Topik: e-commerce

  • Awas Kelewat! Bea Balik Nama Kendaraan Bekas Gratis di Jabar Minggu Depan Terakhir

    Awas Kelewat! Bea Balik Nama Kendaraan Bekas Gratis di Jabar Minggu Depan Terakhir

    Jakarta

    Program bea balik nama kendaraan bekas gratis di Jawa Barat masih berlaku. Awas kelewat, program ini berakhir 23 Desember 2024.

    Promo akhir tahun 2024 pajak kendaraan Jawa Barat masih ada. Lewat promo itu, ada beberapa insentif yang diberikan untuk meilik kendaraan. Insentif yang diberikan mulai dari pembebasan bea balik nama kendaraan bekas, pembebasan denda, hingga diskon BBN kendaraan baru. Berikut ini insentif pajak kendaraan di Jabar.

    Insentif Pajak Kendaraan di Jawa Barat

    Bebas Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor II

    Pembebasan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor ke-2 (kendaraan bekas) yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melakukan proses Balik Nama Kendaraan Bermotor penyerahan kedua dan seterusnya di wilayah Provinsi Jawa Barat.

    Bebas Pokok Tunggakan dan Denda Tahun ke-3,4,5, dst

    Pembebasan pokok tunggakan dan denda pajak kendaraan tahun ke-3, tahun ke-4 dan tahun ke-5 dan seterusnya.

    Bebas Denda SWDKLLJ untuk tahun yang lewat

    Pembebasan denda SWDKLLJ diberikan kepada wajib pajak yang telat melakukan pembayaran untuk tahun yang lewat.

    Diskon 10% BBNKB I

    Diskon BBNKB I sebesar 10% untuk pembelian minimal 5 unit kendaraan baru dalam satu waktu dan satu nama.
    Untuk mempermudah masyarakat, Bapenda Jawa Barat juga telah memperluas kanal pembayaran, di antaranya:

    1. Melalui aplikasi Sapawarga dan Samsat Digital Nasional (SIGNAL) untuk pembayaran pajak kendaraan tahunan;

    2. Gerai Samsat yang tersedia di mal, pusat perbelanjaan, dan lokasi strategis lainnya;

    3. Layanan Samsat Keliling yang menjangkau wilayah pelosok;4. Kerja sama dengan platform e-commerce, gerai modern, dan perbankan.

    Insentif pajak kendaraan ini sudah mulai berjalan sejak 1 Desember 2024. Tapi program ini tak berlangsung selamanya, melainkan hanya sampai 23 Desember 2024. Nah buat kamu yang mau memanfaatkan insentif pajak kendaraan di Jawa Barat ini jangan sampai terlewat ya, karena pekan depan sudah berakhir!

    (dry/din)

  • Aplikasi iPhone Paling Populer yang Dilarang di Indonesia

    Aplikasi iPhone Paling Populer yang Dilarang di Indonesia

    Jakarta

    Tahun 2024 sudah akan berakhir dan sepanjang tahun ini, aplikasi jual beli asal China, Temu, meraih popularitas walaupun dilanda kontroversi. Di Amerika Serikat dan Inggris misalnya, aplikasi Temu adalah yang paling banyak diunduh di App Store iPhone dan iPad.

    Apple mengungkapkan aplikasi yang paling banyak diunduh sepanjang tahun 2024, baik yang gratis maupun berbayar di semua iPhone dan iPad terbaik. Di Inggris dan beberapa negara lain pun sama, aplikasi yang banyak dikritik itu memuncaki daftar paling banyak di-download di App Store.

    “Dalam daftar aplikasi iPhone gratis terbanyak diunduh di AS, aplikasi nomor satu adalah situs belanja China, Temu. Meski retail seperti ini makin populer, survei menemukan 94% responden tak mempercayai Temu, dan merek tersebut dituduh salah menangani data pelanggan di masa lalu. Tapi itu tak menghentikan pengguna iOS membuatnya meroket ke puncak tangga Apple,” sebut Tech Radar yang dikutip detikINET.

    Secara global, Temu menduduki posisi teratas di 24 pasar, termasuk Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Spanyol, Irlandia, Australia, Korea Selatan, dan Meksiko. Perusahaan ini menduduki peringkat kedua di pasar-pasar besar seperti Italia, Prancis, dan Jepang.

    Di Indonesia, Temu telah diblokir oleh Komdigi (Kementerian Komunikasi dan Digital), pada saat masih bernama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Menkominfo saat itu, Budi Arie Setiadi menyebut bahwa Temu merupakan ancaman bagi UMKM di dalam negeri.

    Saat itu bahkan jika Temu mengajukan pendaftaran PSE (penyelenggara sistem elektronik), Budi Arie mengatakan pemerintah tidak akan memberi lampu hijau kepada mereka.

    “Tetap kita enggak akan kasih mereka beroperasi. Kita harus melindungi UMKM kita karena itu menyangkut jutaan tenaga kerja,” jelasnya.

    Sebagai informasi, Temu melakukan model bisnis e-Commerce dari pabrik langsung ke konsumen. Temu yang notabene berasal dari China, bisnis tersebut akan membuka keran impor besar masuk ke Indonesia. Menurut Budi Arie, Temu mengancam masa depan ekosistem UMKM dalam negeri.

    Kominfo sudah melakukan pemblokiran terhadap aplikasi Temu per Rabu (9/10/2024). Meski masih bisa diakses pun, Kominfo memastikan tidak ada transaksi di dalamnya.

    “Aplikasi Temu per kemarin sudah kami nyatakan terlarang di Indonesia. Karena apa? karena aplikasi Temu itu model bisnisnya adalah dari pabrikan langsung ke konsumen. Pabriknya dari luar negeri, konsumennya orang Indonesia. Nanti UMKM kita akan tergilas,” tutur Budi Arie saat itu.

    (fyk/fyk)

  • Shopee Jadi E-Commerce dengan Reputasi Bisnis Terbaik

    Shopee Jadi E-Commerce dengan Reputasi Bisnis Terbaik

    Jakarta: Shopee Indonesia menjadi salah satu perusahaan yang mendapatkan penghargaan ‘Most Reputable Companies’ kategori E-Commerce. Shopee menjadi e-commerce dengan reputasi bisnis terbaik.
     
    Ajang apresiasi yang diselenggarakan majalah SWA bersama Business Digest ini mengukur tingkat keberhasilan perusahaan dalam membangun dan menjaga reputasi. Reputasi baik perusahaan tercermin dari persepsi positif di mata karyawan, konsumen, mitra bisnis, investor, hingga masyarakat umum.
     
    Penilaian dilakukan melalui metode survei terhadap 5.000 responden di lima kota besar, yakni Medan, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Makassar. Indikator penilaian terdiri dari kualitas dan inovasi layanan, tingkat kepercayaan terhadap brand, dan kompetensi sumber daya perusahaan.

    (Penghargaan ‘Most Reputable Companies’ kategori E-Commerce untuk Shopee oleh majalah SWA. Foto: Istimewa)
     
    Pemimpin Redaksi sekaligus Pemimpin Umum Majalah SWA Kemal E. Gani menyampaikan reputasi perusahaan dan marketing yang baik merupakan salah satu aset yang paling berharga dan penting dalam dunia bisnis. Keduanya mencerminkan pandangan persepsi, dan citra perusahaan di mata karyawan, pelanggan, mitra bisnis, investor, dan masyarakat umum.
     
    “Ketika sebuah perusahaan memiliki reputasi yang baik, setiap aktivitas atau kegiatan marketing yang dilakukan perusahaan tersebut bisa membuat konsumen dan pelanggan potensialnya akan lebih percaya pada produk atau layanan yang ditawarkan. Kepercayaan inilah yang akhirnya bisa mendorong loyalitas pelanggan dan berdampak positif pada peningkatan penjualan dan pangsa pasar perusahaan,” tutur Kemal dikutip dari keterangan tertulis, Rabu, 18 Desember 2024.
     

     

    Terus tingkatkan layanan dan inovasi

    Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Christin Djuarto pun mengapresiasi penghargaan ‘Most Reputable Companies’ yang diberikan kepada Shopee.
     
    “Penghargaan ini adalah sebuah kebanggaan yang semakin menjadi penyemangat bagi kami untuk terus meningkatkan layanan agar dapat menjaga kepuasan dan loyalitas pengguna. Kami juga senantiasa berinovasi untuk menghadirkan pengalaman belanja online terbaik bagi para pengguna, penjual, dan mitra bisnis Shopee,” ungkap Christin.
     
    Di sepanjang tahun ini, Shopee aktif menggulirkan inovasi layanan dan inisiatif bisnis yang bertujuan meningkatkan kepuasan pelanggan, sekaligus mendorong pertumbuhan bisnis bagi para seller dan mitra bisnis.
     
    Inovasi layanan dan inisiatif bisnis tersebut diantaranya adalah garansi tepat waktu, fitur belanja interaktif, hingga Shopee Affiliate Program yang membuka kesempatan bagi para kreator untuk terus mengembangkan kreativitas dan mendapatkan pendapatan tambahan.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (HUS)

  • KPK Petakan Tiga Potensi Korupsi di Jawa Timur, Pengadaan Barang dan Jasa Paling Rawan

    KPK Petakan Tiga Potensi Korupsi di Jawa Timur, Pengadaan Barang dan Jasa Paling Rawan

    Pasuruan (beritajatim.com) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI memetakan tiga jenis kegiatan yang berpotensi tinggi terjadinya korupsi di daerah, termasuk di Jawa Timur, yang mengakibatkan sejumlah kepala daerah tersandung masalah hukum. Pemetaan ini disampaikan dalam Puncak Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (HARKORDIA) tahun 2024 di Gedung Taman Chandra Wilwatikta Pandaan, Kabupaten Pasuruan, pada Rabu (18/12).

    Direktur Koordinasi dan Supervisi Wilayah III KPK RI, Eli Kusumastuti, mengungkapkan bahwa ketiga kegiatan tersebut adalah pengadaan barang dan jasa, perencanaan dan penganggaran, serta perizinan. Dari ketiga area tersebut, pengadaan barang dan jasa tercatat sebagai yang paling banyak memicu kasus korupsi.

    “Ada tiga kegiatan yang rawan korupsi yakni pengadaan barang dan jasa, perencanaan dan penganggaran, serta perizinan. Tiga kegiatan ini sangat rawan dan memiliki celah yang dapat dimanfaatkan untuk tindakan korupsi,” jelasnya.

    Eli menekankan bahwa potensi korupsi di Jawa Timur sangat besar. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain luas wilayah yang mencakup 38 kota/kabupaten serta besarnya anggaran yang diterima, baik dari Pemerintah Pusat maupun Pendapatan Asli Daerah (PAD).

    Kombinasi faktor-faktor ini, menurutnya, membuka peluang terjadinya korupsi oleh oknum kepala daerah dan jajaran di bawahnya. Mengingat potensi korupsi yang cukup besar di Jawa Timur, KPK merekomendasikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim untuk memperkuat sistem pengawasan pada seluruh kegiatan administrasi pemerintahan di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

    KPK menilai bahwa fungsi pengawasan yang ada belum dilaksanakan secara optimal, sehingga masih terdapat celah yang dapat dimanfaatkan untuk korupsi. Sehingga KPK menekankan pentingnya komitmen dan sistem yang transparansi.

    “Kami berharap agar implementasi komitmen ini dilakukan secara sungguh-sungguh, bukan hanya setengah. Meski sekarang Pemprov Jatim telah meningkatkan upaya oengawasan,” tambahnya.

    Menanggapi pemetaan potensi korupsi oleh KPK, Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono, menjelaskan bahwa Pemprov Jatim telah melakukan transformasi digital dalam berbagai layanan publik dan pemerintahan. Implementasi sistem digital, seperti e-commerce dan e-catalog, diharapkan dapat meningkatkan efisiensi, akuntabilitas, dan kemudahan bagi masyarakat sekaligus meminimalisir potensi korupsi.

    “Tidak ada layanan publik yang tidak kita sentuh dengan teknologi dan inovasi dalam rangka efisiensi serta akuntabilitas dan kemudahan untuk rakyat. Semua layanan yang kami berikan by digital,” terangnya.

    Adhy Karyono juga menyinggung kasus korupsi yang menjerat beberapa kepala daerah di Jatim. Ia mengharapkan agar para kepala daerah lainnya dapat memberikan contoh yang baik dan menjadi teladan bagi staf yang dipimpinnya, sehingga dapat mencegah terjadinya tindak pidana korupsi. (ada/kun)

  • Telkomsel optimalkan jaringan broadband di Jawa-Bali jelang Natal

    Telkomsel optimalkan jaringan broadband di Jawa-Bali jelang Natal

    Denpasar (ANTARA) – Telkomsel telah melakukan optimalisasi jaringan broadband di 140 lokasi khusus untuk mendukung kenyamanan pengalaman digital pelanggan di seluruh Area Jawa-Bali selama periode Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru).

    Vice President Area Network Operations Jawa-Bali Andrias Indra dalam konferensi pers secara daring yang diikuti di Denpasar, Rabu mengatakan ratusan lokasi yang terdiri dari 8 area transit transportasi (bandara, pelabuhan, stasiun), 124 area spesial (mal, alun-alun, pusat keramaian), dan 8 area di rute mudik (jalur mudik, rest area, SPBU).

    Andrias menjelaskan pihaknya melakukan optimalisasi jaringan dengan melakukan peningkatan kapasitas 417 unit BTS 4G/LTE, penambahan 134 unit BTS 4G/LTE baru, dan penambahan 14 unit Compact Mobile BTS (COMBAT), sehingga menggenapi lebih 77.246 BTS yang tersebar di Area Jawa-Bali.

    “Untuk mengakomodasi lonjakan trafik, Telkomsel pun telah meningkatkan kapasitas jaringan,” katanya.

    Dia mengatakan guna menghadirkan pengalaman digital yang lebih baik dan lebih cepat sekaligus meningkatkan efisiensi operasional, Telkomsel pun telah bertransformasi menjadi penyedia layanan konvergensi terbesar pertama yang mengimplementasikan standar arsitektur jaringan Open Digital Architecture (ODA) dengan Autonomous Network di Indonesia.

    Selain itu, memberikan kecepatan dan stabilitas layanan jaringan melalui skema zero touch self-assurance berbasis AI untuk mendeteksi, mendiagnosis, mengoptimalkan, dan memulihkan fungsi jaringan secara mandiri dan otomatis.

    Selama momen perayaan Natal dan Tahun Baru 2025, Telkomsel memproyeksikan akan terjadi lonjakan trafik broadband hingga sebesar 11.52 persen dibandingkan dengan hari biasa, atau 6.5 persen dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya.

    Lonjakan trafik tersebut diperkirakan pada puncaknya pada saat hari pergantian tahun 2025, dan didorong oleh peningkatan akses media sosial sebanyak 14 persen, video streaming sebanyak 6 persen, layanan komunikasi sebanyak 2 persen, online gaming sebanyak 5 persen, hingga e-commerce sebanyak -22 persen.

    Andrias mengatakan sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan, Telkomsel berkomitmen menyambungkan semangat optimisme dan energi positif bagi masyarakat.

    Dengan mengoptimalkan kesiapan konektivitas yang unggul, Telkomsel berupaya memastikan agar setiap pelanggan dapat menikmati momen Natal dan Tahun Baru dengan penuh kemudahan, kenyamanan, dan kebahagiaan.

    “Telkomsel berkomitmen hadir bersiaga mendampingi para pelanggan untuk menyambut Natal dan Tahun melalui ketersediaan ragam produk dan layanan bernilai tambah, serta program CSR untuk berbagi dengan sesama,” kata Vice President Consumer Area Jawa Bali Suryo Hadiyanto.

    Pelanggan setia Telkomsel juga dapat menukar Poin dengan banyak keuntungan di Posko Utama, serta dapat menikmati beragam penawaran spesial seperti ekstra kuota, diskon di banyak merchant favorit, undian berhadiah mobil, motor, smartphone, orbit, dan masih banyak lagi hanya dengan menukarkan mulai 1 Poin di MyTelkomsel dan MyIndiHome hingga 31 Desember 2024.

    “Kami menyiapkan sembilan posko siaga Natal dan Tahun Baru di Area Jawa Bali untuk pelayanan pelanggan, penjualan produk dan layanan, hingga hiburan berupa games,” kata Suryo.

    Di samping itu, pelanggan juga dapat mengakses layanan pelanggan Telkomsel di Call Center 188 (dan 147, khusus pelanggan IndiHome), aplikasi MyTelkomsel, asisten virtual Veronika di berbagai platform instant messaging, media sosial Telkomsel di Facebook, Instagram, dan X, 120 GraPARI dan 136 ATM MyGraPARI di Area Jawa Bali, serta lebih dari 64.747 mitra outlet Telkomsel,” kata Suryo.

    Pewarta: Rolandus Nampu
    Editor: Biqwanto Situmorang
    Copyright © ANTARA 2024

  • Aplikasi Paling Populer di iPhone Tahun 2024, Temu Jadi Nomor Satu – Page 3

    Aplikasi Paling Populer di iPhone Tahun 2024, Temu Jadi Nomor Satu – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Jelang akhir 2024, Apple merilis laporan tahunan yang menyoroti aplikasi dan game paling banyak diunduh di iPhone dan iPad di seluruh dunia.

    Dalam daftar ini, aplikasi e-commerce hingga hiburan daftar tersebut mengungkapkan platform yang menarik perhatian pengguna tahun ini.

    Dari deretan aplikasi yang menduduki puncak tangga aplikasi iPhone gratisan, ada aplikasi Temu. Aplikasi yang sempat diminta untuk diblokir di Indonesia ini merupakan aplikasi e-commerce yang cukup populer di dunia.

    Pemain utama lainnya termasuk Threads, TikTok, dan Instagram. Aplikasi paling populer lainnya yang juga populer antara lain adalah Google, ChatGPT, dan aplikasi video editor Capcut.

    Temu
    Benang
    Aplikasi TikTok

    ChatGPT
    Google
    Instagram
    WhatsApp
    Capcut – Video Editor
    YouTube: Watch, Listen, Stream
    Gmail – Email by Google

    iPhone 16 saat ini dinyatakan ilegal diperjualbelikan di Indonesia karena belum terdaftar di Kementerian Perindustrian dan belum memiliki Sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Agar iPhone 16 bisa legal beredar di Indonesia, produsen harus …

  • Campaign 12.12 Shopee Melesat 7 Kali Lipat

    Campaign 12.12 Shopee Melesat 7 Kali Lipat

    Jakarta, CNN Indonesia

    Brand lokal dan UMKM di platform Shopee mengalami peningkatan penjualan yang signifikan mencapai hingga 7 kali lipat pada momen campaign 12.12 beberapa waktu lalu.

    Peningkatan transaksi pada brand lokal dan UMKM juga terjadi di saluran Shopee Live. Penjualan yang terjadi di Shopee Live meningkat bahkan hingga 9 kali lipat.

    Beberapa kategori produk yang jadi primadona pembeli saat campaign 12.12 di antaranya atasan dan tas wanita, kosmetik wajah dan parfum, serta produk kebersihan dan binatu.

    Selain fitur live, fitur lain seperti Shopee Affiliate juga mendorong aktivitas pengguna Shopee pada momen campaign 12.12 tersebut. Shopee Affiliate disebut mengalami peningkatan jumlah klik hingga 5 kali lipat.

    Lebih lanjut, laporan e-Conomy SEA 2024 terbaru yang disusun oleh Google, Temasek, dan Bain & Company, peningkatan digital ekonomi ini menobatkan Indonesia sebagai negara dengan GMV terbesar di Asia Tenggara dengan kontributor terbesar berasal dari sektor ecommerce.

    Sektor ecommerce menyumbang ekonomi digital Indonesia dengan GMV mencapai US$65 miliar. Angka tersebut tumbuh 11 persen dari tahun sebelumnya dengan GMV US$59 miliar.

    Pertumbuhan sektor e-commerce didorong oleh inovasi platform e-commerce besar dalam fitur-fitur, di antaranya video commerce seperti Shopee Live, yang meningkatkan pengalaman pengguna dalam berbelanja.

    Monica Vionna, Senior Director of Marketing Growth Shopee Indonesia mengatakan keberhasilan Shopee selama kampanye 12.12 tak terlepas dari dukungan luar biasa para pengguna, dedikasi dari para brand lokal dan UMKM, dan kolaborasi para konten kreator yang tanpa henti mempersiapkan strategi terbaik mereka.

    Hasil kolaborasi dari seluruh ekosistem Shopee membuat perjalanan kampanye akhir tahun 12.12 Birthday Sale menjadi sangat mengesankan dan tak terlupakan dalam menutup 2024.

    “Kami sangat berterima kasih atas kolaborasi positif dan kepercayaan yang luar biasa dari para pengguna, penjual, dan kreator dalam ekosistem Shopee. Ke depannya, kami berharap Shopee dapat terus menjadi kawan setia bagi brand lokal, pengusaha UMKM, dan masyarakat Indonesia secara luas, untuk membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan, meraih peluang, hingga mencapai pertumbuhan kolektif yang berkelanjutan,” kata Monica.

    (lom/mik)

    [Gambas:Video CNN]

  • Dampak Trump pada UMKM Berorientasi Ekspor

    Dampak Trump pada UMKM Berorientasi Ekspor

    Bisnis.com, JAKARTA – Kemenangan Do­­­­nald Trump sebagai Pre­­­si­­­den Amerika Serikat (AS) mem­­­bawa per­ubah­­­­­­­­­an signifikan dalam ta­­­tan­­an perdagangan inter­­­na­­­sional.

    Dengan slogan ‘America First’, Trump mem­­­perkenalkan kebijakan proteksionis yang berfokus pada peningkatan tarif im­­­por dan renegosiasi per­­­janjian dagang.

    Bagi In­­­do­­nesia, kebijakan ini mem­­­berikan tantangan baru, ter­­­­­utama bagi pelaku UMKM yang berorientasi ekspor. Ketidakpastian pasar global, penurunan permintaan, serta risiko gagal bayar menjadi ancaman nyata yang harus dihadapi.

    Peran UMKM dalam perekonomian Indonesia tidak dapat dipandang sebelah mata. Data Kementerian Per­­dagangan menunjukkan bahwa UMKM menyumbang sekitar 15% dari total ekspor nasional. Meskipun kontribusinya tidak sebesar perusahaan besar, UMKM memainkan peran kunci dalam diversifikasi ekspor dan penciptaan lapangan kerja. Dengan situasi perdagangan global yang makin dinamis, perlindungan dan pemberdayaan UMKM menjadi prioritas utama.

    Berdasarkan data Badan Pu­­­sat Statistik (BPS), nilai ekspor Indonesia pada Oktober 2024 mencapai US$22,36 miliar, meningkat 6,34% dibanding dengan bulan sebelumnya. Sektor-sektor seperti pertanian, perikanan, dan tekstil menunjukkan pertumbuhan yang menjanjikan. Namun, di sisi lain, ekspor ke AS justru mengalami penurunan sebesar 2,1% dibandingkan dengan periode yang sama tahun la­­lu. Penurunan ini mengindikasikan dampak langsung dari kebijakan proteksionis AS terhadap produk-produk Indonesia.

    Strategi Trump yang agresif terhadap China menciptakan dinamika baru dalam perdagangan internasional. Perang dagang antara AS dan China, misalnya, tidak hanya memengaruhi kedua negara tersebut, tetapi juga memberikan dampak domino ke negara-negara mitra dagang, termasuk Indonesia.

    Ketegangan ini membuka peluang bagi Indonesia untuk mengisi kekosongan pasar di AS yang sebelumnya didominasi oleh produk China. Namun, pada saat yang sama, kenaikan tarif terhadap China dapat memengaruhi harga bahan baku impor Indonesia, yang sebagian besar berasal dari negara tersebut. Hal ini tentu berdampak pada biaya produksi, terutama bagi UMKM berorientasi ekspor yang sangat bergantung pada bahan baku impor.

    Salah satu solusi yang dapat ditempuh adalah diversifikasi pasar. Ketergantungan Indonesia pada pasar tradisional seperti AS dan China harus diimbangi dengan pembukaan akses ke pasar-pasar non-tradisional seperti Afrika, Timur Tengah, dan Amerika Latin. Langkah ini bukan hanya membuka peluang baru bagi produk Indonesia, tetapi juga mengurangi risiko bergantung pada pasar tertentu yang rentan terhadap kebijakan proteksionis.

    Selain itu, transformasi digital menjadi kebutuhan mendesak. Dengan memanfaatkan platform e-commerce internasional, UMKM berorientasi ekspor dapat memperluas jangkauan pasar tanpa perlu menanggung biaya promosi yang besar. Pemerintah dapat membantu dengan menyediakan pelatihan dan dukungan teknis bagi pelaku UMKM untuk mengadopsi teknologi digital. Langkah ini juga sejalan dengan upaya memperkuat citra produk Indonesia di kancah internasional.

    Dalam jangka panjang, negosiasi perdagangan bilateral dan multilateral harus diperkuat. Pemerintah perlu memastikan bahwa produk-produk UMKM berorientasi ekspor mendapatkan perlakuan yang adil dan preferensial dalam kesepakatan perdagang­an internasional. Hal ini dapat dicapai melalui lobi diplomatik yang intensif serta kerja sama dengan negara-negara mitra dagang.

    Hubungan perdagangan antara AS dan China juga memberikan pelajaran penting bagi Indonesia. Ketegangan antara dua kekuatan ekonomi dunia ini menciptakan peluang strategis bagi Indonesia untuk mengambil alih sebagian pasar yang ditinggalkan. Namun, peluang ini harus diimbangi dengan strategi yang hati-hati, mengingat dampak tidak langsung seperti kenaikan harga bahan baku dapat mengganggu stabilitas biaya produksi di dalam negeri.

    Fasilitas pembiayaan ekspor juga perlu diperkuat. Pe­­­ranan Pembiayaan Ekspor dan Asuransi Ekspor memiliki peran strategis dalam menyediakan pendanaan dan asuransi bagi pelaku ekspor, sehingga risiko gagal bayar dapat diminimalkan. Pemerintah juga dapat memberikan insentif kepada UMKM berorientasi ekspor untuk memanfaatkan layanan pembiayaan dan perlindungan asuransi ini, sehingga mereka lebih percaya diri dalam menembus pasar global.

    Pemerintah juga harus memperhatikan risiko gagal bayar yang meningkat akibat ketidakpastian pasar global. Untuk itu, peran asuransi perdagangan perlu ditingkatkan. Dengan memberikan perlindungan terhadap risiko ini, pelaku usaha, khususnya UMKM berorientasi ekspor, dapat lebih fokus pada peningkatan kualitas dan ku­­an­­titas produksi.

    Di sisi lain, kebijakan do­­mestik juga harus mendukung daya saing UMKM ber­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­orientasi ekspor di pasar internasional. Penyederhanaan regulasi ekspor, peningkatan infrastruktur logistik, dan penurunan biaya transportasi menjadi langkah yang perlu diambil untuk menciptakan ekosistem yang lebih mendukung bagi pelaku usaha.

    Kesimpulannya, kebijakan proteksionis yang diterapkan oleh Trump telah memberikan tantangan besar bagi Indonesia. Namun, dengan strategi yang tepat, tantangan ini dapat diubah menjadi peluang untuk memperkuat posisi Indonesia dalam perdagangan internasional. Diversifikasi pasar, penguatan pembiayaan dan perlindungan ekspor, adopsi teknologi digital, dan peningkatan diplomasi perdagangan menjadi kunci utama yang harus diperhatikan.

    Pemerintah perlu berperan aktif sebagai fasilitator sekaligus pelindung bagi pelaku UMKM berorientasi ekspor. Kolaborasi antara pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat internasional harus terus ditingkatkan untuk menciptakan ekosistem perdagangan yang inklusif dan berkelanjutan. Dengan langkah-langkah ini, UMKM Indonesia tidak hanya dapat bertahan, tetapi juga berkembang menjadi motor penggerak utama per­ekonomian nasional di tengah dinamika global yang terus berubah.

  • Perang Dagang Trump Makan Korban Baru: Lingerie

    Perang Dagang Trump Makan Korban Baru: Lingerie

    Jakarta, CNBC Indonesia – Pengusaha China terus bersiap dalam mengantisipasi kemungkinan sanksi dan tarif yang dijatuhkan Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Donald Trump produk Negeri Tirai Bambu. Ini tak terkecuali dalam industri pakaian dalam termasuk lingerie.

    Mengutip Reuters, para pengusaha yang ada di daerah Guanyun Timur, yang dikenal sebagai ‘Ibu Kota Pakaian Dalam’ China, khawatir bahwa Trump akan menerapkan tarif atas produk mereka. Pasalnya, ekspor ke AS merupakan salah satu kontributor pendapatan yang besar.

    “Tarif yang lebih tinggi akan berdampak relatif besar pada kami,” kata salah satu pemilik pabrik pakaian dalam, Lei Congrui, kepada Reuters, Selasa (17/12/2024).

    Sebelumnya, pakaian dalam masuk dalam aturan ‘de minimis’ AS. Ini adalah aturan yang berupaya mengurangi dokumen bea cukai untuk paket yang bernilai hingga US$ 800 (12,8 juta) yang dikirimkan kepada perorangan.

    Hal ini telah memicu kebangkitan pesat perusahaan e-commerce China seperti Shein dan PDD Holdings serta Temu. Produsen seperti Lei kemudian berjualan melalui platform tersebut untuk memanfaatkan aturan ‘de minimis’ itu.

    Lei mengatakan bahwa nantinya aturan tarif baru Trump ini dapat berdampak kepada masa depan 400 perusahaan di Guanyun Timur, yang mempekerjakan 100.000 orang.

    “Jika Anda masuk ke lingkungan mana pun di sekitar sini dan berteriak ‘apakah ada yang membuat pakaian dalam seksi?’, dua kepala akan keluar dari hampir setiap gedung,” tambah Lei.

    Nomura memperkirakan China akan mengekspor barang senilai US$ 240 miliar karena mendapatkan manfaat dari ‘de minimis’ tahun ini. Ini mencakup mencakup 7% dari penjualan luar negerinya dan menyumbang 1,3% dari produk domestik bruto.

    Nomura memperkirakan bahwa penghapusan aturan oleh AS akan mengurangi pertumbuhan ekspor sebesar 1,3 poin persentase dan pertumbuhan PDB sebesar 0,2 poin. Angka-angka itu akan memburuk secara signifikan jika Eropa dan Asia Tenggara juga menghapus pengecualian tersebut.

    “Kami memperkirakan pekerja kerah biru dari pabrik-pabrik kecil yang memproduksi produk-produk tanpa merek, bernilai tambah rendah, dan padat karya akan paling terpengaruh,” kata kepala ekonom China Nomura Ting Lu, seraya menambahkan bahwa sektor pakaian jadi termasuk di antara sektor-sektor tersebut.

    Secercah Harapan

    Lei mengatakan tarif dan pembatasan e-commerce akan memaksanya untuk menerima volume penjualan yang lebih rendah, dan konsumen AS harus membayar lebih banyak. Dia mempertimbangkan untuk berinvestasi di gudang-gudang AS dan beralih ke model pengiriman kargo curah alih-alih pengiriman langsung ke pelanggan melalui udara, yang dapat menurunkan biaya.

    Ia juga tengah mencari klien baru di Amerika Selatan, Timur Tengah, dan Asia Tengah. Pelanggan juga dapat ditemukan di platform seperti Temu.

    Hal serupa juga menjadi pandangan pendiri produsen pakaian dalam Gummy Park, Xu Yan. Ia menjual sepertiga dari produksinya di luar negeri dan yakin pertumbuhan di pasar lain akan mengimbangi penurunan volume penjualan di AS.

    “Amerika Serikat hanyalah satu negara. Dunia ini berpenduduk lebih dari 8 miliar orang,” kata Xu.

    (sef/sef)

  • China Jajah Dunia, Buktinya Makin Kencang di Amerika

    China Jajah Dunia, Buktinya Makin Kencang di Amerika

    Jakarta, CNBC Indonesia – Aplikasi e-commerce asal China, Temu, diblokir di Indonesia karena dinilai sebagai ‘pembunuh’ UMKM lokal. Praktik Temu yang menjual barang super murah langsung dari produsen ke konsumen akhir dianggap tidak mendukung kompetisi yang sehat.

    Kendati demikian, Temu terus ‘menjajah’ negara lain. Bahkan, di Amerika Serikat (AS), Temu berhasil menjadi aplikasi yang paling banyak di-download, berdasarkan laporan yang dirilis Apple.

    Temu sudah berhasil menduduki posisi pertama sejak tahun lalu. Hingga kini Temu terus konsisten mempertahankan peringkatnya.

    Sebelumnya, posisi aplikasi paling banyak di-download di AS diduduki TikTok sejak 2022. Namun, TikTok yang kian mendapat tekanan dari pemerintah AS akhirnya tersungkur ke posisi ke-3 menurut laporan Apple.

    Adapun posisi ke-2 diisi oleh Threads, layanan milik Meta yang diproyeksikan sebagai pesaing X milik Elon Musk.

    Threads berhasil naik ke posisi ke-2 setelah tahun 2023 bertengger di posisi ke-3 sebagai aplikasi paling banyak di-download di AS.

    Sebagai informasi, Apple kerap merilis aplikasi dan game terpopuler pada akhir tahun. Hal ini untuk menunjukkan ke masyarakat apa saja aplikasi yang menyita perhatian dan paling banyak di-download pada perangkat mereka.

    Untuk pertama kalinya, ChatGPT yang dikembangkan OpenAI juga masuk daftar ‘Top 10’ aplikasi terpopuler Apple. Posisinya berada di urutan ke-4, dikutip dari Tech Crunch, Selasa (17/12/2024).

    ChatGPT bahkan mengalahkan Google dalam hal jumlah download. Aplikasi-aplikasi Meta juga masih mendominasi jejeran ‘Top 20’ aplikasi paling banyak di-download versi Apple.

    Selain Threads yang menduduki posisi ke-2, ada juga Instagram dan WhatsApp yang secara berurutan berada di posisi ke-6 dan ke-7.

    Selanjutnya, juga ada CapCut yang merupakan ‘saudara’ TikTok sesama anak usaha ByteDance. Lalu ada YouTube, Gmail, Google Maps, Shein, dan Facebook pada urutan ke-13.

    Sisanya di ‘Top 20’ ada Telegram, Snapchat, Cash App, Spotify, HBO Max, McDonald’s, dan Amazon.

    (fab/fab)