalam sesi live shopping menunjukkan kolaborasi yang kuat antara pemerintah dan platform e-commerce dalam mempromosikan produk UMKM. Terlebih, produk yang dipromosikan Mendag, sudah menembus pasar ekspor di Shopee.
     
    Dalam kesempatan kali ini, Mendag Budi juga berbincang-bincang dalam sesi mini talkshow bersama dengan dua UMKM lokal yang produknya sudah semakin dikenal di kalangan masyarakat. Ia menjelaskan, sektor ini memiliki  peran strategis dalam mendukung pertumbuhan ekonomi negara.
     
    “Sektor UMKM ini jadi tulang punggung perekonomian nasional, menyerap hampir 97 persen atau sekitar 117 juta dari total tenaga kerja di Indonesia. Salah satu contohnya adalah Mas Kevin dengan Kevas  Co, yang sukses menembus pasar ekspor dengan produk-produknya yang berkualitas,” ujar Mendag Budi dikutip dari keterangan tertulis, Jumat, 13 Desember 2024.
     
    “Selain itu ada juga Ibu Surmiyati dengan Sayra yang berhasil memanfaatkan teknologi untuk terus bertumbuh. Harbolnas 2024 ini tujuannya adalah mendukung brand-brand lokal untuk memperkuat daya  saing dan memperluas jangkauan mereka, sehingga bisa mengikuti jejak-jejak Kevas dan Sayra,” sambungnya.
     

     

    Tebar promo spesial Harbolnas

    Sementara itu, Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Christin Djuarto mengungkapkan, sebagai platform e-commerce yang identik dengan kampanye tanggal kembar, Shopee meramaikan gelaran Harbolnas 2024 ini dengan sejumlah program dan promo menarik seperti diskon dan voucher spesial.
     
    Ragam promo tersebut bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi konsumen dalam mendapatkan produk yang diinginkan, sekaligus mendukung pertumbuhan pengusaha dan UMKM lokal.
     
    “Harbolnas selalu menjadi momen penting bagi Shopee untuk memberikan manfaat bagi semua pihak. Dengan menghadirkan promo menarik, kami ingin memberikan pengalaman belanja yang menyenangkan  bagi pembeli, sekaligus mendorong pertumbuhan UMKM lokal,” tutur Christin.
     
    “Kami tentu berharap, Shopee bersama dengan seluruh penjual dan pembeli UMKM bisa membantu pemerintah dalam menjaga daya beli masyarakat sekaligus menggerakkan roda perekonomian nasional,” tambah Christin.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (HUS)

  • Harbolnas Kebahagiaan Sesaat Ketika Belanja Online

    Harbolnas Kebahagiaan Sesaat Ketika Belanja Online

    JAKARTA – Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas, kembali digelar. Toko-toko e-commerce serta platform belanja online juga telah menebar diskon, promo hingga cash back kepada penggunanya. 

    Hal ini kerap memunculkan perilaku belanja yang impulsif bagi calon konsumennya. Bukan hanya melihat diskonan yang berlimpah, tapi juga nominal cash back atau istilah modern yang merujuk pada pengembalian uang virtual dari nilai barang belanjaannya. 

    Dilansir dari Forbes, dalam sebuah penelitian yang dilakukan perusahaan digital marketing Razorfish di sejumlah negara, menunjukkan perilaku konsumtif orang saat membeli barang dari toko online. Hasilnya dari 1.680 orang yang ditanyai, memperlihatkan sikap bahagia, ketika mendapat notifikasi terkait penawaran tertentu. 

    ‘Digital dopamin’ demikian disebutkan, Michael Fishman ahli perilaku konsumen menyatakan bahwa psikologi konsumen diarahkan untuk melakukan pembelian barang saat melihat tawaran tertentu, tanpa memiliki alasan dan kebutuhan yang jelas.

    “Kebanyakan orang tidak dapat menjawab pertanyaan sederhana tentang mengapa mereka menginginkan hal-hal yang mereka tersebut,” kata Fishman seperti yang ditulis Forbes.

    Michael juga mengungkapkan, daya tarik hedonik dari tampilan situs belanja online dengan menampilkan promo-promo serta tawaran harga miring juga memancing perilaku konsumtif dari pembelinya. Candu negatif dari belanja online seperti inilah yang perlu diwaspadai, dengan cara membeli barang hanya sesuai kebutuhan saja.

    Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi juga mengimbau masyarakat agar tidak terjerat dengan perilaku konsumtif saat Harbolnas –11 November dan 12 Desember mendatang.

    Dia bilang, perilaku belanja berbasis daring (online) makin digandrungi masyarakat, khususnya di kalangan generasi muda milenial. Harga yang lebih murah menjadi pertimbangan utama, apalagi masih diiming-imingi diskon, cash back, pay later, dan lainnya.

    “Pertama konsumen tetap harus mengedepankan perilaku belanja yang kritis dan rasional. Belanjalah berdasar pada kebutuhan bukan keinginan. Jangan terjerat bujuk rayu diskon, sebab banyak diskon hanyalah gimmick marketing alias diskon abal-abal,” ucapnya seperti dikutip dari keterangannya, Senin 11 November.

    Selain itu, Tulus mengingatkan supaya konsumen lebih mencermati segala bentuk diskon yang diberikan, termasuk jenis barang yang diberikan diskonnya. Jangan terjerat bujuk rayu diskon, sebab banyak diskon hanyalah gimmick marketing, alias diskon abal abal.

    “Jangan sampai konsumen dirugikan oleh transaksi belanja online dari market place yang tidak kredibel. Alih alih konsumen malah tertipu,” imbuhnya.

    Sebab, berdasarkan data pengaduan YLKI selama 5 tahun terakhir, pengaduan belanja online selalu menduduki rating tiga besar. “Dan ironisnya prosentase pengaduan tertinggi yang dialami konsumen adalah barang tidak sampai ke tangan konsumen. Artinya masih banyak persoalan dalam belanja online dalam hal perlindungan konsumen,” tambah dia.

    Karena itu, Tulus mendesak pemerintah supaya secara ketat mengawasi praktik belanja online, khususnya lewat Kementerian Perdagangan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Otoritas Jasa Keuangan hingga Badan POM. Sebabnya, fenomena belanja online yang menguat ironisnya justru tidak paralel dengan kuatnya pengawasan oleh pemerintah.

    Makin seru, makin asik mulai investasi di Bukalapak! Yuk, coba investasi dengan BukaReksa atau BukaEmas dan dapatkan diskon spesial 11% cuma di promo #As11k!

    Dijamin Bukalapak #BikinAsik bahkan sambil investasi! Klik https://t.co/3GKw7neUQx ya pic.twitter.com/k8U4Ip8IK7

    — Bukalapak (@bukalapak) November 11, 2019

    Meningkatkan pertumbuhan ekonomi

    Melansir dari CNBC Indonesia, angka pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) tahun 2018 meningkatkan nilai transaksi yang luar biasa, mencapai Rp6,8 triliun. Nilai tersebut naik Rp 2,1 triliun dari nilai transaksi tahun lalu.

    “Untuk tahun ini kami telah meraup transaksi Rp6,8 triliun. Walaupun sebenarnya kami targetkan Rp 7 triliun tapi ini pun naik Rp2,1 triliun dari nilai transaksi tahun lalu,” ungkap Ketua Harbolnas 2018, sekaligus Country Head of Shopback Indonesia, Indra Yonathan pada 19 Desember tahun lalu.

    Dia menuturkan bahwa dari total Rp6,8 triliun tersebut 46% di antaranya disumbangkan produk lokal. Di mana nilai transaksi tersebut meraup Rp 3,1 triliun. Berdasarkan hasil riset lembaga riset pasar, Nielsen Indonesia nilai transaksi di platform e-commerce rata-rata meningkat 6,9 kali dibanding rata-rata harian.

    Adapun produk yang banyak diburu adalah fesyen, kecantikan dan travel. Untuk produk lokal, produk fesyen dan baju keluarga menjadi primadona yakni sebesar 56 persen dan diikuti produk kecantikan sekitar 26 persen dan elektronik 16%. 

  • Momen Harbolnas saat Daya Beli Turun, Asosiasi Tetap Optimistis

    Momen Harbolnas saat Daya Beli Turun, Asosiasi Tetap Optimistis

    Bisnis.com, JAKARTA — Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) melihat momen Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2024 masih disambut positif oleh konsumen di tengah penurunan daya beli. Di sisi lain, pemain e-commerce juga mengalami tantangan tersendiri atas kondisi ini.

    Ketua Umum idEA Hilmi Adrianto mengakui penurunan daya beli pada 2024 telah memberikan tantangan bagi sektor e-commerce, terutama pemain lokapasar atau marketplace.

    Namun, Hilmi menyebut dengan adanya promosi hingga kampanye pemasaran dan kolaborasi, para pelaku e-commerce masih akan bisa memanfaatkan momen Harbolnas 2024 dengan baik.

    Menurut laporan dari ECDB (ecommerce database), Indonesia diprediksi mengalami pertumbuhan e-commerce tertinggi di dunia pada 2024, dengan laju mencapai 30,5%. Angkanya jauh di atas rata-rata pertumbuhan global yang diperkirakan hanya 10,4%.

    “Karena itulah, kami masih optimistis bahwa sektor e-commerce, khususnya lokapasar, masih bisa berkontribusi secara signifikan terhadap Produksi Domestik Bruto [PDB] Indonesia pada 2024,” kata Hilmi kepada Bisnis, Jumat (13/12/2024).

    Selain itu, Hilmi menyampaikan bahwa e-commerce lokapasar akan terus memainkan peran penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi digital dan perekonomian nasional Indonesia. 

    Dia memandang bahwa daya beli masyarakat terdiri dari kemampuan dan kemauan membeli. Hal ini mengingat ada beragam promosi, baik dari penjual, platform lokapasar maupun mitra pembayaran.

    “Konsumen masih akan memanfaatkan momen Harbolnas 2024 untuk mendapatkan produk atau jasa yang mereka perlukan atau butuhkan,” ujarnya.

    Apalagi, tambah Hilmi, Harbolnas masih menjadi program yang sangat diminati konsumen dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini sejalan dengan promosi dan penawaran yang diberikan lokapasar terhadap konsumen.

    “Seiring dengan banyaknya program menarik, selain produk dan jasa harbolnas kali ini ditargetkan juga untuk menaikan transaksi dalam pariwisata sesuai dengan minat masyarakat,” katanya.

    Sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag) Budi Santoso memprediksi nilai transaksi di e-commerce bakal meningkat, seiring dengan daya beli masyarakat yang mulai terungkit.

    “Kami prediksi [transaksi harbolnas 2024] akan meningkat transaksinya. Karena kita sudah memprediksi bahwa daya beli masyarakat sudah mulai berubah naik,” kata Budi saat ditemui di Tokopedia Tower, Jakarta, Kamis (12/12/2024).

    Budi mengungkap total nilai transaksi Harbolnas pada 2023 mencapai Rp25,7 triliun. Angkanya meningkat 182% dari penyelenggaraan Harbolnas pertama pada 2019 silam. Adapun, kontribusi transaksi produk lokal adalah Rp12 triliun, atau 48% dari total nilai transaksi Harbolnas.

    “Kita selama enam hari [harbolnas 2024], harapan kita jika tahun lalu total nilai transaksi harbolnas Rp25,7 triliun, maka diharapkan tahun ini bisa naik menjadi Rp40 triliun, dan ini sudah terlihat,” ujarnya.

    Namun, Budi tak menampik akan adanya penurunan daya beli masyarakat sebelum perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

    “Mereka mungkin kemarin ketika belum dekat dengan Nataru mungkin agak berkurang [daya beli]. Tapi sekarang setelah dekat dengan Nataru, ini kan sudah terbukti ternyata peningkatannya juga signifikan,” ujarnya.

    Kemendag mencatat, nilai transaksi e-commerce pada 2023 mencapai Rp453 triliun. Adapun, pada 2024 diproyeksi akan naik menjadi Rp487 triliun.

    Jika dibandingkan tahun lalu, Kemendag mencatat Harbolnas pada 2024 telah meningkatkan jumlah pengguna di platform e-commerce. Di mana, pengguna platform e-commerce Indonesia naik 11% secara tahunan (year-on-year/yoy) dari 58,6 juta pengguna pada 2023 menjadi 65,65 juta pengguna pada tahun ini.

    Apalagi, Budi menyebut kehadiran platform e-commerce sangat membantu para pelaku UMKM untuk memperkenalkan dan membantu penjualan produk lokal ke konsumen. Serta, menjadi siasat pemerintah untuk mengurangi produk impor.

    “Sehingga e-commerce ini salah satu tujuan juga untuk membranding produk-produk lokal bahwa barang kita nggak kalah dengan produk asing. Barang kita bagus, harga murah, kualitas bagus,” tutupnya.

  • Komdigi Ungkap Kunci Utama Wujudkan Visi Indonesia Digital 2045

    Komdigi Ungkap Kunci Utama Wujudkan Visi Indonesia Digital 2045

    Jakarta, CNN Indonesia

    Plt. Direktur Jenderal Teknologi Pemerintah Digital Komdigi Ismail menyoroti pentingnya infrastruktur untuk mencapai visi Indonesia Digital 2045.

    “Visi Indonesia Digital 2045 membutuhkan konektivitas yang memadai melalui tiga teknologi utama: fixed broadband, mobile broadband, dan satelit,” kata Ismail dalam acara Indotelko Forum, Kamis (12/12).

    Ia menyebut pemanfaatan solusi berbasis digital baru bisa berjalan dengan baik jika infrastrukturnya tersedia. Ismail menyebut infrastruktur adalah prasyarat untuk konektivitas, yang nantinya akan menjadi jembatan solusi digital diadopsi oleh end-user atau masyarakat.

    Menurutnya, pembangunan infrastruktur digital dilakukan melalui tiga pendekatan secara bersamaan, yakni pendekatan langsung oleh pemerintah, koordinasi dan sinergi dengan pihak lain, serta dukungan eksternal dari negara asing dan vendor.

    Lebih lanjut, Ismail menyebut digitalisasi dapat mendukung sektor UMKM sebagai tulang punggung ekonomi Indonesia. Ekonomi digital Indonesia bahkan diproyeksikan mencapai 19 persen dari PDB dengan nilai Rp22.513 triliun.

    Pentingnya infrastruktur diamini oleh Direktur ICT Strategy & Business Huawei Indonesia Mohamad Rosidi. Ia mengatakan pentingnya penguatan infrastruktur digital seperti 5G dan fiber optik untuk mendukung pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.

    “Setiap dollar yang diinvestasikan dalam infrastruktur ICT dapat memberikan dampak besar terhadap GDP,” tutur Rosidi,

    Ia juga menekankan pentingnya kolaborasi antara sektor publik dan swasta dalam menciptakan ekosistem yang saling mendukung.

    Pada 2024, ekonomi digital Indonesia diperkirakan mencapai Gross Merchandise Value (GMV) sebesar US$90 miliar atau sekitar Rp1.416 triliun. Angka tersebut naik 13 persen dari 2023 dengan GMV US$80 miliar.

    Menurut laporan e-Conomy SEA 2024 terbaru yang disusun oleh Google, Temasek, dan Bain & Company, peningkatan digital ekonomi ini menobatkan Indonesia sebagai negara dengan GMV terbesar di Asia Tenggara.

    Pada 2022, Indonesia mencatatkan GMV sebesar US$76 miliar dan tumbuh sebesar 6 persen pada 2023 menjadi US$80 miliar. Peningkatan GMV hingga US$10 miliar pada tahun ini menandakan pertumbuhan dua kali lipat dibandingkan periode sebelumnya.

    Sektor e-commerce menjadi kontributor terbesar bagi ekonomi digital Tanah Air dengan GMV mencapai US$65 miliar. Angka tersebut tumbuh 11 persen dari tahun sebelumnya dengan GMV US$59 miliar.

    Pertumbuhan sektor e-commerce didorong oleh inovasi platform e-commerce besar dalam fitur-fitur baru seperti video commerce untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam berbelanja.

    (lom/dmi)

    [Gambas:Video CNN]

  • Transformasi Digital Pajak di Jawa Timur, Bapenda Hadirkan Layanan Mudah dan Cepat

    Transformasi Digital Pajak di Jawa Timur, Bapenda Hadirkan Layanan Mudah dan Cepat

    TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jawa Timur kembali mencetak sejarah dengan berbagai inovasi yang menjadikan pelayanan pajak lebih mudah, cepat, dan inklusif untuk seluruh lapisan masyarakat. 

    Dengan langkah-langkah inovatif yang belum dimiliki provinsi lain, Bapenda Jatim telah membuktikan diri sebagai pionir dalam transformasi digital pelayanan pajak, sekaligus memperkuat posisi Jawa Timur sebagai provinsi terdepan dalam inovasi teknologi pemerintahan.

    Inovasi-inovasi ini tidak hanya mempermudah masyarakat, tetapi juga menjadi inspirasi bagi pemerintah daerah lainnya. Hal ini menjadi bukti nyata visi Gubernur Jawa Timur dalam menghadirkan layanan publik yang modern, efisien, dan ramah masyarakat.

    Inovasi Unggulan Bapenda Jatim

    ATM Samsat QRIS

    Memadukan teknologi pembayaran modern dengan kebutuhan masyarakat, ATM Samsat QRIS memungkinkan pembayaran pajak kendaraan bermotor hanya dengan memindai kode QR. Wajib pajak kini dapat menyelesaikan kewajiban mereka tanpa antri, kapan saja dan di mana saja.

    Integrasi dengan Dompet Digital SpeedCash melalui SAMKOPI

    Bapenda Jatim melalui SAMKOPI menggandeng SpeedCash, dompet digital asli dari Sidoarjo Jawa Timur yang telah memiliki lisensi Bank Indonesia, untuk mendukung pembayaran pajak kendaraan bermotor.

    Dengan lebih dari 3 juta pengguna, SpeedCash memberikan akses yang lebih luas kepada masyarakat Jawa Timur untuk menyelesaikan pembayaran dengan mudah dan aman..

    Kolaborasi dengan BUMDes sebagai Loket Pajak

    Melalui kerjasama strategis dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Bapenda Jatim telah mendekatkan layanan pembayaran pajak ke tingkat desa, sehingga masyarakat pedesaan tidak lagi harus menempuh perjalanan jauh untuk membayar pajak kendaraan mereka. Inisiatif ini juga mendukung pemberdayaan ekonomi desa.

    Pembayaran Pajak Melalui Gerai Retail dan E-commerce

    Beradaptasi dengan gaya hidup masyarakat modern, Bapenda Jatim menjalin kerjasama dengan gerai retail dan platform e-commerce terkemuka, memberikan fleksibilitas kepada masyarakat untuk membayar pajak kendaraan mereka sambil berbelanja atau melalui aplikasi ponsel.

    Apresiasi untuk Bapenda Jatim

    Langkah-langkah inovatif ini mendapat apresiasi dari berbagai pihak, termasuk pemerintah pusat dan masyarakat luas. Kepala Bidang Pajak Bapenda Jawa Timur, Bapak Bimasakti, mengungkapkan rasa bangganya terhadap pencapaian ini.

    “Kami berkomitmen untuk terus menghadirkan inovasi yang mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Kerjasama dengan mitra strategis seperti ewallet SpeedCash – SAMKOPI menunjukkan bahwa kami siap membawa layanan pajak di Jawa Timur ke level yang lebih tinggi,” ujarnya.

    CEO SpeedCash, Bagus Cahyono, menambahkan, “Kami merasa terhormat dapat menjadi bagian dari langkah visioner Bapenda Jatim. Integrasi ini membuktikan bahwa teknologi dapat menjadi alat yang kuat untuk mendukung pemerintah dalam memberikan layanan terbaik bagi masyarakat.”

    Tidak hanya itu, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, secara resmi meluncurkan layanan ATM Samsat QRIS dalam acara HUT ke 62 di Surabaya.

    Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa kehadiran ATM Samsat QRIS adalah langkah konkret untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat sekaligus meningkatkan transparansi dalam pengelolaan pajak kendaraan bermotor.

    Dampak Positif Bagi Jawa Timur

    Inovasi yang dihadirkan Bapenda Jatim telah membawa perubahan signifikan dalam kemudahan pembayaran pajak kendaraan bermotor. Tidak hanya meningkatkan kepatuhan wajib pajak, tetapi juga memberikan dampak positif terhadap peningkatan pendapatan daerah yang digunakan untuk pembangunan infrastruktur, pendidikan, dan layanan publik lainnya.

    Masyarakat Jawa Timur kini tidak lagi merasa terbebani dalam memenuhi kewajiban pajak mereka. Dengan layanan yang mudah diakses, cepat, dan aman, mereka dapat memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan provinsi ini.

    Inspirasi untuk Provinsi Lain

    Dengan berbagai terobosan ini, Bapenda Jawa Timur tidak hanya berfokus pada efisiensi, tetapi juga memastikan bahwa layanan pajak dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat. Jawa Timur telah menjadi teladan bagi provinsi lain, menunjukkan bagaimana teknologi dapat diintegrasikan untuk menciptakan sistem pelayanan publik yang inklusif dan modern.

    Melalui inovasi-inovasi ini, Bapenda Jawa Timur telah memberikan kebanggaan bagi seluruh masyarakat Jawa Timur, termasuk para pemimpin daerah, instansi terkait, dan mitra strategis. Inisiatif ini menegaskan bahwa Jawa Timur berada di garis depan transformasi digital dalam pelayanan publik, memberikan dampak positif yang dirasakan oleh masyarakat luas.

    Sebagai bagian dari masyarakat yang peduli terhadap kemajuan daerah, ayo manfaatkan kemudahan yang telah dihadirkan Bapenda Jawa Timur melalui dompet digital SpeedCash.

    Dengan membayar pajak kendaraan bermotor menggunakan SpeedCash, Anda tidak hanya merasakan kemudahan transaksi yang cepat, aman, dan praktis, tetapi juga berkontribusi langsung dalam pembangunan Jawa Timur yang lebih baik. Segera unduh SpeedCash dan nikmati inovasi layanan pajak yang membuat hidup Anda lebih nyaman!

  • Telkomsel Raih Glotel Awards 2024 Berkat Digital Hyper AI Ecosystem

    Telkomsel Raih Glotel Awards 2024 Berkat Digital Hyper AI Ecosystem

    Bisnis.com, LONDON – Telkomsel kembali meraih penghargaan internasional bergengsi Global Telecom (Glotel) Awards 2024 dalam kategori Delighting the Customer. Penghargaan ini diraih atas proyek inovatif Digital Hyper Ecosystem Telkomsel yang telah mentransformasi MyTelkomsel dari aplikasi utilitas dasar menjadi platform gaya hidup digital yang holistik.

    Diserahkan pada Kamis, 21 November 2024, di London, Inggris, pengakuan internasional ini semakin memperkuat komitmen Telkomsel untuk memberikan pengalaman digital yang semakin baik bagi pelanggan.

    Glotel Awards merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Telecoms.com dari Inggris, yang memberikan penghargaan bagi inovasi dan keunggulan dalam industri telekomunikasi global.

    Kategori Delighting the Customer khusus memberikan apresiasi kepada produk, layanan, atau inisiatif yang mampu menghadirkan pengalaman pelanggan yang luar biasa dan memberikan dampak nyata terhadap kepuasan pelanggan.

    Perbesar

    Direktur Marketing Telkomsel, Derrick Heng, menyatakan, “Bagi kami di Telkomsel, pelanggan selalu menjadi prioritas utama. Melalui pengembangan ekosistem digital yang terpadu dan terus ditingkatkan di MyTelkomsel, kami berusaha mempermudah kebutuhan sehari-hari pelanggan sekaligus memberikan pengalaman digital yang lebih menyenangkan. Pengakuan ini menjadi penyemangat bagi kami untuk terus berinovasi dan menghadirkan layanan yang benar-benar bermanfaat bagi semua.”

    Transformasi MyTelkomsel telah menghadirkan berbagai layanan terpadu dalam satu aplikasi, mulai dari hiburan seperti musik, film, dan games, hingga fitur gaya hidup seperti kesehatan, perjalanan, dan e-commerce. Telah diunduh lebih dari 100 juta kali dan memiliki hingga 50 juta pengguna aktif bulanan, MyTelkomsel kini menjadi pusat dari berbagai layanan digital di ekosistem.

    Melalui pendekatan end-to-end Telkomsel dalam menggunakan kecerdasan buatan (Hyper AI), seperti dengan Smart Search dan Asisten Virtual Veronika, MyTelkomsel menciptakan pengalaman yang lebih mulus, intuitif, dan efisien bagi para pengguna.

    Beberapa inovasi yang menjadi bagian dari transformasi MyTelkomsel, antara lain:

    ·  Hiburan Lengkap dalam Satu Platform: Kolaborasi MyTelkomsel dengan LangitMusik, MAXstream, Dunia Games, dan Majamojo menghadirkan akses ke berbagai konten digital, mulai dari musik, film, hingga games.

    ·  Fitur Gaya Hidup yang Praktis: Pengguna kini dapat memanfaatkan aplikasi untuk belanja daring, melacak aktivitas kebugaran, memesan tiket pesawat, hingga mengetahui lokasi bagasi di bandara.

    ·   Kemudahan dengan Hyper AI Terintegrasi: Smart Search dan Veronika mempermudah pengguna menemukan fitur yang dibutuhkan, sekaligus mengoptimalkan efisiensi operasional Telkomsel.

    Informasi selengkapnya tentang penghargaan ini dapat diakses pada laman Glotel Awards 2024.

  • Telkomsel Raih Penghargaan Internasional Global Telecom Awards

    Telkomsel Raih Penghargaan Internasional Global Telecom Awards

    Jakarta, CNBC Indonesia – Telkomsel kembali meraih penghargaan internasional bergengsi Global Telecom (Glotel) Awards 2024 dalam kategori Delighting the Customer. Penghargaan ini diraih atas proyek inovatif Digital Hyper Ecosystem Telkomsel yang mentransformasi MyTelkomsel dari aplikasi utilitas dasar menjadi platform gaya hidup digital yang holistic

    Glotel Awards merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Telecoms.com dari Inggris, yang memberikan penghargaan bagi inovasi dan keunggulan dalam industri telekomunikasi global. Kategori Delighting the Customer khusus memberikan apresiasi kepada produk, layanan, atau inisiatif yang mampu menghadirkan pengalaman pelanggan yang luar biasa dan memberikan dampak nyata terhadap kepuasan pelanggan.

    Direktur Marketing Telkomsel, Derrick Heng menyatakan, pengakuan internasional ini semakin memperkuat komitmen Telkomsel untuk memberikan pengalaman digital yang semakin baik bagi pelanggan.

    “Bagi kami di Telkomsel, pelanggan selalu menjadi prioritas utama. Melalui pengembangan ekosistem digital yang terpadu dan terus ditingkatkan di MyTelkomsel, kami berusaha mempermudah kebutuhan sehari-hari pelanggan sekaligus memberikan pengalaman digital yang lebih menyenangkan. Pengakuan ini menjadi penyemangat bagi kami untuk terus berinovasi dan menghadirkan layanan yang benar-benar bermanfaat bagi semua,” ungkap dia dikutip Jumat (13/12/2024).

    Transformasi MyTelkomsel menghadirkan berbagai layanan terpadu dalam satu aplikasi, mulai dari hiburan seperti musik, film, dan games, hingga fitur gaya hidup seperti kesehatan, perjalanan, dan e-commerce. Diunduh lebih dari 100 juta kali dan memiliki hingga 50 juta pengguna aktif bulanan, MyTelkomsel kini menjadi pusat dari berbagai layanan digital di ekosistem.

    Melalui pendekatan end-to-end Telkomsel dalam menggunakan kecerdasan buatan (Hyper AI), seperti dengan Smart Search dan Asisten Virtual Veronika, MyTelkomsel menciptakan pengalaman yang lebih mulus, intuitif, dan efisien bagi para pengguna.

    Berikut inovasi yang menjadi bagian dari transformasi MyTelkomsel

    – Hiburan Lengkap dalam Satu Platform

    Kolaborasi MyTelkomsel dengan LangitMusik, MAXstream, Dunia Games, dan Majamojo menghadirkan akses ke berbagai konten digital, mulai dari musik, film, hingga games.

    – Fitur Gaya Hidup yang Praktis

    Pengguna kini dapat memanfaatkan aplikasi untuk belanja daring, melacak aktivitas kebugaran, memesan tiket pesawat, hingga mengetahui lokasi bagasi di bandara.

    – Hyper AI Terintegrasi

    Smart Search dan Veronika mempermudah pengguna menemukan fitur yang dibutuhkan, sekaligus mengoptimalkan efisiensi operasional Telkomsel. 

    (bul/bul)