Topik: e-commerce

  • Perluas Omnichannel, E-Commerce Ini Kolaborasi Dukung Pelestarian Budaya Lokal

    Perluas Omnichannel, E-Commerce Ini Kolaborasi Dukung Pelestarian Budaya Lokal

    Jakarta: PT Global Digital Niaga Tbk (Blibli) mendukung rangkaian kegiatan “Gerakan 100% Untuk Indonesia” dari PT Smartfren Telecom Tbk (Smartfren). Dalam rangka mendukung pelestarian budaya lokal, Blibli pun hadir sebagai official online ticket partner pada festival rakyat bertajuk Smartfren Festival Rakyat Pekalongan 2024 di Pekalongan, Jawa Tengah.
     
    Region Head of Central Java Blibli David Hutani mengatakan, keterlibatan Blibli sebagai official online ticker partner ini mempertegas komitmen Perseroan untuk memperluas pengalaman omnichannel Blibli melalui sinergi dan kolaborasi bersama berbagai pihak. Melalui Smartfren Festival Rakyat Pekalongan 2024, Blibli ingin memperluas pengalaman berbelanja.
     
    “Kami ingin memberikan pengalaman belanja secara seamless bagi pelanggan di wilayah Jawa Tengah dalam memenuhi berbagai produk mulai dari kebutuhan sehari-hari, peralatan elektronik, perhiasan, bahkan produk gaya hidup berbentuk e-voucher, utilities hingga hiburan pertunjukan,” kata David dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 20 Desember 2024.
    Festival Rakyat merupakan acara dengan konsep kontemporer yang diselenggarakan oleh Smartfren sebagai perayaan budaya, tradisi, dan produk lokal Pekalongan. Harapannya acara tersebut bisa menjadi tujuan akhir pekan keluarga untuk menikmati kesenian tradisional, hiburan musik, juga berbagai produk usaha lokal dan UMKM binaan Smartfren Community. 
     

     
    Tiketnya tersedia secara eksklusif via aplikasi dan website Blibli dengan dua pilihan, yaitu seharga Rp25 ribu dan Rp35 ribu, dengan bonus kartu perdana Smartfren 3 GB untuk setiap pembelian. Dengan memanfaatkan fitur omnichannel Blibli, Click & Collect, pelanggan cukup bertransaksi secara online dan memiliki kode voucher sebagai bukti tiket sehingga cashless dan paperless. 
     
    “Kami berharap acara ini jadi ajang bagi para pelanggan menikmati koneksi internet terbaik Smartfren di Pekalongan, serta turut mendukung budaya usaha lokal. Kemudian kami juga mengajak UMKM binaan Smartfren Community untuk turut menampilkan karya terbaik mereka,” ujar Regional Head North Central Java Smartfren Litoco Gunawan.
     
    Blibli didukung layanan pengiriman cepat dan gratis ongkir, opsi pembayaran lengkap, serta Customer Care 24 jam/7 hari sejalan komitmen Tanpa Tipu-Tipu demi memastikan kepuasan pelanggan. Selain itu, setiap transaksi belanja akan memperoleh poin Blibli Tiket Rewards untuk mendapatkan benefit berbagai macam di ekosistem Blibli Tiket.
     
    Dalam festival rakyat ini terdapat berbagai aktivitas yang mengedepankan budaya lokal, mulai dari festival zumba, pameran UMKM, festival band antar pelajar, festival kesenian tradisional, hingga aneka hiburan musik. Smartfren Festival Rakyat Pekalongan 2024 digelar pada 21 Desember 2024 mulai pukul 06.00 WIB hingga selesai. 
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (END)

  • Morris Parfume & Bio Beauty Lab Ungkap Kunci Kesuksesan Bersama Shopee

    Morris Parfume & Bio Beauty Lab Ungkap Kunci Kesuksesan Bersama Shopee

    Jakarta, CNBC Indonesia – Di tengah persaingan ketat dalam industri kecantikan yang terus berkembang, dua brand lokal, Morris Parfume dan Bio Beauty Lab, berhasil menghadirkan pandangan baru melalui kisah inspiratif mereka.

    Bertumbuh bersama perubahan dan optimalisasi rangkaian program dan fitur Shopee, dua brand lokal ini dapat mempertahankan posisinya di hati para pecinta parfum dan skincare di Indonesia.

    Kedua brand lokal ini pun buka-bukaan bagaimana mempertahankan konsistensi keberhasilannya bersama Shoppee, diantaranya sebagai Berikut:

    1. Strategi Morris Parfume: menyulap aroma menjadi identitas

    Foto: Morris Parfume

     

    Menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat, terutama di segmen parfum lokal, setiap brand dituntut untuk terus meningkatkan daya saingnya. Morris Parfume, sebagai brand parfum lokal yang telah hadir sejak 2007, konsisten menciptakan inovasi yang tidak hanya mempertahankan posisinya di pasar, tetapi juga menginspirasi konsumen.

    Dengan komitmen menghadirkan produk lokal berkualitas internasional yang tetap terjangkau, Morris Parfume terus berkreasi agar setiap produknya mampu mencerminkan identitas dan kepribadian para pengguna.

    CEO Morris Parfume, Olivia Regina mengatakan, setiap kepribadian memiliki cerita, dan Morris ingin berperan dalam membantu menceritakan kisah para pengguna melalui aroma.

    “Tentu saja, perjalanan ini tidak semudah membalik telapak tangan. Oleh karena itu, konsistensi dan adaptasi menjadi kunci keberhasilan kami hingga saat ini. Memulai jualan di toko kosmetik, sampai akhirnya pada tahun 2017 kami mulai memanfaatkan jaringan online lewat platform Shopee. Bahkan ketika e-commerce belum sebesar sekarang, kami sudah memilih Shopee sebagai platform utama untuk berjualan. Perjalanan bersama Shopee membawa kami berkenalan dengan ragam kampanye tanggal kembar yang dihadirkan, berbagai promo menarik, kampanye Shopee Pilih Lokal hingga fitur interaktif Shopee Live serta Shopee Video. Program dan fitur inilah yang turut membantu kami meningkatkan performa penjualan Morris Parfume,” jelasnya, Sabtu, (21/12/2024).

    Bersama dengan fitur Shopee Live dan Shopee Video, Morris berhasil membangun interaksi yang lebih dekat dengan pelanggan. Melalui konsistensinya melakukan live streaming selama 18-20 jam setiap hari, Morris berhasil meningkatkan engagement dan interaksi langsung dengan audiens. Hingga saat ini, lebih dari 40% total pemesanan produk Morris Parfume datang dari Shopee Live.

    Selain itu, Shopee Video juga menjadi platform untuk menonjolkan keunikan aroma produknya, memberikan inspirasi bagi calon pengguna dalam memilih parfum yang sesuai dengan kepribadian. Bahkan lewat fitur komentar Shopee Video menjadi tempat untuk saling berbagi tren dan informasi mengenai produk Morris Parfume.

    Menuju musim liburan akhir tahun, nikmati rangkain keseruan Shopee Live dari akun official Morris Parfume! Selain promo menarik dan Diskon hingga 70%, ada juga penawaran bundling untuk produk-produk favorit. Jangan lewatkan juga rekomendasi produk-produk terlaris Morris yang bisa menjadi inspirasi untuk kado maupun hampers tahun baru, seperti Travel Edition, hingga produk best-seller Black Edition dan Frosted Edition.

    2. Bio Beauty Lab: Inovasi Skincare Lokal Lewat Bahan Alami dan Teknologi

    Foto: Produk Bio Beauty Lab

    Di sisi lain, industri skincare lokal juga terus menunjukan perkembangan yang pesat. Bio Beauty Lab, brand kecantikan lokal berhasil mencuri perhatian lewat konsep unik yang memadukan Science dan Natural Ingredients.

    Produksi yang dilakukan secara lokal dengan melibatkan 500 karyawan dari berbagai divisi, mengusung standar internasional dalam prosesnya. Demi memastikan kualitas produk yang maksimal, setiap produk Bio Beauty Lab juga melewati proses riset dan pengujian yang panjang, dengan rata-rata 12 hingga 18 bulan.

    Setiap produk yang dihasilkan pun harus melalui tahap uji coba oleh responden yang dipilih berdasarkan tipe dan permasalahan kulit secara spesifik. Hasil pengujian ini untuk memastikan bahwa formula Bio Beauty Lab dapat menyelesaikan masalah kulit mereka dan memberikan efek yang efektif bagi kulit.

    Tak hanya unggul dalam kualitas produk, brand skincare yang terkenal dengan serumnya ini juga terus berinovasi dalam strategi pemasarannya. Untuk memperluas jangkauan pasar, Bio Beauty Lab memutuskan bergabung dengan Shopee dan mengadopsi fitur interaktif seperti Shopee Live pada pertengahan tahun 2023.

    Langkah ini terbukti membawa dampak besar bagi penjualan mereka, kontribusi penjualan Bio Beauty Lab di Shopee Live mencapai 31% dari total penjualan. Bahkan, peningkatan ini semakin terasa saat momen kampanye besar seperti 12.12 Big Sale kemarin. Penjualan Bio Beauty Lab melalui Shopee Live mencatat lonjakan hingga 20 kali lipat dibandingkan hari biasa.

    “Tentunya kami ingin berterima kasih kepada Shopee yang telah memberikan ruang bagi para pelaku bisnis lokal dan UMKM untuk terus berkembang. Kami juga berusaha untuk terus berinvestasi pada program kampanye dan fitur Shopee dalam memperluas pasar kami. Fitur Shopee Live contohnya, tidak hanya memberikan kesempatan meningkatkan engagement, tetapi juga mempermudah kami dalam memberikan edukasi dari setiap produk Bio Beauty Lab. Senang rasanya bisa berkomunikasi langsung, menjawab pertanyaan, dan memberikan tips yang bermanfaat terkait permasalahan kulit. Apalagi menuju perayaan akhir tahun ini, menjadi kesempatan kami membantu mereka menemukan solusi terbaik untuk kebutuhan kulit. Bahkan juga kami meluncurkan paket spesial Potent Brightening Kit, berisi Glycolic Cleanser, Luxurious Facial Oil, dan Potent C Power Serum, yang cocok untuk dijadikan hadiah bagi orang terkasih. Jangan lewatkan juga promo Tebus Murah 99K khusus produk Bio Beauty lab baik serum maupun cleanser. Ada juga Diskon hingga 50% dan promo spesial akhir tahun lainnya,” ujar Product Management Bio Beauty Lab, Asri Puji Utami.

    Kisah sukses Bio Beauty Lab dan Morris Parfume menjadi bukti bahwa pemanfaatan teknologi dan ekosistem digital yang tepat merupakan strategi penting untuk memperkuat daya saing sekaligus meningkatkan daya tarik di tengah perkembangan pesat industri.

    Lebih dari sekadar platform e-commerce, Shopee telah menjadi mitra strategis bagi para pelaku usaha yang ingin tumbuh dan berkembang. Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk-produk kecantikan dan perawatan diri dari brand lokal dan UMKM, kunjungi situs resmi Shopee atau unduh aplikasi Shopee melalui Google Play Store dan App Store.

    (dpu/dpu)

  • Menkomdigi Minta UMKM Perkuat Literasi Digital untuk Genjot Performa Bisnis

    Menkomdigi Minta UMKM Perkuat Literasi Digital untuk Genjot Performa Bisnis

    Jakarta

    Menteri Komunikasi Digital RI Meutya Hafid mendorong pelaku UMKM untuk terus memperkaya literasi digital. Meutya mengatakan UMKM merupakan salah satu sektor yang paling terdampak digitalisasi. Oleh karena itu, kecakapan digital menjadi modal penting buat pengusaha dalam menjalankan bisnis.

    Selain itu, perkembangan teknologi yang pesat, seperti hadirnya Artificial Intelligence (AI), pun harus dilihat pengusaha UMKM sebagai peluang untuk meningkatkan performa bisnis.

    “Kita betul-betul harus mempersiapkan diri terhadap arus transformasi digital yang hadir di Tanah Air dan juga secara global di belahan dunia manapun. Sektor UMKM adalah salah satu yang akan sangat terdampak dengan adanya digitalisasi, dan tentu baik atau buruknya dampak arus (perkembangan teknologi) itu kita yang menentukan,” tutur Meutya dalam keterangannya, Sabtu (21/12/2024).

    Hal ini disampaikannya dalam acara UMKM Click & Grow di Jakarta, Sabtu (21/12)

    Berdasarkan data Komidigi, jumlah UMKM yang sudah memanfaatkan ruang digital per tahun 2023 baru 38,7%. Meskipun angka tersebut naik dibandingkan tahun 2022 sebesar 34%, Meutya menyebut pemanfaatan teknologi digital oleh UMKM masih belum maksimal.

    “Sebetulnya kenaikannya belum signifikan dibandingkan arus digitalisasi yang sangat cepat. Jadi menurut saya kenaikan itu perlu digenjot lagi, perlu dipercepat lagi untuk menghadapi digitalisasi,” papar Meutya.

    Saat ini, platform e-commerce termasuk salah satu bentuk teknologi yang dapat dimanfaatkan pengusaha UMKM untuk mengembangkan bisnis.

    Kehadiran e-commerce juga merupakan katalis penting dalam proses digitalisasi UMKM. Survei Populix tahun 2023 pun menunjukkan 82% masyarakat Indonesia memilih e-commerce sebagai media untuk berbelanja.

    Selain itu, data yang dirilis E-conomy 2024 dan Google, Bain, and Temasek memproyeksi hingga tahun 2025, nilai total transaksi e-commerce menyentuh US$ 110 miliar, yang didukung oleh pertumbuhan e-commerce sebesar 15%.

    Statistik ini tentunya menggambarkan besarnya potensi bisnis yang dapat dijajaki UMKM dari ekosistem e-commerce. Namun, untuk memanfaatkan potensi ini para pengusaha UMKM harus memiliki literasi digital yang memadai.

    Literasi Digital Perkuat UMKM

    Meutya mengungkapkan memperkaya literasi digital sudah menjadi keharusan bagi pengusaha UMKM. Sebab, kecakapan memanfaatkan teknologi akan meningkatkan daya saing UMKM di pasar domestik maupun internasional.

    “Kita bukan pada posisi bisa menolak untuk menggunakan teknologi. Karena teknologi akan masuk ke segala lini melalui berbagai cara,” tegas Meutya.

    Pemerintah pun turun tangan untuk meningkatkan literasi digital di kalangan pengusaha UMKM. Salah satunya melalui kolaborasi dengan platform e-commerce.

    Sejalan dengan upaya pemerintah mendorong literasi digital UMKM, Head of Government Relations Shopee Indonesia Balques Manisang mengatakan Shopee Indonesia menaruh perhatian besar terhadap literasi digital bagi UMKM.

    Shopee, kata Balques, menyediakan wadah edukasi, pelatihan, dan pendampingan bagi para UMKM melalui program Bimbel Shopee dan Kampus Shopee.

    Melalui Kampus Shopee yang diberikan secara daring untuk para UMKM di seluruh wilayah di Indonesia, Shopee memberikan edukasi, pelatihan, dan pendampingan secara komprehensif kepada para pengusaha UMKM. Hal ini termasuk pengetahuan yang diberikan bersifat holistik, dimulai dari wawasan bisnis digital hingga pemahaman teknis untuk optimalisasi penjualan di platform Shopee.

    “Jadi, Literasi digital itu memang menjadi kunci untuk berdaya saing di era digital. Dengan mengasah literasi dan kemampuan digital, pelaku UMKM akan mampu meningkatkan efisiensi bisnisnya dengan teknologi sehingga rekan-rekan pelaku UMKM bisa naik kelas bahkan hingga go internasional,” ujar Balques.

    Balques menambahkan, literasi digital yang diberikan Shopee pun tak sebatas cara membangun dan mengembangkan bisnis. Shopee, kata dia, juga memberikan pemahaman tentang keamanan data dan transaksi secara daring.

    “Kami percaya bahwa literasi digital tidak hanya tentang memanfaatkan teknologi, tetapi juga memahami cara melindungi diri di dunia digital. Dengan langkah-langkah ini, Shopee ingin memastikan pengalaman jual-beli online yang aman, nyaman, dan terpercaya bagi seluruh ekosistem kami,” tutur Balques.

    Partisipasi di Sesi Shopee Live

    Pada kesempatan tersebut, Meutya juga menyempatkan diri mengunjungi booth sejumlah UMKM yang berpartisipasi. Dia juga bertandang ke booth Shopee yang menghadirkan UMKM fesyen, Sayra Official.

    Di sana, Meutya sempat bergabung sesi Shopee Live bersama owner Sayra Official, Surmiyati. Ia juga membeli produk baju abaya dari Sayra Official, serta menyemangati Sayra Official yang ingin mengekspor produknya melalui Program Ekspor Shopee.

    “Kami di sini hadir untuk mendukung UMKM. Semoga tahun depan bisa ekspor produknya ya,” kata Meutya.

    Balques menyampaikan Program Ekspor Shopee menjadi salah satu pintu masuk bagi produk-produk UMKM untuk menuju pasar global. Jumlah produk UMKM Indonesia yang diekspor Shopee ke Asia Tenggara, Asia Timur, dan Amerika Latin meningkat hampir 50% di tahun 2024 ini.

    Adapun program ini dapat dimanfaatkan UMKM seperti Sayra untuk menjajaki peluang ekspor ke berbagai negara di dunia.

    “Memungkinkan sekali sih, karena selain pelatihan untuk keterampilan digital tadi (Kampus dan Bimbel Shopee), kami juga mendukung produk UMKM untuk Ekspor ke Asia Tenggara, Asia Timur, dan Amerika Latin melalui program ekspor Shopee. Peluangnya besar sekali untuk Ibu Surmiyati dari Sayra Official di tahun mendatang untuk dimanfaatkan karena tahun ini, kami produk terekspor dari para UMKM mengalami peningkatan hampir 50%,” pungkas Balques.

    (prf/ega)

  • Profil Sakti Wahyu Trenggono, Menteri KKP yang Jadi Waketum PAN 2024-2029

    Profil Sakti Wahyu Trenggono, Menteri KKP yang Jadi Waketum PAN 2024-2029

    Bisnis.com, JAKARTA — Partai Amanat Nasional (PAN) resmi mengumumkan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono sebagai Wakil Ketua Umum PAN untuk periode 2024-2029.

    Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan alias Zulhas dalam acara Workshop Partai Amanat Nasional bertajuk “Terdepan Mewujudkan Kedaulatan Pangan” di Surabaya, pada kamis (19/12/2024).

    Tak hanya mengumumkan Sakti Wahyu Trenggono sebagai salah satu petinggi PAN, Zulhas juga mengangkat Menteri Perdagangan (Mendag) Budi Santoso dan Menteri Perhubungan (Menhub) Dudy Purwagandhi sebagai Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN.

    “Malam ini hanya pengumuman, Pak Sakti Wahyu Trenggono sebagai Wakil Ketua Umum PAN, Budi Santoso sebagai Ketua Dewan Pimpinan Pusat PAN, Dudy Purwagandhi sebagai Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional,” kata Zulhas dalam acara tersebut.

    Sementara itu, Sakti Wahyu Trenggono juga turut menyampaikan bahwa dirinya tidak pernah pergi dari partai berlogo matahari putih tersebut.

    “Saya tidak pernah pergi [dari PAN] saya Wakil Bendahara Umum PAN di tahun 2012,” pungkas dia.

    Profil Sakti Wahyu Trenggono

    Sakti Wahyu Trenggono lahir di Semarang pada 3 November 1962. Dia merupakan sarjana (S1) Teknik Industri dari Institut Teknologi Bandung (ITB), dan S1 School of Information System Universitas Bina Nusantara (Binus University). 

    Pendidikannya dilanjutkan ke jenjang S2 dalam program Magister Manajemen di Institut Teknologi Bandung (ITB). Setelah lulus dari ITB, Trenggono memulai karirnya di PT Astra Honda Motor dan bekerja di perusahaan itu selama 11 tahun. 

    Dia kemudian memiliki perusahaan PT Solusindo Kreasi Pratama (SKP) dan PT Tower Bersama Infrastruktur, dua perusahaan yang bergerak di sektor menara telekomunikasi. Kedua perusahaan tersebut tumbuh menjadi penyedia menara telekomunikasi terbesar di Indonesia. 

    Lalu dia mendirikan PT Teknologi Riset Global (TRG) Investama, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi, teknologi, properti, media, dan e-commerce. 

    Selanjutnya, karier politik Sakti Wahyu Trenggono dimulai saat dia bergabung dengan Partai Amanat Nasional (PAN). Dia tercatat sebagai salah satu tokoh dalam tim kampanye pasangan Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma’ruf Amin, pada Pilpres 2019. 

    Selain itu, Sakti Wahyu Trenggono juga sempat menjabat sebagai Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) mendampingi Menteri Pertahanan (Menhan) RI saat itu Prabowo Subianto. 

    Diketahui juga, jabatan menteri yang diembannya saat ini bukanlah hal yang baru bagi Trenggono, pasalnya dia sudah pernah dipercaya menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam Kabinet Indonesia Maju pemerintahan Presiden ke-7 RI Joko Widodo (Jokowi) periode 2019–2024. 

  • Jelang Nataru 2025, BPOM Temukan Banyak Pangan Kedaluwarsa dan Tanpa Izin Edar di Daerah Ini – Halaman all

    Jelang Nataru 2025, BPOM Temukan Banyak Pangan Kedaluwarsa dan Tanpa Izin Edar di Daerah Ini – Halaman all

    Laporan wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

    TRIBUNNEWS.COM,JAKARTA – Menjelang Natal 2024 dan Tahun Baru 2025, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) kembali melakukan intensifikasi pengawasan pangan olahan.

    Adapun pengawasan pangan olahan difokuskan pada produk pangan olahan terkemas yang tidak memenuhi ketentuan (TMK), yaitu tanpa izin edar (TIE)/ilegal, kedaluwarsa, dan rusak di sarana peredaran, termasuk pengawasan ke gudang marketplace.

    “Dari hasil pemeriksaan hingga tahap 3 yaitu sampai 18 Desember 2024, kami menemukan 838 sarana atau 27,94 persen menjual produk yang tidak memenuhi ketentuan atau TMK, dengan jumlah total temuan sebanyak 86.883 pieces”,  jelas Kepala BPOM Taruna Ikrar di kantor BPOM, Jakarta, Jumat (20/12/2024).

    Berdasarkan temuan pangan olahan yang tidak memenuhi ketentuan, jenis temuan pangan TMK terbesar adalah pangan kedaluwarsa, yaitu sebanyak 63,13 persen.

    Pangan kedaluwarsa banyak ditemukan di wilayah Manokwari, Kupang, Belu dan Ende di Nusa Tenggara Timur, dan Pulau Morotai-Maluku Utara. 

    Produk yang ditemukan kedaluwarsa didominasi minuman serbuk berperisa, konsentrat/sari/minuman sari buah, pasta dan mi.

    Temuan kedua terbesar merupakan pangan TIE sebanyak 32,27 persen yang ditemukan di wilayah Sumatra (Palembang, Rejang Lebong, Belitung, dan Batam) serta Kalimantan (Tarakan).

    Sementara itu, pangan rusak sebanyak 4,61 persen banyak ditemukan di wilayah Padang, Pangkalpinang, Palopo, Ambon, dan Manokwari.

    Sebagai tindak lanjut hasil pengawasan, BPOM telah melakukan bimbingan dan fasilitasi pelaku usaha,  termasuk melakukan pengamanan dan pemusnahan produk yang tidak memenuhi ketentuan sesuai peraturan perundang-undangan.

    BPOM juga melakukan patroli siber selama pelaksanaan intensifikasi pengawasan pangan dan menemukan 10.769 tautan yang menjual produk TIE pada platform e-commerce. Data ini menunjukkan penurunan sebesar 36,8 persen
    dari tahun lalu (17.042 tautan).

    Total nilai ekonomi temuan berdasarkan hasil pengawasan sarana dan patroli siber diperkirakan bernilai sekitar Rp22,8 miliar.

    Nilai ekonomi hasil patroli siber lebih besar atau mencapai Rp22,2 miliar dibandingkan nilai ekonomi dari hasil pengawasan sarana yang mencapai lebih dari Rp600 juta.

    BPOM mengimbau masyarakat agar menjadi konsumen cerdas dengan membiasakan lebih teliti untuk membaca informasi pada label sehingga dapat memilih dan mengonsumsi pangan secara seimbang. BPOM juga mengimbau masyarakat untuk selalu menerapkan “Cek KLIK” (Cek Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluwarsa).

     

    Menjelang Natal 2024 dan Tahun Baru 2025, BPOM kembali melakukan intensifikasi pengawasan pangan olahan.

  • Capai Tujuan Industri 4.0, Kemenperin Inisiasi Jakarta Digital Industrial Parkway

    Capai Tujuan Industri 4.0, Kemenperin Inisiasi Jakarta Digital Industrial Parkway

    Jakarta, Beritasatu.com – Sebagai kota metropolitan dan pusat bisnis Indonesia, Jakarta didominasi oleh kegiatan jasa, termasuk jasa industri digital. Data Jasa Industri Digital di Kota Jakarta menunjukkan, setidaknya ada tiga klaster utama lokasi jasa industri digital di kota ini, yaitu Koridor Simatupang, Koridor Kuningan, dan Koridor Sudirman. Ketiga koridor tersebut merupakan kawasan strategis di Kota Jakarta yang berpotensi besar untuk pengembangan jasa industri digital.

    Kementerian Perindustrian mencatat, aktivitas-aktivitas penting yang dilakukan di koridor digital Jakarta meliputi business entrepreneurship, community engagement, innovation and research, education and training, dan aktivitas-aktivitas lainnya. Dari data Kementerian Perindustrian, total investasi di tiga koridor digital di Jakarta tersebut mencapai Rp 12 Triliun, dengan perincian Koridor Sudirman sebesar Rp 7,71 Triliun, Koridor Kuningan sebesar Rp 3,87 Triliun, dan Koridor Simatupang Rp 424 Miliar.

    “Untuk mendorong pengembangan klaster jasa industri digital di Kota Jakarta, Kementerian Perindustrian menginisiasi Jakarta Digital Industrial Parkway (JDIP), sebuah konsep pengembangan kawasan khusus yang difokuskan pada pengembangan jasa industri digital,” ujar Plt Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional, Eko S. A Cahyanto pada kegiatan Kaleidoskop Industrial Wrap 2024 & Branding Jakarta Digital Industrial Parkway di CIBIS Park, kawasan TB Simatupang, Jakarta, Rabu (18/12/2024).

    Plt Dirjen KPAII menyebutkan, adanya JDIP sejalan dengan tujuan peta jalan Making Indonesia 4.0. JDIP diharapkan bisa menjadi katalisator dalam pengembangan ekosistem jasa industri digital di Indonesia, yang pada akhirnya dapat mendorong inovasi di berbagai sektor industri.

    Pengembangan JDIP diharapkan bisa menciptakan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi dengan menarik investasi dan menciptakan lapangan kerja di bidang jasa industri digital. Selain itu, juga diharapkan mampu mendorong terciptanya inovasi-inovasi baru di bidang jasa industri digital, juga meningkatkan daya saing industri nasional.

    Untuk mengembangkan JDIP secara optimal, Eko mengatakan bahwa perlu tindak lanjut, seperti pengembangan infrastruktur untuk peningkatan kualitas infrastruktur jasa industri digital seperti transportasi dan energi, pengembangan SDM di bidang jasa industri digital dengan perguruan tinggi dan sekolah vokasi untuk menghasilkan lulusan yang kompeten, juga promosi JDIP sebagai lokasi yang menarik untuk investasi jasa industri digital.

    “Selain itu, perlu regulasi yang inovatif untuk mendukung iklim dan pertumbuhan jasa industri digital, juga penguatan kemitraan antara pemerintah, pelaku usaha jasa industri digital dan akademisi,” jelas Eko.

    Terdapat 17 Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) Kegiatan jasa industri digital di JDIP yang diantaranya didominasi oleh kegiatan Penerbitan Piranti Lunak (Software), Aktivitas Pengembangan Video Game, Aktivitas Pengembangan Aplikasi Perdagangan melalui Internet (E-Commerce), Aktivitas Pemrograman Komputer Lainnya, Aktivitas Konsultasi Keamanan Informasi, Aktivitas Pengolahan Data, Aktivitas Hosting, Portal Web dan/atau Platform Digital, dan Jasa Penyedia Layanan Internet of Things (IoT).

    Eko menambahkan, Koridor Simatupang, Koridor Sudirman dan Koridor Kuningan merupakan JDIP yang sangat potensial untuk terus dikembangkan. Di parkway Koridor Simatupang yang membentang sejauh sekitar 8 kilometer, dari Perempatan Pasar Minggu hingga Perempatan Pondok Pinang, terdapat 34 perusahaan industri digital.

    Di Koridor Simatupang, Koridor Sudirman dan Koridor Kuningan terdapat banyak gedung perkantoran dan pusat bisnis, didukung oleh aksesibilitas yang tinggi, serta tersedianya infrastruktur telekomunikasi dan lokasi yang dekat dengan pusat permukiman dan beberapa kampus/universitas.

    Koridor Simatupang, Koridor Sudirman dan Koridor Kuningan memiliki kesempatan yang besar untuk pengembangannya, salah satunya untuk kolaborasi antar kegiatan industri digital yang berdekatan dapat menumbuhkan ekosistem yang baik. Rencana pengembangan akses transportasi umum di sepanjang Jalan TB Simatupang juga potensial untuk mendukung pertumbuhan JDIP.

  • Beli Racun Ikan di Online Shop, Wanita di Palembang Bunuh Adik Ipar Pakai Jamu Campuran Pottasium

    Beli Racun Ikan di Online Shop, Wanita di Palembang Bunuh Adik Ipar Pakai Jamu Campuran Pottasium

    Liputan6.com, Palembang – Kematian AN (13), bocah perempuan di Jalan Panca Usaha Kelurahan 5 Ulu Palembang , Sumatera Selatan, Rabu (18/12/2024) ternyata karena menenggak jamu beracun.

    Awalnya pihak keluarga sudah curiga dengan Rika Amalia (19), kakak ipar AN, karena mereka sering adu mulut karena masalah di rumah.

    Korban pembunuhan sadis, AN ditemukan meninggal dunia di belakang lemari rumahnya, oleh ibu kandungnya, Asmawati (52), pada Rabu malam.

    Jasad AN langsung dibawa ke Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Palembang dan dilakukan autopsi oleh dokter tim forensik Polda Sumsel, pada Kamis (19/12/2024) dini hari sekitar pukul 02.00 WIB.

    Dari hasil autopsi tersebut, ditemukan ada zat kimia di dalam organ-organ tubuh korban yang merenggut nyawa gadis belia tersebut.

    Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Harryo Sugihhartono didampingi Kasat Reskrim, AKBP Yunar Hotma Parulian Sirait mengatakan, misteri kematian AN akhirnya terbongkar dan tersangka pembunuhan sudah ditangkap.

    Ternyata tak ada sama sekali kandungan jamu di dalam minuman tersebut. Namun campuran air mineral, butiran kristal racun ikan atau obat hama, yang dibeli tersangka di e-commerce.

    “Kami juga menemukan pemesanan melalui shopee potasium seharga Rp47 ribu yang dipesan tersangka,” katanya, saat menggelar konferensi pers di Polrestabes Palembang, Jumat (20/12/2024).

    Awalnya tersangka Rika Amalia (19) memberikan jamu racikan racun ikan kepada adik iparnya, hanya untuk melampiaskan kekesalannya kepada kepada korban.

    Tersangka memendam perasaan dendam dan sakit hati kepada korban. Karena dia menuduh korban sering menceritakan hal-hal yang kurang baik tentang dirinya, yang akhirnya membuat keluarga korban benci kepada tersangka.

    “Tersangka awal keterangannya ingin mengerjai korban, karena merupakan pihak yang sering memberikan kata – kata menyakitkan hati,” ujarnya di Polrestabes Palembang.

  • Pembayaran Digital RI Diramal Tembus Rp2.908 Triliun 2025, Judol Berkontribusi?

    Pembayaran Digital RI Diramal Tembus Rp2.908 Triliun 2025, Judol Berkontribusi?

    Bisnis.com, JAKARTA – Pembayaran digital diramal masih menjadi tulang punggung ekonomi digital Indonesia pada 2025. Transaksi yang berputar pada pembayaran digital lebih tinggi dibandingkan dengan e-commerce. Banyak faktor yang menyebab lesatan transaksi, salah satunya judi online. 

    Pembayaran digital Indonesia diprediksi mencapai Rp2.908 triliun pada 2025, naik 16,7% dibandingkan tahun 2024 yang mencapai Rp2.491 triliun seiring dengan penetrasi internet Indonesia yang makin luas dan perubahan gaya hidup masyarakat.

    Direktur Ekonomi Digital Celios Nailul Huda mengatakan naiknya transaksi digital pada tahun depan berpotensi didorong oleh transaksi judi online. Namun, bukan faktor pendorong utama. Terlebih praktik tersebut merupakan ilegal dan terus ditekan pertumbuhannya. 

    “Ya bisa jadi ada transaksi judi online di situ, karena ada beberapa ewallet yang menjadi media transaksi terkait judi online,” kata Huda kepada Bisnis saat dihubungi, Jumat (20/12/2024).

    Pada Oktober 2024, Komdigi yang saat itu masih bernama Kemenkominfo, mengungkapkan lima dompet digital yang digunakan untuk judi online.

    Menurut data dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) yang diterima Komdigi, nilai transaksi di 5 dompet digital tersebut mencapai triliunan rupiah.

    PT Espay Debit Indonesia Koe (aplikasi DANA) mencatatkan transaksi dengan nominal transaksi Rp 5,37 triliun dan jumlah transaksi 5,72 juta dan PT Visionet Internasional (OVO) dengan nominal transaksi Rp 216,62 miliar dengan jumlah transaksi 836.095.

    Kemudian, PT Dompet Anak Bangsa (Go Pay) dengan nominal transaksi Rp89,24 miliar dengan jumlah transaksi 577.316, PT Fintek Karya Nusantara (LinkAja) dengan nominal transaksi Rp65,45 miliar dengan jumlah transaksi 80.171 dan Airpay International Indonesia dengan nominal transaksi Rp 6,1 miliar dengan jumlah transaksi 33.069.

    Lebih lanjut, Huda menjelaskan kenaikan pembayaran digital di tahun 2025 dikarenakan adanya pola pembayaran yang berubah di masyarakat saat ini.

    Sebab, saat ini masyarakat melalukan pembayaran secara digital dan sudah mulai meninggalkan pembayaran secara cash.

    “Kita lihat di sini pun dengan Qris yang juga meningkat dalam beberapa tahun terakhir,” ucap Huda.

    Selain pembayaran digital, Celios juga melihat pada tahun 2025 perdagangan daring juga mengalami kenaikan menjadi Rp471,01 triliun dibandingkan 2024 yang berada diangka Rp468,64.

    Pengguna belanja di e-commercePerbesar

    Meski mengalami kenaikan, Huda mengatakan bahwa kenaikan yang terjadi pada perdagangan daring di 2025 tidak terlalu signifikan.

    Selain itu, Huda memprediksi adanya pertumbuhan transaksi pada sektor transportasi daring. Huda menyebut, pihaknya memprediksi transaksi transportasi daring tumbuh Rp12,66 triliun pada tahun 2025 atau naik sekitar 6% dibanding 2024 yang diketahui sebesar Rp11,94 triliun.

    “Tapi transportasi daring ini tidak menghitung untuk pengantaran makanan, kita hanya menghitung untuk yang pengantaran orang,” pungkasnya.

    Tantangan

    Indonesia memiliki tiga tantangan utama guna menaikan pertumbuhan ekonomi digital Indonesia pada 2025. Salah satunya menipisnya investasi yang masuk ke startup.

    Huda mengatakan tantangan pertama adalah seretnya investasi terhadap startup di Indonesia.

    “Kita tahu di Indonesia sendiri, investasi di bidang digital itu mengalami penurunan yang cukup tajam,” kata Huda dalam diskusi Indonesia Digital Economy Outlook 2025, Kamis (19/12/2024).

    Diketahui, investasi yang masuk ke startup global mengalami penurunan sekitar 35% menjadi US$345,7 miliar pada 2023 menurut laporan Pitchbook. Di Amerika Serikat penurunan pendanaan sekitar 30% menjadi US$170,6 miliar. 

    Sementara itu, nilai pendanaan startup di Indonesia pada semester pertama tahun 2023 mengalami penurunan sekitar 74%.

    Huda menuturkan, pada 2021 investasi di ekonomi digital Indonesia sempat mencapai Rp140 triliun. Namun, pada tahun 2022 angkanya menurun hampir setengahnya yakni berkisar Rp68 triliun.

    Lebih lanjut, Huda menyebut tantangan selanjutnya yaitu masalah sumber daya manusia (SDM) yang sudah digantikan oleh Artificial Intelligence atau AI.

    Huda menjelaskan, nilai Human Capital Index di negara-negara seperti Malaysia, China, dan India cenderung stabil di angka 0,60–0,70, menunjukkan konsistensi dalam pengembangan kualitas SDM. 

    “Sedangkan Indonesia memiliki nilai HCI lebih rendah dibandingkan negara tetangga seperti Vietnam dan Malaysia, mencerminkan tantangan dalam peningkatan kualitas SDM,” ujarnya.

    Perbesar

    Huda menyebut, Singapura konsisten menduduki posisi teratas dengan skor 99,48 di 2022 dan 97,4 pada 2023, menunjukkan daya saing digital yang kuat di kawasan. 

    Sementara Indonesia mengalami peningkatan bertahap, namun masih tertinggal di angka 56,74 pada 2022 dan 60,36 di 2023, menekankan perlunya investasi lebih pada infrastruktur digital dan SDM.

    “Indonesia memiliki peringkat yang membaik dalam aspek talent, namun masih rendah, perlu peningkatan keterampilan SDM untuk memenuhi kebutuhan ekonomi digital dan AI,” ucap Huda.

    Sementara, masalah terakhir yakni literasi finansial digital dan keamanan transaksi. Dirinya mengatakan bahwa nilai pilar infrastruktur dan ekonomi dari masyarakat digital Indonesia menurun di tahun 2024 dibandingkan tahun 2023.

    “Nilai Pemberdayaan masih lebih rendah dibandingkan dengan nilai pilar lainnya yang menunjukkan ekonomi digital di Indonesia belum mampu menjadi motor pemberdayaan ekonomi yang signifikan,” pungkasnya.

  • Penjualan Shopee Pilih Lokal Naik 200 Persen pada 2024, Ini Kuncinya

    Penjualan Shopee Pilih Lokal Naik 200 Persen pada 2024, Ini Kuncinya

    Jakarta, CNN Indonesia

    Penjualan produk lokal pada kanal Shopee Pilih Lokal pada 2024 meningkat 200 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Peningkatan ini di antaranya berkat beragam promosi yang dihadirkan untuk produk lokal.

    Program ekspor Shopee dan kanal Shopee Pilih Lokal menjadi beberapa inovasi pendorong kinerja Shopee pada tahun ini.

    Tahun ini, jumlah produk lokal yang telah diekspor ke berbagai negara di Asia Tenggara, Asia Timur, dan Amerika Latin dilaporkan mengalami peningkatan hampir 50 persen dibandingkan 2023. Kategori produk ekspor yang paling diminati sendiri adalah Fesyen Muslim, Fesyen Wanita, serta Fesyen Bayi & Anak.

    Dari sisi produk lokal, kerja sama Shopee dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal telah membantu 1.000 usaha lokal berhasil memperoleh sertifikasi halal di 2024. Sertifikasi tersebut dinilai memperkuat kepercayaan dan tingkat kepuasan konsumen berbelanja di para penjual dan merchant lokal.

    “Program-program ini mendorong pemerataan pertumbuhan usaha lokal secara berkelanjutan. Di tahun 2024, UMKM dari Aceh Besar, Sinjai, Pohuwato, Pakpak Bharat, dan Pekalongan mencatatkan peningkatan penjualan tertinggi dalam melayani pembeli dari berbagai penjuru negeri,” tambah Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, Christin Djuarto dalam sebuah keterangan, Kamis (19/12).

    Lebih lanjut, beberapa program lain yang berkontribusi meningkatkan transaksi penjualan di Shopee pada 2024 adalah program Garansi Tepat Waktu dan program afiliasi bersama YouTube Shopping.

    Pada program Garansi Tepat Waktu, pembeli dapat menikmati layanan pengiriman yang lebih baik lewat mitra jasa kirim seperti Anteraja, JNE, Pos Indonesia, dan SiCepat. Pembeli akan mendapatkan voucher pengganti jika pesanan tiba melebihi waktu yang dijamin.

    Kemudian, konten interaktif seperti video dan live streaming juga menjadi pendorong kinerja Shopee. Fitur Shopee Live telah ditonton sebanyak 735 juta jam sepanjang 2024, menunjukkan tingginya minat dari pembeli pada konten interaktif.

    Pada 2024, Shopee Live mencatat kenaikan jumlah konten kreator hingga 50 persen lebih banyak dibanding tahun sebelumnya. Kenaikan ini juga berdampak positif terhadap penjualan produk UMKM, yang secara total telah terjual lebih dari 1 miliar produk UMKM melalui Shopee Live.

    “Kami sebagai platform e-commerce juga berusaha melahirkan berbagai inovasi baru; mulai dari program, fitur, dan inisiatif yang mendukung seluruh ekosistem kami untuk juga bisa berinovasi dan menciptakan banyak dampak positif bersama. Tahun 2024 kami senang bisa melihat penjual, pembeli, dan kreator bisa bertumbuh; tidak hanya di dalam tapi juga di luar negeri,” tutur Christin.

    Program terbaru yang mendorong penjualan di platform berwarna oranye ini adalah kampanye 12.12 Birthday Sale yang disebut mendongkrak penjualan produk lokal dan UMKM hingga 7 kali lipat dibandingkan hari biasa.

    (lom/dmi)

    [Gambas:Video CNN]

  • Demo Besar-besaran Buruh Ecommerce Mogok Kerja Jelang Nataru 2025

    Demo Besar-besaran Buruh Ecommerce Mogok Kerja Jelang Nataru 2025

    Jakarta, CNBC Indonesia – Natal dan Tahun Baru 2025 menjadi salah satu momentum penting bagi perusahaan e-commerce untuk menggenjot penjualan. Pasalnya, minat beli masyarakat biasanya melonjak untuk membeli barang baru.

    Namun, demo besar-besaran justru menghantam raksasa e-commerce Amerika Serikat (AS), Amazon. Reuters melaporkan pekerja di 7 fasilitas Amazon mogok kerja selama masa liburan yang biasanya sibuk.

    Pekerja gudang Amazon yang tersebar di New York City, Atlanta, dan San Francisco ikut dalam aksi protes. Disebutkan bahwa pemogokan ini merupakan yang terbesar yang pernah dilakukan karyawan untuk melawan Amazon.

    Amazon sudah lama menjadi sasaran serikat pekerja yang menilai prioritas sang raksasa untuk menjunjung kecepatan dan efisiensi telah memicu banyak kecelakaan kerja.

    Di lain sisi, Amazon mengatakan pihaknya membayar para karyawan dengan upah layak dan menggunakan sistem otomatis untuk mengurangi tingkat stres pekerja dengan tugas berulang.

    Sementara itu, dikutip dari Reuters, Jumat (20/12/2024), pekerja Amazon ingin duduk bersama dengan pihak manajemen agar menemui titik tengah. Mereka menuntut perusahaan agar peduli dengan kondisi kesehatan karyawan.

    Kendati aksi pemogokan ini menjadi yang terbesar, tetapi hanya merepresentasikan jumlah kecil dibandingkan total pekerja Amazon yang berjumlah sekitar 800.000 orang di lebih dari 600 fasilitasnya.

    “[Amazon] seakan-akan mengatakan tak ada sistem kuota. Padahal, sistem kuota sangat terlihat dan menekan pekerja untuk melakukan tugas di luar batas kemampuan fisik kami,” kata Jordan Soreff (63 tahun), yang mengantar 300 paket Amazon di area New York City setiap harinya.

    “Makin banyak Anda berkontribusi, makin tinggi ekspektasi yang diberikan kepada Anda,” kata dia.

    Soreff merupakan salah satu di antara 100 pekerja di fasilitas Queens, New York City, yang memutuskan mogok kerja. Kendati begitu, fasilitas Amazon tersebut tetap beroperasi dengan banyaknya karyawan yang masih melanjutkan pekerjaan.

    Amazon memiliki beberapa fasilitas di area metropolitan AS, sehingga disrupsi semacam ini tidak terlalu mengguncang. Perusahaan mengatakan pemogokan kerja sebagian karyawan tidak terlalu berpengaruh terhadap operasional di masa paling sibuk dalam setahun.

    (fab/fab)